Minggu, 09 April 2017

Tanggung Jawab Produsen yang Diperluas



Bahan Bacaan:

Toffel, Michael W., Antoinette Stein, & Katharine L. Lee. 2008. Extending Producer Responsibility: An Evaluation Framework for Product Take-Back Policies. Working Paper, September I: Havard Business School.

Perusahaan sebagai organisasi bisnis memang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun demikian, perusahan tidak dapat mengabaikan tanggung jawab untuk memberikan produk yang baik bagi konsumen secara khusus dan masyarakat pada umumnya.
Konsep tanggung jawab produsen  semakin berkembang sehingga dikenal konsep tanggung jawab produsen yang diperluas. Dalam konsep ini, produsen tidak hanya dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas tapi juga produk yang dihasilkan dengan memperhatikan, antara lain:

  1. Proses produksi yang berlangsung dalam linkungan kerja yang tidak membahayakan keselamatan dan kesehatan pekerjanya
  2. Pengemasan yang baik
  3. Pengiriman/penyampaian yang aman kepada konsumen
  4. Pemilihan distributor maupun pengecer yang bertanggung jawab terhadap kualitas dan keamanan produk (misalnya, produk yang diklaim sebagai ramah terhadap anak tidak boleh dijual oleh pengecer yang menggunakan pembungkus yang berbahaya/tidak ramah terhadap anak)
  5. Penanganan sampah yang ditimbulkan ketika produk tersebut digunakan atau setelah selesai penggunaannya.
Tantangan penerapan tanggung jawab produsen tersebut berbeda-beda berdasarkan jenis industrinya. Permasalahan paling berat umumnya dihadapi oleh produsen produk-produk elektronik dan mesin lainnya karena terkait dengan sampah yang disebabkan oleh produk tersebut ketika sudah tidak dapat digunakan lagi.

Bahan Diskusi:

Tulisan singkat di atas memang menyoroti tanggung jawab produsen. Akan tetapi dalam kenyataan, pemenuhan tanggung jawab produsen tersebut dapat terbantu berkat partisipasi dari konsumen itu sendiri. 
Sebagai konsumen, apa yang dapat Saudara lakukan untuk membantu/mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen seperti disebutkan pada tulisan di atas?
Selamat berdiskusi

74 komentar:

  1. apabila saya sebagai konsumen saya akan membantu pemenuhan tanggung jawab produsen dengan cara memberikan kontribusi dengan cara membantu produsen yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk nya ( word of mounth ). dengan begitu produsen akan terbantu dana nya untuk melaksanakan tanggung jawab nya dengan baik. sehingga perusahaan yang bertanggung jawab akan terus dapat berkembang dan bertahan dan akan banyak perusahaan yang bersemangat untuk melaksanakan tanggung jawabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara nick dengan membantu memasarkan produk tersebut maka juga sangat membantu produsen tersebut sehingga dapat membuat produsen lain juga ikut melakukan pemenuhan tangung jawab sebagai produsen.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara nick dengan cara menyebarkan produk dari mulut ke mulut

      Hapus
  2. apabila saya sebagai konsumen saya akan membantu pemenuhan tanggung jawab produsen dengan cara membeli produk tersebut, dan jika terbukti kualitasnya bagus maka saya akan mencoba mempromosikan ke teman terlebih dahulu sehingga dengan sendirinya akan tersebar ke masyarakart melalui mulut kemulut dan mungkin banyak komsumen akan membeli produk tersebut yang sangat membantu produsen yang bertanggung jawab tersebut.

    BalasHapus
  3. Apabila Saya menjadi konsumen, Saya akan memasarkan barang tersebut dari mulut ke mulut dan menyebarkan hal yang positif tentang produk tersebut sehingga konsumen yang lain dapat mempercayai produk tersebut sehingga dapat laris di pasaran, karena produk tersebut ramah lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara evan, karena sebagai sesama manusia yang sosialis dan perlu adanya orang lain
      Maka sesama manusia biasa berkomunikasi satu sama lain, maka dari itu mreka mudah percaya dengan omongan orang yang dia percaya

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat evan karena dengan cara memasarkan barang dari mulut ke mulut dan hal yang positif tentang suatu produk akan membuat semua orang tahu dan ingin mencoba produk tersebut sehingga produk tersebut dapat banyak terjual kepada konsumen dan orang ingin mencoba karena produk tersebut ramah lingkungan.

      Hapus
  4. Menurut saya, konsumen dapat membantu dengan cara memberikan komentar atau saran yang kritis. Dengan contoh misalnya saja bungkus kemasan dari suatu mainan anak, bila bungkus itu tidak baik atau bahkan membahayakan anak pasti para orang tua akan kritis dengan memberikan kritik baik secara langsung kepada perusahaan yang bersangkutan atau dengan mengkritik kepada sesama teman yang nanti nya kabar tersebut akan menyebar dan perusahaan akan mengganti bungkus kemasan dari mainan anak tersebut untuk menjaga nama baik yamg mengedepankan kesehatan dan keselamatan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Tabita bahwa dengan memberikan komentar atau saran yang kritis dapat memperbaiki kualitas produk yang diproduksi oleh produsen

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Tabita bahwa dengan memberikan komentar atau saran yang kritis dapat memperbaiki kualitas produk yang diproduksi oleh produsen

      Hapus
  5. Saya setuju dengan pendapat okta, karena dengan mengelola sampah dengan baik dapat membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan mengolahnya kembali menjadi kerajinan bisa mendapatkan keuntungan.

    BalasHapus
  6. Menurut saya, saya sebagai konsumen akan membantu produsen dalam pemenuhan tanggung jawabnya adalah dengan mencoba untuk membuang sampah bekas kemasan produk tersebut pada tempatnya. Atau akan lebih baik jika kemasan tersebut bisa di daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan lagi. Jika kemasan tidak memungkinkan untuk di daur ulang maka, saya akan memberikan kritik dan saran kepada perusahaan tersebut untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan sehingga mudah untuk diuraikan kembali (misal plastik yang dapat diuraikan oleh tanah ketika ditanam di tanah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Priscilla karena apabila sampah atau kemasan dapat di daur ulang akan membantu perusahaan untuk mengurangi sampah. Konsumen pada akhirnya akan memiliki kesadaran sendiri untuk membantu mengurangi sampah yang timbul terutama bahan yang tidak dapat terurai.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat itu, karena daura ulang adalah cara yang baik untuk mengurangi sampah-sampah dan mendpat lingkungan yang baik juga

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudari priscilla dengan adanya daur ulang akan menjaga lingkungkan dengan baik

      Hapus
  7. Saya sependapat dengan saudara Okta karena dengan mengolah kembali sampah-sampah tersebut akan membantu produsen untuk bertanggung jawab dalam hal penanganan sampah. Selain itu ketika sampah itu dibuat menjadi kerajinan tangan, maka akan menghasilkan keuntungan tersendiri jika di jual kembali

    BalasHapus
  8. Saya sependapat dengan saudara Okta karena dengan mengolah kembali sampah-sampah tersebut akan membantu produsen untuk bertanggung jawab dalam hal penanganan sampah. Selain itu ketika sampah itu dibuat menjadi kerajinan tangan, maka akan menghasilkan keuntungan tersendiri jika di jual kembali

    BalasHapus
  9. Menurut saya, saya sebagai konsumen akan membantu produsen dalam pemenuhan tanggung jawabnya adalah dengan mencoba untuk membuang sampah bekas kemasan produk tersebut pada tempatnya. Atau akan lebih baik jika kemasan tersebut bisa di daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan lagi. Jika kemasan tidak memungkinkan untuk di daur ulang maka, saya akan memberikan kritik dan saran kepada perusahaan tersebut untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan sehingga mudah untuk diuraikan kembali (misal plastik yang dapat diuraikan oleh tanah ketika ditanam di tanah)

    BalasHapus
  10. Menurut Saya sebagai konsumen yang akan membantu produsen dalam pemenuhan tanggung jawab adalah dengan memanfaatkan produk / kemasan yang ada sebaik-baiknya. misalnya saja botol aqua sekali pakai namun kita bisa memakainya 3 hari, hal itu akan mengurangi banyaknya sampah yang tidak bisa di daur ulang lagi seperti plastik. Dan juga bendaur ulang menjadi barang'barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat sdri.Vania mengenai pemakaian botol plastik tersebut. karena memang botol plastik tersebut dapat menimbulkan banyak sampah yang ada apabila botol itu tidak di daur ulang kembali menjadi sebuah kerajinan tangan dan penggunaannya pun alangkah baik nya jika digunakan lebih dari sekali.

      Hapus
    2. saya setuju dengan vania karena dengan hal itu dilakukan maka dapat mengurangi sampah yang ada terutama sampah plastik

      Hapus
    3. Saya setuju dengan vania karena menggunakan kembali barang - barang sama saja dengan memaksimalkan penggunaan dan itu sangat penting agar dapat mengurangi sampah yang menumpuk dengan cepat.

      Hapus
  11. Menurut saya sebagai konsumen perlu adanya tanggung jawab untuk memakai produk seperti memakai produk sesusai pemakain yang dianjurkan oleh produsen.Jika produk tersebut baik dan aman maka sebagai konsumen kita perlu menyebarkan produk ini kepada masyarakat serta bagaimana menfaatkan produk dengan baik atau mengatasi sampah yang dihasilkan oleh prodok tersebut sebagai pemenuhan tanggung jawab terhadap produsen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara eldon, karena menurut saya konsumen harus berhati- hati saat akan memilih produk yang akan dikonsumsinya.

      Hapus
  12. menurut saya konsumen perlu berhati- hati sendiri saat memilih produk. contohnya, saat orang tua mau membelikan mainan untuk anaknya yang masih di bawah umur, maka ia harus membaca dengan detail apa saja ketentuan dan larangan dari mainan yang akan dibeli. banyak mainan yang dikhususkan untuk balita atau di atasnya, sehingga anak di bawah umur tsb tidak boleh memainkan barang itu. produsen sudah mengingatkan melalui petunjuk di mainan tsb, sehingga orang tua sendiri harus memperhatikan dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  13. menurut saya jika saya sebagai konsumen yang telah memakai produk dari produsen itu saya akan langsung memikirkan hal apa yang akan bisa saya buat dari kemasan yang sudah tidak terpakai itu. misalnya dikumpulkan untuk dijual lagi sehingga dapat didaur ulang lagi oleh pengepul. hal tersebut akan mengurangi sampah-sampah yang menimbun dan tidak digunakan ulang manfaatnya dan dapat mengotori lingkungan sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat sdr.Evan mengenai ramah lingkungan. karena dapat kia lihat sekarang banyak sampah-sampah plastik yang masih berserakan mengotori lingkungan sekitar. tindakan yang harus kita lakukan sebenarnya ialah membuat sampah-sampah plasti itu menjadi hal yang berguna.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan yehuda karna produk yg baik adalah produk yg baik digunakan masyarakat serta juga pada LINGKUNGAN. Karna jika berkaitan dengan lingkungan maka berkaitan dnegan keberlangsungan di masa mendatang

      Hapus
  14. produk yang berkembang dan diminati banyak konsumen, menurut saya adalah produk yang mempunyai feedback baik dari konsumen dengan kata lain memang konsumen mempunyai peran penting dalam produk tersebut. jika saya konsumen suatu produk tersebut, agar mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen dengan cara saya memulai dengan membeli produk terseut, kemudian saya loyal dengan produk tersebut. lalu saya mempromosikan produk tersebut pada kerabat atau teman agar mereka juga mencoba. karena biasanya kerabat atau pun teman lebih percaya kepada pengalaman seseorang yang telah dikenalnya dari lama.

    BalasHapus
  15. menurut saya, yang akan saya lakukan ialah memberikan kritik dan saran untuk produsen tersebut agar ia menggunakan bahan kemasan yang ramah lingkungan agar kedepannya, konsumen yang telah memakai produknya dapat juga meluapkan kekereativitasannya dengan membuat sebuah kerajinan tangan. (Misalnya botol minuman yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai hiasan). serta dapat juga mmembantu memasarkan produk dari produsen itu ke kerabat dekat dan saudara-saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, dengan demikian perusahaan akan lebih tahu dan dapat memperbaiki kemasan tersebut.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat devi karena dengan menggunakan bahan kemasan ramah lingkungan yang nantinya bisa dibuat kerajinan tangan akan membuat kemasan tersebut lebih bermanfaat.

      Hapus
  16. Yang akan saya lakukan sebagai konsumen ialah dengan memberikan respon yqng baik terhadap produsen dengan memberi saran atas produk, serta memasarkan produk yang di produksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat aldwin karena dengan memberi saran atas suatu produk akan membuat perusahaan bisa memperbaiki kualitas produknya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara Aldwin karena dengan memberi saran ke produsen maka saran tersebut akan bersifat membangun dan perusahaan tersebut akan bisa memperbaiki bahkan meningkatkan kualitas produknya

      Hapus
  17. Menurut saya jika saya menjadi seorang konsumen saya akan membeli dulu produk tersebut setelahnya saya aku memberikan komentar terhadap barang tersebut apakah kualitas sebanding dengan harga yg mereka berikan dan juga jika barang tersebut kurang bagus saya aku memberika saran untuk bagusnya seperti apa atau memberikan ide seperti apa yg konsumen mau untuk saat ini. Dan juga sebagai konsumen saya akan memasarkan kembali produk ini bisa dengan cara dari mulut kemulut atau jika mempunyai online shop saya akan memasarkannya di online shop saya. Untuk limbahnya sendiri sebaiknya kita sebagai konsumen mengingatkan kepada produsen untuk lebih mendaur ulang limbah-limbah tersebut agar dapat menjaga lingkungan disekitar kita. Jika bisa didaur ulang sebaiknya didaur ulang agar bisa lebih bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat alex kita sebagai konsumen patut memberikan kontribusi dengan cara memberikan limbah produk tersebut untuk di daur ulang.

      Hapus
  18. Sebagai konsumen,yang dapat saya lakukan untuk membantu/mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen seperti disebutkan pada tulisan di atas adalah dengan melihat jenis sampah yang dihasilkan produk tersebut terlebih dahulu. jika sampah yang dihasilkan dapat digunakan atau masih bisa diubah menjadi barang yang bernilai tinggi. namun sampah tersebut tidak dapat digunakan lagi atau mempengaruhi baik itu kesehatan masyarakat maupun lingkungan sekitar, maka saya akan mengurangi penggunaan produk tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat sodara dalam hal memanfaatkan sampah hasil produksi menjadi barang yang lebih berguna atau bernilai, dengan melakukan daur ulang akan mengurangi jumlah sampah produk tersebut.

      Hapus
  19. saya setuju dengan pendapat saudara okta. karena tidak semua kemasan atau sampah yang dihasilkan suatu produk dapat dengan mudah dibuang begitu saja. namun dengan kreatifitas tertentu maka itu dapat diubah menjadi barang yang lebih bernilai guna.

    BalasHapus
  20. Apabila Saya sebagai konsumen, Saya akan mencoba terlebih dahulu untuk membeli. Apakah baik atau tidak produk tersebut. Jika sudah, saya akan mencoba menyebarkan produk tersebut dengan cara mulut ke mulut. Dengan demikian produk tersebut akan lebih diketehaui orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat jhoshua karena dengan mencoba produk kita dapat mengetahui apakah produk tersebut baik atau tidak. Dengan menyebarkan produk dari mulut ke mulut maka akan membuat produk itu banyak diketahui oleh orang banyak.

      Hapus
  21. menurut saya, Saya akan memerikan edukasi yang simple kepada rekan-rekan lain dalam pengelolalaanya, agar pengelolaannya produknya dapat berjalan dengan baik dan juga dapat sampai dengan baik sehingga tidak merugikan dari pihak manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju karena dengan adanya edukasi yang baik,masyarakat akan menjadi tahu bahwa menjaga kebersihan dengan saling tolong-menolong membuang sampah pada tempatnya maka akan menguntungkan bagi semua pihak serta semua pihak akan merasa nyaman atau tidak di rugikan misal dengan adanya sampah yang berserakan.

      Hapus
  22. Menurut saya,jika saya sebagai konsumen maka hal yang akan saya lakukan adalah dengan membeli barang tersebut dan mencoba untuk mencari inovasi batu agar sampah bekas produk dapat di gunakan kembali, karena itu dapat menungtungkan bagi saya ( dapat berbisnis ), masyarakat ( lingkungan menjadi bersih dan nyaman di gunakan semua masyarakat ) , produsen karena produknya laris terjual dan menguntungkan produsen. Dengan itu semua pihak tidak akan ada yang dirugikan

    BalasHapus
  23. Menurut saya, saya sebagai konsumen akan membantu produsen dalam pemenuhan tanggung jawabnya adalah dengan mencoba untuk membuang sampah bekas kemasan produk tersebut pada tempatnya.

    BalasHapus
  24. Sebagai konsumen hal pertama yang saya lakukan adalah dengan melihat kualitas produk tersebut apa bila kualitasnya bagus saya akan membeli dan membantu mempromosikan produk tersebuat kepada teman - teman ataupun keluarga. Selain itu setelah menggunakan produk tersebut saya akan membuang bekas kemansan itu pada tempatnya yang akan membantu produsen dalam hak pemenuhan tanggung jawab dan menjaga lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan membuang sampah pada tempatnya maka kita turut mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen. Selain itu membuang sampah pada tempatnya juga berarti kita mencintai lingkungan karena seperti yang kita tahu sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan terjadinya banjir.

      Hapus
  25. Sebagai konsumen, yang dapat saya lakukan untuk membantu/mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen adalah dengan memberikan saran atau masukan yang berguna untuk produsen terkait dengan kemasan yang mereka hasilkan, jasa pengiriman yang mereka pakai dan sebaiknya memilih distributor yang mana yang bertanggung jawab. Selain itu juga saya akan membuang sampah produk dari produsen tersebut ke tempat sampah agar mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan tanggapan yang saudara fransisca berikan karena dengan memberikan saran untuk maka produsen akan lebih bertanggung jawab seperti mengolah kembali sampah-sampah tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan fransisca, kita dapat memberikan saran positif kepada produsen agar dapat membantu mereka melakukan tanggung jawab produsen dengan baik.

      Hapus
  26. Apabila saya sebagai konsumen saya akan membantu pemenuhan tanggung jawab produsen dengan cara membeli produk tersebut, setelah membeli produk tersebut saya akan membantu mempromosikan produk tersebut ke teman-teman terdekat saya terlebih dahulu baru setelah itu ke orang lain, maka dengan cara itulah perusahaan yang bertanggung jawab akan terus dapat berkembang dan bertahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan membeli produk dan mempromosikan produk dari perusahaan yang bertanggung jawab dapat membantu pendanaan perusahaan untuk memenuhi tanggung jawabnya. Selain itu perusahaan lain akan termotivasi untuk memenuhi tanggung jawab.

      Hapus
  27. menurut saya, apabila saya menjadi konsumen maka saya akan memberikan review - review yang terbaik terhadap perusahaan tersebut karena telah memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan konsumen. Serta, review - review yang ini dapat membangun perusahaan untuk melakukan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Kemudian, membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi salah satu cara dalam membantu proses penanganan sampah setelah produk digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Troy bahwa membuang sampah pada tempatnya dapat membantu memudahkan proses penanganan sampah setelah pemakaian produk tersebut

      Hapus
  28. Saya akan menyarankan produsen untuk memakai bahan yang ramah lingkungan agar tidak semakin mencemari lingkungan. Atau dapat mengubahnya menjadi kerajinan tangan sehingga kemasan tidak terbuang sia-sia

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Jessica bahwa menggunakan bahan yang ramah lingkungan agar bahan utama tidak cepat berkurang dan tidak mudah habis

      Hapus
  29. Sebagai konsumen, yang saya dapat lakukan untuk membantu atau mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen seperti yang disebutkan pada tulisan di atas adalah dengan mempergunakan produk sebaik baiknya begitu pula dengan memperhatikan kemasan dari produk tersebut dengan membuang bekas kemasan sesuai dengan tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dwi bahwa kita harus menjadi konsumen yg baik dengan cara menggunakan barang sebaik2nya dan membuang produk yg sudah tidak terpakai ke tempat sampah

      Hapus
  30. Sebagai komsumen yang dapat saya lakukan untuk mempermudah produsen dalam pembuangan sampahnya adalah bila saya ingin membeli misal HP baru maka sebaiknya melakukan tukar tambah karena HP yang lama masih dapat digunakan, selain itu nanti karyawan dari toko tersebut sendirilah yang akan mengembalikan HP tersebut pada pihak produsen.kita juga dapat membuang peralatan elektronik melalui website iSiaga.com, jadi pada website tersebut kita sebagai konsumen dapat menjual peralatan elektronik baik yang masih dapat digunakan maupun yang sudah tidak dapat digunakan lagi.

    BalasHapus
  31. Saya agak tidak setuju dengan pendapat okta jika sampah elektronik tersebut akan di daur ulang menjadi seperti bungkus makanan snack dsb. Karena seperti yang telah kiya ketahui bahwa sampah elektronik mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan bearacun, maka sebaiknya sampah elektronik tersebut kita kembalikan lagi pada pihak produsen dan buarlah pihak produsen sendiri yang menghancurkan sampah elektronik tersebut. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara tukar tambah atau menjual sampah elektronik tersebut pada website iSiaga.com.

    BalasHapus
  32. Yang saya lakukan untuk membantu/mempermudah pemenuhan tanggung jawab produsen adalah membeli produk tersebut dan menggunakannya. dan juga saya akan menyarankan agar kemasan yang dibuat bisa didaur ulang agar sampah-sampah tidak terlalu banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemikiran saya sama dengan marten roy bahwa kita sebagai konsumen jg tidak hanya berpikir untuk sellau menggunakan produk2 buatan konsumen tpi kita harus memberikan saran yg baik mengenai semisalnya produk yg bisa di daur ulang hal ini emnambah value terhadap lingkungan yg baik

      Hapus
  33. Saya sebagai konsumen untuk membantu produsen terkait dengan tanggung jawab mereka sebagai produsen . Hal ini saya kaitkan dengan bagaimana pemakaian produk yg saya gunakan (sebagai user) . Misal dalam konteks barang yg memiliki masa penyusutan atau rusak . Maka saya akan memakai dengan sbeaik2nya untuk keperluan yg baik dan membuang sampah2 produk yg saya gunakan ke tempat sampah yg seharusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara dengan sebagai user kita tidak bertindak seenaknya sendiri. Melainkan ada tanggung jawab membuang sampahnya sesuai tempatnya

      Hapus
  34. Menurut saya sebagai konsumen untuk membantunya maka saya akan membeli produk tersebut. Jika memang kualitasnya baik saya akan membantu dengan mempromosikan agar penjualannya meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda karena sebagai konsumen harus bisa memlilih kualitasnya sehingga penjualannya akan meningkat

      Hapus
  35. menurut saya konsumen lebih memilih barang yang bisa di daur ulang, agar sampah di sekitar kita berkurang dan dapat menambahkan barang yang bisa diproduksi oleh daur ulang. dan konsumen lebih memperhatikan untuk pembuangan sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  36. Saya sebagai konsumen yg baik untuk ikut berkontribusi membantu para produsen terkait produk yg mereka hasilkan . Adalah yg pertama dengan penggunaan produk yg semestinya dengan fungsinya dan jika berkaitan dengan nyawa seperti obat dan alat2 dapur seperti pisau harus digunakan sebaiknya sebagaimana mestinya . Yg kedua memberikan saran dan kritik terhadap produk yg dihasilkan terkait dengan kondisi lingkungan serta bagaimana mereka membuat produk yg baik dan berguna bagi masyarakat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Nadya karena manfaat dari produk harus sesuai dengan apa yang diberikan dan tidak merugikan konsumen yang menggunakannya.

      Hapus
  37. Saya sebagai konsumen yang baik harus bertanggung jawab untuk membantu para produsen,karenabisa saling menguntungkan satu sama lain sehingga produk yang mereka buat sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  38. Menurut saya, apabila saya sebagai konsumen saya akan mencoba membeli produk tersebut. Apabila kualitas produk sesuai dengan fungsinya dan tidak merugikan konsumen maka saya akan membantu dengan mempromosikan produk tersebut agar ada orang yang akan tertarik mencoba menggunakan produk tersebut.

    BalasHapus
  39. If you're attempting to lose fat then you absolutely need to start following this totally brand new personalized keto diet.

    To design this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are useful, suitable, price-efficient, and delightful.

    Since their first launch in January 2019, hundreds of clients have already transformed their figure and health with the benefits a proper keto diet can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto diet.

    BalasHapus
  40. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160,000 women and men are utilizing a simple and SECRET "liquid hack" to drop 1-2 lbs each night as they sleep.

    It is easy and works on everybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go grab a drinking glass and fill it up with water half the way

    2) And now do this awesome hack

    and you'll become 1-2 lbs thinner the very next day!

    BalasHapus