SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 07 April 2013

Yang Harus Dilakukan Organisasi untuk Pengembangan Karir Karyawan (Bahan Diskusi Tanggal 11 April 2013)


Bahan Bacaan: Kreissl, Brian. 2013. Is HR Responsible for Career Management. Canadian HR Reporter, Vol. 26 (1): 23

Kreissl (2013) mengatakan bahwa organisasi bertanggung jawab dalam manajemen karir dalam organisasinya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan organisasi dalam membantu pengembangan karir karyawan, antara lain:
  1. Membantu karyawan untuk membuat dan mengupdate resume mereka
  2. Membuat suatu perpustakaan kecil atau bagian khusus yang memiliki buku-buku atau sumber daya lain yang dapat digunakan karyawan untuk menambah pengetahuan dan atau keterampilan mereka.
  3. Mewajibkan karyawan untuk melakukan diskusi karir dengan manajer mereka
  4. Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi.
  5. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti  pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya
  6. Isi kekosongan jabatan yang ada secara internal dan buat kebijakan tentang prioritas mengisi kekosongan jabatan yang ada secara internal sebelum merekrut orang baru dari luar organisasi.
  7. Buat rencana karir untuk karyawan-karyawan berbakat serta calon-calon yang disiapkan untuk program suksesi organisasi (Individual Development Plans – IDPs)

Pertanyaan Diskusi:
Menurut Saudara, dari 7 hal yang dapat dilakukan organisasi di atas,  manakah yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi tersebut? Jelaskan pilihan Saudara!
Selamat berdisikusi….. (boleh juga menanyakan yang kurang dipahami terkait 7 hal tersebut)

80 komentar:

  1. kalo menurut saya nomer 3 paling efektif dalam membatu karyawan dalam mengembangankan karirnya dalam organisasi, karena di nomer 3 lah yang paling ditekankan kata 'wajib' dengan hal yang wajib tersebut menurut saya karyawan lebih bisa memacu dalam mengembangkan karier mereka, karena mereka sudah mendiskusikan karier mereka dengan manajer maka manajer juga akan membantu memacu karyawannya untuk bisa lebih maju lagi karena jika tidak diwajibkan karyawan karyawan yang malas cenderung diam dan tidak ada niatan untuk lebih mengembangkan karirinya dalam organisasi meskipun diberi fasilitas fasilitas pelatihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya,yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi tersebut adalah pilihan nomer 5.
      Karena dengan seorang karyawan dalam organisasi diberikan kesempatan mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi,maka ia akan memperoleh keterampilan dan dapat semakin berkembang didalam organisasi,secara otomatis jenjang karirnyanya semakin tinggi dan dapat berguna bagi masa depan pengembangan karir dirinya diorganisasi.

      Hapus
    2. terus ?? maksud saudara apa membalas komentar saya kalo komentar anda cuma begitu?? Zzz...

      Hapus
  2. Menurut Saya,yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi yaitu pada p0in ke 4 karena dengan adanya akses untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi dapat membantu karyawan untuk merencanakan seperti apa karir yang akan di lakukan di kemudian hari. kemudian juga kursus dan pelatihan dapat membantu mengembangkan keterampilan dan softskill yang di miliki dari karyawan itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat seli. saya memilih no4 Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi. karena dengan hal tersebut paling efektif untuk membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi. dengan begitu karyawan dapat mengetahui dalam karirnya mana yang kurang, mana yang sudah dilakukan dalam organisasi tersebut.

      Hapus
    2. Edwin_3103011041 kls C
      Saya memilih no 4
      Memberi akses pada karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi akan dapat memudahkan karyawan ,yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi dan jika adanya , job description di setiap pekerjaan maka akan memudahkan karyawan untuk mengambil keputusan, beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut dan serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi yang akan membuat karyawan bekerja secara maksimal

      Hapus
  3. Pengembangan karir karyawan agar berhasil membutuhkan dukungan dari manajemen puncak pada organisasi. Dan menurut saya, pelatihan eksternal adalah salah satu alat atau metode yang dapat digunakan dalam pengembangan karir. Metode ini dapat memberikan keunggulan yang dapat diterima secara luas sehingga memungkinkan karyawan mendapat keterampilan baru yang berguna bagi pengembangan karirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan, jadi yang saya pilih adalah nomor 4.

      Hapus
    2. Saya menanggapi pernyataan saudari like.
      Pelatihan eksternal diatas bukankah lebih tepat untuk no 5 yang menyatakan bahwa,"Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi..."

      sedangkan no 4 untuk."...serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi".

      Hapus
    3. Ya terima kasih atas koreksi Sdri Ros. Maksud saya memang yang nomor 5. :)

      Hapus
  4. Menurut saya yang paling efektif adalah no 4.”Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi”.

    Sebab hal tersebut dapat memaksimalkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan atau sasaran suatu program yang mana dibantu oleh Matrik Kompetensi. Matrik Kompetensi adalah pembuatan dan memeriksa level atau tingkatan-tingkatan tertentu untuk setiap kompentesi yang bertujuan memenuhi kemampuan/ kompetensi karyawan yang telah menduduki suatu jabatan / menduduki jabatan yang lebih tinggi untuk menguasai level jabatan tersebut yang mana belum diajarkan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Ros Indah, karena dengan di beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi, maka karyawan dapat mengasah kompetensi yang telah dimilikinya lebih dalam dan sesuai dengan tujuan perusahaan, karena pelatihan dan pengembangan yang diberikan sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut sehingga karyawan dapat bekerja lebih maksimal.

      Hapus
    2. Saya sepakat dengan pendapat Ros yang memilih cara no 4 yang paling efektif, karena dengan demikian karyawan dapat memilih dan merancang jenjang karirnya sendiri berdasarkan potensi diri mereka masing-masing, yang dapat mereka nilai dengan job desc dan job spec yang dibutuhkan dalam mengisi posisi-posisi tersebut. Karena perusahaan tentu mengharapkan mereka-mereka yang memiliki keterampilan dan ketertarikan yang tepat lah yang mengisi posisi tersebut dengan harapan hasil pekerjaan yang maksimal.

      Hapus
  5. Akbar Tanjung/3103011298/kelas D
    Saya memilih nomor 5
    Karena dengan memberikan pelatihan dan pengembangan diluar organisasi karyawan akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas sehingga dia akan lebih terampil dalam melaksanakan atau menyelesaikan pekerjaannya dengan baik kemudian dengan pengembangan diluar organisasi karyawan akan lebih merasa percaya diri ketika akan berhadapan pada orang-orang tertentu karena hubungan sosialisasi yang luas. Dengan keterampilan-keterampilan baru tersebut diharapkan akan dapat membantu pengembangan karir karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SYANDI F.M (3103011260)
      Saya ingin bertanya...contoh pelatihan efektif di luar organisasi yang bagaimana yang harus diikuti karyawan ?apakah tidak ada cara lain selain pelatihan dan pengembangan di luar organisasi?
      terima kasih...

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Akbar memilih no 5 karena dengan memberikan pelatihan dan pengembangan diluar organisasi karyawan akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas sehingga dia akan lebih terampil dalam melaksanakan atau menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Kemudian dengan melakukan pelatihan karyawan jadi lebih terlatih dan dapat pengetahuan baru tentang hal yang belum pernah didapatkan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat akbar. karena menurut saya bila mendapatan pelatihan dan pengembangan diluar organisasi maka skill karyawan akan bertambah dan hal ini akan memberikan wawasan yang baru bagi karyawan sehingga dia dapat mendapatkan kesempatan karir yang lebih tinggi karena skill yang dimilikinya menjadi lebih luas

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara akbar dimana kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya. jadi disini saya mengambil kesimpulan bahwa perusahaan melakukan pelatihan dan pengembangan yang dilakukan diluar organiasasi guna untuk menciptakan soft skill dan hard skill mereka sendiri agar setiap orang mampu menentukan skill" yang mereka miliki. dan dengan adanya pelatihan di luar membuat para karyawan menghilangkan rsa penat atau bosan dengan tujuan untuk mencari udara segar sehingga dapat membuat refresh pikiran mereka.

      adhitya nugroho 3103011029

      Hapus
  6. Menurut saya yang paling efektif adalah
    ( N0.4) Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi.

    Karena dengan adanya pengetahuan karyawan akan jobdesc dalam masing-masing pekerjaan, dan kursus-kursusnya akan membuat karyawan paham akan segala sesuatu terkait dengan perusahaan tersebut sehingga karyawan tersebut akan loyal dengan perusahaanya dan membuat karyawan akan juga merencanakan jenjang karirnya, dengan demikian karyawan akan tahu apa yang seharusnya ia lakukan agar ia dapat mencapai jenjang karir dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat ardy. dengan adanya pengetahuan karyawan akan jobdesc itu, karyawan akan lebih mengerti apa yang harus dilakukan dan kursus - kursus dan pelatihan itu akan membuat karyawan menjadi lebih terlatih dan lebih efektif untuk pengembangan karir mereka.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara ardy. dengan adanya job desc yang jelas maka para karyawan dapat mengetahui apa yang harus karyawan kerjakan dalam perusahaan. perusahaan dapat juga mengadakan pelatihan supaya para karyawan dapat lebih mengerti tentang pekerjaan yang mereka kerjakan sehingga karir para karyawan pun tidak berhenti dan akan terus berkembang sesuai dengan harapan perusahaan dan karyawan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dari saudara ardy, saya hanya ingin dari bagian mananya kah anda menilai no 4 cocok sebagai karirnya? terimakasih

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat dari saudara Ardy. Sebaiknya memang karyawan harus mengerti tentang jobdesc mereka tersebut. Dengan pengetahuan akan job desc tersebut karyawan menjadi lebih mengerti apa yang seharusnya dilakukannya.

      Hapus
    5. Terima kasih untuk semua tanggapannya, untuk pertanyaan sdr.arya : menurut saya dengan adanya pengetahuan yang banyak akan jobdesc dapat membuat sesorang lebih mudah untuk merencanakan karirnya kedepan karena ia sudah tau apa yang ia harus lakukan kedepannya.

      Hapus
  7. Menurut saya yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi adalah Nomor 5
    Karena menurut saya dengan adanya kesempatan karyawan dalam mengikuti pelatihan dan pengembangan diluar organisasi yang mana karyawan tersebut memperoleh keterampilan yang dibutuhkan akan sangat membantu karyawan dalam melakukan atau menyelesaikan pekerjaan di dalam organisasi dengan baik dan memuaskan sehingga saat pimpinan melihat hal tersebut akan memberikan karir yang lebih tinggi untuk karyawan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju dengan pendapat saudari Imelda, sebab pelatihan dan pengembangan yang dilakukan di luar organisasi terkadang konsepnya berbeda dengan suatu pekerjaan atau job descrption yang ada di setiap perusahaan / organisasi. Budaya yang dianut serta syarat - syarat yang diperlukan untuk memenuhi suatu jabatan yang lebih tinggi dalam suatu organisasi memiliki konsep dan pengertian yang berbeda dengan organisasi lain di luar perusahaan. Sehingga saat perusahaan menetapkan syarat - syarat dan keterampilan apa saja yang harus dipenuhi dalam menempati suatu posisi jabatan, terkadang tidak cocok dan tidak sesuai dengan apa yang dipelajari mereka di luar perusahaan. Sehingga akibatnya karyawan merasa kecewa karena pelatihan dan pengembangan yang diterimanya di luar organisasi sebab berbeda konsepnya dengan perusahaan/organisasi tempat dia bekerja.

      Sehingga saya lebih memilih no 4 yaitu ”Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi”.
      Sebab hal tersebut jelas dapat memaksimalkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan, sebab pelatihan dan pengembangan karir diberikan oleh perusahaannya sendiri.

      Hapus
  8. ke 7 kriteria di atas memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing akan tetapi saya memilih no 4 dengan alasan apa bila kita memberi akses kepada para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi,job description setiap pekerjaan mereka pasti lebuh mudah untuk berkembang dan apabila karyawan karir ny berkembang pasti karyawan lebih giat untuk bekerja demi mencapai karirnya,dan hal ini merupakan satu keuntungan bagi perusahaan.

    BalasHapus
  9. 5. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya. Untuk mengembangkan karir karyawan kedepannya karyawan harus diberikan pelatihan agar dapat mengembangkan ide-ide,wawasan mereka,untuk mengembangkan pengetahuan mereka kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudara Orlando memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya.a kinerjanya untuk perusahaan.

      Terima Kasih.
      Karena bisa membuat karyawan lebih maju dan berdampak pad

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat orlando dengan memilih kebijakan no.5 untuk pengembangan karir karyawan

      karena dengan memberi kesempatan karyawan untuk dapat pelatihan tentu akan membuat karyawan berkembang skillnya,dan dengan itu pula perusahaan juga diuntungkan dengan mendapatkan karyawan yang lebih kompeten sehingga karyawan tersebut dapat menempati posisi" yang lebih tinggi yang sebelumnya tidak dapat diraihnya.

      Andre CP 3103011102 kelas C

      Hapus
  10. saya berpendapat bahwa no 5 paling baik di antara 6 kriteria yang lain.kita harus memberikan kesempatan karyawan untuk mengembangkan karirnya walaupun pasti ada dampak negatif yang di sebabkan,akan tetapi kita tak boleh egois mungkin dengan berkembangnya karyawan akan membawa perusahaan kita menjadi lebih baik.
    Kelas D

    BalasHapus
  11. menurut saya yang paling efektif untuk membantu karyawan dalam mengembangkan karirnya adalah dengan membuat rencana karir untuk karyawan-karyawan berbakat serta calon-calon yang disiapkan untuk program suksesi organisasi (Individual Development Plans – IDPs), karena ketika dalam organisasi ada karyawan yang dapat meraih kesempatan tsb dan karir dia menjanjikan, maka otomatis dapat dilihat oleh karyawan lain dan mereka akan termotivasi untuk berlomba-lomba mendapat kesempatan tsb (talent management)

    BalasHapus
    Balasan
    1. syandi (3103011260)
      menurut saya,,,membuat karyawan termotivasi untuk mendapatkan kesempatan karier yang lebih tinggi dengan membuat rencana karier untuk karyawan berbakat benar..tapi tidak semua karyawan mempunyai bakat dan keahlian yang sama tinggi sehingga karyawan yang kurang berbakat kurang dapat berkompetisi dengan mereka yang berbakat dan secara otomatis perusahaan harus membantu karyawan yang kurang berbakat itu untuk mendapatkan keahlian guna memperoleh kesempatan yang sama...yang saya tanyakan,apakah yang harus dilakukan perusahaan untuk membantu mereka yang kurang berbakat?kebijakan efektif apa yang harus dibuat perusahaan ?
      terima kasih...

      Hapus
    2. Adrian Tanusetiadjie 3103011097 kelas C
      Saya setuju dengan pendapat saudara Yefta. Yang paling efektif adalah dengan membuat rencana karir untuk karyawan berbakat serta calon-calon yang disiapkan untuk program suksesi organisasi. Karena karyawan akan termotivasi apabila dia melihat jelas jenjang karirnya di perusahaan tersebut sehingga ia akan berusaha dengan keras untuk memenuhi kompetensi-kompetesni yang dibutuhkan dalam jenjang karirnya.

      Hapus
  12. Saya pilih nomor 5, karena dengan karyawan mengikuti pelatihan di luar organisasi dapat membuat karyawan semakin terampil dan memiliki wawasan yg lebih luas. Michael kelas D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan pilihan saudara Michael yang memilih nomor 5,karena dengan adanya sebuah pelatihan yang diikuti oleh para karyawan tersebut dapat pula membangun mental para karyawan agar memiliki mental yang kuat terhadap hal-hal yang akan dilalui,dan dapat pula membangun dan membangkitkan semangat kerja para karyawan tersebut dalam melakukan berbagai pekerjaan yang akan diberikan nantinya.

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudara Michael,
      Bagaimana jika seseorang yang mengkuti pelatihan di luar organisasi tidak mendapat manfaat dari pelatihan diluar tersebut,andai kata lain orang tersebut malah semakin buruk dalam karirnyanya diperusahaan atau karirnya konstan maupun menurun ?
      terimakasih

      Hapus
    3. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari Saudara Terry,
      Jika pelatihan di luar organisasi tidak mampu memberikan manfaat berupa perkembangan karier bagi karyawan, maka perusahaan perlu mempertimbangkan kembali diadakannya pelatihan tersebut. Pertama-tama, perusahaan harus menyelidiki apakah penyebab dari kegagalan atau kurang efektif berjalannya pelatihan tersebut, dan selanjutnya memperbaiki dan merancang pelatihan yang lebih sesuai bagi perkembangan karier karyawan.

      Apabila hal tersebut masih belum membawakan hasil, maka perusahaan dapat mempertimbangkan alternatif lain dalam mengembangkan karier karyawan, misalnya pelatihan dan pengembangan di dalam organisasi, mewajibkan karyawan untuk melakukan diskusi karir dengan manajer mereka, ataupun alternatif-alternatif lain seperti yang disebutkan dalam poin-poin no. 1- 7 di atas.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  13. Menurut saya yang paling efektif adalah no 5. Karena dengan memeberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar akan sangat membantu seorang karyawan untuk meningkatkan kemampuannya juga akan mendapatkan pengalaman tambahan. Sehingga dapat menerapkannya di perusahaannya nanti. Juga menjadi bekal dan tambahan pengetahuan untuk kedepannya demi menghapai semakin ketatnya persaingan di dunia kerja.

    BalasHapus
  14. Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi. karena hal tersebut memberikan karyawan lebih bersemangat dalam mengembangkan karir mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dari Sdr. Ivan bahwa memberikan akses kepada karyawan mengenai jenjang karir yang ada dalam organisasi dapat membantu karyawan dalam pengembangan karirnya. Dengan adanya transparansi mengenai jenjang karir dalam suatu organisasi maka akan memacu karyawan dalam menggapai karir impiannya. Dengan begitu karyawan pasti akan berlomba-lomba untuk melakukan kinerja yang terbaik agar ia dapat sesegera mungkin menduduki posisi yang diinginkan. Namun apabila akses dan kursus-kursus juga pelatihan tsb telah diberikan oleh perusahaan tetapi karyawan tidak juga terpacu untuk menata karirnya di masa yang akan datang, apakah yang harus dilakukan?

      Hapus
  15. Menurut saya yang paling efektif untuk karyawan adalah no 5. Karena dengan adanya pelatihan diluar akan membantu mengembangkan para karyawan agar lebih berkembang...dengan adanya pelatihan tersebut nantinya karyawan akan lebih menguntungkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari feby, karena dengan ada nya kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi, akan membantu para karyawan untuk mengembangkan ketrampilan dan skill yang diperlukan tiap karyawan yang lebih tertuju pada bidang yang dikerjakan dan dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya

      Hapus
    2. Saya kurang setuju dengan pendapat Sdri. Feby dan ingin menanggapinya, mengenai hubungan antara pelatihan diluar dengan menguntungkan perusahaan. Tidak semua pelatihan diluar perusahaan dapat menguntungkan perusahaan. Hal tersebut tergantung kepada karyawan itu sendiri, yaitu mengenai bagaimana karyawan menggunakan ilmu yang telah diterima dalam pelatihan tersebut untuk dibawa masuk atau tidak ke dalam perusahaan (diterapkan atau tidak dalam kinerja karyawan). Demikian, terima kasih.

      Hapus
  16. Menurut saya no 5 Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti  pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya. Karena pelatihan merupakan tindakan efektif yang sudah banyak di terapkan di perusahaan-perusahaan guna mengembangkan keterampilan karyawannya. Semakin karyawan memiliki keterampilan yang baik otomatis ia akan berkembang dan dapat mencapai tingkat dari levelnya ke level yang lebih tinggi. Karena pelatihan dapat mengembangkan keterampilan dan wawasannya.

    Deviani Tanoyo / D / 3103011024

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut Saya, no 5 (Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya)adalah cara yg efektif dalam membantu karyawan untuk mengembangkan kariernya.

      Dengan adanya pemberian pelatihan maupun pengembangan. Karyawan dapat meningkatkan pengetahuan baik akademik maupun teknologi. Sehingga Karyawan tersebut bisa termotivasi untuk bersaing di luar organisasi dan bisa melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya dengan lebih baik lagi dalam organisasi tersebut.
      Terima Kasih.

      (DESY AYU / 3103011284)

      Hapus
    2. Menurut anda, contoh pelatihan seperti apa yang dapat diikuti karyawan dalam meningkarkan pengembangan karirnya dalam sebuag organisasi?
      terimakasih..

      Hapus
    3. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudari Gisella,
      Contoh pelatihan di luar organisasi yang dapat diikuti karyawan untuk meningkatkan perkembangan kariernya, bisa berupa karyawan diikutkan kursus dan perkuliahan, pelatihan hubungan manusia, yaitu pelatihan yang berfokus pada pengembangan keterampilan hubungan manusia yang dibutuhkan seseorang untuk bekerja sama dengan orang dengan baik, lalu bisa juga berupa simulasi (permainan bisnis), yaitu teknik pengembangan yang mengharuskan partisipan untuk menganalisis sebuah situasi dan memutuskan tindakan terbaik berdasarkan pada data yang ada, dan sebagainya.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  17. Menurut saya no 5 , Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya

    Dengan pemberian pelatihan dan pengembangan dari luar agar karyawan dapat memiliki pengatahuan serta ketrampilan yang lebih dan dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi.
    Jenjang yang lebih tinggi membutuhkan spec yang berbeda lagi, oleh sebab itu pelatihan-pelatihan dapat membantu karyawan untuk mencapai capaian jenjang karier mereka.

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
  18. menurut saya yang paling efektif dalam pengembangan karir mereka yaitu pada poin 4. memberi akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi. karena dengan diketahuinya adanya jejang karir dan kompetensi syarat yang harus mereka capai jika ingin jabatanya naik, maka mereka akan semakin terdorong dirinya untuk bisa melewati batas kompetensi tersebut dan samakin memiliki peluang untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinggi.

    Kelas B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju pendapat okky karena dengan memberikan kursus-kursu maka karyawan dapat lebih mengetahui lebih dalam lagi pekerjaan yang dia tekuni dan karyawan bisa lebih termorivasi dengan adanya kenaikan jabatan. Karyawan juga ingin lebih tinggi dari jabatan sebelumnya.

      Hapus
  19. Saya memilih point :"Beri akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi."
    Menurut saya, hal itu sangat berperan penting bagi karyawan maupun manajer untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi berbagai pekerjaan dimasa yang akan datang dalam organisasi tersebut. Ada baiknya organisasi memberikan akses pada karyawan agar karyawan dapat mengetahui jenjang karir dlm organisasi, kompetensi2 yang disyaratkan utk tiap job description sehingga karyawan dapat berusaha dan meningkatkan kinerja mereka untuk mendapatkan jenjang yg lebih tinggi. Lalu dgn adanya pelatihan atau kursus, dimaksudkan agar karyawan mendapatkan penegetahuan atau keterampilan yang spesifik yang dapat diidentifikasi untuk digunakan dlm pekerjaan mereka saat ini. Pelatihan yg diberikan pd karyawan juga membantu mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan masa depan.
    Indahwati-3103011003.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Indah,
      Bagaimana jika,kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi malah membuat karyawan malas mengikutinya,usaha apakah yang dapat dilakukan seorang manager? jelaskan
      Terimakasih

      Hapus
    2. Terima kasih. Sebenarnya pelatihan dlm organisasi dimaksudkan agar dapat lebih menunjang kemampuan dan penegetahuan karyawan dalam organisasi. Tetapi, bila itu membuat kryawan merasa malas, organisasi dapat menciptakan ketertarikan dengan berbagai cara dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelatihan. Selain itu, para manager juga harus mempersiapkan peserta pelatihan ( buat mereka santai, cari tahu apa yg mereka ketahui, buat mereka tertarik, dll). Baru setelah itu, sampaikan informasi penting pada karyawan dengan cara perlihatkan pertanyaan, biarkan mereka melakukan pekerjannya sendiri--baru setelah itu dievaluasi dan pastikan mereka memahami.

      Hapus
  20. menurut saya dari antara 7 point di atas yang paling efektif adalah nomor 4, karena dengan memberi akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi, merupakan salah satu cara paling efektif dalam memicu perkembangan, dan membuat karyawan semakin termotivasi untuk memiliki/menggembangkan karirnya dalam suatu organisasi

    BalasHapus
  21. Menurut saya, cara yang paling efektif terdapat pada nomor 5 karena apabila karyawan diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan luar organisasi maka karyawan akan memiliki kemampuan dan wawasan yang lebih tidak hanya di dalam organisasi namun juga di luar organisasi, dan juga pelatihan itu melatih dan mengembangkan karyawan di level yang lebi tinggi, sehingga karyawan dapat meningkatkan karirnya di dalam organisasi jauh lebih baik dari pada sebelumnya. dan apabila terjadi kenaikan jabatan karyawan telah siap dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Anthony, karena dengan pelatihan dan pengembangan di luar organisasi maka karyawan tersebut memiliki kesempatan untuk lebih mengasah keahlian yang dimilikinya dan bahkan dapat memperoleh pengetahuan yang sebelumnya tidak mereka ketahui serta dapat digunakan agar dapat naik pada tingkat kerja yang lebih tinggi dan baik, agar karyawan tersebut tidak bekerja hanya pada tingkatan tersebut saja selama perjalanan kariernya.

      Hapus
  22. Brian Hendrawan 3103009205

    menurut saya no.4 yang paling dapat membantu pengembangan karir seorang karyawan. Program pengembangan karyawan hendaknya disusun secara cermat dan didasarkan kepada metode–metode ilmiah serta berpedoman pada keterampilan yang dibutuhkan perusahaan saat ini maupun untuk masa depan. Pengembangan harus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan supaya prestasi kerjanya baik dan mencapai hasil yang optimal.
    Dengan memberikan akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi dan job description setiap pekerjaan kepada suatu karyawan juga dapat memicu motivasi mereka untuk sampai sejauh mana jenjang karir dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  23. kelas c 3103011181

    menurut saya no 5 karena karyawan diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan keterampilannya di luar organisasi agar dia dapat lebih maju dan kariernya dapat meningkat dimasa menbdatang

    BalasHapus
  24. menurut saya yang paling efektif dalam pengembangan karir mereka yaitu pada poin 4 memberi akses para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi job description setiap pekerjaan serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi. karena dengan diketahuinya adanya jejang karir dan kompetensi syarat yang harus mereka capai jika ingin mendapatkan kedudukan yang baik dalam suatu perusahaan dan merasa lebih terarah dan mempunyai tujuan bekerja dan kepastian dalam suatu perysahaan tersebut

    BalasHapus
  25. Kalau menurut saya adalah no1 karena dgn karyawan dibantu untuk membuat dan mengupdate resume itu hal yg cukup penting dmna karyawan dapat mengerti apa saja yg hrs dilakukan pada hari tsb agar karyawan dpt melakukan dgn baik sesuai resume yg dbwt

    BalasHapus
  26. saya mmilih 4 peserta calon pelatihan sementara yg d tempati posisi karyawan, maka tidak tahu seblum ketahui kinerja karyawan menenetukkan kenginan peruahaan masa akan datang sesuai standar keinginan oganiassi sendiri dgn biaya tambhan pd pelatihan yg butuh saat ini, jika berjalan baik memakai pelatihan sistem berdasarkan syarat terpenuhi dapat memberi kesemmpatan beberapa peserta sebelum yang bersangkutan ditempatkan pada salah satu unit organisasi

    BalasHapus
  27. menurut saya yang paling efektif adalah no.5 Karena dengan memberikan pelatihan dan pengembangan diluar organisasi karyawan akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas sehingga dia akan lebih terampil dalam melaksanakan atau menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan karyawan akan memiliki kemampuan dan wawasan yang lebih tidak hanya di dalam organisasi namun juga di luar organisasi karena pelatihan merupakan tindakan efektif yang sudah banyak di terapkan di perusahaan-perusahaan guna mengembangkan keterampilan karyawannya.

    keren sumbala-3103011191 MSDM1

    BalasHapus
  28. menurut saya no.4 karena dapat membantu pengembangan karir seorang karyawan Program pengembangan hendaknya dibuat secara baik sesuai dengan metode–metode pelatihan yang yang dibutuhkan perusahaan saat ini maupun untuk masa depan. Pengembangan harus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dan moral karyawan supaya prestasi kerjanya baik dan mencapai hasil yang maksimal

    BalasHapus
  29. menurut saya, nomer 5. Proses pelatihan dan pengembangan di luar organisasi agar karyawan lebih profesional, dan lebih cerdas dalam menghadapi problem-problem atau pekerjaannya di masa yang akan datang. dan juga bisa menambah pengetahuan/wawasan yang lebih luas agar bisa lebih mandiri dalam menghadapi pekerjannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Erma S /3103011054 kelas c
      saya setuju dengan pendapat saudari Catherine dengan membiarkan pelatihan karyawan di luar organisasi maka akan menjadikan karyawan mandiri dan cerdas dalam menghadapi sebuah masalah. Dan karyawan bisa belajar lebih lagi karena organisasi pelatihannya di luar organisasi itu sendiri dan lebih tertuju. Maka akan membantu sekali bagi sebuah organisasi untuk bisa menaikkan level karyawannya. Terima kasih.

      Hapus
    2. Menurut saya sudut pandang ini termasuk benar karena dengan pelatihan yang tepat dan baik , kualitas seorang pegawai akan meningkat seiring dengan daya kerja dalam perusahaan . Dengan begitu perusahaan akan merasakan dampak secara langsung dari peningkatan kinerja karyawan-karyawannya.

      Hapus
  30. menurut saya nomer 7. agar karyawan dapat bekerja dengan giat untuk menjadi karyawan yang berbakat. seperti di iming-imingi kenaikan jabatan dan lain sebagainya. sehingga karyawan merasa pekerjaannya di hargai oleh manajernya maupun pemimpin perusahaan serta karyawan merasa senang dengan pekerjaannya.

    indra setiawan-MSDM 1

    BalasHapus
  31. Menurut saya, dari ketujuh hal yang dapat dilakukan organisasi di atas yang palin efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karrirnya adalah no 4. Karena menutur saya, jika dalam suatu organisasi sistem training dan pengembangan karyawan terjamin dan transparan seperti itu, karyawan pasti akan termotivasi dan antusias dalam menembangkan diri mereka dan mengikuti proram – program yang diberikan oleh organisasi perusahaan. Dari sudut pandang eksternal pun, kredibilitas perusahaan sebagai perusahaan yang kompeten dalam pengelolaan dan penembangan skill tenaga kerjanya juga akan sangat dipandang baik. Menurut saya no 4 ini juga salah satu cara manajemen karir yan baik juga, karena dalam hal ini setiap lapisan karyawan baik dari posisi bawah, menengah, sampai atas dapat mengetahui dan mendapatkan kursus – kursus pelatihan yang diberikan organisasi.

    BalasHapus
  32. menurut saya paling tepat dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya adalah nomor 4. Karena dengan memberi akses pada para karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi, job description setiap pekerjaan (beserta kompetensi yang disyaratkan untuk setiap job tersebut) serta kursus-kursus dan pelatihan yang diselenggarakan dalam organisasi para karyawan lebih dapat mengetahui kekurangan mereka, yang lebih tepatnya kekurangan mereka dengan job des yang diberikan kepada mereka. Dengan mengetahui kekurangan mereka, maka hal ini akan lebih memudahkan para karyawan dalam pengembangan karir mereka yang disertai dengan bantuan organsasi dalam melakukan pelatihan. Andrey A.K. 3103008115 kelas A

    BalasHapus
  33. Menurut saya yg paling efektif dalam membantu karyawan dlm mengembangkan karirnya adalah no. 5 , karena dengan membantu kryawan mendapatkan pelatihan dan pengembangan kerja akan lebih membantu karyawan dalam karirnya , dan karyawan akan lebih memiliki keterampilan yang lebih baik setelah mengikuti pelatihan dan pengembangan

    BalasHapus
  34. Menurut saya yang paling efektif dalam mengembangkan karir karyawan adalah nomer 5 , karena jika seorang karyawan mendapat pelatihan maka ia akan mendapat ilmu yang lebih dari pelatihan tersebut , seorang karyawan yang mendapatkan pelatihan dan pengembangan akan jauh lebih berkembang dalam karirinya ,

    BalasHapus
  35. indranesia /3103007315

    menurut saya no 3,karena dengan berdiskusi pada orang yang sudah memiliki pengalaman seperti manajer. lebih memudahkan karyawan untuk mengembangkan karirnya

    BalasHapus
  36. Donny Candra / 3103011047
    Menurut saya yang paling efektif adalah nomer 6 yaitu isi kekosongan jabatan yang ada secara internal dan buat kebijakan tentang prioritas mengisi kekosongan jabatan yang ada secara internal sebelum merekrut orang baru dari luar organisasi. Karena dengan kebijakan tersebut, karyawan lebih termotivasi dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik didalam organisasi, sehingga jika ketika terjadi kekosongan jabatan yang lebih tinggi, salah satu dari mereka yang akan mengisi jabatan tersebut.

    BalasHapus
  37. Adrian hartono 3103008096

    Saya memilih no 4
    Karena dengan mengetahui jenjang karir karyawan akan lebih termotivasi dari dalam dirinya untuk semakin berkembang.
    Dengan mengetahui jobdesc nya,karyawan juga mengetahui kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan.
    Selain 2 hal diatas yang lebih menuju pada motivasi dari diri sendiri,kursus dan pelatihan juga perlu untuk mengembangkan skill dan ketrampilan karyawan untuk lebih berkembang.

    BalasHapus
  38. Joseph Vincent Budi. P/ 3103010191

    saya lebih cenderung memilih nomer 5 : Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya.

    karena karyawan harus mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar oganisasi agar dapat mengembangkan ketrampilan yang di peroleh nya agar berguna disaat dia kembali di dalam organisasi tersebut dan langsung mempraktekkan atau membagi ilmu dengan orang yang ada di dalam organisasi tersebut.. agar kinerja dan kekompakkan karyawan A dan karyawan B dengan karyawan lainnya semakin membaik dan mensukseskan tujuan perusahaan agar jenjang karir karyawan tersebut semakin membaik.

    saya rasa perlu setiap karyawan harus dibekali atau diberikan ilmu yang sebanyak-banyaknya lewat training pelatihan dan pengembangan yang membuat karyawan itu semakin terampil disaat dia kembali ke organisasi tersebut dan saling memback-up karyawan satu dengan karyawan lainnya agar semakin terciptanya kekompakan di dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  39. Saya memilih nomer 4, karena agar karyawan dapat mengetahui secara jelas jenjang karir mereka, serta pelatihan yang diselenggarakan oleh organisasi bertujuan memperisapkan para karyawan yang mempunyai jenjang karir yang tinggi, agar karyawan tersebut sudah memiliki bekal yang lebih baik untuj menempati posisi yang lebih tinggi.

    BalasHapus
  40. Menurut saya, saya memilih nomer 5, yaitu memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti  pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya.

    BalasHapus
  41. Hendry Setiono / 3103011031
    Saya memilih no 4
    Memberi akses pada karyawan untuk mengetahui jenjang karir dalam organisasi akan dapat memudahkan karyawan yang paling efektif dalam membantu karyawan mengembangkan karirnya dalam organisasi dan jika adanya job description di setiap pekerjaan maka akan memudahkan karyawan untuk mengambil keputusan.

    BalasHapus
  42. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan di luar organisasi yang lebih tertuju pada upaya memperoleh keterampilan yang dibutuhkan karyawan agar dia dapat bergerak ke level lebih tinggi dari jenjang karirnya

    saya setuju dengan pilihan nomor 6 ini, yaitu karyawan harus di beri pelatihan-pelatihan yang akan mengembangkan diri merika sendiri, sehingga selain memberikan keuntungan bagi karyawan itu sendiri, juga dapat meningkatkan kinerja di perusahaan

    BalasHapus