SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 05 Februari 2012

Berbagai Isu Strategik dalam MSDM (Bahan Diskusi 9 Pebruari 2012)

                                                                       (oleh: Julius Runtu)


1.      Latar Belakang
Globalisasi telah menyentuh hampir semua aspek penting dalam kehidupan manusia. Demikian juga dampaknya telah dirasakan oleh berbagai organisasi. Persaingan tidak lagi dirasakan terjadi antar organisasi dalam wilayah tertentu tetapi telah mengglobal sehingga persaingan semakin ketat. Suatu organisasi harus berusaha bertahan agar tidak tengelam dalam arus globalisasi tetapi justru dapat memanfaatkannya untuk kemajuan organisasi.
Salah satu dampak yang dibawa oleh globalisasi adalah berbagai macam perubahan yang terjadi begitu cepat. Organisasi sering merasa telah ikut berpacu dengan sekuat tenaga tetapi pada akhirnya menyadari bahwa organisasi tersebut seakan-akan hanya berjalan di tempat karena tidak ada kemajuan berarti yang dicapainya. Oleh karena itu, organisasi dituntut untuk menyikapi berbagai perubahan itu dengan tepat. Salah satu hal yang dapat dilakukan organisasi antara lain dengan memperhatikan beberapa isu strategik sebagaimana akan dibahas pada tulisan ini.

2.      Permasalahan
Pertanyaan yang pertama kali bisa diajukan adalah: isu-isu strategik apakah yang berhubungan dengan MSDM itu. Kedua, mengapa isu-isu itu penting dan berhubungan dengan MSDM. Ketiga, bagaimana MSDM mengelola isu-isu tersebut sehingga dapat memberi nilai tambah bagi kemajuan organisasi terutama dalam meningkatkan competitive advantage dari organisasi tersebut.
      Ketiga permasalahan itulah yang akan disoroti secara khusus pada bagian pembahasan berikut ini. Pembahasan ini akan didasarkan pada empat artikel yang  membahas isu-isu strategik dalam MSDM.
3.      Pembahasan
a.      Isu-isu strategik dalam MSDM
Ada 4 isu strategik pokok dalam Manajemen Sumber Daya Manusia yang diidentifikasi dalam tulisan ini, yaitu:
1.      pemanfaatan teknologi informasi;
2.      pengelolaan sumber daya manusia yang beragam;
3.      penentuan dan pemanfaatan sumber daya dari luar organisasi;
4.      pererekayasaan  sumber daya manusia melalui teknologi informasi.
b.      Pentingnya isu-isu strategik dalam MSDM
Banyak organisasi yang telah menyadari bahwa peranan teknologi informasi sangat penting dalam meningkatkan keunggulan bersaing dari organisasi tersebut. Meskipun demikian, organisasi tidak dapat memperoleh keunggulan bersaing itu secara otomatis ketika organisasi tersebut mengadopsi suatu teknologi. Organisasi harus dapat memadukan teknologi tersebut dengan strategi organisasi.
Perkembangan lingkungan internal maupun eksternal suatu organisasi membawa dapat terhadap nilai-nilai tertentu yang telah lama dianut oleh organisasi pada umumnya. Munculnya nilai kesetaraan serta semakin gencarnya nilai itu diperjuangkan oleh banyak pihak, telah mengubah wajah banyak organisasi yang dulunya lebih seragam menjadi lebih beragam akibat semakin menipisnya diskriminasi dalam suatu organisasi terhadap etnis atau jenis kelamin tertentu.
Persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk dapat lebih efisien sehingga perlu mempertimbangkan berbagai hal yang dia lakukan tetapi sebenarnya lebih efektif jika dikerjakan oleh pihak lain sedangkan organisasi  lebih terkonsentrasi pada pekerjaan yang sungguh-sungguh menjadi kompetensinya. Dalam hal ini, organisasi dihadapkan pada penentuan keputusan untuk membuat sendiri suatu produk penunjang tertentu atau lebih baik membelinya pada pihak lain.
Perubahan yang begitu cepat di dalam maupun di luar organisasi, menuntut perusahaan untuk ikut melakukan perubahan secara total/mendalam. Organisasi dituntut untuk dapat melakukan rerekayasa antara lain melalui teknologi informasi.
c.       Pengelolaan MSDM terhadap beberapa isu strategik
Broderic & Boudreau (1992) mengatakan bahwa telah banyak manajer yang mencoba mengelola sumber daya manusia secara lebih baik dengan mengadopsi beberapa aplikasi komputer. Meskipun demikian, hasil yang dicapai belum semaksimal yang mereka harapkan. Oleh karena itu, menurut kedua penulis itu, organisasi harus memadukan aplikasi yang mereka pilih dengan strategi organisasi itu. Broderic & Boudreau menyarankan hal sebagai berikut:
1.      organisasi yang menerapkan strategi cost leadership sebaiknya memilih transaction processing/reporting/tracking system yang lebih cocok karena dalam organisasi sedemikian ‘orang bekerja lebih keras’ dan sistem tersebut dapat memungkinkan adanya berbagai penghematan;
2.      organisasi yang menerapkan strategi quality/custumers satisfaction sebaiknya memilih expert system karena dalam organisasi sedemikian ‘orang bekerja lebih pandai’ serta lebih memungkinkan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan;
3.      organisasi yang menerapkan strategi innovation sebaiknya memilih decision support system karena dalam organisasi sedemikian ‘orang bekerja dengan visi’ serta lebih mendukung untuk proses penemuan produk baru, pengujian, dan penyimpanan hal-hal baru yang mereka temukan.
Dass & Parker (1999) menyarankan agar organisasi dapat mengelola keberagaman yang ada dalam organisasi karena hampir tidak ada lagi organisasi yang dapat menghindari keberagaman tersebut. Dass & Parker mengemukakan adanya 3 pendekatan yang umumnya digunakan oleh organisasi dalam mengelola keberagaman tersebut, yaitu:
1.      Pendekatan Episodik
2.      Pendekatan ‘Berdiri-lepas’
3.      Pendekatan Sistimatik.
Greer,  et al. (1999) mengemukakan perlu organisasi untuk mempertimbangkan pemanfaatan sumber daya manusia dari luar organisasi. Meskipun dalam kenyataan hal itu banyak menguntungkan terutama dihubungkan dengan just-in-time manajemen sumber daya manusia, Greer,  et al. menyarankan organisasi untuk berhati-hati antara lain perlu melakukan:
1.      penyeleksian penjual;
2.      pengelolaan transisi sumber daya dari luar;
3.      pengelolaan hubungan dengan penjual;
4.      pengawasan kinerja penjual.
Yeung & Brockbank mengemukakan perlunya pererekayasaan organisasi melalui teknologi informasi. Salah satu isu penting dalam proses rerekayasa adalah perubahan budaya. Jika dikaitkan dengan strategi organisasi, perusahaan harus melakukan rerekayasa jika berhadapan dengan kenyataan bahwa organisasi masih cenderung menerapkan premium price padahal perusahaan telah merumuskan untuk menerapkan low cost. Demikian juga halnya dengan perubahan ke budaya inovasi menuntut suatu perubahan total bukan suatu perubahan sebagian saja.

4.      Tanggapan
Keunggulan kompetitif perusahaan harus terus menerus diusahakan dan tidak cepat puas pada apa yang telah dicapai. Hal itu akan membuat suatu organisasi tidak tersisih dalam persaingan yang semakin ketat. Organisasi harus selektif dalam memanfaatkan teknologi informasi yang ada karena tidak semua sistem sesuai dengan strategi organisasi. Selain itu, keberagaman yang ada dalam organisasi harus dilihat dari perspektif yang tepat dan dengan pendekatan yang sesuai sehingga keberagaman itu tidak menjadi kendala tetapi justru menjadi ‘asset’ yang berharga bagi organisasi. Demikian juga halnya dengan kebijakan pemakaian sumber daya dari luar harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh dampaknya terhadap organisasi. Sedangkan berbagai perubahan yang diharapkan organisasi (terutama dalam peningkatan keunggulan kompetitifnya) akan lebih mudah dicapai apabila organisasi melakukan rerekayasa organisasi melalui teknologi informasi. 

Daftar Bacaan

Broderick, R., & Boudreau, J.W. 1992. Human resource management, information technology and the competitive edge. Academy of Management Executive, 6 (2): 7-17.
Dass, P., & Parker, B. 1999. Strategies for managing human resource diversity: From resistance to learning. Academy of Management Executive, 13 (2): 68-80.
Greer, C.R., Youngblood, S.A., & Gray, D.A. 1999. Human resource management outsourching: The make or buy decision. Academy of Management Executive, 13 (3): 85-96.
Yeung, A., & Brockbank, W. (?). Reengineering HR through information technology. Human Resource Planning. 24-37.


Diskusi:
Ada 4 isu strategic yang diidentifikasi dalam tulisan di atas. Manakah isu yang menurut Saudara  paling mendesak untuk ditangani oleh suatu organisasi. Jelaskan pilihan Saudara.

=o0o=


50 komentar:

  1. menurut saya yang harus mendesak untuk diperdahulukan adalah pemanfaatan teknologi informasi , dikarenakan teknologi informasi di jaman sekarang semakin maju pesat, dan untuk pengelolaan sumber daya manusia akan lebih mudah dan efektif dengan menggunakan teknologi yang semakin berkembang ini dan juga sebagai pemacu manusia untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitri, coba diberi contoh bagaimana penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan SDM dalam perusahaan. Terima kasih

      Hapus
    2. maaf baru membalas pak ,
      contohnya saja simple, bapak sendiri menggunakan teknologi yaitu blogger untuk membuat siswa nya semakin berkembang dan dapat berwawasan luas dan bisa saling bertukar pendapat di dalam blogger ini, buktinya mahasiswa maupun mahasiswi antusias di dalam blogger ini dan mereka bisa lebih punya pengalaman dan wawasan yang baik

      Hapus
  2. Menurut saya, saya memilih isu strategic yang ke-3, Pengelolaan hubungan dengan penjual. Alasannya karena, kalau kita mau mengelola SDM yang kita miliki, kita butuh hubungan atau relasi yang baik dan harmonis dengan konsumen kita. Oleh karena itu, agar SDM kita dapat berguna bagi orang lain, kita, sebagai produsen, harus mengembangkan hubungan yang baik dengan pembeli kita. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ben, yang saya maksudkan untuk ditanggapi adalah isu strategik yang ada pada nomor 3.a. pada tulisan di atas bukan yang 3.c. Coba nanggapi lagi ya. Trims

      Hapus
  3. Menurut saya, 3 hal dalam pengelolaan MSDM diatas memiliki hubungan satu sama lain sehingga perlu dilakukan semua, karena innovation menuntut SDM untuk bekerja lebih kreatif dan menjadikan SDM lebih pandai yang dapat pula mendukung para SDM untuk bekerja lebih keras atas tuntutan yang diinginkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yungky, isu strategik yang dimaksudkan adalah yang di no 3.a. ya. Trims

      Hapus
  4. Menurut saya, dari 4 isu strategic tersebut saya memilih isu yg ke 3. alasannya meskipun dapat menguntungkan dengan menggunakan system just in time, tetapi akan membuat perusahaan tersebut tidak berkembang karena menggunakan SDM dari luar perusahaan, perusahaan akan dapat berkembang jika menggunakan sumber daya dari dalam karena dapat memantau dan terus meningkatkan kinerja SDM tersebut, jika SDM dari luar maka akan sulit untuk mengembangkannya, trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Febrian, isu strategik yang dimaksudkan yang no 3.a. Fitri sudah menemukannya. Trims

      Hapus
  5. Menurut saya, Isu strategies yang paling mendesak untuk ditangani adalah pengoelolaan sumber daya manusia yang beragam. Karena SDM merupakan asset yang paling penting yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik dalam suatu perusahaan.
    Sumber daya manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu perusahaan apa pun bentuk dan tujuan perusahaan. Perusahaan dibuat berdasarkan visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Jadi manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan institusi atau perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ameilia, SDM yang beragam contohnya seperti apa? Coba lihat di buku teks kita lalu tuliskan di sini. Trims

      Hapus
    2. Misal,
      Suatu perusahaan yang membutuhkan karyawan dalam perusahaannya, tidak mungkin Akan memilih karyawan secara asal - asalan. Perusahaan tentunya akan memilih dan menyeleksi mereka yang melamar pekerjaan berdasarkan kriteria dan kebutuhan perusahaan tersebut. Akan tetapi, tidak berhenti sampai disitu saja. Sekalipun karyawan tersebut sangat menguasai bidang pekerjaannya, pihak perusahaan tetap harus mengontrol kinerja karywannya. Sangatlah penting bagi karyawan untuk dapat mengikuti prosedur yang telah ditentukan dalam perusahaan, demi tercapainya tujuan perusahaan. Karna tiap perusahaan tentunya memiliki prosedur yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Misalkan antara perusahaan IT ( IBM, HP, dll ) dengan Disney. Dalam perusahaan IT mereka Akan cenderung memilih karyawan yang pandai dan sangat menguasai IT. Sedangkan Disney akan lebih memilih mereka yang ramah, mudah membaur dengan lingkungan, serta mampu bekerja sama dalam tim dengan baik.

      Hapus
  6. setiap kegiatan yang terjadi pada setiap organisasi tak luput dari teknologi informasi jadi menurut saya pemanfaatan teknologi informasi adalah hal yg paling mendesak yg harus di tangani oleh organisasi.karena dengan pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan perusahaan secara baik dan mengetahui fungsi teknologi informasi dengan baik maka setiap tujuan dan kegiatan yang di lakukan oleh perusahaan juga berjalan dengan baik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Albert, bantu Fitri untuk memberi contoh bagaimana penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan SDM, ya. Trims

      Hapus
    2. contohnya
      1.penyiaran pengumuman lewat audio
      2.informasi biodata karyawan yg sekarang di masukan kedalam komputer agar memudahkan untuk pemantauan kinerja orang tersebut.
      3.absensi karyawan mengunakan mesin sidik jari...di gunakan pada saat karyawan masuk kerja ataupun pulang dari kerja..

      Hapus
    3. Memberi tanggapan albertus dan fitri.
      Penggunaan IT dalam pengelolaan SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dalam perekrutan pegawai,kita dapat menggunakan rekrutmen pegawai berbasis web dan online. contoh saja "jobstreet.com"
      Dan dalam pelatihan dan pengembangan pegawai kita dapat menerapkan ONLINE TRAINING (di sini pegawai dapat melakukan pelatihan kerja,kapan saja dan di mana saja).

      Hapus
  7. Menurut saya, saya memilih isu nomer 1 (pemanfaatan teknologi informasi) karena dalam suatu perusahaan harus memiliki sistem informasi yang tinggi agar tidak tertinggal oleh jaman yang modern. Meskipun dalam suatu perusahaan memiliki SDM yang mempunyai Skill yang baik tetapi tidak mempunyai teknologi informasi yang tinggi, maka perusahaan tersebut akan kurang bisa dalam mengelola suatu perusahaan. Oleh karena itu saya memilih pemanfaatan teknologi informasi agar perusahaan tidak kalah oleh persaingan-persaingan yang ada di jaman yang sudah modern ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Richard, bantu Fitri dan Albertus ya. Trims

      Hapus
  8. saya setuju dengan pendapat amelia..
    isu yang paling mendesak dan harus segera ditangani lebih dulu adalah isu ke 2 yaitu pengelolaan sumber daya manusia yang beragam.
    dalam suatu organisasi pastinya kita akan berhadapan, bertemu dengan orang' yg memiliki karakter,sdm beragam. namun dalam suatu organisasi SDM harus dikelola dengan baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena kunci utama / aset perusahaan adalah SDM'nya,jika SDM tidak dike;lola dengan baik dan benar maka kinerjA perusahaan atau suatu organisasi juga akan buruk.
    organisasi yang baik pasti akan memiliki satu misi,visi untuk mencapai suatu tujuan maka dari itu pengelolaan SDM lah yang harus segera ditangani.

    BalasHapus
  9. saya ingin membantu fitri untuk memberikan contoh bagaimana penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan SDM,misal :
    - pengaksesan daftar hadir atau absensi pegawai
    - memasarkan atau mempromosikan perusahan atau produknya melalui online untuk melatih karyawan dalam berinteraksi bisnis melalui online.

    BalasHapus
  10. Menurut saya isu yang paling mendesak dan harus dengan segera ditangani adalah pengelolaan SDM yang beragam.
    Pada sebuah organisasi pasti banyak anggota anggotanya dan mereka mempunyai karakter dan sifat yang berbeda-beda. Untuk menyatukan karakter dan sifat- sifat itu tidaklah mudah.
    karena di dalam organisasi itu pasti banyak pendapat-pendapat yang berbeda, untuk menyatukan pendapat itu harus ada kerjasama yang baik antar anggotanya.
    Jadi yang mendesak untuk ditangani terlebih dahulu adalah pengelolaan SDM yang beragam karena mengelola manusia tidaklah gampang.

    BalasHapus
  11. Menurut saya yang harus didahulukan adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam dikarenakan perbedaan-perbedaan diantara individu sering menciptakan konflik dalam organisasi.
    perbedaan gender, warna kulit, bahasa, latar belakang budaya, umur, dan jenis kelamin, maka perusahaan harus dapat menciptakan keadaan lingkungan yang baik seperti:
    1. lingkungan yang baik, nyaman untuk berorganisasi dan sosialisasi
    2. Menciptakan peluang kesempatan kerja yang sama.
    3. memberikan umpan balik untuk membangun pemikiran yang maju dan berkembang.

    BalasHapus
  12. Menurut pendapat saya, yang menjadi pilihan adalah Pengelolahan Sumber Daya Manusia yang beragam, hal ini dikarenakan setiap manusia pasti memiliki jenis kualitas Sumber Daya Manusia yang bermacam-macam, tergantung dari diri pribadi dan cara mengelolah sistem kinerja SDM agar menjadi bermanfaat untuk hari ke depan dengan adanya keadaan dunia yang terjadi Globalisasi sehingga kita harus erhati-hati dalam mempertahankan dan mengembangkan sistem Sumber Daya Manusia yang baik dan berjalan lancar ini agar tidak terpengaruh oleh sistem Globalisasi, khususnya dalam Kegiatan sebuah Organisasi dalam melakukan pengelolahan sistem kinerja Organisasi ini. Agar tercipta Sumber Daya Manusia yang benar-benar untuk hari ke depan bermanfaat dan berjalan lancar.

    BalasHapus
  13. Menurut pendapat saya, yang menjadi pilihan adalah Pengelolahan Sumber Daya Manusia yang beragam, hal ini dikarenakan setiap manusia pasti memiliki jenis kualitas Sumber Daya Manusia yang bermacam-macam, tergantung dari diri pribadi dan cara mengelolah sistem kinerja SDM agar menjadi bermanfaat untuk hari ke depan dengan adanya keadaan dunia yang terjadi Globalisasi sehingga kita harus erhati-hati dalam mempertahankan dan mengembangkan sistem Sumber Daya Manusia yang baik dan berjalan lancar ini agar tidak terpengaruh oleh sistem Globalisasi, khususnya dalam Kegiatan sebuah Organisasi dalam melakukan pengelolahan sistem kinerja Organisasi ini. Agar tercipta Sumber Daya Manusia yang benar-benar untuk hari ke depan bermanfaat dan berjalan lancar.

    BalasHapus
  14. menurut saya , penggunaan sumber daya manusia yang berbagai macam itu ada karena perbedaan yang menciptakan permasalahan. setiap manusia terdiri dari berbagai macam kualitas yang bergantung pada dirinya. oleh karena itu sumber daya manusia harus di kelola dengan baik agar menghasilkan kinerja yang baik pula yang menghasilkan pekerjaan yang seimbang.
    dan tentu juga perusahaan harus memberi kualitas lingkungan kerja yang menunjang pekerjanya seperti :
    1. lingkungan kantor yang nyaman , bersih dalam melakukan aktivitas berorganisasi.
    2. memberi ruang dalam berpendapat agar tidak terjadi kepasifan pekerja.

    BalasHapus
  15. menurut saya teknologi informasi penting tetapi kualitas MSDM lebih penting dari pada teknologi itu sendiri sebab kemajuan perusahaan dilihat dari sumberdaya manusianya yang berkualitas bukan dari teknologi informasi yang modern

    BalasHapus
  16. menurut saya isu yg saat ini paling mendesak untuk di tangani adalah pengelolahan sumber daya manusia yg beragam. saat ini di er globalisasi teknologi pun semakin berkembang sehingga banyak sekali organisasi yg mengurang jumlahsumber daya manusia menjadi serba terknologi padahal seharusnya sumber daya manusia adalah aspek yg terpenting dlm kemajuan sebuah organisasi jg banyaknya pemecatan pegawai yg berkualitas dengan alasan habis masaproduktifitasnya dan mengganti dengan pegawai-pegawai baru yg kita tidak ketahui kualitasdan kinerja..apakah lebih baik atau malah sebaliknya.

    BalasHapus
  17. sayan memilih pemanfaatan teknologi informasi, karena teknologi informasi sudah mengglobal bahkan dipedesaan sekalipun. contoh yang sedang populer saat ini adalah penjualan melalui teknologi yaitu internet, dengan internet, perusahaan bisa menjangkau pasar sampai plosok dengan mudah dan cepat, karena di plosok pun sudah mengenal yang namanya internet. lagipula jaman sekarang semuanya sangat tergantung dengan teknologi. perusahaan yang tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik bisa tertinggal oleh pesaingnya.

    BalasHapus
  18. menurut saya yang paling mendesak untuk ditangani adalah pemanfaatan teknologi informasi, karena setiap perusahaan tidak pernah lepas dari teknologi informasi, jadi perusahaan harus mempunyai sistem pemanfaatan teknologi yang memadai. perusahaan sangat membutuhkan teknologi informasi, meski staf-staf SDM mampu dengan skill mereka, tapi dengan sistem teknologi infprmasi yang memadai akan lebih dapat mengelola perusahaan dengan lebih baik.

    BalasHapus
  19. menurut saya, isu strategik yang paling mendesak untuk ditangani oleh suatu organisasi adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam. hal ini dikarenakan dalam suatu organisasi pasti terdapat berbagai macam sumber daya manusia yang berbeda dan dengan visi dan misi yang berbeda pula. jika ingin memajukan organisasi tersebut, para calon pegawai harus mempunyai visi dan misi yang sama dengan organisasi serta mempunyai kualitas yang baik. jika tidak, hal itu akan menghalangi berkembangnya organisasi. dan para pegawai yang telah bekerja juga harus terus diperhatikan agar tetap sejalan dengan organisasi.

    BalasHapus
  20. Isu strategik yang paling mendesak dan yang harus ditangani oleh suatu organisasi terlebih dahulu adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam. Jika ingin mencapai visi ataupun misi dari suatu perusahaan, menurut saya hal yang harus diutamakan adalah pemilihan Sumber Daya Manusia yang baik. Jadi intinya, perusahaan akan berjalan dengan baik bergantung dari para pegawai yang bekerja dalam suatu perusahaan tersebut. Dalam mencapai suatu target perusahaan tidak dari usaha seorang pemilik perusahaan melainkan juga usaha dari pegawai-pegawai perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  21. Menurut saya yang paling mendesak untuk ditangani oleh suatu organisasi adalah pengelolaan sumber daya dari luar,karena menurut saya meskipun dengan adanya teknologi informasi yang lebih baik tetapi sdm nya tidak mumpuni sama saja tidak akan menghasilkan suatu yang berguna bagi perusahaan tersebut

    BalasHapus
  22. abed 310.3010.287

    Menurut saya, Isu strategies yang paling mendesak untuk ditangani adalah pengoelolaan sumber daya manusia yang beragam. Karena SDM merupakan asset yang paling penting yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik dalam suatu perusahaan.paling mendesak untuk ditangani adalah pemanfaatan teknologi informasi, karena setiap perusahaan tidak pernah lepas dari teknologi informasi, jadi perusahaan harus mempunyai sistem pemanfaatan teknologi yang memadai. perusahaan sangat membutuhkan teknologi informasi

    BalasHapus
  23. menurut saya yg paling mendesak untuk di tangani oleh suatu organisasi adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam.
    dikarenakan untuk menjalin suatu kerjasama antar 1 anggota dgn anggota yang lain tidak lah mudah,oleh sebab itu dlm 1 organisasi setiap anggotanya hrus mengerti dan memahami visi,misi dan tujuan program serta peraturan organisasi.
    dan tidak lupa juga harus menyenangi pekerjaan mreka dgn begitu akan timbul motivasi kerja yg tinggi dan akan meningkat kan mutu kinerja.
    dan antara manajer dan karyawan harus saling menghormati dengan begitu kita merasa sebagai keluarga besar dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  24. enurut saya isu yang paling mendesak dan harus dengan segera ditangani adalah pengelolaan SDM yang beragam karena dimulai dengan orientasi karyawan baru , pengembangan SDM juga meliputi pelatihan keterampilam perkerjaan. Ketika perkerjaan2x berkembanga dan berubah,diperlukan adanya pelatihan ulang yang dilakukan terus menerus untuk menyesuaikan perubahan teknologi. Jadi di organisasi pasti banyak anggota - anggotanya mempunyai karakter yang berbeda - beda
    Dan untuk mempersatukan karakter tersebut itu hal yang tidak mudah. Jadi yang mendesak untuk ditangani terlebih dahulu adalah pengelolaan SDM yang beragam

    BalasHapus
  25. Menurut saya isu yang paling mendesak dan harus ditangani adalah pengelola sumber daya manusia yang beragam.
    Pada dasar`nya setiap manusia pasti memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda-beda,dan untuk menggabungkan/menyatukan sifat-sifat tersebut tidaklah mudah.
    Dalam suatu organisasi pasti tiap anggota mempunyai pendapat yang berbeda-beda,dalam menyatukan/menggabungkan pendapat mereka dibutuhkan kerja sama yang baik pada tiap anggota.
    Jadi yang mendesak untuk ditangani terlebih dahulu adalah pengelola sumber daya manusia yang beragam.

    BalasHapus
  26. menurut saya yang terlebih dulu harus ditangani yakni pengelolaan sumber daya manusia yang beragam. Karena kesejahteran dan kesusksen perusahaan didasarkn oleh SDM yang bagus. jika perusahaan bisa mengelola SDM dengan baik, dengan berneka rgam macanya SDM yang ada, maka SDM akan do the best untuk perusahaan dan perusahaan bisa semakin meningkatkan nilai perusahaannya.teknologi bekerja secara efisien dan efektif, jika SDM bagus, maka SDM bisa mengoperasikn teknologi dengan baik.

    BalasHapus
  27. isu yang paling mendesak yang harus di tangani menurut saya adalah pengelolaan sumber daya yang beragam, karena sebagaimana mestinya suatu organisasi harus mempunyai orang-orang yang pas dalam pembagian pekerjaan di dalam organisasi, karena berdasarkan hal yang banyak terjadi di organisasi tertentu pembagian pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuan pengerjanya akan mengakibatkan ketidak efisien dalam pelaksanaannya contoh dalam hal pemasaran sering kali hanya orang yang mempunyai prestasi akademik yang baik tapi dalam pelaksanaannya orang tersebut tidak mampu untuk bersaing dalam pasar global. jadi dalam hal ini haruslah orang yang benar-benar dapat bersaing dalam dunia global dan bisa bekerja sama dengan orang lain.

    BalasHapus
  28. menurut saya isu yang paling sangat mendesak pengelolaan sumber daya manusia yang beragam , karena penentu keberhasilan yaa dari kita sendiri, apabila sumber daya manusia di indonesia ini baik, maka indonesia akan dapat seperti negara lain , yaitu menjadi negara berkembang , tetapi kelemahan indonesia sendiri ialah tidak dapat bahkan pun tidak mau berusaha untuk menjadi berkembang dan selalu berinovasi menjadi lebih baik. dan apabila di terapkan dalam organisasi sama fungsinya, suatu organisasi haru di dukung oleh anggota yang pintar dan slalu berinovasi agar dapat maju menjadi lebih baik. dan walaupun organisasi berkembang peralatanya tetapi sumber daya manusia nya tidak dapat apa - apa hasilnya sama saja yaitu nol

    BalasHapus
  29. Menurut saya, dari 4 isu strategik yang paling penting untuk ditangani terlebih dahulu yaitu Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Beragam karena setiap manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda yang dapat memunculkan inovasi-inovasi atau ide-ide yang baru agar dapat memajukan suatu perusahaan, karena kunci utama suatu perusahaan adalah Sumber Daya Manusia. Walaupun dalam suatu perusahaan memiliki teknologi secanggih apapun jika sumber daya manusianya tidak dapat memanfaatkan dengan benar dan tidak sesuai prosedur perusahaan maka akan sia-sia saja.

    BalasHapus
  30. Menurut saya isu yang paling mendesak untuk ditangani perusahaan adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam.

    pengelolaan sumber daya manusia yang beragam adalah cara yang efektif untuk mengorganisasi tenaga kerja yang beragam, dmna tidak hanya bisa bekerja di satu bidang saja.

    dengan pelatihan khusus, kita dapat menempatkan karyawan di setiap posisi yang ada agar kinerja karyawan tsb dapat membantu untuk mencapai target organisasi yang direncanakan, seperti meningkatkan pendapatan atau meningkatkan margin keuntungan perusahaan.

    BalasHapus
  31. menurut saya yang paling mendesak dari organisasi adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam sebab banyak sdm dari luar dan memiliki aksen yang berbeda jadi kita harus membuat mereka membiasakan diri dengan lingkungan kerja.
    dengan beradaptasi dengan lingkungan dan teman kerja maka kinerja akan dapat bekerja dengan baik maka keuntungan perusahaan bertambah bila sdm dapat bekerja sama

    BalasHapus
  32. Menurut pendapat saya, isu yang paling mendesak dan harus ditangani dalam organisasi ialah pemanfaatan teknologi informasi. Karena tak dapat dipungkiri lagi di jaman globalisasi saat ini teknologi telah berkembang semakin pesat. Semua serba teknologi. Perkembangan SDM saya rasa juga perlu didampingi/disertai dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Pengelolaan SDM menurut saya dapat disesuaikan, namun kalau pemanfaatan kemajuan teknologi tidak dapat kita gunakan sesuka hati, kita hanya mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sehingga pemanfaatan teknologi informasi merupakan isu yang lebih rumit untuk ditangani daripada masalah lainnya seperti SDM.

    BalasHapus
  33. Menurut pendapat saya, isu yang paling mendesak dan harus ditangani dalam organisasi ialah pemanfaatan teknologi informasi. Karena tak dapat dipungkiri lagi di jaman globalisasi saat ini teknologi telah berkembang semakin pesat. Semua serba teknologi. Perkembangan SDM saya rasa juga perlu didampingi / disertai dengan kemajuan teknologi yang ada. sehingga para karyawan dituntut untuk lebih menguasai teknologi yang ada saat ini. pengelolaan SDM menurut saya dapat disesuaikan, namun kalau pemanfaatan kemajuan teknologi tidak dapat kita gunakan sesuka hati, kita hanya mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sehingga pemanfaatan teknologi informasi merupakan isu yang lebih rumit untuk ditangani daripada masalah lainnya seperti SDM.

    BalasHapus
  34. Menurut pendapat saya ,penerapan teknologi informasi merupakan kebutuhan yang mendesak, dalam rangka mendukung pertukaran data dan informasi maupun penyaluran berita secara cepat, tepat dan akurat, serta untuk memenuhi tuntutan layanan prima pada masyarakat. Di sisi lain, di era kompetitif seperti ini unggul dalam bersaing merupakan tujuan setiap perusahaan dan organisasi modern baik pemerintah maupun swasta. Penggunaan teknologi informasi adalah salah satu cara untuk mencapai keunggulan tersebut.

    Dapat disimpulkan bahwa SDM dan teknologi informasi merupakan elemen penting bagi suksesnya sebuah organisasi baik bisnis maupun perkantoran sekarang dan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  35. menurut saya yang paling mendesak dari organisasi adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam. karena masih banyak manusia-manusia di luar sana yang belum bisa menghargai keberagaman di lingkunangan masyarakat. dalam situasi seperti ini, akan bisa meruntuhkan organisasi dalam sekejap. maka dari itu ketika keberagaman sdm dalam lingkungan organisasi menjurus kepada mentalitas negatif antar individunya, sebuah organisasi wajib menangani masalah tersebut dahulu, sebelum bisa menghancurkan organisasi itu sendiri dari dalam.

    BalasHapus
  36. menurut pendapat saya yang paling mendesak dalam satrategi pokok MSDM adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam. dikarenakan kemampuan dan sifat manusia yang beragamam (Unik) sehingga adananya pengelolahan yang baik sangat diperlukan. konsep keragaman adalah mengidentifikasi masalah yang akan timbul keragaman angkatan kerja sehingga mengidentifikasi serta memecahkan masalah-masalah yang ada dalam organisasi perusahan.

    BalasHapus
  37. Saya ingin menambahkan pernyataan dari prastiyono tentang cara pengelolahan yang baik.
    pertama mungkin dengan
    pelatihan dan juga seleksi ketat yang dilakukan oleh perusahaan yang tujuannya agar menghasilkan SDM yang berkualitas,dan juga dapat memberikan kontribusi pada perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  38. lingkungan legal dari MSDM itu sendiri apa ya..??

    BalasHapus
  39. Menurut saya issue yang paling mendesak untuk segera ditangani adalah pengelolaan sumber daya manusia yang beragam dikarna untuk melaksanakan visi dan misi serta value organisasi diperlukan konsep SDM yang handal dan setara, kebijakan dan strategi perusahaan akan lebih mudah di jalankan jika setiap pegawai memiliki SDM yang sudah sesuai dengan budaya organisasi yang diharapkan.

    BalasHapus