SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 13 April 2013

Alasan tidak Mau Dipindah ke Luar Kota (Bahan Diskusi VIII, Genap 2013)

        Cukup banyak perusahaan yang secara rutin melakukan rekrutmen di kampus kita. Bahkan ada perusahaan yang sebelumnya sudah meminta daftar mahasiswa yang sedang tugas akhir (bukan lagi daftar calon wisudawan). Suatu saat, saya sempat bicara dengan perusahaan yang rutin melakukan rekrutmen tersebut tentang alumni yang bekerja di perusahaan mereka. Mereka puas dengan kinerja alumni kita tapi ada satu catatan yang mereka berikan. Ketika kinerja mereka baik, perusahaan ingin mempromosikan mereka dengan memberi tanggung jawab lebih. Akan tetapi, sering menjadi masalah bagi alumni kita apabila promosi itu berakibat mereka harus bekerja di luar kota apalagi di luar pulau. Ada yang lebih memilih meninggalkan perusahaan itu daripada memenuhi penugasan tersebut.

Bahan Diskusi:

  1. Menurut Saudara, mengapa mereka menolak promosi tersebut.
  2. Apa yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut.
  3. Bagi Saudara yang saat ini masih sedang kuliah, apa yang menurut Saudara perlu dipersiapkan sejak saat ini agar Saudara mampu menerima penugasan seperti di atas.

Selamat Berdiskusi.......

140 komentar:

  1. 1. Menurut saya, Alasan mereka menolak karena keadaan lingkungan yang tidak sesuai untuk menjangkau keluarga.
    2. Menurut saya yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan ini adalah dengan menawarkan kesempatan ini kepada mereka yang benar2x mau untuk bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.
    3. Menurut saya, ini tergantung pada setiap individu karena penugasan seperti ini adalah hal yang menarik dan cukup beresiko dalam pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. edwin_3103011041 (kls c)
      Mereka menolak promosi tersebut karena terdapat faktor-faktor tertentu yaitu :
      1-.Faktor lingkungan yang baru : adanya biaya hidup yang mungkin tinggi pada daerah tertentu
      -Keluarga:kita harus memilih antara keluarga atau promosi tersebut,jika kita memilih keluarga maka kita akan menyianyiakan kesempatan yang mungkin tidak dapat datang lagi,jika kita memilih promosi maka kita harus menanguung resiko yang ada,berkeluarga itu siap untuk mengasihi kebahagiaan untuk keluarga secara penuh bukan hanya materi saja tapi juga kualitas waktu,kalau lebih memilih karir berarti belum total di keluarga atau lebih bagus kalau masih lajang,kalau , anda jauh dr mereka, siapa yg bs menjamin keselamatan mereka, apalagi uda pny anak..gmn kalau mereka lebih memilih hidup biasa asalkan punya waktu.

      Hapus
    2. edwin_3103011041 (kls c)
      2. yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut adalah dengan memberikan kesempatan 2x untuk berfikir untuk mendapatkan keputusan yang terbaik karena itu keputusan yang menyangkut masa depan.
      3.menurut saya,yang perlu disiapkan sejak saat ini agar mampu menerima penugasan tersebut adalah menyiapkan mental dan memikirkan resiko yang ada karena kesempatan hanya sekali

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada saudara hartono, mengenai pertanyaa no 3 dari pak runtu, anda menjawab tergantung masing" Individu. Yang ingin saya tanyakan jika anda berada pada posisi tersebut apa yang anda akan persiapkan dari sekarang?
      Terima kasih

      Hapus
    4. Tambahan nomor 3 sekaligus menjawab pertanyaan santho, Jika saya berada pada posisi tersebut yang saya persiapkan hanyalah mental yang kuat dan keberanian diri menghadapi resiko, karena tidaklah mudah seseorang beradaptasi di lingkungan kerja barunya jika mental dan sikap berani menanggung resiko belum dimiliki dalam seorang pekerja/karyawan.

      Hapus
    5. Saya ingin kembali bertanya kepada saudara hartono Resiko åþå yang akan dihadapi ketika seorang karyawan berpindah tmpt kerjanya ke luar kota ªŁªù luar pula serta åþå solusi untuk menghadapi masalah Tersebut?

      Trima kasih

      Hapus
    6. Saya akan menjawab pertanyaan saudara santho, Resiko yang dimaksudkan disini adalah resiko kesehatan karena tidak semua orang dapat beradaptasi cepat dengan iklim lingkungan barunya oleh sebab itu perlu adanya Jaminan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang mau dengan pekerjaan ini.

      Hapus
    7. saya ingin bertanya kembali kepada saudara hartono
      1. selain resiko kesahatan masih adakah resiko yang lain yang akan dialami oleh pegawai tersebut ?
      2. jaminan kesehatan seperti apa yang bisa diberikan oleh perusahaan yang karyawannya memilih untuk berpindah lokasi ?

      Trima kasih

      Hapus
    8. saya ingin membantu saudara Hartono untuk menjawab pertanyaan saudara Santho.
      1. Resiko "Home Sick" (Rindu akan kampung halaman) bila ini terjadi maka akan mempengaruhi kinerja karyawan tersebut, selain itu juga resiko adaptasi terhadap lingkungan sosial juga akan mempengaruhi kinerja karyawan
      2. Asuransi kesehatan , kematian merupakan hal yang dapat dan biasa di berikan oleh perusahaan kepada karyawannya

      Hapus
    9. Saya sependapat dengan stephanus akan tetapi saya ingin menambahkan mengenai jaminan kesehatan yang suadara santho tanyakan. Menurut saya sebuah jaminan kesehatan harus diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dan pekerjanya yang memilih berpindah lokasi. Jaminan kesehatan ini biasanya berupa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

      Hapus
    10. Saya setuju dengan pendapat saudara Edwin
      1. Faktor lingkungan yang baru mungkin mempengaruhi yang berakibat penolakan, disini faktor lingkungan seperti tingkat taraf yang tinggi juga dapat mempengaruhi. Mungkin juga tempat tinggal mempengaruhi. Orang yang mendapat promosi kurang terlalu suka tempat baru.
      2. Perusahaan dapat menawarkan tempat tinggal kepada pihak yang di promosi bila di pindah di luar kota, menawarkan kenaikan gaji yang tinggi pada pihak yang di promosi dan memberikan jaminan kesehatan.
      3. Kalau menurut saya yang:
      1. Mempersiapkan mental agar dapat menerima tugas yang di berikan
      2. Belajar untuk menjadi lebih mandiri agar kelak dapat menerima tugas yang seperti di atas.

      Hapus
    11. saya setuju dengan pendapat saudara hartono
      1.menurut pendapat saya karena lingkungan yang tidak sesuai sehingga perlu beradaptasi lagi.
      2.menurut pendapat saya yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut adalah dengan memberikan gaji yang tinggi dengan tunjangan dan fasilitas yang baik.
      3.Menurut pendapat saya tergantung pada setiap individu karena pekerjaan seperti ini adalah hal yang menarik dan cukup beresiko dalam pekerjaan.

      Inggrid Lauw kelas C

      Hapus
    12. saya ingin bertanya kepada saudara Yohanes.
      Apabila dengan penawaran tempat tinggal baru, kenaikan gaji maupun jaminan kesehatan bisa membuat mereka mau dan betah bekerja di luar kota? seandainya mereka tetap menolak. bagaimana solusi anda?
      Terima kasih

      Hapus
    13. kelas c NRP 3103011181
      saya setuju dengan pendapat hartono, karena alasan mereka tak mau dipindahkan tugaskan diwilayah lain karena disana mereka tak mengenal lingkungan disana dan juga mereka harus berpisah dengan keluarganya atau harus mencari tempat tinggal baru disana,

      Hapus
    14. saya setuju dengan pendapat saudara setfanus dimana
      1 seorang pasti memiliki penyakit yang tidak disadari termasuk home sick. jika seorang dari kecil sudah hidup dengan keluarga yang "baik" maka akan sulit bagi seseorang untuk melepaskan atau jauh dari keluarga.

      2 saya rasa asuransi kesehatan juga mampu untuk menyikapi karyawan yang seperti itu. karena dengan adanya penugasan yang dilengkapi dengan asuransi maka seseorang dapat meraasa aman dalam prosesnya.

      3 tentu harus dibiasakan sejak dini untuk mampu bersikap dewasa dan mampu untuk menentukan pendapat.

      Adhitya Nugoroho
      3103011029

      Hapus
    15. saya setuju dengan setfanus bahwa
      1 home sick itu merupakan hal yang benar. apalagi dikalangan orang yang memiliki keluarga yang harmonis
      2 asuransi kesehatan merupakan faktor utama seseorang bahwa terjadi penjaminan ats dirinya
      3 tentu harus melakukan segalanya bergantung diri pribadi sehingga keputusan ada di tangan kita sendiri

      rivelino
      3103011030

      Hapus
  2. 1. Menurut saya banyak hal yang akan menjadi pertimbangan jika seorang harus di pindah tugaskan ke luar kota ataupun keluar pulau. Salah satu alasan yang paling mendasar adalah mereka tidak bisa jauh dari keluarga karena mereka takut terjadi sesuatu pada keluarga mereka saat mereka berada di luar kota ªŁªù luar pulau. Alasan berikutnua adalah ketidaknyaman yang akan mereka dapatkan ketika harus keluar kota bahkan sampai ke luar pulau. Sehingga mereka akan menolak untuk pindah keluar kota ªŁªù luar pulau meskipun itu hal yang bisa membuat mereka jauh lebih maju lagi.

    2. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi masalah tersebut, diantaranya: perusahaan bisa memberikan penjelasan yang jauh lebih detail kepada karyawan yang akan dipromosikan, dengan mengatakan bahwa daerah atau tempat mereka jauh lebih menyenangkan dan jauh bisa lebih membuat kariernya lebih maju. Selain itu, perusahaan juga bisa menyarankan karyawan tersebut bahwa mereka bisa membawa keluarga mereka yaitu : anak, istri ke tempat dia bekerja, jika sudah berkeluarga. Jika belum perusahan bisa memberikan kepastian bahwa jika terjadi sesuatu kepada keluarganya maka ia akan di hubungi agar dia bisa pulang dan menjenguk keluarganya.

    3.Sebenarnya hanya untuk masalah ini kita tidak perlu menyiapkan banyak persiapan, yang perlu disiapkan hanyalah mental dari seorang pekerja. Karena jika seseorang ♍åϋ maju maka harus ada sebuah pengorbanan yang harus dilakukan. Selain itu, kedua orang tua kita akan mengerti permasalahan ini dan mereka tidak mau menjadi penghalang buat masa depan anaknya. Meskipun memang berat untuk meninggalkan kedua orang tua. Tetapi itu sudah menjadi sebuah kewajiban kita sebagai anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Santho tentang poin ke-2,Anda mengatakan bahwa perusahaan dapat menjelaskan kepada karyawan bahwa tempat kerja mereka yang baru jauh lebih menyenangkan.Pertanyaannya apabila tempat kerja mereka berada di tempat terpencil di pulau yang sangat jauh,jika Anda diposisikan sebagai perusahaan,apakah Anda tetap mengatakan hal tersebut kepada karyawan itu ?

      Hapus
    2. saya akan menjawab pertanyaan dari saudara devi, saya sebagai pemilik perusahan tidak akan membangun sebuah perusahaan yang berada di tempat terpencil dan pulau yang sangat jauh dan fasilitas yang dipunya juga tidak memadai, jadi saya benar-benar akan ememilih lokasi baru yang lebih strategis yang berada di luar perusahaan saya sekarang. jadi tidak mungkin jika sebuah perusahaan membangun perusahaan ditempat yang terpencil. jadi saya tidak akan binggung dengan apa yang akan saya katakan, jika benar - benar ditempat kerja sangat terpencil perusahaan akan tetap memberikan tunjangan fasilitas yang memadai.

      terima kasih

      Hapus
  3. 1. Menurut saya, alasan mereka menolak promosi tersebut karena lokasi promosi yang jauh sehingga mereka harus jauh dengan keluarga untuk beberapa bulan hingga lebih dari satu tahun, disesuaikan dengan berapa lama mereka bekerja di sana.
    2. Perusaha dapat mencegahnya dengan cara, pada saat pertama kali menerima karyawan-karyawannya. Perusahaan menanyakan kepada karyawan apakah mereka bersedia ditempatkan dimana saja(pindah keluar kota atau keluar pulau).
    3. Menurut saya, yg perlu dipersiapkan adalah mental. Karena tidak semua orang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, jika mental tidak disiapkan maka akan berdampak pada kinerja-kinerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rosenda Puspita S / 3103011050 / Kelas C

      Saya setuju dengan pendapat saudari Anita
      1.) Alasan karyawan menolak promosi dikarenakan oleh lokasi yang jauh sehingga karyawan jauh dengan keluarga disesuaikan dengan berapa lama mereka bekerja di sana.
      2.)Cara perusahaan mencegahnya dengan cara menanyakan kepada karyawan apakah mereka bersedia ditempatkan dimana saja misal di luar kota, dan memotivasi karyawan seta memberikan kesempatan mengenai keputusan promosi yang menyangkut masa depan.
      3.)Yang dipersiapkan adalah mental. Karena tidak semua orang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya yang juga berpengaruh terhadap kinerjanya.

      Hapus
    2. Veronica Michelle 3103011091 kelas C

      Saya setuju dengan pendapat Saudari Anita
      Karena, alasan mereka menolak promosi tersebut karena lokasi promosi yang jauh sehingga mereka harus jauh dengan keluarga untuk beberapa bulan hingga lebih dari satu tahun, yang disesuaikan dengan berapa lama mereka bekerja di sana.
      2. Perusahaan dapat mencegahnya dengan cara, pada saat awal menyeleksi calon karyawan-karyawannya. Perusahaan seharusnya menanyakan kepada karyawan apakah mereka bersedia ditempatkan dimana saja calon karyawan itu akan di tugaskan sehingga dapat mempertimbangkan kembali
      3.Dan yg perlu dipersiapkan adalah mental. Karena tidak semua orang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, jika mental tidak disiapkan maka akan berdampak pada kinerja-kinerjanya dan yg paling penting bila tidak di persiapkan mental'nya sedari awal maka tanggung jawab yang di berikan perusahaanpun terhadap karyawan'nya akan menggantung atau bisa jadi terbengkalai karena belum adanya kesiapan mental para pekerja / karyawan.
      Terima Kasih

      Hapus
    3. Adrian Tanusetiadjie 3103011097 kelas C

      saya setuju dengan pendapat saudari Anita.
      alasan mereka tidak mau yaitu:
      1. karena pekerjaan tersebut akan membuat mereka jauh dari keluarga
      2. karena mereka sudah nyaman dengan kondisi kerja di kantor yang lama sehingga mereka perlu beradaptasi lagi dan bersosialisasi lagi apabila mereka pindah ke luar kota / pulau

      cara perusahaan mengatasinya adalah :
      1. memberikan fasilitas-fasilitas lebih di luar kota/pulau seperti kantor yang lebih bagus
      2. memberikan kenaikan gaji yang besar sebagai ganti kehilangan waktu bersama keluarga

      yang harus dipersiapkan adalah :
      1. mental untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru, karena lingkungan baru akan menimbulkan masalah yang baru pula

      Hapus
  4. Menurut saya,
    1. Menolak promosi tersebut karena jauh dari tempat tinggal, mungkin juga jauh dari keluarganya, belum siap mental untuk pergi ke tempat yang jauh, ataupun beradaptasi dengan suasana baru.

    2. Perusahaan harus bisa memberi jaminan untuk karyawan tersebut, mulai dari tempat tinggal, kesehatan, kendaraan, serta dapat juga mencari orang yang mungkin memiliki hubungan di suatu tempat sehingga dapat ditugaskan dengan tidak terpaksa, atau mencari orang yang berpengalaman.

    3. Suatu niat dan minat, berani untuk mencoba hal yang baru, dan adanya suatu persetujuan dari perusahaan misalnya kenyamanan kerja, kesehatan, keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudari Jessica. Minat seperti apakah yg Anda maksudkan utk menerima promosi tersebut ? Trm kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan Jessica

      1.kebanyakan memang seseorang menolak promosi karena dia tidak ingin pergi jauh dari keluarganya & sulit untuk beradaptasi dengan suasana baru, apalagi biaya hidup biasanya bertambah dengan berpindahnya lokasi (seperti kebutuhan untuk kos(tempat tinggal),makan,dll)

      2. ya, dengan perusahaan mensupport dengan memberikan jaminan t.tinggal, kendaraan, dll persentase kemungkinan seseorang akan menolak promosi tersebut akan menurun

      Andre Chrisyudha P (3103011102) Kelas C

      Hapus
    4. Maxell Sanjaya 3103011006 kls C
      Saya setuju dengan pendapat jessica
      Bahwa seseorang umumnya menolak untuk promosi karena merasa ia haruslah beradaptasi dengan lingkungan yang baru belum lagi jika harus jauh daripada keluarga , hal inilah yang emndasari seseorang untuk menolak promosi lalu jika memang harus dilakukan promosi perusahaan haruslah bisa memberikan jaminan tentang hal yang dapat dicapai dengan promosi tersebut jadi sesorang melakukannya bukan oleh karena terpaksa , yang ketiga ini kembali kepada pribadi masing masing ada orang yang senang bekerja di luar kota ataupun di kota sendiri semua memiliki alasan sendiri tentunya , jadi meskipun dilakukan pelatihan tetapi tidak ada kemauan dari diri sendiri hal tersebut tidak akan pernah berhasil

      Hapus
    5. to indah : maksud dari minat itu menurut saya adalah suatu kemauan untuk menerima tugas dari perusahaan tersebut.
      terima kasih.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Veronica Michelle 3103011091 kelas C

      Saya setuju dengan pendapat Saudari Anita
      Karena, alasan mereka menolak promosi tersebut karena lokasi promosi yang jauh sehingga mereka harus jauh dengan keluarga untuk beberapa bulan hingga lebih dari satu tahun, yang disesuaikan dengan berapa lama mereka bekerja di sana.
      2. Perusahaan dapat mencegahnya dengan cara, pada saat awal menyeleksi calon karyawan-karyawannya. Perusahaan seharusnya menanyakan kepada karyawan apakah mereka bersedia ditempatkan dimana saja calon karyawan itu akan di tugaskan sehingga dapat mempertimbangkan kembali
      3.Dan yg perlu dipersiapkan adalah mental. Karena tidak semua orang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, jika mental tidak disiapkan maka akan berdampak pada kinerja-kinerjanya dan yg paling penting bila tidak di persiapkan mental'nya sedari awal maka tanggung jawab yang di berikan perusahaanpun terhadap karyawan'nya akan menggantung atau bisa jadi terbengkalai karena belum adanya kesiapan mental para pekerja / karyawan.
      Terima Kasih

      Hapus
    8. saya setuju dengan pendapat jessica namun saya ingin menambahkan bahwa perusahaan harus mencantumkan persyaratan apa saja untuk memasuki perusahaan agar kita sebagai calon karyawan di perusahaan itu tahu bagaimana dan seperti apa yang perusahaan inginkan (contoh bersedia ditempatkan di luar kota atau di perusahaan cabang)

      Hapus
    9. saya ingin bertanya kepada saudari Yeni.
      menurut anda kan, perusahaan harus mencantumkan persyaratan apa saja. Jika ada calon karyawan bersedia ditempatkan di luar kota tetapi calon tersebut meminta imbalan lebih (kenaikan gaji, uang transport, tempat tinggal dan jaminan kesehatan. Apa yang akan anda lakukan?
      Terima kasih.

      Hapus
    10. Saya setuju dengan pendapat dari saudara jesica sebab memang keputusan untuk dipindahkan ke luar kota atau pulau memang tak semudah membalik tangan belaka sebab di tmpt kita tinggal sekarang saja mungkin ada tanggung jawab lain yang tidak dapat ditiinggalkan dan pastiinya akan sangat berat bagi seseorang yang sebelumnya tidak pernah mandiri tiba2 dituntut hidup sendiri. Faktor lingkungan dan faktor keluarga jga sangat mendykung bila seseorang tidak mw ditugaskan keluar..

      LEbih baik perusahaan mengevaluasikan tentang pemindahan ini dan tidak diputuskan secara sepihak agar tidak terjadinya turn over dari karyawan yang ingin keluar sebab tudak bisa menerima kebijakan perusahaan.

      Hapus
  5. Menurut saya,
    1. Menolak promosi tersebut karena jauh dari tempat tinggal, mungkin juga jauh dari keluarganya, belum siap mental untuk pergi ke tempat yang jauh, ataupun beradaptasi dengan suasana baru.

    2. Perusahaan harus bisa memberi jaminan untuk karyawan tersebut, mulai dari tempat tinggal, kesehatan, kendaraan, serta dapat juga mencari orang yang mungkin memiliki hubungan di suatu tempat sehingga dapat ditugaskan dengan tidak terpaksa, atau mencari orang yang berpengalaman.

    3. Suatu niat dan minat, berani untuk mencoba hal yang baru, dan adanya suatu persetujuan dari perusahaan misalnya kenyamanan kerja, kesehatan, keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya setuju karena jauh dari tempat tinggal angat tidak enak, keluarga juga salah satu faktor. Dengan berpindah kota atau pulau juga harus memerlukan adaptasi. Perusahaan harus menyediakan tempat tiggal karena perusahaan yang mempromosikan kita. Niat dan minat juga mempengaruhi, apakah dia mau mendapat pengetahuan baru atau tidak.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat jessica.. menurut saya faktor keluarga terkadang menjadi alasan yang sangat mungkin karyawan tidak menerima promosi untuk berpindah kota, lalu menurut saya perusahaan juga harus memberikan sarana prasarana agar karyawan tersebut bisa nyaman atau sekali[un dia menerima kerj diluar kota dia memiliki tranport untuk pulang pergi ke keluarganya, dan keinginan dan niat yang kuat yang saya tanamnkan semejak skrng

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudari jessica dan juga saudara eric. menurut saya, keluarga biasanya yang menjadi penghalang niat karyawan untuk pindah kerja di luar kota atau luar pulau namun biasanya karyawan lebih tidak menerima tawaran itu disebabkan karena karyawan tidak mengetahui kondisi pasti di tempat kerja yang di luar kota atau luar pulau tersebut

      Hapus
  6. 1. Menurut saya karyawan menolak karena faktor lingkungan. Mungkin saja dia telah nyaman berada di lingkungan tersebut dan telah betah dengan kondisi sekitar sehingga untuk berpindah ke lokasi lain ia merasa tidak nyaman. Mungkin juga faktor banyaknya keluarga/ sanak family nya yang tinggal di daerah itu sehingga ia tidak sanggup meninggalkan keluarganya.

    2. Perusahaan sebisa mungkin mencari tahu terlebih dahulu apakah sang karyawan yang akan dipindahkan ke daerah lain tersebut mampu dan mau untuk berpindah. Jika tidak , maka perusahaan sebaiknya jangan memaksanya. Jika ia mau/sanggup maka perusahaan harus mampu menjamin segala fasilitas dan tempat tinggal sang karyawan tersebut di lingkungan barunya kelak.

    3. Yang perlu dilakukan agar dapat siap melakukan penugasan menurut saya adalah dengan memberanikan diri menerima resiko dalam bekerja. Sebelum melamar sebuah pekerjaan seharusnya telah dipikirkan resiko dalam bekerja tersebut sehingga ketika kesempatan pemindahan itu datang maka mental kita telah siap untuk menerimanya.

    Deviani Tanoyo / D / 3103011024

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau bertanya pada saudara deviani mengenai jawaban anda no 2 dan 3.
      2. menurut anda fasilitas seperti apa yang harus diberikan perusahaan agar anda mau pindah ke luar kota?
      3. menurut anda resiko seperti apa yang akan dihadapi oleh anda dan bagaimana cara mengatasinya?
      terima kasih

      Hapus
    2. KELAS A

      Saya ingin menambahkan point 2 komentar saudari Deviani Tanoyo
      Bahwa pihak perusahaan sewaktu melakukan rekrutmet pertama kali seharusnya lebih tegas menanyakan ke calon karyawan seandainya apabila suatu saat mereka ditempatkan di daerah atau di pulau lain, apakah siap dengan itu. Dan kontrak kerja yang dibicarakan dari awal dg segala peraturan atau sangsi apabila mereka tidak mematuhi.

      Hapus
    3. Saya akan menjawab pertanyaan saudari winda.
      2. Fasilitas itu seperti adanya penjaminan tempat tinggal , transportasi , penjaminan tempat kerja yang layak dan lebih baik dari sebelumnya. Bisa juga fasilitas tempat bekerja baru yang lebih nyaman dengan adanya gadget teknologi yang memadai sehingga dapat berkomunikasi dengan sanak saudaranya yang berada jauh dari tempat tinggal barunya.
      3. Resiko itu sendiri adalah saat kita harus sewaktu-waktu dipindahkan ke tempat lain yang mungkin jauh dari sanak saudara kita. Cara mengatasinya dengan berani mengambil keputusan atau istilahnya nekad.

      Deviani / D / 3103011024

      Hapus
    4. Kalau menurut jawaban saya..
      1.Mereka menolak promosi tersebut karena jika,mereka harus bekerja di luar kota apalagi di luar pulau,maka secara otomatis iya berada jauh dari lingkungan kotanya(yg terdapat keluarga,teman,dll) dan mau tidak mau ia harus berada sendiri di luar kota atau luar pulau yang ditugaskan bekerja.maka dari itu,kebanyakan orang tidak mau dipindah ke luar kota atau luar pulau karena faktor tersebut.

      2.Perusahaan dapat melakukan perekrutan tenaga kerjanya di tiap daerah yang ditugaskan ,sehingga akan jauh lebih mudah mengatasi kesulitan tersebut.

      3.Bagi saya,yang perlu dipersiapkan sejak saat ini agar mampu menerima penugasan tersebut adalah dengan lebih mandiri dari biasanya tidak menggantungkan keluar dalam kuliah atau klau bisa mulai mencari hal kecil yang menghasilkan uang,atau pun dapat juga meningkatkan bersosialisasi maupun lebih dewasa dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dikampus maupun diluar kampus.

      Hapus
  7. 1. Menurut saya, karyawan tersebut menolak karena pertama mereka harus tinggal jauh dari keluarga, untuk beberapa orang hal ini cukup sulit terlebih bagi mereka yang tidak pernah tinggal jauh dari keluarganya. Kedua alasan mereka menolak bisa dikarenakan mereka tidak siap dengan kondisi lingkungan tempat kerja baru. Dimana mereka harus mulai beradaptasi lagi dengan lingkungan pekerjaan dan lingkungan tempat tinggal mulai dari awal. Banyak karyawan yang tidak siap secara mental untuk berkerja di lingkungan yang baru dikarenakan dilingkungan yang lama mereka telah diterima dan merasa nyaman dengan lingkungan itu. Sehingga karyawan lebih memilih untuk berada dizona nyamannya dan tidak mau keluar dari zona nyaman yang ada.

    2. Cara perusahaan untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut ialah dengan menanyakan masalah penepatan kerja di luar kota atau di luar pulau saat seleksi wawancara kerja dimana hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan ketika merekrut calon karyawan. Sedangkan jika telah menjadi karyawan dan tidak mau dipindah tugaskan keluar kota atau luar pulau, perusahaan dapat menberikan penjelasan lebih tentang tempat baru mereka, seperti bagaimana kondisi lingkungan sekitar tempat kerja dan biaya atau gaya hidup di tempat baru. Selain itu perusahaan harus mencari tahu mana karyawaan yang benar-benar berniat dipromosikan dan menerima promosi tersebut walau dipindah tugaskan keluar kota atau luar pulau.


    3. Menurut saya yang perlu di persiapkan ialah mental dan sikap mandiri. Mental menjadi hal utama yang harus persiapkan ketika kita memutuskan sesuatu, sebab dari segala macam keputusan pasti ada akibatnya yang harus kita tanggung sehingga jika mental kita tidak kuat untuk tetap bertahan dan menyelesaikannya maka hal itu menjadi percuma. Hal kedua yang harus kita persiapkan ialah mulai belajar untuk hidup mandiri dan tidak tergantung pada keluarga maupun orang tua. Jika kita sudah mandiri maka untuk bekerja di luar kota atau di luar pulau pun tidak akan menjadi masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dari Saudari Anggie,dan saya ingin menambahkan sedikit.
      1.Selain keluarga dan lingkungan tempat kerja,mereka akan juga memperhatikan biaya hidup di lingkungan baru tersebut di mana setiap daerah memiliki biaya hidup yang berbeda-beda.Tidak hanya itu kemungkinan mereka juga akan mempertimbangkan fasilitas-fasilitas seperti tempat tinggal,kendaraan,dll di lingkungan baru tersebut.
      2.Selain menanyakan masalah penempatan kerja di luar kota atau di luar pulau ketika melakukan seleksi wawancara dan memberikan penjelasan tentang lingkungan baru tersebut,menurut saya perusahaan perlu memberikan fasilitas-fasilitas seperti tempat tinggal maupun kendaraan kepada karyawan tersebut.
      3.Menurut saya selain pembinaan mental dan sikap mandiri,yang perlu dipersiapkan sejak saat ini adalah kemampuan beradaptasi dengan setiap lingkungan yang baru dimana di dalamnya terdapat budaya,agama,ras,dll yang berbeda-beda sehingga ketika berada di lingkungan yang baru,kita sangat mudah untuk beradaptasi.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan jawaban Anggi diatas, namun saya memberikan sedikit tambahan pada nomor 3 mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum dilakukannya promosi di tempat lain yaitu keberanian mengambil tantangan, simpel dan sangat filosofis bahwa keberhasilan tidak diperoleh dengan cara yang singkat dan mudah melainkan dibutuhkan pengorbanan dan kesabaran sebagai upaya dalam meraih keberhasilan tersebut

      Hapus
    3. Saya setuju juga dengan pendaat devi
      Karena memang pada kenyataannya karyawan susah untuk ditugaskan keluar kota karena banyak faktor yang membuat seseorang tidak betah di tugaskan d luar kota

      Hapus
  8. 1. karena sudah terbiasa dengan lingkungan yang ada dan takut bila tidak dapat beradaptasi, terkadang ada juga yang tidak bisa jauh dari keluarga sehingga mereka lebih memilih keluar dari pekerjaan.

    2. memberikan penjelasan lebih jauh bahwa kesempatan tersebut tidak datang dua kali dan dengan promosi tersebut bisa mendongkrak kariernya. Perusahaan juga bisa memberikan kelonggaran apabila karyawan yang dipromosikan tersebut ingin kembali ke kota asalnya sewaktu-waktu (apabila jenuh atau kangen dengan keluarga), dengan batasan hari-hari tertentu.

    3. lebih mempersiapkan fisik dan mental karena berada di lingkungan baru dan jauh dari keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara doni mempersiapkan fisik yang seperti apa yang dibutuhkan seorang karyawan ?

      Hapus
    2. fisik yang sehat dan prima. Jika kondisi cuaca yang ada berbeda dengan kondisi yang ada di kota asal, maka karyawan harus dalam keadaan sehat dan tidak gampang sakit. Dan juga jika karyawan dalam keadaan sakit dan tidak bisa berpergian jauh akan membahayakan kesehatannya, maka dari itu karyawan harus benar-benar mempersiapkan fisik yang baik.

      Hapus
  9. 1. Menurut saya mengapa mereka menolak promosi tersebut adalah, mereka tidak bisa jauh dari orang tua, susah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, biaya hidup yang berbeda dan tempat tinggal yang baru.
    2. Memberikan tambahan gaji sebagai ganti biaya hidup mereka diluar kota ataupun luar pulau, memberikan tempat tinggal untuk mereka agar mereka tidak perlu mencari tempat tinggal, memberikan cuti setiap 4 bulan sekali selama 2 minggu.
    3. Mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih supel agar bisa beradaptasi di lingkungan yang baru, Melakukan perencaan keuangan yang baru agar tidak kaget jika terjadi pengeluaran yang berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. argument saudara agustinus steven di point pertama dan ketiga saya cukup setuju. tetapi di point kedua, memberikan cuti selama 2 minggu setiap 4 bulan sekali, itu sangat merugikan pihak perusahaan. apalagi perusahaan swasta, bisakah anda sebutkan perusahaan swasta mana di indonesia ini yang mau memberikan libur 4bulan sekali selama 2minggu?apalagi perusahaan besar, setahu saya semakin besar perusahaan semakin pelit dan ketat dalam pengorganisasian keseluruhannya. Terimakasih. (Risdoani Omega-3103011146)

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudari Omega bahwa pemberian cuti setiap 4 bulan sekali selama 2 minggu itu terlalu lama dan merugikan perusahaan. Bila pemberian cuti terlalu mudah dan sering, maka lama-kelamaan bukankah dapat membuat karyawan jadi mengganggap enteng pekerjaan dan perusahaan, akibatnya menurunkan kinerja mereka?

      Di dalam peraturan perundangan-undangan pun, ditetapkan bahwa lamanya cuti tahunan hanya 12 (dua belas) hari kerja dan itu pun diberkan kepada pekerja telah bekerja sekurang‐kurangnya 1 (satu) tahun secara terus menerus.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  10. 1. Alasan menolak promosi tersebut, kebanyakan pada alasan jauh dari tempat tinggal atau keluarga sehingga mereka tidak siap, namun hal ini tidak berlaku bagi karyawan yang sudah terbiasa hidup mandiri. Selain alasan tersebut alasan lainnya adalah mereka kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan baru apalagi dengan daerah yang baru, sehingga mereka lebih nyaman dengan lingkungan kerja yang sekarang.
    2. Yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut, pada awal seleksi wawancara perusahaan dapat menanyakan apakah karyawan bersedia ditempatkan diluar kota atau pulau, selain itu yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan penjelasan tentang keadaan atau situasi lingkungan tempat kerja baru, lingkungan daerah sekitar tempat kerja baru seperti kondisi lingkungan masyarakat, budaya,dll. Kemudian penjelasan tentang kesempatan karir yang akan dicapai, penawaran akomodasi yang akan didapat di luar kota atau daerah tempat pindah, seperti tempat tinggal, dan transportasi, dll.
    3. Menurut Saya yang perlu dipersiapkan sejak saat ini agar mampu menerima penugasan seperti di atas adalah mempersiapkan mental ,keberanian, sikap kemandirian, serta kemampuan untuk cepat beradaptasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yang diberikan oleh yonathan bahwa kebanyakan tenaga kerja tidak mau untuk pindah ke luar kota karena tempat tinggal yang jauh dan jauh dari keluarga selain itu, mereka juga harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru lagi. saya juga setuju dengan tanggapan cara pencegahan yang diberikan oleh yonathan yaitu menanyakan kesediaan karyawan untuk ditempatkan diluar kota maupun diluar pulau. sekian komentar dari saya. terima kasih

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara Yonathan tentang alasan penolakan terhadap promosi yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Saya juga ingin memberikan beberapa tambahan mengenai hal ini. Menurut saya, alasan lain yang sering muncul di benak karyawan yang hendak di promosikan ke luar kota/ ke luar pulau adalah asumsi mereka bahwa kinerja mereka kurang baik sehingga mereka merasa bahwa perusahaan berusaha menyingkirkan mereka, atau merasa bahwa perusahaan hanya mampu memberikan tanggung jawab yang tidak begitu besar yaitu di cabang perusahaan yang berada di luar kota atau bahkan di luar pulau. Mereka merasa bahwa tanggung jawab yang baru merupakan tanggung jawab yang kecil/kurang menantang bila dibandingkan dengan tanggung jawab/jabatan/promosi yang sama di Surabaya atau di kota-kota besar lainnya. Selain itu, gaya hidup yang telah terbiasa di perkotaan besar seperti di Surabaya ini menambah alasan mereka menolak promosi di luar kota atau bahkan di luar pulau tersebut. Dan seperti yang saudara Yonathan sampaikan di atas, perusahaan dapat mencegah hal ini terjadi dengan mengkomunikasikan perihal ini dengan jelas di awal mula perusahaan berinteraksi dengan karyawan yaitu melalui proses rekruitment dan seleksi karyawan. Sekian & terima kasih.

      Hapus
  11. 1)mereka menolak promosi dapat disebabkan krn mereka tidak ingin pindah ke suatu lingkungan yg baru dimana mereka harus belajar utk beradaptasi lagi dgn lingkungan sosialnya dan alasan tidak ingin jauh dari keluarga mereka saat ini.
    2)Yang dapat dilakukan Perusahaan : Perusahaan tetap harus mendukung dan memberi motivasi pada karyawannya yg berprestasi tersebut bahwa lingkungan kerjanya yang baru akan jauh lebih menyenangkan dan dapat membuat karirnya menjadi lebih maju dari yg sekarang. Perusahaan juga dapat menambah tunjangan (gaji, jaminan kesehatan, kendaraan, tempat tinggal, waktu cuti yg lebih dll). Dan membolehkan karyawannya mengambil cutinya untuk mengunjungi keluarganya, dsb.
    3)Sebenarnya untuk masalah di Atas, Kita sendirilah yg harus memutuskan jika kita ingin bertambah maju dalam karir kita maka dibutuhkan suatu pengorbanan dan tanggung jawab yang lebih besar. Dan kemampuan untuk selalu belajar akan hal-hal yang baru maka semuanya itu akan dapat teratasi dengan baik.
    Indahwati-3103011003.

    BalasHapus
  12. 1. Menurut pendapat saya, mereka menolak promosi karena mereka tidak mempunyai pengalaman tinggal jauh dengan keluarga sehingga akan terasa sangat aneh jika mereka keluar kota atau luar pulau tanpa keluarganya. Mungkin bisa juga dikarenakan mereka terus bermukim di satu daerah yang sama sejak lahir, ketika akan pindah ke kota lain akan merasa berat karena tidak tahu bagaimana untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya apalagi harus hidup sendiri tanpa keluarga.
    2. Sebaiknya sejak awal saat mengadakan perekrutan, perusahaan menyampaikan bila ada kemungkinan jika mereka ditempatkan diluar kota atau luar pulau. Sehingga mereka dapat mempertimbangkan apakah akan menerima tawaran tersebut atau tidak dan mempersiapkan diri serta mental mereka. Jika calon karyawan tersebut tetap lanjut ke tahap perekrutan selanjutnya berarti dapat diartikan karyawan telah siap dengan segala kemungkinan tersebut.
    3. Hal yang paling penting yang perlu disiapkan adalah mental. Dipindahkan keluar kota tentu akan terasa berat apalagi bagi yang selama ini tinggal bersama dengan keluarga terus. Penanaman hidup mandiri sangat diperlukan sejak awal bukan hanya untuk bekerja saja. Jika sudah dibiasakan hidup mandiri sedari muda pasti tidak akan mengalami kesulitan jika dihadapkan pada situasi tersebut. dan diperlukan pola adaptasi yang baik agar dapat menerima lingkungan yang baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan poin ke 3 yang disampaikan oleh saudari Tania. Hal yang perlu dipersiapkan untuk pemidahan tugas di daerah atau lingkungan yang baru adalah:
      - Selain mental, diperlukan juga mengembangkan pergaulan di tempat dimanapun ia berada. Lebih percaya diri dan meningkatkan kemampuan bersosial dengan orang lain.

      - Jika akan dipindahkan ke daerah A, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana budaya di daerah A tersebut, kebiasaan, serta gaya hidupnya. Sehingga kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik dan melakukan perencaan keuangan yang baru agar dapat mengelola keuangan dengan baik di lingkungan yang baru.

      Hapus
  13. 1. menurut saya mengapa mereka tidak ingin menerima penugasan yang berpindah tempat karena masalah lingkungan. banyak sekali yang merasa takut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan yang asing bagi mereka sehingga mereka menolak untuk dipindahkan ke daerah lain.
    2. perusahaan sebaiknya sejak awal perekrutan sudah menanyakan atau menyampaikan bahwa kemungkinan jika mereka yang direkrut berprestasi maka mereka bisa saja dipindahkan ke cabang perusahaan yang berada di kota lain. dan juga menanyakan apa mereka siap atau tidak.
    3. untuk masalah tersebut yang perlu disiapkan adalah masalah mental dan juga kesiapan calon karyawan yang berani menghadapi segala tantangan ketika terjun di dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, saya ingin bertanya kepada Pricilia
      Apakah pertanyaan yang diajukan saat perekrutan mengenai kemungkinan pemindahan tugas akan cukup efektif ?
      Bisa saja , awal perekrutan si karyawan belum memiliki keluarga, lalu setelah beberapa lama si karyawan telah memiliki keluarga dan enggan untuk dipindahkan ke luar kota.
      Terima kasih

      Feliana Gunawan

      Hapus
  14. 1. Menurut saya jika saya yang berada di posisi orang tersebut juga mungkin bisa melakukan hal tersebut. karena ada banyak pertimbangan yang bisa melakukan hal tersebut. seperti faktor jauh dari keluarga, masih belum siap menerima tantangan yang ditawarkan, bisa jadi karena kondisi kota tersebut cukup terpencil, sedikitnya tempat rekreasi atau hiburan.
    2. Yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan tidak hanya menyiapkan 1 calon karyawan saja, juga harus dapat menjelaskan fasilitas apa saja yang akan didapatkan nantinya selama di sana. sehingga mereka akan mempertimbangkan tawaran tersebut dengan sungguh-sungguh.
    3. Untuk mempersiapkan hal tersebut terjadi kepada saya adalah saya akan berusaha untuk mempersiapkan diri dengan dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita, berani menerima tantangan, juga berani mengambil resiko untuk mendapatkan suatu pengalaman baru. karena hal tersebut dapat menjadi modal yang berharga untuk kedepannya.

    BalasHapus
  15. 1. menurut saya,, trkadang kbanyakan orang mmang blum trbiasa untuk mninggalkan kluarga,,apalagi untk mngambil kputusan trsebut harus brdiskusi dengan kluarga trlebih dahulu,,selain itu bisa dikarenkan karena knyamanan mereka dengan lingkungan yg mreka daptkan di tempat bkerja yg skarang,sehingga menolak untuk dipindah.
    2. menawarkan tempat tinggal untuk kluarganya di tempat yg baru,, menawarkan penghasilan dan fasilitas yg lebih daripada di tempat sebelumnya
    3. *mental dalam menjalani lingkungan yg baru,orang yg baru
    *penyesuaian diri dengan segala keadaan yg belum terbiasa seperti budaya yg baru,peraturan yg baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahi dan lebih menjelaskan lagi komentar saudara Linda...menurut saya:
      1.Alasan karyawan menolak promosi dengan pindah ke luar kota :
      - Faktor Logis/rasional : dengan pertimbangan waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan diri, upaya ekstra untuk belajar kembali, kemungkinan timbulnya situasi yang kurang diinginkan seperti penurunan tingkat keterampilan, serta kerugian ekonomi yang ditimbulkan oleh perubahan.

      - Faktor Psikologis : berdasarkan emosi, sentimen, dan sikap. Seperti kekhawatiran akan sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya, rendahnya toleransi terhadap perubahan, tidak menyukai pimpinan atau agen perubahan yang lain, rendahnya kepercayaan terhadap pihak lain, kebutuhan akan rasa aman.

      - Faktor Sosiologis (kepentingan kelompok): karena konspirasi yang bersifat politis, bertentangan dengan nilai kelompok, kepentingan pribadi, dan keinginan mempertahankan hubungan (relationship) yang terjalin sekarang

      - karyawan menganggap keputusan yang diambil sebagai bentuk ketidakadilan padahal kinerja selama ini memuaskan.

      - kecenderungan pada setiap orang untuk menyukai berada dalam posisi/zona nyaman, yang cenderung dipertahankan

      - kecendrungan untuk mempertahankan kekuasaan dan keahlian yang dimilikinya juga tidak ingin meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya dengan pengalaman dan tantangan baru.

      - faktor Keluarga : jika istri atau anggota keluarganya dalam kondisi sakit keras/tidak bisa jauh dari keluarga

      - belum siap mental dan kurang pengalaman sehingga takut tidak berhasil nantinya

      - jabatan baru yang ditugaskan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan

      - faktor kesehatan karyawan : karena punya penyakit tertentu yg membutuhkan pengawasan dr dokter pribadi sehingga karyawan tdk dpt jauh darinya

      - Perusahaan memutuskan mutasi tanpa pemberitahuan dahulu dan tak mempertimbangkan aspek peningkatan kesejahteraan serta jenjang karir karyawan.
      - jauhnya jarak antara tempat tinggal dan kantor sehingga beban bertambah berat terkait waktu, ongkos, dan tenaga.

      - tak dibarengi dengan tambahan kompensasi dan fasilitas yang memadai

      - mutasi yang dilakukan sangat diskriminatif : karena malah mendapatkan demosi (penurunan jabatan). Tapi ada karyawan lain yang satu level tapi dengan peformance yang lebih rendah malah dapat promosi.

      2. Yang harus dilakukan perusahaan untuk mengatasi masalah tersebut :
      - Penempatan tenaga kerja diarahkan untuk menempatkan tenaga kerja pada jabatan yang tepat sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat, dan kemampuan dengan memperhatikan harkat, martabat, hak asasi, dan perlindungan hukum.

      - Penempatan tenaga kerja dilaksanakan dengan memperhatikan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan program nasional dan daerah.

      - disertai dengan kenaikan gaji. Misalnya, pekerja yang sudah memiliki keluarga dipindahkan ke luar pulau, maka biaya penghidupan keluarga tersebut harus ditanggung perusahaan. Dengan begitu secara tidak langsung gaji pun akan bertambah

      - harus merujuk pada peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama, serta budaya yang berlaku di perusahaan

      - memilih karywan yg lokasinx lbih dekat agar lbh efisien

      - Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi.

      - harus berpegang pada posisi yang tepat dan pekerjaan yang sesuai agar kinerja meningkat

      - perusahaan membuat pernyataan tertulis yang menggambarkan tugas-tugas, wewenang,tanggung jawab, dan kondisi serta aspek-aspek lain dari sebuah pekerjaan secara jelas.

      3. Yang harus disiapkan mahasiswa dari skrg untuk menghadapi permasalahan tersebut :
      - Memberi kesempatan pada dirinya untuk memperluas dan mengembangkan kemampuannya dengan pengalaman dan tantangan baru.
      - belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan,teman baru dan tanggung jawab baru
      - Mengatasi perselisihan antar teman dalam sebuah tim
      - belajar bekerja sama dengan baik
      - menyiapkan mental yang kuat agar mampu bertahan terhadap sgala rintangan
      Syandi - 3103011260 terima kasih

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudari syandi
      Apakah pemberian kenaikan gaji cukup efektif untuk mendorong karyawan mau menerima penugasan di luar kota?
      Terimakasih

      Gisela_3103011245-A

      Hapus
    3. saya ingin bertanya kepada saudari Syandi.
      Bagaimana cara anda menyakinkan karyawan tersebut agar mau untuk dipindah tugaskan ke luar kota. Secara karyawan tersebut merasa perusahaan kurang adil terhadap dirinya(hanya dia saja yang dipindahtugaskan)? dan karyawan tersebut juga mempunyai pikiran negatif bahwa selama ini kinerja dia diperusahaan ini tidak memuaskan.
      apa yang akan anda lakukan ?
      Terima kasih ^^

      Hapus
  16. Menurut saya , Alasan mengapa karyawan menolak promosi tersebut adalah karena faktor jarak, iklim pemerintahan serta keadaan yang mungkin tidak kondusif. Jarak menjadi momok tersendiri bagi karyawan yang memiliki kehidupan baru sebagai sebuah keluarga.
    Iklim pemerintahan serta lingkungan yang tidak kondusif dapat juga membatalkan niat karyawan untuk pindah ke luar kota, lingkungan yang tidak aman , identik dengan kerusuhan dapat menjadi faktor penentu tersendiri bagi karyawan untuk menolak promosi tersebut.

    Cara perusahaan untuk mencegah, dengan memberikan gaji/bonus/tunjangan yang lebih besar untuk karyawan yang mau mengambil resiko ini. Dengan tunjangan yang lebih besar maka harapan karyawan untuk menghidupi keluarganya lebih layak lagi dapat terpenuhi.

    Yang harus saya persiapkan adalah komitmen dan mental untuk menghadapi persoalan diatas, komitmen untuk menerima tantangan yang lebih besar serta mental untuk dapat jauh dari keluarga.

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari novita diatas saja juga ingin menambahkan *Biasanya karyawan tersebut tidak mau dimutasi karena belum siap mental dan kurang pengalaman sehingga takut tidak berhasil nantinya
      *cara perusahaan juga harus memberikan fasilitas serta gaji yang memadai untuk mereka
      *persiapan mental serta adaptasi dengan lingkungan baru nantinya.

      Linda puspita sari/A/3103011023

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudari novita , yang anda maksudkan dengan "iklim pemerintahan" itu seperti apa?
      Terima kasih.

      Deviani Tanoyo / D / 3103011024

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada saudari Novita,
      Apakah pemberian gaji, bonus, ataupun tunjangan cukup efektif untuk mendorong karyawan mau menerima penugasan di luar kota/ pulau?
      Karena biasanya karyawan tetap menolak untuk ditugaskan di luar kota/ pulau walaupun ditawarkan gaji yang lebih besar, juga ada yang lebih memilih meninggalkan perusahaan itu daripada memenuhi penugasan tersebut.

      Terima Kasih^^

      Hapus
    4. - Linda Puspita
      Terima kasih atas tanggapan dan tambahan yang diberikan


      - Deviani Tanoyo :
      Baik, saya akan menjawab pertanyaan dari Deviani, jadi iklim pemerintahan yang saya maksudkan adalah mengenai keadaan dari kota tujuan yang akan kita tempati dalam rangka promosi jabatan . Seorang akan menerima tawaran tersebut apabila kota / pulau yang dituju memiliki "predikat" yang aman serta kondusif , daripada seorang karyawan yang akan tinggal didaerah maupun kota yang rawan dengan konflik.
      Dengan melihat iklim yang ada apakah kondusif atau tidak maka akan menjadi bahan pertimbangan sendiri bagi si karyawan.
      Terima kasih..

      - Caroline Wen :
      Baik, Menurut pendapat saya pemberian intensif dan sebagainya cukup efektif dilakukan , dengan pemberian intensif yang diberikan maka karyawan akan berpikir kembali mengenai tawaran yang diberikan oleh perusahaan , apalagi si karyawan sudah memiliki keluarga kecil yang membutuhkan dana yang lebih besar. Karena menurut pengalaman , saya mengetahui ada seorang karyawan yang rela dipindahkan ke daerah Nigeria, walaupun daerah tersebut gersang, terpencil dan kurang aman. Namun si karyawan tetap mengambil resiko tersebut karena tunjangan serta jabatan yang diberikan lebih besar.
      Terima kasih ...

      Hapus
    5. saya ingin bertanya, kepada saudara novita:

      1.apakah seseorang dengan mental yang tidk terlalu kuat tidak akan pernah menerima penugasan yang diberikan???
      2.kapan persiapan itu sebaiknya kita laksanakan?

      Hapus
    6. - Dian Chandra :
      1. Belum tentu, penerimaan penugasan ini tidak selalu berkaitan dengan mental, namun juga dapat didasarkan pada keadaan yang memaksa si karyawan untuk menerima tawaran yang diberikan oleh si perusahaan .

      2. Menurut saya, persiapan dapat dilakukan 3 bulan sebelumnya untuk memberikan dampak positif bagi si karyawan itu sendiri dalam masa menerima tawaran perusahaan.
      Terima kasih...

      Hapus
  17. 1. keadaan yang baru memang terasa tidak nyaman karena kita harus beradaptasi.
    Faktor lingkungan yang baru, kita harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru mulai dari biaya, letak geografis, maupun rekan kerja yang baru.
    -Keluarga:kita harus memilih antara keluarga atau promosi yang membutuhkan support dari kita terutama dengan kehadiran anak-anak yang harus menjadi korban pindah sekolah dan harus beradptasi
    2. dengan memberikan motivasi dan pengertian agar mereka mau mengikuti saran. serta tunjangan-tunjangan seperti fasilitas dan insentif, mempersiapkan mental mereka
    3. mental, komitmen, tanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan: komunikasi yang baik dan bersikap tebuka terhadap orang baru kita kenal sehingga kita selalu berpikir positif dan secara tidak langsung dapat menciptakan kondisi kerja yang kondusif

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat Saudari Dian pada poin ke-1 dan tambahannya bahwa karyawan yang telah memiliki anak yang telah bersekolah pasti berpikir berulang kali karena ketika karyawan tersebut mengambil keputusan untuk pindah,keputusan tersebut juga akan berdampak pada istri dan anaknya ketika mereka diikutsertakan dalam kepindahan tersebut.Saya juga setuju dengan melakukan komunikasi yang baik dan bersikap terbuka kepada orang-orang di lingkungan baru tersebut maka orang-orang akan dapat menerima keberadaan mereka di lingkungan baru tersebut.

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada saudari Dian
      Apakah efektif dengn memberikan tunjangan-tunjangan dapat mendorong karyawan untuk bekerja di luar kota? fasilitas seperti apa yang anda maksud? "Mempersiapkan Mental" mislnya dalam bentuk apa dan seperti apa?
      terimakasih

      Hapus
    4. Saya ingin bertanya, dengan kepindahan seorang karyawan ke daerah yang lain, disini anda menuliskan bahwa yang menjadi masalah adalah anak-anak yang harus pindah sekolah serta beradaptasi lagi .
      Apakah karyawan harus membawa serta keluarganya ?

      Lalu apakah yang anda maksudkan dengan " memberikan motivasi dan pengertian agar mereka mau mengikuti saran."

      Novita Natalia / D / 3103011048

      Hapus
    5. -terima kasih atas tanggapan saudara devi ^^

      -terima kasih atas pertanyaan yang diberikan gisel dan novita ^^

      saya akan menjawab pertanyaan saudari gisel dahulu,
      pemberian intensif cukup efektif dilakukan, karena banyak dari mereka mungkin berpikir 2 kali lagi supaya tidak kehilangan kesempatan yang diberikan terutama bagi karyawan yang membutuhkan gaji besar.
      perusahaan bisa memberikan fasilitas seperti biaya akomodasi penginapan gratis, makan 3x, ataupun pelatihan bahasa apabila lintas negara.
      mempersiapkan mental seperti (saat wawancara) kita bertanya apakah beliau bersedia ditugaskan diluar daerah atau negara lain? kalau siap otomatis kita harus melatih mentalnya agar mampu beradaptasi dan mempunyai komunikasi yang cakap/ tidak hanya hard skill tapi soft skill yang harus dilatih, agar sewaktu2 tidak terjadi pengunduran diri karena tidak mampu mengemban tugas

      untuk pertanyaan saudari novita, dari pengalaman ayah teman saya sewaktu smp, beliau seorang polisi yang harus dinas untuk ke tempat yang berbeda-beda dan teman saya harus mengalami pindah sekolah dan beradaptasi dengan murid-murid di sekolahnya yang baru. tapi, terlepas dari itu. terkadang apabila kita berumah tangga ada komitmen yang harus kita tempuh yaitu membawa serta keluarga dan ada yang tidak berkomitmen demikian. apabila kita belum berkeluarga tidak perlu dilakukan.
      seseorang yang tidak betah/tidak bisa beradaptasi membutuhkan motivasi dan pengertian agar beliau tidak hanya serta merta berputus asa akan satu proyek yang mengharuskan untuk beradaptasi. oleh sebab itu dengan adanya motivasi dan pengertian yang kita berikan mereka ada semangat dan bertahan (tegar)

      Hapus
  18. 1. Menurut saya, bagi alumni yang menolak untuk dipromosikan oleh perusahaan itu dikarenakan mereka akan merasa asing di luar pulau tersebut, karena mereka akan merasa jauh dari keluarganya. Selain itu, sering kali terjadi miss komunikasi jika berkomunikasi antar budaya yang berbeda, dan biaya hidup di luar pulau juga bisa jadi lebih mahal.
    2. Menurut saya hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencegah masalah tersebut, sebaiknya perusahaan membuat kesepakatan diawal kerja. Apakah alumni tersebut bersedia di tempatkan di luar kota/pulau sewaktu-waktu atau tidak.
    3. Menurut saya, yang perlu disiapkan mahasiswa untuk mampu menerima tugas tersebut yaitu mental, kemudian juga harus mampu beradaptasi dengan siapapun dimana pun, dan lebih banyak mempelajari berbagai budaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Felicia untuk poin 1 dan 2.
      Untuk poin yang ketiga pertanyaannya adalah apa yang menurut Saudara perlu dipersiapkan sejak saat ini agar Saudara mampu menerima penugasan seperti di atas? yang akan anda lakukan
      menurut saudari Felicia sendiri apa yang akan saudari lakukan seandainya posisi anda sebagai karyawati yang akan dipindah tugaskan ke luar kota/pulau ?

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. terima kasih atas pertanyaan saudari natalia
      menurut saya, yang perlu saya siapkan jika saya hendak dipindah keluar kota, yaitu mental. Jika mental kita sudah siap, tentunya kita akansiap jika ditugaskan kemanapun.

      Hapus
  19. Menurut Saudara, mengapa mereka menolak promosi tersebut.
    Karena jarak yang terlampau jauh dan mereka menganggap bahwa surabaya adalah rumah kedua" mereka.
    Apa yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut.
    Memberikan gaji yang menarik, membeberkan keuntungan apabila kerja di perusahaan tersebut
    Bagi Saudara yang saat ini masih sedang kuliah, apa yang menurut Saudara perlu dipersiapkan sejak saat ini agar Saudara mampu menerima penugasan seperti di atas.
    Kesukaan akan tantangan baru, mental yang kuat, mencari pengalaman yang baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dijelaskan lebih detail,maksud dari "surabaya adalah rumah kedua mereka"?
      terimakasih.

      Hapus
    2. maksudnya adalah surabaya telah dianggap nyaman oleh seseorang dan ketika dia meninggalkan zona nyaman tersebut maka yang ada adalah keraguan, ketakutan, dan berbagai macam hal yang lain.
      kembali kasih...

      Hapus
  20. 1. Menurut saya, mereka tidak suka karena mereka harus dihadapkan dengan lingkungan kerja yang baru teman kerja yang jauh. Sehingga mereka harus menyesuaikan suasana dan memperolhe teman yang baru yang belum tentu mereka akan cocok dengan hal tersebut. Dan hal yang paling penting mereka juga jauh dari keluarga mereka. Tidak semua orang memiliki karakteristik yang sama untuk meninggalkan juah dari keluarga mereka.
    2. Perushaan dapat memberikan kompensasi untuk tempat tinggal mereka yang baru sehingga mereka dibebaskan dari biaya kost rumah yang mungkin akan menguarngi gaji mereka dan menaikan gaji mereka untuk menarik minat atau memotivasi mereka.
    3. Menurut saya kita harus mempersiapkan sejak sekarang untuk hal ini, karena perosalanya seperti ini tidaklah mudah. Mental mereka harus dilatih mulai sekarang untuk menghadapi tantangan" tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau bertanya pada saudara Robby,dari jawaban no 3.
      Tolong berikanlah contoh konkrit dari "melatih mental mulai dari sekarang" dapat dilakukan dalam hal apa saja? jelaskan

      Hapus
  21. 1. menurut pendapat saya, seseorang menolak promosi yg diberikan karena beberapa faktor seperti perbedaan lingkungan tempat ia bekerja dan lingkungan masyarakatnya, mungkin ia tidak dapat meninggalkan karena faktor keluarga, dan mungkin ia berpikir bahwa bekerja di luar kota ataupun di luar pulau bisa saja biaya hidup tinggi, sedangkan ia di tempat saat ini atau di kota ini mungkin masih dapat bergantung pada keluarganya.
    2. perusahaan dapat memberikan alasan mengapa seseorang hrus dipindahkan ke luar kota/pulau, yg kedua berikan kompensasi sperti rumah tinggal atau kendaraan yang layak.
    3. yang harus saya persiapkan saat ini adalah mental untuk dapat menghadapi lingkungan yg baru, mandiri yang tinggi, dan menurut pendapat saya adl sifat ramah kepada org yg baru dikenal dan membuat percaya kepada diri sendiri bahwa saya dapat melakukan pekerjaan tsb d luar kota/pulau lain.

    BalasHapus
  22. Menurut saya :
    1. Karyawan menolak untuk dipromosikan karena mereka merasa takut akan tempat kerja dan lingkungan kerja yang baru yang harus dilakukan adaptasi terlebih dahulu. Selain itu alasan lain juga karena karyawan tidak dapat jauh dari keluarga dengan alasan dia juga harus menjaga dan merawat kedua orang tuanya.
    2.Seharusnya perusahaan dapat memberikan penjelasan diawal terlebih dahulu untuk menjelaskan apakah mereka siap untuk dapat dipromosikan dan ditempatkan diluar kota. Dengan begitu perusahaan dapat lebih mudah mengetahui siapa sapa karyawan yang dapat dipromosikan diluar kota.
    3.Menurut saya perlu,sikap mental yang kuat serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru serta orang-orang sekitar harus dapat dilakukan saat kita masih kuliah, jadi suatu saat ketika kita sudah bekerja, kita siap untuk dipromosikan ke luar kota dan kita mampu menghadapi tantangan kerja yang baru.

    BalasHapus
  23. 1. Alasan yang sering kali muncul karena karyawan yang dipindah ke luar kota atau keluar pulau adalah karena ketakutan mereka apabila gagal dalam beradaptasi dalam menghadapi lingkungan yang bukan hanya lingkungan kerja yang baru, tetapi juga lingkungan masyarakat yang baru. Kemudian penilaian karyawan terkait benefit atau keuntungan dari pemindahan tersebut, apakah dengan kepindahan tersebut membuat mereka merasa manfaat lain guna membayar ketakutan mereka atau ketidaksiapan mereka
    2. Perusahaan harus mampu memberikan penawaran yang menarik bagi karyawan sebagai balasan dari hal-hal yang dianggap harus memberikan banyak pengorbanan sebagai akibat dari pemindahan. Contoh dengan peningkatan gaji, tunjangan atau fasilitas lain
    3. Jelas diperlukan, karena demi kepentingan pengembangan karir karyawan pembentukan mental yang kuat bukan hanya tentang pemindahan karyawan, tetapi juga dalam hal-hal lain. Pemindahan karyawan ke luar kota atau ke luar pulau merupakan bagian kecil dari mental yang harus dipersiapkan sejak dini

    BalasHapus
  24. 1 menurut saya alasan mengapa mereka menolak pemindahan kerja padahal itu dipromosikan adalah mereka kurang dapat berubah atau tidak bisa atau tidak mau melakukan kemajuan (tidak mau menerima hal baru) dan tidak kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan menimbulkan pemikiran bahwa mereka akan gagal saat berbeda suasana kerja.
    2 hal yang dapat dilakukan menurut saya adalah harus ada pendamping senior yang juga telah bekerja di tempat dimana seseorang yang akan dpromosikan ditempatkan, atau dalam bahasa mudahnya regenerasi untuk tempat yang akan jadi tujuan selanjutnya seseorang dipromosikan
    3 yang perlu saya siapkan adalah mental untuk dapat menerima perbedaan yang ada dan ilmu yang tinggi serta sikap tidak mudah menyerah dan mau belajar sesuatu yang baru.

    BalasHapus
  25. 1. Beberapa sebab yang membuat karyawan enggan untuk dipindahkan keluar kota/luar pulau yaitu karyawan tersebut sudah berkeluarga, pengeluaran biaya yang lebih banyak jika nantinya harus ditempatkan ditempat yang mayoritas segala kebutuhan ditargetkan dengan harga yang mahal, lingkungan yang baru sehingga karyawan harus belajar beradaptasi kembali dengan kondisi sekitarnya.
    2. Perusahaan dapat mencegah keluarnya karyawan dengan membicarakan tentang persyaratan perusahaan saat wawancara (penerimaan karyawan) sehingga karyawan sudah memikirkan matang-matang untuk kedepannya dan merasa tidak dirugikan.
    3. Hal yang dapat dipersiapkan mulai dari sekarang yaitu dengan meniyapkan mental, memikirkan matang-matang terhadap minat kita terhadap perusahaan yang akan kita tempati nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NOVIA_ KELAS C / 3103011084 : saya setuju dengan pendapat dwima, faktor keluarga merupakan hal yang paling mendasar, karyawan tidak ingin dipindahkan karena tidak sanggup untuk meninggalkan keluarga nya dan pengeluaran biaya yang lebih banyak dan lingkungan yang baru sehingga harus beradaptasi dengan orang-orang yang baru juga.
      2. perusahaan dapat mencegah keluarnya karyawan dengan menawarkan kesempatan yang sesuai dengan kemampuan mereka pada saat penerimaan karyawan.
      3. hal yang perlu dipersiapkan mulai dari sekarang yaitu dengan menyiapkan mental, sehingga pada saat pemindahan pekerjaan kita dapat menerima nya dan melaksanakan tanggung jawab kita di perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. ERMA_C/3103011054 : saya setuju dengan pendapat dwima dan novia, faktor keluarga merupakan hal yang paling mendasar,karyawan tidak ingin dipindah karena mungkin ada faktor homesick juga. dan juga pengeluaran yang lebih banyak. beradaptasi dengan lingkungan yang baru di kenal.
      2. perusahaan dapat menawarkan fasilitas yang lebih baik daripada yang sekarang.
      3. harus menyiapkan mental dan memikirkan matang matang tawaran tersebut apakah ingin bekerja lanjut di perusahaan tersebut atau tidak.

      Hapus
  26. 1. Menurut saya alasan karyawan menolak promosi tersebut , yamg pertama adalah mereka tidak ingin dan tidak terbiasa jauh dari keluarga, dan yang kedua adalah takut akan kegagalan karena mereka harus memulai dari awal dan merasa khawatir bila mereka tidak mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja yang baru .
    2. Yang dapat dilakukan pihak perusahaan adalah ,yang pertama adalah dalam proses perekrutan perusahaan dapat menayakan kepada calon karyawan, apakah mereka siap untuk di pindah tugaskan keluar kota atau luar pulau, yang kedua ketika perusahaan akan melakukan pemindahan sebaiknya perusahaan memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai situasi dan kondisi di lingkungan kerja yang baru seperti sosial,budayanya,dll agar mereka mampu beradatasi dengan baik.dan yang ketiga adalah perusahaan memberikan jaminan serta memberikan fasilitas untuk mendukung kinerja dari karyawan tersebut.
    3. Menurut saya yang perlu dipersiapkan saat masih kuliah ini adalah mental yang kuat,mandiri,dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru agar ketika sudah bekerja saya mampu menerima dan memenuhi penugasan yang di berikan oleh perusahaan yaitu dapat dipindah tugaskan keluar kota atau diluar pulau

    BalasHapus
  27. 1. ada banyak hal atau faktor pertimbangan yang membuat para alumni untuk menolak promosi tersebut. tidak hanya mempertimbangkan gaji yang besar tetapi pertimbangan berbagai resiko jika mereka harus bekerja diluar kota, salah satu pertimbangannya mungkin 'saya tidak perlu bekerja sampai keluar kota untuk pengembangan karir saya apalagi emninggalkan keluarga. saya bisa keluar dari tempat kerja dan tetap bisa mancari kesempatan yang lebih besar namun tetap dikota ini'.

    2.untuk mencegah para pekerja yang keluar dan untuk mengatasi persoalan tersebut maka seharusnya perusahaan melakukan pendekatan pribadi sebelum melakukan keputusan untuk memindah-mindahkan karyawan ketempat lain. mengetahui apa yang menjadi minat karyawan didalam perusahaan sangat penting untuk dipahami oleh para manager dalam mengarahkan pengembangan karir dari setiap karyawan. setiap perusahaan harus mengerti apa yang menjadi prioritas utama bagi para karyawan dalam bekerja. bagi para karyawan yang memprioritaskan gaji mungkin mereka akan sangat senang dengan promosi disertai tantangan untuk bekerja dikota atau pulau lain, namun ada sebagian karyawan juga yang mementingkan faktor lainnya seperti keamanan, keluarga, dll.

    3.bagi saya hal itu merupakan keputusan yang tidak mudah dan harus dipersiapkan dari awal agar kedepannya tidak lagi menjadi pertimbangan yang berat jika akhirnya harus dipindahkan keluar kota untuk memenuhi sebuah promosi dari atasan. pematangan mental pada saat kuliah saya pikir sudah cukup untuk membuat kita mempunyai pola pikir untuk mampu melakukan setiap tugas dengan berbagai tantangan salah satunya dengan bekerja dikota atau pulau lain.

    BalasHapus
  28. 1. ada banyak alasan bagi karyawan untuk menolak dipindah tugas ke luar kota apalagi luar pulau. mereka mungkin takut sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, apalagi mereka bakal jauh dari keluarga. mereka juga mungkin sudah merasa cukup puas dengan keadaan di kota asal, sehingga tidak mau mengambil risiko. dengan dipindah tugaskan ke luar kota atau ke luar pulau, mereka harus memulai beradaptasi dengan tempat baru lagi yang belum tentu senyaman tempat kerja yang sebelumnya.

    2. perusahaan dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. perusahaan dapat memberikan kenaikan gaji atau insentif yang menarik bagi karyawan. selain itu perusahaan juga dapat memberikan gambaran tentang tempat kerja baru, sehingga karyawan tidak kaget apabila dipindah tugaskan. perusahaan kiranya juga memberikan fasilitas yang nyaman, seperti tempat tinggal, kendaraan, dsb.

    3. yang perlu disiapkan sejak saat ini agar saya mampu menerima penugasan seperti diatas adalah mental yang kuat dan keinginan untuk maju. dengan mental yang kuat dan keinginan untuk maju yang besar, kita tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi masalah di tempat baru.

    BalasHapus
  29. 1. Menurut saya, alasannya yaitu jauh dari keluarga, selain itu juga tidak mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, serta sudah merasa cukup atas pekerjaan di kota asal.

    2. Perusahaan dapat membicarakan hal ini pada saat awal wawancara kerja terkait dengan kenaikan posisi/jabatan, sehingga karyawan tidak kaget dengan adanya pemindahan tsb. Perusahaan juga dapat memberikan fasilitas yang dapat memudahkan karyawan untuk memulai dan menjalani pekerjaannya di tempat yg baru, seperti tempat tinggal dan transportasi.

    3. Menurut saya, mahasiswa perlu mempersiapkan diri mulai sekarang. Persiapannya seperti mental dan keinginan yang kuat untuk berkembang dan mau menambah pengalaman untuk bekerja di luar kota/pulau.

    BalasHapus
  30. yang pertama mungkin sebelumnya karyawan tidak siap di tempatkan di luar kota karena jauh dari keluarga atau mungkin ada pemikiran biaya hidup akan lebih tinggi, mungkin juga takut lingkungan pekerjaan disana kurang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

    mungkin perusahaan dapat memberi fasilitas yang di perlukan seperti kendaraan dan tempat tingal, bisa juga perusahaan memberikan gaji lebih, untuk menimbulkan motivasi bagi karyawan dan bisa juga memberikan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan dari awal bekerja .

    yang perlu di persiapkan mulai saat ini yaitu mengembangkan diri mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini agar apabila saat kerja nanti di berikan tanggung jawab lebih, saat itu diri kita telah siap

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anthony karena jika ada karyawan yang akan ditempatkan pada suatu lokasi yang belum ia ketahui maka ada lebih baiknya jika pihak dari perusahaan memberikan sebuah fasilitas seperti tempat tinggal maupun kendaraan untuk menunjang dan mendukung kinerja karyawan tersebut,dan yang ketiga juga sangat penting dalam mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum kita diberi tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan nantinya.

      Hapus
  31. 1.Menurut Saudara, mengapa mereka menolak promosi tersebut?
    Menurut saya pekerja tersebut menolak karena alasan jauh dari keluarga , apalagi khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga.Dan mereka juga akan merasa sulit beradaptasi dengan hal baru di daerah yang baru.Mereka tentu tidak terbiasa dengan suasana baru di lingkungan kerja yang baru.

    2.Apa yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut?
    Perusahaan dapat saja memberikan fasilitas dan tunjangan kepada keluarga(istri, anak) dan dapat memberikan fasilitas lain yang dapat menunjang kehidupan keluarga mereka. Sehingga merasa nyaman karena keluarga nya juga disediakan tempat yang mendukung juga.

    3.Bagi Saudara yang saat ini masih sedang kuliah, apa yang menurut Saudara perlu dipersiapkan sejak saat ini agar Saudara mampu menerima penugasan seperti di atas?
    Yang harus dipersiapkan adalah siap bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibebankan pada kita.Kita juga harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi segala resiko pekerjaan kita kedepannya.Maka dari itu semuanya harus dipersiapkan sebelum kita lulus bukan malah mempersiapaannya setelah lulus dari perkuliahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sependapat dengan saudara Ardy, faktor krluarga menurut saya merupakan alasan terbesar mengapa karyawan enggan menolak promosi di luar kota.Karena bagi karyawan yang sudah berkeluarga , keluarga merupakan motivasi kerjanya, maka dukungan keluarga secara langsung merupakan kunci penting.

      Perusahaan jua seahrusnya memberikan fasilitas pada keluarga karyawan tersebut misal saja tempat tinggal untuk menunjang kinerja karyawan tersebut,Sehingga antara kehidupan kryawan tersebut dengan keluarganya dapat seimbang.

      Saya juga ingin menambahkan selain mental yang kuat adalah keyakinan yang mendukung, maksudnya keyakinan melakukan hal tersebut atau tidak, sehingga kita harus mampu mengambil keputusan yang diberikan kepada kita secara tegas dan telah dipikirkan matang-matang.

      Hapus
  32. 1.Menurut saya mereka menolak penugasan karena tempat tinggal yang jauh dari lokasi penugasan, harus bersosialisasi lagi dengan orang-orang baru jika mereka mau menerima penugasan tersebut.

    2.Yang dilakukan perusahaan untuk mencegah atau mengatasi: dengan memberikan gaji yang lebih tinggi selain itu pihak perusahaan juga harus memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai jika mereka menerima penugasan di luar pulau.

    3.Yang perlu disiapkan sejak dini agar mereka mau menerima penugasan: dengan memberikan pengertian dan memotivasi mereka tentang seberapa pentinganya penugasan tersebut sehingga saat mereka bekerja nanti mental mereka sudah terbina dengan baik.

    BalasHapus
  33. 1. Menurut saya alasan mereka menolak penugasan tersebut adalah karena mungkin mereka telah nyaman berada dalam lingkungan kantor yang sekarang, dan juga belum tentu pada saat mereka dipindah tugaskan keluar kota, mereka dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan kantor yang baru. apalagi jika tempat kerja yang baru memiliki budaya yang berbeda juga. selain itu faktor lainnya yaitu biaya hidup yang pastinya berbeda dan juga faktor keluarga.


    2. Yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut yaitu perusahaan sebaiknya mencari alternatif lain selain memberikan penugasan smpai keluar kota, karena tidak semua karyawan mau berpindah dari tempat asalnya ketempat yang lainnya, apalagi tempat tersebut jauh dari tempat asalnya. jika perusahaan ingin memberikan tanggung jawab yang lebih sebaiknya hal itu dapat perusahaan berikan dengan penghargaan ataupun pemberian fasilitas agar karyawan tersebut merasa kinerja yng diberikan lebih dihargai.

    3. yang akan saya persiapkan mulai dari sekarang yaitu mental dan juga cara pandang yang lebih luas, dimana dengan cara pandang ini saya akan mencoba untuk berpikir lebih positif dari sisi penugasan yang diberikan kepada saya, yaitu dengan dipindah tugaskan, saya merasa tahu bahwa kinerja yang saya berikan ternyata memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan sehingga saya diberikan tanggungjawab yang lebih tinggi lagi oleh atasan saya untuk mampu melakukan hal yang sama atau bahkan lebih untuk karir saya kedeepan dan juga demi perusahaan. Dan secara tidak langsung saya akan mendapatkan lebih banyak lagi pengalaman dan pengetahuan yang belum saya dapatkan dari tempat kerja saya yang lama.

    BalasHapus
  34. menurut saya
    1. hal yang tidak mau membuat karyawan untuk pindah ke luar kota biasanya yaitu lingkungan yang berbeda dari tempat tinggal dan tmpat dia bekerja sekarang, tidak ingin tinggal berjauhan dengan keluarga,saudara,teman dan pacar,faktor-faktor psikologis dalam pekerjaannya dan juga gaji dan fasilitas yang kurang memadai.
    2. Perusahaan sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mana kaeyawan yang berkompeten dan tidak memiliki masalah bila bekerja diluar kota, perusahaan bisa menydiakan fasilitas seperti rumah tempat tinggal bagi karyawan maupun kendaraan yang, memadai dan juga gaji yang tinggi
    3. menurut saya dari sekarang kita memang harus menyiapkan segala sesuatu untk masa depan kita seperti kita ingin bekerja dimana, kenapa kita ingin bekerja disana, resiko dan tantangan seperti apa yang akan kita hadapi dan bagaimana supaya kita bisa bekerja di perusahaan yang kita inginkan dan mendapatkan gaji yang kita inginkan (sesuai dengan apa yang kita kerjakan)

    BalasHapus
  35. 1. alasan menolak promosi tersbut karena mereka tidak ingin jauh dari keluarga dan mereka juga harus bisa beradaptasi dengan budaya yang berbeda.

    2. meyakinkan kepada karyawan bahwa perusahaan akan memberikan fasilitas yang dapat menunjang karir karyawan selama kerja di luar pulau atau luar kota, serta memberikan akses komunikasi yang mudah agar karyawan mudah menghubungi keluarga.

    3. harus berani mengambil resiko jika ingin menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  36. 1. Mereka sudah nyaman dengan pekerjaan mereka saat ini
    2. Perusahaan harus berbicara secara baik-baik dengan mereka, agar mereka merasa mendapat tawaran, bukan paksaan
    3. Saya harus mempersiapkan mental dan mengubah mindset, agar menganggap tawaran tersebut sebagai tantangan dan kemajuan karir, bukannya sebagai hambatan atau musibah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara michael
      1. apakah hanya dengan rasa nyaman seorang tidak mau berpindah tempat kerjanya ? jika ya mengapa jika tidak mengapa?
      2. berbicara secara baik - baik seperti apa yang harus dilakukan sebuah perusahaan agar pegawainya mau berkerja ditempat yang baru ?

      Terima kasih

      Hapus
  37. 1. Alasan kenapa menolak promosi seperti itu kebanyakan adalah karena harus jauh dari orang tua dan harus menyesuaikan diri pada lingkungan baru dimana mereka akan bertugas nantinya, padahal kebanyakan orang lebih merasa nyaman bekerja di tempat asalnya.
    2. Menurut saya perusahaan dapat melakukan penugasan karyawan di luar kota secara rutin agar karyawan tersebut dapat secara pelan-pelan menyesuaikan diri, serta memfasilitasi karyawannya di tempat dimana dia akan bertugas nantinya. Selain itu perusahaan dapat mengatasi hal tersebut dengan cara pada saat rekrutmen, perusahaan menanyakan kesediaan karyawan untuk bertugas diluar kota nantinya.
    3. Yang harus dipersiapkan sejak dini adalah sikap dan kemampuan bekerja dimana saja serta kemampuan menyesuaikan diri dalam masyarakat.

    BalasHapus
  38. 1. alasan mengapa menolak promosi tersebut karena karyawan tersebut tidak mau dan tidak siap untuk pindah ke luar kota atau luar pulau dan banyak pertimbangan tersendiri selain kehilangan kebersamaan dengan keluarga.

    2. Menurut saya perusahaan dapat lebih memberi saran tentang dampak positif ketika bekerja di luar pulau atau luar kota tersebut sehingga karyawan tersebut tertarik dengan pekerjaan itu.

    3.Persiapan yang diperlukan adalah kesiapan diri sendiri untuk hidup lebih mandiri ketika jauh dari keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Ronald, ketika telah berkeluarga pasti akan memiliki banyak pertimbangan apabila akan dipindah tugaskan dan kebersamaan dengan kelurga akan berkurang, dapat juga diberikan gaji dan bonus yang lebih agar karyawan mau dipindah tugaskan, lalu harus di persiapkan dari sekarang agar dapat melakukan pekerjaan tsb dengan baik dan dapat memikirkan dengan matang apabila saat bekerja nantinya.

      Hapus
  39. Akbar Tanjung
    Kelas D
    3103011298

    1)Salah satu alasan mereka menolak promosi mungkin karena gaji yang tidak cukup dalam kebutuhan sehari-hari , dan mungkin juga akan dipindah tugaskan kebeberapa wilayah yang akan menimbulkan kecemasan akibat dari wilayah tersebut misalnya kewilayah yang sering tetjadi kerusuhan atau wilayah yang menurutnya sangat asing dan sulit untuk bersosialisasi karena adanya perbedaan agama, suku dan budaya.

    2) Untuk mencegah persoalan tersebut sebaiknya pihak perusahaan memberikan tempat yang sesuai kepada masing-masing karyawannya misalnya karyawan yang mungkin beragama muslim tidak ditempatkan kedaerah yang susah untuk ditemukannya makanan yang halal menurutnya

    3) Yang harus dipersiapkan yaitu mental yang kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara akbar,mental yang kuat itu seperti apa dan contohnya apa ?

      Hapus
  40. 1. menurut saya mungkin masih ada urusan2 pribadi yang harus diselesaikan sehingga menyebabkan karyawan tersebut menolak untuk menerima promosi tersebut, bisa juga tidak ingin meninggalkan keluarganya.

    2. perusahaan bisa memberikan penugasan yang lain yang tidak berkaitan dengan penugasan di luar kota atau perusahaan bisa memberikan motivasi2 agar karyawan tersebut mau untuk menerima tugas tersebut.

    3. yg perlu saya siapkan adalah kesiapan mental. karena tidak mudah bagi kita untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan baru bila mental kita tidak kuat hal yang mungkin bisa terjadi adalah pekerjaan kurang maksimal dan bisa saja akan sakit2an ataupun keluar dari perusahaan tersebut.

    sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  41. Kebanyakan alumni kita menolak dipekerjakan atau dipromosikan karena, pekerjaan yang dipromosikan oleh perusahaan tidak sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh karyawan tersebut dan kebanyakan karyawan tidak mau dipekerjakan diluar pulau karena kurangnya fasilitas,terkadang lebih sudah didaerah perkotaan yang ramai.
    Untuk mengatasi hal tersebut perusahaan dapat melakukan dengan cara menaikkan gaji karyawan yang ingin di promosikan diluar pulau,dengan cara memberikan fasilitas berupa mobil atau antar jemput perusahaan,memberikan mess atau kost yang ditanggung oleh perusahaan.
    Dengan cara jikalau kita berniat bekerja diluar pulau,kita harus berniat diri dengan serius atau menekuni pekerjaan yang di promosikan oleh perusahaan sesuai dengan kreteria yang cocok dengan fasiltas yang ada.

    BalasHapus
  42. 1. Menurut saya, faktor lingkungan yang menyebabkan hal ini terjadi karena mereka kurang menyukai lingkungan kerja yang baru karena tidak setiap orang menyukainya ada kalanya juga lingkungan baru tempat bekerja tidak sesuai dengan pemikiranan sehingga akan menimbulkan ketidak nyaman dalam bekerja.
    2. Perushaan dapat melakukan beberapa cara yaitu memberikan fasilitas berupa tempat tinggal untuk mengurangi biaya hidup di lingkungan kerja yang baru sehingga memicu mereka untuk mau pindah kerja
    3. Menurut pendapat saya kita perlu mempersiapkan hal ini sejak sekarang karena dalam dunia bekerja harus mengikuti perintah perusahaan agar mendapat kemudahan dalam berkarir. Mental harus dilatih mulai sekarang agar tidak shock saat bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Melisa karena lingkuran merupakan faktor yang perlu diperhatikan ketika bekerja banyak yang perlu di fikirkan misalnya ketika karyawan tsb telah berkeluarga apakah akan di tinggal atau ikut bersama dan faktor" lainnya. Perlu di persiapkan mulai dari sekaran karena kita bekerja untuk perusahaan sehingga diharapkan untuk mematuhi perintah perusahaan dan mental yang baik juga harus di persiapkan sebelum bekerja nantinya.

      Hapus
  43. 1. menurut saya kebanyakan orang takut untuk bekerja di luar kota / pulau karena belum mengenal lingkungan di sana, dan juga sebagian orang belum terbiasa hidup terpisah dari keluarganya sehingga membuat karyawan enggan untuk di tugaskan keluar kota.
    2. Perusahaan dapatr menawarkan tempat tinggal untuk dia dan keluarganya di tempat yang baru, menawarkan gaji yang besar dan memberi fasilitas lebih untuk menarik minat karyawan.
    3. Mulai dari sekarang perlu menyiapkan mental dalam bersosialiasi dengan orang lain agar memudahkan kita mempelajari lingkungan baru dan membuat kita betah dengan lingkungan baru tersebut.

    BalasHapus
  44. 1. Menurut Saya, mengapa mereka menolak promosi tersebut karena banyak hal. mungkin bisa karena keluarga tidak memperbolehkan dia untuk bekerja di luar kota bahkan diluar pulau. karena jangkauan dari keluarga yang jauh, mungkin juga bisa karena keluarga terlalu khawatir dengan keadaan dia nanti. atau dari dia sendiri yang tidak mau jauh dengan keluarga bahkan pasangan'nya.

    2. yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut adalah perusahaan bisa memberikan prestasi atau tunjangan serta fasilitas-fasilitas yang lebih untuk dia untuk membujuknya agar bersedia bekerja di luar pulau.

    3. Bagi Saya yang saat ini masih sedang kuliah, yang perlu saya siapkan sejak saat ini agar mampu menerima penugasan seperti di atas adalah mengenai ketersediaan diri, mental, dan rasa tanggung jawab terhadap perusahaan.

    BalasHapus
  45. 1. Menurut saya, mereka menolak promosi tersebut mungkin ada prioritas-prioritas lain yang sangat berat untuk ditinggalkan bila mereka dipindahtugaskan di luar kota. Seperti mungkin hubungan dengan keluarga, pasangan, atau bahkan rasa takut dengan adaptasi lingkungan baru.

    2. Perusahaan dapat mencegah hal tersebut dengan menanyakan tentang kesediaan karyawan baru apabila suatu saat dipromosikan dan dipindahktugaskan di luar kota/luar pulau. Atau bila perlu, perusahaan dapat memberi kebijakan untuk karyawan pulang ke kota asalnya setiap sebulan 1 kali.

    3. Sebagai mahasiswa, yang pertama, saya akan mempersiapkan mental diri agar dapat beradaptasi dan menyesuaikan kemampuan diri bila mendapat promosi kerja di luar kota. Lalu saya juga akan merundingkan dan meminta persetujuan keluarga bila suatu saat secara tiba-tiba mendapat promosi untuk bekerja diluar kota.

    BalasHapus
  46. 1. Ada beberapa hal yang dapat menjadi alasan karyawan menolak promosi melalui mutasi. Diantaranya adalah faktor fisik, seperti kesehatan karyawan dan kondisi geografis tempat kerja baru. Dapat pula disebabkan oleh psikologis karyawan, misalnya ketakutan jauh dari keluarga, sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, sudah nyaman dengan situasi kerja saat ini, dll.

    2. Sebelum melakukan mutasi atau penempatan pekerja ke tempat lain, perusahaan harus memperhatikan berlakunya Pasal 32 UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sebagai berikut:
    (1)Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi.
    (2)Penempatan tenaga kerja diarahkan untuk menempatkan tenaga kerja pada jabatan yang tepat sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat, dan kemampuan dengan memperhatikan harkat, martabat, hak asasi, dan perlindungan hukum.
    (3)Penempatan tenaga kerja dilaksanakan dengan memperhatikan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan program nasional dan daerah.
    Setelah memperhatikan UU yang disyaratkan seperti di atas, perusahaan akan lebih mudah memutasi karyawannya.
    Selain itu, ada baiknya pula perusahaan mengkomunikasikan mengenai adanya pengembangan karir (promosi) melalui mutasi pada saat proses perekrutan karyawan.

    3. Menurut saya yang harus dipersiapkan dari sekarang adalah mental. Para mahasiswa harus mempunyai mindset bahwa dengan adanya mutasi seorang karyawan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari dan menguasai berbagai jenis pekerjaan. Hal ini dapat mengembangkan wawasan, pengalaman, pengetahuan, dan keahlian bagi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada pernyataan Anda di poin pertama, tolong dijelaskan mengenai faktor fisik yang dapat menyebabkan karyawan menolak dimutasi.
      Terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Maksudnya seorang karyawan bisa saja menolak mutasi karena alasan kesehatan. Kondisi fisik atau kesehatan karyawan tidak mendukung untuk melakuka pekerjaan di tempat yang baru. Contohnya seorang karyawan yang punya penyakit asma akan dimutasi di daerah dingin misalnya di Batu.
      Kemudian kondisi geografis di lokasi kerja baru juga memungkinkan karyawan menola mutasi. Misalnya karyawan akan dimutasi ke tempat yang terpencil, atau mungkin tempat kerja yang baru sering bergejolak perang, dsb.

      Hapus
  47. Pada pernyataan Anda di poin pertama, tolong dijelaskan mengenai faktor fisik yang dapat menyebabkan karyawan menolak dimutasi.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  48. 1. Menurut saya alasan yang paling mendasar kenapa alumni menolak promosi, adalah kurang siapnya mereka di lingkungan yang baru. Selain dari pada itu, pola pendidikan kita yang jaang sekali membiasakan jauh dari rumah dan keluarga yang membuat ada ketakutan bahwa di lingkungan yang baru alumni atau bahkan kita sendiri akan mengalami penolakan ataupun 'Homesick'
    2. Perusahan dapat memberikan jaminan bahwa di lingkungan yang baru, calon penerima promosi akan diterima dengan baik di lingkungan kantor. Selain itu bisa saja dibuat semacam masa percobaan selama beberapa waktu, jadi alumni tetap dikirim ke lingkungan yang baru untuk melihat situasi dan kondisi lingkungan tempat kerja yang baru.
    3. Sebagai mahasiswa dan calon pelaku kerja, yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar siap dan terbiasa tinggal jauh dari rumah. Selain itu juga perbanyak berorganisasi serta teman dan jaringan agar nantinya pergaulan kita tidak sebatas lingkungan keluarga saja, akan tetapi banyak mengenal dunia dan teman yang baru. Selain itu dengan berorganisasi kita belajar untuk dapat menempatkan diri di dunia yang baru bila kita jauh dari rumah atau temapt tinggal lingkungan keluarga.

    BalasHapus
  49. 1. menurut saya, faktor yang menyebabkan karyawan menolak untuk penugasan di luar yaitu karena mereka jauh dari keluarga, kebiasaan atau rutinitas yang tidak berbeda dengan biasanya, penyesuaian diri terhadap lingkungan baru dan harus beradaptasi ulang.
    2. menurut saya, seharusnya perusahaan bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh keryawannya jika ada penugasan diluar, perusahaan bisa memberi kompensasi untuk membawa istri dan anak-anak dari karyawan tersebut jika penugasan tersebut sangat lama.
    3. persiapan yang seharusnya kita lakukan mulai saat ini seharusnya sudah membiasakan diri dengan lingkungan luar dan memfleksibelkan diri agar kita mudah ditermima di lingkungan yang lain.

    KELAS B

    BalasHapus
  50. 1.kemungkinan terbesar adalah kurangnya persiapan atau kematangan diri untuk menerima tantangan yang lebih dari sebelumnya, atau hal-hal lain dimana berhubungan dengan lingkungan ataupun sosialisasi.

    2. mungkin perusahaan dapat melakukan pematangan terlebih dahulu terhadap karyawan tersebut, mungkin dalam hal pemindahan tugas luar kota, dimana semula kota tersebut tidak terlalu jauh lalu berkembang ke tempat yang lebih jauh lagi, selain itu dengan cara ini kita juga dapat meneliti bagaimana karyawan tersebut bereaksi terhadap lingkungannya yang baru dan apakah dampak yang ditimbulkan oleh pekerjaanya bersifat negatif atau positif. sehingga dari situ mungkin kita akan tau karyawan mana yang akan siap untuk dipindah tugaskan. tidak juga lupa bahwa tunjangan dan fasilitas juga dapat mempengaruhi hal tersebut.

    3. ya, karena saya merasa hal ini sangat diperlukan bagi kita untuk maju lebih ke depannya, serta secara tidak langsung hal ini dapat lebih melatih kita menjadi seorang yang berprofesional nantinya dalam dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat irine bahwa kurangnya persiapan dan kematangan dapat menyebabkan seseorang menolak penugasan tersebut, mungkin juga faktor jauh dari keluarga dan rasa takut dengan lingkungan yang baru. Oleh karena itu perusahaan dapat melakukan penugasan secara bertahap seperti yang dikatakan irine awalnya ditugaskan pada jarak yg tidak terlalu jauh mamun setelah seseorang menjadi lebih matang baru dipindahkan ke lokasi yang lebih jauh lagi. Saya juga ingin menambahkan sedikit bahwa mungkin perusahaan dapat melakukan sistem kontrak pada pegawai yang kinerjanya baik sebelum melakukan promosi, sehingga apabila pegawai tersebut bersedia untuk dipromosikan, pegawai tersebut juga harus siap untuk melaksanakan penugasan yang diberikan perusahaan. Dengan demikian mulai sekarang mungkin kita dapat mempersiapkan diri dengan belajar untuk mandiri dan mengembangkan potensi yang kita miliki agar kelak kita siap menerima penugasan yang diberikan perusahaan.

      Hapus
  51. Menurut saya, karyawan yang baik adalah menuruti setiap tugas yang diberikan. Masalah penolakan penugasan ke luar kota oleh seorang karyawan pasti beralaskan berbagai faktor, yang pertama masalah faktor keluarga yang tidak dapat ditinggal jauh, kesenjangan gaji, faktor kemampuan adaptasi di kota yang lain. Perlu adanya ekstra pemikiran yang untuk mengambil keputusan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Samuel:
      Pertama, seperti apakah “kesenjangan gaji” yang dimaksud? Saya melihat bahwa biasanya perusahaan menawarkan gaji yang lebih tinggi kepada karyawan yang bersedia untuk ditugaskan di luar kota ataupun luar pulau.

      Kedua, bagaimanakah pendapat saudara tentang poin kedua dan ketiga dalam bahan diskusi? yaitu: 2. Apa yang dapat dilakukan pihak perusahaan untuk mencegah atau mengatasi persoalan tersebut. 3. Bagi Saudara yang saat ini masih sedang kuliah, apa yang menurut Saudara perlu dipersiapkan sejak saat ini agar Saudara mampu menerima penugasan tersebut?

      Terima Kasih^^

      Hapus
    2. saya cukup setuju dengan pendapat saudara samuel, karena tidak ada karyawan yang tidak mau dipromosikan. bila mereka menolak berarti ada hal hal yang dipertimbangkannya, mungkin bisa dari faktor keluarga, lingkungan yang jauh dari tempat tinggal, bahkan dari segi gaji.

      Hapus
  52. 1.Lingkungan kerja dan tempat tinggal yang sudah nyaman, keluarga, dan tantangan bekerja di luar kota yang tidak berani untuk dicoba oleh seorang karyawan

    2.Perusahaan dapat melihat lebih dulu karyawan mana yang dapat diberikan tanggung jawab ini, bisa juga perusahaan melakukan sosialisasi dulu tentang tempat tujuan dan keadaan lingkungan dan memberikan sarana fasilitas seperti tempat tinggal

    3.ya, karena dengan adanya persiapan kita tidak akan lagi canggung dengan pekerjaan yang ada minimal kita sudah mempunyai pengalaman dan nilai lebih dikarenakan sudah melakukan penugasaan seperti yang ada di perusahaan.

    BalasHapus
  53. 1. faktor keluaraga karena kalau seseorg dipindah tugaskan kedaerah yang jauh dari keluarganya membuat org tersebut tidaknyaman. khususnya bagi yg sudah memiliki keluarga kecil sendiri (suami istri memiliki anak)

    2. menurut saya dengan mencari karyawan yang statusnya seseorg bujangan tidak memiliki pasangan, atau bagi yang memiliki pasangan di berikan waktu setiap 1mgg 1x untuk pulang menengok keluarganya dan di biayai oleh perusahaan.

    3. mencari informasi tentang dampak positif maupun negatif dari pemindahan kerja. saya pribadi akan berpikir matang apakah pemindahan kerja adalah hal terbaik bagi saya dan perusahaan.

    BalasHapus
  54. 1. Yang membuat seseorang menolak di pindah di luar kota antara lain adalah karena faktor mental, faktor keluarga dan faktor kompensasi. Faktor mental karena Orang tersebut belum siap untuk menjangkau lingkup sosial yang terlalu baru dan asing bagi dirinya (masih sulit beradaptasi). Faktor keluarga, karena orang tersebut telah memiliki keluarga, paling tidak telah memiliki istri/ keluarga yang sulit untuk di tinggalkan. Yang terakhir adalah karena gaji/ kompensasi yang di berikan tidak jauh berbeda dengan yang di berikan jika dirinya tidak di pindah di luar kota.
    2. Perusahaan dapat memberikan motivasi untuk memantapkan mental karyawan tsb. Lalu perusahaan juga dapat memberikan kelonggaran dan dispensasi jika karyawan tsb izin pulang untuk menemui keluarga nya. Dan perusahaan memberikan gaji/ upah yang relevan/ sesuai dengan kinerja kryawan tsb, setidaknya karyawan tsb memiliki poin + bahwa sudah mau di tempatkan di luar kota.
    3. Sebagai mahasiswa kita harus melatih diri dan mental kita sedini mungkin sehingga saat kerja nanti kita tidak kaget dengan kebijakan-kebijakan perusahaan yang menuntut kita untuk beralih dari kebiasaan kita sehari-hari (pindah kota dan lingkungan). Lalu kita juga belajar mengatur waktu dan bertanggung jawab sehingga dengan begitu, saat kerja nanti kita tidak kebingungan mengatur waktu antara pekerjaan dan hal-hal lainnya.

    BalasHapus
  55. 1. Alasan yang sering kali muncul karena karyawan yang dipindah ke luar kota atau keluar pulau adalah karena mereka takut apabila gagal dalam beradaptasi di lingkungan lain. bukan hanya lingkungan kerja yang baru, tetapi juga lingkungan masyarakat yang baru. Kemudian penilaian karyawan serta kinerja karyawan terkait dengan keuntungan dari pemindahan tersebut

    2. Perusahaan harus mampu memberikan penawaran yang menarik serta tunjangan" yang menggiurkan bagi karyawan sebagai balasan dari hal-hal yang dianggap harus memberikan banyak pengorbanan terutama jauh dari keluarga sebagai akibat dari pemindahan

    3. Sangat diperlukan,Kita sangat perlu masukan serta pengalaman" yang banyak guna apabila kita dalam suatu perusahaan kita mempunya i mental yang baik.dan juga agar kita terbiasa mandiri dan tidak bergantung pada orang tua.

    BalasHapus
  56. saya setuju dengan pendapat hendra. tidak semua manusia dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, seringkali karyawan itu tidak dapat beradaptasi dan mereka tidak akan kerasan di lingkungan baru itu. untuk yang nomer 2, belum tentu mereka akan bertahan jika diberikan tunjangan - tunjangan itu, orang akan lebih memilih suasana yang nyaman dan tempat yang cocok untuk mereka daripada tunjangan - tunjangan itu.

    BalasHapus
  57. Mereka menolak promosi tersebut karena terdapat faktor-faktor tertentu yaitu :
    1.Faktor lingkungan yang baru : adanya biaya hidup yang tinggi pada daerah tertentu.
    2.Faktor Keluarga : kita harus memilih antara keluarga atau promosi, jika kita memilih keluarga maka kita akan menyianyiakan kesempatan yang sangat jarang sekali, jika kita memilih promosi maka kita harus menanggung resiko yang ada.

    BalasHapus
  58. 1. Menurut saya, karyawan menolak karena mereka harus berpisah dengan keluarganya. Dan alasan mereka menolak bisa juga dikarenakan mereka tidak siap dengan kondisi lingkungan tempat kerja baru dimana mereka harus mulai beradaptasi lagi dengan lingkungan pekerjaan dan lingkungan tempat tinggal mulai dari awal dan belum tentu tempat kerja yang baru akan menyenangkan.
    2. Sebaiknya perusahaan menanyakan masalah penepatan kerja di luar kota atau di luar pulau saat seleksi wawancara kerja sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan ketika merekrut calon karyawan. Dan jika telah menjadi karyawan dan tidak mau dipindah tugaskan keluar kota atau luar pulau, perusahaan dapat menberikan penjelasan lebih tentang tempat baru mereka, seperti bagaimana kondisi lingkungan sekitar tempat kerja dan biaya atau gaya hidup di tempat baru. Atau memberikan gaji yang lebih.
    3. Menurut saya yang perlu di persiapkan ialah mental yang kuat dan sikap mandiri. Mental seseorang menjadi hal utama yang harus persiapkan ketika kita memutuskan sesuatu dan tetap bertahan dan menyelesaikan masalah. Mulai belajar untuk hidup mandiri dan tidak tergantung pada keluarga maupun orang tua. Jika kita sudah mandiri maka untuk bekerja di luar kota atau di luar pulau pun tidak akan menjadi masalah.

    BalasHapus
  59. banyak hal-hal yang perlu di korbankan, semisal keluarga,adapun hal-hal lain yang perlu adaptasi, semisal lingkungan

    menurut saya perusahaan sebaiknya memperhatikan karyawan, mana yang dapat di promosikan, mana yang tidak (dalam konteks ke luar kota)

    Tidak Perlu

    BalasHapus