Rabu, 05 April 2017

Pentingnya Perhatian Pada Kesehatan dan Keselamatan Kerja



Bahan Bacaan:

Stewart, Wayne H., Donna E. Ledgerwood, & Ruth C. May. 1996. Educating Business Schools about Safety and Health is No Accident. Journal of Business Ethics, Vol. 15 (8): 919-926

Tulisan Stewart, et al. (1996)  menyarikan dampak besar yang terjadi ketika kesehatan dan keselamatan kerja kurang diperhatikan.
Ada 4 area utama yang mendesak dan menjadi tantangan manajerial terkait kesehatan dan keselamatan kerja, yaitu:

  1. Kualitas udara dalam ruangan
  2. Ancaman terhadap kesehatan reproduksi
  3. Penyebaran penyakit menular
  4. Terpaparnya pekerja dengan sesuatu yang berbahaya dalam proses produksi

Peningkatan permasalahan terkait keempat bidang di atas menuntut perhatian yang lebih terhadap kesehatan dan keselamatan dalam pekerjaan. Stewart et al. (1996) bahkan melihat permasalaan ini sangat mendesak sehingga perlu dimasukan dalam kurikulum sekolah-sekolah bisnis.

Bahan Diskusi:



Mengingat pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja sedangkan di lain pihak kesadaran akan hal itu masih minim,  maka menurut Saudara, perilaku apakah yang bisa Saudara lakukan mulai saat ini ketika masih mahasiswa sehingga ketika Saudara bekerja nanti, kesehatan dan keselamatan kerja dengan sendirinya akan menjadi salah satu prioritas Saudara?
Selamat berbagi dan berdiskusi..

74 komentar:

  1. Menurut saya, perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini terkait dengan mewujudkan pola pemikiran yang memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja di masa mendatang adalah :

    1. Pertama, terkait dengan kesehatan, saya akan membiasakan diri untuk menjalani pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat saya lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mandi secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, mengenakan masker ketika mengendarai motor, serta berolahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup. Di samping itu, melihat pola kehidupan sehari-hari saya saat ini yang sering berada dalam ruang ber-AC, mungkin saya juga dapat mengurangi penggunaan AC di rumah dan menyediakan sejumlah waktu untuk berada di luar rumah (tempat terbuka) yang memiliki banyak udara segar. Hal terakhir yang dapat saya lakukan adalah, mungkin saya juga dapat memasang pengharum ruangan berupa aromaterapi dan sebagainya pada kamar tidur saya untuk mengurangi tingkat stress akibat aktivitas sehari-hari.

    2. Kedua, terkait dengan keselamatan, saya akan membiasakan diri untuk melakukan segala sesuatu hal dengan hati-hati dan mengikuti aturan yang diperlukan untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal ini juga dapat saya lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengenakan helm ketika mengendarai motor, mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara di jalan, berhati-hati ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api seperti memasak, dan sebagainya.

    Dengan mulai membiasakan diri dari sekarang untuk melakukan kedua hal di atas, maka diharapkan saya akan memiliki pola pemikiran terhadap kesehatan dan keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam melakukan pekerjaan sehari-hari kelak ketika saya sudah masuk dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  2. Menurut saya, perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini terkait dengan mewujudkan pola pemikiran yang memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja di masa mendatang adalah :

    1. Pertama, terkait dengan kesehatan, saya akan membiasakan diri untuk menjalani pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat saya lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mandi secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, mengenakan masker ketika mengendarai motor, serta berolahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup. Di samping itu, melihat pola kehidupan sehari-hari saya saat ini yang sering berada dalam ruang ber-AC, mungkin saya juga dapat mengurangi penggunaan AC di rumah dan menyediakan sejumlah waktu untuk berada di luar rumah (tempat terbuka) yang memiliki banyak udara segar. Hal terakhir yang dapat saya lakukan adalah, mungkin saya juga dapat memasang pengharum ruangan berupa aromaterapi dan sebagainya pada kamar tidur saya untuk mengurangi tingkat stress akibat aktivitas sehari-hari.

    2. Kedua, terkait dengan keselamatan, saya akan membiasakan diri untuk melakukan segala sesuatu hal dengan hati-hati dan mengikuti aturan yang diperlukan untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal ini juga dapat saya lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengenakan helm ketika mengendarai motor, mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara di jalan, berhati-hati ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api seperti memasak, dan sebagainya.

    Dengan mulai membiasakan diri dari sekarang untuk melakukan kedua hal di atas, maka diharapkan saya akan memiliki pola pemikiran terhadap kesehatan dan keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam melakukan pekerjaan sehari-hari kelak ketika saya sudah masuk dalam dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sata setuju debgab pendapat alvin mengingat bahwa pola hidup sehat adalah hal yg sangat penting karena berpengaruh terhadap kesehatan bahkan keselamatan dalam bekerja pula

      Hapus
  3. Berkaitan dengan kesehatan hal saya lakukan yaitu olahraga yang rutin, menjaga pola makan dan minum, tidur teratur, minum multivitamin secukupnya, menjaga tubuh agar terhindar dari polusi, usahakan di saat berada berada di ruangan ber-AC jika tidak tahan gunakan pakaian tebal, sebelum dan sesudah makan mencuci tangan,sikat gigi dan mandi teratur.
    dalam hal keselamatan yaitu gunakan standar keselamatan dalam berkendara, menaati rambu lalu lintas, berhati-hati dalam melakukan aktivitas yang bisa membahayakan diri seperti api, benda tajam, air panas, kompor gas, teliti pada saat membersihkan rumah seperti lantai yang licin dan sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari marianti, memang pada saat kita memiliki jadwal aktivitas yang padat, jika diperlukan, kita dapat mengkonsumsi tambahan multivitamin (secukup nya saja) untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita agar tubuh kita tidak "drop", dan alangkah lebih baik nya lagi jika multivitamin itu terbuat dari bahan herbal (tumbuh-tumbuhan alami) sehingga tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuh.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda, dengan membiasakan diri mulai dari hal yang kecil dapat membuat kita terbiasa mengutamakan keselamatan dan kesehatan kita.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat marianti, karena dengan kita berolahraga secara rutin juga akan menjaga kebugaran tubuh kita dan membuat jadwal yg teratur, kita akan lebih displin dan juga menjaga kita dari kesalahan yang membahayakan diri kita

      Hapus
  4. Menurut saya yang akan saya mulai lakukan dalam perusahaan untuk menjaga kesehatan pekerja-pekerja saya adalah dengan memberikan waktu istirahat yang tidak tertunda-tunda dan mengikutkan pegawai saya seperti jam sostek atau semacam asuransi yang mungkin akan berguna jika ada apa - apa dengan pegawai saya, selain itu saya akan tidak lupa menanyakan bagaimana kondisi mereka apakah mereka sudah dalam keadaan yang fit pada saat melakukan pekerjaan mereka, hal ini dilakukan untuk supaya pegawai saya tidak sakit dan terkena hal-hal buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak setuju dengan pendapat gino yang "tidak lupa menanyakan bagaimana kondisi mereka" karena tugas kita bukan untuk selalu mengecheck keadaan mereka. tetapi hanya untuk membantu mereka untuk mencegah agar tidak mengalami penurunan keadaan. karena tidak masuk akal juga apabila kita bertanya kepada setiap pegawai bagaimana keadaan mereka. sekian terimakasih.

      Hapus
  5. Menurut saya, saya akan membiasakan mulai dari hal kecil. Seperti mandi 2 kali sehari, sikat gigi 2 kali sehari, makan dengan makanan yang sehat, saat mengendarai memakai helm (tanpa melihat jarak)dll. Dengan membiasakan kebiasaan yang menyehatkan bagi tubuh maka akan menjadi rutinitas dalam diri kita untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara daniel. Karena dengan hal-hal diatas yang telah saudara sebutkan, maka kita sebagai mahasiswa dapat mewujudkan prioritas dalaam kesehatan dan keselamatan kerja di masa depan saat kita telah bekerja nantinya

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara daniel. Karena demgan menerapkan kebiasaan yang menyehatkan bagi tubuh kita, maka dengan sendirinya itu akan menjadi sebuah rutinitas yang bermanfaat untuk kita.

      Hapus
  6. menurut saya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan saya ,sya akan memanggil dokter setiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan rutin diperusahaan saya agar karyawan bisa diawasi kesehatannya secara rutin oleh perusahaan agar tidak terjadi penyakti yang menular dan berbahaya untuk karyawan lainnya.Kami tidak ingin mengambil resiko yang besar untuk karyawan kami jika terjadi sesuatu maka dari itu kami akan menggunakan dokter pribadi untuk perusahaan.hal ini menghindari kurangnya kinerja karyawan tersebut sehingga perusahaan akan kecapean karna karyawan yang sakit .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari melinda. saat ini banyak perusahaan yang tidak peduli terhadap kesehatan para pekerja. karena perusahaan cenderung mengutamakan hasil yang dikerjakan oleh para karyawan.

      Hapus
  7. Menurut pendapat saya, hal yang akan saya lakukan saat ini untuk mewujudkan prioritas dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja adalah
    1. Kesehatan : yaitu dengan menjalani pola hidup yang sehat. Misalnya dengan mengonsumsi buah dan sayur dengan cukup, olahraga teratur, menjaga pola makan yang teratur, membersihkan tubuh secara teratur, serta pola tidur yang cukup.

    2. Keselamatan : yaitu dengan mematuhi peraturan-peraturan di masyarakat dengan baik. Misalnya peraturan dalam berkendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari lily karena dengan menjaga pola hidup yang sehat, dapat membantu untuk mewujudkan prioritas dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja yang akan dijalani oleh setiap karyawan.

      Hapus
  8. Perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini terkait dengan :
    1. Kesehatan
    Yang akan saya lakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat seperti :
    - Olahraga yang teratur
    - Menjaga pola makan agar seimbang
    - Cuci tangan sebelum makan
    - Istirahat yang cukup

    2. Keselamatan
    Yang akan saya lakukan terkait dengan keselamatan adalah melakukan sesuatu dengan hati-hati dan sesuai
    aturan atau prosedur yang ada, contohnya menaati rambu lalu lintas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Raymond dalam menjaga keselamatan yaitu dengan melakukan segala sesuatu dengan hati hati dan juga sesuai aturan jadi orang tersebut dapat menjadi aman.

      Hapus
  9. Menurut saya perilaku yang saya dapat lakukan saat ini saat menjadi mahasiswa adalah mencoba memulai pola hidup teratur seperti melakukan olahraga rutin setiap minggu, menjaga pola makan, mejaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan, mengatur pola tidur agar saya mendapatkan tidur yang cukup, melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi stres akibat aktivitas sehari-hari, dan belajar untuk berhati-hati dan teliti dalam melakukan segala sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat dengan saudari Priscilla menjaga kesehatan dengan mengurangi stres akibat aktivitas sehari-hari, terkadang jika kita terlalu banyak pikiran dan stres bisa menimbulkan penyakit.

      Hapus
  10. 1. Dalam hal kesehatan saya akan mengatur gaya hidup saya dengan pola hidup sehat yaitu dengan menjaga makanan yang saya konsumsi setiap hari, menjaga pola tidur secara teratur,menjaga kebersihan di sekitar lingkungan, merawat tubuh Dengan baik Dan juga olahraga ringan supaya tubuh tetap sehat dalam menjalani aktivitas selanjutnya.
    2.dalam hal keselamatan saya akan memulai segala sesuatu dengan hati hati dan juga memperhatikan setiap panduan keselamatan hal ini bertujuan supaya menjaga kita dari kecelakaan dalam sehari hari misal contoh pegawai kontraktor menggunakan alat keselamatan kerja seperti rompi, helm dan juga sepatu hal ini berguna bagi keselamatan mereka. Dalam hal ini mereka harus memperhatikan setiap rambu yang tersedia contoh barang ini mudah meledak jadi mereka harus memperlakukan barang ini dengan baik supaya barang ini aman dan juga orang didalam nya menjadi aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat andy dengan memulai segala sesuatu dengan hati-hati dan memperhatikan setiap panduan keselamatan yang ada, kita dapat menjaga keselamatan diri kita dan terhindar dari kecelakaan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat Andy, sebelum kita melakukan sesuatu kita sebaiknya memperhatikan panduan keselamatan agar kita tetap aman saat bekerja.

      Hapus
  11. menurut saya perilaku yang bisa dilakukan mulai saat ini ketika masih mahasiswa sehingga ketika bekerja nanti, kesehatan dan keselamatan kerja dengan sendirinya akan menjadi salah satu prioritas Saya adalah dengan mulai hidup sehat dari sekarang. rajin memeriksakan diri ke dokter sehingga ketika ada penyakit tertentu dapat kita atasi sebelum penyakit tersebut semakin parah.membiasakan diri untuk memamakai masker ketika terkena flu agar tidak menularkan kepada orang lain. kemudia berkaitan dengan keselamatan kerja, saya akan berusaha untuk selalu mengutamakan petunjuk keselamatan kerja yang telah dipasang, mengikuti prosedur yang berlaku dan mematuhinya. saya harus belajar dan mengetahui secara baik cara kerja keselamatan sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan diri saya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudara dewandra berikan karena dengan membiasakan untuk melakukan kebiasaan yang menyehatkan bagi tubuh, maka hal tersebut akan menjadi sebuah rutinitas yang bermanfaat untuk kita.

      Hapus
  12. Perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini ketika saya masih mahasiswa adalah dengan menjaga pola hidup saya dengan baik. Dengan cara memperhatikan makanan-makanan yang saya konsumsi tidak mengkonsumsi sembarang makanan
    Selain menjaga pola makan saya juga akan menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga yang rutin. Kemudian kita juga harus memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh saya. Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh kita kita akan menjaga keaehatan tubuh kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat mbak Melina mengenai istirahat yang cukup untuk mahasiswa. Namun, perlu diingat kembali bahwa faktor mahasiswa terlambat menghadiri kelas adalah karena "istirahat yang cukup" dan kegiatan olah raga di luar kegiatan akademik yang melelahkan. Sebaiknya, mbak Melina menyertakan kegiatan rekreasi untuk menyegarkan kembali pikiran, mind over body, pikiran yang tenang dan sehat menghasilkan tubuh yang sehat pula

      Hapus
  13. Menurut saya, perilaku yang harus mulai saya terapkan yaitu dengan mengubah pola hidup saya menjadi pola hidup sehat dengan olah raga, menjaga pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi, dan tidur yang cukup. Dengan olah raga kita menjadi tetap bugar dan tetap sehat, sedangkan makan makanan yang bergizi juga sangat berpengaruh bagi tubuh kita agar kita tidak mudah terserang berbagai penyakit sehingga kita dapat tetap bekerja. tidur yang cukup juga sangat mempengaruhi kualitas kerja kita. jika kita sering kurang tidur, maka kita akan menjadi kurang konsentrasi pada pekerjaan. oeh karena itu, menerapkan pola hidup sehat sangat diperlukan mulai saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari olivia, yaitu hal dalam menjaga kesehatan dengan mengubah pola hidup saya menjadi pola hidup sehat dengan olah raga, menjaga pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi, dan tidur yang cukup. Dengan begini bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam menjalankan aktivitas.

      Hapus
  14. apabila saya pemilik perusahaan saya akan membuatkan BPJS untuk semua karyawan kita dan tagihan BPJS dimasukkan kedalam tagihan perusahaan. dikarenekan apabila suatu karyawan kita sakit BPJS dapat sangat membantu dan tidak membuat perusahaan mengeluarkan dana yang besar. saya sendiri juga akan sering memberi pengarahan kepada karyawan saya apabila pada iklim tertentu agar karyawan dapat menjaga kesehatan dan bekerja dengan maksimal.

    dari sisi pandang saya apabila saya yang menjadi karyawan saya harus memperhatikan dimana saat waktu untuk beristirahat. bila sering memaksa keadaan untuk meneruskan pekerjaan dan daya tahan tubuh menurun saya lebi baik menunda pekerjaan tersebut. memang pekerjaan memiliki deathline tapi apa bila kita mengalami penurunan kondisi manager/pemilik perusahaan juga pasti mengetahui keadaan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan Iko Costanza, BPJS mempermudah segala sesuatunya,, dan Pemilik usaha lebih mudah mengalokasikan dananya untuk mengobati karyawan-karyawan

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara iko dengan adanya BPJS maka perusahaan turut memberikan perhatian terhadap kesehatan karyawannya

      Hapus
  15. 1. Dalam hal kesehatan, saya akan menjalani pola hidup sehat dengan menjaga asupan nutrisi yang seimbang, yakni makan dan minum yang cukup serta bergizi seimbang, tidur secara teratur (6-8 jam sehari), menjaga kebersihan diri(mandi minimal 2x sehari), merawat lingkungan supaya selalu bersih, membaca buku dengan bahan yang positif guna memelihara otak serta memori, dan olahraga minimal 1 kali seminggu untuk menjaga kebugaran.
    2. Dalam hal keselamatan, saya akan mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan, mematuhi aturan yang diterapkan di suatu institusi misalnya dilarang merokok, tidak menekan “alert button” yang ada di Lift jika hanya iseng semata, dan tidak teledor dalam membawa kendaraan dan juga ketika berjalan kaki(memperhatikan kondisi di sekitar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Bernandus, karena hidup sehat adalah hal yang utama.

      Hapus
  16. Menurut saya, agak susah untuk menjaga kesehatan terutama pada saat masa kuliah, karena mata pelajaran olah raga yang sudah tidak ada lagi dalam kurikulum serta kegiatan, tugas, dan ujian yang menumpuk dalam jiwa dan raga mahasiswa. Tentunya cara yang sederhana bagi saya adalah diet dan vitamin, walaupun slogan "diet starts tomorrow" berlaku. Namun, sebaik mungkin saya akan menjaga setiap konsumsi yang masuk ke tubuh, karena mengingat biaya rumah sakit yang mahal dan tidak enaknya penyakit yang menyerang karena hal sederhana(contoh: diare, dapat menyebabkan bolos kuliah dadakan)
    Untuk keselamatan, saya percaya bahwa semua orang pasti mengutamakan keselamatan, baik dalam bekerja maupun bertindak. Hanya saja, kenyamanan menjadi halangan utama bagi semua orang terutama mahasiswa dalam melakukan praktek keselamatan(terutama dalam berkendara).
    Sebagai contoh dalam kehidupan mahasiswa, ketika sedang mengerjakan banyak tugas hingga dini hari bahkan tidak tidur sama sekali. Seharusnya, sebagai mahasiswa (manajemen) yang baik dapat mengatur waktu agar keselamatan berkuliah dan bekerja dapat dilakukan dengan optimal. Seperti membagi tugas, mencicil tugas yang berat dan banyak.

    BalasHapus
  17. Menurut saya perilaku apakah yang bisa saya lakukan mulai saat ini ketika masih mahasiswa sehingga ketika saya bekerja nanti, kesehatan dan keselamatan kerja dengan sendirinya akan menjadi salah satu prioritas saya adalah membiasakan hidup dengan pola yang teratur dan bersih dengan membiasakan diri dengan menetapkan beberapa aturan dalam menjalani kegiatan sehari-hari seperti menjaga pola makan dan minum ,batas jam pulang malam ataupun jam tidur.
    Terkait dengan keselamatan, saya akan membiasakan diri untuk berperilaku yang mematuhi aturan-aturan kecil seperti menaati rambu lalu lintas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Dwi, karena apabila hal tersebut sudah diterapkan sejak dini, maka akan menjadi kebiasaan baik untuk esok hari kelak.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda. Hal-hal yang baik harus dilakukan sejak dini supaya menjadi kebiasaan dan agar disaat bekerja nanti kita akan terbiasa dengan hal-hal baik yang setiap hari kita lakukan yang menyangkut kesehatan dan keselamatan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda. hal baik memang harus dibiasakan mulai dini supaya kita akan selalu melakukan hal - hal baik tersebut dan saat kita kerja kita akan terbiasa dengan hal - hal baik tersebut.

      Hapus
  18. Perilaku yang dapat saya lakukan berkaitan dengan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja adalah :
    1. Kesehatan
    Saya akan memperhatihan pola makan dan gaya hidup yang sehat seperti makan teratur dan olahraga sehingga dengan adanya pola makan dan gaya hidup yang sehat secara tidak langsung kita menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit yg diakibatkan kurangnya memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur
    2. Keselamatan
    Dalam memperhatikan keselamatan, saya akan mematuhi setiap peraturan yang telah di buat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan contoh sederhannya adalah menaati peratutan rambu lalu lintas atau tidak menerobos lampu merah. Hal tersebut adalah contoh yang dapat diterapkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri.

    BalasHapus
  19. Menurut saya perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini ketika saya masih mahasiswa adalah dengan olahraga secara rutin dan teratur meski hanya sebentar, membiasakan untuk selalu bangun sebelum pagi atau sebelum matahari terbit dan mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan menjaga kebersihan rumah adalah langkah utama dalam menerapkan pola hidup yang sehat. Misalnya, kebersihan makanan yang disajikan harus selalu di perhatikan karena makanan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    Lalu untuk keamanan bisa dimulai dengan mengikuti aturan atau prosedur dalam bertindak. Tidak sembarangan & gegabah melakukan suatu pekerjaan, sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Sehingga dapat meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan.

    BalasHapus
  20. 1.Perilaku yang bisa saya lakukan saat ini (seorang mahasiswa) untuk kesehatan agar menjadi prioritas dengan sendirinya. Saya orang yang kurang peduli dengan keteraturan pola makan, dikarenakan sudah asik dengan pekerjaan atau kesibukan yang dijalankan sehingga lupa waktu untuk makan. Maka dari itu saya akan merubah kebiasaan buruk saya dan lebih peduli dengan keteraturan jam makan, selain itu saya membangun semangat untuk berolah raga saat waktu senggang atau saat hari libur. Rajin menambah vitamin untuk ketahanan tubuh. Menjaga pola tidur juga agar badan tetap bugar dan fresh saat dipagi hari.
    2.Untuk kemanan saya membiasakan diri untuk menjaga diri dan mengurangi resiko – resiko yang tidak diinginkan (seperti: membiasakan diri untuk safety saat berkendara, menggunakan helm untuk keselamatan). Selain itu selalu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum bertindak, agar terjamin keamanannya dan mengurangi resiko bahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudari nanda karena sebagai mahasiswa,aktivitas yang dilakukan begitu padat dan tidak sempat untuk menjaga pola hidupnya sendiri. Perlu dibiasakan untuk lebih peduli dan memprirotiaskan kesehatan fisik dan jasmani diri sendiri untuk melakukan aktivitas yang dilakukan sehari - hari

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat nanda dengan berolah raga saat waktu senggang atau saat hari libur. Karena setidaknya meluangkan waktu untuk berolah raga dapat Membantu Mencairkan Stres, Meningkatkan Kapasitas Otak dan melawan penyakit

      Hapus
  21. Menurut saya perilaku apakah yang bisa saya lakukan mulai dari saat ini adalah sering olahraga dan mengatur pola makan yang teratur, dan jangan lupa yang terpenting adalah pola tidur yang benar dengan menjaga 3 hal tersebut polah hidup kita akan lebih baik, yang akan membantu kita mengutamakan keselamatan kita dalam kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Anda, karena 3 hal tersebut adalah faktor utama agar pola hidup kita lebih baik dan dengan melatih mulai dari sekarang itu akan membuat kita terbiasa dengan pola hidup yyang baik dan mengutamakan keselamatan kita dalam kerja.

      Hapus
  22. Menurut saya, perilaku apakah yang bisa saya lakukan mulai saat ini ketika saya masih mahasiswa hingga saya bekerja nanti, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dengan sendirinya akan menjadi salah satu prioritas saya, yaitu dengan 2 cara

    A. Menjaga Kesehatan:
    1. Minum air putih. Minum air putih merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga pola hidup sehat, tetapi terkadang sangat sulit untuk dilakukan ketika kita sedang berkuliah, Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang diberikan dari meminum air putih (minimal delapan gelas sehari) seperti : Menjaga agar kulit tetap sehat, Menjaga suhu tubuh Anda, Meningkatkan konsentrasi ketika, Melakukan aktifitas kerja, Membantu pencernaan, Mengurangi racun dalam tubuh, Mengurangi resiko kanker
    2. Olahraga. Pada dasarnya tubuh kita diciptakan untuk terus aktif supaya fungsi kerja tubuh dapat berjalan secara maksimal. Olahraga setiap hari dapat membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda menjadi lebih sehat, manfaat lain dari olahraga selain yang sudah disebutkan diatas yaitu : Menjaga kesehatan jantung, Menghilangkan stress/depresi, Membuat tidur anda lebih nyenyak, Meningkatkan fungsi otak.
    3. Kurangi merokok dan cemilan yang tidak sehat. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa merokok dan makan cemilan, tentu saja akan terasa sulit jika harus menghilangkan kebiasaan tersebut tetapi jika Anda ingin menjaga pola hidup sehat maka Anda harus mengurangi kebiasaan tersebut. Bagi para perokok, saya bisa mengurangi kebiasaan tersebut dengan memakan permen atau permen karet, sedangkan bagi saya yang terbiasa makan cemilan dapat menggantinya dengan sesuatu yang lebih sehat seperti buah – buahan. Ingat bahwa menjaga pola hidup sehat itu tidak mudah karena membutuhkan tekad yang kuat dan kemampuan untuk mengontrol segala sesuatu yang saya konsumsi.

    B. Menjaga Keselamatan:
    1. Menggunakan helm saat berkendara. Merupakan hal sederhana yang dapat berpengaruh besar terhadap keselamatan kita terutama saat berkendara di jalan raya, untuk menghindari kecelakaan yang tidak terduga atau untuk meminimalisir cidera yang membahayakan diri terutama kepala.
    2. Belajar teknik bela diri.
    Merupakan sebuah keharusan untuk mempelajari teknik bela diri tersebut, agar saat berhadapan dengan orang-orang yang mengancam keselamatan kita, maka kita dapat menerapkan teknik tersebut untuk mempertahankan keselamatan diri kita agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
    3. Berdoa
    Merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menjaga keselamatan sehari-hari agar tidak akan melihat hal yang tak diinginkan terjadi pada menimpa diri kita.

    Dengan demikian setelah saya menerapkan cara menjaga kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk kedepannya maka kedua point diatas akan secara otomatis menjadi salah satu prioritas saya saat saya sudah terjun di dalam dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yang saudara argo karena sangat penting dalam kehidupan sehari - hari . terima kasih

      Hapus
    2. Saya setuju sejlai dengan pendapat argo karna snagat spesifik sekali . Trutama yg saya petik adalah merokok . Hatihati dengan merokok karna bekerja nanti memang akan susah karna berpengaruh terhadap kesehatan juga keselamatan

      Hapus
  23. Menurut saya perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini terkait dengan kesehatan adalah dengan menjaga pola makan dalam artian makan yang teratur dan mengkonsumsi banyak makanan sehat. Sering-sering mengecek kesehatan untuk memantau kondisi tubuh, istirahat yang cukup, dan olahraga setiap hari agar terhindar dari berbagai penyakit. Kemudian perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini terkait dengan keselamatan adalah dengan menaati peraturan-peraturan yang ada sekecil apapun peraturan itu agar saya terbiasa menaati setiap peraturan yang ada misalnya dengan menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat fransisca karena bagi mahasiswa saat ini menjaga kesehatan dan keselamatan adalah yg terpenting.

      Hapus
  24. perilaku yang saya bisa lakukan sebagai mahasiswa terkait dengan kesehatan adalah selalu rutin untuk menjaga kebersihan terutama kebersihan makanan, badan karena itu merupakan sumber penyakit yang secara tiba - tiba bisa saja menyerang pada tubuh kita. selain itu, mengkonsumsi buah - buahan yang banyak mengandung serat seperti apel dan pepaya dapat meningkatkan pertahanan tubuh dari penyakit dan melancarkan pencernaan dalam usus, mulai melakukan kegiatan berolahraga setiap pagi dan sehari minum air minimal 8 gelas karena banyak aktivitas menyebabkan tubuh juga kekurangan ion yang menyebabkan gagal fokus.
    untuk keselamatan maupun keamanan saya akan membaca prosedur penggunaan atau aturan terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan orang lain, selain itu selalu menjaga barang - barang berharga kita supaya tidak terjadi adanya pencurian maupun perampokan yang terjadi secara tiba - tiba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara albert, kita perlu menjaga pola makan kita agar tubuh kita selalu sehat dan bugar

      Hapus
  25. Menurut saya cara menjaga kesehatan versi mahasiswa yaitu terutama dengan menjaga Kebersihan, karena kebersihan merupakan suatu usaha untuk melindungi, memelihara dan mempertahankan serta meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga tidak mudah terganggu atau terpengaruh dari segala gangguan kesehatan. Menjaga kesehatan itu meliputi dari memelihara kebersihan diri, memilih makanan yang sehat. Selain itu pergunakan waktu untuk istirahat, terapkan untuk bangun pagi dan hindari bangun siang karena dapat menyebabkan kondisi kekebalan tubuh lemah dengan ini harus diterapkan untuk bangun pagi karena dengan bangun pagi dapat menghirup udara segar dan mendapatkan vitamn D dari sinar matahari dipagi hari agar terhindar dari serangan bibit – bibit penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Nandia karena dengan menjaga kebersihan adalah salah satu tips agar kesehatan selalu dalam sehat. Dengan selalu membiasakan diri dalam keadaan bersih maka akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

      Hapus
  26. menurut saya, perilaku yang bisa saya lakukan ketika saya masih mahasiswa adalah dengan olah raga yang teratur tak perlu waktu lama untuk olah raga mungkin hanya 1 sampai 2 menit saja sudah cukup apabila dilakukan dengan teratur, bukan hanya olah raga yang penting pola tidur jga harus di jaga agar kita dapat waktu yang cukup untuk istirahat. Jangan lupa juga dengan makan - makanan yang bergizi yaitu 4 sehat 5 sempurna. Dengan mengatur pola hidup mulai dari sekarang kita akan mengutamakan keselamatkan dalam kerja.

    BalasHapus
  27. Perilaku yang bisa saya lakukan mulai saat ini sehingga ketika saya bekerja nanti, kesehatan dengan sendirinya akan menjadi salah satu prioritas saya adalah dengan membiasakan diri untuk mengatur pola makan yang baik dan rajin berolahraga karena dengan begitu tubuh kita akan menjadi sehat, dan tidak lupa juga sesekali untuk mengkonsumsi vitamin apabila kita memiliki kegiatan yang padat yang dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah bahkan sakit.
    Untuk menjaga keselamatan kerja, saya akan selalu berhati-hati dalam berkendara, menaati rambu lalu lintas dan menggunakan pengaman pada saat berkendara .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan komentar monica, dengan mengatur pola makan dan rajin berolahraga dapat meningkatkan daya tubuh kita. sehingga pada saat memasuki dunia kerja nanti, kita tidak gampang atau mudah lelah

      Hapus
  28. cara menjaga kesahatan dan keselamatan adalah dengan membiasakan diri dari hal - hal kecil yang membuat diri sendiri semakin sehat atau menjadi lebih baik karena dengan hal yang kecil maka dapat membuat tubuh menjadi sehat dari hari - kehari karena sangat penting dalam pekerjaan agar tetap produktivitas dalam pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara robert karena dari hal hal kecil seperti membuat diri semakin sehat pun dapat membuat perubahan yang dapat berdampak lebih produktivitas dalam bekerja

      Hapus
  29. Menurut saya kesehatan itu sangat penting dan harus dijaga sejak dini, kesehatan yang harus dijaga tersebut tidaklah kesehatan jasmani saja tetapi juga perlu menjaga kesehatan psikologis, karena keduanya sangat berpengaruh pada saat kita bekerja nanti, cara menjaga kesehatan sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu diantaranya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat, olahraga secara rutin dan berkala, tidak minum-minuman keras ataupun merokok, dan juga untuk menjaga kesehatan psikologis kita dapat melakukan terapi, berbagi masalah kepada teman, dan juga dapat dengan rutin melihat film atau membaca buku motivasi agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga pada saat nanti bekerja kita dapat melakukan tugas kita secara optimal. Dalam hal keselamatan saya pertama-tama akan membaca dan memahami SOP dan juga mengenakan perlengkapan keselamatan agar saya dapat mengerjakan sesuatu dengan aman dan teratur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat juga dengan kevin bahwa menjaga kesehatan jasmani serta kesehatan psikologis baik sangat berpengaruh terhadap kinerja kita saat bekerja dalam aspek kesehatan dan keselamatan bekerja

      Hapus
  30. Menurut saya perilaku yang dapat saya lakukan saat ini sebagai mahasiswi terkait dengan kesehatan adalah dengan Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, Jaga kebersihan dan kehigienisan makanan,menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan,Kontrol porsi makan. Lalu perilaku yang dapat saya lakukan saat ini antaralain adalah terkait dengan keselamatan karena bagi saya mahasiswa beberapa persen lebih banyak membawa kendaraan pribadi untuk kegiatan ke kampus sehingga aturan atau tata tertib bagi pengendara pun juga wajib ditaati antara lagi dengan membawa helm,mengikuti aturan lalulintas, membawa perlengkapan surat-surat bagi pengendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari fidela, menerapkan perilaku kesehatan dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna sangatlah baik. dan terkait dengan keselamatan semua pengendara wajib memakai helm maupun sabuk pengaman agar terhindar dari kecelakaan. dan mengendarai dengan tertib dan tidak ugal ugalan.

      Hapus
  31. Menurut pendapat saya, perilaku yang dapat saya lakukan saat ini sebagai mkahasiswa terkait dengan kesehatan adalah rutin berolahraga, mengkonsumsi sayuran, dan menghindari makanan yang berlemak. Dan juga jarang makan yang manis manis, agar tidak terkena diabet, terutama menghindari atau tidak sering mengkonsumsi makanan instan.
    Dan perilaku yang dapat saya lakukan terkait keselamatan yaitu tidak memegang hp saat berkendara, menyebrang jalan harus dengan hati hati.

    BalasHapus
  32. 1. Berkaitan dengan kesehatan hal saya lakukan yaitu menjaga pola makan dan minum, tidur teratur, olahraga yang rutin, minum multivitamin secukupnya, sering terkena matahari pagi agar tidak kekurangan vitamin D, sebelum dan sesudah makan mencuci tangan,dan mandi teratur.
    2. Berkaitan dalam hal keselamatan yaitu gunakan standar keselamatan dalam berkendara, menaati rambu lalu lintas, berhati-hati dalam melakukan aktivitas yang bisa membahayakan diri seperti api, benda tajam, air panas, kompor gas, dan mematuhi peraturan-peraturan di masyarakat dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, maka dengan begitu kesehatan dan keselamatan kerja akan terjamin

      Hapus
  33. Sejak kuliah sekarang ini, saya akan mulai membiasakan pola hidup sehat, mulai dengan membuat kebiasaan2 yg baik seperti halnya bangun pagi walaupun tidak ada kegiatan pada pagi hari, mulai membiasakan sarapan, karena menurut saya sarapan itu sangat penting sehingga pada saat bekerja nanti bisa berkonsentrasi dengan baik. Saya pun juga mulai meninggalkan hal hal yang buruk seperti melakukan kegiatan yang tidak penting sehingga membuang waktu. Dan juga meninggalkan atau melawan rasa malas agar jadwal yang telah dibuat tidak berantakkan. Dengan begitu kesehatan dan keselamatan kerja saya akan terjamin pada saat bekerja nanti.

    BalasHapus
  34. Berkaitan dengan kesehatan, yang saya lakukan sedari awal adalah menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin agar membuat badan terasa sehat dan juga fit. Jika badan sehat maka, ketika akan melakukan aktivitas apapun kita dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Mengenai keselamatan, yang saya lakukan adalah mematuhi peraturan - peraturan dengan baik, seperti berlalu lintas dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan ady bahwa menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan yg baik dan berolahraga secara rutin adalah hal yg sangat penting berpengaruh juga trhadap kinerja kita saat nanti masuk ke dunia kerja

      Hapus
  35. Berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan mempengaruhi bagaimana kinerja kita di perusahaan. Yang saya akan lakukan adalah sebagai berikut :
    1. Pertama adalah bagaimana mengelola waktu . Antara kuliah dan diluar kuliah. Karena dengan manajemen waktu yg baik akan mempengaruhi kesheatan juga dan nantinya kinerja saat bekerja akan semakin baik
    2.membuat program kesehatan yg terorganisir dengan baik mulai bagaimana pola makan dan juga tentang keselamatan bagaimana cara saya untuk tetap menaati peraturan pemerintah yg ada seperti di lalu lintas . Dan mengantisipasi segala kemungkinan yg berkaitan dengan keselamatan yg tidak terduga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini saya sependapat sekali dengan nadya bahwa manajemen waktu ini sangag penting karna mengingat kita sebagai mahasiswa dengan begitu banyak kegiatan harus bisa mengelola waktu dengan baik . Karna waktu saat bekerja berpenagruh juga tethadap kesehatan dan keselamatan dalam bekerja

      Hapus
  36. Yang bisa saya lakukan untuk saat ini sebagai mahasiswa yg berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan kerja di masa mendatang adalah program kesehatan selama masa kuliah seperti olahrga tiap hari sabtu/minggu minimal 1 minggu sekali . Menjaga pola makan yg baik . Menghilangkan kecanduan rokok.
    -untuk keselamatan yaitu menaati aturan penggunaan kerja, Aturan penggunaan alat yg benar dan aturan lalu lintas

    2. Membuat tabel atau bagan tentang manajemen waktu yang baik berdasarkan kegiatan yg saya lakukan sebagai mahasiswa

    BalasHapus
  37. Perilaku yang akan saya lakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja pada diri saya yaitu selalu menjaga kondisi tubuh dengan cara berisitirahat sejenak, memperoleh sedikit sinar matahari & menghirup hawa yg segar di luar. Kemudian belajar untuk bagaimana caranya mengendalikan stress, maka akan mempermudah menolong pikiran & meningkatkan suasana hati kita. Menghindari gaya hidup yang negatif seperti merokok, makan - makanan yang siap saji dan minuman beralkohol. Menjaga kesehatan psikologi seperti membiasakan berpikiran positif dan kurangi konflik dengan rekan kerja. Menjaga kesehatan spiritual dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Selalu menerapkan SOP dalam melakukan pekerjaan didalam perusahaan.

    BalasHapus