SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi mahasiswa Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 20 April 2013

Perubahan dalam Penggunaan Sistem Informasi MSDM (Bahan Diskusi IX, Genap 2013)

Bacaan: Kovach, Keneth A, Allen A. Hughs, Paul Fagan, dan Patrick G. Maggitti. 2002. Administrative and strategic advantages of HRIS.Employment Relation Today, Vol. 29 (2): 43-48

Kovach et al. (2002) berpendapat bahwa telah terjadi perubahaan penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia. Teknologi informasi yang sebelumnya lebih banyak digunakan untuk penyimpanan data, saat ini telah berkembang lebih sebagai alat dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan  terkait SDM yang ada dalam satu organisasi.

Bahan Diskusi:
Berilah contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi. Selamat berdiskusi.....

129 komentar:

  1. Saya pikir pemanfaatan atau penerapan revolusi teknologi merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan pengelolaan organisasi. Teknologi informasi tidak hanya mencakup perangkat komputerasi dan aplikasi aplikasi pendukungnya saja, tetapi juga sumber daya manusia yang menggunakannya. Sistem teknologi informasi memungkinkan bagian SDM berperan aktif dalam perencanaan strategis organisasi menjadi salah satu keuntungan penerapan teknolpgi informasi dalam bidang SDM. Namun kecepatan perubahan teknologi informasi dan aplikasinya pada sistem dan proses internal suatu organisasi akan menjadi terhambat jika SDM tidak memiliki ketrampilan yang cukup untuk mengoperasikan teknologi dan sistemnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pada saudara Jordy dari semua pernyataan anda saya ingin bertanya sebutkan contoh nyata pemakaian teknologi dalam perencanaan strategis sebuah perusahaan ?

      Terima Kasih

      Hapus
    2. Teknologi informasi cenderung mengarah pada upaya menggantikan sebagian aktivitas manajemen operasional dengan berbagai alat bantu seperti E-mail, Voice mail, Internet, Video call, Electronik, Telephone Celluler, dan berbagai teknologi informasi lainnya kini semakin banyak digunakan. Proses pengambilan keputusan yang sebelum nya membutuhkan analisis yang rumit, data yang tidak akurat, menyita waktu yang cukup lama memerlukan biaya yang cukup besar, dan harus menguras tenaga yang cukup melelahkan, kini mulai cenderung bisa diatasi dengan penerapan teknologi informasi berbasis computer.misalnya pengoprasian alat bantu proses pengambilan keputusan berupa Decision System yaitu sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung sistem pengambilan keputusan. Fasilitas-fasilitas seperti E-mail, Vidio, Audio.

      Hapus
    3. Edwin_3103011041 (kelas C )
      Teknologi informasi telah mengarahkan organisasi ke sesuatu bentuk yang semakin datar dan menciut. Contoh penggunaan
      -E-mail memberikan kemudahan bagi karyawan dalam melakukan komunikasi langsung dengan siapa saja tanpa harus melalui rantai birokrasi dan rantai komando yang panjang.
      -Employee Skill Database System, digunakan untuk membantu aktivitas manajemen sumbardaya manusia, untuk menempatkan dan menugaskan karyawan pada posisi dan pada proyek-proyek penting

      Hapus
    4. Edwin_3103011041 (kelas C )
      -Computer Aided Design System (CAD), digunakan untuk membantu aktivitas mengotomatisasikan disain produk dan berbagai pemrosesan sebagai bagian dari pengembangan teknologi informasi. Electronic
      -Data Interchange (EDI) System. Digunakan untuk membantu memperbaiki yang menghubungkan antara perusahaan, suppliers, bahkan pelanggan

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat saudara Edwin. Bahwa contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi yaitu E-mai, karena email memberikan kemudahan bagi karyawan dalam melakukan komunikasi langsung dengan siapa saja .

      Hapus
    6. Saya setuju dengan pernyataan saudara Jordy, bahwa pemanfaatan atau penerapan revolusi teknologi merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan pengelolaan organisasi. Karena era sekarang sudah berubah menjadi era yang lebih modern maka revolusi teknologi - pun sangat diperlukan

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat saudar jordy dimana sistem teknologi perlunya sebuah revolusi dimana teknologi selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan jaman. sehingga setiap manusia pasti memrlukan perubahan teknologi yang sangat menguntungkan. oleh sebab itu saya mendukung terjadinya revolusi teknologi yang diungkapkan saudara jordy.

      Hapus
    8. Saya setuju pendapat dari saudara jordy dan saya setuju dengan contoh yang diberikan dari saudara edwin sebab dengan kemajuan teknologi maka akan memudahkan serta memodern kan segalanya menjadi cepat dan instan tidak terkecuali dengan penilaiian terhadap sdm...
      Mungkin contoh kongkrit laiinya yaitu mesin sidik jari absensi dimana mesin itu akan mencatat siapa saja yg datang dan tidak serta siapa yg suka terlambat atau tidak dan hal ini sangat berpengaruh thdp penilaiian seorang atasan di dalam organisasinya seerta memudahkan kita untuk menilai hal tsb.

      Hapus
  2. 1. Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.

    2. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.

    3. Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara santho , apa saja yang anda maksudkan dengan aplikasi forwading beserta contohnya?
      Terima kasih

      Deviani / D / 3103011024

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudara Santho
      1. Apa bedanya dan fungsinya antara Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan?
      2. Menurut Anda jika perusahaan belum menerapkan/memakai hal yang ada di Nomer 3, apa dampak yang diterima perusahaan ke depannya terkait hal tersebut?

      Terima Kasih.

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada Saudara Santho,tolong sebutkan dampak positif serta negatif (secara keseluruhan saja) dari penggunakan aplikasi-aplikasi teknologi informasi tersebut pada perusahaan mereka ?
      Terima Kasih.

      Hapus
    4. kelas c nrp 3103011181

      saya ingin bertanya kepada santho
      dari aplikasi yang disebutkan, aplikasi- aplikasi manakah yang paling efisien menerutmu dan beikan alasan yang konkreat

      Hapus
  3. SISDM mempunyai dua tujuan utama dalam organisasi. tujuan pertama adalah untuk efisiensi administratif dan operasional. Dan tujuan lainnya adalah untuk efektifitas. Dengan sistem informasi sumber daya manusia, catatan waktu karyawan dimasukkan ke dalam sistem, dan pengurangan yang sesuai karyawan lainnya akan tercermin dalam cek gaji akhir.
    contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi misalnya : Intranet--sebuah jaringan organisasional yang beroperasi melewati internet dan dapat menangani masalah perencanaan SDM yang lebih strategis dalam jangka waktu yg lebih panjang. Ekstranet--jaringan yang terhubung dengan internet yang memberikan karyawan akses pada informasi yang disediakan oleh entitas eksternal. Baik untuk ekstranet maupun intranet, keamanan adalah penting untuk mencegah akses dan penggunaan yang tidak berizin dan tidak semestinya.
    Indah-3103011003

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya, efisiensi administratif dan operasional itu seperti apa ya? terima kasih..

      Hapus
    2. Dalam hal ini efisiensi administratif, dgn adanya SISDM akan dpt membantu mengatur urusan kepegawaian disetiap proses aktivitas organisasi dan membantu memberi data dan informasi yang diperlukan oleh pimpinan untuk menjalankan managemen SDM dan mempermudah pimpinan dalam mengambil keputusan untuk pelaksanaan tugas selanjutnya. Sedangkan efisiensi operasional, mempermudah manajer untuk mengatur bisnis perusahaan secara keseluruhan baik dari aspek ekonomi, SDM, dan keuangan,dll.

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada saudari Indah.
      menurut anda, adakah dampak negatif dari SISDM?
      terima kasih.
      Desy Ayu L (3103011284)

      Hapus
    4. saya ingin bertanya kepada saudari Indah, apa yang dimaksudkan dengan pengurangan yang sesuai karyawan lainnya akan tercermin dalam cek gaji akhir?

      Hapus
    5. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudari Desy,
      Selain memiliki dampak positif, SISDM juga memiliki beberapa dampak negatif, yaitu diantaranya adalah:
      -Hilangnya privasi karyawan, karena kemudahan orang lain untuk mengakses data dan informasi tentang diri mereka.
      -Implementasi TI secara besar-besaran dapat membawa dampak pada pengurangan jumlah tenaga kerja, maupun menyempitnya peluang kerja bagi tenaga kerja yang tidak menguasai TI.
      - Semakin nyata kesenjangan yang terjadi antara kelompok yang menguasai TI dengan kelompok yang tidak menguasai TI.
      - Masalah kesehatan, stress yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis teknologi informasi misalkan pengaruh radiasi layar monitor.
      - Semakin banyak informasi yang kita tampilkan dan share di internet, dengan atau tanpa kita sadari dapat membuat peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang, misalnya mencuri data atau menghack sistem informasi perusahaan.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  4. menurut saya.. suatu contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi mungkin bisa berupa vote yang diadakan di internet.. sekarang mulai banyak yang mengadakan voting, jadi kita dapat mengetahui bagaimana SDM yang diperlukan saat ini seperti bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syandi-3103011260
      saya ingin bertanya...berikan contoh vote yang seperti apa menurut anda?dan apakah dengan mengadakan voting merupakan cara yang efisien dan terfokus dalam membantu proses analisis dan pengambilan keputusan?
      terima kasih...

      Hapus
    2. saya setuju dengan tanggapan yang diberikan yaitu penggunaan teknologi sebagai sarana voting dimana pemilihan atasan dapat dilakukan secara voting maupun karyawan dapat melakukan komplain dengan teknologi yang telah ada.

      Hapus
  5. Human Resources Information System(HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola dan tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System, yang menyediakan berbagai informasi yang diperlukan ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

    Contoh penggunaan teknologi informasi dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi ialah:
    Personnel Administration and HRIS atau biasa dikenal dengan Personalia atau Kepegawaian adalah fungsi yang mendukung terlaksananya dan bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll dan pembayaran benefit lainnya seperti pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan dan lain sebaginya.
    Misalnya menggunakan aplikasi Database Management System (DBMS) yang merupakan seperangkat program komputer yang mengendalikan pembuatan, pemeliharaan, dan penggunaan database. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menempatkan kontrol terhadap pembangunan database di tangan administrator database. Sebuah DBMS adalah perangkat lunak sistem paket yang membantu penggunaan koleksi terpadu dari catatan data dan file yang dikenal sebagai database. Hal ini memungkinkan program aplikasi user yang berbeda untuk dengan mudah mengakses database yang sama. DBMS dapat menggunakan salah satu dari berbagai model database, seperti model jaringan atau model relasional. Dalam sistem yang besar, sebuah DBMS memungkinkan pengguna dan perangkat lunak lain untuk menyimpan dan mengambil data dengan cara terstruktur.
    Dengan adanya personnel administration memudahkan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan dimana semua data dari karyawan terekam dengan lengkap, biasanya perusahaan menggunakan ekstranet yang terhubung dengan internet sehingga mudah untuk di akses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Anggi mengenai personal administration dan HRIS yang biasa dikenal dengan personalia yang berfungsi terhadap employee database yang dapat mencakup semua data mengenai karyawan di dalam perusahaan

      Hapus
    2. Untuk Sdri Anggi,
      Dari pernyataan Anda mengenai contoh aplikasi teknologi dalam pengambilan keputusan SDM, menurut Anda bagaimana keterkaitan antara contoh tersebut dengan fungsi SDM sendiri?
      Terima kasih.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pernyataan sdri. Anggie mengenai HRIS. Namun, saya ingin bertanya kepada Anda, dalam perusahaan yang bagaimanakah HRIS dapat diterapkan? Apakah memungkinkan bagi perusahaan kecil untuk menerapkannya pula? Jika tidak, lantas sistem informasi yang bagaimana yang tepat digunakan dan diterapkan di dalam suatu perusahaan berukuran kecil? Terima kasih

      Hapus
    4. terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan oleh saudari melinda.
      saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudari, HRIS dapat di terapkan dalam perusahaan yang telah memiliki divisi SDM dalam perusahaannya. bagi perusahaan kecil kemungkinan masih belum menerapkan HRIS, mereka lebih pada hubungan secara kekeuargaan antara pegawai dengan pemilik untuk menjaga hubungan baik didalam perusahaan. seperti contohnya jika pegawai sakit maka pemilik usaha akan memberikan waktu cuti istirhat kepada pegawainya, tetapi ada beberapa perusahaan yang juga memberikan uang berobat bagi pegawainya.

      Hapus
    5. terimakasih untuk pertanyaan yang telah di berikan oleh saudari Like.
      menurut saya keterkaitan antara contoh dengan fungsi MSDm ialah dari informasi yang kita dapatkan, perusahaan dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan terhadap seorang karyawan, apakah karyawan tersebut di promosikan atau tidak? selai itu perusahaan juga dapat mengontrol masalah lain terkait program pelatihan apayang telah diterima oleh seorang pegawai, serta membantu perusahaan untuk mengetahui berapa besar jumlah karyawam baru yang ingin direkrut dan berasal dari mana saja karyawan yang cocok untuk di rekrut. sehingga keterkaitannya ialah mempermudah kinerja perusahaan dengan adanya aplikasi ini, dan perusahaan tidak perlu lagi membuka tumpukan kertas, tetapi tinggal mencarinya di salah satu file yang ada.

      Hapus
  6. Menurut pendapat saya, contoh penggunaan teknologi informasi dalam pengambilan keputusan dan analisis adalah Management Information System. Sistem ini berguna untuk menyediakan informasi rutin bagi manajer untuk perencanaan, pengaturan, dan kontrol terhadap operasi dalam bidang fungsional. selain itu, Sistem mengkombinasikan model dan data untuk menyelesaikan masalah atau yang dikenal dengan decision support system juga merupakan salah satu contoh klasifikasi sistem informasi untuk melakukan analisis & pengambilan keputusan bagi sebuah perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Agnes, contoh penggunaan teknologi informasi dalam pengambilan keputusan dan analisis adalah Management Information System, karena sistem ini berguna untuk menyediakan informasi rutin bagi manajer untuk perencanaan, pengaturan, dan kontrol terhadap operasi dalam bidang fungsional pada suatu perusahaan, dengan melihat ini diharapkan manajer dapat memilih keputusan apa yang baik yang dapat dilakukannya.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat agnes dimana teknologi yang dapat dlakukan ialah teknologi dengan adnya management information system. dimana seorang manager mampu untuk memperbaharui informasimnya mengenau operasional yang berlangsung scara berkala.

      Adhitya Nugroho
      3103011029

      Hapus
  7. Teknologi informasi yang sebelumnya lebih banyak digunakan untuk penyimpanan data, saat ini telah berkembang lebih sebagai alat dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM yang ada dalam satu organisasi.
    Menurut saya, teknologi informasi merupakan alat pembantu dalam suatu proses analisis bagi para HRD terkait SDM yang berada dalam suatu organisasi. Hal ini dikatakan karena dalam suatu teknologi tersebut terdapat informasi-informasi yang akurat dan terkini dalam menganalisis SDM dan untuk pengambilan keputusan juga dilakukan dengan baik karena dalam teknologi informasi menggunakan data-data yang sudah diakumulasi dan dijadikan satu agar mampu dilihat dengan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syandi-3103011260
      saya ingin bertanya...contoh teknologi informasinya dalam bentuk/berupa apa?dan berikan contoh berisi informasi apa saja di dalamnya?dan siapa saja bisa mengaksesnya?
      terima kasih...

      Hapus
    2. contoh teknologi seperti E-Mail dll dapat membantu HRD dalam proses analisis SDM
      dalam E-Mail bisa dilihat data profile seorang SDM
      semua orang bisa mengaksesnya. terima kasih

      Hapus
  8. Menurut saya, teknologi informasi juga dapat dilakukan sebagai alat atau media untuk komunikasi secara massal. Dengan melalukan promosi di situs - situs internet, catalog digital, dan media komunikasi yang lainya. Pada kenyataanya sering kali teknologi informasi juga dilakukan untuk memberikan atau mengenalkan produk barunya sebuah perusahaan. Dalam pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, teknologi informasi memberikan kemudahan dalam memberikan data atau info tentang karyawan baru yang akan direkuit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Robby
      1. Jika seorang karyawan tidak bisa menggunakan IT, apakah dengan promosi-promosi di internet adalah cara yang efisien dan terfokus dalam membantu proses analisis dan pengambilan keputusan?
      2. Menurut anda, apakah ada cara lain yang dapat dilakukan perusahaan terkait dengan Perubahan dalam Penggunaan Sistem Informasi MSDM?

      Hapus
  9. Menurut saya, contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi yaitu Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan.
    HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat ratusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada berapa macamkah bentuk dari HRIS,jelaskan dan berikan contoh konkritnya..
      terimaksih
      Gisela_A_3103011245

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada Sdri. felicia, apakah menurut Sdri penggunaan sistem komputer untuk mengetahui kebutuhan SDM merupakan cara yang efektif? Bukankah setiap SDM memiliki keunikan dan kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lain? Begitu pula dengan masalah penggajian. Menurut saya, sebuah perangkat komputer masih kurang tepat apabila digunakan untuk mengatasi masalah yg mendetail, masih dibutuhkan campur tangan SDM untuk menguji kevalidan suatu keputusan permasalahan, karena perangkat komputer tsb tidak mengetahui karakteristik perusahaan, juga kebutuhan yang sebenarnya dari SDM karen SDM memiliki keunikan masing-masing. Terima kasih

      Hapus
    3. saya setuju dengan contoh yang diberikan oleh felicia,

      diera informasi zaman sekarang memang MSDM seringkali menggunakan Human Resource Information System yang berupa software, untuk melakukan analisis agar mudah mendapatkan data" secara online misalkan voting, selain digunakan untuk analisis HRIS bisa juga digunakan untuk memberikan informasi, penggajian namun HRIS memang dibentuk sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut, sehingga tidak ada kepastian apa saja yang ada dalam HRIS tersebut.

      Andre CP (3103011102 - Kelas C)

      Hapus
    4. Terima kasih atas pertanyaan nya
      Saya akan menjawab pertanyaan saudari Gisela, menurut saya bentuk HRIS itu ada satu, hanya saja HRIS yang dijual dikemas sesuai dengan informasi apa saja yang dibutuhkan perusahaan, sehingga HRIS tersebut dikemas menjadi berbagai macam pilihan dan kemampuan. Namun, untuk contoh konkritnya sendiri saya masih belum bisa menjelaskannya, karena saya sendiri belum pernah menggunakan HRIS dan juga belum pernah melihat system kerjanya secara langsung.

      Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Livi, menurut saya system komputer tersebut dapat dikatakan efektif. Memang benar, jika saudari livi mengatakan bahwa setiap SDM memiliki keunikan dan kebutuhan yang berbeda. Namun, disini hanya membantu menyederhanakan setiap data-data dari SDM, dimana biasanya data yang dalam lembaran kini dikemas dalam sebuah system komputer yang akan memudahkan kita. Selain itu, system juga memang membutuhkan campur tangan SDM, karena system hanya mampu menyimpan dan mengolah data, sedangkan yang mengoperasikannya tentu saja SDM.

      Hapus
    5. Sebelumnya saya sdh berpendapat minggu lalu 21 April 2013 pkl 08.03

      Saya ingin bertanya pada Saudari Felicia HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat ratusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
      Bisa di berikan contoh perusahaan dan kemampuan HRIS berbeda-beda maksudnya seperti apa?

      Terima Kasih.

      Hapus
    6. Terima kasih atas pertanyaan saudari Natalia.
      Jadi HRIS sendiri memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Contohnya :
      HRIS (tetapi tidak semua) menawarkan fitur dan kemampuan untuk mendukung employee self-service. Hal ini penting bagi departemen HR yang sangat dibebani dengan tingginya volume pertanyaan dan permintaan. Kemampuan self-service ini memungkinkan perusahaan untuk membuat dasar informasi HR (seperti dokumen manfaat-terkait, kebijakan perusahaan, dll) yang mudah diakses melalui Web, sehingga karyawan dapat membantu diri mereka sendiri akan menjawab kebutuhan mereka, kapan pun mereka membutuhkannya. Selain itu, aplikasi HRIS juga mengotomatisasi fungsi secara rutin, seperti insurance beneficiary changes, benefit enrollment, and vacation/sick/personal time request memungkinkan karyawan untuk mengisi formulir dan transaksi yang terkait secara online, tanpa perlu adanya intervensi oleh anggota staf HR.

      Sumber:http://www.pro-int.com/component/content/article/113-hris-bagaimana-memilihnya-

      Hapus
  10. Saya ingin bertanya pada Saudari Felicia HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat ratusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
    Bisa di berikan contoh perusahaan dan kemampuan HRIS berbeda-beda maksudnya seperti apa?

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  11. Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak dan menganalisis karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja. Perusahaan memerlukan sistim Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) yang luwes dan dapat dikustomisasi sesuai perkembangan dan kebutuhan perusahaan.
    Dengan HRIS yang tepat, staf Sumber Daya Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan pembaruan data mereka sendiri dan perubahan alamat. Fungsi ini biasanya dikenal dengan Employee Self Service (ESS)
    Selain itu, data yang diperlukan untuk pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan pengembangan karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem HRIS.
    Akhirnya, para manajer dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif dapat mendukung keberhasilan karyawan yang menjadi anak buah mereka.

    Namila adalah aplikasi bisnis Sumber Daya Manusia berbentuk modular yang dapat dipilih dan dipasang secara bertahap untuk memudahkan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan aplikasi sdm sesuai anggaran dan berdasarkan bisnis proses spesifik yang ditangani perusahaan tersebut.

    Namila HR Soft, terdiri dari:
    - Attendance System,
    - HR Administration System,
    - Payroll System,
    - PPH- 21 System.
    ( sumber: http://faithgun.blogspot.com/2011/05/contoh-aplikasi-manajemen-sdm-namila.html)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudari Dian,dan saya ingin menambahkan sedikit.
      Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM / HRIS ) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).
      Fungsi HRIS memiliki empat kegiatan utama yaitu:

      1. Perekrutan dan Penerimaan (Recruiting and Hiring). SDM membantu menerima pegawai baru kedalam perusahaan. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.

      2. Pendidikan dan Pelatihan. Selama periode kepegawaian seseorang, SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.

      3. Manajemen Data. SDM menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.

      4. Penghentian dan Admistrasi Tunjangan. Selama seseorang diperkerjakan oleh perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Setelah penghentian, SDM mengurus program pension perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak.
      Sebuah HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang diperlukan oleh perusahaan untuk melacak dan menganalisis tentang karyawan, mantan karyawan maupun pemohon/pelamar. Perusahaan Anda akan perlu memilih Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.
      Sumber :
      1. http://www.pro-int.com/erpsoftware/119-apa-itu-hris-human-resources-information-system-
      2. http://www.pro-int.com/erpsoftware/122-fungsi-dan-model-hris-

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudari Dian.
      tolong berikan contoh nyata aplikasi bisnis Sumber Daya Manusia berbentuk modular yang anda sebutkan tadi? aplikasi itu seperti apa? dari aplikasi tersebut memberikan dampak positif atau negatif?

      Hapus
    3. Rosenda 3103011050 kelas C

      Saya setuju dengan pendapat saudari Dian, penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi yaitu dengan menggunakan HRIS. Saya juga ingin menambahkan:

      Dalam kegiatannya, HRIS mengelola dan menjalankan sistem administrasi SDM mulai dari perekrutan dan penerimaan, pendidikan dan pelatihan, manajemen data sampai dengan pemberhentian dan administrasi tunjangan. Sedangkan dalam penerapannya, terdapat model HRIS yang didalamnya meliputi subsistem input (berupa SIA, Penelitian SDM dan Intelijen SDM), serta Output (berupa Subsistem Perencanaan Kerja, Perekrutan, Manajemen Angkatan Kerja, Tunjangan, Benefit dan Pelapor Lingkungan.

      Dalam pelaksanaanya, kegiatan HRIS dilakukan oleh HRD (Human Resources Departement) yaitu mengelola tentang Seleksi dan Rekrutmen, Pelatihan dan Pengembangan, Compensation and Benefit, Manajemen Kinerja, Perencanaan Karir, Hubungan Karyawan, Separation Management, dan Personnel Administration and HRIS.

      sumber: http://darmansyah.blog.esaunggul.ac.id/2012/11/22/sistem-informasi-sumber-daya-manusia-sisdmhris/

      Hapus
    4. trima kasih atas tanggapan saudari devi dan rosenda yang menambahkan informasi mengenai hris..

      terima kasih juga atas pertanyaan saudari dessy, saya akan mencoba menjawab.

      Namila merupakan ERP kecil yang dibangun dengan teknologi unggul dan mutakhir, didisain dan dibangun oleh tenaga ahli dan praktisi sdm dengan pengalaman panjang. Sistem ini telah terbukti membantu managemen sdm perusahaan dengan jumlah karyawan lebih dari 1000 orang baik di sektor pemerintahan maupun swasta.


      Modul Attendance System, terdiri dari:
      - Modul import data presensi dari eksisting database maupun mesin presensi digital
      - Modul manual pengisian data presensi
      - Modul generator Hari Kerja/ Kalender Kerja
      - Modul summary/ rekapitulasi presensi



      Modul HR Administration System, terdiri dari:
      - Data Personel, Data Keluarga, Riwayat Jabatan
      - Dashboard/ Executive Summary
      - Modul cetak Surat Keterangan Penghasilan
      - Modul pengelolaan Cuti
      - Modul pengelolaan Lembur
      - Modul pengelolaan Perjalanan Dinas
      - Modul pengelolaan Training
      - Modul plafon dan klaim Kesehatan
      - Modul Honor Rapat dan Honor Tim Kerja
      - Modul Asuransi dan Jamsostek
      - Modul Bonus dan Tunjangan
      - Modul PHK dan Pensiun
      - Fasilitas Export / Import data ke / dari Excel


      Payroll System, terdiri dari:
      - Modul Proses dan Cetak data Gaji
      - Modul Proses dan Cetak data Upah Lembur
      - Modul Proses dan Cetak data Bonus dan Tunjangan
      - Modul Proses dan Cetak data Asuransi dan Klaim Pengobatan
      - Modul Proses dan Cetak data Honor Rapat dan Honor Tim Kerja
      - Modul Proses dan Cetak data PHK dan Pensiun
      - Fasilitas Export Data ke Excel
      PPH- 21 System:
      PPH- 21 System atau sistem penghitungan pajak penghasilan karyawan pasal 21 sesuai PER-32 Tahun 2009.

      PPH- 21 Sytem, terdiri dari:
      - Modul referensi tarif PTKP
      - Modul Data Penghasilan Bulanan Tetap dan Tidak Tetap
      - Modul Penghitungan PPH21 Netto mapun Gross Up
      - Modul Cetak Formulir 1721 A, 1721 A1, SSP, SPT
      - Fasilitas Export / Import data ke / dari Excel

      saya rasa aplikasi tersebut mempunyai dampak positif

      Hapus
  12. Menurut saya setiap perusahaan memiliki system untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada pemakai. Sistem ini dinamakan sistem manajemen sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS.
    Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).
    Sedangkan teknologinya sendiri secara konkrit dapat dicontohkan dengan penyimpanan data pada komputer dan internet.
    Deviani tanoyo / D / 3103011024

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkait dengan pernyataan Anda mengenai contoh penggunaan TI dalam SDM, tolong jelaskan bagaimana hal tersebut dikaitkan dengan fungsi-fungsi SDM beserta contoh konkritnya yang biasa dihadapi oleh manajer SDM.

      Hapus
  13. Tekonologi pada sistem pengelolaan SDM memang telah mengalami perubahan dari yang awalnya hanya menyimpan data, sekarang bisa dijadikan sarana pengampilan keputusan karena dengan adanya teknologi yang semakin berkembang muncul sebuah jaringan yang dapat terhubung dengan internet yang dapat memberikan karyawan akses pada informasi yang disediakan oleh eksternal dengan ekstranet. contohnya adalah penggunaan sistem informasi Office Automation. Sistem ini mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. sistem OA ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Richard_C
      saya setuju dengan saudara James Suhartono karena saat ini teknologi pada sistem pengelolaan SDM memang telah mengalami perubahan dari awal, tetapi sekarang bisa dijadikan sarana keputusan karena adanya teknologi yang semakin lama semakin maju.

      Hapus
  14. HRIS (Human Resource Information System) adalah sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. System ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi kedalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun system pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi. Perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

    Secara keseluruhan sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang berbeda kedalam satu system basis data yang bersifat universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi financial dan modul MSDM melalui satu basis data yang sama merupakan hal yang sangat penting yang membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya, menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan aturan-aturannya.

    BalasHapus
  15. Perkembangan Sistem Teknologi Informasi memungkinkan bagian SDM berperan aktif dalam perencanaan strategis organisasi

    - TI mengintegrasikan dan menyimpan semua informasi Loper dalam suatu databank, oleh karena itu dalam proses perencanaan, bagian SDM dapat mengambil perspektif global terhadap persediaan dan kebutuhan pengembangan SDM untuk selanjutnya diinterpretasikan dengan cara yang lebih efektif

    - Sistem Informasi Manajemen SDM memfasilitasi penyimpanan dan akses ke catatan pengelolaan data loper yang vital bagi organisasi. Sebagai tambahan terhadap data internal, dengan fasilitas IntraNet yang dibangun di Yayasan, Bagian SDM dapat mengambil manfaat dari akses langsung ke databank yang berisi informasi bagi penyusunan strategi terhadap pemberdayaan para loper.
    Kecepatan perubahan TI dan aplikasinya pada sistem dan proses internal suatu organisasi akan menjadi terhambat jika SDM tidak memiliki ketrampilan yang cukup untuk mengoperasikan teknologi dan sistemnya. Untuk itu SDM ini akan diberi pelatihan dan pengembangan dalam formulasi yang sesuai dengan tahapan implementasi sistem IT tersebut. Dengan pengembangan ini SDM akan mampu beradaptasi dengan berubahan pola kerja yang ada.

    BalasHapus
  16. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) adalah sebuah sistem berbasis komputer yang berfungsi mengatur, menganalisa dan mengelola sumber daya manusia sehingga diperoleh informasi yang tepat guna pengambilan keputusan.
    Menurut saya, contohnya adalah penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi adalah penggunaan komputer dengan sistem informasi melalui database karyawan yang dibuat oleh perusahaan yang berisi berbagai macam informasi tentang seluruh karyawan yang ada, sehingga dengan demikian perusahaan dapat terbantu dalam menganalisis seluruh aktivitas karyawan serta perusahaan dapat mengambil keputusan Untuk. Pengaplikasikannya dapat diaplikasikan dalam mengelola tentang Seleksi dan Rekrutmen melalui internet, membuat sistem penggajian dan kompensasi, membuat manajemen Kinerja, membuat perencanaan Karir, menggunakan seluruh informasi yang dimilki karyawan melalui database karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang disampaikan oleh saudara Yonathan benar, bahwa sistem yang disebut Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) ini, sangat membantu perusahaan dalam menganalisis seluruh aktivitas karyawan yang ada sehingga memudahkan perusahaan melakukan penyeleksian dan rekruitmen melalui internet, membuat sistem penggajian dan kompensasi, hingga sampai perencanaan karir.
      Sebab semua data yang diperlukan untuk pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan pengembangan karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem HRIS.

      Hapus
  17. Menurut saya,Sistem Informasi Sumber Daya Manusia adalah sebuah sistem/ aplikasi yang berbasis teknologi informasi dan berfungsi mengatur, mengelola, serta menganalisa sumber daya manusia yang ada untuk memperoleh informasi data yang tepat serta akurat guna pengambilan keputusan.
    Contoh penggunaan teknologi informasi yang dapat membantu SDM dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan adalah sistem informasi berdasarkan database karyawan. Dengan begitu sistem ini dapat membantu sebuah perusahaan menganalisis seluruh aktivitas karyawan untuk pengambilan keputusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Saudara Hartono,sebuah sistem informasi sumber daya manusia pastilah membutuhkan keahlian dalam hal penggunaannya,menurut Anda apa yang harus dilakukan oleh perusahaan ketika ingin mengimplementasikannya ?

      Hapus
    2. Saya akan menjawab pertanyaan saudari Devi, Menurut saya yang harus dilakukan sebuah perusahaan untuk mengimplementasikannya adalah mencari seseorang yang tentu memiliki kemampuan dalam bidangnya baik dari internal maupun dari eksternal perusahaan.

      Hapus
    3. Saya ingin menanggapi jawaban dari Saudara Hartono, menurut Saya sistem ini kemungkinan masih tergolong baru sehingga kemungkinan tidak banyak yang mengerti cara mengoperasikannya.Saya setuju dengan pendapat Anda tentang merekrut pihak eksternal yang ahli dalam bidang ini tetapi lebih baik lagi apabila kita memberi pelatihan kepada pihak internal sehingga para karyawan dapat lebih memahami fungsi-fungsi dari sistem ini.

      Hapus
    4. KELAS A

      Saya ingin bertanya kepada saudara Hartono Budiman : Factor-faktor yang mempengaruhi kegagalan dan kesuksesan dalam Penerapan Penggunaan Sistem Informasi MSDM ?

      Hapus
  18. TI dalam SDM dapat membantu dalam analisa. Seperti contoh sederhana terdapat dalam teknologi presensi dengan menggunakan sidik jari. Hal itu sangat sederhana untuk men gecek dan akan menjadi dasar dalam melakukan analisa apakah SDM memiliki tingkat kedisiplinan atau tidak, yang berguna juga untuk masa depan perusahaan. Untuk pengambilan putusan dalam hal ketenagakerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat saudari zella, bahwa teknologi sangat penting untuk menjadi dasar dalam melakukan analisa dalam mengelola SDM yang ada sperti yang dicontohkan oleh saudari zella dalam pengecekan presensi menggunakan sidik jari, dari situ kita akan dapat melihat kedisiplinan dari seorang karyawan. terima kasih

      Hapus
  19. Menurut saya, perkembangan sistem teknologi informasi berperan aktif dalam perencanaan strategi organisasi dimana kemajuan teknologi informasi, dapat membantu SDM dalam suatu organisasi, seperti contohnya Emloyee Skill Database, yang digunakan untuk membantu aktivitas manajemen SDM, untuk menepatkan dan menggunakan karyawan pada posisi dan pada pada proyek-proyek penting. Teknologi ini dikenal dengan nama Sistem Informasi SDM. Dengan adanya perkembangan sistem teknologi informasi seperti salah satu contoh diatas dat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dalam pengelolahan perusahaan khususnya dalam mengelolah SDM'nya...
    Cynthia Anggreawan - 3103011108

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan jawaban diatas bahwa perkembangan sistem teknologi informasi memiliki peran dalam perencanaan organisasi. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi, akan sangat membantu SDM di organisasi tersebut.

      Kelas A

      Hapus
  20. menurut saya, Human Resource Information System (HRIS) atau dalam bahasa indonesia Sistem Informasi Sumber Daya Manusia adalah suatu perangkat lunak atau solusi online untuk entri data, kebutuhan informasi data SDM, penggajian, manajemen HRD. Contoh penggunaan teknologi informasinya adalah dengan menggunakan HRIS. Dengan menggunakan HRIS, atasan dapat mengetahui informasi tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak ataupun menganalisis karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat sdri. Anita. HRIS memang tepat sekali digunakan dalam sebuah perusahaan karena HRIS mampu membantu perusahaan dalam menganalisis maupun mengambil keputusan. HRIS mengumpulkan data dari pelamar kerja, karyawan sampai pada mantan pekerja yang memperlengkapi analisis perusahaan yang berakhir pada pengambilan keputusan SDM oleh perusahaan. Terima kasih

      Hapus
  21. Teknologi informasi, dari waktu ke waktu, mengalami kemajuan yang signfikan. Tidak hanya digunakan sebagai penyimpanan data suatu perusahaan tetapi juga sudah bisa dimanfaatkan untuk keperluan perusahaan lain, salah satunya adalah penggunaan teknologi informasi dalam analisis dan pengambilan keputusan yang terkait dengan SDM. Semua manusia pasti memiliki keterbatasan, begitu juga karyawan yang bekerja di bagian HRD. Dalam mengambil sebuah keputusan, misalnya masalah perekrutan atau pelatihan SDM, teknologi informasi dapat membantu manajer HRD untuk mendapatkan informasi yang berguna agar perekrutan dan pelatihan yang dilakukan efisien dan tidak sia-sia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Doni.
      Berikan contoh konkrit dari penggunaan teknologi informasi untuk perekrutan dan pelatihan seperti apa?

      Hapus
  22. Contoh penggunaan teknologi seperti pada penggunaan teknologi informasi digunakan pada otomatosasi pergudangan untuk membantu menyimpan bahan-bahan yang masuk di perusahaan. Pada aktivitas operasi (operations) teknologi seperti Computer Aided Mnufacturing (CAM) digunakan untuk membantu proses produksi. Pada aktivitas penyimpanan barang jadi dan pengiriman (outbound logistic), System on line Order Entry membantu pengiriman barang atas pesanan pelanggan. Pada aktivitas pemasaran dan penjualan tegnologi informasi berupa DDS dapat di gunakan untuk menganalisis kondisi pasar sekarang atau pasar potensial. Teknologi ini di kenal dengan nama sistem informasi SDM (Human Resources Information System (HRIS)) (Idhamsyah, 1995), Computer Aided Design System (CAD), digunakan untuk membantu aktivitas mengotomatisasikan desain produk dan berbagai pemrosesan sebagai bagian dari pengembangan teknologi informasi. Electronic Data Interchange (EDI) System. Digunakan untuk membantu memperbaiki yang menghubungkan antara perusahaan, suppliers, bahkan pelanggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Juwita.
      menurut anda aplikasi penggunaan teknologi paling penting dlm membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi? kan kata anda. ada CAM, HRIS, CAD,EDI ? Mana yang lebih baik dan sering digunakan?
      terima kasih.
      Desy Ayu L (3103011284)

      Hapus
    2. Terima kasih atas pertanyaanya, menurut saya dari semua contoh yang saya sebutkan semua sangatlah penting dalam pengambilan keputusan untuk para SDM. Bisa dibaca pada penjelasan saya diatas, bahwa antara 1 dengan yang lain sangat terkait. Dari CAM yang membantu proses produksi, kemudian pengiriman dilakukan dengan sistem order entry yang kemudia kita dapat juga melihat peluang-peluang pasar potensial mana yang akan kita tuju dengan DDS kemudian untuk proses desain yang diinginkan konsumen dapat digunakan sistem CAD kemudian pada akhirnya kita dapat memperbaiki hubungan antara perusahaan, supplier bahkan pelanggan dengan sistem EDI yang semuanya itu dinamakan sistem HRIS.

      Hapus
  23. Sistem informasi sumber daya manusia digunakan untuk mendukung berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan personalia organisasi. Contoh-contoh umum dapat ditemui dalam semua kegiatan-kegiatan utama departemen personalia seperti pembuatan laporan-laporan rutin dan penyiapan surat-surat pemberitahuan kepada karyawan. SISDM juga harus memungkinan spesialis personalia untuk dapat memberikan berbagai tanggapan secara cepat terhadap permintaan-permintaan khusus yang mungkin datang dari seorang manajer produksi atau dari agen pemerintah. Pada perusahaan yang fleksibel, manajer memiliki akses online ke sistem untuk memproses perubahan gaji, promosi dan transfer, pencarian kandidat, kebutuhan staffing, dan transaksi lain yang. Sejumlah aplikasi sistem memberikan akses komputer bagi karyawan untuk mengajukan tunjangan, rencana karir dan penilaian diri, pengisian jabatan, training dan lain lain.

    BalasHapus
  24. SAMUEL,,,msdm2 kls b
    teknologi informasi membantu proses pengambilan keputusan sdm dengan contoh SPSS sebagai software alat bantu untuk menganalisi seberapa besar hubungan atau korelasi melalui data yang dapat diambil dari data primer contohnya: kuisioner. untuk menguji suatu kasus , misalnya seorang HRD ingin menguji seberapa besar tingkat depresi karyawan mempengaruhi kinerjanya di kantor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Samuel
      1. Sebutkan dampak Negatif dan Positif dari contoh yang anda berikan?
      2. Jika dalam sebuah perusahaan ada karyawan lebih dari 50 orang, Apakah kuisioner dapat efektif dan efisien dalam menguji atau mengetahui keinginan dan harapan karyawan terkait dengan Perubahan dalam Penggunaan Sistem Informasi MSDM?

      Hapus
  25. Menurut saya , contoh dari penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi adalah sebuah database yang berisi mengenai data-data milik karyawan yang dapat digunakan oleh organisasi untuk mengetahu hubungan ataupun korelasi dari setiap apa yang dibutuhkan oleh si perusahaan .
    Seperti data-data mengenai riwayat kerja, pendidikan , dsb

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat sodari novita
      Saya juga ingin menambahkan bahwa peran strategis sistem informasi dalam organisasi adalah memperbaiki efisiensi operasi, meningkatkan inovasi organisasi dan membangun sumber daya informasi yang strategis. Ketiga peran strategis ini dapat mendukung organisasi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dalam bersaing. peran strategis yang dimaksud adalah meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kinerja dalam melakukan aktivitas pelayanan.
      Dengan adanya sistem informasi, maka perusahaan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang karena adanya perubahan orientasi bisnis.
      LindaPuspita/A/3103011023

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya pada saudara Novita.
      berikanlah contoh konkrit lain selain dari sebuah data base yang dapat digunakan untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan.

      Hapus
    3. -Linda Puspita : Terima kasih atas tanggapan serta tambahan yang diberikan.

      - Terry Setia : Menurut saya, Penggunaan teknologi informasi tidak dapat lepas dari penggunaan database itu sendiri. Mengingat peran sistem informasi yang bertujuan untuk membuat efisien serta efektif.
      Penggunaan sistem informasi dapat dilakukan dengan cara seperti peninjauan tingkat turnover karyawan, ketrampilan karyawan dsb
      Dengan adanya sistem informasi ini akan memudahkan proses analisis serta pengambilan keputusan bagi para pemangku perusahaan .
      Terima kasih...

      Hapus
  26. menurut pendapat saya,dengan penggunaan teknologi informasi yang maju seperti zaman sekarang orang lebih mudah untuk mendapatkan informasi,seperti pengambilan keputusan terkait SDM dengan cara melakukan voting dengan cara mengumpulan semua karyawan di aula perusahan untuk melakukan voting yang telah disediakan oleh perusahaan (alat atau teknologi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Orlando.
      Berikan contoh konkrit alat atau teknologi yang digunakan dalam voting tersebut ?jelaskan

      Hapus
  27. Teknologi informasi yang sebelumnya lebih banyak digunakan untuk penyimpanan data, saat ini telah berkembang lebih sebagai alat dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM yang ada dalam satu organisasi.
    Menurut saya teknologi informasi dapat digunakan ketika HRD hendak melakukan perekrutan hal itu bisa dilakukan dengan melakukan voting di email perusahaan apakah calon karyawan tersebut dapat memenuhi karakter yang dibutuhkan perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan jawaban saudara Ronald,bahwa teknologi informasi di jaman sekarang ini memang sangat penting sekali diperlukan agar dapat melakukan analisis dan perekrutan dengan cepat,seperti jawaban dari Ronald yaitu dapat membantu melakukan perekrutan dengan melakukan voting di email perusahaan apakah calon karyawan tersebut dapat memenuhi karakter yang dibutuhkan perusahaan

      Hapus
  28. Teknologi infornmasi dalam pengelolaan SDM. Menurut saya alangkah baiknya apabila perusahaan mengadakan atau membuat atau mungkin membelil perangkat lunak yang dapat menginput data, nilai lebih, jenjang karir, keunggulan, dan banyak lagi hal yang bersangkutan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Dimana dengan adanya hal tersebut dapat memudahkan perusahaan untuk mencari karyawan dengan kriteria atau karakteristik tertentu.

    BalasHapus
  29. contohnya adalah dalam hal perencanaan, pengaturan dan kontrol yang dilakukan perusahaan. database seluruh karyawan yang terorganisir pada sistem yang ada memudahkan perusahaan untk melakukan fungsi-fungsi yang merupakan kewajiban perusahaan. contoh sederhananya adalah absensi karyawan yang sudah menggunakan teknologi tinggi sehingga waktu karyawan datang dan pulang akan tersimpan secara otomatis dan jika ada masalah terhadap karyawan ybs, perusahaan sudah memiliki data yang valid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adrian 3103011097 kelas C
      Saya setuju dengan pendapat saudara Yefta. Teknologi dapat digunakan melakukan fungsi-fungsi perusahaan seperti absensi, penggajian, dll. Apabila ada masalah dengan karyawan tersebut perusahaan dapat menganalisis berdasarkan data-data yang ada sehingga dapat mengambil kesimpulan dan tindakan. Perusahaan juga dapat menggunakan data-data yang ada sebagai acuan dalam merekrut calon karyawan.

      Hapus
  30. contohnya dapat saja data-data karyawan yang dimiliki oleh perusahaan sehingga lebih mudah untuk melakukan kontrol bagi para SDM untuk karyawan kantor tersebut. adapun dengan adanya penyimpanan data-data ini dalam IT ini juga memudahkan bagi para SDM dan tidak harus bersusah-susah.

    kelas B

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat okky. dengan kemajuan teknologi ini, SDM juga harus bisa menggunakan teknologi - teknologi itu dengan baik karena dengan teknologi itu pekerjaan akan lebih mudah untuk dikerjakan dan efisien.

      Hapus
  31. Menurut saya contoh penggunaan TI dalam suatu organisasi adalah
    1. Sebelum ada TI hanya manajer yang dapat membuat keputusan, namun setelah muncul TI Pengambilan keputusan menjadi bagian setiap orang.
    2. Dengan adanya TI ini dapat membuat komunikasi dan penyampaian informasi yang lebih mudah, contoh jika seorang karyawan yang kerja lapangan membutuhkan informasi tidak perlu menunggu lama dan lebih simple.
    3. Database perusahaan yang dulunya dalam bentuk kertas jika hilang maka akan merugikan perusahaan, dengan adanya TI dapat membuatnya dalam bentuk file suatu program (cth : M.word / M.excel untuk computer dan tidak perlu susah untuk mencari data tersebut.

    BalasHapus
  32. Contohnya adalah dulu informasi tentang karyawan ataupun pelamar kerja hanya didapatkan dari apa yang mereka berikan. sedangkan saat ini dengan adanya TI memudahkan perusahaan untuk mencari data informasi yang diperlukan tentang pelamar kerja maupun karyawan perusahaan itu sendiri. selain itu, dengan adanya TI dapat dilihat kinerja dari setiap karyawan misalnya absensi karyawan dengan menggunakan sidik jari ataupun retina mata sehingga data kehadiran karyawan tidak dapat dimanipulasikan dan perusahaan itu sendiri dapat menganalisis tingkat kerajinan dari setiap karyawannya.

    BalasHapus
  33. System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tata kelola dan tata laksana manajemen sumber daya manusia di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan decision support system dengan menyediakan berbagai informasi yang diperlukan.
    Fungsi HRIS yaitu mengelola tentang Seleksi dan Rekrutmen, Pelatihan dan Pengembangan, Compensation and Benefit, Manajemen Kinerja, Perencanaan Karir, Hubungan Karyawan, Separation Management, dan Personnel Administration and HRIS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ERMA_C/3103011054
      saya setuju dengan pendapat winda dengan adanya HRIS maka akan meringankan proses dalam pengelolaan sdm dalam suatu organisasi.

      Hapus
  34. Sistem informasi merupakan aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. . Secara teknis sistem informasi dapat didefinisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi. Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi 2, sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis komputer
    Dalam hal berbasis komputer , contohnya : bisa menyimpan database karyawan secara komputerisasi, kinerja karyawan juga dapat diukur menggunakan analisis program yang ada di komputer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan contoh yang Anda berikan, bagaimana keterkaitannya dengan fungsi SDM sendiri? Dan tolong berikan contohnya. Terima kasih.

      Hapus
  35. Menurut saya contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi adalah (HRIS) HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM karena dengan adanya HRIS maka perusahaan akan mudah dalam melacak data karyawan serta memasukkan data-data lainnya selain itu juga terdapat (ESS) EMPLOYEE SELF SERVICE yang berfungsi untuk melakukan pembaruan data dan perubahan alamat bagi karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah penggunaan HRIS membutuhkan anggaran yang banyak?
      bisa diberikan contoh perusahaan mana yang sukses (efisien dan efektif) menjalankan teknologi informasi tersebut.
      Risdoani Omega / 3103011146

      Hapus
  36. menurut saya contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu analisis terkait MSDM dalam suatu organisasi yaitu pada penyimpanan data-data karyawan agar perusahan dengan mudah mencari data-data tersebut apabila sedang membutuhkan informasi tentang karyawan tersebut.

    BalasHapus
  37. Teknologi informasi dalam pengelolaan SDM dapat sangat membantu kegiatan pengambilan keputusan. Sebagai contoh nyata, sistem informasi digunakan perusahaan untuk melihat bagaimana pencapaian kinerja karyawan melalui track record yang sudah disimpan selama karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Dari data tersebut akan mempermudah manajer atau pemegang kekuasaan untuk memutuskan apakah karyawan tersbut layak dipertahankan atau tidak. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pengukur layak promosi jabatan atau tidak.
    Jadi, dengan adanya sistem informasi perusahaan memiliki data valid mengenai kinerja karyawannya sehingga keputusn yang diambil pastinya akan menjadi lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari Yosephine karena jika perusahaan mempunyai track record maka dari sisi perusahaan tersebut mampum untuk menimbang dan mengukur sejauh mana kemampuan dari pada karyawannya tersebut,dan mungkin dari data-data yang sebelumnya didapatkan dapat pula membantu perusahaan dalam rangka penilaian suatu kinerja karyawannya.

      Hapus
  38. Menurut saya, dengan berkembangnya fungsi dari IT itu sendiri yang semula untuk penyimpanan data dan sekarang berubah menjadi alat bantu untuk menganalisis dan pengambilan keputusan dalam organisasi maka perusahaan hendaknya dapat memaksimalkan penggunaan IT tersebut.
    sebagai contoh ketika perusahaan dihadapkan dalam kondisi yang membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat. maka IT dapat menjadi salah satu alternatif pengambilan keputusan, karena dengan berkembangnya IT maka perusahaan dapat mendapatkan berbagai macam opsi dan referensi dalam pengambilan keputusan.

    BalasHapus
  39. Pada era modern ini IT memang telah digunakan dalam menganalisis dan pengambilan keputusan manajer SDM. Beberapa cara yang mungkin digunakan yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi perilaku SDM melalui internet, lalu melacak dan mencegah perilaku melenceng para karyawan yang mungkin dilakukan di dunia maya, dan dalam pengambilan keputusan, IT digunakan mencari sumber-sumber informasi penting yang dapat mendukung pengambilan keputusan dan bahan pertimbangan agar keputusan yang dihaslikan tepat dan sesuai keadaan disekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Jonathan. Pada saat ini, kemajuan IT harus benar-benar dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan manajer SDM.

      Hapus
  40. menurut saya beberapa hal yang membantu untuk analisis dan pengambilan keputusan terkait dengan SDM dalam suatu organisasi adalah :
    HRIS suatu perangkat lunak untuk entri data, kebutuhan informasi data SDM dan penggajian karyawan dengan mengetahui informasi tersebut atasan dapat mengetahui informasi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh perusahaan, untuk menganalisis karyawan maupun para pelamar karyawan baru.

    BalasHapus
  41. menurut saya beberapa hal yang membantu untuk analisis dan pengambilan keputusan terkait dengan SDM dalam suatu organisasi adalah :
    HRIS suatu perangkat lunak untuk entri data, kebutuhan informasi data SDM dan penggajian karyawan dengan mengetahui informasi tersebut atasan dapat mengetahui informasi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh perusahaan, untuk menganalisis karyawan maupun para pelamar karyawan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novia-kelas C/ 3103011084 : saya setuju dengan pendapat dwima, HRIS merupakan perangkat lunak yang cukup membantu dalam suatu perusahaan, HRIS in pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumberdaya manusia (MSDM) danteknologi informasi. sehingga dapat menganalisis kebutuhan karyawan di dalam suatu perusahaan tersebut

      Hapus
  42. yang dimaksud
    HRIS adalah sebuah bentuk
    interseksi/pertemuan antara
    bidang ilmu manajemen sumber
    daya manusia (MSDM) dan
    teknologi informasi. sistem ini
    menggabungkan MSDM sebagai
    suatu disiplin yang utamanya
    mengaplikasikan bidang
    teknologi informasi ke dalam
    aktivitas-aktivitas MSDM seperti
    dalam hal perencanaan, dan
    menyusun sistem pemrosesan
    data dalam serangkaian
    langkah-langkah yang
    terstandarisasi dan terangkum
    dalam aplikasi perencanaan
    sumber daya perusahaan/
    enterprise resource planning
    (ERP). Secara keseluruhan
    sistem ERP bertujuan
    mengintegrasikan informasi
    yang diperoleh dari aplikasi-
    aplikasi yang berbeda ke dalam
    satu sistem basisdata yang
    bersifat universal. Keterkaitan
    dari modul kalkulasi finansial
    dan modul MSDM melalui satu
    basisdata yang sama merupakan
    hal yang sangat penting yang
    membedakannya dengan bentuk
    aplikasi lain yang pernah dibuat
    sebelumnya, menjadikan
    aplikasi ini lebih fleksibel
    namun juga lebih kaku dengan
    aturan-aturannya.
    oleh karena itu penggunaan HRIS cukup mmbantu dalam suatu perusahaan,,tetapo tdk dapat terlalu trfokus,,sehingga dapat diimbangi dengan mengecek secara manual

    BalasHapus
  43. agung kls B

    di jaman sekarang teknologi memang sdh berkembang dengan sangat pesat. dalam suatu organisasi pun juga diperlukan kecanggihan teknologi contoh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan bisa melalui internet tidak seperti dulu harus membuat selebaran kertas atau memasang iklan di media cetak, dalam pengambil keputusan sdm perusahaan juga bisa membuat program seperti track record karyawan itu sendiri yg dimasukkan dalam database kemudian dievaluasi setiap 3 atau 6 bulan kerja. sekian dan terima kasih.... NB: tidak menerima tanggapan apapun..... hahahhaha

    BalasHapus
  44. HRIS adalah sebuah system yang berfungsi untuk untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada perusahaan / pemakai.
    Misalnya sebuah perusahaan manufaktur memiliki sistem teknologi penyimpanan data para pegawainya, kemudian suatu hari data perusahaan menunjukan bahwa perusahaan kekurangan tenaga kerja karena banyaknya permintaan konsumen sehingga tenaga kerja di bidang pemasaran kurang maka perusahaan dapat mengetahuinya langsung, kemudian melakukan perekrutan SDM di bidang tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Standy, HRIS merupakan sebuah system yang berfungsi untuk untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada perusahaan / pemakai. Dengan begitu dapat dengan mudah kita mengetahui informasi tentang SDM pada suatu perusahaan sehingga dapat dengan cepat pula kita merekrut karyawan yang kurang dalam SDM perusahaan tersebut apabila diperlukan.

      Hapus
  45. HRIS adalah sebuah sistem untuk pemasukan data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan.
    Misalnya sebuah perusahaan jasa memiliki sistem teknologi penyimpanan data para pegawainya, kemudian suatu hari data perusahaan menunjukan bahwa beberapa karyawan tidak bekerja secara optimal sehingga perusahaan perlu melakukan pembenahan kualitas kerja para pegawainya untuk mengoptimalkan tenaga kerja sehingga menguntungkan perusahaan dan memuaskan konsumen.

    BalasHapus
  46. Ada banyak sekali contoh penerapan Teknologi Informasi dalam pengambilan keputusan maupun analisis terkait dengan SDM. Salah satunya adalah Sistem Informasi Akuntansi, yang dapat menyediakan data personil mengenai keuangan karyawan. Yang dimaksudkan keuangan karyawan disini adalah seberapa besar investasi perusahaan terhadap karyawan tersebut. Data dari sistem informasi ini dapat digunakan manajer SDM untuk pengambilan keputusan dalam fungsi-fungsi SDM misalnya perencanaan, perekrutan, seleksi, pelatihan, pengembangan, retensi, dan seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Like,
      Apakah keunggulan dan kelemahan dari penggunaan Sistem Informasi Akuntansi tersebut?

      Lalu, menurut Anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan, seumpama terjadi kesenjangan di antara karyawan akibat penggunaan teknologi informasi tersebut, yaitu antara mereka yang bisa menguasai dan tidak menguasai teknologi informasi?

      Terima Kasih^^

      Hapus
  47. Contoh penerapan teknologi dalam analisis maupun pengambilan keputusan salah satunya yaitu untuk penelitian sumber daya manusia. Penelitian ini berfungsi untuk pengumpulan data melalui proyek penelitian khusus. Misalnya saja untuk menganalisis serta mengevaluasi jabatan, penelitian keluhan, dan penelitian suksesi.

    BalasHapus
  48. Menurut saya, penggunaan teknologi informasi sangat membantu meningkatkan pengelolaan perusahaan. Bukan cuma teknologi saja yang berperan, melainkan SDM juga memiliki peranan untuk mengelola perusahaan. Contoh teknologi antara lain email, ms word, ms excel.

    Michael Abidi
    Kelas D
    3103011314

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut anda, bagaimana fungsi dari ms word dan ms excel berkaitan dengan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi?
      terimakasih.

      Hapus
  49. Dengan adanya penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan mengambil keputusan terkait SDM dalam organisasi adalah HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM (HRIS)dengan adanya HRIS maka perusahaan akan lebih mudah dalam mengetahui data karyawan serta memasukkan data yg lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin mengomentari pendapat dari Sdri. Feby, dimana letak perbedaan penggunaan teknologi jaman dahulu dengan jaman sekarang ini apabila fungsinya masih sama yaitu untuk menginput dan mengetahui data karyawannya? Penggunaan HRIS saat ini, menurut saya sudah lebih jauh dari memasukan dan mengetahui data karyawan. Yang ingin saya tanyakan, dimana letak perbedaan HRIS jaman sekarang dengan HRIS jaman dahulu? Apakah segala hal yang berhubungan dengan permasalahan MSDM dapat diselesaikan dengan menggunakan HRIS?

      Hapus
  50. Menurut saya contoh penggunaan TI dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dlm suatu organisasi yaitu perusahaan menggunakan progam komputer yang menyimpan data-data mengenai karyawan seperti ,database karyawan,penggajian,tunjangan,absensi,dll. Dari data yang diperoleh perusahaan dapat menganalisis kinerja dari karyawan ,sehingga perusahaan dapat memutuskan untuk mempertahankan karyawan atau melakukan pemberhentian kerja

    BalasHapus
  51. seiring perubahan jaman,penggunaan teknologi memang membantu perusaahan untung menganalisis sdm atapun menyimpan data sdm dengan mudah sebagai contoh perusahaan dapat mengetahui jam brp karyawan masuk maupun jam brp karyawan pulang dari pekerjaan nya karena ada nya alat absensi di perusahaan,tapi kadang masih sering terjadinya hambatan dalam hal ini (error,atau alat rusak).

    BalasHapus
  52. teknologi memang sangat berpengaruh besar bagi perusahaan,karena di jaman yang canggih ini perusahaan dapat menyusun laporan keuangan melalui ms word,ms excel.ini memudahkan perusahaan sehingga dapat menyusun laporan keuangan tanpa memakan waktu yang lama.tetapi juga memiliki kelemahan komputer dapat terkena virus sehingga data dapat hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Kathryn,
      Menurut Anda, bagaimana teknologi yang Anda sebutkan dapat membantu analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi?
      Lalu mengingat penggunaan teknologi berupa microsoft word, excel masih memiliki kelemahan yaitu datanya mudah hilang bila terkena virus. Apakah ada teknologi lain yang memungkinkan perusahaan dapat menyimpan datanya secara lebih efisien dan efektif?

      Terima Kasih^^

      Hapus
  53. Hendry Setiono / 3103011031
    Teknologi informasi telah mengarahkan organisasi ke sesuatu bentuk yang semakin datar dan menciut. Contoh penggunaan internet memberikan kemudahan bagi karyawan dalam melakukan komunikasi dengan siapa saja tanpa harus melalui rantai birokrasi dan rantai komando yang panjang.
    Employee Skill Database System, digunakan untuk membantu aktivitas manajemen sumbardaya manusia untuk menempatkan dan menugaskan karyawan pada posisi dan pada proyek-proyek penting

    BalasHapus
  54. Sistem informasi sumber daya manusia (SISDM) atau human resources information system (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tata kelola dan tata laksana manajemen sumber daya manusia di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan decision support system dengan menyediakan berbagai informasi yang diperlukan. Contoh penggunaan teknologi informasi dalam membantu melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait SDM dalam suatu organisasi adalah dengan adanya SISDM membantu perusahaan untuk mengetahui informasi mengenai seluruh karyawan yang ada dan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan.

    BalasHapus
  55. Penggunaan phone yg dahulu hanya sebagai sarana telepone,sekarang bisa difungsikan dalam segala fungsi mulai dari pengontrolan perusahaan dalam kenaikan omset,cukup dengan melihattampilan bagan yg bisa ditanyangkan dr layar phone(HP).begitu juga untuk mengecek kinerja pegawai dgn begitu kita tdk perlu berada dlm posisi semestinya....dgn perubahan yg ada dpt kita lihat atau dapat mengontrol tingkat kemajuan sumber daya perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  56. banyak sekali hal yang dapat diambil manfaatnya dari TI yang sangat berkembang pesat dewasa ini

    manajer dapat di bantu oleh TI yang mutakhir sehingga membantu riset-riset dan pengambilan keputusan, contohnya dengan SPSS, manajer dapat mengetahui kevalidan data yang mereka ambil sehingga dengan membaca hasil output SPSS mereka dapat mengambil keputusan dengan lebih presisi

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus