Minggu, 21 April 2013

4 Dimensi Kepuasan terhadap Kompensasi (Bahan Diskusi tanggal 25 April 2013)

Bahan Bacaan: Williams, Margaret L, Michael A. McDaniel, Lucy R. Ford. 2007. Understanding Multiple Dimensions of Compensation Satisfaction. Journal of Business and Psychology, Vol. 21 (3): 429-459



Kompensasi adalah semua bentuk penggajian atau reward yang diberikan pada pekerja, yang terdiri dari:
1.      Kompensasi langsung: a) gaji tetap  (fix): gaji pokok dan upah; b) gaji tidak tetap (variabel): bonus dan komisi.
a.       Gaji Tetap (Fix): bayaran yang konsisten dari satu periode ke periode lain dengan tidak memandang jumlah jam kerja
b.      Gaji Tidak Tetap (Variable): kompensasi yang dikaitkan dengan kinerja individual, kelompok, dan/atau organisasi
2.       Kompensasi tidak langsung  (tunjangan):  imbalan tidak langsung (askes, uang cuti, pensiun, dll) yang diberikan kepada karyawan sebagai bagian dari keanggotaannya di organisasi

Heneman and Schwab (1985) dalam Williams, et al. (2007) membagi kepuasan terhadap kompensasi dalam 4 dimensi, yaitu:
  1. Kepuasan terhadap level penggajian (pay level): mengacu pada besarnya kompensasi langsung yang diterima seseorang
  2. Kepuasan terhadap kenaikan penggajian (pay raises): mengacu pada perubahan/kenaikan kompensasi langsung seorang karyawan
  3. Kepuasan terhadap level tunjangan (benefit level): mengacu pada kompensasi tidak langsung yang diterima seorang karyawan
  4. Kepuasan terhadap struktur dan administrasi penggajian (pay structure and
    administration): mengacu pada perbedaan kompensasi untuk setiap jabatan yang berbeda dalam organisasi serta mengacu pada sistem penggajian yang digunakan organisasi

Bahan Diskusi:

Apabila Saudara seorang karyawan dalam suatu organisasi, dimensi manakah dari 4 dimensi di atas yang lebih berpengaruh bagi Saudara untuk merasa PUAS terhadap kompensasi yang diberikan organisasi terhadap Saudara. Jelaskan pendapat Saudara! 

30 komentar:

  1. Menurut pendapat saya...saya memilih yg no.3 Kepuasan terhadap level tunjangan (benefit level): mengacu pada kompensasi tidak langsung yang diterima seorang karyawan...saya memilih itu karena saya menanggap kompensasi yg tidak langsung lebih dibutuhkan...karena kebutuhan yg mendesak dapat saja terjadi...misal : masuk rumah sakit,kecelakaan...jika kita mendapatkan tunjangan itu sudah membuat kita merasa aman dalam pembayarannya..karena dapat saja gaji kita habis dan kita tidak bisa membayarnya..tapi dg adanya tunjangan itu benar2 menjamin setidaknya sedikit dalam hidup karyawan.

    BalasHapus
  2. saya memilih nomor 2, karena dengan kenaikan gaji yang perusahaan berikan itu secara langsung akan membuat kita menjadi puas dengan apa yang kita harapkan, jadi kita bekerja pun akan menjadi lebih loyal dan lebih semangat. dengan begitu, kita bekerja sungguh-sungguh dan hasilnya adalah mendapatkan kenaikan gaji lebih tinggi. itu akan membuat saya menjadi puas

    BalasHapus
  3. Saya memilih nomer 1, karena menurut sya besarnya kompensasi yang saya terima dari sebuah organisasi ataupun perusahaan saya bekerja membuktikan bahwa saya mempunyai keahlian khusus sehingga saya pantas mendapatkan kompensasi yang besar dan itu membuat saya bangga dan puas.

    BalasHapus
  4. saya memilih nomer 2, karena dengan adanya kenaikan gaji maka saya akan merasa puas dan akan lebih giat lagi dalam bekerja, karena biasanya kenaikan gaji dikarenakan adanya prestasi yang kita kontribusikan kepada perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adrian Tanusetiadjie 3103011097 kelas C

      Saya setuju terhadap pendapat saudara Alvindo. Apabila saya karyawan, saya akan memilih yang kenaikan gajinya besar karena kebutuhan hidup sehari-hari akan selalu meningkat. Dan juga saya akan lebih giat bekerja apabila kenaikan gaji tersebut berdasarkan kinerja saya di perusahaan.

      Hapus
  5. sucahyo/11291
    saya memilih nomer 1 dapat mempengaruhi keputusan karyawan tentang seberapa keras kita akan bekerja. Kompensasi mempengaruhi kepuasan dan bertindak sebagai umpan balik yang memungkinkan karyawan menyesuaikan perilakunya belakangan tegantung gaji tsb. Jika gaji sedikit akan akan sering absen atau mengundurkan diri. juka gaji besar, mereka mungkin tidak akan bosan dan mengkompensasikannya dengan bekerja lebih keras.jadi tegantung diri sendri dr niat bekerja seseuai keahlan dalam bidangny walaupun gaji sedikit perlu kerja keras dengan hasil lebih menjadi memuaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan jawaban diatas. Saya juga akan memilih nomer 1 karena besar kompensasi yang saya terima dari perusahaan akan mempengaruhi kinerja yang akan saya berikan pada perusahaan. Jika perusahaan tidak memberikan kompensasi yang layak, mungkin saya akan mencari pekerjaan lain yang dapat memberikan saya kompensasi yang layak.

      Kelas A

      Hapus
  6. indranesia/3103007315

    saya memilih no 4,karena tiap jabatan kompensasi harus berbeda karena apa yang di kerjakan berbeda sesuai dengan jabatan.karyawan tidak puas jika semua kompensasi diberikan sama,itu dapat menciptakan konflik antara sesama karyawan

    BalasHapus
  7. Ishak H 3103011234
    Saya memilih nomer 2 karena dengan adanya kenaikan gaji secara langsung itu akan membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja, dan kita akan semakin berusaha untuk memajukan perusahaan agar kita semakin sering mendapatkan kenaikan gaji

    BalasHapus
  8. Saya memilih nomer 2 karena jika kita bekerja dan memdapatkan kenaikan gaji maka kita akan lebih giat bekerja lagi dan itu membuat kita semakin loyal terhadap perusahaan

    BalasHapus
  9. saya memilih nomor 2 karena jika gaji kita naik maka itu bisa memotivasi diri sendiri agar lebih giat untuk bekerja dengan sepenuh hati

    BalasHapus

  10. saya memilih nomer 2, karena dengan adanya kenaikan gaji maka secara tidak langsung dapat membuat pekeerja akan merasa puas dan akan lebih giat lagi dalam bekerja, karena biasanya dengan kenaikan gaji dapat membuat pekerja merasa apa yang mereka kerjakan membuahkan hasil yang baik sehingga mereka akan merasa tidak dirugikan serta dapat memotivasi pekerja untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya dan membuat pekerja itu menjadi loyal

    BalasHapus
  11. Menurut pendapat saya adalah no 3 karena tunjanfan level peningkatan kedudukan sudah tentu memberikan perasaan puas. Karena setelah kita hidup berkecukupan (dlm arti kebutuhan sandang pangan papan terpenuhi) maka seseorang tersebut tidak hanya mengejar materi tp juga akan mengejar kedudukan atau prestige

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara andrey dimana kepuasaan level tunjangan memiliki dampak yang penting bagi seorang karyawan karena seeorang karyawan mampu bekerja dengan baik jika tunjangan yang mereka dapat dari perusahaan dirasa baik sehingga terjadi loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

      Adhitya Nugroho
      3103011029

      Hapus
  12. Saya memilih no 1. Karena bagi saya, dalam sebuah perusahaan dimana saya akan menempati jabatan tertentu, kompensasi langsung lah yang menjadi tolak ukur saya untuk memutuskan bekerja di perusahaan itu atau tidak di samping melihat dari kredibilitas perusahaan itu sendiri. Dan dari kompensasi langsung itu juga yang menjadi titik puas saya atas kinerja dan kontribusi yang telah saya berikan kepada perusahaan.

    BalasHapus
  13. Menurut saya nomor 1. karena gaji yang kita terima harus sesuai dengan kemampuan dan usaha yang telah kita tempuh sewaktu dulu. misalnya kita lulusan S2 apa kita mau gaji kita hanya 2juta? pasti kita menginginkan yang sesuai dengan keinginan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar bu ...wkwkwk^^

      betul ... betul ,,,hehehe . . .

      Hapus
  14. saya memilih nomor 2, karena dengan kenaikan gaji bisa lebih meningkatan suatu pekerjaan, memberikan semangat, loyal dalam perusahaan, bahkan sungguh-sungguh dalam bekerja, untuk menghasilkan yang lebih baik

    BalasHapus
  15. Saya memilih nomor 4 yaitu Kepuasan terhadap struktur dan administrasi penggajian yang mengacu pada perbedaan kompensasi untuk setiap jabatan yang berbeda dalam organisasi, karena pada dasarnya setiap jabatan memiliki kompensasi yang berbeda-beda dan hal itulah yang memicu motivasi seorang karyawan untuk lebih giat bekerja agar mendapatkan kenaikan jabatan dan mendapat kompensasi lebih dari jabatan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Samuel yang memilih nomor 4 yaitu perbedaan jumlah kompensasi untuk setiap jabatan yang berbeda, karena dengan demikian karyawan yang berada di tingkat yang lebih tinggi tentu akan memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan dibawahnya, sehingga secara tidak langsung karyawan akan terus berupaya untuk bekerja secara maksimal dengan harapan untuk mendapatkan promosi ke level yang lebih tinggi dan sekaligus mendapat jumlah kompensasi yang lebih besar. Selain itu akan tentu tidak adil apabila dengan kondisi pekerjaan yang berbeda dan beban kerja yang lebih tinggi namun memiliki gaji yang hampir sama atau bahkan sama dengan karyawan yang lain.

      Hapus
  16. saya pilih no. 4 karena setiap posisi jabatan tentu saja memiliki tangung jawab yang berbeda dan peran yang berbeda dimana hal tersebut membutuhkan spesifikasi tertentu, sehingga hal itu perlu diberi kompensasi sesuai dengan spesifikasi atas jabatannya tersebut.

    BalasHapus
  17. Saya memilih no. 3
    Jika kompensasi tidak langsung saya sebagai karyawan diperhatikan, saya sebagai karyawan akan lebih giat dan lebih bertanggung jawab saat bekerja untuk mengembangkan kinerja dan kemampuan saya lebih lagi,Karena saya bekerja untuk masa depan saya,contohnya : saat saya pensiun saya tidak perlu cemas atau khawatir karena tunjangan yang saya peroleh telah diperhatikan, jika saya mengalami sakit pun saya tidak perlu takut atau bingung karena ada askes yang sudah diberikan untuk saya nantinya.

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya memilih no 2, karena dengan adanya kenaikan gaji maka akan memotifasi kita untuk bekerja menjadi lebih baik dan bersemangat di dalam perusahaan itu.

    BalasHapus
  19. Joseph Vincent budi P / 3103010191 / MSDM 1.

    saya cenderung lebih memilih no. 2 : Kepuasan terhadap kenaikan penggajian (pay raises): mengacu pada perubahan/kenaikan kompensasi langsung seorang karyawan.

    karena seorang karyawan akan merasa lebih puas terhadap kenaikan gaji yg dia terima selama dia bekerja di perusahaan tersebut karena dia merasa kinerja mendapat pengakuan/penghargaan dari perusahaan tersebut dan itu membuat karyawan senang dan membuat karyawan itu akan lebih termotivasi lagi utk bekerja lebih giat demi meraih kepuasan selanjutnya yaitu : kepuasan utk dirinya sendiri dan kepuasan perusahaan. dan itu mungkin juga dengan diberi pengakuan / penghargaan itu sedikit demi sedikit bisa menumbuhkan karyawan tersebut utk bs loyal kepada perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  20. Saya setuju dengan jawaban diatas. Saya juga akan memilih nomer 1 karena besar kompensasi yang saya terima dari perusahaan akan mempengaruhi kinerja yang akan saya berikan pada perusahaan, Dan dari kompensasi langsung itu juga yang menjadi titik puas saya atas kinerja dan kontribusi yang telah saya berikan kepada perusahaan.

    BalasHapus
  21. theo fondy

    saya memilih nomer 2..karena menurut saya kenaikan gaji bisa membuat karyawan lebih giat dan merasa dihargai kerja kerasnya. selain itu kenaikan gaji bisa meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan.dengan gaji dinaikkan itu akan membuat saya puas dan bangga terhadap pekerjaan saya, itu sangat mempengaruhi psikologis karyawan.

    BalasHapus
  22. saya memilih kenaikan gaji(no 2) karena tiap bulan pendapatan tetap,kalau kompensasi kan pendapatan nya tidak menentu.

    BalasHapus
  23. saya memilih no 2(kenaikan gaji),karena kompensasi belum tentu kita dapatkan jika kinerja kita tidak baik apalagi pasti setiap bulan kinerja kita tidak sama,bisnis pasti mengalami naik turun.

    BalasHapus
  24. Saya memilih nomor 2 yaitu kenaikan pada penggajian. Saya memilih itu dikarenakan setiap orang psti menginginkan suatu prningkatan. Dengan adanya prningkatan gaji maka karyawan akan lbih setia

    BalasHapus
  25. Hendry 3103011031 kelas C
    Saya memilih nomer 1, karena menurut saya besarnya kompensasi yang saya dapatkan dari organisasi ataupun perusahaan tempat saya bekerja bisa membuktikan bahwa saya memiliki keahlian dan kemampuan khusus yang karyawan lain tidak punya sehingga saya pantas mendapatkan kompensasi yang besar dan yang membuat saya puas.

    BalasHapus