SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Senin, 29 April 2013

Pengaruh benefit (tunjangan) terhadap komitmen karywawan (Bahan Diskusi 2 Mei 2013)

Bahan Bacaan: Lineberry, Joe dan Steve Trumble. 2000. The role of employee benefits in enhancing             employee commitment, Compensation & Benefits Management, Vol. 16 (1):9-14

Lineberry & Trumble (2000) mengemukakan bahwa ada beberapa program benefit atau tunjangan yang dapat mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi. Program-program itu adalah:
  1. Program pendampingan karyawan
  2. Jam kerja yang fleksibel
  3. Tunjangan yang fleksibel (karyawan dapat memilih sendiri)
  4. Konseling keuangan
  5. Perawatan kesehatan untuk pencegahan (jadi bukan biaya berobat tapi agar tidak mudah sakit)
  6. Ijin untuk merawat anggota keluarga yang sakit
  7. Ijin untuk mengerjakan pekerjaan di rumah.

Bahan Diskusi:

Jika Saudara seorang pekerja, pilihlah 2 dari 7 program di atas yang menurut Saudara akan sangat berpengaruh terhadap komitmen Saudara terhadap organisasi tempat Saudara bekerja. Jelaskan pilihan Saudara. Selamat berdiskusi.....

31 komentar:

  1. Menurut saya hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap komitmen saya terhadap organisasi di tempat saya bekerja adalah njam kerja yang fleksibel dan juga tunjangan yang fleksibel karena menurut saya dengan jam kerja yang fleksibel memungkinkan saya untuk memiliki banyak waktu luang shingga dapat melakukan kegiatan lain dan juga tunjangan yang fleksibel karena saya dapat memilih tunjangan seperti apa yang pas untuk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga setuju dengan pendapat saudara samuel mengenai komitmen terhadap organisasi, bahwa jam kerja dan tunjangan yang fleksibel adalah hal yang paling penting diantara pilihan-pilihan yang lain. Sebab menurut pandangan saya, jam kerja yang fleksibel dapat membantu karyawan dalam memilih 'range' jam yang dirasa paling produktif, karena tidak semua orang merasa enjoy bekerja dengan jam masuk pada pagi hari sampai sore hari, bahkan ada beberapa orang yang merasa nyaman saat bekerja pada malam hari. Begitu pula dengan tunjangan yang fleksibel. Kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda akan membuat mereka memilih tunjangan seperti apa yang paling pas untuk diambil sesuai dengan kebutuhan.

      Hapus
    2. adrian kelas C
      saya setuju dengan pendapat saudara Samuel. tunjangan yang dibutuhkan tiap individu berbeda, oleh karena itu tunjangan yang fleksibel sangat bermanfaat bagi tiap individu.
      kemudian jam kerja yang fleksibel tentunya adalah keinginan setiap karyawan, karena karyawan tentu tidak ingin kerja seperti robot.

      Hapus
  2. Menurut Saya hal yang sangat berpengaruh dari pilihan di Atas adalah Program pendampingan karyawan karena dengan adanya hal tsb, bagi saya karyawan dapat menyampaikan masalah-masalah yg terjadi dalam pekerjaannya sehingga mengurangi terjadinya kekerasan di tempat kerja atau pelaksanaan bisnis yg tidak etis,dsb maupun menyampaikan pendapatnya atau masukan pada organisasi sekaligus memperoleh infrmasi yg berhub.dgn pekerjaannya. Yg kedua, tunjangan yg flexible-karena bagi karyawan hal itu dapat memotivasi karyawan untuk berkinerja lebih baik dan dapat memilih sendiri tunjangan yang diinginkannya atau sesuai kebutuhannya.

    BalasHapus
  3. menurut saya hal yang berpengaruh adalah program jam kerja fleksibel dan tunjungan yang fleksibel.
    karena jika saya sebagai karyawan program jam kerja yg fleksibel membuat saya mempunyai waktu selain hanya bekerja saja. tunjangan yang fleksibel membuat saya lebih nyaman bekerja disitu karena dapat memilih sendiri tunjangan seperti apa yang saya butuhkan bagi saya.

    BalasHapus
  4. kalo menurut saya yang dapat mendorong komitmen saya untuk terus bekerja di tempat kerja tersebut adalah nomer 1 dan nomer 2 yaitu program pendampingan karyawan dan jam kerja yang flexibel, karena dengan adanya program pendampingan karyawan karena dengan adanya pendampingan karyawan saya dapat lebih berkembang dan dapat menunjang proses kenaikan karir saya ke depannya, selain itu dengan adanya jam kerja yang flexibel saya bisa mempunyai yang bisa saya atur jadi ketika pekerjaan selesai saya kerjakan saya tidak di tempat kerja saya yang mungkin bisa membuat saya bosan tetapi saya bisa pergi refreshing dengna berkumpul dengan teman atau dengan keluarga tetapi saat ada pekerjaan lagi maka saya kembali untuk bekerja, jadi waktu tidak dibuang percuma hanya dikantor saja dan tidak melakukan apa apa.

    BalasHapus
  5. Menurut saya yg pling mendukung adalah tunjangan karena dengan adanya tunjangan
    Karyawan akan lbh bersemangat dalam bekerja dan dapat memberikan yg besar pada perusahaan

    BalasHapus
  6. Jika saya seorang pekerja, menurut saya tunjangan yang akan sangat berpengaruh terhadap komitmen saya terhadap organisasi tempat saya bekerja adalah nomer 2 dan nomer 3, Yaitu, Jam kerja yang fleksibel dan Tunjangan yang fleksibel. Karena dengan jam kerja yang fleksibel (tidak harus di kantor) membuat kita dapat merefreshing otak kita, sehingga dapat memunculkan ide2 baru. Selain itu kita juga dpt mengerjakan pekerjaan yang lain. Dan dengan tunjangan yang fleksibel kita dapat memilih tunjangan mana yang cocok dengan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat Harry. Tunjangan yang fleksibel memudahkan karyawan memilih sendiri jenis tunjangan yang dibutuhkannya. Jam kerja yang fleksibel juga memudahkan karyawan untuk memiliki waktu luang agar tidak stress terhadap perkerjaan di kantor

      Kelas A

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Harry. Jam kerja yang fleksibel dan Tunjangan yang fleksibel dapat memudahkan karyawan dalam memilih sendiri jenis Tunjangan yang di butuhkannya dan memudahkan memilih waktu luang membuat karyawan agar ada istirahatnya.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat harry, dengan tunjangan yang fleksibel memudahkan karyawan memilih jenis tunjangan sesuai dengan kebutuhannya. jam kerja yang fleksibel juga memudahkan karyawan untuk mengatur waktu kerjanya sendiri sehingga karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan efektif

      Hapus
  7. Menurut saya program yang mempengaruhi komitmen seorang berkerja pada suatu perusahaan adalah nomer 1 dan nomer 5 karena untuk alasan nomer 1 karena pendampingan terhadap karyawan itu membuat hubungan perusahaan dengan karyawan yang didampingi lebih baik, karena karyawan tersebut merasa diperhatikan oleh perushaan.
    Dan untuk alasan nomer 5 adalah dimana perawatan untuk kesehatan (pencegahaan) ini membuat para karyawan bisa bekerja secara lebih baik.

    BalasHapus
  8. Menurut saya hal yang berpengaruh dalam program tersebut adalah tunjangan yang fleksibel pada karyawan, karena dengan begitu bisa memotivasi karyawan untuk berkinerja lebih baik lagi, konsisten dalam pekerjaan, dan bisa memilih sendiri tunjangan mana yang diiginkan karyawan sesuai yang diperlukan ato yang menjadi kebutuhan.
    Yang kedua program pendampingan karyawan, karena dengan adanya pendampingan bagi karyawan, memudahkan bagi seorang karyawan untuk dapat menyampaikan masalah-masalah yang ada, bekerja sama dalam pekerjaan, serta memberikan kemudahan dalam suatu pekerjaan

    BalasHapus
  9. Saya akan memilih no 2 dan no 3
    karena dengan jam kerja yang fleksibel karyawan dapat memanfaatkan waktu dengan sangat optimal dan lebih menghargai waktunya serta akan lebih bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

    dengan tunjangan yang dapat dipilih oleh karyawan,karyawan dapat menentukan tunjangan mana yang cocok untuk dirinya dan dengan pilihan yang tepat karyawan akan lebih termotivasi dan puas dengan pekerjaannya

    BalasHapus
  10. saya memilih no 2 dan 3 yaitu jam kerja yang fleksibel dengan adanya jam kerja yang fleksibel karyawan merasa lebih rilex dan nyaman bekerja diorganisasi tersebut
    kalau no 3 tunjangan yang fleksibel yaitu utuk membuat karyawan merasa cocok dan tidak ada niat untuk berpindah keorganisasi lain.

    BalasHapus
  11. jika saya mnejadi seorang karyawan saya akan lebih memilih no 2 dan 3 yaitu jam kerja yang fleksibel dan tunjangan yang fleksibel.
    mengapa saya memilih jam kerja yang fleksibel karena dengan jam kerja yang fleksibel saya dapat mengatur waktu aktivitas saya yang selanjutnya dan itu juga dapat menghindari kekacauan dalam jam aktivitas saya sebagai karyawan di suatu organisasi.
    dan mengapa juga saya memilih tujangan yang fleksibel karena dengan adanya tunjangan yang fleksibel karyawan merasa lebih giat dalam bekerja di suatu organisasi tersebut dan setidaknya dengan tunjangan yang fleksibel tersebut dapat membantu mengatur ekonomi yang dimiliki seorang karyawan.

    BalasHapus
  12. Saya memilih nomer 2 dan 3 karena jam kerja yg fleksibel sangat baik bagi karyawan dengan kinerja yang efekif dan maksimal..nomer 3 yaitu tunjangan yang fleksibel memberikan rasa nyaman kepada karyawan tersebut untuk bertahan di organisasi atau perusahaan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat indra. dengan jam kerja yang fleksibel, akan membuat karyawan lebih maksimal dalam bekerja. juga dengan tunjangan yang fleksibel, karyawan dapat memilih sendiri, tentu itu akan membuat karyawan lebih merasa nyaman dan bertahan di organisasi karena mereka pasti akan memilih tunjangan yang benar - benar diperlukan oleh mereka.

      Hapus
  13. menurut saya yang dapat mendorong komitmen saya untuk terus bekerja di tempat kerja tersebut adalah nomer 1 dan nomer 2 yaitu program pendampingan karyawan dan jam kerja yang flexibel,
    1. karena pendampingan terhadap karyawan itu membuat hubungan perusahaan dengan karyawan yang didampingi lebih baik, karena karyawan tersebut merasa diperhatikan oleh perushaan.
    2. tunjangan yg flexible-karena bagi karyawan hal itu dapat memotivasi karyawan untuk berkinerja lebih baik dan dapat memilih sendiri tunjangan yang diinginkannya atau sesuai kebutuhannya.

    BalasHapus
  14. Saya memilih nomor 2 dan 6 yaitu jam kerja yang flexible dan ijin untuk merawat anggota keluarga yang sakit. karena dengan jam kerja yang flexible waktu yang saya jadi tidak habis hanya untuk disatu pekerjaan saja, melainkan saya dapat berlatih,mempelajari hal-hal lain yang dapat mengembangkan kinerja saya dan juga saya sebagai pekerja tidak hanya memiliki waktu untuk perusahaan tempat saya bekerja saja tapi juga untuk yang lain misalnya keluarga saya, jadi ijin untuk merawat anggota keluarga yang sakit pun dapat dilakukan dengan adanya jam kerja yang flexible yang saya miliki.

    BalasHapus
  15. Menurut saya hal-hal yang mempengaruhi komitmen seorang karyawan adalah nomer 3 karena dengan tunjungan yang dipilih sendiri oleh karyawan tersebut maka itu akan lebih membuat seorang karyawan lebih bekerja secara maksimal karena apa yang akan diperoleh dari hasil kerjanya adalah bentuk dari keinginannya sendiri jadi itu akan lebih membuat seorang karyawan menjadi lebih efektif dalam bekerja

    BalasHapus
  16. dari 7 program diatas saya cenderung memilih jam kerja yang fleksibel dan tunjangan yang fleksibel. jam kerja yang fleksibel dapat menurunkan tingkat stress dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. dengan jam kerja yang fleksibel kita tidak perlu seharian berada di kantor, dan dapat memanfaatkan waktu untuk hal lainnya. sedangkan tunjangan yang fleksibel memungkinkan kita untuk memilih jenis tunjangan yang sesuai dengan kebutuhan kita. dengan adanya tunjangan yang sesuai dengan kebutuhan, kita akan semakin termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan berkomitmen penuh bagi organisasi.

    BalasHapus
  17. menurut saya hal-hal yang mempengarihi komitmen karyawan adalah nomer 2 karena dengan adanya jam kerja yang fleksibel akan lebih membuat karyawan bekerja dengan maksismal dan efektif

    BalasHapus
  18. lanjutan : dengan menerapkan jam kerja yang fleksibel maka akan membuat seorang karyawan merasa bahwa ia bekerja dengan jam yang efektif

    BalasHapus
  19. Menurut saya jika saya menjadi karyawan saya akan memilih no 2 jam kerja yang fleksibel dan no 3 tunjangan yang fleksibel krena menurut saya jika jam kerja lebih fleksibel saya karyawan akan bekerja secara maksimal dimana lebih gampang untuk berfokus pada pekerjaan. Tunjungan pun juga berpengaruh karena jika tunjangan yang kita terima sesuai maka akan menambah semangat dan loyalitas terhadap perusahaan dimana tempat saya bekerja.

    BalasHapus
  20. saya memilih no2 fleksibil yang lebih besar mampu mengurangi absensi, meningkatkan kesehatan karyawan dan bahkan membantu memperkuat komitmen karyawan.dan memilih no.3 dengan mengembangkan paket tunjangan,rencana tunjangan yang memungkinkan setiap karyawan unntuk membuat paket tunjangan yang disesuaikan secara individual dengan ketentuan-ketentuan dan situasi dirinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam kerja secara fleksibel itu seperti gimana ? tolong jelaskan dan berikan contoh .trims

      Hapus
  21. theo fondy

    saya memilih program kerja yang fleksibel dan tunjangan yang fleksibel.karena dengan proogram kerja yang fleksibel itu membuat saya merasa nyaman dalam bekerja dan dapat melakukan kegiatan yang lain juga.selain itu dengan adanya tunjangan itu membuat saya merasa tenang dengan tempat saya bekerja karena adanya tunjangan tersebut.secara tidak langsung itu akan meningkatkan loyalitas saya terhadap perusahaan

    BalasHapus
  22. Brian Hendrawan 3103009205
    Menurut saya no 2 dan 3
    saya memilih jam kerja yang fleksibel dan tunjangan yang fleksibel..
    Dengan jam kerja yang fleksibel dalam arti tidak terlalu terikat dan saya dapat menyelesaikan tugas dengan nyaman.
    Dan dengan tunjangan yang dapat dipilih sendiri, saya dapat menekankan tunjangan yang saya perlukan pada kegiatan yang sesuai keinginan saya

    BalasHapus
  23. Saya akan memilih jam kerja yang fleksibel dan tunjangan yang fleksibel. Karyawan akan lebih senang apabila bisa diberi kebebasan untuk memilih.

    BalasHapus
  24. Hendry 3103011031 kelas c
    Menurut Saya program pendampingan karyawan karena dengan adanya hal itu, karyawan dapat menyampaikan masalah - masalah yang terjadi dalam pekerjaannya sehingga mengurangi terjadinya hal - hal yang tidak di inginkan di tempat kerja, karyawan dapat menyampaikan pendapatnya.

    BalasHapus