SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Audit MSDM (Bahan Diskusi X, Genap 2013)

Bahan Bacaan: Cannings, Anne & Trevor Hills. 2012. The framework for auditing HR: strengthening the role of HR in the organization. Industrial and Commercial Training, Vol. 44 (3): 139-149

Audit MSDM  merupakan suatu riset formal untuk mengevaluasi keadaan manajemen SDM saat ini dalam sebuah organisasi. Cannings & Hills (2012) mengemukakan beberapa manfaat dari Audit MSDM yaitu:
  1. mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti
  2. meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi
  3. membantu organisasi untuk lebih fokus pada pemecahan yang produktif
  4. lmembantu organisasi untuk ebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada
  5. meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM
  6. memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan

Instruksi untuk diskusi:

Pilihlah salah satu dari 6 manfaat Audit SDM di atas dan jelaskan bagaimana Audit SDM dapat memberi manfaat seperti yang Saudara pilih tersebut. Selamat berdiskusi

101 komentar:

  1. Saya memilih nomer 4, karena menurut saya membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan
      Audit SDM dapat memberi manfaat dengan cara memanfaatkan SDM yang ada untuk lebih berkembang dalam organisasi dengan mengikutkan "semacam pelatihan karier sesuai dengan posisi jabatan dan pekerjaan.

      Hapus
    2. saya ingin bertanya pada saudara hartono,
      apakah dengan mengikuti pelatihan karir mampu lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu?? padahal seperti yang kita ketahui tidak semua individu yang mengikuti pelatihan karir mampu memberikan efek yang baik?
      terimah kasih.

      Hapus
    3. Edwin tanujaya_3103011041 kls c
      Saya memilih no 6,
      Memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan ,karena Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Para atasan atau manajer sering tidak memperhatikan kecuali sudah amat buruk atau segala sesuatu jadi serba salah. Terlalu sering manajer tidak mengetahui betapa buruknya kinerja telah merosot sehingga perusahaan / instansi menghadapi krisis yang serius. Kesan – kesan buruk organisasi yang mendalam berakibat dan mengabaikan tanda – tanda peringatan adanya kinerja yang merosot.

      Hapus
    4. saya setuju dengan yang no 4 diamana membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. jadi melalui peningkatan potensi secara tidak langsung mampu untuk mengubah segala aspek dalam terjadinya sistem pengorganisasian. oleh sebab itu pentingnya peningkatan potensi setiap individu dengan menempa sikap dan kinerja mereka.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan no 4 karena dengan adanya audit sdm maka akan memudahkan organisasi dalam memaksimalkan kinerja anggotanya dan hal itu mudah dilakuakn dan dapat dipantau setiap saat...
      Selain itu pula dengan adanya audit maka mereka akan lebih meningkatkan potensi merwka agar tidak kalah dengan rekan kerja lainnya

      Hapus
  2. saya memilih no 6 karena menurut saya dengan adanya audit SDM bukan hanya memberikan manfaat kepada SDM tetapi juga pada perusahaan secara keseluruhan karena kalau SDM berkembang lebih baik maka secara otomatis kinerjanya juga akan lebih baik dan itu berdampak positif bagi keseluruhan kinerja organisasi yang ditempati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju sekali dengan jawaban no 6 dari saudara Pricillia ,karena secara tidak langsung manfaat dari audit SDM tersebut terasa didalam organisasi jika setiap kinerja individu di tingkankan membuat dampak yang positif dan organisasi tersebut semakin maju.

      Hapus
    2. saya setuju dengan memilih no.6 (memperbaiki kinerja 0rganisasi keseluruhan) karena dengan mengevaluasi keadaan dan aktifitas MSDM saat ini dalam suatu organisasi, kita dapat menentukan langkah - langkah terbaik apa saja yang harus dilakukan sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja yang ada.

      Hapus
  3. Saya memilih no 2, karena dengan Adanya Audit SDM, tentunya kita akan mengetahui masalah-masalah apa saja yang ada pada karyawan di perusahaan tersebut. Dan tentunya dengan masalah yang telah diketahui, maka akan membantu kita untuk mencari berbagai alternatif solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudari Felicia karena dengan kita bisa meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi maka akan membantu kita untuk mencari berbagai alternatif solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi organisasi.

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudari Feli.
      berikan contoh masalah karyawan yang ada di Perusahaan dan alternatif solusinya ?
      terima kasih
      Desy Ayu (3103011284)

      Hapus
    3. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudari Desy,
      Misalkan setelah dilakukan audit SDM, ditemukan bahwa sebuah perusahaan sering mengalami masalah berupa ketidakpuasan kerja dan kurangnya motivasi kerja karyawan. Dengan adanya audit ini, masalah dapat diidentifikasi ketika masih berskala kecil sehingga memudahkan pemecahan masalah atau menemukan alternatif-alternatif solusi permasalahan.

      Untuk permasalahan di atas, solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan diantaranya bisa berupa: tindakan penegakan kedisiplian dan koreksi, memberikan pelatihan dan pengembangan khususnya yang menyangkut softskills disertai dengan bimbingan dan konseling kepada karyawan khususnya oleh manajer dan karyawan senior yang berwibawa, menerapkan sistem imbalan yang menarik kepada karyawan berprestasi dan hukuman kepada yang berkinerja dibawah standar secara obyektif, tegas dan tidak diskriminasi, dan sebagainya.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  4. saya memilih nomer 5. Manfaat audit SDM yaitu meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. Keunggulan kompetitif merupakan output dari proses yang sistematik dan sah untuk mendapatkan dan menganalisa informasi mengenai pesaing bisnis yang telah ada dan potensial. Outputnya mungkin terdiri atas rencana/pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing, fokus mereka, kegiatan atau program yang sedang dijalankan. Sedangkan pengelolaan SDM yang dimaksud adalah semua aktivitas pengelolaan SDM setelah ada diperusahaan yang dapat meningkatkan kualitas (skill) karyawan, mulai dari pelatihan dan pengembangan sampai dengan penilaian kinerja karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya memilih nomer 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan,karena dengan melakukan perbaikan kinerja didalam suatu organisasi maka secara tidak langsung kinerja dari setiap individu didalam organisasi akan meningkan dan semakin baik dalam kedepan dan memberikan manfaat dari audit SDM yang dipilih tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Anita untuk memilih nomor 5. karena keunggulan SDM adalah keunggulan yang sulit ditiru oleh organisasi lain, maka audit MSDM sangat diperlukan. Audit MSDM dapat meningkatkan kompetensi-kompetensi SDM melalui program-programnya. seperti pelatihan-pelatihan, motivasi, dll.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudari Anita, menurut saya dengan audit SDM kita mampu mengetahui basic dan potensi karyawan sehingga kita mampu mengelola karyawan dengan maksimal pula sesuai dengan tujuan perusahaan dan potensi karyawan

      Hapus
  5. Saya memilih no 5, yaitu meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. Karena dengan upaya pengelolaan SDM yang baik akan meningkatkan potensi dan kualitas para SDM juga. Karena menjalani suatu usaha, kondisi pesaing dan teknologi serta perkembangan jaman lainnya selalu berubah dan terkadang tidak terduga. Dengan adanya evaluasi dalam suatu organisasi hal tersebut perusahaan atau dalam organisasi akan membantu sekali untuk peningkatan skill para SDM. Perusahaan juga dapat mengetahui segala kekurangan yang ada dalam organisasi dan mencari solusinya dan cara agar kesalan maupun kekurangan yang dialami sebelumnya tidak terulang kembali demi kemajuan perusahaan itu sendiri. Dan juga SDM/karyawan akan merasa senang jika diperhatikan oleh atasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudari Dwima pada poin 5 yaitu meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. Karyawan adalah suatu asset yang berharga bagi perusahaan karena mereka memegang peranan yang sangat penting dalam penciptaan keunggulan kompetitif perusahaan. Menjadikan karyawan sebagai asset berarti menempatkan karyawan pada posisi yang penting dengan strategi bersaing dan pencapaian tujuan perusahaan. Fungsi manajemen SDM, tidak cukup hanya dipandang sebagai fungsi pendukung operasi dan lebih rendah dari fungsi utama yang lain (pemasaran, operasional, keuangan) tetapi harus ditempatkan pada posisi yang sejajar. Karena memang pada kenyataannya salah satu kunci keberhasilan perusahaan terletak pada kualitas SDM-nya. SDM yang berkualitas hanya dapat diperoleh dari proses pengelolaan SDM yang berkualitas juga.
      Sehingga dengan adanya audit ini,perusahaan dapat mengetahui apa saja kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh SDM dan apakah kebutuhan tersebut telah terpenuhi sehingga SDM dapat dikelola dengan baik dan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
      Sumber : http://menarailmuku.blogspot.com/2012/09/audit-manajemen.html

      Hapus
    2. NOVIA / KELAS C( 31030111084) : saya sependapat dengan saudari dwima, yaitu poin no 5 meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. karena dengan ada nya pengelolaan SDM yang kompetitif maka perusahaan akan memiliki SDM yang berkualitas dan tentunya mencapai keberhasilan yang baik pula bagi perusahaan.Perusahaan juga dapat mengetahui segala kekurangan yang ada dalam organisasinya sehingga SDM juga merasa diperhatikan

      Hapus
    3. menurut saya memang yang paling bermanfaat adalah memang poin 5 dmna dengan meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan perusahaan akan memiliki SDM yang berkualitas disni juga saya ingin mengatakan menurut saya SDM berpuakan bagian penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.. sehingga dengan melakukan audit perusahaan tau kebutuhan SDMnya

      Hapus
  6. saya memilih no 2.
    alasannya karena dengan adanya manfaat audit SDM dengan meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi, maka tentunya perusahaan atau kita mampu memberikan alternatif untuk masalah yang nantinya terjadi didalam organisasi.dan ketika masalah terjadi didalam perusahaan nantinya, perusahaan telah memiliki cadangan atau telah memiliki alternatif pemecahan masalah, dan permasalahan yang terjadi mampu di selesaikan dengan cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Maryani ,alternatif pemecahan masalah seperti apa yang akan dilakukan jika benar ada suatu masalah? berikan contoh konkritnya.

      Hapus
  7. Saya memilih no 4 membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada.
    Alasaannya, audit SDM adalah pemeriksaan kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan sehingga perusahaan dapat mengetahui kualitas SDM yang ada di perusahaan. Sehingga lebih mempermudah bagi perusahaan dalam menepatkan dan memutuskan karyaawan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang ada, agar kinerja dari tiap-tiap SDM menjadi optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju menurut anggie, karena audit SDM perlu dilakukan untuk memeriksa kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, devisi atau perusahaan dan mengevaluasinya dan bisa lebih di tingkatkan atau di perbaiki lagi.

      Hapus
    2. Saya ingin bertabya kepada saudari Anggie,bukankah jawaban Anda di atas lebih cocok dengan nomor 6? Lalu, untuk memanfaatkan SDM secara efektif dengan audit SDM itu seperti apa? Terima kasih.

      Hapus
    3. terimakasih atas pertanyaan dari saudari melinda.
      saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudari, audit lebih pada pemeriksaan atas kinerja sedangkan hasil dari audit dapat digunakan untuk memeprbaiki kualitas SDM.sehingga saya lebih menitik beratkan pada pada audit SDM dari pada memperbaiki kinerja organisasi secara menyeluruh. cara memanfaatkan SDM secara efektif dengan audit SDM dengan cara menepatkan SDM sesuai dengan keahlian yang dimiliki tiap SDM sehingga setiap SDM akan memberikan kinerja yang memuaskan bagi perusahaan. terimakasih

      Hapus
  8. Menurut saya no.5, meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM

    Dengan pengelolaan SDM yang ada maka memiliki imbas positif yakni peningkatan keunggulan kompetitif organisasi secara keseluruhan. Denagan diadakannya audit maka, organisasi mengetahui kualitas SDM mereka , melakukan pengelolaan serta keunggulan kompetitif akan meningkat. Dengan adanya audit yang dilakukan oleh perusahaan maka perusahaan mengerti lebih mendalam mengenai kualitas SDM nya, dapat digunakan untuk bersaing dengan perusahaan yang lain.

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari novita diatas dengan pengelolaan SDM terlebih dahulu maka kinerja karyawan akan dapat terarah dan berjalan dengan baik selain itu kualitas kinerja karyawan juga dapat diperbaiki sehingga dapat menghasilkan hasil kinerja yg lebih baik lagi untuk perusahaan tersebut

      Linda puspita sari/A/3103011023

      Hapus
    2. FITRIA MAILINDA KELAS A

      Saya juga setuju dengan pendapat saudari Novita. Tetapi saya ingin bertanya bagaimanakah tindakan riil/contoh tindakan dari audit untuk meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM.

      Hapus
  9. saya memilih nomor 6, memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.

    dengan melakukan audit SDM, perusahaan dapat mengetahui potensi-potensi yang dimiliki karyawannya,Manajer SDM lebih mampu mengevaluasi posisi dalam bisnis tersebut dan melihat siapa yang perlu dipromosikan, siapa yang tidak, dan apa yang perlu dilakukan staf. sehingga karyawan tersebut dapat berkerja dengan maksimum dan memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pernyataan saudara edward bahwa dengan melakukan audit SDM , manajer dapat memperbaiki kinerja oranisasi secara keseluruhan

      Hapus
  10. Saya memilih nomor 4 :membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada.
    Karena, pertama Human Resource Audit mengevaluasi aktivitas SDM disebuah organisasi dengan tujuan memperbaiki aktivitas-aktivitas tersebut. Audit dapat meliputi satu divisi atau seluruh organisasi. Audit ini juga memberikan umpan balik perihal seberapa baik manajer memenuhi tanggung jawab Sumber daya manusia mereka. Pendeknya, audit merupakan kontrol; kualitas keseluruhan yang mempengaruhi aktivitas SDM di dalam departemen, divisi, atau seluruh Perusahaan. Terkait dengan point 4-- Audit SDM dapat mengidentifikasi berbagai hal yang masih dapat ditingkatkan terhadap aktivitas SDM dalam menunjang kontribusinya thdp Perusahaan dan memanfaatkan potensi individu sekaligus mengukur kesesuaian program dgn tujuan organisasi. Kemudian untuk memanfaatkan potensi individu yang ada dapat dilakukan dengan Perencanaan dan pengembangan karir--harus diiikuti dengan evaluasi yang memadai, kebutuhan karyawan, dan penilaian kinerja,
    pelatihan dan pengembangan karyawan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pelatihan menekankan pada peningkatan keterampilan dan kemampuan SDM dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya saat ini, sedangkan pengembangan SDM lebih menekankan pada peningkatan kinerja SDM di masa yang akan datang.
    Indahwati-3103011003.

    BalasHapus
  11. samuel_msdm2 kls b
    saya memilih nomor 6 yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. karena mungkin ketika manajer melkukan proses audit kinerja pasti ada masalah yang timbul pada masing departement, dan tugas manajer SDM yaitu memanggil kepala bagian pada masing departement dan melakukan komunikasi dengan mengevaluasi setiap kinerja pada departement" yang bersangkutan agar kinerja mereka dapat meningkat. kehadiran manajer dalam melakukan audit mendorong karyawan juga untuk bekerja lebih giat dari pada manajer yang tidak melakukan audit.

    BalasHapus
  12. Menurut saya manfaat audit SDM adalah no 2 . meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi karena :
    Berdasarkan Langkah-langkah Audit

    1.      Audit

    Pada tahap ini, auditor menekankan auditnya pada pencarian informasi latar belakang dan gambaran umum terhadap program/aktivitas SDM yang diaudit.

    2.      Criteria
    Criteria merupakan standar (norma) yang menjadi pedoman bertindak bagi setiap individu dan kelompok dalam organisasi.

    3.      Penyebab
    Penyebab (cause) merupakan pelaksanaan program-program SDM dalam organisasi yang menyebabkan terjadinya kondisi SDM yang ada pada saat ini.

    4.      Akibat
    Akibat (effect) merupakan sesuatu yang harus ditanggung atau dinikmati perusahaan karena terjadinya perbedaan aktivitas yang seharusnya dilakukan (berdasarkan criteria) dengan aktivitas actual yang terjadi di lapangan (dilakukan oleh setiap komponen dalam organisasi).

    5.      Tindaklanjut
    Tindak lanjut merupakan implementasi dari rekomendasi yang diajukan oleh auditor.Manajemen dan auditor harus sepakat dan secara bersama-sama dalam melaksanakan tindak lanjut perbaikan tersebut

    Dari langkah-langkah tersebut telah dapat disimpulkan bahwa audit SDM dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi organisasi. Melakukan segala perbaikan dan penyeselesaian masalah di dalam organisasi melalui audit SDM.

    Deviani Tanoyo / D / 3103011024

    BalasHapus
  13. saya memilih no. 6: memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan

    Kerangka kerja audit SDM menghubungkan pengeolaan SDM dengan tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan. Dalam hubungan ini audit menilai dukungan SDM terhadap pencapaian tujuan perusahaan, komitmen perusahaan dalam memberdayakan, dan melibatkan SDM, serta mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam hubungan tersebut dan merekomendasikan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Hal ini untuk memastikan bahwa fungsi SDM telah berjalan dan mampu memberi kontribusinya dengan baik dalam pencapaian keberhasilan perusahaan.

    BalasHapus
  14. saya memilih nomor 6 yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Karena Audit SDM dapat melakukan evaluasi secara konprehensif terhadap kinerja program yang dilaksanakan pada perusahaan. Penilaian tersebut ditekankan pada ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas program dalam mencapai tujuannya. Dari hasil audit akan diketahui apakah beberapa program masih mungkin untuk ditingkatkan kinerjanya atau memang program tersebut belum berjalan secara maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari agnes yang memilih no 6 yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.. dengan memperbaiki kinerja keseluruhan, maka audit untuk dimungkinkan tidak perlu harus kerja 2x untuk melakukan evaluasi penilaian secara konprehesif. terima kasih

      Hapus
    2. Veronica Michelle 3103011091 kls C

      Saya setuju dengan pendapat saudari Agnes memilih no 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.
      Penilaian yang ditekankan Msdm pada ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas program dalam mencapai tujuannya.
      Dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan apakah beberapa program masih mungkin untuk ditingkatkan kinerjanya atau memang program tersebut belum berjalan secara maksimal.

      Hapus
    3. Rosenda Puspita/3103011050/kelas c

      Saya setuju dengan pendapat saudari Agnes bahwa Audit SDM dapat memberi manfaat yaitu nomor 6 : memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Karena dengan memperbaiki kinerja secara keseluruan, manfaat audit lebih maksimal untuk memperbaiki kinerja-kinerja perangkat perusahaan secara keseluruhan sehingga tujuan perusahaan lebih terarah dan tercapai.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat saudari Agnes,
      Melalui Audit MSDM, perusahaan melakukan pemeriksaan kualitas kegiatan SDM secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitik beratkan pada peningkatan atau perbaikan. Sehingga hasil dari Audit SDM mampu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  15. menurut saya, saya akan memilih no 1 yaitu mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti. Dengan mengurangi masalah yang ada maka SDM akan bekerja optimal sesuai dengan kinerjanya. Sehingga masalah - masalah yang menghambat dapat dinetralisir sehingga para pekerja tidak perlu mengurusi masalah - masalah yang tidak pasti bahkan tidak berhubungan dengan organisasi. Dengan hal ini Perusahaan akan mendapatkan kinerja yang optimal untuk Kinerja SDMnya.

    BalasHapus
  16. Menurut saya adlh nomer 2..karena..stiap konflik ato permslhan yang ada di dalam suatu perusahaan..harus dipikirkan benar' solusinya..melalui peningkatan alternatif solusi yg banyak akan lbh cepat untuk memecahkan prmslhan yg dpt merugikan perusahaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan jawaban Elly. Di dalam perusahaan pasti terdapat permasalahan dan konflik yang harus di pecahkan dan mencari solusi yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut melalui peningkatan alternatif solusi yang banyak akan lebih cepat untuk memecahkan permasalahan yang dapat merugikan perusahaan.

      Hapus
  17. Menurut saya audit SDM yang mencakup pengertian dari mengevaluasi keadaan manajemen adalah yang no 6, memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Sebab menurut saya audit sumber daya manusia merupakan tinjauan berkala yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia untuk mengukur efektifitas penggunaan sumber daya manusia yang terdapat di dalam suatu perusahaan secara keseluruhan. Intinya, melalui audit dapat menemukan permasalahan dan memastikan kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundangan-undangan dan rencana-rencana strategis perusahaan seperti yang dikemukakan juga oleh Menurut Gomez-Mejia (200 1 :28).

    BalasHapus
  18. saya memilih no 6 karena dengan memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan maka manajer SDM dapat lebih tepat mempekerjakan SDM yang lain dengan lebih baik, serta dapat efektif dalam bekerja di sebuah organisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara Ronald dengan memilih nomer 6 "memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan" dengan begitu manajer dapat melihat posisi mana yang tepat untuk para karyawannya agar dapar bekerja secara efektif.

      Hapus
  19. mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti, karena dalam audit, terdapat analisa2 yang mampu memecahkan permasalahan dalam suatu organisasi

    BalasHapus
  20. Point ke 6, memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Setahu saya ada beberapa perusahaan yang melakukan audit terhadap SDMnya secara diam-diam dengan jasa seseorang yang menjadi konsumen dari perusahaan tersebut. Dengan begitu kita dapat mengetahui dengan sejujur-jujurnya bagaimana kinerja karyawan yang ada dan sikap dan layanan karyawan kepada konsumen secara nyata tanpa ada yang direkayasa. Dengan begitu, kita tahu benar kekurangan SDM yang ada dan dapat memperbaikinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat diatas, bawasannya kegiatan audit MSDM ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Dengan melakukan audit kita dapat mengetahui cara kerja karyawan, apakah baik atau buruk, kemudian akan dievaluasi apakah layak untuk dipertahankan atau membutuhkan karyawan baru demi satu tujuan utama yaitu meningkatkan kinerja organisasi.

      Hapus
  21. Saya memilih nomor 4: Membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada.
    Karena, melalui audit SDM maka aktivitas organisasi dapat terlihat apakah sudah berjalan dengan efektif atau tidak, khususnya pada SDM yang ada, sehingga perkembangan organisasi serta kinerja individu-individu yang ada di perusahaan dapat terlihat dengan adanya berbagai macam bentuk perhitungan dan pengukuran audit SDM, dengan demikian melalui audit SDM dapat dilakukan pengelolaan serta pemanfaatan potensi-potensi individu-individu yang ada di perusahaan dengan tepat, sehingga membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki SDM yang ada.

    BalasHapus
  22. Agung 3103011078

    dari artikel di atas saya memilih no 6 yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. mengapa? karena audit sdm bisa mengetahui kinerja-kinerja yang perlu diperbaiki atau melakukan evaluasi agar perusahaan bisa berkembang dengan baik.

    terima kasih. NB: tidak menerima tanggapan... hehe

    BalasHapus
  23. saya memilih no 6, yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Karena audit sendiri merupakan evaluasi yang dilakukan perusahaan, di semua departemen, untuk mengetahui bagaimana departemen tersebut menjalankan jobdesc nya (apakah sudah sesuai atau belum. Menurut saya, pilihan no 6 sesuai dengan tujuan dari audit itu sendiri, yaitu mencari masalah-masalah yang menghambat kinerja departemen yang bersangkutan (dalam hal ini departemen SDM) dan berusaha untuk mencari solusi atas-atas masalah tersebut agar kinerja dari departemen tersebut dapat semakin baik yang nantinya juga akan berdampak positif terhadap organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat doni.dimana seorang audit harus dapat mencari msalah- masalah yang menghambat kinerja di dapartemen SDM maka diperlukan audit ADM untuk dapat mncari masalh-masalh tersebut dan juga mencari solusi atas masalah-masalh tersebut,ssehingga kinerja dari dapaertemen tersebut menjadi lebih baik

      Hapus
  24. Saya memilih no. 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Seperti yang kita tahu audit MSDM merupakan suatu riset formal untuk mengevaluasi keadaan manajemen SDM saat ini dalam sebuah organisasi. Jadi misalnya sebuah perusahaan menetapkan jangka waktu misalnya 1 tahun untuk melakukan audit. Dengan melakukan audit tersebut setiap tahunnya perusahaan dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi dan menemukan solusi untuk menyelesaikannya sehingga perusahaan dapat memperbaiki kinerjanya secara keseluruhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan pendapat Natalia yang memilih no.6 karena dengan memperbaiki kinerja secara menyeluruh atau secara keseluruhan maka seluruh masalah yang ada pada perusahaan akan dapat diketahui,mungkin tidak dapat secepat itu karena membutuhkan waktu dalam menyelesaikan masalah tersebut dan dengan kita mengetahui adanya sebuah masalah didalam perusahaan tersebut maka kita akan semakin terpancing untuk dapat bekerja lebih baik lagi guna menyelesaikan masalah tersebut.

      Hapus
  25. saya memilih nmr 5..
    karena untuk dapat melakukan audit SDM kita harus melakukan pengelolaan terlebih dahulu,sehingga untuk mendapatkan hasil SDM yang berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara linda.. disni anda mengatakan bahwa harus melakukan pengolahan terlebih dahulu, shingga mendapatkan hasil yang berkualitas.. saya mau bertanya pengolahan seperti apa yang anda maksud?

      Hapus
    2. yang saya maksud bukan "pengolahan" tetapi "pengelolaan"
      pengelolaan disini yang saya maksud adalah untuk melakukan peng auditan karyawan kita harus mengelola dahulu SDM yang ada, sehingga kita juga tidak akan rugi jika ada karyawan yang berkompeten di bidang lain atau di pekerjaan yang lain. untuk itu pengelolaan disini dapat berupa pelatihan dalam memperkenalkan karyawan kepada tanggung jawab yang lain (tugas diluar pekerjaan sebelumnya).
      terimakasih atas pertanyaannya.

      Hapus
  26. saya memilih membantu organisasi untuk ebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. dengan dilakukannya audit sdm dlm bidang ini, maka perusahaan dapat menggali, menemukan, melatih dan memaksimalkan potensi individu2 yang ada untuk mencapain suatu output kinerja yang lebih tinggi lagi. hal ini tidak mudah krena setiap individu memiliki potensi masing2 namun belum tentu mereka aware dengan potensi diri mereka sendiri, sehingga perusahaan dpt membantu melalui audit sdm bidang ini

    BalasHapus
  27. saya memilih membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. menurut saya audit SDM membantu perusahaan untuk organisasi yg ada di dalam perusahaan tsb, shg ketika perusahaan mengalami suatu masalah seperti misal adanya cabang baru perusahaan, audit dapat mencari dan mempekerjakan para SDM yg ada di dalam perusahaan tersebut krn lbh efisien dan dapat lbh memanfaatkan para individu yg ada di dalamnya, krn saya yakin bahwa individu dalam perusahaan lbh jauh mengetahui keadaan perusahaan tsb dibandingkan jika merekrut dr luar

    BalasHapus
  28. Saya memilih nomer 5 yaitu: meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM karena dengan pengelolaan SDM maka kinerja karyawan akan dapat terarah dengan baik dan dapat menghasilkan yang memuaskan selain itu juga dapat memperbaiki kualitas kerja yang buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Saudari Sherly..
      Menurut anda kan,dengan meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi dapat memperbaiki kualitas kinerja yang buruk.
      bagaimana apabila kualitas kinerja malah semakin buruk. apa yang akan anda lakukan?
      terima kasih.

      Hapus
    2. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudari Desy,
      Menurut saya, Audit SDM dapat membantu perusahaan dalam menemukan cara pengelolaan SDM yang baik, yang dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Di mana kini kualitas kinerja karyawan merupakan sebuah keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

      Apabila kualitas kinerja karyawan semakin memburuk, kemungkinan besar terdapat masalah dalam pengelolaan SDM, maka perusahaan pertama perlu mencari tahu apakah alasan yang menyebabkan permasalahan tersebut, salah satunya bisa melalui audit SDM dan kemudian mencari solusi untuk mengatasi penyebabnya atau memperbaiki metode pengelolaan SDMnya.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  29. saya memilih nomer 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan, karena Audit MSDM merupakan suatu riset formal untuk mengevaluasi keadaan manajemen SDM saat ini dalam sebuah organisasi yang mempunyai manfaat/dampak langsung memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. dengan adanya proses evaluaasi keadaan manajemen SDM saat ini maka kita dapat memberikan kritik dan saran yang membangun pihak manajemen itu sendiri sehingga, dikemudian hari pekerjaan dilaksanakan secara total dan profesionalitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudari Dian memilih nomer 6, yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan karena dengan memperbaiki kinerja organisasi maka manajer dapat melihat posisi yang dimiliki karyawannya apakah sesuai atau tidak dan juga mendapat pertimbangan juga kritik dan saran yang diterima, dengan begitu diharapkan karyawan dapat memperoleh posisi yang pas sehingga dapat bekerja secara efektif dalam organisasi.

      Hapus
  30. Saya memilih nomor 2 yaitu meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi

    mengapa??karena menurut saya dalam sebuah organisasi setelah adanya audit SDM, maka akan diketahui permasalahan apa saja ayng dihadapi dalam sebuag organisasi.Sedangkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pun bermacam macam dan membutuhkan cara penyelesaian yang berbeda pula.Maka diharapkan alternatif solusi umtuk sebuah masalah dapat lebih dari 1 , sehingga jika solusi pertama tidak dapat dijalankan, maka kita dapat menggunakan solusi lain yang mungkin lebih tepat.Terima kasih

    BalasHapus
  31. Saya memilih no. 6. Karena Perusahaan dalam era persaingan bisnis semakin ketat, setiap perusahaan perlu mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing.
    Perbaikan ini akan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan, atau minimal tetap dapat bertahan. Sebuah strategi untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan adalah dengan cara restrukturisasi.Perusahaan dalam era persaingan bisnis semakin ketat, setiap perusahaan perlu mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing.
    Perbaikan ini akan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan, atau minimal tetap dapat bertahan. Sebuah strategi untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan adalah dengan cara restrukturisasi.

    BalasHapus
  32. Saya memilih no 6 yaitu memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Karena audit mengevaluasi aktivitas-aktivitas sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi . Audit ini memberikan umpan balik mengenai fungsi sumber daya manusia kepada manajer manajer operasi dan spesialis-spesialis sumber daya manusia. Pendeknya, audit merupakan kontrol; kualitas keseluruhan yang mencek aktivitas sumber daya manusia di dalam sebuah departemen, divisi, atau seluruh perusahaan.Dengan demikian hasil dari audit tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan mengenai perbaikan apasaja yang dibutuhkan agar kedepannya perusahaan dapat menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  33. Saya memilih no. 4 karena dengan membantu para individu menggunakan potensi yang ada dapat meningkatkan kinerja individu tersebut terhadap organisasinya dan secara tidak langsung meningkatkan kinerja perusahaan. Caranya dengan memberikan fasilitas yang memadai agar potensi individu ini dapat keluar dan juga dengan cara memberikan pelatihan, tentu saja pemberian pelatihan ini tergantung dari minat individu tersebut, jadi tidak ada biaya yang keluar secara sia-sia.

    BalasHapus
  34. Saya memilih nomor 5, yaitu: meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. Karena ketika audit SDM melakukan pengecekan atau audit, pengecekan ini dapat menemukan masalah-masalah atau kelemahan yang ada dalam manajemen SDM. Setelah menemukan penyebab-penyebab masalah kelemahan, maka akan diketahui bagaimana cara untuk membenahi pengelolaan SDM dan meningkatkan kinerjanya, hingga keunggulan kompetitif organisasipun akan meningkat juga.

    BalasHapus
  35. Saya memilih no.6 dengan cara memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Menurut pendapat saya dengan cara memperbaiki kinerja keseluruhan suatu organisasi melalui audit internal perusahaan. Manajer SDM harus lebih mampu mengevaluasi posisi para karyawannya agar audit internal perusahaan dapat berjalan dengan baik, dan melihat karyawan yang berpotensi agar dapat dipromosikan.

    BalasHapus
  36. saya memilih no 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan,karena apabila kinerja organissi sudah di perbaiki secara keseluruhan pasti organisasi tersebut menjadi lebih baik.dengan menjadi baik nya suatu organisasi,organisasi tersebut pasti jarang menenmui masalah atau dapat dengan mudah mengatasi masalah nya.

    BalasHapus
  37. saya memilih no 1 mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti,mengurangi masalah adalah hal yang harus di lakukan suatu organisasi karena menghilangkan masalah itu pasti tidak mungkin dapat di lakukan,dan situasi yang tidak pasti harus di hilangkan karena dapat membuang waktu suatu organisasi dan menimbulkan masalah bagi organisasi.

    BalasHapus
  38. Saya memilih alasan no 2 dimana manfaat audit SDM untuk meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh sebuah organisasim jadi maksudnya dengan adanya audit sdm yang dibuat atau dilakukan oleh pihak perusahaan , mereka jadi bisa mengetahui masalah" apa saja yang akan terjadi dalam organisasi tersebut. Sehingga merek bisa menyiapkan berbagai macam solusi yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah. Selain itu dengan adanya audit jadi semua masalah bisa dihadapi dan diselesaikan dengan mudah karena kita bisa memprediksi masalah" yang akan kembali terjadi pada masa brikutnya. Sehingga masalah organisasi tersebut bisa cepat selesai, bukannya malah menimbulkan permasalahaan baru lagi.

    BalasHapus
  39. Nomor 4, membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. Audit SDM melakukan tinjauan dan evaluasi berkala terhadap pengelolaan SDM.
    Menurut Gomez-Mejia (2001:28), aktivitas yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia ini untuk mengukur efektifitas penggunaan sumber daya manusia yang terdapat di dalam suatu perusahaan.
    Maka dengan adanya audit SDM, setiap pengelolaannya akan menjadi lebih efektif karena potensi setiap individu terukur dan diarahkan dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  40. Menurut pendapat saya, saya lebih memilih nomor 4.membantu organisasi untuk ebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. Karena dengan adanya audit, itu akan sangat membantu suatu perusahaan, adanya audit mereka akan mengetahui apa saja yang terjadi pada perusahaan, masalah apa saja yg sedang terjadi dan audit dapat mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut hingga suatu organisasi dapat berjalan seperti semula.

    BalasHapus
  41. Akbar Tanjung
    Kelas D
    3103011298

    Saya memilih nomor 6, memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.
    Audit SDM melakukan evaluasi secara konfrehensif terhadap kinerja program yang dilaksanakan pada perusahaan. Evaluasi ditekankan pada efisiensi dan efektivitas program dalam mencapai tujuannya. Dari hasil audit akan diketahui apakah beberapa program masih mungkin untuk ditingkatkan kinerjanya atau memang program tersebut belum berjalan secara maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa anda tidak memilih no 4? kan hampir sama dengan no 6?

      Hapus
  42. Akbar Tanjung
    Kelas D
    3103011298

    Saya memilih nomor 6, memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.
    Audit SDM melakukan evaluasi secara konfrehensif terhadap kinerja program yang dilaksanakan pada perusahaan. Evaluasi ditekankan pada efisiensi dan efektivitas program dalam mencapai tujuannya. Dari hasil audit akan diketahui apakah beberapa program masih mungkin untuk ditingkatkan kinerjanya atau memang program tersebut belum berjalan secara maksimal.

    BalasHapus
  43. saya memilih nomor 5, meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM. karena dengan pengelolaan para SDM akan lebih memiliki skill dan pengalaman dalam bekerja dan juga dapat meningkatkan kinerja dan pengembangan bakat dari para SDM itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari jessica tentang peningkatan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengelolaan SDM,karena menurut saya agar tujuan suatu perusahaan dapat tercapai dengan baik, antara organisasi dengan pengelolaan SDM harus seimbang sehingga tujuan pun selain dapat tercapai tetapi juga dapat berjalan dengan baik untuk ke depannya nanti.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Jessica bahwa melalui pengelolaan SDM yang baik, skill dan bakat yang dimiliki SDM dapat dikembangkan, selain itu dapat memperbaiki kinerja SDM sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat Jessica, karena dengan pengelolaan SDM para karyawan akan lebih berkembang sehingga para SDM akan lebih dapat meningkatkan skill, pengalaman, dll untuk kepentingan bersama organisasi.

      Andre Chrisyudha Prayogo (3103011102) kelas C

      Hapus
  44. saya memilih nomer 4.membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada. karena menurut saya dengan bisa memanfaatkan potensi individu itu akan membuka peluang jalan yang baik untuk perusahaan, seperti perusahaan itu mempunyai SDM yang berpotensi.

    kelas B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat sdr. Adrianus bahwa nomer 4 merupakan manfaat yang didapatkan dari audit SDM karena dengan melakukan audit SDM maka perusahaan dapat memaksimalkan SDM yang dimiliki sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh mereka dan dengan adanya audit SDM, setiap pengelolaannya akan menjadi lebih efektif .

      Kelas A_Gisela_3103011245

      Hapus
  45. nomer 6 memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan. Karena audit msdm memperbaiki secara keseluruhan internal maupun eksternal organisasi sehingga masalah,isu-isu yang berkemabang di dalam maupun luar organisasi dapat mencapai solusi/permecahan masalah secara keseluruhan dan meningkatkan output dan input organisasi dan relasi antar individu dalam organisasi

    BalasHapus
  46. saya memilih nomor 1.mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti.
    audit SDM sangat penting dilakukan untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian didalam organisasi, banyak karyamwan yang hanya bekerja setengah-setengah saja karena merasa dalam situasi yang tidak pasti atau merasa terancam didalam perusahaan atau organisasi, sehingga pentingnya dilakukan audit SDM untuk memberikan kepastian jenjang karir serta kepastian kesejahteraan yang akan diberikan oleh perusahaan atau organisasi.

    BalasHapus
  47. saya memilih no 4 karena menurut saya,menemukan, mengembangkan dan menempatkan potensi seseorang pada posisi yang tepat adalah impian semua audit karena mencocokan potensi yang dimiliki sdm dan posisi yang dia tempati bukanlah pekerjaan yang mudah dan jika perusahaan dapat menerapkannya bahkan mengembangkannya, maka perusahaan tidak akan kalah dalam persaingan, bahkan dapat terus maju dan berkembang karen jika sdm ditemparkan pada posisi yang menurut dia cocok dan sesuai dia dapat mengembangkan karirnya dan mengembangkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Sdri. Winda bahwa nomer 4 merupakan manfaat yang didapatkan dari audit SDM karena dengan melakukan audit SDM secara rutin maka perusahaan dapat memaksimalkan SDM yang dimiliki sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh mereka. Sehingga diharapkan dengan adanya audit SDM maka tidak ada sebuah potensi yang luputdari proses audit SDM. Karena menurut saya, potensi / kelebihan yang dimiliki oleh setiap SDM merupakan aset. Aset yang akan menambah nilai dari perusahaan sehingga harus diberdayakan semaksimal mungkin dan pada akhirnya akan membawa dampak yang positif bagi perusahaan.

      Hapus
    2. ERMA_C/3103011054
      saya setuju dengan pendapar winda dengan perusahaan memanfaatkan setiap individunya dengan posisi yang tepat maka akan menjadi sebuah kemajuan bagi perusahaan tersebut dan juga untuk karyawannya. karena dengan begitu jenjang karir karyawan tersebut juga akan maju dan berkembang.

      Hapus
  48. saya memilih no 2 yaitu meningkatkan jumlah alternatif solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi. karena menurut saya dalam suatu organisasi / individu pasti memiliki permasalahan sendiri-sendiri dan biasanya masalah itu datang secara terus menerus. dengan begitu kita harus siap dengan solusi/ jalan keluar dari permasalahan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan tanggapan dari saudari olivia catherine bahwa permasalahan yang tejadi didalam organisasi timbul berasal dari internal dan eksternal perusahaan. Lingkungan internal dapat berasal dari faktor budaya perusahaan itu sendiri, maupun masalah sosial dari karyawan yang terdapat didalamnya. Sedangkan eksternal berasal dari luar perusahaan misalnya saja ancaman dari luar, ataupun gangguan - gangguan yang membuat para karyawan tidak nyaman bekerja di suatu perusahaan tersebut. misalnya saja teror, surat kaleng, suara - suara yang bising dan menggangu, serta perbuatan masyarakat di lingkungan perusahaan yang mengganggu
      Oleh karena itu perlu adanya Audit SDM agar masalah - masalah tadi teratasi dengan baik dan dapat menemukan solusi yang tepat. Sehingga tujuan dan visi misi perusahaan dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan / dirancangkan sebelumnya

      Hapus
  49. Saya memilih nomor 6, karena menurut saya audit adalah untuk mengetahui sejauh mana tiap fungsi dari organisasi dalam menjalankan kinerjanya, apakah ada yang tidak beres di dalam sistem tiap fungsi/ hal lain yang memberikan dampak pada kinerja organisasi. Nah, jika tiap fungsi perusahaan/ organisasi secara keseluruhan di audit dan di perbaiki, maka akan membuat organisasi semakin mudah mencapai visi yang di inginkan, mengingat penggerak utama di dalam organisasi adalah manusia sendiri, bukan teknologi/ yang lainnya.

    BalasHapus
  50. Saya memilih no 4,karena menurut saya dalam opsi no 4 tersebut yaitu membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu-individu yang ada apabila hal tersebut dapat terlaksana maka poin2 1 2 3 5 6 akan dapat terwujud sesuai prosesnya.karena poin 4 merupakan faktor yang dapat mempengaruhi ke 5 poin lainnya.apabila poin 4 tercapai pasti poin yang lain dapat pula tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan hendra. Audit SDM dapat memberi manfaat dengan cara memanfaatkan SDM yang ada untuk lebih berkembang dengan memberikan pelatihan - pelatihan pada posisi yang tepat pada SDM, dengan memberikan pelatihan itu, perusahaan akan lebih efektif memanfaatkan potensi individu- individu. Dengan mambantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu - individu yang ada maka poin yang lain akan terwujud sesuai prosesnya.

      Hapus
  51. Saya memilih no 6. Dengan adanya audit sdm dapat mengevaluasi kinerja sdm tersebut sehingga dengan demikian juga dapat memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Imelda, karenaa tugas utama seorang audit adalah mengecek segala kebutuhan dari kecocokan data yang telah dikerjakan dengan laporannya, sehingga jika ada kesalahan atau ketidakcocokan maka tugas audit memperbaiki kinerja tersebut yang kurang beres.

      Hapus
  52. kel
    Saya milih nomor 6, karena menurut saya audit adalah untuk mengetahui sejauh mana tiap fungsi dari organisasi dalam menjalankan kinerjanya apakah sudah efektif atau belum

    BalasHapus
  53. mengurangi masalah dan situasi yang tidak pasti

    saya memilih poin ini, karena situasi yang tidak pasti, menurut saya adalah yang merupakan andil terbersar yang dapat mengacaukan perusahaan tersebut.... dengan cara database ataupun riset menggunakan kuesioner merupakan cara yang tepat untuk meredam segala apapun yang terjadi yang bersifat tidak pasti (preventif)

    BalasHapus
  54. Hendry 3103011031 kelas c
    saya memilih membantu organisasi untuk lebih efektif dalam memanfaatkan potensi individu yang ada. menurut saya audit SDM membantu perusahaan untuk organisasi yg ada di dalam perusahaan, sehingga ketika perusahaan mengalami suatu masalah seperti adanya cabang baru perusahaan, audit dapat mencari dan mempekerjakan para SDM yg ada di dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus