SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 11 Mei 2013

Mengukur Keefektifan Pengelolaan SDM (Bahan Diskusi XI, Genap 2013)

Dalam perkuliahan MSDM I dan II, kita telah menyelesaikan pembahasan dan diskusi tentang bagaimana mengelola SDM dalam organisasi. Permasalahan terakhir adalah bagaimana kita mengetahui apakah pengelolaan yang telah kita lakukan itu sudah efektif atau belum. Oleh karena itu, kita harus melakukan evaluasi atas pengelolaan tersebut. Dalam melakukan evaluasi atas efektivitas pengelolaan SDM, kita dapat menggunakan:
  1. Riset MSDM
  2. Audit MSDM
  3. Metrik MSDM

Bahan Diskusi:

Jika Saudara karena satu atau lain hal hanya dimungkinkan untuk menggunakan salah satu dari 3 hal di atas, manakah yang akan Saudara lakukan untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM? Selamat berdiskusi..

105 komentar:

  1. Saya lebih memilih untuk memakai metode "Riset MSDM".
    Riset Sumber Daya Manusia akan sangat berguna bagi manajer SDM, HR director, kabag SDM, pengelola human capital, praktisi SDM, peneliti, konsultan, pebisnis, juga mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tesis.
    Pengertian Riset sumber daya manusia (Human Resources Research) adalah kegiatan menghimpun dan menginvestigasi berbagai fakta yang terkait dengan berbagai masalah sumber daya manusia guna menghilangkan atau mengurangi masalah yang terjadi.
    Riset sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai semua kegiatan yang melibatkan proses perencanaan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan informasi dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian, pemecahan masalah, dan penentuan peluang dalam SDM.
    Dalam riset sumber daya manusia – dan tentunya riset dalam pemahaman umum – diharapkan mampu memberikan informasi-informasi yang berkualitas, yang dapat dijadikan “kompas (alat bantu)” pengambilan keputusan.
    Disini tugas riset SDM adalah mengetahui lebih dalam masalah sebenarnya dibalik munculnya gejala2 tsb.Riset dapat dilakukan melalui survei, tes gambar, observasi, dsb. Untuk bisa melakukan dengan baik, periset harus mendapatkan informasi mendasar mengenai karyawan yg diteliti, baik itu masalah yang berhubungan dgn lingkungan makro dan masalah yg berhub.dgn lingkungan mikro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edwin_3103011041 kls c
      Saya lebih condong dengan memilih untuk menggunakan audit SDM,karena dengan mengaudit beberapa manfaat dari audit SDM, antara lain
      1. Mengidentifikasi kontribusi dari departemen SDM terhadap organisasi
      2. Meningkatkan citra profesioanal departemen SDM
      3. Mendorong tanggung jawab dan profesionalisme yang lebih tinggi karyawan departemen SDM.
      4. Memperjeas tugas-tugas dan tanggung jawab departemen SDM
      5. Mendorong terjadinya keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
      6. Menemukan masalah-masalah kritis dalam bidang SDM
      7. Memastikan ketaatan terhadap hokum dan peraturan dalam praktik SDM
      8. Menurunkan biaya SDM melalui prosedur SDM yang lebih efektif
      9. Meningkatkan keinginan untuk berubah dalam departemen SDM
      10. Memberikan evaluasi yang cermat terhadap system informasi SDM

      Hapus
    2. Edwin_3103011041 kls c

      Pengelolaan SDM memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian keunggulan bersaing perusahaan, dukungan SDM sangat berkualitas tinggi memiliki korelasi positif dengan penciptaan nilai tambah dan tingkat kualitas keputusan yang diambil dalam perusahaan.

      Hapus
    3. saya sependapat dengan edwin, karena dengan audit SDM kita jadi mengetahui dan mengevaluasi keadaan manajemen SDM saat ini dalam suatu organisasi, menguji seberapa baik aktivitas MSDM dalam suatu organisasi, tetapi semua itu juga membutuhkan proses panjang yang dimulai dari membuat suatu strategi hingga biaya SDM.

      Hapus
    4. Saya ingin menambahkan, karyawan atau Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki pikiran, perasaan, dan perilaku tertentu yang melandasi motivasi, sikap, loyalitas, pemahaman, peran, komitmen, dan kepuasannya dalam bekerja. Hal ini amat memengaruhi kinerja karyawan dan pada akhirnya memengaruhi perusahaan pula. Kerena perusahaan tidak bisa serta-merta mengetahui hal tersebut, penyelidikan atau Riset patut dilakukan utk menyelesaikan masalah yg ada.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat saudari indah. dimana saya lebih memilih riset msdm dikarenakan Riset sumber daya manusia (Human Resources Research) adalah kegiatan menghimpun dan menginvestigasi berbagai fakta yang terkait dengan berbagai masalah sumber daya manusia guna menghilangkan atau mengurangi masalah yang terjadi. jadi disini kita mampu menganalisa berbagai sektor dalam suatu perushaan melalui riset sdm dan dengna riset mampu untuk menyelesaikna persoalan-persoalan yang ada

      Hapus
    6. saya setuju dengan pendapat edwin melalui audit sdm maka kita dapat mengetahui seberapa baik kinerja Sdm kita dan dapat mengevaluasi management SDM, saya rasa cara audit lebih baik dari cara riset karena mungkin waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu riset sdm lebih panjang daripada audit sdm

      Hapus
    7. Saya setuju dengan pendapat dari saudara edwin sebab dengan cara audit dapat kita rangkum dan dapat kita lihat dengan mudah serta lebih efektif sehingga kita lebih mudah menyeleksi dan mengetahuui dan mengevaluasi bila ada sdm yang kurang berperan falam suatu organisasi.

      Hapus
  2. Menurut saya , saya akan menggunakan riset MSDM. Dengan riset msdm maka pihak organisasi akan melakukan penelitian/pencarian data yang dapat digunakan sebagai solusi untuk masalah yang dihadapi msdm maupun organisasi.
    Riset msdm akan menghasilkan data detail mengenai masalah yang dihadapi serta apa yang harus dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Menurut saya cara ini cukup efektif dibandingkan dengan metode yang lain karena hasil yang didapatkan lebih detail.

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Says setuju dengannpendapat Saudari novita diatas karena mnrut saya riset adlh Langkah awal yg digunakan untuk mencari masalah Atau hambatan yang di alami oleh para msdm tersebut.


      Linda puspita/3103011023/A

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Novita. menurut saya riset MSDM adalah hasil nyata dari pengelolaan SDM. hasil tersebut tidak mengada-ada karena riset dilakukan kepada SDM dalam organisasi. jadi menurut saya hasil riset MSDM lebih akurat dibandingkan dua cara lainnya.

      Hapus
  3. Menurut Saya untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM, saya akan menggunakan riset MSDM karena dengan riset msdm maka pihak organisasi dapat melakukan penelitian/pengumpulan data sehingga dari data yang didapat bisa dijadikan sebagai pedoman serta solusi dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi SDM maupun Organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi mengenai riset MSDM karena dengan riset msdm maka pihak organisasi dapat melakukan penelitian/pengumpulan data sehingga dari data yang didapat bisa dijadikan sebagai pedoman serta solusi dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi SDM maupun Organisasi. Menurut penjelasan saudara, menurut saya ini mengarah pada audit MSDM.

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. Maxell. Sanjaya 3103011006 A
      Saya setuju dengan pendapat anda bahwa untuk mengevaluasi sdm saya akan menggunakan riset msdm mengapa ? Karena dengan riset msdmkita bisa mengetahui semua aspek daripada msdm tersebut , serta memiliki data yang lengkap untuk menjadi pedoman dan acuan untuk memecahkan segala masalam SDM yang ada di dalam suatu organisasi tersebut .

      Hapus
  4. saya lebih condong untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan sdm menggunakan riset msdm. riset msdm dapat dijadikan alat bantu pengambilan keputusan msdm. dalam riset msdm, perusahaan mengumpulkan data-data yang aktual, valid, dan relevan dan melibatkan proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan informasi, dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian, pemecahan masalah, dan penentuan peluang dalam sdm. oleh karena itu menurut saya riset msdm dapat menjadi cara yang paling efektif untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan sdm .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pernyataan dari saudara Edward, bahwa riset sdm sangat cocok apabila di gunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan msdm.

      Hapus
    2. Veronica 3103011091 kelas C

      Saya setuju dgn pendapata saudara edward..
      Karena untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan msdm dengan menggunakan riset msdm lebih berpengaruh, dalam riset msdm juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan msdm yang ada.

      Dari pernyataan di atas juga menyebutkan bahwa berkaitan dengan pengidentifikasian, bisakah saudara dapat menjelaskan pernyataan tersebut?

      Terima Kasih :)

      Hapus
    3. Rosenda Puspita/3103011050/kelas C

      Saya setuju dengan pendapat saudara Edward, bahwa riset SDM dapat dijadikan alat bantu dalam pengambilan keputusan SDM.

      Karena kegiatan riset SDM melibatkan proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan dan pelaporan informasi. Dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian, pemecahan masalah dan penentuan peluang dalam sumber daya manusia, sehingga keputusan yang diambil melalui proses riset SDM dapat menjadi keputusan yang tepat bagi perusahaan.

      Hapus
    4. menjawab pertanyaan dari saudari Veronica,

      pengidentifikasian disini maksud saya adalah perusahaan dalam riset msdm harus mencari data-data yang valid, relevan, dan aktual dalam mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat.

      Hapus
  5. Secara pribadi saya akan lebih memilih untuk menggunakan audit SDM. Mengapa? karena lewat audit yang dilakukan terhadap pengelolaan SDM akan memberikan gambaran mengenai bagaimana proses pengelolaan SDM berjalan. Dari sini kita akan dapat melihat, sejauh mana pengelolaan yang berjalan dapat efektif serta kendala apa yang terjadi dalam pengelolaan, sehingga nantinya akan memudahkan pemegang keputusan untuk mengambil solusi terkait pengembangan pengelolaan SDM ke depan. Bukan berarti matriks maupun riset tidak baik, namun hasil atau data yang disajikan audit SDM akan lebih fundamen sehingga untuk menciptakan perbaikan akan memudahkan pengambil kebijakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju, karena dalam mengambil kebijakan kita perlu memperbaiki atau mengevaluasinya. setelah mengevaluasi, kita bisa mengetahui solusi yang mana yang harus di perbuat.

      Hapus
  6. saya akan memilihb riset SDM karena dengan melakukan audit terhadap pengelolaan SDM, perusahaan/organisasi dapat mendapatkan data yang valid tentang pengelolaan SDM yang berjalan di organisasi tersebut. sehingga dapat mengatasi masalah-masalah yang timbul di dalamnya dengan efektif dengan bantuan data-data SDM tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara pricil...
      Menurut anda, apa saja keunggulan menggunakan riset MSDM dibandingkan audit dan matrik SDM?sebutkan proses riset MSDM?dan data-data apa saja yg diperlukan dalam riset MSDM?.terima kasih...
      Syandi (3103011260)

      Hapus
    2. Saya ingin membantu menjwb pertanyaan Syandi..
      Proses riset MSDM :
      Riset dapat menghasilkan informasi yang berkualitas jika dicapai dengan mengikuti proses yang logis. Proses tersebut adalah sebagai berikut:
      a. Mengenali Permasalahan
      Mengenali permasalahan dalam riset adalah merupakan hal yang mutlak, karena dalam riset itu sendiri untuk menguraikan masalah.
      b. Merumuskan Permasalahan
      Langkah berikutnya dalam suatu riset adalah merumuskan rumusan masalah secara jelas. Rintangan utama yang harus diatasi adalah bahwa permasalahan – bukan gejalanya – harus ditentukan.
      c. Memilih Metode Investigasi
      Metode yang digunakan tergantung pada sifat riset. Namun, sebagian besar riset sumber daya manusia menggunakan metode kasus dan survey.
      d. Menyeleksi dan Menggunakan Instrumen Riset yang Tepat
      Penyeleksian instrument riset tergantung dari tujuan riset itu sendiri. Berbagai instrument kuantitatif untuk digunakan oleh periset sumber daya manusia. Para manajer tidak perlu menjadi seorang pakar dalam teori statistic untuk memanfaatkan instrument itu.
      e. Menginterpretasikan Hasil
      Orang yang paling dekat dengan permasalahan harus berpartisipasi dalam menginterpretasikan hasil riset. Seandainya pihak luar saja yang mencoba untuk melakukan hal ini, maka mereka sering tiba pada kesimpulan yang aneh.
      f. Mengambil Tindakan
      Langkah ini termasuk langkah yang paling sulit dalam suatu riset. Karena tidak jarang tindakan yang diambil bukan menyelesaikan masalah, justru menimbulkan masalah baru. Kendatipun demikian, manfaat riset hanya disadari apabila tindakan diambil untuk memecahkan masalah yang ada.
      g. Mengevaluasi Tindakan
      Upaya riset belum bisa dikatakan tuntas, jika belum sampai pada evaluasi tindakan yang telah diambil. Evaluasi memerlukan suatu penilaian yang objektif ikhwal tindakan yang telah memecahkan masalah, dan bagaimana caranya. Revisi mungkin dibutuhkan, atau bahkan seluruh rancangan riset mungkin perlu dipikirkan kembali jika pengambilan tindakan ternyata tidak mampu atau kurang mampu menyelesaikan masalah.

      Hapus
  7. saya pikir akan lebih efektif jika menggunakan audit SDM. jika dilihat dari pengertian audit SDM sendiri yaitu pemeriksaan kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan. sehingga dengan melakukan audit SDM kita dapat Memperjelas tugas-tugas dan tanggungjawab departemen SDM, Menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM, Menemukan masalah-masalah SDM yang kritis, Menyelesaikan keluhan-keluhan dengan berpedoman pada aturan yang berlaku, Mengurangi biaya-biaya SDM melalui prosedur yang efektif, Meningkatkan kesediaan untuk mau menerima perubahan yang diperlukan didalam departemen SDM.

    BalasHapus
  8. Menurut saya, untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM, maka saya akan menggunakan Riset MSDM, karena melalui riset MSDM setiap SDM yang ada dapat diukur kinerjanya berdasarkan indikator-indikator yang ada atau dengan kata lain MSDM melakukan riset, yaitu berupa penelitian kinerja serta penilaiannya pada tiap karyawan untuk mengukur kinerja setiap karyawannya berdasarkan data dari fakta yang ada, dengan demikian dapat dilakukan penilaian yang sesuai dengan kinerja karyawan melalui hasil riset, Sehingga dalam mengevaluasi pengelolaan SDM akn lebih tepat sasaran dan lebih efektif, karena dilakukan penilaian pada SDM secara langsung berdasarkan indikator kinerja yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Anda,bukankah riset berarti mengumpulkan data dari luar,sedangkan audit dari dalam perusahaan? Lantas apa yang mendasari saudara untuk lebih memilih riset SDM dari pada audit SDM untuk mengevaluasi kinerja yang merupakan sesuatu yang berada di dalam perusahaan,bukan di luar perusahaan? Sekian. Terima kasih.

      Hapus
    2. Saya akan mejawab pertanyaan Melinda, berdasarkan buku paket untuk riset merupakan pengumpulan data atau informasi SDM untuk menentukan efektifitas SDM dimasa lalu dan sekarang, sedangkan untuk Audit SDM adalah mengevaluasi keadaan SDM saat ini dalam sebuah organisasi. Sehingga yang mendasari saya memilih riset SDM karena menurut saya riset SDM berdasarkan masa lalu dan sekarang sehingga lebih efektif dan akurat.

      Hapus
  9. saya akan memilih riset msdm..
    untuk daoat mengevaluasi sdm yg ada kita harus melakukan riset terlebih dahulu,sehingga kita juga dapat mengetahui apakah pelaksanaan sdm yg ada sebelumnya sesuai dengan yg diinginkan oleh perusahaan. selain itu riset sdm adalah langkah awal untuk.melakukan audit sdm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KELAS A

      Saya setuju dengan pendapat saudari Linda, bahwa hasil dari riset msdm akan lebih akurat untuk kepentingan Pengelolaan SDM.

      Hapus
  10. Saya akan memilih riset msdm . Karena secara umum riset dijalankan dengan tujuan menghasilkan informasi, informasi ini dibutuhkan untuk para manajer,pengertian/defenisi riset SDM adalah semua kegiatan yang melibatkan proses perencanaan, pengumpulan, penganalisaan, dan pelaporan informasi, dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian, pemecahan masalah dan penentuan peluang dalam SDM. Riset SDM diharapkan memberikan informasi berkualitas sebagai kompas atau alat bantu pengambilan keputusan. informasi dikatakan berkualitas jika memenuhi kriteria relevan, akurat, realibel, valid dan aktual yang berguna bagi manajemen.

    Deviani Tanoyo / D / 3103011024

    BalasHapus
  11. Menurut daya, saya akan menggunakan Audit MSDM. Karena audit SDM merupakan suatu usaha riset formal yang dilakukan untuk mengevaluasi keadaan saat ini manajemen SDM dalam sebuah organisasi. Audit SDM mencoba untuk mengevaluasi seberapa baik aktivitas SDM dikerjakan, sehingga manajemen mengenali area-area untuk perbaikan.Selain itu, audit SDM juga kemudian akan membandingkan kondisi sebenarnya dari aktivitas SDM dengan sasaran yang telah di tentukan oleh manajemen. Seperti, usaha pelatihan pengembangan,sistem penggajian, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat saudari felicia dengan memilih audit. bahwa audit dapat mencoba mengevaluasiaktivitas sdm sehingga dapat mengenali area area untuk perbaikan. terima kasih

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat Saudari Felicia dengan memilih Audit Msdm. Pada intinya audit sumber daya manusia adalah proses pemeriksaan dan penilaian secara sistematis, obyektif, komprehensif, dan terdokumentasi terhadap fungsi-fungsi organisasi yang terpengaruh oleh manajemen sumber daya manusia semisal proyeksi masa depan kebutuhan SDM organisasi, dengan tujuan memastikan dipenuhinya azas kesesuaian, efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk mendukung tercapainya sasaran-sasaran fungsional maupun tujuan organisasi secara keseluruhan baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, sesuai dengan standar lokal (Pemda/Pemprov), standar internal (SOP/Company Polici), atau regulasi (International Standard/standar pemerintah).Audit SDM merupakan suatu metode evaluasi untuk menjamin bahwa potensi SDM dikembangkan secara optimal (Rosari, 12 Mei 2008).
      Sumber : http://innelrosa.blogspot.com/2012/04/audit-sumber-daya-manusia-sdm.html

      Hapus
    3. Saya memilih Audit MSDM karena Audit MSDM adl Proses sistematik dan formal utk mengukur manfaat keseluruhan program MSDM dan membandingkan efisiensi maupun efektivitas keseluruhan program MSDM tsb. serta mengevaluasi kompabilitasi fungsi SDM, kebijakan / prosedur SDM dan kinerja setiap program SDM.

      Terima kasih.

      Hapus
  12. saya memilih Audit SDM karena Audit MSDM merupakan sarana krusial bagi peningkatan kegiatan-kegiatan SDM. Audit MSDM jika dikelola dengan baik dapat membantu menjamin efektifitas fungsi MSDM dalam suatu organisasi sehingga dapat diperoleh konstribusi strategis dari fungsi MSDM demi terciptanya keunggulan bersaing, sebaliknya organisasi sulit mendeteksi dan mengoreksi kekurangan-kekurangan atau pun kesalahan-kesalahan yang terjadi pada pelaksanaan fungsi MSDM sehingga menghambat pencapaian sasaran-sasaran MSDM yang dapat menimbulkan masalah-masalah yang serius dan langsung berdampak strategis bagi organisasi. audit SDM adalah pengecekan pengendalian kualitas menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu divisi atau perusahaan dan terhadap bagaimana kegiatan-kegiatan tersebut mendukung strategi organisasi. audit MSDM merupakan faktor kunci penentu efektifitas manajemen SDM dalam organisasi. Pemberdayaan audit MSDM dapat meningkatkan efektifitas manajemen SDM yang berarti perbaikan kinerja departemen SDM, kepuasan kerja dan kinerja karyawan, serta kinerja organisasi. (dari artikel AUDIT-EFEKTIF MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA Oleh : Hanes Riady*

    BalasHapus
  13. saya memilih audit msdm karena dari pengertianya audit msdm merupakan sarana pemeriksaan formal untuk mengevaluasi keadaaan msdm saat ini. otomatis dengan melakukan audit tersebut kita menjadi tau bahwa aktivitas berjalan lancar dan sesuai sasaran.

    proses yang dilakukan audit msdm mungkin tidak serumit dan sekomplek metric msdm dan riset msdm, namun audit msdm ada tahapan yang terukur seperti menentukan sasaran, adakan pemeriksaan setiap aktivitas, dan mengevaluasi kondisi pengelolaan saat ini dengan sasaran yang ada, setelah itu diadakan rekomendasi perbaikan.

    dengan demikian audit msdm bertujuan untuk mengevaluasi seberaoa baikkah aktivitas msdm dalam suatu organisasi. namun tidak menutup kemungkinan menggunakan metric ataupun riset MSDM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Dian.
      Sebgai tambahan ,audit SDM merupakan salah satu cara untuk mengenal sejauh mana proses internal, sistem prosedur organisasi sudah memenuhi aspek keamanan baik secara hukum maupun juga membantu mengidentifikasi bagian SDM yang belum berjalan secara efektif dan efisien. Peninjauan secara berkala terhadap sistem dan prosedur organisasi yang berhubungan dengan SDM, tidak hanya membantu agar sistem dan prosedur tetap memenuhi persyaratan, namun juga membantu aspek finansial perusahaan agar tetap stabil dan mantap. jadi,menggunakan audit SDM sngatlah tepat untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM.
      Terimakasih.
      Gisela_A_3103011245

      Hapus
  14. saya memilih audit SDM, karena yang paling efektif karena dalam audit ada proses coaching dan couseling dari manajer hard untuk mengevaluasi kinerja karyawan yang terkait dalam masing-masing unit department yang ada.

    BalasHapus
  15. Menurut saya,untuk mengevaluasi keefektivitasan pengelolaan MSDM dapat dilakukan dengan menggunakan audit MSDM. Audit MSDM merupakan suatu metode evaluasi untuk menjamin bahwa potensi SDM dikembangkan secara optimal. Secara lebih terinci, audit SDM juga memberi feedback dan kesempatan untuk:
    1. Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM, yang meliputi: rekrutmen dan seleksi, pelatihan, dan penilaian kinerja.
    2. Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan
    3. Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan
    4. Mengidentifikasi berbagai masalah strategi dan administratif implementasi fungsi SDM
    5. Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM
    6. Mengevaluasi ketaatan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan, kebijakan dan regulasi pemerintah
    7. Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
    8. Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap program dan kegiatan SDM
    9. Memperbaiki kualitas staf SDM
    10. Memfokuskan staf SDM pada berbagai isu penting dan mempromosikan perubahan serta kreatifitas.
    Dengan demikian, pimpinan dapat memutuskan atau membuat perencanaan MSDM yang lebih baik lagi karena sudah mempunyai data audit perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Yosephine,
      Menurut saudara, apabila sebuah perusahaan dalam melakukan evaluasi atas efektivitas pengelolaan SDM hanya menggunakan audit MSDM saja apakah sudah cukup? Ataukah kedua metode lainnya, yaitu riset dan metrik MSDM juga sama-sama perlu untuk digunakan? Apakah alasan Anda?

      Terima Kasih^^

      Hapus
  16. saya memilih audit SDM, karena audit SDM adalah kegiatan melakukan pemeriksaan terhadap kualitas kegiatan SDM secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan. Sehingga dapat mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan sehingga perusahaan dapat mengetahui kualitas SDM yang ada di perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Anggie,Dalam melakukan evaluasi atas efektivitas pengelolaan SDM, kita dapat menggunakan 3 metode tersebut :
      Riset MSDM
      Audit MSDM
      Metrik MSDM
      Menurut anda metode yang mana memakan biaya yang banyak ? dalam melaksanakan metode tersebut.Mengapa?

      Hapus
  17. Saya pribadi lebih memilih menggunakan riset msdm. Karena dari riset tersebut kita bisa mendapatkan sebuah informasi yang dicari dari berbagai macam cara untuk melakukan riset tersebu. Setelah kita menemukan riset yang tepat. Sehingga informasi yang didapatpun sangat bermanfaat untuk organisasi tsb.

    Kelas B

    BalasHapus
  18. saya memilih audit MSDM, karena ini merupakan riset formal yang dilakukan di dalam sebuah perusahaan dengan mengumpulkan data-data dari dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mampu untuk mengevaluasi bagaimana kinerja dan kegiatan-kegiatan para SDMnya. Setelah itu, perusahaan akan memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan kualitas para SDMnya.

    BalasHapus
  19. saya memilih audit msdm.
    Karena dari situ keseluruhan msdm yang ada akan dilihat dan dievaluasi kinerja msdm, hasil, dan proses sehingga kia bisa tahu apakah pengelolaan yang telah kita lakukan itu sudah efektif atau belum.Dari situ kita bisa mengambil langkah-langkah atau proses yang lebih baik dan yang harus dilakukan kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut Saya,untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM yaitu dengan pilihan nomer 1 Riset MSDM.karena dengan kita melakukan Riset MSDM,maka kita akan menghasilkan data detail mengenai SDM yang ada(aktual, valid, dan relevan), melibatkan proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan informasi, dapat dijadikan alat bantu pengambilan keputusan msdm agar dapat pengidentifikasian, pemecahan masalah, dan penentuan peluang dalam SDM.

      Hapus
  20. Saya lebih memilih menggunakan audit, karena dengan mengaudit dapat sekaligus mengevaluasi dan memberikan kontribusi terhadap proses pengelolahan resiko, sehingga dapat mengidentifikasi dan meminimalisir resiko yang akan terjadi dan dengan adanya audit akan juga membantu perusahaan dalam mengevaluasi atas pengelolahan tersebut apakah evaluasi tersebut efektif ataukah tidak atas pengelolahan SDM yang terjadi di dalam perusahaan, sehinhgga informasi tersebut dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan.
    Cynthia-3103011108- kelas D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat cynthia, saya mau menanyakan apakah audit itu terlebih dahulu atau di belakangan? Terima kasih

      Hapus
    2. Saya ingin membantu menjawab pertanyaannya dari Saudara Aryanatha,Audit bermakna kegiatan pemeriksaaan terhadap suatu kesatuan ekonomi yang dilakukan seseorang/kelompok lembaga yang independent yang bertujuan untuk mengevaluasi atau mengukur lembaga atau perusahaan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya dengan kriteria yang ditentukan(http://badaiabu.wordpress.com/2009/10/11/audit-sumber-daya-manusia/. Kesimpulannya Audit dilakukan di belakangan.

      Hapus
  21. Saya memilih audit MSDM karena, di dalam audit MSDM terdapat evaluasi untuk SDM di setiap divisi yang menitikberatkan pada kinerja karyawan, sehingga dapat terlihat seberapa efektif pengelolaan SDM yang dilakukan. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk periode selanjutnya untuk mendukung aktifitas MSDM, agar tidak terjadi kesalahan yang terulang.

    BalasHapus
  22. menurut saya lebih efektif memakai riset MSDM karena riset msdm dapat dilakukan untuk pengambilan keputusan, dan dapat mengetahui masalah apa yang dihadapi oleh perusahaan dan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Ronald Prayoko
      Kenapa Saudara lebih memilih dengan riset MSDM dari pada Audit dan Matrix?
      Tolong beri alasan saudara?

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudara Ronald,apakah riset msdm juga dapat menghasilkan solusi permecahan/cara memecahkan masalah dalam pengelolaan SDM ?

      Hapus
    3. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudara Terry,
      Riset MSDM juga dapat menghasilkan solusi pemecahan dalam masalah pengelolaan SDM. Riset sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan tujuannya menjadi dua, yaitu: Riset untuk mengidentifikasi masalah dan Riset untuk memecahkan masalah.
      Riset pemecahan masalah dapat dijalankan untuk membantu memecahkan masalah SDM yang spesifik. Contoh spesifiknya untuk mengetahui apakah bentuk atau jenis kompensasi karyawan yang mampu menormalkan kembali kinerja karyawan yang menurun.

      Terima Kasih^^

      Hapus
  23. menurut saya, lebih efektif jika menggunakan audit MSDM. Audit sendiri merupakan suatu bentuk evaluasi secara keseluruhan dari aktivitas yang merupakan bagian dari manajemen SDM. Dari evaluasi tersebut, dapat ditemukan beberapa masalah yang mungkin selama ini membuat aktivitas MSDM di organisasi tersebut kurang baik dan dari sana dapat dicarikan solusi atas masalah-masalah tersebut. Dari audit juga dapat ditemukan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan SDM yang belum pernah dilakukan dan harus dilakukan segera atau aktivitas-aktivitas yang selama ini dilakukan tapi kurang memberikan hasil dan harus dihentikan.

    BalasHapus
  24. Saya lebih memilih menggunakan audit sdm. Karena dilihat dari pengertiannya saja audit sdm merupakan penelitian/pemeriksaan/penyelidikan formal untuk mengevaluasi keadaan manajemen saat ini dalam suatu organisasi. Dari pemeriksaan/penelitian tersebut kita bisa melihat seberapa baik atau tidaknya aktivitas sdm yang telah dilaksanakan. Jika ada aktivitas sdm yang masih kurang maka kita dapat merekomendasikan perbaikan atau tindakan lebih lanjut.

    BalasHapus
  25. Saya lebih memilih audit msdm, Karena audit msdm sendiri juga merupakan riset formal untuk mengevaluasi keadaan manajemen dalam organisasi secara menyeluruh. Dalam menggunakan audit msdm kita juga bisa menilai seberapa baik pengolahan dalam suatu organisasi selama ini berjalan. Serta kita juga bisa tahu kendala atau masalah apa saja yang perlu ditangani baik dalam hal operasional maupun para SDM itu sendiri. Sehingga untuk pengolaan kedepannya bisa berjalan lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NOVIA/3103011084(KELAS :C) saya setuju dengan pendapat sdri.dwima karena audit SDM merupakan riset formal untuk mengevaluasi keadaaan manajemen dalam organisasi secara menyeluruh, penggunaan audit SDM ini bermanfaat bagi perusahaan karena lebih efisien, komprehensif dan sistematis, sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan riset ke depan nya.

      Hapus
  26. Dalam melakukan evaluasi atas efektivitas pengelolaan SDM, saya lebih memilih menggunakan riset MSDM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Ellyana,Kenapa anda lebih memilih menggunakan Riset MSDM dari ketiga Metode tersebut ? apakah Keuntungan dari metode tersebut ?

      Hapus
  27. Menurut saya untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM, saya lebih memilih menggunakan audit SDM, karena Audit SDM mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu organisasi dengan tujuan peningkatan. Audit dapat mencakup satu divisi atau perusahaan secara keseluruhan. Audit SDM memberikan umpanbalik mengenai fungsi SDM kepada manajer operasi dan spesialis SDM. Audit SDM juga memberikan umpanbalik mengenai seberapa baik para manajer melakukan tugas-tugas SDM-nya. Audit SDM adalah pengecekan pengendalian kualitas menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dan terhadap bagaimana kegiatan-kegiatan tersebut
    mendukung strategi organisasi. Pemberdayaan audit MSDM dapat meningkatkan efektifitas manajemen SDM yang berarti perbaikan kinerja SDM, kepuasan kerja dan kinerja karyawan, serta kinerja organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudari Juwita, apakah dengan audit SDM saja sudah cukup untuk mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM, mengapa? dan apakah audit SDM dapat diselesaikan secara cepat karena untuk SDM di dalam perusahaan bisa bertambah dengan berjalannya waktu dan apakah penambahan SDM tidak mempengaruhi audit SDM itu sendiri?

      Hapus
    2. Menurut saya audit SDM sudah cukup lengkap untuk mengevaluasi kinerja karyawan, karena audit sendiri berarti tindakan untuk mengevaluasi dan untuk perbaikan kinerja jadi sudah cukup untuk mengevaluasi pengelolaan SDM. Lain hal nya dengan penambahan jumlah karyawan, dapat digunakan juga metrik SDM, karena dengan metrik dapat lebih cepat diketahui untuk SDM yang baru ditambah. Namun untuk keselurahan audit SDM lebih lengkap dalam hal mengevaluasi kinerja SDM.

      Hapus
  28. Saya akan memilih audit msdm karena dengan melakukan audit msdm di suatu perusahaan maka akan terlihat kinerja yang selama ini sudah di lakukan oleh para karyawannya selain itu juga perusahaan dapat melakukan perbaikan jika ada kinerja yang buruk sehingga perusahaan akan bertambah maju dan berkembang.

    BalasHapus
  29. kalau saya lebih cenderung memilih audit karena dalam audit dibeberkan secara lengkap analisa mengenai sdm tersebut

    BalasHapus
  30. saya lebih memilih audit msdm karena audit sumber daya manusia merupaka tinjauan berkala yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia untuk mengukur efektifitas penggunaan sumber daya manusia yang terdapat di dalam suatu perusahaan.Selain itu, audit memberikan suatu perspektif yang komprehensif terhadap praktik yang berlaku sekarang, sumber daya, dan kebijakan manajemen mengenai pengelolaan SDM serta menemukan peluang dan strategi untuk mengarahkan ulang peluang dan strategi tersebut. Intinya, melalui audit dapat menemukan permasalahan dan memastikan kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundangan-undangan dan rencana-rencana strategis perusahaan.

    BalasHapus
  31. saya memilih Riset MSDM karena riset msdm sangat berguna dalam menyelesaikan permasalahan ataupun mengumpulkan data dengan melakukan investiigasi dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan SDM

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada anthony yang apakah dengan riset msdm saja semua permasalahan dapat teratasi dengan baik ? berikan alasan anda.

      Hapus
  32. saya akan memilih riset sdmn karena berkaitan dengan bagaimana evaluasi yang dilakukan dalam meneliti sebab akibat dari setiap permasalahan dalam organisasi yang berkaitan langsung dengan sdm dan sekaligus memcahkan permasalahan tsb lewat solusi2 yang akan muncul dari output riset itu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara dengan memilih riset SDM dalam mengelola dan mengevaluasi kinerja di dalam organisasi karena dengan riset SDM dapat bekerja secara menyeluruh terhadap setiap kinerja dan permasalahan yang terdapat dalam perusahaan

      3103011193 Kelas C

      Hapus
  33. saya lebih memilih menggunakan audit SDM karena audit SDM mengevaluasi aktifitas SDM yang digunakan dalam suatu perusahaan dan merupakan pengendalian kualitas keseluruhan yang mengevaluasi aktifitas SDM dalam suatu perusahaan. Manfaat dari audit SDM ini antara lain yaitu:
    1. Mengidentifikasi kontribusi-kontribusi departemen SDM terhadap perusahaan
    2. Meningkatkan citra profesional departemen SDM
    3. Mendorong tanggungjawab dan profesionalisme yang lebih besar diantara karyawan departemen SDM
    4. Memperjelas tugas-tugas dan tanggungjawab departemen SDM
    5. Menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
    6. Menemukan masalah-masalah SDM yang kritis
    7. Menyelesaikan keluhan-keluhan dengan berpedoman pada aturan yang berlaku
    8. Mengurangi biaya-biaya SDM melalui prosedur yang efektif
    9. Meningkatkan kesediaan untuk mau menerima perubahan yang diperlukan didalam departemen SDM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Agustinus, karena dengan menggunakan Audit SDM banyak sekali manfaat-manfaat yang akan didapat.

      dan juga dengan audit kita dapat mengetahui progress SDM kita dalam melakukan pekerjaannya.

      Hapus
  34. Menurut saya, dalam mengevaluasi keefektifan pengelolaan SDM, saya akan menggunakan Riset MSDM, karena riset MSDM juga mempunyai data-data yang lengkap serta melalui riset MSDM setiap SDM yang ada dapat diukur kinerjanya berdasarkan standart kinerja di perusahaan itu. dengan demikian dapat dilakukan penilaian yang sesuai dengan kinerja karyawan melalui hasil riset, karena hasil riset yang di keluarkan merupakan hasil data yang kongkrit dan lebih efektif untuk di terapkan oleh perusahaan. Sehingga berikutnya karyawan dapat bekerja sesuai dengan starndart perusahaan.

    BalasHapus
  35. Manajemen sumber daya manusia merupakan bidang kajian yang melibatkan berbagai disiplin ilmu. Hal ini beralasan karena MSDM berhubungan dengan manusia. Pemahaman tentang MSDM seringkali memerlukan sudut pandang yang beragam seperti aspek psikologi, sosiologi, kultur, politik dan lain-lain. Dari sisi kajian riset, tidak tidak dapat dipungkiri bahwa studi tentang MSDM sebagian besar didekati dari sisi kuantitatif yang melibatkan persamaan matematik dengan analisis statistik. Namun demikian, studi tentang MSDM akan lebih bermakna jika digunakan pendekatan alternatif yaitu riset kualitatif. Mengapa? Alasannya sederhana; pemahaman tentang manusia seringkali melibatkan berbagai isu dan interaksi sosial yang sulit untuk dikuantifikasi, bersifat kompleks dan sensitif. Oleh karena itu, metode kualitatif dirasa cocok untuk diterapkan dalam riset MSDM.

    BalasHapus
  36. audit SDM adalah pemeriksaan kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan. Oleh karena itu saya lebih memilih audit sDm karena bisa Menilai efektifitas SDM,Mengenali aspek-aspek yang masih dapat diperbaiki,Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam, dan Menunjukkan kemungkinan perbaikan, serta membuat rekomendasi untuk pelaksanaan perbaikan tersebut. Sehingga kita bisa jadi lebih teliti dalam mengukur kinerja seorang karyawan.

    BalasHapus
  37. Saya lebih memilih audit SDM, karena audit SDM merupakan suatu sistem pemeriksaan kualitas dari SDM dalam suatu perusahaan.Dimana digunakan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM, dan dari sini dapat dilihat aspek2 mana yang kurang efektif sehingga diharapkan dapat dicari solusi untuk hal tersebut.Kinerja karyawan dalam perusahaan juga dapat kita ukur secara benar dan sesuai dengan data yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Sdr.Ardy bahwa untuk melihat efektivitas dari suatu pengelolaan SDM adalah dengan menggunakan audit MSDM. Karena salah satu proses audit adalah dengan melakukan pemeriksaan setiap aktivitas SDM sehingga dapat dilihat apakah tiap-tiap aktivitas yang dilakukan terkait dengan MSDM dapat diserap dengan baik oleh karyawan / belum. Selain itu, proses akhir dari audit MSDM adalah membuat rekomendasi perbaikan dan tindak lanjut terhadap hasil yang diperoleh dari audit SDM.Dari sini, akan terjadi perbaikan terhadap aktivitas yang akan dilakukan selanjutnya sehingga apa yang menjadi kekurangan di aktivitas sekarang ini, dapat diperbaiki di aktivitas berikutnya, serta akan diberikan tindak lanjut dari hasil yang mungkin dirasa kurang memuaskan dengan melakukan aktivitas SDM lainnya. Jadi, dengan menggunakan audit SDM saja menurut saya sudah cukup untuk menilai ke-efektif-an aktivitas MSDM.

      Hapus
  38. Saya lebih memilih riset msdm karena dalam meriset msdm kita dapat mengetahui kualitas msdm dan kita dapat mengukur kemampuan,dapat mengetahui apa yang msdm inginkan.sehingga kita lebih mudah untuk mengkontrol para msdm.

    BalasHapus
  39. Saya lebih memilih riset karena kita bisa mencari solusi dari permasalahan yang kita hadapi..setelah sudah mendapatkan informasi yang kita butuh maka selanjutnya adalah mengevaluasikannya

    Kathryn s halim kelas D

    BalasHapus
  40. menurut pendapat saya lebih baik kita melakukan audit SDM,karena kita harus memeriksa kualitas SDM didalam perusahaan yang kita kelola,dengan cara mengevaluasi seluruh kinerja dari departemen,divisi merut saya itu sangat membantu untuk suatu kemajuan suatu perusahaan.

    BalasHapus
  41. menurut saya, saya akan lebih memilih audit SDM daripada metrix SDM dan riset SDM karena, dengan audit SDM maka kita dapat mengevaluasi apa saja yang terjadi di perusahaan / organisasi dan dapat melakukan perbaikan-perbaikan pada saat terjadi kesalahan sehingga kinerja perusahaan / organisasi sehingga lebih efektif dan optimal.

    BalasHapus
  42. Menurut pendapat saya, saya lebih memilih audit msdm karena kita dapat mengevaluasi seluruh kinerja diperusahaan kita dan dapat melihat kinerja yang dilakukan diperusahaan selama ini dengan itu kita dapat memperbaiki kinerja perusahaan diwaktu mendatang.

    BalasHapus
  43. Menurut pendapat saya yang akan saya lakukan adalah audit msdm karena melalui audit msdm perusahaan mengevaluasi keefektifan dari fungsi sdm yang telah berjalan sebelumnya, sehingga dapat menjadi gambaran untuk perusahaan untuk mengetahui dan memperbaiki segala kekurangan yang ada, sehingga mempermudah perusahaan dalam proses pengambilan keputusan untuk memperbaiki segala kesalahan dan untuk pengembangan perusahaan selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan pendapat Natalia bahwa dengan audit msdm kita akan dapat mengetahui keefektifan dan fungsi sdm tersebut sehingga dapat menggambarkan sebuah kelebihan dan kekurangan yang ada didalam suatu perusahaan tersebut dan mungkin dapat pula untuk meminimalisir sebuah kesalahan yang terjadi dikemudian hari.

      Hapus
  44. Saya lebih memilih audit SDM karena dengan audit SDM, perusahaan dapat mengevaluasi seluruh kinerja perusahaan baik dari segi efektif maupun segi efisien. Setelah proses evaluasi, perusahaan dapat memperbaiki seluruh kinerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudara Michael, apakah dengan menggunakan metode audit SDM terdapat kekurangan-kekurangan dari metode tersebut ?
      Jelaskan.

      Hapus
  45. saya memilih riset MSDM, karena dari hal tersebut kita dapat melihat hasil dari penelitian atau pengamatan yang telah kita lakukan, dan dari situ kita bisa menarik kesimpulan tenrang permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Irine sebab melalui riset msdm kita dapat melakukan pengamatan dan mengambil kesimpulan apakah perusahaan telah melakukan pengelolaan secara efektif atau belum.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Irine sebab melalui riset MSDM kita dapat melakukan penelitian dan mengambil kesimpulan apakah perusahaan telah melakukan pengelolaan secara efektif atau belum.

      Hapus
  46. Menurut saya dari 3hal di atas saya akan memilih metode riset..karena di dalam suatu perusahaan riset selalu digunakan untuk semua hal...dan mulai dari HRD,staff apapun dapat menggunakan riset tersebut....

    BalasHapus
  47. menurut saya,dengan melakukan riset sdm yang benar maka pengolahan organisasi dalam suatu perusahaan akan tertata secara baik dan jelas

    BalasHapus
  48. Saya akan lebih memilih untuk melakukan riset msdm. Karena :
    1. Pengendalian Umpan Maju
    Pengendalian yang berusaha mengidentifikasikan dan mencegah penyimpangan-penyimpangan sebelum mereka muncul. Maksudnya, pengendalian ini berfokus pada sumber daya manusia, materi, dan keuangan yang masuk ke organiasasi. Tujuannya adalah memastikan bahwa kualitas masukan cukup tinggi untuk mencegah masalah-masalah ketika organisasi melaksanakan tugas-tugasnya. Pengendalian ini juga sering disebut pengendalian preliminer atau preventif.
    2. Pengendalian yang Berkesinambungan
    Pengendalian yang mengawasi aktifitas karyawan yang dilakukan terus menerus untuk memastikan mereka konsisten dengan standar-standar kinerja. Pengendalian yang berkesinambungan juga meliputi pengendalian diri lewat individu-individu yang mengadakan pengendalian yang berskesinambungan atas perilaku mereka sendiri dikarenakan nilai dan sikap pribadi.
    3. Pengendalian Umpan Balik
    Pengendalian ini juga sering disebut dengan pengendalian pascatindakan atau hasil. Pengendalian ini berfokus pada hasil-hasil organisasi khususnya, kualitas dari produk akhir atau layanan.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Saya akan memilih riset sdm. Riset sdm adalah analisis data dari dokumen sdm untuk menentukan efektivitas sdm di masa lalu dan sekarang. Sehingga perusahaan dapat menilai kinerja para sdm yang telah berjalan dan memperbaiki kesalahan yang ada. Dan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan.

    BalasHapus
  51. Mnurut saya telah banyak kegunaan dr sistem informasi atau teknologi sehimgga teknologi dapat diginakan untuk mengukur keefektifan msdm apalagi seperti yg telah kita ketahui, teknologi semakin berkembang dan memiliki berbagai kegunaan. Saya lebih memilih riset msdm karena kita hrs mencari informasi2 terlebih dahulu untuk mengetahui keefektivitasan msdm

    BalasHapus
  52. Saya lebih memilih untuk menggunakan audit SDM karena lewat audit yang dilakukan terhadap pengelolaan dalam SDM akan memberikan gambaran mengenai bagaimana proses pengelolaan SDM berjalan.Sejauh mana pengelolaan yang berjalan dapat efektif serta kendala apa yang terjadi dalam pengelolaan,di sini kita dapat juga melihat dan menemukan masalah-masalah SDM yang kritis.Sehingga nantinya akan memudahkan pemegang keputusan untuk mengambil solusi terkait pengembangan pengelolaan SDM ke depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat hendra. banyak manfaat dari audit SDM, yaitu :
      Manfaat dari audit SDM ini antara lain yaitu:
      1. Mengidentifikasi kontribusi dep. SDM terhadap perusahaan
      2. meningkatkan citra professional dep. SDM
      3. mendorong tanggung jawab dan profesionalisme yang lebih besar diantara karyawan dep. SDM
      4. memperjelas tugas dan tanggung jawab dep. SDM.
      5. menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
      6. menemukan masalah SDM yang kritis
      7. menyelesaikan keluhan-keluhan dengan peraturan yang berlaku
      8. mengurangi biaya SDM melalui prosedur yang efektif
      9. meningkatkan kesediaan untuk mau menerima perubahan yang diperlukan dalam dep. SDM
      10.memberikan informasi yang cermat atas sistem informasi dep.SDM.
      dengan banyaknya manfaat itu, jelas audit SDM ini efektif untuk pengelolaan SDM dan mungkin memperbaiki kinerja yang kurang baik.

      Hapus
  53. Menurut saya lebih efektif menggunakan audit SDM, karena di dalam sistem audit terlihat secara nyata data yang di perlukan, dan kita dapat menarik kesimpulan, atau dalam hal ini dengan merubah dan memperbaiki kinerja SDM yang ada.

    BalasHapus
  54. menurut pendapat saya, lebih baik menggunakan audit SDM. dimana audit SDM karena kita dapat melihat apa yang terjadi di dalam perusahaan tersebut mulai dari permasalahan hingga peningkatan perubahan yang terjadi di dalam perusahaan tersebut. sehingga dapat memudahkan untuk memberikan solusi ke depan terkait jika perusahaan mengalami sebuah problem.

    BalasHapus
  55. menurut saya, riset SDM adalah hal yang paling efektif, selain mendapat data secara langsung (tidak memakai history database) lebih update dan lebih terpercaya.

    BalasHapus
  56. Hendry 3103011031 kelas C
    Menurut saya pengelolaan SDM memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai keunggulan kompetitif perusahaan, dukungan SDM berkualitas tinggi memiliki korelasi positif dengan penciptaan nilai tambah dalam tingkat kualitas keputusan yang diambil dalam perusahaan.

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus