Rabu, 22 Februari 2017

Mempertahankan Motivasi Karyawan



Bacaan: Herrera, Fred. 2002. Demystifying Employee Motivation. Employment Relations Today, Vol. 28, No 4: 37-52

Setiap organisasi mengharapkan agar karyawan senantiasa melakukan pekerjaannya dengan mengerahkan segala keahlian dan kemampuan yang dimilikinya. Dalam kenyataan, organisasi sering merasa bahwa apa yang dilakukan karyawan belum optimal karena mereka belum mengerahkan segala kemampuan dan keahlian yang mereka miliki.
Munculnya gejala tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya motivasi yang dimiliki oleh karyawan dan atau telah terjadi penurunan motivasi mereka. Oleh karena itu, organisasi tidak hanya berupaya meningkatkan motivasi karyawan tapi yang lebih sulit adalah bagaimana mengkondisikan mereka untuk tetap termotivasi dalam pekerjaan mereka. Herrera (2002) mengemukakan 4 hal yang dapat dilakukan organisasi agar karyawan tetap termotivasi, yaitu:

  1. Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati
  2. Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi
  3. Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair.
  4. Memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan.

Bahan Diskusi:


  • Andai Saudara Manajer SDM, manakah dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk Saudara terapkan dalam organisasi? Mengapa?
  • Andai Saudara karyawan suatu organisasi, manakah dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi Saudara terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi? Mengapa?
Selamat Berdiskusi.....

78 komentar:

  1. Menurut saya yang paling sulit adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair, karena masing masing karyawan punya kemampuan yang berbeda beda jadi penghargaan yg saya berikan pun tiap karyawan juga berbeda. Misalnya si A kerja mulai dari pagi hingga sore sedangkan si B kerja mulai dari pagi hingga malam. Tentunya penghargaan yg saya berikan pun berbeda.
    Yg paling menjamin motivasi saya adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati karena meskipun status saya sebagai "karyawan" tetapi saha dihargai dan dihormati maka saya pun akan semangat kerja, serta lingkungan kerja saya pun bersifat santai yg artinya tidak tegang. Misalnya ketika manager mengadakan rapat, ia pun meminta ide ide dari para karyawan sehingga para karywan pun juga dapat mengembangkan potensi yg ia punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat novita, karena dengan mendapatkan penghargaan dapat menjamin dalam memotivasi karyawan dalam organisasi tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat novita, kerena memang susah untuk mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair, dan sudah seharusnya karyawan yang punya kemampuan lebih mendapatkan perhargaan yang berbeda dari yang memiliki kemampuan biasa.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat novitasari, karena memang sangat sulit untuk menentukkan bentuk penghargaan yang cocok pada karyawan karena terkadang kemampuan dan hasil kinerja mereka berbeda beda.

      Hapus
  2. Apabila saya manajer SDM, maka dari keempat hal diatas yang paling sulit untuk saya terapkan didalam organisasi adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karywan dihargai dan dihormati, karena pada kondisi saat ini kebanyakan orang lebih sering menghormati atau menghargai seseorang berdasarkan tingkatan nya ataupun jabatannya. Tanpa melihat hasil atau upaya yang dilakukan.

    Apabila saya sebagai karyawan dalam suatu organisasi, dari keempat hal diata yang paling menjamin motivas saya ketika hal itu dilakukan didalam organisasi adalah dengan menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena komunikasi sendiri itulah yang terpenting. Karena dalam organisasi pun kerjasama para anggota didalamnya mutlak diperlukan. Tujuan yang ingin dicapai, strategi yang akan dijalankan, keputusan yang akan dilaksanakan, rencana yang harus direalisasikan, serta program kerja yang harus diselenggarakan, semua memerlukan hubungan serta kerjasama yang baik antar personal maupun kelompok. Maka, setiap individu dalam organisasi perlu berhubungan dan berkomunikasi secara baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Dwi karena menurut saya dalam organisasi kerjasama para anggota didalamnya mutlak diperlukan dan komunikasi yang jujur sangatlah penting dalam suatu organisasi.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat Dwi karena di dalam organisasi kita harus saling jujur dan terbuka satu sama lain agar terjadi hubungan kerjasama yang baik, dan bisa mencapai tujuan tujuan yang ingin dicapai

      Hapus
  3. Menurut saya jika saya menjadi manajer SDM yabg paling sulit adalah Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Karena terkadang jika kita memberikan kebijakan yang menurut kita fair tetapi menurut karyawan belum tentu fair. Misal ada yang sakit lalu kita otomatis memperlakukannya saat bekerja berbeda dengan yang sehat tetapi menurut pandangan yang karyawan pasti tidaklah fair.


    Jika saya menjadi karyawan yang menjadi tetap termotivasi yaitu :Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. Jadi karyawan akan merasa nyaman dan betah dalam bekerja karena di perlakukan selayaknya manusia dan bukan mesin atau pun barang yang tidak di hargai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Daniel bahwa jika didalam perusahaan tercipta lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati maka karyawan tersebut akan merasa nyaman dan bekerja dengan maksimal. Karena ia diperlakukan dengan sepantasnya, dan karyawan itu bukan sebuah mesin yang bekerja tanpa batas

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Daniel, karena manusia butuh apresiasi dan penghargaan atas apa yang telah dilakukakannya supaya termotivasi untuk melakukan h alyang lebih lagi bagi perusahaan tempatnya bekerja.

      Hapus
  4. Andai saya Manajer SDM, dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati karena menurut saya seperti yang telah dijelaskan bahwa pada saat ini akan lebih sulit untuk menciptakan rasa salaing menghargai dan menghormati. Menurut saya hal itu harus timbul dari dalam diri masing-masing sehingga hal itu dapat terwujud. Jika atasan berusaha dengan sekuat tenaga menciptakan hal tersebut namun yang lain tetap tidak mau akan percuma dan tujuan tersebut tidak akan terwujud.



    Dan jika saya karyawan suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Menurut saya, jika manajer berlaku fair terhadap para karyawannya, maka karyawan akan merasa senang dan tidak akan merasa tidak adil atau iri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudari dosi octavia, karena melakukan kariawan sangat penting agar mereka tidak merasa di beda - bedakan dan mereka bekerja dengan senang hati.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat yang saudari dosi berikan karena apabila manajer berlaku adil maka dengan begitu karyawan pun akan merasa dihargai.

      Hapus
  5. Bila saya menjadi manager SDM, hal yang menurut saya paling sulit dari 4 hal diatas adalah dalam hal memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan. Karena untuk memberikan kompensasi yang sesuai dengan g
    Harapan karyawan, kita sebagai manager harus melakukan pendekatan untuk mengetahui perspektif tingkat kepuasan masing-masing karyawan. Dimana tingkat kepuasan tiap karyawan berbeda-beda dan tidak dapat disamakan.

    Jika saya berperan sebagai seorang karyawan, maka dari 4 hal diatas yang paling menjamin motivasi saya terjaga adalah dalam hal pemberian kompensasi yang bernilai bagi perspektif karyawan. Karena jika seorang merasa puas terhadap kompensasinya, maka seorang karyawan akan terpacu untuk melakukan pekerjaannya lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari lily. Memang jika kita sebagai seorang manajer ingin memberikan kompensasi yang benar-benar bernilai dan berharga dari perspektif karyawan yang bersangkutan, maka kita perlu mencari tahu tentang kondisi kehidupan mereka (para karyawan) di luar pekerjaan dan apa yang mereka butuhkan pada saat tersebut. Jikalau kita sebagai manajer mampu menemukan apa yang karyawan kita benar-benar butuhkan dan memberikan nya sebagai hadiah kompensasi atas prestasi usaha kerja keras mereka, maka karyawan tersebut akan merasa sangat senang dan bahagia seperti "kejatuhan durian."

      Hapus
  6. Andai saya Manajer SDM, dari keempat hal di atas yang paling sulit saya terapkan dalam organisasi adalah “Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi.” Seperti kita tahu bahwa terdapat beberapa hambatan bagi hal ini. Pertama, pada zaman sekarang ini sudah tak dapat dipungkiri bahwa orang yang benar-benar pada dasar nya murni memiliki karakter jujur dan bertindak jujur dalam keadaan apa pun hanya sedikit jumlah nya. Kita cenderung kesulitan dalam menemukan orang yang demikian. Kita juga tentunya sudah sering mendengar pernyataan orang-orang bahwa “Lebih sulit mencari orang yang jujur, dari pada mencari orang yang pandai, terampil, dan ahli.” Pernyataan ini ada benar nya. Jika dalam suatu perusahaan memiliki karyawan yang murni berkarakter jujur, maka berbahagialah perusahaan itu karena mereka beruntung. Kedua, situasi persaingan yang ketat antara sesama karyawan di dalam perusahaan untuk menjadi yang terbaik juga tentu nya akan menghambat usaha pembangunan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam perusahaan bagi para karyawan yang ingin mencapai prestasi terbaik tetapi dengan melakukan “jalan pintas” atau menghalalkan segala cara. Karyawan yang saling bersaing satu dengan yang lain, apalagi jika terjadi suatu kesirikan (kecemburuan) di antara mereka terhadap prestasi teman nya, akan cenderung tergoda untuk melakukan hal apa pun demi menjatuhkan teman nya. Salah satu contoh nya adalah seperti dengan memfitnah teman nya itu karena telah melakukan tindakan negatif dan lain sebagai nya. Maka dalam kondisi ini, kejujuran dan keterbukaan akan sulit diciptakan.

    Andai saya karyawan suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga adalah “Menciptakan lignkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati.” Dalam hal ini, saya sudah merasa cukup senang dan bahagia apabila hasil kontribusi dan kerja saya sebagai seorang karyawan dihargai dan dihormati. Saya juga akan merasa bahagia apabila mereka, para atasan (manajer), bersedia untuk mendengarkan keluh kesah dan harapan saya sebagai seorang karyawan serta menghargai sikap keterbukaan kita kepada perusahaan. Sebab, memang pada dasar nya tugas kewajiban umum seorang karyawan dalam pekerjaan sehari-hari adalah mematuhi apa yang diperintahkan oleh atasan (manajer) mereka, sehingga ada suatu saat di mana mereka merasa cenderung berposisi sebagai “budak” karena “disuruh-suruh” oleh atasan mereka. Perasaan ini dapat dihilangkan, apabila mereka, para atasan (manajer), tidak hanya menggunakan otoritas mereka untuk memerintah karyawan demi mencapai tujuan perusahaan semata, tetapi mereka (para atasan) juga menghargai dan menghormati apa yang sudah karyawan upayakan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta bersedia mendengarkan perasaan keluh kesah dan harapan mereka (para karyawan) terhadap perusahaan.

    BalasHapus
  7. Andai saya Manajer SDM, dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena menurut saya komunikasi dan kejujuran adalah hal yang sangat penting dan utama. Menurut saya pada saat ini orang mulai susah untuk berkomunikasi dan berkata jujur dengan orang lain, karena mereka lebih mementingkan ego mereka sendiri.

    Jika saya karyawan suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati karena dengan kita merasa dihormati dan dihargai kita akan lebih nyaman dan seamngat dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara tomi karena sekarang orang merasa malu untuk mengeluarkan pendapat karna takut salah ataupun benar tetapi kita tidak ada salahnya untuk berpendapat salah benar bisa dilihat nantinya.

      Hapus
  8. Jika saya seorang manajer SDM , menurut sya yang paling susah diterapkan adalah komunikasi yang jujur dan terbuka karena artinya mau dan mampu mengatakan sesuatu sebagaimana adanya.tetapi saat ini orang susah untuk mengatakan hal-hal yang baik untuk memajukan karyawan karena masih ada rasa takut dan tidak percaya diri sehingga mereka tidak ingin mengeluarkan ide-ide mereka

    Jika saya seorang karyawan , saya akan memilih menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana seorang karyawan bisa dihargai oleh atasan maupun sesama karyawan karena jika kita dihargai , kita bisa merasa nyaman di tempat kerja dan bisa bekerjasama dengan baik .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari melinda. Bahwa hal yang paling susah diterapkan oleh seorang manager adalah dalam hal komunikasi yang jujur dan terbuka. Karena untuk seseorang dapat berkata jujur, membutuhkan kepercayaan antara individu yang satu dengan yang lainnya dan suatu kepercayaan dapat terbentuk dengan membangun hubungan yang dekat. Oleh karena itu komunikasi yang jujur dan terbuka tidaklah mudah dilaksanakan di dalam sebuah perusahaan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari melinda. Dalam hal bekerja, untuk mendapatkan karyawan yang jujur sangat sulit. butuh waktu lama sehingga para karyawan dapat dipercayai dalam beberapa tugas.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat melinda karena banyak karyawan saat ini lebih memintingkan diri sendiri dan susah untuk terbuka dengan satu sama lain hal ini dapat menyebabkan organisasi sulit mencapai tujuan mereka.

      Hapus
  9. Jika saya adalah manajer SDM suatu organisasi, maka keempat hal di atas yang paling sulit untuk Saya terapkan dalam organisasi adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. karena, jika karyawan mendapatkan perlakuan secara setara dan fair, maka mereka akan berkerja dengan rasa nyaman dan aman. Jika karyawan itu merasa nyaman dan aman, mereka tidak perlu khawatir akan mendapatkan diskriminasi atau ketidakadilan dalam organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja. Dan akibatnya mereka akan merasa termotivasi, dan kinerja yang dihasilkan pun dapat maksimal.


    Jika saya adalah karyawan suatu organisasi, maka dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi Saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. Karena, menghargai dan menghormati karyawan merupakan hal yang sangat penting dalam organisasi. Karena, bila perusahaan menghargai dan menghormati karyawannya, maka karyawan itu akan merasa diperhatikan atau ia merasa ia merupakan bagian dalam organisasi itu. Bila karyawan itu merasa diperhatikan maka, ia akan merasa nyaman dan kinerja yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan atau mungkin bisa melebihi standar yang ditetapkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudara raymond karena pada saat ini masih kurang dalam mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dan juga fair karena sering sekali mendengar seorang karyawan di perlakukan tidak hormat dan adil padahal mereka tidak tahu apa yang telah di perbuat oleh karyawan selama ini dan juga seorang atasan haru menghargai dan menghormati serta fair terhadap seorang karyawan sangat perlu untuk meningkatkan kualitas dari kinerja mereka selama ini.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Raymond,dimana jika kita menjadi seorang manager maka kita harus memberlakukan sifat dihargai dan dihormati karena jika kita menghargai dan menghormati orang tanpa memandang status, maka para karyawan pun juga menghormati kita/bahkan lebih.

      Hapus
  10. 1. menurut saya yang paling susah diterapkan ialah komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi dalam organisasi karena pada jaman sekarang ini sulit sekali atau jarang ditemui mungkin di karenakan jaman yang mulai berkembang dan juga kurang kepercayaan pada sesama orang. padahal komunikasi jujur dan terbuka sangat diperlukan dalam organisasi supaya organisasi dapat berkembang dan memperbaiki apa yang kurang dalam organisasi tersebut.

    2.kalau menjadi karyawan yang menjamin motivasi saya adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati dan Memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan.
    karena jika keduannya maka seorang karyawan akan dapat merasa senang dengan pekerjaan yang ia jalani sehingga mereka fokus dengan pekerjaannya karena mereka merasa telah dihargai dan juga mendapat kompensasi yang cocok dengan yang diberikan oleh organisasi tersebut sehingga mereka bekerja dengan baik dan melakukan pekerjaan dengan hati yang gembira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Andi karena orang yang jujur sangat dibutuhkan oleh organisasi. kejujuran dan keterbukaan harus dibiasakan agar dapat terciptanya budaya yang baik di dalam organisasi.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat dari saudara Andi karena komunikasi merupakan hal yang harus dilakukan di dalam organisasi untuk dapat saling bertukar pikiran dan pendapat antar satu sama lain karena jika dari komunikasi sudah tertanam dengan baik maka tidak ada hal yang perlu ditutupi maupun disembunyikan

      Hapus
    3. Sependapat dengan saudara andi, jaman sekarang komunikasi yang jujur dan terbuka sulit ditemui dalam organisasi. Bahwa sebenarnya komunikasi yang jujur dan terbuka itu sangat penting dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama dan mengurangi kesalahpahaman dalam organisasi.

      Hapus
  11. • Jika saya manajer SDM, hal yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah “menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi”. Karena menurut saya kejujuran dan keterbukaan adalah kunci utama dalam menentukan keberhasilan organisasi. Apalagi di jaman sekarang ini sangat sulit untuk menemukan orang yang jujur. Komunikasi yang jujur dan terbuka antara atasan dan bawahan harus diciptakan dan dibiasakan dalam suatu organisasi, sehingga tidak timbul rasa curiga atau masalah-masalah yang dapat berdampak negatif bagi organisasi.
    • Jika saya karyawan suatu organisasi, hal yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah “menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati”. Adanya perbedaan jabatan dalam suatu organisasi tidak menjadi penghalang untuk dapat menghormati dan menghargai satu sama lain. Ketika saya merasa dihargai dan dihormati maka saya akan merasa senang dan nyaman dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari monica bahwa menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati merupakan hal yang menjamin motivasi untuk karyawan terjaga, karena hal tersebut dapat menimbulkan rasa nyaman ketika karyawan bekerja. Sehingga apapun yang diperintahkan oleh manajer akan dilakukan tanpa berat hati dan menghasilkan hasil yang maksimal.

      Hapus
  12. 1. Apabila saya seorang manajer SDM hal yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena hal tersebut merupakan hal yang berasal dari dorongan dalam diri. Apabila dari pribadi orang tersebut memang bukan orang yang mudah dipercaya atau bukan orang yang mudah mempercayai. Akan sulit untuk bisa menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam oraganisasi.

    2. Menurut saya hal yang paling menjamin motivasi terjaga ketika hal itu dilakukan adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. Karena dengan diciptakannya suasana lingkungan tersebut dapat membuat karyawan menjadi nyaman dalam bekerja. Perasaan dihargai & dihormati bukan semata - mata di peroleh hanya karena kedudukan seseorang, tetapi karena memang dihargai dan dihormati merupakan hak yang diperoleh karyawan. Selain itu dengan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati hal itu dapat memicu karyawan untuk memberikan kinerja yang lebih baik dan tidak melenceng dari tujuan organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat aprillia, mencipatakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi itu sulit untuk dilakukan, jujur dan terbuka memang hanya bisa timbul dari pribadi atau orang itu sendiri. Jika ia memang tidak mudah percaya terhadap orang lain hal ini sulit d lakukan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat aprilia karena komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi dapat membentuk masingmasing karakter dalam suatu anggota organisasi.

      Hapus
  13. Jika saya seorang manajer SDM, hal yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah "Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair". karena untuk memperlakukan semua karyawan secara fair tidak mudah. Setiap karyawan memiliki bakat, kemampuan dan hasil kinerja yang berbeda-beda. Hal ini menjadi tantangan bagi manajer SDM untuk tetap mempertahankan dan bersikap seadil-adilnya bagi semua karyawan sesuai dengan hasil kinerja karyawan tersebut.


    jika saya seorang karyawan hal yang paling menjamin motivasi Saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah "Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati" karena ketika organisasi mampu menciptakan lingkungan dan budaya kerja maka sesama karyawan dapat bekerja secara bersamaan demi mewujudkan tujuan baik perusahaan dan juga para manajer ketika dapat menghargai para karyawan maka karyawan merasa nyaman dan enjoy dalam bekerja tanpa adanya rasa takut dan tidak nyaman.

    BalasHapus
  14. Andai saya menjadi manajer SDM, dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah menciptakkan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi. Karena untuk meciptakan hal tersebut harus dibutuhkan kejujuran dan keterbukaan dari masing-masing karyawan. Tidak semua karyawan bisa terbuka terhadap satu sama lain dan bisa berkata jujur pula, harus dibutuhkan kepercayaan antar masing-masing karyawan untuk mewujudkan hal ini. Jadi sangat sulit untuk membuat setiap karyawan bisa berkomunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi. Saling jujur dan terbuka ini harus berasal dari kemauan mereka sendiri dan tidak dipaksakan.

    Andai saya menjadi karyawan suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan di organisasi adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Jika di dalam suatu organisasi memperlakukan karyawan secara setara dan fair saya akan merasa dihargai tidak merasa di beda-bedakan. Dengan adanya hal ini maka saya akan nyaman berada di dalam suatu oraganisasi. Memperlakukan masing-masing karyawan dengan fair juga menjamin motivasi, karena kita diperlakukan dengan adil tanpa pilih kasih. Kita diperlakukan sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

    BalasHapus
  15. 1.Menurut saya jika saya menjadi seorang manajer SDM dari keempat hal tersebut menurut saya yang paling sulit diterapkan dalam organisasi adalah “Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair” karena jika memberikan penghargaan dan penghormatan, manajer harus melihat sebaik mungkin terhadap para karyawannya karena karyawan berkinerja baik di dalam perusahaan bukan hanya satu tetapi lebih dari satu, disini kita sebagai manajer tidak boleh salah dalam mengambil keputusan, jika kita salah memberikan penghargaan dapat membuat karyawan yang memiliki kinerja baik memiliki penurunan kinerja karena tidak mendapatkan penghargaan.
    2.Jika saya sebagai karyawan dalam organisasi tersebut yang akan saya pilih dalam keempat hal tersebut adalah pemberian penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan karyawan setara dan fair. Karena jika perusahaan memberikan penghargaan tersebut terhadap karyawan maka karyawan tersebut dapat memiliki motivasi tersendiri dalam peningkatan kinerjanya. Dengan begitu dapat membuat karyawan loyal terhadap perusahaan dan juga akan bekerja dengan kinerja yang baik.

    BalasHapus
  16. Andai saya seorang Manajer SDM, dari keempat hal tersebut yang paling sulit diterapkan dalam organisasi yaitu Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak pada membangun budaya oranisasi, yaitu nilai dan kepercayaan yang menjadi titik pusat organisasi. Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian sesama karyawan. Jadi jika tidak ada rasa saling kepercayaan dan dan kejujuran dalam organisasi tidak akan mencapai tujuan.

    Andai saya karyawan dalam suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga yaitu Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair Karena setiap karyawan pada tingkatan berbeda dengan ini manajer harus memperhatikan hal tersebut agar sesama karyawan tidak ada saling kecemburuan satu sama lain dan manajer harus saling mengerti , tidak saling membeda-beda kan antar karyawan satu dengan karyawan yang lain jika saling terjadi kecemburuan maka motivasi pada salah satu karyawan akan hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Menurut saya karyawan akan terjaga motivasinya apabila diperlakukan secara fair oleh manajer. Manajer harus menyamakan perlakuan kepada setiap karyawan dan tidak membedakan perlakuan untuk karyawan yang lebih unggul daripada karyawan yang kurang unggul.

      Hapus
    2. saya sependapat dengan nandia bahwa Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak pada membangun budaya oranisasi, yaitu nilai dan kepercayaan yang menjadi titik pusat organisasi

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudari Nandia bahwa jika karyawan diperlakukan dengan setara atau fair, maka mereka akan merasa dihargai dan dihormati sehingga tidak menimbulkan kecemburuan yang dapat menyebabkan konflik sehingga karyawan juga akan merasa bahwa tidak ada perbedaan diantara mereka.

      Hapus
  17. - Jika saya menjadi seorang manajer SDM, hal yang paling sulit diterapkan adalah wewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fairi. Tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan yang berkududukan lebih tinggi akan lebih dihormati dan disegani oleh karyawan lain. Semakin tinggi posisinya, maka akan semakin dihormati. Namun, disisi lain, pemenuhan terhadap hak - hak terhadap karyawan akan tetap setara dan tidak ada perlakuan khusus.

    - Jika saya seroang karyawan diperusahaan, maka dari keempat hal diatas yang paling membuat saya termotivasi adalah lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. Karena, ketika seorang diparesiasi oleh Perusahaan tempatnya bekerja, maka secara psikis karyawan tersebut akan senang dan merasa diperhatikan oleh perusahaan dan ototmatis akan menambah motivasinya dalam melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan Ady W. Kesenjangan sosial di dalam organisasi khususnya perusahaan masih marak terjadi antara si jabatan tinggi dan jabatan rendah. Karyawannya yang memiliki jabatan tinggi diperlakukan lebih istimewa dan ini tentunya sangat diskriminatif, apabila ini terjadi karyawan dengan jabatan rendah merasa direndahkan dan ini berdampak buruk terhadap produktifitas perusahaan, kinerja karyawan bawahan makin merosot karna mereka diperlakukan tidak adil. sekian dan terimakasih

      Hapus
  18. 1.manakah dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk Saya terapkan dalam organisasi adalah Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena menurut saya dengan adanya komukasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi dapat membentuk karakter masingmasing dari suatu pegawai, karyawan yang jujur mempunyai image yang baik serta menjadi paling dipercaya oleh atasan, kejujuran pula dapat membuat anda semakin dihargai oleh oranglain didalam organisasi.
    2.Jika saya karyawan dan dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya adalah
    Memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan karena memberikan kompensasi pada karyawan dapat Mendorong agar karyawan lebih baik dan lebih giat, dapat Menunjukkan adanya penghargaan dan perlakuan adil perusahaan terhadap karyawannya sehingga karyawan dapat termotivasi dengan perlakuan seperti ini.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, yang paling sulit untuk direalisasikan dalam organisasi yaitu "memberikan kompensasi yang bernilai bagi karyawan". Saya berkata demikian karena saya sebagai manajer sdm kurang mengerti atau memahami berapa nilai yang diinginkan karyawan untuk mendorong kinerja mereka supaya lebih giat dan produktif. Kebanyakan karyawan merasa sungkan untuk menyebut angka nominal yang mereka inginkan dalam kompensasi yang saya berikan, di saat bersamaan saya juga bertanya-tanya berapakah tunjangan/kompensasi yang patut dikasihkan.

    Jika saya adalah seorang karyawan, yang paling saya inginkan yaitu keterbukaan dan kejujuran yang dibangun dalam perusahaan di tempat di mana saya bekerja. Kejujuran dan sifat yang terbuka merupakan hal yang wajib dimiliki perusahaan mana pun. Tidak akan terjadi yang namanya kebobrokan kalau seluruh pihak perusahaan saling terbuka satu sama lain, semua orang bisa saling bahu-membahu saling mengisi kekurangan yang dimiliki masing-masing individu di dalam perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat bernandus gosal tentang "kompensasi yang bernilai bagi karyawan" karena sering kali terjadi para buruh melakukan demo terhadap perusahaan mereka bekerja karena soal kompensasi yang diberikan tidak sesuai atau kurang sehingga sulit untuk menentukan untuk memberikan kompensasi yang sepadan karena pada saat ini bahan pokok juga naik dan bahan pokok lainnya juga sehingga kebutuhan sehari - hari semakin bertambah . terima kasih

      Hapus
  20. menurut saya yang paling sulit dilakukan adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Karena apa yang kita berikan terkadang membuat karyawan lain merasa cemburu akan keberhasilan seorang karyawannya / rekan kerja dimana merasa bahwa karyawan itu lebih bagus kinerjanya daripada dia sendiri sehingga terjadi rasa tidak senang terhadap karyawan itu dan itu dapat menjadikan lingkungan di tempat kerja menjadi tidak harmonis karena adanya perasaan iri hati yang besar atas adanya sebuah penghargaan / reward

    Dari 4 hal di atas yang dapat memotivasi saya adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. Karena di dalam organisasi, lingkugan tempat kerja menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab kalau lingkungan kerjanya tidak kondusif maka karyawan bekerja seolah - olah bekerja di tempat yang hening / sepi. Itu bisa menyebabkan seorang karyawan menjadi stress karena merasa bahwa bekerja itu merupakan hal yang tidak menyenangkan dan menyebabkan motivasi kinerja karyawan menjadi menurun

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan albert bahwa lingkugan tempat kerja menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab kalau lingkungan kerjanya tidak kondusif maka karyawan bekerja seolah - olah bekerja di tempat yang hening / sepi

      Hapus
    2. Saya setuju atas pendapat saudara tentang memperlakukan semua karyawan diangap setara atau bersikap adil hal akan membuat semua karyawan tidak di beda - bedakan.

      Hapus
  21. Jika saya sebagai seorang manajer SDM , yang paling sulit untuk saya terapkan ada di point ke 3 "Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati" , dimana hal in sangat tidak mudah , membentuk budaya berarti membentuk suatu NILAI atau kebiasaan bagi seluruh karyawan di Organisasi , dan itu membutuhkan waktu yang lama. Dimana saya harus menyatukan segala keragaman agar terbentuknya suatu karakteristik bagi setiap karyawan untuk SATU ORGANISASI.

    Jika saya sebagai seorang karyawan yang dapat membuat motivasi saya di organisasi adalah "Memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan." , karena kita bekerja itu memiliki tujuan , dan kompensasi akan membentuk semangat bagi saya untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah ketik saudara idho yg benar poin pertama , dan saya juga sependapat dengan anda bahwa menciptkan ingkungan kerja sangat sulit karena butuh waktu yang lama dengan menyatukan berbagai keragaman

      Hapus
  22. 1. Menurut saya, dari keempat hal tersebut yang paling sulit dilakukan adalah nomor satu ,dua dan tiga yaitu menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati, menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, serta Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Di dalam perusahaan, para karyawan belum tentu merasa dihargai oleh sesama karyawan maupun oleh atasan. Hal ini juga merujuk pada nomor tiga yaitu mengenai diperlakukan secara fair atau setara. Kebanyakan, para atasan hanya memperhatikan karyawan yang telah memiliki prestasi di bidangnya atau karyawan yang perkerjaannya baik dan dapat diandalkan, sedangkan karyawan yang mungkin pekerjaannya kurang memuaskan akan merasa seperti ditindas dan tidak dihargai. Kemudian menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi juga sulit untuk dilakukan. Para karyawan yang melakukan kesalahan, biasanya tidak berani untuk memberitahukannya kepada atasan mereka, mereka takut akan dipecat karena kesalahan yang mereka perbuat. Hal ini menyebabkan para karyawan menjadi kurang jujur dan kurang terbuka kepada atasan maupun terhadap karyawan yang lainnya.
    2. Menurut saya, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah nomor satu, dua dan tiga. Karena ketiga hal tersebut menurut saya merupakan hal yang paling mendasar dalam memotivasi para karyawan, sehingga ketika mereka dihargai, dihormati, diperlakukan secara fair, mereka juga dengan sendirinya akan membuka diri kepada atasan maupun sesama karyawan dalam berbagai hal mulai dari sesuatu yang membanggakan hingga kesalahan yang diperbuat. Namun mungkin untuk kesalahan, para karyawan mungkin agak takut. Karena jika kesalahan yang mereka perbuat bisa dikatakan fatal, mereka takut diPHK dan kehilangan pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari olivia bahwa kejujuran sangat sulit dibentuk dalam organisasi karena adanya tekanan

      Hapus
  23. 1. Menurut saya hal yang paling susah untuk diterapkan pada perusahaan adalah no. 1 karena untuk menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati itu adalah hal yang relatif pada sudut pandang setiap orang. Apa lagi kita sebagai karyawan selalu di tuntut untuk memenuhi semua kewajiban kita dan kita sebagai manajer harus menciptakan lingkungan dimana menurut setiap karyawan merasa dihormati.

    2. Menurut saya dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya sebagai karyawan adalah saya diberi penghargaan yang layak dan sesuai. Karena disitulah dimana saya bisa memenuhi jenjang karir saya sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  24. Jika saya menjadi manajer SDM menurut saya yang paling sulit untuk saya terapkan adalah "Mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair." karena kemampuan atau keahlian setiap orang berbeda dan apresiasi atau bentuk penghargaan dan penghormatanpun juga akan diberikan oleh karyawan berkualifikasi dan berprestasi, hal ini membuat sulitnya kesetaraan karywan namun sebagai seorang manajer SDM saya juga harus bertindak adil pada seluruh aspek terutama SDM yang saya koordinir.

    yang menjadi motivasi saya jika sebagai karyawan adalah Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi , dimana ketika kita sudah percaya dan kita bisa leluasa dan bekerja dengan hati karena adanya komunikasi yang terbuka di dalam organisasi , maka itu akan membuat semangat saya dalam melakukan aktivitas di organisasi.

    BalasHapus
  25. 1. saya memilih bagian ke satu yaitu menciptakan lingkungan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati. karena setiap karyawan organisasi memiliki pangkat tersendiri dan cara sifat yang berbeda. sehingga terkadang karyawan tersebut kurang bisa dihargai dan dihormati karena perusahaan juga tidak bisa menilai semua karyawannya samaa. Seperti pegawai dengan manager. 2 pekerjaan tersebut memiliki derajat yang berbeda dan untuk mendapatkan posisi sebagai manajer juga sangat tidak mudah. Sehingga sering di organisasi perusahaan membanding-bandingkan yang dimana harus dipukul rata untuk dihargai dan dihormati dalam batas tertentu saja. Tidak bisa juga disamakan dihargai atau dihormati. Terkecuali karyawan tersebut memang memiliki karakter yang harus dihargai dan dihormati karena etikanya.

    2.menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi. Karena dengan adanya komunikasi yang jujur dan terbuka karyawan satu sama lainnya pasti dapat dihargai dan dihormati secara seimbang. Apabila semua organisasi menerapkan teori yang kedua ini. Pasti tidak ada yang namanya tidak dihargai dan dihormati. Karena teori ini memiliki sifat jujur dan terbuka untuk saling memberitahu karyawan lain agar dapat mengubah sifat mereka untuk menjadi dihargai dan dihormati.

    BalasHapus
  26. Andai saya manajer SDM, dari keempat hal di atas yang paling sulit untuk saya terapkan dalam organisasi adalah memberikan kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan. Karena akan sulit untuk memahami kompensasi yang sesuai dari tiap perspektif karyawan yang bekerja dalam sebuah organisasi mengingat jumlah karyawan yang biasanya tidak sedikit. Selain itu perspektif dari masing-masing karyawan berbeda sehingga bisa saja karyawan mematok kompensasi yang tinggi menurut perspektifnya. Hal ini tentunya dapat merugikan organisasi apabila memberikan kompensasi yang terlalu besar untuk para karyawannya.

    Andai saya adalah karyawan suatu organisasi, dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair. Dengan diperlakukan secara fair maka karyawan akan betah dan merasa nyaman bekerja di organisasi tersebut karena mereka mendapatkan perlakuan yang sama untuk seluruh karyawan. Sehingga dengan demikian karyawan akan terus termotivasi untuk bekerja di organisasi tersebut karena mereka tidak dibeda-bedakan.

    BalasHapus
  27. 1. dari keempat hal tersebut yang paling sulit untuk direalisasikan dalam oraganisasi yaitu "memberikan kompensasi yang bernilai bagi karyawan" saya berpendapat demikian karena saya sebagai manajer SDM tidak memamhami sudut pandang karyawan dalam memberikan kompensasi karena berapa nilai karyawan yang diinginkan dalam menerima kompensasi. karena sering kali banyak buruh yang sering melakukan demo terhadap perusahaannya dikarenakan kompensasi yang kurang.
    2.jika saya adalah seorang karyawan yang saya inginkan "dihargai dan dihormati" karena dalam hal tersebut dapat memberikan rasa nyaman dan aman dalam bekerja karena karyawan akan lebih termotivasi dan semangat dalam bekerja sehingga yang diterima oleh karyawan bukan hanya soal ganji dan uang melainkan rasa untuk diterima dan dihargai sebagaimana mestinya tetapi juga diikuti oleh hasil yang diterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat sodara robert andi karena manajer sebelum memberikan kompensasi terhadap karyawannya. Maka menajer harus melihat performance dari karyawannya tadi jika kinerja karyawannya sudah memenuhi syarat atai standar yang diberikan perusahaan maka apa salahnya untuk memberikan fasilitas kompensasi untuk menghindari terjadi nya demo terhadap perusahaan akibat kompensasi yang kurang.

      Hapus
  28. 1. menurut pendapat saya hal yang paling sulit diterapkan adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka. karena di era globalisasi dan jaman yang semakin moderen dan maju ini dibutuhkan kejujuran yang murni, tidak hanya pandai bekerja saja tapi juga jujur. karena pekerjaan yang disertai dengan kejujuran akan membuat kesuksesan/ keberhasilan capaian perusaan.
    2. yang paling menjamin adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati. tidak memandang apapun jabatan karyawan satu dengan karyawan yang lainnya. karena dengan adanya menghargai dan menghormati, maka karyawan itu akan merasa senang dan termotivasi dengan sendirinya karena merasa bahwa dirinya juga dihargai.

    BalasHapus
  29. 1. Menurut saya yang paling sulit untuk diterapkan ke dalam organisasi adalah “Menciptakan Komunikasi yang Jujur dan Terbuka Dalam Organisasi” mengapa? Bagi saya jaman sekarang orang sulit untuk berkomunikasi dengan jujur dan terbuka. Apalagi saat mempunyai kesalahan dalam pekerjaan, orang akan identik untuk menutup-nutupi bahkan membela diri atas kesalahannya. Kejujuran dan keterbukaan sangat diperlukan dalam membangun komunikasi yang lancar dalam organisasi. Jika seseorang memiliki kejujuran yang tinggi dalam hal komunikasi dan lainnya maka akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi pula dari orang-orang sekitar. Selain itu dengan adanya komunikasi yang jujur dan terbuka akan mengurangi miscommunication dalam organisasi dan segala urusan akan berjalan dengan lancar tanpa ada yang ditutup-tutupi.
    2. Hal yang paling menjamin motivasi saya andai ada diposisi karyawan adalah “Mewujudkan Penghargaan dan Penghormatan Terhadap Karyawan dengan Memperlakukan Setara dan Fair”. Hal itu sangat menjamin motivasi saya dimana sebagai karyawan akan merasa sangat dihargai dan dihormati oleh seorang manajer dengan adil tanpa memandang perbedaan. Karena seorang karyawan pasti ingin diperlakukan dengan adil dan tidak ingin disbanding-bandingkan dengan karyawan lainnya. Dengan begitu motivasi karyawan akan terus ada dan tidak menurun karena memiliki seorang manajer yang mendukung karir semua karyawannya dan memperhatikan karyawan dengan merata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Nanda karena kejujuran sangat penting untuk membangun komunikasi dalam organisasi. Orang yang memiliki sifat jujur maka akan dipercaya oleh orang-orang yang berada disekitarnya sehingga dengan begitu karyawan tersebut akan mudah dipromosikan apabila kinerjanya bagus dan dapat dipercaya

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudari birgita, karena menurut saya kejujuran dan sikap yang saling terbuka itu berdampak besar bagi kelangsungan hidup suatu organisasi.

      Hapus
  30. Menurut saya yang paling sulit untuk diterapkan adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, karena setiap karakter karyawan berbeda-beda ada karyawan yang dapat terbuka dan jujur kepada anggota lainnya ada pula sebaliknya, sehingga hal tersebut sangat sulit untuk diterapkan karena berbedanya kepribadian setiap karyawan.
    Yang menjamin motivasi saya terjaga di organisasi adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihargai dan dihormati, karena setiap karyawan ingin dihargai akan kerja kerasnya sehingga hal tersebut akan memotivasi karyawan untuk memberikan yang terbaik lagi buat perusahaan

    BalasHapus
  31. 1. Menurut saya yang paling sulit untuk diterapkan adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi karena di jaman sekarang ini kita sulit untuk menemukan orang yang mau berperilaku jujur. Hal ini disebabkan karena adanya persaingan ketat antar karyawan yang menyebabkan mereka akan menjatuhkan satu sama lain untuk memperoleh suatu tujuan tertentu yang tentunya menguntungkan pribadi mereka. Selain itu dalam perusahaan pastinya kita harus bekerja secara teamwork dimana antar satu anggota dengan anggota lainnya harus memiliki sikap keterbukaan agar suatu tujuan yang harus dicapai perusahaan dapat tercapai. Namun pada kenyataannya sulit untuk membuat karyawan bersikap terbuka karena mereka mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda sehingga sulit menerima pendapat orang lain.

    2. Dalam bekerja hal yang paling menjamin motivasi saya terjaga adalah terciptanya lingkungan kerja dan budaya yang di mana karyawan dihargai dan dihormati karena dengan adanya lingkungan kerja dan budaya yang saling menghargai dan menghormati membuat saya akan semangat bekerja dan tidak merasa diasingkan, manajer yang ramah dan sesama karyawan yang saling membantu akan mempermudah pekerjaan yang saya lakukan.

    BalasHapus
  32. 1. Andai saya menjadi seorang seorang manajer SDM, maka dari keempat hal diatas yang paling sulit untuk saya terapkan didalam organisasi adalah Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, karena Hubungan komunikasi yang terjalin dengan baik antara manajer yang satu dengan manajer yang lain, antara manajer dengan karyawan, atau antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain, merupakan salah satu kunci keberhasilan manajer dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Jika komunikasi diantara para manajer dengan karyawan tidak terdapat adanya kejujuran dan tidak terbuka, maka kepuasan kerja karyawan akan menurun, sehingga dapat menurunkan produktivitas yang artinya bagi organisasi adalah bahwa dalam organisasi terjadi penurunan produksi dan penambahan biaya untuk perbaikan sikap dan tingkah laku karyawannya. Selanjutnya, masyarakat tentu akan merasakan imbas dari organisasi tersebut serta turunnya nilai manusia di dalam konteks pekerjaan akibat ketidak terbukaannya komunikasi antara manajer dengan karyawannya.

    2. Andai jika saya menjadi karyawan suatu organisasi, maka dari keempat hal di atas yang paling menjamin motivasi saya terjaga ketika hal itu dilakukan organisasi adalah Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana saya akan merasa dihargai dan dihormati, maka lingkungan kerja di organisasi tersebut akan kondusif dan baik, dan saya yang bekerja di dalam organisasi tersebut akan merasa lebih percaya diri untuk bekerja karena lebih dihormati dan disegani, dan hubungan antar manajer dengan karyawan pun tidak akan terdapat percekcokan atau tindakan kekerasan terhadap karyawan karena sudah terciptannya budaya karyawan dihargai dan dihormati. Dan jika budaya ini tetap dipertahankan maka saya akan lebih loyal dan setia terhadap manajer maupun organisasi serta produktivitas pun otomatis akan meningkat dan kerugian akan di minimalkan, serta korupsi akan lebih berkurang dikarenakan saya sudah merasa puas dengan perlakuan manajer terhadap saya dan saya akan lebih bersemangat lagi untuk bekerja.

    BalasHapus
  33. •Menurut saya hal yang paling sulit untuk diterapkan adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, karena banyak perusahaan saat ini pada umumnya mengutamakan kejujuran dan keterbukaan, dimana hal ini sedikit sekali di jumpai oleh perusahaan. Dalam melakukan suatu pekerjaan sangat baik jika karyawan memiliki integritas yang tinggi agar kinerja perusahaan bisa berjalan dengan baik dan juga kerterbukaan bisa membuat karyawan dan manajer saling membantu dalam menjalankan tugas atau mengalami kesusahaan dalam hal pekerjaan yang berhubungan dengan kemajuan perusahaan.

    •Menurut saya hal yang memotivasi saya adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati, karena menurut saya hal ini cukup sensitif dalam berjalannya proses kerja suatu perusahaan, dimana saat ini bisa dibilang sesama karyawan saja untuk saling menghargai dan menghormati itu susah. Dalam hal ini juga lingkungan budaya bisa membuat hubungan antar karyawan maupun antar manajer menjadi renggang, seperti adanya diskriminasi yang mungkin tanpa disadari oleh atasan perusahaan merusak kinerja yang ada.

    BalasHapus
  34. Jika saya menjadi manajer SDM, menurut saya dari ke-empat hal diatas yang paling sulit untuk diterapkan adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam suatu organisasi, karena pada era modern ini sangatlah sulit untuk menerapkan sifat yang jujur dan saling terbuka ini. Biasanya demi kepentingan sendiri seseorang akan menghalalkan segala cara untuk memuaskan dirinya sendiri tanpa memikirkan dampak bagi sekitarnya, sikap itu yang membuat organisasi menjadi tidak berkembang dan akan mengalami penurunan. Kurangnya keterbukaan dalam organisasi sendiri juga dapat menimbulkan banyak kekacauan dan menyebabkan miscom dalam sebuah organisasi tersebut. Untuk menanamkan sikap jujur dan terbuka ini dapat dikatakan sulit karena pada dasarnya setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, tetapi jika terus ditanamkan sikap jujur dan terbuka dalam organisasi tersebut maka sifat seseorang itu pun dapat dirubah.

    Jika saya menjadi seorang karyawan hal yang paling memotivasi diri saya adalah mewujudkan penghargaan dan penghormatan terhadap karyawan dengan memperlakukan mereka setara dan fair, karena jika seorang karyawan diperlakukan secara fair dengan karyawan yang lain maka seorang karyawan tersebut akan merasa dihargai oleh organisasi tersebut dan sebagai bentuk balasannya mereka akan bekerja secara maksimal pada organisasi tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Kevin, memang benar komunikasi yang jujur dapat memotivasi karyawan. Namun, menurut saya, untuk menanamkan sifat jujur ke dalam diri karyawan sangatlah sulit tanpa sebuah "ancaman" apabila berbuat atau berkata-kata bohong. Serta pembuktian kejujuran karyawan sekarang semakin sulit. Namun, apabila saudara Kevin sanggup melakukannya, maka akan terjamin motivasi karyawan seperti yang saudara Kevin inginkan

      Hapus
  35. menurut saya yang paling sulit di terapkan di organisasi adalah Menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi . karena banyak karyawan menerapkan "group think"(mengikuti keputusan suara terbanyak dan tidak mengeluarkan pendapat/ide lain) terhadap keputusan yang di ambil atasan dan karyawan lainnya sehingga tidak adanya komunikasi yang terbuka dalam lingkungan kerja yang dapat menggangu ke efektifan dari program program yang akan di laksanakan.

    2. menurut saya .motivasi saya lebih terjaga apabila lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati. karena lingkungan yang seperti ini dapat membuat saya merasa percaya diri dan di terima di lingkungan bisnis tersebut sehingga hasil yang saya kerjakan dapat maksimal dan merasa betah bekerja di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat ody. lingkungan yang dihargai da dihormati membuat motivasi bertambah karena percaya diri dan lebih efektif dalam bekerja

      Hapus
  36. Jika saya menjadi manajer SDM, yang paling sulit dilakukan dari ke empat hal diatas adalah menciptakan lingkungan kerja dan budaya dimana karyawan dihormati dan dihargai, karena menurut saya pada kondisi saat ini kebanyakan orang lebih menghargai dan menghormati tingkatan jabatan yang lebih tinggi, dan tidak melihat hasil kerja keras yang telah dilakukan para karyawan
    Jika saya menjadi karyawan yang menjaga saya agar tetap termotivasi adalah diberikan kompensasi yang bernilai menurut perspektif karyawan, dengan begitu para karyawan dapat terpacu dalam melakukan kegiatan kerja, sehingga para karyawan dapat melakukan hasil kerja maksimal dan dengan begitu dapat menguntungksn perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan dodo nada kebanyakan orang menghargai karyawan karena tingkatan jabatan. apabila karyawan tersebut tidak memiliki jabatan yang tinggi juga belu tentu dihargai oleh satu sama lain.

      Hapus
  37. Jika saya menjadi manajer SDM. Maka yang paling sulit dari 4 hal di atas adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, karena hal ini dibutuhkan untuk membangun diri para karyawan agar bisa terbuka dan jujur dalam komunikasi di dalam organisasi. Tentu hal ini sulit karena adanya sifat dan kepentingan dari karyawan yang berbeda-beda yang bisa saja tidak bisa melakukan hal diatas.

    Menurut saya jika menjadi karyawan, maka yang motivasi yaitu Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati, karena dari hal ini motivasi kita akan bertambah karena merasa di hargai dan di hormati. Maka kinerja yang kita lakukan pun akan baik

    BalasHapus
  38. Menurut saya, sebagai manajer SDM, yang paling sulit diwujudkan adalah pemberian kompensasi yang bernilai dari perspektif karyawan. Mengapa? Karena aspek-aspek pribadi setiap karyawan berbeda-beda, terutama menyangkut gaya hidup. Misalnya, Albertino adalah seseorang yang memiliki gaya hidup konsumerisme, terutama terhadap makanan. Suatu hari Albertino diterima di sebuah restoran mewah menjadi manajer operasional, Albertino sudah membayangkan tempat bekerjanya itu sejak dulu, ia berharap bonus yang diberikan akan berupa makan gratis disana. Namun, setelah beberapa bulan bekerja dan menerima bonus pertamanya, Albertino kecewa, sebab bonus yang diberikan berupa 3x gaji saja, menurut prinsip Albertino: uang itu mudah didapat, berbeda dengan makanan. Albertino masih tetap berharap bonus yang diharapkannya. Namun, setelah beberapa tahun bekerja, bonus yang dia harapkan tak kunjung datang dan Albertino mulai kehilangan motivasinya bekerja, kemudian ia mengundurkan diri karena menurutnya, restoran tersebut mengecewakan dirinya.

    Apabila saya menjadi karyawan, menurut saya, yang paling mudah untuk mempertahankan motivasi adalah kompensasi yang bernilai. Karena secara umum, masyarakat bekerja dengan motivasi mendapat kompensasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, memang beberapa orang bekerja untuk mencari penghargaan dan pengakuan dari rekan kerja sebayanya

    BalasHapus
  39. Jika saya menjadi manajer SDM. Maka yang paling sulit dari 4 hal di atas adalah menciptakan komunikasi yang jujur dan terbuka dalam organisasi, karena hal ini dibutuhkan untuk membangun diri para karyawan agar bisa terbuka dan jujur dalam komunikasi di dalam organisasi. Tentu hal ini sulit karena adanya sifat dan kepentingan dari karyawan yang berbeda-beda yang bisa saja tidak bisa melakukan hal diatas.

    Menurut saya jika menjadi karyawan, maka yang motivasi yaitu Menciptakan lingkungan kerja dan budaya di mana karyawan dihargai dan dihormati, karena dari hal ini motivasi kita akan bertambah karena merasa di hargai dan di hormati. Maka kinerja yang kita lakukan pun akan baik.

    BalasHapus
  40. menurut saya yang paling susah diciptakan jika kita jadi manajer hrd adalah yang nomor 1 yaitu menciptakan budaya yang dhargai oleh karyawan karena meskipun kita menciptakan aturan dan budaya yang wajar di suatu perusahaan tetap saja aturan tersebut di langgar dan bila kita menciptakan 9 pagi masih saja banyak karyawan yang terlambat dengan berbagai macam alasan entah itu macat a aatau bangun kesiangan atau sakit dan lain sebagainya dan bila saya menjadi karyawan yang paling memotivasi saya adalah nomer 4 yaitu menmberikan kompensasi sesuai perspektif karyawan karena dengan demikian saya merasa bahwa perusahaan atau organisasi tersebut pengertian dapat memaklumi keterbatasan karyawan dan karyawan pun merasa nyaman dalam bekerja di dalam sanabudaya seperti contoh nya masuk kantor harys jam

    BalasHapus
  41. If you're attempting to lose fat then you certainly have to try this brand new personalized keto plan.

    To design this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and chefs joined together to develop keto meal plans that are useful, suitable, price-efficient, and fun.

    From their grand opening in January 2019, 1000's of individuals have already remodeled their body and well-being with the benefits a good keto plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto plan.

    BalasHapus