Minggu, 19 Februari 2017

Membantu Karyawan Berperilaku Etis



Bahan Bacaan: Malar, S. Mercia Selva. 2008. The “ethics” of being profit focused. Social Responsibility Journal, Vol. 4. No 1/2: 136-142.

Meskipun masih banyak orang yang mengeluh bahwa dalam bisnis dunia merajalela berbagai praktik yang tidak etis dan tidak bermoral, pemenang dalam bisnis bukanlah mereka yang bersinar dalam jangka pendek dengan menghalalkan segala cara. Pemenang tetaplah mereka yang mengikuti rute yang panjang dengan menerapkan etika dan moral dalam semua aspek bisnis mereka.
Perusahaan adalah benda mati dan orang-orang adalah orang-orang yang bertindak atas nama perusahaan. Jika perusahaan harus etis dan moral dalam kegiatannya, maka mereka harus dipimpin oleh orang yang beretika dan bermoral. Direksi dan tim manajemen pertama harus diatur oleh etika dan moralitas. Mereka harus benar-benar yakin bahwa tidak ada keharusan bahwa harus ada konflik antara keuntungan dan etika (Malar, 2008).
Mengutib Huntsman (2007),  Malar (2008) mengatakan:"Tidak boleh ada ketegangan antara membuat keuntungan dan mengikuti prinsip-prinsip tradisional kepatutan dan kewajaran". Perusahaan harus selalu menginstruksikan karyawannya untuk mengikuti saran ini dari Huntsman:

  1. Setiap kegiatan yang akan dilakukan harus dimulai dengan pertanyaan "Apakah itu benar?"
  2. Apakah aku ingin diperlakukan seperti ini? Biarkan nilai-nilai individu juga diterapkan di tempat kerja.  Seharusnya tidak ada pemisahan antara apa yang dianggap baik secara pribadi dengan apa yang baik untuk dilakukan di tempat kerja.
  3. Ketika terjadi konflik terkait perilaku etis, pertimbangkan konsekuensi terhadap keluarga sendiri. Setiap karyawan harus diminta untuk “mewarnai” hidupnya dengan kata-kata: Keluarga, Iman, Ketabahan, Keadilan, Kesetiaan, Persahabatan, dan Belas kasih.

Bahan Diskusi:

“Setiap karyawan harus diminta untuk “mewarnai” hidupnya dengan kata-kata: Keluarga, Iman, Ketabahan, Keadilan, Kesetiaan, Persahabatan, dan Belas kasih.”
Andai Saudara sebagai karyawan, pilihlah 3 dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan Saudara untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup Saudara”. Berikanlah alasan mengapa Saudara memilih ketiga kata tersebut. Selamat Berbagi dan Berdiskusi.

94 komentar:

  1. Andai saya sebagai karyawan, pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup Saudara” adalah
    1. Keluarga
    Saya memilih keluarga pada pilihan pertama karena menurut saya, dari keluargalah saya diajarkan bagaimana cara beretika dan dari keluarga saya diajarkan bagaimana seharusnya saya bersikap dalam setiap situasi yang ada dan diajarkan untuk selalu berperilaku etis dimanapun, salah satunya ialah dalam pekerjaan.

    2. Iman
    Saya memilih iman pada pilihan kedua karena menurut saya, dengan adanya iman dalam diri saya dan dari kepercayaan yang saya anut serta ajaran yang diajarlan akan membuat saya selalu berfikir sebelum melakukan tindakan sehingga secara tidak langsung akan memaksa saya selalu berperilaku baik dan salah satunya ialah saya akan cenderung bersikap etis dalam pekerjaan.

    3. Kesetiaan
    Saya memilih kesetiaan pada pilihan ketiga karena menurut saya, saat saya setia terhadap sesuatu hal maka akan lebih cenderung untuk berlaku etis pada setiap pekerjaan dan akan timbul rasa "sungkan" saat akan melakukan perbuatan yang tidak etis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, saya sangat setuju dengan pendapat saudara Dosi Ocatavia mengenai iman. Kepercayaan dan ajaran yang telah diajarkan kepada kita sejak dahulu akan setidaknya membuat saya berpikir ulang saat melakukan tindakan yang tidak etis. Terima Kasih.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat yang saudari dosi berikan karena menurut saya keluarga lah yang paling penting, karena dari keluargalah lahirnya kepribadian yang baik sehingga akan mendorong kita untuk berperilaku etis dimanapun.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudari dosi karena dengan keluarga,iman dan kestiaan akan dengan sendirinya membuat kita beperilaku etis di manapun.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat dosi yang terkait dengan iman karena dengan adanya iman itu membuat seseorang harus berperilaku baik kepada orang lain dan bersikap etis dalam pekerjaan sehingga kita dapat bekerja dengan berkinerja dengan baik.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat dosi karena keluarga adalah nomor 1 dan iman juga diperlukan karena iman yang kuat akan membuat kita kuat dalam menghadapi godaan hal hal yang negatif

      Hapus
    6. Terima kasih atas tanggapan saudari Tabita, saudari Dwi, saudara Yosua, saudara Alex dan juga saudari Dian.

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat saudari Dosi jika keluarga ialah penghidupan yang sangat penting bagi kita apa yang di ajarkan oleh keluarga kita sangat berpengaruh oleh penghidupan yang kita lakukan sehari-hari, karena peran keluarga sangat penting bagi kita.

      Hapus
    8. saya suka dengan tanggapan dosi bahwa dengan adanya iman dalam diri akan memaksa kita selalu berperilaku baik dan salah satunya ialah akan cenderung bersikap etis dalam pekerjaan.

      Hapus
  2. Menurut pendapat saya, jika saya sebagai karyawan maka yang saya utamakan adalah
    1. Iman
    Saya memilih iman yang saya utamakan dikarenakan iman merupakan langkah awal dan sebagai pertahanan utama jika di dalam perusahaan dikatakan ada masalah. Ada nya iman juga akan membuat saya menjadi lebih tabah karena saya percaya bahwa segala sesuatu ada hal positif di baliknya.
    2. Kesetiaan
    Saya memilih kesetiaan dikarenakan sangat penting sebuah kesetiaan dalam segala hubungan yang etis. Kesetiaan menjaga sikap saya kepada perusahaan mengalami masalah maka saya setidaknya dapat berpikir lebih baik untuk mengambil sebuah keputusan
    3. Persahabatan
    Saya memilih persahabatan karena saya merasakan sendiri. Bersahabat dengan sahabat yang baik akan membantu membentuk saya menjadi pribadi yang lebih baik. Rekan kerja yang dibangun dengan persahabatan akan membangun suatu hubungan kerja yang membangun, saling membantu dan saling percaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat tabita yang terkait dengan persahabatan karena persahabatan juga merupakan faktor yang membentuk karakter kita selain keluarga. Apabila kita bersahabat dengan orang yang baik maka karakter kita juga baik tetapi sebaliknya apabila kita bergaul dengan orang yang berperilaku tidak baik maka sikap kita juga bisa tidak baik.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan tabita dan alex karena selain keluarga persahabatan juga sangat penting karena sahabat kita juga ikut menjadi faktor pendukung pembentukan karakter kita serta iman yang kita miliki juga penting karena dengan iman kita yang kuat maka akan membantu kita dalam menghadapi semua cobaan

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dari sdri.Tabita mengenai persahabatan. jika kita berteman dengan teman yang baik dan mendukung kita untuk tidak menyerah maka hasil kerja kita akan lebih baik. apabila berteman dengan teman yang kurang bisa mendukung dan kurang bisa diajak untuk bekerja sama maka hasil yang kita kerjakan tidak akan maksimal.

      Hapus
    4. Saya sependapat dengan Tabita bahwa iman merupakan langkah awal dan sebagai pertahanan utama jika di dalam perusahaan dikatakan ada masalah

      Hapus
  3. Apabila saya sebagai karyawan, 3 kata dari kutiban diatasa yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan adalah

    1. Keluarga
    Saya memilih keluarga karena dari keluargalah seseorang diajarkan untuk memiliki kepribadian yang baik seperti bagaimana dalam bersikap maupun berhubungan dengan orang lain yang mencakup pula tata sikap, tata tutur dan tata pikir seperti dalam pekerjaan

    2. Iman
    Saya memilih iman karena dengan keimanan inilah yang akan melahirkan optimisme, kejujuran, kedisiplinan, loyalitas dengan sendirinya dalam bekerja. Oleh karena itu dengan iman akan mendorong kita untuk berperilaku etis dalam pekerjaan.

    3. Kesetiaan
    Saya memilih kesetiaan karena dengan kesetiaan maka akan terlahir pula komitmen dalam bekerja. Sehingga secara etis kita akan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan yang kita lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan dwi karena keluarga merupakan yang nomor satu dan iman yang kuat juga membuat kita dapat teguh dalam menjalani cobaan cobaan yang tidak baik serta kesetiaan sanggat di butuh kan dalam perusahaan karena dengan kita memiliki loyalitas kita dapat bekerja dengan maksimal

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Dwi mengenai keluarga karena keluarga merupakan tempat kita membentuk karakter dalam diri kita. Misalnya tutur kata dan sikap yang seharusnya kita lakukan

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudari Dwi tentang kesetiaan. semakin kita enjoy dalam menjalani pekerjaan kita, maka muncul rasa setia terhadap pekerjaan yang dimana hal ini sangat berpanguruh terhadap kita sendiri yang melihat pekerjaan bukan sebuah beban melainkan kesenangan. dan hal ini juga berpangaruh terhadap efisiensi perusahaan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan saudari Dwi karena menurut saya, dari keluargalah kita pertama belajar dan dari pelajaran tersebut yang akan kita terapkan dalam kehidupan nyata, salah satunya bersikap etis dalam pekerjaan.

      Hapus
    5. Saya sependapat juga dengan pilihan dari Dwi bahwa di dalam keluargalah seseorang diajarkan untuk memiliki kepribadian yang baik seperti bagaimana dalam bersikap maupun berhubungan dengan orang lain

      Hapus
    6. Saya setuju dengan pendapat saudari Dwi mengenai kesetiaan karena komitmen dalam bekerja sangat penting untuk menunjang produktivitas terhadap pekerjaan yang diberikan dan kita dapat melakukan yang terbaik

      Hapus
  4. Andai saya sebagai karyawan, pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup Saudara” adalah
    1. Keluarga Saya memilih keluarga pada pilihan pertama karena menurut saya, dari keluargalah saya membentuk karakter dan merupakan landasan untuk bersikap Etis, baik dan jujur.

    2. Iman Saya memilih iman pada pilihan kedua karena menurut saya, dengan adanya iman dalam diri saya membuat saya tidak cepat dalam mengambil keputusan yang dapat membuat kita salah dalam tindakan walaupun banyak godaan tetapi dengan iman yang teguh membuat saya tidak goyah dan tau mana yang baik dan benar dan selalu bersikap Etis.

    3. KetabahanSaya memilih ketabahan pada pilihan ketiga karena menurut saya, dengan adanya ketabahan membuat diri saya menjadi lebih sabar, ketetapan hati dan berprilaku etis dan akan menolak ajakan yang menimbulkan hal negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara yosua dan okta karena dengan kesabaran kita dapat menyelesaikan segala masalah dengan baik karena dengan kesabaran pasti akan berbuah manis

      Hapus
  5. Andai saya sebagai karyawan 3 kata yang saya pilih adalah
    1.Iman
    Dengan adanya iman saya tetap percaya kepada apa yang saya yakini, dengan adanya iman akan membuat pribadi seseorang menjadi lebih utuh sehingga tidak akan termakan godaan-godaan yang terdapat di perusahaan. iman bagi saya layaknya lentera yang menerangi akal dan budi saya untuk melihat lebih jauh kedepan tindakan apa yang baik dan benar.

    2.Keluarga
    Keluarga menjadi orang terdepan yang selalu mensupport kita, dengan adanya kepercayaan dari keluarga membuat saya akan bekerja dengan lebih bersungguh-sungguh, tentunya saya akan bekerja dengan baik diperusahaan dikarenakan saya telah diajarkan etika dan moralitas yang berawal dari keluarga.

    3. Belas Kasih
    Dengan Berbelas Kasih, seseorang akan menjadi lebih rendah hati, dan mudah memaafkan orang lain, diperusahaan akan sering terjadi pertentangan entah secara horizontal maupun vertikal, situasi seperti ini dibutuhkan sikap berbelas kasih agar kerja sama antara satu dengan yang lainnya tidak terputus, karena tujuan perusahaan hanya bisa dicapai secara bersama-sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan yoseph karena dengan belas kasih juga kita bisa rendah hati dan membuat kita pasti sadar akan kekurangan dan kelebihan kita. Kita jadi bisa lebih memperdulikan orang lain,tidak hanya mememtingkan diri kita sendiri. Dengan iman juga kita tidak akan mudah goyah sehingga membuat kita bisa terus jujur dalam setiap tindakan yang kita lakukan baik di dalam organisasi maupun di lingkungan luar. Dengan adanya dukungan dari keluarga menambah percaya dirinya kita untuk mengambil langkah dalam hidup kita serta meyakinkan pilihan kita mau menjadi seperti apa nantinya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara karena kaluarga merupakan yang utama bagi kita dan iman yang kuat membuat kita dapat menjalani segala tantangan dan cobaan

      Hapus
  6. saya setuju dengan pendapat saudara okta kita mendapatkan pengajaran etika dan moral dalam lingkungan keluarga dan untuk dipraktekan tidak hanya di dalam dunia bekerja tetapi juga dimanapun kita berada.

    BalasHapus
  7. Apabila saya sebagai karyawan,3 kata dari kutiban diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan adalah

    1. Iman
    Jika saya berpegang tenguh dengan iman yang saya pegang saya bisa yakin bahwa apa yang di ajarkan dari agama saya,bisa saya terapkan dalam melakukan tugas dan pekerjaan saya. Iman sangatlah luas karena dalam iman saya bisa di ajarkan ketabahan,belas kasih maupun keadlian untuk berpprilaku terhadap sesama kita,baik partner kerja,atasan kita maupun bawahan kita. Iman membantu kita agar kita menyadari bahwa kita harus berperilaku baik dan benar serta menghargai orang lain maka orang lain akan berperilaku baik dan benar serta dapat menghargai kita juga. Dengan iman yang kuat kita juga pasti bisa berperilaku yang etis dalam setiap keputusan yang kita ambil untuk segala hal.

    2. Keluarga
    Dengan adanya dukungan dari keluarga maka kita bisa sadar akan perilaku kita saat di luar,karena sumber perilaku kita sebenarnya terlihat saat kita ada di dalam keluarga. Jika dalam lingkungan keluarga saja kita tidak bisa berperilaku baik maka kita juga tidak bisa berperilaku baik di lingkungan luar. Dari keluarga pula kita menumbuhkan dan mengembangkan setiap sikap dan perilaku kita.

    3. Kesetiaan
    Kesetiaan bisa di buktikan dengan perilaku. Jika kita srtia dengan pekerjaan maupun hubungan dengan rekan kerja maka kita pasti akan berusha semaksimal mungkin agar kita bisa dibilang setia oleh orang lain. Perilaku baik dan benar kita yang menunjukkan kita setia atau tidak hanyalah orang lain yang bisa menilainya. Kesetiaan harus tumbuh dalam diri kita agar kita bisa menghargai waktu yang kita gunakan,hubungan baik dengan rekan kerja atau orang lain dan mencintai pekerjaan yang kita kerjakan agar setiap tujuan bisa tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat veronica,karena iman merupakan pedoman yang penting bisa diterapkan dalam melakukan tugas dapat membantu kita untuk menyadari bahwa kita harus berperilaku baik dan benar serta menghargai orang lain maka orang lain akan berperilaku baik dan benar serta dapat menghargai kita.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapatsaudara vero karena keluarga merupakan yang nomor satu dan dalam keluarga karakter kita terbentuk

      Hapus
  8. Menurut pendapat saya, sebagai karyawan, ada pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutipan di atas adalah:

    1. Keluarga
    Saya dari keluarga, ditanamkan dan diajarkan nilai-nilai untuk selalu bersikap jujur dan etis dalam berbuat apapun dan dari situ kita bisa menggunakan nilai-nilai yang diajarkan oleh keluarga kita sendiri untuk dipraktekkan dalam dunia kerja.

    2. Iman
    Karena di dunia kerja, kita kadang-kadang akan mengalami hal-hal yang kita tidak inginkan seperti mengalami kesulitan bekerja,pada saat kita masuk dunia kerja. Maka dari itu kita harus kuat dalam menghadapi kesulitan tantangan tersebut dengan tidak menyerah terhadap kesulitan tersebut dan menggunakan cara yang etis untuk menyelesaikan kesulitan tantangan dengan halal.

    3. Kesetiaan
    Seakan-akan Kita harus setia dengan nilai-nilai etis yang diajarkan oleh keluarga yang kita dapatkan untuk dipraktekkan dalam dunia kerja dan tidak mengambil cara-cara yang tidak halal dan tidak etis dalam bekerja untuk mencapai tujuan tersebut, karena dalam mencapai tujuan harus menggunakan nilai-nilai yang etis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anthon yang terkait dengan iman karena kita tidak mudah menyerah dan iman mengharuskan kita agar menyelesaikan masalah dengan cara yang etis dan halal. 

      Hapus
    2. Saya setuju karena dengan memiliki kesetiaan pada perusahaan maka kinerja kita pasti akan baik karena kita berusaha mengerjakan sebaik mungkin dan di sisi lain perusahaan sangat membutuhkan loyalitas pada perusahaan tersebut

      Hapus
  9. Apabila saya sebagai karyawan, 3 kata dari 7 kutipan diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan saya adalah

    1. Keluarga 
    Saya memilih keluarga karena keluargalah merupakan tempat awal dalam pembentukan karatkter seseorang. Didalam keluarga kita diajarkan dan didik bagaimana bersikap dan berperilaku dengan baik,sopan dan santun kepada orang lain. Apa yang diajarkan di dalam keluarga akan kita terapkan di dalam dunia kerja pada massa yang akan mendatang. Jadi menurut saya keluarga lah merupakan tempat yang membentuk karakter kita. Sehingga kitanbisa bekerja dengan giat,rajin,jujur dan berkinerja baik.

    2. Iman 
    Kedua saya memilih iman karena dengan keimanan membuat seseorang lebih percaya dan yakin pada keputusan yang diyakininya sehingga tidak mudah tergoyahkan atau ikut-ikut an.sehingga apabila kita bekerja dapat bekerja dengan baik dan setia dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan.

    3. Kesetiaan 
    Saya memilih kesetiaan karena dengan kesetiaan itu membuat kita berkomitmen dalam menjalani pekerjaan yang dilakukannya. Sehingga kita bekerja bisa tekun dan tidak bermalas-malasan. Membuat kita tidak gampang dipengaruhi orang agar berpindah tempat kerja dengan tawaran bayaran yang lebih tinggi dari tempat kerja sekarang. Dengan setia ditempat kerja maka secara otomatis jabatan kita bisa naik dan hidup kita bisa lebih makmur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan oendapat anda karena iman yang kuat akan membantu kita dalam memutuskan segala keputusan yang baik atau yang terbaik dari segala pilihan yang ada dan iman yang kuat membuat kita tidak mudah terpengaruh dengan hal hal yabg negatif

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Alex, karena kesetiaan membuat kita bekerja lebih giat dan tidak gampang dipengaruhi oleh orang lain, sehingga orang lain dapat mempercayai kita, dan pekerjaan kita akan lebih nyaman.

      Hapus
    3. Saya setuju pada pilihan alex tentang yg KESETIAAN , kesetiaan itu membuat kita berkomitmen dalam menjalani pekerjaan yang dilakukan. Sehingga kita bekerja bisa tekun dan tidak bermalas-malasan

      Hapus
  10. Saya setuju dengan pendapat Alex,karena keluarga merupakan tempat pembentukan karakter seseorang. Di situlah kita di didik dengan berperilaku yang baik,sopan,dan santun kepada orang lain. Apa yang diajarkan oleh keluarga kita akan diterapkan dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  11. Saya setuju dengan pendapat anda yang terkait pada keluarga karena didalam keluargalah kita dibentuk karakter dan dengan dibentuknya karakter maka nilai-nilai yang diajarkan bisa dipraktekkan didalam dunia kerja.

    BalasHapus
  12. Saya setuju dengan anda karena dalam keluarga karakter kita terbentuk serta ketabahan dalam menghadapi masalah juga dapat membentuk karakter diri kita

    BalasHapus
  13. Yang pertama saya memilih keluarga
    Karena keluarga yang membentuk karakter kita dan pada saat kita kesusahan juga pasti keluarga yang akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah maupun membantu mencari jalan keluar sebagai solusi
    Yang kedua saya memilih iman
    Keluarga pasti mengenalkan kita ke agama yang mereka percayai untuk membentuk dan membangun iman kita agar iman kita bertumbuh dengan baik agar kita tidak mudah terpengaruh dengan yang lain nya
    Yang ketiga saya memilih kesetiaan
    Apa bila kita dapat setia pada sesuatu kita pasti akan melakukan yang terbaik untuk hal itu selain kesetiaan harus menjadi jarakter diri kita dengan memiliki kesetian yang tinggi maka perusahaan akan sangat menghargai kita karena loyalitas kita

    BalasHapus
  14. Apabila saya sebagai karyawan, 3 kata dari kutipan diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan adalah:
    1. Keluarga
    Saya memilih keluarga karena dari keluargalah seseorang ditanamkan dan diajarkan nilai-nilai untuk berperilaku etis dan dari situ, kita mendapat nilai tambah yang kemudian akan berguna di perusahaan.
    2. Iman
    Dengan adanya iman saya tetap percaya kepada apa yang saya yakini, dengan adanya iman saya lebih cepat dan tepat dalam mengambil keputusan sehingga meskipun banyak godaan saya tidak akan goyah dan selalu berfikir positif.
    3. Persahabatan
    Dengan menjunjung tinggi rasa persahabatan dan pertemanan, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat membangun rasa persahabatan dengan rekan kerja yang saling membantu dan saling percaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan evan karena sama dengan saya dia memilih iman, keluarga dan persahabatan karena menurut saya hal itu yang sangat cocok, dalam mengembang kan perilaku etis kita

      Hapus
  15. Apabila saya sebagai seorang karyawan 3 kata yang saya pilih adalah :
    1. Keluarga : keluarga merupakan tempat pertama dan paling utama yang mengajarkan saya tentang perilaku etis, ajaran tersebut pasti akan terbawa hingga saya bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu keluarga juga berperan penting dalam mendukung saya di karir yang saya jalani.
    2. Iman : dalam setiap kepercayaan pasti akan diajarkan tentang bagaimana perilaku yang baik dan yang tidak baik. Maka untuk mengambil keputusan biasanya saya akan berpikir terlebih dahulu agar apa yang saya lakukan tidak menyimpang dari apa yang diajarkan oleh kepercayaan yang saya anut.
    3. Keadilan : menurut saya jika dalam bekerja ada perilaku yang adil antara satu karyawan dengan karyawan yang lain dalam perusahaan tersebut maka setiap karyawan akan merasa sungkan ketika melakukan sesuatu perbuatan yang tidak etis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat priscilla mengenai iman, karena memang benar iman adalah panutan kita dalam berperilaku dengan benar

      Hapus
    2. saya sependapat dengan priscilla bahwa Keluarga merupakan tempat pertama dan paling utama yang mengajarkan kita tentang perilaku etis

      Hapus
  16. Apabila saya sebagai karyawan,3 kata dari kutiban diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan adalah :
    - Keluarga = saya memilih keluarga karena di keluarga lah saya diajarkan bagaimana cara untuk bersikap secara sopan kepada orang lain dan menghargai orang lain serta saya selalu mendapatkan pengarahan dari orang tua saya untuk selalu bertindak jujur dimanapun saya berada apalagi pada saat saya bekerja nanti saya harus berperilaku etis karena dengan saya berperilaku etis maka saya akan disukai oleh manajer karena hasil pekerjaan saya, saya lakukan dengan jujur dan sesuai dengan prosedur serta tidak melakukan kecurangan apapun.
    - Iman = dalam kepercayaan yang saya anut saya diajarkan untuk selalu berpegang teguh pada iman saya yang selalu berpendirian serta menaati aturan-aturan yang diajarkan dan tidak melakukan segala cara demi kesenangan pribadi tetapi berusaha untuk menjadi yang terbaik dengan iman kita.
    - Belas Kasih = setiap dari kita perlu untuk punya sikap belas kasih terhadap orang lain. tetapi dengan sikap belas kasih tersebut kita harus bisa menetapkan kapan kita harus berbelas kasih terhadap orang dan kapan tidak. Jika kita terus-terusan berbelas kasih terhadap orang maka orang tersebut akan melonjak dan tidak akan menghargai kita lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat dari sdri.Devi mengenai hal iman. dengan iman yang kita pegang kita akan selalu tetap pada pendirian kita dan tidak mudah tergoda dengan hal-hal duniawi yang menghalalkan segala cara demi kesenangan diri sendiri tanpa memikirkan bagaimana orang lain yang berusaha untuk mendapatkan keinginanya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat devi tentang keluarga karena kita dibentuk dari awal ingga sekarang dibentuk oleh keluarga

      Hapus
  17. Apabila saya sebagai karyawan,3 kata dari kutiban diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan adalah :
    1. Keluarga : dalam keluarga saya diajarkan untuk selalu bersika etis dimanapun saya berada. hal itu diajarkan sejak saya kecil dan akan saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari dimanapun saya berada. dan hal itu akan saya bawa nanti nya ke dalam dunia kerja sehingga apa yang saya kerjakan saya mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil yang etis. hal itu lah yang nantinya dapat membawa kepada pintu kesuksesan.
    2. Keadilan : dalam dunia kerja kita sebagai atasan maupun bawahan harus tetap bersikap adil terhadap siapapun karena perbuatan itu lah yang akan membuat orang suka dan mau bekerja sama dengan kita.
    3. kesetiaan : pertemanan yang setia dan baik juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. karena dengan teman lah yang akan membantu dan mendorong kita untuk selalu semangat dan bekerja. dari kesetiaan itu lah akan menimbulkan hasil yang maksimal karena dibalik diri kita sendiri terdapat teman yang selalu akan mensuport kita dalam keadaan apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Evan. karena menurut saya 3 hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan oleh karyawan

      Hapus
  18. Andai saya sebagai karyawan, pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup Saudara” adalah :
    1. Keluarga : alasan saya memilih keluarga karena saya memulai segala sesuatu nya dari keluarga. sejak saya lahir hingga saat ini, keluarga saya telah mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai yang baik dalam berperilaku baik itu kepada keluarga saya sendiri maupun orang lain di luar anggota keluarga saya.
    2. Iman : saya memilih iman karena iman saya mengajarkan segala sesuatunya menjadi baik dan bermoral. Iman saya merupakan sebuah tanggung jawab dan merupakan sebuah alat untuk menguatkan hati nurani untuk menghindar dari hal-hal yang tidak baik.
    3. Kesetiaan : saya memilih kesetiaan karena kesetiaan merupakan satu kesatuan dalam segala hal. baik itu kesetiaan dalam keluarga maupun iman yang saya anut. begitupun dengan pekerjaan saya. kesetiaan mengajarkan saya untuk menjadi pribadi yang tidak mudah goyah terhadap sesuatu yang baik maupun buruk.

    BalasHapus
  19. Keluarga : saya memilih keluarga karem dalam kelurga kita dibentuk dan diajarkan dan ditanamkan nilai-nilai yang etis dan hal-hal itu dapat dibawa dalam dunia kerja seperti bertanggung jawab,sopan santun,dll
    Iman : saya memilih iman Karena iman sangat penting dalam konteks ini yaitu pekerjaan, karena sekarang sudah banyak orang-orang yang ingin megajak kita untuk sukses tapi dengan cara yang salah. Hal inilah yang membuat kita harus memikirkan tindakan yang kita ambil.
    Persahabatan : Saya memilih persahabatan Karen dalam persahabatan kita dapat memajukandiri kita sendiri lebih baik dan juga kita bisa mendapatkan hasil yang baik dalam suau pekerjaan ketika kita membangun relasi yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Indra Putra karena dalam keluarga merupakan tempat awal kita dibnetuk dan ditanamkan nilai-nilai etis dalam melakukan segala hal baik di lingkungan keluarga maupun di luar lingkungan keluarga.

      Hapus
  20. Apabila saya sebagai seorang karyawan, 3 kata yang saya pilih yang dapat memungkinkan saya dalam berperilaku etis dalam pekerjaan adalah :
    1. Keluarga : Keluarga merupakan lingkungan pertama dimana kita diajarkan dan diberikan nilai-nilai hidup dan bagaimana berperilaku yang etis dalam lingkungan keluarga maupun diluar lingkungan keluarga.
    2. Iman : Dengan iman kita dapat merasakan apa yang kita lakukan itu sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sikap tersebut etis ataupun tidak etis, karena dengan adanya kepercayaan kita pasti akan lebih yakin dalam mengambul sebuah keputusan dan keputusan yang diambil sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan kita.
    3. Belas Kasih : Dengan belas kasih kita dapat membantu sesama kita yang memang memerlukan bantuan kita, karena dengan belas kasih pasti kita akan mendapatkan yang lebih dari apa yang kita lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat sauadara Eka. Karena dengan adanya ketiga kata itu maka perilaku etis kita sebagai karyawan akan terbentuk dengan baik. Di dalam keluarga kita sudah diajakarkan nilai-nilai etika sejak kecil. Iman menuntut kita untuk selalu berperilaku etis. Dan belas kasih membuat kita selalu berperilaku etis dimana pun itu tidak hanya di tempat kerja saja.

      Hapus
  21. Apabila saya sebagai seorang karyawan,3 kata yang saya pilih dalam berpeilaku etis dalam pekerjaan adalah :

    1. Iman : Saya memilih iman karena orang yang memiliki iman adalah orang yang takut akan tuhan dan pasti akan berperilaku baik sesuai dengan moral.

    2. Keluarga : Saya memilih keluarga karena keluargalah tempat saya pertama kali berinteraksi dan beradaptasi, serta keluargalah yang mengajarkan saya perilaku baik, serta sopan santun.

    3. Persahabatan : Saya melilih persahabatan karena dengan sahabat mereka akan menjaga, dan membantu kita apabila kita susah. Dengan memiliki sahabat yang banyak maka relasi kita dengan orang lain juga lebih banyak maka lebih banyak yang akan membantu kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Vania. Dengan adanya ketiga hal itu, kita akan dapat melakukan bisnis ataupun pekerjaan dengan baik, sesuai dengan nilai yang berlaku serta menerapkan nilai etika dalam berbisnis dengan benar.

      Hapus
    2. Saya kurang setuju dg pendapat vania kalau persahabatan sebagai kunci dlm pekerjaan karena bila sahabat melakukan kesalahan yang melanggar etika, kita tdk bisa mengutamakan persahabatan dalam pekerjaan.

      Hapus
  22. Apabila saya sebagai seorang karyawan, 3 kata yang saya pilih yang dapat memungkinkan saya dalam berperilaku etis dalam pekerjaan adalah :
    1. Keluarga : keluarga merupakan tempat dimana saya di didik untuk belajar nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan norma-norma agama. Serta juga nilai-nilai dalam beretika.

    2. Iman : Tuhan akan selalu melihat apa yang sedang kita lakukan. Maka dari itu lakukan apa yang akan kita lakukan dengan sikap yang baik, beretika, dan tidak melanggar aturan serta norma yang berlaku.

    3.Keadilan : Manusia butuh sebuah keadilan. Dalam hal berbisnis kita haruslah adil supaya orang lain akan dapatkan hak nya mereka dengan rata.sehingga orang tersebut akan merasa dihargai .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan Joshua dengan kutipan IMAN bahwa Tuhan akan selalu melihat apa yang sedang kita lakukan. Maka dari itu lakukan apa yang akan kita lakukan dengan sikap yang baik, beretika, dan tidak melanggar aturan serta norma yang berlaku.

      Hapus
  23. 3 kata yang saya pilih yang dapat memungkinkan saya dalam berperilaku etis dalam pekerjaan adalah :
    1. Keluarga
    Karena keluarga merupakan tempat pertama kali kita di didik secara moral
    2. Iman
    Iman adalah hal yang menuntun kita berperilaku etis atau tidak karena iman yang menyangkut hati nurani manusia
    3. Keadilan
    Karena dengan adanya keadilan maka kita dapat dinilai jujur terhadap semua orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju dengan pendapat saudara aldwin. Point 1 dan 2 saya setuju, tetapi point 3 saya bingung, tolong jelaskan lebih rinci maksud saudara? Terima kasih.

      Hapus
    2. Yang saya maksud dalam poin ke 3 bahwa keadilan sebagai poin penting dalam pekerjaan adalah bila kita berperilaku adil kepada karyawan di pekerjaan. Tidak berat sebelah di satu pihak.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan saudara aldwin mengenai iman yang menyangkut hati nurani manusia

      Hapus
  24. Apabila saya sebagai karyawan, 3 kata dari 7 kutipan diatas yang paling memungkinkan untuk berperilaku etis dalam pekerjaan saya adalah

    1. Keluarga
    Saya memilih keluarga karena saya didalam keluarga telah diberikan ajaran agar berperilaku sesuai norma dan bertindak secara etis harapannya agar tidak bertindak melanggar norma maupun hukum. Lalu saya bekerja pasti untuk menghidupi keluarga masa saya tega untuk memberikan mereka uang dari tindakan buruk saya. Dan yang memberi saya semangat adalah keluarga jadi tidak ingin membuat keluarga kecewa atas tindakkan saya.

    2. Iman
    Kedua saya memilih iman karena dengan iman yang kuat yang dimiliki seseorang maka orang itu jika ingin berbuat yang tidak etis akan berfikir lagi karena imannya tidak ingin melakukan hal buruk.

    3. Kesetiaan
    Saya memilih kesetiaan karena dengan kesetiaan seseorang dapat bertahan dengan godaan yang beraneka ragam. Jadi walaupun di hasut seperti apapun jika setia berbuat yang etis maka tidak akan mudah terpengaruh.

    BalasHapus
  25. jika saya sebagai karyawan, 3 kata dari 7 kutipan diatas yang saya utamakan adalah
    1. iman:
    karena saya yakin iman yang saya yakini dapat menuntun saya berperilaku dan beretika dengan baik dalam pekerjaan. salah satu bentuk iman yang saya hayati adalah belas kasih.
    2. belas kasih:
    menurut saya belas kasih adalah hukum pertama dan utama dalam menjalani hidup ini. yang pertama adalah mengasihi Tuhan dan yang kedua mengasihi sesama. jika kita mengasihi sesama otomatis kita akan bersikap bersahabat, peduli, setia, dan tidak dendam. dengan sikap yang seperti itu tidak akan timbul persaingan tidak sehat antar sesama dan antar perusahaan.
    3. keluarga:
    keluarga adalah tempat pembentukan karakter seseorang yang pertama dan utama. dan juga sebagai semangat dan motivator yg paling sering ditemui dan paling sering dijumpai

    BalasHapus
  26. Jika saya sebagai karyawan, 3 kata yang saya pilih pada kutipan diatas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah "mewarnai hidup saya" adalah :
    1. Keluarga
    Alasan saya memilih keluarga adalah karena keluarga merupakan tempat dimana saya belajar segala sesuatunya dari awal. Di keluarga juga saya diajarkan yang namanya etika. Dengan kata lain saya sudah dibekali oleh nilai-nilai etika sejak dini sehingga saya akan terus mengingat dan menerapkan nilai-nilai etika tersebut. Selain itu dengan beretika maka saya membawa nama baik keluarga saya.
    2. Iman
    Alasan saya memilih iman adalah karena iman merupakan panutan saya dalam hidup di dunia ini. Iman yang kuat otomatis akan menuntun saya untuk terus berperilaku etis dalam kehidupan saya sehari-hari dimana pun saya berada termasuk di dalam organisasi.
    3. Kesetiaan
    Alasan saya memilih kesetiaan adalah karena kesetiaan merupakan modal awal saya dalam bekerja. Dengan setia kepada organisasi dan pekerjaan saya, maka nilai-nilai etis itu secara sendirinya akan selalu saya terapkan dalam bekerja.

    BalasHapus
  27. Andai saya karyawan, 3 kata yang saya pilih adalah:
    1. Iman
    Saya memilih iman karena iman merupakan pedoman bagi seseorang untuk berperilaku etis dan bermoral
    2. Keluarga
    Saya memilih keluarga karena keluarga merupakan faktor paling penting dan utama dama pembentukan moral seseorang untuk berperilaku
    3. Keadilan
    Saya memilih keadilan karena keadilan merupakan hal penting yang harus diterapkan dalam suatu bisnis, seperti contohnya memperlakukan semua orang sama tanpa membedakan satu orang dengan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari jessica, karena dengan adanya keadilan merupakan hal yang penting untuk diterapkan disuatu bisnis agar dapat diperlakukan sama tanpa membedakan yang satu dgn yg lain.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari jessica, karena keluarga adalah faktor utama terbentuknya etika seseorang sehingga keluarga merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam membentuk kepribadian

      Hapus
  28. Seandainya saya menjadi seorang karyawan, 3 dari 7 kata pilihan yang akan saya ambil adalah;
    1. Keluarga, karena dari keluargalah saya telah diajarkan dan ditanamkan nilai-nilai positif kepada diri sendiri, keluarga maupun sesama
    2. Iman, karena dengan adanya iman segala perilaku saya dapat didasarkan dengan tanggung jawab yang besar serta menjadi landasan yang baik bagi saya untuk melakukan hal-hal yg baik
    3. Kesetiaan, dengan adanya kesetian maka dapat dipastikan saya akan setia kepada iman yang saya anut saat ini dan pekerjaan yang akan saya kerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketiga hal tersebut sangat baik karena dengan keluarga didorong dengan Iman serta kesetiaan kita akan bekerja dengan apa yang kita harapkan dan kehidupan bekerja kita akan semakin berwarna , namun menurut saya ketujuh (7) kutipan tersebut kalau bisa semuanya harus dimiliki

      Hapus
  29. Jika saya sebagai karyawan,lalu 3 kata yang saya pilih dari 7 kutipan:
    1.keluarga
    Karena disini awal semua terbentuk mulai dari sikap dan nilai nilai moral.Keluarga juga menjadi awal bagaimana kita diajarkan yang baik dan yang benar.
    2.iman
    Iman disini menjadi sangat penting dimana seseorang diuji dalam hal bersikap di kehidupan sehari-hari dan juga di organisasi.
    3.belas kasih
    Hal yang terkadang dilupakan seseorang tapi mempuyai efek yang besar.Seseorang yang memiliki belas kasih hidupnya akan berwarna serta ketika harus berhadapan dengan masalah-masalah yang sensitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju dengan pendapat saudara yang menyatakan bahwa keluarga merupakan faktor yang mendorong seorang karyawan bertindak etis karena terkadang keluarga memberikan tuntutan yang cukup besar sehingga mendorong seseorang untuk bertindak etis.

      Hapus
  30. Hal yang akan saya pilih untuk dapat berprilaku etis adalah
    1. Iman
    Menurut saya iman merupakan suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang dalam baik dalam menjalankan usaha, bekerja, bahkan dalam kehidupan sehari hari karena iman dapat membuat seseorang lebih tenang dan bijaksana dalam berpikir dan mengambil keputusan.
    2. Ketabahan
    Menurut saya ketabahan merupakan hal yang penting dalam berprilaku etis, karena di zaman sekarang ini kita sering di hadapkan pada kondisi yang menggoda kita untuk melakukan suatu tindakan yang tidak etis dan apabila kita tidak tabah kita akan tergoda untuk melakukan suatu tindakan yang tidak etis.
    3. Keadilan
    Hal penting dan mendorong seseorang berprilaku etis adalah keadilan menurut saya adalah keadilan seorang karyawan harus dengan baik mengerti tentang keadilan. Karena keadilan merupakan suatu hal yang sulit untuk diukur. Karyawan yang kurang memahami tentang keadilan akan tergoda untuk bertindak tidak etis.

    BalasHapus
  31. Saya sebagai seorang karyawan akan memilih 3 hal berikut : keluarga, keadilan, dan kesetiaan.
    karena terutama yang saya ingat adalah saya akan bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga saya. Keadilan maksudnya adalah saya akan bekerja dengan memegang prinsip adil kepada siapa saja, baik kepada konsumen maupun dengan rekan kerja. lalu yang terakhir saya akan setia dengan pekerjaan dan atasan saya, dan saya tidak akan melakukan hal-hal negatif yang akan mencemarkan nama perusahaan tempat saya bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan tanggapan terakhir bahwa setia dengan pekerjaan dan atasan, maka kita tidak akan melakukan hal-hal negatif yang akan mencemarkan nama perusahaan tempat kita bekerja.

      Hapus
  32. Jika saya sebagai seorang karyawan untuk bisa mewarnai kehidupan saya dalam bekerja , saya akan memilih :
    1. Keluarga
    Dengan keluarga saya tau untuk siapa saya bekerja dan apa yang saya harapkan
    2. Iman
    Hidup harus didorong dengan Keimanan , karena tidak semata2 kita cuma mencari duniawi namun perlunya diri kita untuk bisa mendekatkan diri pada TUHAN agar mencapai kelancaran dan ketenangan hati dalam bekerja
    3. Keadilan
    Bekerja harus selaran untuk bisa berperilaku adil baik antar sesama rekan kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju atas tanggapan nadya mengenai bahwa dalam keluarga kita tau untuk siapa kita bekerja dan apa yang kita harapkan , hal itu mendorong sikap berkorban untuk suatu tujuan yang baik dan akan mendorong beretika dalam berperilaku

      Hapus
  33. Jika saya sebagai karyawan, pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup SAYA” adalah :
    1. Keluarga
    Berbicara mewarnai pekerjaan maka dengan KELUARGA adalah faktor utama atau motivasi saya untuk bekerja , tentunya kita akan bisa berperilaku etis jika kta menginginkan untuk menafkahi keluarga dengan hasil
    yang halal , kemudian keluarga lah pendorong semangat yang mewarnai hidup saya dalam bekerja.

    2. IMAN
    Iman juga merupakan hal utama bagaimana kita akan bisa bersikap jika kita memiliki iman yang tinggi
    maka kita akan dapat berperilaku etis dalam suatu pekerjaan

    3. KETABAHAN
    kenapa saya perlu ketabahan , karna tabah adalah salah satu sikap (sabar) yang menuntun kita untuk
    selalu tenang dalam menghadapi segala masalah dalam pekerjaan dan menjalaninya dengan hati yg tenang.

    4. KESETIAAN
    setia itu perlu karena untuk membangun LOYALITAS di perusahaan tempat kita bekerja , dimana ketika kita sudah nyaman dan percaya untuk memberikan yg terbaik bagi perusahaan dan itu faktor untuk kita dapat beretika dalam berperilaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Idho karena keluarga merupakan tempat pertama dimana terbentuknya perilaku etis individu. keluarga juga dapat memotivasi individu untuk bekerja lebih baik lagi.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara idho bahwa keluarga merupakan faktor utama untuk dapat memotivasi dan mendorong seseorang dalam bekerja.

      Hapus
  34. Jika saya menjadi seorang karyawan yang saya pilih 3 dari 7 kata yang di atas supaya saya dapat berperilaku etis ialah :

    1. Keluarga :karena keluarga sangat penting sekali jadi keluarga harus dapat menanam nilai-nilai yang etis kepada anaknya kelak apa yang kita ajarkan kepada anak kita tidak sia-sia.

    2. Iman : Iman merupakan pegangan hidup kepada kita, jika kita memiliki iman yang baik kita dapat berperilaku etis kepada setiap orang atau dalam suatu pekerjaan kita.

    3. Ketabahan : Jika kita melakukan suatu pekerjaan dengan tabah atau sabar maka segala sesuatu dapat berjalan dengan baik tidak perlu menggunakan emosi untuk menyelesaikan segala perkara atau masalah dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  35. Jika saya seorang karyawan 3 pilihan dari 7 kata yang ada, maka saya memilih :
    1. Keluarga
    Keluarga sebagai motivasi saya untuk bekerja dan keluarga yang pertama kali mengajarkan bagaimana etika yang baik
    2. Kesetian
    Dalam melakukan pekerjaan kita harus memiliki rasa setia kepada perusahaan agar apa yang dikerjakan memberikan kepuasaan bagi diri sendiri dan perusahaan
    3. Iman
    Iman sangat dibutuhkan oleh saya karena dengan adanya iman maka apapun yabg dilakukan akan dipikirkan dengan matang-matang apakag hal tersebut etis atau tidak etis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat fitry. Dari keluarga lah kita belajar bagaimana beretika dengan baik.

      Hapus
  36. Jika saya sebagai karyawan, pilihan 3 kata dari 7 kata pada kutiban di atas yang paling memungkinkan saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup SAYA” adalah :
    1. Iman
    Iman yang saya yakini dapat menuntun saya menjadi seseorang yang beretika dalam segala hal, seperti melakukan kegiatan bisnis atau kegiatan lainnya
    2. Keluarga
    keluarga sangat berperan penting dalam pembentukan awal moral. keluarga juga merupakan motivator dan penyemangat untuk kita
    3. Belas Kasih
    dengan adanya sikap belas kasih maka secara otomatis kita akan peduli terhadap seseorang yang membutuhkan bantuan kita.

    BalasHapus
  37. Jika memilih dari 3 pilihan di atas. Saya memilih Keluarga,Iman, Kesetiaan.
    Karena menurut saya keluarga sebagai motivasi dan penolong untuk bekerja. Iman karena jika memiliki iman maka pekerjaan yang kita lakukan akan baik dan berlaku etis terhadap pekerjaan maupun lingkungannya. Yang terakhir adalah kesetiaan. Jika kita bekerja dengan kesetiaan maka pekerjaan yang kita lakukan tidak akan asal-asalan tetapi kita bekerja untuk perusahaan agar tetap baik karena kesetiaan akan pekerjaan dan perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  38. Jika saya sebagai karyawan, saya akan memilih 3 dari 7 kata pada kutipan di atas yang paling memungkinkan Saya untuk berperilaku etis dalam pekerjaan ketika ketiga kata itu telah “mewarnai hidup saya” adalah:
    1. Keluarga
    Merupakan tempat pertama dan utama dalam pembentukan perilaku etis suatu individu.
    Di dalam keluarga, saya di ajarkan mengenai hal-hal baik dan benar sehingga saya dapat menentukan tindakan apa saja yang dapat saya lakukan untuk memajukan perusahaan tempat saya bekerja. Dengan adanya keluarga, maka saya akan merasa termotivasi untuk terus berperilaku etis sebagai karyawan yang baik.
    2. Iman
    Dengan adanya suatu kepercayaan yang di yakini, maka akan menuntun kita untuk bekerja sesuai dengan apa yang telah di tetapkan dan disepakati bersama.
    3. Belas kasih
    Dalam suatu pekerjaan, harus adanya rasa belas kasih yang tinggi antara sesama rekan kerja sehingga kita dapat merasa nyaman dan senang dalam menjalani pekerjaan yang kita tekuni. Dengan begitu, akan dengan sendirinya akan timbul rasa loyalitas pada pekerjaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pilihan dari saudari monica dimana keluarga dan iman dapat mewarnai hidup dalam berperilaku etis di pekerjaan. Karena hal tersebut memang pilihan yang memiliki peran besar dalam pribadi seseorang.

      Hapus
  39. 3 dari 7 pilihan pada kutipan diatas yang akan saya pilih apabila saya seorang karyawan adalah :
    1. Iman
    Karena sebagai seorang manusia apapun yang kita miliki dan kita perbuat tersebut berlandaskan dengan iman, karena apapun usaha yang kita perbuat apabila kita sendiri tidak memiliki kepercayaan dalam iman, hal tersebut dapat memunculkan perasaan pesimis terhadap apa yang kita kerjakan. sehinnga menurut saya iman dapat mendorong karyawan untuk dapat optimis dalam bekerja dan tidak hanya mengandalkan kekuatan dari diri sendiri.
    2. Keluarga
    Keluarga adalah tempat kita belajar dan tempat kita berbagi cerita akan hal - hal yang terjadi. Bayangkan apabila kita hanya seorang diri, hal tersebut dapat membuat diri kita menjadi terbatas ketika kita harus mengintrospeksi diri. Menurut saya keluarga tempat yang tepat bagi kita untuk dapat menerima kritik dan masukan, selain dari rekan atau orang disekitar kita. Karena keluarga merupakan tempat terbesar kita untuk menaruh kepercayaan.
    3. Kesetiaan
    Adanya kesetiaan dalam diri seseorang menurut saya membuat hal - hal baik lainnya muncul. Karena kesetiaan menunjukkan sejauh mana loyalitas orang tersebut terhadap suatu hal. Apalagi dalam diri seorang karyawan, apabila seorang karyawan sudah memiliki kesetiaan dalam pekerjaannya maka apa yang akan ia kerjakan pasti tidak akan melenceng dari yang sudah ditetapkan.

    BalasHapus
  40. Menurut pendapat saya, apabila saya menjadi karyawan yang akan di utamakan adalah :

    1. Keluarga
    Menurut Saya keluarga adalah yang paling penting karena setiap pembentukan karakter, kepribadian, etika, dll itu awalnya dari keluarga. Hal itu yang membuat kita dapat menentukan benar dan salah dalam pekerjaan.

    2. Iman
    Iman juga saya pilih karena kita harus bersyukur terhadap semua hal yang kita dapat dalam pekerjaan yang di berikan maupun kita pilih dan juga agar tidak berbuat hal yang menyimpang untuk mencapai suatu hal. Yang intinya, adalah berperilaku etis dalam setiap pekerjaan.

    3. Kesetiaan
    Kesetiaan merupakan pilihan saya karena kesetiaan lebih dihargai seseorang dan dapat dipercaya seseorang sebab hal tersebut lah yang memberikan banyak manfaat, ilmu dan pengalaman dalam hidup maupun dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  41. Ketika saya menjadi karayawan maka yang akan saya pilih adalah iman, jadi saya memilih iman agar dalam segala pekerjaan yang saya lakukan dapat menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang saya inginkan selain itu saya juga tidak gampang putus asa dalam mencapai suatu hal yang saya inginkan, saya juga memilih keadilan agar saya dapat percaya bahwa apa yang atasan saya lakukan terhadap karyawannya adalah suatu tindakan yang adil sesuai dengan situasi dan perlakuan yang yang karyawan alami atau perbuat; selain itu saya juga memilih belas kasih agar hati nurani saya tidam tenggelam dalam ambisi-ambisi yang ingin saya capai dengan segala cara.

    BalasHapus
  42. If you're trying hard to lose pounds then you certainly have to get on this totally brand new custom keto plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and chefs have united to produce keto meal plans that are productive, decent, price-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in early 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a proper keto plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

    BalasHapus