Minggu, 26 Februari 2017

Hak-Hak Fundamental Pekerja



Bacaan: Rowan, John. 2000. The Moral Foundation of Employee Rights. Journal of Business Ethics, Vol.24 (4): 355-361

Pembahasan tentang hak-hak karyawan merupakan tema yang rumit dalam etika bisnis. Akan tetapi tema ini merupakan tema yang sangat penting dalam konteks etika. Sebab, karyawan hampir selalu berada pada posisi tawar-menawar yang lebih rendah dibanding pimpinan dan pemilik suatu organisasi bisnis. Selain itu, hak-hak karyawan merupakan sesuatu yang kompleks bagi manajer karena harus “diadu” dengan hak stakeholder (pemangku kepentingan) organisasi lainnya (seperti pemegang saham/pemilik, manajer, dan lain-lain).
Rowan (2000) mengidentifikasi hak-hak dasar (fundamental) karyawan untuk dapat dijadikan patokan bagi manajer dalam mengambil keputusan yang lebih etis terkait hak karyawan. Hak dasar tersebut adalah:

  1. Hak atas gaji yang fair
  2. Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja
  3. Hak atas partisipasi  dalam pengambilan keputusan organisasi
  4. Hak atas privasi dalam lingkungan kerja
Keempat hak tersebut memang sangat umum karena semata-mata didasarkan pada suatu pandangan etis tentang karyawan sebagai person/pribadi (bukan semata faktor produksi seperti mesin dan modal lainnya). Manajer diharapkan dapat menerjemahkan dalam bentuk yang lebih praktis.

Bahan Diskusi:


  • Andai Saudara seorang pengambil keputusan utama dalam perusahaan, manakah dari keempat hak tersebut yang paling sulit Saudara penuhi pada karyawan? Mengapa?
  • Berilah contoh bagaimana Saudara akan memenuhi hak karyawan tersebut meski Saudara menganggap hak itu yang paling sulit Saudara penuhi.
Selamat berbagi dan berdiskusi…

97 komentar:

  1. Menurut saya, yang paling sulit di penuhi adalah "Hak atas privasi di lingkungan kerja". Alasan saya karena sangat sulit membedakan suatu hal, sesuatu perkara yang dianggap privasi oleh si "korban" bisa jadi bagi orang yang membicarakan bukanlah sesuatu yang bersifat privasi. Di suatu organisasi juga diharapkan hubungan yang baik antara mitra kerja lainnya yang itu membutuhkan suatu kejujuran antar mitra kerja, tetapi jika ada suatu hal yang disembunyikan itu akan membuat suatu hubungan menjadi renggang dikarenakan si mitra kerja akan merasa bahwa dia orang yang tidak pantas di percaya untuk menyimpan cerita oleh rekan kerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara karena apa yang menurut kita adalah privasi belum tentu menurut orang lain merupakan privasi bisa bisa apa yang kita anggap privasi di permasalahkan oleh orang lain

      Hapus
    2. Saaya setuju dengan pendapat saudara karena persepsi setiap orang berbeda-beda. Jadi hal itu membuat sulit untuk menentukannya.

      Hapus
  2. Menurut saya hak yang paling sulit saya penuhi adalah "Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja" karena terkadang kita sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan fasilitas keselamatan dalam lingkungan kerja tetapi masih saja terkadang terjadi kecelakaan dalam bekerja. Entah faktor kelelahan, tidak fokus,dll. Contoh yang akan saya lakukan adalah dengan meningkatkan fasilitas keamanan keselamatan saat bekerja, seperti memberi pengarahan langkah-langkah dalam menjalankan mesin, lalu menyediakan obat p3k,dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Daniel karena kita tidak tahu bahaya yang akan mengancam para pekerja walaupun kita sudah menyediakan fasilitas keselamatan dalam lingkungan kerja sehingga prosedur keselamatan harus lebih ditekankan untuk dipatuhi dan menyediakan pengobatan darurat atau jika organisasi tersebut adalah organisasi yang besar maka organisasi tersebut bisa memberikan jaminan kesehatan seperti asuransi atau bpjs jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih besar.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Daniel, organisasi telah menyediakan fasilitas kesehatan maupun keselamatan, aturan-aturan untuk menunjang keselamatan kerja juga telah diberikan, tetapi kita tidak pernah tahu kapan dan dimana akan ada kecelakaan kerja. Yang saya tahu seperti di pabrik multinasional, orang Indonesia terbiasa untuk mengambil sesuatu yang tinggi hanya menggunakan tangga atau kursi yang keselamatannya tidak terjamin. Bila itu dilihat oleh manajer, karyawan tersebut akan mendapatkan peringatan dan bila berlanjut maka akan di keluarkan, saya rasa itu sudahlah langkah yang baik. Saat organisasi telah berusaha sedemikian mungkin untuk menekan angka kecelakaan tetapi karyawan itu sendiri ceroboh maka organisasi berhak untuk memberikan peringatan kepada karyawan tersebut. Terima Kasih.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudara daniel, bahwa perusahaan sudah semaksimal mungkin memberikan fasilitas keselamatan tetapi masih ada faktor yang diluar rencana. sehingga perusahaan perlu memperhatikan kembali metode keselamatan pada karyawan

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara daniel, karena keselamatan merupakan hal yang sulit apabila pekerjaan yang diberikan menantang nyawa dan pastinya organisasi akan memberikan fasilitas keselamatan semaksimal mungkin agar tidak terjadi kecelakaan, dan faktor - faktor yang disebutkan juga benar sebab kita tidak tahu apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut dapat terjadi.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat yang saudara daniel berikan karena kecelakaan ditempat kerja itu sendiri dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak tau kapan akan terjadi, selain itu juga tidak dapat diprediksi sebelumnya.

      Hapus
    6. Saya setuju dengan saudara karena meskipun perlindungan sudah di upayakan dengan semaksimal mungkin dengan ada nya alat alat yang sangat canggih untuk keleselamatan maupun asuransi akan tetapi kita tidak dapat memprediksi hal yang di luar kehendak kita

      Hapus
    7. sayaa setuju dengan saudara daniel kita sudah memberikan banyak fasilitas kerja tetapi masih banyak orang yang kecelakan dalam pekerjaan , seharus nya kita memberikan langkah2 yang baik supaya dapat mengurangi terjadi nya kecelakan dalam bekerja

      Hapus
  3. Andai saya seorang pengambil keputusan utama dalam perusahaan, dari keempat hak tersebut yang paling sulit saya penuhi pada karyawan adalah "hak atas privasi dalam lingkungan kerja" karena menurut saya seiring dengan perkembangan jaman dimana teknologi sudah semakin canggih,dengan mudah seseorang dapat mengakses data dan informasi. Perkembangan teknologi dan sistem informasi banyak membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan, khususnya yang mempengaruhi etika dan sosial masyarakat. Kebanyakan rekan kerja akan lebih cenderung membuka-buka komputer milik rekannya yang lain atau meminjam-minjam dan terkadang mereka malah membuka-buka hal yang ternyata sifatnya pribadi sehingga akan dianggap merugikan sang pemilik. Misalnya saja membuka email sang pengguna komputer atau mengambil foto sang pemegang komputer tanpa ijin dan menjadikan bahan ejekan.

    Cara saya untuk memenuhi hak karyawan tersebut meski saya menganggap hak itu yang paling sulit saya penuhi adalah dengan memberikan fasilitas pada karyawan menurut kebutuhannya dan memberikan aturan bahwa komputer kantor tidak diperbolehkan untuk dipinjam-pinjamkan ke rekan kerjanya yang lain, komputer akan diberikan kode akses sehingga hanya pemegangnya saja yang akan bisa membuka komputer tersebut, dan memberi tahu untuk sebisa mungkin menggunakan komputer untuk bekerja dan tidak menyimpan hal-hal yang bersifat pribadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudari dosi berikan karena pada jaman seperti ini pula penggunaan teknologi informasi juga berkecenderungan membuat pelanggaran terhadap privasi jauh lebih mudah terjadi.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara karena kecanggihan teknologi banyak orang menyala gunakan untuk mengetahui privasi seseorang seperti ngehack dll

      Hapus
  4. jika saya menjadi seorang pengambil keputusan utama dalam sebuah perusahaan/organisasi. hak yang paling sulit untuk saya penuhi yaitu "Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja". mengapa? karena keselamatan karyawan adalah nomer satu dalam menjalankan pekerjaannya yang dapat berimbas pada kinerja perusahaan. keselamatan kerja tidak hanya tanggung jawab pemerintah ini merupakan tanggung jawab semua pihak. sebagai seorang pengambil keputusan utama dalam sebuah perusahaan/organisasi pun ini sulit untuk di penuhi karena kita harus dapat:

    1. meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan kerja para karyawan yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi secara maksimal
    2. mampu menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas semaksimal mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudari nadya berikan mengenai hak yang paling sulit dipenuhi karena terjadinya kecelakaan ditempat kerja dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara karena kecelakan terjadi di luar rencana dan prediksi kita meski kita telah mengupayakkan dengan teknologi secanggih mungkin untuk keselamatan

      Hapus
  5. jika saya menjadi seorang pengambil keputusan utama dalam sebuah perusahaan/organisasi. hak yang paling sulit untuk saya penuhi yaitu "Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja". mengapa? Karena karyawan merupakan aset utama dalam perusahaan sehingga menjadi permasalahan dalam perusahaan, walaupun sudah diberi fasilitas keselamatan tetapi namanya apesnya orang maka keselamatan mejadi taruhan. Oleh karena itu yang saya lakukan walaupun sulit adalah meninggkatkan efektifitas fasilitas keselamatan, memberikan pengarahan dan pelatihan tentang keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yosua, karena dengan mengingkatkan efektifitas fasilitas keamanan maka karyawan akan lebih tenang saat bekerja dan produktifitas dalam perusahaan pun meningkat.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara dengan ada nya keamanan yang lebih terjamin orang atau karyawan akan merasa lebih nyaman dan lebih aman bekerja di perusahaan tersebut dan secara tidak langsung meningkatkan kinerja karyawan

      Hapus
  6. Seandainya saya adalah pengambil keputusan utama dalam suatu perusahaan, keputusan yang paling sulit saya lakukan adalah Hak Atas Gaji yang Fair karena setiap karyawan pasti akan meminta gaji yang sama sesuai dengan UMR padahal pekerjaan yang dilakukannya tidak cocok untuk mendapat gaji sesuai dengan UMR. Dengan begitu perusahaan akan kesulitan mencari dana untuk gaji karyawan. Kasus lainnya terkadang karyawan sering meminta kenaikan gaji padahal pekerjaan yang dilakukannya masih belum maksimal atau tingkat produktivitas mereka belum sesuai dengan target perusahaan.

    Cara saya untuk memenuhi hak karyawan tersebut meskipun keputusan tersebut adalah yang paling sulit untuk diambil adalah tetap memberikan gaji yang sesuai dengan UMR namun dengan meningkatkan pemberdayaan karyawan agar tingkat produktivitas perusahaan dapat meningkat dan menghasilkan laba yang lebih tinggi dari pada sebelumnya. Misalkan Cleaning Service mendapat gaji UMR maka saya akan membuat gaji pegawai lain yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari pada Cleaning Service lebih dari UMR dengan begitu setiap karyawan akan merasa diperlakukan secara adil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan anda. Seringkali karyawan meminta kenaikan gaji padahal kinerja mereka tidak meningkat dan hal itu jika dipenuhi oleh organisasi maka organisasilah yang akan rugi. Namun jika permintaan kenaikan gaji dipenuhi maka semua lapisan karyawan yang lain pun juga akan ikut meminta kenaikan gaji karena merasa organisasi tidak fair.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat yang saudari priscilla berikan karena untuk memberikan gaji sesuai dengan UMR bukanlah hal yang mudah terutama lagi apabila kemampuan karyawan belum maksimal dalam bekerja.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan saudara karena pemberian gaju yang sesuai belum dapat di terapkan karena dengan memberikan gaji UMR dengan tingkat kemampuan karyawan yang baik tidak lah sesuai

      Hapus
  7. Menurut saya hak yang paling sulit saya penuhi pada karyawan adalah "Hak atas partisipasi dalam pengambilan keputusan organisasi". Karena menurut saya tidak semua lapisan karyawan dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang menyangkut masa depan organisasi. Pengambilan keputusan biasanya hanya dilakukan dengan partisipasi manager. Lapisan bawah organisasi biasanya tidak diikutsertakan dalam pengambilan keputusan karena tidak ada kaitannya dengan pekerjaan mereka (misalnya : satpam, cleaning service).

    Cara saya untuk memenuhi hak karyawan tersebut meskipun hak tersebut adalah yang paling sulit untuk dipenuhi adalah dengan memperbolehkan semua lapisan karyawan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan organisasi. Saya akan membuat sebuah kotak di mana mereka bisa menyalurkan pendapat mereka di dalam sebuah kertas lalu memasukkannya ke dalam kotak tersebut untuk selanjutnya saya pilih dan seleksi mana saja pendapat yang terbaik yang nantinya akan saya pertimbangkan dalam mengambil keputusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari fransisca. Karena hal ini dapat membuat karyawan merasa bukan bagian dari perusahaan atau organisasi.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudari fransisca. Karena hal ini dapat membuat karyawan merasa bukan bagian dari perusahaan atau organisasi.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat yang saudari fransisca berikan mengenai hak yang paling sulit untuk dipenuhi karena tidak semua karyawan dapat berkontribusi dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan saudara karena tidak semua karyawan dapat menyuarakan pendapatnya

      Hapus
  8. Menurut saya, yang paling sulit di penuhi adalah "Hak atas gaji yang fair". Alasan saya karena gaji UMR pada setiap daerah itu berbeda sehingga terjadi demo yang menuntut gaji para karyawan, dan juga gaji harus setara dengan kemampuan karyawan, jadi karyawan yang lebih banyak tugas dan tanggung jawab diberi gaji lebih dari perusahaan daripada karyawan yang memperoleh tugas yang lebih sedikit.
    Cara memenuhi hak para keryawan :
    1. Perusahaan harus memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi serta secara berkala melakukan peninjauan upah dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.
    2. Melatih karyawan sehingga membuatnya menjadi lebih handal dalam pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktifitas perusahaan serta meningkatkan gaji karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda bahwa karyawan harus memenuhi tugas dan tanggung jawabnya untuk memperoleh gaji tambahan dan melatih karyawan dapat menjadi handal sehingga perusahaan tidak rugi menggaji karyawannya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat sdr.Evan mengenai pendapatnya. karena memang sangat sulit memberikan gaji yang fair apabila karyawan tersebut tidak mengerjakan tugas yang sama banyak dan sulitnya.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan saudara karena memang sulit memberikan gaji sesuai dengan kinerja dan kemampuan karyawan

      Hapus
  9. Menurut saya, hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja adalah yang paling sulit untuk di penuhi karena apabila pekerjaan yang di terima merupakan pekerjaan yang berbahaya maka akan sangat susah dalam melakukan keselamatan walaupun dengan peralatan yang canggih dan aman karena kita tahu bahwa setiap peralatan pasti ada kelemahan dan ada kesalahan entah dari peralatannya sendiri atau dari pemakainya. Contoh : memberikan arahan yang benar tentang cara memakai alat dengan rinci agar tidak terjadi kesalahan kemudian memberikan alat yang terbaik agar tidak ada kecelakaan dan pastinya memberikan asuransi keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara troy walau peralatan sudah canggih dan aman pasti ada kelemahan pada peralatan tersebut

      Hapus
    2. saya sangat setuju dengan pendapat saudara karena walaupun suatu peralatan canggih hanya bisa meminimalkan resiko kecelakaan kerja karena setiap peralatan memiliki kelamahan dan kelebihan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan saudara meski peralatan sudah canggih akan tetapi resiko kecelakaan pasti masih ada dan tidak dapat di hindarkan

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara, dengan mengarahkan karyawan tentang pemakaian alat dengan benar maka akan meminimalkan kecelakaan dalam bekerja

      Hapus
  10. Menurut saya dari keempat hak tersebut yang paling sulit Saya penuhi pada karyawan adalah "Hak atas privasi dalam lingkungan kerja" karena dalam dunia bisnis kadang-kadang privasi seorang karyawan tidak sejalan dengan tujuan perusahaan. Seorang manajer perusahaan harus mampu tetap menghargai dan menjaga privasi para karyawan. Namun hal ini juga seringkali disalahgunakan oleh para karyawan dengan alasan tertentu.

    Jika saya seorang manajer akan memenuhi hak karyawan tersebut meski Saya menganggap hak itu yang paling sulit Saya penuhi adalah dengan menyertakan bukti ketika hak privasi seorang karyawan digunakan. Misal nya seorang karyawan yang meminta izin untuk tidak hadir kerja karena alasan sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena setiap karyawan memikiki hak privasinya sendiri sendiri tidak semua privasi karyawan harus perusahaan tau. Jika ada karyawan yang sedang sakit dan meminta ijin untuk tidak masuk sebaiknya disertai surat dari dokter agar perusahaan tau karyawannya sedang sakit parah atau tidak.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat yang saudara dewandra berikan karena adanya penyalahgunaan informasi karyawan dapat terjadi sewaktu-waktu dan juga dengan adanya penggunaan teknologi informasi berkecenderungan membuat pelanggaran terhadap privasi jauh lebih mudah terjadi.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda karena setiap karyawan memiliki privasi sendiri-sendiri dan ada juga hal yang tidak perlu dikethui oleh perusahaan

      Hapus
    4. Saya setuju dengan saudara karena tiap orang memiliki privasi nya masing masing dan tidak semua hal tersebut perusahaan harus tau

      Hapus
  11. Apabila saya menjadi pengambil keputusan utama dalam perusahaan,dari keempat hak tersebut yang paling sulit saya penuhi pada karyawan adalah "Hak atas gaji yang Fair" karena menurut saya ketika saya hendak memberi gaji pada karyawan saya perlu melihat/menilai kinerja dari setiap karyawan yg bekerja ditempat saya. Karena saya bisa memberi tambahan gaji untuk karyawan yang kinerjanya bagus sehingga membuat karyawan lebih giat bekerja dan bisa membuat perusahaan semakin berkembang dan semakin maju.
    Contohnya: Apabila ada seorang karyawan yang bekerja ditempat pembuatan tas karton untuk suatu produk. Dia pasti diberi target berapa jumlah tas karton yang harus dibuat dalam sehari tetapi bila karyawan bisa membuat kertas karton lebih dari target yang telah disediakan maka karyawan tersebut mendapat upah tambahan/gaji tambahan dari atasannya maka dari itu apabila memberi gaji yang fair kepada karyawan cukup sulit menurut saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara karena kerapkali tidak sepadan dengan jeripaya yang telah kita atas pekerjaan yang telah kita lakukan

      Hapus
    2. sy setuju dengan pendapat saudara alex. karena setiap karyawan akan menghasilkan kinerja yg berbeda-beda jd kita sebagai pengambil keputusan utama tidak bisa berkelakuan adil dalam memberikan gaji.

      Hapus
  12. Seandainya Saya seorang pengusaha dalam pengambil keputusan dalam perusahaan, dari keempat hak tersebut yang paling sulit Saya penuhi pada karyawan adalah "Hak pemberian gaji", karena perusahaan mengetahui kinerjanya maka kinerjanya bagus akan mendapatkan tambahan gaji pada setiap karyawan yang memenuhi targetnya. Tetapi perusahaan juga wajib tahu tentang informasi-informasi terkait dengan karyawan tersebut, seperti apakah karyawan tersebut mempunyai masalah mengenai  menderita penyakit tertentu dan informasi-informasi lainnya. Contoh yang akan Saya lakukan meski hak itu yang paling sulit Saya penuhi adalah perusahaan harus bisa menerima bahwa saya belum mampu memenuhi target jadi saya harus lebih giat bekerja supaya perusahaan mau memberikan tambahan gaji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara antonius karena perusahaan juga tidak mau rugi dengan menggaji kita bila kita tidak bekerja sesuai target

      Hapus
  13. Menurut Saya hak yang paling sulit untuk saya penuhi dari keempat hak yang diberikan adalah "Hak atas gaji yang fair" karena seringkali pekerjaan yang dikerjakan / dihasilkan oleh beberapa karyawan tidak sesuai dengan gaji yang telah mereka terima, dan banyak dari karyawan meminta untuk mendapatkan gaji diatas dari UMR padahal banyak dari mereka tidak bisa memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan.

    Maka hal yang dapat saya lakukan meskipun dalam memberikan hak atas gaji yang fair itu sulit. Saya akan lebih memberi mereka motivasi dan bonus apabila mereka telah bekerja melebihi target yang diberikan sehingga mereka akan bekerja semaksimal mungkin karena apabila perusahaan memiliki produktivitas yang tinggi pasti pendapatan yang didapatkan juga akan tinggi sehingga kesejahteraan karyawan pun dapat meningkat. Contoh dalam perusahaan obat A memiliki pegawai dalam bidang pemasaran yang pasti diberikan target omset yang harus dicapai, dari hal ini pasti kita sebagai seorang pengambil keputusan susah dalam memberikan gaji yang fair karena semisal pegawai tersebut tidak memenuhi omset yang diberikan dan hasil yang diberikan jauh dari omset yang ditentukan, tetapi apabila pegawai tersebut telah melebihi omset yang ditentukan pasti mereka akan menerima bonus yang telah dijanjikan sebelumnya agar pegawai tersebut termotivasi untuk bekerja lebih maksimal lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat eka,dengan demikian para karyawan merasa pekerjaan yang mereka lakukan lebih dihargai. dengan begitu perusahaan dan karyawan mendapatkan simbiosis mutualisme.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan saudara Eka karena masih banyak karyawan yang menuntut gaji tinggi tapi tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan

      Hapus
  14. Saya setuju dengan pendapat Saudara Okta Wijaya karena perusahaan harus mengetahui privasi dari setiap karyawan yang bekerja di perusahaan serta bagaimana pribadi dari karyawan tersebut melalui informasi-informasi yang didapatkan.

    BalasHapus
  15. Dari keempat hak diatas, saya setuju. tetapi jika saya harus memilih salah satu dari keempat hak tersebut saya akan memilih hak yang paling sulit untuk dipenuhi adalah "Hak Atas Gaji yang Fair" karena dalam suatu perusahaan atau organisasi memberikan gaji kepada karyawan sesuai dengan pekerjaan mereka dan peran karyawan terebut dalam perusahaan jadi tidak asal memberikan gaji yang besar kepada karyawan tersebut.

    dan usaha yang akan saya lakukan untuk memenuhi "hak atas gaji yang fair" mungkin dengan memberi bonus ataupun komisi jika kerja mereka melebihi target yang diharapkan perusahaan. dengan begitu, perusahaan mendapatkan kinerja yang baik dan karyawan mendapatkan upah yang mereka harapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat sdr.Jhoshua mengenai hak atas gaji yang fair. karena memang benar perusahaan tidak akan memberikan gaji yang sama rata terhadap semua karyawan. pembagian gaji akan didasarkan pada seberapa besar tugas pekerjaan yang dikerjakan dan bagaimana hasilnya serta bagaimana dia dapat membuat perusahaannya akan terus dapat berjalan dengan baik.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat yang saudara jhoshua berikan karena untuk memberikan gaji sesuai dengan kemampuan bukanlah hal yang mudah terutama lagi apabila kemampuan karyawan belum maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan.

      Hapus
  16. menurut saya hak yang paling susah dari keempat hak tersebut adalah mengenai hak atas gaji yang fair, problematika yang sering dihadapi oleh pengambil keputusan. karena seringkali tuntutan karyawan yang ditujukan kepada pengambil keputusan utama mengenai pekerja lama dan pekerja baru, pekerja lama meminta gaji UMR ketika perusahaan telah menyanggupi untuk menaikkan gaji sejumlah UMR problematika yang lain juga datang, ketika pekerja lama mengetahui adanya pekerja baru dan mengetahui gaji yang diberikan diatas UMR karena dengan alasan pekerja baru berijasah S1, maka pekerja lama akan melayangkan aksi protes dengan alasan bahwa mereka telah bekerja lebih lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat adetya kinasih karena memberikan gaji yang fair juga tidaklah mudah. Setiap karyawan juga berbeda-beda sehingga ada yang merasa iri karena merasa tidak adil,padahal manajer telah memberikan sesuai dengan kualitas pekerjaanya. Memang tidak mudah untuk memberikan gaji terhadap karyawan apa bila telah berdiri sejak lama.

      Hapus
  17. Menurut saya hak yang paling sulit bagi saya adalah hak keselamatan dalam lingkungan kerja. Karena dalam bekerja kita tidak tahu akan terjadi seperti apa pada lingkungan kerja kita. Baik itu positif maupun negatif. Banyak karyawan yang sangat berhati-hati dalam bekerja tetapi siapa yang menyangka jika memang terjadi sesuatu terhadap diri kita maupun orang lain. Kita memang menjamin keselamatan karyawan dalam lingkungan kerja,walaupun dengan gaji yang besar jika itu pekerjaan yang benar-benar berbahaya seperti karyawan dalam pembangunan gedung atau jembatan,jarang ada karyawan yang mau menerima pekerjaan tersebut kalau benar-benar tidak terpaksa,karena ada yang berpendapat bahwa itu pekerjaan yang sangat membahayakan karena bisa saja merenggut nyawah kita.

    Saya akan berusaha semaksimal saya untuk tetap memberikan fasilitas yang dapat menjaga karyawan saya,jika terjadi sesuatu yang berbahaya saya juga harus siap dengan resikonya,misal meminta maaf kepada keluarga karyawan atau memberi sumbangan dana jika memang merugikan keluarga karyawan. Saya juga sebisa mungkin untuk memberikan asuransi kepada tiap karyawan saya walau tidak besar tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara karena memang seberapa kita mencoba untuk melakukan sebaik mungkin untuk karyawan kita akan tetapi kecelakkan kerja tidak dapat di hindarkan

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara karena memang seberapa kita mencoba untuk melakukan sebaik mungkin untuk karyawan kita akan tetapi kecelakkan kerja tidak dapat di hindarkan

      Hapus
  18. Menurut saya hak yang paling susah untuk dipenuhi adalah hak atas gaji yang fair. menurut saya hak tersbut susah untuk dipenuhi karena setiap karyawan akah memiliki porsi tugas berbeda-beda dari karyawan lain, ada karyawan yang mempunyai tugas sedikit tapi sangat sulit untuk dikerjakan sehingga menguras pikiran untuk dapat menyelesaikan pekerjaan itu, tetapi bahkan ada juga karyawan yang memiliki tugas banyak tetapi mudah diselesaikan dan cukup dalam waktu yang singkat sehingga tidak perlu menguras pikiran untuk dapat menyelesaikannya. sehingga karyawan yang berhak mendapatkan gaji yang lebih tinggi ialah karyawan yang mendapat porsi tugas yang sedikit tetapi sangat susah. gaji karyawan biasanya didasarkan atas seberapa besarnya peran karyawan dan tugas karyawan tersebut didalam perusahaan. sehingga terkadang banyak karyawan lain yang porsi tugasnya lebih mudah , iri dengan gaji yang diterima oleh karyawan yang porsi tugasnya lebih banyak dan sulit.

    Disini saya akan berusaha untuk memberikan gaji yang sesuai dengan UMR karyawan sehingga tidak ada karyawan yang merasa perbedaan gaji yang terlalu jauh dengan karyawan yang lain, agar karyawan tidak saling iri masalah gaji dengan karyawan lainnya.

    BalasHapus
  19. menurut saya hak atas gaji yang fair merupakan hak yang sangat sulit untuk dipenuhi karena hal tersebut tidak bisa diberikan kepada semua karyawan yang mempunyai tingkatan, tugas pekerjaan yang berbeda. menurut saya, gaji yang besar akan diberikan kepada karyawan yang mengerjakan tugas dengan hasil yang maksimal serta pekeerjaan nya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan tersebut. dan apabila karyawan tersebut mempunyai tingkatan dibawah dan tugasnya tidak seberat seorang manager maka gaji yang diberikan oleh perusahaanya juga akan tidak sebanyak gaji seorang manager, biasanya gaji yang didapatkan hanya sebatas UMR saja.

    Dengan begitu saya akan berusaha untuk memberikan pelatihan terhadap karyawan saya yang hasil kerja nya belum maksimal, agar kedepannya juga dia bisa bekerja dengan hasil maksimal sehingga gaji yang didapatkannya akan membuatnya merasa diperlakukan dengan fair.

    BalasHapus
  20. Menurut saya hak yang paling sulit untuk dipenuhi adalah hak atas keselamatan kerja karyawan karena tiap pekerjaan memiliki tingkat resiko berbeda dan semakin besar tingkat resikonya maka bahaya dari pekerjaan tersebut juga besar.Perusahaan juga memiliki standar keselamatan kerja pada masing masing karyawan tapi hak atas keselamatan kerja tidak semua perusahaan memberikan hak tersebut kepada karyawan.

    Saya akan memberikan pelatihan dan standar kerja kepada tiap-tiap karyawan.Jika sudah terjadi kecelakaan perusahaan akan memberikan ganti rugi kepada karyawan tersebut

    BalasHapus
  21. Menurut saya apabila saya seorang pengambil keputusan utama dalam perusahaan, dari keempat hak tersebut yang paling sulit saya penuhi pada karywan ialah hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja. Karena terjadinya kecelakaan ditempat kerja dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

    Sebagai contoh dalam saya memenuhi hak karyawan meski hak itu yang paling sulit bagi saya untuk dipenuhi ialah dengan proaktif dan reaktif dalam pengembangan prosedur dan rencana tentang keselamatan dan kesehatan kerja karyawan, proaktif berarti dengan memperbaiki terus menerus prosedur dan rencana sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan. Dan juga secara reaktif dengan segera mengatasi masalah keselamatan dan kesehatan kerja setelah suatu kejadian timbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Dwi,jika kita telah memenuhi K3 akan tetapi tetap saja ada masalah yang timbul/ terjadi.

      Hapus
  22. menurut saya hak yang paling sulit di penuhi adalah " hak atas gaji yang fair " saya berpendapat hal ini paling sulit di penuhi karena gaji yang fair ini menyangkut keadilan. keadilan merupakan suatu hal yang tidak dapat di nilai dari satu pihak, karena adil menurut satu karyawan belum tentu adil bagi karyawan lainnya. selain itu terdapat banyak aspek - aspek yang dapat mempengaruhi keadilan dalam perusahaan seperti kinerja, produktivitas, dan senoritas. hal inilah yang menyebabkan keadilan sulit di wujudkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat nick yang mengatakan bahwa hak atas gaji yang fair menyangkut dengan keadilan yang sulit diwujudkan karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan didalamnya

      Hapus
  23. Yang paling sulit menurut saya adalah hak atas gaji yang fair, karena setiap orang memiliki kemampuan bekerja yang berbeda-beda. Ada yang berkemampuan baik, namun juga ada yang kurang. Karena gaji yang diterima seorang karyawan harus sesuai dari bagaimana kinerja dari karyawan tersebut. Contoh untuk memenuhi hak karyawan tersebut adalah dengan memberi reward atau bonus kepada karyawan yang telah bekerja dengan baik agar ia merasa dihargai karena sudah melakukan pekerjaan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Jessica, karena yang paling sulit adalah hak atas gaji yang fair. Mengingat ada yang berkemampuan baik namun ada juga yang sebaliknya, oleh sebab itu gaji yang diterima harus sesuai dengan kinerja karyawan tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Jessica. dengan adanya reward, maka pegawai akan lebih berusaha menunjukkan kemampuan kerja mereka. saat kinerja mereka bagus, disitulah kesempatan untuk mendapat gaji yang sesuai dengan kemampuan yang mereka punya

      Hapus
  24. Menurut saya hak yang sangat sulit untuk dipenuhi adalah hak atas gaji yang fair karena hal tersebut tidak bisa diberikan secara sama kepada semua karyawan, mengingat ada banyak tingkatan di tempat dimana mereka bekerja. Menurut saya gaji yang tinggi akan diberikan kepada karyawan yang sudah memiliki pengalaman yang baik serta dapat mengerjakan tugas-tugas perusahaan dengan tepat waktu serta dilakukan dengan maksimal. Maka jika ada karyawan yang memiliki tingkatan dibawah dari karyawan tersebut maka gaji yang diberikan adalah gaji yang selayaknya dia terima atas segala sesuatu yang sudah dia capai. Dan untuk menyeimbangkan hal tersebut kita juga berhak memberikan pelatihan-pelatihan yang memadai agar pengalaman dan kinerja karyawan tersebut dapat meningkat dan akhirnya memperoleh gaji yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang setuju dengan clement karena gaji yang FAIR adalah bahwa dia diberika haknya sesuai dengan apa yang dia kerjakan untuk perusahaan , jika dia bekerja baik maka akan mendapatkan gaji yang setara atas prestasi pekerjaannya , justru jika kita menyamakan gaji itu sama dan mengartikan FAIR adalah sesuatu yang sama maka itu bisa menyalahi konsep keadilan

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara idho karena pemberian gaji yang fair adalah pemberian gaju seuai dengan hak nya yang sebanding dengan kewajiban yang telah iya lakukan

      Hapus
  25. Menurut saya adalah hak atas keselamatan kerja, karena suatu kecelakaan kerja tidak dapt diprediksi secara tepat, sehingga hal ini sangat sulit untuk dipenuhi dan juga resiko kerja juga mempengaruhi terhadap kecelakaan kerja

    Saya akan memberikan jaminan kesehatan yang jelas kepada karyawan dan dapat direalisasikan drngan mudah sehingga karyawan yang mengalami kecelakaan akan dapat di selamatkan dengan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju karena secanggih apa pun alat keselamatan yang kita miliki tidak memberikan jaminan keselamatan karena kecelakaan kerja merupakan hal di luar prediksi

      Hapus
  26. Jika saya sebagai pengambil keputusan utama dalam perusahaan , saya akan sulit memenuhi "Hak atas partisipasi dalam pengambilan keputusan organisasi" , sebab mengintegrasikan dan menyatukan menjadi satu keputusan yang hakiki dari seluruh keputusan organisasi itu sulit karena adanya keberagaman dan tentunya dalam hal pendapat atau partisipasi , karena tidak semua karyawan dalam organisasi dapat berpartisi[asi dalam pengambilan keputusan organisasi , terlebih lagi hanya tingkat karyawan atas (manajer puncak) dengan berbagai keputusan yang mereka semua merasa bahwa keputusannya adalah benar dan itu yang paling sulit dilakukan.

    Meskipun itu sulit hal yang mungkin akan saya lakukan adalah memberikan suatu budaya serta mindset bahwa partisipasi dapat dilakukan oleh segala pihak di organisasi , dan juga pengambilan keputusan meskipun hanya dari rapat para petinggi perusahaan mereka harus juga membuat suatu keputusan berdasarkan aspirasi ,partisipasi serta pendapat seluruh karyawan tingkat dibawahnya yg tdak bisa menjadi pengambil keputusan organisasi. Sehingga secara tidak langsung pengambil keputusan berasal dari segala aspek dan lapisan di dalam Organisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara karena tidak semua orang dapat mengutaran pendapat

      Hapus
  27. Saya setuju dengan saudara karena perusahaan ingin mengetahui hal hal tertentu yang mungkin di anggap hal privasi bagi seseorang dari setiap karyawan karyawan nya

    BalasHapus
  28. menurut saya yang paling sulit dipenuhi adalah hak atas gaji yang fair dan hak keselamatan dalam lingkungan kerja karena setiap pekerja berhak mendaptkan upah yang artinya setiap pekerja berhak untuk dibayar dan ia berhak mendapatkan upah yang adil yaitu upah yang sebanding dengan tenaga yang telah di sumbangkan, yang kedua , Keselamatan adalah perlindungan terhadap kesejahteraan fisik seseorang.tiap tenaga berhak mendapat perlindungan atau keselamatan , kesehatan, kesusilaan, pemelihara moral kerja serta perlakuan yang sesuai dengan martabat manusia dan moral agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara karena setiap orang memiliki kinerja yang berbeda akan tetapi menerima upah yang sama itu tidak adil

      Hapus
  29. Menurut saya hak yang sulit dipenuhi adalah hak keselamatan kerja krn situasi dan kondisi lingkungan kerja tdk dapat diprediksi

    Solusinya dengan memberi asuransi yang mendukung keselamatan kerja karyawan seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara akan tetapi dengan asuransi tidak memberikan solusi terbaik akan keselamatam karyawan yang bekerja

      Hapus
  30. Menurut saya hak yang paling sulit dipenuhi adalah hak atas gaji yang fair karena gaji atau upah yang kita terima "kita dengan lulusan sarjana" dengan seseorang dengan latar pendidikan SMA sama secara logika itu tidak fair karena secara ilmu pemgetahuan kita lulusan sarjana memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan lebih luas akan tetapi kita mendapatkan gaji yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari dian, hal itu merupakan keputusan gang sulit diambil dikarenakan ketidakmampuan dari karyawan sehingga sulit disetarakan dan akan membuat gaji yang ada tidak fair.

      Hapus
  31. Seandainya saya menjadi karyawan, hak yang paling sulit saya penuhi ialah hak atas gaji yang fair. Karena samapai sekarangpun di indonesia masih terus saja terjadi demo buruh yang meminta gaji di naikan, karena gaji yang mereka terima tidak sebanding dengan apa yang mereka kerjakan. Sama juga di perusahaan yang biasa-biasa mungkin gaji kita tidak akan sampai UMR yang di tetapkan pemerintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya saudari vania kurang memahami soal yang di berikan karena pada soal tersebut mengandaikan kita sebagai seorang pengambil keputusan utama pada sebuah perusahaan, bukan sebagai karyawan, selain itu saudari Vania juga tidak menyertakan contoh bagaimana saudari Vania akan tetap mewujudkan hak karyawan tersebut meskipun hal tersebut sangatlah sulit untuk dilakukan.

      Hapus
  32. Yang paling sulit untuk saya penuhi adalah hak atas gaji yang fair, karena saya harus menggaji karyawan sesuai dengan umr yang telah di tentukan oleh pemerintah, padahal belum tentu semua karyawan dapat dan mau bekerja dengan giat dan tidak bermalas-malasan.
    Contoh bahwa saya akan memenuhi hak karyawan tersebut meskipun sulit bagi saya untun memenuhinya adalah saya akan tetap menggaji karyawan yersebut sesuai dengan umr yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tetapi saya akan memberikan motivasi bagi karyawan yang malas bekerja agar karyawan tersebut dapat giat bekerja, jika karyawan tersebut tetap malas maka saya akan memperingati karyawan tersebut yang kemudian akan saya lanjut dengan menegur dan memberikan sanksi jika karyawan tetap malas bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara, memang kita memberikan umr tetapi kalau karyawan tersebut bermalas- malasan bekerja dan tidak optimal maka perusahaan tersbut kurang mencapai target. dan karyawan tersebut di berikan motivasi untuk membangkitkan dia dan lebih meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

      Hapus
  33. menurut saya hal yang paling susah untuk dipenuhi adalah hak atas gaji yang fair. sebagai atasan perusahaan, kita tidak akan bisa tahu niat, kemampuan, kegigihan, dan kerajinan, dan kejujuran setiap karyawan secara mendetail. padahal hal- hal tersebut seharusnya menjadi tolak ukur untuk menggaji karyawan. sehingga saat kita tidak mengetahui adanya kemampuan lebih tsb, kita tidak menggaji orang tsb dengan pantas. contohnya saat pegawai A yang posisinya lebih atas dari B (gaji juga lebih tinggi) selalu terlihat rajin di depan bos. namun ternyata di balik itu, si A suka melimpahkan tugasnya pada si B. Pegawai B adalah pegawai yang kompeten namun tidak mendapat sorotan dan tidak menonjol sehingga atasan tidak mengetahui potensial yang dimilikinya. hal ini membuat atasan akan memberi gaji yang tidak fair pada pegawai A dan B tersebut.

    sebagai atasan, untuk mengatasi hal ini, saya akan melakukan rotasi pekerja beberapa kali dalam jangka waktu tertentu. sehingga dengan hal ini, saya akan tahu minat dan bakat lebih yang dimiliki pegawai. dan saya pun akan memberikan kebebasan bagi pegawai untuk unjuk kemampuan mereka. saat terbukti kompeten mengerjakan tugas, maka saya akan menaikkan gaji mereka dengan pantas dan adil.

    BalasHapus
  34. menurut saya dari ke empat yang dia atas paling susah ialah "Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja" sering kali kita sudah memberikan penggarahan dalam karyawan kita supaya dalam bekerja dengan hati-hati agar tidak terjadi kecelakan dalam bekerja , kita pun perlu memberikan motivasi kepada karyawan kita supaya dapat bekerja dengan baik dan berhati-hati.

    BalasHapus
  35. Menurut saya yang paling sulit di penuhi yaitu Hak atas gaji yang fair karena jika saya mau berlaku fair maka saya akan menggaji karyawan sama meskipun ada karyawan yang lebih produktif dan ada yang tidak, saya harus menggaji sama. Dari situ akan membuat karyawan yang produktif protes akan keputusan yang saya ambil karena tidak adil baginya.
    Contoh untuk memenuhi hak karyawan diatas maka yang akan saya lakukan adalah memberikan bonus kepada karyawan yang bekerja lebih produktif atau yang bisa memenuhi target perusahaan dan juga memberikan alasan kenapa saya memberikan bonus agar bisa menjadi motivasi bagi karyawan lain untuk lebih produktif lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara roy, karena apa yang dihasilkan karyawan pasti berbeda" ada yang produktif dan ada yang tidak sehingga upah yang diberikan pun menjadi berbeda-beda oleh sebab itu hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan di dalam perusahaan.

      Hapus
  36. Menurut saya yang paling sulit dipenuhi adalah "Hak atas keselamatan dalam lingkungan kerja" sangatlah sulit menjamin keselamatan kerja seorang pegawai banyak faktor yang akan mempengaruhi, ada yang dari internal dan eksternal. Cara saya memenuhi dengan memberikan melakukan kontrak kerja dan menawarkan jaminan keselamatan seperti BPJS kepada karyawan akan tetapi hal ini tidak menjamin keselamatan karyawan secara keseluruhan.

    BalasHapus
  37. Menurut saya hak karyawan yang paling sulit dipenuhi adalah hak atas partisipasi dalam pengambilan keputusan organisasi alasannya karena tidak semua karyawan akan menyampaikan pendapatnya terhadap masalah yang dihadapi perusahaan sebagian dari mereka hanya akan diam dan mengikuti keputusan akhirnya, sehingga saya memutuskan untuk semua karyawan harus memberikan pendapat mereka dalam keadaan apapun. Hal tersebut saya lakukan agar semua karyawan dapat menyalurkan pemikirannya untuk kepentingan perusahaan.

    BalasHapus
  38. kalau menurut saya hak atas gaji yang fair mengapa, karena setiap orang kinerjanya berbeda-beda jadi kalau semisal ada orang yang bekerja nya lebih produktif dan yang tidak maka seharusnya gajinya harus berbeda dengan yang tidak. apalagi kalau sudah memenuhi target perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  39. menurut saya hak yang paling susah dari keempat hak tersebut adalah mengenai hak atas gaji yang fair, karena yang biasa terjadi dalam sebuah perusahaan adalah ketika kita sebagai pengambil keputusan, masalah yang kita hadapi adalah perbedaan gaji karyawan. karyawan lama biasanya meminta gaji mereka sesuai dengan UMR yang berlaku didaerah tersebut, ketika perusahaan telah menyanggupi untuk menaikkan gaji sejumlah UMR ada beberapa masalah muncul ketika ada karyawan baru mendapatkan gaji sama dengan karyawan lama. mengetahui hal tersebut maka karyawan lama akan melayangkan aksi protes dengan alasan bahwa mereka telah bekerja lebih lama.

    BalasHapus
  40. If you're attempting to lose kilograms then you absolutely need to jump on this totally brand new personalized keto plan.

    To produce this service, certified nutritionists, personal trainers, and chefs have united to develop keto meal plans that are productive, painless, economically-efficient, and fun.

    From their launch in 2019, thousands of people have already completely transformed their body and well-being with the benefits a professional keto plan can offer.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto plan.

    BalasHapus