Minggu, 05 Februari 2017

Bentuk-Bentuk Kinerja Individual



Bahan Bacaan:

Gilmeanu, Raluca. 2015. Theoretical considerations on motivation and work place, job satisfaction and individual performance. Valahian Journal of Economic Studies, Vol. 6(3): 69-80.

Gilmeanu (2015) berupaya untuk menjelaskan hubungan antar variabel motivasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja dan kinerja individu. Berdasarkan literature yang ada, peneliti menyimpulkan bahwa hubungan antar variabel di atas tidak selalu konsisten sehingga harus ditafsirkan/diinterpretasi sesuai kondisi yang ada atau sedang berkembang.
Hal menarik dalam tulisan Gilmeanu (2015) antara lain adanya rumusan tentang tiga bentuk ungkapan/ekspresi terkait kinerja individu. Dengan kata lain, kinerja individu dapat tampak/kelihatan dalam 3 bentuk, yaitu:

  1. Produktivitas: rasio antara input dan output suatu aktivitas, misalnya jam kerja yang digunakan adalah input sedangkan jumlah produk yang dihasilkan adalah output.
  2. Inovasi: Cara untuk meraih kesuksesan bisa berupa metode baru dalam mengeksekusi aktivitas bisnis maupun produk atau layanan yang baru.
  3. Loyalitas: total dedikasi dan kepercayaan individu pada organisasi.
Dengan demikian, apabila menginginkan pemahaman lebih menyeluruh (komprehensif) tentang kinerja individual maka ketiga bentuk tersebut harus diukur atau dianalisis bersama-sama. Kesadaran itu perlu dimiliki karena kecenderungan untuk melihat kinerja individual dalam satu bentuk saja sebagaimana akan kita lakukan pada diskusi ini.

Bahan Diskusi:

Andai Saudara adalah Manajer HRD:

  • Manakah dari 3 bentuk kinerja individual tersebut yang paling penting? Mengapa?
  • Apa yang akan Saudara lakukan agar individu di bawah koordinasi Saudara itu dapat memiliki bentuk kinerja seperti yang Saudara pilih pada poin pertama?

93 komentar:

  1. 1. Menurut saya , jika saya adalah Manajer HRD di sebuah perusahaan maka sebaiknya 3 bentuk kinerja individual tersebut tidak boleh dipisahkan. Baik Produktivitas, Inovasi serta Loyalitas harus ditanamkan pada organisasi. Namun jika berbicara yang terpenting maka saya memilih LOYALITAS dimana dedikasi dan kepercayaan individu pada organisasi merupakan yang paling penting harus menjadi sebuah “budaya” di suatu organisasi . Loyalitas merupakan suatu kondisi sikap mental untuk tetap memegang teguh kesetiaan baik kepada organisasi, atasan, maupun rekan kerja. Loyalitas wajib dipertahankan namun dengan tidak melupakan prinsip dasar bahwa loyalitas tertinggi harus didedikasikan pada hal-hal yang diyakini sebagai kebenaran. Loyalitas diperlukan untuk menumbuhkan segala yang ada di organisasi terutama asset paling penting di organisasi yaitu SDM.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu dibawah koordinasi saya memiliki bentuk kinerja yang “LOYALITAS” yaitu :
    - Memberikan hak-hak karyawan dengan baik
    (seperti : gaji,tunjangan jaminan,fasilitas kerja,dll)
    - Membentuk komitmen yg tinggi
    - Menerapkan Jenjang Karir yg jelas
    - Membuat dan menanamkan suatu Budaya perusahaan yang akan memberikan ciri khas/karakteristik bagi seluruh SDM di organisasi
    - Mempromosikan Karyawan
    - Membebaskan kreativitas mereka namun tetap berpegang teguh pada nilai2 atau budaya perusahaan yang baik
    - Memberikan bonus akan meningkatkan loyal/kesetiaan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudara Idho berikan karena adanya loyalitas itu sendiri dalam kita bekerja ialah sangat penting yang kita gunakan sebagai pondasi yang kuat dalam bekerja, dengan adanya loyalitas pula kita akan memberikan yang sebaik mungkin dalam pekerjaan yang kita lakukan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat Idho karena mempertahankan loyalitas karyawan untuk perusahaan sangat sulit untuk dipertahankan karena karyawan memiliki banyak permintaan dimana permintaan itu tidak selalu dapat diberikan maka dari itu sebagai manajer HRD perlu mempertimbangkan kebijakan dimana karyawan yang telah bekerja tidak cepat bosan dan keluar dari perusahaan

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara idho, karena jika karyawan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, maka karyawan tersebut akan nyaman dan kinerja yang dihasilkan oleh karyawan tersebut akan maksimal. Dan, jika ia bekerja secara nyaman dan maksimal maka itu akan memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan

      Hapus
  2. 1. Menurut saya dari 3 bentuk kinerja individual tersebut merupakan satu kesatuan yang sama pentingnya dalam bekerja. Akan tetapi, menurut saya yang paling penting ialah adanya loyalitas dalam bekerja karena loyalitas merupakan pondasi dalam bekerja. Loyalitas sendiri merupakan kesetiaan atau kepatuhan yang bersifat emosional yang bahkan tidak dapat dibeli dengan uang, dan juga menjadi poin utama yang dapat kita berikan kepada pekerjaan yang kita lakukan. Dengan adanya loyalitas pula dapat membuat kita berbuat semaksimal mungkin untuk menghasilkan yang terbaik bagi perusahaan atau pekerjaan kita.

    2. Yang saya akan lakukan agar individu dibawah koordinasi saya itu dapat memiliki bentuk kinerja yaitu loyalitas ialah dengan menaati peraturan yang dibuat oleh perusahaan, adanya tanggung jawab yang besar terhadap perusahaannya sehingga tidak asal dalam bekerja, dan juga adanya rasa memiliki sehingga adanya hubungan yang terikat dengan perusahaan dan akan memberikan yg terbaik demi tercapainya tujuan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau bertanya kepada saudari Dwi."adanya rasa memiliki sehingga adanya hubungan yang terikat dengan perusahaan" rasa memiliki seperti apa yang saudari dwi maksud ? terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih atas tanggapan saudara Dewandra. Yang saya maksud dengan adanya rasa memiliki yaitu adanya rasa ikut memiliki karyawan terhadap perusahaan yang akan membuat karyawan juga memiliki sikap untuk ikut menjaga dan bertanggung jawab terhadap perusahaan sehingga pada akhirnya akan menimbulkan sikap loyalitas demi tercapainya tujuan perusahaan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudari Dwi Rustiana. Menurut saya loyalitas adalah bentuk kinerja yang paling penting dari ketiga bentuk kinerja tersebut karena tanpa loyalitas dari karyawan maka tujuan sebuah organisasi akan lebih sulit tercapai.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudari karena menurut saya loyalitas itu kepercayaan seseroang kepada organisasi dan perusahaan siap memberikan kepuasaan maksimal kepada individu agar kepercayaan individu tidak hilang begitu saja .

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat saudara Dwi, karena loyalitas membuat karyawan dengan sendirinya menaati peraturan, penuh tanggung jawab terhadap perusahaannya, dan adanya rasa memiliki sehingga bisa memberikan yg terbaik demi tercapainya tujuan perusahaan.

      Hapus
  3. 1. menurut saya, 3 bentuk kinerja individual tersebut saling berkesinambungan. terlepas dari kesinambungan yang ada. hal yang paling penting menurut saya dari sebuah kinerja individual adalah Inovasi. Karena ketika seseorang mampu menghasilkan dan mengembangkan inovasi yang baik terhadap perusahaan, misalnya inovasi yang baik dalam mengunah input menjadi output sehingga tercipta produktivitas yang baik sesuai dengan tujuan perusahaan. kemudian ketika inovasi secara terus menerus berkembang dan menjadi lebih baik diiringi dengan pemberian reward atau penghargaan dari atasan, dapat membuat individu tersebut mencintai profesi yang ada dan menimbulkan rasa loyal bagi seseorang tersebut dalam menekuni pekerjaannya.

    2. yang akan saya lakukan agar individu dibawah koordinasi saya dapat berinovasi, tidak lain adalah memberi motivasi. motivasi yang dapat dilakukan berupa pelatihan dan pengembangan karier. mengajarkan dan memberi contoh-contoh situasi perusahaan ketika membutuhkan sebuah inovasi secara berkala, sehingga individu tersebut dapat terus berpikir untuk meciptakan dan mengembangkan inovasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudara Dewandra berikan karena memberikan motivasi akan mendorong karyawan memiliki gairah dan semangat kerja. Selain itu juga, dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara dewandra karena mendorong individu menjadi lebih baik dan memebrikan motivasi untuk kinerja yang lebih baik lagi.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dewandra karena dengan memberikan motivasi kepada karyawan. maka karyawan akan semakin produktif dan berani berpikir untuk menciptakan hal baru untuk berusahaannya

      Hapus
  4. 1. ketiga hal tersebut menurut saya tidak boleh dipisahkan, karna sangat berkaitan. produktivitas tanpa inovasi hasilnya monoton. produktivitas dan inovasi tanpa loyalitas, perusahaan bisa hancur.

    2. pihak hrd perusahaan harus selalu memperhatikan karyawan selayaknya mereka ingin diperhatikan, seperti mendengarkan ide dari karyawan, memberikan asuransi, perusahaan yg transparansi dan selalu jujur. dengan begitu karyawan akan selalu merasa dihargai dan dibutuhkan. karena sekarang ini sedikit sekali org yg mau menghargai orang lain, dan akhirnya mereka pergi ke perusahaan yg bisa menghargai mereka.

    BalasHapus
  5. 1. Menurut saya dari ketiga hal itu yang paling penting adalah loyalitas dimana seorang pekerja setia dan tetap teguh terhadap posisinya di suatu perusahaan. Namun sebenarnya ketiga hal itu berhubungan antara satu sama lain, contohnya jika kita loyal maka kita akan otomatis berproduksi dan selalu memikirkan inovasi apa yang terbaik untuk perusahaan itu sendiri.

    2.Cara untuk membuat pegawai atau rekan kerja saya agar menjadi seperti di point pertama saya harus bisa memahami perasaan dan bagaimana cara dia berpikir serta bekerja dengan begitu saya bisa tau bagaimana saya harus memotivasi rekan kerja saya. Karena dengan kita mendengarkan dan memahami mereka secara tidak langsung kita juga menghormati mereka sebagai manusia sekaligus rekan kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara gino. Karena memang loyalitas juga memiliki dampak yang besar bagi perusahaan dan sebenarnya 3 hal di atas saling berhubungan dan berpengaruh bagi perusahaan.

      Hapus
    2. gino saya mau bertanya bagaimana anda memahami perasaan dan cara berpikir pegawai atau rekan kerja anda dalam organisasi? thanks

      Hapus
    3. sering berbicara dengan pegawai atau rekan kerja. dengan kita sering bersosialisasi dengan mereka kita pasti bisa memahami bagaimana cara mereka berpikir dan bekerja.

      Hapus
  6. 1.Menurut saya hal yang terpenting adalah inovasi. Karena dengan kita berinovasi maka hal-hal yang baru dan unik akan muncul dan membuat para konsumen menjadi penasaran dan mencoba produk kita maka akan menumbuhkan rasa loyalitas kepada produk kita dan inovasi sangat dibutuhkan pada jaman seperti ini karena kebanyakan masyarakat mencari sesuatu yang unik.

    2.yang harus saya lakukan adalah membiarkan karyawan saya untuk berkreasi dan memberi mereka kesempatan untuk mencoba berinovasi dan juga saya memberikan bimbingan dan motivasi apabila mereka gagal atau melakukan kesalahan. Jadi mereka akan merasa nyaman dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang sependapat dengan saudara daniel prayogi, karena menurut saya hal yang terpenting adalah loyalitas. Karena tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila dialamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Daniel, karena inovasi sangatlah penting didalam sebuah organisasi, apalagi di era globalisasi seperti saat ini.

      Hapus
  7. 1. Menurut saya dari tiga bentuk kinerja individual tersebut yang paling penting adalah loyalitas. Apabila karyawan sudah memiliki loyalitas, maka dapat dipastikan semua tujuan organisasi akan berjalan dengan baik dan lancar karena karyawan berdedikasi tinggi untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Selain itu dengan adanya loyalitas maka produktivitas dan inovasi akan tumbuh dengan sendirinya karena karyawan telah memiliki loyalitas terhadap organisasi.

    2. Yang akan saya lakukan agar karyawan dapat memiliki bentuk kinerja loyalitas adalah dengan cara menumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan mereka dan terutama terhadap organisasi yang menaungi mereka. Untuk mewujudkannya saya akan memberikan motivasi, pengarahan, bimbingan serta support untuk bawahan saya. Dengan demikian maka loyalitas akan terbentuk dengan baik di benak setiap karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Fransisca karena dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap pekerjaan mereka, mereka akan bekerja dengan tulus melakukannya.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Fransisca karena adanya loyalitas dapat menghasilkan tujuan perusahaan dapat berjalan dengan lancar .

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat fransisca karena memang loyalitas juga berpengaruh dalam mencapai tujuan perusahaan. karyawan yang loyal diyakini dapat memberikan kontribusi maksimal dan selalu optimal dalam bekerja, karena loyalitas karyawan dan keterlibatan karyawan dalam bekerja dapat mencapai tujuan perusahaan.

      Hapus
  8. 1. Andai saya adalah manajer HRD, menurut saya dari tiga bentuk kinerja individual tersebut yang paling penting adalah loyalitas, karena menurut saya kepercayaan individu pada suatu organisasi sangatlah penting dan susah untuk didapatkan. Jika individu sudah memiliki kepercayaan pada suatu organisasi maka organisasi tersebut akan berjalan dengan baik.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya itu dapat memiliki bentuk kinerja seperti yang saya pilih pada poin pertama adalah dengan cara menunjukkan serta menjadi contoh yang baik dan menunjukkan rasa cinta kepada organisasi serta para karyawan yang bekerja di satu organisasi ini, membuat mereka merasa ikut memiliki sehingga mereka pun akan merasa mencintai dan akan ikhlas melakukan suatu pekerjaan demi mencapai tujuan bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Dosi. Karena dengan menjadi contoh yang baik bagi karyawan, maka laryawan pun dapat termotivasi untuk melakukan hal yang sama pula untuk memberikan kontribusi yang baik bagi sebuah perusahaan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Dosi karena kepercayaan seseorang tidak dapat diberikan dengan cuma-cuma tetapi harus didapatkan dengan kerja keras organisasi.

      Hapus
    3. Terima kasih atas tanggapan Saudari Lily dan Saudari Melinda.

      Hapus
  9. 1. Menurut saya dari 3 bentuk kinerja individual tersebut yang terpenting adalah produktivitas. Karena untuk mencapai target yang diinginkan perlu dilakukan pencapaian secara bertahap dimana tahap – tahap yang dimaksud berguna untuk memberikan langkah – langkah dalam menghasilkan suatu output. Dalam menghasilkan suatu output, perlu diperhatikan proses inputnya berupa waktu menyelesaikan suatu output, dalam sehari bisa menghasilkan berapa output, berapa tenaga kerja yang diperlukan dan dalam sehari bekerja berapa jam. Untuk itu perlu dilakukan perhatian khusus sebagai manajer HRD dalam mengawasi aktivitas yang dilakukan selama proses produksi agar tidak mengalami kesalahan dalam proses yang telah dilakukan seperti memantau secara langsung, memberikan pengarahan dan nasihat kepada tenaga kerjanya bila melakukan kesalahan yang tidak sesuai dengan prosedur kerja.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu dibawah koordinasi saya dapat memiliki bentuk kinerja yang berproduktivitas dengan cara saya akan memberikan perintah langsung kepada tenaga kerja saya mengenai apa yang akan dilakukan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kacau balau selama aktivitas berlangsung, lalu saya juga mengecek kegiatan yang dilakukan, memberikan teguran kalau berbuat suatu kesalahan, saya harus membuat target output yang ingin dicapai selama sehari dengan melihat jumlah tenaga kerja yang saya memiliki terus juga melihat batas kemampuan tenaga kerja saya dalam menghasilkan jumlah output yang akan dihasilkan.


    BalasHapus
    Balasan
    1. apa yang anda maksud dengan langkah-langkah dalam menghasilkan output?jelaskan?

      Hapus
    2. Terima kasih atas pertanyaan saudari Melinda
      Tahap - tahap dalam menghasilkan produk itu saya berikan contoh jika anda memiliki usaha di pabrik biscuit di Gresik, anda sebagai pemilik pabrik tersebut hendaknya memberikan langkah - langkah yang jelas untuk menghasilkan sebuah biscuit melalui tahap - tahap nya yaitu dari atribut apa yang harus dipakai selama proses pembuatan di pabrik seperti pakaian, masker,dan topi penutup kepala.Kemudian cara pemilihan bahan berkualitas baik, lalu cara menggunakan mesin - mesin yang ada di pabrik, pengemasan kemasan,lokasi tempat penyimpanan biscuit tersebut
      intinya langkah - langkah yang dimaksud adalah prosedur pembuatan dalam melakukan aktivitas produksi

      Hapus
  10. 1. Menurut saya, dari ketiga bentuk kinerja individual yang paling penting adalah loyalitas. Karena dengan adanya tingkat loyalitas yang tinggi seorang karyawan terhadap perusahaan, maka kinerja karyawan tersebut pun juga maksimal. Karena tumbuhnya loyalitas dari seorang karyawan didasari oleh rasa puas akan pekerjaannya/lingkungan kerjanya. Oleh karena itu, agar karyawan dapat menghasilkan kinerja yang maksimal bagi perusahaan, maka perusahaan sebaiknya menumbuhkan rasa loyalitas karyawan terlebih dahulu. Dengan begitu, maka hal ini juga membawa dampak bagi produktivitas perusahaan juga.

    2. Menurut saya, untuk menciptakan loyalitas karyawan dapat dilakukan melaui beberapa cara. Diantaranya yaitu,
    1. Memberikan penghargaan bagi karyawan yang berkinerja dengan baik/mencapai suatu terget tertentu yang telah ditentukan.
    2. Memberikan bonus karyawan
    3. Bersikap adil terhadap para karyawan
    4. Mempromosikan karyawan (misalnya dengan kenaikan jabatan)
    5. Memberikan motivasi untuk meningkatkan kerja para karyawan
    6. Mendengarkan dan menerima usulan serta kritik karyawan

    BalasHapus
  11. 1. menurut saya produktivitas penting karena produktivitas sebagai rasio output dan input suatu proses produksi dalam periode tertentu. Input terdiri dari manajemen, tenaga kerja, biaya produksi, dan peralatan serta waktu. Output meliputi produksi, produk penjualan, pendapatan, pangsa pasar, dan kerusakan produk. Dalam perspektif normatif,produktivitas adalah kalau hari ini karyawan lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari sekarang.dan dapat berkembang terus-menerus ,dengan adanya produktivitas karyawan lebih rajin untuk bekerja dengan giat

    2.hal yang saya lakukan untuk individu dibawah koordinasi saya agar memebentuk kinerja "produktivas"
    1. Mengoptimal waktu kerja
    2. memastikan efektifitas kerja di tempat kerja
    3. mengoptimalkan kapasitas terpasang di setiap individu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga setuju dengan pendapat saudari melinda, karena selain inovasi produktivas juga penting dalam kinerja individu karena mereka harus berjalan berdampingan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

      Hapus
  12. 1.Menurut saya, 3 bentuk kinerja individual tersebut paling penting karena 3 bentuk kinerja individual tersebut saling berkelanjutan atau kontinuitas. Namun loyalitas yang menurut saya paling berpengaruh dalam perusahaan seiring dengan maraknya turn over pegawai di setiap perusahaan. Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang loyal. Mereka yang loyal diyakini dapat memberikan kontribusi maksimal dan selalu optimal dalam bekerja. Makanya dalam setiap tes rekruitmen, penilaian loyal atau tidaknya karyawan seringkali menjadi pertimbangan penting. Perusahaan menilai loyalitas karyawan dari beberapa besar keterlibatan karyawan dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

    2.Yang akan Saya lakukan agar individu di bawah koordinasi Saya itu dapat memiliki bentuk kinerja yang loyalitas adalah
    - Kompensasi (Gaji merupakan komponen penting untuk mempertahankan karyawan dan mungkin yang paling penting membuat mereka tidak beralih pekerjaan).
    - Keseimbangan kehidupan dan pekerjaan (selain uang, karyawan juga mencari keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan yang baik).
    - Budaya perusahaan atau lingkungan kerja (membangun lingkungan kerja yang kuat dapat mendorong karyawan untuk tetap bertahan.
    - Hubungan sesama karyawan (Bekerja di lingkungan yang kondusif dengan hubungan pertemanan yang baik juga sangat penting untuk menjaga karyawan tetap betah di perusahaan).
    - Adanya peningkatan karir
    - Menjadi pemimpin yang menginspirasi karyawan
    - Perkembangan bisnis (perfoma dan bisnis perusahaan juga ikut memengaruhi kesetiaan seorang karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari fidela, ya memang dalam beberapa waktu terakhir kita sudah merasa umum dan tidak asing lagi dengan maraknya kasus karyawan "kutu loncat" pada berbagai perusahaan yang ada. Para calon pekerja yang cenderung memiliki movtiasi bekerja yang salah, yaitu salah satu contoh nya untuk mendapatkan kenyamanan dan mengambil keuntungan yang sebesar-besar nya bagi diri nya sendiri dari perusahaan, akan cenderung berperilaku menjadi "kutu loncat" bagi perusahaan. Maka dalam kasus ini, perusahaan lah yang akan sangat dirugikan, sehingga pada zaman sekarang, perusahaan sangat perlu untuk memberikan program loyalitas kepada seluruh karyawan mereka, khususnya bagi para pekerja yang baru, tetapi tentunya tak terlepas juga bagi para pekerja senior yang sudah lama bekerja di perusahaan.

      Hapus
  13. 1. Menurut saya, loyalitas merupakan bentuk kinerja individual yang paling penting. Dengan adanya unsur loyalitas, maka dikatakan seorang pekerja dapat memiliki dorongan total dedikasi dan kepercayaan pada perusahaan di mana ia bekerja. Total dedikasi dan kepercayaan pada organisasi inilah yang benar-benar bernilai tinggi di sini. Dengan adanya dorongan motivasi untuk mendedikasikan diri dan percaya sepenuhnya pada perusahaan di mana seseorang bekerja, maka perusahaan akan mendapatkan hasil yang optimal dari setiap kualitas kinerja para pekerja mereka. Sebab, jika seseorang telah terdorong untuk mendedikasikan secara total seluruh usaha daya mereka pada perusahaan, maka ia akan mengusahakan segala sesuatu yang ia kerjakan dengan sebaik-baik nya dan untuk memberikan keuntungan atau dampak positif demi kemajuan perusahaan. Dengan kata lain, seorang pekerja yang loyal terhadap perusahaan tempat di mana ia bekerja, akan cenderung berani real berkorban mengerahkan segala upaya dengan sekuat tenaga untuk memberikan kontribusi hal positif bagi kemajuan perusahaan. Jika hal ini tercapai, maka secara tidak langsung nantinya unsur produktivitas dan inovasi dari para pekerja akan secara alami (sendirinya) terdorong untuk meningkat berkat dari dorongan oleh loyalitas.

    2. Saya akan berusaha mendesain atau mengatur tata aturan bekerja yang produktif, tetapi di lain sisi hal itu juga memberikan kenyamanan bagi para pekerja dan mendorong pekerja untuk terus berprestasi dalam pekerjaan mereka. Salah satu contohnya, memberikan bonus hadiah atau keuntungan tertentu kepada pekerja yang mampu menghasilkan prestasi tertentu. Kemudian, memberikan promosi kenaikan jabatan bagi para pekerja yang memiliki prestasi-prestasi hebat selama dalam jangka waktu tertentu. Di samping itu, mungkin saya juga akan mengadakan program acara keakraban seperti wisata kunjungan liburan bersama yang nantinya diharapkan mereka dapat saling berbagi pemikiran dan penilaian ataupun saran bagi perusahaan, baik di antara para sesama pekerja dalam satu tingkatan serta juga dengan para atasan (manajer) mereka di dalam perusahaan. Dengan program-program ini, nantinya diharapkan pekerja akan semakin loyal dan menaruh kepercayaan sepenuhnya kepada perusahaan demi meningkatkan kemajuan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya seutuju dengan pernyataan Alvin Alam bahwa seorang pekerja yang loyal terhadap perusahaan tempat di mana ia bekerja, akan cenderung berani real berkorban mengerahkan segala upaya dengan sekuat tenaga untuk memberikan kontribusi hal positif bagi kemajuan perusahaan.

      Hapus
    2. Terima kasih atas pendapat saudara idho.

      Hapus
  14. 1. Menurut saya hal yang penting dalam kinerja individu adalah Loyalitas. Dimana loyalitas merupakan total dedikasi dan kepercaaan individu pada organisasi. Sebesar dan sebaik apapun visi dan misi yang dimiliki dalam suatu organisasi tercapainya tergantung pada loyalitas dari individu tersebut. Apabila sudah terdapat loyalitas dari para anggotanya mereka akan mentaati segala bentuk aturan serta mendukung visi dan misi yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Sehingga membuat individu tidak melenceng dari jalur yang sudah ditentukan.

    2. Agar terbangun loyalitas dalam individu yang berada dibawah koordinasi saya, yang akan saya lakukan adalah :
    a. memberikan hak - hak karyawan dengan baik seperti gaji, pelatihan, tunjangan, dsb. Mengapa ? karena menurut saya apabila hak - hak untuk tersebut sudah terpenuhi dengan baik maka individu tersebut akan fokus terhadap kewajibannya tanpa merisaukan hal lain.
    b. Memberikan penilaian terhadap kinerja serta memberikan penghargaan apabila kinerja selalu menunjukkan pertumbuhan yang meningkat, agar individu merasa dihargai terhadap segala sesuatu yang sudah ia kerjakan, sekaligus terpacu untuk terus berkembang & membenahi kesalahannya.
    c. Memberikan promosi untuk individu yang memiliki kinerja yang baik, agar individu tersebut menjadi tertantang dan fokus di jabatan barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat April karena dengan adanya loyalitas berarti individu tersebut percaya akan organisasi tersebut.
      Apabia individu tersebut merasa puas bekerja di organisasi tersebut, maka akan dengan sendirinya timbul loyalitas akan pekerjaannya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat April karena memang benar yg paling utama adalah loyalitas bila tidak ada loyalitas maka orang yang masuk kedalam organisasi tidak dapat dipercaya dan bila loyal kepada organisasinya maka orang tersebut menjadi setia

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat April karena loyalitas merupakan hal terpenting dalam organisasi untuk memotivasi karyawan mencapai visi dan misi suatu organisasi.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat April, bahwa loyalitas juga hal yang terpenting. Tapi menurut saya inovasi juga merupakan hal yang penting dalam bentuk kinerja individual.

      Hapus
  15. 1. Menurut saya, dari 3 bentuk kinerja individual tersebut yang paling penting adalah loyalitas. Loyalitas dapat di artikan sebagai kesetiaan mengabdi pada suatu profesi, yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan siap berkorban agar dapat memaksimalkan kinerja organisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan adalah kepuasan kerja. Apabila karyawan merasa puas maka akan dengan sendirinya timbul rasa loyal dan rasa memiliki organisasi tersebut.
    Loyalitas atau kesetiaan sebenarnya tidak hanya di ukur melalui lama tidaknya bekerja di suatu organisasi. Loyal harus diartikan pula mampu menjaga nama baik atau citra organisasi dimana seseorang bekerja, dan dapat memberikan dampak positif akan suatu organsasi di mata masyarakat. Tanpa adanya loyalitas, seseorang belum bisa dikatakan profesional. Dalam suatu perusahaan atau organisasi seorang karyawan diharapkan mempunyai sikap loyalitas yang tinggi sehingga efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik.
    2. Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinai saya dapat memiliki bentuk kinerja loyalitas adalah dengan membangun suasana kerja yang menyenangkan serta komunikasi yang baik agar dapat timbul rasa kekeluargaan dan rasa saling menghargasi satu sama lain, memberikan gaji yang sesuai dengan profesinya, berikan bonus apabila target yang dituju dapat tercapai dengan baik, serta dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan agar dapat mencintai pekerjaan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Monica, jika karyawan puas terhadap organisasinya maka akan timbul rasa loyal tersebut. Loyalitas inipun akan memberikan dampak positif bagi individu itu sendiri serta organisasinya juga.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari monica bahwa dengan membangun suasana kerja yang menyenangkan dapat membangun loyalitas dalam individu karena suasana kerja merupakan hal penting yang sangat berpengaruh dalam kehidupan berorganisasi.

      Hapus
  16. 1.Menurut saya 3 hal itu saling terkait dan tetapi yang menurut saya paling penting adalah loyalitas dan produktivitas karena didalam organisasi tidak hanya butuh loyalitas saja tetapi produktiv dalam organisasinya sehingga organisasi tersebut menjadi maju dan berkembang bila keduanya saling terikat.

    2.yang saya lakukan agar individu dibawah koordinasi saya dapat memiliki bentuk kinerja yang saya pilih adalah dengan yang pertama terhadap loyalitas saya akan memberikan kompensasi kepadanya, peningkatan karir, menetapkan jenjang karir yang jelas,dan memberikan hak hak karyawan dengan baik. Dan kalau produktivitas saya akan melakukan perencanaan apa yang akan dikerjakan supaya jelas,dan lakukan kajian setiap Minggu nya supaya jelas apa yang dikerjakan dalam organisasi dapat jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya setuju dengan pendapat saudara Andi. Memang benar loyalitas saja tidak cukup untuk memajukan perusahaan. Namun, saya ingin menambahkan, apabila perusahaan ingin maju secara efektif dan signifikan, sebaiknya melalui inovasi dan loyalitas, dengan inovasi yang bagus dan loyalitas karyawan yang tinggi, maka produktivitas akan mengikuti

      Hapus
  17. 1. Menurut saya, produktivitas, inovasi, dan loyalitas merupakan aspek penting dalam sebuah organisasi. Akan tetapi, bila saya harus memilih diantara ketiga bentuk kinerja individual tersebut, maka saya akan memilih loyalitas. Karena, jika karyawan suatu organisasi mempunyai loyalitas terhadap perusahaan maka itu akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Contohnya, seorang karyawan tidak memiliki loyalitas terhadap perusahaan, dan ia memutuskan untuk keluar dari perusahaannya, maka perusahaan tersebut harus merekrut seseeorang untuk menggantikan posisinya. Jika perusahaan merekrut karyawan baru, maka perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melatih karyawan baru. Akan tetapi, jika seorang karyawan loyal, maka karyawan itu akan bertahan dalam organisasinya, dan perusahan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan pelatihan. Selain itu, jika karyawan loyal terhadap perusahaan , maka karyawan tersebut dapat bekerja dengan maksimal, dan itu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya memiliki loyalitas adalah
    a. Memberikan kepada dia apa yang menjadi haknya ( misalnya, gaji dan tunjangan )
    b. Memberikan bonus berdasarkan kinerja
    c. Mempromosikan karyawan
    d. Menciptakan susasana kerja yang positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Raymond karena loyalitas karyawan merupakan suatu keuntungan bagi perusahaan misalnya dalam hal menurunkan tingkat turn over pada perusahaan yang akan mengurangi biaya perekrutan kembali

      Hapus
  18. 1. Menurut saya hal yang terpenting dari 3 kinerja individual adalah Loyalitas. Loyalitas sendiri merupakan total dedikasi dan kepercayaan individu terhadap organisasi. Dengan ini loyalitas merupakan peran penting dalam memotivasi karyawan di sebuah organisasi yang akan memberikan kontribusi. Hal ini akan memberikan reward bagi kedua belah pihak. Reward dari organisasi kepada karyawan berupa legitimasi dari berbagai aspek, termasuk kompensasi. Reward dari karyawan kepada organisasi adalah karyawan cenderung lebih aktif, lebih reaktif, bahwa biasanya orang tersebut memiliki daya inisiatif dan kreatifitas yang tinggi.Seseorang yang sudah loyal kepada organisasi, maka ia akan bekerja tanpa terlebih dahulu ada komando atau instruksi, ia lebih berinisiatif melakukan berbagai hal demi kepentingan organisasi. Maka jika karyawan sudah loyal dalam suatu perusahaan tersebut maka Produktivitas dan Inovasi juga akan berjalan secara bersamaan dan dapat memajukan perusahaan.


    2. Jika saya manajer HRD hal – hal yang dapat saya lakukan sebagai berikut :
    a. Memberikan hak-hak karyawan dengan baik
    Hak-hak tersebut antara lain : Gaji, Tunjangan kesehatan, Pelatihan, Fasilitas kerja, Kesejahteraan keluarga, Jaminan sosial tenaga kerja, Keamanan,Tunjangan hari raya
    b. Menerapkan penilaian kinerja yang efektif
    Jika kinerja mereka dinilai secara efektif, karyawan akan senang karena jerih payah mereka dihargai dengan baik. Menerapkan jenjang karier yang jelas
    Kejelasan jenjang karier umumnya berkaitan dengan Waktu kerja, Kompetensi suatu posisi, Kinerja karyawan, Perilaku karyawan
    c. Mempromosikan karyawan
    Promosi ini diharapkan membuat karyawan bersangkutan merasa tertantang dengan jabatan barunya sehingga mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tanpa memikirkan untuk pindah ke perusahaan lain.
    d. Memberikan bonus
    Cara terakhir untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah memberikan bonus. Ini bisa berupa bonus kinerja, bonus akhir tahun, atau bonus pembagian keuntungan. Pemberian bonus ini diharapkan karyawan akan betah bekerja sehingga loyal kepada perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat dari saudari nandia bahwa loyalitas membuat individu menjadi lebih berinisiatif dalam bekerja, hal itu dapat membuat kepentingan organisasi menjadi mudah & cepat tercapai apabila individunya sudah memiliki loyalitas dalam dirinya masing - masing.

      Hapus
  19. 1. Menurut saya 3 aspek penting dalam menilai kinerja individu ini saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Namun apabila saya harus memilih maka saya akan memilih loyalitas karena disaat karyawan merasa bahwa perusahaan merupakan bagian dari hidupnya maka ia tentunya akan membuat yang terbaik untuk perusahaan, karyawan tersebut merasa mempunyai tanggung jawab atas perusahaan, semangat kerjanya akan tinggi. Hal ini tentunya akan membuat tingkat produktivitas perusahaan menjadi baik dan pada akhirnya akan menghasilkan profit yang membuat perusahaan akan terus berkembang. Inovasi juga dibutuhkan untuk meningkatkan profit perusahaan. Contohnya, seorang karyawan yang loyal akan merasa bahwa ia sangat berpengaruh terhadap perusahaan maka ia akan terus menerus melakukan segala hal untuk memajukan perusahaan contohnya dengan membuat inovasi baru agar perusahaan tersebut tidak monoton dan disukai oleh konsumen.
    2. Yang akan saya lakukan untuk membuat karyawan dibawah koordinasi saya menjadi loyal terhadap perusahaan adalah memberi gaji pokok sesuai dengan kinerja, memberi bonus apabila karyawan tersebut berprestasi, memberi tunjangan kesehatan dan lain-lain serta mencoba untuk memperhatikan karyawan misalnya dengan mendengarkan keluhan karyawan, menjenguk ketika karyawan atau keluarganya sedang sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat dengan saudari Priscilla bahwa loyalitas membuat karyawan akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan dan mempengaruhi tingkat produktivitas serta diperlukan inovasi untuk mencapai tujuan atau profit. ketiga bentuk kinerja ini saling berhubungan dan penting dalam suatu perusahaan.

      Hapus
  20. •Menurut saya 3 bentuk kinerja individual sama pentingnya, namun jika saya harus memilih maka saya akan memilih inovasi karena perkembangan di era globalisasi saat ini semakin banyak perusahaan yang kompetitif sehingga harus bersaing dengan cara menciptakan inovasi-inovasi yang lebih berkembang. Inovasi dalam bisnis adalah suatu proses memikirkan dan mengimplementasikan pemikiran tersebut, sehingga menghasilkan hal baru berbentuk produk, jasa, proses bisnis, cara baru, kebijakan, dan lain sebagainya. Yang kedua adalah loyalitas. Loyalitas sering dengan seberapa lama dan banyaknya waktu serta tenaga yang dicurahkan oleh seorang karyawan untuk bekerja tanpa mengharapkan imbalan apapun dari perusahaan. Padahal kenyataannya, banyak karyawan yang bertahan di suatu perusahaan hanya karena gaji atau bonus yang diterimanya. Loyalitas merupakan kondisi psikologis yang mengikat karyawan dan perusahaannya, karenanya pengertian loyalitas karyawan bukan hanya sekadar kesetiaan fisik yang tercermin dari seberapa lama seseorang berada di dalam organisasi, namun dapat diliat dari seberapa besar pikiran, perhatian, gagasan, serta dedikasinya tercurah sepenuhnya kepada perusahaan tersebut. dan yang ketiga adalah produktivitas. Tiap perusahaan akan mengukur produktivitas dan mutu berdasarkan keunikan tujuan dan sasarannya. Sebagai contoh, suatu perusahaan akan lebih fokus pada upaya-upaya pengembangan pangsa pasar sementara yang lain mungkin fokus pada pengurangan derajat kerusakan produk. Selain itu, mungkin ada pula yang akan memperbaiki dalam hal cara produksi, sedang yang lain fokus pada mengembangkan pemasaran hasil.

    •Menurut saya ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mencapai kinerja individual inovasi:
    1.Memberikan suasana kerja menjadi lebih nyaman sehingga karyawan terpacu untuk berinovasi.
    2.Walaupun tidak semua karyawan memiliki expektasi terhadap gaji, tetapi perlu adanya struktur perusahaan yang menarik karyawan berinovasi dengan sistem reward, dimana karyawan yang memiliki inovasi terbaik mendapatkan penghargaan.
    3.Bersikap terbuka terhadap inovasi yang dipaparkan oleh karyawan.

    BalasHapus
  21. 1. Menurut saya dari ketiga bentuk kinerja individual tersebut, yang paling penting adalah loyalitas. Loyalitas merupakan total dedikasi dan kepercayan individu dengan organisasi. Dengan adanya loyalitas ini setiap individu pasti memeberikan kinerja yang terbaik dan semaksimal mungkin untuk perusahaan. Jika individu sudah loyal terhadap suatu perusahaan pasti ia akan mudah untuk berinovasi dan bekerja lebih produktif lagi. Sehingga bentuk kinerja ini sangat penting untuk diperhatikan.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya dapat memiliki bentuk kinerja yang loyalitas adalah, dengan memberikan hak-haknya sebagai karyawan, memberikan penilaian dan evaluasi agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. Memberikan reward jika kinerjanya baik, memberikan promosi, dan juga membangun lingkungan yang nyaman dan aman bagi individu yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara melina bahwa loyalitas merupakan yang paling penting dalam kinerja individual tersebut karena dengan loyalitas dapat mendukung kinerja individual lainnya dalam diri individu tersebut.

      Hapus
  22. 1. Menurut saya yang terpenting dari 3 bentuk kinerja individual adalah inovasi, karena dengan adanya produk baru akan membuat banyak keuntungan seperti dengan adanya produk baru konsumen akan memiliki rasa ingin tau tentang produk kita dan akan membeli produk kita. Ada pula keuntungan untuk kita yang membuat produk baru yaitu kita akan lebih kreatif untuk membuat produk - produk baru yang lain.

    2. Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya memiliki kinerja inovasi.
    *Membimbing mereka agar dapat menuangkan semua ide mereka kedalam produk yang akan di buat.
    *Membuat pelatihan agar semua karyawan dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu mereka membuat inovasi baru.

    BalasHapus
  23. 1. Loyalitas. Karena bila tidak ada total dedikasi dan kepercayaan individu pada organasasi. Dapat terjamin organisasi tersebut tidak akan dapat berjalan dengan lancar.

    2. Saya akan melobby mereka satu-satu. Walaupun memakan biaya yang agak banyak. Tapi saya berani mengambil resiko tersebut demi kesejahteraan organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh iko costanza, karena loyalitas itu sendiri terbangun dari kepercayaan individu kepada organisasi. dan jika tidak ada loyalitas maka organisasi tersebut tidak akan berjalan denganmn baik kedepannya.

      Hapus
    2. thanks argo. apabila tidak ada kepercayaan antara satu sama lain dalam satu sama lain makan organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.

      Hapus
    3. Menanggapi komentar iko, menurut anda apa yang harus kita lakukan agar kita mendapatkan loyalitas dari rekan kerja kita?

      Hapus
    4. dengan sering bersosialisasi dengan mereka sudah cukup walaupun membutuhkan durasi waktu yang sedikit panjang.

      Hapus
  24. 1. Menurut saya , andai saya seorang Manajer HRD di perusahaan, jadi 3 bentuk kinerja individual tersebut saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Karena tiap bentuk kinerja mulai dari Produktivitas, Inovasi serta Loyalitas harus dan wajib ada di dalam sebuah organisai. Tetapi jika dibandingkan dengan yang terpenting maka saya akan memilih Loyalitas karena Loyalitas atau kesetiaan itu sebenarnya tidak hanya berarti cukup lama berorganisasi di suatu organisasi, misalnya sekian puluh tahun. Loyal harus diartikan pula mampu menjaga nama baik atau citra organisasinya sendiri. Loyalitas merupakan keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi yang bersangkutan atau disebut dengan komitmen organisasi. Disamping itu, komitmen organisasi mengandung pengertian sebagai sesuatu hal yang lebih dari sekedar kesetiaan yang pasif terhadap organisasi, dengan kata lain komitmen organisasi menyiratkan hubungan seseorang dengan organisasi secara aktif.

    2.Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya memiliki bentuk kinerja “Loyalitas” adalah
    • Komitmen
    (Komitmen terhadap segala sesuatu yang telah dijannjikan terhadap individu tersebut)
    • Rasa memiliki,mencintai
    (Membuat agar individu tersebut sangat dibutuhkan atau dikondisikan seperti memiliki peranan penting di dalam sebuah organisasi)
    • Mempunyai tujuan
    (Mempunyai tujuan yang sama dengan individu yang ada dibawah koordinasi saya)
    • Nyaman
    (Memberikan rasa nyaman dalam tiap pekerjaan individu tersebut, seperti: tidak menekankan deadline pekerjaan yang harus seger dikerjakan)
    • Taat
    (taat terhadap peraturan yang sudah dibuat organisasi antara saya dan individu yang ada di bawah koordinasi saya)
    • Kebersamaan
    (sering mengajak individu tersebut menghabiskan waktu bersama, berdiskusi bersama, dan membiarkan individu tersebut mengemukakan tiap pendapatnya yang sesuai dengan organisasi yang dijunjung)

    BalasHapus
  25. 1. Menurut saya, dari 3 hal diatas inovasi merupakan hal yang sangat penting. Sebab inovasi akan menciptakan ide - ide baru yang tentunya akan semakin mendongkrak performa serta produktivitas seorang karyawan. Apalagi di era kemajuan teknologi seperti sekarang, tentunya inovasi sangatlah dibutuhkan untuk terciptanya terobosan - terobosan baru.

    2. Yang akan saya lakukan adalah :
    - Melakukan rapat dengar pendapat dengan karyawan agar tercipta ide - ide baru.
    - Mendorong setiap karyawan untuk lebih pro-aktif dalam menyampaikan gagasan yang dimiliki.
    - Dan juga memberikan motivasi agar karyawan semakin terpicu untuk lebih bekerja keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Ady. motivasi sangat penting bagi para karyawan. jika para karyawan tidak memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja, maka hal tersebut akan mempengaruhi produktivitas karyawan tersebut dan mungkin saja pekerjaan karyawan tersebut menjadi kacau.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat ady, karena dengan inovasi, perusahaan dapat terus berkembang dan menciptakan/mengembangkan produk-produk baru yang lebih kreatif

      Hapus
  26. 1. Menurut saya, ketiga hal tersebut sama pentingnya dan saling berkaitan. Karena yang pertama, produktivitas dari para karyawan sangat penting dalam proses produksi dan pengembangan perusahaan. Jika produktivitas para karyawan tinggi maka produk yang akan dihasilkan akan lebih berkualitas dan bisa saja para karyawan memproduksi banyak, sedangkan ketika produktivitas karyawan rendah maka produk yang dihasilkan mungkin saja kurang berkualitas atau mungkin ada beberapa yang cacat. Jika produktivitas para karyawan rendah, maka hal tersebut bisa merugikan perusahaan. Yang kedua mengenai inovasi, ketika para karyawan memiliki produktivitas yang tinggi dan diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan mereka, mereka akan bersedia untuk berinovasi. Jika perusahaan memberikan kesempatan, maka mereka bisa saja memberikan ide-ide serta strategi-strategi yang cemerlang dan dapat membantu perusahaan untuk lebih berkembang. Bisa saja mereka memberikan ide-ide mengenai produk-produk baru yang akan menjadi terkenal dikemudian hari, hal ini akan sangat menguntungkan perusahaan. Yang ketiga mengenai loyalitas. Loyalitas dari para karyawan dapat dibangun atas dasar kepercayaan mereka kepada perusahaan. Jika perusahaan percaya kepada mereka, maka mereka juga akan percaya pada perusahaan. Ketika mereka merasa diperhatikan dan dihargai, maka mereka pasti akan berpikir untuk loyal kepada perusahaan.
    2. a. Produktivitas dan inovasi dapat dibangun ketika para karyawan dapat bekerja senang senang hati dan tanpa beban. Maka yang akan saya lakukan dengan memberikan tunjangan-tunjangan; melakukan rekreasi, misalnya setahun sekali; memberikan pelatihan-pelatihan agar para karyawan dapat berkembang dalam kariernya; dan melakukan promosi serta kenaikan gaji beberapa tahun sekali.
    b. Loyalitas dapat dibangun ketika para karyawan merasa dihargai dan diperhatikan, oleh karena itu yang harus saya lakukan yaitu memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk memberikan pendapat dan menymbangkan ide-ide mereka agar dapat membantu perusahaan untuk berkembang, kemudian kita juga dapat memberikan bantuan-bantuan seperti misalnya memberikan beasiswa bagi putra-putri karyawan yang berprestasi, memberikan cuti, dan sebagainya.

    BalasHapus
  27. 1. Menurut saya, ketiga hal tersebut sama-sama penting karena ketiga hal tersebut saling mendukung. Misalnya, loyalitas dapat menjadi landasan bagi seorang karyawan berinovasi, atau berproduksi lebih banyak. Atau misalnya lagi, inovasi produk yang baru akan mendorong produktivitas yang lebih tinggi karena karyawan merasakan dampak langsung dari penjualan produk inovasi tersebut
    Namun, yang paling penting menurut saya adalah loyalitas, karena seorang karyawan yang loyal terhadap perusahaan dimana ia bekerja akan menumbuhkan integritas, dimana integritas akan menjadi dorongan baginya untuk berinovasi maupun berproduksi lebih baik lagi demi kelangsungan hidup dan kemajuan perusahaan tempatnya bekerja

    2. Jika saya menjadi koordinator mereka, saya akan melakukan hal berikut untuk menumbuhkan dan menjaga loyalitas karyawan saya: saya akan memberikan reward yang layak terhadap karyawan saya yang berhasil mencapai target penjualan maupun produksi, saya tidak akan memberlakukan hukuman terhadap karyawan yang melakukan kesalahan, melainkan membimbing dan mendampinginya dalam belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, saya juga akan berusaha mendekatkan diri kepada karyawan-karyawan saya agar mereka "kerasan" bekerja dibawah koordinasi saya, mungkin juga mengadakan ramah tamah kepada anggota baru atau apabila akan mengadakan rapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan pendapat saudara donny, bahwa Loyalitas paling penting dan bisa menumbuhkan integritas, menjadikan dorongan untuk berinovasi dan bekerja sebaik mungkin agar tujuan organisasi dapat tercapai.

      Hapus
  28. 1. Yang paling penting menurut saya adalah loyalitas. Karena menurut saya jika karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan maka dia akan bekerja keras untuk membangun perusahaan itu dengan baik, Karena kesetiaan akan perusahaan atau pekerjaan tersebut.

    2. Yang saya lakukan agar karyawan memiliki loyalitas yaitu dengan memberikan lingkungan kerja yang baik, nyaman dan menyenangkan kepada karyawan. Dan juga memberikan motivasi untuk membangun kepercayaan diri karyawan. Dan juga yang terpenting membangun hubungan sesama karyawan yang baik agar karyawan betah akan tempat pekerjaan dan lingkungan kerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, memberikan lingkungan kerja yang baik, nyaman, dan menyenangkan akan memperkuat hubungan dengan karyawan dan hasilnya kinerja karyawan akan meningkat serta membuat karyawan betah.

      Hapus
  29. 1. Menurut saya ketiga hal tersebut sama pentingnya karena saling berkaitan dan tidak dapat di pisahkan. Tetapi ada 1 hal yang terpenting dari ketiga hal tersebut yaitu Loyalitas. karena loyalitas mempengaruhi Inovasi dan produktivitas. ketika sesorang memiliki Loyalitas ( total dedikasi dan kepercayaan individu pada organisasi.) maka produktivitas yang di hasilkan pun akan menjadi maksimal karena mengerjakan sesuatu secara total ber dedikasi dan menaruh kepercayaan masa depannya di pekerjaan tersebut.
    dan juga ketika pekerja memiliki Loyalitas maka ia akan menjadi pribadi yang inovatif juga karena pekerja tersebut mengerjakan pekerjaan secara total dan mencurahkan seluruh waktu terhadap pekerjaan nya , karena menurut saya inovasi dapat tumbuh di lingkungan orang yang memiliki loyalitas tinggi terhadap pekerjaan.

    2.Dengan memberikan achievement pujian secara terbuka ke pekerja lainnya karena pekerjaan yg ia lakukan sehingga memotivasi pekerja lain juga.
    Jika secara berkelanjutan banyak pekerjaan yang di selesaikan dengan baik , maka saya sebagai atasan akan memberikan achievement secara materi , fasilitas lebih dan jenjang karir yang sesuai , agar menjadi motivasi lebih terhadap karyawan yang lain

    BalasHapus
  30. 1. Saya sebagai Manajer HRD memilih bentuk kinerja individual yang paling penting ialah Loyalitas. Mengapa saya memilih Loyalitas, karena arti dari Loyalitas itu sendiri adalah Kesetiaan, kepatuhan. Namun saya juga berpendapat bahwa Loyalitas – Produktivitas – Inovasi tidak dapat dipisahkan, karena saling berhubungan. Apabila Loyalitas sudah tertanam dalam diri maka kita akan setia dan patuh, melakukan seluruh usaha atau dedikasi kita pada organisasi agar tujuan dapat tercapai, dengan begitu kita akan berusaha untuk bekerja lebih giat lagi dan mencari cara untuk berinovasi, agar dapat menghasilkan output yang sesuai dengan input yang ditetapkan.

    2. Saya akan melakukan beberapa hal untuk membangun kinerja Loyalitas pada individu yang ada di bawah koordinasi saya, yaitu:
    •Membebaskan kreativitas, dimana individu dapat bekerja memberikan usulan-usulan yang baik dan menarik.
    •Mempromosikan Karyawan, memberikan jabatan baru kepada invidu membuat tertantang sehingga individu mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk organisasi.
    •Memberikan Hak Karyawan, dengan memenuhi gaji, tunjangan kesehatan, pelatihan, fasilitas pekerjaan akan menambah semangat karyawan agar tidak pindah kerja.
    •Menerapkan Penilaian Kinerja yang efektif, apabila kinerja karyawan dinilai secara transparan, mereka akan merasa senang karena bisa memperbaiki kinerja atau bisa juga meningkatkan kinerja mereka karna jerih payah mereka dihargai oleh perusahaan.
    •Memberikan Bonus, memberikan bonus bisa berupa bonus kinerja yang baik, bonus akhir tahun atau bonus pembagian keuntungan. Dengan begitu diharapkan karyawan betah bekerja pada organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengann birgita Nanda. Agar karyawan loyal terhadap perusahaannya , maka atasan (manajer ) Harus memberikan upah maupun komisi secara bijak kepada karyawan mereka agar mereka tetap semangat mengejar impian mereka masing-masing

      Hapus
    2. Saya setuju dan sependapat dengan jawaban saudari Nanda, karena loyalitas yang ada pada karyawan dapat meningkatkan kinerja mereka

      Hapus
  31. 1. Menurut pendapat saya, Produktifitas, Inovasi, dan Loyalitas mempunyai peranan penting yang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Satu bentuk yang terpenting yaitu Loyalitas. Loyalitas seorang karyawan merupakan aspek tertinggi yang paling sulit untuk dipertahankan di dalam organisasi mengingat tiap-tiap individu mempunyai tujuannya masing-masing. Jika karyawan mampu setia atau loyal dengan perusahaannya maka sudah dapat dipastikan mereka rela mengorbankan apapun untuk memajukan organisasinya, mulai dari memberikan sumbangsih tenaga, ide, dan waktu ekstra karena mereka sudah menyadari bahwa mereka adalah bagian dari proses dalam mencapai tujuan perusahaan.

    2. Cara untuk meningkatkan loyalitas kerja, yaitu : 1. Menjalin hubungan yang erat antar karyawan 2. saling terbuka dalam hubungan kerja 3. saling pengertian antara pimpinan dan karyawan 4. memperlakukan karyawan tidak sebagai buruh, tetapi sebagai rekan kerja 5. berusaha menyelami pribadi karyawan secara kekeluargaan 6. Pergi rekreasi bersama seluruh anggota perusahaan untuk mempererat tali persaudaraan dalam tim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara Bernadus Gosal bahwa loyalitas seorang karyawan merupakan aspek tertinggi yang paling sulit untuk dipertahankan di dalam organisasi.

      Hapus
  32. 1. Menurut saya, ketiga bentuk kinerja tersebut sama-sama penting dan memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi hal yang paling penting adalah loyalitas dari sebuah karyawan, karena jika seorang karyawan memiliki loyalitas yang tinggi maka karyawan tersebut akan lebih termotivasi lagi dalam bekerja. Produktivitas dan inovasi akan dengan sendirinya mengikuti kinerja karyawan yang memiliki loyalitas tinggi tersebut, contohnya seperti seorang karyawan yang sudah bekerja lama di suatu perusahaan, kinerjanya akan semakin meningkat dan akan muncul ide-ide baru untuk memajukan perusahaan tersebut.

    2. Yang akan saya lakukakan agar karyawan saya memiliki bentuk kinerja loyalitas adalah pertama saya akan membuat karyawan saya merasa nyaman bekerja di perusahaan saya dan juga memberikan perhatian yang cukup terhadap para karyawan, tidak hanya itu, saya juga akan memberikan motivasi kepada setiap karyawan agar kinerja mereka semakin meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanggapi pernyataan anda nomor 2, saya ingin bertanya rasa nyaman dan perhatian seperti apa yg akan anda buat kpd karyawan anda?

      Hapus
    2. Menanggapai pertanyaan saudari novi, contohnya seperti memberikan asuransi kepada karyawan, memberikan THR pada hari raya, dan juga sesekali mengajak para karyawan untuk berekreasi.

      Hapus
  33. Sebelumnya saya memiliki pemikiran serta pendapat yang sama atas pernyataan teman-teman di atas komentar saya.

    1. Menurut saya dari 3 bentuk kinerja individual yang paling penting dimiliki oleh seorang pekerja adalah Loyalitas. Melalui loyalitas yang tinggi seorang pekerja mampu memberikan yang terbaik untuk perusahaan dan dengan demikian seorang pekerja tersebut mampu meningkatkan produktivitasnya sebagai pekerja dan terdorong untuk berinovasi bagi perkembangan perusahaan.

    2. Jika saya menjadi seorang manajer SDM hal yang akan saya lakukan untuk membangun loyalitas adalah dengan memberikan kompensasi yang tinggi beserta tunjangan-tunjangan bagi karyawan di bawah koordinasi saya. Untuk lebih meningkatkan loyalitas perlu dibuat suatu budaya perusahaan yang di dalamnya ditekankan bahwa nilai utama yang harus diperjuangkan adalah loyalitas kepada perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari Nadya bahwa perusahaan harus menekankan nilai utama dari perusahaan sehingga apa yang dikerjakan oleh karyawan tidak bertolak belakang dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan

      Hapus
  34. 1. ketiga bentuk tersebut sama-sama penting karena saling memiliki hubungan antara satu dengan lainnya. tetapi saya lebih memilih loyalitas karena loyalitas sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan karena ketika karyawan memiliki loyalitas yang tinggi makan motivasi dalam berkerja pun juga tinggi.
    2.yang akan saya lakukan adalah memberikan perhatian kepada para sdm apa yang menjadi kewajiban para sdm dan juga hak para sdm sehingga sdm tetap memiliki rasa nyaman dalam bekerja didalam perusahaan

    BalasHapus
  35. 1. Menurut saya yg penting adalah inovasi. Mengapa? Karena jika kita ingin meningkatkan pendapatan perusahaan, maka diperlukan juga inovasi. Namun ketiganya yaitu produktivitas, inovasi, dan loyalitas tidak dapat dipisahkan. Misalnya teknologi yg semakin berkembang, yaitu handpone, handpone yg dulunya hanya dimanfaatkan untuk memberi kabar(telepon&sms) kini lebih banyak fungsinya atau bahkan disalahgunakan kegunaannya. Dengan berkembangnya handpone tsb, maka pendapatan perusahaan tsb akan meningkat dan perusahaan itu pun semakin diketahui banyak orang.
    2. Tentunya saya akan mengetahui dahulu apa yg sedang dibutuhkan dan diminati orang. Setelah saya mengetahui, saya akan merundingkan kepada karyawan2 saya dan juga mengajak para karyawan untuk memberikan ide idenya mereka agar mereka pun merasa dihargai dan tidak memandang jabatan.

    BalasHapus
  36. 1. Menurut saya dari 3 hal tersebut saya akan memilih inovasi, karena dengan inovasi, perusahaan akan terus berkembang dan menciptakan ide-ide baru. Dengan begitu produktivitas karyawan juga ikut meningkat dan akan muncul kreatifitas yang lebih baik lagi. Dan akan muncul juga strategi-strategi yang bagus untuk kemajuan perusahaan.
    2. Sebuah inovasi akan muncul bila pemikiran karyawan selalu positif, maka yang saya akan lakukan adalah memberikan pelatihan secara rutin agar ketrampilan para karyawan tetap terasah, memberikan motivasi pada para karyawan, memberikan liburan atau rekreasi agar pikiran para karyawan tetap fresh.

    BalasHapus
  37. 1. menurut pendapat saya ketiga aspek tersebut sangatlah penting dan saling berkaian, akan tetapi saya akan memilih loyalitas sebagai aspek yang paling penting. Karena loyalitas menunjukan sebuah sikap kesetiaan dan keberpihakan kepada perusahaan, apabila karyawan memiliki sikap loyalitas tersebut maka kedua aspek di atas pun akan terpenuhi.
    2. Yang akan saya lakukan agar karyawan dapat memiliki bentuk kinerja yang loyalitas adalah karyawan yang memenuhi 3 konsep loyalitas :
    a. Loyal kepada perusahaan
    Loyalitas yang dimaksud adalah karyawan akan terus bekerja diperusahaan dengan kondisi apapun dan tidak pindah pekerjaan ke competitor perusahaan lain
    b. Loyal kepada pekerjaan
    Loyalitas yang dimaksud adalah karyawan yang gigih dalam mengerjakan pekerjaannya dan karyawan seperti ini adalah aset berharga bagi perusahaan .
    c. Loyal kepada visi, misi, dan tujuan perusahaan
    Loyalitas yang dimaksud adalah karyawan harus memahami sepenuhnya apa tujuan dari perusahaan sehingga apa yang dikerjakan akan sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

    BalasHapus
  38. 1.Menurut saya dari 3 bentuk kinerja individual tersebut yang penting yaitu inovasi, Mengapa? Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang merupakan lama bagi orang lain dalam konteks lain). Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah
    atau menciptakan nilai-nilai manfaat(social/ekonomik). Untuk menghasilkan perilaku inofatif seseorang harus melihat inovasi secara mendasar sebagai proses yang dapat dikelola. Inovasi dibutuhkan agar kinerja karyawan selalu relevan bagi perusahaan.
    2.Yang akan saya lakukan agar individu di bawah koordinasi saya dapat berinovasi dalam pekerjaannya yaitu langkah pertamanya adalah dengan menempatkan karyawan yang tepat di posisi yang tepat. Di samping itu, saya juga perlu menciptakan lingkungan kerja yang merangkul konsep keragaman. Ketika saya telah memiliki karyawan-karyawan yang beragam, beri mereka ruang untuk mengembangkan kreativitas. Kemudian berikan toleransi terhadap karyawan-karyawan saya jika melakukan kesalahan.

    BalasHapus
  39. 1.menurut saya, dari ketiga 3 devinisi diatas sangat berhubungan namun yang paling penting dari 3 devinisi tersebut adalah loyalitas dan inovasi, dimana para hrd harus memiliki tanggung jawab yang besar untuk seluruh bagian pada suatu perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya dan harus mempunyai wawasan yang luas. sehingga hrd juga harus bisa memimpin beberapa unit di bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa sektor yang dipegangnya dan juga harus memiliki .
    2. tetapi saya lebih memilih ke inovasi, karena inovasi harus bisa memahami identitas dan khususnya karakter dari bawahanya,misalnya kemampuan komunikasinya,keagresifan dalam bertanya,kadar emosi bawahanya,dan pengetahuan tentang suatu masalah,hal ini menjadi penting karena untuk memperkecil kesalahpahaman informasi ketika akan mendengarkan dan merespon usulan atau apresiasi yang disampaikan oleh bawahanya.

    BalasHapus
  40. 1. Yang paling penting menurut saya adalah loyalitas. Karena menurut saya jika karyawan memiliki loyalitas terhadap perusahaan maka dia akan bekerja keras untuk membangun perusahaan itu dengan baik, Karena kesetiaan akan perusahaan atau pekerjaan tersebut. 

    2. Yang saya lakukan agar karyawan memiliki loyalitas yaitu dengan memberikan lingkungan kerja yang baik, nyaman dan menyenangkan kepada karyawan. Dan juga memberikan motivasi untuk membangun kepercayaan diri karyawan. Dan juga yang terpenting membangun hubungan sesama karyawan yang baik agar karyawan betah akan tempat pekerjaan dan lingkungan kerjanya.

    BalasHapus