Sabtu, 28 Januari 2017

Prioritas Kebijakan MSDM



Bahan Bacaan:

Maxwell, Gillian & Lois Farquharson. 2008. Senior managers’ perception of the practice of human resource management. Employee Relations, Vol.30. No. 3: 304-322

Maxwell & Farquharson (2008) melakukan survey dengan mewawancarai para manajer senior di Inggris untuk menyelidiki persepsi manajer senior tentang praktek MSDM.
Salah satu temuan dalam penelitian tersebut adalah kepemimpinan dan manajemen kinerja merupakan prioritas dalam kebijakan-kebijakan terkait pengelolaan sumber daya manusia suatu organisasi.

Bahan Diskusi:


  1. Menurut Saudara, mengapa  kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM?
  2. Andai Saudara seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar, apa yang akan Saudara lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi Saudara tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas?

 Selamat Berdiskusi dan Selamat Tahun Baru Imlek 2568 bagi yang merayakannya...

109 komentar:

  1. 1. Menurut Saya , Memang benar bahwa "Kepemimpinan" dan "Manajemen Kinerja" menjadi prioritas dalam kebijakan, Hal itu didasari karena kepemimpinan dalam organisasi sangat penting untuk mengeloia Sumber Daya Manusia di suatu organisasi, sebab dalam keterampilan kepemimpinan yang baik dan efektif dapat membangun, mendorong dan membuat budaya dalam perusahaan yang kuat dan akhirnya mencapai kesuksesan. Aspek penting Kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk menggerakkan SDM-nya mencapai tujuan organisasi.
    Kepemimpinan dan juga manajemen kinerja merupakan 2 hal yang saling berhubungan dimana dalam manajemen kinerja mencakup kegiatan-kegiatan yang memastikan bahwa tujuan-tujuan secara konsisten dicapai dengan cara yang efektif dan efisien. Manajemen kinerja dapat berfokus pada kinerja organisasi, departemen-departemen, karyawan, atau bahkan proses untuk membangun sebuah produk atau layanan, dsb. Maka dari itu Membangun kepercayaan terhadap kepemimpinan adalah tugas dan tanggung jawab pemimpin. Tanpa adanya kepercayaan, produktivitas bisa melemah, peluang-peluang pengembangan dan perbaikan terlewatkan dan kinerja juga manjadi merosot.

    2. Jika seandainya saya adalah seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar yang akan saya lakukan adalah membentuk serta melaksanakan sistem pengelolaan SDM menjadi terintegrasi dengan baik ,dan yang tidak kalah penting melibatkan kepemimpinan yang baik dan efektif serta manajemen kinerja yang terintegrasi yang nantinya tata kelola SDM di organisasi bisa terorganisir,jelas dan termaksimalkan dengan baik. Sebab tugas inti manajer SDM adalah untuk memastikan bahwa bagian SDM yang berada dibawah kepemimpinannya bekerja maksimal dan penuh tanggung jawab dalam memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Dan semua itu nantinya akan membentuk budaya yang baik di suatu perusahaan dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat idho karena kepemimpinan dalam pengelolaan SDM diorganisasi sangat dibutuhkan untuk membangun organisasi yang lebih baik dan efektif

      Hapus
    2. saya sependapat dengan Idho bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja sangat penting dan harus diprioritaskan karena keduanya saling berkaitan satu sama lain untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusianya dalam mencapai tujuan bersama organisasi.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara idho karena dengan adanya lingkungan perusahaan yang sudah teroganisir dengan baik maka para SDM pun akan termotivasi untuk selalu berkembang kearah yang lebih baik pula

      Hapus
    4. Terimakasih saudara Marten dan juga saudari Priscilla juga Dwi rustiana saya mengapresiasi sekali memang kita harus memebntuk pengelolaan SDM yang baik, terorganisir dan terintegrasi melalui kepemimpinan dan manajemen kinerja yang baik yang nantinya akan meningkatkan kinerja SDM dalam mencapai tujuan organisasi.

      Hapus
    5. saya sependapat dengan Idho benar yang dikatakan bahwa Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja merupakan 2 hal yang saling berkaitan dalam mencapai tujuan organisasi dan membangun kepercayaan itu sangat diperlukan dalam Kepemimpinan.

      Hapus
    6. Saya setuju dengan idho karena dalam kepemimpinandan manajemen kinerja saling berkaitan dalam memajukan suatu perusahaan dalam pencapaian tujuan baik visi dan misi perusahaan

      Hapus
  2. 1. Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM, karena kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam kebijakan MSDM untuk melatih Sumber Daya Manusia baru untuk lebih berkompeten dan siap bersaing dalam bidangnya. Kepemimpinan juga dibutuhkan untuk perencanaan, Pengawasan, pengambilan keputusan, dan juga memberikan motivasi kepada SDM untuk mencapai target yang dibutuhkan. Dan juga manjemen kinerja juga diperlukan untuk memastikan bahwa sasaran organisasi telah dicapai secara konsisten dalam cara-cara yang efektif dan efisien.

    2. Jika saya seorang manajer SDM dalam organisasi besar yang saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas yaitu dengan cara membimbing, memberikan petunjuk dan melatih SDM agar mampu bersaing dan mampu memenuhi target yang diinginkan secara konsisten. Dan juga mengatur kinerja organisasi dengan lebih terstruktur dan juga selalu mengevaluasi kinerja organisasi apakah sudah efektif dan efisien belum untuk mencapai target secara konsisten. Jika hal ini berhasil maka dapat dilihat bahwa kepemimpinan dan manajeman kinerja sudah menjadi prioritas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara Marten. Karena pada kenyataanya kepemimpinan dan juga manajemen kinerja sangat dibutuhkan dalam menentukan kebijakan MSDM. Karena sikap kepemimpinan dan manajemen kinerja harus terdapat dalam diri seorang pemimpin jika pemimpin tidak memiliki sikap kepemimpinan dan manajemen kinerja maka SDMnya akan berantakan dan perusahaan tidak akan berkembang.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara marten karena dengan membimbing dan melatih SDM maka SDM itu sendiri akan berkembang dan semakin terampil dalam bekerja

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat martin karena karyawan dapat berkembang dengan berbagai pelatihan yang dilakukan karyawan dan perkembangan karyawan kearah positif juga berdampak kepada kemajuan perusahaan

      Hapus
  3. 1. Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan memiliki nilai yang penting dalam MSDM seperti pengambilan keputusan, pemilihan strategi dan juga dalam kepemimpinan memiliki peran penting dalam mengelola MSDM agar dapat di tempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya dan juga seorang pemimpin harus dapat memotivasi MSDMnya agar mereka dapat lebih bersemangat dalam memenuhi target perusahaan. Manajemen kinerja juga sangat penting karena manajemen kinerja diperlukan dalam hal kita menjalankan suatu pekerjaan agar maksimal dan tidak berantakan.Tujuannya agar dapat memenuhi target perusahaan semaksimal mungkin.jadi kepemimpinan dengan manajemen kinerja merupakan 2 hal yg saling berhubungan dan sangat penting dalam menentukan kebijakan MSDM.






    2. Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam organisasi besar yang saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas yaitu dengan cara memberikan pelatihan, memberikan cara dan juga selalu melihat perkembangan SDM dan saya akan menempatkan SDM sesuai dengan bakat mereka dan mengembangkan bakat mereka. Saya juga akan melakukan evaluasi agar dapat mengetahui cara mereka bekerja sudah efisien atau belum. Jika SDM dapat memenuhi bahkan melebihi target perusahaan maka dapat disimpulkan bahwa memang manajemen kinerja dan kepemimpinan sangat penting dan menjadi prioritas yang utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Daniel. Karena Kepemimpinan dan manajemen kinerja harus menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM agar kegiatan di organisasi dapat berjalan sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang diharapkan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan poin pertama pernyataan dari saudara Daniel bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan memiliki nilai yang penting dalam MSDM seperti pengambilan keputusan, pemilihan strategi dan juga menentukan kebijakan MSDM.
      Nah untuk poin kedua saya ingin bertanya apa yang dimaksud dengan pernyataan “Jika SDM dapat memenuhi bahkan melebihi target perusahaan” , tolong jelaskan pada aspek apa dan bagaimana kaitannya dengan kepemimpinan dan manajemen kinerja ?
      Terimakasih

      Hapus
    3. Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan saudara idho. Maksud saya dari point kedua adalah jika SDM kinerjanya baik maka hasil produksinya baik otomatis hal ini akan berdampak baik bagi perusahaan dan target perusahaan dapat terpenuhi. Kaitannya kepemimpinan dengan manajemen kinerja menurut saya kepemimpinan itu sangat perlu agar kita dapat menentukan kebijakan yang kita ambil saat perusahaan mengalami sebuah masalah. Dan sikap manajemen kinerja di perlukan agar dapat membuat hasil kerja kita menjadi maksimal. Jadi setelah adanya kepemimpinan kita juga perlu adanya manajemen kinerja,misalnya setelah kita menentukan kebijakan maka kita perlu menjalankan kebijakan tersebut maka di perlukan manajemen kinerja agar hasilnya dapat maksimal.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat saudara Daniel. Karena Kepemimpinan dan manajemen kinerja harus menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM. Agar perushaan dapat mendapatkan hasil yang maksimal

      Hapus
  4. 1.Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena Keberhasilan seorang pemimpin sangat ditentukan oleh kecakapan mereka didalam saling kerjasama, dan berkomunikasi secara tepat dengan orang lain dan Kepemimpinan adalah suatu proses interaksi dinamis atau kerjasama antara seseorang dengan orang lain atau lingkungan kerja.Umumnya organisasi berkinerja tinggi memiliki kamus kompetensi dan menerapkan kompetensi tersebut kepada hal-hal penting, seperti manajemen kinerja ,kompetensi tersebut setidaknya mencakup 3 (tiga) hal, yaitu kompetensi inti organsiasi, kompetensi perilaku, serta kompetensi teknikal yang spesifik terhadap pekerjaan. Jika kompetensi ini sudah dibakukan di dalam organisasi, maka kegiatan manajemen SDM akan menjadi lebih transparan, dan pimpinan organisasi juga dengan mudah mengetahui kompetensi apa saja yang perlu diperbaiki untuk membawa organisasi menjadi berkinerja tinggi.

    2.Jika saya seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar yang harus saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah dengan menyesuaikan tujuan organisasi dengan tujuan tim dan individu, memperbaiki kinerja, memotivasi pekerja, meningkatkan komitmen, mendukung nilai-nilai inti, memperbaiki proses pelatihan dan pengembangan, meningkatkan dasar ketrampilan, mengusahakan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan, mengusahakan basis perencanaan karier, membantu menahan pekerja terampil agar tidak pindah, mendukung inisiatif kualitas total dan pelayanan pelanggan, mendukung program perubahan budaya. Selain itu mengelola sumberdaya yang berorientasi pada kinerja yang melakukan proses komunikasi secara terbuka dan berkelanjutan dengan menciptakan visi bersama dan pendekatan strategis serta terpadu sebagai kekuatan pendorong untuk mencapai tujuan organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh nandia karena kedua dari hal yang disampaikan sangat diperlukan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing dengan SDM lainya

      Hapus
    2. saya sependapat dengan saudari Nandia karena menurut saya, memotivasi para SDM sangatlah penting guna meningkatkan minat mereka dalam bekerja.

      Hapus
    3. saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh nandia karena intinya yaitu sebagai kehadiran pemimpin sangat diperlukan untuk meninjau bagaimana keadaan organisasinya saat itu dan juga praktek secara langsung dengan melalui komunikasi secara langsung sangat efektif agar apa yang akan ingin dicapai dapat dilakukan bagi semua pihak yang bekerja untuk organisasi tersebut

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudari nandia bahwa cara untuk menunjukkan prioritas akan kepemimpinan dan manajemen kinerja yaitu dengan kerja sama dan juga peka terhadap perusahaan dan karyawan itu sendiri, agar semua yang sudah dijabarkan bisa memunculkan prioritas kepemimpinan dan manajemen kinerja yang sesungguhnya menjadi tolak ukur perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat Nandia, memotivasi para karyawan sangat dibutuhkan, dan pemimpin juga harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi karyawan seperti pelatihan, pengembangan kualitas SDM, dan sebagainya agar para karyawan merasa dihargai dan dapat bekerja secara efektif dan efisien.

      Hapus
    6. Saya setuju dengan pendapat nandia memotivasi para karyawan, memberi penghargaan, pelatihan dan pengembangan kualitas karyawan pada perusahaan agar perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien
      Serta kepemimpinan dan manajemen sangat d perlukan oleh perusahaan agar perusahaan dapat maju dan berkembang

      Hapus
    7. saya sependapat dengan saudara nandia. karena keberhasilan pemimpin adalah kunci utama dalam keberhasilan suatu tim, organisasi, ataupun diri individi itu sendiri. selain itu untuk pendapat nandia yang mengenai 3 kompetensi itu saya juga setuju karena ketransparan dalam tersebut harus dimiliki karena kita kedepannya dapat memperbaik kesalahan-kesalah apa yang telah terjadi dalam tim, organisasi, maupun individu agar dapat memperthankan keberlangsungan Organisasi tersebut.
      Terimakasih

      Hapus
  5. 1. kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam MSDM karena dalam hal kepemimpinan seorang pemimpin harus mampu menjadi orang yang mampu memimpin dan juga memberikan pelatihan memberi bimbingan serta memberikan motivasi supaya SDM tersebut dapat menjadi SDM yang berkualitas. Dan dalam manajemen kinerja digunakan untuk mengevaluasi kembali apakah SDM yang telah kita beri pelatihan mempunyai kualitas yang baik.

    2. Bila saya menjadi manajer SDM yang besar dan diharuskan menunjukan kepemimpinan serta manajemen kinerja ialah yang pertama dalam segi kepemimpinan saya akan menunjukan sisi kepemimpinan dulu lalu memberikan pelatihan bagaimana menjadi SDM yang berkualitas dan setelah itu saya memotivasi dan membimbing seorang SDM supaya SDM tersebut dapat menjadi SDM yang berkualitas dan dari sisi manajemen kinerja saya akan memberikan evaluasi kinerja dari SDM tersebut apakah SDM yang telah saya pimpin apakah hasil yang dicapai berhasil atau masih kurang apabila kurang maka SDM tersebut diberikan pelatihan lagi supaya SDM tersebut dapat menjadi SDM yang berkualitas serta SDM tersebut dapat bersaing dengan SDM lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik diberikan seleksi agar sudah memiliki keterampilan kerja dan tidak susah untuk memberikan pelatihan lagi.

      Hapus
    2. Pendapat saudara Andi hampir sama dengan pendapat saya. Namun, saya kurang setuju dengan melatih kembali SDM yang tidak dapat menghasilkan kemajuan bagi perusahaan karena hal tersebut akan menambah beban perusahaan. Sebaiknya SDM tersebut mulai diberi SP(surat peringatan) agar mengintrospeksi diri sendiri dan menjadi lebih baik tanpa melalui pelatihan tambahan.

      Hapus
    3. Terima kasih atas masukannya saya menghargai pendapat saudara sekalian

      Hapus
    4. Pendapat saudara Andi hampir sma dengan pendapat saya akan tetapi menurut saya memang dalam suatu perencanaan tidak dapat kita selalu menuntut agar semuanya berjalan seperti rencana akan tetapi bukan karna seseorang sering mengijuti pelatihan dan lain-lain tidak dapat menjadi tolak ukur suatu keberhasilan dalam perencanaan n apabila mulai melenceng dari perencanaan kita sebaiknya mengadakan evaluasi agar kita dapat membenahi mana yang kurang agar hasil dapat sesuai dengan perencanaan awal

      Hapus
  6. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena seorang pemimpin dalam sebuah usaha harus mampu mempengaruhi dan memberikan contoh kepada para sumber daya manusianya dalam upaya mencapai suatu tujuan tertentu. Keberhasilan seorang pemimpin sangat ditentukan oleh kecakapan mereka dalam mengatur dan mengarahkan para sumber daya manusianya. Manajemen kinerja merupakan hal yang penting pula guna mengatur dan mengelola kinerja.

    2. Jika seandainya saya adalah seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar yang akan saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah dengan cara memberi sekaligus menjadi contoh bagi para SDM agar kepemimpinan saya berhasil dan tidak hanya mengatur-ngatur SDM, mengelola serta mengatur para SDM pun disiplin dan memahami aturan main dan bagaimana kinerjanya agar mereka pula termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari dosi karena tidak hanya dengan mengatur dan memberi arahan tetapi kita juga perlu memberikan contoh yang baik agar menjadi teladan ataupun panutan dalam bekerja.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda bahwa pemimpin sebagai panutan untuk karyawan lainnya agar menjadi lebih baik lagi agar tujuan dapat tercapai

      Hapus
  7. 1. Kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena peran pemimpin di dalam mengatur sebuah organisasi sangat penting untuk memberikan pengarahan dan pelatihan bagi para sumber daya manusia untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, semangat akan pekerjaannya, dan bekerja keras. Maka dari itu perlu diberikan berbagai media seperti komunikasi secara langsung, tinjauan pekerjaan yang akan berikan, kebijakan yang jelas, serta peraturan yang tegas dan dapat dipatuhi. Manajemen kinerja berperan dalam bagaimana kerja tim di dalam sebuah organisasi apakah solid dan bisa bekerjasama satu sama lain atau tidak dengan menerapkan tujuan akhir dari sebuah pekerjaan apa yang ingin dicapai atau ditargetkan

    2. Jika seandainya saya berada di posisi sebagai manajer SDM, yang akan saya lakukan adalah saya ingin meninjau apakah target yang ingin saya capai sesuai dengan tujuan awal saya dalam membangun sebuah organisasi supaya tenaga kerja yang telah bekerja dengan saya di organiasi dapat mengetahui harapan untuk ke depan bagi organisasi ini akan menjadi seperti apa nantinya maka dari itu perlu dilakukan revisi dengan melihat apakah sudah sesuai apa belum dengan apa yang saya lakukan selama ini. Sebab itulah kepepimpinan menjadi prioritas dengan melakukan berbagai revisi untuk menjadikan organisasi menjadi yang lebih baik dengan memberikan berbagai perubahan dan kebijakan. Selain itu tidak lupa bahwa manajemen kinerja berperan dalam memantau kinerja para karyawan yang telah bekerja apakah sesuai dengan pekerjaanya atau bidangnya karena di dalam pengelolaan SDM perlu adanya berbagai kriteria yang harus dipenuhi dalam melakukan seleksi karyawan yang akan masuk dan bekerja di dalam organisasi dengan melakukan wawancara langsung secara personal, test tertulis maupun test lisan seputar dunia pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara albert karena kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena peran pemimpin di dalam mengatur sebuah organisasi sangat penting untuk memberikan pengarahan dan pelatihan bagi para sumber daya manusia untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, semangat akan pekerjaannya, dan bekerja keras.

      Hapus
  8. 1. Menurut saya, dalam manajemen sumberdaya manusia, pemimpin adalah seseorang yang melaksanakan beberapa hal yang benar atau sering disebut “people who do the right thing”. Sementara manajer adalah seseorang yang harus melaksanakan sesuatu secara benar atau disebut “people who do things right”. Dalam konteks Manajemen Sumber Daya Manusis (MSDM) maka seseorang yang bertanggung jawab dalam hal mutu SDM membutuhkan ketrampilan kepemimpinan dan manajemen. Dengan kata lain dibutuhkan adanya kepemimpinan dan manajer sebagai suatu kesatuan dalam organisasi. Dalam hal ini komitmen manajemen dalam melaksanakan MSDM adalah penting tetapi tidaklah cukup. Jadi dibutuhkan suatu elemen manajemen SDM yang disebut dengan kepemimpinan yang dibuktikan nyata dalam pelaksanaan program.

    Kunci sukses sebuah perubahan ada pada sumber daya manusianya yaitu sebagai inisiator dan agen perubahan (agent of change) terus menerus, pembentuk proses serta budaya yang secara bersama meningkatkan kemampuan perubahan organisasi atau perusahaan. Untuk itu sumber daya manusia harus dikelola dengan baik. Inti dari pengelolaan sumber daya manusia adalah bagaimana mengelola kinerja SDM guna mencapai tujuan organisasi yang tergambar dalam rencana strategis organisasi. Salah satu konsep yang sekarang ini mulai diperhitungkan untuk diaplikasikan oleh berbagai perusahaan atau organisasi untuk mengendalikan dan meningkatkan kinerja adalah Sistem Manajemen Kinerja (Performance Management System)
    Manajemen Kinerja mencakup kegiatan-kegiatan yang memastikan bahwa tujuan-tujuan secara konsisten dicapai dengan cara yang efektif dan efisien. Manajemen kinerja dapat berfokus pada kinerja organisasi, departemen, karyawan, atau bahkan proses untuk membangun sebuah produk atau layanan, dan lain sebagainya. Menurut defenisinya, performance management adalah suatu proses strategis dan terpadu yang menunjang keberhasilan organisasi melalui pengembangan performansi human resourcenya. Dalam manajemen kinerja kemampuan SDM sebagai kontributor individu dan bagian dari kelompok dikembangkan melalui proses bersama antara atasan dan bawahan yang lebih berdasarkan kesepakatan dibandingkan instruksi (Manajemen Partisipatif).

    2. Hal yang saya lakukan agar pengelolaan sdm saya terlihat memprioritaskan kepemimpinan dan manajamen kerja adalah dengan membuat pelatihan tentang kepemimpinan dan untuk manjemen kerjanya saya akan membuat sistem yang dengan otomatis memanage kinerja karyawan secara individu.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan Lianti, karena pelatihan tentang kepmimpinan bagi karyawan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan seorang karyawan.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan lianti dan ady karena pelatihan pelatihan sangat bermanfaat bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan maupun wawasan seorang karyawan

      Hapus
  9. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM dikarenakan 2 hal ini sangatlah memiliki peranan besar bagi suatu organisasi. Kepemimpinan yang baik akan mampu menginspriasi dan memotivasi para pekerja untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang mereka miliki bagi kemajuan organisasi. Sedangkan manajemen kinerja yang baik, dapat memastikan produktivitas seorang karyawan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

    2. Jika saya seorang manajer SDM, hal yang akan saya lakukan agar kepemimpinan dan manajemen kinerja tampak pada perusahaan adalah saya akan melakukan kepemimpinan dengan gaya partsipatif dengan melibatkan setiap karyawan dalam mengambil keputusan. Harapannya agar terbentuk budaya partisipatif dilingkungan perusahaan. Dan saya akan menempatkan orang yang tepat dalam posisi yang tepat agar kinerja dan produktivitas mereka dapat maksimal dan menguntungkan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju pendapatnya ady. karena dengan memiliki sifat kepemimpinan maka dapat memotivasi karyawan agar perusahaan menjadi lebih berkembang

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat saudara Ady Wicaksana. Pemimpin harus mampu memberikan motivasi, dorongan, dan menjadi panutan bagi SDM-nya, dengan demikian kinerja perusahaan akan menunjukkan prestasi yang cerah. Ditambah lagi dengan gaya pemimpin yang partisipatif yang mendorong semua pihak untuk bekerjasama dalam tim.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda karena menurut saya pemimpin yang baik itu harus dapat memberi teladan, motifasi, dorongan bagi bawahan ato karyawan lainnya dengan tujuan agar kinerja karyawan lainnya dpat menjadi bagus dan dapat membuat perusahaan maju karena kinerja karyawan karyawan yang bagus

      Hapus
  10. 1.menurut saya sangat penting untuk memiliki kepemimpinan dan manajemen kinerja.
    karena kepemimpinan sangat di butuhkan oleh organisasi dan perusahaan dalam perbaikan mutu perusahaan seperti pengambilan manajemen resiko yang minimal dan pengembangan perusahaan seperti dalam pengambilan kebijakan kerja yang efektif , kualifikasi dan pemilihan sdm yang tepat , dan pemberian penghargaan sebagai motivasi karyawan.dan juga penting untuk memiliki manajemen kinerja sebagai evaluasi secara berkelanjutan agar sasaran yang telah di tetapkan dapat tercapai secara konsisten dan efektif.tentu 2 hal di atas saling berhubungan dan tidak dapat di pisahkan agar perusahaan dan organisasi dapat berkembang sesuai yang di harapkan.

    2.Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam organisasi yang saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas yaitu dengan cara meningkatkan kualifikasi kerja karyawan yang masuk ke perusahaan sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat dan mengevaluasi secara berkelanjutan dengan memberikan kuisioner tentang kinerja perusahaan yang diisi oleh karyawan dan tanggapan mereka terhadap kinerja perusahaan saat ini.

    BalasHapus
  11. 1. Menurut saya, kepemimpinan seseorang merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perusahaan dan begitu juga dengan manajemen kinerja. Kebijakan yang baik dari sebuah perusahaan sangat bergantung dengan kepribadian dan strategi dari pemimpin tersebut. Jika suatu perusahaan memiliki pemimpin yang kurang bijak dalam mengambil keputusan ataupun membuat strategi perusahaan, maka perusahaan bisa jatuh. Seorang pemimpin harus dapat bergerak cepat dan memikirkan strategi selanjutnya dalam persaingan usaha, hal ini juga berkaitan dengan manajemen kinerja. Jika pemimpin perusahaan tersebut dapat memikirkan strategi-strategi yang akan dilakukan selanjutnya secara cepat, maka para karyawan pasti juga akan bergerak cepat sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh pimpinan, selain itu pemimpin yang memiliki kedisiplinan yang baik serta tegas dapat membantu karyawan untuk bekerja lebih efektif dan efisien karena ia memiliki gaya kepemimpinan yang teratur. Selain itu, seorang pemimpin juga bisa mendekatkan diri kepada bawahannya agar pemimpin dapat lebih mengerti bagaimana kinerja para karyawannya dan dapat mendengar pendapat dari bawahannya mengenai masalah apa yang sedang terjadi di perusahaan dan penyelesaiannya.

    2. Jika saya adalah seorang manajer SDM disebuah organisasi besar, maka yang harus saya lakukan yaitu mengembangkan kualitas SDM diorganisasi tersebut dengan cara pelatihan bagi karyawan yang kemampuannya kurang dan memberikan sarana serta prasarana yang dibutuhkan oleh karyawan dalam bekerja maupun operasional perusahaan. Saya juga harus memotivasi para karyawan untuk bekerja lebih giat, efektif, dan efisien. Selain melakukan pelatihan, saya juga harus memberikan hiburan untuk para karyawan misalnya saja rekreasi bersama. Hal ini tidak hanya dapat menghibur para karyawan tetapi juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan para karyawan. Jika para karyawan senang dan merasa dihargai, maka para karyawan akan bekerja dengan suasana hati yang baik dan juga akan menjadi loyal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf tadi ada kesalahan teknis sehingga nama saya tidak muncul.

      Hapus
  12. 1.menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas karena pemimpin memberikan contoh kepad bawahannya untuk memiliki kinerja yang baik dalam perusahaan ,agar kinerja perusahaan dapat meningkat dan perusahaan dapat berkembang dengan cepat dari perusahaan yang lain
    2.jika saya seorang manajer SDM dalam organisasi yang saya lakukan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,dengan mengunakan seleksi untuk memilih calon karyawan agar perusahaan bisa tahu keterampilan kerja karyawan tersebut.
    Melinda Putri Winata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari melinda karena dengan seleksi pula maka karyawan akan mengetahui pula seberapa kemampuan atau kebutuhan yang dimilikinya demi mencapai tujuan perusahaan

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudari melinda dan dwi karena dengan seleksi yang dilakukan kepada karyawan itu akan membuat perusahaan mengetahui seberapa kemampuan yang dimiliki karyawan tersebut demi mencapai tujuan perusahaan

      Hapus
    3. terimakasih atas pendapat dwi rustiana dan dian liem yang mau menanggapi komentar saya

      Hapus
  13. 1. Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja haruslah menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena hal tersebut termasuk dalam proses untuk mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang ada didalam organisasi menuju kearah pencapaian tujuan.

    2. Yang akan saya lakukan jika saya seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar agar dalam pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas ialah dengan menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol dan juga bertanggung jawab atas semua bagian pekerjaan untuk dikoordinasi demi mencapai tujuan. Selain itu juga dengan memotivasi pekerja yang lain dengan memberikan reward seperti bonus ataupun promosi ketika adanya perkembangan dalam bekerja ataupun saat mereka memberikan kinerja yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari agar perusahaan dapat tercapainya tujuan dan memotivasi karyawan agar kinerja perusahaan meningkat

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari Dwi, memberikan reward kepada para pekerja dapat menjadi salah satu motivasi untuk meningkatkan kinerja sdm yang akan mempengaruhi perkembangan perusahaan

      Hapus
  14. 1. Menurut saya, kepemimpinan merupakan prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan mendasari manajemen kinerja yang berkualitas. Kepemimpinan berbicara mengenai bagaimana seseorang mempengaruhi atau memberi contoh kepada para pengikutnya agar tujuan organisasi tercapai. Sebagaimana definisi manajemen kinerja adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, maka menurut pemikiran saya, kepemimpinan merupakan dasar bagi manajemen kinerja. Sehingga, sangat diperlukan untuk mempertimbangkan kepemimpinan yang baik terlebih dahulu dalam menyusun kebijakan MSDM, dengan kepemimpinan yang baik, maka, manajemen kinerja yang baik akan mengikuti dan menuntun organisasi menuju sasaran dengan efektif dan efisien.

    2. Apabila saya adalah seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar dan ingin menampakkan bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas, maka, hal yang pertama kali saya lakukan adalah menjadi pemimpin yang baik itu sendiri agar menjadi contoh bagi para bawahan maupun rekan kerja saya. Sehingga, akan tertanam dan berkembanglah sifat kepemimpinan dalam kepribadian dan perbuatan orang-orang yang terpengaruh oleh diri saya. Apabila sifat dasar kepemimpinan sudah hidup dalam anggota-anggota organisasi, maka, kinerja akan berjalan sebaik mungkin dan tujuan organisasi akan tercapai secara efektif dan efisien. Mungkin sedikit pelatihan/training akan mempermudah penanaman sifat kepemimpinan kepada anggota-anggota organisasi. Saya menyebut kepemimpinan sebagai sifat karena sifat merupakan hal yang mendasari manusia untuk bersikap, sehingga menurut saya, seseorang yang memiliki sifat pemimpin mungkin lebih mempengaruhi daripada yang bersikap sebagai pemimpin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara donny karena pemimpin yang baik itu tak hanya dengan pintar mengorganisir segalanya akan tetapi juga mampu jadi panutan yang baik bagi karyawan lainnya.

      Hapus
    2. Memang benar bahwa kepemimpinan merupakan prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan mendasari manajemen kinerja yang berkualitas dan manajemen kinerja adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien

      Namun yang ingin saya tanyakan apa yang menjadi peranan utama kepemimpinan dan manajemen kinerja sehingga menjadikannya sebagai prioritas dalam kebijakan MSDM ? Dan apakah kedua hal tersebut saling berkaitan ,perihal seperti yang anda sampaikan di poin ke 2 bahwa sifat dasar kepemimpinan sudah hidup dalam anggota-anggota organisasi, maka, kinerja akan berjalan sebaik mungkin dan tujuan organisasi akan tercapai secara efektif dan efisien?
      Terimakasih

      Hapus
    3. Terimakasih atas tanggapan saudari Dwi dan saudara Idho

      Saudara Idho, yang menjadi peranan utama kepemimpinan dan manajemen kinerja bagi organisasi dalam membuat kebijakan MSDM adalah kedua hal tersebut sama-sama mempengaruhi efektivitas dan efisiensi organisasi mencapai tujuan, maka dari itu, kedua hal tersebut menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM

      Yang kedua, ya, kedua hal tersebut saling berkaitan, seperti yang saya katakan dalam komentar saya bahwa manajemen kinerja tidak terlepas dari pengaruh kepemimpinan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

      Hapus
    4. Terimakasih atas tanggapan saudari Dwi dan saudara Idho

      Saudara Idho, yang menjadi peranan utama kepemimpinan dan manajemen kinerja bagi organisasi dalam membuat kebijakan MSDM adalah kedua hal tersebut sama-sama mempengaruhi efektivitas dan efisiensi organisasi mencapai tujuan, maka dari itu, kedua hal tersebut menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM

      Yang kedua, ya, kedua hal tersebut saling berkaitan, seperti yang saya katakan dalam komentar saya bahwa manajemen kinerja tidak terlepas dari pengaruh kepemimpinan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

      Hapus
  15. 1.Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja harus sebagai prioritas utama dalam kebijkan MSDM karena saling berhubungan. Pada dasar nya Kepemimpinan yang memiliki tindakan yang efektif harus dapat membimbing karyawan atau pengikutnya ke arah yang benar dan membantu mereka dalam mencapai tujuan yang diharapkan selain itu Kepemimpinan yang baik harus siap bertangung jawab atas segala keputusan yang telah diambil. Dengan demikian ini akan mempengaruhi dari Manajemen Kinerja untuk memperoleh hasil kinerja yang lebih baik dari organisasi maupun individu. Manajemen kinerja harus dapat menentukan sasaran yang jelas dan terarah serta di dalamnya terdapat dukungan, bimbingan, dan umpan balik agar tercipta peluang terbaik untuk meraih sasaran yang menyertai peningkatan komunikasi antara atasan dan bawahan.

    2.Jika seandainya saya akan menjadi seorang manajer SDM hal yang akan saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah dengan cara menjadi seorang pemimpian yang ideal di mana pemimpin ideal itu harus memiliki sikap yang jujur, dapat di percaya, bertanggung jawab, mengayomi pengikutnya dalam mencapai tujuan dari perusahaan selanjutnya saya baru bisa mengelola kinerja yang telah di lakukan bersama oleh karyawan saya. Karena biasa nya karyawan akan bekerja maksimal jika pemimpinnya memiliki sikap yang ideal dan baik untuk di tiru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari nadya tresnawan, karena seebagai seorang pemimpin harus dapat memotivasi, mengontrol,dan mempengaruhi bawahannya agar dapat mencapai kesuksesan perusahaan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat nadya bahwa seorang pemimpin harus menjadi pemimpin yang ideal agar dapat mengayomi karyawannya dan tujuan dari perusahaan dapat tercapai karena SDM dalam perusahaan baik

      Hapus
  16. 1. Menurut saya, kepemimpinan menjadi hal yang perlu diprioritaskan dalam kebijakan manajemen sumber daya manusia karena seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi karyawannya untuk saling bekerja sama demi mencapai tujuan perusahaan. Apabila pemimpin mampu melakukan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa pemimpin tersebut memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik. Jiwa kepemimpinan tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk bisa melakukan manajemen kinerja yang baik. Manajemen kinerja dibuat agar segala sesuatu yang dilakukan dalam perusahaan dapat tertata dengan baik dan mengurangi resiko kegagalan suatu perusahaan, oleh karena itu dengan adanya pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan baik maka manajemen kinerja juga akan baik dan tentu dengan mudah perusahaan akan mencapai tujuan utamanya karena seluruh SDM bekerja secara teratur dan seluruh rangkaian aktivitas dapat dikerjakan tanpa ada satupun yang terlewatkan sesuai dengan manajemen kinerja yang tela dibuat.
    2. Apabila saya menjadi manajer SDM dalam sebuah organisasi yang besar maka saya akan merekrut dan menyeleksi karyawan yang memiliki bakat dan kemampuan serta menempatkan mereka pada posisi yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Seiring berjalannya waktu saya harus mempengaruhi karyawan-karyawan tersebut untuk mau mencapai tujuan utama perusahaan dengan memberikan komisi kepada mereka yang mencapai atau melebihi target kerja perusahaan, serta mengumumkan karyawan terbaik setiap bulannya agar seluruh karyawan termotivasi untuk bekerja lebih giat. Pelatihan terhadap karyawan juga penting agar kemampuan mereka dapat terasah dan tingkat kinerja merekapun akan semakin tinggi yang akan menyebabkan tercapainya tujuan perusahaan dengan mudah. Saya akan mendengarkan setiap keluhan dari karyawan dan melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah prosedur kerja sudah dijalankan dengan baik atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari Priscilla bahwa dengan adanya pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan baik maka manajemen kinerja juga akan baik dan tentu dengan mudah perusahaan akan mencapai tujuan utamanya karena seluruh SDM bekerja secara teratur dan seluruh rangkaian aktivitas dapat dikerjakan tanpa ada satupun yang terlewatkan

      Hapus
  17. 1.Menurut saya dalam manajemen sumber daya manusia dua hal tersebut yaitu Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja merupakan dua hal yang sangat penting bagi perusahaan. Saya mengatakan demikian karena kepemimpinan merupakan salah satu pilar utama bagi kehidupan perusahaan untuk jangka panjang. Seperti yang kita semua ketahui bahwa pemimpin merupakan seorang ketua atau kepala yang memimpin para sdm nya, menyemangati para sdm, memberikan mereka masukan-masukan yang membangun, dan seorang pemimpin wajib untuk memberikan contoh yang baik kepada seluruh bawahannya. Olehnya, dengan sistem kepemimpinan yang kuat, maka manajemen kinerja pun menjadi sama kuatnya. Suatu manajemen kinerja dilakukan untuk melakukan pengecekan apakah cara kerja pelaku perusahaan sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini penting karena tanpa adanya suatu pengaturan manajemen kinerja tiang pancang perusahan tidak akan kokoh dan mudah tergoyah dengan berbagai resiko di masa depan.

    2. Jika saya adalah seorang Manajer HRM/HRD, yang akan saya lakukan pertama kali untuk perusahaan adalah merombak sistem kepemimpinan tradisional ke bentuk yang lebih menunjukkan kekompakan tim yaitu Kepemimpinan Kolaboratif. Saya yakin sekali dengan sistem kepemimpinan kolaboratif, seluruh anggota perusahaan mampu untuk menunjukkan kemampuan mereka yakni dengan curah gagasan untuk mendapatkan ide" yang berbobot untuk memperpanjang umur perusahaan. Disini saya tidak memakain sistem atasan dan bawahan yang terlalu formil dan cenderung menekan karyawan, melainkan saya menggunakan sistem kekeluargaan dan kerjasama tim. Seiring berjalannya waktu, manajemen kinerja pun akan menunjukkan prestasi yang gemilang karena seluruh pihak yang bekerja di perusahaan saya telah menunjukkan bakat dan potensinya secara maksimal. Untuk itulah Kepemimpinan dan Manajemen kinerja menjadi dua hal yang sangat diprioritaskan.

    BalasHapus
  18. 1. Tentu saja Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM. Karena Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi dan memberi contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan bisa dipraktekkan secara langsung dalam kehidupan nyata dengan cara sang ahli (seorang pemimpin) memberikan pengajaran. Manajemen Kinerja merupakan aktivitas untuk memastikan bahwa sasaran organisasi telah dicapai. Memfokuskan pada pengukuran dan pengelolaan kinerja karyawan, proses pengolahan produk atau layanan apakah bekerja secara efektif dan efisien. Karena kunci utama manajemen adalah mengukur dan mengelola kinerja. Pada penjelasan yang saya berikan terdapat keterkaitan antara Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja yaitu seorang pemimpin dapat mempengaruhi atau tidaknya dapat dilihat dari manajemen kinerja dimana tercapai atau tidaknya tujuan organisasi.

    2. Saya sebagai Manajer SDM saya membuat perencanaan apa saja yang perlu saya berikan kepada karyawan saya (seperti pelatihan, magang, pengetahuan baru bagi karyawan yang kinerjanya sudah baik), melakukan pembagian tugas sesuai dengan kemampuan karyawan agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien. Bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma karna saya sebagai contoh, agar karyawan saya juga memiliki etika yang baik, saya memikirkan konsekuensi sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, dan kecakapan yang saya miliki saya asah lebih dalam lagi, karena seorang pemimpin harus cakap dan tanggap dalam segala sesuatu. Memberikan motivasi pada karyawan agar tidak bekerja dibawah tekanan. Dan yang terakhir saya akan mengukur atau memastikan apakah kinerja karyawan sudah efektif dan efisien, apakah tujuan organisasi telah tercapai dengan konsisten. Dengan begitu tampak Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja yang saya prioritaskan dan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari, karena tugas pemimpin tidak hanya menagatur atau mengelola kegiatan yang ada dalam organisasi, akan tetapi pemimpin juga bertugas untuk memberi contoh kepada karyawannya dalam mewujudkan tujuan organisasi

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat dari saudari nanda, menurut saya pendapat saudari nanda untuk pertanyaan kedua sudah cukup bagus dan lengkap karena disertakan bagaimana saudari nanda mengukur apakah tujuan sudah tercapai secara efektif dan efisien. saya kira jawaban saudari nanda cukup mendetail sehingga setiap orang pasti mudah memahaminya.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dari nanda karena telah memberikan penjelasan secara detail dan terperinci sehingga dapat mengerti bagi yang telah membacanya dan penting sekali untuk menjadikan SDM menjadi yang berkualitas

      Hapus
    4. saya setuju dengan jawaban kedua saudari Nanda bahwa seorang manajer harus bisa membuat perencanaan dengan detail agar bisa menghasilkan SDM yang berkualitas

      Hapus
  19. 1. Menurut saya Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja harus menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM. Pemimpinlah yang bertugas untuk mengarahkan organisasi dan karyawan organisasi tersebut untuk mencapai visi dan misi yang telah direncanakan. Tanpa seorang pemimpin, mungkin saja sebuah organisasi tidak dapat mencapai visi dan misi yang dibuat karena tidak ada yang dapat mengarahkan organisasi tersebut, sehingga organisasi tersebut akan menjadi tidak terorganisir, karena bagian-bagian dalam organisasi itu akan bergerak sendiri dan tanpa tujuan, dan akibatnya visi dan misi yang telah dibuat atau direncanakan sejak awal tidak dapat dicapai. Selain kepemimpinan, manajemen kinerja juga merupakan pilar yang penting dalam kebijakan MSDM. Manajemen kinerja membantu organisasi untuk mengelola kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi tersebut agar visi dan misi organisasi itu dapat tercapai. Selain mengatur kegiatan yang ada dalam organisasi, manajemen kinerja juga membantu organisasi untuk mengembangkan karyawan-karyawan organisasi itu agar karyawan itu bekerja sesuai harapan yang telah ditetapkan organisasi.


    2. Jika saya adalah seorang manajer dalam suatu organsasi yang besar, yang akan saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah saya akan mempengaruhi atau mengajak karyawan saya agar dapat bersama-sama mencapai visi dan misi yang dibuat perusahaan. Selain mempengaruhi, saya juga akan memberikan pelatihan dan motivasi kepada karyawan agar karyawan itu dapat bekerja sesuai standar atau bahkan melebihi standar yang ditetapkan organisasi. Dan jika karyawan itu bekerja sesuai standar atau melebihi standar, maka visi dan misi organisasi dapat dicapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda bahwa peran manajer sebagai pemimpin sangatlah penting untuk mengarahkan karyawan mencapai visi dan misi organisasi. Selain itu seorang pemimpin (manajer) yang baik dapat dijadikan panutan oleh karyawan sehingga dengan demikian karyawan diharapkan dapat bekerja sesuai standar atau bahkan melebihi standar itu sendiri.

      Hapus

  20. 1. Menurut saya, Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja menjadi prioritas utama dalam sebuah organisasi, karena kedua hal tersebut saling berkaitan dan saling mendukung. Kedua hal tersebut sama-sama menjadikan tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien sebagai target utama. Namun, tidak akan terjadi manajemen kinerja yang baik tanpa adanya kepemimpinan yang baik pula, karena pemimpin berperan sebagai panutan anggota lain dalam bertindak dan tugas mereka. Sehingga, apabila pemimpin tersebut tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, maka anggota yang mengikuti pemimpin tersebut dan organisasi yang dibinanya akan tidak terarah dan bahkan menjauhi tujuan utama organisasi. Walaupun, pemimpin tersebut berhasil membawa organisasi dan anggotanya mencapai tujuan, hal tersebut tidak akan efektif dan efisien.

    2. Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam sebuah perusahaan yang besar saya akan memberikan pelatihan tentang kepemimpinan kepada karyawan saya dan juga membimbing mereka agar memiliki mental sebagai seorang pemimpin, tidak hanya itu, saya akan memotivasi setiap karyawan agar kinerja mereka dapat maksimal dan memenuhi target perusahaan. Namun, apabila terdapat penurunan kinerja atau kesalahan yang dilakukan oleh karyawan maka saya akan mengoreksi dan mengarahkan karyawan tersebut untuk memperbaiki kinerja mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda Kepemimpinan dan Manajemen Kinerja merupakan dua hal yang saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain dalam kemajuan suatu perusahaan ato organisasi

      Hapus
  21. 1.Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi hal yang sangat penting dan tak terpisahkan. Ketika seorang manajer dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya untuk memimpin sebuah organisasi atau perusahaan dengan baik dan benar maka hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja MSDM . SDM menjadikan seorang manajer yang memimpin sebagai panutan dalam hal kerja. Seorang manajer yang dapat dengan baik dan benar memperlakukan sdm dapat menjaga retensi karyawan yang dimana hal itu dapat menguntukan bagi perusahaan itu sendiri.
    2.Menurut saya, jika saya seorang manajer dala perusahaan besar maka saya akan menjalankan tugas secara baik dan benar, tidak menyalahi aturan yang ada sehingga sejalan dengan tujuan perusahaan. Sebagai seorang manajer membangun hubungan yang baik , baik itu di dalam perusahaan maupun diluar perusahaan dengan karyawan merupakan salah satu cara yang baik untuk menimbulkan kinerja yang baik dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda karena kepemimpinan dan manajemen kerja menjadi hal yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan perusahaan dan peran pemimpin sangatlah penting karena SDM menjadikan soerang pemimpin sebagai panutan dalam hal bekerja.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam kepemimpinan dan manajemen kerja harus berjalan dengan benar agar perusahaan dapat mencapai target atau tujuan yang diinginkan dan menjadikan orang yang memiliki kinerja yang bagus menjadi panutan bagi karyawan lainnya

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam kepemimpinan dan manajemen kerja harus berjalan bersamaan agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang diingikkan.

      Hapus
  22. 1. Kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena menurut saya keduanya berhubungan langsung satu sama lain dan menentukan masa depan organisasi. Untuk mengelola SDM diperlukan seorang pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan, dalam hal ini adalah manager. Manager bertugas untuk mengarahkan, memotivasi, serta membimbing karyawan agar mencapai tujuan dari sebuah organisasi. Untuk mengetahui apakah tujuan organisasi tersebut sudah tercapai atau belum, maka diperlukanlah manajemen kinerja yang hanya bisa dilakukan oleh pemimpin. Oleh sebab itu kepemimpinan dan manajemen kinerja terhubung satu sama lain dan dikerjakan oleh pemimpin (manager).

    2. Yang akan saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas saya adalah dengan menjadi pemimpin yang baik dalam artian manajer yang mampu mengelola SDM dengan baik, memberikan contoh yang baik pada karyawan, dan tak lupa memberikan pengarahan pada karyawan sehingga tujuan yang ditetapkan oleh organisasi dapat telaksana dan tercapai sesuai dengan rencana organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanggapi pernyataan fransiska apabila menurut anda dengan memberikan pengarahan pada karyawan sehingga tujuan yang ditetapkan oleh organisasi dapat telaksana dan tercapai sesuai dengan rencana organisasi
      Lalu pengarahan seperti apa yang akan anda lakukan apabila anda seorang pemimpin dalam suatu organisasi??? karena sering kali apa yang telah direncanakan tidak sesuai dengan pelaksanaannya di lapangan

      Hapus
    2. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapan anda. Menurut saya, jika saya menjadi manager, yang akan saya lakukan pertama kali untuk mengarahkan karyawan adalah dengan memberikan semacam informasi tentang tugas yang harus mereka kerjakan berikut dengan cara mengerjakannya. Lalu kemudian saya akan memotivasi dan mempengaruhi mereka agar bekerja sesuai dengan tujuan organisasi.

      Hapus
  23. 1.Kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena menurut saya, Manajemen Sumber Daya Manusia didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Manusia merupakan sumber daya yang penting dalam organisasi sekaligus juga sebagai tiang penyangga dalam organisasi, oleh karena itu kita membutuhkan seorang pemimpin dan manajemen kerja untuk menentukan kebijakan SDM,dan mengelola SDM.
    2.Andai Saya seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar, saya akan memilih SDM secara selektif dan efektif untuk mampu bersaing dengan SDM perusahaan lain, serta saya akan membuat sesuatu pengelolaan sumberdaya manusia dengan menentukan kebutuhan pegawai atau karyawan dan tujuan yang dicapai perusahaan, mengembangkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia dan mengadakan observasi dan penelitian sehubungan dengan sumberdaya manusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan fidela karena menurut saya perkembangan dan kemajuan suatu perusahaan semua pasti karena kepemimpinan yang baik sehingga dapat berkontribusi dengan baik antar pekerja

      Hapus
  24. 1. Kepemimpinan dan manajemen kinerja selalu menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena apabila pemimpin suatu perusahaan tidak dapat mempengaruhi SDMnya dan memberi contoh yang baik perusahaan tersebut tidak akan dapat mencapai tujuan organisasinya. Karena tidak semua orang terlahir untuk ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Sehingga suatu kepemimpinan sangat perlu diprioritaskan dalam MSDM. Lalu manajemen kinerja juga diprioritaskan karena untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Seperti tujuan-tujuan, sasaran, dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.
    2.Jika saya menjadi manajer SDM dalam organisasi besar saya akan membuat test/training setiap tahunnya. Agar mengetahui kinerja SDM yang ada diperusahaan. Saya juga akan melakukan pengorbanan dengan cara memecat seorang SDM apabila tidak lulus dalam kualifikasi dengan SDM yang ada. Karena bila tidak membuat test seperti itu perusahaan tidak dapat mampu bersaing dengan perusahaan lain apabila memiliki SDM yang rendah. Jika memperketat pada saat interview juga sangat sulit karena selembar ijazah tidak menentukkan suatu kinerja suatu SDM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara. Memang benar, jika kita seorang manajer pada zaman sekarang ini kita harus sedikit bertindak "lebih berani" terhadap para pekerja bawahan kita. Demi mendapatkan SDM yang benar-benar berkualitas dan mampu berkontribusi bagi perusahaan, maka kita perlu mengadakan test kerja, dan kita juga harus berani mengambil sikap untuk menolak mereka, jika tidak lulus memenuhi kriteria standar yang disyaratkan. Sebab, dengan hal ini kita baru dapat benar-benar melihat secara langsung apakah SDM tersebut kompeten atau tidak. Pada zaman sekarang, ijazah sudah tidak dapat menjadi jaminan lagi bahwa SDM tersebut berkualitas. Melihat ada banyaknya kasus ijazah palsu yang sudah tidak asing lagi di mata kita.

      Hapus
    2. Menanggapi komentar saudara iko disini. Apakah anda sudah memikirkan test/training seperti apa yang akan anda adakan dan apakah. serta apakah kegiatan test/pelatihan ini adalah hal yang bijak berkaitan dengan dana yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

      Hapus
    3. Terima kasih tanggapan dari Alvin Alam.

      Menanggapi saudara Gino.
      Saya akan membuat fast start. Untuk di training selama 3-4 hari. Training tersebut menjelaskan materi tentang organisasi perusahaan. Sudah menjadi tanggung jawab saya bila membuat test/training demi kenyamanan SDM agar bisa bekerja maksimal. Lebih baik uang tersebut dibayarkan untuk test/training dari pada memberi gaji pada karyawan yang tidak sesuai kinerjanya

      Hapus
    4. Terima kasih atas jawaban saudara yang memuaskan saya setuju.

      Hapus
  25. 1. Menurut saya, kepemimpinan menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena sebagaimana kita tahu bahwa pada dasarnya pihak yang memiliki kontribusi terbesar dalam mengarahkan proses dan mengusahakan keberhasilan pada suatu aspek di dalam suatu organisasi adalah mereka para pemimpin itu sendiri. Seorang pemimpin yang baik dapat mengatur segala yang menjadi kewenangan di bawahnya dengan baik pula dan dengan cara yang benar, sehingga diharapkan nantinya dapat menghasilkan kualitas hasil yang baik. Begitu pula sama hal nya pada aspek MSDM, mereka para pemimpin cenderung menjadi kunci kesuksesan kinerja MSDM itu sendiri. Maka dari itu, faktor kepemimpinan lah yang sudah sewajar nya menjadi salah satu prioritas dalam kebijakan MSDM. Sedangkan untuk manajemen kinerja, kita tahu bahwa untuk mendapatkan hasil kinerja yang optimal, entah itu di dalam bidang apapun, tak dapat dipungkiri bahwa kita harus menyalurkan seluruh usaha dan fokus kita pada bidang tersebut. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu yang paling utama adalah motivasi dalam bekerja. Kita melihat fakta di luar bahwa kenyataan nya, tidak semua SDM di dalam suatu organisasi memiliki motivasi bekerja yang benar. Berangkat dari hal ini lah, maka diperlukan manajemen kinerja sebagai salah satu prioritas dalam kebijakan MSDM, yang nantinya diharapkan bahwa manajemen kinerja tersebut dapat mengatur dan mengarahkan para SDM untuk dapat bekerja secara optimal.

    2. Pertama, terkait kepemimpinan, sebagai seorang manajer SDM saya akan berusaha menjadi seorang pemimpin yang bersikap dengan benar pada waktu yang tepat. Maksud saya di sini adalah, bahwa saya akan bersikap tegas ketika sedang menjalankan tugas saya sebagai seorang manajer yaitu pada saat jam-jam kerja di kantor. Saya akan bersikap tegas dan mengambil keputusan yang adil dalam setiap hal yang terjadi di dalam perusahaan terkait seluruh bawahan yang menjadi kewenangan saya, terutama terkait dengan hukuman yang sudah tentu harus diberikan dengan tegas terhadap bawahan saya yang melanggar aturan. Akan tetapi, di samping itu, saya juga akan bersikap ramah dan akrab dengan bawahan saya ketika jam-jam istirahat atau ketika di luar waktu bekerja. Saya akan mencoba mendengarkan keluh kesah mereka terkait hal-hal di dalam pekerjaan. Di sini intinya, saya ingin berusaha menjadi seorang manajer yang disegani, bukan seorang manajer yang ditakuti atau sebaliknya dianggap remeh. Kedua, terkait manajemen kinerja, saya akan berusaha mengatur dan menetapkan kebijakan-kebijakan terkait SDM yang berfokus untuk mewujudkan manajemen kinerja dalam setiap aktivitas para pekerja. Misalkan salah satu contohnya, terkait mengenai hal standar aturan jam bekerja, deadline pekerjaan yang harus diselesaikan, dan juga saya akan memberikan bonus bagi mereka para pekerja yang memiliki prestasi dan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan perusahaan, sehingga hal ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu faktor samping yang memperkuat minat dan semangat mereka untuk bekerja secara optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat alvin karena kontribusi terbesar dalam mengarahkan proses dan mengusahakan keberhasilan pada suatu aspek di dalam suatu organisasi adalah mereka para pemimpin dan para pemimpin yang akan membuat ato mandorong perusahaan tersebut maju dan berkembang

      Hapus
  26. 1. Menurut Saya , Memang benar bahwa "Kepemimpinan" dan "Manajemen Kinerja" menjadi prioritas dalam kebijakan, karena kepemimpinan dalam organisasi sangat penting untuk mengeloia Sumber Daya Manusia dalam suatu organisasi, karena apabila seorang pemimpin baik dalam kinerja dan efektif dapat membuat pencapaian kesuksesan lebih mudah. Dan yang terpenting dalam Kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk menggerakkan dan mengorganisasi SDM-nya untuk mencapai tujuan organisasi.
    2. Dengan cara selalu mendengarkan keluh kesah karyawan untuk kenyamanan bersama karena dalam suatu organisasi atau sebuah perusahaan pekerja dapat betah bekerja di perusahaan ato organisasi tersebut karena merasa nyaman dan merasa cocok baik dalam pekerjaan atau aspek yang lainnya

    BalasHapus
  27. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja adalah salah satu hal yang penting dalam kebijakan MSDM karena dengan adanya kepemimpinan dan manajemen kinierja kita dapat menggunakan SDM dengan maksimal.

    2. Apa bila saya menjadi manajer SDM. Saya akan melakukan beberapa cara seperti memberi bonus apa bila pekerja menyelesaikan tugas lebih cepat dan memberikan hasil yang memuaskan untuk saya dan perusahaan, kepemimpinan yang akan saya lakukan adalah dengan memberikan beberapa pelatihan pada SDM baru dan ikut terjun langsung membantu apa bila ada masalah yang benar-benar sulit.

    BalasHapus
  28. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi atau memotivasi orang lain agar dapat mencapai tujuan-tujuan kelompok. Sedangkan manajemen kinerja adalah aktivitas untuk memastikan bahwa sasaran atau tujuan kelompok telah dicapai seacara efektif dan efisien. Seorang pemimpin harus mempunyai sifat kepemimpinan, jika tidak maka sasaran atau tujuan kelompok tidak dapat tercapai. Oleh karena itu kedua hal tersebut dapat menentukan kebijakan MSDM jika SDM yang ada dirasa kurang, dapat diberikan pelatihan-pelatihan atau mencari karyawan lain yang lebih baik.

    2. Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar,yang saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah dengan memimpin, membimbing dan memotivasi para karyawan lain agar dapat mencapi tujuan perusahaan dengan efektif dan efisien. Mengevalusi karyawan juga penting untuk memperbaiki kinerja kedepannya agar lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat melina gunawan, karena kepemimpinan dan manajemen kinerja merupakan 2 aspek penting dalam sebuah organisasi agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan memaksimal kan kinerja dari setiap SDM nya

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat melina, karena sifat kepemimpinan tersebut dapat mempengaruhi kualitas dalam perekrutan Sumber Daya Manusia dalam suatu organasasi untuk mencapai tujuannya.

      Hapus
  29. 1. Menurut saya, kepimimpinan dan manajemen kinerja merupakan dua aspek penting dalam sebuah organisasi, dikarenakan kepemimpinan telah menjadi suatu faktor penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam kehidupan organisasi. suatu organisasi akan berhasil atau bahkan dikatakan gagal sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan. bahwa pemimpinlah yang bertanggung jawab atas kegagalan pelaksanaan suatu pekerjaan, dan juga menjadi faktor utama penentu keberhasilan dari suatu pekerjaan tiap sumber daya manusia nya.
    Sedangkan manajemen kinerja merupakan inti dari pengelolaan sumber daya manusia adalah bagaimana mengelola kinerja SDM guna mencapai tujuan organisasi yang menginginkan keberhasilah. Salah satu konsep yang sekarang ini mulai diperhitungkan untuk diaplikasikan oleh berbagai perusahaan atau organisasi untuk mengendalikan dan meningkatkan kinerja tiap sumber daya manusia nya

    2. Jika seandainya saya menjadi seorang manajer SDM dalam suatu organisasi atau perusahaan, yang akan saya lakukan agar pengelolaan SDM dalam perusahaan saya menjadi terkelola dengan baik dan benar agar terciptanya SDM yang terorganisasi, maka saya akan memberikan pelatihan-pelatihan terhadap SDM saya dan serta melakukan berbagai kegiatan training magang tentang berbagai pekerjaan yang telah di tetapkan pada tiap SDM dalam perusahaan saya. yang diharapkan para SDM tersebut dapat bekerja dengan maksimal dan meminimalisir kesalahan yang akan merugikan organisasi atau perusahaan tersebut. Dan agar tiap SDM dapat memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga organisasi atau perusahaan saya dapat mencapai keberhasilan dan bukannya kegagalan atau kebangkrutan. Dan bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja merupakan sebuah prioritas utama dalam suatu perusahaan atau organisasi yang tidak dipisahakan, dan merupakan aspek penting agar suatu organisasi atau perusahaan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat argo perdana, karena kepemimpinan dan manajemen kinerja adalah 2 aspek yg sangat penting dalam mencapai keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi, dan juga meminimalisir kesalahan yang akan merugikan perusahaan.

      Hapus
  30. 1.kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena dalam suatu organisasi pasti memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai. Dalam hubungannya dengan kepemimpinan, suatu organisasi tentu memiliki pencapaian tujuan. Dimana dalam pencapaian tujuannya dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam berkerja secara efektif dan efisien serta kemampuan dalam penempatan tenaga kerja dalam posisi yang sesuai dengan keahliannya. Sehingga segala yang diarahkan dan ditugaskan dapat mencapai target yang dituju.
    Manajemen Kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena dengan sumber daya manusia yang berkompeten maka seluruh kegiatan dalam organisasi dapat dijalankan dengan baik sehingga sasaran yang dimiliki organisasi dapat tercapai.

    2. Apabila saya seorang manajer SDM agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja adalah prioritas saya akan membantu serta membimbing karyawan dalam mengambil keputusan, menyediakan pelatihan dan pengembangan karyawan agar kemampuan yang dimiliki oleh tiap karyawan dapat terasah menjadi lebih baik, memberikan penilaian sejujurnya atas kinerja karyawan agar terdapat umpan balik sehingga bisa saling membangun dan memperbaiki apabila terdapat kesalahan satu sama lain dan memberikan penghargaan bagi karyawan yang memiliki grafik kinerja yang selalu meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat April karena sebagai seorang pemimpin, tentunya harus memiliki pengetahuan yang baik sehingga dapat memotivasi dan mengarahkan karyawan dalam pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan organisasi.

      Hapus
  31. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan dapat di artikan sebagai suatu proses mempengaruhi atau memberikan contoh yang baik kepada karyawan agar dapat bekerja sama dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah di tetapkan. Sedangkan manajemen kinerja adalah serangkaian aktivitas untuk memastikan bahwa tujuan organisasi telah dicapai secara konsisten dengan menggunakan cara-cara yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, seorang pemimpin akan sangat mempengaruhi kemajuan organisasinya. Seorang pemimpin harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan karyawannya sehingga dapat memberikan arahan dan motivasi yang dapat mendorong karyawan untuk bekerja semaksimal mungkin agar tujuan dan sasaran organisasi dapat tercapai.
    2. Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar, yang akan saya lakukan agar dalam pengelolaan SDM organisasi tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas adalah dengan membangun komunikasi yang baik antara pemimpin dan karyawan sehingga dapat menjelaskan mengenai sasaran dan tujuan yang akan dicapai, menjadi teladan yang dapat dicontoh, memberikan arahan,bimbingan mengenai apa yang harus dikerjakan, pelatihan serta memotivasi karyawan agar tujuan dan sasaran organisasi dapat tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat monica djami, karena 2 aspek tersebut memang penting dalam manajemen sumber daya manusia.

      Hapus
  32. 1. Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi atau memotivasi orang lain agar dapat mencapai tujuan-tujuan kelompok. Sedangkan manajemen kinerja adalah aktivitas untuk memastikan bahwa sasaran atau tujuan kelompok telah dicapai seacara efektif dan efisien. Seorang pemimpin harus mempunyai sifat kepemimpinan, jika tidak maka sasaran atau tujuan kelompok tidak dapat tercapai. Oleh karena itu kedua hal tersebut dapat menentukan kebijakan MSDM jika SDM yang ada dirasa kurang, dapat diberikan pelatihan-pelatihan atau mencari karyawan lain yang lebih baik.
    2. Bila saya menjadi seorang menejer SDM saya akan membuat pelatihan dan pengembangan kinerja karyawan jadi setiap karyawan dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan kinerja ya baik bagi perusahaan dan karyawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jawaban nomor 2 saudara, pelatihan dan pengembangan seperti apa yg akan anda lakukan agar karyawan anda dapat berkembang dg baik dan menghasilkan kinerja yg baik?

      Hapus
  33. 1.Menurut saya, kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas dalam kebijakan MSDM karena kepemimpinan dapat mempengaruhi moral, kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Kemampuan dan ketrampilan kepemimpinan dan motovasi dalam pengarahan adalah faktor penting efektivitas manajer. Bila organisasi dapat mengidentifikasikan kualitas-kualitas yang berhubungan dengan kepemimpinan, kemampuan untuk menyeleksi pemimpin-pemimpin yang efektif akan meningkat, bila organisasi dapat mengidentifikasikan perilaku dan teknik-teknik kepemimpinan efektif organisasi, berbagai perilaku dan teknik tersebut akan dapat dipelajari. Dan dalam manajemen kinerja tersebut berguna sebagai pengevaluasian kembali apakah hal tersebut sudah berjalan dengan baik dan benar.
    2.Jika saya menjadi seorang manajer SDM dalam suatu organisasi besar yang akan saya lakukan agar pengelolaan SDM organisasi saya tampak bahwa kepemimpinan dan manajemen kinerja menjadi prioritas yaitu saya akan menjadi seorang manajer yang dapat mendistribusikan kekuasaanya kepada orang orang kepercayaanya dengan mengangkat orang orang yang tepat untuk menjadi kepala kepala bagian dalam perusahaan, harus bisa memimpin bawahannya agar aktivitas perusahaan berjalan lancar, dapat menjadi contoh atau teladan bagi bawahannya sehingga semua pekerjaan dapat pelaksanaan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan.

    BalasHapus
  34. 1.Menurut saya, kepemimpinan dalam suatu organisasi sangat penting karena untuk mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi. Pemimpinlah yang bertugas untuk mengarahkan organisasi dan karyawan organisasi tersebut untuk mencapai visi dan misi yang telah direncanakan dan juga menjadi faktor utama penentu keberhasilan suatu perusahaan.
    Sedangkan manajemen kinerja harus memiliki daya “juang” yang tinggi yang tidak pernah merasa lelah dalam merencanakan, mengorganisasikan , mengarahkan, dan mengendalikan sumberdaya organisasinya, guna mencapai tujuan organisasi yang menginginkan keberhasilan.

    2.Jika saya menjadi seorang manajer, saya akan memberikan pelatihan-pelatihan terhadap SDM saya dan serta melakukan berbagai kegiatan training, sehingga para SDM tersebut dapat diharapkan bekerja dengan maksimal dan meminimalisir kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Para karyawan kemampuannya juga dapat terasah dengan baik dan memberikan penghargaan bagi karyawan yang mempunyai prestasi yang bagus dalam perusahan.

    BalasHapus
  35. 1. kepemimpinan dan kinerja manajemen sangar diperlukan dan menjadi prioritas utama bagi perusahaan atau organisasi karena hal tersebut dapat membantu perusahaan untuk mengetahui potensi - potensi terbaik yang dimiliki oleh masing - masing individu karyawan bertujuan untuk membuat perusahaan tetap bertahan dengan melakukan seleksi terhadap karyawan untuk mendapatkan potensi yang terbaik.

    2.seandainya saya menjadi manajer dalam sebuah perusahaan saya akan melakukan pelatihan dan seleksi terhadap para SDM bertujuan untuk mengetahui potensi - potensi terbaik yang dimiliki oleh masing - masing karyawan dengan begitu dapat membantu perusahaan tetap bertahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara robert. Karena dengan adanya seleksi karyawan, maka pihak perusahaan dapat mengetahui apakah calon karyawan tersebut telah memenuhi kriteria perusahaan.

      Hapus
  36. 1. Menurut saya, kepemimpinan sangat menjadi prioritas karena jika pemimpinnya dalam suatu organisasi tidak baik maka bagaimana ia bisa mewujudkan visi dan misinya. Serta bagaimana pemimpin tersebut bisa memberikan contoh pada bawahannya/karyawannya. Selain itu pemimpin dan manajemen kinerja juga berhubungan. Mengapa? Karena jika kepemimpinannya dijalankan dengan baik maka manajemen kinerja juga akan tercapai sesuai visi dan misi.
    2. Jika saya seorang manajer dalam organisasi besar, saya akan memberikan pengetahuan sesuai dengan perkembangan jaman. Misalnya saya lebih mengajak karyawan saya untuk mengerjakan sesuatu yg artinya saya ikut mengerjakan sesuatu tersebut(ikut terlibat) bukan yang memerintah. Karena manusia akan lebih senang untuk berinisiatif mengerjakan sendiri atas dasar dorongan hatinya dibandingkan bekerja dengan perintah atau dikejar deadline tanpa memperhatikan kondisi psikolognya. Dengan mengikuti jaman, perkembangan pemikiran manusia juga lebih idealis. Saya akan memberikan bonus/penghargaan kepada karyawan yg berhasil dengan tugasnya. Dan tentunya saya akan mendekatkan diri kepada karyawan karyawan saya melalui kegiatan kegiatan yang sekiranya dapat menunjang kekompakkan antara atasan dan bawahan demi mewujudkan visi dan misi.

    BalasHapus
  37. 1. Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja merupakan prioritas dalam kebijakan MSDM, karena seorang pemimpin harus memiliki karakter yang di butuhkan agar sebagai panutan bagi karyawan dan apabila seorang pemimpin melakukan segala hal yang melanggar ketentuan-ketentuan yang telah ada di perusahaan , maka karyawan-karyawannya pasti akan mengikuti apa yang di lakukan oleh atasan, dan apabila hal tersebut terjadi maka maka kinerja dalam perusahaan akan mempengaruhi perkembangan MSDM di perusahaan dan perusahaan akan kalah bersaing di dunia bisnis, karena tidak ada etika dalam diri karyawan-karyawannya yang menyebabkan karyawan-karyawan ini tidak bekerja dengan maksimal dan perusahaan tidak berjalan dengan baik.
    2. Apabila saya menjadi seorang manajer SDM dalam organisasi besar, saya akan melakukan pelatihan bagi karyawan-karyawan saya yang bertujuan agar kerja karyawan-karyawan tersebut maksimal dan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, selain itu saya juga harus memberikan bonus kepada karyawan yang memiliki kinerja yang baik dalam perusahaan hal tersebut saya lakukan agar kinerja yang di hasilkan akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju atas pendapat saudara tentang memberikan bonus dan pelatihan model pelatihan apa yang anda terapkan

      Hapus
  38. 1. Menurut saya kepemimpinan dan manajemen kinerja merupakan hal prioritas dalam kebijakan SDM. Karena kepemimpinan dan managemen kinerja yang baik dalam suatu perusahaan, maka hal ini akan membawa dampak baik pula terhadap kualitas kinerja perusahaan tersebut. Hal ini disebabkan karena dengan adanya managemen kinerja yang baik, maka pembagian serta penyelesaian kerja menjadi lebih terstruktur sehingga kualitas produk perusahaan pun juga tinggi. Juga dengan adanya gaya kepemimpinan yang baik maka akan berdampak terhadap kepuasan kerja karyawan sehingga hal ini dapat membentuk loyalitas karyawan terhadap suatu perusahaan dan dengan adanya rasa loyalitas ini, maka karyawan akan dengan senang hati menyelesaikan pekerjaannnya.

    2. Jika saya menjadi manager SDM suatu perusahaan, maka hal yang akan saya lakukan adalah
    - memberikan pelatihan kerja pada para karyawan agar mereka dapaat meningkatkan kualitas kerja yang tinggi.
    - memberitahukan pembagian tugas serta tujuan perusahaan yang jelas kepada seluruh karyawan
    -melakukan pengawasan serta evaluasi berkala terhadap kinerja karyawan. Agar dapat mengetahui serta memberikan penanganan yang cepat dan tepat terhadap masalah-masalah kinerja perusahaan yang ada.

    BalasHapus