Kamis, 26 Januari 2017

Harapan terkait Kuliah Etika Bisnis



Pada pertemuan pertama dalam perkuliahan telah diberikan deskripsi mata kuliah Etika Bisnis dan tema-tema yang akan dibahas selama perkuliahan. Hal itu dimaksudkan agar Saudara memperoleh gambaran umum tentang perkuliahan yang akan diikuti.

Berdasarkan gambaran umum tersebut, apa yang ingin Saudara dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini (tentu saja di luar  nilai kelulusan)?
Mengapa Saudara ingin mendapatkan hal tersebut?

Selamat berbagi, silahkan mengomentari sharing rekan yang lain untuk memperjelas serta membantu “memurnikan” motivasi dalam mengikuti perkuliahan ini.

116 komentar:

  1. Menanggapi hal tersebut , Apa yang saya dapatkan dan inginkan setelah menyelesaikan mata kuliah “Etika Bisnis” adalah agar kedepannya saya bias menjadi seorang pengusaha (pebisnis) yang bertanggung jawab atas tujuan dan visi misi dari keberlangsungan berdirinya usaha yang akan saya jalankan. Dan saya harus bias menjadi pebisnis yang memiliki rasa peduli social terhadap sekitar atas profit yang telah saya peroleh , serta yang pasti saya berusaha untuk bias memuaskan keinginan konsumen dan mampu bersaing secara sehat atas dasar perkuliahan Etika bisnis yang sudah saya jalani sebelumnya untuk bisa saya terapkan dan menjunjung nilai-nilai Etika tersebut dalam dunia bisnis yang akan saya hadapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ralat ada salah ketik(Typo)
      untuk kata (bias) diganti dengan kata (bisa) yang berartikan dapat/mampu
      Terimakasih.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan saudara Nadya Tresnawan karena tidak semua bisnis yang tidak mempunyai etika akan berkembang dengan baik, akan lebih baik jika bisnis mampu bersaing secara sehat berdasrkan etika bisnis yang baik

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara Nadya Tresnawan karena setiap bisnis pasti akan berkembang apabila memiliki etika yang benar dan baik serta peduli sosial kepada sekitar.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan apa yang dikatakan saudari Nadya . Karena Etika dalam berbisnis sangatlah penting agar mempererat kerjasama antara satu perusahaan atau lebih, etika tidak hanya untuk antar perusahaan tetapi juga harus terjalin dengan masyarakat sekitar bisnis yang sedang di jalani. Agar dapat menghindari segala bentuk tindak kecurangan dan juga akan meningkatkan keeratan dalam berbisnis.

      Hapus
    5. saya sependapat dengan saudari nadya, karena seorang pebisnis harus memilik etika dalam menjalankan bisnisnya, agar orang-orang yang terlibat atau berhubungan dengannya tidak dirugikan.

      Hapus
  2. Yang ingin saya dapatkan setelah mengikuti matakuliah etika bisnis adalah agar saya dapat menjadi pengusaha yang ideal seperti bijaksana, jujur, bertanggungjawab, berani menangung resiko dalam tiap keputusan yang saya ambil, dapat mengayomi seluruh karyawan yang saya miliki, dan dapat menjadi panutan yang baik bagi seluruh karyawan amaupun mitra kerja demi tercapainya tujuan bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari Jenny Dwi Ana Kristanti , bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang diikuti dengan etika yang baik, dan itu semua perlu dipelajari untuk menjadi pengusaha yang ideal. Tidak sembarangan orang mampu beretika dengan baik, untuk itu kita perlu belajar bagaimana cara beretika yang baik dan dapat kita terapkan dalam usaha kita, dan tentu saja tidak merugikan orang lain.

      Hapus
    2. ralat untuk nama belum di ganti masih unknown Terimaksih.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan kita beretika maka akan tercipta sikap jujur,bijaksana,bertanggung jawab dan berani menanggung resiko dari suatu keputusan yang diambil. Dengan kita beretika dalam bisnis maka kita bisa memberi contoh/panutan yg baik bagi bawahan kita sehingga kita bisa bisa saling bekerja sama dengan baik untuk memperoleh suatu tujuan demi kepentingan bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudari Jenny, bilamana seseorang menjalankan bisnis dengan pintar dan beretika, maka akan banyak orang lain yang mau berpartner kerja dengannya.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat saudara Jenny Dwi Ana Kristanti bahwa etika bisnis dapat meningkatkan kualitas secara langsung ataupun tidak langsung terhadap pribadi bagi seorang pengusaha yang sukses dan dapat menjalin relasi yang baik dengan mitra kerja.

      Hapus
  3. Apa yang saya dapatkan dan inginkan setelah menyelesaikan mata kuliah “Etika Bisnis” adalah saya dapat pengetahuan tetang cara atau aplikasi etika bisnis yang baik serta agar kedepan menjadi pebisnis yang bisa menjalankan dengan jujur dan sesuai dengan etika-etika dalam masyarakart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Yoshua Raharjo dengan menyelesaikan mata kuliah etika bisnis perlu memerlukan pengetahuan untuk memecahkan aplikasi etika bisnis yang baik agar kedepannya menjadi pebisnis yang baik,jujur,sopan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan belajar Etika Bisnis kita dapat mengetahui dan memahami mengenai hal-hal mengenai etika-etika dalam berbisnis sehingga membuat kita menjadi pengusaha yang jujur dan sesuai dengan etika yang ada dimasyarakat.

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan pendapat saudara Yosua Raharjo karena setiap kegiatan bisnis pasti memerlukan etika serta kejujuran dan kita harus dapat mengaplikasikan etika tersebut dengan tepat agar bisnis yang dijalankan akan berkembang.

      Hapus
  4. Yang ingin saya dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini ialah saya dapat menjadi pengusaha yang mampu berkomunikasi secara efektif, bertanggung jawab dan berorientasi pada tujuan. Selain itu juga saya mampu memiliki sebuah bisnis yang memiliki prinsip bisnis yang beretika dimana bisnis yang saya jalankan dapat adil dan tidak tergantung pada kedudukan individu tertentu yang mentaati pula hukum dan juga peraturan yang berlaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Dwi karena pengusaha/bisnis yang baik adalah prinadi yang dapat berkomnunikasi dengan baik antar tim dan juga bertanggung jawab dan juga kembali lagi ke peraturan dan hukum yang berlaku di suatu negara

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Dwi Rustiana karena seorang pengusaha yang komunikatif, bertanggung jawab dan memiliki orientasi pada sebuah tujuan pasti akan membawa usaha tersebut ke arah yang lebih baik.

      Hapus
    3. saya sependapat dengan saudari Dwi karena komunikasi yang efektif sangat diperlukan bagi pengusaha agar bisnisnya sukses.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudari Dwi karena berkomunikasi secara efektif, bertanggung jawab dan berorientasi pada tujuan merupakan etika bisnis yang paling mendasar dan juga menjunjung tinggi prinsip bisnis yang beretika

      Hapus
  5. Jadi saya dapat lebih memahami dan mengerti bagaimana cara ber etika yang baik dalam bisnis, sehingga perusahaan lain yang mau bekerja sama dengan saya tidak kecewa hanya karena tidak adanya etika ketika sedang berbisnis dengan saya.Dan dengan itu juga, kerjasama antar perusahaan akan bertahan lebih lama dan tentunya akan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara jhosua bahwa dunia bisnis saat ini yang diperlukan adalah yang pertama etika selain etika juga bahwa kejujuran juga perlu dilakukan agar mitra kerja merasa nyaman dan tidak merasa tertipu, maka dengan sendirinya perusahaan-perusahaan lain juga ingin melakukan kerja sama.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Jhoshua Steffanus bahwa sangatlah penting untuk mengerti bagaimana cara beretika yang baik dalam berbisnis, salah satunya dalam hal kerjasama. Salain untuk menjaga perasaan orang lain, mempelajari cara beretika yang baik dalam berbisnis juga dapat mencegah terjadinya salah paham dengan orang lain, karena masing-masing budaya atau negara mempunyai etika bisnis yang berbeda-beda.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara Jhoshua Steffanus bahwa etika sangatlah penting dalam kegiatan bisnis, bila salah satu dari perusahaan tersebut memiliki etika yang tidak baik pasti hubungan antar perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama dan dapat menyebabkan persaingan yang tidak sehat tetapi bila memiliki etika yang baik pasti hubungan antar persuahaan tersebut menjadi lebih dekat dan tidak menjatuhkan satu sama lain.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat Jhoshua karena beretika yang baik sangat menguntungkan berbagai pihak dan perilaku kita dapat mencerminkan hubungan yang lebih baik antarsesama pebisnis dari luar perusahaan maupun dari dalam perusahaan.

      Hapus
  6. Dengan belajar “Etika Bisnis” Saya ingin lebih menyadari tentang hal yang Saya anggap baik dan yang tidak baik dalam berbisnis. Saya berharap dapat menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan seseorang ataupun perusahaan serta membangun hubungan bisnis yang baik dengan pihak lain. Karena menurut Saya sukses atau gagalnya suatu bisnis sangat ditentukan oleh etika seseorang dalam berbisnis. Dengan etika bisnis yang baik Kita dapat membangun komunikasi yang lebih baik dan mengembangkan sikap saling percaya antarsesama pebisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Vania Indah bahwa sukses atau gagalnya suatu bisnis sangat ditentukan oleh etika seseorang dalam berbisnis,jika kita mempunyai etika yang baik dan benar maka kita bisa memajukan bisnis kita tanpa menggunakan cara yang negatif dan kita juga dapat membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja sehingga memudahkan kita untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam berbisnis.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapata vania karena kunci dari bisnis adalah beretika yang baik sesuai dengan hukum yang berlaku dan bersikap adil dan juga saling percaya dalam tim agar bisnis berjalan dengan baik

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan Saudari Vania Indah karena sukses atau gagalnya sebuah bisnis sangatlah ditentukan oleh etika yang dimiliki karena dengan etika peluang untuk meraih kesuksesan lebih besar dibandingan dengan yang memiliki etika kurang baik.

      Hapus
  7. Yang ingin saya dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini adalah agar saya dapat berhasil dalam usaha bisnis dengan menegakkan prinsip-prinsip etika bisnis. Karena etika bisnis dapat menjadi pedoman kita untuk melaksanakan pekerjaan dengan dilandasi sikap yang jujur, transparan dan sikap yang profesional. Dan karena berhasil dalam usaha bisnis dengan menghalalkan segala cara tanpa menerapkan etika bisnis untuk memperoleh keuntungan usaha dan memenangkan persaingan, bukanlah hal yang dapat kita banggakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Jessica Sugiono bahwa kita harus menegakkan prinsip beretika bisnis karena dalam setiap kegiatan bisnis tidak harus menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan dengan etika bisnis yang baik pasti kesuksesan dicapai.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan yang telah disampaikan saudari Jessica bahwa etika bisnis dapat menjadi pedoman kita untuk melaksanakan pekerjaan dengan dilandasi sikap yang jujur, transparan dan sikap yang profesional.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudari jessica sugiono bahwa berbisnis diharuskan untuk menerapkan sikap yang jujur dan transparan karena hal itu lah yang akan membawa kepada kesuksesan dan membuat orang lain merasa senang dengan apa yang kita peroleh dari hasil yang jujur dan transparan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan saudari Jessica bahwa bisnis bukan hanya dijalankan dengan etika saja, namun juga sangat penting untuk menjalankannya dengan profesional, agar kita selalu berhati- hati dan tidak mudah ditipu oleh pesaing.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat Jessica karena etika bisnis sangatlah penting, dan mengajarkan kita untuk berbuat jujur dan lebih profesional dalam melakukan kegiatan bisnis.

      Hapus
  8. Dengan belajar Etika Bisnis saya mengharapkan agar saya bisa menjadi seseorang yang bermanfaat kepada orang lain,baik terhadap karyawan maupun terhadap rekan kerja saya. Dengan pelajaran ini saya juga berhadap bisa jadi panutan yang baik,bijaksana,dan tanggung jawab atas pekerjaan maupun dalam berhubungan dengan orang lain. Saya ingin menerapkan bahwa berbisnis itu juga harus menggunakan etika yang baik dan benar, sehingga tidak harus menggunakan segala cara agar bisnis kita menjadi sukses. Setiap orang akan menghargai kita jika kita mempunyai etika yang baik dan benar terhadap orang itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat veronica bahwa bisnis tidak harus menggunakan segala cara agar sukses, karena hasil yang kita dapatkan dengan baik dan benar itu lebih membanggakan dari pada dengan kecurangan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudari Veronica Susanto karena dalam melakukan setiap kegiatan bisnis kita harus dapat mendasarkan pada etika tetapi bila kita tidak menadasarkan pada etika pasti tidak mudah bagi orang lain untuk menghargai kita.

      Hapus
  9. Yang ingin saya dapatkan dalam belajar "Etika Bisnis" adalah saya bisa berbisnis dengan baik dan beretika sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dan juga dengan beretika bisnis yang baik dapat membangun suatu image dari suatu perusahaan, jadi jika suatu perusahaan memiliki image yang baik maka akan dipandang baik oleh perusahaan lain, begitu juga sebaliknya jika perusahaan sudah dipandang jelek oleh perusahaan lain maka sesukses apa pun perusahaan itu maka tetap dipandang jelek oleh perusahaan lain. Mengapa saya ingin mendaptkan hal itu karena menurut saya pribadi etika dalam berbisnis sangat penting untung mebangun perusahaan dan juga menghadapi persaingan dari perusahaan-perusahaan kompetitor yang ketat dan juga semakin banyak di kemudian hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan Indra Putra karena menurut saya dengan beretika bisnis yang baik dapat membangun image perusahaan yang dipandang oleh masyarakat

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara Indra Putra bahwa etika sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis karena bila etika yang dilakukan oleh perusahaan tidak sesuai makan image yang diharapkan oleh perusahaan maka dari itu etika merupakan pandangan dari pihak luar perusahaan terhadap perusahaan tersebut.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat indra putra, bahwa dengan adanya etika bisnis yang baik maka perusahaan juga akan memiliki image yang baik pula. Jadi dengan adanya etika bisnis yang baik maka perusahaan akan mendapatkan nilai plus baik di mata masyarakat maupun di mata pesaing. Dengan adanya nilai plus tersebut masyarakat akan dapat dengan bersenang hati menerima produk-produk yang kita produksi, sehingga dapat mencegah terjadinya aksi demo baik di masyarakat maupun karyawan, selain itu dengan adanya etika bisnis maka perusahaan kita juga tidak akan mudah untuk jatuh.

      Hapus
  10. Menurut pendapat saya bisnis itu perlu memerlukan etika,karena didunia bisnis etika sangant penting jika tidak adanya etika maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik dan perusahaan tidak mau memandang. Justru kita menjalankan bisnis dengan menggunakan etika,bisnis tersebut akan mudah berjalan dengan cepat dan perusahaan tersebut ingin memandang dan mencari informasi dr apa yang kita miliki. Karena saya menjalankan bisnis ingin mempunyai etika sehingga bersaing dengan kompetitor yang sangat ketat dan saling bekerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan anda karena etika berbisnis sangat dibutuhkan karena apabila tidak ada etika bisnis maka pekerjaan yang dikerjakan dilakukan dengan curang sehingga perusahaan lain yang ini bergabung menjadi tidak tertarik karena tidak ada etika dalam bekerja sehingga menggunakan segala cara untuk menjalan kan bisnis dan mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan saudara Anthonius Richard karena etika sangat penting dalam kegiatan bisnis sehingga dalam menjalin hubungan yang sehat dengan para pesaing.

      Hapus
    3. saya setuju dengan saudara antonius richard karena dengan adanya etika dalam bisnis kita dapat bersaing dengan sehat dan apa bila kita bersaing dengan sehat maka kita dapat menjalin hubungan yang baik meski saling bersaing

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara Antonius, bahwa bisnis terutama harus dijalankan dengan beretika. namun dalam bisnis, tentu saja seorang pemimpin harus pintar dan bijak dalam mengambil keputusan agar tidak mudah ditipu oleh pesaing

      Hapus
  11. Yang saya ingin dapatkan setelah menyelesaikan mata kuliah Etika Bisnis adalah bisa menjadi seorang pengusaha yang beretika dalam kehidupan di dunia bisnis. Etika bisnis membuat saya bersaing dengan jujur dan tidak curang dalam bersaing dengan kompetiter lain karena hasil kerja dengan kerja yang jujur akan lebih memuaskan dari hasil kerja dengan cara curang. Dengan belajar mata kuliah ini saya juga bisa memahami bagaimana bisa menjadi pengusaha yang beretika selain di kehidupan nyata kita beretika tetapi kita juga harus beretika dalam bekerja. Apabila perusahaan lain mengerti bahwa perusahaan kita beretika maka perusahaan lain bisa kita ajak untuk kerja sama maupun perusahaan lain mengajak perusahaan kita bekerja sama karena mereka mengerti bahwa kita beretika jadi mereka berani untuk berbisnis bersama kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat alex karena seorang pengusaha bisnis perlu menggunakan etika dimana dunia bisnis semua sudah beretika. Dengan adanya etika bisnis dalam bersaing dengan kompetitor tidak melakukan tindakan curang serta bekerja sama menjalankan bisnis. Perusahaan juga melihat seorang pengusaha menggunakan etika dalam bekerja maka perusahaan memandang bahwa anda seorang pebisnis yang adil dan jujur

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara alex.Dengan adanya etika dalam berbisnis, maka perusahaan lain akan senang dan betah untuk bekerja sama dengan kita. Dengan ini kita tidak hanya akan mendapatkan suatu keuntungan secara materi, tetapi dengan ini kita juga bisa mendapatkan keuntungan secara non materi seperti yang sudah saya sampaikan diatas.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat alex, karena pengusaha yang jujur sangatlah dibutuhkan dalam dunia bisnis. karena akan banyak perusahaan lain yang mau bekerjasama dan tidak takut akan dibohongi.

      Hapus
  12. Dengan belajar Etika Bisnis Saya dapat lebih menyadari dan memahami tentang beretika dalam berbisnis sehingga saya dapat membedakan antara suatu keputusan atau kegiatan bisnis yang akan saya ambil sesuai atau tidak dengan etika bisnis. Saya berharap dapat menjalankan sebuah bisnis dengan benar sesuai dengan etika serta peraturan-peraturan yang berlaku pada dunia bisnis dan melakukan persaingan yang sehat dengan para kompetitor serta membangun relasi yang baik dengan para kompetitor agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat antar kegiatan bisnis. Karena etika sangatlah penting dalam kesuksesan sebuah bisnis karena bila kita tidak memiliki etika yang baik maka setiap orang pasti tidak akan menghargai kita serta kesuksesan pasti akan tertunda karena etika merupakan faktor penting dalam melakukan kegiatan bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat eka setiawan karena berbisnis harus menggunakan etika serta mengambil keputusan yang sesuai dengan etika bisnis sehingga menjalankan bisnis sudah baik sesuai dengan etika yang berlaku pada dunia bisnis dengan bersaing para kompetitor sehingga tidak melakukan tindakan curang dan mudah bekerja sama.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara eka, karene dengan kita beretika bisnis dengan baik maka kita juga bisa membedakan keptusan yang baik atau buruk untuk perusahaan kita

      Hapus
  13. Yang ingin saya dapatkan setelah menyelesaikan Etika Bisnis ini ialah saya dapat menjadi pengusaha yang sukses, Dapat membuat Kedua Orang tua bangga, selain itu saya juga dapat membahagiakan orang lain dengan membuka lapangan kerja yang baru, dan selalu melayani orang lain dengan jujur serta bertanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara Evan christian ketika saya menajdi pengusaha yang sukses saya tidak lupa untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan saya juga dapat membahagiakan orang lain dengan membuka lapangan kerja supaya dapat menggurangi tingkat pengganguran yang ada dan menjadi orang yang jujur dan bertanggung jawab.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Evan Christian bahwa bila kita telah menjadi pengusaha yang sukses ataupun pengusaha yang akan menjadi sukses harus selali mengingat dan membahagiakan orang tua tetapi tetap harus menggunakan etika dalam berbisnis yang sesuai dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

      Hapus
  14. Harapan saya terkait kuliah “Etika Bisnis” setelah menyelesaikan mata kuliah tersebut saya ingin mendapatkan segala aspek dalam Etika Bisnis yang nantinya akan saya terapkan untuk berhadapan di dalam dunia bisnis yang semakin berkembang pesat pada Era modern saat ini, Karena pada dasarnya tujuan saya adalah untuk menjadi seorang “Professional” dengan beridiri di suatu perusahaan yang akan saya tangani. Sebab Etika bisnis merupakan aspek penting Karena berkaitan dengan moral yang dimana moral tersebut berkaitan dengan institusi,kebijakan dan perilaku bisnis.
    > Namun melihat pada fenomena apa yang sebenernya terjadi jika kita lihat secara global dan jeli bahwa pelaku bisnis saat ini hanya memikirkan profi,profit dan profit dengan segala cara tanpa pandang bulu untuk saling mematikan demi kepentingan bisnisnya, Artinya pada fakta yang kita lihat saat ini dunia bisnis begitu berjalan dibalik bayangan yang masyarakat awam tidak tau ada suatu sisi gelap sebenernya di dunia bisnis yang berorientasi pada “profit” saja namun memberikan dampak kejam bagi lingkungan internal maupun eksternal, Contoh pabrik2 atau institusi besar yang kenyataannya baru saat ini disadari oleh masyarakat bahwa mereka telah merusak alam . Maka dari itu beberapa pelaku bisnis mulai membicarakan dan mengembangkan suatu bisnis yang juga berorientasi kepada lingkungan , Kemudian juga mengenai para pemimpin perusahaan memberikan gaji rendah namun dengan pekerjaan yang berat diberikan pada karyawannya hanya untuk memperoleh penghasilan dan laba yang semaksimal mungkin . Semua hal itu berkaitan sekali dengan ETIKA BISNIS.
    Maka dari itu harapan saya bisa mengembangkan bisnis yang kedepannya dapat berjalan sesuai dengan Etika-Etika dalam Bisnis dan tidak hanya berorientasi pada profit namun juga lingkungan sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara idho bahwa etika bisnis merupakan aspek oenting yang berkaitan dengan moral yang akan mempengaruhi perilaku bisnis kita.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat idho kurniawan karena mengembangkan bisnis harus sesuai dengan etika sehingga berpengaruh pada lingkungan sosial. Maka etika bisnis berkaitan dengan moral dimana moral tersebut berkaitan dengan pekerjaan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara anda.Dengan memiliki etika maka bisnis yang dijalankan tidak hanya menghasilkan keuntungan secara materi, namun juga non material seperti citra positif, kepercayaan, dan keberlangsungan bisnis itu sendiri

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara idho, karena saat kita selalu menerapkan etika dalam berbisnis, maka bisnis kita akan selalu bernilai positif yang akan berdampak bagi bisnis sendiri dan orang sekitar, baik masa sekarang maupun mendatang.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat saudara Idho Kurniawan bahwa etika dalam berbisnis tidak hanya fokus dalam mencari keuntungan saja melainkan fokus kepada lingkungan sekitar yang ada.

      Hapus
  15. harapan saya terkait kuliah "etika Bisnis" adalah saya dapat mengetahui segala aspek aspek yang ada dalam dunia bisnis dan dapat melihat dari segala sudut pandang.
    Dengan mempelajari dan mengetahui akan aspek aspek yang ada dalam etika bisnis dapat membuka pengetahuan saya dalam dunia bisnis yang akan saya jalani maupun yang telah saya jalani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dian liem karena mempelajari etika bisnis dapat menjadi pedoman saya dalam menjalankan dunia bisnis sehingga memiliki pandangan terbuka dengan melihat sudut pandang dunia bisnis yang memiliki aspek-aspek yang berkaitan dengan kebijakan yang dibuat perusahaan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Dian Liem bahwa dengan belajar etika bisnis kita dapat mengetahui aspek-aspek yang ada dalam dunia bisnis dan dapat mengpalikasikannya pada kegiatan bisnis yang akan dijalankan.

      Hapus
  16. Saya ingin menanggapi pertanyaan yang telah di sampaikan, gambaran umum saya dalam perkuliahan etika bisnis adalah agar saya dapat menjadi seorang pebisnis yang memiliki etika dalam berbisnis yang baik karena etika sebagai modal utama moralitas pada kehidupan masyarakat. Etika yang baik mencerminkan perilaku yang baik begitu juga sebaliknya etika yang buruk mencerminkan perilaku yang buruk dan hal tersebut dapat mempengaruhi bisnis yang di jalankan kedepannya. Saya ingin mendapatkan hal diatas agar bisnis yang saya jalankan tidak memberikan dampak yang buruk atau merugikan bagi pihak manapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara fitry. karena moralitas dalam kehidupan bermasyarakat sangat di butuhkan dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha agar usaha kita dapat di terima baik di kalangan masyarakat.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan saudari fitry, bahwa dengan etika yang baik ataupun buruk hal itu akan mencerminkan perilaku kita sendiri yang nantinya akan mempengaruhi bisnis kita.

      Hapus
  17. Harapan saya setelah menyelesaikan mata kuliah Etika Bisnis adalah agar Saya dapat memahami dan mengetahui etika-etika dalam berbisnis. Tujuannya agar saya bisa mematuhi aturan-aturan yang ada khususnya di indonesia dan juga memiliki integritas sebagai seorang pembisnis. Karena menurut saya integritas seorang pembisnis sangatlah di butuhkan. Karena jika seseorang ingin dipercaya maka harus memiliki integritas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudara roy, karena untuk bisa menjadi seorang pembisnis yang hebat selain harus memiliki sikap yang adil dan jujur juga harus bisa mematuhi aturan-aturan yang ada dalam dunia berbisnis

      Hapus
  18. Yang ingin saya dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan Etika Bisnis adalah ilmu tentang etika dalam berbisnis yang kedepannya akan saya gunakan untuk bekerja sebagai pengusaha agar saya bisa menjadi pebisnis yang beretika. Walaupun di zaman sekarang tidak memungkinkan berbisnis menggunakan etika, namun saya yakin suatu perusahaan yang menggunakan etika akan terus tumbuh dan berkembang dengan baik meskipun prosesnya mungkin tidak selancar perusahaan yang tidak menggunakan etika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanggapi pernyataan anda yang menyatakan bahwa "suatu perusahaan yang menggunakan etika akan terus tumbuh dan berkembang dengan baik meskipun prosesnya mungkin tidak selancar perusahaan yang tidak menggunakan etika." menurut saya perusahaan yang tidak menggunakan etika juga memiliki pertumbuhan yang tidak lancar karena perusahaan yang tidak menggunakan etika di tengah tahap pertumbuhan dan perkembangan nya terutama disaat perusahaan tersebut mulai dikenal oleh masyarakat luas perusahaan tersebut akan menghadapi banyak masalah yang akan menghambat pertumbuhannya. masalah yang umumnya di hadapi dari perusahaan yang tidak beretika adalah hilangnya kepercayaan masyarakat dan munculnya berbagai tuntutan dari masyarakat terhadap perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat dari saudara Fransisca karena menurut saya bisnis yang menggunakan etika akan jauh lebih baik dari bisnis yang tidak menggunakan etika walaupun akan lebih menguntungkan karna menggunakan segala cara.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan tanggapan saudara Nick Anderson, karena tidak semua perusahaan yang tidak memiliki etika berjalan lancar. Karena ketika masyarakat atau konsumen mengetahuinya maka perusahaan itu akan kehilangan kepercayaan dan menimbulkan banyak masalah.

      Hapus
  19. harapan saya setelah mengikuti perkulihaan etika bisnis ini saya bisa menjadi seorang pelaku bisnis yang beretika. karena sebagai seorang pelaku bisnis kita harus dapat mengetahui dan mengerti mengenai aturan - aturan yang ada baik secara hukum maupun aturan yang berdedar di masyarakat ( sosial ) . oleh karena itu sangat penting bagi saya untuk belajar etika bisnis ini agar saya dapat menjalankan bisnis tanpa merugikan pihak manapun dan dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat nick. Karena bila pelaku bisnis tersebut beretika maka segala perilaku serta sistem yang ia lakukan pada bisnisnya akan diterima oleh masyarakat luas

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat nick, karena kita harus mengetahui dan mengerti mengenai norma-norma yang baik bagi pebisnis dan kelak dapat menjalankan bisnis tanpa merugikan pihak lain dan bisa banyak mendapat kepercayaan dari orang lain.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudara Nick, karena saat kita melakukan tindakan curang dalam bisnis (tidak beretika), maka akan sangat merugikan pihak lain.

      Hapus
  20. Harapan saya setelah menyelesaikan mata kuliah etika bisnis adalah agar saya dapat mengaplikasikan pada bisnis yang baik. Tidak hanya dari segi keuntungan (segi ekonomi) saja tetapi dari segi moral dan taat terhadap hukum yang berlaku di negara,serta memberikan kepercayaan pada masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara aldwin. Karena jika dia mengaplikasikan etika bisnis kedalam bisnisnya maka memiliki nilai lebih dari pada bisnis-bisnis yang lainnya. karena sebagian besar pelaku bisnis banyak yang tidak memakai etika bisnis itu sendiri. Jadi bisnisnya memiliki nilai lebih bagi masyarakat sehingga banyak masyarakat yang akan mempercayai bisnisnya dan jika bisnisnya dipercayai banyak orang kemungkinan besar akan berkembang.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat dari saudara Aldwin karena bisnis tidak boleh hanya mengutamakan keuntungan saja namun harus memperhatikan moral dalam berbisnis.

      Hapus
    3. saya setuju dengan aldwin, karena kepercayaan masyarakat adalah salah satu tolak ukur seorang pebisnis dalam kesusksesannya

      Hapus
    4. saya sependeapat dengan saudara Aldwin, karena kita menerapkan etika bukan hanya untuk keuntungan sementara, namun agar kita memperoleh kepercayaan dari masyarakat luas dan dapat berkembang besar untuk jangka waktu panjang ke depannya.

      Hapus
  21. Nilai yang ingin saya dapatkan setelah mendapatkan mata kuliah etika bisnis adalah Agar saya dapat menjadi pelaku bisnis yang baik serta bisnis saya juga merupakan bisnis yang baik. Karena tidak semua bisnis termasuk ke dalam bisnis yang baik sebab harus memenuhi aspek ekonomi,hukum, serta moral dan saya ingin menjadi pembisnis yang tidak merugikan pihak lain, tidak melanggar aturan yang telah ada dan juga harapannya bisnis saya dapat di percaya oleh masyarakat agar dapat berkembang lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dari saudara Daniel karena etika dalam berbisnis sangatlah penting untuk membentuk suatu image usaha yang baik, dan juga sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Saudara Daniel Prayogi. Seorang konsumen akan loyal terhadap bisnis yang kita jalani apabila ia merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan kepadanya baik dari aspek hukum, ekonomi maupun moral dan etika. Rasa nyaman itu didapat ketika pebisnis melaksanakan bisnisnya sesuai dengan norma yang berlaku serta etika bisnis yang ada.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudara daniel prayogi bahwa suatu bisnis tidak boleh merugikan pihak lain, karena suatu bisnis yang baik adalah bisnis yang bermoral, agar apa yang kita lakukan demi mengembangkan bisnis kita selalu didukung oleh semua pihak yang ada di sekitar kita karena bisnis kita memberikan manfaat bagi orang lain.

      Hapus
    4. Saya sependapat dengan saudara daniel prayogi, bisnis yang baik merupakan bisnis yang memenuhi aspek ekonomi,hukum,dan bermoral, dengan memenuhi 3 hal tersebut maka bisnis kita sudah di pastikan memiliki etika yang baik dan jauh dari kata kecuragan

      Hapus
  22. Berdasarkan deskripsi mata kuliah Etika Bisnis dan tema-tema yang akan dibahas selama perkuliahan yang telah dijelaskan pada pertemuan pertama dalam perkuliahan, yang ingin saya dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini adalah dapat mempelajari bagaimana caranya berbisnis dengan baik dan saling menghargai dalam dunia bisnis agar tidak muncul persaingan yang tidak sehat, dapat menjadi pengusaha yang sukses dan tentunya memiliki moral yang baik dalam berbisnis, mendapatkan ilmu mengenai bagaimana cara beretika dalam berbisnis. Alasan saya ingin mendapatkan hal tersebut karena dengan memiliki etika dalam berbisnis dapat membangun image baik perusahaan yang nanti akan saya kelola dan menjadi pebisnis yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang saudari dosi berikan karena etika dalam bisnis sendiri merupakan aspek yang penting dalam membangun sebuah hubungan bisnis itu sendiri.

      Hapus
  23. harapan saya setelah menyelesaikan mata kuliah etika bisnis ini adalah saya mengetahui bagaimana etika yang harus diterapkan pada sebuah perusahaan khususnya jika saya nantinya akan bekerja pada sebuah perusahaan. saya mengetahui dengan baik bagaimana cara mengelola perusahaan. seorang pebisnis maupun seorang pekerja harus mempunyai etika yang baik dalam dirinya sehingga etika yang baik dalam dirinya secara tidak langsung dapat berimbas pada usaha atau pekerjaannya

    BalasHapus
  24. Berdasarkan pemaparan singkat materi yang akan dipelajari dari mata kuliah etika bisnis ini saya berharap agar setelah saya menyelesaikan mata kuliah ini saya dapat menjadi seorang pebisnis yang mementingkan kenyamanan konsumen dengan memenuhi norma-norma bisnis yang berlaku dan juga berusaha memenuhi etika dalam berbisnis. Karena sudut pandang yang baik dari konsumen terhadap bisnis yang kita jalani akan menciptakan keloyalan konsumen terhadap bisnis kita. Dengan adanya keloyalan dari konsumen maka akan menciptakan profit yang baik untuk bisnis tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Priscilla Auriella bahwa dengan etika bisnis kita akan dapat menjaga hubungan ataupun relasi yang baik dengan para mitra bisnis dan konsumen sehingga profit yang didapatkan oleh perusahaan akan meningkat.

      Hapus
  25. Yang ingin Saya dapatkan setelah menyelesaikan perkuliahan ini adalah menjadi pribadi yang sadar akan pentingnya beretika dalam bisnis, sehingga bisnis saya dapat bermanfaat bagi diri sendiri dengan mendatangkan keuntungan, dan bermanfaat bagi orang lain dengan menaati hukum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Yoseph, dimana sebuah bisnis yang beretika dan taat akan hukum maka akan memperoleh kepercayaan dan penilaian yang baik dari masyarakat luas dimana hal tersebut akan berpengaruh terhadap umur dari bisnis itu sendiri.

      Hapus
  26. Menurut pendapat saya sendiri, first impression atau kesan pertama yang timbul saat awal perkenalan dengan mitra bisnis sangatlah penting. Kesan pertama yang buruk dapat menghancurkan hubungan baik yang akan dan yang seharusnya dapat terbangun. Tetapi tidak semua orang mengerti standar apa yang berlaku didalam bisnis tersebut dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Oleh karena itulah harapan saya setelah mempelajari etika bisnis adalah saya mengetahui, mengerti, memahami dan dapat saya terapkan didalam perjalanan karier saya kedepannya. Kesan baik akan timbul dengan sendirinya apabila saya memahami etika bisnis yang berlaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat tabita evelyn, karena jika seeorang ingin bekerjasama dengan kita maka yang mereka rasakan ada kesan pertama yang kita berikan, bila kita memberikan kesan yang buruk maka mereka akan ragu dan mungkin langsung memutus kerjasama yang akan dibina.

      Hapus
  27. Yang ingin saya dapatkan setelah mengikuti pelajaran Etika Bisnis ialah ingin menjadi seorang pembisnis yang sukses dan dapat membentuk nilai,norma, dan perilaku karyawan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudara Yohanes, karena saat pimpinan memiliki etika dalam bisnis maka bawahan akan segan dengan atasan dan mereka pun akan meniru pimpinan dalam beretika bisnis

      Hapus
  28. Setelah saya mengkuti pelajaran etika bisnis ini saya berharap kedepan nya saya bisa menjadi seorang pebisnis yang mempunyai etika dalam menjalankan bisnis saya serta saya ingin menjalankan bisnis saya dengan transparan dan bersih. Bersih disini saya artikan bersih dari kegiatan suap menyuap dan korupsi. Seperti yang kita ketahui apabila kita melakukan korupsi maka kita tidak lagi akan dipercayai oleh orang sehingga bisnis yang nantinya saya jalankan tidak lagi dapat berhasil dan hasilnya bisnis saya akan merugikan saya dan karyawan2 yang saya punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat dari saudara yehuda evan dengan sikap yang ingin bersih dalam berbisnis. Karena setiap tindakan korupsi yang dilakukan orang sebenarnya akan merugikan dirinya sendiri dan orang yang berada disekitarnya apalagi uang yang dikorupsi tersebut sebenarnya uang untuk bantuan kepada orang yang tidak mampu. Jadi sebaiknya kita menggunakan prinsip yang bersih dan jujur dalam menjalankan bisnis

      Hapus
  29. Seusai saya menjalani matakuliah etika bisnis ini saya berharap agar saya bisa menjadi pribadi yang selalu punya etika ketika nanti saya menjalankan bisnis yang ingin saya jalankan. Etika yang saya maksud sini adalahh ketika saya memulai bisnis,saya berusaha semaksimal mungkin menjalankan bisnis saya dengan cara yang jujur dan tidak menyuap siapapun untuk melancarkan bisnis saya dan membuat bisnis saya terkenal serta berusaha untuk mengalahkan pesaing saya juga dengan cara yang sportif sehingga tidak ada pihak yang merasa bahwa bisnis saya merupakan bisnis yang tidak beretika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudari Devi bahwa bisnis yang besar bukanlah bisnis yang suka main suap, karena hal tersebut merupakan tindakan curang. dengan melakukan suap pun akan menjadi nilai minus di mata masyarakat

      Hapus
  30. Yang ingin saya dapatkan setelah perkuliahan ini berlangsung adalah saya bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana cara beretika yang baik dalam dunia bisnis sehingga saya dapat menghargai rekan bisnis dan ruang lingkup bisnis itu sendiri. Dan kelak saya dapat mengembangkan suatu bisnis yang baik bagi saya dan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pernyataan saudara Clement dimana etika dalam bisnis sangat dibutuhkan untuk membina hubungan yang sehat dan baik dengan teman kerja. Sekali kita tidak beretika, maka banyak teman kerja yang akan menghindar untuk berbisnis dengan kita.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara bahwa bisnis itu membutuhkan etika selama perjalanannya dan bisnis yang baik adalah bisnis yang memberikan manfaat postif tidak hanya bagi pemilik saja namun bagi masyarakat juga.

      Hapus
  31. dengan mengikuti kelas Etika Bisnis ini, saya ingin mendapatkan lebih banyak alasan mengapa dalam persaingan ekonomi yang semakin ketat ini kita diajarkan untuk harus tetap beretika.
    saya ingin mendapatkan alasan tersebut agar untuk ke depannya saya dapat menerapkan etika yang baik dalam segala hal, bukan hanya memakai cara kotor untuk menang dalam persaingan bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Vinny. karena saat ini begitu banyak perusahaan lokal maupun internasional menggunakan segala cara yang tidak baik untuk memenangkan persaingan.

      Hapus
  32. Saya ingin belajar sebanyak mungkin selama perkuliahaan berlangsung. Sehingga nilai-nilai yang baik yang diajarkan dalam etika bisnis dapat tertanam baik dalam pikiran dan dapat mengembangkan bisnis yang baik sesuai dengan nilai etik yang ada. karena menjalankan sebuah bisnis bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bebrabagai cara baik itu buruk maupun benar sehingga dapat merugikan orang lain.

    BalasHapus
  33. Saya setuju dengan pendapat saudara Okta Wijaya bahwa usaha pasti akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu bila bisnis tersebut dijalankan sesuai dengan etika bisnis yang sesuai melainkan bila menggunakan cara-cara yang tidak baik ataupun salah memang akan mudah untuk naik tetapi juga sangat mudah untuk mengalami kegagalan karena tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam dunia bisnis

    BalasHapus
  34. Harpan saya ingin tau lebih banyak tentang etika bisnis karena etika bisnis dapat menjadi pedoman bagi manajemen bisnis sebagai melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.
    Di Indonesia, penegakan etika bisnis dalam persaingan bisnis semakin berat. Kondisi ini semakin sulit dan kompleks, karena banyaknya pelanggaran terhadap etika bisnis oleh para pelaku bisnis itu sendiri, sedangkan pelanggaran etika bisnis tersebut tidak dapat diselesaikan melalui hukum karena sifatnya yang tidak terikat menurut hukum.

    BalasHapus
  35. Menurut saya praktek bisnis yang tidak melanggar hukum tetapi tidak bermoral adalah bisnis ilmu hitam misalkan jual beli tuyul, penyantetan dsb. Jadi orang-orang yang ingin menyantet orang atau membeli tuyul akan membayar pada paranormal yang bersangkutan pada bisnis tersebut.

    BalasHapus
  36. Setelah mengetahui etika - etika bisnis pastinya kita akan menjadi pembisnis yang menerapkan etika - etika tersebut dan tentu saja jujur, transparan serta bertanggung jawab atas semua keputusan - keputusan yang di ambil. Mengapa saya ingin mendapatkan hal tersebut? Karena saya ingin menjadi pembisnis yang mengetahui etika - etika apa saja yang ada dalam bisnis sehingga saya dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

    BalasHapus
  37. Harapan saya setelah mempelajari etika bisnis adalah saya mengetahui, mengerti, memahami dan dapat saya terapkan didalam perjalanan karier saya kedepannya. Kesan baik akan timbul dengan sendirinya apabila saya memahami etika bisnis yang berlaku. Dan agar saya bisa menjadi pribadi yang selalu punya etika ketika nanti saya menjalankan bisnis yang ingin saya jalankan.

    BalasHapus