SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 10 Oktober 2015

Persepsi Konsumen akan Harga yang Adil




Merujuk Garreth dan Konowski, Bertens (2013) mengemukakan 4 faktor yang menyebabkan harga menjadi tidak adil, yaitu:
  1. Penipuan (muncul karena ada kolusi  para produsen atau distributor)
  2. Ketidaktahuan dari konsumen
  3. Penyalahgunaan Kuasa (muncul karena ada produsen yang bersaing secara tidak sehat dengan menerapkan predatory price
  4. Manipulasi Emosi
Bertens (2013) memberikan contoh di mana harga bisa menjadi kurang adil karena factor ketidaktahuan konsumen, antara lain sebagai berikut:
  • Produsen mencetak harga yang lebih tinggi dari kenyataan pada kemasan untuk memberi kesan pada konsumen bahwa mereka memberi harga lebih murah ketika pengecer menjual dengan harga lebih rendah dibanding yang tertera pada kemasan.
  • Toko menawarkan harga diskon padahal harga itu adalah harga sebenarnya
  • Toko menggunakan promosi “bayar satu bawa dua” tapi sebenarnya harga tersebut sama dengan harga kedua produk tersebut
  • Produsen besar menjual produk yang sama dengan menggunakan dua merek, kemasan, dan harga yang berbeda, dengan pertimbangan konsumen tertentu akan berpendapat bahwa barang yang lebih mahal itu lebih berkualitas.

Bahan Diskusi:
Saat ini Saudara lebih banyak berperan sebagai konsumen. Menurut Saudara, harga seperti apakah yang Saudara anggap ADIL? Berilah contoh produk barang atau jasa yang pernah Saudara gunakan dan harganya Saudara anggap adil dan jelaskan alasannya. Selamat berdiskusi...


MOHON PERHATIAN:
Kelas A dan Kelas B harus memberi contoh  sendiri sebelum menanggapi contoh dari teman-teman yang lain

77 komentar:

  1. Menurut saya.. harga yg saya anggap adil sebagai konsumen yakni saat saya membeli sepatu running Nike. Saya anggap adil karena dengan kualitas yang dimiliki dan harga yang pantas diberikan kepada konsumen. Sepatu tersebut awet dan juga sangat nyaman untuk dikenakan. Dengan motif dan warna yang sangat bervariasi dan mengikuti trend yg ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Jesica Nathania. sepatu running Nike yang di pasarkan memiliki kualitas yang baik sesuai dengan harga pasar sehingga banyak peminat atau konsumen dari sepatu running Nike tsb.

      Hapus
  2. Menurut saya harga adil yang dianggap oleh konsumen yaitu lensa kamera canon. Karena lensa kamera series L canon gelang merah yang memiliki harga yang mahal, karena memiliki kualitas yang sangat bagus serta sangat memuaskan untuk setiap kalangan photographer profesional. Lensa ini istimewa serta menghasilkan foto yang sempurna dan bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat dari sdra. Christianto bahwa lensa L series dengan harga yang mahal karena kualitas yang di tawarkan pun sesuai. Maka dari itu ketika perusahaan dapat memberikan kualitas produk yang premium maka tidak ada salahnya perusahaan mematok harga yang tinggi.

      Hapus
    2. Mohon maaf sebelumnya, saya kurang sependapat dengan argument saudara dan juga menambahkan sedikit, jika menurut pendapat saudara jika harga yang adil adalah lensa canon, bagaimanakah dengan perusahaan lensa lainnya, seperti Nikor, Sigma, Tamron, dan beberpa lensa lainnya, dari segi harga mungkin lebih murah dari lensa Cannon tetapi hasil yang dihasilkan amat sangat jauh lebih baik? Bukankah harga yang murah dengan kualitas yang lebih baik merupakah harga yang lebih adil?

      Terima kasih

      ETIKA BISNIS KELAS B

      IAN EKA WIDJAJA / 3103014227

      Hapus
    3. Anda yakin lensa Nikor murah?? Lensa nikkor lebih mahal dari lensa canon. Lensa Sigma meskipun lebih murah tetapi hasil jelas jauh bagus lensa Canon series L. Semua lensa yang murah tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna seperti Series L (Gelang Merah) karena lensa series L tersebut memiliki elemen dan bahan bahan yang jauh lebih sempurna ketimbang yang lain. mohon maaf sebelumnya, apa saudara memang sudah membuktikan sendiri??

      Hapus
  3. Menurut saya harga yang adil adalah harga dimana suatu produk atau jasa yang kita gunakan sesuai dengan kualitas produk. Seperti contoh HP Xiaomi yang memiliki harga terjangkau tetapi memiliki kualitas yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Jonny. Handphone Xiaomi memang terkenal akan keunggulan kualitasnya dengan harga yang miring sehingga orang kalangan menengah bawah bisa memiliki handphone dengan harga murah dan kualitas yang mumpuni.

      Hapus
  4. => Untuk harga yang adil :
    Harga yang adil merupakan harga (nilai barang) yang dibayarkan untuk suatu objek tertentu yang diberikan pada waktu dan tempat diserahkan barang tersebut. Definisi harga yang adil juga bisa diambil dari konsep Aquinas yang mendefinisikannya dengan harga kompetitif normal. Yaitu harga yang berada dalam persaingan sempurna yang disebabkan oleh supply dan demand dimana tidak ada unsur spekulasi. Contohnya adalah harga dari emas karena harga dari emas ini tidak dapat di tentukan oleh setiap penjual sendiri2. Karena harga emas mengikuti harga pasar tergantung pada permintaan dan penawaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari yenny, memang harga emas ditentukan oleh jumlah permintaan dan penawaran di pasar. Di samping itu, saya ingin sedikit menambahkan bahwa harga emas juga tentunya bergantung pada kualitas (tingkat karat kemurnian) dari produk emas yang ditawarkan. Semakin murni suatu produk emas yang artinya produk emas tersebut mengandung hanya sedikit campuran bahan lain, maka harganya pun akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah tingkat kemurnian suatu produk emas yang artinya bahwa produk emas tersebut mengandung banyak campuran bahan lain, maka harga nya pun akan semakin rendah. Terima kasih..

      Hapus
    2. menambahkan penjelasan dari saudara Alvin, selain dari faktor yang telah disebutkan diatas, kenaikan dan penurunak harga emas juga dipengaruhi oleh keadaan perekonomian dunia, harga minyak, dan harga dollar AS. Seperti yang terjadi saat ini, ketika harga dollar semakin melambung tinggi, maka harga emas jga semakin rendah.

      Hapus
  5. Menurut saya, harga yg adil itu adalah harga yang sesuai dengan mutu yang dikandung produk tersebut. Jika mutu tinggi, harga lebih tinggi dan sebaliknya. Tapi juga boleh mempertimbangkan distribusi, jika lebih jauh untuk sampai ke konsumen boleh memasang harga sedikit lebih mahal dan sebaliknya. Lalu juga memperhatikan kondisi ekonomi target pasar, jika kondisi ekonominya rendah maka sejogjanya diberi subsidi(potongan harga yang dibebankan kepada pasar wilayah lain dengan kondisi ekonomi lebih tinggi). Sekian pendapat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh : produk laptop ASUS. Asus menerapkan harga sepadan dengan spek masing2 produknya. Dengan spek yg sama, merek lain ada yang lebih mahal hingga 500ribu-1juta dari Asus. Padahal ketahanan laptop Asus sudah teruji melalui Awards2 sanggup untuk jangka waktu yang lama sampai berani memberikan garansi 2tahun

      Hapus
  6. Menurut saya harga yang adil adalah harga dengan kualitas barang atau jasa yang di tawarkan sesuai. Misalkan saja produk apple dimana kita ketahui harga laptop dan handpone serta i pad yang di jual mahal d atas handpone yang lain, hal in d sesuaikan dengan teknologi yang canggi baik dari segi kualitas kamera. Software.dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1.  Mohon maaf sebelumnya, saya kurang setuju dengan argument saudara. menurut saya jika harga yang adil adalah harga dengan kualitas yang sesuai, maka jawabanya akan relative berbeda untuk masing masing orang, dikarenakan tingkat kesesuaian setiap orang sangat berbeda karena banyak factor.

       Jika dikaitkan dengan contoh apple, buat saya memang harganya mahal dan kuaitas software dan camera sangat baik, tetapi banyak konsumen terkendala dengan pemindahan data dan pentransferan data karena tidak ada Bluetooth dan juga untuk beberapa piranti Microsoft tidak dapat memindah data apple, hal ini menyebabkan konsumen merasa lebih tidak praktis, apakah ada contoh lain yang lebih netral? Ataukah ada tanggapan dari komentar diatas?

      Terima kasih

      ETIKA BISNIS KELAS B

      IAN EKA WIDJAJA / 3103014227

      Hapus
  7. menurut saya harga yang adil adalah WORTH IT. seperti halnya ketika saya membeli sepatu running merk adidas. meskipun barangnya mahal, namun apabila di dukung dengan kualitas yang baik pula, maka harga tersebut dapat dikatakan adil. karena berbanding lurus dengan kualitas.

    BalasHapus
  8. Menurut saya harga adil yang dianggap oleh konsumen yakni Zara. Kenapa saya mengambil contoh Zara karena sesuai dengan pengalaman saya membeli barang di Zara barang - barang yang dijual di Zara memiliki kualitas bahan yang sangat bagus sehingga harga yang di pasarkan juga sesuai atau seimbang dengan kualitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Della Angela, bahwa produk zara memang memiliki keunggulan tersendiri dari kualitas bahan pakaiannya, yang mana memang lembut, halus, dan nyaman untuk dikenakan. Jadi untuk harga yang sedikit mahal akan mendapatkan produk yang sesuai.

      Hapus
  9. Menurut saya, harga yang adil adalah ketika kualitas barang serta pengaplikasiannya seimbang dengan apa yang diiklankan. Contoh produk dari saya adalah iPhone. Meski memiliki harga yang cukup tinggi, namun kualitas yang diberikan oleh iPhone seimbang dengan harga yang diberikannya. Serta iPhone selalu menaikkan kualitas produk setiap kali ia meluncurkan merek baru. Jadi pelanggan iPhone bisa mendapatkan handphone dengan kualitas terbaik dari Apple.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, saya kurang setuju dengan argument saudara. Jika dikatakan bahwa apple dapat memberikan contoh harga yang adil karena menaikan kualitas setiap mengeluarkan seri baru, bagaimana dengan merek lainnya? Apakah peningkatan kualitas dapat menjadi indicator harga yang adil ? bagaimana dengan produk pesaing lainnya yang melakukan hal serupa?

      Terima kasih

      ETIKA BISNIS KELAS B

      IAN EKA WIDJAJA / 3103014227

      Hapus
  10. Menurut saya, harga yang adil adalah harga yang sesuai dengan total nilai dan manfaat yang didapat konsumen dari suatu produk. Saya memberi contoh misalnya produk jam tangan Seiko. Seiko menyediakan berbagai jenis jam tangan dengan jumlah fitur yang berbeda-beda. Ada jam tangan yang menggunakan jarum jam, ada juga yang menggunakan angka digital. Variasi fitur nya pun beragam, ada yang hanya jam penunjuk waktu, ada yang dilengkapi dengan tanggal, atau ada juga yang memiliki fitur penghitung waktu (stopwatch). Semua produk dengan berbagai ragam jenis dan fitur nya itu pun memiliki harga yang beraneka ragam. Harga disesuaikan dengan jumlah dan kecanggihan fitur dari produk-produk jam tersebut. Semakin banyak dan canggih fitur yang dimiliki suatu produk jam tangan, maka harga nya pun akan semakin tinggi. Akan tetapi, jika produk jam tangan yang hanya menyediakan fitur standar, maka harga nya pun relatif rendah. Terima kasih..

    BalasHapus
  11. Menurut saya harga yang adil adalah apa yang telah kita korbankan(bayar) sesuai dengan apa yang kita harapkan dari produk itu sendiri. Contohnya dalam bidang jasa salon, dimana saya membayar untuk jasa creambath di Jonny Andrean, disana servis yang diberikan memuaskan dan sesuai dengan harapak saya. Hal demikian yang disebut dengan harga yang adil, apa yang saya bayar sesuai dengan keinginan yang ingin saya dapatkan.

    BalasHapus
  12. Menurut saya harga yang adil telah dilakukan oleh Pertamina. Dalam pandangan saya, pemerintah telah adil dalam menentukan harga bahan bakar. Ada bbm bersubsidi ada bbm non-subsidi. Sasaran target untuk BBM bersubsidi dan nonsubsidi pun berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1.  Mohon maaf sebelumnya, saya kurang setuju dengan argument saudara. Menurut saya untuk PT Pertamina tidak dapat dikategorikan sebagai harga yang adil, karena didalam undang - undang jelas dikatakan bahwa sumber daya alam, kekayaan bahan tambang dan lainnya yang ada dikuasi dan dikelola oleh pemerintah untuk dikembalikan kepada rakyat. Jadi dapat dikatakan bahwa konsumen hanya bisa menerima harga yang diberikan, karena pemerintah juga tidak menyediakan alternative lain, sehingga konsumen tidak dapat memilih dan memberikan kontribusinya.

       Jika PT. Pertamina dikatakan harga yang adil, mengapa tidak menggunakan contoh lainnya seperti PDAM kota, dan PLN ??

      Terima kasih

      ETIKA BISNIS KELAS B

      IAN EKA WIDJAJA / 3103014227

      Hapus
  13. Menurut saya, harga yang saya anggap adil yaitu skin care SK II. Saya anggap adil karena skin care SK II memiliki harga yang mahal, tetapi memiliki kualitas yang bagus sehingga memuaskan untuk konsumen dengan hasil yang di dapat setelah penggunaan

    BalasHapus
  14. Harga yang adil menurut saya adalah harga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan manfaat dan kepuasan yang diberikan oleh suatu produk. Contoh harga yang adil menurut saya adalah harga makanan di warung Arohman di Jalan Doho Tansil, yang memberikan nasi sepiring dengan lauk dan sayurnya serta minuman gelas jumbo dengan harga sepuluh ribu. Makanan dan minuman yang disajikan cukup enak, dan porsinya pun sesuai dengan harganya, sehingga bisa saya bilang bahwa harga tersebut adil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berart Anda berkata apakah manfaat dan kepuasan yang lebih d pentingkan bagi harga yang adil?

      Hapus
    2. ya, benar kesimpulan saudari erlinda, bahwa bagi saya, harga yang adil adalah yang seimbang dengan manfaat yang diterima konsumen. terima kasih

      Hapus
  15. Menurut saya harga yang adil adalah harga yang dibayarkan oleh konsumen sesuai dengan kualitas suatu produk. misalnya produk tas Chanel. Chanel ini menyediakan bentuk dan ukuran tas sesuai dengan yang diinginkan konsumen, dan kualitas bahan tas yang asli dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak. maka dengan ini, meskipun Chanel memiliki harga yang sangat mahal, tetapi kualitas yang didapatkan dari brand Chanel ini sangat trendi dan memuaskan konsumen.

    BalasHapus
  16. harga yang adil terjadi ketika harga tersebut dapat mewakili kualitas barang atau jasa. Sebelumnya saya belum pernah membeli pakaian pada toko online, tetapi ketika saya berkunjung pada toko online topsecret_clothing saya memperoleh baju yang pas sesuai ukuran saya dan warna yang sesuai dengan yang ditampilkan, harga yang diberikan pun sesuai.

    BalasHapus
  17. Menurut saya harga yang adil adalah ketika kita mendapatkan kualitas barang yang sesuai dengan apa yang kita bayarkan. Contoh yang saya ambil adalah sepatu converse. Sepatu merek converse tergolong cukup mahal, yaitu bekisar Rp 500.000 keatas, namun dengan harga sekian, kualitas yang didapatpun juga pantas, sepatu converse terkenal dengan kekuatan dan kehandalannya, walaupun motifnya tidak banyak, namun keunggulannya adalah daya tahannya, sampai sepatu ini berwarna pudarpun, solnya akan tetap kuat dan tidak "jebol". Berbeda ketika kita membeli tiruan atau "KW-an" converse, memang kita bisa membeli dengan harga sekitar Rp 100.000 saja, tapi apabila dipakai, belum sampai 1 tahun pasti sudah rusak.

    BalasHapus
  18. menurut saya, harga dianggap adil jika harga tersebut sesuai dengan kualitas barangnya. contoh harga yang adil yang saya ketahui adalah sepatu everbest, karena kualitasnya yang baik, sangat nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, harga yang adil ketika semua konsumen mendpatkan perlakuan harga yang sama. Contohnya adalah O-renz taxi. Dimna layanan jasa ini menetapkan harga yang sama kepada setiap konsumen. Tanpa membeda-bedakan siapa itu konsumennya.

    BalasHapus
  20. Menurut saya, harga yang adil ketika semua konsumen mendpatkan perlakuan harga yang sama. Contohnya adalah O-renz taxi. Dimna layanan jasa ini menetapkan harga yang sama kepada setiap konsumen. Tanpa membeda-bedakan siapa itu konsumennya.

    BalasHapus
  21. Menurut saya contohnya adalah charles & keith, karena harga yang diberikan sesuai dengan kualitas masing-masing barang yang dijual, harganya kurang lebih setara dengan produk-produk branded lainnya, dan juga pemakaiannya bisa digunakan dalam waktu yang lama.

    BalasHapus
  22. menurut saya harga yang adil adalah harga yang di cantumkan sesuai dengan imbalan dari harga tersebut berupa kualitas,bahan,keprofesionalan,dll yang di berikan terhadap suatu barang atau jasa. contohnya The body shop yang menjual produk kecantikan yang menjunjung tinggi produk dengan penggunaan bahan-bahan alami dalam produk mereka yang dikatakan jauh lebih aman bagi kulit, The Body Shop juga memberikan informasi lengkap pada para kostumer tentang bahan-bahan yang terkandung dalam produk mereka dalam situs The Body Shop. dengan begitu The Body Shop menjual dengan harga yang setara dengan kualitas yang di berikannya kepada konsumen

    BalasHapus
  23. menurut saya harga yang adil adalah harga yang dapat dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat sesuai kemampuan daya belinya. misalnya nokia menawarkan produk hp sesuai dengan daya beli masyarakat dari hp yang biasa sampai dengan yang berkelas.

    BalasHapus
  24. Menurut saya harga yang adil adalah sejumlah uang yang dikeluarkan konsumen sesuai dengan kualitas yang diinginkan konsumen, sehingga konsumen merasa puas dengan harga yang dibayarkan. Saya memberi contoh headphone audio technica m50 dengan harga 2,3jt, dan memiliki kualitas suara yang tidak kalah dengan headphone yang lain dengan harga yang mahal, serta audio technica juga memiliki kualitas audiophile yang bagus dan dan mendapat 3 kabel yang memadai dan semua jack berlapis emas.

    BalasHapus
  25. menurut saya harga yang adil itu adalah harga yang tidak merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak yang lain. Harga itu harus memberi manfaat bagi pembeli dan penjualnya secara adil, yaitu penjual memperoleh keuntungan yang pantas dan pembeli memperoleh manfaat yang setara dengan harga yang dibayarkannya, contohnya saat membeli bbm non subsidi ini saya anggap adil karena harga yang saya bayarkan sepadan dengan manfaat yang saya peroleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara. Karena menurut saya adil adalah sama sama menguntungkan dan membutuhkan dan tidak terkesan salah satu pihak merasa dirugikan

      Hapus
  26. Menurut saya, harga yang adil adalah Nilai harga dimana orang-orang menjual barangnya dan diterima secara umum sebagai hal yang sepadan dengan barang yang dijual ataupun barang-barang sejenis lainnya di tempat dan waktu tertentu. Contoh barang yang harganya dapat dikatakan adil adalah kain batik tulis. Harga batik tulis akan semakin tinggi jika kerumitan motif batiknya juga tinggi, namun hal tersebut setara dengan keindahan motif batik dan kualitas yang akan dihasilkan. Konsumen akan merasa adil dengan harga yang ditetapkan produsen batik tulis karena dengan harga yang sesuai, konsumen mendapatkan kain batik dengan kualitas yang tinggi dan tidak diproduksi dalam jumlah banyak.

    BalasHapus
  27. Menurut saya, harga yang adil adalah harga yang sesuai kualitas yang diberikan serta usaha yang terkandung didalam produk saat memproduksinya. contohnya kain tenun, harga kain tenun yang mahal sangat sesuai dengan kualitas yang diberikan, untuk memproduksi kain tenun pun lebih susah daripada kain biasa dari pabrikan sehingga harga yang diberikan memang sesuai

    BalasHapus
  28. Menurut saya, harga yang adil adalah harga yang tidak menipu para konsumen seperti yang saya alami di salah satu supermarket besar di mall Surabaya. Mereka menerapkan sistem buy 2 get 1 free, tetapi setelah saya cermati, ternyata harga asli ketiga produk tersebut bila dijumlah, memang segitu harganya

    BalasHapus
  29. Harga yang adil menurut saya adalah ketika harga tersebut asli, dan didiskon bukan karena suatu kondisi tertentu, seperti produk yang akan kadaluarsa, atau memang tidak musimnya.

    BalasHapus
  30. Harga adil menurut saya ketika produk yang ditawarkan kepada konsumen memiliki harga yang sepadan dengan manfaat yang diberikan. Saya memberikan contoh produk olahan kulit manggis yaitu Xamthone, meskipun harga dari produk tersebut terbilang tinggi sekita 250 rb ke atas namun menurut saya produk ini memberikan harga yang adil karena manfaat yang diberikan kepada konsumen sangat banyak yaitu menyembuhkan penyakit-penyakit akut seperti kanker, jantung, hepatitis dan masih banyak lagi. Dengan harga produk yang seperti itu konsumen bisa memperoleh kesembuhan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harus berobat ke dokter.

    BalasHapus
  31. menurut saya harga yang adil adalah ketika dimana kualitas sebanding dengan harga. kalaupun harga dari barang tersbut mahal tetapi jika kualitas yang ditawarkan memang bagus bagi saya itu cukup adil. seperti baju giordano yang menurut orang lain harga kaos biasa aja mahal tetapi menurut saya selama kualitas dari baju tersebut nyaman dipakai maka mahal tidak masalah.

    BalasHapus
  32. menurut saya PT. Danone yaitu dengan produknya Aqua Galon, mematok harga yang adil di produk galonnya tersebut 12 liter dengan harga yang cukup adil dan sepadan dengan apa yang di dapatkan oleh konsumen. 12 liter air minum dihargai kurang lebih 15 ribu dan harganya tidak terlalu mahal karena bisa menutup kebutuhan akan air minum dalam satu keluarga

    BalasHapus
  33. Menurut saya produk yang adil adalah indomie, karena indomie harganya terjangkau, selain itu indomie juga memiliki berbagai macam rasa agar konsumen tidak bosan serta memberikan rasa kenyang pada konsumen.

    BalasHapus
  34. Menurut saya adil adil saja.sebagai contoh produk baju POLO penjual di pasar menjualnya dengan harga tinggi karena ketidak tahuan konsumen tentang harga pokoknya di sana kesempatan penjual mengambil keuntungan yang banyak.adil adil saja karena penjual juga harus memikirkan jika barang dagangannya tidak laku resiko harus di tanggung penjual,konsumen tidak ikut menanggung,sehingga untung yang di ambil harus banyak untuk mengantisipasi barang tidak laku.

    Budi lukito 3103012063

    BalasHapus
  35. Menurut saya harga yg adil adalah harga yang sesuai dengan nilai manfaat dari suatu produk

    BalasHapus
  36. menurut saya harga yang adil itu adalah harga yang sesuai dengan kualitas yang di tawarkan. Menurut saya produk yang memiliki harga yang adil adalah hp Xiomi. Karena Xiomi menawarkan kualitas dan fitur yang bagus dan menawarkan harga yang cukup terjangkau.

    BalasHapus
  37. Jika dikaitkan dengan harga yang adil bagi konsumen, berarti produk yang diberikan harus memiliki kualitas dan spesifikasi yg jelas, sebagai contoh HP Iphone spesifikasi jelas, kualitas jelas disitu sudah sesuai dengan harga yg diberikan dan itu sudah adil.
    Namun masyarakat indonesia pada umumnya menganggap harga adil jika produk itu murah namun kualitas barang yang dihasilkan bagus, dan itulah yg membuat konsumen indonesia dipermainkan oleh perusahaan asing dan diiming2i barang harga murah kualitas bagus namunya hanya bertahan sebentar

    BalasHapus
  38. Pendapat saya mengenai harga yang adil sama seperti teman teman diatas. Bahwa harga dianggap adil apabila manfaat yang kita terima sama dengan biaya yang kita keluarkan. Perusahaan juga sebaiknya adil dalam memberikan harga dengan menyesuiakan kondisi dimana target market berada. Contoh produk sembako seperti beras, yang apabila dijual diperkotaan harganya bisa mencapai 200rb-250rb sedangkan dijual di desa sekitar 100rb. Karna tidaklah bisa menyamakan kehidupan serta penghasilan masyarakat dikota dan didesa

    BalasHapus
  39. Menurut saya, produk yang harganya adil adalah air mineral. Seperti club. Karena harga produk tersebut sesuai dengan kualitas yang di jual. Namun banyak juga air mineral yang lainnya yang di bawah club, memberikan harga yang sama seperti club tetapi kualitasnya berbeda dengan club bahkan bisa lebih rendah daripada club. Rican Clinton Sitorus / 3103012100

    BalasHapus
  40. Menurut saya contoh produk dengan harga yang adil adalah lotion vaseline, dimana lotion vaseline saat digunakan pada kulit, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal, dan berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Harga lotion vaseline setara dengan manfaatnya, dibandingkan dengan lotion lainnya yang kualitasnya lebih rendah (baru dioleskan pada kulit, terus terpapar sinar matahari, kulit sudah kering lagi).

    BalasHapus

  41. menurut saya contoh produk dengan harga yang adil adalah speaker merk harman/kardon. karena speaker tersebut menghasilkan suara yang sangat jernih dan mempunyai design yang simple yang mudah dibawa kemana-mana dengan hasil suara yang memuaskan, serta dilengkapi dengan fasilitas bluetooth yang memudahkan untuk terkoneksi ke HP atau gadget lainnya. dan harga speaker harman/kardon sendiri sebanding dengan kualitas yang memuaskan.

    BalasHapus
  42. Menurut saya, harga yang adil adalah harga yang dikeluarkan oleh para konsumen sesuai dengan kualitas, fitur, serta spesifikasi yang sepadan dengan apa yg didapat para konsumen. Contoh produk dengan harga yang adil adalah mobil alphard, yang memiliki harga kelas atas karena kualitas, fitur, dan spesifikasi yang ada di mobil alphard sudah menjadi keunggulan tersendiri. Mobil "gaya hidup" ini memiliki kualitas barang seperti mesin yang halus, fitur yang ada pada interior mobil, ditambah nilai kegunaannya sebagai mobil bergaya kelas atas dan itu dapat menambah manfaat dan kualitas dari produk alphard sendiri.

    BalasHapus
  43. Menurut saya, harga yang adil adalah ketika harga yang dikeluarkan sama dengan manfaat yang kita terima dan juga harga yang dianggap adil itu dapat memenuhi kualitas yang diharapkan konsumen.
    Contohnya seperti jam tangan Seven Friday yang memiliki ketahanan dan kualitas yang bagus. Sehingga ketika konsumen membeli jam tangan tersebut tidak merasa rugi. Karena meskipun harganya mahal tapi kualitas yang diberikan memuaskan.

    BalasHapus
  44. Menurut saya, harga yang adil adalah harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh suatu barang. Contohnya adalah jam tangan merk Guess. Menurut saya, harga dengan produk yang ditawarkan itu sesuai karena kualitasnya lebih baik, jika dibandingkan dengan jam tangan lain yang lebih murah, namun lebih cepat rusak, seperti dari segi kulit jamnya, dll

    BalasHapus
  45. Menurut saya harga adil yang dianggap oleh konsumen yaitu pemakaian produk The Body Shop. The body Shop ini merupakan produk internasional kosmetika yang terkenal dan produk-produknya menggunakan zat herbal. Produk yang dijual meliputi kecantikan dan perawatan tubuh. Harga yang diberikan cukup mahal tetapi sesuai dengan kualitas yang diberikan. Konsumen banyak yang terpuaskan dengan pemakaian produk ini karena sangat aman digunakan.

    BalasHapus
  46. Menurut saya harga dikatakan adil seperti banyak pengguna motor beat dari produk Honda yang karena harganya yang terjangkau dan sangat pas dengan keunggulann fiturnya yang elegan dan banyak disukai masyarakat saat ini karena irit bensin.

    BalasHapus
  47. Harga yang saya anggap adil menurut saya adalah apabila harga yang ditetapkan sebanding dengan kegunaan dan kualitasnya, Contohnya adalah smartphone Samsung. Selain memiliki kualitas yang bagus, smartphone Samsung juga memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan kebanyakan smartphone yang ada saat ini.
    Yuan Lie / Kelas B

    BalasHapus
  48. Harga yang adil menurut saya adalah harga yg ditetapkan olh produsen sebanding dengan nilai yg akan didapat olh konsumen. Contoh yg dapat saya berikan adalah sepatu Bata dgn harga" yg bersahabat tanpa mengurangi kualitas produknya.

    BalasHapus
  49. Menurut saya harga yang adil adalah harga yang ditetapkan kepada konsumen sesuai dengan biaya yang dikorbankan oleh produsen. Contohnya ketika membeli cleo di toko ritel kecil/tradisional harganya akan lebih murah dibandingkan ketika membeli cleo di dalam mall/restoran. Karena adanya biaya yang dikorbankan dari produsen hingga ke konsumen akhir.

    BalasHapus
  50. persepsi saya tentang harga yang adil yaitu dimana harga yang terdapat pada suatu produk adalah sesuai dengan nilai yang ada dalam suatu produk tersebut dan bukan didasarkan prinsip predator price. contoh perusahaannya yaitu PT. Telkomsel yang menjual pulsa dengan harga yang sama nominal pulsa yang tertera di kemasan dan kemudian bersifat konstan dari waktu ke waktu dan harga yang dicantumkan dapat bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ada dalam layanan tersebut

    felix liberty 3103013185

    BalasHapus
  51.  Harga yang adil adalah harga yang didapat dari kesepakatan antara penjual dan pembeli, disertai dengan peran pemerintah sebagai stabilisasi harga yaitu menetapkan batas harga minimum dan menetapkan batas harga maksimum dari harga, dengan presepsi inilah yang dikatakan dengan harga yang adil.

     Kesepakatan antara penjual dan pembeli bermakna sangat luas, tidak hanya yang dikatakan dengan negosiasi, tetapi juga dapat diartikan barang dengan harga yang sesuai dan memberikan manfaat yang sesuai juga, pengertian lainnya adalah harga yang diberikan dari pengorbanan dua belah pihak, inilah yang dikatakan harga yang adil.

     Menurut saya contoh yang paling nyata dan relevan, perusahaan yang bertemu langsung dengan konsumen, seperti dealer mobil, terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli yang saling menguntungkan dan dimana pemerintah secara tidak langsung berpengaruh dalam menetapkan batas harga minimum dan maksimum.

    ETIKA BISNIS KELAS B

    IAN EKA WIDJAJA / 3103014227

    BalasHapus
  52. Harga yang adil menurut saya adalah harga yang sudah disepakati oleh penjual dan pembeli dimana harga tersebut masi dalam tingkat yang wajar dan bisa dibilang sesuai pasaran yang disepakati oleh pemerintah.
    Saya pernah menggunakan jasa gojek dimana jasa tersebut menawarkan antar jemput/ membeli barang dan mengantarkannya ke tempat tujuan, dimana harganya jauh dekat hanya Rp 10.000. Harga tersebut bagi saya sudah adil dimana ojek biasa menawarkan harga yang lebih tinggi dalam melakukan jasa tersebut.

    BalasHapus
  53. Menurut saya harga yang adil adalah barang yang kita beli, harganya sesuai dengan kualitas yang diberikan,, sasaran target pasarnya jua harus jelas,, bila target pasar menengah ke bawah, harus diberikan harga yang dapat di jangkau di kalangan tersebut, begitu pula sebaliknya,, bukan sekedar produk dengan harga tinggi karna sudah memiliki nama tetapi melupakan kualitas dan kepuasan konsumennya,, contohnya seperti produk baju chanel, harganya memang mahal, tetapi produk ini memang memiliki ciri khas dan tidak menjiplak model baju lain, sehingga konsumen akan merasa puas dan tidak rugi setelah membelinya..terima kasih..

    BalasHapus
  54. Harga yg adil menurut saya ketika saya membeli produk atau jasa yang sesuai dengan pemikiran manfaat ketika saya ingin membeli produk/jasa tersebut.
    Contohnya ialah sepatu futsal, dengan pemikiran sepatu tersebut dapat awet hingga setahun lebih dan ternyata dapat awet tidak rusak saya menganggapnya harganya adil.

    BalasHapus
  55. Harga yang adil, harga yang selisihnya tidak banyak dengan harga hasilnya, contoh produk yaitu Rokok Surya 12 dengan harga 12.500. Rican C. Sitorus/3103012100

    BalasHapus
  56. Harga yang adil merupakan harga (nilai barang) yang dibayarkan untuk suatu objek tertentu yang diberikan pada waktu dan tempat diserahkan barang tersebut. Definisi harga yang adil juga bisa diambil dari konsep Aquinas yang mendefinisikannya dengan harga kompetitif normal. Yaitu harga yang berada dalam persaingan sempurna yang disebabkan oleh supply dan demand dimana tidak ada unsur spekulasi.

    BalasHapus
  57. menurut saya harga yang adil itu adalah jika harga produk yang diberikan penjual ke pembeli itu wajar sesuai harga produk tersebut di pasaran.contohnya jika kita beli baju di satu toko harganya 50 rb.dan di di toko lainnya harga baju tersebut juga sama.

    Joseph Julianto/3103012216

    BalasHapus
  58. menurut saya harga yang adil yaitu ketika produk/barang yang kita beli sesuai dengan kualitas yang dimiliki produk tersebut,contoh : sepatu Charless & Keith motif nya bagus-bagus,dan bahannya tidak gampang rusak sampai bertahun-tahun,walaupun termasuk harga yang mahal,tetapi bagi saya itu adil,karena sesuai antara harga dan produknya.

    BalasHapus
  59. Menurut saya, harga yang adil adalah saat harga yang harus kita bayar sudah sesuai dengan kualitas serta kuantitas barang ato jasa yang akan kita dapatkan, serta masih berada pada tingkat harga yang wajar di pasaran. Contohnya seperti saat menggunakan jasa pengiriman seperti JNE, biaya pengiriman dengan menggunakan JNE YES lebih mahal. Hal tersebut wajar karena waktu pengiriman yang cepat, hanya 1 hari.

    BalasHapus
  60. Menurut saya, produk yang harganya adil adalah air mineral Club karna dari harganya sudah sangat pas dengan kualitasnya.

    BalasHapus
  61. Kelas E
    Antonius raya
    3103014091

    Menurut saya harga yang adil ketika apa yang konsumen keluarkan sebanding dengan yang konsumen terima..

    BalasHapus
  62. Menurut saya harga yang adil adalah dimana dengan mengeluarkan biaya yang tidak relative sedikit namun konsumen tersebut mendapatkan kepuasaan juga kenyamanan dari barang yang di pilih , contoh seperti orang yang memilih membeli mobil keluarga pasti orang tersebut memilih mobil dengan harga yang tidak relative murah namun dari segi kenyamanan dan juga keselamatannya terjamin seperti adanya fitur airbag , dll

    BalasHapus