SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Senin, 05 Oktober 2015

Ketika Produsen Harus Lebih Bertanggung Jawab



"Teliti sebelum membeli" merupakan ungkapan yang menyiratkan akan posisi yang sangat lemah dari konsumen dan menunjukkan posisi sebaliknya dari produsen. Akan tetapi, era tersebut sepertinya akan berakhir. Tingkat persaingan yang semakin ketat dalam bisnis serta semakin cerdasnya konsumen mendorong munculnya ungkapan baru yaitu "Teliti sebelum menjual" atau "Teliti sebelum memproduksi". Tanggung jawab akan dampak dari apa yang dikonsumsi bukan lagi terutama terletak pada konsumen tapi justru pada produsen. Selain akan berhadapan dengan tuntutan hukum, produsen juga akan berhadapan dengan “sanksi” yang lebih berat yaitu beralihnya konsumen ke produsen lain. Memang salah satu tuntutan etis yang mendasar dalam bisnis adalah bagaimana pebisnis menghasilkan produk barang dan jasa yang tidak atau semakin kecil dampak negatifnya terhadap konsumen.
Pepsi Co. merupakan perusahaan multinasional di bidang makanan dan minuman. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada produknya yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat merugikan kesehatan karena kalori dan gula yang terkandung di dalamnya. Pepsi Co. menyadari bahwa produknya memang dapat dikategorikan dalam dua bentuk yaitu “Fun for You” (produk yang menyenangkan ketika dikonsumsi tapi dapat berdampak negative ketika mencapai jumlah tertentu) dan “Good for You” (produk yang baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi, seperti Quaker Oats dan Tropicana). Menurut Indra Nooyi, CEO Pepsi Co., saat ini perusahaan semakin mengurangi gula, garam, dan lemak pada produk-produk utamanya (HBR, September 2015). Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa Pepsi Co. semakin menunjukkan tanggung jawab terhadap konsumennya.

Bahan Diskusi:
Berilah contoh praktek bisnis yang menunjukkan bahwa pebisnis bertanggung jawab terhadap konsumen yang menggunakan produknya yang pernah Saudara dengar, baca, atau bahkan alami sendiri. Silahkan mencantumkan nama organisasi yang mempraktekkannya. Sebab, salah satu tuntutan etis bagi kita untuk ikut menyebarkan sisi-sisi positif dari organisasi bisnis yang ada. Selamat berdiskusi...


MOHON PERHATIAN:
Khusus untuk postingan ini, Kelas A dan Kelas B harus memberi contoh pebisnis yang bertanggung jawab dan setelah itu bisa menanggapi contoh dari teman-teman yang lain

90 komentar:

  1. Saya akan memberikan contoh, perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen yang menggunakan produknya, yaitu PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Dimana setiap kemasan rokok di berikan gambar dan peringatan, bahwa "merokok sebabkan kanker paru-paru dan bronkitis kronis". Lisa kls B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf  sebelumnya, saya sedikit menambahkan bahwa peringatan dan gambar yang ada pada kemasan rokok tersebut bukan merupakan tanggung jawab dari produsen, melainkan syarat formal yang dilakukan produsen untuk menghindari tuntutan hukum, agar pada saat ada complain, perusahaan dapat melawan dengan peringatan tersebut.

       

      Selain itu untuk rokok tidak hanya penggunanya yang merasakan imbas, tetapi pengguna pasif atau yang menghirup dapat merasakan dampaknya juga¸ apakah perusahaan sudah memberikan tanggung jawab juga terhadap perokok pasif?

      Terima kasih

       

       

      Ian Eka Widjaja / Etika Bisnis / Kelas B

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pernyataan saudara ian. Memang gambar peringatan yang tercantum dalam kemasan produk rokok adalah persyaratan formal yang harus dipenuhi setiap perusahaan rokok terhadap produk rokok mereka. Yang saya ingin tanyakan kepada saudari lisa, apakah ada perusahaan rokok yang berupaya untuk mengurangi bahaya yang dapat ditimbulkan dari produk rokok itu sendiri baik kepada pengguna langsung nya ataupun bagi perokok pasif nya ? Misalkan dengan mengurangi kadar kandungan zat tertentu di dalam produk rokok yang dapat membahayakan kesehatan atau dengan cara-cara yang lain. Menurut saudari, apakah ada perusahaan rokok yang berupaya demikian ? Jika ada, tolong berikan contoh konkrit nya. Terima kasih..

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pernyataan saudara ian. Memang gambar peringatan yang tercantum dalam kemasan produk rokok adalah persyaratan formal yang harus dipenuhi setiap perusahaan rokok terhadap produk rokok mereka

      budi lukito/3103012063

      Hapus
  2. Salah satu contohny yaitu unilever , di mana telah memproduksi berbagai macam produk konsumen hingga 400 merek produk, dan hmpir seluruhnya menjadi pemimpin pasar.salah satu konsep etikanya adalah mengedepankan konsumen dengan menawarkan nilai produk yang aman dr segi kualitas, dan harga yg terjangkau. Produk2 nya aman untuk d konsumsi sehingga dpt menjdi pemimpin pasar dan barang produksiny akan d beri label unilever yang di komunikasikan salah satunya lwt iklan.terima ksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, menurut saya ada beberapa argument dimana saya kurang setuju. Yaitu Unilever sesungguhnya lebih mengarah kepada produk yang bertanggung jawab kepada lingkungan sekitar atau alam bukan langsung kepada konsumennya, sehingga konsumen mendapatkan keamanan setelah lingkungan aman.

       

      selain itu produk yang dijual oleh unilever harganya juga tidak murah untuk produk asli berkualitas tinggi, berbeda dengan produk yang diterima di pasar dengan harga yang lebih miring dengan kualitas yang kurang baik.

       

      Perusahaan yang bertanggung jawab adalah perusahaan yang mengutamakan konsumen. Apakah perusahaan yang memimpin pasar dan memberikan harga yang murah juga menjadi indicator perushaaan tersebut bertanggung jawab terhadap konsumen?

      Terima kasih

      Ian Eka Widjaja / Etika Bisnis / Kelas B

      Hapus
    2. Terima kasih ian. Memang produk unilever bertanggung jawab kepada lingkungan, ttapi itu adalah salah satu dari keunggulan tanggung jawab dr unilever. Tetapi aspek lainnya adalah bertanggung jawab pada konsumen, dimana misalnya Anda berkata bahwa perusahaan yang bertanggung jawab adalah perusahaan yang mengutamakan konsumen, apakah unilever tidak mengutamkan konsumen jg?salah satunya seperti yang Anda sebutkan yaitu bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sehingha konsumen dapat memandang produk ini sbgai produk yang memiliki keunggulan2. Semuanya memiliki keterkaitan, tidak hanya dapat dipandang dari 1 segi dan berhenti pada segi itu saja. Dan saya sering melihat produk dari unilver dan harganya semua terjangkau dan dibagi untuk beberapa segmen tertentu dan jangan di lihat dari 1 segmen saja. Dan pertanyaan terakhir Anda, dimana memimpin pasar aalah salah satu reward yangdi raih oleh unilever d mana d dapatkan salah satunya karena kepercayaan konsumen sehingga permintaan thdap produknya tinggi. Msl unilever tidak melihat dari sisi konsumen secara lsg, aapalgi dgn harga tidak terjangkau apakah bisa mendapatkan reward, ini adalah straegi bisnis nya. Terima kasih

      Hapus
  3. Menurut saya, bisnis produsen yang bertanggung jawab kepada produsen adalah semua produsen, dikarenakan sebelum produsen menjual pasti akan diseleksi dan harus dinyatakan aman oleh Dinas Kesehatan, dan juga harus sesuai dengan SNI, sehingga pada akhirnya semua produk dapat dinyatakan aman.

     

    Aman tau tidak dari sebuah produk sebetulnya dikembalikan kepada konsumenya, dimana sebua baik bila dikonsumsi sesuai dengan takarannya.

     

    Menurut saya produsen yang memiliki tanggung jawab kepada konsumenya secara lebih spesifik adalah produsen obat obatan, PT Sidomuncul dan Tolak Angin, Pharmaceutical Industries dan beberapa produsen lainnya

    Terima kasih

    Ian Eka Widjaja / Etika Bisnis / Kelas B

    BalasHapus
  4. Menurut saya, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumen melalui hasil produk mereka adalah PT Bina Karya Prima yang memproduksi margarin "ForVita". PT BKP memproduksi margarin "ForVita" dengan menyaring dan membuang semua lemak trans (lemak jahat) sehingga produk margarin ini tetap aman bagi kesehatan jika dikonsumsi secara sering. Di samping itu, PT BKP juga menambah tambahan kandungan fortifikasi vitamin A dalam produk margarin "ForVita" sehingga hal ini tentunya menambah manfaat yang didapat konsumen dari produk ini selain dari kegunaan utamanya yang hanya sebagai bahan masak-masakan tumis, pelapis roti, dan sebagainya. Intinya produk ini memberikan keamanan dan manfaat lebih bagi penggunanya sehingga hal ini meningkatkan nilai produk di mata konsumen. Terima kasih..

    BalasHapus
  5. Menurut saya, perusahaan yang bertanggungjawab terhadap produknya adalah PT. MIKIE OLEO NABATI INDUSTRI (produsen minyak goreng SunCo).
    Minyak goreng SunCo diproduksi dengan melalui 5 tahapan proses yakni 3 kali proses pemurnian dan 2 kali proses penyaringan sehingga menghasilkan minyak goreng yang baik.
    Oleh sebab itu, minyak goreng produk SunCo bening, tidak mudah beku, dan tidak lengket sehingga meminimalkan resiko timbulnya kanker pada tubuh manusia dan memiliki minyak jenuh terendah dibanding yang lainnya.
    Selain itu, SunCo adalah minyak goreng pertama dengan Fortifikasi Vitamin A dari Jerman, Vitamin A tidak hilang pada waktu dipanaskan.
    PT. MIKIE OLEO NABATI INDUSTRI dapat dikatakan bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis karena tidak hanya asal memproduksi minyak goreng, tetapi juga memperhatikan komposisi minyak goreng yang diproduksi dan juga kesehatan konsumen yang mengkonsumsi.

    BalasHapus
  6. Contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya, menurut sepengetahuan saya adalah PT Otsuka dengan produknya adalah Pocari Sweat, dimana isi daripada Pocari Sweat diproduksi sama sekali tidak bersentuhan langsung dengan tangan manusia, dan selalu menjaga kualitas dati produk. Jadi isinya terjamin.

    BalasHapus
  7. Menurut saya, contohnya adalah PT Siantar Top Tbk dengan produknya, yaitu Go Potato, dimana Go Potato dibuat tidak menggunakan minyak, melainkan teknik oven, sehingga lebih ramah di tubuh konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari saudari shelvye lebih ramah di tubuh konsumen tuh bagai mana, saya kurang jelas.

      Hapus
  8. contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya , menurut saya adalah PT mercedenz - Benz adalah penemu dari sistem "pre-safe" yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.

    BalasHapus
  9. Menurut saya perusahaan atau penjual yang memiliki tanggung jawab kepada konsumen dan produk yang dijualnya adalah toys city. Memang perusahaan toys city ini bergerak dalam bidang menjual mainan anak. Mainan ini sangat identik bagi para balita hingga usia 13 tahunan. Namun dalam praktik penjualannya toys city tidak menjual mainan anak secara sembarangan saja. Setiap mainan yg dijual terdapat petunjuk yang memperlihatkan untuk usia berapa mainan ini cocok bagi kategori usia anak. Hal ini juga menujukkan bahwa toys city juga peduli terhadap perkembangan psikologi anak karena secara tidak langsung mainan juga mempengaruhi pola perilaku anak.

    BalasHapus
  10. menurut saya praktek bisnis yang bertanggung jawab terhadap konsumen yang menggunakan produknya yang saya alami sendiri adalah perusahaan Aqua dimana air mineral atau air minum kemasan berasal daria air pegunungan jelas terbukti sehat dan higienis untuk dikonsumsi sehari-hari.

    BalasHapus
  11. Saya akan memberikan contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen melalui inovasi produk yang telah diciptakan dan memiliki manfaat khusus bagi kesehatan yaitu Yakult :

    Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus. Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti: 1. Mencegah gangguan pencernaan 2. Meningkatkan daya tahan tubuh 3. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus 4. Mengurangi racun dalam usus 5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

    BalasHapus
  12. Menurut saya, salah satu usaha yang bertanggung jawab terhadap konsumennya adalah Gramedia, karena ia memisahkan letak rak komik untuk anak-anak dan remaja dengan komik dewasa (terutama di Gramedia Supermall Pakuwon Indah, karena letaknya cukup berjauhan dan terpencil). Menurut hasil pengamatan dan pengalaman saya, anak-anak dan remaja yang berkunjung ke toko buku dan mencari komik, cenderung melihat dan membaca komik apapun yang gambarnya bagus, padahal belum tentu kategori umurnya cocok dengan mereka, misalnya komik dewasa. Karena itu, menurut saya memisahkan letak rak dan meletakkannya di lokasi yang berbeda, seperti di Gramedia SPI, dapat mencegah anak-anak membaca hal-hal yang belum waktunya mereka baca, dan hanya membaca buku komik yang memang cocok untuk umur mereka

    BalasHapus
  13. Saya memberi contoh produk gula dari Tropicana Slim. Seperti yang kita tahu bawa sebagian besar produk yang kita konsumsi tiap harinya mengandung gula, yang apabila dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan. Produk bebas gula awalnya memang lebih populer di kalangan penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Tapi sekarang, banyak orang yang mulai membatasi konsumsi gula. Tujuannya: untuk mencegah diabetes, mengontrol asupan kalori, serta menjaga agar badan tetap sehat Karena itulah gula Tropicana Slim bisa membantu Anda hidup sehat tanpa mengorbankan citarasa plus nikmati manisnya hidup lebih lama. Dengan produk gula yang sehat dan rendah kalori, jelas terlihat bahwa Tropicana Slim bertangggung jawab terhadap konsumen lewat produk yang dikeluarkannnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan contoh dengan contoh produk yang di contohkan oleh saudari ravenca tetang produk trpicana slim yang bertanggung jawab atas produk yang ia berikan akan tetapi sudah jelas tropicana harus memberikan pemanis buatan yang rendah kalori karena saya rasa seluruh perusahaan yang mengeluarkan pemanis buatan ini tidak pernah mencoba mencampurkan atau membuat pemanis buatannya dengan hal lain disamping itu mengomsumsi pemanis buatan yang berlebihan akan dapat berbahaya bagi kesehatan. sekian dari tanggapan saya

      Hapus
  14. menurut saya, salah satu usaha yang dapat memberikan sisi negatif dan sisi positif dari suatu produk adalah PT. Indofood Sukses Makmur, karena PT ini dapat memberitahukan ke semua konsumen nya apabila mengonsumsi mie instan dalam jumlah dan terlalu sering akan mengakibatkan kematian yang di sebabkan banyaknya zat-zat kimia yang terkandung di dalam mie instan tersebut. di sisi lain produk mie instan ini juga memiliki kelebihan contohnya dapat di sajikan dengan cepat dan sebagai pengganjal perut disaat-saat tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan ketika seseorang mengkonsumsi mie instan secara terus menerus, yaitu gangguan pada pencernaan dan memicu penyakit kanker. Sebagai konsumen yang pernah memakan mie instans, saya menyarankan agar iklan produk mie instan menyertakan cara membuat mie instan yang benar (tidak hanya cara penyajian, tapi lebih kepada: jika ingin membuat mie kuah, maka air rebusan mie dan air rebusan untuk kuah harus terpisah-sebagai salah satu contohnya), sehingga mengurangi efek atau dampak dari mie instans itu sendiri. Itu tambahan dari saya, terimakasih

      Hapus
  15. menurut saya produk yang memberikan manfaat kepada konsumen dan tidak memberikan dampak kesehatan yang buruk buat konsumen adalah produk minuman pulpy orange dan You C1000. Sebagaimana kita tau bahwa minuman tersebut terbuat dari bahan jeruk yang sangat baik bagi kesehatan terlebih jika seseorang sedang mengalami sariawan karena dapat mengurangi bahkan menyembuhkan sariawan tersebut. Selain sebagai minuman yang dapat mengurangi sariawan minuman ini juga dapat kita andalkan dalam menyuplai vitamin C kedalam tubuh kita karena kandungannya tadi..
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju dengan pendapat saudara, karena minuman pulpy orange dan you c1000 itu mengandung pewarna, pewarna yg jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan kita. Menurut saya minuman yang memberikan dampak yg baik bagi kita adalah aqua, karena aqua tidak memakai bahan pewarna.

      Hapus
  16. Waktu itu saya mewawancarai UMKM sambal DD Satoe. Kebetulan saya wawancara dalam rangka mengerjakan tugas Manajemen Usaha Kecil. Sambal DD Satoe adalah usaha sambal yang dikemas dalam wadah berbentuk botol kecil. Narasumber menyatakan bahwa sambal yang dj produksinya tidak menggunakan MSG dan pengawet. Beliau menggunakan pengawet alami yaitu minyak. Menurut saya pemilik usaha sambal DD Satoe ini telah bertanggung jawab kepada konsumen dengan cara menggunakan bahan yang baik untuk di konsumsi. Terima kasih.

    BalasHapus
  17. Contoh perusahaan yang bertanggung jawab pada konsumen adalah PT. PLN yang memberikan perlindungan terhadap pelanggan dengan melaksanakan prioritas layanan kepada masyarakat. PT PLN selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan listrik calon pelanggan mulai dari kelas rumah tangga, usaha atau bisnis,industri dan umum.

    BalasHapus
  18. Saya memberi contoh salah satu perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen itu seperti perusahaan go jek . Menurut saya perusahaan ini sangat bertanggung jawab terhadap konsumennya
    Go jek memiliki berbagai layanan seperti pembelian barang , makanan ,ataupun mengantar konsumen langsung . Salah satu contoh tanggung jawab go jek adalah selalu jujur dan bertanggung jawab ke para konsumennya ,salah satu dengan menyiapkan helm,jaket,penutup rambut untuk keselamatan dan kebersihan yang di berikan go jek ke para konsumennya .

    BalasHapus
  19. Menurut saya, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumen melalui hasil produk mereka adalah PT DANONE AQUA, yang memiliki program yang disebut WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang bertujuan untuk meningkatkan lingkungan bagi masyarakat pra-sejahtera. Melalui program WASH, AQUA berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Kegiatan ini terspesifikasi dengan jelas, dimana Aqua mengupayakan program pengadaan air bersih bagi masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan air bersih yaitu di Timor Tengah Selatan, NTT. Program ini sesuai dengan citra produk yang dihasilkan Aqua yaitu air mineral. Sudah selayaknya Aqua sebagai sebagai salah satu produk air mineral terkemuka di Indonesia melakukan program CSR yang berhubungan dengan produk yang diproduksinya, yaitu air. Mengingat air bersih merupakan salah satu komoditas utama yang sangat penting bagi masyarakat luas.

    BalasHapus
  20. menurut saya,salah satu contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya adalah Auto 2000. dimana perusahaan ini menyediakan program-program guna memenuhi kebutuhan konsumennya,antara lain layanan ERA (Emergency Road Assistant) 24 jam sehingga konsumen akan merasa aman dalam berkendara,layanan THS (Toyota Home Service) yang siap melakukan perbaikan ringan atau perawatan pada kendaraan Toyota customer, tanpa customer harus datang ke Auto 2000 (proses pengerjaan dilakukan di rumah, kantor sesuai dengan lokasi yang disepakati)

    BalasHapus
  21. Saya akan memberikan contoh perusahaan yang bertanggung jawab atas produk yang di jual terhadap konsumen. Perusahaan air minum cleo adalah salah satu contohnya, di mana perusahaan ini memproduksi air minum dengan standar kualitas tinggi tanpa mengandung mineral seperti yg di produksi oleh perusahaan lain. Cleo merupakan produk dari tanobel food, pure water merupakan unggulan dari air minum cleo di mana air minum ini di produksi secara murni tanpa mengandung mineral dan kaya akan oksigen. Sehingga memiliki dampak yang baik bagi konsumen karena dengan pure water akan menambah oksigen di dalam tubuh dan membuat tubuh lebih terasa segar karena air minum cleo tidak ada mineral yang mengandung bahan bahan yang tidak baik di konsumsi oleh tubuh konsumen. Ini adalah cara cleo memberikan tanggung jawab bagi konsumen dalam hal kesehatan.

    BalasHapus
  22. Contoh perusahaan yang bertanggung jawab atas produk yang di jual terhadap konsumen adalah perusahaan-perusahaan yang menjual mobil salah satu contohnya adalah toyota.Toyota selalu menukarkan mobil yang barusan dibeli oleh konsumen dan ternyata mobil itu ada sedikit cacat, toyota akan menukarkan mobil yang cacat itu dengan mobil yang baru lagi.Ini adalah salah satu cara toyota untuk bertanggung jawab atas mobil yang mereka keluarkan.

    BalasHapus
  23. Menurut saya contoh praktek bisnis yang bertanggung jawab terhadap konsumen yang menggunakan produknya adalah PHD (Pizza Hut Delivery). Bentuk tanggung jawab PHD adalah dengan menerapkan kebijakan bahwa jika pesanan terlambat datang atau tidak sampai ke tangan konsumen selama lebih dari 30 menit, maka konsumen tersebut berhak mendapatkan gratis 1 pizza regular.

    BalasHapus
  24. 2010, Toyota melakukan penarikan kembali produk mobilnya Prius dan Lexus. Penarikan kembali ini dilakukan karena keluhan2 dari konsumen mengenai pedal gas yg kadang tidak kembali ke posisi semula dan juga alas lantai yg mengganggu pedal. Toyota menanggung rugi US$2miliar untuk pertanggungjawaban ini. Saya salut dengan Toyota dalam hal tanggung jawab konsumen

    BalasHapus
  25. praktek bisnis yang menurut saya bertanggung adalah jasa perawatan cat mobil oleh produk atau bengkel scuto yang terletak di jalan HR. Muhammad yang menjamin produknya tidak akan cepat pudar dalam kurun waktu 2 tahun dan saya sendiri telah membuktikan hal itu. disitu saya menarik kesimpulan bahwa scuto sendiri memberikan tanggung jawab penuh terhadap produk yang digunakan di mobil saya. saya pernah mencoba untuk menghilangkan garis-garis halus yang terdapat di mobil dan mereka pun menyambut dengan baik kedatang saya dan tidak meminta biaya tambahn dalam claim tersebut. dalam hal ini saya bangga menjadi konsumen scuto

    BalasHapus
  26. sebuah perusahaan yang bertanggung jawab adalah toko online yang bernama Zalora. Zalora memberikan jaminan bahwa produk yang mereka jual bukanlah barang tiruan atau imitasi, kemudian daripada itu apabila konsumen merasa tidak puas dengan produk yang ditawarkan (contoh tidak sesuai gambar, ukuran, warna, jenis produk, cacat, dll) maka konsumen dapat melakukan retur (pengembalian) barang kepada Zalora dan biaya pengiriman kembali ditangungu oleh Zalora. Berdasarkan pengalaman tahun 2014 kemarin saya melakukan transaksi membeli produk di Zalora, kemudian saya merasa tidak puas dengan produk yang telah di terima dan saya mengirim kembali produk itu dengan ukuran yang sesuai, setelah 4 hari saya dikonfirmasi bahwa barang tersebut telah di kirim kembali dengan ukuran yang sesuai. Dari pengalaman diatas saya sangat mengapresiasikan Zalora sebagai salah satu online shop terbesar di Indonesia dengan penuh tanggung jawab

    BalasHapus
  27. perusahaan yang tanggung jawab itu adalah PHD, karena phd ini perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya dan bisa melayani konsumennya dengan baik di saat nunggu lama phd ini memilih memberikan satu pizza kalau pengirimannya telat dari 30 menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang setuju dengan pendapat saudara bayu, karena menurut saya PHD mengantar dengan waktu kurang dari 30 menit adalah suatu kelebihan dari PHD untuk bersaing. PHD di desain untuk delivery order dan pick up order saja berbeda dengan Pizza Hut yang melayani makan on the spot

      Hapus
  28. Saya akan memberikan contoh tentang Nisim International. Produk ini memang belum seberapa booming di Indonesia. Nisim International merupakan penumbuh rambut terbaik secara global.Nisim memiliki perwakilan resmi di lebih 50 negara. Dengan meyakinkan pelanggan dan memastikan produk yang mereka jual aman,mereka melakukan percobaan klinis selama 5 bulan(2paket perawatan) sudah di Published in the Medical Post Vol.29 pg 61 august 24, 1993 Percobaan klinis selama 5 bulan. 86 persen mengalami pertumbuhan memuaskan dan 14 persen mengalami pertumbuhan biasa. Nisim internasional juga memberikan garansi uang kembali dengan ketentuan yang berlaku jika produk tidak memberikan hasil sama sekali.
    #Wahyu eriyanti,kls A.

    BalasHapus
  29. Saya akan memberikan contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen . Seperti perusahaan atau produk kwcantikan oriflame .perusahaan pertama yang menggunakan ekstrak tanaman dalam produk perawatan kulit, dan selalu berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan bahan-bahan dari sumber tanaman. Sangat aman digunakan dan memiliki kualitas yang tinggi sehingga setiap konsumen akan puas dengan produk oriflame ini . Harga yang mahal terdapat kualitas yang bagus. Seperti halnya perusahaan ini memiliki misi yang bertanggung jawab terhadap produknya . Jika terjadi keluhan, maka akan langsung di tangani oleh pihak manajernya .
    Festy Yolanda - Kleas A

    BalasHapus
  30. Pengalam ini dialami oleh seorang teman dekat saya. Pada saat itu, teman saya membeli susu ultra rasa coklat, tetapi rasa dari susu tersebut tidak seperti biasanya, ketika diperiksa tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluarsanya pun masih lama, akhirnya teman saya memutuskan untuk menghubungi nomor layanan konsumen yang tertera dalam produk susu ultra, singkat cerita pihak susu ultra mengambil sampel dari minuman susu yang dibeli oleh teman saya. Dua minggu setelah kejadian itu, pihak susu ultra mengirimkan souvenir berupa 8 kotak susu ultra ukuran 1 liter sebagai permohonan maaf dan mengakui bahwa memang terjadi kesalahan pada saat produksi. Inilah bentuk pertanggungjawaban dari pihak susu Ultra atas kesalahan produksi yang terjadi. Terimakasih
    -Silvia Ernita/B

    BalasHapus
  31. Menurut saya contoh perusahaan yang bertanggung jawab atas produk yang di jual terhadap konsumen adalah PT Tarakusuma Indah adalah sebuah perusahaan yang hadir untuk memenuhi kebutuhan akan alat proteksi pengendara tersebut, yaitu helm. Bagi PT Tarakusuma Indah, helm bukanlah sekedar alat proteksi belaka, tapi juga harus dapat memberikan kenyamanan dan keindahan estetika bagi pemakainya. Dengan sertifikasi berstandar nasional maupun internasional yaitu SNI dan DOT bahkan Snell, helm-helm produksi PT Tarakusuma Indah memberikan perlindungan maksimal bagi pemakainya dalam mengantisipasi dan mengurangi tingkat cidera kepala yang fatal akibat benturan dalam kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan sepeda motor. Terlebih lagi salah satu produknya yaitu helm KYT sudah mampu menembus ajang balap motor bergengsi di dunia yaitu MotoGP, disitu sudah membuktikan keamanan dan kenyamanan yang diberikan dari produknya untuk bisa bertanggung jawab terhadap konsumen
    Shambas // 3103012163 // kelas A

    BalasHapus
  32. Saya akan memberikan contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen. Seperti Bear Brand. Bear Brand merupakan perahan susu sapi murni yang diproduksi oleh PT. Nestle Indonesia dalam bentuk kaleng. Susu Bear Brand tidak menggunakan tambahan bahan pengawet tetapi menggunakan proses sentralisasi dimana dalam proses ini semua spora, bakteri dan kuman yang terkandung dalam susu akan mati, sehingga dapat langsung dikonsumsi oleh konsumen. Manfaat dari Bear Brend ini sendiri adalah bebas kolestrol karena mengandung lemak yang rendah, tidak membuat gemuk karena lemak jenuhnya terbilang sangat rendah atau tidak terlalu tinggi dan susu ini dpat dikonsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan nutrisi. PT. Nestle Indonesia merupakan salah satu Perusahaan yang memberikan tanggung jawab kepadaa konsumen dalam hal Kesehatan.

    Angela Patrisia - Kelas B

    BalasHapus
  33. menurut saya contoh praktek bisnis yg manusiawi adalah perusahaan indomaret..karena selalu membantu memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.dan indomaret juga memudahkan konsumen dengan fasilitas-fasilitas yg ada di indomaret seperti atm dan layanan jual pulsa,bayar tagihan listrik dll.yg membuat konsumen nyaman berada di indomaret.

    Joseph Julianto-kelas A

    BalasHapus
  34. Menurut saya, contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen melalui produk yang dipasarkan yaitu PT. Otzuka. PT. Otzuka merupakan perusahaan patungan di bidang industri farmasi dengan Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd., Jepang. PT. Otzuka indonesia memproduksi produk-produk yang yang berguna bagi kesehatan konsmuen, seperti moto dari perusahaan ini yaitu "Otzuka people menciptakan produk-produk baru untuk kesehatan yang lebih baik bagi dunia". Contoh Produknya yaitu pocari sweat (minuman isotonik) dan soyjoy (makanan sehat) Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau menambahkan juga bahwa PT. Otsuka bertanggung jawab terhadap lingkungan dan konservasi alam, yang mana perusahaan menyediakan tempat untuk mengelolah limbah pabriknya sendiri sehingga tidak mencemari lingkungan.

      Hapus
  35. contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumennya yaitu PT.ABC yang mana perusahaan pernah menjual salah satu produknya yang berhadiah, namun stok berhadiah tersebut habis dan membuat konsumen kecewa sehingga perusahaan meminta maaf dan sebagai gantinya memberikan souvenir kepada konsumennya tersebut.

    BalasHapus
  36. Saya memberi contoh produk mie instant troicana slim yang less fat.. Kebanyakan mie instant mengandung banyaj garam dan tinggi kalori dan lemak.. Namun mie tropicana slim ini rendah lemak... Karena cara proses produksinya beda dengan mie yang lain.. Jika merk lain memproduksi mie nya dengan cara digoreng, Mie tropicana ini diproduksi dengan cara dipanggang, otomatis rendah lemak..

    BalasHapus
  37. saya memilih perusahaan playmedia milik MNC group yang bertanggung jawab atas konsumennya yang bergerak di bidang multimedia jaringan internet dan TVkabel,play Media menghadirkan konten yang menghibur, mendidik, dan fitur inovatif memberikan kemudahan bagi penggunanya , jenis tanggungjawab yang di berikan playmedia yaitu mengblock situs-situs yang merugikan seperti situs porno dll, dan dalam layanan playmedia memberikan sms ada pelanggan jika terjadi gangguan dan segera di proses gangguan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudara deny, di era globalisasi sekarang banyak anak2 yang menggunakan internet untuk menunjang kegiatan belajar mereka maka dari itu media2 tersebut harus menjaga agar hanya konten yang mendidik dan bermanfaat bagi mereka yang diperbolehkan.

      Hapus
  38. Contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya adalah PT.Garuda Indonesia, ketika terjadi delay(karena kelalaian perusahaan, bukan karena cuaca) PT.Garuda Indonesia akan memberikan kompensasi.Pemberian kompensasi jika >5jam, maka kompensasi akan diberikan kepada konsumen, sehingga hal ini membuktikan bahwa PT.Garuda Indonesia bertanggung jawab kepada konsumennya.

    BalasHapus
  39. saya akan memberikan contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya adalah PT AHM (Astra Honda Motor) yang memberikan pelatihan mengenai safety riding kepada konsumennya, sehingga pengendara motor dapat selalu berkendara dengan aman.

    BalasHapus
  40. Menurut saya contoh yang bertanggung jawab kepada konsumennya adalah no selular xl. Dimana saat ini jaringan pada HP yang paling tinggi adalah jaringan 4G. Sehingga xl memberikan kartu gratis / pertukaran kartu bagi pelanggannya yang masih belum dapat menikmati jaringan tersebut agar dapat menikmati layanan jaringan 4G itu.

    BalasHapus
  41. contohnya perusaahaan di bidang otomotif seperti mitsubishi,honda,toyota dll yang bertanggung jawab terhadap konsumen yang menggunakan produk mobilnya dengan pemberian Airbag di berbagai titik tertentu yang berfungsi untuk melindungi penggunanya dari benturan keras.

    BalasHapus
  42. Dalam hal produsen memberikan perlindungan terhadap hak konsumen. Salah satunya adalah online shopping Lazada, dimana Lazada memberikan hak konsumen berupa jaminan barang kembali dan ditukarkan jikan barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan pelanggannya. Kemudian memberikan garansi pembelian, serta bertanggungjawab dalam memudahkan pelanggan mengakses customer service.

    BalasHapus
  43. Menurut saya contoh yang menberikan tanggung jawab adalah PT. PLN karena PLN memberikan perlindungan terhadap Pelanggan dengan melaksanakan prioritas layanan kepada masyarakat. PT. PLN berusaha untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pelanggan mulai dari kelas rumah tangga, usaha atau bisnis,industri dan umum.  

    Martinus Zedna / 3103012076 / B

    BalasHapus
  44. Menurut saya contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumennya adalah PT. Semen Gresik Tbk yang melakukan penghijauan lahan sekitar pabrik dan membuat akses jalan yang bagus untuk masyarakat sekitar perusahaan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar pabrik, hal itu dilakukan mengingat hal yang ditimbulkan dari aktifitas pabrik yang menyebabkan polusi udara dan kebisingan suara yang mengganggu. Terima kasih
    Yuan H Lie / Kelas B

    BalasHapus
  45. Menurut saya perusahaan yg bertanggung jawab terhadap konsumennya adalah perusahaan Hp OPPO yang dialami salah seorang saudara saya, yang mengalami kerusakan pada hp oppo yg baru di belinya dan akhirnya diganti dengan yang baru oleh perusahaan hp OPPO tersebut.

    BalasHapus
  46. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen adalah perusahaan obat nyamuk Hit yang dulunya pernah terdengar issue bahwa bahan yang digunakan berlebihan dan berbahaya bagi manusia, sehingga perusahaan tersebut menarik kembali produknya dan memunculkan kembali dengan mengurangi jumlah bahan kimia pada produk yang membahayakan manusia serta memberi simbol pada kemasan yaitu "Baru".

    BalasHapus
  47. Saya memberikan contoh perusahaan PT Unilever. Pada produknya, PT Unilever mengurangi busa pada produk nya yg mengeluarkan busa jika dipakai contohnya sabun, shampoo, dll. Dengan begitu pencemaran perusahaan tsb semakin kecil dan perusahaan ini juga bertanggung jawab atas pencemaran lingkungan

    BalasHapus
  48. ini adalah pengalaman saya sendiri. menurut saya P.T. XL Axiata yang bertanggung jawab atas ketidak nyamanan karena saya pada saat itu terkejut ketika melihat pulsa yang baru saya isi tiba tiba terpotong padahal saya telah mendaftarkan paket data untuk di gunakan internet. di saat itu saya mendatangi tempat counter xl dan langsung di layani dan di kembalikan seperti semula.

    BalasHapus
  49. Menurut saya, perusahaan yang bertanggungjawab kepada konsumen adalah Nestlé dengan contoh produk susu anak 1-3 th (Dancow).
    karena susunya mengandung 26 vitamin dan mineral, Lactobacillus PROTECTUS, Prebio 1 (formula prebiotik yang telah dipatenkan Nestlé), DHA dan LA (untuk otak anak), dsb.
    Nestlé menawarkan produk yang memiliki nilai yang baik serta layak untuk dikonsumsi.
    Nilai-nilainya adalah : produknya memberikan perlindungan secara menyeluruh, penting untuk otak, dan juga membantu pertumbuhan anak.

    Karlina Agnes (3103014311)
    Kelas B

    BalasHapus
  50. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen adalah PT Matahari Departemen Store. Dimana Matahari sebagai usaha yang berorientasi kepada konsumen mempunyai tanggung jawab untuk melindungi hak-hak konsumen dan untuk menciptakan lingkungan belanja yang aman. Matahari telah menjalankan beberapa kebijakan untuk menjamin kepuasan konsumen. Untuk menjamin kualitas produk dan meminimalisasi potensi terjadinya keluhan, semua produk dievaluasi dan ditempatkan pada rak, setiap keluhan konsumen dipantau dan arahkan ke departemen terkait untuk ditangani jika diperlukan, produknya juga dilindungi oleh jaminan dan garansi dan juga mengimplementasikan kebijakan penukaran barang dalam waktu seminggu setelah pembelian.

    BalasHapus
  51. Menurut saya produsen yang memiliki tanggung jawab kepada konsumen contohnya pondok sehat. Pondok sehat ini memproduksi produk-produk yang menyehatkan, salah satu produknya yaitu mie sehat organik. Mie ini diolah dari sayuran organik seperti bayam, wortel, sawi, dan tomat. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak mie yang mengandung bahan pengawet dan pastinya berbahaya bagi kesehatan. Lain halnya dengan mie sehat ini, yang mementingkan kesehatan konsumennya sehingga diolah menggunakan bahan-bahan organik dan tanpat menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Hal ini menunjukkan bentuk tanggung jawab dari produsen yaitu pondok sehat terhadap kesehatan konsumen

    Juliet Aristania Mangar
    3103014223
    Etika Bisnis kelas B

    BalasHapus
  52. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab pada konsumen adalah perusahaan ford. Dalam hal ini perusahaan tersebut melakukan penarikan kembali produknya pada era 70-an yaitu ford pinto. Penarikan kembali ford pinto dari pasaran akibat kesalahan produksi tanki bahan bakar. Kesalahan atau cacat produksi tersebut berpotensial membahayakan penggunanya dikarenakan apabila terjadi kecelakaan, tanki bahan bakar akan mudah terbakar dan meledak. Akibat kasus yang terjadi pada ford pada tahun 1981 ford pinto tidak Lagi di produksi.

    BalasHapus
  53. Merutut saya contohnya adalah Honda. Perusahaan ini beberapa saat lalu melakukan recall pada kendaraan bertipe civic dan jazz(fit) produksi tahun 2015 yang di lakukan di US dan canada. Perusahaan ini menyadari terdapat masalah dalam CVT yang ada di kendaraan yang bertipe tersebut dan segera melakukan recall seluruh produk tersebut di US dan Canada melalui dealer-dealer yang bersangkutan yang nantinya menginformasikan pada konsumen yang memiliki kendaraan dengan tipe yang bermasalah tersebut.
    Sumber: liputan6.com

    BalasHapus
  54. Saya pernah mengalami kejadian mengenai pertanggungjawaban dari perusahaan TAM. Waktu itu smartphone blackberry saya rusak dan saya datang ke tempat servicenya yang berada di salah satu plaza. Di sana saya hanya perlu menunjukan bukti pembelian serta kartu garansi dan smartphone saya diservice secara gratis dengan menggunakan garansi TAM tersebut. Pelayanan yang diberikan tidak rumit dan saya tidak perlu menunggu lama hingga smartphone saya selesai diservice.

    BalasHapus
  55. Menurut saya adalah PT Indolakto dimana PT ini merupakan perusahaan yang memproduksi susu terlaris di Indonesia yakni Indomilk. Minuman susu UHT Indomilk ini dibuat dengan susu sapi dan diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature). Minuman susu UHT Indomilk ini tinggi vitamin D serta kalsium, fosfor dan vitamin lainnya.
    Nah saat itu dengan adanya perubahan permintaan konsumen terhadap susu UHT, pihak PT Indolakto bertanggung jawab dengan melakukan perubahan terhadap rencana produksinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saudari dewi. Saya ingin menyampaikan argumentasi saya, sebenarnya saya setuju dengan alasan mengapa anda memilih produk indomilk ini, namun apabila melihat para pesaingnya ( Ultrajaya, dll), mereka juga menggunakan teknologi yang sama, juga dengan khasiat yang sama, mohon diberikan spesifikasi yang lebih lengkap tentang bagaimana bisnis ini bertanggung jawab, terimakasih

      Hapus
    2. Terimakasih sebelumnya untuk saudari viviane, disini saya akan menjelaskan bagaimana PT Indolakto bertanggung jawab terhadap konsumennya.
      Jadi gini, (berdasarkan pengalaman saudara saya) dulu waktu dia mencoba untuk meminum susu UHT Indomilk yang rasa vanilla, yang dia rasakan dari susu itu bahwa rasanya hambar dan aneh, terus dia akhirnya mengatakan tentang itu kepada layanan konsumen yang tersedia, akhirnya dari pihak PT Indolakto mengecek dan meneliti bahwa memang benar rasanya hambar dan tak enak, pada akhirnya PT Indolakto merubah perencanaan dari komposisi susu tersebut. Dan saat ini rasa susu UHT Indomilk rasa vanilla sungguh lezat dan nikmat saat dikonsumsi, rasanya tak lagi hambar dan tak aneh lagi.

      Hapus
  56. Saya mengambil salah satu perusahaan yang bertanggung jawab kepada produsen, yaitu adalah perusahaan yang bergerak dibidang hiburan multimedia " PT.INDONUSA TELEMEDIA (TELKOMVISION)" kebetulan saya mengalami sendiri bentuk pertanggung jawaban dari pihak perusahaan ketika suatu hari modem dan layanan televisi digital yang saya pakai mengalami trouble parah, 2 hari kemudian saya melaporkan ke CS dan menerima respon yang cepat kemudian Pihak perusahaan segera mengirimkan Petugas untuk memperbaiki permasalahan tersebut, dan tidak lupa juga mereka menawarkan pergantian modem baru secara gratis, serta memberikan tawaran paket hemat untuk internet dan channel televisi digital. Saya sangat mengapresiasi bentuk pertanggung jawaban dari pihak telkomvision.

    BalasHapus
  57. Menurut saya yang merupakan pebisnis bertanggung jawab adalah PT.Sari Husada yang membiayai pengobatan konsumen yang memakai produknya tetapi didalam susu bubuk yang di produksi terdapat ulat. Yang menarik adalah adanya perjanjian antara kedua pihak yaitu konsumen dan produsen agar masalah ini tidak dilanjutkan ke ranah hukum karena PT.Sari Husada sudah bertanggung jawab

    BalasHapus
  58. Menurut saya salah satu bisnis yang bergantung jawab pada konsumen adalah PT SUPRAMA yang memproduksi mie kering ( Burung Dara ). Produk ini berbeda dengan mie instan karena mie ini tidak menggunakan pengawet tetapi proses pembuatanya di keringkan. Dengan begitu produknya aman dikonsumsi. Juga produk ini harganya sangat terjangkau untuk kalangan ekonomi bawah. Contoh pedagang mie gerobak
    ALDO S L - kelas B

    BalasHapus
  59. Saya memberi contoh pebisnis yang bertanggung jawab adalah PT. Amerta Indah Otsuka dengan produk soyjoy. Soyjoy adalah makanan ringan / cemilan yang sehat. Dibuat dengan bahan utama dari kedelai yang sangat sehat dan berbentuk mini bar sehingga mudah dibawa, dan produk Soyjoy ini tanpa bahan pengawet dengan berbagai pilihan rasa.Camilan atau makanan ringan pada umunya penuh dengan monosodium glutamat, bahan pewarna, dan penyedap lainnya. Namun PT. Amerta Indah Otsuka menghadirkan pilihan baru yang mengutamakan kesehatan yaitu Soyjoy.

    BalasHapus
  60. Contoh praktek bisnis yang menunjukkan bahwa pebisnis bertanggung jawab terhadap konsumen adalah perusahaan jasa Speedy. Dimana saat saya mengalami masalah mengenai koneksi jaringan internet, saya mengadu ke pihak speedy dan pihak speedy langsung memberikan penanganan. Apabila masih terjadi masalah pada koneksi jaringan internetnya, pihak speedy akan mendatangkan orang ke rumah untuk memeriksanya.

    BalasHapus
  61. Contoh perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumen atas produknya yaitu PT Pertamina, program yang sudah dijalankan yaitu mengkonversi dari minyak tanah ke gas elpiji. Memang belum semua bahkan senagian besar masyarakat belum tahu dan belum mengerti cara menggunakannya dengan aman dan benar, karena kesalahan pemasangan dapat berakibat fatal bagi konsumen yaitu seperti terjadi ledakan dan kebakaran yang dapat mengancam jiwa serta harta bendanya. Menginhat produknya sangat berbahaya maka Pertamina bertanggung jawab untuk meminimalisir terjadinya hal yanh tidak diinginkan tersebut dengan cara mensosialisasikan cara memakai produknya tersebut, melalui media masa seperti televisi bahkan secara lansung terjun ke masyarakat untuk memberikan petunjuk cara penggunaannya dengan benar dan aman.

    BalasHapus
  62. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab adalah perusahaan yang membuat indomie Karena indomie pernah mendapatkan kasus di Hong Kong indomie telah di cap Sebagai makanan yang berbahaya tetapi indomie telah menanggapi produknya di hongkong bahwa bahan yang ia pakai Itu aman karena secara kesehatan itu sudah lulus standart di negaranya sendiri Dan juga aman

    BalasHapus
  63. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab adalah perusahaan yang membuat indomie Karena indomie pernah mendapatkan kasus di Hong Kong indomie telah di cap Sebagai makanan yang berbahaya tetapi indomie telah menanggapi produknya di hongkong bahwa bahan yang ia pakai Itu aman karena secara kesehatan itu sudah lulus standart di negaranya sendiri Dan juga aman

    BalasHapus
  64. Saya memberikan contoh perusahaan bukalapak.com. bukalapak.com ini semacam web menjual berbagai produk dan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. bukalapak.com memberikan tanggung jawab sepenuhnya jika barang yang telah dibeli konsumen tidak dikirim dengan cara mengembalikan uang yang telah dibayarkan oleh konsumen untuk membeli suatu produk didalam bukalapak.com tersebut, karena keunggulan sendiri dari web ini adalah konsumen mebayar sejumlah harga yang ditawarkan oleh penjual ke rekening bukalapak.com dan bukan langsung ke rekening penjual untuk menghindari penipuan.

    BalasHapus
  65. Menurut saya, perusahaan Toyota yang selalu mengingatkan kepada semua konsumen yang lupa untuk melakukan service mesin,ketika jatuh tempo untuk waktu service mesin.

    BalasHapus
  66. Menurut saya contoh perusahaan yang bertanggung jawab yaitu PT KAI. Karena PT KAI kini melakukan tanggung jawabnya dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan konsumennya di dalam kereta. Perusahaan ini juga akan memberikan ganti rugi beberapa persen dari harga tiket jika kita membatalkan tiket tersebut apabila masih dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

    BalasHapus
  67. Menurut saya praktek bisinis yang bertanggung jawab kepada konsumennya adalah bengkel auto play yg terletak didserah darmo (surabaya barat) bengkel ini memfokuskan pejerjaan dibidang bekled dan kaca film. Dimana bengkel ini mementingkan kepuasan pelanggan dalam pekerjaannya contoh bekled jok mobil jahitannya sangat rapi tapi jika customer tidak puas dengan pekerjaannya maka dapat diclaim kan tanpa biaya lagi. Dan ini membuat para customer nya senang dengan pelayanan dan pengerjaan dr bengkel tersebut temasuk saya

    BalasHapus
  68. Contoh ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri yang melakukan service laptop di samsung service (dulu di jalan raya darmo). Waktu itu laptop saya error tidak bisa menyala dan samsung memperbaikinya tanpa saya mengeluarkan uang sepeser pun. Ini saya anggap sebagai tanggung jawab samsung kepada konsumen yang selalu memperhatikan kenyamanan penggunaan atas laptop yang telah saya beli.‎

    BalasHapus
  69. Perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kosumennya salah satunya yaitu PT Multibintang. Seperti yang kita tahu perusahaan ini adalah perusahaan pembuat minuman berakohol di indonesia. tetapi karena memperhatikan kosumen sehingga perusahaan tersebut membuat minuman yang bebas alkohol yaitu Green sands dan Bintang zero.

    BalasHapus
  70. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumen yaitu PT hanjaya mandala sampoerna. Yang menurut saya, perusahaan tersebut memberikan peringatan terhadap konsumen kalau merokok dapat menyebabkan kanker atau penyakit2 degeneratif lainnya

    BalasHapus
  71. menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab adalah first media, karena pada saat saya mengalami gangguan teknis, teknisi first media menanggapi dengan sigap dan memberikan pelayanan yang baik dan sabar dalam menjelaskan permasalahannya, dan tidak meminta imbalan

    BalasHapus
  72. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab contohnya seperti lazada.com jadi setiap pembelian atau transaksi di lazada.com slalu aman dan dapat dipercaya, hal itu saya ketahui dari pengalaman pribadi saya melakukan pembelian di lazada.com

    BalasHapus
  73. Menurut saya perusahaan yang bertanggung jawab kepada konsumennya ialah UMKM Batik Kharisma yang saya wawancarai, perusahaan tersebut menggunakan bahan alami yang aman bagi lingkungan sekaligus memberikan kualitas yang baik untuk dikonsumsi oleh konsumen.

    BalasHapus
  74. 'contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumennya ialaah perusahaan susu anlene yang selalu menerima saran dan kritik dari konsumen dan mengapresiasikan kritik dan saran tersebut ke dalam ke masan susu anlene sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumen.

    BalasHapus
  75. menurut saya contoh perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konsumennya adalah yamaha karena yamaha selalu sigap memberikan pelayanan perbaikan dari rusaknya motor konsumen dan selalu memberikan pengalaman kenyamanan berkendara dengan motor yang diproduksi untuk konsumen.misalnya seperti garansi yang diberikan setelah kita membeli motor baru servis dan ganti oli gratis yang diberikan pada konsumen.

    Joseph Julianto/3103012216

    BalasHapus
  76. Menurut saya, PT garuda indonesia karena mereka mempertanggung jawabkan penerbangan mereka. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka PT garuda indonesia akan memberikan asuransi dan biaya-biaya untuk mengganti rugi keluarga nya yang bersangkutan.

    Stefany Utomo - 3103013205

    BalasHapus