SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 02 November 2014

Komentar tentang Materi Mengelola SDM dalam Bisnis (Bahan Diskusi Kelas Pengantar Bisnis Tanggal 5 Nopember 2014)



Silahkan baca buku teks kita bab 10 dan bab 11. Setelah itu baca komentar-komentar yang ada pada postingan saya pada hari Minggu tanggal 3 Nopember  2013.

Bahan Diskusi:


Pilihlah satu komentar yang menurut Saudara paling menarik dari komentar-komentar tersebut. Jelaskan juga mengapa Saudara menganggap komentar tersebut yang paling menarik.
Saudara juga diperkenankan mengomentari komentar teman sekelas Saudara. Selamat berdiskusi...

42 komentar:

  1. Saya setuju dengan pendapat Alberta Cyntia. Dalam berbisnis perlu pemahaman tentang organisasi.Kualitas SDM sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan karena SDM adalah subyek penting yang akan melaksanakan berbagai rancangan yang dibuat oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Saat karyawan sudah merasa nyaman dengan perusahaan tersebut maka ia akan melakukan pekerjaannya dengan baik. Cara memotivasi karyawan antara lain:
    1) memberi reward saat karyawan berprestasi bagus dan memberi punishment saat karyawan melakukan pelanggaran
    2) karyawan dimotivasi agar timbul self belonging pada perusahaan tersebut. Karena perusahaan yang maju dan makmur akan membuat karyawannnya makmur juga
    3) memotivasi karyawan agar tidak pasif dalambekerja sehingga bisa bekerja dengan kompak dan membentuk team work yang baik
    Memberi reward adalah salah satu cara untuk membuat karyawan merasa puas. Selainitu perusahaan juga harus adil pada setiap karyawan dengan cara tidak membeda-bedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, dll.

    BalasHapus
  2. Saya sependapat dengan pendapat dari Yofina Panji Junita. Dalam suatu perusahaan memang diperlukam motivasi yang kuat dari pemimpin suatu perusahaan dalam meningkatkan semangat kerja dari tenaga-tenaga kerja yang bekerja didalam perusahaan tersebut. Dalam membentuk suatu perusahaan diperlukan pemikiran matang dalam meningkatkan kualitas SDM di perusahaannya. Karena salah satu faktor utama dalam suatu perusahaan adalah orang-orang didalamnya yang menjalankan perusahaan tersebut. Apabila SDM disuatu perusahaan baik adanya, perusahaan dapat berjalan dengan baik meski ada kendala-kendala. Di dalam bab ini juga mempelajari upaya dan cara memotivasi tenaga-tenaga kerja di dalam suatu perusahaan. Bab ini sangat memotivasi saya dan juga bagi teman-teman lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan pendapat Devia. Perusahaan dapat beroperasi dengan baik jika kualitas dan kemampuan SDM yang menjalankan perusahaan tersebut bagus. Namun apabila kualitas SDM yang menjalankan perusahaan tersebut rendah atau buruk maka perusahaan tersebut akan mengalami banyak halangan atau kendala-kendala.Untuk itu perusahaan harus mengetahui cara untuk meningkatkan kemampuan SDM perusahaannya, yaitu salah satunya dengan memotivasi karyawannya agar dapat bekerja dengan baik sehingga kegiatan ekonomi perusahaan tersebut berjalan dengan baik.Perusahaan juga harus mengadakan evaluasi kinerja karyawan agar mengetahui tingkat kualitas SDM perusahaan mereka sehingga dapat meningkatkan kualitas SDMnya menjadi lebih baik lagi.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan devia. Agar suatu perusahaan dapat berjalan degan baik maka di perlukan karyawan karyawan yang mampu bekerja keras degan motifasi yang positif. Pihak perusahaan juga wajib memberikan motifasi motifasi kepada setiap karyawan agarnkaryawan tidak mengalami kejenuhan. Perusahaan pun perlu menfadakan evaluasi yang terbuka kepada setiap karyawannya agar setiap karyawan mampu untuk dapat menilai kinerja mereka juga.

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan devia. Suatu perusahaan akan berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan apabila sistem dari sumber daya manusia mempunyai kualitas yang baik. Diperlukan adanya motivasi-motivasi bagi pekerja sehingga pekerja mempunyai semangat dalam mengerjakan tugasnya dan akan menghasilkan kesuksesan bersama. Juga diperlukan evaluasi bagi pekerja. Agar mereke dapat memperbaiki kinjerja mereke dalam melakukan pekerjaan yang selanjutnyaa

      Hapus
    4. Saya sependapat dengan devia. Suatu perusahaan akan berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan apabila sistem dari sumber daya manusia mempunyai kualitas yang baik. Diperlukan adanya motivasi-motivasi bagi pekerja sehingga pekerja mempunyai semangat dalam mengerjakan tugasnya dan akan menghasilkan kesuksesan bersama. Juga diperlukan evaluasi bagi pekerja. Agar mereke dapat memperbaiki kinjerja mereke dalam melakukan pekerjaan yang selanjutnyaa

      Hapus
  3. Saya setuju dengan pendapat Yohanes Louis. Dimana SDM sangat berpengaruh penting dlm pencapaian target perusahaan. Jika SDM tidak dikelola dengan benar,maka produktifitas perusahaan akan menurun. Untuk menjaga kualitas SDM maka kita harus peka dalam menentukan kebijakan. Contoh kebijakan tersebut adalah dengan memotivasi karyawan secara efektif,agar kinerja karyawan akan semakin baik dan meningkatkan kinerja perusahaan. Memang akan ditemukan berbagai kendala untuk melaksanakan kebijakan atau pengembangan SDM,tetapi jika kita/perusahaan mau bersungguh-sungguh untuk mencapainya,hal tersebut bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan ovilia. Menurut saya kebijakan yang sangat diperlukan bagi suatu perusahaan adalah memotivasi para karyawan supaya memacu semangat mereka agar dapat bekerja lebih baik lagi dan dapat memproduksi barang - barang yang baik pula sehingga pada akhirnya semua itu dapat memuaskan konsumen sehingga berpegaruh pada profit yang didapatkan perusahaan.

      Hapus
  4. Saya sependapat dengan elia purnamasari. Karyawan yang juga sebagai faktor produksi kategori SDM ini sangat diperlukan karena tanpa SDM perusahaan akan mati atau tidak akan ada kegiatan. Kualitas SDM juga mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan. Bayangkan saja jika kualitas SDM rendah itu akan membuat suatu perusahaan akan sulit berkembang karena tidak adanya hardskill ataupun softskill yang cukup. Suatu pelatihan SDM akan meningkat kan hardskill dan softskill SDM, sedangkan pengelolaan yang baik akan membuat kerjasama yang baik dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
  5. Saya sependapat dengan fransisca yang mengatakan bahwa Karyawan yang juga sebagai faktor produksi kategori SDM ini sangat diperlukan karena tanpa SDM perusahaan akan mati atau tidak akan ada kegiatan. Kualitas SDM juga mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan. Dengan kita mempertimbangkan kualitas dari SDM makan perusahaan akan menjadi lebih berkembang dan dapat menjadi unggul.
    Namun di balik itu suatu keahlian juga di perlukan bagi karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat dari Fransisca Christina dan Hutomo Budiyanto yang mengatakan bahwa karyawan sebagai faktor produksi sangat diperlukan agar perusahaan tidak mati. Karyawan sebagai faktor produksi tentunya harus menunjang perusahaan agar dapat menghasilkan output perusahaan yang baik pula. Dengan kualitas SDM yang baik maka perusahaan akan menjadi berkembang/ tidak mati. Keahlian yang dimiliki oleh karyawan juga harus dikembangkan lebih lagi oleh perusahaan dengan training dan dengan memotivasi karyawannya. Motivasi tersebut dapat berupa memberi reward saat karyawan berprestasi bagus dan memberi punishment saat karyawan melakukan pelanggaran. Dengan memberikan reward tentunya karyawan akan termotivasi untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan perusahaan. Akan tetapi perusahaan juga perlu memperhatikan karyawannya agar tetap menjaga kekompakan, jangan sampai karena adanya reward membuat karyawannya menjadi malah saling menjatuhkan satu dengan yang lainnya. Karyawan harus diawasi dan di kontrol agar tercipta kekompakan dan saling membangun demi kemajuan perusahaan.

      Hapus
  6. saya setuju dengan pendapat natalia arishandy yang mengatakan bahwa perekrutan, pelatihan, dan pengevaluasian karyawan adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan.
    karena karyawan suatu perusahaan merupakan komponen yang penting dalam meningkatkan perkembangan kualitas suatu perusahaan. untuk mendapatkan kualitas sdm yang baik maka perusahaan harus memotivasi para karyawan dalam menambah wawasan sehingga dapat mengembangkan kualitas suatu perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan saudara athena mengenai perekrutan yang baik adalah kunci sukses suatu perusahaan untuk berkembang. bila karyawan diberi motivasi yang baik, seorang karyawan akan bekerja keras dalam pekerjaannya dan perusahaan akan mendapat manfaatnya antara lain keuntungan yang melimpah. selain perekrutan juga dapat dilakukan pelatihan agar karyawan yang ada menjadi lebih bagus dan baik dalam bekerja

      Hapus
  7. Saya sependapat dengan Sulistia Wijaya Tannia yang mengatakan bahwa Motivasi sangat dibutuhkan agar banyak karyawan berkinerja dengan sangat baik. Karena jika kinerja karyawan menurun maka karyawan tidak akan bisa mengelola sumber daya manusia secara maksimal. Namun apabila kinerja karyawan baik otomatis kinerja perusahaan juga akan baik dan karyawan bisa mengelola sumber daya manusia dengan maksimal.

    BalasHapus
  8. saya setuju dengan pendapat Chynthia Santyago bahwa kita harus memotivasi karyawan.Jika kita tidak memotivasi para karyawan maka mereka hanya dapat meberikan bantuan yang terbatas dalam produksi.Saat karyawan memiliki motivasi yang tinggi,maka tingkat produktifitas akan tinggi sehingga laba akan meningkat.Ketika laba meningkat ,maka perusahaan dapat memberikan kepuasaan terhadap karyawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat dari olivia lusheila yang mengatakan bahwa perusahaan harus memotivasi karyawan agar mereka tidak hanya memberikan bantuan yang terbatas dalam proses produksi. Memang perlu ada motivasi tersebut agar karyawan tidak asal-asalan dalam mengerjakan tugasnya di dalam perusahaan. Sangat berhubungan pula antara motivasi yang tinggi dengan laba yang tinggi. Hal ini dikarenakan bila semua karyawan melakukan tugasnya dengan baik akan membuat perusahaan semakin berkembang dan maju. Bila perusahaan berkembang ini akan memperngaruhi laba perusahaan sehingga dapat meningkat pesat. Ketika laba meningkat, maka hal ini dapat menjadikan timbal balik berupa imbalan kepada karyawan yang telah berusaha keras dalam bekerja. Dengan begitu perusahaan juga dapat memberikan kepuasan yang lebih kepada karyawannya.

      Hapus
  9. saya setuju dengan pendapat dari stela widowati gondo karena menurut saya bab dini sangat menarik karena di bab ini membahas tentang cara memotivasi para karyawan dalam bekerja. Kita semua mengalami masalah apakah pekerjaan kita itu sesuai dengan apa yang kita dambakan. atas dasar alasan ini langkah pertama menuju penciptaan seorang tenaga kerja yang termotivasi seharusnya dengan cara menerima karyawan yang termotivasi dari dirinnya sendiri.
    Berikut beberapa cara memberikan para karyawan motivasi untuk bekerja dengan baik :
    1. memberikan kepada pekerja keterangan yang mereka perlukan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang baik.
    2. memberikan kesempatan umpan balik secara teratur.
    3. meminta masukan dari karyawan dan melibatkan mereka di dalam keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka.
    4. membuat saluran komunikasi yang mudah dipergunakan, sehingga karyawan dapat menggunakannya untuk mengutarakan pertanyaan/kehawatiran mereka dan memperoleh jawaban.
    5. belajar dari para karyawan itu sendiri apa yang memotivasi mereka
    6. mempelajari apa saja kegiatan-kegiatan lain yang pekerja lakukan bila mereka mempunyai waktu luang, dan kemudian menciptakan kesempatan bagi mereka untuk melakukan kegiatan itu secara lebih teratur.
    7. memberi selamat secara pribadi kepada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik.
    8. terus menerus memelihara hubungan dengan orang yang mereka bawahi.
    9. menulis Memo secara pribadi kepada mereka tentang hasil kinerja mereka.
    10. menghargai karyawan karena pekerjaan mereka yang baik secara umum.
    11. meliputi pertemuan-pertemuan pembentukan moril seperti “merayakan kesuksesan yang dicapai kelompok” dan tidak perlu dibesaar-besarkan cukup dengan memberitahukan kelompok pada waktu yang tepat bahwa mereka telah mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik.
    12. memberi karyawan satu pekerjaan yang baik untuk dikerjakan dan para manajer harus memperlihatkan kepada karyawan bagaimana mereka dapat berkembang dan memberi kesempatan untuk mempelajari kemampuan-kemampuan baru.
    13. memastikan apakah karyawan mempunyai sarana kerja yang terbaik.

    Kita juga harus bisa adil terhadap tiap karyawan tidak ada yang boleh membeda-bedakan terhadap ras , agama , dan lain-lain karena itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan para karyawan. selanjutnya agar uang mampu memotivasi karyawan jumlahnya harus berarti bagi mereka.

    BalasHapus
  10. Saya sangat setuju dengan pendapat Debora Oktaviani Sari yang menyarankan karyawan dimotivasi seputar pekerjaannya.Ada baiknya jika hubungan antara atasan dan bawahan adalah hubungan yg seperti kawan sehingga dpt lebih connect satu sama lain. Cara memotivasi karyawan juga bervariasi, bs dgn pendekatan tujuan, memastikan bahwa karyawan memiliki tujuan yg ingin dicapai, tujuan yg menantang juga akn membuat karyawan lbh berfokus dan bekerja keras. Bs jg dgn pengakuan kontribusi karyawan, memberikan penghargaan kepada mereka melalui pengakuan yg baik, krn bgi karyawansgt penting utk memiliki keyakinan bahwa hasil kerja mereka dihargai. Kemudian jg dpt dilakukan dgn pemberian insentif, pemberian fasilitas bg karyawan yg terbaik dan lain-lain.
    SDM(karyawan) suatu perusahaan merupakan komponen yang penting dalam meningkatkan kualitas suatu perusahaan. Tentu di sini perusahaan sendiri harus mampu dan bisa bekerja sama dengan baik bersama karyawannya. Hubungan yang harmonis antara karyawan dan perusahaan dapat membuat karyawan merasa lebih puas dan perusahaan pun akan mendapatk hasil kinerja karyawan yang baik dan memuaskan perusaahaan itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Ingrid Lanita dan Debora Oktaviani Sari yang menyarankan karyawan dimotivasi seputar pekerjaannya.Ada baiknya jika hubungan antara atasan dan bawahan adalah hubungan yg seperti kawan sehingga dpt lebih connect satu sama lain. sebagai atasan yang baik harus dapat memberikan motivasi dan semangat kepada bawahannya agar karyawan dapat bakerja secara maksimal dan menguntungkan perusahaan

      Hapus
  11. Saya setuju dengan yuliane pawastika verdianto yang mengatakan ' dalam perusahaan harus memotivasi para karyawan agar dapat bekerja lebih efektif". karena tanpa motivasi, maka karyawan tidak akan bekerja secara optimal. jika karyawan bekerja secara optimal kan itu juga akan menguntungkan buat perusahaan itu sendiri. kita bisa memberi motivasi dengan memberi kepuasan dan kenyamanan karyawan bekerja diperusahaan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan Fiorentina setiawan yang mengatakan bahwa perusahaan harus memotivasi para karyawan agar bekerja lebih efektif, dan menurut saya itu benar, karena dalam mendapatkan laba yang besar tergantung juga dari faktor bagaimana karyawan di perusahaan itu bekerja, apakah seefektif mungkin dengan jumlah karyawan atau tidak. Dan untuk dapat meningkatkan kinerja para pegawai di perusahaan kita kita harus memberi nya semangat dalam bekerja; seperti pemberian bonus dari hasil produksi atau penjualan suatu produk yang melebihi dari target yang di tentukan perusahaan, memberikan motivasi dan semangat, serta tunjangan hari raya. dan dapat juga menaikkan gaji nya setiap tahun.

      Hapus
  12. Saya setuju dengan pendapat Yolanda Nataline yang mengatakan bahwa banyak suatu bisnis yang berhasil itu bukan dari ide bisnisnya saja melainkan karena karyawannya akan tetapi para karyawan perlu dimotivasi serta perlu melakukan ketrampilan yang sesuai untuk melakukan pekerjaannya agar suatu perusahaan dapat sukses. Akan tetapi paara karyawan memilki titik jenuh dalam melakukan pekerjaannya, yaitu ketika karyawan menjadi tidak puas akan faktor-faktor yang berkaitan dengan pekerjaannya. Oleh sebab itu motivasi sangat dibutuhkan agar banyak karyawan dapat berkinerja dengan baik dan salah satu cara perusahaan memotivasi atau meningkatkan kinerja para karyawan dengan cara memenuhi tiap - tiap kebutuhan karyawannya sehingga perusahaan memenuhi kebutuhan karyawan secara wajar, untuk memaksimalkan produk yg dapat dihasilkan sehingga kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  13. Saya setuju dengan pendapat Mahrosa Devi. Kinerja perusahaan sangat bergantung pada kinerja karyawannya. Benar yang dikatakan Mahrosa bahwa kepuasan SDM sangat penting. Karyawan dapat mempengaruhi profit suatu perusahaan. Motivasi positiflah yang seharusnya diberikan perusahaan kepada karyawannya agar memiliki semangat kerja untuk mencapai tujuan bersama . Perusahaan mengeluarkan kebijakan2 yang memuaskan SDM tetapi tidak merugikan perusahaan (timbal balik antara karyawan dan perusahaan).

    BalasHapus
  14. Saya sependapat dengan Dwi Apriliyani yang mengatakan bahwa dengan memotivasi karyawannya agar bisnis perusahaan itu terus meningkat. karena menurut saya dengan memotivasi karyawan itu dapat mempengaruhi bisnis perusahaan itu menjadi meningkat. dengan di motivasi, karyawan tersebut menjadi lebih bersemangat dalam bekerja dan ringan tangan untuk membantu yang lainnya dan membuat karyawan yang lainnya juga ikut termotivasi sehingga secara otomatis maka perusahaan akan memperoleh profit yang lebih banyak karena produktivitas setiap karyawan yang meningkat.

    BalasHapus
  15. Saya sependapat dengan Elysabet Christy. Karyawan adalah salah satu bagian terpenting dari suatu perusahaan, dimana mereka yang melakukan kegiatan dalam perusahaan baik itu dibagian administrasi atau di bagian pembuatan barang-barang produksi. Karyawan juga adalah manusia, sehingga mereka juga terkadang merasa bosan terhadap sesuatu hal, atau membutuhkan hal yang lain seperti aktualisasi diri, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan sosial, kebutuhan keselamatan, dan kebutuhan fisiologis.
    Ini adalah peran dari supervisor bagaimana dia memberikan motivasi kerja bagi karyawan-karyawan yang lain. Motivasi kerja tidak hanya berupa kata-kata membangun ataupun kenaikan gaji saja, tetapi bisa berupa kenaikan jabatan, sesuatu yang diberikan perusahaan bila mereka mencapai suatu target. Namun kadang ada karyawan yang tetap tidak merasa termotivasi terhadap apapun yang diberikan dan tetap merasa tidak puas, sehingga tidak ada cara lain selain dengan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
    Pada bab 11, kita dapat mengetahui mengenai bagaimana langkah-langkah perusahaan dalam mencari, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan yang sesuai dengan keriterianya. Dalam mencari karyawan, pertama adalah tahap merekrut karyawan dengan menyeleksi surat lamaran kerja, wawancara, menghubungi referensi pelamar, dan tes penerimaan. Kemudian dalam mengembangkan karyawan, perusahaan melakukan kegiatan pelatihan dengan meningkatkan keahlian karyawan seperti keahlian teknis, mengambil keputusan, melayani pelanggan, keselamatan kerja, dan hubungan antar manusia. Kemudian, agar dapat mempertahankan kualitas karyawan, maka diadakan evaluasi kinerja yang objektif sehingga dapat diketahui kelebihan dan kelemahan dari karyawan tersebut.

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan pendapat yang diutarakan oleh David Darmawan yang mengatakan bahwa "SDM adalah salah satu sumber daya yang digunakan suatu perusahaan untuk melakukan kegiatan produksinya, maka dalam hal ini karyawan perusahaan merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan". Menurut saya sumber daya manusia adalah salah satu faktor terpenting dalam suatu perusahaan karena tanpa adanya sumber daya manusia maka perusahaan tersebut tidak akan berjalan. Begitu pula jika SDM dalam perusahaan tersebut dalam posisi yang jelek atau kualitas SDM dalam perusahaan tersebut tidak bagus, maka produktivitas perusahaan tersebut akan terganggu dan perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan sebaliknya. Oleh karena itu suatu perusahaan harus memiliki SDM yang berkualitas baik agar perusahaan dapat berjalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendpat Johanes Michael yang mengatakan bahwa sumber daya manusia adalah faktor terpenting dalam suatu perusahaan dan SDM tersebut harus berkualitas baik, karena jika sumber daya manusia tidak berkualitas dengan baik atau tidak memenuhi kriteria untuk memegang posisi dalam suatu perusahaan maka segala sesuatu dalam perusahaan tersebut tidak akan menghasilkan sesuatu yang bagus atau semua yang dihasilkan tidak akan memuaskan.

      Hapus
  17. Saya setuju dengan pendapat dari Dwi Apriliyani yang mengatakan bahwa dengan memotivasi para karyawan agar perusahaan tersebut terus meningkat. Karena jika tidak ada yang memotivasi para karyawan untuk terus giat dalam bekerja maka para karyawan tersebut akan semakin berusaha membuat perusahaan tersebut semakin maju dan berkembang serta bisa menghasilkan laba atau profit bagi perusahaannya. Dan juga para karyawan yang termotivasi untuk terus bekerja dengan baik dengan sendirinya mereka akan saling membantu para karyawan lain yang merasa kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya.

    BalasHapus
  18. saya setuju dengan pendapata saudari Angeline Priscilla yang mengatakan bahwa perlunnya memotivasi karyawan, karena menurut saya jika kita memotivasi karyawan dengan baik, karena karyawan adalah unsur penting yang sangat mempengaruhi kinerja perusahaan. perusahaan perlu memotivasi kinerja karyawan akan semakin membaik, dan apabila kinerja karyawan baik, maka yang dihasilkan adalah baik juga, apabila semua baik dan lancar maka perusahaan dapat dipercaya dan akan mendapat keuntungan sebersar-besarnya

    BalasHapus
  19. Saya setuju dengan pendapat Clarisa Agnes yang mengatakan bahwa kita perlu memotivasi karyawan dan memperlakukan karyawan dengan baik seperti memberi keamanan dalam bekerja,jadwal kerja yang fleksibel dan program keterlibatan karyawan. Dengan memotivasi mereka, kita dapat meningkatkan semangat mereka dalam bekerja, selain itu kita juga harus memberi kriteria khusus dalam memilih karyawan yang tepat, agar kinerja perusahaan berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  20. Saya setuju dengan pendapat Gabby Markus yang mengatakan bahwa SDM suatu perusahaan adalah bagian yang dapat mempengaruhi maju atau mundur kondisi suatu perusahaan tertentu. Untuk mencapai kondisi yang maksimal dari perusahaan sebaiknya diperhatikan bagaimana cara menghadapi, melatih, merekrut, serta memotivasi SDM di suatu perusahaan. Motivasi juga sangat mendukung pada kemajuan SDM dan yang terpenting ialah penambahan wawasan atau training skill SDM sesuai dengan bagian dalam masing-masing kewajiban SDM itu sendiri serta untuk kebutuhan suatu perusahaan itu sendiri. Jadi pada bab ini saya merasa bahwa sangat bermanfaat untuk introspeksi diri dalam memanfaatkan SDM untuk memperoleh kemajuan dalam suatu perusahaan dimana dimulai dari pengelolaan SDMnya.

    Ellen Asalie

    BalasHapus
  21. Saya setuju dengan pendapat Alberta Cyntia yang mengatakan “SDM sangat penting perannya dalam berbisnis.” SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam suatu perusahaan. Orang memelukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kualitas SDM disetiap perusahaan berbeda-beda. Tergantung bagaimana mengkombinasi antara soft skill dan hard skill yang dimiliki. Untuk mengetahui bagaimana kualitas dari SDM tersebut maka diperlukan proses seleksi yang ketat sehingga mendapatkan SDM yang bermutu. Ketika sudah mendapatkan SDM tersebut barulah di taruh pada posisi yang benar sesuai dengan kemampuan, agar efektif dan efisien.
    Jika sudah bekerja, maka para pengusaha perlu tetap mengontrol kinerja para karyawanya. Dan juga memberikan reward jika SDM itu melakukan pekerjaan dengan baik misalnya dengan menaikan upah, sehingga karyawan tersebut dapat tetap terpacu untuk menjadi yang terbaik. Dan juga harus memberikan kritikan yang membangun, agar kualitas SDM yang menurun dapat tetap ditopang dan diusahan untuk bangkit kembali.

    BalasHapus
  22. saya setuju dengan pendapat dari sherlyna kiik lau
    yang mengatakan bahwa cara merekrut karyawan dengan cara yang benar dan sesuai prosedur sehingga dalam perkembangannya karyawan dapat bekerja dengan baik dan mengenai cara memotivasi karyawan
    karena jika perusahan telah menetapkan suatu prosedur dalam merekrut pegawai maka perusaha telah memiliki suatu standart dan jika kita tidak mengikuti prosedur itu kita akan mendapat pegawai yang tidak sesuai dikemudian hari dan cara kita memotivasi karyawan sangatlah perlu agar setiap karyawan merasa puas bekerja diperusahaan kita dan dapat meningkatkan produktifitas dan kinerjanya dalam perusahaan

    BalasHapus
  23. Saya setuju dengan pendapat Angeline Priscilla yag mengatakan bahwa memotivasi karyawan adalah hal yang penting karena jika kita memotivasi karyawan kita mungkin kinerja mereka akan lebih baik dari kinerja biasanya. Motivasi yang dilakukan mungkin bisa dalam bentuk memberi bonus bulanan sedikit untuk karyawan. Mungkin dengan hal-hal yang seperti itu dalam memotivasi para karyawan untuk berkerja dengan lebih giat lagi. Jadi menurut saya memotivasi karyawan mungkin akan dapat meningkatkan produktivitas yang baik bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  24. Saya setuju dengan pendapat dwi apriliyani,bahwa suatu perusahaan berusaha meningkatkan efektifitas karyawan-karyawannya dengan cara memotivasi mereka. Ada banyak cara untuk memotivasi karyawan di antaranya adalah dengan memberi reward pada karyawan yang berprestasi serta memberi punishment bagi karyawan yang melanggar,selain itu kita juga harus membuat karyawan nyaman untuk bekerja dan membuat mereka mempunyai perasaan memiliki terhadap perusahaan tersebut sehingga mereka juga berusaha untuk membuat perusahaan tersebut semakin maju dan makmur. Dengan karyawan yang termotivasi,otomatis keefektifitas karyawan meningkat yang dapat menyebabkan peningkatan produktivitas dan membuat perusahaan mendapat laba lebih banyak dan semakin maju

    BalasHapus
  25. Saya setuju dengan pendapat Sulistia Wijaya Tannia yang mengatakan bahwa motivasi sangat dibutuhkan agar banyak karyawan berkinerja dengan sangat baik. Selama manajer bisa memotivasi karyawannya secara efektif, kinerja karyawan akan semakin baik sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. Memotivasi karyawan tidak hanya berusaha semaksimal mungkin memberikan gaji yang tinggi melainkan memotivasi karyawan dengan membangun kepuasan , melalui kompensasi , melalui inspirasi , melalui pengakuan , melalui apresiasi. Selain adanya evaluasi, juga adanya perekrutan, dan pelatihan. Evaluasi diperlukan untuk memastikan bahwa karyawan dihargai ketika mereka berkinerja dengan baik dan bahwa mereka diberi tahu mengenai kekurangannya sehingga mereka dapat memperbaikinya di masa depan. Perekrutan berguna untuk memastikan latar belakang karyawan tepat dengan pekerjaan yang didelegasikan kepada mereka. Pelatihan karyawan untuk menerapkan keterampilan guna melakukan tugas tertentu. Jika metode-metode tersebut dilakukan secara efektif, maka tujuan perusahaan akan tercapai.

    BalasHapus
  26. saya setuju dengan pendapat dari saudara Tomy Alexander yang mengatakan bahwa SDM adalah faktor utama yang menunjang keberhasilan suatu bisnis. memang benar sekali karena menurut saya ketika karyawan karyawan perusahaan yang tidak memiliki atau mempunyai kemampuan dan kreatifitas yang optimal maka sama saja akan menghambat laju pertumbuhan perusahaan. maka sebaiknya memang di lakukan proses training dan pelatihan yang terus menerus agar dapat meningkat kan memaksimalkan hasil kerja dari karyawan - karyawan.tapi dari pihak perusahaan pun harus bisa memotivasi karyawan karyawannya untuk melakukan hal tersebut, misalnya dengan cara memberi reward, tambahan gaji, dll agar dapat meningkatkan kemampuan dari karyawan itu sendiri dan perusahaan pun mendapat hasil yang memuaskan.

    BalasHapus
  27. Saya setuju dengan pendapat Yunike trezna dalam pembahasan ini dapat mengetahui cara memotivasi karyawan dalam meningkatkan nilai suatu bisnis serta mengupayakan peluang bagi karyawan dan melakukan proses bagaimana untuk mengevaluasi kinerja dari karyawan dalam mengelola sdm yang baik di suatu bisnis. selain itu sebagai pemimpin perusahaan juga perlu melakukan pendekatan pada karyawan,perlu kenali kelebihan dan kekurangan yg dimiliki masing-masing karyawan.Sebab hal ini akan memudahkan untuk mengevaluasi perkembangan setiap karyawan. Dilihat dari karyawan yg memiliki prestasi kinerja yg cukup bagus dan mana karyawan yg membutuhkan dukungan untuk mencapai keberhasilan meraih prestasi seperti kayawan yg lainnya.

    BalasHapus
  28. Saya setuju dgn pendapat Michael Chery bahwa memotivasi karyawan itu perlu , karena dpt meningkatkan kinerja - kinerja bisnis yang lebih baik dalam sumber daya manusia .Atasan harus memberikan dorongan dan motivasi, sebagai contoh bagi karyawan yang mempunyai kinerja baik akan diberikan reward atau komisi, sedangkan karyawan yang tidak melakukan tugasnya dengan baik atau kinerja yang buruk bisa diberikan peringatan atau teguran. Motivasi kerja sangat diperlukan sbg doromgan utk bekerja itu sendiri dimana hal tsb dpt membuat karyawan lebih berkomitmen dlm pekerjaannya.Motivasi kerja dpt lebih menyemangati karyawan dlm bekerja, dgn demikian hal tsb akan berpengaruh thdp kinerja, produktivitas, serta nilai perusahaan.

    BalasHapus
  29. Saya setuju dengan pendapat Yofina Panji Junita bahwa kenyamanan serta rasa termotivasi dari dalam diri karyawan itu jelas menentukan jalannya suatu bisnis karena karyawan merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam berhasilnya suatu usaha yang dijalankan. Kinerja karyawan juga dapat berpengaruh terhadap tujuan utama suatu bisnis yaitu mencapai laba atau keuntungan yang maksimal. Untuk mencapai kinerja karyawan yang baik diperlukan rasa kenyamanan dan termotivasi dari dalam diri karyawan sehingga perlu adanya beberapa hal yang harus diperhatikan perusahaan. Bagaimana cara untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan, bagaimana menghasilkan karyawan yang termotivasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya yang berdampak pada keuntungan perusahaan, dll.
    Maharani Wijaya

    BalasHapus
  30. saya sangat setuju dengan pendapat saudara alberta chytia, karena di dalam setiap perusahaan pasti menggunakan yang namanya Sumber Daya Manusia, sedangkan keberhasilan perusahaan untuk mencapai output sendiri dapat dicapai melalui SDM yang bisa dibilang mumpuni atau mempunyai daya kerja yang tinggi..
    cara yang bisa digunakan perusahaan untuk mempertahankan keberhasilan dalam mencapai output adalah:
    -memberikan fee tambahan untuk karyawan agar karyawan lebih bersemangat.
    -memberikan fasilitas-fasilitas penunjang untuk memudahkan karyawan
    -memberikan penghargaan berupa hadiah liburan untuk beberapa karyawan berprestasi.
    hal-hal tersebut lah yang dapat membantu perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang mempunyai etos kerja yang tinggi agar perusahaan dapat menghasilkan output yang tinggi dan menghasilkan laba yang besar.

    BalasHapus
  31. Saya tertarik dengan pendapat Novita Sari yang mengatakan bahwa "memotivasi karyawan tidak hanya berusaha semaksimal mungkin memberikan gaji yang tinggi namun diperlukan juga hal-hal kecil yang dapat meningkatkan dedikasi karyawan terhadap perusahaan". Contohnya dengan memberikan bonus/komisi bagi karyawan, memberikan hari libur yang sesuai sehingga karyawan tidak seperti diforsir untuk bekerja terus juga karyawan harus selalu diajak berdiskusi agar karyawan merasa bahwa dirinya dianggap diperusahaan tersebut. Mungkin itu hanyalah hal-hal kecil yang sering dilupakan, namun menurut saya itu bisa menambah dedikasi karyawan terhadap sebuah perusahaan dimana ia bekerja.
    Karena motivasi dalam perusahaan itu sangatlah penting dan memang diperlukan, karena motivasi yang baik akan meningkatkan kinerja yang baik pula sehingga karyawan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan perusahaan dan hal tersebut pun akan meningkatkan profit perusahaan.

    BalasHapus