SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 09 November 2014

Komentar tentang Materi Menciptakan, Mendistribusikan, dan Mempromosikan Suatu Produk (Bahan Diskusi Kelas Pengantar Bisnis Tanggal 13 Nopember 2014)




Silahkan baca buku teks kita bab 12, 13, dan bab 14. Setelah itu baca komentar-komentar yang ada pada postingan saya pada hari Minggu tanggal 10 Nopember  2013.

 

Bahan Diskusi:

Pilihlah satu komentar yang menurut Saudara paling menarik dari komentar-komentar tersebut. Jelaskan juga mengapa Saudara menganggap komentar tersebut yang paling menarik.
Saudara juga diperkenankan mengomentari komentar teman sekelas Saudara. Selamat berdiskusi...

41 komentar:

  1. Saya setuju dengan pendapat Yosephine Agnes. Dalam menciptakan suatu produk , kita harus membuat produk tersebut lebih menarik,lebih berkualitas, dan berbeda dari produk-produk lain agar konsumen lebih memilih produk kita. Lalu kita juga harus mempromosikan produk tersebut di kalangan masyarakat agar para konsumen mengetahui produk yang kita buat. Dalam mempromosikannya kita dapat memilih mempromosikannya dengan iklan seperti di televisi, atau mempromosikannya secara langsung kepada konsumen.Kita juga harus memberikan harga yang kita kenakan pada setiap produk kita sesuai dengan kualitas produk kita.

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan pendapat dari chandra kristianto yang mengatakan Dalam menciptakan suatu produk , kita harus membuat produk tersebut lebih menarik,lebih berkualitas, dan berbeda dari produk-produk lain agar konsumen lebih memilih produk kita.
    Selain menggunakan iklan-iklan melalui televisi pamflet dan brosur dapat juga kita menggunakan jasa dari tampilan produk sehingga membuat konsumen memiliki daya tarik untuk membeli produk kita.

    BalasHapus
  3. saya setuju dengan pendapat olivia aldisa dari bab ini kita dapat mengetahui langkah langkah utama yang terkait dengan penjualan dan juga metode promosi penjualan.
    dalam penjualan kita harus memperhtikan 3 hal sekaligus yaitu menentukan harga, distribusi, dan promosi. penentuan harga akan mempengaruhi permintaan konsumen. distribusi juga tidak kalah penting karena banyaknya konsumen diukur dari pendistribusian yang benar. dan promosi, promosi yang tepat dan menarik juga akan meningkatkan permintaan konsumen.

    BalasHapus
  4. Saya sependapat dengan pendapat Fransiska Hartoyo yang mengatakan kita perlu membuat dan menentukan harga produk agar dapat diterima oleh masyarakat. Karena jika harga suatu produk terlalu tinggi maka jumlah permintaan akan tidak ada dan otomatis produk kita akan kalah bersaing dengan produk lainnya. Namun jika produk kita terlalu rendah harganya maka kita akan mengalami kerugian. Jadi kita harus benar-benar bisa menentukan harga produk dengan tepat agar tidak mengalami kerugian atau kalah bersaing dengan produk lainnya.

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan pendapat olivia aldisa tentang pentingnya memperhatikan promosi,distribusi,dan harga.Ketiga hal tersebut sangat penting.Jika harganya murah tetapi distribusinya sulit maka konsunen akan enggan membeli.Tetapi jika distribusi nya lancar tetapi tidak ada promosi makan konsumen tidak mengetahui adanya barang tersebut.Maka ketiga hal tersebut harus dipertimbangkan matang-matang agar mencapai penjualan yang diinginkan.

    BalasHapus
  6. Saya sependapat dengan pendapat dari Hans Limerta, dimana ketiga bab ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Misal dalam memproduksi suatu barang juga perlu melihat dan menilai karakteristik dan kebutuhan dari konsumen (pasar). Selain itu, perusahaan juga perlu memperhatikan kondisi pasar dan pesaing pasar dimana perusahaan harus memiliki strategi-strategi dalam memproduksi barang dan jasa yang akan dibahas dalam ketiga bab ini. Harga dari barang juga disesuaikan dengan kemampuan konsumen (pasar) dan juga kualitas barang yang sesuai. Dalam bab ini juga menarik karena diajarkan mengenai pemasaran-pemasaran yang dapat mengoptimalkan produktivitas suatu perusahaan.

    BalasHapus
  7. Saya setuju dengan pendapat yang diutarakan oleh Sarry Chintya yang mengatakan bahwa "dalam menciptakan sebuah produk/barang perusahaan harus mengetahui jenis-jenis produk yang menarik apa yang ingin di pasarkan". Kita sebagai pengusaha, harus mengetahui terlebih dahulu barang atau produk apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat sebagai konsumen kita agar kita dapat menjual produk yang kita buat sehingga suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Jika kita tidak mencari tahu mengenai produk apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka produk kita akan tidak laku terjual dan dapat membuat perusahaan kita bangkrut dan gagal. Setelah mengetahui produk apa yang akan kita produksi, faktor distribusi dan prosmosi juga harus dipikirkan baik - baik agar faktor - faktor tersebut dapat saling menunjang dan membuahkan suatu hasil yang baik bagi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan johanes michael.. Bahwa dalam membuat suatu produk kita harus menyesuaikan produk yang akan kita buat dengan segmen pasar yang kita tuju. Kita pu memerlukan strageri pemasaran, produksi, dan distribusi yang baik agar produk yg kita hasilkan dapat berjalan dengan baik dan bukan merupakan produk gagal atau produk yang tidak terjual.

      Hapus
    2. Novia, boleh menanggapi komentar teman-teman yang di sini tapi posting dullu tanggapanmu terkait komentar-komentar pada postingan 10 November 2013. Terima Kasih

      Hapus
  8. Saya sependapat dengan elia purnamasari. Ketiga bab tersebut sangat berkaitan dengan penjualan suatu produk. Karena dalam penjualan suatu produk kita hanya ingin keuntungan atau laba. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut kita harus memerlukan konsep atau ide produk apa yg akan kita jual dan menentukan harga. Dalam penentuan harga kita perlu menentukan tingkat ekonomi mana yg akan menjadi sasaran pembeli produk kita, misal jika sasaran pembeli kita adalah ekonomi menengah ke bawah kita hrus memberi harga terjangkau dan jika menengah keatas kita memberi hrga yg mahal sesuai dgn tingkat ekonominya. Untuk mengembangkan usaha kita, kita butuh pendistribusian yg benar. Karena itu dapat meningkatkan permintaan atas produk kita. Sedangkan untuk menarik pembeli, kita membutuhkan promosi produk kita. Promosi produk ini bisa dgn berbagai macam cara, misal nya poster,internet,media sosial, iklan dll. Jika semua itu tercapai maka keuntungan atau labalah yg akan kita dpt.

    BalasHapus
  9. Saya setuju dengan pendapat Yosephine Agnes yang mengatakan bab ini sangat menarik karena kita bisa mengetahui bagaimana menciptakan suatu produk yang baik dan berkualitas. Untuk mencapai keberhasilan suatu produk tersebut maka perlu memperhatikan empat hal yaitu Price, Product, Place dan Promotion yang akan sangat membantu produsen dalam mencapai keberhasilan. Misalkan produk apa saja yang dibutuhkan konsumen, berapa harga yang dapat dipatok agar harga tersebut sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan, dimana tempat yang sesuai untuk produksi maupun memasarkan produk dan juga strategi iklan atau promosi agar dapat meningkatkan penjualan. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan demi meningkatkan laba sehingga keberhasilan tercapai.

    BalasHapus
  10. Saya setuju dengan pendapat Manjaya Putra bahwa materi ini sangat menarik karena membahas tentang memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan suatu barang, untuk meningkatkan penjualan perlu memikirkan biaya yang di keluarkan sebagai beban dalam perusahaan, kita harus bisa mengusahakan biaya yang di keluarkan itu minim namun menarik bagi konsumen.. Tetapi alangkah baiknya jika ada pembukuan atau pencatatan transaksi sebelum memulai kegiatan jual menjual suatu barang agar dapat meminimalkan terjadinya kerugian dalam penjualan. Dalam menciptakan suatu barang haruslah inovatif dan kreatif agar konsumen mau mengonsumsi produk yang kita ciptakan, serta utamakan kualitas dan mutu, harga yang terjangkau .
    Pendistribusian juga penting, dengan terget konsumen yang tepat kita dapat keuntungan. Serta perlunya promosi agar produk yang kita ciptakan bisa dikenal masyarakat secara luas.

    BalasHapus
  11. Saya sependapat dengan pendapat Fransisca Hartoyo yang mengatakan di dalam bab 3 ini kita akan menbahas produk barang. Yang akan kita bahas adalah mengenai seputar masalah - masalah yang ada di keadaan sebenar nya. Seperti bagaimana menciptakan suatu produk dengan inovasi dan kreatifitas agar tidak kalah dengan pesaing. Bagaimana menentukan harga di pasar supaya memperoleh keuntungan dan tidak kalah dengan pesaing.kebijakan distribusi apa yang di gunakan yang paling optimal untuk suatu produk, cara meningkatkan penjualan agar mendapat laba lebih banyak dan promosi apa yang di gunakan untuk menarik pelanggan atau konsumen. Jadi menurut saya dalam bab ini sangat penting untuk di pelajari.

    BalasHapus
  12. saya setuju dengan pendapat Sherlyna Kiik Lau yang mengatakan bahwa dalam menghasilkan produk yang benar dan menarik hati konsumen serta berkualitas dan juga pastinya berguna bagi konsumen
    serta penentuan produk yang dapat bersaing dengan produk lain.proses pendistribusian jjuga merupakan bagian penting yang penting dan perlu dipelajari dari bab ini,distribusi bukan hanya bgaimana caranya dan aplikasinya tetapi peranan dari pendistribusi itu sendiri harus mampu melihat situasi pasar serta promosi-promosi yang dilakukan oleh perusahaan. kita sabagai pemilik/manajer perusahaan harus membuat dan menentukan harga produk yang baik, diantaranya dengan melakukan strategi-strategi. ada beberapa macam strategi yaitu strategi produk yang menentukan jenis-jenis produk yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yang kedua yaitu strategi penentuan harga yang menentukan harga dari setiap produk tersebut.

    BalasHapus
  13. Saya sependapat dengan fransisca handoyo. Kitap perlu membuat dan menentukan harga produk yang akan kita jual. Agar produk yang kita jual tidak kalah bersaing dan dapat di trima masyarakat yang menjadi tujuan dari produk tersebut. Setelah menentukan harga kita juga perlu memikir kan bagaiamana produk kita dengan mudah dapat di dapat oleh masyarakat. Dan kita,juga harus memikirkan bagaimana cara memperomosikan produk kita agar dapat dengan cepat dikenal oleh masyarakat

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan pendapat Lany Wahyu yang mengatakan bahwa dalam 3 bab ini kita dapat mengetahui ketika perusahaan telah menghasilkan produk maka, perusahaan tersebut akan menentukan harga produk yang dihasilkan dengan melihat dari biaya produksi, pasokan persediaan, kualitas barang, dan juga membandingkan harga dengan pesaing. Harga barang yang memiliki kualitas tinggi tentu berbeda dengan harga barang yang memiliki kualitas barang rendah. Setelah menetapkan harga produk, perusahaan harus menentukan pendistribusian produk yang tepat dan efisien. Selain itu, perusahaan juga harus melakukan promosi produk yang dihasilkan secara efektif dan tepat agar produknya dapat dikenal oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan permintaan akan produk dan meningkatkan nilai perusahaan.

    BalasHapus
  15. Saya setuju dengan pendapat Natalia Arishandy yang mengatakan bahwa dalam 3 bab ini kita dapat tahu bagaimana cara untuk membuat bagaimana cara untuk membuat dan menentukan harga produk, mendistribusikan produk dan mempromosikan produk. Dalam menerapkan hal tersebut maka perusahaan dapat memulainya dengan memanfaatkan riset pemasaran untuk mendefinisikan kebutuhan pelanggan setelah sebuah produk dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka selanjutnya dibuat keputusan penentuan harga dimana kita harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi pembuatan keputusan penentuan harga tersebut seperti halnya harga pesaing , biaya produksi, pasokan persediaan, dan lain sebagainya dimana kebijakan penentuan harga mempengaruhi pendistribusian, permintaan akan produk tersebut, dan juga pendapatan perusahaan. Dan kita dapat mempromosikan produk kita hasilkan melalui berbagai cara salah satunya dengan cara mengiklankannya selain itu kita bisa menggunakan surat kabar, atau mempromosikannya secara langsung kepada pembeli.

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan cindya natasya. Disamping kita mempelajari cara mempromosikan produk memalui iklan, penentuan harga sangat berpengaruh. Penentuan harga tergantung dengan segmentasi pasar dan promosi. Perusahaan harus menentukan harga yang tepat dimana harga yang ditetapkan memuaskan pelanggan dan menguntungkan perusahaan.

    BalasHapus
  17. Saya setuju dengan pendapat manjaya putra jika materi ini sangat menarik karena membahas tentang memproduksi,mendistribusikan, dan mempromosikan suatu barang.untuk meningkatkan penjualan perlu memikirkan biaya yang di keluarkan sebagai beban dalam perusahaan. Kita harus memikirkan bagaimana kita dapat memproduksi barang yang bagus tetapi dapat memberikan harga yang murah sehingga dapat menarik konsumen. Kita juga harus dapat kreatif dalam mempromosikan suatu barang sehingga dapat terlihat menarik bagi konsumen. Pendistribusian juga penting, dengan target konsumen yang tepat kita dapat keuntungan. Serta perlunya konsumsi agar produk yang kita ciptakan bisa dikenal masyarakat secara luas.

    BalasHapus
  18. Saya setuju dengan pendapat andre pratama yang berpendapat bahwa sebelum menciptakan suatu produk sebuah perusahaan harus memiliki strategis yang baik untuk mempromosikan barang yang di produksi serta cara mempertahankan produk itu tetap di minati konsumen.
    Selain itu menurut saya, sebelum perusahaan memproduksi barang, perusahaan harus menentukan harga di pasaran,strategi yang akan dipakai untuk menjual barang tersebut, sebagai contoh cara mempromosikan barang tersebut dengan cara yang menarik dan unik dan tentu saja kualitas produk tersebut mempengaruhi harga jual barang tersebut.

    BalasHapus
  19. Saya sependapat dengan pendapat Olivia Aldisa ,yang mengatakan bahwa kita harus memperhatikan strategi pemasaran untuk menentukan barang apa yang akan kita produksi, kita juga harus pandai dalam menentukan harga, bila terlalu mahal dan tidak sesuai dengan barang ,maka kita tidak akan mendapat keuntungan maksimal. Selain itu hal yang harus kita perhatikan yaitu strategi promosi barang tersebut. Strategi promosi yang baik dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

    BalasHapus
  20. Saya setuju dengan pendapat Fransisca Hartoyo. Ia mengatakan bahwa dalam membuat produk kita harus memperhatikan permintaan agar sesuai dengan keinginan konsumen. Kita juga harus memperhatikan dalam memberi harga dan strategi pendistribusian agar produk dapat bersaing dengan produk lain .

    BalasHapus
  21. saya setuju dengan pendapat dari Fransisca Hartoyo yang mengatakan bahwa pada bab 3 ini sangat menarik dipelajari yaitu tentang produk, bagaimana menetukan harga produk, mendistribusikan serta mempromosikan produk. Hal ini dikarenakan dalam menjualkan produk perusahaan perlu adanya pembicaraan mengenai harga produk yang sesuai. Apabila produk berkualitas rendah dengan harga yang tinggi tentu orang tidak akan melirik ke produk perusahaan. Akan tetapi dengan kualitas yang nomer 1dan harga yang mahal tentu masyarakat kalangan atas mampu dan mau membeli produk. Dalam menentukan harga diperlukan juga penyesuaian dengan target pasar perusahaan. Bila target pasar adalah orang yang kalangan bawah maka tentu harga harus terjangkau.Begitupun sebaliknya.
    Kemudian yang berkaitan dengan pendistribusian serta promosi produuk ini sangatlah penting. Dimana tempat produk ini akan dijual dan juga harus sesuai dengan target pasar yang ada. Dalam hal promosi inilah sangat penting. Orang tidak mungkin mengenal produk kita tanpa adanya promosi. Dengan promosi maka orang akan mengenal produk kita dan mencari cara untuk menjangkau produk yang dihasilkan perusahaan.

    BalasHapus
  22. Saya setuju dengan pendapat dari Yosephine Agnes yang mengatakan bahwa dalam melakukan suatu penjualan produk kita harus bisa membuatnya menjadi lebih menarik dibandingkan dengan produk pesaing. Jika produk kita tidak menarik bagi konsumen ataupun karena promosi kita tidak menarik bagi konsumen maka produk kita akan menjadi gagal di pasaran. Media promosi menurut saya bukan hanya melalui iklan, namun bisa juga kita megadakan pameran untuk menawarkan produk kita kepada konsumen. Disamping promosi kita juga harus memberikan penawaran yang menarik perhatian konsumen dengan memberikan diskon dan lain sebagainya. Serta menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang kita berikan, namun kita juga harus melihat harga produk dari pesaing kita.

    BalasHapus
  23. Saya setuju dengan pendapat Olivia Aldisa mengenai pengetahuan tentang strategi produk serta strategi harga dalam menentukan suatu produk. Strategi produk diperlukan dalam menentukan inovasi produk yang akan ditawarkan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta strategi harga dalam menentukan harga produk yang akan ditawarkan. Selanjutnya, juga perlu diperhatikan kondisi permintaan pasar sebagai bagian dari strategi pendistribusian produk agar pendistribusian produk tepat pada sasaran konsumen sesuai kebutuhannya. Dalam membantu peningkatan permintaan akan produk yang dihasilkan diperlukan juga strategi untuk promosi yang kreatif untuk dapat menarik konsumen dengan jumlah yang lebih tinggi.
    Maharani

    BalasHapus
  24. Saya setuju dengan pendapat Michael Chery yang berpendapat bahwa dalam menentukan keberhasilan dari suatu produk, dibutuhkan perencanaan strategi. misalnya dalam menentukan harga dan kuantitas suatu barang. kemudian ada berbagai cara mempromosikan suatu produk. Menurut saya promosikan suatu produk yang kita hasilkan sangat penting. Karena dari promosi yang kita lakukan konsumen akan lebuh mengtahui produk yang kita hasilkan dan melalui promosi juga kita dapat menyebar luaskan produk kita itu.sehingga dalam menentukan strategi dalam pemasaran atau promosi sangatlah penting.

    BalasHapus
  25. Saya setuju dengan pendapat dari Yosephine Agnes yang mengatakan bahwa bagaimana menciptakan suatu produk yang baik dan berkualitas. Karena produk yang baik dan berkualitas akan memiliki nilai harga yang tinggi dan kita harus membuat produk yang kita inginkan ini harus lebih menarik dari produk hasil perusahaan lain atau pesaing kita. Selain itu juga, kita juga harus melakukan promosi terhadap produk kita, agar para pembeli atau konsumen dapat mengenali dan mengetahui kelebihan dari produk kita dibandingkan dengan produk milik lain. Dan juga kita harus mencocokan harga produk kita dengan pendapatan yang didapatkan oleh masyarakat serta membuat kemasan produk menjadi lebih menarik minat konsumen agar konsumen mau melihat dan membeli produk kita.

    BalasHapus
  26. Saya setuju dengan pendapat Lidia Lusiana The,bahwa dibutuhkan perencanaan strategi salah satunya adalah melalui Bauran Pemasaran ( 4P : Product, Price, Place, Promotion ). Seorang produsen harus dapat menentukan produk yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen,produsen juga harus dapat menentukan harga dan menjaga kualitas dari suatu produk yang akan ditawarkan serta harus memperhatikan tempat dimana produk tersebut akan dipasarkan. Selain itu hal lain yang tidak kalah penting adalah strategi promosi yang diperlukan untuk membantu memasarkan produk kita. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara,diantaranya adalah melalui media cetak dan media elektronik. Menurut saya,lebih efektif melakukan promosi melalui media elektronik karena dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen dibanding media cetak. Strategi promosi yang baik dapat meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan pendapatan/laba dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, promosi lewat media cetak ataupun lewat media elektronik masih kurang efektif, mengingat banyak sekarang iklan-iklan yang ditayangkan sifatnya persuasif, baik didepan tetapi penuh harapan palsu dengan banyaknya syarat dan ketentuan berlaku. Saya berpendapat bentuk iklan yang cukup baik dan efektif selama ini adalah iklan yang berasal dari mulut ke mulut yang dibangun oleh konsumen sendiri. Karena dengan adanya pembicaraan yang positif tentang produk kita dari satu orang ke lainnya maka hal tersebut sudah termasuk iklan yang timbul dari kepercayaan pelanggan.

      Hapus
  27. Saya setuju dengan pendapat Michael Chery yang mengatakan “dalam menentukan keberhasilan dari suatu produk, dibutuhkan perencanaan strategi” saya sependapat karena dalam menciptakn produk untuk dipasarkan kita haru memiliki strategi yang bagus agar produk tersebut dapat laku dipsaran. Misalnya, yangpertama kita menentukan produk apa yang akan kita pasarkan, kemudian sasaran masyarakat mana yang akan kita pilih, lalu kita baru bisa memilih kualitas dan baru bisa mematok harga yang sepadan dengan kualitas produk kita. Kemudian kita bisa kita menntukan cara promosi agar produk kita dikenal dan laku diparan dan mencapai target yang kita inginkan. Karena selain kualitas dan harga produk, promosi tidak kalah pentingnya.

    BalasHapus
  28. Saya sependapat dengan saudara David Darmawan bahwa sebuah perusahaan seharusnya menentukan metode dan alat transportasi yang tepat untuk pendistribusian produk karena distribusi dapat menjamin bahwa kualitas produk tidak menurun. Promosi juga dibutuhkan agar dapat membantu meningkatkan penjualan

    BalasHapus
  29. Saya tertarik dengan pendapat Ravensca Maria tentang penggunaan E-Marketing yang juga dibahas didalam bab ini. Dengan menggunakan E-Marketing di era globalisasi ini maka kita dapat memperluas pasar target dimana internet sebagai perantara, dan perusahaan berarti menawarkan kemudahan kepada pelanggan untuk mengakses dan mengetahui berbagai info produk, misalnya promosi lewat iklan-iklan di internet selain itu memudahkan juga konsumen untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan. Hal ini dinilai lebih efektif dan efisien karena selain memudahkan transaksi bisnis, juga lebih murah dalam hal pembiayaan karena perusahaan mampu menawarkan harga yang lebih murah dengan menjual secara langsung pd konsumen (tidak melalui toko ritel) dan merupakan inovasi yang belum digunakan banyak perusahaan.

    BalasHapus
  30. Saya setuju dengan pendapat Yosephine Agnes bahwa kita harus meproduksi suatu produk yang menarik agar dapat menarik perhatian konsumen agar membeli produk yang kita ciptakan. Suatu produk harus di desain semenarik mungkin, bila diperlukan harus menampilkan ciri khas yang menonjol. Yang menunjukan bahwa itu adalah produk yang kita miliki. Lalu kita mempromosikannya di berbagaibmedia. Bisa di media sosial, media cetak dan lain-lain. Dimana saat ini teknologi sudah canggih dan dapat mempromosikan melalui sosial media yang lagi booming sekarang ini contohnya instagram.

    BalasHapus
  31. Saya berpendapat dengan jawaban natalia arishandy bahwa sangatlah menarik untuk dipelajari karena, dari bab ini kita jadi tahu bagaimana cara membuat dan menentukan harga produk, mendistribusikan produk dan mempromosikan produk.
    Saluran distribusi merupakan saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Artinya, setelah produk telah siap untuk bisa dipasarkan, langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana produk Anda itu akan didistribusikan/dipasarkan hingga produk tersebut bisa ke tangan konsumen.
    pada kemajuan zaman membuat pemikiran manusianya itu sendiri menjadi ikut semakin maju. Begitu pula pemikiran tentang bagaimana para konsumen akan menghabiskan uang mereka terhadap suatu produk. Telah terjadi paradigma tentang bagaimana seharusnya pelayanan diberikan kepada konsumen. Jika dulu fokus para pengusaha adalah menjual produknya, maka sedikit ada peningkatan dengan zaman sekarang ini yang lebih menginginkan konsumen sebagai aset. Sehingga, fokus pengusaha bukan hanya ‘menjual’ produk saja tetapi bagaimana menjaga hubungan dengan konsumen agar mereka bisa terus datang berkunjung dan membeli produk yang ditawarkan.
    Peningkatan fase tersebut memaksa pengusaha untuk berfikir lebih keras lagi tentang segala sesuatunya, termasuk memikirkan bagaimana mendistribusikan produk dari mulai tangan Anda hingga ke tangan konsumen. Dalam fase ini, seperti halnya membuat produk menjadi sempurna seperti yang Anda dan konsumen inginkan, membutuhkan pertimbangan yang sangat matang agar semuanya berjalan seperti yang Anda inginkan terutama dalam hal mendatangkan keuntungan.

    BalasHapus
  32. Saya sependapat dengan Lisa Indahwati. Pada bab-bab tersebut kita dapat mempelajari mengenai jenis-jenis produk, fase-fase siklus hidup produk (mengetahui mengenai bagaimana siklus produk tersebut dari mulai pengenalan terhadap produk, peningkatan dalam penjualan produk, produk kita mulai stabil, dan mulai fase penurunan akibat kalah dengan pesaing). Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mengantisipasi fase-fase tersebut dengan membuat produk baru di mana kita mulai mendesain produk kita dan membuat merek baru agar menarik. Faktor yang mempengaruhi besarnya pasar target (dari segi demografis atau karakteristik populasi manusia, geografi, faktor ekonomi, dan nilai-nilai sosial). Kita juga dapat menentukan harga suatu produk dengan mengetahui terlebih dahulu biaya produksi, pasokan persediaan, dan harga dari pesaing. Setelah itu kita bisa menentukan bagaimana kita dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap barang kita dengan memberikan harga obral, persyaratan kredit, maupun diskon.
    Setelah itu, kita juga dapat mengetahui bentuk-bentuk distribusi, mulai dari transportasi yang dapat kita gunakan, bagaimana cara kita untuk memperlancar saluran distribusi yang mungkin dapat menggunakan internet. Kita juga dapat mengetahui hubungan antara distributor dengan produsen, distributor dengan peritel.
    Dan untuk meningkatkan penjualan kita dapat menggunakan jasa iklan lewat radio, surat kabar, televisi, majalah, dan sebagainya, Keputusan dalam distribusi dan pengiklanan bisa menambah beban perusahaan yang nanti akan berkaitan dengan harga barang yang ditawarkan.

    BalasHapus
  33. saya setuju dengan pendapat hans limerta yang mengatakan bahwa jika kita ingin membuat suatu produk yang baru, maka kita harus pandai dalam melihat keadaan konsumen, maksudnya setiap konsumen memiliki karakteristik atau tipe-tipe yang berbeda. karena menurut saya, harga dan kualitas suatu barang berperan sangat penting. dua hal itu dapat mempengaruhi penjualan kita terhadap konsumen yang akan membeli produk kita.

    BalasHapus
  34. saya setuju dengan pendapat dari Garry Jonathan yang mengatakan bahwa strategi dalam penjualan barang sangat lah penting karena hal ini sangat berpengaruh terhadap promosi dari produk penjualan dari barang tersebut. karena dalam melakukan penjualan kita harus mempunyai strategi yang bagus agar dapat menarik konsumen untuk membeli dan menggunakan produk kita. dengan hal itu dapat meningkatkan minat dari konsumen tersebut

    BalasHapus
  35. saya setuju dengan pendapat ravenscha, karena pada saat era yang modern ini tentang penggunaan E-Marketing yang juga dibahas didalam bab ini. Dengan menggunakan E-Marketing di era globalisasi ini maka kita dapat memperluas pasar target dimana internet sebagai perantara, dan perusahaan berarti menawarkan kemudahan kepada pelanggan untuk mengakses dan mengetahui berbagai info produk, misalnya promosi lewat iklan-iklan di internet selain itu memudahkan juga konsumen untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan. Hal ini dinilai lebih efektif dan efisien karena selain memudahkan transaksi bisnis,juga lebih menekan pada biaya pengeluaran bisnis perusahaan. Dalam hal pembiayaan perusahaan juga mampu menawarkan harga yang lebih murah dengan menjual secara langsung pada konsumen (tidak melalui perantara atau agen) hal tersebut merupakan inovasi yang belum digunakan banyak perusahaan. namun pada penerapannya hanya beberpa perusahaan saja yang bisa menggunakan sistem seperti tersebut atau yang dijual barang yang mudah rusak.

    BalasHapus
  36. Saya steruju dengan pendapat Fransisca Hartoyo yang mengatakan “bab ini berkaitan dengan apa yang kita jual.” Ketiga bab ini memang terkait satu dengan yang lain. Ketika kita hendak menciptakan produk kita perlu mengetahui apa itu marketing mix. Marketing mix merupakan suatu komponen marketing yang digunakan perusahaan untuk memperoleh target pasar. Komponen ini terdiri dari price, place, promotion. Selain itu kita juga perlu adanya STP (segment, target, positioning). Analisi SWOT juga di perlukan jika hendak membuat produk. Setelah produk tercipta, perlulah perusahaan mendistribusikannya kepada masyarakat. Agar masyarakat lebih mengenal barang tersebut. Serta membuat promosi barang-barang. Promosi disini dapat dilakukan dengan memberikan voucher berhadiah, langsung promosi ke masyarakat, iklan di tv, dan lain-lain.

    BalasHapus
  37. Saya setuju dengan pendapat Yohanes Louis yang tertarik pada 3 bab ini karene kita akan mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah suatu produsen memproduksi suatu produk.
    Perusahaan atau perodusen pada dasarnya harus memperhatikan tentang penjualan dan pendistribusian produknya serta harga produk dan kualitas produk. Perusahaan juga harus jeli dalam menetapkan dan mengatur strategi dalam perusahaan nya, misalnya dalam mengiklankan produknya agar produknya semakin dikenal orang.

    BalasHapus
  38. Saya sependapat dengan Alberta Cynthia. Kita harus terlebih dahulu membuat produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan produk yang kita jual. Lalu mempromosikan barang tersebut baik melalui iklan di televisi dan radio, brosur, dan mungkin melalui online shop

    BalasHapus