SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 16 November 2014

Komentar tentang Materi Akuntansi, Analisis Keuangan, dan Pendanaan Bisnis (Bahan Diskusi Kelas Pengantar Bisnis Tanggal 21 November 2014)



Silahkan baca buku teks kita bab  15 dan bab 16. Setelah itu baca komentar-komentar yang ada pada postingan saya pada hari Sabtu tanggal 16 November  2013.

Bahan Diskusi:

Pilihlah satu komentar yang menurut Saudara paling menarik dari komentar-komentar tersebut. Jelaskan juga mengapa Saudara menganggap komentar tersebut yang paling menarik.
Saudara juga diperkenankan mengomentari komentar teman sekelas Saudara. Selamat berdiskusi...

NB: Jangan lupa bahwa kuliah kita pada hari Kamis, 20 November 2014 dipindah ke hari Jumat 21 November 2015,  jam seperti biasa. Ruang Kuliah dapat dilihat di papan pengumuman. Terima Kasih

37 komentar:

  1. Saya setuju dengan pendapat Angeline Priscilla bahwa laporan keuangan harus akurat baik untuk pemilik, kreditor, pengurus pajak, manager maupun investor tidak ada yang boleh di mabipulasi. Manager perusahaan akan menggunakan laporan keuangan untuk melihat kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan dan merencanakan/memutuskan hal-hal apa saja yang akan di lakukan untuk keberlangsungan perusahaan. Kreditor akan dapat melihat kredibilitas perusahaan dari mempelajari laporan keungan dan memutuskan apakah perusahaan tersebut layak untuk di beri pinjaman . sedangkan investor akan menggunakan laporan keungan untuk melakukan investasi di perusahaan tersebut atau tidak. Dan ada 3 cara dala mendanai perusahaan kita yaitu utang, ekuitas, dan pemasok. Indonesia punya banyak perusahaan terbuka yang telah melepas sahamnya ke pasaran. Dengan cara itu mereka memperoleh dana ratusan miliar daripada utang di bank dengan tingkat bunga hingga 7% dimana selain kita membayar utang yang kita pinjam kita juga harus membayar bunganya. Tapi mereka harus berhati-hati dan memastikan bahwa perusahaan tersebut akan cenderung stabil bahkan meningkat sehingga investor tidak ragu untuk menanamkan modalnya.

    BalasHapus
  2. saya setuju dengan pendapat nnis michel thie yang mengatakan bahwa pelaporan keuangan dan menggunakan laporan keuangan untuk dapat membangun bisnis ke depannya. arena menurut saya jika perusahaan tidak dapat mengelola keuangadengan baik maka perusahaan tersebut tidak akan dapat bertahan lama karena akan segera bangkrut. jika laporan keungannya dapat berjalan dengan baik maka uang perusahaan dapat di gunakan dengan maksimal dan dapat di gunakan untuk menambah cabang perusahaan yang lain.

    BalasHapus
  3. Saya sependapat dengan dennis michael thie. Laporan keuangan sangat penting untuk menentukan kemajuan sebuah perusahaan kedepannya. Baik buruknya sebuah perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangannya. Dalam mengawasi betul tidaknya laporan keuangan di butuhkan managerial yang baik dan jujur. Jika tidak, maka akan berdampak buruk bagi perusahaan kedepannya. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk pendanaan. Jika dalam laporan keuangan kita memliki laba tinggi, maka banyak pengusaha yang akan menginvestasi sahamnya di perusahaan kita dan sebaliknya jika laporan keuangan kita rugi, tidak akan ada yang mau menginvestasi dan perusahaan akan bangkrut. Karena alasan tersebut banyak akuntan memanipulasi laporan keuangan tersebut agar banyak yang menginvestasi saham di perusahaan mereka. Tetapi perbuatan tersebut sangat illegal, dan merugikan para investor tersebut, maka dari itu di butuhkan pengawasan dalam pembuatan laporan keuangan tersebut.

    BalasHapus
  4. saya sependapat dengan samcruise yang mengatakan bahwa keuangan dalam sebuah perusahaan sangatlah penting dan akuntan sangat berperan penting dalam memberikan informasi keuangan yang akurat dan dapat di pertanggungjawabkan. karena jika perusahaan tidak mengetahui laporan keuangannya dengan baik maka perusahaan tidak tahu siapa saja yang menghutang kepada perusahaan tersebut dan kepada siapa perusahaan tersebut menghutang sehingga dapat sangat merugikan perusahaan dan bisa sampai mengalami kebangkrutan karena menghutang di bank dan tidak tahu jika mempunyai hutang dan pada akhirnya disita harta bendanya.

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan pemdapat olivia aldisa bahwa bab ini sangat menarik dan penting untuk dipelajari karena kita dapat menginterprestasikan laporan keuangan.
    Laporan keuangan suatu perusahaan merupakan suatu alat yang sangat penting untuk menganalisa keadaan suatu perusahaan. Hal yang terpenting dari proses pelaporan keuangan suatu perusahaan adalah dapat digunakannya hasil laporan keuangan yang akurat untuk mengambil keputusan yang bermanfaat bagi perusahaan. Dan dari laporan keuangan tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana prospek perusahaan ke depannya.

    BalasHapus
  6. Saya sependapat dengan Michael Armando. Salah satu bagian terpenting didalam suatu perusahaan ialah bagian keuangan atau akuntansi suatu perusahaan. Dimana baik perusahaan yang besar maupun yang kecil membutuhkan pengetahuan mengenai akuntansi untuk melihat bagaimana kelanjutan kehidupan ekonomi suatu perusahaan. Akuntansi dapat mengontrol jalannya suatu perusahaan yang mungkin tidak stabil dalam ekonomi. Akuntansi juga membantu pendanaan, serta dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Menurut saya bab 15 dan 16 ini baik dan dapat memberikan masukan-masukan kepada saya dan teman-teman mengenai akuntansi.

    BalasHapus
  7. Saya sependapat dengan chandra kristiani yang mengatakan bahwa bab ini sangat cocok untuk di bahas dalam hal" seperti laporan keuangan. Dengan melakukan laporan keuangan dapat mengetahui apa yang akan terjadi dalam suatu perusahaan. Dan dapat mengetahui apa yang hendak dilakukan kedepannya.

    BalasHapus
  8. Saya sependapat dengan Andrew Giovanni H yang mengatakan perusahaan itu dapat membuat laporan yang baik dan akurat. Agar perusahaan dapat mengerti bagaimana kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Namun jika laporan keuangan tidak akurat dan banyak yang salah maka akan perusahaan tidak akan mengerti bagaimana sebenarnya kondisi keuangan perusahaan dan akan susah untuk memperbaiki keuangan perusahaan jika terjadi masalah.

    BalasHapus
  9. saya setuju dengan pendapat dari Erlina Tjoa yang mengatakan bahwa "di setiap perusahaan harus ada laporan keuangan untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja yang telah di lakukan". Laporan keuangan suatu perusahaan dapat dijadikan suatu tolak ukur yang memantau arus dan kondisi keuangan suatu perusahaan. Jika laporan keuangan menunjukkan hasil yang baik (laba) maka perusahaan tersebut sudah berjalan dengan baik dan benar dan jika hasil dari laporan keuangan menunjukkan hal yang sebaliknya(rugi) secara terus menerus, maka ada dari kegiatan perusahaan yang tidak benar.

    BalasHapus
  10. Saya setuju dengan pendapat Reno Sally. Bab ini sangat bagus karena dapat membantu kita dalam mengetahui tentang laporan keuangan dan manfaatnya. Kita juga dapat mengetahui apakah laporan keuangan yang di buat sudah akurat atau bagaimana cara menggunakan informasi laporan keuangan tersebut untuk meningkatkan kinerja bisnis. Karena jika kita dapat menggunakan informasi dari laporan keuangan tersebut dengan benar maka akan membuat bisnis kita lebih menguntungkan.

    BalasHapus
  11. Saya setuju dengan pendapat Cynthia Santyago yang mengatakan bahwa akuntansi, analisis keuangan, dan pendanaan bisnis sangatlah penting dalam sebuah perusahaan karena laporan keuangan digunakan oleh manajer keuangan untuk menilai kinerja perusahaan apakah mengalami laba/rugi, pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan dan digunakan kreditor untuk menilai apakah suatu perusahaan layak diberi pinjaman atau tidak. Tugas akuntansilah yang melaporkan data keuangan secara akurat dalam perusahaan.

    BalasHapus
  12. Saya setuju dengan pendapat Yofina Puji yang mengatakan bagaimana memastikan bahwa laporan keuangan itu sudah akurat dan bagaimana memanfaatkan informasi dari laporan keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Dengan adanya laporan keuangan ini pemimpin suatu perusahaan dapat dengan cepat mengambil keputusan untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan. Dengan keakuratan laporan keuangan, dapat diketahui bagaimana hasil keuangan perusahaan tersebut di waktu yang lalu dan juga dapat diketahui hal apa yang menjadi kelemahan dari perusahaan. Sehingga dari keakuratan laporan tersebut, maka perusahaan dpt meminimalisir kelemahan yang ada untuk ke depannya.

    BalasHapus
  13. Saya setuju degan pendapat dannis michael yg mengatakan bahwa pengelolah keuangan sutau perusahaan sanfat lah penting. Kalau sebuah perusahaan tdk dapat mengelolah keuangannya dengan baik maka akan berdampak negatif bagi perusahaan tersebut

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan pendapat Yofina Panji Junita tentang laporan keuangan dimana kita sebagai pengusaha harus memastikan bahwa laporan keuangan sudah akurat dan bagaimana memanfaatkan informasi dari laporan keuangan tersebut untuk meningkatkan kinerja bisnis kita. Karena dengan mengetahui dan memahami kedua hal tersebut kita dapat mengelola keuangan suatu perusahaan atau usaha bisnis dengan baik kemudian melalui hal tersebut bisa kita jadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis kita yang dapat menentukan apakah bisnis yang kita jalankan berjalan lancar atau tidak.

    BalasHapus
  15. Saya setuju dengan pendapat Sherlyna Kiik Lau yang mengatakan bahwa menariknya bab ini yaitu pada pembahasan lebih lanjut tentang sistem keuangan didalam perusahaan dimana dapat memberikan gambaran secara umum mengenai pelaporan keuangan, etika dan resiko dalam pelaporan keuangan yang akan kita hadapi di dunia kerja khususnya, kita sebagai mahsaiswa jurusan akuntansi. Akuntansi juga memiliki peranan penting dalam suatu perusahaan terutama dalam pengambilan keputusan, juga kinerja dan perencanaan perusahaan yang didasarkan pada sebagian besar informasi yang diberikan oleh akuntan. Melalui bab ini banyak istilah baru yang digunakan dalam pengoperasian laporan keungan dan pendanaan perusahaan seperti sekuritas, leasing, serta tipe debt financing dan tipe equty financing dan masih banyak yang lain.

    BalasHapus
  16. Saya setuju dengan pendapat Yuliane Pawatika bahwa laporan keuangan itu harus dikerjakan oleh para akuntan yang sudah berpengalaman , karena suatu perusahaan sangat memelukan orang akuntan untuk melaporkan data keuangan secara akurat dengan cara mencatat transaksi-transaksi sebuah perusahaan seperti mencatat pendapatan dan beban.Laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk merinci biaya pengeluaran dan pemasukan, serta untuk mengetahui laba atau rugi. Tujuannya untuk mengetahui apakah keuangan suatu perusahaan berjalan dengan baik atau tidak stabil. Dan kedepannya diharapkan perusahaan semakin maju.

    BalasHapus
  17. Saya sependapat dengan fransiscus, laporan keuangan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Karena dengan menganalisa laporan keuangan tersebut, kita dapat mengetahui apakah biaya-biaya yang dikeluarkan, target penjualan, cara promosi yang digunakan, cash flow perusahaan. Penganalisaan laporan keuangan dengan baik dapat membuat kinerja perusahaan akan meningkat. Jika perusahaan tidak mempunyai sistem/laporan keuangan perusahaan tersebut akan kacau.

    BalasHapus
  18. saya setuju dengan pendapat Yolanda Nataline yang mengatakan bahwa Dan hal yang menarik dalam bab ini adalah ketika bagian keuangan-lah yang bertanggung jawab penting dalam suatu perusahaan (laporan keuangan perusahaan), dimana dalam setiap perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan mereka, mendukung keputusan dan mengendalikan operasi bisnis. menurut saya, kita juga harus dapat menginterpresikan laporan keuangan diantaranya laporan laba rugi dan neraca. perlu juga diadakan analisis ratio diantaranya ukuran likuiditas, ukuran efisiensi, ukuran pengungkit keuangan dan ukuran profitabilitas.

    BalasHapus
  19. saya setuju dengan pendapat Michael armando yang mengatakan bahwa pemakaian akuntansi dalam perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan, karena menurut saya, akuntansi berguna untuk melaporkan kondisi keuangan, mendukung keputusan dan mengendalikan operasi bisnis dan itu sangatlah berguna untuk memeperbaiki kinerja perusahaan apalagi jika akuntan yang digunakan oleh suatu perusahaan itu baik dalam kinerjanya dan akurat dalam melakukan setiap tugas yang diberikan perusahaan kepadanya.

    BalasHapus
  20. Saya setuju dengan pendapat Samcruise yang mengatakan bahwa keuangan dalam suatu perusahaan sangatlah penting dan akuntan memiliki peran yang penting dalam membuat dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Laporan keuangan yang tidak akurat dapat menimbulkann kerugian dalam perusahaan. Laporan keuangan dapat menunjukkan kondisi suatu perusahaan, sehingga perusahaan bisa meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu, dengan laporan keuangan, itu yang akan menentukan sebuah perusahaan dapat mendapat pinjaman dari bank dann juga menentukan kebijakann-kebijakan apa yang akan dilakukan.

    BalasHapus
  21. saya setuju dengan pendapat felicia tania yang mengatakan bahwa laporan keungan sebuah perusahaan sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah perusahaan. karena dengan adanya sebuah laporan kita dapat mengetahui seluk beluk keuangan suatu perusahaan. bila kita mengetahui seluk beluk keuangan perusahaan, kita akan dapat merencanakan proses produksi yang efisien dan efektif bila proses produksinya efisien dan efektif, pastinya suatu perusahaan akan mendapatkan proffit yang besar.

    BalasHapus
  22. Saya setuju dengan pendapat Dennis Michel Thie.Laporan keuangan sangat penting karena dengan adanya laporan keuangan suatu perusahaan dapat mengetahui keaddan bisnisnya sehingga dapat menentukan langkah apa yang harus diambil sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian

    BalasHapus
  23. Saya setuju dengan pendapat dennis Michel thie, yang mengatakan “ pengelolaan yang betul dalam bidang keuangan maka perusahaan bisnis dapat berkembang sedangkan jika suatu perusahaan mempunyai sistem keuangan yang kurang maksimal, maka perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama.” Dalam suatu bisnis, kita selalu menemukan yang namanya “laporan keuangan”. Karena laporan keuangan ini merupakan wadah kita untuk mengetahui apakah bisnis kita laba atau rugi. Namun, dalam membuat laporan keuangan, dibutuhkan orang-orang yang jujur dan teliti dalam membuat laporan tersebut. Jika orang mengolah laporan keunangan itu tidk teliti ataupun tidak menguasai laporan keuangan itu sendiri, maka laporan keuangan itu bisa saja tidak akurat atau termanipulasi. Sebagai contoh di dalam suatu perusahaan di Sidoarjo, pertama-tama membuat laporan keuangan secara manual dari pihak intren sendiri, namun lambat taun, laporan keuangan itu dirubah menjadi laporan yang menggunakan server yang bersistem komputerisasi, dan dapati bahwa perusahaan tersebut memperoleh laba jauh lebih besar dari pada laba sebelumnya. Sehingga dapat diketahui bahwa ada orang intern yang menyalahgunakan laporan keuangan itu dan keuangan perusahan. Sehingga dalam perusahaan perlu untuk mempunyai seorang akuntan yang bisa dipercaya dan jujur serta bijak agar perusahaan itu dapat bekerja secara maksimal.

    BalasHapus
  24. Saya setuju dengan pendapat Olivia Aldisa yang menilai bahwa bab ini menarik karena dapat mengetahui cara menginterprestasikan laporan keungan dan mengevaluasi salah satu dari empat karakteristik, yaitu likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan profitabilitas. Serta mengetahui metode-metode pendanaan dan cara perusahaan memperoleh pendanaan dari utang, ekuitas, dan pemasok. Dalam suatu perusahaan harus ada laporan keuangan ,karena sangat berfungsi untuk mengetahui hasil kinerja suatu perusahaan dan juga dapat memantau keuangan di dalam perusahaan

    BalasHapus
  25. saya setuju dengan pendapat Olivia Aldisa bahwa bab ini sangat menarik karena di dalam bab ini kita dapat mengetahui cara menginterprestasikan laporan keungan dan mengevaluasi salah satu dari empat karakteristik, yaitu likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan profitabilitas. Serta mengetahui metode-metode pendanaan dan cara perusahaan memperoleh pendanaan dari utang, ekuitas, dan pemasok. Di dalam sebuah perusahaan keuangan sangatlah penting karena apabila keuangan perusahaan buruk maka aka buruk bagi masa depan suatu perusahaan

    BalasHapus
  26. saya setuju dengan pendapat dari dennis michel thie yang mengatakan bahwa dengan pengelolaan yang betul dalam bidang keuangan makan perusahaan bisnis dapat berkembang sedangkan jika suatu perusahaan mempunyai sistem keuangan yang kurang maksimal maka perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama. Hal ini memang benar harus ada pengelolaan dan pelaporan laporan keuangan dengan benar agar keputusan yang diambil oleh manager adalah keputusan yang paling tepat. akan tetapi sayangnya, terkadang di dunia sekarang banyak perusahaan yang melebih-lebihkan anggaran yang dapat berakibat pada investor yang menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Akibatnya bila investor mengetahui kondisi perusahaan yang sebenarnya, seorang auditor atau manager dapat dikenakan hukuman yang berat. Auditor atau manager yang membuat laporan keuangan bertanggung jawab atas laporan keuangan yang telah di buat. Selain itu laporan keuangan juga diperlukan untuk melihat apakah perusahaan tersebut mengalami kerugian atau keuntungan, serta apakah biaya yang dikeluarkan sudah efisien atau belum, apakah target sasaran sudah tepat sehingga perusahaan mendapatkan laba, kemudian biaya apakah yang harus di hapuskan atau diminimalkan dan biaya apa yang diperlukan untuk mengembangkan atau meningkatkan bisnis,

    BalasHapus
  27. Saya setuju dengan pendapat Dennis Michael Tie bahwa laporan keuangan adalah hal yang menarik untuk dipelajari. Laporan keuangan juga diperlukan bagi perusahaan untuk mengevaluasi hasil kinerja nya. Agar dapat memperbaiki kesalahan2 yang terjadi sebelumnya agar tidak terulang kembali dan juga dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kinerja nya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Karena itu laporan keuangan sangatlah dibutuhkan untuk setiap perusahaan agar dapat terkendali.

    BalasHapus
  28. Saya setuju dengan pendapat Yohanes Louis yang mengatakan bahwa melihat kondisi suatu perusahaan adalah melalui laporan keuangan dan laporan keuagan harus akurat. Jika laporan keuangan suatu perusahaan kacau dan tidak akurat, perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama karena perusahaan itu tidak dapat menganalisis keuangan yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. Selain itu jika laporan keuangan suatu perusahaan tidak jelas, maka perusahaan tersebut tidak dapat melihat kondisi apa yang dialami oleh perusahaan tersebut. Dan jika perusahaan dalam kondisi yang tidak baik maka perusahaan akan dapat lebih mudah dalam memperbaiki kondisi perusahaan yang sedang kurang baik. Selain itu suatu perusahaan dapat melihat bagaimana keuangan dalam perusahaan di masa yang lalu jika ada laporan keuagan yang akurat.

    BalasHapus
  29. saya setuju dengan pendapat dennis michael, sebab perusahaan memang membuat laporan keuangan perusahaan unutk menarik dari par investor-investor yang akan memasok dana segar guna untuk membantu operasional ataupun guna melakukan pembelian-pembelian.
    selain itu laporan keuangan juga diperlukan sebagai alat untuk memilih agar investor tidak salah beli saham perusahaan, karena memang banyak kasus terhadap laporan keuangan yang dirubah sedemikian rupa agar para investor tertarik, namun setelah saham perusahaan tersebut dibeli, perusahaan itu bobrok.
    selain itu laporan keuangan juga berguna untuk ara pihak manajemen untuk mengambil keputusan dalam kebijakan-kebijakan yang akan diambil, agar akurat.

    BalasHapus
  30. Saya setuju dengan pendapat Novita Sari, Peranan manajemen keuangan sangat penting dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan. Penilaian kondisi keuangan dan perkembangan perusahaan dapat dilihat dalam laporan keuangan yang berguna bagi perencanaan dan pengambilan keputusan jangka pendek maupun jangkan panjang serta merupakan persoalan yg kompleks dan sulit karena menyangkut masalah efektivitas dan pemanfaatan modal, efensiensi serta rentabilitas dari kegiatan perusahaan, Selain itu manajemen pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan manajemen keuangan juga berperan dalam kinerja suatu perusahaan sebab, perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik tentu bisa menjaga kestabilan di dalam perusahaan dan dapat bertahan lama dalam menjalankan bisnisnya.

    BalasHapus
  31. Saya sependapat dengan Sherlyna Kiik Lau. Karena saya memilih jurusan akuntansi, saya jadi mendapatkan suatu pengetahuan baru mengenai bagaimana tugas dari masing-masing pekerjaan di akuntansi public ataupun CPA. Sehingga saya bisa dapat memutuskan dengan baik saya akan mengambil spesifikasi di bagian mana. Saya juga mengetahui dengan jelas ternyata ada juga penyalahgunaan pekerjaan yang dilakukan jurusan dari akuntansi yang sebaiknya tidak dilakukan karena dampaknya akan sangat terasa bagi suatu perusahaan, investor, maupun pengkredit.
    Saya juga jadi mengerti bahwa perusahaan memiliki berbagai tolok ukur dalam mengevaluasi kondisi keuangan perusahaannya melalui ukuran likuiditas, efisiensi, pengungkit keuangan dan profitabilitas.
    Di bab 16 saya juga mendapatkan pengetahuan baru mengetahui metode pendanaan melalui utang (yang mana utang usaha memang juga diperlukan oleh perusahaan untuk menjamin keberlangsungan dari perusahaan), metode pendanaan melalui ekuitas, dan menyelesaikan masalah-masalah utang dengan perpanjangan waktu, komposisi, likuidiasi langsung, dan penyelesaian formal.

    BalasHapus
  32. Saya sangat setuju dengan pendapat Gaby Markus yg mengatakan bahwa "laporan keuangan dapat membuat kita mengetahui bagaimana prospek perusahaan ke depannya dan juga berapa besar ROI nya (Return of Investment)" Menurut saya hal tersebut benar, karena di dalam laporan keuangan tersebut terdapat analisa keadaan perusahaan dari aktivitas keuangannya, pendanaan sehingga kita pun dapat tahu apakah harga suatu saham perusahaan tersebut termasuk murah atau mahal. Dengan demikian, kemungkinan kita sampai mengalami kerugian dalam membeli suatu jenis saham perusahaan sangatlah kecil. Selain itu laporan keuangan juga dapat membantu pekerjaan seorang manager dalam mengambil keputusan perencanaan operasional perusahaan selanjutnya agar keputusan tersebut dilakukan dengan tepat sehingga ke depannya perusahaan tidak mengalami kerugian finansial dari keputusan tersebut.
    Akhirnya perusahaan pun akan dapat meminimalisasikan biaya serta dapat memperoleh laba secara maksimal sehingga perusahaan tersebut akan berkembang dengan baik.

    BalasHapus
  33. Saya setuju dengan pendapat Dennis Michael Tie bahwa laporan keuangan adalah hal yang dunakan untukmenentukn kemajuan perusahaan. Laporan keuangan sangatlah dibutuhkan oleh setiap perusahan agar kita bisa mengetahui kondisi perusahaan kita. Dan bisa digunakan untuk menambah investor yang mau berinvestasi diperusahaan kita, jika laporan keuangan bagus maka perusahaan akan menima bnyak investor, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu laporan keuangan menentukan kemajuan perusahaan itu senddiri

    BalasHapus
  34. Saya setuju dengan pendapat dari Yohanes Louis yang mengatakan bahwa menilai kondisi keuangan suatu bisnis dengan melalui laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan, pemimpin perusahaan bisa melihat dan mengambil keputusan untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaannya jika hasil dari laporan keuangan tersebut menyatakan hasil yang tidak bagus. Karena laporan keuangan yang dimiliki oleh suatu perusahaan harus akurat, benar, dan harus sesuai dengan kondisi perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan, para pemilik dan karyawan perusahaan bisa melihat hasil atau kondisi ekonomi perusahaannya di bulan lalu atau waktu lalu agar laporan keuangan perusahaan tersebut bisa menjadi baik lagi, dan juga bisa untuk mengatasi kekurangan perusahaan agar kedepannya menjadi baik.

    BalasHapus
  35. Saya setuju dengan pendapat Yohanes Louis bahwa laporan keuangan sangatlah penting. Laporan keuangan harus akurat dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Laporan keuangan dapat digunakan oleh manajer perusahaan untuk menilai kinerja perusahaan dan untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan jalannya perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk melihat apakah perusahaan tersebut layak diberikan pinjaman atau tidak. Selain itu laporan keuangan juga dibutuhkan bagi para investor untuk melihat prospek dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  36. Saya setuju dengan pendapat David Darmawan bahwa laporan keuangan penting untuk memantau arus dan kondisi keuangan suatu perusahaan secara berkala. Laporan keuangan tersebut sekaligus menunjukkan hasil kinerja perusahaan apakah sudah baik atau belum. Selanjutnya laporan keuangan tersebut dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengambil suatu keputusan bisnis penting yang berdampak bagi kelangsungan perusahaan.
    Maharani

    BalasHapus
  37. saya sependapat dengan Yohanes Louis yang mengatakan bahwa dari laporan keuangan kita bisa menilai suatu kondisi perekonomian yang kita jalankan dengan baik atau tidak. Laporan keuangan sangat membantu para stakeholder untuk mengambil keputusan yang bijaksana agar bisnis nya dapat berlangsung lebih lama dan memperoleh keuntungan. Namun dalam membuat laporan keuangan di butuhkan hasil yang bagus, benar, dan akurat agar laporan keuangan tersebut perusahaan dapat memperbaiki kinerja perekonomian yang kurang dan dapat menjadi bahan evaluasi agar semakin baik dalam menjalankan bisnis nya.

    BalasHapus