SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 19 Oktober 2014

Tips Kepemimpinan untuk Mahasiswa dan Karyawan Baru ( Bahan Diskusi Perilaku Keorganisasian tanggal 22 Oktober 2014)



Bahan Bacaan: Boone, Larry W. Peter J. Tobin, and Monica S. Peborde. 2008. Developing Leadership Skills in College and Early Career Positions. Review of Business, Spring, 28 (3):3-13

Boone, et al. (2008) menemukakan 5 pendekatan fundamental untuk membantu para mahasiswa dan pekerja baru untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin dalam suatu organisasi. Kelima pendekatan tersebut, adalah:

1. Kembangkan Kredibilitas, dengan cara:


  • Sadari nilai-nilai personal yang Anda miliki (misalnya kejujuran, kerja keras, keuletan, dll). Ungkapkan kepada orang lain nilai-nilai tersebut melalui cerita akan pengalamanmu menjalani nilai-nilai tersebut.
  • Tepati janji-janjimu. Jangan membuat janji yang tidak mungkin dapat Saudara penuhi!
  • Tekankan pandangan yang positif dan optimis akan masa depan
  • Bangun kompetensi kerja dengan yang lain dalam tim kerja awal. Jadilah pemimpin sekaligus pengikut (bawahan) yang produktif.
  • Beranikan diri untuk menginspirasi orang lain dengan semangatmu akan masa depan yang lebih baik.

2. Kelola waktu dengan baik:


  • Habiskan waktu Saudara untuk hal-hal  yang Saudara anggap sangat penting (tentukan prioritas)
  • Audit selalu penggunaan waktu Saudara dengan mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang kurang bermanfaat serta identifikasi hal-hal yang membuat Saudara sering menyia-nyiakan waktu Saudara.

3. Jadilah Proaktif, dengan cara:


  • Ajukan pertanyaan sehingga Saudara tahu: 1) apa yang harus dilakukan; 2) apa yang benar bagi organisasi (visi, misi, tujuan, target, prioritas). Jangan menunggu diberitahu apa yang menjadi pekerjaan Saudara!
  • Buat semuanya terjadi. Ambil tindakan konkrit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan!

4. Berdayakan orang lain untuk bertindak, dengan cara:


  • Berpikir dan mengatakan “kita” dan bukan “saya”
  • Bangun kepercayaan dengan pengungkapan diri sendiri. Bicaralah tentang nilai-nilaimu, keyakinan, tujuan dan visi Saudara.
  • Bangun kepercayaan dengan sungguh-sungguh mau mendengarkan orang lain.
  • Bantu orang lain dalam mengembangkan dan memanfaatkan jaringan untuk membangun modal social.
  • Dukung aktifitas pelatihan dan pengembangan untuk membangun kompetensi
  • Bagi informasi dan upayakan agar sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan oleh yang lain.
  • Desain pekerjaan sedemikian rupa sehingga orang lain dapat mengerjakannya berdasarkan keputusan mereka sendiri.

5. Buat Jejaring (networking), dengan cara:


  • Bangun dan kelola jaringan operasional dengan rekan mahasiswa atau rekan kerja untuk membantu menyelesaikan tugas sesegera mungkin.
  • Bangun dan kelola jaringan personal dengan teman-teman dekat di kampus atau di organisasi professional melalui klub social, group  alumni, dan lain-lain
  • Bangun dan kelola jaringan strategic dengan individu-individu yang memiliki tujuan dan visi personal masa depan yang sama.


Bahan Diskusi:

Dari 5 tips yang diberikan oleh Boone, et al.(2008), manakah yang paling menarik bagi Saudara? Tips manakah yang lebih sulit untuk diterapkan saat ini? Berikan alasan untuk setiap pilihan yang Saudara buat. Selamat Berdiskusi…

24 komentar:

  1. Yang paling menarik adalah kelola waktu dengan baik karena kita hidup satu hari dibatasi dengan 24 jam. Tanpa prioritas di dalam hidup, kita pasti akan kebingungan mana hal yang harus dikerjakan dahulu, dan mana hal yang bisa ditunda. Dengan mengelola waktu yang baik, kita dapat mengerjakan tanggung jawab kita dengan efisien.
    Hal yang lebih sulit diterapkan saat ini adalah berdayakan orang lain untuk bertindak. Sikap individualis semakin berkembang, dan membuat orang berpikir "apabila saya bisa mengerjakan sendiri, lebih baik saya kerjakan sendiri. Daripada memberdayakan orang lain, akan membuang-buang waktu dan tenaga, serta pekerjaan tidak lekas selesai." Pola pikir ini terus berkembang sehingga membuat pihak-pihak berkepentingan di dalam organisasi kurang koordinasi dan akibatnya sering terjadi kesalahpahaman.

    BalasHapus
  2. menurut pendapat saya, yang paling menarik adalah Berdayakan orang lain untuk bertindak, karena dengan memberdayakan orang lain maka tugas-tugas organisasi bisa terstruktur dan dapat dikerjakan dengan waktu yang segera. orang yang dapat memberdayakan orang lain untuk bertindak tidak harus bekerja secara individu melainkan tugas-tugas dapat dibagi dengan yang lain serta dapat mengembangkan kreativitas. yang paling sulit diterapkan bagi saya adalah mengelola jejaringan (networking) karena setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dan tujuan orang dapat berubah karena hal atau situasi serta kondisi.dan bagi saya sangat sulit untuk mengelola individu-individu dalam mengerjakan tugas karena setiap orang memiliki sikap dan perilaku yang berbeda.

    BalasHapus
  3. Mannurut saya yang menarik bagi saya adalah Kelola waktu dengan baik yang meliputi menghabiskan waktu untuk hal-hal yang dianggap sangat penting (tentukan prioritas) dan audit selalu penggunaan waktu dengan mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang kurang bermanfaat serta identifikasi hal-hal yang membuat sering menyia-nyiakan waktu. Dengan demikian, kita akan selalu dapat berhati-hati untuk membagi waktu untuk aktivitas kita sehingga waktu yang kita gunakan dapat memberikan kegunaan atau manfaat untuk kita, seperti kita dapat memanfaatkan waktu dengan mengerjakan tugas sampai selesai. Dengan begitu manfaatt yang kita dapat adalah tugas selesaai dengan tepat waktu.
    Menurut saya yang sulit adalah Jadilah Proaktif dan Berdayakan orang lain untuk bertindak. Karena banyak orang yang sifatnya pendiam atau tidak bisa aktif dalam suatu organisasi dan seseorang tidaak mau bertindak karena di dalam diri individu memiliki rasa malas yang tidaak bisaa dihilangkan. Oleh karena itu, 2 tips tersebut sangat sulit untuk di terapkan dalam lingkup organisasi.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  4. menurut saya hal yang menarik untuk aku adalah bagaimana kita dapat mengelola waktu dengan baik seperti habiskan sedikit waktu hal yang penting dalam mengaudit dan mengeliminasi aktivitas yang kurang manfaat serta dengan indentifikasi sampai membuang waktu banyak sekali. Dengan itu, kita harus memwaspadai dan juga memberi batasan waktu yang kita gunakan agar dapat manfaat dalam perusahaan seperti tanggung jawab tugas yang diberikan oleh atasan kepada bawahan dapat dikerjakan dengan semaksimal dan juga tepat waktu dalam mengumpulkan tugas dan juga kreativitas dalam masing-masing tim dalam perusahaan agar dapat inovasi baru kedepannya. dalam konteks ini menurut saya hal yang paling saya sulit melakukan dengan cara memberdayakan orang lain dan bertindak jika aku salah mengambil langkah kedalam 2 itu maka hal yang berdampak pada saya akan lebih besar dan masyarakat tidak akan lagi percaya pada kita. maka yang kedua dengan banyaknya orang yang sifatnya pendiam dan tidak bisa aktif dalam organisasi seseorang tidak akan mau bertindak karena dalam individu juga dapat memiliki rasa malas yang tidak bisa hilang. oleh karena itu kedua tips itu sangat sulit kita terapkan maka dari itu marilah kita membangun semangat pekerjaan menjadi kondusif agar lingkungan organisasi bisa sejahtera tidak hanya di dalam organisasi baik diluar organisasi juga.

    BalasHapus
  5. menurut saya, hal yang menarik dengan Berdayakan orang lain untuk dengan cara bertindak karena dengan kita cara memberdayakan seseorang maka beban dari tugas organisasi bisa terukur/ terstruktur dengan baik serta dapat dikerjakan dengan waktu sesegera mungkin dan segera. orang yang selalu dapat memberdayakan orang lain maka untuk dapat bertindak tidaklah harus dengan bekerja keras secara individu melainkan juga tugas-tugas yang dapat dibagi dengan yang lain serta dapat mengembangkan sebuah kreativitas. hal yang paling sulit untuk diterapkan bagi saya adalah dengan cara mengelola jejaringan (networking) karena setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dan tujuan orang dapat berubah karena hal atau situasi serta kondisi. dan bagi saya hal yang sangat sulit untuk mengelola individu-individu dalam mengerjakan tugas karena setiap orang memiliki sikap dan perilaku yang berbeda.

    BalasHapus
  6. mengelola waktu dengan baik menurut saya, karena dengan adanya pengelolaan waktu yang baik maka kita dapat lebih mengutamakan hal - hal yang kita anggap penting. karena dengan adanya pengelolaan waktu yang tidak baik akan menyebabkan tidak dapat terselesaikan tugas - tugas dengan baik sehingga hal - hal yang penting dapat terlewatkan.
    apabila ada mengelolaan waktu yang baik maka hal - hal yang menurut kita utama dapat di kerjakan dengan baik dan tidak menjadi tergesa -gesa.

    BalasHapus
  7. hal yang menarik menurut saya adalah pendekatan no. 3 yaitu menjadi proaktif karena aktif dan inisiatif adalah nilai-nilai yang diutamakan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang leader / pemimpin yang akan menjadi inspirasi bagi semua orang sehingga kita akan menjadi orang yang berani aktif dan berinisiatif , juga menjadi teladan / panutan dalam memimpin , baik bagi para mahasiswa maupun karyawan" baru

    sedangkan tips yang sulit untuk diterapkan adalah mengelola waktu dengan baik karena pada umumnya beberapa orang ada yang kurang bahkan tidak konsisten dan komitmen dalam mengelola waktu walaupun kita sudah mengeliminasi aktivitas-aktivitas yang kurang bermanfaat & sudah mengidentifikasi hal-hal yang membuat kita sering menyia-nyiakan waktu tetapi bila kita tidak konsisten dan berani utk berubah maka kita akan kembali melakukan aktivitas" yg kurang berguna tsbt dan juga kembali menyia-nyiakan waktu kita . Hal-hal yang terpenting di sini adalah keberanian utk menjadi proaktif (berani aktif & punya inisiatif) dan komitmen / konsisten dalam mengelola waktu kita

    BalasHapus
  8. Menurut saya yang menarik adalah menjadi proaktif. Karena penting bagi individu untuk memiliki kesadaran dalam dirinya mengenai apa yang harus dilakukan dan segera bertindak bukan menunggu untuk diperintah. Individu juga harus memiliki keberanian untuk menanyakan apa yang tidak diketahui serta apa saja yang harus dilakukan, individu harus belajar menjadi pribadi yang aktif bukan pasif dengan begitu kegiatan dalam organisasi akan berjalan dengan lancar.
    Dan yang sulit untuk diterapkan saat ini adalah berdayakan orang lain untuk bertindak. Karena merupakan hal yang sulit untuk mengarahkan orang lain bertindak sesuai keinginan kita dan kepentingan organisasi. Dan tidak mudah untuk memberikan serta membangun kepercayaan dengan orang lain. Karena bisa saja orang tersebut memiliki pandangan dan cara yang berbeda dengan kita. Apalagi bila dalam diri orang lain tersebut suka timbul rasa malas dan tidak peduli mengenai hal yang terjadi dalam organisasi. Karena setiap orang memiliki kepribadian dan perilaku yang berbeda satu sama lain.

    BalasHapus
  9. yang menarik bagi saya adalah kembangkan kredibilitas. karena dengan mengembangkan kredibilitas dengan kejujuran, menepati janji-janji dll maka itu akan membuat orang lain percaya kepada kita tentang kemampuan dan kredibilitas yang kita miliki.
    sedangkan yang paling sulit bagi saya adalah berdayakan orang lain untuk bertindak. karena misalkan aja melalui "Bangun kepercayaan dengan pengungkapan diri sendiri. Bicaralah tentang nilai-nilaimu, keyakinan, tujuan dan visi" itu sangatlah sulit untuk membangun nilai kepercayaan dan nilai-nilai apa yang ada di dalam diri kita.

    BalasHapus
  10. Menurut saya, yang menarik adalah tips yang pertama, yaitu mengembangkan kredibilitas. Mengapa hal ini menarik? Dalam artikel tersebut, ada beberapa cara untuk mengembangkan kredibilitas, salah satunya adalah mengenali nilai-nilai personal yang seseorang miliki. Seringkali seseorang tidak dapat mengungkapkan nilai-nilai tersebut karena kurangnya pengalaman. Cara lain adalah menepati janji. Seseorang harus menepati janji padahal seringkali seseorang mudah melupakan janji yang diucapkan. Cara berikutnya adalah memberikan inspirasi akan semangat ke depan. Pada beberapa situasi, memberi semangat kepada orang lain lebih mudah daripada memberi semangat diri sendiri. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masing-masing pribadi agar mampu memberi semangat orang lain dan juga diri sendiri.

    BalasHapus
  11. Untuk 5 hal yang sudah disebutkan yang paling menarik bagi saya adalah poin pertama yaitu tips kembangkan kredibilitas, karena hal tersebut dapat membuat orang dipandang baik bagi orang lain. Dengan hal seperti penepatan janji, membangun kompetensi, dan juga memberi visi untuk kedepannya kriteria ini banyak sekali menyebut contoh-contoh bagaimana seorang pemimpin dapat berperan. Untuk dapat memimpin dengan baik tentulah kita harus mempunyai kredibilitas yang dapat dipandang seseorang sebagai wujud seorang pemimpin. Berikutnya yaitu hal yang paling sulit bagi saya untuk laksanakan adalah mengelolah waktu, yang di poin ketiga karena sering kali pembuatana rencana dalam membagi waktu saya untuk memprioritaskan sesuatu akan menjadi kacau akibat aktivitas yang lain terlalu banyak menghabiskan waktu disebabkan yang menjadi prioritas adalah hal-hal yang kurang penting di dahulukan dan hal yang penting terkesampingkan, akibatnya waktu yang di habiskan tidak efisien. Mungkin untuk kedepannya di haruskan untuk selalu mengikuti rencana pengelolahan waktu ini supaya dapat teratur arah yang akan dicapai tersebut.

    BalasHapus
  12. Menurut saya yang paling menarik adalah mengelola waktu dengan baik. kita dapat lebih mengutamakan tugas-tugas yang menurut kita penting dengan diadakannya pengelolaan waktu yang baik. Dan jika dengan adanya pengelolaan waktu yang tidak baik maka tugas kita yang seharusnya cepat terselesaikan menjadi tidak terselesaikan dengan semaksimal mungkin. Dan yang paling sulit untuk diterapkan yaitu berdayakan orang lain untuk bertindak. Karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Apalagi di dalam suatu organisasi, seseorang tersebut sifat dasarnya cuek,malas dan tidak terlalu memperdulikan hal-hal di dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  13. Dari 5 tips yang diberikan oleh Boone, et al. yang paling menarik dan sulit bagi saya adalah pada tips Pertama, kembangkan kredibilitas. Alasan nya yaitu pada tips tersebut menjelaskan bagaimana seorang dituntut untuk dapat mengenal dan menilai pribadinya masing-masing. Terkadang untuk memberitahukan nilai-nilai personal yang dimiliki bukanlah hal yang mudah, dan tidak mudah juga untuk membuat orang lain percaya terhadap apa yang kita bicarakan tentang diri kita kepada mereka. Sehingga seseorang harus mampu menjelaskan tentang dirinya dengan cara yang semenarik mungkin sehingga dapat dipercaya oleh orang lain. Agar nilai-nilai personal tersebut dapat dipercaya, ke empat poin lain yang ada pada tips pertama tersebut dapat membantu untuk membuktikan nilai-nilai personal yang dijelaskan sebelumnya. terima kasih

    BalasHapus
  14. Menurut saya yang paling menarik membangun networking karena buat saya dengan membangun network saya bisa memgetahui apa yang diinginkan saya sendiri dan orang orang saya pimpin selain itu juga saya dapat bertukar pikiran. Menurut saya yang paling sulit adalah membudayakan orang lain karena tidak mudah mengubah seseorang menjadi lebih termotivasi, kalau mau mengubah seseorang harus mengubah dari diri sendiri dulu

    BalasHapus
  15. menurut saya yang paling menarik bagi saya adalah nomor 5, yaitu membangun jejaring (networking) karena setiap orang orang pasti membutuhkan banyak jaringan untuk membantunya sukses di dunia kerja. jaringan membantu orang untuk dapat bersosialisasi dengan baik, dapat mengerti orang lain, dapat mengetahui apa yang pantas dilakukan dan apa yang tidak, dan seseorang dapat memperoleh banyak informasi dari jaringan yang luas. namun, tidak semua orang mudah untuk membangun jaringan dengan orang lain, banyak orang yang tidak memiliki banyak teman karena dia tidak disukai dan hal itu membuatnya merasa minder dan tidak disenangi. hal ini yang membuat membentuk jaringan adalah hal yang menarik bagi saya. sedangkan hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah mengelola waktu dengan baik karena waktu itu berjalan sangat cepat dan singkat, saya selalu kesulitan untuk menentukan prioritas hidup saya dan mengelola waktu secara efisien. saya lebih senang melakukan hal yang menyenangkan diri saya daripada hal yang membuat diri saya berkembang. hal ini yang membuat saya kesulitan untuk dapat mengelola waktu dengan baik.

    BalasHapus
  16. menurut saya hal yang paling menarik adalah kelola waktu dengan baik karena dengan mengelola waktu dengann baik kita dapat mengerjakan segala sesuatu dengan baik. waktu yang kita miliki berlalu dengan cepat sehingga sulit untuk menyelesaikan semua pekerjaan.
    yang sulit untuk saya terapkan adalah berdayakan orang lain untuk bertindak karena setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda sehingga untuk dapat membuat semua orang melakukan satu hal yang sama itu sangat sulit karena harus menyamakan pola pikir yang dimiliki oleh setiap orang.

    BalasHapus
  17. Menurut saya, tips yang paling menarik adalah membangun jejaring (networking) karena dengan kita membangun jejaring yang luas, kita dapat meraih kesuksesan yang luar biasa.

    Tips yang paling sulit untuk diterapkan adalah berdayakan orang lain untuk bekerja, karena masing-masing individu pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda dan kita tidak bisa memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Maka dari itu kita harus memiliki kemampuan dan pengalaman untuk memahami orang tersebut dan memperlakukan mereka dengan cara yang tidak menyinggung mereka..

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya, hal yang paling menarik adalah mengembangkan kredibilitas, karena didalam menjalankan suatu pekerjaan di organisasi sangat diperlukan yang namanya kepercayaan. Apalagi karyawan yang bekerja dalam kelompok. Dengan adanya kepercayaan, maka tingkat pekerjaan yang diinginkan akan tercapai.

    Sedangkan tips yang sulit untuk diterapkan adalah mengelola waktu dengan baik karena dengan adanya waktu yang terbatas, tidak banyak orang yang mampu mengelola waktunya dengan baik.Jika berkutat dengan waktu, maka pasti ada banyak keterbatasan. Tetapi jika bersedia belajar mengoptimalkan potensi diri, maka kita tidak akan pernah kekurangan bahan bakar untuk terus menghasilkan karya terbaik dalam hidup,

    terima kasih

    BalasHapus
  19. Yang paling menarik adalah kelola waktu dengan baik. Karena dengan kemampuan kelola waktu dengan baik kita bisa melakukan pekerjaan-pekerjaaan dengan waktu yang cukup dan tidak ada penundaan-penundaan dalam mengerjakan suatu hal. Sehingga tidak membuat jadwal yang terencana menjadi kacau. Dan yang susah adalah buat jejaring (networking), karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda yaitu ada yang malas dan rajin. Jika 2 karakter individu itu dikumpulkan tentu tidak membuat pekerjaan cepat selesai, karena ada yang tidak berkontribusi dengan seimbang dan motivasi dalam mengerjakan pekerjaan tersebut menurun.

    BalasHapus
  20. Menurut saya mengelola waktu,karena dengan kita dapat mengelola waktu dengan baik,makan kita dapat menata kegiatan-kegiatan kita sehari-hari. Dengan demikian kegiatan kita tidak rancu dan dapat tertata dengan baik.

    BalasHapus
  21. Menurut saya hal yang menarik adalah bagaimana dapat mengelola waktu dengan baik. Bila kita dapat mengelola waktu dengan sebaik mungkin maka pekerjaan yang penting akan dapat diselesaikan dengan tepat pada waktu yang ditentukan dan bila kita dapat membagi waktu dengan baik maka pekerjaan akan dapat mudah diatur sesuai dengan waktunya. Bila seseorang tidak dapat mengelola waktunya dengan baik maka akan berdampak buruk untuk pekerjaannya. Dan yang paling sulit untuk diterapkan adalah berdayakan orang lain karena menurut saya tiap orang pastinya memiliki sifat karekter yang berbeda maka ini akan menyulitkan bagi organisasi untuk dapat memahami tiap orang dan mengubahnya sesuai dengan yang diharapkan.

    BalasHapus
  22. yang paling menarik adalah poin terakhir. rupanya networking, yang pada zaman sekarang notabene sudah beken, juga dapat diterapkan untuk pembentukan sifat kepemimpinan dan organisasional. untuk orang introvert mungkin tidak, namun kebanyakan orang sekarang sudah mempunyai tingkat networking yang tinggi.

    yang paling sulit adalah pengelolaan waktu. kebanyakan manajer, atasan, ataupun bahkan karyawan lini rendah, telah belajar bahwa waktu adalah aset esential yang harus diatur rapi bila ingin hidup yang nyaman, sehingga mereka cenderung sudah selektif terhadap urusan-urusan yang kurang penting. nah masalahnya, pada akhirnya mereka tetap mempunyai jadwal padat dengan urusan-urusan yang sama pentingnya, sehingga tidak ada kesibukan yang dapat dikorbankan.

    BalasHapus
  23. Menurut saya yang paling menarik adalah membuat jejaring / networking, karena jaringan yang luas bisa membuat kita lebih cepad dan baik dalam berkembang . Dan menurut saya membangun networking juga merupakan hal yang sulid, karena tidak semua individual bisa mudah beraosialisasi , ada juga karyawan baru yang memiliki sifat individual tinggi sehingga lebih suka menyendiri untuk menjaga privasi.

    BalasHapus
  24. Menurut saya dari kelima poin di atas yang paling menarik adalah saat seseorang mampu mempengaruhi orang lain untuk dapat berjalan bersama dan seiring dengan visi misi yang ia tuju / targetkan. Merupakan sebuah kemampuan leadership yang kuat apabila seseorang mampu mengajak orang lain untuk tertarik dan mau bergabung bersama menjalankan tujuannya.
    Hal ini juga merupakan hal yang sulit bagi saya, berhubungan dengan kemampuan sosialisasi dan networking karena tidak semua orang mampu bersosialisasi dengan baik dan banyak yang mengutamakan kedekatan dan hubungan interpersonal sehingga apabila orang lain berusaha untuk menjangkau individu-individu ini, kemungkinan besar pada awal-awal mereka akan mengalami penolakan sehingga networking menurut saya tidak mudah utk dilakukan.

    BalasHapus