SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 31 Agustus 2014

Emosi dalam Organisasi (Bahan Diskusi Rabu 3 September 2014)



Bahan Bacaan: Glaso, Lars. 2012. Workplace  Bullying, Emotions, and Outcomes. Violence and   Victims, 27 (3): 360-377.

Penelitian Glaso (2012) menunjukkan dampak negative dari emosi dalam organisasi. Hasil penelitian itu antara lain:
  1. Perilaku “bullying” di lingkungan kerja dapat berpengaruh positif terhadap emosi negative karyawan.
  2. Emosi negative berpengaruh negative terhadap kepuasan kerja karyawan.
  3. Emosi negative berpengaruh positif terhadap keinginan karyawan untuk meninggalkan organisasi.
  4. Emosi negative berpengaruh negative terhadap komitmen organisasional karyawan

Bahan Diskusi:

  • Berikanlah contoh emosi negative dan contoh emosi positif karyawan dalam organisasi.
  • Seandainya Saudara seorang manajer dalam suatu organisasi, bagaimana cara Saudara mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan dan organisasi secara keseluruhan? 
Selamat berdiskusi…

33 komentar:

  1. 1. menurut pendapat contoh emosi negatif adalah yaitu perasaaan marah, kesal, dan rasa bersalaha. sedangkan contoh emosi positif sepeti gembira, senang, rasa syukur dan lain-lain. sepeti contoh, bila seorang senior mengkritisi dengan keras tentang apa yang dikerjakan karyawan baru, karyawan baru tersebut merasa bersalah dan kecewa (emosi negatif). contoh berikutnya yaitu apresiasi yang diberikan manajer pada karyawan menimbulkan rasa gembira atas karyawan tersebut (emosi positif).

    2. Menurut pendapat saya bila saya seorang manajer perusahaan maka saya harus mengenali karyawan tersebut supaya tidak menimbulkan emosi negatif yang merugikan perusahaan. Apabila emosi negatif tersebut disebabkan oleh antara karyawan maka, sang manajer dapat berbicara dengan karyawan yang menggangu (bullying) tersebut, supaya tidak terulang kejadian yang sama.

    BalasHapus
  2. 1) Menurut saya, emosi negatif adalah emosi yang yang sifatnya merugikan diri sendiri dan orang lain. Emosi negatif bersifat destruktif dan kurang bisa dikontrol oleh individu itu sendiri. Contoh dari emosi negatif adalah karyawan yang meluapkan amarahnya kepada karyawan lain misalkan karena tuntutan pekerjaan yang belum terselesaikan. Contoh lain misalkan emosi yang menyebabkan karyawan bertindak kasar atau secara fisik kepada karyawan lain sehingga merusak situasi kerja. Emosi positif adalah emosi yang membangun semangat kerja individu tersebut, sifatnya tidak destruktif dan lebih dapat dikontrol. Contohnya dalam organisasi misalnya karena adanya penambahan tanggungjawab yang lebih besar, seorang karyawan semakin semangat, ulet, atau cekatan dalam menyelesaikan tanggungjawab tepat waktu.
    2) Untuk mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan lain maupun organisasi secara keseluruhan, pihak MSDM dapat membuat program konsultasi. Adanya perilaku destruktif karena emosi negatif bisa dikarenakan tidak adanya ‘wadah’ untuk mengeluarkan beban atau ‘uneg-uneg’ sehingga menjadi tanggungan pribadi yang pada akhirnya dapat menimbulkan perilaku yang destruktif. Dengan adanya program konsultasi, kotak suara karyawan, atau pengadaan penilaian kerja secara rutin melalui kuesioner dapat mengurangi ketegangan yang dirasakan karyawan sehingga mencegah perilaku yang merugikan orang lain maupun organisasi.

    BalasHapus
  3. Menurut pendapat saya, emosi negatif karyawan dalam organisasi adalah karyawan merasa stress, frustasi, menjadi mudah marah, merasa bersalah. Contohnya : seorang karyawan marah karena dikritik hal2 yang tidak membangun.
    Emosi positif karyawan adalah ketika karyawan merasa bahagia atas pekerjaan yang dilakukan, merasa nyaman dilingkungan kerja, adanya suasana kekeluargaan dalam organisasi.
    2. Pendapat saya, apabila saya seorang manajer cara saya mengelola karyawan yaitu dengan meluangkan waktu untuk karyawan agar karyawan dapat berkomunikasi kepada manajer dan memberikan empati kepada karyawan, memberikan pengakuan atas kontribusi karyawan, memberikan motivasi dan harapan agar karyaean tetap percaya diri & tidak putus asa, memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang kecerdasan emosional karyawan agar karyawan dapat mengelola emosi mereka masing-masing.

    BalasHapus
  4. 1. Contoh emosi negatif karyawan dalam organisasi adalah ketika karyawan tersebut ingin menang sendiri terhadap kehendaknya sendiri tanpa memikirkan kepentingan dalam organisasi tersebut sehingga menimbulkan suatu konflik yang ‘mungkin’ susah untuk diredakan dan mengakibatkan pemecatan yang bisa saja terjadi pada karyawan yang ingin menang sendiri tersebut.
    Sementara itu, contoh emosi positive karyawan pada organisasi tersebut adalah seperti karyawan tersebut merasa kurang nyaman ataupun diperlakukan tidak adil pada organisasi tersebut / tidak sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh organisasi tersebut kepada karyawan itu. Ataupun juga karyawan tersebut meluapkan suatu emosi terhadap perilaku yang kurang menyenangkan/pelecehan dari karyawan lain ataupun manajer/atasan karyawan tersebut yang bertujuan untuk menegur/agar karyawan atau atasan tersebut sadar akan perilakunya yang tidak menyenangkan terhadap karyawan itu sendiri.

    2. Menurut saya, seorang manajer dalam suatu organisasi dalam mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan dan organisasi secara keseluruhan adalah dapat menerapkan sistem ‘employee of the month’ agar para karyawan dapat berlomba-lomba dengan menunjukkan perilaku, persaingan secara sehat, dan kinerja yang baik yang dapat membangkitkan motivasi para karyawan tersebut dan menjadi teladan bagi karyawan lain dengan memberikan suatu penghargaan/apresiasi dari organisasi/perusahaan kepada karyawan teladan tersebut yang akan menjadi kebudayaan di dalam organisasi/perusahaan tersebut. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. 1. menurut saya emosi negatif contohnya adalah karyawan yang marah" juga mood dari karyawan sering tidak enak sehingga karyawan trsbt meluapkan emosinya baik verbal maupun nonverbal , yang dimaksud verbal & nonverbal disini adalah misalnya kalau verbal contohnya adlh orang yang suka marah-marah memberntak di telepon sedangkan yang nonverbal (biasanya diungkapkan dengan bahasa tubuh) contohnya adalah karyawan yg emosian sering membanting pintu atau telepon
    Emosi positif contohnya seperti karyawan yang merasa betah baik di lingkungan tempat kerjanya dan lingkungan keluarganya yang mendukung karyawan tersebut dan lain-lain sehingga karyawan trsbt merasa tenang tentram dan termotivasi untuk lebih meningkatkan kinerja di lingkungan kerjanya
    2. menurut pendapat saya untuk mengelola emosi jika sebagai manajer adalah sering mengadakan sejenis "konsolidasi" yang dimaksudkan untuk memperkuat hubungan antar karyawan di tempat lingkungan kerja dalam periode waktu tertentu misal : konsolidasi seminggu sekali atau sebulan 2 kali, karena menurut saya di dalam konsolidasi semua karyawan dapat meluapkan / mengungkapkan emosi yang tersimpan kepada karyawan" yg lain,manajer dll (baik emosi itu positif maupun negatif) sehingga juga dpt mengantisipasi adanya konflik yang disebabkan oleh emosi suatu karyawan yang dapat merugikan para karyawan lain juga merugikan organisasi secara keseluruhan

    BalasHapus
  6. 1. Menurut pendapatku emosi yang negatif itu adalah orang marah, putus asa,stress, dan juga rasa frustasi. Untuk itu seorang karyawan yang suka meluapkan emosi baik secara verbal adalah seseorang mengalami marah dan ingin memukuli orang tersebut sedangkan nonverbal adalah karyawan dalam organisasi yang sangat marah dan memukul pintu karena kurangnya kompensasi yang besar dari kebijakan perusahaan. Maka dari itu untuk meredam emosi yang positif dimana seorang karyawan diperlakukan adil sama manajer perusahaan dengan adanya mereka sangat betah kerja diperusahaan dengan baik di lingkungan kerjanya dan juga dilingkungan keluarga mereka yang baik untuk karyawane bekerja dengan hidup senang dan juga motivasi untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kinerja baik dalam lingkungan pekerjaan.
    2. Untuk itu pendapat saya mengatakan peran seorang manajer sangat penting bagi kelancaran perusahaanya maka peran seorang karyawan dapat mengelola emosi yang baik dimana kita harus memperkuat hubungan antar karyawan di sebuah lingkungan kerja dengan penerapan sistem konsolidasi atau employee of the month dimana menurutku pribadi semua karyawan yang ingin mengungkapkan apa saja perasaan emosi dalam hati kita yang ingin kita keluarkan dari manajer ,karyawan, dan petugas keamanan itu selalu ada konflik dengan antisipasi emosi dari perasaan seseorang yang selalu membuat orang keaal dpt merugikan semua orang dalam organisasi merasi dirugikan dalam secara keseluruhan. Maka dari itu untuk membangkitkan motivasi para karyawan tersebut harus menjadi teladan bagi seorang karyawan lain dengan memberikan suatu penghargaan/apresiasi dari baik dari organisasi perusahaan dan juga kepada karyawan yang teladan tersebut dan juga akan menjadi secara keseluruhan kebudayaan di dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  7. 1. Menurutku emosi yang sifatnya negatif dan berdampak pada karyawan yaitu frustasi dan mudah gampang marah. Contohnya seorang karyawan dilihat atau diberikan saran kepada manajer bahwa kinerja yang saat ini lakukan kurang baik tetapi karyawan tersebut tidak terima dengan kritikan yang diberikan manajer perusahaan melainkan dia yang mengalami kerugian bagi dirinya sendiri. Juga rasa emosi yang positif kepada karyawan yaitu merasa bahagia dengan pekerjaan yang saat ini dia melakukan, merasa nyaman untuk tingal lebih lama di perusahaan tersebut karena kinerja yang dia dapat bisa memajukan perusahaan dengan baik kedepannya, serta kita dapat menemukan keluarga barubyang ada di dalam organisasi.
    2. Peran seorang manajer yang baik untuk mengelola karyawan yaitu dengan meluangkan waktu kebersamaan dengan karyawan dengan kita berkomunikasi kepada manajer untuk memberi simpati pada karyawan memberi motivasi kedepaanya pada karywan agar tetap percaya diri dan tidak mudah untuk pantang menyerah, dan memberi ketrampilan &pengetahuan tentang kecerdasan dari sebuah emosional karyawan dalam bertindak emosi yang baik dan juga sama-sama membangun usaha yang baik bagi organisasi dan supaya lebih maju dan tidak ada konflik antara satu sama lain dan juga tetap bersatu lagi dalam sebuah organisasi yang baik.

    BalasHapus
  8. 1. Menurut saya, contoh dari emosi negatif adalah amarah yang meledak ledak di depan banyak karyawan, perilaku anarkis yang menganggu seperti membanting meja dan sebagainya. Emosi negatif disebabkan karena karyawan stress dengan pekerjaannya, atau mungkin menghadapi rekan kerja yang tidak kompak.
    Contoh emosi positif misalnya memiliki rasa peka ( peduli, komit, dan antusias ), dan memiliki inisiatif untuk membantu rekan kerjanya meskipun itu bukan job desnya.
    2. Cara saya adalah dengan menempatkan karyawan di posisi yang sesuai dengan kemampuan dan kesenangannya. Hal ini menyebabkan karyawan enjoy dengan pekerjaannya.

    BalasHapus
  9. 1. Menurut saya emosi negatif itu adalah emosi yang timbul karena karyawan tidak merasa nyaman lingkungan tempat kerjanya karena dirinya tidak dihargai dan tidak dianggap oleh organisasi, contoh: karyawan sudah melakukan tugas dengan baik tetapi pekerjaannya itu tidak pernah dihargai oleh atasan malah cenderung dimarahi atas pekerjaan yang dilakukan sehingga hal itu dapat menyebabkan karyawan itu emosi dan akhirnya bermalas-malasan dalam bekerja.
    sedangkan emosi positif adalah rasa emosi yang timbul akibat dari motivasi-,motivasi yang sifatnya membangun pribadi seseorang
    contoh: karyawan yang sering dimotivasi dan dihargai dalam setiap pekerjaannya sehingga menimbulkan semangat kerja yang tinggi
    2. yang saya lakukan apabila saya menjadi seorang manajer setiap minggu akan diadakan pertemuan dengan para karyawan. pertemuan tersebut bisa dilaksanakan di kantor ataupun di luar kantor, pertemuan tersebut dapat saya jadikan sarana untuk mendengarkan keluhan dan masukan karyawan.

    BalasHapus
  10. 1. Menurut sata emosi negatif itu seperti marah, kesal, kecewa, dll contohnya karyawan A seharusnya mendapatkan kompensasi yang sebesar dijanjikan perusahaan sedangkan ternyata tidak karyawan A tersebut dapat kecewa terhadap perusahaan tersebut sehingga dapat memperburuk kinerjanya di perusahaan.
    Kalau emosi positif seperti gemebira, semangat, dll contohnya karyawan B sudah melampaui target penjualan sehingga dia dipuji oleh atasannya dan mendapat penghargaan sehingga karyawan B merasa gembira dan lebih bersemangat untuk kinerja berikutnya.
    2. Saya sebagai manajer akan mengadakan kegiatan bersama karyawan karyawan di perusahaan selama 5 bulan sekali agar dapat meningkatkan kebersamaan dari mereka sekaligus secara tidak langsung saya sebagai manajer dapat mengetahui apa yang diharapkan dan yang tidak diharapkan karyawan.

    BalasHapus
  11. 1.Emosi Negatif Karyawan Hanya Akan Menghilangkan Komitmen Penuh Mereka Untuk Menghasilkan Pekerjaan untuk Keberhasilan Perusahaan. Bila karyawan bekerja dengan emosi negatif, maka dapat dipastikan hasil pekerjaan mereka akan menjadi tidak maksimal. Emosi negatif karyawan pasti akan mempengaruhi produktifitas, profitabilitas, kerja sama, kinerja, daya tahan, semangat kerja, dan pada akhirnya akan mengurangi keberhasilan perusahaan untuk mencapai target dan kesejahteraan orang-orang yang ada didalam perusahaan.
    Emosi Positif Banyak karyawan yang mengeluh karena sikap atau perilaku teman kerjanya yang dirasakan kurang adil dalam membagi tugas dan tanggung jawab. Seringnya terjadi perselisihan antar karyawan yang bisa memancing kemarahan, ketersinggungan yang akhirnya dapat mempengaruhi pekerjaan, kondisi psikis dan keluarganya.

    2. Menurut pendapat saya seorang menejer haruslah pandai mengenali sifat-sifat karyawannya sehingga dapat mengerti karakter masing-masing karyawannya dan lebih sering melakukan pendekatan terhadap karyawannya dan membuat karyawan merasa lebih nyaman terhadap pekerjaan yang mreka lakukan dan dapat menghasilkan suatu pekerjaan yang menguntungkan bagi perusahaan dan sebagai menejer tidak boleh pilih kasih terhadap setiap karyawannya dan selalu harus bersikap tegas dan adil.

    BalasHapus
  12. 1. Menurut saya, emosi negatif itu seperti rasa takut, cemburu, benci, dan marah. Contohnya dalam organisasi adalah apabila ada seorang manajer yang sedang memarahi karyawannya, dikarenakan karyawan tersebut suka terlambat masuk kerja. Selanjutnya emosi positif itu seperti rasa senang, cinta, harapan, keyakinan, dan keinginan. Contohnya, seorang karyawan yang menyukai dan mencintai pekerjaannya sehingga dia lebih ulet dan rajin dalam bekerja sehingga memiliki kinerja yang baik dan berdampak positif juga bagi perusahaan.
    2. Apabila saya seorang manajer, saya akan menerapkan sistem konsultasi antara manajer-karyawan, yang dapat dilaksanakan didalam maupun diluar kantor sehingga karyawan dapat meluapkan emosi dan keinginannya serta kebutuhannya untuk diketahui para manajer. Hal ini juga membantu manajer untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan karyawan, dengan begitu manajer dapat mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan dan organisasi. Contohnya bila karyawan tidak senang dengan pekerjaannya pada bagian tertentu setelah dia berkonsultasi, manajer dapat memindahkannya ke bagian lain yang sesuai dengan kemampuannya dengan begitu kinerja karyawan akan kembali meningkat.

    BalasHapus
  13. 1. contoh emosi negative karyawan dalam organisasi adalah karyawn menjelek-jelekan organisasi tempat dia berkerja, tidak menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, terlambat saat berkerja, menganggap remeh organisasi tersebut, bertindak semena-mena, tidak menaati peraturan.
    Contoh emosi positif karyawan dalam organisasi adalah berkerja dengan rajin, mencintai organisasi, taat aturan yang ada, berani mengambil keputusan, memberikan saran yang baik untuk perusahaan, memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dimiliki, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, tidak piih-pilih pekerjaan.
    2. Cara saya mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan dan organisasi dengan cara memberikan motifasi, memberi apresiasi terhadap apa yanng dikerjakan karyawan, memberikan bonus, mengadakan liburan bersama karyawan, tidak memberikan perintah diluar pekerjaan karyawan, tidak pilih-pilih karyawan, memberikan posisi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki karyawan.

    BalasHapus
  14. Emosi positif merupakan ekspresi senang bangga karena telah mencapai sesuatu dengan berhasil
    Emosi negatif adalah ungkapan marah atau tidak senang karena sesuatu yang buruk.

    Cara mengatasi emosi negatif adalah mengatur diri sendiri karena emosi hanya dapat di kelola dari diri sendiri.

    BalasHapus
  15. 1.menurut saya dari sisi negatif karyawan emosi karna apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan apayang diterima.
    dari sisi positif karyawan bekerja emosi karna dia senang dengan apa yang dikerjakann sesuai dengan tujuannya atau pekerjaan yang sangat dia sukai.
    2.kalau saya jadi manajer,yang saya lakukan adalah mengajak mereka berlibur bersama dan pada saat libur kita bisa saling menukar pikiran bersama karyawan dari diri mereka sendiri juga merasa senang ketika mereka bisa berlibur bersama manajer...dan dari sisi itulah saya sebagai manajer melihat sifat dan apa yang mereka mau sehingga di dalam perusahaan tersebut tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan atau salah paham antar sesama karyawan lain.

    BalasHapus
  16. 1. Emosi negatif dalam organisasi menurut saya salah satunya timbul dari kejenuhan terhadap rutinitas dalam organisasi tersebut. Seseorang yang jenuh terhadap organisasinya lama-kelamaan akan memicu munculnya emosi-emosi negatif, yang walaupun dalam beberapa kasus, kejenuhan juga akan menghasilkan buah-buah positif. Kejenuhan yang mengakibatkan emosi negatif adalah saat karyawan mulai malas melakukan aktivitas yang menunjang kinerja organisasi secara positif, karyawan mulai sering membolos kerja dan uring-uringan dalam melaksanakan tugasnya, dll. Emosi negatif juga bisa terjadi di tengah persaingan antar karyawan, rasa tidak suka terhadap satu karyawan dengan karyawan lainnya, dsb.

    2. Apabila saya sebagai manajer, saya akan menerapkan pendekatan interpersonal dengan karyawan saya dimana saya berusaha terlibat secara langsung untuk menanyakan kabar mereka, progress pekerjaan mereka, meminta saran dan masukan secara langsung dan membimbing mereka dalam perjalanan proses. Dengan demikian karyawan akan merasa diperhatikan, dihargai, dan dibutuhkan dalam sebuah organisasi sehingga kemungkinan munculnya kejenuhan akan semakin ditekan.

    BalasHapus
  17. 1. Menurut pendapat saya, contoh emosi negatif adalah marah, kesal, dan frustasi yang disebabkan karena dimarah-marahi oleh atasan di muka umum atau ditegur secara sembarangan. Sedangkan contoh emosi positif adalah ketika karyawan dipuji oleh atasan karena kinerjanya yang bagus dan dapat menguntungkan perusahaan.
    2. Jika saya adalah seorang manajer dalam suatu organisasi, maka saya akan memberlakukan pendekatan kepada setiap karyawan, mulai dari yang terkecil yaitu mengingat nama mereka masing-masing, dengan perhatian kecil seperti itu, maka karyawan akan merasa diperhatikan. Dan memberlakukan program-program seperti
    cash reward, karyawan terbaik, dan lain-lain, dengan begitu karyawan akan termotivasi
    sehingga timbul emosi positif mereka.

    BalasHapus
  18. 1. Contoh emosi negatif : iri hati, amarah, egoisme, dan kedengkian. Contoh emosi positif : sukacita, kesabaran, murah hati, kesetiaan, dan penguasaan diri.

    2. Jika ada yang memperlihatkan emosi negatif, saya sebagai pemimpin harus memimpin orang itu ke sebuah penyelesaian, sambil menjaga diri saya sendiri supaya saya juga jangan kena emosi negatif. Sebagai suatu organisasi, kita harus bertolong-tolongan menanggung beban kita.

    BalasHapus
  19. 1. Menurut saya contoh emosi negatif karyawan adalah seperti kesal,marah murung dan pemicu timbulnya emosi negatif menurut saya tidak lain karena ketidak puasan karyawan itu sendiri terhadap sesuatu hal yg ia kerjakan ataupun masalah eksternal diluar perusahaan. Selanjutnya contoh emosi positif seperti senang,gembira,rajin dan pemicu emosi tersebut menurut saya dikarenakan karyawan nyaman dengan pekerjaannya.
    2.cara saya mengendalikan emosi karyawan adalah dengan selalu memberikan suport positif terhadap karyawan,selalu memantau karyawan,selalu menjalankan apa yg menjadi hak karyawan seperti memberi kompensasi atau bonus.

    BalasHapus
  20. Contoh emosi negative : Seorang karyawan yang stres terhadap pekerjaannya, maka emosi karyawan tersebut akan meluap dan melampiaskannya di karyawan lain maka dapat merusak kinerja karyawan itu sendiri. Contoh emosi positif : Seorang karyawan yang diberi tanggung jawab lebih kepada atasannya dan diberikan kompensasi yang cukup menggiurkan, maka karyawan tersebut akan lebih giat dan lebih termotivasi dalam meningkatkan kualitas kinerjanya tersebut.
    Jika saya sebagai manajer dalam suatu organisasi, Cara saya untuk mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan karyawan dan organisasi adalah dengan cara memberikan karyawan waktu untuk bertukar pikiran, keluh kesah dalam bekerja . dari situ karyawan akan merasa lebih diperhatikan.

    BalasHapus
  21. 1. Menurut saya emosi karyawan yang negative adalah emosi yang marah , kecewa , putus asa , kesal , depresi, stress , bosan. Emosi negative ini bisa di timbulkan dari berbagai faktor , bisa dri perusahaan itu sendiri atau dari keluarga atau lingkungan karyawan itu sendiri.. sedangkan contoh emosi yang positif adalah gembira , senang , semangat. Hal ini salah satu nya dikarenakan karyawan merasa puas dengan perusahaan tempat dia bekerja.

    2. Jika syaa menjadi manager, cara mengelola karyawan agar selalu memiliki emosi yang positif adalah selalu melakukan pendekatan dengan karwayan, sehingga karyawan merasa d hargai dalam organisasi.

    BalasHapus
  22. 1. Emosi negatif adalah emosi yang di luapkan tetapi merugikan diri sendiri atau orang lain. Contoh seorang karyawan sedang emosi dan d saat temannya mengajak bercanda, karyawan itu justru marah-marah dan mengajak bertengkar.
    Jika emosi positif yaitu emosi yang tidak merugikan diri sendiri atau orang lain, melainkan menguntungkan diri sendiri atau orang lain. Contoh seorang karyawan sedang emosi tetapi dia luapkan di kinerjanya sehingga dia bekerja lebih cepat.
    2. Membuat hubungan karyawan kepada manajernya itu baik dan dekat sehingga karyawan dapat bercerita kepada manajernya jika mengalami masalah. Atau membuat pelayanan konsultasi agar karyawan yang mengami masalah dapat konsultasi di tempat tersebut.

    BalasHapus
  23. 1.positif: sukacita. Dengan karyawan sukacita krna mslnya mendptkan gaji bonus membuat karyawan menikmati pekerjaanya. Negatif: marah dan emosi contohnya saat karyawan dikejar deadline karywan yang dkejar deadline mendptkn pekerjaan trus menerus yg membuat akhrnya akan emosi dn marah

    2. Dengan cara memberi nasehat postifdn membuja forum keterbukaan

    BalasHapus
  24. 1. negatif : membolos saat bekerja, tidak menyelesaikan tugas yang diberikan, malas dalam melakukan pekerjaan. positif : memiliki semangat yang menggeb-gebu dalam menyelesaikan tugas
    2. cara mengatasi emosi karyawan adalah dengan memberikan imbalan yang setimpal dengan pekerjaan yang dilakukan, menerima keluhan karyawan, memberikan bonus, dan tunjangan

    BalasHapus
  25. 1. Contoh emosi negative karyawan dalam organisasi yaitu : karyawan merasa marah dan kecewa terhadap atasan, ketika hasil kerja karyawan tidak mencapai target, dan atasan menegur karyawan dengan cara yang kasar.
    Contoh emosi Positif karyawan dalam organisasi yaitu: ketika atasan memberikan pujian dan bonus kepada karyawan, karena kinerja karyawan yang baik, dan akan menyebabkan karyawan merasa senang dan semakin termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.
    2. Bila saya menjadi seorang manajer dalam suatu organisasi, cara yang akan saya lakukan untuk mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan organisasi yaitu: saya harus menggunakan pendekatan-pendekatan yang baik terhadap karyawan. Dimulai dari mempelajari sifat dari masing-masing karyawan, dan memperlakukan karyawan dengan baik, baik terhadap perilaku dan komunikasi (tutur kata). Bila ada permasalahan, saya harus bisa menyelesaikannya sesuai dengan situasi, misalkan permasalahan tersebut, mempengaruh banyak orang maka harus diselesaikan secara bersama semua karyawan yang terlibat, namun bila masalah tersebut merupakan privacy dari karyawan saya akan menyelesaikannya dengan memanggil karyawan yang bersangkutan, dan menyelesaikan dengan cara yang baik.
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. 1. Iri hati merupakan contoh emosi negative yang terjadi ketika Anda membenci seseorang karena memiliki sesuatu yang tidak anda miliki tetapi sangat anda inginkan seperti penguasaan kerja yang lebih baik, kantor yang lebih besar, atau gaji yang lebih tinggi. Sebagai contoh, seorang karyawan yang iri hati dapat bersikap bermusuhan dengan berbuat licik kepada karyawan lain.
    Contoh emosi positive adalah karyawan dapat merasa puas dengan hasil kerjanya dan merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya.
    2. Jika saya seorang manajer, cara untuk mengelola emosi karyawan adalah dapat dilakukan dengan menggunakan humor dan memberi karyawan penghargaan kecil sebagai apresiasi terhadap pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik

    BalasHapus
  27. 1. Menurut pendapat saya contoh dari emosi negatif itu seperti rasa marah, sedih dan kebencian. Contohnya ketika seorang atasan berlaku tidak adil pada karyawannya yang memiliki prestasi sama hal ini akan membuat salah satu dari karyawan merasa marah karena merasa dirinya tidak diperlakukan adil. Sedangkan emosi positif contohnya seperti gembira, menerima dan damai. Contohnya ketika seorang karyawan diberikan penghargaan atas prestasinya dan dihargai oleh atasannya maka karyawan tersebut akan merasa nyaman dan gembira dan dapat bertahan dalam perusahaan.
    2. Bila saya seorang manajer yang akan saya lakukan untuk mengelola emosi karyawan agar tidak merugikan adalah saya akan lebih memahami dan memberi motivasi dengan meluangkan waktu untuk mencoba komunikasi secara baik karena bila sampai emosi negatif karyawan tetap dibiarkan akan membawa dampak buruk dan akan merugikan perusahaan.

    BalasHapus
  28. 1. Positif: kinerja karyawan yang membuahkan hasil terhadap peningkatan produktivitas perusahaan
    Negative: karyawan yang sering tidak masuk kerja dengan alas an yang tidak relevan
    2. Cara mengatasinya yaitu membuka jam-jam khusu karyawan untuk konsultasi mengenai apa yang mereka rasakan serta memberikan bonus

    BalasHapus
  29. 1. Menurut saya, contoh emosi negative itu seperti marah yang terlalu besar yang akhirnya menimbulkan sikap bullying. Contohnya seorang bawahan melakukan kesalahan kemudian seorang atasan memarahi karyawan tersebut sampai atasan tersebut berbicara yang jelek dan tidak pantas untuk di katakan (bullying).
    Sedangkan contoh emosi positif adalah motivasi. Contohnya karyawan melakukan suatu kesalahan kemudian yang dilakukan seorang atasan bukan memarahi karyawan melainkan atasan tersebut memberikan motivasi yang membangun bagi karyawan agar karyawan dapat mengerjakan tugas selanjutnya dengan baik.
    2. Jika saya menjadi seorang manajer didalam suatu perusahaan, saya akan membentuk suatu forum, dimana kegunaan forum tersebut adalah untuk menyelesaikan dan meredakan emosi yang terdapat di karyawan suatu perusahaan agar emosi yang ada tersebut tidak merugikan karyawan yang lain dan keseluruhan lingkungan perusahaan dimana dia bekerja.

    terima Kasih.

    BalasHapus
  30. 1. Con toh emosi negatif yaitu karyawan yang habis melakukan kesalahan dan di tegur oleh atasan dan meluapkan emosinya dengan membully teman sekerjanya . Sedangkan contoh emosi positive yaitu dengan terus memberi semangat karyawan yang gagal dalam pekerjaannya, dan berkata bahwa gagal adalah awal kesuksesan . 2. Jika saya menjadi manager saya akan menegur karyawan yang meluapkan emosinya pada kryawan lain dan membentuk forum pekerja sebagai tempat bertukar pokiran dan saling memberi saran yang positive.

    BalasHapus
  31. contoh emosi negatif yaitu marah,mudah tersinggung, sasling menyalahkan saat menghadapi suatu masalah pekerjaan dan emosi positif yaitu gembira, ramah, berprilaku baik satu sama lain dalam suatu organisasi.
    kalau saya sebagai manajer saya akan mencoba mengenali satu persatu sikap dan sfat dari para karyawan dan mencoba untuk komunikasi lebih dekat lagi agar tidak terjadi suatu kesalahan yang mengakibatkan emosi negaitif karyawan. karena hal itu akan merugikan perusahaan.

    BalasHapus
  32. 1. Menurut saya, emosi negatif adalah sikap marah dari individu yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, contohnya saat bekerja sama dengan karyawan lain, terbawa emosi dan akhirnya terjadi perselisihan.. sedangkan emosi positif contohnya adalah karyawan termotivasi atau ingin menjadi lebih baik dan melakukan persaingan positif terhadap karyawan lain..

    2. Jika saya sebagai seorang manajer, maka saya akan memberikan teguran kepada karyawan tersebut dan membuat suasana di tempat kerja tetap positif dengan cara memanggil atau mengajak bicara karyawan tersebut di tempat yang tertutup.. terima kasih

    BalasHapus
  33. 1. Contoh emosi negatif seorang karyawan adalah, rasa marah, pertengkaran, rasa cemburu, dan mogok kerja. Sedangkan, contoh emosi positif adalah rasa senang, gembira,semangat dalam bekerja, ulet, dan rajin.
    2. Jika saya menjadi seorang manajer dlm perusahaan yg memiliki situasi serta kondisi seperti itu, maka saya akan mengadakan evaluasi interpersonal yang berisi evaluasi karyawan tersebut tiap bulan dan berkomunikasi dg karyawan tersebut tentang apa yg dikerjakan dan situasi sperti apa yg dirasakan di lingkungan kerjanya.

    (Grace Amelia, Kelas B-3103013300)

    BalasHapus