SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 10 November 2013

Menciptakan, Mendistribusikan, dan Mempromosikan Suatu Produk (Bahan Diskusi X Pengantar Bisnis)

Tujuan bab 12, 13,  dan 14  ini adalah menjelaskan:
  1. Bagaimana mempertahankan suatu produk melampaui siklus hidup produk (PLC) tersebut.
  2. Tipe-tipe konsumen seperti apa yang menjadi target untuk setiap produk.
  3. Bagaimana menciptakan suatu produk baru
  4. Bagaimana membuat produk berbeda dengan pesaing
  5. Berapa harga yang akan dikenakan pada setiap produk
  6. Tipe kebijakan diskon apa yang dapat diimplementasikan
  7. Apa bentuk distribusi yang paling optimal untuk suatu produk
  8. Cakupan pasar seperti apa yang paling optimal untuk suatu produk
  9. Bagaimana meningkatkan distribusi suatu produk
  10. Bagaimana mengoptimalkan peran pengecer untuk meningkatkan penjualan suatu produk
  11. Bagaimana mengoptimalkan peran grosir untuk meningkatkan penjualan suatu produk
  12. Apakah perlu menangani penjualan langsung untuk suatu produk
  13. Bagaimana mempromosikan manfaat suatu produk
  14. Tipe iklan seperti apa yang dapat digunakan untuk promosi
  15. Jenis-jenis promosi apa yang dapat digunakan selain iklan
  16. Bagaimana menggunakan public relation untuk mempromosikan produk
  17. Strategi Bauran Promosi seperti apa yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Bahan Diskusi:


Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat  Berdiskusi ……

123 komentar:

  1. Di dalam 3 bab ini, kita akan membahas mengenai produk, bagaimana menetukan harga produk, mendistribusikan serta mempromosikan produk. Topik ini sangatlah menarik, karena berkait dengan apa yang akan kita jual. Setelah kita menentukan produk apa yang akan kita jual, kita perlu membuat dan menentukan harga produk agar dapat diterima oleh masyarakat dan tak kalah bersaing harga dengan produk lain. Setelah itu kita harus pintar dalam pendistribusian produk, bagaimana produk yang kita buat dapat sampai ke masyarakat dengan akses yang mudah. Lalu, setelah mendistribusikan ke masyarakat,kita harus mempromosikan produk kita kepada masyarakat, agar mereka tertarik terhadap produk kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Fransica. Dalam meciptakan baru atau mejual produk kita harus menentukan berapa harga yang akan di berikan agar nantinya harga produk kita tidak kalah bersaing dengan produk kompetitor.

      tetapi saya masih belum paham pendistribusian tepat agar produk tersebut bisa cepat ke tangan konsumen ? dan bagaimana agar nanti produk tersebut pendistribusiannya bisa merata di seluruh pulau - pulau di indonesia ?

      Hapus
    2. kalau menurut saya agar proses distribusi tersebut dapat dipercepat dengan mengurangi saluran distribusi, caranya perusahaan dapat meningkatkan interaksi antara proses distribusi dengan proses produksi.karena distribusi dapat dengan lancar bila produksinya bisa lancar pula dengan menyediakan jumlah produk sesuai permintaan. dan kalau menurut saya agar seluruh indonesia dapat dijangkau dengan internet. karena internet dapat diakses hampir diseluruh indonesia

      Hapus
    3. sebelumnya, apakah hanya meningkatkan antara interaksi produksi dengan produksi kita dapat mempercepat distribusi sampai ke masyarakat?

      Hapus
    4. Menurut saya, persoalan kelancaran distribusi tidak hanya tergantung pada interaksi antara hasil produk dengan proses distribusi saja. Supaya distribusi tidak mengalami hambatan, maka sebaiknya perusahaan membangun keagenan di setiap kota. Sehingga, konsumen dapat dengan mudah mencari/membeli produk tersebut, dan sebaliknya pendistribusian dari agen ke konsumen menjadi mudah karena lingkupnya hanya 1 kota.

      Hapus
    5. menurut saya penjelesan di atas sudah cukup tepat karena jika suatu produk akan di pasarkan maka agen - agen di tiap daerah akan sangat membantu dalam proses pendistribusian produk tersebut.

      Hapus
    6. setuju dengan gabby markus ,distribusi dan agen juga penting toh lagipula membuka peluang kerja kan :) kemudian mengenai produk yang dipasarkan juga harus menarik perhatian konsumen,dari kemasan mijsalnya

      Hapus
    7. saya setuju dgn pendapat anda. karena mendistibusikan suatu produk harus secara bertahap sehingga kita dapat mengetahui apa yg kurang dari pendistribusian tsb. selain itu produk yg ditawarkan juga harus menarik dan diminati/dibutuhkan konsumen. pemasaran produk juga harus dipikirkan agar masyarakat mengetahui apa produk yg kita tawarkan. penyampaiannya pun juga hrs menarik dan berbeda dgn yg lain agar konsumen lebih tertarik pada produk itu.

      Hapus
    8. Saya sependapat dengan kalian. Membuat dan Menentukan Harga Produk Lini produk adalah sekumpulan produk atau jasa yang saling berkaitan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut adalah bauran produknya. Fase-fase siklus hidup produk meliputi fase pengenalan, di mana para pelanggan diinformasikan mengenai produk, fase pertumbuhan, di mana produk menjadi lebih popular dan meningkatkan pangsa pasarnya, fase kemapanan, di mana tingkat volume penjualan mulai stabil sebagai akibat dari munculnya persaingan, fase penurunan, di mana volume penjualan berkurang sebagai akibat adari adanya persaingan atau menurunya permintaan para pelanggan. Langkah-langkah utama yang terkait dengan penciptaan sebuah produk baru meliputi mengembangkan ide produk, sebagai respon atas perubahan dalam kebutuhan atau preferensi konsumen menilai kelayakan ide produk, di mana harapan keuntungan dan produk dibandingkan dengan biayanya mendesain produk dan mengujinya pada sebagian konsumen di pasar target mendistribusikan produk sehingga mudah didapat oleh pasar target, dan mempromosikan produk untuk memastikan bahwa konsumen telah mengetahui keberadaannya melakukan audit atas produk untuk mengetahui apakah produk tersebut perlu mengalami perubahan. Berapa metode umum yang digunakan untuk membedakan sebuah produk meliputi desain yang unik, di mana produk yang diproduksi menjadi lebih aman, lebih dapat diandalkan, lebih mudah untuk digunakan, atau memiliki beberapa keunggulan lain kemasan yang unik, yang dapat meningkatkan kemudahan atau memasang iklan merek yang unik, yang mungkin akan meningkatkan persepsi konsumen atas mutu produk tersebut

      Hapus
    9. ia saya setuju, karena kita harus menciptakan suatu inovasi-inovasi yang baru pada produk kita, agar pelanggan tidak berpindah ke perusahaan lain yg menghasilkan barang sama, dan juga harus memdistribusikan karena dengan begitu dapat menghasilkan provit / penghasilan untuk perusahaan. perusahaan harus mempromosikan agar konsumen mengetahui produk apa yang dihasilkan perusahaan. kalau tanpa promosi perusahaan tidak dapat memberitau produksi perusahaan tersebut kepada konsumen

      Hapus
  2. saya setuju dengan pendapat Fransica. Dalam meciptakan baru atau mejual produk kita harus menentukan berapa harga yang akan di berikan agar nantinya harga produk kita tidak kalah bersaing dengan produk kompetitor.

    tetapi saya masih belum paham pendistribusian tepat agar produk tersebut bisa cepat ke tangan konsumen ? dan bagaimana agar nanti produk tersebut pendistribusiannya bisa merata di seluruh pulau - pulau di indonesia ?

    BalasHapus
  3. Dari Topik pembahasan di atas, menurut saya semua nya menarik untuk di bahas dan berguna untuk lebih dalam mengetahui cara untuk dapat mengembangkan usaha terutama di bidang penjualan barang . Dengan mempelajari tiap topik di atas setiap dari kita akan mendapatkan bekal untuk mendalami bisnis di bidang penjualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda, bahasan dalam bab ini memang cukup menarik. kita dapat mempelajari tentang bagaimana caranya mempertahankan suatu produk melampaui PLC, mengerti tentang penargetan konsumen untuk produk-produk kita,menciptakan produk yang baru untuk konsumen dan membuat produk kita berbeda dengan para pesaing kita,menentuka harga yang pass untuk tiap produk yang akan dipasarkan ke konsumen, memberikan diskon yang pas, bentuk distribusi yang paling optimal untuk suatu produk,dimana kita akan memasarkan produk kita agar mendapatkan harga yang optimal, cara untuk meningkatkan distribusi suau produk, cara pendistribusian agar para pengecer juga mendapatkan laba,meningkatkan peranan grosir untuk mendapatkan laba yang optimal, cara mengatasi penjualan suatu produk, cara mempromosikannya.

      Hapus
  4. 3103013255

    Hal yang paling menarik yaitu ketika suatu perusahaan mempromosikan produk secara rutin yaitu dengan suatu tindakan menginformasikan atau mengingatkan pelanggan mengenai produk atau merk tertentu. Mereka dapat menggunakan promosi untuk meningkatkan permintaan akan produk sehingga meningkatkan pula nilai perusahaan.

    Beberapa keputusan promosi terpentingnya antara lain:
    • Jenis iklan seperti apa yang sebaiknya digunakan?
    • Metode promosi lain seperti apa yang akan digunakan?
    • Bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan hubungan masyarakat untuk mempromosikan bisnisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai yolanda nataline.
      Saya setuju dengan pendapatmu.
      Keputusan mengenai jenis iklan yang digunakan merupakan hal penting karena mempengaruhi permintaan pelanggan.

      Penggunaan metode promosi lainnya juga dapat mempengaruhi permintaan pelanggan dan karenanya pendapatan perusahaan.
      Metode promosi dapat berupa: pengembalian uang(rabat),kupon, pemberian sample, display, dan premi.

      Keputusan mengenai hubungan masyarakat juga dapat mempengaruhi permintaan pelanggan dan pendapatan perusahaan.
      Perusahaan dapat memanfaatkan hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra suatu produk atau perusahaan. Strategi yang digunakan dapat berupa: acara-acara khusus, rilis berita, dan konferensi pers.

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
    2. Hai, Yolanda. Saya juga setuju dengan pendapat anda. Mempelajari cara perusahaan dalam mempromosikan produk memang menarik Ada banyak jenis iklan dan metode promosi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Dalam konteks jenis iklan, perusahaan dapat memilih apakan mau mempromosikan produknya lewat media cetak dan/atau media elektronik. Dalam hal metode, perusahaan dapat memilih berbagai cara utk mempromosikan produknya, bisa lewat pemberian diskon dsb. Menurut saya, semua jenis dan metode promosi itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Perusahaan dapat memilih metode promosi mana yang sesuai dengan budget yang telah ditetapkan sebelumnya untuk kegiatan promosi.

      Hapus
    3. Hai Angeline..Saya setuju dengan pendapat anda. Dalam mempromosikan produknya, suatu perusahaan perlu mempromosikan melalui berbagai media tergantung dari caranya masing masing. Dalam promsi pemberian diskon, ada beberapa perusahaan yang dalam tanda kutip "licik", karena sebelum perusahaan itu memberi diskon, perusahaan tesebut telah menaikkan harga jualnya, dan setelah dihitung harga setelah diskon, jatuhnya hampir sama dengan harga normal. Malah terkadang yang saya tahu ada suatu toko sebut saja toko X, dia memberikan promosi buy1get1 free.. Tetapi toko tersebut telah menaikkan harga yang tercantum hampir 2x lipat dari harga normal. Konsumen yang tidak cermat atau tidak mengetahui harga pasar akan terbujuk oleh promosi tersebut. Tetapi di sisi penjual, itu adalah trik yan strategis dan menguntungkan bagi perusahaannya dimana konsumen tidak lagi membeli 1 barang saja, tetapi langsung membeli 2 barang sekaligus.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat kalian smua. Terkadang ada beberapa perusahaan yang mempromosikan atau memberikan diskon secara langsung, dengan cara salah satu karyawan perusahaan promosi menggunakan microfone, speaker, memasang spanduk, dll. Seperti contohnya perusahaan Carefour, Giant, Indomart. Hampir setiap hari jumat, sabtu, minggu perusahaan tersebut mengadakan promosi dan diskon besar. Tapi pada periode sebelumnya, pihak manajer perusahaan telah mengatur harga - harga seperti yg dikatakan saudara Andrei, pada hari senin - kamis, harga barang tertentu naik 2x lipat.
      sekian pendapat saya. mohon maaf bila ada kesalahan kata. trima kasih.

      Hapus
    5. yaa,, saya setuju dengan kalian semua. promosi memang sangat dibutuhkan agar sirkulasi produksi berjalan dengan lancar. perusahaan harus memikirkan iklan2 yang menarik tanpa harus memberi harapan palsu terhadap konsumen. misalnya, terlalu melebih2kan produk yang diproduksi, namun tidak benar-benar terealisasikan. hal ini akan mengurangii bahkan menghilangkan kepercayaan konsumen. jadi, perusahaan seharusnya bisa membuat iklan atau promosi yang menarik serta menambah kepercayaan konsumen.

      Hapus
    6. Saya juga sependapat dengan saudara-saudari sekalian. Memang, dalam suatu kegiatan usaha, promosi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk menjamin atau meningkatkan tingkat permintaan masyarakat akan produk tersebut. Tentu saja, tingkat permintaan akan produk suatu perusahaan akan mempengaruhi kesehatan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, saya mendapati bahwa bab-bab ini cukup menarik untuk didalami.

      Hapus
    7. Ya, saya sependapat dengan kalian semua. Bahwa, promosi sangat mempengaruhi permintaan sebuah produk yang ada. Entah naik/turun. Tapi di samping promosi yang sangat gencar, perusahaan harus pintar mencari apa yang membuat produk tersebut diminati oleh konsumen. Selain discount, harga yang"low cost", perlu dicari juga apa yang menjadi kelebihan atau perbedaan produk tersebut dari yang lain.

      Hapus
    8. Halo, Grecia dan Lie Djing. Faktor promosi dan diskon merupakan hal yang cukup penting bagi perusahaan retail seperti Carrefour , Alfamart, Indomart, dsb. Sering kita jumpai di koran Jawapos setiap hari jumat terdapat beberapa halaman yang berisi daftar produk barang yang sedang didiskon. Kemungkinan laba yang didapat perusahaan lebih sedikit, tetapi kemungkinan jumlah pembeli akan meningkat. Kondisi yang sangat atraktif inilah yang dimanfaatkan perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak jumlah pembeli lagi.

      Untuk sdri. Lie Djing, saya sangat setuju dengan pendapat anda, mengingat banyak iklan yang sifatnya persuasif, baik didepan tetapi penuh harapan palsu. :D
      Menurut saya bentuk iklan yang cukup baik dan efektif selama ini adalah iklan dari mulut ke mulut yang dibangun oleh customer sendiri. Seperti Starbucks, perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi terbesar di dunia dengan 20.336 kedai di 61 negara yang berhasil membangun kepercayaan pelanggan sehingga mereka mengadalkan iklan dari antar mulut konsumen. Padahal Brian Ahearn, salah satu pembicara di dunia, mengatakan bahwa tidak ada iklan Starbucks di televisi, majalah, billboard, ataupun radio. Tetapi berhasil menjadi perusahaan kopi terbesar, hal itu dikarenakan ada 5 alasan yang disampaikan Brian Ahearn, yang salah satunya yaitu membangun iklan dan kepercayaan dari pelanggan sendiri.
      Terima kasih.

      Hapus
  5. Menurut saya mempelajari bab-bab ini sangat menarik karena dapat mengetahui bahwa strategi produk menentukan jenis-jenis produk yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan strategi penentuan harga menentukan harga yang dikenakan untuk produk-produk tersebut. Selain itu, dapat mengetahui keuntungan/kerugian saluran distribusi langsung dan proses distribusi. Serta mengetahui langkah-langkah utama yang terkait dengan penjualan perorangan dan metode-metode promosi penjualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan anda, suatu promosi, salah satu unsur dari bauran pemasaran, disamping penetapan harga jual, produk, dan distribusi. Promosi sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan untuk mencapai volume penjualan yang maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah serta mudah untuk diperoleh, jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan memadai. Dengan promosi pemasaran tersebut diharapkan produk yang dihasilkan akan
      dikenal oleh masyarakat luas dan membangun merk yang kuat serta memiliki identitas yang dapat menggambarkan yang akan menancap dalam benak konsumen, serta dapat menarik minat beli konsumen atau calon pembeli sehingga tercapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan volume penjualan, serta menjadikannya posisi leader di pasar.

      Hapus
    2. Saya beropini sama dengan anda..
      Karena segala sesuatu itu memang hrs dilakukan secara bertahap.
      Apalagi hal ini menyangkut kepentingan kita dalam meraup keuntungan.
      Dengan strategi2 itu maka presentase keuntungan yg akan kita dapat semakin meningkat

      Hapus
    3. Menurut saya, menciptakan suatu produk dalam sebuah perusahaan harus mendistribusikan dan mempromosikan produk apa yang akan di jual dan berapa jumlah barang yang akan di prduksi nanti.
      Juga harus menentukan harga dan kualitas produk yang akan di jual ke pasaran karena harga dan kualitas produk tersebut akan bersaing dengan banyak perusahaan lainnya.

      Hapus
    4. saya sangat setuju dengan pendapat teman, dalam menciptakan sebuah produk/barang perusahaan harus mengetahui jenis-jenis produk yang menarik apa yang ingin di pasarkan sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menentukan harga dan kuantitas untuk di pasarkan.

      Hapus
    5. saya sependapat dengan semuanya. karena sebelum menciptakan produk, sebuah perusahaan harus mengetahui kebutuhan apa yang diinginkan di pasaran dan besaran harga berapa yang dapat dijangkau oleh konsumen dipasaran

      Hapus
    6. Saya setujuh dengan pendapat teman .Dalam bab ini kita bisa mempelajari strategi produk.S ebelum perusahaan menciptakan suatu produk,sebuah perusahaan terlebih dalulu harus mengetahui keadaan pasar,apa yang dibutuhkan dan yang diinginka oleh konsumen,sehingga perusahaan bisa menentukan harga dan jumlah barang yang akan di produksi dan juga mengetahui langkah-langkah utama yang terkait dengan metode promosi penjualan.

      Hapus
    7. Saya sependapat dengan teman-teman dalam menciptakan produk, perusahaan harus memiliki strategis yang baik untuk mempromosikan suatu produk dan juga dalam mendistribusi serta cara nempertahankan produk itu tetap di minati konsumen.

      Hapus
    8. Saya setuju dengan pendapat teman-teman.. Karena sebelum menciptakan suatu produk sebuah perusahaan harus memiliki strategis yang baik untuk mempromosikan barang yang di produksi serta cara mempertahankan produk itu tetap di minati konsumen..

      Hapus
    9. Saya sangat setuju dengan pendapat anda di mana dalam melaksanakan perusahaan harus mengetahui cara atau strategi dalam mendistribusi kan suatu produk misal kan menggunakan cara memberikan promosi suatu produk atau diskon, dan mempertahankan kualitas produk yang kita punyai.

      Hapus
    10. saya setuju dengan pendapat anda,bahwa sebelum memproduksi barang,kita harus menentukan harga di pasaran,strategi untuk menjual barang tersebut,mungkin dengan cara mempromosikan barang tersebut dengan cara yang menarik,dan tentu saja kualitas produk tersebut mempengaruhi harga jual barang tersebut.

      Hapus
    11. Saya sangat setuju dengan pendapat dari anda di dalam menciptakan produk, perusahaan harus memiliki ide ide yang kreatif agar konsumen tetap menyukai produk kita , kita harus mempertahankan dan memperbaiki kekurangan dari produk kita .

      Hapus
    12. Saya setuju dengan saudari olivia. Menentukan harga dan membuat produk harus mempelajari materi ini, karena kita harus mengetahui fase-fase siklus hidup produk yang meliputi fase pengenalan, di mana para pelanggan diinformasikan mengenai produk, fase pertumbuhan, di mana produk menjadi lebih popular dan meningkatkan pangsa pasarnya, fase kemapanan, di mana tingkat volume penjualan mulai stabil sebagai akibat dari munculnya persaingan, fase penurunan, di mana volume penjualan berkurang sebagai akibat adari adanya persaingan atau menurunya permintaan para pelanggan. Tidak hanya fase siklus hidup produk, kita harus mengetahui langkah-langkah utama yang terkait dengan penciptaan sebuah produk baru, Faktor-faktor utama yang memengaruhi besarnya pasar target sebuah produk. Kita juga harus tahu metode umum yang digunakan untuk membedakan sebuah produk meliputi desain yang unik, di mana produk yang diproduksi menjadi lebih aman, lebih dapat diandalkan, lebih mudah untuk digunakan, atau memiliki beberapa keunggulan lain kemasan yang unik, yang dapat meningkatkan kemudahan atau memasang iklan
      merek yang unik, yang mungkin akan meningkatkan persepsi konsumen atas mutu produk tersebut

      Hapus
    13. ya saya setuju. penentuan harga sangat berperan dalam perputaran produksi. hal ini tentu membutuhkan strategi yang sangat bagus dari perusahaan itu sendiri. apalagi ketika perusahaan itu baru berdiri, dan sedang membutuhkan kepercayaan dari konsumen, sedangkan di lain sisi, sudah banyak kompetitor yang sudah ada nama. penentuan harga sangatlah berpengaruh. perusahaan harus siap mengambil resiko rugi sekalipun

      Hapus
    14. Ya, saya sangat setuju. Harga itu juga yang membuat produk tersebut semakin diminati, Sama seperti hukum permintaan, semakin tinggi harganya semakin kurang permintaannya. Juga sebaliknya. Tapi, perusahaan juga tidak hanya memikirkan harga yang "low cost" saja. Perlunya mengatur apa yang membuat produk tersebut sebanding dengan harga yang ada.

      Hapus
    15. saya setuju dengan saudari okta, karena harga itu merupakan salah satu hal vital yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. tetapi pengaturan harga juga dipengaruhi oleh para pesaing dan permintaaan dan penawaran tersebut.

      Hapus
  6. saya tertarik dengan bahasan tentang Bagaimana menciptakan suatu produk baru menurut saya ada 7 Tips cara membuat produk baru yang handal:

    1. Lakukan riset pasar :
    Riset pasar adalah penelitian yang dilakukan untuk membantu pihak manajemen pemasaran dalam mengukur potensi pasar, menganalisis luar pasar, menyelidiki karakteristik pasar, menganalisis penjualan, menaksir permintaan produk, menetapkan daerah penjualan, meneliti saluran distribusi.

    2. Lakukan riset konsumen:
    penelitian yang dilakukan perusahaan kepada konsumen dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa dara secara sistematis tentang konsumen yang dapat dijadikan sebagai masukan yang esensial perusahaan dan dapat membantu strategi pemasaran perusahaan dimasa mendatang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
    3. Menentukan strategi marketing:
    kemampuan untuk memilah, mengelompokkan, serta mendiagnosa system yang ada menyeleksi target market yang tepat untuk memproduksi pelayanan dari perusahaan.

    4. Menentukan strategi harga:
    Konsumen tidak hanya mencari produk dengan harga yang rendah, akan tetapi konsumen membeli suatu produk berdasarkan nilai dari produk itu sendiri.

    5. Buat brand yang simple dan menarik
    Brand yang simple dan menarik akan mudah diingat dan dikenali oleh konsumen, sehingga dapat menjadi suatu referensi bagi konsumen.
    6. Perlihatkan differentiation (keunikan) dari produk
    upaya perusahaan untuk menyediakan produk dan jasa yang unik dan bermutu tinggi, sehingga dapat mempromosikan reputasi yang baik dan identitas merek yang kuat, biasanya diikuti dengan harga yang premium.
    7. Promosikan
    menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

    FRANSISCUS 3203013007

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan fransiscus di nmr 4 5 7 menururt saya adalah trik terbaik untuk konsumen sehingga bias menimbulkan keuntungan untuk produsennya sendiri

      Hapus
    2. ya benar. perusahaan harus teliti dalam hal ini. perusahaan juga harus memperhitungkan kemungkinan perubahan selera konsumen. apalagi jika perusahaan bergerak dalam kebutuhan sekunder ataupun tersier. dalam kebutuhan tersebut, selera konsumen juga berpengaruh.

      Hapus
    3. Ya, benar. Perusahaan haus bisa menempatkan diri dalam mengikuti perkembangan jaman. Atau dengan kata lain, perusahaan harus flexible.

      Hapus
  7. menurut saya penting mempelajari ketiga bab ini, di bab 12 kita dapat mempelajari konsep produk dan cara penentuan harga dimana disana banyak faktor yg mempengaruhi saat kita mengambil keputusan tentang kedua hal ini karena kedua hal ini mempengaruhi permintaan konsumen. di bab 13 mengenai pendistribusian ini juga penting karena seberapa besar jumlah pelangan kita ditentukan oleh pendistribusian yg benar. mempelajari tentang Promosi produk di bab 14 juga tidak kalah penting,karena promosi ini memerlukan biaya yg mempengaruhi beban perusahaan tetapi membantu kita dalam menaikkan jumlah permintaan juga, sehingga harus mengetahui metode promosi yg tepat agar beban promosi tersebut dapat dilampaui dengan hasil yg optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga karena itu kita juga harus mengetahui kondisi persaingan di pasar dengan melakukan riset terlebih dahulu. Kita juga harus melihat seberapa besar para pesaing kita meletakkan harga agar konsumen juga melirik produk kita. Dalam mendistribusikan produk, kita harus melihat dimana tempat yang permintaan akan produk kita itu tinggi sehingga kita tidak rugi setelah melakukan biaya distribusi.

      Hapus
    2. Memang supaya produk perusahaan kita lebih unggul dibandingkan pesaing, maka kita harus memperhatikan ketiga hal sekaligus, antara pricing, distributing, and promotion product. Akan tetapi, kadang-kadang perusahaan memiliki suatu keterbatasan, sehingga ketiga hal di atas tidak dapat dilakukan secara bersamaan. Oleh karena itu, pertama kali yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah pricing. Kita harus menentukan harga produk perusahaan kita sedemikian rupa, sehingga konsumen dapat merasakan mendapatkan keuntungan bila membeli produk kita (konsumen merasa harga produk kita lebih murah). Selanjutnya, barulah masalah distribusi dan promosi merupakan hal yang terakhir yang dapat dilakukan oleh perusahaan (dengan catatan perusahaan tersebut dananya sangat terbatas).

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda, suatu perusahaan harus dapat menentukan nilai produknya melalui tahap menetukan harga produk. Perusahaan tidak hanya membandingkan harga dengan pesaing, namun harus memperhatikan pangsa pasar, harga pokok produk, dan kualitas barang. Harga barang yang memiliki kualitas tinggi tentu tidak bisa dibandingkan dengan harga barang yang memiliki kualitas rendah. Perusahaan juga harus dapat menentukan metode dan alat transportasi yang tepat untuk pendistribusian produk. Distribusi harus menjamin kualitas produk tidak menurun dan ketepatan waktu. Selain itu, promosi yang efektif dan tepat akan membantu meningkatkan penjualan.

      Hapus
  8. Saya juga setuju. Banyak strategi yang bisa dipakai untuk mempromosikan suatu produk. Misalnya dengan memasang poster di jalan, memasukkan iklan di koran atau majalah, menyiarkannya di radio, dsb. Juga untuk menarik pelanggan ada baiknya kita mengadakan diskon agar pembeli tertarik untuk membeli produk kita, memberikan tester/sample agar pelanggan tahu bagaimana kualitas produk kita, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju karena dengan melakukan promosi melalui media cetak maupun media elektronik dapat merangsang daya beli masyarakat akan produk yang di perjual belikan yang tentunya dapat mencapai dari target pejualan tersebut

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat anda, strategi promosi melalui iklan sangatlah membantu perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat.Perusahaan harus membuat iklan yang menarik minat masyarakat untuk mau mengkonsumsi produknya.Iklan tidak harus bersifat memaksa,iklan harus lebih bisa bersifat membujuk,memberikan suatu informasi,dan bersifat sebagai pengingat akan produk perusahaan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan melakukan berbagai macam penawaran dari produsen ke konsumen dapat meningkatkan akan daya beli konsumen akan suatu produk tersebut yg ditawarkan tapi apakah hanya dengan melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik saja produsen menawarkakan produknya?

      Hapus
    4. Saya setuju dengan loisa. Dengan cara tersebut memudahkan konsumen mengetahui produk dan kualitas yg dijual, membuat konsumen semakin yakin dengan produk kita.

      Hapus
    5. Ya, setuju. Khususnya perusahaan yang baru memulai usahanya, perlu dengan pandai dan gencar-gencaran mempromosikan produknya. Dengan begitu dapat membuat konsumen mengenal lebih tentang produknya

      Hapus
  9. menurut saya, ketiga bab yang akan dibahas akan sangat menarik, karena tiga bab ini saling berkaitan satu dengan yang lain, antaranya jika kita ingin membuat suatu produk yang baru, maka kita harus pandai dalam melihat keadaan konsumen, maksudnya setiap konsumen memiliki karakteristik atau tipe-tipe yang berbeda. Dan juga kita harus membuat produk yang berbeda dengan pesaing kita, selain itu, kita juga harus menyesuaikan harga dengan produk yang kita buat, karena harga dan kualitas memilki peran yang penting dalam penjualan produk kita. Dalam meningkatkan distribusi produk, diperlukan promosi-promosi seperti iklan untuk mengoptimalkan penjualan produk. Dan di bab ini, juga akan dibahas promosi-promosi yang lain selain memasang iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. dengan mengetahui karakteristik tiap konsumen, kita memiliki keuntungan yang tidak dimiliki oleh pesaing kita, sehingga kita bisa menciptakan produk baru, yang berbeda dari yang lain, dan dengan harga yang tepat dan terjangkau, kita bisa menutup beban produksi dan memperoleh laba.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan anda. Bila suatu perusahaan ingin mengeluarkan produk baru tentunya mereka harus melihat konsumen yang akan menjadi sasarannya.Memang yang menjadi poin penting dalam suatu produksi adalah meningkatnya permintaan thdp barang yang diproduksi. Maka salah satu media yg paling mudah adalah dengan memasang iklan untuk mengenalkan produk baru tsb. Kita juga harus memiliki strategi agar barang kita bisa dikenal oleh konsumen serta banyak peminatnya. Misal harga awal (pengenalan) itu tidak terlalu mahal, atau diberikan free barang.

      Hapus
  10. Menurut saya dalam 3 bab ini kita dapat mengetahui ketika perusahaan telah menghasilkan produk maka perusahaan tersebut harus merencanakan dan menetapkan harga produk yang dihasilkan tersebut dengan pertimbangan hal-hal seperti biaya produksi, pasokan persediaan, dan harga pesaing. Lalu setelah menetapkan harga produk, perusahaan harus merencanakan cara pendistribusian produk tersebut yang efisien apakah melelui jalur darat, air, atau udara agar produk tersebut sampai kepada konsumen. Setelah itu perusahaan harus melakukan promosi produk yang dihasilkan agar produknya dapat dikenal oleh masyarakat atau konsumen dan dapatmeningkatkan permintaan akan produk sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan.

    BalasHapus
  11. Saya setuju dengan pendapat anda. Di tiga bab ini juga bisa mengetahui bagaimana menciptakan suatu produk baru, kebijakan diskon seperti apa yang dapat diimplementasikan jadi saat suatu perusahaan membuat diskon tidak memberikan dampak kerugian pada perusahaan, di bab ini juga bisa mempelajari cara untuk mengoptimalkan peran pengecer untuk meningkatkan penjualan suatu produk.

    BalasHapus
  12. menurut saya yang menarik dari tiga bab ini adalah kita dapat mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana langkah selanjutnya ketika kita telah menciptakan suatu produk. Tentu kita perlu memperhatikan harganya,ciri khusus produk itu sendiri,diskon yang tepat,cara pendistribusiannya,kualitas produknya,promosinya.Perusahaan harus jeli dalam mangatur dan menetapkan strategi dalam mempromosikan produknya. Dalam promosi iklan di media masa itu membantu. Masyarakat akan dapat lebih mengenal produk yang akan kita jual. Perusahaan harus pandai mempromosikan produknya agar tidak kalah bersaing dengan produk perusahaan lain.

    BalasHapus
  13. Saya setuju karena dengan strategi promosi melalui iklan sangatlah membantu perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat , agar supaya banyak yg minat dengan produk perusahaan ini , kita juga harus pandai mempromosikan produk ini biar banyak yg minat

    BalasHapus
  14. dari bab ini kita dapat mengerti bahwa strategi dalam penjualan barang sangat lah penting karena hal ini sangat berpengaruh terhadap promosi dari produk penjualan dari barang tersebut. selain itu dari strategi tersebut bisa menaikan minat dari konsumen terhadap produk penjualan dari barang tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam bab ini bisa membantu kita untuk lebih mudah melakukan penjualan dengan strategi yang kita pelajari dalam bab ini sehingga dapat mempermudah kita mendapatkan keuntungan dalam suatu penjualan produk yang kita jual

      Hapus
  15. Menurut saya yang menarik dari bab ini adalah tentang penggunaan E-Marketing untuk memperluas pasar target. Dengan menggunakan internet sebagai perantara, perusahaan berarti menawarkan kemudahan kepada pelanggan untuk mengakses berbagai info produk dan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan. Hal ini dinilai lebih efektif dan efisien karena selain memudahkan transaksi bisnis, perusahaan juga dapat memperluas pasar targetnya dan perusahaan mampu menawarkan harga yang lebih murah dengan menjual secara langsung pd konsumen (tidak melalui toko ritel). Selain itu E-Marketing juga dapat meningkatkan distribusi sebuah perusahaan dengan memberikan beragam informasi melalui internet. Selain itu meski belum terlalu populer, sudah banyak perusahaan yang juga melakukan promosi dengan memasang iklan diinternet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat kamu.Menurut saya penggunaan e-marketing sangat menarik.Iklan melalui internet biayanya juga pasti akan lebih murah.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat teman-teman. Karena penggunaan E-Marketing sangat efisien untuk jaman sekarang. Selain murah dalam hal pembiayaan, juga merupakan inovasi yang belum digunakan banyak perusahaan.

      Hapus
  16. Menurut saya bab ini sangat menarik karena kita dapat mempelajari mempromosikan produk melalui iklan, menyiarkan di radio, mengadakan diskon, memberikan tester. Selain kita kita juga mempelajari cara penentuan harga, dimana kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga karena kita juga harus mengetahui kondisi persaingan di pasar dengan melakukan riset terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menentukan harga suatu produk, sangat tergantung pada segmentasi pasar dan promosi. Jika perusahaan akan menempatkan produknya pada segmen menengah ke atas, maka harga produk tidak boleh murah, dan promosinya harus gencar. Karena segmen menengah ke atas mempunyai pola konsumsi membeli barang yang bermerek dan berharga mahal. Sebaliknya, jika segmen perusahaan ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah, maka masalah harga sangat sensitif, sehingga kita harus menentukan harga produk kita semurah mungkin.

      Hapus
    2. Saya sangat seuju dengan pendapat Gabby Markus. Suatu perusahaan harus dapat memberikan pricing yang tepat pada konsumen dimana dengan pricing yang kita ciptaan dapat membuat konsumen merasa puas dan tidak bmerugikan perusahaan. Di kalangan menengah ke atas kita memberikan picing yang tiggi karena pola konsumsi masyarakatnya cenderung mencari barang bermerek dengan harga yang relatif mahal, sebaliknya di kalangan menengah ke bawah kita harus menemtukan pricing seminimal mungkin agar produk perusahaan dapat bersaing di pasar dan lebih dicari oeh masyarakat.

      Hapus
  17. Strategi produk menentukan jenis-jenis produk yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, penentuan harga menentukan harga yang dikenakan untuk produk-produk tersebut. Saluran distribusi menunjukkan bahwa yang ditempuh sebuah produk dari produsen sampai ke tangan konsumen.saluran distribusi, mencakup pasar dan perantara dapat menentukan jumlah pelanggan menjadi sasaran perusahaan. Secara rutin sebuah perusahaan melakukan promosi untuk memberi tindakan menginformasikan atau mengingatkan pelanggan mengenai produk atau merek tertentu.

    BalasHapus
  18. Menurut saya bab ini sanagt menarik untuk dipelajari terlebih untuk orang – orang yang baru membuka usaha baru. Dari bab ini kita dapat belajar bagaimana cara agar produk yang kita produksi benar - benar di minati oleh orang – orang. Oleh karena itu kita harus benar – benar tahu siapa sasaran kita dan bagaimana cara mendistribusikan produk tersebut dan bagaimana cara umtuk mempromosikan produk agar dikenal di kalangan yang menjadi sasaran produk yang kita buat.

    BalasHapus
  19. menurut saya yang menarik dari bab ini adalah menentukan harga pada setiap produk, ternyata setelah saya pelajari bab ini, menentukan harga produk yg akan kita jual tidak sembarangan, kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : biaya produksi, pasokan persediaan, dan harga pesaing. dengan memperhatikan hal tersebut produk baru yg kita buat pasti akan diterima dalam pasar.

    BalasHapus
  20. Menurut saya bab - bab ini sangatlah menarik untuk dipelajari karena, dari bab ini kita jadi tahu bagaimana cara membuat dan menentukan harga produk, mendistribusikan produk dan mempromosikan produk. Dalam menrapkan hal tersebut perusahaan dapat memulainya dengan memanfaatkan riset pemasaran untuk mendefinisikan kebutuhan pelanggan. Setelah sebuah produk dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ini, maka selanjutnya dibuat keputusan penentuan harga. Kebijakan penentuan harga mempengaruhi permintaan produk dan juga pendapatan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan anda.pada bab ini kita mempelajari tentang konsep produk ,penentuan harga,promosi produk dan cara mendistribusikan produk itu sendiri. Di bab ini dijelaskan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi pembuatan keputusan penentuan harga tersebut seperti halnya harga pesaing , biaya produksi,pasokan persediaan .faktor-faktor ini yang harus benar-benar dipertimbangkan oleh perusahaan karena harga produk akan sangat mempengaruhi pendistribusian dan permintaan konsumen akan produk tersebut.

      Hapus
  21. menurut saya bab ini mengajarkan bagaimana suatu perusahaan menentukan keputusan mengenai pembuatan, mendistribusikan, dan mempromosikan suatu produk. keputusan perusahaan mengenai produk yang akan dibuat atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan untuk mengenali pasar dimana produk tersebut akan dijual. seluruh keputusan produk dan penentuan harga ditunjukkan untuk mempengaruhi permintaan produk dan pendapatan perusahaan. keputusan perusahaan mengenai saluran distribusi, cakupan pasar dan perantara akan menentukan jumlah pelanggan yang menjadi sasaran perusahaan dan juga akan mempengaruhi pendapatan perusahaan. sedangkan keputusan perusahaan yang berhubungan dengan promosi akan suatu produk dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap ukuran pasar yang dijangkau dan juga pendapaan yang diperoleh. keputusan menciptakan produk distribusi, dan promosi juga akan mempengaruhi beban perusahaan seperti pengaruh dari permintaan yang akan mempengaruhi jumlah produk yang harus diproduksi, biaya transportasi yang digunakan untuk mempercepat proses distribusi serta beban iklan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk yang telah dibuatnya.

    BalasHapus
  22. Menurut saya, bagian yang paling menarik dari bab ini terletak pada tipe-tipe konsumen seperti apa yang menjadi target untuk setiap produk, bagaimana menciptakan suatu produk baru, dan bagaimana membuat produk berbeda dengan pesaing.
    Dalam bab ini, kita diajarkan bagaimana memahami tipe-tipe konsumen yang menjadi target perusahaan untuk setiap produk yang dihasilkan sekaligus bagaimana menciptakan suatu produk baru yang bisa memenuhi selera konsumen tersebut dan produk tersebut memiliki ciri khas nya sendiri / berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh pesaing.
    Oleh sebab itu bab ini sangat menarik sekali untuk dibahas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju karena apa yang di katakan oleh yofina adalah suatu permasalahan ekonomi modern yang sering membahas tentang: apa,bagaimana dan untuk siapa barang yang harus di produksi agar barang tersebut memiliki pasar yang bagus di masyarakat konsumen karena barang tersebut telah melakukan riset pasar yang memadai

      Hapus
  23. materi ini sangat menarik karena membahas tentang memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan suatu barang, untuk meningkatkan penjualan perlu memikirkan biaya yang di keluarkan sebagai beban dalam perusahaan, kita harus bisa mengusahakan biaya yang di keluarkan itu minim namun menarik bagi konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam proses penjualan akan baik jika ada pembukuan atau pencatatan transaksi sebelum memulai kegiatan jual menjual suatu barang agar dapat meminimalkan terjadinya kerugian dalam penjualan kita

      Hapus
  24. materi ini sangat menarik untuk di pelajari, kita sebagai pengusaha nanti bisa tau cara memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan suatu barang untuk meningkatkan keuntungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda, dalam memulai suatu usaha kita harus mengatahui kelebihan dan kelemahan dari produk yang akan kita pasarkan. Jika kita telah mengetahui seluk beluk dari produk yang akan kita pasarkan maka keuntunganyang kita dapatkan tentu akan semakin maksimal.

      Hapus
  25. Menurut saya bab ini mengajarkan bagaimana menciptakan suatu produk dlm sebuah perusahaan harus mendistribusikan dan mempromosikan produk apaa yang akan d jual sekarang dan berapa jumlah barang yang akan d hasilkan selanjutnya

    BalasHapus
  26. dari materi ini kita dapat mengerti tentang sebuah penjualan barang itu berasal yaitu dari memproduksi, mendistribusikan, hingga mempromosikan barang agar menarik konsumen

    BalasHapus
  27. saya masih bingung dengan hal ini bukankah mempromosikan memerlukan biaya, sehingga keuntungan yang di dapat tidak maksimal???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan adanya promosi, perusahaan tentu akan mengeluara biaya untuk mempromosikan produknya tersebut. Tetapi biaya tersebut akan tertutupi setelah promosi yang diakukan oleh perusahaan tersebut memikat hati para konsumennya. Jika promosi terebut sukses, maka pengeluaran biaya untuk promosi tersebut terasa ringan dengan pemasukan yang semakin banyak dari kepuasan pelanggan oleh promosi serta kualitas barang/jasa yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

      Hapus
  28. Dalam 3 bab yang dibahas ini , saya sangat tertarik dengan produk-produk yg akan dibuat oleh perusahaan harus ada strateginya.
    dapat mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian atas barang tersebut, dan distribusinya.
    tapi, sebelum itu , kita harus mengetahui harga pasar suatu barang yg akan diproduksi.

    BalasHapus
  29. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk di pelajari dengan belajar bab ini dapat belajar bagaimana cara mendistribusikan hasil produk kepada konsumen agar produk yang di hasilkan agar sampai keoada konsumen tepat sasaran. Dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Jika distribusi produk sesuai tepat pada sasaran..

    BalasHapus
  30. Menurut saya ketiga kegiatan pemasaran tersebut akan berhasil dan berkembang bersamaan dalam suatu kegiatan pemasaran yang telah direncanakan. Dan pemasaran memegang peranan penting demi kelangsungan hidup perusahaan, selain produk yang berkualitas, harga yang bersaing, saluran pendistribusian yang mudah di jangkau, promosi juga merupakan unsur yang perlu diperhatikan. Bahkan promosi adalah ujung tombak akan keberhasilan pemasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Andi Pattinson, saya setuju dengan pendapat anda, karena ketiga kegiatan pemasaran tersebut saling berkaitan dan pasti berkembang dalam suatu kegiatan pemasaran yg telah direncanakan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudara andi karena ketiga kegiatan dalam pemasaran itu pasti sangat mempengaruhi kegiatan pemasaran dan dapat memajukan suatu perusahaan dalam bagian pemasaran agar perusahaan tersebut semakin maju.

      Hapus
  31. menurut saya pelajaran ini sangat menarik untuk dipelajari karena bisa menentukan biaya yg digunakan untuk mempromosikan barang trsebut dan menentukan laba yg akan diperoleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii abigail, saya juga setuju dengan anda. Dari bab ini, kita bisa belajar untuk menentukan harga dari biaya yang dikeluarkan saat proses produksi sehingga nantinya perusahaan akan memperoleh profit atau laba yang diinginkan. Kita sebagai calon pembisnis tentunya saat membutuhkan materi tentang ini agar nantinya perusahaan kita mampu bersaing dengan perusaahan-perusahaan lain di pasaran.
      Thxxx

      Hapus
  32. Menurut saya bab ini sangat menarik, karena didalam bab ini kita bisa mengetahui bagaimana menciptakan suatu produk yang baik dan berkualitas, dalam melakukan suatu penjualan produk kita harus bisa membuatnya menjadi lebih menarik dibandingkan dengan produk pesaing anda. Harus ada nilai lebih yang bisa menjadi alasan kenapa konsumen harus memilih produk tersebut. Selain itu kita harus memproduksikan atau menjual suatu produk tersebut dengan mempromosikannya, agar para konsumen mengetahui produk yang dipasarkan, untuk menarik pembeli kita harus menyesuaikan dengan harga yang pantas,kualitas yang bagus,kemasan yang menarik bahkan mengikuti tran yang ada dipasar. Dalam mempromosikan produk kita dapat melakukannya dengan cara mengiklankannya selain itu kita bisa melalui surat kabar, atau mempromosikannya secara langsung kepada pembeli.

    BalasHapus
  33. Menurut saya apabila kita ingin menentukan harga produk yg mau kita jual, pertama kita harus memperhatikan biaya produksi, pasokan persediaan, dan harga pesaing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya mengenai harga pesaing, bukan harga pesaing saja yang menentukan. Terkadang barang-barang utama lainnya dalam negeri seperti barang yang tidak ada penggantinya contoh bensin. Apabila harganya meningkat pasaran barang-barang lain juga akan meningkat, sehingga kembali ke penurunan permintaan akan barang tersebut.

      Hapus
    2. saya juga setuju dengan kalian bahwa untuk menentukan harga produk kita harus memperhatikan biaya produksi. Jangan sampai apa biaya produksi lebih mahal jika dibandingkan dengan harga karena bisa bisa kita tidak untung malah buntung. Selain itu, yang tidak kalah penting yaitu kita harus melihat harga pesaing di pasaran supaya produk kita mampu bersaing dan diminati oleh masyarakat (tidak kemahalan).

      Hapus
    3. Benar sekali jika kita harus memperhatikan 3 hal tersebut. Karena tidak mungkin jika kita menjual barang tanpa mengetahui 3 hal tadi, karena dari kita mengetahui biaya produksi,pasokan persediaan dan harga pesaing yang ada,maka kita dapat mengetahui berapa harga yang harus kita beri nantinya.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat anda. Karena tanpa adanya perhatian terhadap biaya produksi,persediaan pasokan dan harga pesaing maka kita tidak dapat mengetahui rugi atau untungnya kita nanti kedepannya. Karena dari situ kita dapat mempertimbangkan dan memberi harga yang pas saat di jual ke pasaran.

      Hapus
  34. Menurut saya dari bab ini kita juga bisa mengetahui cara kebijakan diskon seperti apa yang dapat diimplementasikan jadi, ketika suatu perusahaan ingin membuat diskon pada suatu produknya tidak memberikan dampak kerugian pada perusahaan.

    BalasHapus
  35. menurut saya tipe-tipe konsumen cukup menarik karena setiap manusia memiliki kriteria yang berbeda, dengan belajar nya bab ini kita dapat mengetahui kriteria2 manusia secara umum... dengan mengetahui kriteria setiap orang berarti secara otomatis kesukaan seseorang pasti berbeda2 sehingga kita juga mendapatkan manfaat dari belajarnya Bagaimana membuat produk berbeda dengan pesaing di bab ini.

    BalasHapus
  36. Menurut saya bab ini sangat menarik karena membahas tentang bagaimana kita dapat menciptakan suatu produk dan produk tersebut harus berbeda dengan pesaing. sehingga kita dapat mengetahui cara untuk mendistibusikan dan mempromosikan produk tersebut.

    BalasHapus
  37. Menurut saya, bab ini terasa mengasyikan karna yang dibahas adalah mengenai pemasaran yang berkait dengan kebutuhan konsumen. Untuk menghadapi konsumen yang bervarian, membutuhkan strategi dan ide yang kreatif dan inovatif pula. Hal ini agar produk kita tak terasa monoton. Tak cukup disitu, strategi dalam mempromosikan produk tak kala penting. Strategi dalam penentuan harga, distribusi dan promosi barang haruslah kreatif dan inovatif. Jadi, bab ini begitu penting bagi setiap individu yang belajar bisnis

    BalasHapus
  38. Dari bab ini kita dapat mempelajari banyak hal yang sangat menarik produksi dan pemasaran. Dimana kita diajarkan, berhadapan langsung dengan konsumen. Lalu bagaimana kita mempertahankan produk yang kita buat agar tetap laku dipasaran dan mengalahkan para pesaing dan juga membuat produk baru yang inovatif dari yang sebelumnya dan dari para pesaing. Selain itu,kita juga diajarkan membuat kebijakan diskon yang layak untuk diberikan kepada pelanggan dengan mempertimbangkan pengorbanan yang kita keluarkan. Serta kita juga tahu bagaimana cara memasarkan barang atau produk kita secara bervariasi agar konsumen dapat tertarik dengan produk kita.

    BalasHapus
  39. dalam bab ini kita banyak mempelajari hal=hal yg berhubungan dengan pendistribusian barang,maka bab ini sangat berguna sekali untuk dipelajari agar kita tahu bagaiman suatu produk itu dipasarkan oleh suatu perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Dengan begitu kita bisa mengetahui juga bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan baik, bagaimana cara membuat konsumen tertarik dan membeli produk tersebut.

      Hapus
  40. Menurut saya ketiga bab ini saling berkesinambungan. Karena setiap produk yang disediakan oleh perusahaan harus direncanakan dulu harganya. Dengan cara memperhitungkan biaya produksi, persediaan, dan harga pesaing. Setelah itu, Disini juga diajarkan tentang bagaimana cara memasarkan produk perusahaan agar konsumen mengetahui dan tertarik akan produk perusahaan.

    BalasHapus
  41. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari untuk dipelajari karena kita di ajarkan bagaimana konsep dan stratergi untuk menciptakan produk dari awal hingga ke distribusi dan promosi. Sehingga keputusan yang di ambil haruslah sangat bijaksana karena dapat mempengaruhi permintaan dan pendapatan produk tersebut.

    BalasHapus
  42. hal yang menarik dari bab2 ini adalah bagaiamana menghasilkan produk yang benar dan menarik hati konsumen serta berkualitas dan juga pastinya berguna bagi konsumen
    serta penentuan produk yang dapat bersaing dengan produk lain.proses pendistribusian jjuga merupakan bagian penting yang penting dan perlu dipelajari dari bab ini,distribusi bukan hanya bgaimana caranya dan aplikasinya tetapi peranan dari pendistribusi itu sendiri harus mampu melihat situasi pasar serta promosi-promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi yang dilakukan berupa iklan haruslah bertanggungjawab dan tidak menyesatkan konsumen maka itu akan menghasilkan hasil yang jauh lebih baik yakni kepercayaan konsumen sehingga konsumen menjadi setia dengan produk kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Sherlyna kiik lau.. Kepercayaan pembeli sagatlah berarti bagi suatu perusahaan dimana ketika sekali saja perusahaan tersebut mengecewakan konsumen, maka konsumen akan enggan untuk mengonumsi kembali produk dari perusahaan tersebut. Jadi sebaiknya perusahaan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya dan membuat konsumen nyaman akan pelayanan perusahaan tersebut. Dengan demikian suatu perusahaan akan dapat dipercaya oleh banyak konsumen dan akan menjadi bahan pembicaraan yang baik dari konsumen yang satu ke konsumen yang lain sehingga semakin banyak konsumen yang tertarik untuk menikmati produk maupun pelayanan dari perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. Tidak hanya itu saja andrei, setelah melakukan tindak lanjut dari hal yang mengecewakan konsumen tidak hanya sekali saja, tapi berkelanjutan sehingga konsumen tersebut merasa tidak ada yang lebih baik dari kita sebagai produsen. Sehingga konsumenpun dengan sendirinya akan meningkat karena pelayanan yang baik tersebut

      Hapus
  43. menurut saya dalam bab ini yang sangat menarik adalah menciptakan suatu produk baru. Karena membuat produk baru dapat memberikan nilai tersendiri bagi konsumen. Dalam membuat produk baru, tetap melihat dari sudut pandang tren zaman sekarang, kebutuhan konsumen, daya beli konsumen,dll. Itu semua mempengaruhi produk baru perusahaan dapat diterima oleh masyarakat atau tidak.

    BalasHapus
  44. Menurut saya, pembahasan kali ini cukup menarik. Karena, kita akan berhubungan langsung dg bagian produksi dan pemasaran, dan kita jg dihadapkan pada selera konsumen yg berbeda dari waktu ke waktu. Kita dituntut utk memberikan satu inovasi terbaru apabila ingin mengeluarkan produk terbaru. Harga disetiap produknya pun jg harus diperhatikan. Kita jg diajarkan bagaimana cara mempertahankan produk kita dipasaran. Baik dr segi produksi maupun pendistribusiannya. Karena, persaingan di pasaran akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan gaya hidup yg berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam bab ini kita diajarin tentang bagaimna kita berhadapan langsung dengan konsumen kemudia bagaimna caranya mempertahankan produk kita agar disenangin oleh masyarakat ke depannya.

      Hapus
  45. Bab ini menarik, kita dapat membuat produksi baru dengan cara melihat bagaimana kelemahan pesaing, kita membuat produksi baru harus berbeda dengan yang lain dan harus dapat menarik pelanggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga setuju dengan anda, dalam suatu bisnis tentunya kita harus melihat kelemahan-kelemahan pada pesaing kita sehingga kita bisa membuat produk yang lebih baik dan laku dipasaran. selaiin itu kita harus terus berinovasi dan berfikir kreatif untuk membuat barang yang lebih diminati oleh masyarakat di pasaran sehingga perusahaan kita lebih unggul daripada perusahan-perusahaan lainnya.
      thx

      Hapus
  46. menurut saya ini sangatlah menarik, karena berkait dengan apa yang akan kita jual. Setelah kita menentukan produk apa yang akan kita jual, kita perlu membuat dan menentukan harga produk agar dapat diterima oleh masyarakat dan tak kalah bersaing harga dengan produk lain. Setelah itu kita harus pintar dalam pendistribusian produk, bagaimana produk yang kita buat dapat sampai ke masyarakat dengan akses yang mudah. Lalu, setelah mendistribusikan ke masyarakat,kita harus mempromosikan produk kita kepada masyarakat, agar mereka tertarik terhadap produk kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bab ini menjelaskan cara medistribusikan dan mempromosikan barang dengan baik. Menurut saya, dalam mempromosikan ataupun mendistribusikan suatu barang adalah suatu hal yang tidak mudah karena kita harus pintar mempromosikan barang yang ada dalam bisnis kita dengan strategi khusus yang membuat custumer percaya dan membeli produk yang kita tawarkan kepada mereka .

      Hapus
    2. Dalam bab ini menjelaskan cara medistribusikan dan mempromosikan barang dengan baik. saya berpendapat bahwa mempromosika suatu produk sangatlah susah, karena kita harus memiliki kemampuan, skil dan keahlian tersendiri agar membuat konsumen tertarik dengan produk tersebut.

      Hapus
  47. Dalam menentukan keberhasilan dari suatu produk, dibutuhkan perencanaan strategi salah satunya adalah melalui Bauran Pemasaran ( 4P : Product, Price, Place, Promotion ) dalam perencanaan 4P ini akan sangat membantu produsen dalam menentukan hal apa saja yang diperlukan, dari produk apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, berapa harga yang dapat dipatok agarr harga tersebut sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan, dimana tempat yang sesuai unutuk produksi maupun memasarkan produk tersebut dan juga strategi iklan atau promosi yang seperti apa yang harus dipakai unutuk memasarkan produk kita.agar dapat meningkatkan penjualan dan hal ini juga dapat meningkatkan laba yang diperoleh perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lidia, Saya setuju dengan pendapat anda. Konsep strategi pemasaran 4P ini bermula dari proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia. Ketika seseorang telah berhasil memenuhi kebutuhannya maka ia akan berusaha memenuhi keinginannya juga. Oleh karena itu,sbg pemasar sebaiknya memiliki pengetahuan mengenai konsep dan prinsip pemasaran sehingga kegiatan pemasaran dpt memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Kegiatan pemasaran yg berhasil tidak hanya menguntungkan konsumen saja tetapi juga menguntungkan perusahaan.

      Hapus
  48. saya setuju dengan lidia, karena dalam menentukan keberhasilan dari suatu produk, dibutuhkan perencanaan strategi. misalnya dalam menentukan harga dan kuantitas suatu barang. kemudian ada berbagai cara mempromosikan suatu produk, misalnya dengan cara membuat iklan.

    BalasHapus
  49. Menurut saya penciptaan suatu produk dikatakan berhasil apabila laku keras di pasaran. Permintaan terhadap barang tersebut sangat tinggi. Setelah laku keras pendistribusian produk tersebut akan sangat lancer karena permintaan yang tinggi itu tadi. Tetapi semua itu belum terpenuhi jika faktor promosi belum terpenuhi. Karena melalui promosi barang tersebut juga mempengaruhi permintaan akan produk tersebut. Promosi juga merupakan media informasi konsumen / masyarakat untuk mengetahui produk tersebut.
    Samuel Gustaf P. / 3203013038 / A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapatmu, Samuel. Permintaan thd suatu produk berawal dr sebuah kebutuhan dan keinginan manusia. Sbg pemasar yg memasarkan suatu produk sebaiknya memiliki strategi pemasaran sehingga kegiatan pemasaran dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta menguntungkan perusahaan. Kegiatan promosi adalah hal yg penting, krn melalui kegiatan promosilah, pemasar dapat mengenalkan keunggulan produknya kpd masyarakat. Ketika produk telah dikenal dgn keunggulannya maka tentu akan mengakibatkan permintaan atas produk yg dipasarkan.

      Hapus
  50. Saya setuju dengan pendapat anda, suatu perusahaan harus dapat menentukan nilai produknya melalui tahap menetukan harga produk. Perusahaan tidak hanya membandingkan harga dengan pesaing, namun harus memperhatikan pangsa pasar, harga pokok produk, dan kualitas barang. Harga barang yang memiliki kualitas tinggi tentu tidak bisa dibandingkan dengan harga barang yang memiliki kualitas rendah. Perusahaan juga harus dapat menentukan metode dan alat transportasi yang tepat untuk pendistribusian produk. Distribusi harus menjamin kualitas produk tidak menurun dan ketepatan waktu. Selain itu, promosi yang efektif dan tepat akan membantu meningkatkan penjualan.

    BalasHapus
  51. saya setuju dengan pendapat anda, karena setiap perusahaan harus memiliki harga pokok yang sesuai di pasaran dan memili strategi yang berbeda terhadap perusahaan yang lain.

    BalasHapus