SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 20 Oktober 2013

Menyusun Struktur Organisasi (Bahan Diskusi VII Pengantar Bisnis)

Tujuan bab ini adalah menjelaskan:

  1. Tipe struktur organisasi yang dapat digunakan dalam organisasi bisnis
  2. Bagaimana dapat memastikan akuntabilitas struktur organisasi yang digunakan
  3. Sejauhmana proses pengambilan keputusan yang tersentralisasi dapat digunakan
  4. Bagaimana mengembangkan suatu struktur organisasi formal yang efektif
  5. Bagaimana tugas/pekerjaan dalam organisasi dapat didepartementalisasi

Bahan Diskusi:

Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat  Berdiskusi ……

124 komentar:

  1. menurut saya mempelajari bab ini sangat penting karena dengan memahami struktur organisasi kita dapat memanfaatkan karyawan - karyawan secara efisien yg menghemat biaya sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yg dapat diperoleh. selain itu kita juga dapat mempelajari bagaimana memastikan bagaimana para karyawan dan manajernya dapat bertanggung jawab yaitu dengan menerapkan pengawasan dan akuntabilitas yang baik. Dan kita juga dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan keunggulan karyawan dalam memberi masukan yang dibutuhkan perusahaan antara lain dengan organisasi matrix, intrapreneurship ataupun struktur organisasi informal. Dan berikutnya untuk memaksimalkan fokus kerja para karyawan kita dapat mempelajari metode -metode departementalisasi dalam bab ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan anda, Dalam Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian/posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan bersama. Dalam perkembangan organisasi pasti akan menghadapi berbagai tantangan dalam organisasi itu sendiri berupa penggabungan usaha, penciutan usaha, pengembangan usaha atau struktur organisasi yang ada saat ini justru bermasalah. Situasi ini akan memberi dampak terhadap kinerja organisasi yang disebabkan oleh ketidakjelasan tugas, wewenang dan tanggung jawab serta struktur yang ada malah tidak efisien hingga terlalu banyak hirarki dalam organisasi.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda. Untuk memanfaatkan kinerja karyawan secara efisien kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan karyawan kita, sehingga kita dapat memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan karyawan masing-masing. Tanggung jawab juga sangat penting dalam perusahaan, jika dapat dijaga dengan baik maka kualitas kerja perusahaan kita akan terjaga.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda, tingkatan-tingkatan dalam struktur organisasi sebuah perusahaan menentukan tugas dan tanggung jawab yang dipikul oleh karyawan. Untuk mencapai dan mempertahankan kinerja perusahaan yang baik, perusahaan harus melakukan pengawasan akuntabilitas atau evaluasi kinerja karyawan secara rutin. Merupakan tugas seorang manajer untuk mengevaluasi karyawan yang dibawahinya. Selain dengan menggunakan langkah evaluasi, sebuah perusahaan dapat mempertahankan kinerja perusahaan dan bahkan meningkatkannya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti seminar motivasi, mengingat bahwa karyawan memiliki andil besar sebagai stakeholder.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat teman, bahwa untuk memanfaatkan kinerja karyawan secara efisien dan menghemat biaya dibutuhkan struktur organisasi yang baik agar kita dapat memberikan tugas kepada karyawan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing karyawan sehingga kinerja karyawan bisa optimal.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat teman-teman sekalian. Dalam bab ini kita belajar mengenai pentingnya sebuah struktur organisasi yang jelas. Sehingga semua dapat tersusun rapi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Selain itu dengan adanya struktur organisasi kita juga dapat lebih mengerti bahwa seluruh tugas itu mempunyai hubungan ketergantungan antara 1 dengan yang lain.

      Hapus
    6. Menurut saya struktur organisasi sangatlah penting dalam sebuah perusahaan . Hal ini dikarenakan perusahaan membutuhkan tingkatan-tingkatan dari maneger sampai pada karyawan yang bekerja sama dalam membangun perusahaan tersebut . Selain itu dengan adanya struktur organisasi ini, sangat membantu karyawan untuk mengetahui apa saja yang perlu dikerjakan dalam sebuah organisasi dan karyawan juga harus memungkinkan lebih banyak masukan dalam pekerjaannya . manager juga bertanggung jawab untuk menerapkan pengawasan dan akuntabilitas.

      Hapus
    7. Menurut saya struktur organisasi sangatlah penting dalam sebuah perusahaan karna perusahaan membutuhkan tingkatan-tingkatan dari manager dalam perusahaan tersebut ,Untuk mencapai dan mempertahankan kinerja perusahaan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti seminar motivasi.

      Hapus
    8. saya sangat setuju dengan pendapat teman. Dalam bab ini membahas organisasi dalam perusahaan. Itu sangat betul sekali kalau suatu perusahaan harus memiliki struktur organisasi dalam perusahaan. Dengan adanya organisasi maka akan mendapatkan karyawan-karyawan yang efisien sehingga karyawan-karyawan dapat bertanggung jawab dengan pekerjaan dan bekerja sesuai dengan tugas mereka masing-masing. Sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik,maju,dan jaya.

      Hapus
    9. Ya... saya setuju
      Mempelajari bab ini memang bnyk manfaatnya karena di setiap perusahaan itu masing2 harus bergerak di bidangnya , dan tidak boleh mncampuri urusan yg melenceng dari bidangnya tsb. Mengingat bahwa manusia itu memiliki karakter2 tersendiri , maka pasti setiap manusia memiliki keahlian dan kekurangan masing2 , untuk itulah kita hrs memplajari bab ini untuk bisa tahu bagaimana caranya menghadapi berbagai perbedaan2 tsb dgn jalan mnjembatani dan menyatukan keahlian dari masing2 org untuk meraih kesjahtraan dlm perusahaan

      Hapus
    10. saya setuju dengan pendapat teman-teman, struktur organisasi sangat dibutuhkan dalam membangun perusahaan agar mempunyai kinerja baik dan mempunyai karyawan yang bekerja dengan efisien sesuai dengan keahlian mereka yang ada. organisasi sangat penting dan berpengaruh besar terhadap efisien kinerja karyawan.

      Hapus
    11. saya setuju dengan pendapat anda, dalam membahas struktur organisasi dalam perusahaan sangat penting untuk membutuhkan sebuah manfaat kinerja karyawan agar bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya secara efisien dengan kemampuan mereka yang ada. Sehingga sebuah perusahaan dapat berkembang menjadi maju secara optimal dan sukses.

      Hapus
    12. saya setuju karena dalam bab ini kita akan mengetahui apa sebenar nya organisasi itu dan untuk apa dia didirikan, tujuan nya jelas dan manfaat nya dapat di manfaat kan oleh orang orang yang mendirikan organisasi tersebut

      Hapus
    13. saya setuju dengan pendapat kalian. Karena dengan mempelajari struktur organisasi dalam suatu perusahaan kita akan lebih mengerti bagaimana satu komponen organisasi pada suatu perusahaan berkaitan dengan komponen yang lain dan saling melengkapi serta tanggung jawab dari organisasi-organisasi tersebut

      Hapus
    14. saya sangat setuju dengan pendapat anda, dengan mempelajari struktur organisasi kita dapat mengidentifikasi tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi jabatan tersebut, juga mempengaruhi efisiensi sehingga pada akhirnya akan memengaruhi nilai perusahaan.

      Hapus
    15. Saya setuju,karena dalam perusahaan harus ada tingkatan –tingkatan jabatan dalam peusahaan .tetapi kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di perusahan tersebut, agar kita bisa meletakkan sebagai jabatan yang sesuai.agar perusahaan bisa memberikan tugas kepada karyawaan yang sesuai.sehingga kerja karyawan bisa menjadi optimal.

      Hapus
    16. Saya berpendapat dengan kalian semua. Materi ini memang sangat penting untuk suatu perusahaan memahami pentingnya struktur organisasi. Agar susunan dan rencana perusahaan dapat berjalan lancar dan masing-masing karyawan tahu tuga dan tanggungjawab mereka terhadap perusahaan

      Hapus
    17. Saya setuju. Setiap perusahaan sebaiknya memiliki rencana strategis yang akan mengidentifikasikan arah bisnis di masa mendatang. Tanggung jawab para manajer perusahaan sebaiknya diorganisasikan untuk mencapai rencana strategis tersebut. Setiap perusahaan membuat suatu struktur organisasi yang akan mengidentifikasikan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi-posisi tersebut.

      Hapus
    18. Saya setuju dengan anda. Suatu struktur organisasi mengidentifikasikan tanggung jawab bagi masing-masing posisi jabatan dan hubungan diantara posisi-posisi tersebut. Perusahaan ingin menyusun suatu struktur organisasi yang akan memastikan bahwa seluruh karyawannya berada pada posisi dimana mereka dapat dipandu dan diawasi dengan baik oleh seseorang di atas mereka agar dapat melakukan pekerjaan secara efisien. Jika beberapa posisi jabatan tidak berada di bawah supervisi dari posisi lain, posisi-posisi tersebut mungkin tidak memberikan cukup kontribusi.

      Hapus
    19. Saya setuju karena dengan memiliki sturuktur organisasi kita dapat membagi kerja sesaui dengan bagian dan keahlian masing-masing anggota dan juga pertanggung jawaban yang baik

      Hapus
  2. Saya juga setuju, karena setiap perusahaan memiliki struktur organisasi yang berbeda-beda, sehingga tiap perusahaan harus memiliki rencana strategis untuk masa depan perusahaannya. Sebuah perusahaan yang berhasil mencapai akuntabilitas dalam struktur organisasi dapat dilihat melalui dewan direksi, auditor internal, dan proses pengendalian internal. Bab ini membahas secara detail mengenai hal-hal tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat anda. dalam mengelola bisnis kita harus memiliki strategi tersendiri dalam mengatur rutinitas kerja bisnis kita. Disamping itu kita juga harus secara detail dan tanggung jawab dalam mengawasi pruduk barang yang akan kita kelola . Karena setiap pruduk terkadang memiliki kecacatan yang terkadang kita tidak sadar dalam mengelolanya. Oleh karena itu kita harus memiliki strategi khusus dalam mengatur bisnis yang kita lakukan/kita kerjakan setiap harinya agar bisnis kita dipercaya banyak orang dan kita dapat memiliki banyak customer.

      Hapus
    2. menanggapi pendapat windy, menurut saya dalam bab ini kita akan mempelajari struktur dalam organisasi. Yaitu bagaimana cara mengatur perusahaan secara efisien dengan memaksimalkan kinerja perusahaan sehingga dapat menekan bebab bukan "strategi agar bisnis kita dipercaya orang dan kita memiliki banyak custumer" seperti pendapat diatas.

      Hapus
    3. karena dengn struktur organisasi maka pembagian ada yang lebih spesifik lagi,dengan spesifik maka kerja juga lebih optimal

      Hapus
    4. Menurut pendapat saya bahwa dalam menyusun struktur organisasi harus memperhatikan tipe struktur dan akuntabilitas dalam suatu organisasi bisnis serta proses pengambilan keputusan secara bijak yang dapat di gunakan, dan mengembangkan struktur organisasi se-efisien dan efektif mungkin .

      Hapus
    5. Selain itu, struktur organisasi dapat mengalokasikan karyawan ke berbagai pekerjaan sehingga terjadi pengeluaran perusahaan. Lalu karyawan bekerja dan menghasilkan laba perusahaan yang berakhir pada nilai perusahaan tersebut. Struktur organisasi yang dipilih harus ideal dengan perusahaan sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara maksimal.

      Hapus
    6. saya sangat setuju degan pendapat teman- teman dalam bab ini juga kita mengetahui struktur organisasi dapat bervariasi diantara masing - masing perusahaan yaitu menurut rentang kendali, ketinggian organisasi dan penggunaan posisi lini.

      Hapus
  3. Menurut saya mempelajari struktur organisasi ini menarik. Terutama dalam mengidentifikasi tanggung jawab dari masing-masing posisi jabatan dalam perusahaan dan hubungan di antara posisi-posisi tersebut sehingga struktur tersebut dapat diketahui oleh karyawan. Dan dapat memastikan akuntabilitas dari seluruh tingkatan termasuk manager-manager tingkat atas. Terdapat juga variasi tingkat pendistribusian wewenang diantara masing-masing perusahaan, baik yang tersentralisasi dan desentralisasi. Serta dapat mengidentifikasi metode-metode untuk departementalisasi, yaitu menurut fungsi, produk, lokasi, dan pelanggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. dengan adanya variasi tingkat pendistribusian wewenang di antara masing-masing perusahaan, kita bisa menentukan tipe pendistribusian yang mana yang akan kita pilih untuk perusahaan kita. dengan memilih tipe pendistribusian secara tersentralisasi, wewenang sebagian besar diberikan kepada manajer-manajer tingkat atas. sedangkan untuk tipe pendistribusian secara terdesentralisasi, wewenang disebarkan di antara beberapa divisi atau manajer.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Olivia dan Stephanie. Suatu perusahaan harus menentukan bagaimana mereka akan mendistribusikan wewenang untuk mengambil keputusan. Ada 2 jenis pendistribusian wewenang, yaitu sentralisasi (wewenang utk mengambil keputusan dimiliki oleh manajemen tingkat atas saja sementara manajemen menengah dan supervisor hanya melakukan tugas sehari-hari) dan desentralisasi ( wewenang untuk mengambil keputusan disebar di antara beberapa divisi atau manajer). Masing-masing tipe pendistribusian wewenang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, perusahaan harus memilih tipe mana yang paling tepat menurut kondisi dalam perusahaan tersebut.

      Hapus
    3. ya saya setuju dengan pendapat angeline yang perusahaan harus memilih tipe pendistribusian wewenang menurut kondisi perusahaan, karena dengan menggunakan jumlah karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan, kita dapat menghemat penggunaan karyawan yang tidak terlalu dibutuhkan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat Olivia,dengan adanya pendistribusian wewenang maka akan membuat kerja dalam sebuah perusahaan akan lebih cepat,efisien,dan mempunyai tujuan yang jelas. Dan hal ini sangat penting karena jikalau suatu perusahaan tidak melakukan sistem pendistribisian wewenang, maka perusahaan tersebut akan kacau. kerena karyawan/pegawai tidak mengetahui apa yang akan mereka kerjakan dan apa yang menjadi tanggung jawabnya akibantnya kerja jadi kurang efisien dan kacau

      Hapus
  4. Menurut saya, kita sangat perlu mempelajari bab ini dan bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Disini saya akan menjelaskan tentang akuntabilitas dalam suatu struktur organisasi. Perusahaan perlu untuk memastikan bahwa para karyawan dan manajernya telah bertanggung jawab (accountable). Salah satu tugas penting dari seorang manajer perusahaan adalah mengevaluasi karyawan dan membuat mereka bertanggung jawab dalam memenuhi tanggung jawab mereka. Manajer tingkat atas di perusahaan, termasuk CEO dan wakil presiden dianggap bertanggung jawab atas kinerja perusahaan secara umum. Manajer-manajer tingkat atas ini juga membuat banyak pengambilan keputusan penting yang berhubungan dengan lini produksi, proses produksi, sistem kompensasi, pemasaran, dan pendanaan perusahaan. Mereka cenderung mendapatkan imbalan yang besar ketika perusahaan memberikan kinerja yang baik, namun mereka juga harus bertanggung jawab jika perusahaan menghadapi masalah-masalah yang serius.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari stella,karena dengan mempelajari bab ini,kita dapat mengetahui suatu tugas dari seorang manajer dalam suatu perusahaan,sehingga nanti jika kita membuka suatu perusahaan atau menjadi seorang manajer kita dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab kita dengan baik.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat pasangan ini, dalam setiap perusahaan pasti terdapat manager yang mempunyai tugas untuk menjalankan perusahaan tersebut. Maju atau tidaknya sebuah perusahaan tergantung oleh keputusan yang diambil olah seorang manager. Maka dari itu, dari bab ini kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan oleh setiap manager yang memimpin suatu perusahaan. Baik itu tugas-tugas yang harus dilakukan serta resiko dan tanggung jawab dari setiap keputusan yang diambilnya.

      Hapus
  5. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena dalam sebuah perusahaan harus memiliki struktur organisasi baik dari tingkat yang tinggi hingga tingkat yang paling rendah. Supaya pimpinan perusahaan bisa mengevaluasi setiap karyawan berdasarkan tanggung jawab masing-masing yang sesuai dengan jabatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, suatu perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang baik. Dan untuk menentukan struktur organisasi manakah yang paling tepat untuk suatu perusahaan, tergantung pada karakteristik perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, jika karakteristik perusahaannya tidak membutuhkan rentang kendali yang luas, maka kita tidak perlu memaksakan struktur organisasi yang mempunyai rentang kendali yang luas. Dengan demikian, efisiensi dan akuntabilitas perusahaan dapat tercapai dengan baik.

      Hapus
    2. setuju dengan gabby ,untuk tambahan setiap struktur pny wewenangnya sendiri,dan aturan yang mengatur pekerja dan oleh karena itu kekuasaan menentukan jalannya struktur tersebut

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan anda pembahasan struktur organisasi kita dapat memahami pembagian tanggung jawab pada setiap bidang dalam perusahaan. Dan dapat memanfaatkan karyawan-karyawan secara lebih efektif dan efisien untuk mencapai hasil maksimal diperusahaan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat teman sekalian karna dalam membahas suatu struktur organisasi harus mempunyai pemikiran yang cukup matang karana harus mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam menjalani sturktur organisasi tersebut. dan harus bisa mempunyai pengalaman untuk membingbing karaywan yang bekerja untuk perusahaan tersebut agar bisa mengatur setiap organisasi yang sedang di jalankan dan setiap pelaksanaan yang di buat harus sebetul-betulnya untuk perusahaan yang di jalani karna setiap perusahaan butuh orang-orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan bisa mengasilkan sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

      Hapus
  6. NRP : 3103013255

    Menurut saya bab ini menarik untuk dibahas. karena didalam suatu organisasi/perusahaan sebaiknya memiliki rencana strategis yang mengidentifikasikan arah bisnis dimasa yang akan datang. dalam hal ini, keputusan struktur organisasi akan menentukan berapa banyak lapisan manajemen yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Dan semua bisnis harus mengambil keputusan yang ada, guna menentukan keputusan yang paling tepat untuk perusahaannya.
    Karena cara perusahaan memutuskan departementasisasinya akan mempengaruhi jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan dan akibatnya akan mengurangi biaya. Dengan adanya struktur organisasi, akan mengalokasikan karyawan keberbagai pekerjaan dan juga bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran. Dengan begitu perusahaan akan mengalami laba dan perusahaan memiliki nilai yang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Yolanda Nataline.
      Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa departementalisasi (memberikan pekerjaan dan tanggung jawab ke berbagai departemen yang berbeda) sangat penting.

      Cara departementalisasi yang terbaik untuk suatu perusahaan tergantung pada karakteristik perusahaan tersebut.

      Dengan menggunakan metode yang efisien dapat meminimaliskan pengeluaran dan memaksimalkan nilai perusahaan.

      Metode departementalisasi ada 4 yaitu: fungsi(berdasarkan fungsi karyawan),
      produk(berdasarkan produk yang dihasilkan),
      lokasi(pekerjaan dikonsentrasikan pada satu divisi khusus untuk melayani wilayah tertentu),
      pelanggan(berdasarkan jenis pelanggan).

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
  7. Menurut saya dalam bab ini dijelaskan bahwa suatu perusahaan harus membentuk struktur organisasi yang akan mengidentifikasaikan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dan hubungan yang ada di antara posisi-posisi perusahaan tersebut dan dapat mengidentifikasi efesiensi dari bagaimana perusahaan menghasilkan produknya sehingga mempengaruhi nilai perusahaan. Selain itu bab ini juga menjelaskan variasi sturktur organisasi pada suatu perusahaan seperti Rentang Kendali ,Ketinggian Organisasional, dan Posisi Lini Versus Posisi Staf.


    TERIMA KASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar apa yang dikatakan saudari Lany. Tetapi, yang terpenting dalam membangun struktur suatu organisasi adalah kerampingan organisasionalnya. Janganlah kita membuat struktur organisasi yang gemuk, yang akan mengakibatkan perusahaan menjadi tidak lincah dan lama di dalam mengambil suatu keputusan. Sehingga perusahaan kita kalah cepat jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing. Oleh karena itu, buatlah suatu struktur organisasi yang ketinggian organisasionalnya tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, efisiensi dan kecepatan di dalam mengambil suatu keputusan dapat tercapai.

      Hapus
  8. Menurut saya bab ini sangat menarik karena setiap perusahaan sebaiknya memiliki rencana strategis yang akan mengidentifikasikan arah bisnis dimasa mendatang, setiap perusahaan membuat suatu struktur organisasi yang akan mengidentifikansikan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi-posisi tersebut, struktur organisasi juga memengaruhi efesiensi dari bagaimana perusahaan menghasilkan produknya sehingga pada akhirnya memengaruhi nilai perusahaan. Sebuaah perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari seringnya menerima umpan balik dari para karyawannya sehubungan dengan kondisi kerja,gaji, atau bahkan inovasi-inovasi produk, meskipun begitu struktur organisasi kemungkinan tidak akan selalu dapat mendorong banyak diterimanya umpan balik dari karyawan, untuk mendapatkan umpan balik karyawan, perusahaan dapat menerapkan organisasi matriks,intrapreneurahip,dan struktur organisasi informal.

    BalasHapus
  9. menurut saya dalam bab ini kita bisa tahu banyak mengembangkan suatu struktur organisasi formal yang efektif karena dalam perusahaan struktur organisasi itu sangat penting. Apabila suatu perusahaan tidak memiliki struktur organisasi yang baik, maka sistem perusahaan tsb tidak bisa berjalan dengan baik yang akhirnya dapat membebankan perusahaan yang sangat besar sehingga terjadi banyak kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan.

    BalasHapus
  10. menurutt saya mempelajari bab ini sangat penting . karena dalam suatu organisasi hendaklah memiliki susunan organisasi sehingga semua pekerjaan dapatberjalan dengan efisien mungkin . selain itu, dengan adanya susunan organisasi dapatmenilai tanggung jawab seseorang terhadap yang dikerjakannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju karena organisasi yang disusun pada perusahaan akan memberikan tanggung jawab yang berbeda sesuai jabatannya sehingga kita lebih mudah mengevaluasi dan mengambil keputusan sesuai tanggung jawab kita

      Hapus
    2. Struktur organisasi yang baik bukan hanya ditujukan agar perusahaan dapat menilai tanggung jawab karyawan terhadap apa yang dikerjakannya. Tetapi, lebih dititikberatkan pada rantai komando yang harus dijalankan secara baik. Sehingga, pihak atasan dapat memberikan komando/arahan kepada bawahannya, serta dapat mengontrol apakah komandonya sudah dijalankan sesuai dengan apa yang telah diperintahkan. Sebaliknya, para bawahan dapat memberikan masukan-masukan yang berguna bagi perusahaan dan juga bertanggungjawab terhadap hasil kerjanya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh atasannya. Jika hal ini dapat dijalankan, maka kemajuan/efisiensi perusahaan dapat tercapai.

      Hapus
  11. menurut saya yang dapat di pelajari dalam bab ini adalah kita dapat mengetahui hal apa saja yang perlu di miliki oleh para pembisnis. yaitu adanya skill dari pembisnis itu sendiri. dengan memiliki skill pembisnis dapat mengembangkan dan mengetahui hal apa saja yang di perlukan dalam bisnisnya dan apa saja yang perlu di lakukan dalam mengeorgansasikan para pegawai dan kariyawan agar dapat ikut serta dalam mengembangkan usahanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju ,bahwa dalam pembisnis harus memiliki skill , karena bisa membuat bisnis bisa berkembang dan dengan skill kita bisa membuat perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya. Misalnya cara mengelola dalam bisnis yang benar

      Hapus
  12. Bab ini sangat penting karena dengan memahami struktur organisasi kita dapat memanfaatkan karyawan - karyawan secara efisien yang menghemat biaya sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yg dapat diperoleh. Dalam Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian atau posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan bersama. Masing-masing tipe pendistribusian wewenang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, perusahaan harus memilih tipe mana yang paling tepat menurut kondisi dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  13. Menurut pendapat saya struktur organisasi merupakan perwujudan yang menunjukkan hubungan diantara fungsi-fungsi dalam suatu organisasi serta wewenang dan tanggung jawab setiap anggota organisasi yang menjalankan masing-masing tugasnya. Pada banyak tingkat, orang-orang membentuk dan merubah peranannya sendiri dalam organisasi, mereka menciptakan, tidak memperdulikan dan merubah hubungan antara posisinya sendiri serta posisi yang lain. Selain itu, mereka dapat menerima dan menurunkan, memperluas dan menyesuaikan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun pada kenyataannya para karyawan di banyak perusahaan sering merubah peranannya masing-masing. Tetapi, struktur organisasi adalah suatu hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Jika kita dapat menyusun struktur organisasi yang baik dan cocok untuk perusahaan kita, maka ini merupakan suatu langkah awal yang sangat baik. Dan mengenai karyawan yang sering merubah posisi/perannya, kita tinggal menerapkan suatu sistem reward and punishment. Dimana karyawan yang tidak dapat bekerja dalam suatu team work, maka dia harus diberi sanksi. Sebaliknya jika para karyawan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik , maka dia akan diberi suatu penghargaan. Dengan demikian, struktur organisasi yang telah kita bentuk dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh perusahaan.

      Hapus
  14. menurut saya bab ini mencoba menjabarkan dan menjelaskan akan penting nya mengidentifikasi kan berbagai tanggungjawab dari masing-masing posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi-posisi tersebut,yang berfungsi agar seluruh karyawannya berada pada posisi dimana mereka dapat dipandu dan diawasi dengan baik oleh seorang diatas mereka agar dapat melakukan pekerjaan secara efisien.

    BalasHapus
  15. menurut saya, bab ini mengajarkan kita cara untuk dapat mengelola dan mengembangkan suatu organisasi dengan baik, supaya organisasi tersebut dapat terus maju menjadi lebih baik. Selain itu, kita juga harus mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan organisasi tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda karena dengan mempelajari bab ini kita bisa menjadi lebih mudah mengenal dan mengerti tentang organisasi itu harus di jalankan sesuai keputusan yang telah ditetapkan oleh organisasi itu sendiri yang berpegang pada satu tujuan yang harus di capai dan bisa menguntungkan semua pihak yang terdapat dalam organisasi.

      Hapus
    2. saya setuju dengan Hans dan Marianti. Di bab ini kita bisa mempelajari cara mengelola dan mengembangkan suatu organisasi serta bagaimana suatu organisasi harus dijalankan. Selain itu di bab ini kita juga bisa mempelajari metode-metode departementalisasi pekerjaan, dimana departementalisasi pekerjaan memiliki 4 metode, yaitu: menurut fungsi, menurut produk, menurut lokasi dan menurut pelanggan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat teman-teman. Dengan mempelajari bab ini, kita semakin paham mengenai struktur pengorganisasian dalam suatu perusahaan. Keuntungan dari kita mempelajari bab ini adalah kita tahu mengenai efisiensi dan keefektifan kinerja dalam suatu perusahaan.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat teman sekalian karna dalam membahas suatu struktur organisasi harus mempunyai pemikiran yang cukup matang karana harus mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam menjalani sturktur organisasi tersebut. dan harus bisa mempunyai pengalaman untuk membingbing karaywan yang bekerja untuk perusahaan tersebut agar bisa mengatur setiap organisasi yang sedang di jalankan dan setiap pelaksanaan yang di buat harus sebetul-betulnya untuk perusahaan yang di jalani karna setiap perusahaan butuh orang-orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan bisa mengasilkan sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

      Hapus
  16. menurut saya dalam bab ini yg menarik itu Perusahaan perlu untuk memastikan bahwa para karyawan dan manajernya telah bertanggung jawab (accountable). Salah satu tugas penting dari seorang manajer perusahaan adalah mengevaluasi karyawan dan membuat mereka bertanggung jawab dalam memenuhi tanggung jawab mereka. Manajer tingkat atas di perusahaan, termasuk CEO dan wakil presiden dianggap bertanggung jawab atas kinerja perusahaan secara umum. Manajer-manajer tingkat atas ini juga membuat banyak pengambilan keputusan penting yang berhubungan dengan lini produksi, proses produksi, sistem kompensasi, pemasaran, dan pendanaan perusahaan. Mereka cenderung mendapatkan imbalan yang besar ketika perusahaan memberikan kinerja yang baik, namun mereka juga harus bertanggung jawab jika perusahaan menghadapi masalah-masalah yang serius.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang secara umum, apa yang dikatakan oleh saudara Thomas tidaklah salah. Akan tetapi, perlu saudara ketahui bahwa wewenang dalam suatu perusahaan ada yang sentralisasi dan ada yang desentralisasi. Sehingga, jika yang digunakan adalah wewenang secara desentralisasi, maka masing-masing jabatan/posisi bisa mengambil suatu keputusan sesuai dengan tingkat jabatannya. Misalnya di suatu bank, untuk mendapatkan persetujuan bagi permohonan kredit sampai dengan 500 juta rupiah hanya butuh persetujuan dari pimpinan cabang, sedangkan untuk mendapatkan persetujuan bagi permohonan kredit sampai dengan 2,5 milyar rupiah dibutuhkan persetujuan dari seorang pimpinan kanwil, dst.

      Hapus
  17. Bab ini sangat menarik, bab yang berjudul "menyusun struktur organisasi" ini menarik di pelajari supaya kita dapat menyusun struktur organisasi perusahaan kita, menempatkan jabatan pada karyawan kita, supaya mereka tahu tugas dan wewenang mereka masing- masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. menurut saya, perusahaan harus mempunyai strukturnya masing-masing supaya bisa mengidentifikasi tanggung jawab dari masing-masing posisi jabatan dalam perusahaan dan hubungan di antara posisi-posisi tersebut. terima kasih.

      Hapus
  18. Tujuan dari bab ini adalah untuk memberikan solusi bagaimana struktur organisasi yang ideal bagi bisnis nya,bagaimana perusahaan mengambil keputusan yang bersifat desentralisasi,cara perusahaan mengembangkan struktur informal yang efektif dan apa saja peranan dari dewan direksi serta pengawasan auditor internal

    BalasHapus
  19. saya masih bingung, mengapa perlu menyusun struktur organisasi??
    padahal para karyawan dapat di perintah dan di berikan tugasnya masing- masing langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kristian. Struktur organisasi sangat diperlukan demi memperlancar kelangsungan usaha dalam suatu perusahaan. Pentingnya struktur organisasi dalam pelaksanaan suatu bisnis dalam perusahaan sangat erat kaitannya dengan konsep dimana semakin besar perusahaan itu berdiri maka otomatis dalam pelaksanaan bisnis perusahaan tersebut sangat dibutuhkan lebih banyak karyawan (tenaga kerja) dan spesifikasi jenis pekerjaan. Bayangkan apabila dalam suatu perusahaan hanya memiliki 1 pemimpin dan ia harus memimpin 50 karyawan dalam usahanya. Pemimpin tersebut akan sangat kesulitan mengatur 50 karyawan dengan keahlian dan jenis pekerjaan yang berbeda-beda sekaligus. Karena hal inilah, struktur organisasi sangat perlu disusun dengan baik dan dijalankan sesuai fungsinya dalam pelaksanaan suatu bisnis dalam perusahaan.

      Hapus
    2. haii Kristian, saya juga ingin menjawab pernyataanmu sebelumnya, dengan adanya perencanaan pengorganisasian di sebuah perusahaan maka akan membantu mencapai kondisi perusahaan yang baik. Maksudnya disini yaitu perusahaan dapat menjalankan kegiatan-kegiatan perusahaan menurut pengorganisasian yg telah dibentuk. Jadi secara singkat, apabila tidak ada pengorganisasian maka kegiatan nya tidak akan efisien dan sering menimbulkan masalah-masalah yang akan menggannggu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
      Terima Kasih

      Hapus
    3. Hai, Kristian. Saya setuju dengan pendapat teman-teman sekalian. Menurut saya, penyusunan stuktur organisasi merupakan salah satu faktor penting dalam implementasi strategi agar semua aktivitas perusahaan yang diakibatkan perubahan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Struktur organisasi akan membantu mempertajam aktivitas kunci perusahaan dan memperlihatkan pola koordinasi yang diterapkan dalam menjalankan strategi. Penyusunan struktur organisasi dilakukan dengan maksud untuk membagi habis tugas pokok pencapaian tujuan perusahaan menjadi tugas pokok beberapa bagian divisi secara seimbang, serta memberikan kejelasan bagi setiap karyawannya. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh pencapaian yang efisien. Terima Kasih.

      Hapus
  20. Menurut saya bab ini sangat menarik karena sangat penting untuk mengetahui tipe struktur organisasi yang dapat digunakan,bagaimana memastikan akuntabilitas struktur,proses pengambilan keputusan yang tersentralisasi,mengembangkan organisasi serta tugas dalam organisasi dapat didepartementalisasi. Semua hal tersebut sangat berpengaruh pada jalannya organisasi bisnis.

    BalasHapus
  21. Menarik sekali mempelajari bab ini, Karena dari bab ini kita bisa mempelajari bagaimana Setiap perusahaan sebaiknya memiliki rencana strategis dimasa yang akan datang. Tanggung jawab para manajer perusahaan sebaiknya diorgannisasikan untuk mencapai rencana strategis tersebut. Setiap perusahaan membuat suatu struktur organisasi yang akan mengidentifikasikan tanggung jawab dari posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi – posisi tersebut. Struktur organisasi juga mengindikasikan bagaimana seluruh tanggung jawab akan cocok satu sama lain. Stuktur organisasi mempengaruhi efisiensi dan bagaimana perusahaan menghasilkan produknya sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda , kita bisa mempelajari struktur organisasi yang ada dan menerapkan nya bila kita mungkin ke depan nya ingin membuka usaha sendiri.

      Hapus
  22. menyusun organisasi itu sangat penting agar bisa membantu bisnis lebih cepat dan semakin mempengarui keuntungan perusahaan

    BalasHapus
  23. Sangat menarik mempelajari bab ini karena melalui bab ini saya dapat semakin menyadari akan pentingnya suatu susunan / struktur organisasi dalam perusahaan sekaligus memahami hal-hal baru mengenai struktur organisasi secara lebih detail seperti perbedaan struktur organisasi tersentralisasi dan terdesentralisasi, metode-metode yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh masukan dari karyawan, dan juga metode-metode yang dapat digunakan untuk mendepartementalisasikan pekerjaan dalam suatu perusahaan.
    Satu hal lagi yang menurut saya sangat menarik ketika membaca bab ini adalah pengaplikasian materi akan bab ini tidak hanya dapat saya gunakan ketika saya akan membuka usaha sendiri atau di dunia kerja dikemudian hari, namun pengaplikasian bab ini dapat saya terapkan maknanya mulai dari sekarang dalam lingkup organisasi yang kerap saya jumpai.

    BalasHapus
  24. Menurut saya bab ini sangat menarik karena sangat penting untuk mengetahui tipe struktur organisasi yang dapat digunakan,bagaimana memastikan akuntabilitas struktur,proses pengambilan keputusan yang tersentralisasi,mengembangkan organisasi serta tugas dalam organisasi dapat didepartementalisasi. Semua hal tersebut sangat berpengaruh pada jalannya organisasi bisnis.

    BalasHapus
  25. Menurut saya bab ini mengajarkan bagaimana perusahaan harus memiliki keputusan yang berhubungan dengan struktur organisasi, karena struktur organisasi ini mengindentifikasikan tanggung jawab dari setiap posisi jabataan dan hubungan yang ada diantara posisi tersebut. Struktur organisasi ini akan memastikan bahwa seluruh karyawan berada pada posisi di mana mereka dapat dipandudan diawasi dengan baik sehingga mereka dapat melakukan pekerjaannya secara efisien. Jika posisi jabatan tidak berada di bawah supervisi, posisi tersebut tidak memberikan cukup kontribusibagi produksinya karena karyawannya kurang mendapat panduan yang dibutuhkan. Jadi struktur organisasi yang baik memungkinkan perusahaan memanfaatkan karyawan-karyawannya secara efisien yang kemudian memungkinkan produksi barang atau jasa dengan biaya yang relatif rendah. Struktur organisasi juga perlu memastikan akuntabilitas dan pengawasan dari seruluh tingkatan manajer-manajer tingkat atas, agar setiap karyawan dapat melakukan pekerjaannya denga baik.

    BalasHapus
  26. Di bab 7 ini menurut saya yang menarik adalah mengenai setiap pembahasan penyusunan sebuah struktur organisasi yang dapat berperan dan membantu bisnis untuk berkembang ke depannya, dengan menguasai materi ini lebih dalam kita dapat memperoleh ilmu mengenai struktur organisasi yang baik dan benar dan berguna untuk bisnis yang akan dikembangkan, selain itu ada beberapa hal yang masih saya kurang mengerti dari bab ini adalah apakah struktur itu cuma ada formal? atau ada struktur yang lain?

    BalasHapus
  27. saya tertarik dengan pembahasan di bab ini, karena di bab ini dibahas segala jenis dan tujuan struktur organisasi, dan juga variasi struktur organisasi di perusahaan. dalam pembahasan sub-bab ini, dibahas ada 3 jenis variasi struktur organisasi di perusahaan. antaera lain sebagai berikut :
    1. rentang kendalinya.
    maksud dr rentang kendalinya adalah masing-masing manajer menetukan banyak sedikitnya karyawan yang akan dipimpinnya.
    rentang kendali ini dibagi menjadi 2 bagian. rentang kendali sempit dan rentang kendali luas. rentang kendali sempit memiliki arti jika karyawan yang dipimpin oleh manajer tersebut semakin sedikit. dan sebaliknya jika manajer memimpin banyak karyawan maka sistem yang digunakan adalah rentang kendali luas.
    kasus-kasus untuk membedakan menggunakan rentang kendali sempit atau luas yaitu jika suatu perusahaan, memiliki karyawan dengan melakukan banyak pekerjaan, dan pekerjaan tersebut sama, lebih baik jika perusahaan menggunakan rentang kendali luas. contoh : suatu restoran, waiters yang tersedia ada 10 orang, dan setiap waiters memiliki pekerjaan yang sama dan banyak, sama dalam arti mengirim pesanan dan banyak berarti kapasitas pelanggan di restoran tersebut banyak, oleh sebab itu manajer harus mempertimbangkan penambahan waiters tersebut dan penambahan lebih banyak waiters maka akan disebut dengan rentang kendali luas.
    sedangkan jika di suatu perusahaan memiliki jenis pekerjaan yang bervariasi seperti suatu restoran juga membuka kursus masak. maka pemilik restoran akan mencari seorang manajer yang mampu mengurus jasa kursus masak tersebut, dan mampu mengelolanya. oleh sebab itu kasus ini disebut dengan rentang kendali sempit.
    2. ketinggian organisasional
    struktur organisasi tinggi = memiliki banyak lapisan
    struktur organisasi pendek = memiliki sedikit lapisan
    struktur organisasi tinggi biasanya dimiliki oleh rentang kendali sempit, karena disana memiliki pemegang jabatan yang tinggi pula, maka terdapat banyak lapisan pula. sedangkan berbanding terbalik dengan struktur organisasi pendek, yang dimiliki oleh rentang kendali luas, karena di rentang kendali luas semua kedudukan setiap karyawan sama, atau disebut juga rata.
    3. posisi lini versus posisi staf.
    posisi lini = diciptakan untuk mengambil keputusan untuk mecapai tujuan perusahaan yang spesifik
    posisi staf = sebagai pihak yang mendukung posisi lini.
    sebagai contoh : pemangku kepentingan di WM adalah sebagai posisi lini, sedangkan dosen dan mahasiswa merupakan posisi staf yang mendukung posisi lini tersebut.

    BalasHapus
  28. Dalam bab ini di dapati bahwa suatu perusahaan harus memiliki struktur organisasi nya sendiri-sendiri, karena struktur organisasi dalam sebuah perusahaan sangat berpengaruh dengan berjalan nya suatu perusahaan. Jika struktur organisasi dalam sebuah perusahaan sangat baik, maka perusahaan tersebut akan menjadi baik pula ke depan nya, tetapi begitu pula sebalik nya. Jadi struktur organisasi adalah bagian yang penting sekali bagi setiap perusahaan.

    BalasHapus
  29. Menurut saya bab ini menjelaskan tentang bagaimana struktur organisasi dapat bervariasi d antara bermacam perusahaan.
    Struktur organisasi mengidentifikasikan berbagai tanggungjawab dari masing masing posisi jabatan dan hubungan yang ada d antara posisi posisi tersebut.
    Perusahaan yang berbeda akan menggunakan struktur organisasi yang berbeda pula.struktur organisasi tertentu yang d gunakan sebuah perusahaan dpat d pengaruhi oleh karakteristik tertentu dari bisnisnya dan dapat memengaruhi kinerja perusahaan.
    Struktur organisasi dapat bervariasi d antara bermacam perusahaan yaitu berdasarkan rentang kendalinya,ketinggian organisasional dan penggunaan posisi lini versus posisi staf.

    BalasHapus
  30. menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari. dalam bab ini kita mempelajari struktur organisasi serta masing-masing tanggung jawab dari lapisan struktur yang ada. dengan bab ini kita dapat memahami bahwa setiap perusahaan tidak hanya dituntut untuk memiliki strategi yang baik dalam menjalankan bisnisnya, tetapi juga harus mau bertanggung jawab, apalagi ketika perusahaan tersebut mengalami masalah-masalah serius.

    BalasHapus
  31. Dengan mempelajari struktur organisasi kita dapat memanfaatkan karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dengan efisien karena dapat menghemat biaya dan dapa memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu dengan mempelajari bab ini, kita dapat mempelajari tentang pemanfaatan karyawan dengan efektif dan tentu saja dengan efisien. Oleh karena itu, saya juga mendapati bahwa bab ini merupakan hal yang menarik untuk dipelajari.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat kalian, Bahwa dalam membentuk struktur organisasi, kita harus dapat memperlakukan karyawan dengan baik (jika jabatan kita lebih tinggi dari karyawan). Perlu juga dikembangkan soft skills dalam sebuah organisasi agar tercipta kerukunan dan kenyamanan dlm pekerjaan.

      Hapus
    3. Halo Grecia, saya cukup setuju dengan pendapat saudari.
      Saya hanya ingin memberikan masukan bahwa dalam pembentukan struktur organisasi, kita tidak hanya harus memperlakukan karyawan dengan baik apabila jabatan kita lebih tinggi dari karyawan tersebut. Namun, sikap memperlakukan sesama dengan baik harus dipupuk mulai dari posisi staf, sehingga dapat bekerja sama dengan baik dan dapat mendukung usaha-usaha di posisi lini. Dengan demikian, kinerja struktural suatu organisasi tersebut dapat berjalan dengan maksimal.

      Lalu yang kedua, adanya rentang kendali yang dapat dikontrol dengan baik oleh atasan, sehingga kinerja organisasi yang ideal tersebut dapat terwujud dengan 3 faktor, yaitu:
      - Perlakuan antara karyawan dengan karyawan
      -Karyawan ke atasan
      -Atasan ke karyawan

      Dengan dijalankannya 3 faktor tersebut, dapat diperkirakan bahwa organisasi tersebut berjalan dengan baik, Grecia.

      Hapus
  32. Tentu dengan mempelajari bab ini, kita dapat mempelajari tentang pemanfaatan karyawan dengan efektif dan tentu saja dengan efisien. Oleh karena itu, saya juga mendapati bahwa bab ini merupakan hal yang menarik untuk dipelajari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat saudara William karena karyawan harus diberi kenyamanan dalam suatu perusahaan agar dia merasa nyaman dan dapat bekerja dengan efektif dan efisien sehingga ia dapat nyama bekerja di suatu perusahaan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan Sdr William dan Kevin. Namun Kevin, sebaiknya kenyamanan yang diberikan oleh perusahaan yang bukan semakin membuat karyawan terlena. Tetapi mungkin, kenyamanan yang dimaksud adalah kebebasan yang lebih lega untuk mengutarakan pendapat, saran, dan mengembangkan kreativitas. Seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan raksasa kaca film 3M, dimana produk Post-it © notes yang telah mendunia tersebut merupakan ciptaan dari para karyawan. Hal ini membuktikan bahwa karyawan diberikan kenyamanan yang justru meningkatkan kinerja dan peforma dari karyawan itu sendiri untuk menjadi lebih produktif. Contoh lain : seperti Karyawan JawaPos dan KasKus yang memberikan kenyamanan seperti, boleh mengenakan pakaian non-formal tetapi peforma organisasi dan perusahaan tetap terjaga. :)

      Hapus
  33. Menurut saya, bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena bab ini mengajarkan bagaimana struktur organisasi yang ideal bagi perusahaan. Keputusan struktur organisasi sendiri akan menentukan berapa banyak lapisan manajemen yang dimiliki oleh perusahaan. Berbeda perusahaan maka berbeda pula struktur organisasi yang dimiliki. Struktur organisasi sebuah perusahaan mengidentifikasikan tanggung jawab dari masing-masing posisi jabatan dalam perusahaan dan hubungan diantara posisi-posisi tersebut. Struktur ini juga memungkinkan para karyawan untuk mengetahui posisi jabatan mana yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan oleh posisi lain. Perusahaan juga memiliki proses pengendalian internal yang akan memastikan akuntabilitas dengan mengharuskan seringnya melakukan pelaporan data keuangan yang akurat. Informasi ini dapat digunakan untuk mengawasi aktivitas dan kinerja karyawan dari berbagai divisi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  34. Menurut saya sangat menarik mempelajari bab ini karena kita dapat mengetahui metode-metode dalam departementalisasi pekerjaan. Karena ketika mengembangkan atau merevisi suatu stuktur organisasi manajemen tigkat atas harus memberikan atau membagi pekerjaan tersebut kepada departemen yang berbeda dan cara terbaiknya adalah menggunakan beberapa metode. Metode tersebut ada empat, yaitu departementalisasi menurut fungsi, produk, lokasi dan anggaran. Dengan mengetahui masing-masing dari metode maka kita dapat memaksimalkan nilai yang akan dihasilkan nantinya.

    BalasHapus
  35. Menurut saya bab ini sangat penting sekali untuk dipelajari, karena struktur organisasi dapat mempengaruhi kestabilan perkembangan perusahaan itu. Sebelumnya perusahaan itu harus memiliki rencana strategis untuk memikirkan struktur organisasinya supaya dapat ideal bisnisnya. Kemudian, perusahaan memberikan variasi tingkat pendistribusian tingkat wewenangnya, baik sentralisasi atau desentralisasi. Karena struktur organisasi yang baik dapat mempengaruhi efisiensi untuk menghasilkan produknya, sehingga dapat mempengaruhi laba dan nilai perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  36. Menyusun Struktur Organisasi itu sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis karena untuk mencapai suatu hal yang baik kita harus mengetahui posisi-posisi jabatan karyawan supaya mereka tahu tugas dan wewenang mereka masing- masing dan juga bisa memanfaatkan karyawan - karyawan secara efisien untuk menghemat biaya sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yg dapat diperoleh

    BalasHapus
  37. menurut saya yang menarik dari bab ini adalah tipe struktur organisasi dalam suatu perusahaan, dengan mempelajarinya kita bisa tau variasi struktur organisasi masing-masing perusahaan diantaranya menurut : rentang kendali, ketinggian organisasi, penggunaan posisi lini. dengan mempelajari ini kita bisa tau berapa karyawan yg akan di pimpin oleh masing-masing manajer, kita juga bisa menentukan jumlah lapisan dari bagian atas hingga ke bagian bawah struktur, dan juga kita bisa tau cara-cara mengambil keputusan dengan baik.

    BalasHapus
  38. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena disini dijelaskan mengenai struktur organisasi yang ideal bagi suatu bisnis atau perusahaan. Struktur organisasi yang akan mengindentifikasikan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dalam perusahaan sehingga seluruh tanggung jawab perusahaan dapat cocok satu sama lain, yang nantinya akan mempengaruhi efisiensi perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan itu sendiri. Struktur organisasi perusahaan sangat diperlukan guna mencapai rencana strategis perusahaan yang dapat mengindetifikasikan arah bisnis dimasa mendatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat ravensca, dengan adanya struktur organisasi maka akan tercipta spesialisasi dalam pekerjaan sehingga akan diperoleh hasil yang maksimal. struktur organisasi yang baik akan membawa perusahaan pada masa depan perusahaan yang cerah, apabila struktur organisasinya kurang baik, maka dalam mencapai tujuan dan rencana strategis juga akan kuran terlaksana dengan baik. terimakasih :)

      Hapus
  39. Menurut saya dengan ada nya struktur organisasi yang baik dalam perusahaan akan membuat perusahaan menjadi lebih baik, karena setiap karyawan akan lebih mengetahui tugas nya masing2.... meskipun perusahaan memiliki visi misi yang baik tetapi tidak memiliki struktur organisasi yang baik maka sia2 lah perusahaan menciptakan visi dan misi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapatmu, Johan. Struktur organisasi mengindikasikan bagaimana seluruh tanggung jawab pekerjaan akan cocok satu sama lain. Struktur organisasi juga mempengaruhi efisiensi dari bagaimana perusahaan menghasilkan produknya sehingga dapat mempengaruhi nilai perusahaan.

      Hapus
  40. dengan mengetahui struktur organisasi kita dapat mengidentifikasi kan berbagai tanggungjawab dari masing-masing posisi jabatan dan hubungan yang ada diantara posisi-posisi tersebut, yang berfungsi agar seluruh karyawannya berada pada tugasnya masing-masing dan dapat memaksimalkan keuntungan yang di peroleh secara efisien.

    BalasHapus
  41. Sangat menarik dan saya setuju dengan pendapat anda di bab ini juga membahas cara kinerja kinerja karyawannya dan yang saya ingin tanyakan bagaimana cara untuk menunjukan departemen pemasaran, produksi dan keuangan mengandalkan informasi satu sama lain sebelum melakukan pengambilan keputusan dan mengetahui setiap perubahan yang terjadi dalam produksi suatu produkdan volume produ yang tersedia sebelum ia dapat memfinalisasi strategi pemasarannya?,

    BalasHapus
  42. Berbicara perusahaan, maka kita tak akan bisa melepas kata 'organisasi'. Ibarat membangun rumah, organisasi adalah fondasi awal yang harus dibangun dalam perusahaan. Jadi, mempelajari bab ini, kita dibuat berfikir dan membayangkan bagaimana perusahaan kita kelak? dengan organisasi seperti apa perusahaan ini akan berkembang? Tidak itu saja, di bab ini juga kita akan membahas mengenai jabatan dan karyawan. Komponen penting dalam menjalankan organisasi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii stephani saya juga setuju dengan pendapat anda, bila kita berbicara perusahaan tentu tidak lepas dari sebuah organisasi. Pengorganisasian mampu memahami konsep organisasi sesuai dengan kegiatan tuntutan operasi tertentu serta mampu menyusun rancangan struktur organisasi perusahaan yang meliputi organigram, tugas pokok & fungsi kegiatan operasi unit organisasi untuk mencapai tujuan merupakan peranan organisasi dalam perusahaan. Sedangkan, tanpa metode, suatu tata kerja yang telah diorganisir secara baik, tidak akan mencapai tujuan secara efisien.

      Hapus
  43. Menurut saya struktur organisasi itu, mekanisme - mekanisme formal dengan mana organisasi dikelola. Struktur organisasi menunjukan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan - hubungan diantara fungsi - fungsi, bagian - bagian, maupun orang-orang yang menunjukan kedudukan , tugas wewenang dan tanggung jawab yang berbeda - beda dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  44. menurut saya yang menarik dari bab ini pada bagian departementalisasi dalam pekerjaan. Di dalam menjalankan suatu pekerjaan diperlukan departementalisasi pekerjaan dan tanggung jawab.Departementalisasi ini memberikan pekerjaan dan tanggung jawab kepada berbagaai departement
    Adapun 4 metode departementalisasi, yaitu :
    1. Departementalisasi menurut fungsi
    mengalokasikan pekerjaan dan tanggung jawab menurut fungsi karyawan.
    2. Departementalisasi menurut lokasi
    dengan departementalisasi menurut lokasi, perusahaan akan dapat lebih mudah memperkirakan pengeluaran yang terjadi di masing-masing lokasi dan memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi yang memberikan kinerja yang baik,yang selanjutnya dapat membantu perusahaan menentukan lokasi mana yang seharusnya memperluas bisnisnya.
    3. Departementalisasi menurut produk
    dengan pemisahan divisi menurut produk ini memungkinkan perusahaan lebih mudah melakukan estimasi pengeluaran yang terkait dalam produksi masing-masig produk serta memungkinkan perusahaan mengetahui kontribusi masing-masing divisi bisnis terhadap total labanaya,yang akan berguna ketika perusahaan ingin memutuskan divisi mana yang akan diperluas.
    4. Departementalisasi menurut pelanggan,merupakan pembuatan divisi-divisi yang terpisah berdasarkan jenis pelanggannya.

    Dengan ini, dengan adanya departementalisasi perkerjaan dan tanggung jawab yang efisien ini dapat meminimalisasi pengeluaran dan memaksimalkan nilai dalam perusahaan demi kemajuan perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yuliany, departementalisasi sangat penting dalam pekerjaan. karena jika tugas dan tanggung jawab dibagi menjadi lebih spesifik dan rinci maka hasil kerjanya pun juga akan semakin optimal. kebalikannya apabila terlalu banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dipikirkan maka akan mengurangi efisiensi dalam bekerja. terima kasih :)

      Hapus
  45. Yang menarik dari bab ini adalah struktur organisasi perusahaan yang diilustrasikan dalam bentuk rantai komando, hal ini(rantai komando) akan meningkatkan kinerja dan mutu karyawan karena segala tugas yang diberikan akan selalu diperiksa dan dilaporkan sehingga mutu perusahaan pun akan terjamin. Selain itu dalam berbagai macam struktur organisasi yang menarik adalah posisi lini versus posisi staf ,organisasi ini akan sangat menguntungkan bila menggabungkan keduanya karena memberikan wewenang dari manajemen di tingkat yang lebih tinggi pada karyawan.
    Dan ada yang masih membingungkan saya, bagaimana sebenarnya cara dewan direksi mengawasi aktivitas presiden dan manajer-manajer tingkat atas perusahaan ?bisakah seorang manajer tingkat atas menjadi dewan direksi?dan apa yang dimaksud dengan ‘mensupervisi bisnis’ ?
    Menurut saya wewenang desentralisasi sangat baik jika digunakan karena dapat membuat divisi-divisi berkembang dengan sendirinya tanpa ada batasan karena bergerak secara independen. Asalkan otonomi yang diberikan dapat dipergunakan demi kepentingan perusahaan.

    BalasHapus
  46. Menurut saya bab ini sangat menarik karena diajarkan tentang tipe - tipe struktur organisasi dalam suatu perusahaan. Hal ini sangat penting karena hal ini dapat mempengaruhi kestabilan perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, disini kita juga diajarkan untuk tidak segampang itu mengambil keputusan karena semua keputusan ada tanggung jawabnya, apalagi kalau perusahaan sedang mengalami masalah. Solusinya yaitu perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang baik agar mendapatkan yang terbaik bagi perusahaan.

    BalasHapus
  47. Struktur organisasi amat penting bagi suatu perusahaan
    tapi yg ingin saya tanyakan adalah, bagaimana menyusun struktur organisasi jika perusahaan yg dibangun berbentuk PT? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya
      Yang pertama harus dimiliki suatu organisasi adalah milai dan visi, nilai dan visi adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus dicapai oleh suatu organisasi. Jika nilai organisasi tidak ada makaorganisasi itu akan rusak, karna tidak memiliki tujuan yang jelas.
      Yang kedua adalah misi , misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu visi ( tujuan ). Tanpa ada misi yang jelas maka visi tidak akan pernah tercapai, maka dari itu visi dan misi sangat berkaitan satu sama lain. Jika tidak memiliki misi maka organisasi tidak akan pernah mencapai visi yang diinginkan.
      Yang ketiga adalah aturan, aturan adalah batasan-batasan yang harus dimiliki organisasi. Jika suatu organisasi memiliki aturan yang jelas maka bisa terjadi penyimpangan yg dapat merugikan.
      Yang keempat adalah profesionalisme, profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi itu bertindak.
      Yang kelima adalah insentif, insentif adalah bonus atau hadiah.
      Yang keenam adalah sumber daya, Jika suatu organisasi kehilangan sumber daya maka organisasi tersebut tidak akan bisa bergerak dengan baik.
      Yang ketujuh adalah rencana kerja, rencana kerja merupakan susunan kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi.
      menurut saya itu merupakan inti dalam membentuk organisasi apa pun agar menjadikan organisasi tersebut baik.
      anda hanya tinggal menyesuaikan dengan prosedur yang berlaku dalam menbentuk PT.
      THANK YOU

      Hapus
    2. saya juga ingin bertanya, apabila perusahaan yang kita dirikan berbentuk perusahaan perseorangan maka apakah struktur organisasi diperlukan? lalu bagaimana contoh pembagian strukturnya? terimakasih :)

      Hapus
  48. struktur organisasi sebuah perusahaan mengidentifikasikan tanggung jawab tiap" posisi jabatan dalam perusahaan. struktur trsb, karyawan dapat mengetahui apa saja tanggung jawabnya atas pekerjaan yg ia lakukan.
    struktur dapat bervariasi spt: rentang kendali, ketinggian organisasi, penggunaan posisi lini..

    BalasHapus
  49. struktur organisasi sebuah perusahaan mengidentifikasikan tanggung jawab tiap" posisi jabatan dalam perusahaan. struktur trsb, karyawan dapat mengetahui apa saja tanggung jawabnya atas pekerjaan yg ia lakukan.
    struktur dapat bervariasi spt: rentang kendali, ketinggian organisasi, penggunaan posisi lini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat kamu, dwi. Bila masing-masing karyawan tahu tentang stuktur organisasi yang ada di perusahaan tersebut mereka akan bertanggung jawab atas pekerjaanya.

      Hapus
  50. yang menarik dari bab ini adalah sebuah perusahaan membutuhkan adanya struktur organisasi yang tepat dan efektif. memilih struktur organisasi yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah dalam perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  51. Ya berpendapat para karyawan yang bertanggung jawab dalam mengelola karyawan yang bertindak selalu seperti manejer akan berbeda – beda sesuai dengan tingkatan masing – masing tingkatannya di dalam perusahaan, yaitu management puncak, management tingkat atas, management supervisor

    BalasHapus
  52. Saya setuju.. Karena dengan mempelajari bab ini kita bisa menjadi lebih mudah mengenal dan mengerti tentang organisasi itu harus di jalankan sesuai keputusan yang telah ditetapkan oleh organisasi itu sendiri yang berpegang pada satu tujuan yang harus di capai dan bisa menguntungkan semua pihak yang terdapat dalam organisasi..

    BalasHapus
  53. Saya tertarik dengan materi tentang menyusun struktur organisasi karena kita dapat mempelajari cara menyusun organisasi yang benarSebuah organisasi, ketika berdiri tentunya memiliki maksud (intention) kenapa bentuknya seperti tersebut. Bentuk formal organisasi diharapkan merupakan bentuk terbaik yang mendukung sepenuhnya pencapaian sasaran sang pendiri atau visi organisasi tersebut. Konfigurasi formal itulah yang dinamakan sebagai struktur organisasi. Namun, sayangnya kadang antara pembentukan struktur organisasi dengan relasi/hubungan formal didalamnya belum sepenuhnya ’berjabat erat’ dengan visi organisasi. Kadang ada yang ’mismatch’ atau tidak ’link’ dengan sasaran strategis organisasi. Bahkan dalam beberapa hal tidak sepenuhnya mencerminkan aturan dasar (basic principle) struktur organisasi yang baik. Karena itulah, pembentukan struktur organisasi yang tepat merupakan syarat utama yang penting agar visi organisasi dapat tercapai.

    fransiscus 3203013007

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan frans, karena menyusun organisasi merupakan hal yang diperlukan dalam relasi/hubungan formal. dan banyak visi yang tidak tercapai dikarenakan menyusun strategi yang kurang baik dari perusahaan tersebut.

      Hapus
  54. Salah satu cara membentuk struktur organisasi adalah dengan membuat disain organisasi (organization design). Disain organisasi sendiri merupakan pembentukan peran (roles), aktifitas pengolahan (process), dan bentuk hubungan formal (formal relationship) dalam suatu organisasi. Didalamnya, ada pengembangan struktur keseluruhan di dalam organisasi baik unit maupun sub-sub unitnya, serta definisi peran dan proses yang lebih detil dalam unit maupun sub unit tersebut.
    Di dalam pembentukan struktur organisasi itu sendiri, ada beberapa prinsip dasar yang harus dimiliki oleh struktur organisasi tersebut, diantaranya :
    -Struktur organisasi memberi prioritas pada pelanggan kunci (key customer priorities)
    -Struktur tersebut mampu mengurangi dan menghilangkan duplikasi organisasi
    -Struktur menyederhanakan lapisan manajemen di dalam organisasi.
    -Struktur organisasi dapat meningkatkan saluran komunikasi (channel of communication) di dalam organisasi.
    -Struktur organisasi tersebut memberikan peran, tanggungjawab yang jelas serta memiliki akuntabilitas.

    BalasHapus
  55. menurut saya kita sangat penting mempelajari bab ini karena sebuah perusahaan tidaklah terlepas dari organisasi. Organisasi dalam perusahaan merupakan hal penting dalam mencapai perusahaan yang baik. Tata kelola yang baik adalah contoh dari organisasi yang berjalan baik dalam perusahaan.
    “Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan dan perubahan yang sangat cepat, perusahaan perlu memiliki nilai lebih dan daya tarik industri bagi para stakeholders. Suatu tata kelola perusahaan yang baik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan persaingan dan perubahan tersebut.” (PT. Semen Gresik (PERSERO) Tbk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapatmu, Novita. Struktur organisasi dapat memengaruhi efisiensi perusahaan sehingga pada akhirnya juga akan memengaruhi niai perusahaan.

      Hapus
  56. Menurut saya, sruktur organisasi di dalam perusahaan sangat penting. Karena struktur organisasi yang akan mengidentifikasikan tanggung jawab dari setiap posisi jabatan dan hubungan yang ada diantra posisi-posisi tersebut. Sruktur organisasi menggambarkan tangung jawab pekerjaan satu dengan yang lain. Sruktur organisasi juga dapat mempengaruhi efisien penghasilan produknya. Sruktur organisasi juga untuk menentukan berapa jumlah katyawan yg dibutuhkann perusahaan.

    BalasHapus
  57. menurut saya bab ini sangat bagus,karena mempelajari bagaimana caranya menyusun strukrur organisasi yg baik dan benar bagi suatu perusahaaan.

    BalasHapus
  58. menurut saya, dalam sebuah organisasi penempatan struktur dalam perusahaan sangat penting, sebab struktur dapat menjadi pedoman untuk para karyawan dalam mengetahui posisi dari para atasannnya. dengan adanya struktur yang jelas dalam sebuah perusahaan, pengendalian yang ada menjadi teratur dan menjadi jelas. struktur juga dapat menjadi pembeda antar masing-masing depertemen yang terkait, jadi tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pekerjaan dan juga tidak mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan.

    BalasHapus
  59. Tentu saja menyusun struktur organisasi sangat penting dalam suatu perusahaan. Sehingga suatu perusahaan dapat berjalan dengan cepat dan tepat, lebih efektif dan efisien dalam menjalankan perannya di dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kekeliruan dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus