SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Jumat, 25 Oktober 2013

Menjadi Pemimpin yang Inspiratif (Bahan Diskusi 29 Oktober 2013)

Bahan Bacaan:
Zenger, Jack & Joseph Folkman. 2013. Inspiring Leaders. Leadership Excellence. 30 (7): 3-4.


Zenger & Folkman (2013) menyatakan bahwa ada 10 perilaku seseorang yang dapat membantu dia untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi dan memotivasi yang lain, yaitu:
  1. Menjalin hubungan emosional dengan bawahan
  2. Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas
  3. Merumuskan Visi yang jelas
  4. Memiliki komunikasi yang baik
  5. Mengembangkan yang lain
  6. Mampu berkolaborasi
  7. Inovatif
  8. Senantiasa berinisiatif
  9. Pelopor dalam perubahan
  10. Menjadi panutan.

Kabar baik yang dikemukakan Zenger & Folkman (2013) adalah seorang pemimpin tidak harus memiliki semua perilaku tersebut untuk dapat menjadi pemimpin yang menginspirasi yang lain. Dengan memiliki beberapa dari perilaku tersebut, seseorang akan lebih inspiratif dibanding yang tidak memilikinya.

Bahan Diskusi:


Menurut Saudara, manakah perilaku yang paling mudah dimiliki dan sebaliknya mana yang paling sulit Saudara miliki. Apa yang bisa Saudara lakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi? Selamat Berdiskusi…

33 komentar:

  1. Menanggapi komentar di atas yang paling bisa dimiliki adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas--karena seorang pemimpin pada dasarnya harus tegas dalam menjalankan tata kelola sesuai dengan prinsip2 yang ditetapkan. Ketidaktegasan seorang pemimpin akan menciptakan efek bola salju yang semakin hari semakin membesar untuk menggerogoti semua yang dia pimpin. Bila pemimpin tidak tegas, maka perubahan hanya tampak untuk memperburuk keadaan baik, yang sebelumnya memang sudah baik. Jadi seorang pemimpin terutama harus cerdas dan tegas dalam menetapkan tujuan dan berkomitmen untuk menghadapi dan menjalankan perubahan sesuai misi dan tujuan. Pemimpin besar tidak pernah menunggu kehidupan terjadi seperti apa adanya. Tapi, dia akan fokus dengan tujuan, untuk dapat mengubah hidup sesuai visi yang diimpikan. Dia selalu sadar dengan kekuatan kekuasaan yang dia miliki, dan secara konsisten akan dia gunakan untuk mengubah ketidakbaikan menjadi baik, untuk kesejahteraan dan kedamaian hidup semua orang. ^^

    Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan "memiliki komunikasi yang baik" karena komunikasi yang baik dapat mengalirkan ide, usulan, saran, bahkan perintah yang bisa direnungkan dan dijalankan oleh orang-orang yang dipimpinnya, sehingga bisa menghasilkan perubahan scr terus menerus. Karena disatu sisi seorang pemimpin yang tidak bisa mengalirkan ide-idenya kepada publik dengan cara yang diinginkan mereka, sesungguhnya pemimpin tersebut telah gagal melakukan komunikasi politik. Jadi hal ini perlu dilatih dan dikembangkan oleh para pemimpin.
    Yang ketiga adalah "mengembangkan yang lain" menurut saya adalah pemimpin juga harus mengembangkan karakter lain seperti memelihara integritas, belajar rendah hati thd siapa saja, menguasai wisdom, memiliki kedisiplinan, mempertahankan semangat dan lain sebagainya.
    Sedangkan yang lebih sulit dimiliki, menurut saya adalah "pelopor dalam perubahan" karena sulit bagi pemimpin untuk memberikan inspirasi dan semangat bagi anggotanya bahwa dia adalah pekerja keras dan cerdas. Karisma dan inspirasi yang ditunjukkan pemimpin sering menjadikan pengikut merasa kecil dan tak berdaya. Sehingga hal ini perlu diatasi dengan cara karisma dan inspirasi yang positif yg dapat menyebabkan orang2 terinspirasi dan percaya diri.
    terima kasih^^

    BalasHapus
  2. yang bisa Saya lakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi memiliki visi dan misi , melakukan aksi nyata atau merealisasikan gagasan melalui aksi2 kita yang nyata, mau mendengarkan bawahan, tidak mudah menyerah dan berani untuk ambil resiko, dan mampu mengenali kelebihan dan kelemahan pribadi dan orang lain agar dapat menjalin kerja sama dengan bawahan dengan baik. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan, tidak semua orang bisa memimpin atau memiliki bakat memimpin tetapi ada beberapa cara yg bisa kita lakukan untuk menjadi pemimpin yang inspiratif bagi organisasi yaitu seorang pemimpin hrs menjadi problem solver (dituntut mampu membuat keputusan penting dan mencari jalan keluar dari permasalahan serta bertindak tegas dalam mengambil keputusan), bersikap positif terhadap karyawan-apabila karyawan melakukan kesalahan (jangan dimarahi tetapi diberi kesempatan untuk melakukannya lagi), melakukan komunikasi ( Sebagai pemimpin, perlu menerangkan sejelas mungkin tentang tujuan bersama yang hendak diraih dan strategi mencapainya), menumbuhkan motivasi dengan cara memberikan penghargaan pada prestasi karyawan sekecil apapun itu, menjalin hubungan baik dan harmonis dengan seluruh karyawan, bersedia untuk terjun ke lapangan bila dibutuhkan dan tidak asal main perintah pada karyawan.

      Hapus
  3. Menurut saya, perilaku yang paling mudah dimiliki adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas; serta merumuskan visi yang jelas. Karena kedua hal ini sebenarnya cukup mudah dilakukan apabila kita sebagai seorang pemimpin benar-benar mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, dan mampu menyesuaikannya dengan kondisi karyawan dan perusahaan agar dimungkinkan tujuan, visi, dan hal-hal lainnya yang kita tetapkan masuk akal untuk dicapai, dapat diterapkan, sehingga berjalan secara efektif dan efisien. Penetapan tujuan dan perumusan tujuan sebenarnya merupakan hal teoritis yang cukup mudah dilakukan, namun pengawasan dalam penerapan tujuan dan visi tersebutlah yang sukar dan sangat menentukan keberhasilan penerapannya. Walaupun telah dirumuskan tujuan dan visi yang jelas dan tegas namun apabila pengawasan yang dilakukan kurang mendukung, maka penerapannya akan gagal, dan kita pun sebagai pemimpin dapat dikatakan gagal.
    Lalu perilaku yang paling sulit untuk dimiliki menurut saya adalah menjadi pelopor dalam perubahan dan menjadi panutan. Karena kita harus benar-benar memiliki kharisma dan prestasi yang dibutuhkan untuk mendukung dan menginspirasi terjadinya perubahan dalam perusahaan, juga perlu didukung oleh kemampuan komunikasi dan persuasi yang baik; dan untuk menjadi panutan pun tidaklah mudah karena kita harus dapat tampil lebih baik dibanding karyawan lainnya, lebih berprestasi, lebih taat terhadap peraturan, berperilaku lebih ramah dan baik, dan kelebihan-kelebihan lain dibanding karyawan lainnya agar kita dapat dilihat dan diposisikan lebih tinggi dibandingkan, sehingga kita dapat menjadi panutan sekaligus pemimpin yang mampu menginspirasi dan memotivasi bagi karyawan lain untuk berprestasi lebih baik.
    Yang dapat kita lakukan mulai sekarang untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi adalah melatih kemampuan komunikasi kita agar kita mampu menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain termasuk atasan dan karyawan kita, melatih kemampuan bekerjasama kita tanpa memilih-milih orang yang kita ajak bekerjasama agar saat kita dihadapkan dalam perusahaan yang memiliki keanekaragaman tenaga kerja dengan latar belakang yang berbeda-beda kita telah siap dan mampu berkolaborasi satu sama lain, sekaligus mampu memimpin kelompok kita dengan baik; juga menambah wawasan kita dan mengubah cara berpikir kita agar lebih fleksibel sehingga kita dapat menjadi orang yang mampu menerima bahkan mendukung terjadi perubahan yang lebih baik, dan mampu menyumbangkan ide-ide cemerlang untuk inovasi, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan.

    Terima Kasih^^

    BalasHapus
  4. Menurut Saya, perilaku yang paling mudah dimiliki adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas serta Menjadi panutan. karena pada dasarnya menjadi pemimpin haruslah tegas dalam menjalankan tugas serta jelas dalam mengambil keputusan, karena dengan tindakan seperti itu maka seorang pemimpin dapat menjadi panutan yang baik bagi bawahannya untuk melaksanakan tugas2xnya.

    Yang dapat kita lakukan mulai sekarang untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi adalah melatih kemampuan komunikasi kita agar dapat menjalin komunikasi yang baik, Berani mengambil resiko dan tidak mudah menyerah ketika dihadapkan permasalahan, dan melatih diri untuk dapat bekerja sama dengan orang lain karena dengan begitu bila kita dihadapkan permasalahan yang ada di perusahaan yang memiliki keanekaragaman tenaga kerja dengan latar belakang yang berbeda-beda, kita telah siap dan mampu berkolaborasi satu sama lain, sekaligus mampu memimpin kelompok kita dengan baik dan tegas serta jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saudara Hartono, di antara 10 perilaku yang dikemukakan oleh Zenger & Folkman tersebut manakah perilaku yang paling sulit untuk dimiliki dan apakah alasan Anda?

      Terima kasih^^

      Hapus
    2. Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Caroline, Menurut saya yang paling sulit adalah menjadi pelopor dalam perubahan, karena menjadi pelopor untuk merubah suatu pola yang telah terbiasa pada diri sesorang bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan sebuah proses yang terkadang tidak instan dan tidak cepat.

      Hapus
  5. Menurut saya, yang paling mudah dimiliki adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas serta visinya, Suatu organisasi pastilah memiliki tujuan, visi-misi tertentu, dan sebagai pemimpin maka memang pemimpin tersebut akan memegang peranan penting dalam menetapkan hal-hal tersebut secara tegas berdasarkan pemikirannya. Agar kedepan, organisasi tersebut berkembang sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan sebelumnya.

    Sedangkan yang paling sulit dimiliki mungkin adalah menjadi pelopor perubahan. Merubah suatu pola yang telah terbiasa ada pada diri sesorang bukanlah hal yang mudah. Butuh proses yang terkadang tidak instan dan sulit. Belum lagi melakukan konversi dari hal yang umum menjadi tidak umum seringkali mengalami penolakan dari lingkungan sekitarnya (dalam hal ini anggota organisasinya). Misalkan seorang pemimpin organisasi ingin melakukan perubahan jam kerja. Dia berusaha mempelopori dengan datang lebih pagi. Namun anggotanya merasa hal ini berlebihan dan menolaknya, hingga si pemimpin itu akhirnya ikut merasa meragukan keputusannya untuk berubah.

    BalasHapus
  6. Memurut saya perilaku yang paling mudah dimiliki adalah Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas,karena Dimulai dengan Tujuan. Jika Anda ingin lebih baik, dimulai dengan tujuan. definisi itulah yang dirumuskan dalam sebuah tujuan hidup.Pada dasarnya, semua orang sudah memiliki tujuan, namun belum dirumuskan dengan baik. Perumusan tujuan akan membantu Anda mempermudah mencapainya, dalam arti hidup lebih baik. Memang ada orang yang bisa berhasil tanpa merumuskan tujuan. Perumusan tujuan akan mempermudah Anda meraih hidup yang lebih baik. Manfaat pertama dari penetapan tujuan adalah kejelasan, Dengan menetapkan tujuan, apalagi secara tertulis, akan memberikan kejelasan kepada kita, arah mana yang akan ditempuh. Selain kejelasan masih ada satu lagi manfaat dari tujuan yang tidak kalah pentingnya.
    dan sebaliknya mana yang paling sulit dimiliki adalah Pelopor dalam perubahan menjadi pelopor perubahan gampang gampang susah karena belum tentu akan menjadikan lebih baik dalam organisasi,sebelum itu harus mengetahui Pelopor adalah seseorang yang merupakan salah satu yang pertama untuk memasuki daerah tertentu, sehingga ia harus menemukan jalan tanpa memperoleh manfaat dari pengalaman orang lain. Karakteristik untuk pekerjaan pelopor (yang disebut pionir) adalah kesulitan yang mereka jalani dan usaha besar yang harus mempertahankan banyak fitur masih hilang.
    Jadi hal ini sangat lah sulit. seorang pemimpin tidak harus memiliki semua perilaku tersebut untuk dapat menjadi pemimpin yang menginspirasi yang lain. Dengan memiliki beberapa dari perilaku tersebut, seseorang akan lebih inspiratif dibanding yang tidak memilikinya.
    Yang saya lakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi belajar sedikit demi sedikit menambah pengalaman untuk mencapai tujuan menjalin hubungan emosional dengan bawahan
    merumuskan Visi yang jelas,memiliki komunikasi yang baik,mengembangkan yang lain,mampu berkolaborasi,inovatif,senantiasa berinisiatif,pelopor dalam perubahan,menjadi panutan.jika bias melakukan akan lebih baik lagi.


    BalasHapus
  7. Menurut saya perilaku yang paling mudah untuk dikembangkan dalam diri saya adalah : menjalin hubungan emosional dengan bawahan, karena pada dasarnya saya telah memiliki sifat yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan. Oleh karena itu saya hanya perlu mengembangkan hal-hal yang menyangkut hubungan emosional dengan bawahan. Misalnya saja dengan peduli terhadap kebutuhan bawahan (tidak membuat bawahan frustasi dengan beratnya pekerjaan yang dibebankan terhadap mereka), menjalin hubungan baik dengan mereka, tidak terlalu memberi jarak/batas dengan bawahan. Dengan demikian kinerja bawahan akan semakin membaik karena mereka merasa bahwa pekerjaan mereka diperhatikan, sehingga organisasi akan mengalami peningkatan yang signifikan hanya dengan menjalin hubungan emosional dengan bawahan.
    Sedangkan hal yang paling sulit untuk dimiliki oleh saya adalah : pelopor dalam perubahan. Menjadi pelopor perubahan bukanlah hal yang mudah, karena setiap orang memiliki pendiriannya masing-masing dan untuk merubah nilai-nilai yang telah tertanam dalam diri mereka, merupakan hal yang cukup sulit (terutama apabila atasan hanya memberi perintah, tidak menunjukkan teladan melalui dirinya terlebih dulu). Oleh karena itu diperlukan teladan dari atasan, agar bawahan merasa bahwa tidak hanya mereka yang diperlakukan disiplin, tetapi pemimpin mereka juga berbuat demikian, sehingga bawahan dapat menerima perubahan tersebut dan akhirnya perubahan tersebut dapat dilaksanakan di dalam organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya perilaku yang paling mudah untuk dikembangkan dalam diri saya adalah:
      2. Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas
      4. Memiliki komunikasi yang baik
      7. Inovatif
      kalau kita menetapkan tujuan dengan cara tidak jelas dan tidak tegas, maka pekerjaan kita akan kacau balau. karyawan akan tidak serius dalam bekerja. mereka akan kerja dengan tidak benar.
      begitu juga dengan memiliki komunikasi yang baik.
      kalau kita berkomunikasi dengan cara tidak baik, maka akan terjadi kesalahpahaman baik antar teman kerja, bawahan, atasan, manager maupun direktur perusahaan. kinerja perusahaan akan memburuk jika kita tidak melakukannnya dengan benar.
      inovatif
      jika kita tidak mempunyai pemikiran yang inovatif, maka kinerja perusahaan kita tidak akan berkembang maju secara pesat.
      kalau pemikiran kita ini itu saja dan tidak ada perubahan sama sekali, kapan bisa berkembang maju dengan baik
      Sedangkan yang lebih sulit dimiliki, menurut saya adalah "pelopor dalam perubahan" karena sulit bagi pemimpin untuk memberikan inspirasi dan semangat bagi anggotanya bahwa dia adalah pekerja keras dan cerdas. Karisma dan inspirasi yang ditunjukkan pemimpin sering menjadikan pengikut merasa kecil dan tak berdaya. Sehingga hal ini perlu diatasi dengan cara karisma dan inspirasi yang positif yg dapat menyebabkan orang2 terinspirasi dan percaya diri.


      Hapus
  8. Menurut saya, perilaku yang paling muda dimiliki yakni memiliki komunikasi yang baik, karena saya dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, sehingga dengan adanya komunikasi yang baik, dapat membantu saya nantinya dalam berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, dan dapat dapat membantu saya dalam menjalin hubungan emosional dengan baik dengan bawahan saya nantinya, dan yang menurut hal saya yang paling sulit yakni menjadi pelapor dalam perubaham dan menjadi panutan,karena dalam menjadi panutan kita harus memiliki kharisma,dan memiliki prestasi sehingga dapat menjadi panutan bagi orang lain, sedangkan hal yang dapat membuat menginspirasi orang lain yakni mampu menjadi pelapor dalam perubaham sehingga menjadi panutan, karena dengan adanya hal itu dapat membuat orang lain mampu untuk berubah kearah yang lebih baik.

    3103011108

    BalasHapus
  9. menurut saya perilaku yang paling mudah untuk dikembangkan dalam diri saya adalah:
    2. Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas
    4. Memiliki komunikasi yang baik
    7. Inovatif
    kalau kita menetapkan tujuan dengan cara tidak jelas dan tidak tegas, maka pekerjaan kita akan kacau balau. karyawan akan tidak serius dalam bekerja. mereka akan kerja dengan tidak benar.
    begitu juga dengan memiliki komunikasi yang baik.
    kalau kita berkomunikasi dengan cara tidak baik, maka akan terjadi kesalahpahaman baik antar teman kerja, bawahan, atasan, manager maupun direktur perusahaan. kinerja perusahaan akan memburuk jika kita tidak melakukannnya dengan benar.
    inovatif
    jika kita tidak mempunyai pemikiran yang inovatif, maka kinerja perusahaan kita tidak akan berkembang maju secara pesat.
    kalau pemikiran kita ini itu saja dan tidak ada perubahan sama sekali, kapan bisa berkembang maju dengan baik
    Sedangkan yang lebih sulit dimiliki, menurut saya adalah "pelopor dalam perubahan" karena sulit bagi pemimpin untuk memberikan inspirasi dan semangat bagi anggotanya bahwa dia adalah pekerja keras dan cerdas. Karisma dan inspirasi yang ditunjukkan pemimpin sering menjadikan pengikut merasa kecil dan tak berdaya. Sehingga hal ini perlu diatasi dengan cara karisma dan inspirasi yang positif yg dapat menyebabkan orang2 terinspirasi dan percaya diri.

    BalasHapus
  10. Menurut saya perilaku yang mudah di bangun dan di kembangkann dalam diri saya adalah poin nomer 2 Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas dan poin nomer 6 mampu berkolaborasi, karena di poin ke 2 adalah poin utama agar bisa mencapai goal , untuk mencapai goal yang pertama dibutuhkan adalah tujuan nya , mau sampai mana kita berkembang , mau sampai mana melebarkan sayap kita, agar tidak sampai salah jalan maka tujuan adalah yang terpenting dan saya rasa itu mudah untuk menetapkan tujuan , yang susah adalah pencapaiannya, poin berikutnya , mudah berkolaborasi , karena saya pribadi gampang berkolaborasi atau bekerja sama dengan orang lain , saya suka berinteraksi dengan orang lain , menambah relasi , dan lainnya.
    Hal yang susah Menjalin hubungan emosional dengan bawahan,Mengembangkan yang lain,,Senantiasa berinisiatif,Pelopor dalam perubahan,Menjadi panutan.Hal-hal ini yang menurut saya susah untuk saya tanamkan dan kembangkan dalam diri saya, karena saya pribadi merasa jika menjadi atasan akan sulit untuk membuat hubungan emosional dengan bawahan karena ada yang menghalangi , yaitu tingkat jabatan , lalu saya seringkalli malas untuk berinisiatif , inginnya orang yang berinisiatif saya yang mengembangkan nya, lalu saya juga sulit untuk berubah , takut pada perubahan , untuk menjadi panutan saya kurang bisa karena saya akan merasa terbebani dengan itu , maka itu saya susah untuk dijadikan panutan , saat ada yang berbicara untuk menjadikan saya panutan itu merupakan suatu beban bagi saya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Menurut saya yang paling mudah dimiliki yaitu poin pertama yaitu menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, karena setiap perusahaan pada awal nya pasti mempunyai atau menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, jika ia tidak mempunyai tujuan maka perusahaan itu tidak memiliki arah untuk pergi, dan seseorang pemimpin harus dapat menjalankan tujuan itu dengan baik dan dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan-karyawannya.
    Sedangkan yang paling sulit bagi saya yaitu pada poin sembilan menjadi pelopor perubahaan, karena setiap orang mempunyai kebiasaan masing-masing, maka sulit untuk merubah sikap seseorang, ini diperlukan waktu yang panjang dan kemauan dari dalam diri seseorang itu pula.
    Yang dapat saya lakukan sekarang yaitu belajar untuk dapat berkomunikasi dengan baik, menjalin hubungan emosional dengan teman agar nantinya dapat diterapkan untuk menjalin hubungan emosional dengan karyawan selain itu mulai dari sekarang harus dapat berpikir kreatif.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  12. Menurut saya, hal yang paling mudah dimiliki adalah menjalin hubungan emosional dengan bawahan. Pada dasarnya ketika kita bekerja pada sebuah perusahaan, maka kita akan setiap hari bertemu dan berhubungan dengan para bawahan kita. Tidak mungkin kita bekerja sendiri dan tidak bertemu dengan siapa pun karena juga pasti memerlukan diskusi untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam pekerjaan. Dengan adanya pertemuan dan hubungan yang intens ini kita secara tidak langsung dapat menjalin hubungan secara emosional karena mau tidak mau kita akan menjadi lebih saling mengenal karakter satu sama lain.. Sebagai contoh, ketika kita makan siang bersama-sama. Dengan adanya makan siang bersama ini dapat mempererat hubungan kita bukan hanya dalam hal pekerjaan namun juga hal-hal lainnya.
    Sedangkan hal yang paling sulit dimiliki adalah pelopor dalam perubahan. Karena untuk merubah diri seseorang adalah hal yang tidak mudah. Ketika seseorang tiba-tiba dihadapkan pada perubahan, maka dapat terjadi pro kontra di dalam diri masing-masing antara setuju untuk berubah atau tidak. Sebagai contoh, sebagai atasan kita sudah merubah sikap kita untuk lebih tekun dalam menyelesaikan masalah dalam perusahaan. Namun ketika orang lain melihat kita lebih tekun, belum tentu mereka akan langsung setuju dengan perubahan tersebut dan ikut berubah. Mereka pasti memiliki alasan-alasan untuk pertimbangan antara berubah dan tidak.
    Selain itu, yang dapat saya lakukan sekarang adalah mencoba berhubungan baik dengan sesama. Sehingga nantinya ketika saya berada dalam perusahaan, saya dapat menjalin hubungan emosional yang baik dengan bawahan saya karena dengan hubungan baik tersebut juga akan mendukung kelancaran pekerjaan dan mencapai tujuan.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  13. menurut saya, perilaku yang paling mudah dimiliki dari beberapa perilaku yang disebutkan oleh Zenger dan Folkman (2013) adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, serta merumuskan visi yang jelas. karena dengan adanya tujuan yang jelas dan tegas maka suatu organisasi nantinya akan mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan organisasi tersebut. selain itu pada umumnya kita bergabung dalam suatu organisasi pasti akan melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan tujuan. tidak hanya tujuan yang harus jelas, melainkan visi dari oeganisasi tersebut harus jelas dan dapat dijalankan dengan baik oleh para anggota.
    sedangkan perilaku yang sulit dimiliki adalah menjadi pelopor dalam perubahan, karena menurut saya untuk merubah kebiasaan dari diri kita sendiri saja terkadang masih sulit, apalagi jika kita menjadi pelopor perubahan dalam suatu organisasi. kita harus memiliki prestasi dan potensi yang baik terlebih dahulu agar nantinya kita dapat memberikan inspirasi yang terbaik dalam organisasi tersebut guna mendapatkan suatu perubahan positif dari organisasi tersebut.
    yang dapat dilakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi adalah dengan menjalin hubungan yang lebih baik lagi terhadap orang lain di sekitar kita dan komunikasi kita dengan orang lain pun juga harus dijalin sebaik mungkin. dengan begitu dapat mempermudah kita untuk saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, sehingga kita nantinya dapat bekerja sama dengan baik pula dalam berorganisasi. selain itu, sebaiknya kita juga memberikan ide-idemenarik dan bermanfaat bagi yang dapat membuahkan hasil yang memuaskan bagi organisasi.

    yeni 3103011248 POK kelas B

    BalasHapus
  14. Yang paling mudah ialah memiliki komunikasi yang baik kerena komunikasi menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Dimana melalui komunikasi atasan dapat menjalin hubungan yang baik dengan bawahannya. Melalui komunikasi setiap individu yang ada di dalam organisasi mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu komunikasi menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik atau tidak. Jika pemimpin organisasi tidak dapat menjalin komunikasi dengan baik maka para bawahan akan mengalami kebingungan dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh atasnya.
    Yang paling sulit dimiliki ialah menjadi panutan bagi orang lain. karena panutan selalu di tuntut untuk perfect dalam segala hal. Sedangan manusia tidak pernah luput dari kesalahan sekecil apapun itu. Sehingga menjadi panuan merupakan hal tersulit untuk dimiliki oleh setiap individu.
    Yang bisa dilakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi ialah berlajar menjalin komunikasi yang baik sehingga dapat tercipta hubungan baik antar sesama. Hal ini menuntut sebuah kesabaran dalam mengendalikan emosi saat berkomunikasi dengan orang lain dalam keadaan apapun baik dalam keadaan senang ada keadaan buruk sekali pun. Selain kemampuan komunikasi kita perlu juga melatih kemampuan dalam mengendalikan emosi terhadap orang lain. sebab emosi dapat mambawa kehancuran dalam sebuah organisasi jika seorang pemimpin tidak dapat mengendalikan emosinya.

    BalasHapus
  15. Menurut saya, poin yang paling mudah dimiliki adalah poin pertama "Menjalin hubungan emosional dengan bawahan" dan poin keenam "Mampu berkolaborasi".
    Alasan untuk poin pertama, sebagai pemimpin tentunya kita harus mengenal siapa - siapa saja yang menjadi bawahan kita agar dapat mengawasi kinerja mereka. Nah, dalam hal ini menjalin hubungan emosional dengan bawahan sangat penting karena kita sebagai pemimpin pasti akan bertemu mereka setiap hari dan melakukan interaksi, dengan begitu kita akan lebih mengenal karakter mereka dan dapat memotivasi mereka lebih mudah. Contohnya adalah dengan makan bersama dikantin kantor. Akan tetapi pemimpin perlu memperhatikan batasan - batasan dengan para bawahan agar para pemimpin tetap memiliki wibawa sehingga tidak diremehkan oleh bawahannya sendiri.
    Alasan poin keenam, sebagai pemimpin tentu akan bertemu dengan bawahan yang memiliki karakter yang berbeda - beda sehingga kemampuan untuk berkolaborasi sangat diperlukan agar dapat menyesuaikan pemimpin dengan karakter para bawahan.

    Yang paling sulit adalah poin kedelapan "Senantiasa berinisiatif", karena berinisiatif itu agak susah untuk dibiasakan.

    Yang dapat dilakukan sekarang adalah mulai ikut berorganisasi didalam organisasi yang ada dikampus, entah itu ormawa atau ukm. Karena dari sanalah kita dapat belajar banyak pengalaman berorganisasi dan disana kita dapat berproses bagaiman menjadi pemimpin yang baik bagi suatu organisasi.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  16. Elly valensya /3103011285

    Menurut saya sifat yang barus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah di nomer 2,3,4 dimana seorang pemimpin harus memiliki visi misi yang tegas untuk memipin suatu organisasi atau perusahaan dan dengan itu maka para bawahan /karyawan akan mengetahui jalan atau arah tujuan yang ingin dicapai untuk melancarkan perusahaan.dan tak luput dari komukasi yang baik agar antar karyawan dan atasan tidak mengalami kesalahpahaman dalam menjalankan visi misi dari perusahaan.

    BalasHapus
  17. Perilaku yang paling mudah saya miliki untuk menjadi seorang pemimpin ialah point ke 4 'memiliki komunikasi yang baik', karena pada dasarnya setiap orang pasti membutuhkan komunikasi terhadap smeua orang. Melalui komunikasi, kita dapat secra cepat mengenal berbagai orang, terlebih sebgai pemimpin, komunikasi merupakan hal terpenting untuk dapat mengenal para karyawanya. dengan adnaya komunikasi seorang pemimpin dapat membuat lingkungan organisasi tersebut menjadi lebih nyaman serta tidak adanya sikap saling canggung terhadap karyawan yang lain dan komunikasi itu kunci untama untuk mnenjalin hubungan baik dengan siapa saja. Sedangkan perilaku yang paling sulit yaitu point terakir 'menjadi panutan'. Mengapa demikian? Karena menjadi panutan tidaklah mudah bagi setiap orang. Apa yang menurut baik bagi kita, belum tentu baik terhadap orang lain. Sa,ma hal nya dengan pemimpin. Apabila menurut seorang pemimpin sudah memberikan panutan, tetapi para karyawan-karyawannya belum tentu menganggap sebuah panutan. Maka dari itu sangatlah sulit untuk pemimpin menjadi sebuah panutan.

    3103011289

    BalasHapus
  18. menurut saya, perilaku yang mudah dimiliki adalah memiliki komunikasi yang baik. karena setiap orang mampu berkomunikasi yang baikdengan sesama dengan tujuan untuk mempererat hubungan diantaranya tanpa memandang status dan jabatan.
    yang susah untuk di kembangkan adalah Menjadi panutan. karena tidak semua orang memiliki karakter dan sifat yaang sama antar sesama. selain itu, yang menjadi panutan ini harus bisa memiliki motivasi dan tujuan yang jelas.
    yang harus dimiliki untuk memimpin organisasi adalah memiliki tujuan yang jelas dan tegas. karena tanpa adanya tujuan yang tegas dan jelas perusahaan tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.

    BalasHapus
  19. Menurut saya perilaku yg paling mudah dimiliki adalah poin pertama sampai poin ketiga :
    (1) menjalin hubungan emosional dengan bawahan gampang dilakukan dengan cara bersosialisasi dengan bawahan tanpa memandang statusnya, bersikap ramah, akrab, membuat bawahan bisa nyaman dengan kita dan juga sebaliknya kita nyaman dengan mereka.
    (2) menetapkan tujuan yang jelas dan tegas dan (3) merumuskan Visi yang jelas. Menjadi atasan harus bisa mengarahkan bawahan-bawahannya dengan benar sesuai dengan tujuan, visi - misi organisasi yg ditetapkan sebelumnya. disini atasan sebagai pemegang kendali dengan syarat tidak semena-mena (tanpa merugikan bawahannya). Atasan dengan bawahan yg bisa bekerja kompak menjalankan satu tujuan bersama akan membawa organisasi menjadi lebih baik.

    Yang paling sulit di miliki adalah inovatif, senantiasa berinisiatif, dan pelopor dalam perubahan dengan alasan bahwa saya sendiri saat ini yg belum menjadi atasan bagi bawahan-bawahan saya nantinya kurang bisa dalam 3 hal tersebut. Saya kurang bisa memiliki ide-ide kreatif (ide-ide terbaru).

    Apa yang bisa saya lakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi adalah saya terus belajar sesuatu positif yg bisa menggali bakat dan kemampuan saya dari orang-orang di sekitar saya yg lebih banyak ilmunya ketimbang saya. Jadi, saya bisa belajar banyak dari mereka yg mau berbagi ilmunya dengan saya.

    BalasHapus
  20. menurut saya hal yang mudah untuk dilakukan adalah berinovatif. karena semakin banyaknya pesaing diluar sana, maka kita dituntut untuk selalu berinovasi agar perusahaan kita tetap dikenal masyarakat.
    hal yang sulit dilakukan adalah menjadi panutan. karena menjadi panutan tidaklah mudah, apabila kita tidak bisa menjadi panutan yang sesuai dengan yang lainnya, maka perusahaan tidak berjalan dengan baik.
    yang dilakukan mulai sekarang adalah memiliki komunikasi yang baik. karena komunikasi penting untuk kehidupan kita sehari-hari. seperti ingin mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan kita dengan perusahaan lainnya, dll.

    BalasHapus
  21. Pok kls B 3103011091

    Menurut saya perilaku yang paling mudah saya miliki no 4 yaitu menjalin komunikasi dengan baik. Karena menurut saya menjalin komunikasi dengan baik kepada para relasi dan rekan kerja itu sangatlah penting, ketika komunikasi tidak dilakukan dengan baik maka segala yang sesuatu yang kita inginkan akan terhambat dan terganjal oleh adanya komunikasi yang tidak baik, karena setiap haripun kita juga membutuhkan jalinan komunikasi agar mendapatkan pengetahuan yang terkini.

    Dan untuk yang sebaliknya paling sulit bagi saya no 2, yaitu menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, karena menetapkan tujuan yang tegas dan jelas itu terkadang orang yang mendengarkan segala penjelasan kita menjelaskan tidak sesuai apa yg kita jelaskan intinya cara penyampaian dari mulut ke mulut kadang berbeda-beda. Saya pribadipun terhadap rekan dekat sendiri kadang tidak bisa dapat memberikan ketegasan.

    Yang akan saya lakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yg mampu menginspirasi dalam suatu organisasi adalah lebih dapatbersikap tegas terhadap rekan maupun siapapun tak pandang bulu, agar sya pun dapat di hargai tanpa di nilai semena-mena.

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya, hal yang paling mudah untuk saya miliki adalah no 4.Memiliki komunikasi yang baik.. Dimanapun kita berada hal yang paling kita butuhkan adalah komunikasi, maka itu lah yang paling mudah ada dalam diri kita .jika tidak ada suatu komunikasi yang baik, semuanya akan menjadi kacau.
    Sedangkan yang sulit ada dalam diri saya adalah 1.Menjalin hubungan emosional dengan bawahan...karena tidak semua orang dapat menyikapi apa yang telah dilakukan, oleh karena itu perlu lagi belajar untuk menjalin suatu hubungan.

    Yang saya akan lakukan mulai merubah mind set orang2, dan menanamkan kedispilinan dalam diri mereka, agar mereka dapat menghargai waktu. Dan saya akan berusaha mencoba menjadi panutan/ pelopor oleh rekan yang lain, memberikan ilmu yang dapat mereka gunakan

    BalasHapus
  23. Ardy-3103011265 (kelas B)
    Menurut pendapat saya terkait postingan tsb, hal yang paling mudah yang dapat kita laukan mulai sekarang adalah Menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, karena dengan menetapkan tujuan yang jelas dan tegas kita akan lebih konsisten dalam melakuka sesuatu dan arah kita kedepannya lebih jelas, sehingga apa yang kita lakukan memiliki arah yang jelas, Pemimpin yang baik juga tentunya harus menetapkan tujuan yang jelas dan tegas kepada organisasinya, seingga organisasi tsb dapat berkembang sesuai harapan yang diinginkannya.

    Sebaliknya yang paling sulit adalah Pelopor dalam perubahan, karena pelopor dibutuhkan orang-orang yang berani dalam mengambil suatu keputusan yang tegas dan pelopor juga harus mampu bertanggung jawab terhadap apa yang telah diputuskannya.Orang yang demikian harus memiiki inisiatif terhadap perubahan tersebut serta mampu mempertanggung jawabkan-nya.Dan peelopor yang baik tentu tak lepas dari aspek2 lain seperti mampu berkomunikasi dengan baik, ramah kepada bawahnnya, dan dapat menjadi contoh bagi karyawan lain.

    BalasHapus
  24. menurut saya hal yang mudah saya miliki yaitu berkomunikasi dengan baik. dengan adanya komunikasi yang baik dengan semua orang maka mampu menjalin relasi yang baik sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa kita akan memperoleh banyak pengalaman dari relasi yang berbeda-beda sehingga kita mampu menciptakan usaha yang baik tanpa adanya kesusahan jika memiliki komunikasi yang baik.

    yang susah menurut saya ialah berinovasi hal ini dikarenakan untuk berinovasi tidak lah mudah memerlukan pemikiran yang matang sehingga inovasi dapat diterima dan dapat di mengerti sehingga mampu dilaksanakan dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  25. menurut saya, hal yang paling mudah adalah berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik dalam suatu organisasi sangat penting. Dengan komunikasi yang baik, organisasi dan tim dapat bekerja sama dengan baik. Walaupun seperti yang kita ketahui bahwa keinginan satu orang dengan yang lain dalam suatu tim berbeda-beda, namun dengan komunikasi yang baik semua dapat terlaksana dengan baik.

    Hal yang susah untuk dilakukan adalah menjadi panutan. Menjadi seseorang yang dianut oleh bawahan dituntut kesempurnaan performa kerja dalam tim. Seorang pemimpin harus meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan pendapat, sikap dalam bekerja karena bukan hal baik saja yang ditiru oleh bawahan, tetapi yang jelek pun bisa ditiru.

    BalasHapus
  26. MMenurut saya yang paling mudah adalah menjalin hubungan emosional yang baik dan yang paling susah adalah membuat inovasi baru. Karena dengan kita akrab dengan bawahanvkita sudah dapat menjalin hubungan emosi. Tetapi untuk berinovasi kita membutuhan orang yang tepat untuk dapat bertukar pikiran.

    BalasHapus
  27. menurut saya yang paling mudah adalah memiliki hubungan komunkasi yang baik. karena awal mula dari dari orang berkenalan sampai dapat berbicara satu dengan yang lainnya adalah komunikasi. komunikasi yang baik akan menciptakan suasana yang baik pula bagi perusahaan antara organisasi dengan anggota, atasan dengan karyawan, dan itu pun mempengaruhi hubungan rekan kerja. seorang pemimpin yang komunikasi nya berjalan baik dengan bawahannya akan dijadikan contoh bagi bawahannya. sedangkan hal yang susah dilakukan adalah memiliki tujuan yang jelas dan tegas. apabila seorang pemimpin tidak mempunyai tujuan yang jelas dan tegas maka karyawannya pun tidak tahu apa yang harus dilakukan dan akan bertindak sesuai dengan tujuan mereka sehingga mempengaruhi perusahaan.

    BalasHapus
  28. Menurut pendapat saya, yang mudah dilakukan adalah menetapkan tujuan yang jelas dan tegas, karena jika kita menetapkan tujuan yang jelas dan tegas maka kita akan mempunyai dasar yang jelas dan memiliki patokan untuk melakukan pekerjaan sehingga pekerjaan itu dapat terarah dengan jelas kedepannya.
    Dan menurut saya sulit untuk dilakukan adalah pelopor perubahan dan panutan, karena menjadi pelopor perubahan itu tidak mudah, membutuhkan keberanian dan kreatifitas dan kemampuan yang tinggi, sehingga sulit untuk dilakukan, begitu juga sebagai panutan itu sulit karena sebagai panutan harus memiliki sikap yang baik yang dapat memberikan manfaat baik bagi orang lain.

    BalasHapus
  29. Menurut saya melakukan hubungan yang baik pada bawahan adalah paling muda dijalankan. Tapi menjadi pelopor untuk perubahan sangat sulit karena melakukan perubahan harus memiliki sikap yang disiplin dalam semua hal. Pelopor juga harus ada nilai pengorbanan bagi perusahan tersebut hingga mendapat penghargaan dan disegani oleh semua karyawan pada perusahaan tersebut.

    BalasHapus