SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 20 Oktober 2013

Manfaat Pelatihan (Bahan Diskusi 21 Oktober 2013)


Bahan Bacaan:
Kuty, Garry.2009. Think training isn’t important? Security Magazine, April: 70-71

Kuty (2009) mengemukakan beberapa persoalan terkait dengan pelatihan, antara lain kuantitas dan kualitas pelatihan serta manfaat pelatihan bagi suatu perusahaan. Salah satu hal yang menarik yang disampaikan oleh Kuty (2009) adalah manfaat pelatihan yaitu untuk meningkatkan loyalitas karyawan sehingga berdampak pada turunnya tingkat turnover karyawan.

Bahan Diskusi:
Selama ini, pelatihan lebih banyak dihubungkan dengan peningkatan keterampilan karyawan terkait dengan pekerjaan karyawan saat ini. Menurut Saudara, bagaimana menjelaskan bahwa pelatihan dapat mempengaruhi factor-faktor lain dalam diri karyawan dan atau organisasi selain keterampilan karyawan seperti yang dikemukakan Kuty (2009) tersebut (yaitu pelatihan dapat meningkatkan loyalitas karyawan)? Selamat berdiskusi

25 komentar:

  1. Menurut saya, pelatihan berguna untuk :
    1. Menyelesaikan atau nenghadapi persoalan yang dialami karyawan tersebut misal persoalan mengenai kesulitan melakukan job description .
    2. Membuka jalan pikir seseorang agar semakin kreatif menjalankan tugasnya. Jadi dengan adanya pelatihan membuat ilmu karyawan menambah dan berkembang.
    3. Membangun hubungan antar karyawan,agar lebih bisa bekerja sama menyelesaikan masalah,ataupun bertukar pendapat,dll.
    4. Melatih karyawan untuk menggali pertanyaan-pertanyaan penting yang akan ditanyakan ke pelatih yang berguna untuk menyelesaikan tugas yang ada dalam perusahaan.

    Dengan adanya pelatihan berarti merubah pola pikir, membuat karyawan semakin ahli, menambah pengetahuannya sehingga setelah selesai pelatihan diharapkan karyawan mampu melakukan job descriptionnya secara baik, dan mampu memberi kontribusi yang berguna bagi perusahaannya.

    BalasHapus
  2. menurut saya pelatihan itu berguna untuk :
    1.untuk menambah pengetahuan para karyawan terhadap sesuatu hal yang belum dimengerti
    2. pelatihan juga berguna untuk menambah kepercayaan diri seorang karyawan, karena dalam pelatihan seorang karyawan tersebut akan berhadapan dengan orang banyak dan itu akan mampu membuat rasa solidaritas antar karyawan serta mampu meningkatkan kerjasama antar karyawan
    3. pelatihan juga berguna untuk memperbaiki kinerja karyawan, karena pada saat pelatihan mereka diberi pembengkalan. misalnya saja bagaimana cara mengatasi suatu masalah yang dihadapi karyawan dalam suatu perusahaan ataupun dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas yang dimiliki karyawan
    oleh karena itu pelatihan ini penting dilakukan agar seorang karyawan lebih terlatih dan mampu menjalankan tugasnya dengan sebaik - baiknya

    BalasHapus
  3. menurut saya
    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian
    cepat membawa dampak timbulnya persaingan usaha yang begitu ketat dalam
    bidang pelayanan informasi dan komunikasi kepada pelanggan. Kondisi ini
    menuntut setiap perusahaan harus memiliki keunggulan-keunggulan
    kompetitif, respons yang cepat dan fleksibel, agar dapat bersaing dalam persaingan industri.
    disinilah butuh namanya pelatihan SDM agar kinerja perusahaan dapat menjadi lebih baik.
    dan mengapa pelatihan dapat meningkat loyalitas para karyawan pada suatu perusahaan?
    1. Pelatihan meningkat keahlian dari suatu individu terhadap bidang yang dikerjakannya, sehingga ketika individu tersebut sudah lebih menguasai dan lebih ahli di dalam bidangnya, maka dia akan lebih percaya diri dan lebih nyaman untuk mengerjakan pekerjaan itu sehingga tingkat loyalitas pun akan meningkat.
    2.Pelatihan dapat mengubah pola pikir dari individu menjadi lebih baik, dan biasanya pola pikir di match kan dengan tujuan perusahaan, sehingga individu akan merasa lebih perusahaan adalah sesuatu milik bersama yang harus dipertahankan dan dibangun bersama-sama, jelas ini akan meningkatkan loyalitas .
    3.Pelatihan juga berinterkasi dengan semua anggota yang ada, baik sesama karyawan ataupun dengan atasan, sehingga hubungan yang dijalin ini dapat meningkatkan loyalitas dari karyawan karena mungkin dengan adanya hubungan sosial yang baik dan nyaman dengan sesama karyawan atau dengan atasan, membuat karyawan tersebut nyaman dan ogah untuk keluar dari perusahaan tersebut.
    4.Pelatihan juga terkadang memberikan sedikit wewenang karyawan agar karyawan juga di tes seberapa besar karyawan dapat mengambil keputusan, ini membuat karyawan lebih merasa terikat pada kesuksesan perusahaan, sehingga loyalitas karyawan tersebut secara otomatis akan meningkat.
    Dengan demikian setiap pelatihan yang ada banyak atau sedikitpun akan meningkatkan loyalitas pada suatu perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, ada keterkaitan antara pelatihan dan .meningkatnya loyalitas karyawan
    sebagai contoh
    Pada saat pelatihan karyawaan tersebut, karyawan pasti berhubungan dengan setiap karyawaan yang mengikuti pelatihan dan berhubungan pula dengan atasan, nah jika hubungan ini baik dan menurut karyawan lingkungannya nyaman untuk bekerja, maka secara otomatis karyawan tersebut tidak akan mau meninggalkan lingkungan tersebut karena karyawan merasa nyaman ketika bekerja bersama-sama disana.
    Sama hal nya dengan Peningkatan kinerja karyawan, tujuan pertama dalam pelatihan adalah meningkatkan keterampilan karyawan agar dapat berkinerja baik di perusahaan , jika tidak ada pelatihan , mungkin karyawan yang kurang ahli akan merasa tertekan agar tidak bisa berkinerja dengan baik, tetapi dengan ada nya pelatihan ini, meningkatkan keahlian karyawan, jika karyawan sudah cukup ahli, maka ia akan lebih percaya diri dalam bekerja dan turnover akan menurun pula.
    Jadi pelatihan sangat dapat membantu loyalitas karyawan.

    BalasHapus
  5. Manfaat pelatihan bagi karyawan itu sendiri sebagai berikut :

    a) Memberikan ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan karyawan.
    b) Meningkatkan moral karyawan. Dengan ketrampilan dan keahlian yang sesuai dengan pekerjaannya mereka akan antusias untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
    c) Memperbaiki kinerja. Karyawan yang bekerja secara tidak memuaskan karena kekurangan ketrampilan dapat diminimalkan melalui program pelatihan dan pengembangan.
    d) Membantu karyawan dalam menghadapi perubahan-perubahan baik perubahan struktur organisasi, teknologi maupun sumber daya manusianya.
    e) Peningkatan karier karyawan. Dengan pelatihan kesempatan untuk meningkatkan karier menjadi besar karena keahlian, ketrampilan dan prestasi kerja lebih baik.
    f) Meningkatkan jumlah balas jasa yang dapat diterima karyawan. Dengan pelatihan maka ketrampilan semakin meningkat dan prestasi kerja semakin baik dan gaji juga akan meningkat karena kenaikan gaji didasarkan prestasi.

    Melihat manfaat-manfaat di atas, bisa diketahui lewat pelatihan, seorang karyawan kemampuan dan keterampilannya akan lebih terasah menjadi lebih baik, kinerja juga semakin meningkat sehingga atasan/manajer puas akan hasil kerja si karyawan. Sebagai balasannya, atasan akan memberikan penghargaan/reward intrinsik maupun ekstrinsik. Sikap atasan yang demikian membuat karyawan betah (loyal) dan rendahnya tingkat turnover.

    Karyawan yang kinerjanya semakin meningkat semakin terpacu semangat dan motivasinya untuk terus mengabdi (bekerja) di organisasi itu sehingga turnover menjadi minimal.

    BalasHapus
  6. Menurut saya pelatihan itu dapat memberikan gambaran pekerjaan yang telah diterima dari karyawan tersebut sehingga memudahkan karyawan dalam memasuki dunia barunya kemudian dengan pelatihan karyawan dapat semakin terampil dan bekerja lebih cepat karena sudah mendapat pendahuluan
    Kemudian menanggapi dengan pelatihan dapat meningkatkan loyalita karyawan menurut saya itu tidak akan terjadi 100% karena loyal tidak nya karyawan dipengaruhi berbagai hal bisa dari suasana kerja,gaji,jenjang karier

    BalasHapus
  7. Menurut saya pelatihan karyawan bermanfaat untuk:
    1. Meningkatkan kualitas karyawan sehingga kinerja karyawan bisa lebih baik
    2. Menambah wawasan seorang karyawan mengenai dunia kerja yg lebih kompleks
    3. Menambah pengalaman dalam bersosialisasi
    4. Meningkatkan jiwa sosial antar sesama karyawan
    5. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama karyawan

    Melalui banyaknya manfaat yg didapat lewat pelatihan, seorang karyawan biasa bisa disulap menjadi karyawan yg luar biasa.
    Meningkatnya kualitas karyawan tentu juga akan menarik perhatian atasan. Atasan yg merasa puas pun akan memberikan bonus bagi karyawannya.
    Hubungan timbal balik pun akan terjadi. Karyawan pun akan merasa puas dgn bonus yg telah diberikan dan karyawan itu pun jd enjoy bekerja diperusahaan tersebut sehingga meminimalisir kemungkinan turnover.

    BalasHapus
  8. Menurut saya manfaat dari pelatihan itu dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan yang idperlukan karyawan, meningkatkan moral karyawan, meningkatkan karir karyawan, meningkatkan kinerja karyawan.
    Serta dengan menanggapi pelatihan dapat meningkatkan loyalitas karyawan menurut saya tidak mungkin terjadi karena karyawan dipengaruhi oleh suasana kerja, gaji, karir

    BalasHapus
  9. menurut saya, pelatihan berguna untuk:
    1. Penguasaan atas sesuatu disiplin ilmu tertentu
    2. Cakrawala pandangan yang tidak sempit
    3. Menambah rasa ingin tahu
    4. Kemampuan berpikir secara teratur, logis dan sistematis
    5. Menambah efektifitas dan efisiensi pegawai baik untuk kepentingan sekarang maupun untuk kepentingan yang akan datang

    Jadi pelatihan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam usaha mengembangkan karyawan, bentuk usaha lainnya dalam pengembangan karyawan ini adalah pendidikan.

    BalasHapus
  10. Menurut saya selain keterampilan, pelatihan juga berguna sebagai berikut
    1. Meningkatkan moral dan kerpercayaan diri seorang karyawan
    2. Meningkatkan kinerja karyawan
    3. Mengubah pola pikir seorang karyawan, dengan pelatihan, seorang karyawan mendapatkan pengalaman yang akan mengubah pola pikir mereka ke arah yang baik
    4. Meninhkatkan kemampian berpikir karyawan dalam memecahkan suatu permasalahan

    BalasHapus
  11. Menurut saya pelatihan hanya untuk education bagi karyawan, peningkatan keterampilan pelatihan cenderung menyiapkan tenaga kerja untuk jangka waktu yang mendesak dan dengan adanya pelatihan karyawan di tuntut untuk bisa meningkatkan kinerjanya agar lebih bagus.
    Tujuan dari pelatihan, sebagai efisiensi kerja, tanpa pelatihan karyawan tetap bisa bekerja namun mereka akan menyelesaikan dengan cara mereka yaitu bertahan misal,karyawan tanpa pelatihan akan melewati jalur a, b, c sedangkan karyawan yang terlatih dapat menyelesaikan tanpa melewati jalur b.
    Intinya adalah pelatihan itu untuk kepentingan perusahaan, bukan untuk karyawan. Kalau karyawan gaji lebih penting, semakin besar gaji yang di berikan semakin bersemangat karyawan menyelesaikan tugas nya.

    BalasHapus
  12. menurut saya memang benar bahwa untuk meningkatkan kreatifitas atau ketramplian yang ada dalam diri karyawan, diperlukan pelatihan - pelatihan yang nantinya dianggap cara tercepat dalam meningkatkan mutu kerja seorang karyawan. tanpa adanya pelatihan - pelatihan yang diciptakan, tidak ada karyawan yang berproduktif dan tidak ada karyawan yang berkualitas. maka dari itu pelatihan - pelatihan sangatlah diperlukan dalam suatu pengembangan ketrampilan diri karyawan.

    BalasHapus
  13. manfaat petaltihan yang lain adalah :

    1. Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan sesuai dengan perubahan teknologi.
    2. Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten.
    3. Untuk membantu masalah operasional.
    4. Untuk menyiapkan karyawan dalam promosi.
    5. Untuk memberi orientasi karyawan untuk lebih mengenal organisasinya

    Jadi dapat dilihat sebuah pelatihan sangat mempengaruhi banyak hal dalam diri seorang karyawan, dan pelatihan ini sangatlah berguna bagi karyawan dan juga bagi perusahaan itu sendiri. Dan dapat dilihat pula tujuan perusahaan adalah menciptakan karakter karyawan yang berkompeten demi kemajuan bersama.

    BalasHapus
  14. Menurut saya Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki performansi pekerja atau karyawan pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya. Pelatihan harus di desain untuk mewujudkan tujuan tujuan organisasi yang ada pada waktu yang bersamaan juga mewujudkan tujuan tujuan dari para pekerja atau karyawan secara perorangan. Pengembangan atau biasa disebut development menujuk kepada kesempatan kesempatan belajar (learning opportunities) yang di desain guna membantu pengembangan para pekerja. Jadi pelatihan langsung berkaitan dengan performansi kerja, sedangkan pengembangan (development) tidak harus. Jadi setiap pelatihan sangat diperluklan dan sangat penting supaya karyawan loyal terhadap perusahaan dan bisa mngembangkan dirinya didalam maupun di luar perusahaan.

    BalasHapus
  15. Menurut saya manfaat pelatihan ialah
    1.meningkatkan kinerja karyawan
    2. meningkatkan kerja sama antar karyawan
    3. menambah pengetahuan karyawan
    4. meningkatkan jiwa sosial antar karyawan

    BalasHapus
  16. menurut saya, pelatihan sangatlah bermanfaat bagi karyawan karena dapat menambah ketrampilan karyawan sendiri dan juga dapat mengatasi masalah dalam pekerjannya sendiri.
    dengan adanya pelatihan dapat membantu karyawan memahami serta bekerja sama antar karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugas perusahaan.

    BalasHapus
  17. menurut saya pelatihan berguna untuk pengetahuan kayawan tentang tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan tersebut, sehingga kelak semua karyawan tidak perlu menanyakan lagi tugas - tugasnya di perusahaan tersebut melainkan dapat langsung melaksanakannya dengan baik

    BalasHapus
  18. menurut saya pelatihan sangat bermanfaat dan sangat berpengaruh bagi karyawan di suatu perusahaan. karena manfaat pelatihan itu sendiri yaitu:
    1. meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan agar tetap mengikuti perkembangan tekhnologi luar
    2. meningkatkan rasa percaya diri sehingga semangat kerja mereka tetap menyala untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal.
    3. membantu karyawan untuk bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan suatu tujuan yang ingin dicapai sebagai contoh menghasilkan suatu produk.
    4. meningkatkan kinerja karyawan. agar lebih terlatih untuk menjalankan tugas-tugasnya disuatu perusahaan.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, Karyawan akan menjadi semakin termotivasi dan loyal kepada perusahaan jika dia meyakini dia bisa mengembangkan dirinya di dalam perusahaan tersebut.Bentuk pengembangan diri karyawan yang bisa difasilitasi oleh perusahaan bisa berupa: gambaran jalur karir yang berpeluang untuk dijabat di masa depan serta peningkatan keahlian dan kompetensi lewat program-program pendidikan seperti training, kursus, dan sebagainya. Perusahaan yang ingin selalu mendapatkan keuntungan harus menciptakan lingkungan kerja yang menarik dan mempertahankan orang-orang yang berkeahlian tinggi. Cara menjaga loyalitas karyawan yang kompeten adalah dengan selalu menjaga kepuasan karyawan tersebut.

    BalasHapus
  20. Menurut saya melalui pelatihan karyawan yang turut serta dalam pelatihan tersebut dapat manfaat yang macam* karena tujuan pelatihan bukan hanya mebg upgrade skill saja tetapi juga softskill yang secara tidak langsung mereka pelajari, biasanya dalam pelatihan ada ice breaker dengan kegiatan di luar teori pelatihan. Dan it juga berujua meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

    BalasHapus
  21. menurut saya pelatihan dapat beerguna untuk karyawan yaitu :
    1. dapat lebih meningkatkan kinerja yang akan diterapkan didalam perusahaan.
    2. karyawan dapat memiliki manfaat keterampilan-keterampilan yang ia peroleh pada saat pelatihan.
    3. karyawan dapat memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih luas mengenai informasi-informasi update'an mengenai berbisnis dan perusahaan
    4. dapat meningkatkan rasa keingintahuan karyawan mengenai usaha-usaha atau taktik yang ada dalam perusahaan yang mereka dapat di dalam pelatihan.
    5. dapat meningkatkan jiwa kebersamaan dan sosial pada saat melakukakn pelatihan bersama-sama dengan karywan yang lain, yang akan menimbulkan rasa persaudaraan.

    BalasHapus
  22. menurut saya kegunaan pelatihan adalah

    1. menciptakan karakter pribadi yang berguna mengembangkan nilai kualitas pengalaman dan komunikasi social di perkejaanya

    2. membuka kreatifitas dan pola pikir yang berguna untuk membuka jalan keluar dalam persoalan-persoalan yang mendesak dan memberikan ide yang berguna...

    3. membangun / menjalin komunikasi dengan karyawan lain agar karyawan dapat berkerja dalam jangka waktu yang panjang..


    4.

    BalasHapus
  23. Menurut saya pelatihan itu berguna meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan karena dalam pelatihan karyawan mendapatkan pengetahuan baru dan bagi karyawan baru yang masih binggung dengan job desc nya akan mendapatkan penjelasan mengenai job yang di dapatkan.

    BalasHapus
  24. menurut saya pelatihan dapat meningkatkan skill dari karyawan sehingga mengakibatkan meningkatnya kinerja para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.Perusahaan dapat memberikan reward atau hadiah atas kinerja karyawan yang baik maka karyawan akan betah dan loyal terhadap perusahaan tersebut

    BalasHapus
  25. menurut saya pelatihan sangat berguna dalam peningkatan kinerja suatu perusahaan oleh kariawannya.dengan adanya pelatihan maka kariawan akan lebih memahami dengan baik apa yang harusia kerjakan. selain itu, kariawan akan memahami tujuan yang harus di capai serta langkah atau cara yang harus ia di lakukan demi mencapai tujuan tersebut.kariawan yang bekerja baik akan di berikan hadiah oleh perusahaan yang di mana akan menimbulkan loyalita dari kariawan terhadap perusahan.

    BalasHapus