SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 22 September 2013

10 Larangan dalam Memimpin Kelompok (Bahan Diskusi 24 September 2013)

Bahan Bacaan:
Hultman, Keneth E. 1998. The 10 Commandment of Team Leadership. Training & Development, Vol. 52 (2): 12-13.

Hultman (1998) mengemukakan bahwa untuk dapat mengelola tim dengan baik, seorang pemimpin tim harus mematuhi 10 larangan berikut ini:
  1. Jangan menyimpang dari visi – misi
  2. Jangan menolerir perilaku yang tidak diharapkan/diinginkan dari anggota tim
  3. Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama
  4. Jangan biarkan ketakutan mengontrol perilaku tim/kelompok
  5. Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok
  6. Jangan terlalu menghindari konflik
  7. Jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim
  8. Jangan biarkan anggota tim sekedar “bermain aman”
  9. Jangan pelit  informasi terhadap anggota tim
  10. Jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil.

Bahan Diskusi:

Dari 10 larangan tersebut di atas, manakah yang paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar? Berikan alasan untuk pilihan Saudara. Silahkan mendiskusikan juga larangan yang belum Saudara pahami. Selamat Berdiskusi….

45 komentar:

  1. setelah membaca 10 larangan dalam memimpin kelompok diatas, menurut saya yang paling merugikan jika larangan itu dilanggar adalah nomor 9. jangan pelit informasi terhadap anggota tim dan 10. jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil. kenapa saya pilih dua nomor itu?
    saya pilih nomor 9 karna jika kita pelit informasi kepada anggota tim, maka kita akan ketinggalan dalam suatu pekerjaan organisasi. kita tidak akan mendapatkan info-info penting mengenai organisasi-organisasi lainya atau pesaing-pesaing tim.
    saya juga memilih nomor 10 karena jika kita hanya menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil maka pekerjaan kita akan banyak yang tertunda. dan tidak akan mendapatkan hasil yang bagus. malah akan jadi jelek kinerja kita.
    sedangkan yang tidak saya pahami adalah larangan nomor 8, jangan biarkan anggota tim sekedar "bermain aman"
    maksudnya apa ya bermain aman nya? apa kah seperti kasus korupsi yang sekarang sudah merajalela atau bagaimana? atau kasus suap menyuap terhadap anggota tim yang lagi beroperasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kurang paham mengenai larangan nomor 6 yaitu jangan terlalu menghindari konflik. karena
      Pengertian konflik menurut Rue dan Byar disebutkan bahwa konflik adalah suatu kondisi perilaku yang tidak tersembunyi atau tidak disembunyikan dimana satu pihak ingin memenangkan kepentingannya sendiri diatas kepentingan pihak lain (Basalamah 2004, 275).
      Pengertian lain diperoleh dari web http://www.ohrd.wisc.edu, dimana konflik didefinisikan sebagai berikut : “Conflict is a disagreement through which the parties involved perceive a threat to their needs, interests or concerns.“ Konflik dianggap sebagai suatu perselisihan paham dimana dua pihak yang dilibatkan merasakan suatu ancaman atas kebutuhan, keinginan dan perhatian masing-masing (substansi dari masalah yang dibawa dalam negosiasi).

      Hapus
    2. Dari pengertian tersebut, dalam konfik terdapat empat unsur dimana terdapat disaggrement, yaitu perselisihan antara dua (atau bahkan lebih) pihak yang terlibat dalam negosiasi. Unsur kedua, parties involved – yaitu adanya disparitas yang dirasakan oleh dua pihak yang terlibat. Unsur ketiga, perceive threat – yaitu adanya respon atas ancaman yang dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat. Dan yang keempat, needs, interest, concerns – yaitu masalah itu sendiri yang dibahas dalam negosisai.
      Konflik pada dasarnya merupakan suatu proses yang dimulai pada saat satu pihak merasa dibuat tidak senang oleh, atau adanya itikad akan berbuat tidak menyenangkan kepada pihak lain mengenai sesuatu yang dianggap oleh pihak pertama hal yang penting.
      Sedangkan pengertian negosiasi menurut Heron dan Vandenabeele, dijelaskan bahwa negosiasi adalah suatu proses dimana dua pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan bertemu dan berbicara dengan maksud untuk mencapai suatu kesepakatan. (Heron 1998, 5). Dalam negosiasi tidak hanya perbedaan kepentingan yang menjadikan alasan terjadinya suatu negosiasi, tetapi juga adanya persamaan kepentingan dapat menjadi alasan terjadinya negosiasi dengan dasar motivasi untuk mencapai kesepakatan. Dan dalam berlangsungnya negosiasi tersebut kadang timbul konflik-konflik lanjutan dalam rangka mencapai suatu kesepakatan.
      Oleh karena itu, makalah ini akan membahas mengenai konflik yang terjadi ketika negosiasi berlangsung, mengetahui apa yang menjadi penyebab dan bagaimana menanganinya agar konflik tersebut tidak menjadi lebih buruk sehingga tujuan bersama yang saling menguntungkan dapat tercapai.
      PENYEBAB KONFLIK
      Dalam negosiasi terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan konflik (Jackman 2005, 72). Berikut ini dipaparkan beberapa contoh penyebab konflik dalam negosiasi :
      1. Ketika satu pihak atau lebih menolak untuk bergerak dari posisi awal negosiasi.
      2. Lebih fokus kepada orang dan posisi daripada masalah yang ada.
      3. Adanya agenda tersembunyi atau rasa saling tidak percaya terhadap motivasi pihak lawan.
      4. Manipulasi dan perilaku agresif terhadap salah satu pihak atau lebih.
      5. Keinginan untuk menang, tanpa mempedulikan apapun resikonya.
      6. Mengejar sasaran yang terlalu tinggi dan tidak realistis.
      7. Tidak bersedia meluangkan waktu untuk menjajaki posisi lawan dan/atau, adanya penolakan untuk menghargai sudut pandang lawan.
      8. Kurang jelasnya peran atau tingkat otoritas.
      9. Kriteria subyektif yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau proses pengambilan keputusan yang tidak jelas.
      Dalam negosiasi seorang manajer harus dapat memahami sikapnya terhadap konflik. Pemahaman tersebut dapat berguna sebagai persiapan dan pemikiran dalam menghadapi konflik ketika konflik tersebut muncul dalam negosiasi.

      Hapus
  2. Menurut saya, yang paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar adalah poin ke 7 "jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim" karena menurut saya jika rasa saling percaya berkurang dalam tim maka sesama anggota tim akan susah mempercayai sesama anggota dan ini akan menghambat kerja sama tim ke depan. Sedangkan yang belum saya pahami adalah Point ke 9 "Jangan pelit informasi terhadap anggota tim", menurut saya seharusnya informasi dalam tim sangat penting bagi tim maupun anggota dan dalam tim informasi sekcil apapun pasti ada gunanya...........

    BalasHapus
  3. Menurut saya, dari 10 larangan di atas yang paling merugikan suatu tim jika dilanggar adalah larangan ke-4, yaitu "Jangan biarkan ketakutan mengontrol perilaku tim/ kelompok". Menurut saya, jika seorang pemimpin tim membiarkan perilaku dalam suatu tim/ kelompok dikontrol oleh ketakutan, hal ini akan berdampak negatif bagi kinerja tim dan kemajuan dari perusahaan itu sendiri. Misalkan, tim yang dikontrol oleh rasa takut akan kegagalan, maka tim tersebut akan tidak berani untuk mencoba, mengambil resiko, membuat keputusan, dan juga tidak berani menggunakan kreativitas dan memunculkan ide-ide inovatif bagi perusahaan.

    Begitu pula bila seorang pemimpin tim berpengarai buruk, cepat naik darah, tidak mau menghargai pendapat anggota timnya. Hal ini akan menyebabkan anggota tim merasa takut untuk bicara, sehingga tidak mau lagi memberikan pendapat, dan memikirkan bersama-sama solusi dari masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Anggota tim hanya akan menyetujui saja apa yang telah diputuskan, dan mengerjakan pekerjaan yang diberikan tanpa disertai rasa semangat. Jika anggota tim melakukan kesalahan pun atau menghadapi masalah, maka mereka tidak berani mengatakannya pada pimpinan. Dengan berbagai cara mereka akan mencoba menghilangkan ”kesalahan” misalnya dengan menghapus data, atau membuat laporan yang ”tidak benar” hanya untuk menyenangkan pimpinannya sehingga tidak marah. Sehingga bila ketakutan dibiarkan mengontrol perilaku tim/ kelompok, akibatnya kualitas kerja akan menjadi tidak optimal, bahkan makin lama makin menurun sehingga merugikan perusahaan.

    Terima Kasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu berkaitan dengan larangan yang belum saya pahami, menurut saya sebenarnya kesepuluh larangan di atas sudah cukup jelas mengapa harus ditaati oleh seorang pemimpin. Namun, ada satu larangan yang menurut saya lebih sulit untuk dijelaskan, yaitu larangan ke-5 yang berbunyi “Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok”. Di mana yang dimaksud dengan klik di sini adalah sebuah kelompok kecil dalam ilmu sosial. Klik merupakan bagian dari klasifikasi kelompok sosial informal. Kelompok sosial informal yaitu kelompok yang tidak berstruktur formal maupun organisasional timbul akibat respon dari kebutuhan sosial. Misalnya, karyawan yang setiap hari berkumpul bekerja dan melakukan aktivitas bersama ketika istirahat dan menjadi sebuah kelompok kecil. Keberadaan klik ini sebenarnya dapat berdampak positif yaitu memberikan rasa aman karena dianggap penting dalam keanggotaan; dapat menyalurkan rasa khawatir, rasa kecewa, rasa gembira bersama teman-teman klik dan mendapatkan tanggapan, dsb.

      Namun, di sisi lain, keberadaan klik yang mengontrol dinamika kelompok akan berdampak negatif, yaitu menimbulkan sikap diskriminatif atau kurang adil terhadap mereka yang bukan anggota klik; anggota klik sendiri merasa enggan untuk memberikan pendapat yang bertentangan dengan sesama anggota kliknya. Hal ini menghambat munculnya ide-ide yang inovatif dan perkembangan tim karena anggota bukan klik dan yang tergabung dalam klik sendiri akan cenderung menyetujui saja apa yang telah diputuskan oleh mayoritas anggota yang tergabung dalam klik. Keberadaan klik juga menimbulkan rasa enggan untuk lebih bersosialisasi, berbagi informasi, ataupun bekerjasama dengan anggota bukan klik. Sehingga pemimpin tim tidak boleh membiarkan keberadaan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok, karena hal ini berdampak negatif pada kinerja tim, dan ikut merugikan kemajuan perusahaan pula.

      Terima Kasih^^ 

      Hapus
  4. Menurut Saya yang paling merugikan suatu tim jika suatu larangan dilanggar adalah " Jangan menyimpang dari visi – misi".

    Alasannya sebagaimana yang telah kita ketahui ,Visi adalah pernyataan tujuan kemana suatu organisasi akan dibawa, sebuah masa depan yang lebih baik, lebih berhasil atau lebih diinginkan dibandingkan kondisi sekarang. Sedangkan Misi sendiri sebagai gagasan pendukung dari ide yang telah dibuat dalam bentuk visi sebelumnya. Misi berperan sebagai alat bantu, bahkan cara yang akan digunakan untuk tercapainya visi dari organisasi tersebut. Dengan adanya visi dan misi, akan membantu suatu tim beserta pemimpin tim untuk memahami tentang tujuan apa yang akan hendak dicapai dalam organisasi tersebut. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga dapat merumuskan, menentukan dan menjalankan strategi untuk mencapai tujuan awal organisasi tsb.
    Terutama dalam era globalisasi seperti saat ini, banyak munculnya tuntutan-tuntutan, keunggulan kompetitif, berbagai macam konflik internal dan eksternal, dsb--sehingga pemimpin dan seluruh bawahan harus saling terlibat dalam mewujudkan tujuan organisasi agar tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan menentramkan.
    Demikian pula pemimpin yang memiliki visi dan misi jauh kedepan melebihi pemimpin-pemimpin lainnya, diyakini akan mampu mengadaptasi antara organisasi yang dipimpinnya terhadap lingkungan eksternal yang terus berubah.
    Yang kurang saya pahami adalah (Jangan terlalu menghindari konflik), karena pada dasarnya banyak tim atau karyawan memilih untuk menghindari suatu konflik. Pada kenyataannya, konflik memberikan manfaat besar seperti membangun organisasi untuk menghasilkan strategi yang signifikan. Sebagai contoh, Exxon mobile dengan kebijakannya “healthy Disrespect,” memanfaatkan konflik untuk menguji setiap strategi yang akan dilaksanakan hingga setiap celah dapat diatasi, minimal diantisipasi. Manfaat konflik dibutuhkan ketika organisasi sedang mencapai kematangan (mature), pada saat mencapai kematangan ,maka ide-ide organisasi sulit timbul, karena ide sudah terpakai habis. Agar tidak terjadi kemunduran organisasi maka konflik dibutuhkan untuk memunculkan ide-ide baru untuk membuat organisasi dan tim tetap bertahan pada keadaan puncaknya.
    Terima kasih^^

    BalasHapus
  5. yg paling merugikan bagi anggota tim jika pemimpin tim melanggar larangan poin no.3 "Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama". Pemimpin tim yg bijaksana hendaknya meletakkan kepentingan bersama sebagai tujuannya memimpin bukanlah sebaliknya. Dan juga berada di poin no.10 "Jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil". Seorang pemimpin haruslah melihat proses/perkembangan anggota timnya menjalankan sesuatu menuju hasil yg diperoleh nantinya dengan tujuan disini agar anggota tim tidak bermain aman dalam menjalankan tugasnya. Proses harus juga diperhitungkan oleh si pemimpin itu sendiri.

    Yg belum saya pahami ada di poin ke-6 "Jangan terlalu menghindari konflik". Disini saya setuju, tapi di sisi lain saya kurang setuju mengingat bahwa suatu tim untuk menjadi suatu kesatuan yg utuh dan kompak dalam berkinerja positif demi kelancaran suatu organisasi, konflik diusahakan seminimal mungkin dan disini tugas seorang pemimpin tim bersama anggotanya untuk mengatasi konflik itu.

    BalasHapus
  6. Menurut saya, yang paling merugikan adalah poin "Jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim". Kepercayaan antar anggota itu bersifat vital. Karena apabila kepercayaan antar anggota tim sudah berkurang apalagi kalau sampai hilang, hal tersebut dapat berujung pada kehancuran tim tersebut. Jika anggota saling tidak percaya, mereka akan cenderung bertindak untuk diri sendiri karena tindakannya hanya didasari presepsi pribadi. Dia sudah tidak lagi yakin akan anggotanya maka dia tidak lagi merasa ada ikatan dengan rekan se-timnya itu. Saling bertindak sendiri bisa berakibat pada terjadinya konflik yang sangat besar dan apabila tidak segera ditangani akan terjadi kehancuran tim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada saudari Natania, dari kesepuluh larangan di atas, manakah yang menurut Anda kurang dapat dipahami dan mengapa alasannya?

      Terima Kasih^^

      Hapus
  7. Menurut saya poin yang merugikan jika dilanggar adalah poin pertama , karena disetiap perusahaan harus mempunyai dan mengikuti visi dan misi tersebut agar tidak tersesat jalannya perusahaan tersebut , supaya ada pedoman , nah jika perusahaan menyimpang dari visi dan misinya maka perusahaan tersebut akan kehilangan arah akan tujuan dari perusahaan tersebut , bahayanya jika perusahaan itu sudah menyimpang jauh dari visi dan misi nya namun belum menyadari nya maka akan merugikan perusahaan tersebut.
    Poin berikutnya yang menurut saya berbahaya jika dilanggar adalah poin terakhir ke 10 karena jika pemimpin perusahaan hanya ingin melihat hasil yang bagus seperti yang diinginkan tanpa peduli dengan proses nya maka akan membimbing bawahannya dan perusahaanya untuk melakukan dan menghalalkan segala cara demi mendapatkan tujuan yang diinginkannya .
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Dari 10 larangan tersebut di atas, manakah yang paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar
    adalah Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama karena Kepentingan pribadi adalah suatu kebutuhan atau kepentingan yang hanya untuk diri sendiri maupun untuk sepihak. Banyak sekali kepentingan manusia yang harus dipenuhi selama manusia masih hidup. Kepentingan itu tidak beda dengan kebutuhan manusia yang memang harus terpenuhi. Individu-individu yang punya kepentingan pasti akan terus berjuang dan mencari cara bagaimana caranya agar kepentingannya terwujud. Individu-individu yang punya kepentingan yang sama terus berkembang menyatukan setiap kepentingan dan berusaha memperjuangkan kepentingan tersebut agar dapat disatukan dalam kehidupan bermasyarakat serta hidup dalam kepentingannya itu. Tentunya dengan kebutuhan atau pun kepentingan yang hendak dicapai itu, manusia sebagai makhluk sosial yang terus berinteraksi dengan sesamanya tetap berusaha mencari-cari cara agar kepentingan-kepentingan itu terwujud dan baiknya bila kepentingan itu diwujudkan dan diaplikasikan sebagai kepentingan bersama.
    Jadi kita harus bias memilah mana yang lebih penting jika terpepet masalah pribadi yang tidak bias di tunda maka harus dibicarakan kepada rekan rekan di suatu organisasi

    BalasHapus
  9. larangan yang belum saya pahami Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok mungkin jika geng-gengan dalam anggota geng tidak suka dengan geng lain maka biasanya geng tersebut juga ikut ikut tidak suka dengan geng lainya menjadikan dinamika kelompok menjadi kurang baik, menimbulkan sikap diskriminatif atau kurang adil terhadap mereka yang bukan anggota klik

    BalasHapus
    Balasan
    1. menanggapi comment dari saudara edwin. menurut saya jika terdapat geng-gengan pada suatu kelompok maka akan menimbulkan kesenjangan terhadap tiap individu, setiap geng akan menimbulkan rasa ingin menang dari geng satunya. dan malah yang ada akan mementingkan kepentingan individu daripada kepentingan kelompok itu sendiri

      Hapus
  10. menurut saya yang paling merugikan yaitu pada poin pertama "jangan menyimpang dari visi-misi" karena visi itu merupakan tujuan yang ingin dicapai sedang misi adalah bagaimana proses menuju pada visi. karena apabila seorang pemimpin tim menyimpang dari visi dan misi maka kinerja dari anggota tim nya akan jadi tidak beraturan dan lepas dari konsep, sehingga tim tersebut akan berjalan dengan sendiri dan tidak mengacu pada tujuan dari perusahaan itu, ini jelas akan sangat merugikan anggota tim maupun perusahaan tersebut karena hasil kinerja nya akan sia-sia(menyimpang dari visi misi)
    dan yang kurang saya pahami adalah poin yang ke lima yaitu "Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok"
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  11. Menurut saya, hal yang paling merugikan dalam suatu tim, jika larangan tersebut dilanggar adalah pernyataan "Jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim" jika kita sudah kehilangan rasa percaya antara satu sama lain di dalam satu tim, bagaimana bisa tim tersebut dapat tetap berjalan dengan baik dan tetap ada kesatuan, sedangkan di dalam tim itu sendiri ada anggota-anggotanya yang susah untuk saling percaya. Di dalam tim dibutuhkan saling percaya antara satu dengan lainnya karena tim adalah satu, tidak ada pribadi yang berdiri sendiri-sendiri. Satu kalah semua anggota turut merasakan kekalahannya, satu menang semua juga turut merasakan kemenangannya.Oleh karena itu setiap tim membutuhkan adanya saling percaya, agar tim tersebut dapat semakin kompak dan semakin bersatu. Dengan melakukan hal ini, tim dapat berjalan dengan semakin baik dan akan terus mengalami peningkatan.

    BalasHapus
  12. Menurut saya, poin yang paling merugikan tim apabila dilanggar adalah poin ke 7 "Jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim" dan poin ke 9 "Jangan pelit informasi terhadap anggota tim".
    Alasan poin ke 7 : Menurut saya, hal/komponen yang paling penting dalam menentukan kesuksesan sebuat tim adalah kerjasama. Nah, kerjasama dapat dilakukan dengan baik apabila terdapat rasa saling percaya antar anggota tim. Kepercayaan anggota tim perlu dibangun sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai tim dan idak ada asa kecurigaan ataupun keraguan akan kemampuan anggota tim lainna dalam melaksanakan tugas/pekerjaan. Jadi, kepercayaan dapat menentukan hasil kinerja dari suatu tim.

    Alasan poin ke 9 : Informasi juga merupakan suatu komponen penting dalam sebuah tim, dengan adanya informasi maka suatu tim dapat melaksanakan tugas/pekerjaan dengan baik serta suatu informasi dapat juga digunakan untuk mengevaluasi suatu permasalahan yang ada sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya. Jadi, suatu informasi sangatlah penting oleh karena itu jangan sampai pelit informasi kepada anggota.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  13. Menurut saya, yang paling merugikan apabila dilanggar adalah poin pertama yaitu "jangan menyimpang dari visi-misi". Sebagaimana kita tahu bahwa visi dan misi dibuat oleh perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya. Apabila seorang pemimpin tim sudah menyimpang dari tujuan perusahaan tersebut, maka tim tersebut tidak akan berjalan dengan baik karena pengetahuan para anggotanya menyimpang dari yang sebenarnya dan dapat berakibat fatal pula bagi kemajuan dan kelancaran perusahaan. Tim tersebut mungkin akan melakukan kegiatan-kegiatan yang seharusnya tidak perlu dilakukan karena tidak sesuai dengan misi. Dengan adanya kegiatan yang seharusnya tidak perlu dilakukan ini, maka akan menimbulkan kerugian waktu maupun biaya bagi perusahaan.

    BalasHapus
  14. Menurut saya point yang paling erugikan suatu tim ialah point yang ke 3 dimana " jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama". Apabila pemimpin tim tidak dapat membedakan atau memisahkan kepentingan pribadinya, maka pemimpin tersebut tidak dapat bersikap profesional di dalam sebuah tim maupun pekerjaannya. dimana sikap tersebut pasti akan mempengaruhi kinerjanya untuk memimpin sebuah tim yang akan membuat ketidaknyamanan bekerja dalam sebuah organisasi. Maka dari itu, seorag pemimpin tim harus dapat menunjukkan sikap kebijaksanaannya untuk mempimpin sebuah organisasi agar dpaat menjadi contoh yang baik bagpara karyawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya, kebijaksanaan seperti apa yang anda maksud?Terima Kasih

      Hapus
  15. dari 10 larangan diatas, menurut saya yang poin yang paling merugikan suatu tim kila larangan tersebut dilanggar adalah poin ke 4 yaitu "jangan biarkan ketakutan mengontrok perilaku tim atau kelompok". karena apabila pemimpin suatu tim tersebut membiarkan perilakudalam tim atau kelompoknya dikontrol oleh ketakutan, itu dapat mengakibatkan kinerja dalam suatu tim menjadi buruk dan dapat membuat organisasi menjadi kurang membuahkan hasil yang baik untuk kedepannya. oleh karena itu, sebaiknya dalam berorganisasi janganlah takut untuk mencoba, mengeluarkan ide-ide atau kreatifitas yang ingin kita sampaikan sesuai dengan tujuan tim, dan dalam pengambilan keputusan. dengan begitu, kinerja tim nantinya dapat memberikan hasil yang baik dan memuaskan.

    yeni 3103011248 POK kelas B

    BalasHapus
  16. Ardy Wirjo Pranoto -3103011265 (kelas B)

    Menurut pendapat saya, dari 10 larangan diatas yang paling rentan jika dilangar adalah poin no 3)Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama.Mengapa demikian ? Karena namanya saja tim/kelompok, seorang pemimpi harus mampu membuat persepsi anggota dalam tim berubah dari yang semula berorientasi pada kepentingan pribadi dan dirubah untuk kepentingan bersama.Karena jika anggota dalam tim bersatu padu untuk kepentingan bersama, diyakina suatu tim tersebut akan sukses.arena dengan adanya mengedepankan kepentingan individu akan menghambat proses kerja sama dalam kelompok, shingga membuat tujuan dalam tim tsb tidak akan berhasil.Maka dari itu seorang pemimpin sebelum membuat suatu tim, harus menyelaraskan tujuan bersama sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.Karena dalam suatu tim, kepentingan bersama yang menjadi prioritas.

    BalasHapus
  17. menurut saya dari 10 larangan diatas yang paling rentan jika dilanggar adalah point yang ke 3 dimana " jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama". dimana pada umumnya setiap orang akan mementingkan kepentingan pribadi mereka daripada kebersamaan. namun didalam dunia kerja atau organisasi apabila seorang pemimpin tim lebih mementingkan kepentingan pribadinya daripada kepentingan bersama maka untuk bekerja pun pemimpin tidak dapat berkerja secara profesional dan akan menghambat pekerjaan nya sehingga di pandangan para anggotanya pun sudah dicap tidak baik, karena tidak dapat memisahkan kepentingan pribadi nya dengan kepentingan bersama.

    BalasHapus
  18. menurut pendapat saya yang paling merugikan dari 10 larangan dilanggar adalah "Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama". karena kepentingan bersama merupakan sesuatu yang harus diutamakan dari pada kepentingan pribadi. jika sebuah kerjasama tim mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan tim maka sisi egois seseorang akan menghancurkan kerjasama tim yang telah di bentuk. dimana sebuah tim yang baik harus memperhatikan kepentingan teman setimnya bukan kepentingannya sendiri. jika seseorang mengutamakan kepentingan sendiri maka lebih baik tidak perlu berkerjasama dalam tim, tetapi lebih pada individual. selain itu seseorang yang mengutamakan kentingan pribadi dari pada kepentingan tim akan menghancurkan hubungan yang telah tercipta di dalam tim. hal ini di sebabkan karena tidak dihargainya pendapat dan pemikiran teman tim yang lain dan lebih mengutamakan pemikiran sendiri sehingga hal itu akan berdampak negatif bagi tim.

    BalasHapus
  19. Menurut saya hal yang paling merugikan dalam kelompok adalah"Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama" karena masalah pribadi akan sangat mempengaruhi kinerja tim. Saat masalah individu masuk dalam tim individu tersebut tidak akan maksimal dalam pengerjaan tugas tim,selain itu mau tidak mau kelompok pun akan terpengaruh karena tim akan resah dan secara tidak langsung mungkin semua anggota tim akan risih dengan keadaan atau kondisi dari salah satu anggota tim mereka. Seharusnya anggota tim mau berusaha untuk profesional dalam mengerjakan tugas nya dan dapat membedakan pekerjaan dalam tim dibandingkan masalah pribadinya. Selain itu harusnya tim harus menyadari dan membedakan waktu antar untuk mementingkan kerja dan hasil tim atau masalah pribadinya.
    Yang kurang saya mengerti dalam 10 larangan tersebut adalah jangan biarkan terjadi klik (geng-gengan).

    BalasHapus
  20. kelas B
    menurut pendapat saya dari 10 larangan di atas yang paling sering di langgar adalah no 7 Jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim. karena jika dalam satu tim rasa saling percayanya hilang maka akan terjadi saling curiga satu sama lain dan akan mengakibatkan setiap pribadi mementingkan kepentingan pribadinya karena sudah tidak ada rasa percaya lagi dalam satu kelompok tersebut. sehingga tujuan yang awalnya baik menjadi kacau karena setiap individunya mementingkan diri masing masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Erma, dari kesepuluh larangan di atas, manakah yang menurut Anda kurang dapat dipahami dan alasannya apa?

      Hapus
  21. Menurut pendapat saya, dari kesepuluh poin larangan diatas yang harus pantang dilanggar oleh sebuah tim adalah poin ke 7, karena jika suatu tim tidak ada rasa saling percaya, maka dapat dipastikan tim tersebut tidak dapat optimal menjalankan tugasnya dan pastinya hasilnya tidak akan maksimal. Sedangkan, poin yang tidak saya mengerti adalah poin ke sembilan, yaitu jangan pelit informasi terhadap anggota tim.

    3103011133

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari nathania, mengapa pada poin ke9 kurang bisa dipahami? Alasannya knp? Terimakasih ^^

      Hapus
  22. menurut saya dari 10 hal itu yang paling merugikan bila dilanggar adalah poin pertama yaitu menyimpang dari visi-misi. Yang mana seperti yang kita ketahui salah satu ciri organisasi yaitu memiliki visi-misi, visi-misilah yang berguna sebagai cahaya tujuan di tengah “gelapnya” perjalanan organisasi.

    Visi-misi inilah yang nantinya mempengaruhi kinerja, perilaku, dan orientasi dari sebuah organisasi, jika visi-misi dilanggar maka akan mengacaukan tidak hanya mengacaukan kinerja, perilaku, dan orientasi namun juga individu-individu yang ada di dalamnya. Organisasi menjadi tidak orisinil lagi karena telah menyimpangnya visi-misi.

    Seperti visi jurusan manajemen di fakultas bisnis Widya Mandala yaitu menjadi institusi manajemen terkemuka tahun 2020, bayangkan jika visi ini menyimpang, maka akan berdampak pada bingungnya individu-individu yang berada di dalamnya untuk menjalankan perannya masing-masing, baik mulai karyawan, dosen, sampai pada pengguna kurikulum yaitu mahasiswa sendiri.

    BalasHapus
  23. Menurut pendapat saya, yang sangat paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar adalah poin yang ke 7 "jangan biarkan berkurangnya rasa saling percaya dalam tim" karena menurut saya jika dalam sebuah tim tidak memiliki rasa saling percaya dalam tim maka sesama anggota tim akan susah mempercayai satu anggota dengan yang lainnya dan ini dapat menghambat kerja sama dalam suatu tim. Rasa percayalah yang dapat membangun suatu tim, jadi setiap tim harus bisa percaya dengan para anggota lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Feby, dari kesepuluh larangan di atas, manakah yang menurut Anda kurang dapat dipahami dan mengapa alasannya?

      Hapus
  24. menurut saya,yang paling merugikan adalah poin nomor 9,apabila kita pelit informasi terhadap sesama tim maka kinerja tim akan tidak seimbang karena dalam tim harus bekerja sama dengan timbul seperti ini akan menimbulkan juga rasa yang tidak nyaman dan bisa timbul pada nomor 7..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Elly, dari kesepuluh larangan di atas, manakah yang menurut Anda kurang dapat dipahami dan mengapa alasannya?

      Hapus
  25. dari 10 larangan tersebut, yang tidak boleh dilanggar adalah poin ke 3 dan 9.
    penjelasan point ke 3 "Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama" karena stiap anggota pasti memiliki kepentingan pribadi, tetapi jika anggota lebih mengutamakan kepentingan pribadi maka kegiatan didalam suatu organisasi tidak akan berjalan atau terhambat. Contoh: Si A dan Si B memiliki mslh ( bermusuhan) dalam satu organisasi. ketika ada urusan atau acara tidak mungkin jika mereka tidak datang apalg kalau acara tsb penting dan mereka sangat dibutuhkan. jadi mereka harus profesional dalam pekerjaan mereka.
    Penjelasan poin ke 9 "Jangan pelit informasi terhadap anggota tim" karena informasi di dalam suatu organisasi sangatlah penting. Pemimpin tdk boleh pelit dalam memberikan informasi. jika pemimpin pelit, maka organisasi juga tidak akan bisa bs berkembang. Pentingnya informasi, organisasi bs mengikuti perkembangan jaman dan visi srta misi jd akan tercapai.

    Point yg tdk saya mengerti adalah point ke 5 "Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok"

    BalasHapus
  26. 3103011091/B

    Menurut saya, dari 10penilaian di atas saya memilih poin ke 3, 9,& 10. Untuk yang poin ke 3 "jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama" karena bila kita seorang pekerja tim yang tidak dapat mengendalikan kepentingan pribadi dan bersama maka akan atal akibatnya, tanggung jawab yang di berikan terhadap kita terbengkalai yang disebabkan tidak adanya konsentrasi dalam menyelesaikan tanggung jawab tersebut dan pekerjaan menjadi amburadul.
    untuk poin yang ke 9 "jangan pelit informasi terhadap anggota tim" bila saya menjadi ketua tim hal dalam memberi informasi saya pelit maka kinerja tim saya tidak terlaksana dengan baik, karena kurangnya informasi yang tidak tersampaikan dengan baik, kurang informasi sama halnya dengan orang yang tidak mengerti pandangan kedepan dan pengetahuan luas sehingga menyulitkan orang dalam bekerja.
    Untuk poin ke 10 "jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapainya" bila kita sebuah anggota tim yang hanya menekankan hasil tidak menghargai prosesnya maka apa yang dicapai tidak akan maksimal karena sama halnya dengan orang terlalu muluk dalam menginginkan sesuatu dan melupakan sama sekali apa yang dia perjuangkan untuk mendapatkan sesuatu itu.

    BalasHapus
  27. Menurut saya, dari 10 larangan di atas, yang paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar adalah yang ke-3 yaitu "Jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama". karena biasanya kepentingan pribadi dapat mempengaruhi kinerja seseorang dan menghambat kegiatan dalam tim menjadi terhambat. Pada ujungnya jika proses kegiatan itu terhambat maka perusahaan akan mengeluarkan cost/ biaya yang lebih.
    lalu ada hal yang kurang saya mengerti yaitu tentang maksud “bermain aman” dalam larangan yang ke-8?

    BalasHapus
  28. 3103011050/B

    Menurut saya yang paling merugikan suatu tim jika larangan itu dilanggar adalah poin nomor 1, 5, 9, 10.
    -Pada poin yang pertama adalah Jangan menyimpang dari visi dan misi. Jika hal ini dilanggar maka akan mempengaruhi seluruh tatanan perusahaan dan pandangan jauh tentang perusahaan, karena visi dan misi adalah tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

    -Pada poin yang kelima adalah Jangan biarkan klik (geng-gengan) mengontrol dinamika kelompok. Karena jika ini dilanggar akan mempengaruhi kinerja karyawan, karena jika terjadi geng-gengan mengontrol dinamika kelompok maka akan timbul ketidak nyamanan karyawan 1 dengan yang lainya yang akan mempengaruhi aktivitas dalam perusahaan.

    -Pada poin kesembilan adalah Jangan pelit informasi terhadap anggota tim. Pada poin ini, sebagai atasan harus memberikan arahan kepada bawahannya supaya setiap anggota tim saling memberikan informasi terhadap anggota tim lainnya, karena dalam suatu tim membutuhkan kerjasama yang baik untuk menjalannya suatu pekerjaan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

    -Pada poin kesepuluh adalah Jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil. Jika hal ini dilanggar oleh karyawan maka karyawan akan terbiasa melakukan hal instan untuk setiap pekerjaan yang diberikan. Karena setiap pekerjaan yang menginginkan hasil yang baik harus melewati proses terlebih dahulu, karena melalui proses, pekerjaan dapat dikoreksi bertahap, tanpa adanya proses maka hasil yang didapatkan belum tentu baik.

    BalasHapus
  29. menurut saya yang paling penting dalam tim yaitu Jangan terlalu menekankan pada hasil lalu mengabaikan proses untuk mencapai hasil. memang setiap orang harus memiliki target dalam menjalankan tugasnya tetapi keadaan seseorang tentunya tidak selalu sama oleh sebab itu pula kinerja yang mereka lakukan tidak selalu naik atau sesuai yang diinginkan. maka dari itu kita sebagai sebuah tim harus mampu untuk saling memotivasi satu sama lain. sehingga dengan motivasi sesama tersebut dapat mnenciptakan proses kerja yang baik sehingga mampu memperoleh hasil yang baik pula. dan saya juga tidak setuju dengan tim yang pelit informasi, karena dengan bekerja di tim yang pelit informasi maka akan tercipta kehancuran dalam tim tersebut. jika sudah dianggap tim maka apapun yang diperoleh haus mau atau mampu di sharingkan dengan sesama.

    BalasHapus
  30. Menurut saya dari 10 larangan yang tidak boleh di langgar adalah pada point 1 dan 3 karena pada point 1 jangan menyimpang dari visi-misi, kerena visi-misi menjadi acuan suatu perusahaan dibentuk, jadi jika itu dilanggar maka itu tidak sejalan dengan tujuan perusahaan dan bisa merugikan perusahaan. Pada point 3 jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama karena dalam organisasi kerja tim adalah memerlukan kebersamaan agar tujuan dapat tercapai sehingga jika hanya mementingkan kepentingan pribadi maka tidak akan sejalan dengan tujuan bersama dan menjadi kacau. Point yang tidak dapat saya pahami adalah pada point ke 8.

    BalasHapus
  31. Dari 10 larangan diatas, yang paling merugikan satu tim jika larangan itu dilanggar yakni larangan no 3, dimana jangan biarkan kepentingan pribadi mengalahkan kepentingan bersama, karena kalau bekerja dalam satu tim harus memiliki komitmen untuk sebuah tim, bukan untuk pribadi masing-masing jika kita mengutamakan kepetingan pribadi maka akan menghambat proses kerja dan merugikan satu tim, contohnya harus memisahkan hubungan pribadi dan pekerjaan, maka dari itu kebanyakan perusahaan melarang adanya hubungan pribadi didalam suatu kelompok, karena akan menimbulkan adanya msalah dan menghambat proses kerja dalam suatu tim.

    BalasHapus
  32. Pak ngajarnya kurang jelas...
    Tolong jelaskan lagi, atau bapaknya saya perjelas....

    BalasHapus
  33. Menurut pengalaman pribadi, Poin nomor 10 lah yang paling saya anggap menjadi sebuah kendala, dan kerap kali di langgar, generasi sekarang adalah generasi yang suka dengan cara-cara instan untuk mencapai tujuan, tercermin dari berbagai pelanggaran yang dilakukan, menyogok adalah salah satu contohnya

    Padahal, dengan mengalami proses, yang memang seringkali menghambat seseorang mencapai tujuan, para rekan kerja dapat belajar dari pengalaman-pengalaman, sehingga mereka tidak akan lagi mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama. dan apabila proses dilangkahi, maka saya kira tidak ada proses belajar pada saat itu

    BalasHapus
  34. menurut saya poin" diatas sudah seharusnya dilakukan oleh pemimpin. Karena untuk memberi contoh yang baik bagi karyawannya. tapi poin yang ke 3 kita harus membandingkan yang mana lebih penting pada saat itu tidak boleh seorang pemimpin itu egois hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus mematuhi visi dan misi dalam berkerjasama.

    BalasHapus
  35. Yang paling mudah ialah memiliki komunikasi yang baik kerena komunikasi menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Dimana melalui komunikasi atasan dapat menjalin hubungan yang baik dengan bawahannya. Melalui komunikasi setiap individu yang ada di dalam organisasi mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu komunikasi menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik atau tidak. Jika pemimpin organisasi tidak dapat menjalin komunikasi dengan baik maka para bawahan akan mengalami kebingungan dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh atasnya.
    Yang paling sulit dimiliki ialah menjadi panutan bagi orang lain. karena panutan selalu di tuntut untuk perfect dalam segala hal. Sedangan manusia tidak pernah luput dari kesalahan sekecil apapun itu. Sehingga menjadi panuan merupakan hal tersulit untuk dimiliki oleh setiap individu.
    Yang bisa dilakukan mulai sekarang untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menginspirasi di dalam suatu organisasi ialah berlajar menjalin komunikasi yang baik sehingga dapat tercipta hubungan baik antar sesama. Hal ini menuntut sebuah kesabaran dalam mengendalikan emosi saat berkomunikasi dengan orang lain dalam keadaan apapun baik dalam keadaan senang ada keadaan buruk sekali pun. Selain kemampuan komunikasi kita perlu juga melatih kemampuan dalam mengendalikan emosi terhadap orang lain. sebab emosi dapat mambawa kehancuran dalam sebuah organisasi jika seorang pemimpin tidak dapat mengendalikan emosinya.

    BalasHapus