SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 22 September 2013

Mengelola dengan Efektif (Bahan Diskusi VI Pengantar Bisnis)

Tujuan bab ini adalah menjelaskan:
  1. Level manajemen yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis
  2. Tugas-tugas yang dituntut untuk diselesaikan oleh manajer
  3. Keterampilan/skill  yang dibutuhkan oleh manajer
  4. Bagaimana manajer harus mengunakan waktunya dengan efektif.

Bahan Diskusi:

Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat Berdiskusi……

166 komentar:

  1. Menurut saya yang menarik dari bab ini adalah panduan-panduan dari manajemen waktu yang efektif dan keahlian-keahlian manajerial yang dibutuhkan. Dengan begitu kita dapat mengetahui cara menyusun prioritas dengan tepat, menjadwalkan interval waktu yang lebih panjang, meminimalisasi gangguan, membuat tujuan jangka pendek agar dapat menyelesaikan proyek jangka panjang secara bertahap. Dan juga mengetahui keahlian-keahlian apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan di sebuah perusahaan. Sehingga saat kita memasuki dunia pekerjaan terutama dalam manajerial, kita dapat mengelola secara efektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat anda, dalam bab ini kita harus mengetahui tentang fungsi manajer yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

      Hapus
    2. saya sangat setuju dengan pendapat anda, bagaimana kita dapat mengelola sebuah perusahaan secara efektif seperti perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan, pngendalian dengan melibatkan SDM dan berbagai sumber daya lainnya.

      Hapus
    3. Menurut saya, dalam bab ini sangat menarik karena mengajarkan kepada kita fungsi dari masing-masing lapisan manajerial dalam sebuah perubahan, seperti perencanaan manajer dalam mengelola dapartemen tersebut. Interaksi ini untuk mencapai rencana strategis perusahaan tersebut, kita juga dapat mempelajari pengorganisasian dan kepemimpinan yang efektif. Adapun cara mengatasi permasalahan bisnis global, kita juga lebih paham mengenai keahlian konseptual, keahlian interpersonal, keahlian teknis dalam suatu manajerial, juga dapat mempelajari bagaimana manajer mengelola waktu, seperti menyusun prioritas secara tepat , membedakan mana yang bisa di kerjakan dan mana yang bisa di kerjakan nanti.
      Seorang manajer juga harus bisa meminimalisasi gangguan, tujuan dan mengambil keputusan yang cepat dan benar..

      Hapus
    4. Saya setuju dengan anda, pembahasan mengenai bagaimana manajer mengelola waktu memang menarik, karena seorang manajer memiliki waktu yang terbatas untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dan manajemen waktu sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu usaha.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat teman tentang manajemen waktu atau bagaimana seorang manajer mengolah waktu. Seorang manajer harus bisa menyusun prioritas dengan tepat, menjadwalkan interval waktu yang lebih panjang, meminimalisasi gangguan, membuat tujuan jangka pendek agar dapat menyelesaikan proyek jangka panjang dan bisa membedakan mana yang harusdi kerjakan sekarang dan mana yang bisa di kerjakan nanti.Sehingga seorang manajer bisa menyelesaikan perkerjaanya dengan baik dan tepat waktu.

      Hapus
    6. saya masih kurang paham dengan kalimat "membuat tujuan jangka pendek agar dapat menyelesaikan proyek jangka panjang secara bertahap" saya mohon untuk penjelasannya. Terima kasih

      Hapus
    7. saya sangat setuju dengan pendapat anda,bab ini kita harus mengetahui tentang fungsi manajer yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian seperti Seorang manajer harus bisa menyusun prioritas dengan tepat, menjadwalkan interval waktu yang lebih panjang sehingga bisa membedakan mana yang harus di kerjakan sekarang dan mana yang bisa di kerjakan nanti karna waktu sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu usaha.

      Hapus
    8. saya sangat sependapat dengan anda karena di bab ini kita membuat seseorang manajamen yang ungul dan efektif dan memiliki keahlia-keahlian di bidang manajemen yang di miliki nya itu.
      sehingga pada saat mencari perkerjaan kita dapat berkerja sesuai dengan ahli yang kita miliki !!

      Hapus
    9. saya sangat setuju dengan pendapat anda, tentang menajemen waktu dan bagaimana mengelola waktu dengan baik maka apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai tepat waktu sehingga tidak ada gangguan dan kita dapat mengelola perusahaan kita secara baik meliputi perencanaan,pengorganisasian,kepemimpinan,dan pengendalian.

      Hapus
    10. saya sangat setuju dengan pendapat dari anda , karena dari bab ini mengarahkan kita fungsi dari masing-masing level manajemen dalam bisnis serta tuntutan tugas pada setiap manajer dan skill yang harus di miliki setiap manajer dalam menggunakan waktunya dengan efisien . Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya .

      Hapus
    11. ya, saya setuju. peran seorang manajer sangatlah penting. jalannya perusahaan banyak ditentukan oleh manajer, meski peran pemangku kepentingan yang lainnya tak kalah penting. seorang manajer tentu harus tahu kewajiban-kewajibannya, dan tentu harus siap secara soft skill. bukan hanya memiliki pengertian saja, tpi juga harus bisa mengambil keputusan yang paling tepat.

      Hapus
    12. Syaloom.
      Para karyawan bertanggung jawab dalam mengelola karyawan, meskipun jabatan mereka berbeda-beda sesuai dengan masing-masing tikngkatannya dalam perusahaan. Ada berbagai macam tingkatan dalam manajemen:
      a) Manajemen Puncak (tingkat atas atau high level): meliputi jabatan-jabatan seperti presiden, direktur utama, dan direktur keuangan. Bertugas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan jangka panjang
      b) Manajemen tingkat menengah (middle management):bertanggung jawab atas keputusan-keputusan jangka pendek perusahaan, bertugas memecahkan masalah dan mencari metode-metode baru.
      c)Manajemen supervisor (tingkat pertama atau supervisory management) : berhubungan denga masalah-masalah seperti absensi pekerja, dan keluhan-keluhan pelanggan.Manajemen supervisor meliputi posisi-posisi seperti misalnya manajer akun dan manajer kantor.

      Hapus
    13. Saya sangat sependapat dengan anda karena dalam bab ini dibutuhkan yang mempunyai keahlian-keahlian manajerial yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. dalam bab ini juga kita dapat mempelajari tetang bagaimana cara menyusun prioritas yang tepat, mengatur interval waktu yang lebih panjang, meminimalisasi gangguan, dan membuat tujuan waktu yang sangat pendek agar dapat menyelesaikan proyek jangka panjang secara berkala. Dan juga siap secara baik soft skill maupun hard skill.

      Hapus
    14. Saya setuju. tingkat tingkat manajemen ada beberapa yang paling awal manajemen puncak meliputi jabatan seperti direktur presiden. para manajer ini melakukan keputusan yang berkaitan dengan tujuan jangka panjang perusahaan. manajemen tingkat menengah sering kali bertanggung jawab atas keputusan jangka pendek perusahaan, karena manajer lebih dekat dengan proses produksi. manajemen supervisor biasa nya sangat terlibat dengan para karyawan yang melakukan proses produksi sehari hari

      Hapus
    15. saya setuju dengan bab ini, karena dari itu kita dapat mengerti pembagian/jenis2 management dalam suatu bisnis yang di miliki seseorang
      seperti management puncak, management tingkat menengah, dan management supervisor. sehingga kita atau pun orang ingin menjadi manager paham kalau dia sesuai dengan posisi apa, tentunya yang bertanggung jawab dengan apa yang dia kerjakan nantinya

      Hapus
    16. saya setuju dengan pendapat anda,karena skill suatu manajer harus dipertanggungjawabkan,karena manajer harus bisa mengerjakan proyek atau tugas" yang harus diselesaikan dengan tepat waktu,agar perusahaan tetap maju.Karena itu skill manajer yang bagus dan efisien dalam mengatur waktu dan mengatur tugas" di perusahaan sangat diperlukan.

      Hapus
    17. Saya sangat setuju dengan pendapat teman-teman semua. Pembahasan dibab ini , sangat jelas menggambarkan bahwa pentingnya manajemen waktu dalam suatu bisnis.

      Hapus
    18. Saya sangat setuju dengan pendapat Olivia aldisa. Memang sangat penting mempelajari bab ini, karena kita bisa mengetahui fungsi-fungsi manajer seperti perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan, dan pengendalian. Selain mempelajari tentang bagaimana cara mengelola dan membuka usaha, kita harus tahu tugas sebagai manajer dalam berbisnis. Jadi kita tidak mudah sembarangan memimpin suatu perusahaan yang menjadi tempat kerja kita. Kita harus tahu cara-cara dan pengertian dari tugas manajer tersebut.

      Hapus
    19. Saya juga setuju. Memang benar, pengetahuan dan pemahaman tentang cara - cara mengatur waktu dalam bisnis, maupun fungsi-fungsi manajemen lainnya merupakan hal yang vital dalam menjalankan suatu usaha.

      Hapus
    20. saya juga sangat setuju, memang benar bab ini sangat menarik namun, selain kita dapat belajar manajemen waktu, kita juga jadi mengerti level-level yang terdapat pada tingkatan manajer, fungsi dan juga tugas-tugasnya, karena setiap level manajer memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. dan itu semua akan berpengaruh terhadap kinerja suatu perusahaan

      Hapus
  2. Bab ini sangat menarik buat saya. karena di bab ini di jelaskan tentang tingkat2 manajemen: yaitu manajemen puncak, tingkat menengah, supervisor. karena disetiap perusahan besar yang kita buat pasti memiliki tingakatan manajemen tersebut agar bisa berjalan dengan baik. fungsi2 manajemen ada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian. juga keahlian manajerial disini kita juga harus memilki itu dibidangnya masing2 agar rencana kedepan dapat terus berkembang dan maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan anda, pembahasan tentang tingkatan-tingkatan manajemen menarik karena kita dapat mengidentifikasi secara lebih spesifik lagi perbedaan kepentingan maupun bentuk tanggung jawab dari tingkatan manajemen tsb. Seperti dijelaskan puncak(tingkat atas) berkonsentrasi pada tujuan jangka panjang perusahaan, manajemen tingkat menengah bertanggung jawab atas keputusan jangka pendek,dan manajemen supervisor(tingkat pertama) yang bertanggung jawab pada para karyawan dalam proses produksi sehari hari.

      Hapus
    2. saya sependapat dengan anda, karena dari bab ini kita dapat mengetahui tingkatan menejemen yang mana dalam perusahaan besar, tingkatan manajemen sangatlah penting demi kemajuan bisnisnya. selain tingkatan , juga ada skill yang harus dimiliki manajer, dan bagaiman seorang manajer bisa menggunakan waktunya dengan tepat agar tugas-tugasnya dapat selesai sesuai deadline.

      Hapus
    3. saya sependapat dengan anda, karena kita mengetahui apa saja yg harus dilakukan dan dimiliki seorang manajer. Selain itu dalam bab ini juga menjelaskan tingkatan-tingkatan manajemen dan tugasnya dalam memimpin suatu perusahaan.

      Hapus
    4. benar sekali, selain kita bisa mengetahui tingkatan-tingkatan dalam manajemen beserta jabatan dan jenis keputusan yang akan diambil baik dalam perusahaan besar maupun kecil, kita juga dapat mengetahui fungsi-fungsi manajer yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Hal tersebut dapat membantu kita mengelola manajemen suatu perusahaan secara efektif sehingga membantu proses jalannya kegiatan suatu perusahaan.

      Hapus
    5. Saya sependapat dengan anda, tingkatan-tingkatan manajemen memang menarik untuk dipelajari.
      Saya ingin bertanya, jika di setiap perusahaan besar memiliki tingkatan manajemen seperti: manajemen puncak, tingkat menengah, supervisor agar bisa berjalan dengan baik, maka apakah perusahaan besar akan tidak bisa berjalan dengan baik tanpa salah satu dianataranya ? dan apakah usaha kecil menengah memerlukan tingkatan manajemen tersebut?

      Hapus
    6. Saya setuju.. Karena kita mengetahui apa yang harus dilakukan dan dimiliki seorang manajer. Selain itu dalam bab ini juga menjelaskan tingkatan-tingkatan manajemen dan tugasnya dalam memimpin suatu perusahaan..

      Hapus
    7. Saya sependapat dengan teman-teman, karena dari bab ini mengarahkan kita fungsi dari masing-masing level manajemen dalam bisnis serta tuntutan tugas pada setiap manajer dan skill yang harus di miliki setiap manajer dalam menggunakan waktunya dengan efisien . Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya .

      Hapus
    8. Saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam bab ini menjelaskan tentang tingkatan manajemen serta tugas dalam setiap manajer untuk memimpin suatu perusahaan dengan baik dan dengan waktu efisien maka sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik

      Hapus
    9. Halo David. Menurut saya, perusahaan besar sangat membutuhkan tiga tingkatan manajemen tersebut dalam proses pelaksanaan usaha/bisnis nya. Tanpa salah satu diantaranya, maka kegiatan perusahaan akan terhambat dan bisa berakibat fatal bagi kelangsungan kegiatan perusahaan karena dalam suatu bisnis yang besar, diperlukan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian yang semakin matang pula diberbagai bidang, dimana keempatnya adalah tugas/fungsi dari seorang manajer. Keempat hal tersebut tidak akan sanggup dilakukan oleh salah satu tingkatan manajemen saja. Dalam proses perwujudannya, sangat dibutuhkan peran dari manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan supervisor. Sedangkan untuk perusahaan kecil, sebetulnya fungsi tiga tingkatan manajemen ini juga pasti akan selalu kita jumpai dan diterapkan sesuai dengan prinsipnya, namun karena lingkupnya kecil, maka tugas/fungsinya bisa dirangkup menjadi satu sekaligus, misalnya manajer tingkat menengah merangkup tugasnya sendiri sekaligus tugas sebagai supervisor atau menajer puncak merangkup tugasnya sebagai manajer puncak sekaligus sebagai manajer tingkat menengah, dsb.

      Hapus
    10. saya setuju,karena suatu perusahaan harus memiliki tingkat manejemen agar dapat berjalan sesuai dengan harapan mulai dari manajemen puncak, tingkat menengah, supervisor dan tingkat tersebut memiliki kewajibannya untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan divisi masing-masing agar tanggung jawabnya sendiri

      Hapus
    11. Saya sangat setuju dengan pendapat dari anda . Seorang manajer harus bisa menyusun prioritas dengan tepat, menjadwalkan interval waktu yang lebih panjang, meminimalisasi gangguan, membuat tujuan jangka pendek agar dapat menyelesaikan proyek jangka panjang dan bisa membedakan mana yang harusdi kerjakan sekarang dan mana yang bisa di kerjakan nanti.Sehingga seorang manajer bisa menyelesaikan perkerjaanya dengan baik dan tepat waktu . Seorang manajer harus memiliki tanggung jawab sebagaimana dia menjadi manajer yang baik

      Hapus
    12. Saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam bab ini kita tidak hanya mengetahui hal - hal seperti pembagian tingkat - tingkat managemen seperti managemen puncak, managemen tingkat menengah dan managemen supervisor, tetapi di dalam bab ini kita juga bisa belajar untuk mengefektivitaskan waktu dalam pengelolahan suatu perusahaan,baik perusahaan besar maupun kecil. Tidak hanya itu,kita juga telah mengetahui bagaimana kita menjalankan suatu fungsi managemen tersebut dalam suatu perusahaan.

      Hapus
    13. saya setuju,karena suatu perusahaan harus memiliki tingkat manejemen agar dapat berjalan sesuai dengan harapan mulai dari manajemen supervisor dan tingkat tersebut memiliki kewajibannya untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan divisi masing-masing agar tanggung jawabnya sendiri,agar kita juga bisa belajar untuk mengefektivitaskan waktu dalam pengelolahan suatu perusahaan,baik perusahaan besar maupun kecil maupun perusahaan besar, kita menjalankan suatu fungsi managemen tersebut dalam suatu perusahaan.

      Hapus
    14. ya saya setuju degan pendapat anda bab ini menarik karena selain menjelaskan tentang tingkat- tingkat manajemen: yaitu manajemen puncak, tingkat menengah, supervisor kita juga dapat megetahui bahwa fungsi - fungsi utama menejemen yaitu merencanakan masa depan , mengorganisasikan sumberdaya untuk mencapai tujuan, memimpin para karyawan, serta melakukan pengendalian ya itu berupa, pengawasan dan pengevaluasian pekerjaan-pekerjaan karyawan.

      Hapus
    15. Ya saya sependapat dengan pernyataan anda. Di setiap perusahaan memang harus ada fungsi-fungsi management nya
      Karena jika perusahaan itu tdk mmiliki fungsi2 itu , maka perusahaan itu tdk akan berjalan efisien

      Hapus
    16. saya setuju dengan pendapat teman sekalian karna dalam membicarakan tentang bab ini. kita bisa mengetahui suatu tingkat prosedur mengenai menejemen dan fungsi-fungsi dalam perusahaan tersebut atau perusahaan yang sedang di jalaninya.dalam menejemen suatu individu harus mengetahui tingkat persamaan yang tinggi maupun tingkat yang rendah agar dalam menjalani perusahaan tersubut mengetahui bahwa konsenkuensi yang terjadi di tingkat perusahaan tersebut itu bisa di atasi dengan maksimal dan baik, sehingga para pekerja di suatu perusahaan itu atau karyawan, bisa mengerti situasi yang sedang di hadapi dalam sebuah perusahaan tertentu.

      Hapus
    17. saya sependapat dengan anda karena disuatu perusahaan memang dibutuhkan manajemen. Manajemen pun juga memiliki tingkatan-tingkatanya. jalanya perusahaan juga dipengaruhi apa yang dikerjakan oleh manajemen karena dalam manajemen ada fungsi-fungsi perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian.

      Hapus
    18. Saya sependapat dengan kalian semua. Bab ini sangat penting buat seorang manajer. Manajer harus mempelajari lebih dalam tentang bab ini. Manajer harus mengetahui fungsi-fungsi dari manajer dalam bekerja di suatu perusahaan, seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian. Tidak hanya itu, manajer juga harus mempunyai 4 keahlian, seperti keahlian konseptual, keahlian interpersonal, keahlian teknis, dan keahlian pengambil keputusan. Dan seorang manajer harus bisa mengelola waktu secara efisien mungkin.

      Hapus
    19. Saya setuju dengan anda dengan adanya spesifikasi maka kerja perusahhann akan semakin baik apabila manusia nyasemakin efekif maka kerja prusahaan jg efektif .

      Hapus
    20. Saya setuju. Manajemen melibatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya misalnya mesin dengan cara yang paling baik guna mencapai rencana dan tujuan perusahaan. Menurut survey yang baru-baru ini dilakukan oleh pemegang saham memandang manajemen dan visi jangka panjang yang baik adalah dua karakteristik yang paling penting dari sebuah perusahaan.

      Hapus
  3. menurut saya yang menarik dari materi ini adalah ketrampilan /skill yang dibutuhkan oleh manajer dan bagaimana manajer harus menggunakan waktu dengan efektif, karena untuk menjadi seorang manajer tentulah bukan hal yang mudah, tentu memiliki kempampuan/skill tertentu dalam menjalankan tugasnya itu. Untuk menjadi seorang manajer diperlukan keahlian konseptual, interpersonal,teknis, pengambilan keputusan. keahlian-keahlian ini sangat diperlukan seorang manajer dalam menjalankan tugas-tugasnya di dalam perusahaan dengan baik.Selain ketrampilan/skill,seorang manajer juga harus mempunyai time management dalam mengelola pekerjaannya, karena seorang manajer memiliki waktu yang terbatas untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya .Adapun cara-cara yang dapat dilakukan seorang manajer dalam menggunakan waktunya dengan efektif ialah :
    1. Menyusun prioritas dengan tepat
    2. menjadwalkan interval waktu yang panjang untuk pekerjaan-pekerjaan penting.
    3. meminimalisasi gangguan.
    4. membuat tujuan-tujuan jangka pendek.
    5. mendelegasikan sebagian pekerjaan pada karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Yuliany. Seorang manajer memang harus memiliki empat keahlian / skill, yaitu keahlian konseptual, interpersonal, teknis, dan keahlian dalam pengambilan keputusan. Empat keahlian ini dibutuhkan oleh seorang manajer untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola karyawan/anggotanya. Selain itu, dengan keahlian yang mereka miliki ini mereka juga dapat mengambil keputusan bisnis yg akan meningkatkan kinerja perusahaan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat teman-teman. dengan mempelajari bab ini, kita bisa mengerti bagaimana cara-cara seorang manager memanage waktunya sehingga bisa mencapai goal perusahaannya.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat teman teman, bahwa keahlian time management menjadi sangat penting. Karena apabila seorang manajer tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu maka pekerjaan tersebut menjadi terbengkalai yang otomatis akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

      Hapus
    4. Memang yang dikatakan Yuliany ada benarnya. Tetapi kita perlu mengingat bahwa tidak ada seorangpun yang sempurna. Oleh karena itu, kita harus melihat di posisi manakah kedudukan kita sekarang berada. Di management tingkat puncak, menengah, atau supervisor. Jika kita berada di management puncak, sebaiknya kita mengurusi hal-hal yang bersifat konseptual dan pengembangan usaha dalam jangka panjang. Kalau kita berada di management tingkat menengah, maka kita juga ikut mengurusi hal-hal yang konseptual, tetapi dalam skala jangka pendek. Sedangkan jika kita berada di management tingkat supervisor, kita harus dapat mengimplementasikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh management di atasnya dengan bantuan para karyawan di bawahnya serta melakukan pengawasan dan memberikan semangat kepada karyawan supaya tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

      Hapus
    5. saya setuju karena hal-hal tersebut membedakaan perbedaan management berdasarkan tingkat - tingkat yang ada. Seperti management tingkat puncak, management tingkat menengah, ataupun pada tingkat supervisor.

      Hapus
    6. Saya setuju, benar sekali seorang manajer harus memiliki ketrampilan atau skills. Karena tanpa itu,dia tidak akan mungkin dapat mengelola usaha tersebut dengan baik. Dikarenakan manajer adalah panutan bagi karyawan nya, jika manajer tidak bisa mengarahkan karyawan nya dengan baik maka usaha tersebut pasti sewaktu-waktu bisa jatuh.

      Hapus
    7. Benar sekali, jika seorang manajer harus memiliki banyak karakter yang baik. Terutama dalam ketrampilan, skills, dapat membagi waktu, bijaksana, punya jadwal khusus, serta memberikan arahan-arahan yang tepat pada karyawan nya. Hal-hal itu sangat baik sekali bagi usaha yang sedang di kerjakan nya dan juga memberi contoh yang baik bagi karyawannya.

      Hapus
    8. Saya setuju seorang manajer harus memiliki skill karen Sebagai seorang manager yang profesional, peran dan tanggung jawab utama adalah :

      • Menetapkan standar kerja yang tinggi..
      • Berkomunikasi ke atasan dan ke staff..
      • Memonitor penampilan kerja staff.
      • Melakukan "coaching" dan memberikan umpan balik kepada staff.
      • Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul.
      • Menegakkan disiplin..
      • Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja
      Yuliane
      Akuntansi kelas A


      Hapus
    9. Saya saya setuju dengan yuliane dewi .semakin pintar manager mengatur berbagai macam hal maka kerja nya smkin baik dan bias meningkatkan kualitas manager tersebut meningkatkan gaji manager trsrbt

      Hapus
    10. saya setuju, karena dalam bab ini selain mempelajari keterampilan dan skill apa saja yang harus dimiliki manager, kita juga mempelajari bagaimana menyusun prioritas dan membagi waktu yang baik.

      Hapus
  4. Menurut saya, bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Disini saya akan menjelaskan level-level atau tingkatan manajemen yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis. Fungsi manajer akan berbeda-beda sesuai dengan masing-masing tingkatannya dalam perusahaan.

    Manajemen Puncak (presiden, direktur utama, direktur keuangan, wakil presiden) : manajer ini melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan tujuan jangka panjang perusahaan.

    Manajemen Tingkat Menengah (Manajer Regional & Manajer Pabrik) : bertanggungjawab atas keputusan-keputusan jangka pendek perusahaan karena manajer-manajer ini lebih dekat dengan proses produksi.

    Manajemen Supervisor (manajer akun & supervisor) : terlibat dengan para karyawan yang melakukan proses produksi sehari-hari. Supervisor berhubungan dengan masalah-masalah seperti absensi pekerja dan keluhan-keluhan pelanggan juga meliputi posisi seperti misalnya manajer akun.

    Manajer tingkat puncak dan menegah harus melakukan berbagai pengambilan keputusan produksi, pemasaran dan keuangan yangakan mencapai rencana baru tersebut, sedangkan manajer supervisor memberikan instruksi-instruksi yang spesifik kepada karyawan baru yang direkrut untuk mencapai tingkat produksi yang lebih tinggi.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari stella,apakah jika salah satu fungsi manajer terjadi kesalahan akan memperngaruhi fungsi manajer yang lainnya?? Terima kasih

      Hapus
    2. Saya akan menanggapi pertanyaan Natan. Jika salah satu fungsi manajer mengalami kesalahan, maka pasti akan mempengaruhi kinerja manajer yang lainnya. Hanya saja besar kecilnya pengaruh yang terjadi tergantung pada kesalahan yang ditimbulkan. Misalnya, jika manajer pemasaran salah dalam menentukan harga jual produksi, maka pengaruhnya akan sangat besar bagi perusahaan karena produk yang dihasilkan bisa menjadi tidak laku akibat harga jual terlalu tinggi. Sebaliknya, jika manajer salah dalam menyelesaikan konflik yang terjadi antar pekerja, maka pengaruh terhadap kinerja perusahaan sangat kecil.

      Hapus
    3. Terima kasih atas penjelasan dari saudari Gabby,saya menjadi lebih mengerti tentang fungsi manajer.

      Hapus
  5. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Dari bab ini kita dapat mempelajari berbagai hal dalam manajerial dimana hal tersebut sangat penting dan berguna khususnya bagi kita yang ingin mendirikan suatu usaha. Kemampuan manajerial sangatlah penting karena dengan memiliki kemampuan manajerial yang baik, kelak ketika kita mendirikan suatu usaha kita dapat mengambil menyusun strategi serta mengabil keputusan secara tepat dan efektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju, sebelum mendirikan sebuah usaha kita harus memliki kemamapuan untuk dapat memanejerial sebuah usaha karena itu merupakkan beberapa hal yang kita perlukan untuk dapat melaksanakan usaha kita untuk dapat maju dan berkembang

      Hapus
    2. Memang kemampuan manajerial yang baik itu sangat dibutuhkan. Akan tetapi, manusia mempunyai kemampuan dan waktu yang terbatas. Oleh karena itu, jika kita mempunyai suatu usaha, sebaiknya kita jangan hanya mengandalkan kemampuan kita sendiri (one man show). Sebaiknya di dalam menjalankan suatu bisnis, kita harus mempunyai team work yang handal dan kompak. Dengan demikian, dapat kita pastikan bahwa usaha yang kita jalankan akan berkembang dengan pesat.

      Hapus
    3. saya setuju dengan anda, karena dengan kita mempelajari bab ini kita dapat mengetahui dalam mendirikan suatu bisnis harus memiliki kemampuan yang sangat paham dengan kita memiliki skill dan pengalaman2 yang membuat kita jadi lebih lancar dalam melalukan bisnis. Di samping itu kita harus pintar2 memanajen semua kegiatan dan waktu dimana kita harus konsen dalam melakukan bisnis. Selain kita dapat melakukan bisnis yg max kita juga mendapatkan untung yang cukup besar jikalau kita ulet dalam berbisnis.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat anda kita juga memerlukan keahlian menejemen ya itu konseptual, keahlian interpersonal agar dapat digunakan dalam berkomunikasi, keahlian teknik, dan yang penting juga pengambilan keputusan.

      Hapus
    5. ya saya setuju degan pendapat anda karena kesusksesan suatu perusahan tidak juga lepas dari peran menejerial dimana menejer menggambil suatu keputusan untuk masa depan perusahan yang lebih baik lagi.

      Hapus
  6. Dari pembacaan Bab 7 mengenai Mengelola secara Efektif ini, saya menemukan berbagai hal baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan saya dikemudian hari ketika saya masuk kedalam dunia kerja. Dalam bab ini dijelaskan secara rinci mengenai konsep-konsep manajerial untuk pengambilan suatu keputusan bisnis yang nantinya akan mempengaruhi suatu kinerja bisnis.
    Tidak hanya itu saja, di dalam bab ini juga dijelaskan bagaimana sebuah perusahaan dengan memiliki sistem manajemen yang efektif akan berjalan lebih mulus / sesuai dengan yang diharapkan.
    Sehingga ketika kita hendak membuat keputusan manajerial sebagai seorang enterpreneur maupun sebagai pekerja di suatu posisi manajerial, kita sungguh-sungguh mampu memahami apa fungsi dari lapisan manajerial / posisi tersebut dan keahlian-keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk bisa melaksanakan setiap tanggung jawab yang harus dikerjakan supaya bisa berjalan sesuai dengan fungsinya dan tercapailah efisiensi yang akan memperlancar kinerja bisnis di dalam perusahaan.
    Satu hal lagi yang menurut saya merupakan bagian yang paling menarik dari bab ini yaitu disini diajarkan secara rinci apa-apa saja yang dapat meningkatkan kinerja bisnis / apa-apa saja yang akan kita peroleh ketika kita dapat membuat keputusan manajerial secara tepat seperti menentukan jumlah lapisan manajemen yang optimal akan menimbulkan efisiensi dalam mengelola bisnis, bagaimana merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan dengan benar akan menimbulkan efisiensi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ide-ide, bagaimana dengan menggunakan keahlian konseptual, interpersonal, teknis, dan pengambilan keputusan dapat menciptakan efisiensi dalam mengimplementasikan dan mengadaptasi proses produksi, serta memastikan bahwa para manajer telah mengelola waktunya secara efektif sehingga efisiensi dalam mengelola bisnis dapat tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan yofina, dengan adanya pembelajaran mengelola dengan efektif, kita yang akan membuka usaha dan kemudian ingin menjadi manager bisa mengelola usaha kita dengan lebih baik dan tanpa hambatan. dengan belajar bab ini, kita juga lebih terasah dalam soft skill dan lebih matang untuk membentuk sebuah sistem managemen di perusahaan kita maupun di perusahaan tempat kita akan bekerja sebagai manager :)

      Hapus
  7. Menurut saya bab ini sangatlah menarik karena dengan bab ini kita dapat tahu bagaimana konsep - konsep manajerial. Dengan mempelajari bab ini kita dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat kita terjun didunia kerja nanti. Banyak hal yang diperoleh disini misalnya saja mengefektifkan waktu dengan mengefektifkan waktu pekerjaan akan menjadi lebih teratur dan tidak terbengkalai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda karena bagi seorang pebisnis sangatlah penting untuk mengenal konsep manajerial agar seorang pebisnis bisa bekerja secara efektif dan profesional.

      thank you

      Hapus
    2. Ya betul sekali. Saya menjadi tahu ternyata seorang manajer itu tidak hanya enak-enakan atau santai saja, namun banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh manajer. Karena manajer memegang peranan penting dalam sebuah usaha, jadi jika manajer tidak mampu memimpin dengan baik maka perusahaan tersebut tidak akan berjalan lancar dan kinerjanya tidak maksimal.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat teman - teman. Seorang manajer juga harus memperhatikan kinerja karyawannya. Dia juga harus mampu memberi contoh yang baik atas pekerjaan yang ia jalankan agar karyawan - karyawannya juga bisa bekerja dengan baik dan maksimal sehingga perusahaan tersebut akan terus berkembang menjadi yang lebih baik.

      Hapus
  8. Menurut saya bab ini sangat menarik,, dari bab ini dapat disimpulkan bahwa manajemen melibatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan berbagai sumber daya lainnya.. dalam manajemen , manajemen memiliki beberapa tingkatan-tingkatan yaitu tingkat menengah dan supervisor,bahkan manajemen juga memiliki beberapa fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian,kepemimpinan dan pengendalian, dalam manajemen harus memiliki tanggung jawab dalam pembuatan rencana strategis menuntut di lakukannya interaksi di antara manajer-manajer perusahaan yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi bisnis yang berbeda-beda.karena fungsi-fungsi bisnis salinh terkait,rencana strategis dapat diimplementasikan hanya ketika disadari adanya interaksi di antara fungsi bisnis...

    BalasHapus
  9. Menurut saya yang menarik dari materi ini adalah keterampilan /skill yang dibutuhkan oleh manajer, harus menggunakan waktu dengan efektif, karena untuk menjadi seorang manajer tentu bukan hal yang mudah, memiliki kemampuan/skill tertentu dalam menjalankan tugasnya. Teori ini juga menarik, kepemimpinan juga dat meliputi/bertidak sebagai pelaku/tokoh panutan bagi karyawan dengan melakukan cara yang konsisten dalam rencana perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Laurenzia saya sangat setuju dengan pendapatmu bahwa untuk menjadi seorang manajer yang efektif diperlukan keterampilan/skill yang memadai untuk mengambil keputusan yang tepat agar perusahaan dapat terus berjalan dengan baik. Selain menjadi panutan, kepemimpinan juga dapat diwujudkan dengan menjalin komunikasi mengenai pekerjaan karyawan dan metode metode yang dapat diberikan oleh seorang pimpinan kepada karyawannya agar pekerjaannya dapat selesai dengan baik.

      Hapus
    2. Betul sekali apa yang dikatakan teman-teman. Menjadi seorang manajer harus mempunyai skill kepemimpinan yang lebih. Berhasilnya suatu proyek juga ditentukan oleh bagaimana seorang manajer dapat mengatur teamnya. Sehingga penting sekali untuk menjadi seorang manajer , kita harus tahu teori-teorinya terlebih dahulu. Lalu, kita dapat mempraktekannya didalam dunia kerja.

      Hapus
  10. menurut saya manajemen perusahaan sangatlah penting karna dalam mencapai rencana dan tujuan perusahaan perlu adanya penggelolaan bisnis yg baik. dimana bagaimana mengelola sumber daya yang ada secara maksimal sehingga menghasilkan komoiditi yaitu produk dan jasa dengan beban minimal sehingga dapat meningkatkan laba kita. karena tanpa pengelolaan dan pengorganisasian yang baik, bisnis tersebut dapat segera mengalami kerugian dan kebabgkrutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberhasilan suatu bisnis bukan hanya tergantung pada kemampuan kita menghasilkan produk dan jasa dengan beban yang ringan saja. Akan tetapi sangat banyak faktor lain yang harus kita perhatikan. Misalnya, bagaimana kualitas produk dan jasa yang kita hasilkan, bagaimana keunggulan service kita kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing, bagaimana menempatkan produk dan jasa kita pada segmen tertentu, bagaimana usaha yang kita lakukan untuk mengiklankan produk dan jasa kita kepada konsumen, dan bagaimana kita mengemas produk dan jasa yang kita hasilkan sehingga dapat menarik pelanggan. Jika faktor-faktor ini semua sudah kita jalankan, maka probability untuk keberhasilan bisnis kita menjadi sangat besar.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat kalian bahwa keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya tergantung pada kemampuan seseorang melainkan bagaimana seseorang itu mampu mengoptimalkan serta meminute dan mengelola bisnis yang ia jalankan secara baik dan benar

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat kalian. Keberhasilan suatu bisnis bukan hanya dinilai berdasarkan besarnya profit yang didapat, tetapi juga dilihat dari bagaimana keberhasilan suatu pengusaha untuk memberikan service yang terbaik untuk pelanggannya. Jika sebuah perusahaan memberikan service dengan kemampuan terbaik mereka, maka pelanggan tentu akan puas dengan kinerja service yang diberikan dan pelanggan akan lebih senang untuk kembali berbisnis dengan kita dibandingkan dengan pesaing.

      Hapus
  11. menurut saya, bab ini sangat menarik dan sebelumnya juga sudah di jelaskan, di masing masing materi tersebut apakah ada perbedaan atau persamaan yang sama?, jika ada perbedaan ata persamaan contohnya seperti apa?, tolong di jelaskan..

    BalasHapus
  12. Bab ini sangat menarik karena kita dapat mempelajari secara lebih mendalam tentang manajemen. Saya tertarik dengan fungsi perencanaan yang dijelaskan bahwa berkaitan satu dengan yang lain. Menurut saya fungsi perencanaan menjadi penentu serangkaian tindakan yang akan kita ambil untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi oleh suatu perusahaan. Perencanaan juga merupakan pedoman dalam melakukan serangkaian kegiatan dan tindakan yang kita ambil pada masa sekarang dan pada masa yang akan datang, sehingga perusahaan dapat terus berjalan dengan baik. Perencanaan dapat dikatakan sebagai dasar dari semua fungsi manajemen, karena perencanaan menjadi awal dimulainya suatu kegiatan, tanpa perencanaan yang matang para manajer serta karyawan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Karena itu apabila perencanaan sudah dapat terlaksana dengan baik, akan lebih mudah dalam menjalankan fungsi selanjutnya dan perusahaan dapat terkelola dengan baik.

    BalasHapus
  13. Menurut saya, salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang manajer yaitu kemampuan interpersonal. Kemampuan ini intinya seorang manajer harus merakyat jadi dia harus memiliki kemampuan untuk menangani dan bekerja dengan orang-orang yang berbeda temperamen. Latar belakang, dan kualifikasi pendidikan. Seorang manajer harus memiliki kemampuan membangun tim yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat sodara binsar. tapi menurut saya yang dibutuhkan sebagai seorang manajer tidak cukup jika hanya memiliki sikap yang mau merakyat saja melainkan ia juga harus seorang yang tegas dalam mengambil keputusan, bertanggung jawab atas sebuah perusahaan dan juga memiliki kreatifitas yang tinggi guna meningkatkan mutu sebuah perusahaan yang didirikannya .

      Hapus
    2. Saya cukup setuju dengan pendapat anda. Memang seorang pemimpin yang baik seharusnya bisa merakyat dan dapat mengayomi semua karyawannya. Akan tetapi, hal terpenting dari seorang pemimpin adalah harus dapat memotivasi para karyawannya sedemikian rupa, sehingga karyawannya bisa mempunyai rasa ikut memiliki perusahaan tersebut. Dengan demikian, mereka akan mencurahkan segenap pemikiran, ide, dan tenaga mereka demi kemajuan perusahaan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat teman - teman, pada intinya seorang manajer mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam mengelola sebuah perusahaan, untuk itu seorang manajer perlu mempunyai soft skill yang cukup kuat, agar para karyawan - karyawan dapat terus bekerja sama dalam memajukan perusahaan tersebut dan bisa memunculkan ide2 baru yang mendukung perusahaan tersebut menjadi yang terbaik. Contoh soft skill : caring, committed, enthusiastic, responsibility, honest, leadership, etc.

      Hapus
    4. Halo saudari Grecia, saya setuju dengan pendapat anda yang ini. Namun menurut saya selain dibedakan menjadi 3 ( Manajer puncak, tingkat menengah, dan supervisor) , manajer juga di bagi 2 : yaitu antara yang dipenuhi keterampilan softskill (Pemimpin), tanpa keterampilan softskill (Boss) dimana boss akan selalu memerintah bawahannya tanpa memerdulikan karyawannya (caring) sehingga terjadi hubungan yang tidak baik antara karyawan dan atasan sehingga dapat memengaruhi kinerja suatu bisnis.
      Namun apabila manajer yang dipenuhi oleh softskill seperti yang saudari.Grace katakan, maka ia akan memosisikan dirinya sebagai pemimpin (leader) dimana ia akan turut ambil bagian dalam suksesnya tim tersebut memanajemen perusahaan ( Bekerja dalam tim) .
      Terima kasih

      Hapus
  14. Bab ini sangat penting dan menarik sekali, karena dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui tingkatan2 manajemen yang terstruktur secara baik yang dapat kita gunakan untuk mengelola bisnis kita. Seorang manajer itu harus bisa membuat prioritas dengat tepat, mengambil keputusan dengan efektif dan komunikasi yang baik. Dengan menentukan tingkat, fungsi, keahlian, dan efisiensi dari para manajer dapat digunakan untuk memaksimalkan nilai2 perusahaan sehingga bisa membuat perusahaan laba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju karena hal ini sangantlah menarik karena kita harus mengetahui tentang apabila ingin memulai suatu usaha kita harus merencanakan hal-hal dan divisi yang harus dibagi agar pekerjaannya bisa terencana dengan baik

      Hapus
  15. kegiatan untuk mencapai target perusahaan. "organizing",pengorganisasian sumberdaya yg ada dan yg dibutuhkan. "actuating",pengarahan efisiensi kinerja faktor produksi. "controlling",pengontrolan dan evaluasi semua kegiatan yg sudah dilaksanakan.
    Keterampilan yg harus dimiliki oleh "top management". "top management" adalah executive skill,yaitu penguasaan situasi dan pengorganisasian perusahaan.
    Untuk efektivitas dan efisiensi waktu seorang manager adalah fokus untuk menjalankan bisnis dan benar2 mensukseskan sebuah bisnis dahulu sebelum mengembangkan bisnis yg lain.

    BalasHapus
  16. Menurut saya bab ini sangat pentig untuk dipelajari karena kita bisa mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang manager dalam berbisnis. Misalnya dalam efisiensi waktu yang sangat perlu diterapkan karena dalam hal ini bisa menjadi contoh bagi karyawan yang lain. Sehingga perusahaan tersebut bisa menjadi disiplin dalam efisiensi waktu dan bisa membuat perusahaan kita semakin baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda karena seorang manejer harus benar benar memilki jiwa pebisnis dan didukung dengan softskill dan hardskill yang seimbang agar dapat melaksanakan kegiatan bisnisnya dengan baik.

      thank you

      Hapus
    2. Untuk mencapai efisiensi waktu, maka kita harus membuat suatu perencanaan yang baik. Rencana yang baik tersebut hanya bisa dicapai jika semua bagian yang terkait dalam perusahaan bersama-sama saling melakukan kontrol satu sama lainnya. Sehingga, jika terjadi suatu penyimpangan dari rencana yang mungkin dilakukan oleh suau bagian, maka bagian-bagian yang lainnya akan bersama-sama memberikan peringatan hingga bagian tersebut kembali bekerja seperti apa yang telah direncanakan. Dengan demikian, terbentuklah suatu team work yang sangat baik, sehingga perusahaan menjadi maju.

      Hapus
  17. bab ini sangat menarik, untuk di pelajari karena kita bisa mengetahui hal2 apakah yang dapat di lakukan oleh seorang manager, agar kita juga bisa menerapkan hal2 baik dalam mengelola bisnis, sehingga bisnis yang kita jalankan juga dapat tertata dengan menurut standart kita sebagai manager. karena juga kita sebagai manager juga menjadi panutan bagi pegawai2 kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau menambahkan sedikit tentang pendapat anda. Seorang manager sebaiknya bisa mengetahui fungsi - fungsi manager. Kebanyakan fungsi manager dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu kelompok berikut ini :
      1. Perencanaan mencerminkan persiapan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi kondisi - kondisi bisnis di masa mendatang.
      2. Pengorganisasian meliputi organisasi karyawan dan sumber daya - sumber daya lain melalui cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
      3. Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kebiasaan - kebiasaan orang lain demi mencapai tujuan bersama.
      4. Pengendalian melibatkan pengawasan dan evaluasi pekerjaan.
      Dengan mengetahui fungsi itu maka seorang manager dapat apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang manager dan memang menjadi seorang manager itu tidaklah mudah, perlu kemampuan / skill yang cukup tinggi.;
      sekian pendapat saya. maaf bila ada kesalahan kata. Terima kasih.

      Hapus
  18. Menurut saya bab sangat menarik karena dengan mempelajari bab ini kita bisa tau tingkatan-tingkatan manajemen dalam suatu perusahaan dan kita juga bisa mengetahui apa saja tugas-tugasnya. Dan dari bab ini juga kita bisa tahu bagaimana menjadi manajer yang baik dari bab ini kita diberitahu bagaimana cara-cara menyusun prioritas dengan tepat waktu, menjadwalkan interval, meminimalisi gangguan, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  19. bagi saya bab ini sangatlah menarik karena di bab ini saya jadi lebih mengetahui mengenai bagaimana mengelola sebuah perusahaan dengan baik dan secara efektif.
    selain itu saya juga lebih mengetahui mengenai fungsi utama dalam sebuah manajemen.
    fungsi-fungsi utama manajemen adalah :
    - merencanakan masa depan ( tujuan)
    - mengorganisasikan sumber daya untuk mencapai tujuan
    - memimpin para karyawan dengan memberikan instruksi kepada mereka mengenai bagaimana mereka sebaiknya menyelesaikan berbagai pekerjaan yang diberikan dan
    - melakukan pengendalian, yang meliputi pengawasan dan pengevaluasian pekerjaan-pekerjaan karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya, jadi menurut anda, apa saja tugas-tugas seorang manager dan keahlian apa yang dibutuhkan seorang manager dalam menjalankan perusahaannya? makasih :)

      Hapus
    2. Hai Yunike, saya ingin coba menjawab pertanyaanmu ya. Menurut saya, tugas-tugas seorang manajer tergantung dari bidang pekerjaannya sih. Jika manajer keuangan pasti juga mengurusi dalam hal keuangan, kalau manajer pemasaran pasti mengurusi seputar pemasaran barang. Tetapi, jika yang anda tanyakan tugas2 utamanya, menurut saya penjelasan Kelly di atas itu merupakan tugas utama manajer. Lalu untuk keahliannya, ada 4, conceptual skill, technical skill dan human skill, satu lagi adalah keahlian untuk mengambil keputusan. Biasanya semakin tinggi jabatan seorang manajer keahlian yang butuh untuk dikuasai lebih adalah conceptual skill, human skill, decision-making skill. Technical skill dibutuhkan untuk tahu saja karena fokusnya bukan pada bidang teknis. Tambahan untuk tugas-tugas utama seorang manajer secara umum seperti ini:
      Menetapkan standar kerja yang tinggi
      Berkomunikasi ke atasan dan ke staff
      Memonitor penampilan kerja staff
      Melakukan "coaching" dan memberikan umpan balik kepada staff
      Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul
      Menegakkan disiplin
      Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja
      Terima Kasih :)

      Hapus
  20. menurut saya bab ini sangat menarik untuk di pelajari . karena dengan mempelajari bab ini kita menjadi tau bahwa manajemen melibatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan berbagai sumber daya lainnya dengan cara yang paling baik untuk mencapai rencana dan tujuan perusahaan.manajemen yang efektif juga mensyaratkan adanya usaha untuk terus menerus meningkatkan mutu dari setiap produk yang dihasilkan.

    BalasHapus
  21. saya tertarik dengan bab ini karena membahas tentang Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.Keterampilan/skill yang dibutuhkan oleh manajer seperti
    1.Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
    2.Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
    3.Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
    NRP :3203013007

    BalasHapus
  22. Yolanda Nataline (3103013255)

    Kebanyakan fungsi manager dapat diklasifikasikan kedalam salah satu kelompok :
    1. Perencanaan : mengidentifikasikan focus bisnis utama perusahaan untuk periode jangka panjang. Membuat rencana strategis yang meliputi tujuan dan strategi yang dapat digunakan untuk mewujudkan misi perusahaan.
    2. Pengorganisasian : organisasi karyawan dan sumber daya lainnya melalui cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
    3. Kepemimpinan : proses mempengaruhi kebiasaan orang lain demi mencapai tujuan bersama. Fungsi kepemimpinan tidak hanya berhubungan dengan instruksi-instruksi mengenai bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan namun juga insentif untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut secara benar dan cepat.
    4. Pengendalian : adanya pengawasan dan evaluasi pekerjaan. Dalam fungsi ini memungkinkan dilakukannya evaluasi secara berkelanjutan, sehingga perusahaan dapat memastikan bahwa ia telah mengikuti arah yang diinginkan untuk mencapai rencana strategisnya.

    BalasHapus
  23. dalam bab ini,jika tema-tema di atas telah dijelaskan,maka cara menggunakan teknolgi dan peranti lunak untik meningkatkan fungsi-fungsi manajemen itu seperti apa ? contohnya bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh penggunaan piranti lunak dalam perekrutan karyawan : dengan bantuan piranti lunak, kita bisa menyeleksi lamaran-lamaran yang masuk berdasarkan prinsip psikologi dan potensi calon karyawan sehingga kita dapat menempatkan karyawan tersebut pada tempat yang tepat. Contoh lain : dalam pengelolaan keluar masuknya barang dalam gudang, kita dapat mengetahui dengan cepat jumlah suatu barang dan di mana letak barang tersebut. Piranti lunak juga bisa digunakan untuk membantu kita dalam pengambilan keputusan. Kita dapat menggunakan teknik-teknik pengambilan keputusan yang telah teruji untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan beragam alternatif yang ada. Sehingga kita dapat mengambil keputusan yang terbaik.

      Hapus
  24. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk di pelajari karena kita dapat mengetahui tingkat manajemen apa yang di butuhkan untuk mengelolah bisnis kita, keahlian – keahlian apa yang di butuhkan oleh manajer, fungsi apa yang diminta dari seorang manajer.

    BalasHapus
  25. maaf, saya masih belum mengerti tentang, apa yang di maksud dengan peranti lunak untuk meningkatkan fungsi-fungsi manajemen ? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mencoba menjawab pertanyaan saudara Garry. Yang dimaksud piranti lunak adalah program - program / software komputer unutk membantu manajer melakukan fungsi - fungsi mereka secara lebih efektif. Perangkat lunak ini mendukung berbagai macam aktivitas perusahaan, contohnya seperti : perekrutan karyawan, evaluasi karyawan, manajemen umum, negosiasi, pengambilan keputusan, dan kreativitas.

      Hapus
    2. Ya, saya setuju dengan pendapat Grecia. Peranti lunak berkaitan dengan paket-paket lunak komputer yang mampu membantu manajer melakukan fungsi2nya secara lebih efektif. Meskipun sedikit kemungkinan peranti lunak akan menggantikan pengalaman manajerial, semakin banyak manajer yang menggunakan peranti2 lunak untuk menambah teknik-teknik manajemen yang mereka miliki. Terima Kasih :)

      Hapus
  26. menurut pendapat saya hal menarik dalam bab ini adalah pelajaran mengenai mengidentifikasi tingkatan-tingkatan manajemen,serta fungsi-fungsi manajer dalam hal seperti perencanaan dan pernyataan misi,rencana strategis,serta perencanaan taktis dan perencanaan operasional. disini terlihat betapa luas nya peranan serta fungsi seorang manajemen dalam menjalankan roda sebuah usaha dan diperlukan keahlian khusus yg disebut keahlian manajerial,konseptual,interpersonal,teknis serta pengambilan keputusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya , apakah bisa dijelaskan lebih mengenai apa itu keahlian manajerial ,seperti apa keahlian manajerial itu dan berikan contoh.

      Hapus
    2. Halo dennis. Keahlian manajerial itu ada 4, meliputi:
      1. Keahlian konseptual : kemampuan memahami hubungan yang terdapat di antara berbagai pekerjaan dalam perusahaan. Contoh: seorang manajer memahami hubungan antara proses produksi dengan fungsi pemasaran dan keuangan.
      2. Keahlian interpersonal : keahlian yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan. Contoh : manajer puncak mengawasi serta membimbing anak buahnya dalam melakukan tugas/pekerjaannya, mendengarkan dan memberi penjelasan yang baik pada pelanggan yang memiliki keluhan.
      3. Keahlian Teknis : keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan harian tertentu. Contoh : seorang manajer usaha bengkel harus bisa mengetahui bagaimana cara membenarkan mesin mobil yang benar.
      4. Keahlian Mengambil Keputusan : keahlian menggunakan informasi yang ada untuk menentukan bagaimana sumber daya-sumber daya perusahaan sebaiknya dialokasikan. Contoh : seorang manajer mengambil keputusan untuk membeli mesin yang baru guna meningkatkan kualitas produk yang ia jual, meskipun biaya yang diperlukan cukup besar, namun ketika produk yang ia jual mutunya semakin tinggi maka jumlah permintaan pasar akan meningkat dan dengan sendirinya keuntungan akan diraih.

      Hapus
    3. saya ingin bertanya pada yofina, pada keahlian teknis: keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan harian tertentu. berarti apakah setiap manager perlu memiliki keahlian yang sama seperti anak buahnya?? jadi kalau kita seorang manager bengkel apakah kita harus tahu bagaimana cara membenarkan mesin mobil dengan benar??
      terima kasih :)

      Hapus
    4. Hai Yunike, saya ingin mencoba menjawab pertanyaanmu ya. Menurut saya seperti ini. Ada 2 macam manajer, yang pertama manager yang langsung diangkat menjadi manager karena melanjutkan/mewarisi usaha keluarga dan ada manajer yang memang memulai dari nol. Memang keduanya sama-sama manager, untuk manager yang memulai dari nol pasti ia memiliki pengalaman2 dalam bidang teknis sebelum diangkat sebagai seorang manager. Sedangkan manager yang langsung mewarisi usaha keluarga perlu belajar banyak. Paling tidak, sebagai seorang manager mengetahuilah meskipun tidak terlalu banyak seperti anak buahnya yang terjun langsung dalam bidang teknis. Semakin tinggi jabatan seseorang dalam suatu perusahaan, biasanya yang perlu dikuasai adalah conceptual skill dan human skill. Jika technical skill hanya sedikit dikuasai saya rasa tidak menjadi masalah karena pekerjaannya memang tidak difokuskan pada hal tersebut tetapi paling tidak harus tahu. Terima Kasih :)

      Hapus
  27. Bab ini sangat menarik buat saya. karena di bab ini di jelaskan tentang tingkat2 manajemen: yaitu manajemen puncak, tingkat menengah, supervisor. karena disetiap perusahan besar yang kita buat pasti memiliki tingakatan manajemen tersebut agar bisa berjalan dengan baik. fungsi2 manajemen ada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian. juga keahlian manajerial disini kita juga harus memilki itu dibidangnya masing2 agar rencana kedepan dapat terus berkembang dan maju.

    BalasHapus
  28. Perencanaan usaha dan pengelolaan yang efektif memang sangat diperlukan dalam menjalankan suatu usaha,dan hal tersebut merupakan tugas seorang manajer. Dalam bab ini kita dapat melihat bagaimana cara mengelola secara efektif sebuah usaha,untuk itu diperlukan fungsi seorang manajer,seorang manajer memerlukan perencanaan taktis serta perencanaan operasional,serta rencana yang strategis dan strategi apa yang akan ditempuh,untuk itu diperlukan manajer yang memiliki soft skill dibidang pengorganisasian,serta kepemimpinan dan gaya memimpin nya,cara pengendalian yang dilakukan oleh investor dan pengendalian pelaporan dan penggunaan teknologi dan peranti lunak untuk meningkatkan fungsi-fungsi manajemen. yang terakhir adalah diperlukan juga keahlian manajerial seperti keahlian konseptual dan interpersonal dan teknis serta keahlian dalam mengambil sebuah keputusan dan pengelolaan waktu.

    BalasHapus
  29. Menurut saya yang menarik pada bab ini adalah seorang manajer harus mampu untuk mengatur waktu dalam mengerjakan tugasnya supaya tugas yang ada dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan tidak mengganggu tugas lain serta seorang manager harus mempunyai keahlian untuk mengelola bisnisnya. Selain itu, pada bab ini kita juga dapat mengetahui tingkatan dan fungsi dari seorang manager.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat kamu..menurut saya hal yg paling menarik adalah bagaimana seorang manajer dpt memgatur waktu dg baik...dan hal ini adalah hal yg sangat susah dilakukan...dan memang benar jika kita tidak dapat mengatur dg baik..pekerjaan kita akan berantakan

      Hapus
    2. Saya setuju dengan Lany dan Cheline. Seorang manajer harus bisa mengatur waktu dengan baik dan seorang manajer selain harus bisa mengatur waktu dengan baik, seorang manajer juga harus bisa memprioritaskan mana yang lebih penting dan harus didahulukan. Terima kasih.

      Hapus
  30. Menjadi seorang manajer atau pimpinan perusahaan adalah impian setiap orang. Akan tetapi, untuk merealisasikannya cukup sulit jika kita tidak mengerti dan paham mengenai struktur organisasi itu sendiri. Tidak sembarang orang karna ini adalah jabatan penting nan krusial. Mengambil keputusan, menyusun strategi, dan tentunya menerima resiko dari setiap kebijakan yang diambil. Manajer ibarat komandan perang. Segala rumus strategi berasal darinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Memang menjadi seorang manajer itu tidak mudah. Karena seorang manajer menanggung beban/resiko yang sangat krusial. Maka dari itu, setidaknya seorang manajer harus tahu langkah apa yang akan diambi saat dihadapkan oleh suatu posisi yang sulit.

      Hapus
  31. bab ini menarik untuk dipelajari, karena bab ini membahas tentang konseptual seorang manajemen. karena dengan tata cara manajemen yang baik, maka keberlangsungan diperusahaan akan teratur dan tertata rapi. hal ini dikarenakan adanya manajemen yang bertugas sebagai perencanaan di masa mendatang, baik jangka panjang, menengah, atau sehari-hari (manajaemen supervisor). apabila tindakan me-manajemen ini dilakukan dengan baik, maka keberlangsungan diperusahaan akan teratur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, karena peran seorang manajer itu sangat penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Sebaiknya kita juga harus teliti dalam memilih seseorang yang akan kita pilih dengan kualifikasi yang tinggi dan harus punya kualitas serta visi dan misi yang jelas. Para manajer juga harus dapat berinteraksi dengan baik, sehingga meminimalisasi kesalahpahaman dalam memanage perusahaan.

      Hapus
    2. Saya juga setuju dengan pendapat teman-teman. Menurut saya management memang sangat diperlukan dalam suatu usaha atau bisnis karena apabila tidak ada sebuah management maka pekerjaan-pekerjaan akan amburadul serta dapat mengganggu stabilitas perusahaan.
      Dari bab ini kita bisa belajar konsep menagement maka dari itu kita harus bisa mengerti agar memiliki dasar sebelum memulai usaha.

      Hapus
  32. bagian dari bab ini yang paling menarik adalah bagaimana manajer mengelola waktu,sebab sangat sulit dalam mengelola waktu dikarenakan manajer memiliki jumlah waktu yang terbatas untuk dihabiskan mengelola berbagai sumber daya yang mereka miliki,untuk itu diperlukan lah panduan antara lain menyusun prioritas dengan tepat,menjadwalkan interval waktu yang panjang untuk pekerjaan-pekerjaan penting,meminimalisasi gangguan,membuat tujuan-tujuan jangka pendek,dan mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii osborn kris, saya juga setuju dengan pendapat anda.
      saya juga merasa tertarik pada management waktu karena apabila kita tidak dapat memanage waktu kita maka perkerjaan-pekerjaan yang seharusnya sudah selesai ternyata tidak selesai/tidak sesuai deadline.
      Tentu hal tersebut akan mengganggu kinerja perusahan. Kita sebagai orang Indonesia sering mengulur-ulur waktu maka dari itu diperlukan management waktu.

      Hapus
  33. Menurut saya bab ini memarik karena dii dlm bisnis kita d ajarkan untuk mengelolanya secara efektif.manajemen ada berbagai tingkatan yaitu manajemen puncak,manajemen tingkat menengah dan manajemen supervisor.
    Setiap manajemen mempunyai tugas yang berbeda-beda.manajemen puncak melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan tujuan jangka panjang perusahaan.
    Manajemen tingkat menengah bertanggungjawab atas keputusan jangka pendek perusahaan sedangkan manajemen supervisor biasanya terlibat dengan para karyawan yang melakukan proses produksi sehari-hari.
    Dalam ketiga tingkatan manajemen mempunyai hubungan yaitu manajemen tingkat menengah dan manajemen puncak harus melakukan berbagai pengambilan keputusan produksi,pemasaran dan keuangan yang akan mencapai rencana sedangkan manajemen supervisor memberikan instruksi-instruksi yang spesifik kepada para karyawan baru yang direkrut untuk mencapai tingkat produksi yang lebih tinggi

    BalasHapus
  34. saya masi belum jelas mengenai konsep-konsep manajerial untuk pengambilan suatu keputusan bisnis yang nantinya akan mempengaruhi suatu kinerja bisnis mohon jelas kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya mungkin secara berkala mengevaluasi keputusan sebelumnya untuk memastikan perlu tidaknya dilakukan perubahan.

      Hapus
    2. Hai Kristian. Menurut saya seperti ini, konsep manajerial untuk pengambilan suatu keputusan bisnis adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Karena setiap keputusan yang dibuat akan mempengaruhi kondisi perusahaan berikutnya. Jenis-jenis keputusannya pun berbeda-beda sesuai dengan posisinya dalam suatu perusahaan. Ketika seorang manajer mampu mengambil keputusan secara tepat maka dapat meningkatkan nilai suatu perusahaan dan membawa perusahaan pada kondisi yang jauh lebih baik Terima kasih :)

      Hapus
    3. Hai Kristian Hadinata
      Menurut pendapat saya, ketika suatu pengusaha menciptakan ide bisnis, maka mereka harus melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dan yang sama pengaruhnya dengan ide bisnis tersebut terhadap kinerja bisnis.

      Seperti:
      Menentukan bagaimana mengimplementasikan bisnisnya dengan cara yang dapat memanfaatkan kondisi pasar.
      Mengembangkan suatu keunggulan kompetitif untuk menarik permintaan.
      Memandu keputusan bisnis dengan merencanakan rencana bisnis yang efektif.
      Menentukan cara pengelolaan risiko bisnis.

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
  35. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari oleh kita semua. Pada bab ini dijelasakan tentang konsep manajerial. konsep- konsep ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja suatu bisnis.seperti jika kita menentuka lapisan manajemen yang optimal maka berdampak pada efesiensi mengolah bisnis, jika lapisan manajemen optimal maka hal tersebut dapat meningkatkan kinerja bisnis kita.

    BalasHapus
  36. bab ini sangat penting untuk di pelajari di mana kita dapat mengolah bisnis kita secara efektif dari perencanaan, organisasi, komunikasi kepada karyawan supaya bisnis kita berjalan lancar

    BalasHapus
  37. saya tertarik dengan materi ini. karena bab ini membahas tentang konseptual seorang manajemen. karena dengan tata cara manajemen yang baik, maka keberlangsungan diperusahaan akan teratur dan tertata rapi. hal ini dikarenakan adanya manajemen yang bertugas sebagai perencanaan di masa mendatang, baik jangka panjang, menengah, atau sehari-hari (manajaemen supervisor). apabila tindakan me-manajemen ini dilakukan dengan baik, maka keberlangsungan diperusahaan akan teratur.

    BalasHapus
  38. menurut saya mempelajari bab ini sangat menarik karena kita dapat tau tingkatan-tingkatan manajemen, fungsi-fungsi utama manajemen dan keahlian-keahlian manajerial. keputusan manajemen akan mempengaruhi biaya pengelolaan bisnis sedangkan fungsi dan keahlian manajemen mempengaruhi biaya produksiya dan kemampuan manajemen mengelola wakti mempengaruhi efisien produksinya. jadi secara keseluruhan sebuah perusahaan dengan manajemen yang efektif akan berjalan lebih mulus yang mengakibatkan biaya produksi yang lebih rendah dan kepuasan pelanggan lebih tinggi sehingga meningkatkan kinerja.

    BalasHapus
  39. Mengelola dengan Efektif itu adalah suatu hal yang absolut. Keefektifan dalam komunikasi harus tetap berjalan. Tanpa komunikasi bisnis yang efektif, seorang manajer tidak dapat melaksanakan fungsi-fungsi dasar dari manajemen secara efisien. Komunikasi ini merupakan darah kehidupan dari sebuah organisasi.

    BalasHapus
  40. pendapat saya jika kita tidak mempunyai kekeretifitasan dalam berkerja maupun diluar perkerjaan kita tidak dapat mengelola suatu hal yg akan kita buat dan kita tidak dapat memplaning hal tersebut karena jika kita tidak mempunyai keterampilan kita tidak dapat menjalankan suatu bisnis tersebut terimakasih.

    BalasHapus
  41. sebagai manajer kita harus dapat membagi waktu yg efektif dengan perkerjaan diluar maupun didalam karna hal tersebut sangat penting jika kita tidak dapat membagi waktu tersebut maka perkerjaan diluar maupun pkerjaan didalam akan berantakan sehingga rumit untuk mengatur waktu ulang. terimakasih.

    BalasHapus
  42. Menurut saya dalam bab pembahasan ini mengenai mengelola dengan efektif terdapat beberapa hal yang menarik untuk dipelajari tetapi yang paling menarik menurut saya untuk dipelajari adalah mengenai keterampilan/ skill itu sendiri. karena ketika seorang manajer mempunyai skill yang kurang maka dia tidak dapat mengatur hal lain dengan baik.

    BalasHapus
  43. level manajemen dalam berbisnis sangat perlu karena dalam berbisnis level atau step sangat diperlukan untuk mencapai yang lebih tinggi.
    tugas manager harus dituntut agar perusahaan yang dikelola dapat maju dan berkembang.
    keterampilan/skill sangat penting bagi manager agar perusahaan itu beda dengan perusahaan lainnya dan agar lebih maju dan berkembang.
    dengan cara membuat jadwal kegiatan dan dapat membagi waktu dengan klien yang mau bekerja sama dengan perusahaan itu.

    BalasHapus
  44. Menurut saya, mengelola secara efektif itu adalah manajemen yang melibatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya (misalnya mesin) dengan cara yang paling baik guna mencapai rencana dan tujuan perusahaan.

    BalasHapus
  45. Menurut saya bab ini menarik karena di bab ini kita diajarkan tentang keterampilan/skill yang nantinya akan digunakan untuk menjadi seorang manajer. Menjadi seorang manajer tidaklah mudah karena dibutuhkan 4 skill yaitu keahlian konseptual, interpersonal, teknis dan keahlian dalam pengambilan keputusan.
    Fungsi manajerpun berbeda sesuai dengan tingkatannya, ada manajemen puncak, manajemen tingkat menengah, manajemen supervisor. Semakin tinggi, semakin besar tanggung jawab yang harus ditanggung untuk usaha tersebut. Karena sekecil apapun keputusan yang diputuskan oleh manajer akan berpengaruh pada kinerja bisnis. Terimakasih.

    BalasHapus
  46. menurut saya mempelajari babini sangatlah bermanfaat .
    karena menurut saya dengan mempelajari bab ini kita sebagai pemilik usaha dapat melakukan hal yang paling efektif dalam menjalankan suatu usaha kita . selain itu, dengan mengetahui bab ini dengan baik, maka dapat mengerjakan tugas sebagai manager dengan tepat waktu dan dengan baik sehingga suatu perusahaan dapat semakin berkembang .

    BalasHapus
  47. Bab ini sangat menarik. Dalam bab ini membahas fungsi-fungsi manajemen yang dapat berdampak pada masa depan suatu usaha, yaitu perencanaan masa depan perusahanaan dalam menghadapi perekonomian suatu Negara, pengorganisasian, kepemimpinan dalam mengatur suatu karyawanan dalam system kegiatan kerja, dan pengendalian dalam hal inter perusahaan. itu yang saya pahami dalam membahas bab ini.

    BalasHapus
  48. Menurut saya bab ini sangat menarik karena menurut saya kita perlu mengetahui apa saja level-level manajemen yg dibutuhkan dalam menjalalankan suatu usaha. Dari bab ini kita juga dapat mempelajari apa saj tugas-tugas yg dituntut untuk diselesaikan oleh manajer, keterampilan yang dibutuhkan oleh manajer, dan bagaimana seharusnya seorang manajer menggunakan waktu dengan efektif.

    BalasHapus
  49. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena jika menjalankan suatu bisnis kita harus mengetahui skill kita sampai level mana untuk skill manajemen kita. Jika level kita atau skill kita belum memadai kita harus memulai bisnis kecil kecilan dahulu agar kita tidak mendapat rugi yang banyak dan kita dapat belajar dahulu sebelum kita lanjut ke level level manajemen yang lebih tinggi.

    BalasHapus
  50. menurut saya hal yang menarik dari bab ini adalah adanya penjelasan tentang fungsi-fungsi manajer yang ada di setiap perusahaan, seperti:
    perencanaan >> untuk menghadapi kondisi-kondisi bisnis di masa mendatang.
    rencana strategis >> mengindentifikasikan fokus bisnis utama sebuah perusahaan untuk periode jangka panjang
    perencanaan taktis >> rencana-rencana skala kecil yang konsisten dengan rencana strategis perusahaan
    perencanaan operasional >> menentukan metode-metode yang akan digunakan dalam waktu dekat untuk mencapai rencana-rencana taktis

    selain fungsi, dijelaskan pula tentang bagaimana cara manajer mengelola waktu:
    * menyusun prioritas dengan tepat
    * meminimalisasi gangguan
    * membuat tujuan-tujuan jangka pendek
    * mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada karyawan

    dengan memahami dan mengerti penjelasan di atas, membantu kita bagaimana menjadi manajer yang sukses.

    BalasHapus
  51. pada bab ini, jika kita ingin menjadi seorang manajer yang berkualitas, diharuskan untuk memanfaatkan waktu dengan efektif, serta memiliki kemampuan atau skill yang dibutuhkan oleh seorang manajer untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dalam mengatur manajemen dari suatu perusahaan supaya dapat menjadi lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda. Karena menjadi seorang manajer harus mampu mengendalikan/mengatasi segala masalah yang terjadi di suatu perusahaan (juga dibantu oleh karyawan2 lain) maka dari itu sangat perlu untuk menjadi seorang manajer kita mempelajari bab ini.

      Hapus
  52. saya sependapat dengan teman2 sekalian... memang bab ini sangat membantu kita untuk mengerti Level manajemen yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis,Tugas-tugas yang dituntut untuk diselesaikan oleh manajer,Keterampilan/skill yang dibutuhkan oleh manajer,Bagaimana manajer harus mengunakan waktunya dengan efektif. karena dalam suatu pekerjaan harus memiliki kriteria dan soft skill..

    BalasHapus
  53. Menurut saya, bab ini menari dipelajari karena keputusan mengenai tingkatan-tingkatan manajemen yang dibutuhkan akan mempengaruhi beban dalam menjalankan bisnis perusahaan. Setiap detail yang dilakukan perusahaan semua bersumber dari manajemen perusahaan yang mengelolanya. Menjadi seorang manajer tidaklah mudah karena dibutuhkan 4 skill yaitu keahlian konseptual, interpersonal, teknis dan keahlian dalam pengambilan keputusan.
    Fungsi manajer pun berbeda sesuai dengan tingkatannya. manajemen puncak, manajemen tingkat menengah, manajemen supervisor. Semakin tinggi kedudukan manajer tersebut, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus ditanggung untuk usaha tersebut. Karena sekecil apapun keputusan dan setiap detail yang dilakukan perusahaan diputuskan oleh manajer akan berpengaruh pada kinerja bisnis atau usahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Elysabet, disini kita bisa lebih tau tentang tingkat-tingkatan manajer yang ada serta tanggung jawab yang mereka pegang di tiap-tiap tingkatannya. Semakin tinggi posisi seorang manajer memegang semakin besar tanggung jawabnya.

      Hapus
  54. Menurut saya bab ini sangat menarik kita dapat mempelajari bagaimana perencanaan, pengoorganisasian serta pengambilan keputusan secara efektif. Disini peran manajer sangat dibutukan. Manajer harus mempunyai sikap efektif dn efisien terhadap waktu yg ada di perusahaan. Di dalam manajemen perusahaan semua tergantung pada keputusan manajer.

    BalasHapus
  55. menurut saya bab ini sangat penting karena bab ini bisa mengetahui sistem tingkat bisnis dan bisa mengerti posisi-posisi struktur perusahaan dan sistem kerja para pegawai bahan sampai tingkat atas

    BalasHapus
  56. Yang menarik adalah perencanaan bisnis untuk memperoleh keuntungan dilakukan dengan cara memuaskan konsumen dengan sendirinya kita akan memperoleh keuntungan.Menjadi seorang pengusaha berarti juga harus mampu untuk menerima resiko kerugian dan tanggung jawab yang besar dalam memastikan bahwa funngsi-fungsi bisnis berjalan dengan baik. Intinya dalam suatu bisnis kita harus mampu beretika dan memberikan harga yang sesuai kepada konsumen,mendayagunakan karyawan dan sumber daya lain dengan cara yang dapat mempertahankan produksi secara efisien maka keberlangsungan bisnis itu akan terjamin

    BalasHapus
  57. Menurut saya ini bab yg menarik karena membahas tentang tugas2 manajer dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
  58. Menurut saya bab ini menjelaskan tingkatan manajemen dan skill-skill yang apa saja yang diperlukan seorang manajer dan dijelaskan juga mengenai pengambilan suatu keputusan bisnis

    BalasHapus
  59. tujuan manajemen yaitu merencanakan masa depan, mengorganisasikan sumber daya untuk mencapai tujuan, pemimpin para karyawan, melakukan pengendalian. sebagai seorang manajerial mereka membutuhkan keahlian-keahlian seperti memahami hubungan yang terdapat di antara berbagai pekerjaan, mampu berkomunikasi dengan karyawan lain, melakukan pekerjaan dari hari ke hari secara spesifik, keahlian mengambil keputusan. manajerial juga harus mampu mengelola bisnis, mengembangkan dan mengimplementasikan ide-ide, mengimplementasikan dan mengadaptasi proses produksi secara efisiensi.

    BalasHapus
  60. Menurut saya yang menarik dalam bab 7 ini adalah menggunakan teknologi dan peranti lunak untuk meningkatkan fungsi-fungsi manajemen. Bila ada sesuatu hal, mereka dapat segera berkomunikasi dengan para manajer untuk menimbang suatu masalah yang terjadi. Tanpa perlu repot-repot untuk bertemu langsung. Dan lebih efektif untuk digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat kamu. Saya juga ingin menambahkan dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih , keefektifan dalam segala aspek yang berhubungan dengan fungsi2 manajemen semakin tinggi.

      Hapus
  61. di bab 7 ini kita dapat mengatahui fungsi fungsi manajemen yaitu merencanakan masa depan, megorganisasikan sumber daya untuk mencapai tujuan, memimpin karyawan dengan memberikan instruksi kepada mereka mengenai bagaimana mereka sebaiknya menyelesaikan berbagai pekerjaan yang diberikan, melakukan pengendalian yang meliputi pengawasan dan pengevaluasian pekerjaan karyawan

    BalasHapus
  62. Menurut saya bab 7 yang menjelaskan tentang mengelola dengan efektif, yaitu keadaan dimana menjalankan suatu usaha dengan mempertimbangkan segala aspek dalam berbisnis, artinya kita dapat melihat dahulu bagaimana keadaan perekonomian, baru kemudian setelah sesuai keadaanya, baru kita membuka usaha tersebut. Mengolah modal kita dengan baik dan memaksimalkan modal yang ada, sumber daya yang ada, bahan baku dan faktor-faktor penunjang lainnya, jika semua terpenuhi maka usaha akan berjalan dengan efektif.

    Samuel Gustaf P. / 3203013038 / Kelas A

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan saudara samuel karena jika kita dapat mengelola usaha dengan efektif maka usaha tersebut akan berjalan dengan lancar dan juga akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan.KIta juga harus memperhatikan segala faktor-faktor dan aspek yang ada sehingga dalam menjalankan usaha kita dapat menjalankannya dengan baik.

      Hapus
    2. saya sangat setuju dengan komentar samuel dan kevin. Menurut saya dalam membuka usaha kita tidak bisa semau saja melainkan, memulai usaha harus memperhatikan faktor-faktor dan aspek agar usaha kita mempunyai tujuan yang jelas.
      Thx

      Hapus
    3. Saya setuju dengan komentar saudara semua. Bahwa perlu dipahami lebih mendetail ketika seseorang ingin memulai suatu usaha. Seperti di bab ini, kita belajar lebih lagi mengenai tujuan management di dalam suatu usaha.

      Hapus
  63. menurut saya dalam bab ini kita dapat mengetahui apa fungsi dari adanya manajemen dalam suatu usaha.Dengan adanya fungsi manajemen tersebut suatu usaha dapat lebih selektif dan effesien dalam memperhitungkan segala sesuatu yang akan terjadi dalam usaha tersebut. Jadi, untuk menjadi seorang manajer kita pun dituntut agar bisa mengatur kegiatan dalam suatu usaha dengan daya kemampuan dan kualitas memimpin yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudara Yohanes Louis. Apa saja management yang diperlukan untuk memulai suatu usaha?

      Hapus
  64. dengan adanya bab ini kt dapat mengtahui secara mendasar apa Tujuan bab ini adalah menjelaskan:
    1. Level manajemen yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu bisnis
    2. Tugas-tugas yang dituntut untuk diselesaikan oleh manajer
    3. Keterampilan/skill yang dibutuhkan oleh manajer
    4. Bagaimana manajer harus mengunakan waktunya dengan efektif.
    sehingga pada saat nanti kita akan di promosikan menjadi seorang manager kt sudah cukup siap...

    BalasHapus
  65. Bagus karena membahas tentang pengelolaan secara efektif, karena banyak orang berbisnis tapi jarang melakukan hal2 simpel dan menghasilkan, tapi lebih ke cara2 yg lebih sulit, maka bab ini menarik karena mungkin akan menjabarkan tentang pengelolaan usaha yg efektif, simmple dan efisien.

    BalasHapus
  66. dengan mempelajari bab ini, kita dapat mengetahui tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh seorang manajer yang baik. bagaimana kita dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya dan seefisien mungkin dalam melakukan pekerjaan ini. selain itu, seorang manajer yang baik juga harus mempunyai kemampuan atau skill-skill yang dibutuhkan oleh seorang manajer untuk mengatur suatu manajemen di perusahaannya.

    BalasHapus