Bahan Bacaan:
Liao, When-Chih,
Sulistio Handayani, dan Szu-Min Chien. 2011. New Comers Orientation Training in
Manufacturing Industry: A Comparison Analysis Between Indonesian Company and
Japanese Company. American Journal of Economics and Business Administration, Vol.
3 (4): 610-617
Program orientasi bagi
karyawan yang akan bergabung dalam suatu organisasi semakin dilihat sebagai
sesuatu yang penting. Pemahaman calon karyawan akan organisasi dan lingkup
pekerjaan akan memudahkan calon karyawan tersebut untuk berkinerja sesuai
harapan organisasi. Mengutip Chao, et
al. (1984), Liao, et al. (2011) mengemukakan apa yang menjadi materi/isi dari
suatu program sosialisasi bagi karyawan baru, yaitu:
- Performance Profiency: calon karyawan mempelajari dan memahami pengetahuan, keahlian dan perilaku yang disyaratkan untuk pekerjaan yang ada dalam organisasi tersebut.
- People: calon karyawan membangun hubungan kerja yang berhasil dan memuaskan dengan anggota organisasi yang lain
- Politics: calon karyawan memperoleh informasi tentang hubungan kerja yang resmi maupun tidak resmi serta struktur kekuasaan dalam organisasi.
- Language: calon karyawan memperoleh informasi tentang bahasa teknis profesi yang ada dalam organisasi seperti singkatan-singkatan, jargon-jargon, dan ungkapan-ungkapan khas organisasi
- Organizational goals and value: calon karyawan memahami prinsip-prinsip dan aturan-aturan untuk mempertahan integritas anggota terhadap organisasi.
- History: calon karyawan mempelajari tradisi-tradisi yang ada dalam organisasi, kebiasan, “mitos-mitos”, serta latar belakang personal anggota lainnya.
Bahan Diskusi:
Menurut Saudara,
manakah bagian dari program Sosialisasi itu yang paling penting? Jika Saudara
calon karyawan, bagian manakah yang paling sulit untuk dilakukan? Selamat
Berdiskusi......
Menurut saya program sosialisasi yang penting adalah Performance Proviency,agar karyawan tersebut menambah pengetahuannya untuk pekerjaannya, tahu job description nya,mengerti perilaku-perilaku yang harus dilakukan sehingga karyawan tersebut dapat bekerja secara maksimal.
BalasHapusProgram sosialisasi yang susah adalah organizational goals and value,karena bagi seorang karyawan baru untuk memahami prinsip dan aturan yang ada butuh waktu yang lama. Mengapa dibutuhkan waktu yang lama ?
Karena karyawan baru harus bisa beradaptasi dengan orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut,harus tahu juga budaya-budaya yang ada, tahu peraturan yang ada,dll sehingga dengan seiring berjalannya waktu karyawan tersebut dapat mempertahankan integritas anggota terhadap organisasi.
kalo menurut pendapat saya pribadi yang paling penting adalah Organizational goals and value. Karena memahami prinsip dan aturan untuk MEMPERTAHANKAN integritas anggota terhadap organisasi itu sulit. Maka dari itu hal ini sangat penting. Jika seorang sudah mampu atau mengerti bagaimana sebuah prinsip dan aturan mainnya, maka saya dapat menjamin poin2 yang lain dapat berjalan dengan baik.
BalasHapusSecara logika jika kita ingin main bola, mengerti prinsip dan aturan mainnya adalah hal yang paling penting, karena meskipun kita handal dalam bermain bola tapi tidak tau aturannya yaa = tidak artinya..
Dan jika saya sebagai karyawan yang paling sulit adalah History..
karena dari dulu SD sampai SMA yang namanya pelajaran sejarah itu sulit.. dan sampai sekarang pun mempelajari sejarah itu sulit. Mengapa sulit, karena kita tidak ikut menciptakan sejarah tersebut, namun kita harus mempelajarinya..
salam Konspirasi Kemakmuran..
marcell (3103012113)
Hapusmenurut saya yang palung penting adalah performance profiency, mengapa demikian? hal ini dikarenakan agar karyawan tersebut mengetahui apa saja yang dikerjakan dalam perusahaan tersebut serta karyawan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang perusahaan tersebut.
BalasHapusdan hal yang tersulit adalah history. hal ini dikarenakan akan sulit untuk memahami tradisi - tradisi yang ada dalam suatu organisasi. mungkin dengan mudah kita dapat mengetahui tentang tradisi tersebut nmun untuk memahami dan mengerti itu membutuhkan waktu yang cukup lama.
terima kasih.
Menurut saya yang paling penting adalah performance profiency, karena harus menambah pengetahuan dan wawasan untuk pekerjaannya dan mengetahui apa saja yang dikerjakan dalam perusahaan.
BalasHapusDan yang paling susah dilakukan adalah history, karena sulit untuk memahami suatu tradisi dalam organisasi, serta memang mempelajari sejarah tidaklah mudah karena kita tidak ikut dalam menciptakan sejarah-sejarah
Menurut saya yang paling dibutuhkan perfomance profiency karena karyawan membutuhkan gambaran terhadap pekerjaan yang nantinya karyawan baru lakukan Dan memudahkan karyawan baru untuk adaptasi di dunia kerja baru mereka
BalasHapusDan yang paling sulit People karena mungkin di dunia kerja orang merasa iri itu hal biasa
Biasanya karena terdapat perbedaan gaji karyawan yang beradadi posisi sama
Menurut pendapat saya, program sosisalisasi yang terpenting adalah performance profiency. Karena pengetahuan, keahlian, dan perilaku merupakan kunci dari keberhasilan dalam suatu pekerjaan dan menjadi tolak ukur kualitas karyawan tersebut. Seperti halnya kendaraan bermotor, pasti orang-orang lebih memilih motor yang memiliki peforma yang baik agar nyaman digunakan. Dengan memiliki peforma karyawan yang baik, perusahaan tersebut juga pasti dapat maju dan berkembang.
BalasHapusSedangkan yang paling sulit dilakukan adalah history. Sebab mempelajari tradisi bukanlah hal yang mudah dilakukan dan membutuhkan waktu lama. Selain membuang waktu, menurut saya mempelajari history tidak seberapa penting bagi seorang karyawan. Karena karyawan bekerja untuk perusahaan, bukan mempelajari tradisi perusahaan tersebut.
menurut saya, mempelajari history adalah penting dengan alasan si calon karyawan jika sudah komitmen bergabung dengan perusahaan itu, mau tidak mau, suka tidak suka si calon karyawan harus mengetahui dan belajar beradaptasi dengan tradisi/kebiasaan perusahaan.
Hapusterima kasih
Menurut saya yang paling penting adalah performance profiency, karena supaya jika masuk kerja pegawai sudah dapat melakukan pekerjaannya dengan baik,wawasan untuk pekerjaannya dan mengetahui apa saja yang dikerjakan dalam perusahaan tersebut.
BalasHapusdan hal yang tersulit adalah history. hal ini dikarenakan akan sulit untuk memahami tradisi - tradisi yang ada dalam suatu organisasi.
karena memahami suatu mitos belum tentu benar dan belum tentu salah,tergantung suatu opini orang tersebut.
Menurut pendapat saya, program sosialisasi yag sangat penting untuk menjadi seorang calon karyawan adalah Performance Profiency karena sebagai calon karyawan kita harus bisa mempelajari dan memahami segala jenis pengetahuan,keahlian,dan perilaku yang menjadi persyarata dan tolak ukur dalam perekrutan karyawan dalam suatu perusahaan.
BalasHapussedangkan menurut saya program sosialisasi yang sulit dilakukan adalah History hal ini karena mengerti dan memahami tradisi-tradisi dan mitos-mitos akan sangat sulit dilakukan oleh karyawan dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengerti hal tersebut.
menurut saya yang paling penting adalah Performance Profiency dengan alasan bahwa seorang calon karyawan yang melamar pekerjaan harus terlebih dahulu mengetahui apa saja keahlian/pengetahuan yg dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Performance Profiency harus terlebih dulu diketahui oleh si calon karyawan. setelah itu, si calon karyawan akan mempelajari poin ke-2 sampai ke-6 program sosialisasi seperti yg disebutkan di atas.
BalasHapusmenurut saya yg paling sulit dilakukan adalah Organizational Goals and Value dengan alasan bahwa manusia susah untuk memahami suatu prinsip dan aturan yg ada di organisasi tersebut karena prinsip setiap orang pastilah berbeda terlebih lagi dengan prinsip yg diterapkan di suatu organisasi tersebut.
Menurut pendapat saya, program sosialisasi yang terpenting adalah performance profiency. Karena dengan mempelajari akan mendapatkan wawasan pekerjaannya jadi calon karyawan bisa bekerja secara maksimal, bisa memikirkan kedepannya apa yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut bisa berkembang dan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam jangka waktu panjang maupun pendek, agar karyawan mampu melaksanakan peran jobnya sebagai karyawan yang ada dinperusahan.
BalasHapusBagian yang paling sulit adalah history. Sebenarnya history juga penting untuk dipelajari agar didalam suatu organisasi bisa menghasilkan kekompakkan dalam bekerja dan lainlain hanya dibutuhkan waktu beradaptasi yang cukup lama. Terimakasih.
menurut saya hal yang terpenting adalah people karena dapat membangun suatu hubungan atau relasi yang baik antara satu dengan satu anggota organisasi yang lain, nantinya akan mendapatkan hasil yang akan maksimal dan berguna untuk suatu pejkerjaan dan perusahaan kedepan.
BalasHapusMenurut saya program sosialisasi yang paling penting adalah perfomence profiency, agar para karyawan dapat mempelajari semua jobdescription yang yang telah ditentukan oleh perusahaan agar karyawan bisa melakukan pekerjaanya dengan baik dan tertata, supaya para karyawan baru dapat menambah ilmu wawasannya dalam mengjarkan suatu pekerjaan yang ia jalani.
BalasHapusdan menurut saya yang paling sulit dalam program sosialisasi adalah Organizational goals and value, karena karyawan baru perlu memahamib prinsip-prinsip,aturan-aturan, nilai-nilai yang ada di dalam perusahaan. karyawan baru juga perlu adanya adaptasidengan kondisi perusahaa, pekerjaan, para karywan lama agar para karyawan baru dapat beradaptasi secara efektif. semakin lama dan semakin sering para karyawan dapat lebih meningkatkan rasa percayadirinya untuk lebih lagi berkreatifitas dalam menjalankan pekerjaannya.
Menurut saya , sosialisasi yang paling penting adalah performance profiency karena didalam suatu organisasi atau perusahaan memiliki peraturan dan syarat-syarat yang harus dipedomani oleh calon karyawan, karena suatu organisasi bisa mencapai tujuan apabila peraturan harus diikuti oleh semua karyawan, sehingga dalam penerimaan calon karyawan harus memenuhi persyaratan yang sudah dan telah ditentukan oleh organisasi tersebut.
BalasHapusSedangkan yang paling sulit untuk dilakukan adalah people yaitu karyawan harus membangun hubungan kerja, karena untuk mencapai tujuan yang telah digariskan maka tidak hanya peraturan dan persyaratan yang diikuti dan miliki, namun hubungan kerja anar karyawan sangat diperlukan, mengingat suatu pekerjaan tidak akan bisa diselesaikan secara individu dan perlu adanya kerjasama antar karyawan. Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan dapat terbagi habis dan dapat terselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.
Joseph Julianto 3103012216
BalasHapusMenurut saya program sosialisasi yg paling penting adalah people karena dengan membangun hubungan yg baik antar karyawan dapat memudahkan karyawan baru mempelajari bagian kerjanya juga tujuan perusahaan.
Apabila saya seorang calon karyawan program yang sulit dilakukan adalah organizational goals and value karena kita harus mempelajari prinsip-prinsip perusahaan dengan baik dan itu tidak semudah yang dibayangkan sebab kita mungkin belum terbiasa dengan aturan-aturan yang baru.
menurut saya, semua program sosialisasi di atas sangat penting bagi seorang calon karyawan. program yang paling penting adalah Performance Profiency, karena seorang calon karyawan masih harus beradaptasi dengan menambah pengetahuan serta mempelajari perilaku-perilaku yang ada di perusahaan agar calon karyawan tersebut dapat bekerja dengan baik.
BalasHapusmenurut saya program yang paling sulit, yaitu history karena untuk seorang calon karyawan baru tidak mudah untuk membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada di organisasi tersebut, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membiasakan diri.
Menurut saya yang paling penting adalah Performance Profiency karena dengan begitu calon karyawan dapat mengintrospeksi dirinya apakah sudah cocok dengan perusahaan tersebut dan apakah keahliannya dapat digunakan di perusahaan tersebut
BalasHapusMenurut saya program yang paling sulit adalah People karena tidak mudah menjalin hubungan yang baik dengan berbagai macam jenis orang.Apalagi ini adalah dunia kerja yang sebagian besar orangnya hanya mementingkan diri sendiri
Menurut saya , yang paling penting adalah orientasi Performance profiency, karena suatu perusahaan merekrut karyawan baru agar dapat bekerja secara optimal diperusahaan dan membuat tujuan perusahaan dapat dicapai sehingga untuk dapat tercapainya hal itu, karyawan pertama-tama harus mempelajari dengan seksama dan memahami setiap pengetahuan mengenai perusahaan, lalu keahlian yang harus dikuasai oleh karyawan tersebut didalam suatu organisasi agar karyawan yang diterima atau dipekerjakan tepat sasaran di dalam kinerjanya, lalu karyawan juga harus mengetahui perilaku yang seharus dilakukan dan diharus kan oleh organisasi tersebut , sehingga jika organisasi ingin benar-benar mendapatkan karyawan yang dapat efektif dan berpengaruh besar terhadap perusahaan maka Performance Profiency ini lah yang sangat penting bagi karyawan karena jika karyawan mengenal dan memahami benar mengenai segala sesuatu yang ada diperusahaan dan karyawan mengetahui apa yang seharus ia lakukan maka karyawan tersebut akan sejalan dengan perusahaan dan perusahaan tidak usa susah-susah untuk mentraning karyawan tersebut terlalu lama.
BalasHapusKalau menurut saya yang paling sulit dilakukan adalah Organizational Goals and Value karena jika karyawan yang baru harus dengan cepat untuk memahami prinsip-prinsip yang ada didalam perusahaan dan aturan-aturan yang ada, maka karyawan baru akan sedikit kesulitan.
mengapa?
karena pertama karyawan baru belum mengetahui situasi dan kondisi yang ada didalam perusahaan itu seperti apa?
kedua karyawan tidak tahu bagaimana persaingan dan atmosfer yang ada diperusahaan itu. ketiga karyawan belum mengenal rekan kerja satu dengan lainnya sehingga mungkin untuk dapat memahami dan melakukan aturan-aturan dan prinsip-prinsip yang ada membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat menyesuaikan diri nya dengan organisasi dan lingkungannya.
Menurut saya program sosialisasi yang penting adalah Performance Proviency karena sebagai calon karyawan harus menambah wawasannya dan juga memahami perilaku,keahlian pada perusahaan tersebut sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik
BalasHapusProgram sosialisasi yang paling sulit adalah history karena bagi saya program ini tidak begitu penting dan apabila untuk mempelajarinya juga membutuhkan waktu yang lama untuk memahaminya.
Menurut saya, yang paling penting adalah Organizational Profriency karena jika perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang berguna diperusahaanya, maka pertama-tama karyawan tersebutr harus dapat mengetahui pengetahuan mengenai apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, lalu karyawan juga harus dapat mengetahui keahlian yang dibutuhkan perusahaan itu, setelah itu karyawan juga harus memahami betul perilaku apa saja yang harus dilakukan di dalam perusahaan, sehingga jika karyawan tersebut dapat memahami betul akan semua hal itu, maka dapat diduga bahwa karyawan tersebut akan dapat bekerja diperusahaan tersebut menjadi lebih terarah dan terfokus pada apa yang diharapkan oleh perusahaan tersebut.
BalasHapusKalau yang paling sulit untuk dilakukan menurut saya adalah "personal"
karena untuk membangun hubungan kerja yang berhasil cukup sulit, kita tahu karyawan baru belum megetahui segala kondisi yang ada diorganisasi dan belum mengenal karakter rekan kerjanya.
Akan sangat banyak ditemui berbagai orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga untuk beradaptasi dengan lingkungan maka membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi tidak mudah untuk bekerja sama dengan orang yang memiliki karakter yang bertolak belakang dengan kita, apalagi ukuran "kepuasaan" seseorang tidak dapat diukur secara kuantitatif yang membuat tingkat kepuasan menjadi absrak
Menurut saya yang pling penting adalah Performance Profiency
BalasHapuskarena jika kita sebagai karyawan baru yang ingin bekerja di suatu organisasi kita wajib mempelajari dan memahami pengetahuan dan membutuhkan keahlian dalam pekerjaan yang di berikan oganisasi kepada kita
Yang paling sulit adalah Organizational goals and value karena sebagai karyawan baru untuk memahami prinsip dan aturan-aturan yang di berikan suatu organisasi tidaklah mudah dan agar mencapai taget yang di tentukan suatu organisasi dalam waktu tertentu sangatlah sulit bagi karyawan baru
Menurut saya semua faktor-faktor tersebut di perlukan semua untuk menjadi calaon kariyawan yang bagus, karena untuk menjadi calon karyawan harus dapat mempelajari setruktur organisasinya , membangun hubungan yang baik dengan anggotanya, memperoleh informasi hubungan kerja, informasi tentang bahasa teknis profesi yang ada dalam organisasi, calon karyawan memahami prinsip-prinsip dan aturan-aturan untuk mempertahan integritas anggota terhadap organisasi, dan mempelajari tradisi-tradisi yang ada dalam organisasi, kebiasan,mitos, serta latar belakang personal anggota lainnya,, agar bisa memenuhi kreteria dan dapat secepatnya berkembang dalam organisasinya, jadi calon karyawan benar-benar mengetahui apa yang harus di kerjakannya dalam organisabi tersebut.
BalasHapusPerformance Profiency menurut saya adalah yang terpenting karena sebagai calon karyawan , mereka harus paham pekerjaan mereka , peraturan - peraturan yang berhubungan dengan pekerjaan mereka karena setiap perusahaan pasti akan mempunyai peraturan yang berbeda dan keahlian serta perilaku yang berhubungan dengan pekerjaan itu. dengan itu para karyawan dapat beradaptasi dengan baik dan dapat bekerja secara maksimal
BalasHapusdan menurut saya yang paling susah adalah adalah History. karena mempelajari tradisi,kebiasaan,mitos" serta latar belakang personal anggota lainnya berarti secara langsung karyawana dituntut untuk mengikuti budaya perusahaan tersebut, jika budaya calon karyawan itu sudah ada yang bertentangan dengan budaya perusahaan,maka tidak akan mudah untuk memberikan sosialisasi terhadap calon karyawan tsb
Performance profiency adalah yg terpenting karena karyawan harus memahawi betul keahlian dan perilaku agar pekerjaan dapat berjalan dgn baik baik dan tidak ada kesalahan
BalasHapusYg tersulit adalah goals amd value karena karyawan yg baru masuk kedalam sebuah perusahaan ia hrs beradaptasi dengan aturan - aturan baru yang itu membuatnya susah untuk mencapai target dan itu membutuhkan waktu yang relatif lama
Menurut saya yang paling penting adalah Organizational goals and value karena dengan mengerti itu maka karyawan baru akan lebih mudah di ajari kebiasaan" perusahaan dan budaya perusahan dan jika saya sebagai karyawan baru yang paling sulit adalah history karena mempelajari suatu history perusahaan dan menetapkan nya dalam kita sangat sulit karena kita merasa asing
BalasHapusBagian terpenting dari itu adalah "history". Karena yg paling terpenting dari sosialisasi itu adalah sejarah dari perusahaan yg menjadi kunci loyalitas karyawan. Dngan mengetahui sejarah serta komitmen perusahaan,loyalitas karyawan akan trbangun. Pemahaman history perusahaan akan membangun etos kerja yg lebih mendedikasikan diri untuk menjadi karyawan brprestasi di perusahaan.
BalasHapus