SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 15 September 2013

Kewirausahaan dan Perencanaan Bisnis (Bahan Diskusi V Pengantar Bisnis)

Tujuan bab ini adalah:
  1. Menjelaskan keuntungan dan kerugian menjadi entrepreneur dan mendirikan suatu bisnis sendiri
  2. Mengidentifkasi situasi pasar yang harus diperhatikan sebelum masuk dalam sebuah pasar
  3. Menjelaskan bagaimana suatu bisnis baru dapat mengembangkan keunggulan kompetitif
  4. Menjelaskan bagaimana menyusun suatu rencana bisnis
  5. Mengidentifikasi berbagai resiko dalam bisnis dan bagaimana mengelolanya

Bahan Diskusi:

Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat Berdiskusi……

184 komentar:

  1. Menurut saya, bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Banyak orang masih mempertanyakan apa sih keuntungan jadi seorang pengusaha di banding dengan pegawai yang bekerja di kantoran. mungkin pertanyaan itu muncul dalam benak anda saat ingin memulai suatu usaha. Di sini saya akan memaparkan tentang keuntungan dan kerugian atau kelebihan atau kekurangan menjadi seorang entrepreneur.

    Kelebihan :
    1. Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri.
    2. Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan potensi seseorang secara penuh.
    3. Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan yang maksimal.
    4. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit.
    5. Terbuka kesempatan untuk menjadi bos.
    6. Tanggung jawabnya sangat besar, banyak keputusan yang harus dibuat.
    Kekurangan
    1. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti, memikul berbagai resiko.
    2. Bekerja keras dan waktu jam kerja panjang.
    3. Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil, karena harus berhemat.
    4. Tanggung jawabnya sangat besar, banyak keputusan yang harus dibuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat sependapat dengan stella selain di bab ini menarik di bab ini juga membahas berbagai topik lainnya seperti pro dan kontra menjadi seorang pengusaha,profil pengusaha, dll.dan jika ada ingin menjadi pengusaha atau seorang entrepreneur anda harus tau berbagai macam kelebihan dan kekurangannya atau aspek-aspek lain nya yang akan anda alami jika anda menjadi seorang pengusaha atau entreprenuer nantinya.

      Hapus
    2. saya setuju dengan stella, dalam bab ini menarik sekali karena selain ada kelebihan dan kekurangan. suatu memulai bisnis kita perlu perencanaan dalam berbisnis yaitu:
      -Rencana Manajemen
      -Rencana Karyawan
      -Rencana Pemasaran
      -Rencana Keuangan

      Hapus
    3. Hal terpenting yang harus diketahui bagi seseorang apakah kita lebih cocok menjadi seorang entrepreneur atau seorang professional adalah tergantung pada sifat atau karakter yang kita miliki. Kita ini termasuk seorang yang risk taker atau risk avoider. Apabila kita merupakan seorang yang risk taker, maka kita sebaiknya menjadi entrepreneur karena kita punya ambisi yang besar, tidak takut bekerja keras tanpa mengenal waktu, dan tidak takut mengambil risiko. Sebaliknya, jika kita merupakan seorang risk avoider, maka sebaiknya kita menjadi seorang professional saja karena penghasilan kita tiap bulannya pasti, jam kerjanya pasti, dan tidak perlu menanggung risiko (risiko ditanggung perusahaan).

      Hapus
    4. Saya setuju dengan Gabby. Namun, menurut saya seorang pegawai tidak sepenuhnya luput dari risiko karena sewaktu-waktu pegawai bisa saja diberhentikan oleh perusahaan (PHK). Akan tetapi, memang pegawai tidak menanggung risiko sebesar pengusaha ketika perusahaan mengalami kebangkrutan.

      Hapus
    5. tetapi masih banyak yg harus dipertimbangkan jika memutuskan memulai suatu bisnis baru. banyak yg harus disiapkan seperti pendanaan,lokasi dan berbagai rencana-rencan dasar untuk memulai suatu bisnis. kita tidak bisa seenaknya saja memulai suatu bisnis baru tanpa perencanaan yg matang dan tujuan yg jelas sehingga bisa bersaing dengan saingan bisnis lainnya.

      Hapus
    6. saya sangat setuju dengan pendapat anda,dalam perencanaan suatu bisnis, para pengusaha akan mencoba untuk menciptakan suatu bisnis yang akan memperoleh keuntungan serta mencari berbagai peluang namun menjadi seorang pengusaha juga memiliki beberapa kerugian yang harus dipertimbangkan.

      Hapus
    7. tak hanya itu, untuk menjadi seorang pengusaha, kita harus mempunyai profil sebagai pengusaha. Ada 3 profil pengusaha yang harus dimiliki, yaitu toleransi resiko, kreativitas dan inisiatif. Jika kita telah memiliki ketiga profil tersebut, kita juga harus memiliki ketrampilan dalam menilai kondisi pasar. Ada 4 kondisi pasar yang kita harus pertimbangkan dalam mengambil suatu keputusan, yaitu permintaan, persaingan, kondisi tenaga kerja, kondisi peraturan dan perundang-undangan. Dengan begitu, kita dapat memulai usaha sebagai seorang pengusaha.

      Hapus
    8. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit, apa yang anda maksud mengenai hal di atas ini?
      usaha konkrit seperti apa?

      Hapus
    9. Saya setuju dengan pendapat anda. Dalam bab ini kita dapat mengetahui apa saja yang diperhatikan dan didisusun dalam mendirikan suatu bisnis. selain itu kita juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengidentifikasi masalah,resiko dan situasi pasar sebelum bisnis dijalankan. dan juga kita dapat mengembangkan bisnis yg kompetitif dengan cara menarik perhatian konsumen, sehingga bisnis yg kita jalankan banyak dikenal dan diminati konsumen.

      Hapus
    10. Menurut saya bab ini sangat menarik,karena secara fakta memang ada klebihan dan kekurangannya di setiap mendirikan bisnis sendiri,kelebihannya adalah pada laba yang diperoleh,jika laba itu besar,maka pendapatannya juga banyak,tetapi kerugiannya juga sangat bermasalah,jika rugi besar"an,maka jatuh dan bisa" gulung tikar.Maka dari itu harus mengetahui bagaimana cara mengelolah bisnis yang efektif dan konsekuensinya pun tidak besar.dan kita juga bisa mengembangkan bisnis yang kompetitif dengan cara memberikan harga yang tidak terlalu mahal di pasaran,sehingga konsumen banyak yang datang,lalu membandingkan dengan penjual" di luar sana.Dari cara itu kita bisa menarik konsumen .

      Hapus
    11. Hai Dennis. Mungkin yang dimaksud usaha konkrit oleh Stella adalah dengan membuka suatu usaha tertentu, secara tidak langsung kita sedang membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan tertentu dalam menjalankan aktivitasnya. Misal, sekarang kita tidak usah repot-repot untuk bisa membeli HP. Banyaknya orang yang memutuskan untuk membuka bisnis jual-beli HP, justru memudahkan masyarakat untuk mendapatkan HP dengan berbagai jenis (dari yang HP biasa hingga HP canggih/smartphone), yang dizaman sekarang merupakan suatu kebutuhan.

      Hapus
    12. Saya setuju dengan anda. Saat kita membicarakan mengenai menjadi seorang pebisnis, tentu kita akan membicarakan kelebihan dan kekurangan menjadi salah satunya. Seperti yang disinggung Gabby, seorang pebisnis adalah seorang yang berani mengambil resiko. Disamping kesempatan memperoleh keuntungan, seorang pebisnis tentu dihadapkan dengan resiko, sehingga menuntut seorang pebisnis agar tidak hanya melihat peluang, namun dapat mempertimbangkan ancaman. Untuk menjadi seorang pebisnis tentu, seseorang perlu mempertimbangkan berbagai hal yang menyangkut keberlangsungan kehidupannya sebagai seorang pebisnis. Seperti yang disinggung Peter, seorang pebisnis harus merencanakan rencana manajemen, karyawan, pemasaran, dan keuangan dan melihat kondisi-kondisi seperti yang dikatakan Fransisca, yaitu kondisi permintaan, persaingan, tenaga kerja, dan peraturan perundang-undangan dalam menyusun strategi yang akan dijalankannya sebagai seorang pebisnis.

      Hapus
    13. Saya setuju dengan pendapatan dari gabby. Untuk menjadi seorang entreneur, kita harus mempelajari bab ini karena ini sangat penting dan menjadi bisnis kita dirikan menjadi lebih baik. Dan kita harus merencanakan agar bisnis kita lancar. Rencana yang harus dibuat seperti rencana management, karyawan, pemasaran dan keuangan. Dan kita harus tahu kelemahan dan kelebihan dalam bisnis yang kita jalankan sehingga kita bisa melihat perkembangannya, apa bisnis yang dilaksanakan semakin maju atau malah mengalami kerugian

      Hapus
    14. saya setuju dengan anda, karena jika seseorang ingin jadi entrepreneur, dia harus mempunyai segala persiapan dan perencanaan kedepan nya atas usaha yang akan dia bangun tersebut, dan pula harus memiliki visi dan misi yang jelas atas usaha bisnis yang dia akan kerjakan tersebut agar jelas untuk apa usaha bisnis tersebut di bangun.

      Hapus
    15. ya saya setuju karena banyak bisnis baru di ciptakan dengan jumlah uang yang sangat sedikit. ide ide bisnis itu tidak hanya terbatas pada penemuan penemuan yang tidak biasa saja, karena banyak ide sederhana berhasil menciptakan berbagai bisnis yang sukses.

      Hapus
    16. Saya setuju dengan anda,seorang pebisnis adalah seorang yang berani mengambil resiko. Disamping kesempatan yang diperoleh keuntungan tersebut, seorang pebisnis tentu dihadapkan dengan resiko,Rencana yang harus dibuat seperti rencana management, karyawan, pemasaran dan keuangan.dan pula harus memiliki visi dan misi yang jelas atas usaha bisnis yang dia akan kerjakan tersebut agar jelas untuk apa usaha bisnis tersebut di bangun agar bisa mencapai kesuksesan.

      Hapus
    17. Saya setuju.. Karena dalam bab ini kita dapat mengetahui apa saja yang diperhatikan dan disusun dalam mendirikan suatu bisnis. Selain itu kita juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengidentifikasi masalah, resiko dan situasi pasar sebelum bisnis dijalankan. Dan juga kita dapat mengembangkan bisnis yang kompetitif dengan cara menarik perhatian konsumen, sehingga bisnis yang kita jalankan banyak dikenal dan diminati konsumen.

      Hapus
    18. " Menanggapi pernyataan stella di atas, saya sangat setuju dengan pendapatnya mengenai kelebihan dan kelemahan sbgai seorang entrepreneur... Selain itu seorang entrepreneur jga perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan mengenai usaha yg akan di jalankannya agar bisa menjadi entrepreneur yg sukses oleh karena itu seorang entrepreneur perlu melakukan analysis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oportunity, and Threats) dri usaha mereka... Dengan begitu entrepreniur bisa bertahan di dlm persaingan dan mengatasi kelemahan dari produk yg mereka pasarkan.

      Hapus
    19. Saya setuju dengan pendapat Gabby. Dikatakan bahwa menjadi seorang entrepreneur atau seorang professional adalah tergantung pada sifat atau karakter yang kita miliki. Karena menurut saya, jika seseorang lebih menyukai tantangan pada usaha yang ia jalani, maka orang tersebut lebih cocok untuk membuka model usaha kewirausahaan. Karena pada usaha kewirausahaan, pemilik perusahaan dapat mencurahkan seluruh pikirannya untuk usaha yang ia dirikan tersebut. Ia akan mencari jalan keluar dari resiko" yang ia hadapi itu dengan optimis karena ia menyukai tantangan. Sebaliknya jika sseorang memilih sebagai profesional, maka ia akan mendapatkan gaji yang cenderung tetap setiap bulannya dan resiko yang ia tanggung tidak sebesar resiko seorang wirausahawan karena resiko yang dihadapi oleh seorang profesional hanya sebatas hasil dan proses dari apa yang ia kerjakan (tugasnya). Jika seorang profesional menjalankan tugasnya dengan baik, ia akan mendapatkan sedikit bonus diluar gaji tetap yang ia dapatkan setiap bulannya. Tetapi jika seorang profesional melakukan kesalahan, maka resiko yang mungkin ia terima adalah pemecatan / PHK.

      Hapus
    20. Syaloom, saya sangat setuju dengan pendapat saudari. Karena menjadi pengusaha yang sangat profesional adalah suatu kebanggaan tersendiri. Membuka usaha mempunyai tantangan tersendiri terhadap menjalankan suatu usaha bisnis. Setiap orang membuka usaha akan selalu menghadapi yang namanya resiko.

      Hapus
    21. Saya sangat setuju karena menjadi seorang pengusaha kita harus memiliki jiwa berani mengambil tindakan dalam menjalankan suatu bisnis dan siap menanggung setiap risiko-risiko ketika suatu bisnis yang dijalankan mengalami kebangkrutan.

      Hapus
    22. saya setuju dengan pendapat anda, karena seorang wirausaha yang pertama kali membuka lapangan pekerjaan baru pasti dia memikirkan kerugian dan keuntungan yang di hadapi, tetapi hal tersebut pasti ada dalam setiap pekerjaan. banyak cara untuk menjalankan bisnis dengan baik yaitu dengan selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan hal yang menarik untuk di kunjungi.

      Hapus
    23. Saya setuju mengenai alasan tentang pentingnya mempelajari bab ini karena kita akan smakin tahu bntuk usaha apa saja yg cocok dgn keahlian dan kepribadian kita sehingga kita mnjadi lebih terarah serta tidak takabur dan terus berkembang jika menjadi enterpreneur. Buukan berhenti di tengah jalan

      Hapus
    24. ya saya setuju, karena kebanyakan rist taker bisa saja tidak benar-benar sadar akan resiko yang harus ia tanggung selama proses bisnisnya. banyak yang akhirnya jatuh karena merasa tidak siap dan blom benar-benar mengenal dirinya sendiri apakah dia termasuk risk taker atau risk avoid. kira-kira bagaimana bisa benar-benar yakin kita adalah rist taker atau risk avoid?? apakah ada ukuran pastinya??

      Hapus
    25. Saya setuju dengan pendapat kalian semua...karena dalam mendirikan usaha sendiri harus mengetahui keuntungan dan kerugian dalam perusahan yang didirikan oleh kita. Di dalam usaha kita tidak mengenal arti lelah,kita di tuntut untuk bisa bekerja keras dan tempat waktu.agar bisa memberi contoh untuk para pekerja yang bekerja dengan kita.apabila kita kurang yakin dalam membangun usaha sendiri , lebih kita bekerja dengan orang lain , agar kita bisa mengetahui kemampuan kita.
      Yuliane
      Akuntansi A

      Hapus
  2. Menurut saya bab ini sangat menarik, dengan mengetahui keuntungan dan kerugian menjadi interpreneur maka kita bisa memikirkan matang-matang sudah siapkah kita menghadapinya,seyelah memikirkan matang-matang maka kita juga perlu mengetahui situasi pasar,bagaimana mengembangkan keunggulan kompetitif,menyusun rencana bisnis,dan yg paling penting kita harus mengetahui resiko dalam bisnis dan bagaimana mengelolanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk menjadi seorang entrepreneur dibutuhkan berbagai persiapan, baik mental maupun yang lainnya. Karena jika kita sampai salah dalam mengambil suatu keputusan, maka kita sendirilah yang menanggung semua akibatnya. Akan tetapi, jika langkah dan keputusan kita tepat, sehingga perusahaan kita menjadi maju, maka kita juga yang menerima semua keuntungannya baik berupa materi maupun non-materi. :)

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat kalian. Sesungguhnya berbagai pekerjaan pasti memiliki risikonya masing-masing, termasuk menjadi seorang pengusaha. Jadi, pilihan untuk menjadi pengusaha sebenarnya tergantung masing-masing kita, apakah kita siap mental untuk menanggung risiko yang akan terjadi atau tidak. namun, risiko yang akan dihadapi dapat kita minimalkan dengan cara banyak belajar dan sungguh-sungguh memahami apa yang kita lakukan beserta efeknya.

      Hapus
    3. ya saya setuju dengan pendapat anda karena itu memulai suatu bisnis baru harus adanya persiapan yg matang dan diperlukan kreativitas serta inovasi untuk membuat bisnisnya tetap bertahan dalam dunia persaingan bisnis. harus memiliki ide kreatif dalam memanfaatkan peluang yg ada,menunjukan apa kelebihan dari bisnis kita, meminimalisir kelemahan kita dr pada perusahaan yg ada sebelumnya sehingga bisa mengambil alih pangsa pasar dan pastinya untung kita lbih besar.

      Hapus
    4. Menurut saya, untuk memasuki dunia wirausaha ini kita harus memikirkan usaha apa yang akan kita rintis dan produk seperti apa yang akan kita jual. Selain itu juga, kita harus pandai memilih lokasi yang strategis. Dan bagaimana strategi bersaing kta untuk menghadapi pesaing-pesaing yang ada, karena dalam suatu usaha pasti banyak resiko-resiko yang akan kita hadapi.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat anda, karena dengan kita memahami bab ini kita lebih paham jikalau kita memiliki perusahan dan dalam perusahaan kita mendapat kerugian yang cukup besar kita bisa tau dari mana asal usul kerugian tersebut. Karena setiap kita melakukan bisnis kita pasti punya banyak pesaing. Maka dari itu kita harus paham dan lebih teliti dalam memahami strategi2 dalam berbisnis yang baik dan di percaya banyak org .

      Hapus
    6. saya setuju, karena dalam bab ini kita bisa lebih memahami keuntungan dan kerugian menjadi entrepreneur, karena dalam dunia entrepreneur tidak jauh dari kata resiko, kita juga bisa mengetahui resiko yang akan terjadi dalam bab ini. sehingga kita harus berpikir matang-matang sebelum mendirikan usaha

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat teman -teman karena dari bab ini kita belajar bahwa untuk menjadi seorang pengusaha, kita harus bersedia menangunggung resiko kehilangan investasi, bersikap kreatif agar dapat menggembangkan ide-ide bisnis yang baik, dan bersedia menggambil inisiatif untuk menjadikan ide-ide bisnis tersebut terlaksana.

      Hapus
    8. Saya setuju dengan pendapat teman,bahwa setiap jenis pekerjaan pasti memiliki resiko termasuk menjadi seorang pengusaha. Pilihan untuk menjadi seorang pengusaha sebenarnya tergantung masing-masing kita,Bisa diukur dari kreativitas yang kita miliki,apakah kita bisa berinovasi,apakah kita bisa memanfaatkan peluang yang ada,siap memanggung resiko dan persiapan mental kita sehingga kita bisa merasa diri apakah kita siap untuk menjadi seorang pengusaha

      Hapus
    9. Saya setuju dengan pendapat teman-teman, jika ingin menjadi seorang enterpreneur harus siap menerima keuntungan dan kerugian yang di dapatkan. Selain itu memiliki kreatifitas dalam mengembangkan dan menyusun ide agar bisnis yang di jalankan menjadi unggul di kalangan pesaing bisnis, serta siap menerima resikonya .

      Hapus
    10. Saya sangat setuju dengan pendapat teman, sebelum kita membuka usaha bisnis kita, kita harus merencanakan terlebih dahulu usaha bisnis apa yang ingin kita kembangkan atau dibuka? Sebelum di kembangkan terlebih dahulu kita harus mengetahui keunggulan dan resiko yang akan terjadi pada usaha bisnis kita. Sehingga kita dapat mengetahui keuntungan dan kerugian yang terjadi pada usaha bisnis kita.

      Hapus
    11. Saya setuju dengan saudari nenik,karena kita dapat merencanakan dan berfikir ke depan jika kita ingin menjadi seorang interpreneur sejati dalam bisnis yang akan kita jalankan di masa yang akan datang sehingga kita tidak salah mengambil jalan dalam menjadi seorang interpreneur

      Hapus
    12. saya setuju dengan pendapat teman sekalian. karna dalam memulai pekerjaan harus mempunyai pengalaman dan kepintaran dalam menjalani sebuah pekerjaan di suatu perusahaan dan di dalam pekerjaan tersebut harus menerima resiko dalam pekerjaan, dan siap menanggung resiko yang di depan dalam setiap pekerjaan dan pekerjaan itu sebetulnya harus mengambil keuntungan atau kesuksesan setiap pekerjaan yang di jalani di perusahaan tertentu.

      Hapus
    13. saya setuju . selain di bab ini menarik di bab ini juga membahas berbagai topik lainnya seperti pro dan kontra menjadi seorang pengusaha,profil pengusaha, dll.dan jika ada ingin menjadi pengusaha atau seorang entrepreneur anda harus tau berbagai macam kelebihan dan kekurangannya atau aspek-aspek lain nya yang akan anda alami jika anda menjadi seorang pengusaha atau entreprenuer nantinya.

      Hapus
    14. saya setuju.karena apabila kita sudah mengetahui tentang aspek-aspek yang diberikan oleh kewirausahaan maka dari pada itu kita harus memikirkan juga apa dampak wirausaha untuk kita sendiri selaku pemegang usaha tersebut

      Hapus
    15. ya. sebelum mendirikan perusahaan kita harus punya konsep matang untuk usaha tersebut. banyak hal2 yang harus kita pertimbangkan, mengingat sudah banyaknya saingan dalam usaha di bidang apapun, jika tidak benar-benar punya konsep yang baru dan inovatif, kita akan habis.

      Hapus
    16. Ya, memang benar sebelum mendirikan perusahaan, seseorang harus memiliki pemikiran, gagasan, dan konsep yang matang. Setelah berbagai hal yang telah kita pelajari dari mata kuliah Pengantar Bisnis ini, tentu saja, konsep yang inovatif-kreatif sangat penting untuk memajukan usaha.

      Hapus
    17. saya setuju dengan pendapat anda, karena memang menjadi interprenur membutuhkan berbagai macam faktor2, pemikiran yang matang dalam mengambil setiap langkah dan keputusan yang akan diambil, karena jika salah mengambil langkah segala bentuk kerugian akan kita tanggung sendiri, namun jika kita mendapatkan keuntungan maka kita jugalah yang menerimanya, keuntungan yang kita terima dapat berupa materi ataupun non-materi :)

      Hapus
    18. Saya setuju, karena sebelum mendirikan perusahaan orang itu harus tau betul hal apa saja yang akan dihadapi jika mendirikan usaha tersebut, seperti keuntungan dan tantangan berbisnis tersebut.

      Hapus
  3. Sangat menarik dan tentunya penting untuk mempelajari bab ibi karena di bab ini kita dapat mempelajari bagaimana dan apa saja dalam memulai suatu bisnis baru. Mulai dari sutu bisnis kecil apa saja persiapan yg dibutuhkan dan aspek-aspek seperti pendanaan yg menjadi dasar untuk memulai suatu bisnis rencana – rencana yg perlu disiapkan seperti rencana manajemen,keuangan,pengelolaan karyawan yg sangat diperlukan bukan hanya diawal tetapi juga diperlukan saat bisnis tersebut berlangsung. Tentunya kita harus bias mengasah kreativitas dan inisiatif, kondisis pasar serta memperhitungkan resiko dalam memutuskan bila akan memulai suatu bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Elia, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha terlebih dahulu kita harus memiliki keberanian serta mengetahui kondisi pasar saat ini. Rencana renaca bisnis kita juga harus dipersiapkan dengan matang, agar bisnis yang kita jalankan bukan hanya sukses diawal tapi dapat terus sukses dan terus berjalan dengan baik.

      Hapus
    2. saya setuju, sebelum memulai bisnis, yang selalu dipikirkan adalah pendanaan, lalu bagaimana kita menghitung resiko apa yang akan terjadi pada usaha itu. dan tidak lupa untuk memantau bagaimana kondisi pasar saat ini.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda, Dalam memulai bisnis kita harus memiliki keberanian dan modal serta resiko dan rencana-rencana kedepan untuk melakukan bisnis yang akan kita kembangkan agar bisa berjalan dengan baik dan sukses untuk ke depan nya.

      Hapus
    4. Saya sependapat dengan elia dan teman" untuk memulai suatu bisnis kita sekiranya mengerti benar hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisnis tsb.Seperti halnya perencanaan keuangan,perencanaan tenaga kerja ,penyesuaian terhadap kondisi pasar,dll.Dan yang tidak kalah penting yaitu adanya pertimbangan akan resiko apa yang mungkin akan terjadi kedepannya serta strategi untuk mengantisipasi atau meminimalkan resiko tsb.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat teman. dari hal yang pertama saya ketahui memulai bisnis itu tidaklah mudah,karena memerlukan kerja keras dan mental untuk membangun suatu perkembangan atau kesuksesan dalam suatu perusahaan tersebut, oleh karna itu kita harus memepersiapkan dan berpikir secara matang-matang untuk memulai perusahaan yang baik untuk masyarakat. dari hal tersebut untuk melakukan suatu bisnis dalam perusahaan kita harus mempunyai pengalaman,rencana dan modal dll. untuk membangun suatu bisnis dengan baik, kita harus memerlukan keperluan yang bersangkutan dalam berbisnis, dan menerima apa adanya kondisi yang kita miliki dan siap menanggung resiko yang kita hadapi dan siap membuat strategi untuk resiko yang kita dapat dari berbisnis.

      Hapus
    6. Saya setuju dengan elia. Kita dalam membuka bisnis baru, kita perlu mempelajari dan mendalami tentang bab ini. seperti yang telah dikatakan sama elia, mulai dari suatu bisnis yang kecil kita harus mempersiapkan aspek-aspek dana, rencana yang harus di siapkan. Selain itu, kita harus mempersiapkan juga lokasi yang menjadi tempat bisnis kita, sehingga kita lebih tahu kondisi ekonomi di daerah tempat yang menjadi lokasi kita berbisnis. Supaya kita tahu cara memperhitungkan harga pasar dan dapat menghitung resiko yang menjadi keputusan dalam mendirikan bisnis dari nol.

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat sdri di atas. kebutuhan perencanaan dalam membangun atau menjalankan suatu bisnis itu perlu,karena nantinya perusahaan akan lebih terarah dalam pengembangan ataupun pembangunannya. sealin itu,kita juga dapat mengantisipasi masalah - masalah apa nanti yang akan timbul di kemudian hari. persiapan segala bentuk kebutuhan perusahaan itu pun menjadi suatu titik penting dalam suatu perencanaan bisnis. Terima kasih

      Hapus
    8. saya juga sangat setuju dengan pendapat teman-teman perencanaan dalam membangun sebuah bisnis memang sangat penting. Tanpa adanya sebuah perencanaan maka proses membangun sebuah bisnis tidak dapat berjalan secara efektif. Dengan adanya perecanaan juga dapat membantu sebuah bisnis untuk bisa lebih berkembang secara cepat mencapai tujuan atau target yang diinginkan.

      Perencanaan ini sangat bermacam-macam sepeerti yang telah teman-teman sebutkan diatas. Dalam membangun sebuah bisnis kecil maupun besar kita harus telili dan hati-hati dalam membuat perencanaan-perencanaan demi kemajuan bisnis kita. Dan kita sebagai calon-calon pembisnis harus bisa mulai mengerti dan memahami materi perencanaan, salah satunya lewat comment" teman-teman kita d blog ini.

      Hapus
    9. ya, sangatlah diperlukan perencanaan matang ini, mengingat membuka suatu usaha kebanyakan membutuhkan modal, terutama yang butuh modal besar dan melibatkan banyak org di dalamnya.

      Hapus
    10. oleh karena itu tidak salah bahwa sebagai manusia yang kreatif mencoba untuk berwirausaha dn mencoba lbh kreatif

      Hapus
  4. sesungguhnya sesuatu pekerjaan yang kita lakukan pasti memiliki resiko masing-masing,jika kita salah mengambil suatu keputusan maka kita sendirilah yang akan menanggung semua,untuk memulai suatu bisnis kita perlu mempelajari suatu pengelolaan sehingga suatu perusahaan bisa menjadi maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Robert bahwa dalam pengambilan keputusan kita harus benar – benar berhati – hati, karena membuka suatu usaha dan menjadi wiraswasta harus memiliki banyak pengalaman dan juga mengetahui bagaimana cara untuk mengelolanya. Selain itu, kita juga harus mengetahui resiko yang akan terjadi jika kita salah dalam pengambilan keputusan dalam pembukaan usaha tersebut. Akan tetapi, resiko yang buruk tersebut kemungkinan pasti akan tetap terjadi jika menjadi seorang wiraswasta.

      Hapus
    2. Saya juga setuju. Memulai usaha itu gampang-gampang susah. Pasti melewati proses supaya usaha kita dikenal orang banyak dan laris di pasaran, sehingga jika kita ingin sukses harus berusaha dan pintar dalam mengambil keputusan agar tidak berakibat buruk bagi kelancaran usaha kita.

      Hapus
    3. saya setuju, segala sesuatu itu pasti ada resikonya, bisnis akan berjalan lancar jika kita berani mengambil resiko dan sigap dalam menghadapi resiko yang terjadi

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat itu. Karena apabila pekerjaan yang kita jalani jika tidak sesuai dengan hobi dan kriteria dalam diri kita, maka pekerjaan yang kita jalani, suatu saat akan dikuasai oleh seseorang pembisnis-pembinis lain yang mengerti kelemahan kita saat kita lengah dalam melaksanakan pekerjaan yang sedang dijalani. Karena pada jaman sekarang suatu pekerjaan apabila tidak dikuasai kita sendiri atau kita tidak memiliki pengalaman sesuai dengan apa yang kita kerjakan sekarang, maka kita dengan mudahnya akan dijatuhkan oleh para pengusaha lainnya.

      Hapus
    5. Sedikit tambahan untuk Yuliana, memang pada dasarnya dalam bisnis kita acap kali harus mengambil berani resiko demi kemajuan usaha menuju lebih baik. Tetapi hati-hati apabila ingin mengambil resiko, belajar atau tanyakan kepada teman atau pemilik usaha yang lain bagaimana sekiranya agar tidak sampai salah jalan sehingga terjadi rugi yang mendalam.
      Terima kasih

      Hapus
  5. Ketika saya membaca bab ini, ada 1 hal yang paling menarik untuk dibahas disaat seseorang hendak menjadi seorang enterpreneur. Dalam bab ini dijelaskan mengenai bagaimana cara mengembangkan suatu rencana bisnis sekaligus menilai suatu rencana bisnis. Zaman sekarang, banyak orang yang ingin membuka bisnis sendiri namun ia tidak mampu mengembangkan bisnis nya sekaligus yakin bahwa rencana bisnis nya dapat menjanjikan suatu kesuksesan dimasa mendatang. Rencana bisnis dibuat sedemikian rupa, namun ketika dijalankan, justru timbul berbagai kekhawatiran-kekhawatiran sehingga tidak sedikit yang ujung-ujungnya ketika orang sudah gagal untuk membuka bisnis dan mengalami kerugian, ia cenderung untuk menyerah dan langsung berubah profesi menjadi seorang karyawan saja.
    Di dalam bab ini dijelaskan, bahwa ketika hal tersebut terjadi dalam suatu perencanaan bisnis, yang harusnya ditinggalkan bukan bisnisnya tapi ide/rencana awal tersebut yang harusnya ditinggalkan, karena sebetulnya perencanaan bisnis tidak hanya dibatasi pada saat penciptaan bisnis saja, melainkan harus terus dilaksanakan seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Yofina. Karena dalam melakukan suatu bisnis perlu mengembangkan keunggulan kompetitif dalam segmen pasarnya. Tidak hanya dalam perencanaan bisnisnya saja yang dibuat semaksimal mungkin tapi kinerja dalam melakukan suatu rencana bisnis pun harus dengan semaksimal mungkin.

      Hapus
    2. Memang dalam membangun suatu bisnis, kita tidak boleh tergantung hanya pada rencana bisnis yang bagus saja, melainkan kita harus memikirkan hambatan-hambatan apa saja yang akan dihadapi bila bisnis ini dijalankan. Selain itu, kita juga harus mengetahui bisnis tersebut apakah sudah masuk dalam fase yang jenuh atau masih dalam fase yang sedang berkembang. Karena jika bisnis tersebut sudah masuk dalam fase yang jenuh, meskipun bisnis tersebut bagus, tapi sebaiknya kita tidak ikut terjun ke dalam bisnis tersebut. Dengan alasan, setelah fase jenuh biasanya terjadilah fase menurun. Oleh karena itu, jika kita masuk dalam bisnis tersebut, kemungkinan besar kita akan mengalami kerugian.

      Hapus
    3. ya, meski punya konsep sebagus apapun tapi jika kita tidak benar-benar mengerti kemampuan kita dlm menghadapi resiko2 tsb , sama saja kita menuju kehancuran. karena konsep yang bagus akan membuat perusahaan kita berkualitas, sedangkan kesiapan kita dalam menghadapi dan mengatasi hambatan2 yang ada, yang menentukan kelangsungan perusahaan kita.

      Hapus
  6. Dengan mempelajari bab ini kedepannya kita bisa menciptakan bisnis yang baru, menjadi seorang enterperneur muda. Menjadi seorang enterpreneur kita tidak hanya memikirkan soal dana tetapi juga mengenai manajemennya. Kita juga dituntut untuk bisa memahami kebutuhan pasar akan suatu barang atau jasa dengan memproduksi barang dengan biaya yang relatif rendah. Sehingga, bisa mengembangkan suatu rencana bisnis yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan anda,karena menurut saya balik lagi semua itu tergangtung pada diri seorang pebisnis muda dimana seseorang di tuntut untuk bisa memanage semua kegiatan dengan baik agar kinerja perusahaannya bisa baik.selain itu seorang pebisnis muda haris bisa pintar dalam membaca keadaan yang sedang terjadi di sekitarnya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda. Untuk menjadi entrepreneur muda yang berhasil memang harus memperhatikan hal-hal tersebut, tapi sebagai pebisnis muda juga harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti internet, kita dapat membuka online shop yang mampu mempromosikan produk kita dengan layanan yang memuaskan. Sehingga kesempatan bisnis kita juga bisa berkembang sampai mancanegara.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat anda, menurut saya seseorang yang akan memulai bisnisnya harus bisa jeli dalam mengamati kondisi pasar karena kita bisa mengetahui apa yang harus kita lakukan setelah tau bagaimana kondisi pasar yang sedang terjadi.Di samping itu, perencanaan usaha yang tepat sasaran harus dilakukan semaksimal mungkin karena dari situ lah keuntungan yang besar dapat kita kantongi dalam-dalam.

      Hapus
    4. ya, menurut saya bagus juga jika kita punya enterpreunership sejak muda, kita jelas lebih unggul dalam hal-hal yang up to date sehingga lebih mampu membuat konsep yang kiranya bisa mengjangkau segala usia. tentu anak muda lebih kreatif dengan ide-ide yang inovatif dan unik, sehingga untuk konsep, kita bisa lebih unggul. yang perlu benar-benar dipertimbangkan adalah hambatan-hambatan yang pasti muncul dalam prosesnya. kita harus benar-benar siap untuk itu

      Hapus
    5. Saya sangat setuju dengan pendapat anda. karena yang terpenting ada manajemen dalam mengatur suatu bisnis. jadi , kita harus selalu paham apa yang dibutuhkan pasar saat ini agar bisnis kita berkembang.

      Hapus
  7. Menurut saya mempelajari kewiraswastaan dan perencanaan bisnis sangat menarik. Terutama pada pro dan kontra menjadi seorang pengusaha. Dari situ, kita mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian menjadi seorang pengusaha. Dan karakteristik pasar utama yang sebaiknya dinilai oleh para pengusaha sebelum memasuki pasar. Seta pemilik bisnis harus mempunyai rencana bisnis dan mempertimbangkan eksposur terhadap berbagai bentuk risiko dalam melakukan bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Saudari Olivia Aldisa...
      Saya setuju dengan pendapatmu.
      Saya ingin bertanya, apa itu eksposur? Dan tolong berikan contohnya. Terima Kasih.

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
    2. Saya akan menjawab pertanyaan Sulis. Eksposur merupakan resiko yang timbul dari sumberdaya internal seperti para pekerja atau berasal dari sumber daya eksternal. Eksposur juga merupakan obyek yang rentan terhadap resiko dan berdampak pada kinerja perusahaan apabila resiko yang diprediksi benar-benar terjadi. Eksposur ini paling umum berkaitan dengan ukuran keuangan.

      Beberapa bentuk eksposur umum :
      -Biaya yang terlalu tinggi
      -Pendapatan yang cacat
      -Kerugian akibat kehilangan aktiva
      -Akuntansi yang tidak akurat
      -Interupsi Bisnis
      -Sanksi Hukum
      -Ketidakmampuan untuk bersaing
      -Kecurangan dan pencurian

      Hapus
    3. Terima kasih atas penjelasan yang telah disampaikan. Kini saya sedikit lebih paham mengenai eksposur.. :)

      Hapus
    4. Saya ingin bertanya kepada olivia. Apa bedanya resiko dengan eksposur? Yang telah olivia terangkan kepada sulistia. Saya kurang begitu paham.

      Hapus
    5. Eksposur itu obyek yang rentan terhadap resiko, maka dari itu pemilik bisnis harus mempunyai rencana bisnis dan mempertimbangkan obyek yang rentan terhadap resiko (eksposur). Sedangkan resiko adalah hal yang terjadi akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemilik sendiri ataupun dari pihak lain.

      Hapus
    6. jadi eksposur adalah obyeknya resiko.. begitu? misalnya akuntansi tidak akurat. eksposurnya adalah sistem akuntansi itu, resikonya tidak akurat??

      Hapus
  8. menurut saya materi yang menarik adalah menyusun suatu rencana bisnis, karena didalam mendirikan suatu usaha/ bisnis , penyusunan suatu rencana bisnis sangat diperlukan dan merupakan bagian penting,dan penyusunan rencana bisnis itu hendaknya jelas dan harus dapat meyakinkan orang lain bahwa bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan, jika di dalam suatu usaha/ bisnis tidak ada penyusunan suatu rencana bisnis atau suatu rencana bisnis itu tidak meyakinkan , maka bisnis tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga para investor pun segan untuk bergabung atau menginvest dana dalam bisnis tersebut, karena tidak ada kejelasan dalam penyusunan rencana dalam bisnis itu sendiri, baik dalam penilaian lingkungan bisnis, rencana manajemennya, rencana pemasaran,rencana keuangan.Tujuan penyusunan rencana bisnis ini adalah untuk membantu pengusaha untuk memperoleh dana guna mendukung pembukaan bisnis, dan digunakan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan bisnis di sepanjang usia bisnis. Oleh sebab itu, dalam penyusunan suatu rencana bisnis harus betul-betul dipertimbangkan, karena kegagalan/ keberhasilan bisnis itu sebagian bergantung pada rencana bisnisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat yuliany. Dari pendapat yuli saya menyimpulkan bahwa dalam memulai atau mendirikan suatu bisnis, diperlukan juga relasi-relasi yang dapat membantu kita dalam memulai suatu bisnis. Dan ketika suatu bisnis sudah dijalankan, perusahaan tersebut harus dapat dipercaya dan harus dapat menjaga kepercayaan dari orang lain karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap bisnis yang kita jalankan.

      Hapus
    2. Saya cukup setuju dengan pendapat anda. Memang dalam membangun suatu bisnis baru, kita harus mempunyai suatu perencanaan bisnis yang baik. Dengan demikian, kemungkinan bisnis tersebut berhasil jauh lebih besar dari kemungkinan gagalnya. Akan tetapi, ada satu hal yang sangat perlu kita perhatikan yaitu seberapa besar dana yang dapat kita usahakan. Hal tersebut sangat tergantung pada reputasi kita dalam dunia bisnis. Contohnya, misalkan kita memiliki dana 1 miliyar rupiah, tidak mungkin kita langsung dapat membangun suatu bisnis yang membutuhkan modal 1 triliun rupiah. Sebaik apapun rencana bisnis yang dibuat, tetap saja tidak ada investor yang mau dan percaya untuk menginvestasikan uangnya dalam rencana bisnis yang kita buat tersebut.

      Hapus
    3. ya,, dalam mendirikan perusahaan juga harus dipertimbangkan kemampuan kita, baik enterpreunership maupun modal yang ada. hal itu mempengaruhi relasi dengan pihak eksternal. sedangkan dalam mendirikan perusahaan kita tidak lepas dari hubungan dalam masyarakat seperti yang kita perlajari di bab sebelumnya.

      Hapus
  9. Menurut saya bab ini sangat menarik karena dalam berbisnis para pengusaha bertanggung jawab atas pendirian ribuan bisnis baru setiap tahunnya.. suatu rencana bisnis akan memaksa pemilik bisnis yang diusulkan menyebutkan secara spesifik seluruh rencana utama bisnis. Rencana bisnis biasanya terdiri dari atas penilaian mengenai lingkungan bisnis, rencana manajemen yang menjelaskan bagaimana sumber daya-sumber daya perusahaan digunakan, rencana pemasaran yang menjelaskan penentuan harga,distribusi,dan rencana-rencana promosi dll. Kewiraswastaan memiliki keputusan dan dampaknya salah satunya adalah menciptakan produk atau jasa yang memiliki permintaan dan dapat memenangkan persaingan dalam hal ini dapat meningkatkan kinerja dalam berbisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Agnes saya masih tidak paham dengan yang dimaksud, para pengusaha bertanggung jawab atas pendirian ribuan bisnis baru tiap tahunnya. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

      Hapus
    2. Hai Ravensca. Maksud kalimat Yosephine sedikit ambigu sih, jadi kalau menurut saya sih seperti ini, para pengusaha ini memiliki tanggung jawab atas bisnisnya karena tiap tahun banyak pesaing2 baru yang mendirikan bisnisnya. Tanggung jawab tersebut berupa perencanaannya, bagaimana manajemennya, strategi menghadapi persaingannya, dll. Terima Kasih

      Hapus
  10. saya setuju denga pendapat anda karena sebgai pemilik perusaahan itu bukanlah sebagai pemilik pekerjaan lain karena memiliki suatu pekerjaan itu mengubah gaya hidup yang dahulunya seorang pedagang biasa dan menjadi pengusaha besar yang sukses dan berani mengambil resiko yang besar juga termasuk mengambil resiko yang dapat menerima suatu kerugian dan keuntungan.
    Yang membuat saya bingung itu, Mengidentifkasi situasi pasar yang harus diperhatikan sebelum masuk dalam sebuah pasar yang seperti apa?, tolong di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dyas. Seperti yang sudah dijelaskan di buku, bahwa identifikasi pasar yang harus diperhatikan ketika seseorang hendak membuka bisnisnya adalah Permintaan, Persaingan, Kondisi Tenaga Kerja, Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan.
      Permintaan: Ketika kita hendak membuka usaha, kita harus mengetahui secara jelas dimana terdapat konsumen yang pasti akan membeli produk yang kita produksi/kita jual. Misal, banyak orang yang memutuskan untuk berjualan makanan dengan harga yang lebih terjangkau di lingkungan yang banyak terdapat anak-anak kos sehingga dagangannya akan cenderung lebih laris dibandingkan orang tersebut berjualan di tempat lain. Hal ini disebabkan, karena anak-anak kos cenderung memilih bahkan mencari makanan yang lebih terjangkau harganya di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
      Persaingan: Dalam persaingan, ada yang namanya pangsa pasar. Pangsa pasar ini menunjukan seberapa besar total penjualan yang berhasil diraih dalam suatu pasar tertentu. Semakin luas pangsa pasar yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka akan semakin meningkat pula pendapatan yang bisa diraih oleh suatu perusahaan dari pasar tersebut. Sebelum seorang pengusaha membuka usahanya, ia harus mampu melihat seberapa besar peluang/ target pangsa pasar yang dapat diraih oleh usaha yang hendak dibuka/dijalankan sehingga ketika betul-betul memasuki pasar tersebut, perusahaan sudah siap dengan strategi-strategi maupun rencana yang hendak dilakukan untuk menghadapi situasi pasar sehingga pangsa pasar yang diperoleh pun akan semakin luas dan target pangsa pasar bisa tercapai.
      Kondisi Tenaga Kerja: Zaman sekarang, spesifikasi pekerjaan sangatlah dibutuhkan dibanyak pasar. Karena inilah, banyak dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dalam menjalankan suatu bisnis agar kelancaran bisnis dapat terwujud semakin baik. Namun ternyata hal ini pun menimbullkan permasalahan baru yaitu tingginya tingkat upah/gaji yang harus dibayarkan perusahaan kepada tenaga-tenaga ahli ini sehingga otomatis beban/biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan untuk menggaji karyawannya saja akan bertambah. Dengan memahami lingkungan ketenagakerjaan yang dibutuhkan, pengusaha akan mampu memperkirakan seberapa besar beban/biaya gaji tenaga kerja yang akan ditanggung sekaligus memutuskan apakah lebih baik menjalankan bisnis baru/bisnis lain yang memiliki tingkat tanggungan beban biaya tenaga kerja yang lebih rendah/terjangkau.
      Kondisi Peraturan Perundang-undangan: Ketika hendak membuka suatu bisnis baru, kita juga hendaknya sudah memahami apakah jenis usaha yang akan kita buka ini adalah usaha yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah atau tidak dan apakah kita siap dengan semua peraturan-peraturan dari pemerintah setempat yang akan membatasi beberapa kebijakan-kebijakan yang akan diambil demi kemajuan perusahaan dimasa mendatang. Contohnya apabila kita hendak membuka usaha produksi kertas, pasti akan ada UU tentang peraturan pemanfaatan lingkungan hidup yang otomatis mengikat usaha bisnis kita, karena untuk membuat kertas diperlukan aksi penebangan pohon yang dikhawatirkan akan merusak alam. Akan ada biaya-biaya tambahan dan jaminan-jaminan tertentu sebagai syarat penting untuk kita bisa membuka dan menjalankan bisnis kita tersebut. Oleh sebab itu, mengenal kondisi peraturan perundang-undangan sangatlah penting ketika hendak membuka sebuah bisnis.

      Hapus
  11. Bab ini sangat menarik karena kita bisa tau cara membuat bisnis baru agar bisnis yang kita buat bisa menjadi sukses, dan di bab ini juga di pelajarin mengidentifikasi risiko dalam berbisnis serta cara-cara mengatasi risiko tersebut. Dalam berbisnis juga kita perlu menilai kondisi pasar, kondisi-kondisi yang perlu di perhatikan yaitu : permintaan, persaingan, kondisi tenaga kerja, kondisi peraturan dan perundang-undangan.dengan mempelajari bab ini kita bisa meperhatikan kondisi-kondisi pasar yang telah di sebutkan agar bisnis berjalan baik.

    BalasHapus
  12. Setelah membaca bab ini menurut saya yang paling menarik adalah bagian awalnya tentang bisnis bisnis kecil, dengan modal yang sedikit dapat menghasilkan suatu keuntungan yang besar. Contohnya adalah, Domino's Pizza yang dulu didirikan oleh seorang mahasiswa yang di dropout dari perguruan tinggi yang dulu hanya bermodalkan $500 tetapi saat ini menghasilkan keuntungan $1 miliar per tahun. Hal ini semakin meyakinkan saya bahwa untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus jenius, melainkan harus pandai melihat peluang dan berani mengambil resiko serta kreatif. Selain itu setelah membaca bab ini kita jadi tahu keuntungan dan kerugian menjadi seorang pengusaha, dapat mengindentifikasikan kondisi pasar sebelum memasuki pasar tsb, dan dapat menganalisis resiko yang timbul serta bagaimana cara mengatasinya. Semua hal ini tentunya berguna bagi kita saat nanti kita akan memasuki dunia bisnis.

    BalasHapus
  13. bab ini sangatlah menarik karena di sini kita dapat tahu bagaimana memikirkan strategi suatu bisnis, salah satunya kita dapat menawarkan barang dengan harga lebih murah tetapi mutu yang lebih baik yang dapat membuat nilai perusahaan menjadi baik pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan pendapat anda, jika kita ingin menjual barang dengan harga miring tapi mutu lebih baik sebaiknya hal itu hanya dilakukan dengan pertimbangan dari bahan baku dan pangsa pasar. Karena terdapat kemungkinan kita akan mengalami kerugian. Sebaiknya kita lebih memikirkan kreativitas dengan menciptakan produk yang belum ada di masyarakat, dengan begitu usaha kita akan lebih terjamin kedepannya.

      Hapus
    2. Saya setuju, sebelum memulai suatu usaha kita harus terlebih dulu membuat perencanaan usaha agar bisnis yang kita jalani dapat memperoleh untung serta dapat terus berjalan. Seorang pengusaha juga dituntut untuk kreatif serta meyadari adanya kebutuhan pasar akan suatu barang atau jasa tertentu yang dapat kita berikan.

      Hapus
    3. Saya rasa di dalam suatu bisnis,kita perlu mempersiapkan semuanya terutama dari modal,mental,dan keberanian untuk mempersaingi pengusaha-pengusaha lain dengan cara,kita harus terampil terhadap usaha apa yang di bangun,dan kita pribadi juga harus mengerti apa yang di butuhkan oleh masyarakat dan pasar,sehingga usaha kita dapat lancar akan berjalannya perputaran barang di indonesia.

      Hapus
  14. bab ini saat menarik karena di bab ini membahas tentang bagaimana bisnis yg baik dan kita bisa memiliki barang yg bagus n kualitas yg bagus dan membuat pelanggan datang

    BalasHapus
  15. yang paling menarik menurut saya untuk dipelajari dari bab ini adalah mengenai Mengidentifikasi berbagai resiko dalam bisnis dan bagaimana mengelolanya, ini merupakan hal yang paling penting dan mendasar harus diketahui lebih dulu bagi seorang wirausaha dan perencana bisnis karena tanpa hal ini tidak seorang pun dapat membuka usaha dan sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat anda, pembahasan tentang cara mengidentifikasi macam-macam resiko dan bagaimana mengelolanya ini merupakan faktor penting dalam menjalankan suatu bisnis.Karena tidak bisa dipungkiri setiap usaha yang ingin selalu berkembang pasti melawati proses pertimbangan yang mungkin menimbulkan berbagai resiko.

      Hapus
  16. Setelah membaca bab ini menurut saya yang paling menarik adalah bagian awalnya tentang bisnis bisnis kecil, dengan modal yang sedikit dapat menghasilkan suatu keuntungan yang besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang sependapat dengan anda, dalam menjalankan bisnis kecil, belum tentu modalnya sedikit tapi bisa mendapat untung yang banyak. seseorang yag mempunyai bisnis kecil tersebut juga harus memperhatikan resiko dan segala kerugian yang akan ditanggung. Dibalik keuntungan yang besar pasti juga ada kerugian2 yang harus ditanggung. tidak selamanya bisnis itu menghasilkan keuntungan yang besar, dengan modal yg kecil, karena dengan berkembangnya era globalisasi, semakin banyak pesaing - pesaing yang mempunyai bisnis sama seperti yg dijalani. Banyak org yang ingin meniru bisnis2 kecil seperti contohnya bisnis sembako. Meskipun modalnya bisa dikatakan tidak terlalu besar, tetapi dikawasan sekitar ia berjualan ada orang yang mempunyai bisnis yg sama (pesaing). mereka bersaing dalam hal harga sembako yg semakin lama harga sembako tidak stabil. jika tidak bisa mengontrol hrga suatu barang, maka resikonya barang dagangan yg diual tidak laku (permintaan turun) dan bisa jadi rugi.
      sekian pendapat dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata.

      Hapus
  17. saya setuju dengan pendapat anda karena dalam bab ini kita bisa belajar dan mengetahui bagaimana cara memulai suatu bisnis dimana disini kita di latih dengan memulai bisnis kecil agar kita tahu bahwa dalam menjalankan bisnis tidaklah semudah yang kita bayangkan.

    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Marianti, dengan mempelajari bab ini kita bisa mengetahaui ternyata membuka suatu usaha bisa dihadapkan banyak tantangan tetapi bibalik tantangan itu ada juga sisi positif yang membuat orang tetap ingin memulai bisnis. Misalnya seorang entrepreneur, seorang entrepreneur harus harus bekerja keras dengan waktu yang panjang dan bahkan bisa saja waktu mereka hampir digunakan seluruhnya untuk bekerja tetapi disisi lainnya mereka bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Terima kasih.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat anda sekalian. Bahwa memang tidak mudah untuk menjadi seorang yang sukses/entepreneur yg sukses. Tp yg terpenting adalah usaha dan kemauan yg keras. Perlu belajar dari usia dini, jadi ketika ke depannya kita sudah mengerti cara-cara untuk memulai suatu bisnis

      Hapus
  18. saya tertarik dengan materi Kewirausahaan karena Seorang wirausaha berperan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal seorang wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya. Secara eksternal, seorang wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan ketertarikan serta pendapat dari Fransiscus. Kewirausahaan penting untuk dipelajari karena dapat menjadi modal dan juga membantu seseorang di waktu yang akan datang untuk memiliki usaha / berwiraswasta sehingga sudah tahu bagaimana langkah-langkah yang harus diambil dalam membangun suatu usaha dari awal. Wirausaha sendiri juga bermanfaat bagi banyak kalangan, yang pertama memang kalangan bagi pemilik usaha itu sendiri selain memperbaiki standar hidup, pemilik usaha juga dapat membantu perekonomian negara. Lalu yang kedua bagi masyarakat biasa. Semakin banyak usaha di dalam negara, semakin mudah untuk mencari pekerjaan karena lapangan pekerjaan yang tersedia juga banyak. Lalu yang terakhir Pemerintah dan Negara, bagi pemerintah, hal ini sangat membantu kelangsungan kegiatan perekonomian negara dan bagi negara sendiri negara akan mengalami perkembangan yang bagus, karena pendapatan masyarakat yang merata serta pengangguran semakin berkurang. Semuanya saling timbal balik, jadi jika kegiatan perekonomian pemilik usaha itu lancar, maka kemudahan yang diberikan pemerintah semakin banyak, contohnya : biaya pajak/bea cukai untuk impor/ekspor murah. DI sisi lain masyarakatpun juga ikut untung, karena harga-harga kebutuhan di dalam negara akan rendah/ murah karena kembali ke awal tadi, perekonomian negara berjalan lancar.

      Samuel G. / 3203013038 / Kelas A

      Hapus
  19. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari, karena dalam bab ini kita jadi tahu bagaimana memulai suatu bisnis, dan bagaimana kita dapat mengolah bisnis itu menjadi lebih menarik dan kreatif. banyak ide bisnis yang pada awalnya terlihat masuk akal ternyata tidak dapat dilaksanakan karena beragam kekhawatiran yang dimiliki pengusaha tersebut setelah mengembangkan rencana bisnisnnya, sebagai contoh rencana tersebut dapat mengungkapkan bahwa pendapatannya ternyata tidak akan mencukupi untuk menjadi suatu bisnis yang menguntungkan. Dalam kondisi seperti ini, ide bisnis harusnya segera ditingggalkan. Mungkin salah satu atau bahkan lebih aspek dari bisnis yang diusulkan perlu diubah, dan kemudian penilaian baru atas pendapatan dan pengeluarannya dilakukan kembali untuk menentukan apakah bisnis tersebut masih layak. Bahkan setelah suatu bisnis diciptakan, bisnis tetap harus memiliki rencana jangka panjang untuk produksinya, manajemen karyawan, pemasaran dan keuangannya. Oleh sebab itu perencanaan bisnis tidak hanya dibatasi pada saat perencanaan bisnis saja, melainkan harus terus dilaksanakan seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut.

    BalasHapus
  20. Bab ini sangat menarik dan sangat penting , karena sebelum kita menciptakan atau memulai suatu bisnis baru . Memulai suatu bisnis dapat menjadi sebuah proses yang rumit.hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai bisnis adalah menyusun suatu ide-de atau menyusun suatu perwncanaan.menurut saya untuk memulai sebuah bisnis dimulai dari bisnis yang kecil terlebih dahulu .bisnis kecil diciptakan oleh para pengusaha yang memiliki ide bisnis dan bersedia menginvestasikan uang pengusaha itu sendiri untuk mendukung ide tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat elim. untuk mendirikan suatu usaha, kita tidak hanya harus memiliki ide tetapi juga harus memiliki modal yang bisa diinvestasikan untuk mendukung ide tersebut agar dapat direalisasikan.

      Hapus
  21. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari, karena dari bab ini saya bisa belajar bagaimana caranya memulai suatu bisnis. Saya juga bisa mengidentifikasi resiko-resiko yang akan saya hadapi ketika memulai suatu bisnis sehingga saya bisa melakukan perencanaan sebelumnya agar tidak mengalami kerugian. Dari bab ini juga saya belajar untuk menjadi kreatif dan inovatif, karena untuk bisa membangun suatu usaha yang bisa berhasil dibutuhkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga usaha yg kita dirikan memiliki keunggulan tersendiri dari perusahaan yang lain.

    BalasHapus
  22. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena pada bab ini dijelasakan bagaimana kita memulai berbisnis,menciptakan suatu bisnis yang akan menghasilkan banyak keuntungan/profit dan mencari berbagai peluang dimana kita dapat menawarkan sesuatu barang atau jasa kepada para pelangganyang dihargai lebih murah atau memiliki lebih baik jika dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan lain yang sudah ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda, selain itu dalam bab ini kita juga bisa mengetahui keuntungan dan kerugian sehingga nantinya ketika memulai bisnis kita bisa meminimalkan kerugian yg dialami.

      Hapus
  23. Menurut saya bab ini sangat memarik karena kita dapat menciptakn suatu bisnis namun dalam menciptakan bisnis,pengusaha akan mengalami berbagai pro dan kontra.
    Keuntungan menjadi seorang pengusaha yaitu:
    1.memperoleh keuntungan yang besar dari bisnis tsb
    2.menjadi pimpinan bagi diri sendiri dam dapat menjalankan bisnis sesuai dengan keinginan
    3.tidak perlu takut d salahkan oleh pimpinan
    Begitupula ada juga kerugian menjadi pengusaha yaitu:
    1.kemungkinan menanggung kerugian dalam jumlah besar dan bahkan kehilangam seluruh investasi
    2.harus dapat memastikan fungsi-fungsi bisnis yang telah berjalan dengan baik
    3.masih dapat kehilangan sumber penghasilan jika bisnis tsb gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari Desy. Saya ingin menambahkan sedikit tentang kekurangan menjadi seorang entrepreneur. Menjadi seorang enterpreneur menurut saya memiliki suatu tanggung jawab yang besar terhadap usahanya karena banyak keputusan yang harus dia buat. Seorang entrepreneur pasti akan dihadapkan oleh berbagaimacam pilihan dan pilihan tersebut pasti memiliki dampak untuk usahanya, jika seorang entrepreneur ini memilih keputusan yang salah maka perusahannya bisa goyang bahkan bisa saja menjadi hancur. Terima kasih.

      Hapus
  24. 3103013232
    Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari karena dengan membaca bab ini kita dapat mengetahui bahwa seorang pengusaha harus mempertimbangkan seluruh kondisi pasar yang diidentifikasikan sebelum memutuskan untuk menciptakan suatu bisnis baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. Saya mau menambahkan sedikit tentang bagaaimana kondisi permintaan, persaingan, kondisi tenaga kerja, dan kondisi peraturan dan perundang - undangan akan mempengaruhi potensi kerja bisnis. Permintaan dan persaingan mempengaruhi permintaan akan produk perusahaan dan karenanya mempengaruhi pendapatannya. Karena kondisi - kondisi seperti ini mempengaruhi jumlah produk yang akan diproduksi oleh suatu bisnis baru, mereka juga akan mempengaruhi biaya operasi, seperti misalnya beban - beban produksi dan administrasi. Setiap perubahan yang terjadi di lingkungan ketenagakerjaan dan peraturan pada umumnya akan mempengaruhi pengeluaran - pengeluaran suau bisnis baru.
      sekian, terima kasih.

      Hapus
  25. 3103013255
    Menurut saya yang paling menarik dari bab ini adalah cara mengidentifikasi kondisi pasar yang sebaiknya dinilai sebelum memasuki suatu pasar tersebut :
    1.Permintaan (setiap produk memiliki pasarnya sendiri, dimana terdapat konsumen yang membeli produk dan bisnis yang menjual produk tersebut)
    2.Persaingan (perusahaan yang bersaing dalam suatu pasar atas barang atau jasa tertentu pada umumnya ingin meningkatkan pangsa pasarnya)
    3.Kondisi Tenaga Kerja (dalam perusahaan selalu memiliki karakteristik minim Tenaga Kerja)
    4.Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan (pemerintah federal memaksakan berbagai peraturan lingkungan hidup atau dapat mencegah sebuah perusahaan beroperasi di lokasi tertentu atayu melakukan jenis bisnis tertentu)

    BalasHapus
  26. Menurut saya, rencana pemasaran menggambarkan bagian-bagian penting dari rencana bisnis untuk usaha baru yang terpusat pada kegiatan-kegiatan pelaksanaan usaha dan hubungannya dengan marketing mix. Rencana pemasaran merupakan strategi utama yang akan dijalankan dalam tiga tahun pertama suatu usaha baru, dan rencana pemasaran harus diduking oleh riset pasar dan analisis lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak sependapat dengan pandangan anda, karena jika anda hanya memperhatikan sisi marketing saja, maka sehebat apapun marketing anda, saya rasa perusahaan anda akan mengalami banyak masalah. Karena sisi financial suatu perusahaan juga sangat penting. Meskipun marketingnya bagus, jika cash flownya tidak baik, budgeting perusahaan juga tidak bagus, maka perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang tidak efisien dan costnya sangat tinggi. Sehingga pada akhirnya, meskipun marketingnya bagus, tetap saja perusahaan akan merugi. Contoh, pada kasus perusahaan BPPC, perusahaan tersebut membeli cengkeh dari petani seharga Rp2500/kg, menjual ke pabrik rokok dengan harga Rp13000/kg dan semua pabrik rokok harus membeli cengkeh ke BPPC karena BPPC memonopoli cengkeh di Indonesia. Seharusnya BPPC akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari bisnis cengkeh tersebut. Akan tetapi, karena perusahaan tersebut tidak memperhatikan sisi financialnya, maka perusahaan tersebut menjadi rugi.

      Hapus
  27. dalam bab ini yang saya ingin tanyakan,jika Permintaan, Persaingan, Kondisi Tenaga Kerja, Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan masing-masing tersebut apakah memiliki persyaratan?

    BalasHapus
    Balasan
    1.  Menurut saya, tidak ada persyaratan tertentu untuk mengukur seberapa jauh kriteria Permintaan, Persaingan, Kondisi Tenaga Kerja, dan Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan ketika hendak melakukan suatu bisnis. Karena untuk mengukur seberapa jauh kriteria Permintaan, Persaingan, Kondisi Tenaga Kerja, dan Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan tergantung dari pihak kita (cara pandang kita dalam menilai suatu kondisi pasar tersebut) yang hendak membuka suatu bisnis sehingga yang ada adalah kemungkinan peluang apa yang bisa diraih oleh perusahaan/bisnis yang hendak kita bangun ketika kita memperhatikan dan menilai kondisi-kondisi pasar tersebut.

      Hapus
  28. menurut saya, setelah mempelajari bab ini, pengusaha yaitu seseorang yang mencari keuntungan. untuk menjadi seorang pengusaha kita harus bersedia menanggung resiko, bersikap kreatif, bersedia mengambil inisiatif,para pengusaha juga harus memiliki strategi agar pelanggan tertarik terhadap barang yang ditawarkan, untuk menarik permintaan akan produk atau jasa yang mereka tawarkan, mereka perlu mengembangkan suatu keunggulan kompetitif, seperti memproduksi secara efisien, memproduksi produk atau jasa yang memiliki mutu lebih tinggi dengan biaya yang relatif rendah sehingga pendapatan mereka akan melebihi biayanya dan timbullah laba.

    BalasHapus
  29. Dalam bab ini kita dapat mengerti berbisnis kewirausahaan yang benar, kita juga dapat menggunakan bab ini sebagai panutan untuk mendirikan wirausaha. Selain itu, disamping berbisnis sendiri kewirausaahan juga membantu masyarakat dengan cara memperluas lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuu dengan pendapat anda. Mendirikan wirausaha juga dapat mengurangi jumlah pengangguran di indonesia, agar kemiskinan di negara indonesia ini dapat teratasi. dan dengan mendirikan wirausaha sendiri, serta memberi pekerjaan kepada org lain, berarti kita juga dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia serta meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.

      Hapus
    2. Ya Grecia, saya sangat setuju dengan pendapat anda dan juga Garry. Saat ini Indonesia membutuhkan banyak entrepreneur muda yang dapat mencetak lapangan pekerjaan yang baik untuk kemajuan bangsa yang lebih baik.
      Seperti yang di katakan oleh CEO CT Corp, Chairul Tanjung bahwa Indonesia butuh minimal 5 juta entrepreneur agar Indonesia dapat menjadi negara maju.

      Lantas bisnis apa yang bagus ya?
      Saudari dapat melakukan (ATM) yaitu Amati, Tiru, Modifikasi tentunya ditambah dengan inovasi agar tercipta suatu usaha yang baik, meskipun berupa usaha pengikut(follow) namun tetap penuh kreasi karena adanya modifikasi dan inovasi.
      Terima kasih.

      Hapus
  30. Menurut saya pada bab ini kita dapat mengetahui bahwa menjadi pebisnis selalu memiliki pro kontra dan siap untuk menghadapi masalah yang ada. Terdapat beberapa situs yang membantu untuk menangani masalah pendanaan bagi para calon pebisnis. Dalam menjalaniusaha, pemilik harus memiliki karakter-karakter tertentu seperti toleransi resiko, inisiatif, kreativitas serta ambisi. Calon pebisnis juga harus membuat rencana bisnis yang dapat dipergunakan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan bisnis di sepanjang menjalankan usaha tersebut, pedoman untuk mencari pinjaman dana seperti pinjaman dari bank-bank dan mencari investor yang mungkin bersedia menjadi pemilik parsial. Maka dari itu rencana bisnis harus dibuat secara benar, jelas dan meyakinkan calon investor kalau usaha kita memberikan keuntungan.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  31. materi yang menarik dalam bab ini adalah menyusun suatu rencana bisnis, dikarenadalam mendirikan suatu bisnis, harus penyusunan suatu rencana bisnis yang sangat diperlukan,itu merupakan bagian penting, dalam penyusunan rencana bisnis itu hendaknya jelas dan harus dapat meyakinkan orang lain bahwa bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan, jika di dalam suatu bisnis tidak ada sebuah rencana maka bisnis itu tidak akan pernah berjalan dengan baik dan sempurna.

    BalasHapus
  32. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari. dDalam bab ini kita diajarkan untuk mengetahui tentang kondisi pasar. Yaitu mengetahi permintaa,persaingan, kondisi tenaga kerja dan kondisi peraturan perundang-undangan. Misalnya,permintaan dan persaingan mempengaruhi permintaan akan produk perusahaan karenanya akan mempengaruhi pendapatannya. Kondisi-kondisi seperti ini akan mempengaruhi potensi kinerja bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kita akan mendirikan suatu bisnis, kita harus mengetahui apa saja kekuatan-kekuatan kita, apa saja kelemahan-kelemahan kita, ada tidaknya kemungkinan bisnis ini untuk berkembang dengan pesat, dan hambatan-hambatan apa yang kemungkinan harus kita hadapi. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka kemungkinan besar bisnis kita akan berhasil.

      Hapus
  33. menurut saya bab ini sangat menarik untuk di pelajari dan dengan kita mempelajari bab ini kita dapat mengetahui tentang kondisi yang terjadi di pasaran, jika kita ingin membuka atau menciptakan lapangan kerja baru. karena itu juga akan mempengaruhi permintaan dan penawaran kita nanti sebagai pemilik bisnis.. agar kita dapat menghitung dan meminimalisir kerugian yang ada nantinya.. :)

    BalasHapus
  34. menurut saya yang menarik dari bab ini adalah adanya penjelasan tentang profil-profil pengusaha yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis seperti :
    1. seorang pengusaha harus bisa toleransi terhadap segala risiko. misalnya, risiko kehilangan investasi bisnis
    2. harus mempunyai kreativitas. misalnya, pengusaha mampu mengetahui cara-cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan dapat mendeteksi adanya kebutuhan pelanggan yang belum tersedia, dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu.
    3. harus inisiatif. misalnya, mampu menyadari adanya tantangan dan langsung dapat menghadapinya.
    menurut saya 3 hal ini dapat menjadi bekal jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses.
    selain itu dijelaskan juga tentang kondisi pasar yang dapat menjadi pertimbangan seseorang sebelum memulai bisnis :
    kondisi permintaan, kondisi persaingan, kondisi tenaga kerja, kondisi peraturan dan perundang-undangan.
    dengan mampu menilai kondisi di atas, seorang pengusaha akan mampu memprediksi seperti apa tantangan yang akan di hadapi dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai love saya ingin memberikan pendapat pada point nomor 1,menurut saya bukan toleransi tetapi lebih berjiwa besar atau "bermental"terhadap berbagai situasi terutama ketika terjadi situasi buruk pada perusahaan

      Hapus
    2. Saya setuju dgn anda ttg 3 hal itu sebagai kesimpulannya pribadi manusia itu wajib untuk berpikir MANDIRI

      Hapus
  35. kelebihan dari bab ini adalah mengajarkan kita untuk menjadi seorang pengusaha,serta bagaimana menciptakan suatu bisnis dan mengidentifikasikan keuntungan dari bisnis yg kita jalan kan tersebut.kita juga diajarkan menciptakan peluang dan membaca pekuang bisnis baru,serta pro-kontra nya menjadi seorang pengusaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai tomi saya ingin bertanya .....pro kontra menjadi pengusaha itu seperti apa?

      Hapus
    2. Menurut pendapat saya, yang dimaksud dengan pro-kontra menjadi seorang pengusaha adalah keuntungan dan kerugian menjadi seorang pengusaha. Keuntungannya antara lain : dalam bekerja tidak diperintah oleh orang lain (bebas), penghasilannya tidak terbatas karena jika perusahaan tersebut mendapat untung besar maka semua keuntungan miliknya, bisa melaksanakan seluruh ide-ide bisnisnya, tidak bisa dipecat karena dia pemilik perusahaan. Kerugian seorang pengusaha : jam kerjanya tidak terbatas (banyak pengusaha yang bekerja hingga 15 jam per hari), jika salah mengambil keputusan maka semua kerugian akan ditanggung sendiri, penghasilannya tidak pasti (bisa besar bisa kecil), dll.

      Hapus
    3. Pro-kontra pengusaha seperti baik atau buruk nya untuk menjadi seorang pengusaha. Mereka memilih untuk membuka usaha sendiri karena bosan menjadi karyawan. Baiknya untuk jadi pengusaha adalah, bisa menjadi pimpinan untuk diri sendiri dan menjalankan bisnis sesuai keinginan. Dan buruknya untuk menjadi pengusaha adalah menanggung kerugian dalam jumlah yang besar.

      Hapus
  36. menurut saya dalam kewiraswastaan dan perencanaan bisnis diperlukan seorang pebisnis yang mampu untuk membaca peluang usaha baru,memiliki toleransi risiko,artiny harus bersedia menerima risiko kehilangan investasi binis mereka,kreatif,dan memiliki inisiatif.kita juga harus mampu menilai kondisi pasar,seperti permintaan dan persaingan,bab ini juga membahas mengenai bagaimana kita memanfaatkan kondisi pasar,mengembangkan keunggulan yang kompetitif serta pengembangan rencana bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mega saya ingin bertanya ........menurut anda hal apakah yang dapat menyebabkan seorang pengusaha atau pebisnis mengalami masalah seperti kehilangan investasi padahal dia telah kreatif ,inisiatif dll yang seperti anda jelaskan?

      Hapus
    2. Menurut saya seorang pengusaha dapat kehilangan investasinya meskipun sudah kreatif, inisiatif dll karena adanya peraturan pemerintah. Contohnya, seseorang yang membangun pabrik minuman keras. Misalnya belum berapa lama setelah pengusaha tersebut membangun pabrik minuman keras, keluarlah peraturan pemerintah yang melarang penjualan minuman keras.

      Hapus
  37. Yang menarik, dalam bisnis untuk mendapatkan keuntungan tidaklah dengan cara instan dengan menjual harga tinggi ,tetapi bagaimana menarik hati pelanggan dengan harga murah dan komunikasi yang baik serta pelayanan yang baik ,informasi yang mudah diperoleh(internet )bagi pelanggan .
    Yang menarik juga dalam bisnis bisa kita harus mampu berspekulasi (bisa dikatakan harus memiliki jiwa gamble).
    Dalam bab ini saya telah mengerti apa itu pangsa pasar yakni jumlah penjualan di pasar dari suatu perusahaan dalam bentuk presentase terhadap suatu produk dari total penjualan di pasar ,Untuk memulai bisnis seseorang harus mampu menentukan segmen mana yang akan ia masuki

    BalasHapus
  38. keuntungan dan kerugian yang di dapatkan. Selain itu memiliki kreatifitas dalam mengembangkan dan menyusun ide agar bisnis yang di jalankan menjadi unggul di kalangan pesaing bisnis, serta siap menerima resikonya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya kurang paham dengan komentar yg anda tulis. Maksud dari "keuntungan dan kerugian yang di dapatkan" apa ya? bisa tolong dijelaskan.
      terima kasih

      Hapus
    2. Mungkin maksud dari Ivan anggola adalah salah satu yang menarik untuk dibahas di bab ini adalah keuntungan dan kerugian dalam memulai suatu bisnis baru.
      Keuntungan memiliki bisnis / menjadi seorang pengusaha :
      - Keuntungan / profit yang tidak terbatas bergantung bagaimana anda mengatur bisnis tersebut (pemasaran, inovasi, dsb)
      - Dapat menjadi pimpinan dalam perusahaan sendiri
      - Tidak perlu takut dipecat apabila melakukan trial dan error
      - kepuasan tersendiri
      Terima kasih.

      Hapus
    3. terima kasih karena saudara andy telah membantu saya untuk lebih memahami ttng bagaimana menjadi seorang pengusaha. tentu memang ada keuntungan dan kerugian menjadi seorang pengusaha. di samping itu kita jg harus melihat para pesaing bisnis di sekitar kita. Dengan pola pikir yg kreatif, inisiatif, mau bekerja keras, dan mempunyai rasa tanggung jawab, maka usaha yg kita jalani pasti membawa hasil yg memuaskan.

      Hapus
  39. menurut saya bab ini sangat menarik, jika kita sebagai pengusaha kita harus mencoba untuk menciptakan suatu bisnis yang akan menghasilkan bagi usaha kita. kita juga harus mencari peluang untuk mendapatkan pelanggan dengan cara harga yang kita tawarkan lebih murah dan mutu lebih baik dari pada yang ditawarkan perusahaan-perusahaan lain. sehingga pelanggan yang membeli barang di kita dapat puas dengan barang yang kita tawar.

    BalasHapus
  40. Saya tertarik dengan bab 6 kewiraswastaan dan perencanaan bisnis, di bab ini dijelaskan tentang rencana-rencana dalam berusaha yang pasti dan tepat. rencana yang ada di bab ini adalah rencana manajemen kita harus memiliki rencana tersebut karena merupakan struktur utama dalam melakukan kegiatan bisnis. yang kedua rencana pemasaran, kita harus memiliki rencana tersebut juga karena di dalam dunia bisnis kita harus tau apa yang akan dipasarkan dan seberapa besar target yang kita tentukan sebelumnya. rencana keuangan merukapan suatu rencana penting yang ketiga karena kita sebelum melakukan bisnis atau usaha yang akan kita buat, kita harus tau seberapa besar modal yang kita punya.

    BalasHapus
  41. saya masi bingung dengan seorang pengusaha harus bisa toleransi terhadap segala risiko..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, maksud dari toleransi resiko ini hampir sama maknanya dengan berani mengambil keputusan untuk tetap berinvestasi membuka usaha sendiri sekaligus berani menanggung segala resiko yang harus dibayar apabila usaha tersebut pada akhirnya mengalami kegagalan. Penggunaan kata “toleransi” disini untuk menunjukan bahwa seorang pengusaha harus mampu “menganggap wajar” ketika harus menanggung resiko akibat keputusannya untuk membuka suatu usaha/bisnis.

      Hapus
  42. menurut saya materi kali ini menarik untuk dipelajari khususnya ketika kita ingin menjadi seorang pengusaha. Dibab ini kita diajarkan menyusun suatu rencana bisnis dari awal berdirinya, karena didalam mendirikan suatu usaha atau bisnis , penyusunan suatu rencana bisnis sangat diperlukan dan merupakan bagian terpenting sebelum memulai bisnis. Penyusunan ini dapat memberikan gambaran jelas kepada orang lain dan kita sendiri bahwa bisnis ini dapat memberikan keuntungan. Namun, jika nantinya mengalami kerugian, kita dapat memperkirakan apa yang harus dilakukan sedari awal. Selain itu, para pengusaha juga harus memperhatikan karakteristik pasar yang utama seperti permintaan, persaingan, kondisi tenaga kerja, dan kondisi peraturan dan perundang-undangan. Selain memperhatikan karakter pasar, pengusaha juga harus mempersiapkan diri untuk menanggung segala resiko yang ada termasuk kehilangan investasi, harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar mampu mengembangkan ide-ide bisnis sehingga mampu bersaing dengan pengusaha lainnya serta bersedia mengambil inisiatif agar dapat mewujudkan ide-ide bisnis tersebut.

    BalasHapus
  43. Menurut saya bab ini menarik, karena jika kita membuat usaha sendiri, kita dapat megurangi para pengangguran yang ada di Indonesia ini. Selain itu, bab ini juga mengajarkan kita bagaimana cara berwirausaha dengan baik, yaitu bagaimana cara berkompetisi dengan pesaing-pesaing usaha yang kita jalani, kemudian kita juga harus mengidentifikasi apa saja yang tidak dimiliki oleh kompetitor, dan kemudian kita harus miliki apa yang mereka tidak miliki. Di samping itu, kita sebagai entreprenur juga harus mempertimbangkan segala resiko-resiko yang harus kita hadapi apabila sudah menggeluti usaha yang kita buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya sangat setuju dengan pendapatmu. Kegiatan berwirausaha dapat dikatakan sebagai kegiatan yang mendukung perekonomian suatu negara karena memiliki keuntungan untuk mengurangi pengangguran. Disisi lain, banyak hal dapat kita peroleh dari kegiatan berwirausaha, selain keuntungan, ada skill yang terus berkembang. Ketika kapasitas seorang wirausahawan itu terus berkembang maka akan berdampak baik untuk usaha yang didirikannya. Memiliki jiwa kompetitif juga sangat diperlukan karena hal tersebut membuktikan bahwa suatu bisnis itu benar-benar hidup. Terima Kasih.

      Hapus
  44. menurut saya di konsep bab ini ada banyak ide bisnis yang pada awalnya terlihat masuk akal ternyata tidak dapat dilaksanakan karena beragam kekhawatiran yang dimiliki pengusaha tersebut setelah mengembangkan rencana bisnisnnya, sebagai contoh rencana tersebut dapat mengungkapkan bahwa pendapatannya ternyata tidak akan mencukupi untuk menjadi suatu bisnis yang menguntungkan. Dalam kondisi seperti ini, ide bisnis harusnya segera ditingggalkan. Mungkin salah satu atau bahkan lebih aspek dari bisnis yang diusulkan perlu diubah, dan kemudian penilaian baru atas pendapatan dan pengeluarannya dilakukan kembali untuk menentukan apakah bisnis tersebut masih layak. Bahkan setelah suatu bisnis diciptakan, bisnis tetap harus memiliki rencana jangka panjang untuk produksinya, manajemen karyawan, pemasaran dan keuangannya. Oleh sebab itu perencanaan bisnis tidak hanya dibatasi pada saat perencanaan bisnis saja, melainkan harus terus dilaksanakan seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut.

    BalasHapus
  45. Saya sependapat dengan teman-teman yang sudah berkomentar di sini...
    yang pasti jika ingin menjadi seorang entrepreneur dan mendirikan suatu bisnis sendiri tidak lah mudah, karena harus memiliki pemikiran yang luas dan di bab ini kita dapat mengerti segala sesuatu nya untuk menjadi seorang entrepreneur.

    BalasHapus
  46. Menurut saya bab ini sangat menarik karena kita diajarkan resiko resiko untuk menjadi seorang pengusaha. Maka dari itu, untuk menjadi seorang pengusaha kita harus bisa menanggung resiko kehilangan investasi yang ada di bisnis baru tersebut, tetap kreatif untuk mengembangkan ide-ide bisnis, dan selalu berinsiatif. Karena ketika pengusaha menciptakan suatu ide bisnis, mereka harus mempertanggungjawabkan keputusan tersebut (resiko-resikonya) karena keputusan ini akan mempengaruhi perusahaan untuk kedepannya. Disini kita juga diajarkan untuk mengenal karateristik pasar karena ini nantinya akan mempengaruhi permintaan dan pendapatan perusahaan tersebut. Intinya perusahaan membutuhkan rencana bisnis dan bagaimana mereka akan mengelola resiko bisnis tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendpat angel..dalam bab ini kita sudah harus mulai berpikir terbuka..resiko apa yang akan kita dapat saat kita akan berbisnis,,jadi sebelum membuka usaha kita sudah harus tau resiko apa yang akan kita terima dan bagaimana cara mengatasi resiko yg ada

      Hapus
  47. menurut saya dalam bab ini sangat menarik, karena dari bab ini membahas keuntungan dan kerugian yang akan kita hadapi dalam membuat keputusan jika mendirikan suatu bisnis. memang dalam mendirikan bisnis mendapatkan keuntungan peluang yang sangat besar, tetapi resiko untuk peluang kerugian juga besar. tinggal bagaimana seorang pengusaha mengambil keputusan yang terbaik bagi usahanya jika di hadapkan suatu masalah dalam berbisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan anda. saya hanya ingin menambahkan sedikit kata2. selian seorang pengusaha harus mengambil keputusan yg terbaik bagi usahanya, seorang pengusaha perlu melakukan analysis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oportunity, and Threat). Dengan begitu pengusaha tersebut dapat bertahan di dlm persaingan dan mengatasi masalah dlm berbisnis.
      sekian. Terima kasih.

      Hapus
  48. Bab ini menarik karena disini dibahas tentang membuat atau memulai bisnis baru , yang penting jika ingin ber-wirausaha kita harus berani mengambil keputusan tetapi kita harus mempersiapkan diri kita dahulu bahwa diri kita mampu memulai bisnis itu dan kita harus tau risiko yang kita dapat. Menjadi pengusaha tentunya banyak pro dan kontra nya. Agar kita terhindar dari kontra menjadi seorang pengusaha kita juga harus mempunyai refrensi yaitu dari internet untuk mengetahui keadaan pasar dan bisnis apa yang cocok dimasa itu. Pengusaha tentunya harus mempunyai kreativitas yang tinggi agar mengetahui kepuasan pelanggan dan juga inisiatif untuk mengambil keputusan guna memastikan ide pengusaha tersebut terlaksana

    BalasHapus
  49. Hal yang menarik dari bab ini adalah bahwa para pengusaha mencoba untuk menciptakan suatu bisnis yang menghasilkan keuntungan bagi mereka, dengan mencari berbagai peluang dimana mereka dapat menawarkan barang atau jasa kepada pelanggan yang memiliki harga yang lebih murah atau kualitas yang lebih tinggi dari para pesaingnya.

    BalasHapus
  50. Menurut saya bab ini menarik. Karena kita dapat mengetahui bagaimana menjadi pengusaha yg baik. Menjadi pengusaha tidaklah mudah. Banyak resiko yg dihadapi. Namun seorang pengusaha harus mempunyai sikap dan jiwa yg inovatif dan kreatif agar usahanya terus berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan rizky karena pengusaha yang tidak inovatif, perusahaan yang dipimpinnya tidak akan berkembang dan tidak akan maju karena tidak memiliki ide-ide baru dan juga tidak memiliki pemikiran yang berkembang sehingga kemungkinan besar usahanya akan terpuruk.

      Hapus
  51. menurut saya antara kewirausahaan dan perencanaan bisnis adalah suatu hubungan yg tidak dapat dipisahkan, karena dengan semangat kewirausahaan maka kita bisa merencanakan bisnis yg mana dapat menghasilkan profit bagi kita. Jadi materi ini benar2 menarik karena juga mengulas bagaimana melihat keadaan pasar dan cara kita merencanakan bisnis, tentunya bisnis yg ber-etika.

    BalasHapus
  52. Menurut saya tujuan pembelajaran dalam bab ini antara lain memberikan informasi tentang kerugian dan keuntungan dalam menciptakan suatu usaha . Selain i†ϋ, dengan mengetahui kondisi pasar sebelum menciptakan sebuah bisni, memungkinkan pemasaran produk yg di produksi akan terjual dengan baik karena sudah mengetahui barang apa yg tepat untuk di tawarkan. Selain i†ϋ, bagi para pemula, sangat perlu adanya usaha untuk membuat bagaimana bisnis yg diciptakannya mengalami perkembangan . Dengan melihat berbagai sisi resiko suatu usaha, dan dapat mengelola resiko i†ϋ sebaik mungkin, kemungkinan bisnis tersebut dapat berkembang sangatlah besar .

    BalasHapus
  53. Menurut dari bab ini yang menarik adalah tentang bagaimana kita menenpatkan diri sebagai wirausaha yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

    #Mampu mengidentifikasi Laba/Rugi
    #Mampu mengidentifikasi kondisi-kondisi pasar
    #Mampu memikirkan hal-hal yang kompetitif untuk usahanya
    #Mampu mengidentifikasi resiko-resiko

    itu adalah yang tertulis dalam buku,tetapi dari semua itu kita sebenarnya hanya membutuhkan Rencana yang baik dan ditambah persiapan mental

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang paham dengan pendapat anda. saya ingin bertanya apakah cukup dengan hanya membutuhkan Rencana yang baik dan ditambah persiapan mental, kita bisa menempatkan diri sebagai wirauaha yg baik?? dan maksudnya rencana yang bagaimana yg baik?
      sekian. terima kasih.

      Hapus
    2. Saya ingin membantu menjawab pertanyaan Grecia,

      -suatu bisnis tentunya memiliki visi dan misi yang baik dan jelas kurang lebih untuk 5 tahun kedepan ( Rencana yang baik ). Apa yang ingin dicapai, bagaimana strategi pasarnya, segmen mana yang dituju, tentunya hal-hal tersebut harus dipikirkan dengan baik sebelum memulai sebuah usaha atau menjadi seorang entrepreneur.

      -Persiapan mental, yang dimaksud persiapan mental disini bukan persiapan mental apabila saudari kaya mendadak karena bisnis anda laku keras. Namun, menjadi seorang pengusaha banyak tantangan, persaingan ketat di depan mata apabila tidak pintar dalam mencari sebuah peluang ( tekanan yang cukup berat, berbeda dengan anda menjadi karyawan )

      Terima kasih.

      Hapus
  54. memang sebelum kita memulai wirausaha, ada baiknya kita mengenali barang/jasa apakah yang lg diminati/dibutuhkan masyarakat dan bagaimana kita menginovasi usaha tersebut agar dapat menjual dengan harga murah dengan kualitas baik dan penting juga mengenali kondisi-kondisi pasar, karena kondisi pasar juga dapat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. saya hanya ingin menambahkan sedikit. selain hal yang anda sebutkan di atas, kita juga perlu mengamati para pesaing2 yang menjual barang yang sama dengan yg kita jual. jika kita tidk mampu mengontrol harga barang trsebut, maka resiko yg akan kita tanggung adalah kerugian karena barang kita kalah saing dengan org lain meskipun kualitas bagus. Karena banyak org jaman sekarang lebih memilih harga yg murah daripada mementingkan kualitas barang (mungkin untuk kalangan menengh kebawah).
      sekian pendapat saya. moon maaf bila ada kesalahan. terima kasih.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan sdri. Grecia Stefani dan hanya sedikit menambahkan, bahwa banyak orang lebih mengutamakan atau lebih memilih harga yang lebih murah untuk barang yang sama bahkan untuk selisih yang sedikit sekalipun ( misal Rp. 1.000,- Rp 2.000) maka dalam suatu bisnis yang baru, perlu berhati-hati agar tidak terjadi kalah saing dengan pesaing lain.

      (Contoh: Cynthia menjual cake tart untuk jenis red velvet seharga Rp 200.000, sedangkan Grecia menekuni usaha yang sama di bidang cake and pastry yang juga menjual kue red velvet dg kualitas yang sama, namun Grecia mematok dg harga Rp. 220.000)

      dalam kasus ini Grecia dapat mengalami kalah persaingan dengan usaha milik Cynthia, namun perlu di cermati bahwa di jaman sekarang harga bukan lah harga mati untuk konsumen memilih. Ada banyak cara untuk memenangkan persaingan meski harga jual lebih tinggi dari pesaing lain. Salah satunya, Grecia dapat melakukan inovasi, seperti memerikan dus kue yang lebih elegan, rapi, dan cantik , memberikan gratis lilin angka ulang tahun sesuai umur sehingga usaha milik Grecia dapat unggul dalam persaingan.
      Terima kasih.

      Hapus
    3. saudara Andy sangat tepat dalam memberikan contoh dlm kehidupan sehari - hari. Jadi, selain mengenali berbagai kebutuhan masyarakat, mengenali kondisi pasar, kita juga dapat memberikan bonus - bonus lain yg harganya tentu juga diperhitungkan agar kita tidaak mengalami kerugian. Di samping itu, kita juga harus mengutamakan rasa saling menghargai dan sikap sopan kepada pelanggan.
      pada intinya, di jaman era globalisasi ini kita sebagai entrepreneur muda, kita harus lebih bisa berpikir kreatif, inovatif, inisiatif, bisa mengembangkan ide dan pikiran agar dapat tercapainya sebuah kesuksesan.
      sekian pendapat dari saya. mohon maaf bila ada kesalahan kata. terima kasih.

      Hapus
  55. menurut saya dalam berwirausaha itu kita harus mengetahui keuntungan yang kita dapat dan kerugian yang akan kita alami karena untuk menjadi pengusaha yang baik kita harus mengetahui itu semua. kita juga harus mengetahui apa yang lagi dibutuhkan pasar yang diminati ataupun tidak diminati karena mayoritas masyarakat indonesia menyukai barang yg murah dengan kualitas yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya agak tidak setuju dengan pendapat kamu. karena menurut saya memang bisnis itu menimbang untung dan memikirkan rugi maka u/ menghasilkan suatu bisnis kita harus paham benar bagaimana memanajemeni suatu usaha. terima kasih

      Hapus
  56. Bagi saya, mempelajari bab Kewiraswastaan dan Perencanaan Bisnis merupakan hal terpenting. Dengan derasnya arus globalisasi, serta kebutuhan hidup yang tidak terbatas, manusia dituntut untuk dapat menciptakan inovasi segar dalam berbisnis. Tidak sampai disitu, dengan kebutuhan konsumen yang tidak terbatas, manusia memerlukan penghasilan ekstra. Semua orang bisa berbisnis, tapi tidak semua orang memiliki pengetahuan dasar dalam memulai bisnis. Jadi, bab Kewiraswastaan dan Perencanaan Bisnis merupakan elemen penting guna mempertajam insting bisnis kita sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya setuju dengan pendapat kamu. dengan mempelajari materi ini, kita menjadi lebih mengerti dan lebih matang dalam merencanakan bisnis yang akan kita jalani. sehingga bisnis kita menjdadi maju dan menghasilkan profit yang besar.

      Hapus
  57. bab ini sangat menarik karena kewirausahaan itu membuat kita untuk bisa hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usaha atau bisnis kita bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usaha kita. untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi diri kita dan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda perlu mengetahui bahwa mengelola bisnis kewirausahaan itu tidak mudah. Memang banyak keuntungan bila membuka bisnis kewirausahaan. Diantaranya jika anda membuka bisnis kewirausahaan, anda bisa mengatur seluruh kinerja perusahaan anda sendiri, lalu anda juga dapat merancang sistem keuangan yang anda inginkan pada usaha yang anda dirikan, lalu jika anda adalah seseorang yang menyukai tantangan, maka model usaha kewirausahaan ini juga sangat cocok karena anda pastinya mendapat tantangan" yang tidak didapatkan oleh seorang pegawai atau seorang profesional kerja yaitu jika perusahaan anda dalam keadaan terdesak seperti jika usaha anda hampir bangkrut, anda tentunya pasti berpikir dengan keras bagaimana cara untuk membalikkan keadaan yang terdesak seperti saat ini untuk menjadikan perusahaan anda ini tetap berdiri bahkan dapat membalikkan keadaan menjadi perusahaan yang kokoh kembali.

      Hapus
  58. Dalam memulai suatu bisnis, salah satu yang harus di pertimbangkan adalah kondisi pasar yaitu : 1.permintaan: dipengaruhi oleh kondisi pasar tertentu. contoh permintaan pakaian bayi bergantung pada jumlah bayi yang lahir, semakin banyak bayi yang lahir maka semakin banyak juga permintaanya.
    2. persaingan : ketika persaingan suatu pasar mengalami peningkatan, maka hal tersebut bisa mempengaruhi pangsa pasar.
    3. tenaga kerja : tiap perusahaan mempunyai karakteristik tenaga kerja yang spesifik.
    4. kondisi peraturan dan perundang-undangan : adanya peraturan dari pemerintah yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan industr

    BalasHapus
  59. saya tertarik dengan pembahasan di bab ini. karena dengan penjelasan di bab ini saya jadi mengerti lebih spesifik tentang entrepreneur. dan tentu bukan hanya keuntungan dan kelebihan saja yang dipaparkan, melainkan kekurangan dan resiko-resiko yang harus dihadapi. serta target-target saat kita menjadi entrepreneur. dan rencana-rencana yang dijelaskan secara spesifik untuk mengawali dan saat menjalankan bisnis juga. dan sebagai entrepreneur kita juga jangan hanya terpaku hanya pada 1 konsumen dan 1 pemasok saja. karena itu akan membuat bisnis kita terlalu bergantung pada 1 orang saja, tentu resiko di bisnis tersebut adalah, bisnis itu tidak akan berkembang. melainkan sebaliknya entrepreneur harus bisa mengikuti permintaan yang ada di konsumen, dan pemasaran dari produk tersebut. dan me-manajemen bisnis tersebut dengan baik, akan membuat bisnis juga menjadi lebih maju. penilaian karakteristik pasar juga sebaiknya diperhatikan bagi entrepreneur. karena penilaian tersebut menentukan kemajuan dan keadaan di bisnis kita.
    kesimpulannya, pembahasan bab ini menjadi bekal nantinya untuk kita menjadi entrepreneur, dan bukan menjadi entrepreneur yang hanya memandang keatas tentunya, melainkan memperhatikan juga para pegawai yang berusaha untuk membangun bisnis kita tersebut, serta pintar memperhatikan kondisi pasar adalah hal yang penting. terima kasih

    BalasHapus
  60. Menurut pendapat saya tentang mendirikan suatu bisnis sendiri ada untung dan ruginya,antara lain:
    Keuntungannya:
    1. Adanya peluang mengendalikan nasib anda sendiri.
    2. Adanya peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas.
    3. Adanya peluang untuk menggunakan potensi sepenuhnya
    4. Adanya peluang untuk menjadi bos
    Kerugiannya:
    1. Pendapatan yg diperoleh tidak pasti
    2. Resiko utk kehilangan seluruh investasi
    3. Kerjanya lama dan harus bekerja keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya setuju dengan pendapat anda. sebagai seorang wirausahawan kita harus berani mengambil resiko, karena ada banyak kemungkinan yang akan terjadi, keuntungan yang tidak seberapa mungkin bahkan mengalami kerugian. Tetapi ketika kita mengerti apa saja tantangan2 serta hambatannya, kita mampu memperkecil resiko2 tersebut dengan memaksimalkan potensi yang kita miliki. Yang terpenting kita harus berpikir positif dan bekerja keras. Terima Kasih.

      Hapus
    2. Ya, saya setuju dengan pendapat anda sekalian. Bahwa seorang wirausahawan adalah orang yang mengambil alih tertinggi dalam usahanya. Dia harus paling mengerti, paling mempunyai keberanian untuk mengambil resiko, mengatasi setiap masalah yang ada dalam usahanya.

      Hapus
  61. Dalam bab ini, menurut saya yang menarik adalah “mengembangkan keunggulan kompetitif’.
    Zaman yang semakin canggih dan teknologi yang terus-menerus berkembang, membuat seseorang dapat memanfaatkannya untuk perkembangan bisnis mereka. Internet merupakan suatu hal sarana promosi produk yang telah diciptakan oleh perusahaan. Internet dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan. Produk yang dihasilkan perusahaan, dijual dalam situs/web mereka. Cara pembayarannya dengan kartu kredit secara onlen, kemudian produk tersebut dikirim pada konsumen yg telah membeli.

    Keunggulan berbisnis online adalah dapat menggantikan took, tanpa harus pergi ke tokonya untuk melihat semua produk perusahaan tersebut.
    Selain itu, juga mengurangi pengeluaran ketika memberikan jasa dalam bentuk informasi. Dan terhindar dari penyewaan tempat usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dwi apriliyani, saya mau tanya apa kelemahan berbisnis online dan bagaimana cara lain untuk mengembangkan keunggulan kompetitif selain melalui bisnis online??

      Hapus
  62. bab ini menarik untuk lebih lagi kita pelajari. Menurut saya untuk menjadi seorang wirausaha yang dibutuhkan pertama adalah kejelian dalam menilai kondisi pasar . Dengan menilai kondisi pasar,seorang wirausaha dapat merencanakan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen dan seorang wirausaha akan lebih memahami permintaan dari konsumen. Kedua kemampuan dalam mengatur rencana usaha. Rencana yang tepat pada targetnya dan menguntungkan antara konsumen dan wirausaha itu sendiri sangat diperlukan. Mulai dari rencana pemasaran, keuangan,hingga rencana operasional. Seorang wirausaha dituntut untuk berani dalam menghadapi resiko dari usahanya. Untuk berwirausaha, kegagalan adalah cara yang tepat untuk menilai bagaimana keberhasilan itu dapat dicapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai louis, saya mau bertanya.. berarti apakah kita harus mengalami kegagalan terlebih dahulu agar kita dapat menilai keberhasilan yang kita capai??

      Hapus