SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 17 Agustus 2013

Mengapa butuh Perencanaan SDM (Bahan Diskusi 19 Agustus 2013)


Bahan Bacaan: Nixon, Bonnie. 2011. Growing Company Needs HR Plan. Canadian HR Reporter, (24): 18

Penulis artikel mengomentari keraguan perlunya perencanaan SDM bagi organisasi kecil atau yang sedang berkembang. Meskipun memang banyak tantangan tapi manfaat yang diperoleh perusahaan kecil yang melakukan perencanaan SDM akan sangat terasa.
Perencanaan SDM adalah proses sistimatis untuk me”match”kan minat, keterampilan, dan talenta individu anggota organisasi dengan tujuan dan peluang jangka panjang organisasi. Rencana terkait SDM sangat penting bagi pencapaian rencana strategis suatu organisasi karena menjadi dasar ukuran untuk menentukan apakah organisasi berhasil mencapai tujuannya terutama terkait dengan anggotanya (aspek manusia).
Proses perencanaan SDM dimulai dari rencana strategis organisasi, yaitu menyangkut apa tujuan dan sasaran organisasi. Jika hal itu sudah jelas, perlu pemahaman posisi organisasi saat ini, dengan pertama melakukan analisis eksternal organisasi untuk mengetahui kapasitas tenaga kerja yang tersedia, penawaran dan permintaan tenaga kerja serta asal tenaga kerja tersebut. Setelah itu harus melihat ke dalam organisasi untuk mengetahui area mana yang dapat dipengaruhi oleh kapasitas SDM yang ada. Area itu dapat berupa keterlibatan karyawan, perubahan kepemimpinan dan  prioritas tertentu serta kepuasan pelanggan. Selanjutnya dapat dilakukan analisis untuk mengetahui kesenjangan kompetensi SDM yang dimiliki dengan tuntutan ideal organisasi. Akhirnya, berdasarkan pemahaman akan kesenjangan tersebut dapat dirumuskan prioritas terkait program-program yang akan dilaksanakan organisasi dalam mengelola SDM agar tujuan organisasi tersebut dapat dicapai.

Bahan Diskusi:
Menurut Saudara, apa yang menyebabkan organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM dalam pengelolaan organisasi tersebut? Selamat Berdiskusi….

17 komentar:

  1. Edwin Tanujaya (31030110341)kls B

    Penyebab organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM dalam pengelolaan organisasi adalah :
    +Kurangnya dukungan dari pihak eksekutif atau manajemen :
    -Kelemahan teknis yang berakibat pada kinerja yang berada dibawah tingkat dari yang diperkirakan.
    -Gagal dalam memperoleh manfaat yang diperkirakan.
    -Biaya yang berlebih-lebihan sehingga melampaui anggaran.
    -Melampaui waktu yang telah diperkirakan.
    +Tidak Memiliki Perencanaan Memadai
    Pengembangan dan penerapan sistem informasi yang tidak didukung dengan perencanaan yang matang tidak akan mampu menjembatani keinginan dan kepentingan berbagai pihak di perusahaan.
    Perusahaan harus memperhatikan bagaimana seluruh elemen dapat berpartisipasi, dari tingkat manajerial dan pemakai akhir untuk terbentuknya kinerja system inforamsi yang berkualitas. Kegagalan dalam sistem informasi terkadang tidak dapat dihindari namun masih dapat dikendalikan dan diperbaiki agar perusahaan dapat maju kembali

    BalasHapus
  2. Yang dapat menyebabkan sebuah organisasi / perusahaan mengabaikan perencanaan SDM :
    1.Perusahaan/organisasi tersebut hanya melihat sisi hard skill dari SDM , tanpa mempertimbangkan soft skill yang dimiliki SDM dalam lingkungan kerja
    2. Perusahaan tersebut hanya memiliki tujuan memperbesar laba,tanpa memiliki tujuan lain seperti mensejahterakan konsumen,dll.. Sehingga SDM yang direkrut hanya dilihar dari hard skillnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sebuah perusahaan SDM nya hanya memiliki hard skill,maka perusahaan tersebut sulit untuk berkembang. Maka dari itu, perusahaan dalam memilih SDM harus dimulai dengan perencanaan agar SDM yang diharapkan bisa sesuai dengan apa yang diperlukan perusahaan tersebut.

      Hapus
  3. Menurut saya, penyebab suatu organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah :
    *) Perusahaan/organisasi hanya memandang karyawan adalah mesin yang hanya diminta untuk bekerja dan menjalankan perintah. Namun, kesejahteraan dan kebutuhannya tidak digubris. Perusahaan hanya tau memperkerjakan mereka tanpa peduli bagaimana memberdayakan mereka.
    *) Beberapa perusahaan lebih melihat (fokus) dan mementingkan kepuasan konsumen, laba yang dihasilkan, dan kualitas produknya sehingga menghiraukan tenaga kerjanya sendiri.
    *) Perusahaan lupa akan perlunya/pentingnya memanajemen karyawannya untuk kebaikan/kemajuan perusahaan tersebut.
    *) Jika perusahaan sukses akan menjual produknya dan sukses di dalam pangsa pasar, bisa jadi itu perusahaan tidak menaruh perhatiannya kepada karyawan-karyawannya. Ia lebih fokus ke arah kesuksesannya itu
    *) Biaya bisa jadi penyebabnya. Beberapa perusahaan masih memikirkan dua-tiga kali hanya untuk memanajemen karyawannya yang mungkin dianggap gak penting.

    BalasHapus
  4. menurut saya, apa yang menyebabkan organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM dalam pengelolaan organisasi tersebut adalah,
    1. perusahaan/organisasi tersebut hanya melakukan analisis eksternal untuk mengetahui tenaga kerja yang tersedia tanpa mengetahui keterlibatan karyawan dalam berkerja.
    2. perusahaan tersebut lebih mengutamakan laba yang tinggi dari pada kepuasan dari pelanggan.
    3. perusahaan lebih mementingkan hard skill dari pada soft skill yang ada pada tenaga kerja(karyawan)

    BalasHapus
  5. Menurut saya penyebab suatu organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah:
    1. Perusahaan tidak memikirkan akibat jangka panjang yang akan terjadi jika mengabaikan perencanaan SDM. Hal yang sering dilupakan adalah bahwa tujuan dan sasaran suatu perusahaan bisa tercapai secara maksimal juga karena peran penting SDM.
    2. Perusahaan hanya mementingkan laba dan pendapatan pada saat itu saja, sehingga mengabaikan perencanaan SDM yang matang. Padahal hal tersebut memiliki andil yang sangat penting untuk kelangsungan perusahaan agar dapat bertahan lama.
    3. Kurangnya pemikiran sistem perusahaan kurang terkendali secara maksimal karena SDM tidak ditempatkan sesuai dengan bidang atau skill masing-masing sehingga dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  6. Menurut saya, penyebab suatu organisasi atau perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah :
    1. Kurangnya cara pandang suatu perusahaan terhadap karyawan. Perusahaan hanya menganggap bahwa seorang karyawan hanya sebagai tempat untuk diberikan tugas. Pihak perusahaan tidak mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki oleh seorang karyawan tersebut. Perusahaan tidak memikirkan bahwa seorang karyawan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar untuk suatu perusahaan.
    2. Pihak perusahaan hanya mementingkan keuntungan pribadi. Maksudnya adalah perusahaan tidak berpikir bahwa kesuksesan yang diraih perusahaan berasal dari kinerja karyawan yang terkait. Ereka tidak memikirkan adanya reward bagi karyawan yang berprestasi
    3. Kurangnya pengertian akan dampak buruk yang akan terjadi akibat tidak adanya perencanaan SDM.

    BalasHapus
  7. Menurut saya; penyebab suatu organisasi atau perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah:
    1. : Karena Perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk melatih karyawan baru yang belum tentu akan betah di perusahaan tersebut.
    2. : Karean Perusahaan merasa menambah karyawan baru akan menambah beban perusahaan semakin tinggi
    3. : Karena Perusahaan merasa cukup dengan sdm yang tersedia di perusahaan (sekali pun karyawan mungkin melakukan pekerjaan ganda)

    BalasHapus
  8. Mossa Juwana (3103012121) kelas E

    menurut saya yang menyebabkan organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM dalam pengelolaan organisasi adalah:
    1.perusahaan/organisasi memiliki beban biaya yang terlalu berat dan kurang lincah dalam merespon perubahan lingkungan.
    2.perusahaan/organisasi tidak mampu mengambil keputusan yang efektif untuk mencapai tujuan dari perusahaan/organisasi tersebut
    3.perusahaan/organisasi kurang memperhatikan pentingnya perencanaan SDM baik dalam arti kuantitas maupun kualitasnya

    BalasHapus
  9. Thomas tandoyo 3103012130
    Menurut saya penyebab suatu organisasi/perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah
    1. Masalah gaji yang nantinya akan memberatkan perusahaan
    2. Perusahaan hanya mementingkan keuntungan mereka sendiri, mereka berpikir bahwa keberhasilan itu diraih oleh mereka bukan dari karyawan-karyawan
    3. Perusahaan juga tidak niat melatih karyawan yang belum tentu menetap di perusahaan cukup lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4. Perusahaan merasa menambah beban jika menambah karyawan baru

      Hapus
  10. saya Aditya (3103010059 , sudah lulus MSDM 1) , dari konsentrasi pemasaran . saya ingin bertanya mengenai perencanaan sdm .
    Menurut anda , mengapa sebuah perencanaan dalam MSDM suatu perusahaan harus dirancang secara strategis ? Apakah semua komponen SDM perlu direncanakan sedemikian rupa ?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjawab pertanyaannya Aditya Kristian, menurut saya sebuah perencanaan dalam MSDM suatu perusahaan harus dirancang secara strategis adalah supaya perusahaan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga didapatkan pula hasil yang baik dari perencanaan MSDM itu sendiri dan perusahaan mempunyai kontrol (arah) yg menentu atas kinerja karyawan2nya.
      Menurut saya, semua komponen MSDM sangat perlu direncanakan sedemikian rupa dgn alasan bahwa semua komponen MSDM adalah komponen perusahaan juga yang membantu jalannya perusahaan tersebut seperti memberikan pemikiran-pemikiran dan kerja keras terbaik mereka dalam menghasilkan atau menjual produk perusahaan.

      Hapus
    2. Terima kasih masih mau bergabung, Aditya.

      Hapus
  11. Menjawab pertanyaannya Aditya Kristian, menurut saya sebuah perencanaan dalam MSDM suatu perusahaan harus dirancang secara strategis adalah supaya perusahaan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga didapatkan pula hasil yang baik dari perencanaan MSDM itu sendiri dan perusahaan mempunyai kontrol (arah) yg menentu atas kinerja karyawan2nya.
    Menurut saya, semua komponen MSDM sangat perlu direncanakan sedemikian rupa dgn alasan bahwa semua komponen MSDM adalah komponen perusahaan juga yang membantu jalannya perusahaan tersebut seperti memberikan pemikiran-pemikiran dan kerja keras terbaik mereka dalam menghasilkan atau menjual produk perusahaan.

    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Joseph julianto 3103012216
    Menurut saya yang membuat organisasi / perusahaan mengabaikan perencanaan SDM adalah
    1. Gaji yang akan diberikan kepada karyawan karena perusahaan ingin mencapai tujuannya dengan mengeluarkan biaya yang minim.
    2. Perusahaan akan menyeleksi karyawan yg akan diterimanya. Mereka akan memilih karyawan berdasarkan bidang yang di butuhkan.

    BalasHapus
  13. apa dampak negatif jika tidak melakukan perencanan SDM

    BalasHapus