SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Rabu, 14 Agustus 2013

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Bahan Diskusi I Pengantar Bisnis)

Mohon dibaca materi tersebut di atas pada buku teks kita dan tuliskan mana yang MENARIK dan atau MEMBINGUNGKAN pada materi tersebut. Alasan atau argumen MENGAPA hal tersebut menarik atau membingungkan WAJIB disertakan dalam tulisan Saudara. Selamat berdiskusi.....

237 komentar:

  1. Jangan lupa bahwa kelas hari kamis dan jumat hanya menanggapi kelas hari rabu.

    BalasHapus
  2. menurut saya etika dalam berbisnis sangatlah penting dan tidak hanya menghindari tindakan tindakan yang tidak bermoral seperti kolusi,tindakan korupsi dan lain lain. Tetapi etika yang dilakukan dalam bisnis bisa juga untuk membangun wajah(image) dari sebuah perusahaan sehingga perusahaan tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga tetap memperhatikan keselamatan dalam kerja , peningkatan kualitas tenaga kerja perusahaan dan lain lain. Etika bisnis juga dapat menciptakan persaingan setiap pelaku bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju akan hal tersebut. Karena dalam dunia bisnis diperlukan etika dan moral dalam tenaga kerja yang sangat jujur dan berkualitas untuk meningkatkan hasil Sumber daya yang bermanfaat bagi konsumen.

      Hapus
    2. Saya sangat setuju degan pendapat anda, karena etika bisnis suatu perusahan perdampak pada kesuksesan perusahan itu sendiri degan etika dan moral yang jujur akan menghasilkan kualitas yang baik bagi perusahan itu, sehingga konsumenpun percaya dan puas degan dengan produk yang diproduksi oleh perusahan tersebut. Sehingga baik produsen dan konsumen sama-sama diutungkan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat teman-teman bahwa etika dalam berbisnis sangatlah penting. Tidak hanya masalah kolusi, korupsi, dan urusan tenaga kerja saja, akan tetapi penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan sangatlah penting. Contohnya dalam memproduksi makanan sebaiknya kita tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan. Misalnya untuk memberikan warna pada makanan yang diproduksi, kita tidak boleh menggunakan pewarna yang digunakan pada industri textile dan untuk pengawetnya juga tidak boleh menggunakan boraks.

      Hapus
    4. Saya sangat setuju dengan pendapat anda, karena dalam dunia bisnis kita harus memiliki tanggung jawab dan etika bisnis dimana tanggung jawab dan etika bisnis berkesinambungan ( hubungan satu sama lainnya sama), Sehingga etika bisnis juga di perlukan dalam dunia bisnis. Etika bisnis juga mengajarkan kita tata cara kesopanan,perilaku kita yang baik,jujur sehingga tidak terjadi kolusi,korupsi,dan nepotisme dan rajin bekerja. Sehingga sebuah perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik ,sukses dan memuaskan bagi perusahaan itu tersebut dan konsumen.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat teman karena etika dalam bisnis itu penting dan perlu di terapkan di dalam sebuah perusahaan.Sebuah perusahaan yang mempunyai etika bisnis yang baik akan bisa barjalan lancar dan begitupun sebaliknya ,jadi etika dalam berbisnis penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan

      Hapus
    6. Saya setuju dengan pendapat saudara, karena dengan adanya etika dalam berbisinis maka perusahaan tersebut memiliki standar nilai acuan yang menjadi pedoman untuk membangun suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing tinggi. Tidak hanya itu saja, etika berbisnis juga dapat membangun image perusahaan di mata publik dan dapat meningkatkan kepercayaan serta kredibilitas yang baik untuk menunjang kehidupan perusahaan.

      Hapus
    7. Saya sependapat dgn pndpt d atass....
      Orang2 yg tdk brsekolah saja bisa mnunjukan etika mereka, apalagi org2 di dunia bisnis yg memegang peranan penting
      Dlm memajukan perekonomian bangsa...
      Jadi mereka harus memiliki etika serta moral yg baik, jika tidak begitu, maka semua
      Yang dilakukannya hanya merugikan individu bahkan bangsa dan negara

      Hapus
    8. Menurut saya etika dalam berbisnis sangatlah penting. Hal ini dapat dilihat dari cara kita ketika menjalin kerja sama dengan pihak lain, contohnya etika dalam berperilaku, berkomunikasi, menghargai lawan bicara dalam sebuah diskusi atau rapat, tidak saja menjaga hubungan antar relasi bisnis, namun etika bisnis juga di perlukan dalam menjaga hubungan kerja antara karyawan dan atasan, serta memperhatkan keselamatan kerja dan terhindar dari perilaku menyimpang dalam suatu pekerjaan.

      Hapus
    9. saya sependapat dengan anda, karena selain untuk menghindari dari tindakan tidak bermoral, etika bisnis juga bisa menjadi pencitraan suatu perusahaan, sehingga perusahaan itu dapat dipercaya oleh relasi-relasinya

      Hapus
    10. Saya setuju dengan pendapat tersebut. Karena dalam di sebuah perusahaan di butuhkan etika bisnis yang baik demi kesuksesan perusahaan itu sendiri, baik dalam etika tenaga kerjanya untuk meningkatkan sumber daya yang ada. Dan kita juga harus menjaga hubungan antar relasi bisnis agar kita bisa mempertahankan kesuksesan di dalam perusahaan.

      Hapus
    11. Halo sam, saya sependapat dengan anda.etika berbisnis sangat diperlukan atau bisa dianggap sebagai faktor utama juga untuk sebuah perusahaan dalam melakukan pencitraan.Dimulai dari para pemilik, pemangku kepentingan, karyawan,dan pihak-pihak pendukung perusahaan tsb.memang benar bahwa semakin tinggi kualitas etika yang dilaksanakan maka maka akan muncul banyak pesaing lainnya.

      Hapus
    12. Saya setuju dengan pendapat anda, karena etika bisnis bisa digunakan sebagai pedoman bersikap dalam berbisnis, sehingga dapat mencegah pelaku bisnis melakukan tindakan-tindakan curang seperti korupsi dan kolusi. Etika bisnis juga berguna untuk menjamin kegiatan bisnis yang berlangsung berjalan dengan baik. Hal ini juga dapat dilihat dari segi persaingan antar pelaku bisnis, penerapan etika bisnis yang baik tentu akan menciptakan persaingan yang sehat antar pelaku bisnis.

      Hapus
    13. Saya sangat setuju apa yang anda katakan tentang etika dalam berbisnis karena etika dalam berbinis adalag sesuatu yang pertamakali dirasakan oleh para konsumen setelah melakukan sebuah kerja sama dengan sebuah perusahaan karena dari etika seluruh arah perkembangan sebuah perusahaan dpat dilihat karena etika juga dapat berimbas kepada karyawan dan konsumen itu sendiri juga dapat membawa sebuah image kepada sebuah perusahaan

      Hapus
    14. saya setuju dengan pendapat yang disampaikan anda,karena dengan etika bisnis dapat meningkatkan nilai kesadaran para pelaku bisnis akan korupsi dan menciptakan suasana persaingan bisnis yang sehat tanpa harus adanya kecurangan. juga demikian dengan pembangunan title (nama) dalam dunia persaingan bisnis semakin di percaya para tenaga kerja atau pun para konsumen itu sendiri.

      Hapus
    15. saya sangat setuju dengan pendapat yang kamu berikan Samcruise karena di dalam suatu perusahaan. etika bisnis sangat di butuhkan karena Etika memilik arti timbul dari kebiasaan dan penilaian moral hidup kita dan Etika juga mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Jadi menurut ku etika bisnis sangat penting sekali memotivasi suatu perusahaan sehingga perusahaan kita selain memiliki etika ,tentu nya juga pasti bisa membuat tenaga kerja yang ada menjadi lebih berkualitas dan juga mementingkan hubungan sesama pekerja dan tidak juga mencari untung sendiri dan yang terpenting selalu bertanggung jawab atas hasil nya di perusahaan itu dan juga bisa menjaga relasi hubungan dengan perusahaan lain .,,!!

      Hapus
    16. saya setuju dengan pendapat anda, menurut saya etika bisnis akan mengarahkan kita tentang bagaimana memiliki daya saing tinggi dan sehat, etos kerja yang berkualitas, mengindarkan pada perbuatan curang dan tentu akan membuat relasi antar perusahaan terjalin lebih baik. Hal itu semua akan tercapai dengan baik jika etika bisnis diterapkan secara konsekuen.

      Hapus
    17. saya setuju karena tidak hanya keahlian di perusahaan itu yang di pandang(dinilai) citra nya di masyarakat, melainkan etika semua peranan dalam perusahaan itu juga berperan besar dalam membangun citra yang baik dalam lingkungan masyarakat. Jikalau sebuah perusahaan tidak dapat membangun citra yang baik di tengah masyarakat, maka menurut saya perusahaan tersebut belum bisa dikatakan sebagai perusahaan yang baik..

      Hapus
    18. saya sangat setuju dengan pendapat anda, etika dalam berbisnis sangat diperlukan untuk perkembangan perusahaan, etika dan tanggung jawab harus berjalan beriringan, karena jika perusahaan mampu membuat karyawannya nyaman akan kinerja perusahaan dan tidak ada yng saling kolusi maka perusahaan itu akan berkembang secara pesat,dimulai dari karyawan serta jajaran-jajaran perusahaan ,membentuk kerjasama yng solid, serta pengelolaan perusahaan yng berimbang antara servis dan pekerjaan yng di berikan perusahaan Terimakasih

      Hapus
    19. Syaloom..
      Saya setuju dengan anda karena dalam berbisnis pun sangat diutuhkan kejujuran untuk membangun suatu kinerja yang berkualitas. Selain itu di dalam berbisnis pun juga dibutuhkan kualitas tenaga kerja yang bermutu. Dan juga memperhatikan keselamatan kerja. Sehingga dapat menciptakan persaingan setiap pelaku bisnis yang mempunyai tanggung jawab. Sekian dan terima kasih.

      Hapus
    20. Saya sangat setuju dengan pendapat anda, karena etika bisnis dan tanggung jawab sosial itu menurut saya termasuk salah satu skill yang di miliki suatu perusahaan dalam melakukan setiap kegiatan bisnis, dan semua kegiatan bisnis lain nya, tidak hanya perusahaan. Jika seandainya suatu perusahaan/kegiatan bisnis tersebut tidak memiliki nya, pihak konsumen pun akan sedikit yang akan mempercayai dengan apa yang perusahaan/kegiatan bisnis itu kerjakan..

      Hapus
    21. saya setuju dengan pendapat anda. Menurut saya, etika bisnis tak hanya merupakan sesuatu yang penting bagi suatu perusahaan, tetapi jg sesuatu yang mendasar yang wajib d laksanakan dalam suatu organisasi/perusahaan. Dengan memiliki etika bisnis dan tanggung jawab sosial, perusahaan d harapkan dapat menunjukkan citra yang baik pada masyarakat, tak hanya itu, perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas dan kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain memperoleh citra yang baik sari masyarakat, perusahaan dapat menarik hati para investor untuk menanamkan saham. Para investor akan berpikir bahwa suatu perusahaan yang memiliki etika bisnis dan tanggung jawab sosial itu akan memiliki "umur panjang" dalam dunia bisnis. Sekian pendapat saya dan terima kasih.

      Hapus
    22. saya sangat stuju , bab ini menarik karena kita dapat mengetahui ternyata sebuah perusahan dapat berjalan degan baik itu karena diterapkannya etika bisnis serta tanggung jawab sosial yang menjamin kelancaran suatu perusahaan serta kesuksesan perusahan tersebut.

      Hapus
    23. saya sangat setuju dengan pendapat anda, karena fakta nya di lapangan, perusahaan yang sudah memiliki etika dan tanggung jawab sosial saja masih ada saja yang pihak nya yang melakukan KKN, bayangkan saja jika suatu perusahaan tidak memiliki hal tersebut, betapa buruk nya bukan ??

      Hapus
    24. Saya setuju dengan pendapat itu, karena etika bisnis dan moral dalam suatu perusahaan sangat lah penting. Karena 2 hal tersebut, itu menjadikan perusahaan terbentuk dengan rapi dan berkarakter. Yang pastinya akan membuahkan hasil yang baik pula, serta membuat para konsumen puas akan hasil kerja yang di berikan.

      Hapus
    25. Saya setuju dgn pendapat anda, karena dalam memulai suatu bisnis etika dan tanggung jawab adalah hal yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat dan menghasilkan tenaga kerja berkualitas. Dengan adanya etika dan tanggung jawab seorang pelaku bisnis dapat mendorong karyawan untuk belajar lebih banyak sehingga skill para karyawan semakin meningkat. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika suatu pelaku bisnis yang mempunyai etika dan tanggung jawab mempunyai peluang besar untuk memcapai puncak kejayaan bisnisnya. Sekian.

      Hapus
  3. Menurut saya yang menarik itu, perusahaan mempunyai banyak tanggung jawab kepada pelanggan, karyawan, lingkungan, komunitas, pemegang saham, dan kreditor yang harus disadari apabila ingin melakukan bisnis. Ini merupakan hal yang perlu karena penerapan etika bisnis yang baiki dapat menciptakan iklim suasana yang baik dan sehat. Etika bisnis yang perlu dibangun itu seperti, jujur, bertanggung jawab dan menciptakan persaingan yang sehat. Tanngung jawab itu diperluhkan oleh perusahaan sebagai komitmen dan dedikasi atas perusahaan itu didirikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya sependapat denganmu tapi saya ingin melengkapi pendapatmu juga ya :D Menurut saya, jika setiap orang di dalam suatu perusahaan memiliki human skill yang baik maka dapat menciptakan iklim suasana yang baik dan sehat pula. Lingkungan kerja yang baik sangat diperlukan dalam menjalankan suatu usaha. Ada contoh kasus konkret yang terjadi, pegawai A lebih memilih bekerja di perusahaan yang hanya menggaji dia 2juta dibanding di perusahaan yang menggajinya 4juta, setelah diketahui bahwa lingkungan kerja kurang nyaman (atasan kurang peduli/acuh, rekan sekerja yang saling “sikut-menyikut”) yang menjadi penyebabnya, saya dapat menyimpulkan bahwa human skill yang baik juga diperlukan ketika kita menjalankan suatu usaha. Di samping itu, human skill yang baik dapat mempengaruhi penerapan etika bisnis itu sendiri. Terima kasih :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. saya lumayan setuju pendapat saudara, karena memang lingkungan pekerjaan yang tercipta karena tanggung jawab sosial masing-masing peran sangat berpengaruh. tapi berdasarkan kenyataannya, tidak sedikit juga orang-orang yang tidak memperdulikan keadaan, pinjam istilah "yang penting diriku sendiri". jadi otomatis tanggung jawab sosial yang harusnya dimulai dari masing-masing peran pun jadi 'tidak penting'. toh, yang menciptakan suasana 'saling sikut-menyikut' juga mereka sendiri kan?? saya rasa lebih dominan orang-orang yang mengahalalkan segala cara drpd org yang ingin secara 'damai' bekerja dalam suatu perusahaan. jadi menurut saya, tanggung jawab sosial perusahaan memang penting, tapi susah menjalaninya kan.. terima kasih :)

      Hapus
    4. Menurut pendapat saya tentang perusahaan. Perusahaan harus mempunyai tanggung jawab yang besar terutama karyawannya sendiri oleh karena itu karyawan harus berganggung jawab atas perbuatan yang di buatnya sendiri dan melakukan apa yang di buatnya itu benar dan dari karyawan tersebut harus melakukan perbuatan/perkerjaan yang mengentungkan bagi perusahaan tersebut dari prinsip ini sebagai karyawan harus mengetahui tentang proses bagaimana perusahaan itu bekerja. Agar dari diri kita bisa membedakan yang benar dan yang salah supaya tidak merugikan suatu perusahaan tersebut dan tidak melakuakan suatu proses kegagalan yang berkepanjangan.

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat Andrew, penerapan etika bisnis yang baik tentu akan menciptakan suasana yang baik, namun tidak hanya sebatas itu, etika bisnis jika diterapkan dengan baik juga dapat menciptakan relasi bisnis yang baik.
      Menanggapi balasan-balasan di atas, menurut saya selain tanggungjawab karyawan terhadap perusahaan, perlu disadari bahwa terdapat tanggungjawab sosial perusahaan tehadap karyawan. Perusahaan mempunyai tanggungjawab sosial terhadap karyawan seperti menciptakan kondisi bekerja yang baik bagi karyawan dan pemenuhan hak pekerja seperti asuransi kerja.

      Hapus
    6. saya setuju akan apa yang diasampaikan oleh saudara andrew tentang tangung jawab sebuah perusahaan kepada beberapa pihak yang menjadi anggota atau pun dampak luar yang diberikan oleh perusahaan karena dengan tanggung jawab kita bisa melakukan suatu hal yang besar maupun kecil dengan memperhitungkan apa yang dinamakan resiko dengan mempertimbang kan hal tersebut agar kedepanaya apabila terjadi terjadi masalah besar maupun kecil bisa ditanggulangi dengan baik

      Hapus
    7. saya sangat setuju dengan pendapat anda,karna tanggung jawab dan kejujuran diperlukan dalam suatu perusahaan karna bisa menjalin kerjasama yang baik antara perusahan dan karyawan sehimgga perusahaan dapat berkembang secara positif dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

      Hapus
  4. saya bingung apa yang dimaksud dengan tanggung jawab sosial perusahaan? apakah tanggung jawab sosial perusahaan berbeda dengan etika bisnis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tanggung jawab sosial itu merupakan salah satu bentuk perhatian dan komitmen yang wajib di miliki oleh setiap orang untuk memajukan kinerja usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
      Menurut saya sama karena etika bisnis dan tanggung jawab sosial sama-sama merupakan nilai,norma dan pedoman untuk melakukan suatu usaha untuk menciptakan kinerja usaha yang unggul dan sukses.

      Hapus
    2. terima kasih untuk jawabannya, tetapi saya masih sedikit bingung,karena saya berfikir bahwa etika berhubungan dengan kejujuran.

      Hapus
    3. Halo, Nenik. Kalau menurut saya, tanggung jawab sosial adalah bagian dari etika bisnis. Etika bisnis, seperti yang dikatakan oleh Marianti, adalah nilai dan pedoman yang mengatur kegiatan usaha. Tanggung jawab sosial adalah salah satu nilai dari etika bisnis.

      Hapus
    4. Hslo, Nenik. Saya ingin coba menjawab pertanyaanmu ya. Menurut saya,etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah dua hal yang berbeda. Letak perbedaannya adalah disini etika bisnis merupakan prinsip-prinsip yang mendasari perusahaan dalam menjalankan bisnisnya sedangkan tanggung jawab sosial merupakan actionnnya/wujud pelaksanaan etika bisnis tersebut. Pemikiranmu mengenai etika berhubungan dengan kejujuran, menurut saya itu memang berkaitan, karena kejujuran adalah salah satu prinsip dalam menjalankan bisnis.

      Hapus
    5. terima kasih untuk semua yang sudah membantu saya untuk memahami tentang definisi dan perbedaan maupun persamaan antara tanggung jawab dengan etika bisnis.

      Hapus
    6. Hai Nenik, Menurut pendapat saya tanggung jawab sosial perusahaan dan etika bisnis berbeda.
      Tanggung jawab sosial perusahaan adalah bentuk pertanggung jawaban oleh perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingannya (komunitas, lingkungan, pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan kreditor).
      Contoh: Tanggung jawab perusahaan kepada kreditor adalah melunasi pinjaman sesuai persyaratan yang telah disepakati bersama.

      Sedangkan Etika bisnis adalah tata cara berbisnis yang mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
      Contoh: Para karyawan harus bekerja dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.

      Hapus
    7. terima kasih sulistia untuk pendapatnya, saya mengerti apa maksudmu dan saya sekarang benar-benar mengerti perbedaan antara tanggung jawab sosial perusahaan dengan etika berbisnis. hanya saja ada sedikit hal yang menurut saya janggal dari pendapat yang kamu beri, jika boleh saya bertanya, apakah melunasi pinjaman itu termasuk tanggung jawab sosial perusahaan? bukankah melunasi pinjaman tidak ada hubungannya dengan kepentingan sosial?

      Hapus
    8. Menurut saya tanggung jawab sosial itu juga merupakan tanggung jawab sebuah perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Misalnya sebuah pabrik harus memiliki tempat pengolahan limbah agar limbah dari pabrik tersebut tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Selain itu pabrik tersebut juga diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekelilingnya. Sehingga keberadaan pabrik di daerah tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitarnya.
      Sedangkan etika bisnis merupakan peraturan tidak tertulis yang seharusnya dijalankan oleh sebuah perusahaan. Jadi sebuah perusahaan dalam rangka memenangkan persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya tidak boleh melanggar etika-etika bisnis yang ada. Misalnya ada sebuah pabrik makanan yang ingin mematikan pesaingnya, dia melakukan tindakan penyebaran gosip bahwa makanan hasil produksi pesaingnya mengandung unsur babi. Dalam hal ini gosip tersebut dapat memukul pesaingnya, akan tetapi hal tersebut sudah merupakan sebuah pelanggaran dalam etika bisnis.

      Hapus
    9. Hai Nenik, Maaf Nenik mungkin perkataan saya ada yang salah, mungkin penjelasan ini bisa membantu:
      Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kreditor (Social Responbility to Creditors) :
      Perusahaan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban keuangannya kepada kreditor. Jika suatu perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak mampu memenuhi kewajibannya, maka perusahaan tersebut harus menginformasikan hal ini kepada kreditornya. Suatu perusahaan memiliki insentif yang kuat untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap kreditor. Jika perusahaan tidak membayar utangnya kepada kreditor, perusahaan tesebut dapat dipaksa pailit.Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan.

      Dan masih banyak lagi contoh-contoh tanggung jawab sosial perusahaan, seperti yang dipost oleh Gabby Markus. Saya juga setuju terhadap pendapat Gaby Markus.

      Hapus
    10. Menurut saya tanggung jawab sosial itu adalah tanggung jawab suatu perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan dalam salah satu bentuk perhatian dan komitmen yang wajib di miliki oleh setiap orang untuk memajukan kinerja usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

      Dan sedangkan etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

      Hapus
    11. menurut saya tanggung jawab sosial itu adalah tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan atau pun seseorang secara wajib apabila berhubungan atau telah memberikan dampak kepada masyarakat kecil maupun luas mulai dengan memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat yang hidup disekitarnya

      sedangkan etika bisnis adalah sesutu yang mencerminkan perilaku dari sebuah bisnis dari situ pasti keliatan apakah bisnis yang di geluti? dan apakah bisnis itu asli? dari situ konsumnen dapat menilai untuk dapat melakukan pendekatan yang menghasilakan loyalty dapat menjalin sebuah hubungan atau relasi

      Hapus
    12. Menurut saya tanggung jawab sosial adalah komitmen bisnis untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan, misalnya dengan kerja sama dengan para karyawan,keluarga mereka,masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas kehidupan dengan cara yang bermanfaat baik bagi bisnis sendiri maupun untuk pembangunan tersebut. Sedangkan etika bisnis adalah untuk mengajarkan orang yang berbisnis agar dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk serta mengajarkan tata krama. Agar orang yang terlibat merasa nyaman, senang, dan tentram jika orang yang berbisnis tersebut mempunyai etika.

      Hapus
  5. Menurut saya sangat menarik mempelajari etika bisnis sebagai dasar pembelajaran kita, karena sekarang ini seperti yang saya tau atau mungkin sebagian besar dari kita hanya mengetahui tanggung jawab sebuah perusahaan hanya dalam menjaga kualitas produknya. Tetapi bahkan dalam pembelajaran awal saya mengetahui bahwa perlakuan yang kita terima sebagai konsumen, dan perlakuan terhadap para karyawan yang baik juga merupakan tanggung jawab perusahaan. Dimana sekarang ini jarang menjadi fokus utama beberapa perusahaan-perusahaan yang saya jumpai disekitar saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju,banyak sekali perusahaan yang kurang memperhatikan karyawan.Padahal menurut saya karyawan adalah salah satu faktor yang dapat membantu kemajuan perusahaan.Saya dapat melihat sendiri bahwa perusahaan yang kurang memperhatikan karyawannya sangat mempengaruhi kinerja para karyawan.Mereka bekerja tidak sepenuh hati.

      Hapus
    2. Ya mungkin kalau dilihat banyaknya biaya yang dikeluarkan perusahaan jika menerapkan praktik tanggung jawab social ini yang menyebabkan banyak perusahaan jarang mempratikkan etika tanggung jawab social ini. Banyak etika tanggung jawab sosial perusahaan selain mengenai pelanggan, karyawan seperti yang saya sebutkan tetapi perusahaan juga harus bertanggung jawab pada pemilik modal, komunitas - komunitas disekitar perusahaan, kreditor, bahkan lingkungan, tidak bisa dipungkiri akan mengurangi jumlah penghasilan yang diterima perusahaan tersebut. Dan yang menarik ternyata dengan mempelajari etika bisnis ini kita dapat mengetahui adanya banyak manfaat yang dapat diperoleh seperti meningkatkan kinerja karyawan ( menghilangkan faktor karyawan bekerja tidak sepenuh hati) yg berefek memuaskan pembeli yg akan menambah penghasilan dan juga dapat menjadi alat pemasaran produk dan citra perusahaan pada masyarakat.

      Hapus
    3. hai teman.. saya juga sependapat.. banyak perusahaan yang sepertinya lupa bahwa orang-orang yang bekerja di dalamnya adalah 'nyawa' suatu perusahaan tersebut. yang mereka fokuskan hanyalah keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa mempertimbangkan keadaan orang-orang di dalamnya. hal ini juga memacu para karyawan bertindak dengan segala cara yang tak jarang merugikan konsumen nantinya dan membuat perusahaannya dinilai tidak punya tanggung jawab dan etika sosial.. seolah-olah tanggung jawab sosial tidak lagi dianggap sebagai modal sebuah perusahaan.. padahal jelas bahwa ketika perusahaan ingin membangun perusahaan yang beretika, hrs dimulai dari orang-orang di dalamnya.

      Hapus
    4. ya betull nah itulah tugas kita sebagai mahasiswa yg telah mempelajari pelajaran ini untuk menerapkannya ketika kita terjun dalam dunia bisnis kelak..tidak hanya fokus pada mengejar keuntungan semata tetapi dalam menjalankan bisnis kita harus menerapkan etik dan tanggung jawab sosial. supaya selain bisnis kita memperoleh tambahan keuntungan tetapi demi kelangsungan bisnis kita supaya lebih panjang, karena masyarakat percaya pada perusahaan kita.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar. Saya sependapat dengan anda. Saya berpikir bahwa bisnis dapat diibaratkan sebagai sebuah titik yang dihubungkan dengan titik yang lainnya sehingga menjadi sebuah lingkaran yang utuh dan tak terpisahkan. Lingkaran bisnis yang besar itu dimulai dari titik-titik kecil yang dihubungkan, artinya bahwa bisnis yang besar pasti tidak mungkin berjalan sepihak saja namun butuh lebih dari satu pihak untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, ketika bisnis itu menjadi besar dan melibatkan banyak pihak di dalamnya, perlu bekerjasama dalam tim untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Nah, goal of business itu sendiri adalah bagaimana sebuah usaha dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta memberikan kepuasan bagi masyarakat dan sebagai balas jasanya perusahaan medapatkan profit. Apabila kita memainkan peran sebagai pemilik usaha, hal terbaik yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana kita menjaga kualitas barang/jasa yang kita tawarkan bagi masyarakat. Karena kualitas itulah yang menentukan eksistensi usaha kita di pasaran. Dalam pembelajaran bab Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial ini kita dapat sama-sama belajar lebih jauh bagaimana berbisnis yang sesunguhnya.

      Hapus
    2. Pendapat anda sangat menarik. Saya setuju dengan pemikiran anda bahwa bisnis sejatinya berupa lingkaran.itu berarti, satu sama lain saling membutuhkan dan tidak dapat berdiri terpisah,sama seperti halnya sebuah lingkaran. Sebagai contoh, tindakan atasan yang mementingkan diri sendiri dan semena-mena terhadap karyawannya justru malah akan menghancurkan bisnisnya sendiri perlahan-lahan karena seorang atasan tidak dapat berkerja sendiri tanpa para karyawan yang membantunya. Begitu pula sebaliknya.

      Hapus
    3. Iya, benar sekali. Memang banyak contoh kasus yang seperti itu telah terjadi. Kehidupan bisnis yang seperti apa yang diinginkan oleh suatu perusahaan itu bergantung kepada bagaimana orang-orang di dalamnya. Jika lingkungan kerja baik, saya rasa itu dapat memberikan nilai tambah tersendiri bagi setiap orang di dalamnya. Jadi, butuh human skill yang baik antara satu sama lain. Kenyamanan kerja yang terjaga dapat mempengaruhi efektivitas kerja orang-orang di dalamnya. Dengan demikian, jalannya kehidupan bisnis perusahaan tersebut menjadi lebih baik.

      Hapus
    4. Halo, saya akan menambahkan sedikit pendapat. saya tertarik dengan pernyataan Debora yang menyatakan bahwa human skill itu penting. karena menurut pengalaman saya, meskipun kita memiliki pemimpin yang baik dalam perusahaan kita dan mau berpartisipasi langsung dengan pegawainya, tetapi jika ada seorang pegawai yang tidak bisa menghargai sikap karyawan lain, maka situasi di kantor tidak akan berjalan dengan baik dan tentu saja tidak akan nyaman.

      Hapus
    5. Yofina, maaf komentarmu terhapus, tolong postingkan ulang di bawah komentar saya ini ya. Terima kasih

      Hapus
    6. Hal yang menarik dalam Bab Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ini adalah pada bagian dimana ternyata ketika kita berbicara tentang bisnis, kita tidak hanya berbicara mengenai bagaimana cara perusahaan dapat memperoleh laba perusahaan/profit sebanyak mungkin atau strategi “A” “B” “C” untuk menarik pelanggan/investor/kreditor sebanyak mungkin sehingga perusahaan dapat dibilang mengalami suatu kemajuan. Ketika kita berbicara soal bisnis, kita ternyata juga berbicara tentang bagaimana barang/jasa yang kita tawarkan kepada customer/masyarakat dapat bermanfaat/berdampak positif bagi kehidupan masyarakat/lingkungan sekitar perusahaan itu sendiri. Oleh sebab itu, dalam berbisnis kita tidak hanya melulu memikirkan tentang bagaimana perusahaan kita dapat memperoleh laba yang besar dan memiliki banyak pelanggan saja, namun disamping itu kita juga harus memikirkan apakah setiap keputusan yang diambil demi kemajuan perusahaan adalah keputusan yang dapat merugikan pihak lain, seperti karyawan perusahaan tersebut, investor dan kreditor, dan terutama lingkungan dimana perusahaan itu berdiri, atau tidak.

      Hapus
    7. Sebelumnya terima kasih atas pendapat teman-teman semua. Saya setuju dengan pendapat kalian bahwa memang tuntutan untuk menerapkan etika bisnis dan melaksanakan tanggung jawab sosial itu harus dipenuhi oleh para pelaku bisnis dalam kegiatan bisnisnya. Mungkin saya hanya mau menambahkan satu hal lagi dari pendapat awal saya mengenai apa yang menarik ketika kita membahas bab tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Saya percaya bahwa issue mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial dalam kegiatan berbisnis ini sebetulnya tidaklah asing bagi kita semua. Saya juga percaya bahwa sebagian besar para pelaku bisnis pada umumnya juga pasti mengetahui mengenai hal ini. Namun pada kenyataannya sekarang, masih banyak sekali perusahaan yang belum mampu untuk menerapkan etika bisnis dan melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan dengan semestinya. Saya membaca bahwa ternyata kendala terbesar dalam penerapan etika bisnis oleh para pelaku bisnis terletak pada besarnya pengeluaran yang otomatis harus dikeluarkan demi konsistensi penerapan etika bisnis dan juga demi melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Contohnya, perusahaan otomatis harus menyediakan dana lebih besar untuk menutup pengeluaran yang berkaitan dengan pelayanan yang baik terhadap customer/klien, penyediaan sumber daya yang berkualitas tinggi agar produk dinilai aman/layak dikonsumsi masyarakat, dsb. Saya rasa permasalahan semacam inilah “kendala” yang sebenarnya harus dihadapi para pelaku bisnis sekaligus hal yang paling menarik untuk dibahas dalam Bab Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

      Hapus
  7. Menurut saya etika bisnis itu sangat menarik karena kita bisa mengetahui apa saja etika dalam perusahaan, jadi jika suatu perusahaan tidak menerapkan etika bisnis seperti tidak memperlakukan karyawannya dengan wajar dan tidak melakukan kepuasan terhadap pelanggannya contoh suatu perusahaan menjual produk yang tidak aman, maka kita sebagai konsumen dalam perusahaan tersebut bisa melakukan tindakan dengan cara melaporkan perusahaan tersebut kepada pihak yang berwajib seperti lembaga hukum, agar perusahaan tersebut menerapkan kode etik perusahaan dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan anda. Etika merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan setiap kegiatan. Hal ini membuat perusahaan tidak hanya memikirkan tentang profit saja, tetapi juga nasib para pekerja yang bernaung di perusahaan tersebut. Seperti yang anda paparkan di atas. Tetapi saya kurang setuju dengan pendapat anda tentang pelaporan ke pihak berwajib. Sebaiknya kita melaporkan keluhan kita ke customer service terlebih dahulu, jika tidak direspon dengan baik baru kira dapat melaporkanya kepada pihak yang berwajib.

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat anda, karena dengan menerapkan etika bisnis yang baik maka suatu perusahan akan mendapat umpan balik yang baik pula. Contohnya etika bisnis terhadap karyawan ,jika perusahan menerapkan etika bisnis yang baik pada karyawannya maka karyawannya akan terpacu juga untuk bekerja maksimal ,karena merasa hak-haknya sebagai kryawan telah terpenuhi sehingga berdampak pada kualitas produk yang baik dan aman bagi para konsumen, sehingga konsumen merasa puas dan juga menggurangi biaya keluhan dari konsumen. Saya juga setuju dengan pendapat Daniel, sebaiknya kita menyampaikan keluhan kepada costumer service dulu jika tidak ada respon baru kita lanjutkan pada pihak yang berwajib.

      Hapus
    3. Ya saya setuju. Karena etika merupakan modal awal untuk menggapain kesuksesan, Kalau etika tidak di didik maka akan terjadi ketidak maksimal sebuah produksi..

      Hapus
    4. tentu saja teman.. bukankah dari kecil, yang benar-benar harus ditanamkan dalam diri seseorang adalah etika?? menurut saya etika dalam membangun dan menjalankan sebuah perusahaan sangat penting karena perusahaan tidak akan berdiri dengan diri sendirim namun juga berdampingan dengan masyarakat luas, baik sebagai konsumen, investor, kreditor dan lain sebagainya. itu artinya, perusahaan akan berdiri berdampingan dengan orang lain atau juga perusahaan lain.

      Hapus
    5. Halo Christine, saya setuju dengan anda pembahasan tentang etika dalam berbisnis setidaknya akan memberikan gambaran bagaimana sebuah perusahaan / pelaku bisnis lainnya untuk dapat melakukan relasi yang baik dengan karyawan , pemangku kepentingan bahkan dengan konsumen.Dan etika dalam berbisnis memang harus diterapkan sebaik-baiknya agar tidak menimbulkan dampak negatif pada perusahaan tsb.(bersangkutan dengan hukum)

      Hapus
    6. benar sekali apa yang dikatakan oleh chistine tentang arti dari manfaat yang di berikan oleh etika dalam perusahaan karena kita tahu selama ini masyarakat yang kurang beruntung dalam hal berpendidikan yang sedikit bahkan tidak mengenal sama sekali tentang apa yang dinamakan dengan etika perusahaan. hal ini menyebabkan kurangnya perhatian suatu produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan apakah baik ataupun buruk

      Hapus
    7. saya sangat setuju dgn pendapat christine. sering kali kita temui di berbagai media berita2 tentang penipuan diberbagai aktifitas bisnis. seperti penjualan online, penjualan offline, penawaran jasa, dll. bagi sebagian perusahaan sering kali berlaku curang hanya utk memenuhi target / omset penjualan. ETIKA BISNIS harus selalu diterapkan dlm suatu perusahaan agar tidak ada tindakan2 / kecurangan2 yg merugikan konsumen. apabila suatu perusahaan tidak menerapkan prinsip2 Etika berbisnis, maka perusahaan tersebut tdk akan mempunyai konsumen tetap / konsumen akan merasa kecewa yg menyebabkan konsumen tidak lagi menggunakan produk tsb, yg akan berdampak pd kelangsungan perusahaan. secara tdk lgsg perusahaan akan kehilangan konsumen dan kemungkinan akan tutup / gulung tikar. juga etika mengatur seluruh ketentuan prilaku para pelaku bisnis utk selalu bersikap jujur, dan menjadikan perusahaannya lebih maju.

      Hapus
    8. Saya sangat setuju dengan pendapat dari christine . di dalam berbisnis etika itu sangat penting . Menurut saya etika dalam suatu perusahaan harus selalu di nomor satu kan atau di prioritaskan . Karena jika kita tidak menerapkan etika dalam berbisnis dalam suatu perusahaan , perusahaan itu bisa kacau balau dan bisa di complain dari banyak pihak dan bisa berujung kedalam hukum . Sekian tanggapan saya .

      Hapus
  8. Menurut saya mempelajari bab etika bisnis dan tanggung jawab itu menarik karena kita dapat mengetahui beretika bisnis yang baik dan banyak tanggung jawab perusahaan. Di dalam berbisnis suatu perusahaan bukan hanya bertanggung jawab pada komunitas, pelanggan, mencari laba, dan kualitas produk yang dihasilkan saja. Tetapi perusahaan juga bertanggung jawab pada karyawan, para pemegang saham,kreditor dan lingkungannya. Perusahaan juga harus memiliki etika yang baik bukan menghasilkan produk yang menyesatkan pelanggan dan memperlakukan karyawan tidak wajar, tetapi harus menghasilkan produk yang aman (tidak menipu), menciptakan lingkungan yang aman untuk karyawan serta memberi peluang setara pada karyawan. Perusahaan juga harus menyadari tanggung jawabnya terhadap para pemangku kepentingan perusahaan, dan menyeimbangkan kewajibannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda. Karena menurut saya di jaman sekarang ini etika bisnis dan tanggung jawab itu sangat perlu untuk di pelajari oleh orang-orang yang akan memulai untuk berbisnis. Dimana bukan hanya laba dan rugi yang harus kita perhatikan tetapi perusahaan juga harus bisa memperhatikan kulitas, mempertimbangkan akibat negatif dan positif dari usaha perusahaan tersebut, serta karyawan yang secara langsung ataupun tidak langsung sudah membantunya untuk menghasilkan laba yang lebih besar serta menjadi bagian dari anggota perusahaannya.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda, mempelajari etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan itu sangat menarik, dan menurut saya sangat berguna untuk masa depan kita nanti dalam bekerja dibidang bisnis.
      Saya juga setuju bahwa menyeimbangkan kewajiban perusahaan juga harus dilakukan.
      Karena perusahaan tidak boleh hanya menuntut hak-haknya (profit), namun juga harus diseimbangi dengan kewajiban perusahaan.
      Contoh kewajibannya adalah memilih keputusan bisnis yang tidak bertentangan dengan tanggung jawab sosial perusahaan.
      Sekian pendapat saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda, suatu perusahaan harus menerapkan konsep-konsep etika bisnis yang baik sehingga mencerminkan perilaku perusahaan dan membangun citra bisnis yang baik . Selain etika, yang penting juga yaitu tanggung jawab sosial perusahaan dimana tanggung jawab sosial menjembatani komitmen individu dan kelompok dalam suatu lingkungan sosial . Dan perusahaan harus bertanggungjawab dalam masyarakat sekitarnya .

      Hapus
    4. saya tertarik sekali menbaca apa yang diposting oleh lisa ini tentang mempelajari etika bisnis dan tanggung jawab itu menarik karena saya mendapat pengetahuan dalam menjalankan sebuah perusahaan.dengan melakukan perencanan yang tepat dan siap bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan

      Hapus
    5. Saya pun turut setuju dengan pendapat teman-teman. Mempelajari etika bisnis ini memang sangatlah menarik. Sudah banyak teman- teman yang berbicara soal tangggung jawab terhadap karyawan, kali ini Saya tertarik untuk berbicara soal tanggung jawab perusahaan terhadap pemegang saham. Yang sering terjadi saat ini, banyak perusahaan membuat laporan keuangan yang menyesatkan di mana mereka menggelembungkan laba demi menarik perhatian para investor. Hal tersebut tentu saja akan merugikan investor.Karena itu, etika bisnis di sini sangat diperlukan untuk mengurangi terjadinya kecurangan tersebut. Bagaimana dengan pendapat teman-teman?

      Hapus
  9. Menurut saya, mempelajari bab I tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sangat menarik dan bermanfaat bagi pengetahuan kita dalam nantinya kita menjalani / menjalankan suatu bisnis . Berdasarkan apa yang saya baca, kemenarikan dari bacaan yang saya baca adalah saya menjadi tahu bahwa setiap perusahaan itu ternyata memiliki suatu kewajiban yang harus dipenuhi . Karena suatu perusahaan dapat berjalan lancar ketika perusahaan tersebut mau peduli dengan keadaan di sekitarnya (menjalankan kewajibannya tersebut), bukan semata-mata hanya untuk mementingkan perusahaan itu sendiri . Memang benar tujuan utama dalam berbisnis adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya, namun bukan dengan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut . Dengan kata lain, kejujuran tetap di junjung tinggi dalam hal berbisnis . Dan saya dapat menarik suatu kesimpulan bahwa "Jika suatu perusahaan mampu menjalankan kewajibannya dengan baik, maka akan mendapat respon positif dari masyarakat (client bisnis/konsumen) dan masyarakat (client bisnis/konsumen) akan semakin percaya terhadap apa yang perusahaan tersebut produksi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Tambahan :
      *Alasan Kemenarikan : menurut saya menarik karena, saya baru tahu bahwa perusahaan itu ternyata memiliki kewajiban terhadap masyarakat sekitarnya juga . Dari dulu saya hanya berpikir bahwa suatu perusahaan hanya perlu memproduksi barang dan memasarkannya dengan sebegitu rupa saja tanpa ada kewajiban-kewajiban tertentu .

      Hapus
    2. Saya setuju degan pendapat tambahan anda, sebab sebelum membaca buku ini saya berpikir jika tanggung jawab perusahan hanya pada konsumen, tetapi setelah membaca bab ini saya jadi tau ternyata tanggung jawab perusahan bukan hanya pada konsumen saja tetapi juga pada karyawan , pemegang saham, kreditor, lingkungan, dan terhadap komunitasnya. Dulu saya sering berpikir kenapa ada perusahan swasta yang memberikan gaji pensiun pada karyawannya ? kerena yang saya tau hanya pegawai negeri saja yang mendapatkan gaji pensiun dari pemerintah, sekarang degan membaca bab ini saya jadi tau alasanya. Ternyata etika bisnis dan tanggung jawab sosial itu sangat penting dalam suatu bisnis.

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan tambahan teman .alasannya sebelum membaca buku ini saya berpikir perusahaan hanya bertanggung jawab kepada konsumen dengan memproduksi barang yang berkualitas,ternyata subuah perusahaan memiliki banyak tanggung jawab

      Hapus
    4. hai teman.. saya juga sangat setuju dengan tambahan Riyan.. sebelumnya saya juga berpikir bahwa perusahaan hanya berhubungan dengan konsumen dan tanggung jawab sepenuhnya hanya pada konsumen. banyak hal yang kita lupakan, seperti, investor, kreditor bahkan karyawan.. namun, saya rasa banyak sekali perusahaan di jaman sekarang yang melupakan etika ini. entah benar-benar lupa atau lebih tidak peduli.. karena banyak sekali perlakuan tidak adil perusahaan terutama pada karyawan baik langsung maupun tidak langsung, yang akhirnya berpengaruh pada kerugian konsumen..

      Hapus
    5. tambahan.. saya rasa bukan hanya pada karyawan saja etika itu dilupakan, bahkan para konsumen yang seharusnya menjadi 'sumber' perusahaan tersebut seringkali dirugikan bukan?? entah disesatkan iklan, dibebani biaya2 tak terduga yang tidak diinformasikan sebelumnya, dan masih banyak lagi..

      Hapus
    6. menurut saya Etika Bisnis dan Tanggung Jawab adalah nilai2/dasar2 yg menjadi pondasi terpenting dlm berdirinya sebuah perusahaan

      Hapus
    7. saya setuju akan hal menarik yang di kemukakan oleh ryan tentang manfaat yang diberiakan oleh etika dalam berbisnis dan meperdulikan lingkungan sekitar perusahaan bukan untuk mengejar keutungan semata tetapi juga memeperdulikian orang-orang yang ada disekitar kita karena dengan deangan melakukan hal tersebut pasti akan mendapat respon positif dari masyarakat

      Hapus
  10. Saya tertarik dengan sub-bab yang menyatakan perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan lain. Karena, menurut saya banyak perusahaan yang terlalu terpacu oleh omset, target, keuntungan, dll. Sehingga perusahaan tersebut mengkesampingkan relasi/hubungan antar 1 karyawan dengan yang lain, padahal dalam bekerja kita di tuntut untuk bekerja sama dengan rekan sekerja kita, meskipun kita suka atau tidak, kita tetap harus bersikap profesional di kantor tersebut. Apabila dalam suatu perusahaan tidak memprioritaskan relasi karyawannya, maka akan banyak pegawai mereka yang akan keluar masuk di perusahaan tersebut. Apalagi dalam suatu perusahaan pasti akan ada orang yang merasa berkuasa dengan kedudukannya dan bersikap semena-mena dengan karyawan yang lain. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka perusahaan tersebut tidak akan maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak sepenuhnya sependapat dengan anda. Memang relasi antar karyawan itu penting, tetapi di sisi lain kita harus bisa memacu rasa persaingan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya supaya perusahaan menjadi maju. Karena jika tidak ada persaingan di antara para karyawan maka perusahaan tersebut akan jalan di tempat (tidak ada kemajuan sama sekali). Jika perusahaan kita hanya jalan di tempat sedangkan pesaing kita itu selalu inovatif, maka cepat atau lambat perusahaan kita akan tergilas oleh pesaing kita.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan jessica karena relasi yang baik antar karyawan dapat menimbulkan kerja sama, dimana perusahaan juga terkena dampak positif dari hubungan yang baik itu. Tapi, hubungan antara pemimpin dengan karyawan juga harus di pikirkan supaya perintah atau tugas yang di berikan dapat tersampaikan dengan lancar, sehingga dapat meminimalkan kesalahan komunikasi.

      Hapus
    3. halo Gabby, saya setuju dengan komentar Anda. memang relasi antar karyawan di perlukan, dan persaingan pasti selalu ada dalam perusahaan, tapi yang seharusnya terjadi adalah persaingan yang saling membangun, bukan persaingan yang akan menjatuhkan 1 dengan yang lain. sedangkan pada kenyataannya yang terjadi saat ini, banyak karyawan yang sudah memiliki "bangku" tinggi justru semena-mena dengan karyawan yang baru. karena mereka merasa berkuasa dengan lingkungannya, dan ingin menjatuhkan karyawan yang lain, misal saja karena iri, bukankah ini di sebut dengan persaingan yang tidak sehat ?

      Hapus
    4. Menurut saya. saya setuju sekali dengan pendapat teman karena dengan hubungan antar karyawan itu harus di perhitungkan. Karena dalam perusahaan memerlukan kerja sama yang baik dan benar. sehingga kita dapat menjalani suatu perusahaan untuk mendapat hasil yang baik kedepannya dari unsur-unsur ini. kita harus mengerti bahwa dalam mempelajari suatu perusahaan itu. perlu kerja sama dan potensi,bakat,ilmu,dan pengalaman kita. untuk membangun masa depan yang baik dalam hubungan suatu perusahaan. dalam arti memberi yang terbaik untuk negara kita dan masyarakat yang ada di sekitar kita terutama diri kita sendiri dan yang terpenting lagi untuk tuhan yang maha ESA yang memberi kita kelebihan dalam diri kita. Supaya membangun kehidupan yang baik dalam lingkunagn di sekitar kita.

      Hapus
    5. Jessica, saya sependapat dengan anda.pentingnya perlakuan yang semestinya (sesuai dengan UU ketenagakerjaan ) harus diterapkan oleh pemimpin perusahaan.Dan adanya relasi yang baik antara pemimpin dengan karyawan maupun sesama karyawan merupakan faktor penunjang perusahaan ,karena terkadang masalah pada perusahaan muncul bukan karena faktor eksternal namun dari internal hal ini akan menghambat berkembangnya perusahaan tsb.

      Hapus
    6. Hai teman-teman, mungkin kalian kurang memahami tentang maksud dari tulisan saya pada tanggal 16 agustus yang lalu. Yang saya maksudkan adalah persaingan antar karyawan yang sehat yang dapat membawa kemajuan bagi perusahaan, bukan persaingan untuk saling menjatuhkan yang dapat merugikan perusahaan. Perlu teman-teman sekalian ketahui bahwa perusahaan harus melaksanakan manajemen konflik bagi karyawannya. Hal ini diperlukan supaya tidak terjadi kolusi, korupsi, dan nepotisme yang sangat merugikan perusahaan. Dengan menerapkan manajemen konflik, maka perusahaan dapat melakukan check and recheck atas kinerja karyawannya. Dengan demikian perusahaan dapat dengan tepat memberikan reward atau punishment untuk para karyawannya. :)

      Hapus
    7. benar sekali. jika memang persaingan tersebut adalah persaingan yang sehat, saya mendukung persaingan tersebut, tapi jikalau persaingan tersebut menjatuhkan yang lainnya, itu akan membahayakan karyawan yang lain. namun saya bingung, saya masih belum mengerti, apa contoh konkrit dari persaingan sehat tersebut ? karena rata-rata sebagian besar setiap kantor selalu ada orang yang iri dan ingin menjatuhkan karyawan lain. sedangkan dimana persaingan sehat itu dan apa contoh konkritnya ?

      Hapus
    8. hai jessica. saya setuju dengan pendapat anda.
      karyawan itu diwajibkan untuk memiliki rasa tanggung jawab tanpa adanya tanggung jawab tidak ada suatu kepercayaan dalam perusahaan. dalam persaingan sebaiknya dengan cara yang positif, Sebelum perusahaan membiarkan semangat kompetisi dan persaingan antar pekerja dalam perusahaan, maka setiap pekerja harus mendapatkan pencerahan untuk memiliki kesadaran dalam berkompetisi. Setiap pekerja harus sadar bahwa keberadaan mereka di perusahaan adalah, untuk berkontribusi menjadikan perusahaan paling kompetitif di semua aspek kerja dan pelayanan. Berkompetisi bukan berarti menonjolkan kehebatan masing-masing diri, dan melupakan prioritas untuk saling bekerja sama dalam budaya kolaborasi yang saling melengkapi.

      Hapus
    9. Saya setuju dengan pendapat anda karena jika tidak ada relasi atau kerja sama yang baik antar para karyawan maka kinerja perusahaan tersebut akan menurun dan tidak akan mencapai kesuksesan karena tidak adanya kedewasaan dalam bekerja secara kelompok.Seharusnya mereka harus professional dalam mengerjakan tugas mereka dalam perusahaan tersebut.

      Hapus
    10. saya setuju akan prioritas karyawan di mata perusahaan karena karyawan akan bekerja dengan baik dan prefisional apabila merka telah di prioritaskan dengan baik apaibila perusahaan tidak menjaga ataupun memprioritaskan karyawan dengan baik maka akan selalu ada apa yang dinamakan dengan sirkulasi karyawan yaitu pergantian antara karyawan yang lama dengan yang baru tentunya ini akan membuat kinerja dan output yang diberikan oleh karyawan baru tidak akan cepat menyesuaikan dengan perusahaan dan membutuhkan waktu yang relatif untuk menyamakana kinerja yang sesuai dengan semestinya jadi karyawan yang sudah senior sangatlah penitng akan keberadaan mereka yang telah berjasa memajukan perusahaan tersebut dan harus memprioritaskan akan hajat hidup mereka

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Menurut saya bab I ini yang membahas etika bisnis dan tanggung jawab sosial ini sanhat menarik. Etika berkenaan dengan kewajiban moral seseorang pada masyarakat. Etika ini merupakan sistem ungkapan yang menyangkut moral, perilaku, dan perbuatan manusia terhadap peristiwa penting. Tanpa adanya etika dalam berbisnis kita akan merasa rugi, karena banyak yang memanipulasi keuangan atau hal curang lainnya. Sedangkan tanggung jawab sosial berarti manajemen yang mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi di dalam pembuatan keputusannya. Praktek bisnis yang tidak etis dapat mencoreng nama baik perusahaan. Tanggung jawab sosial tidak hanya kepada komunitas dan lingkungannya. Namun, terhadap pelanggan,karyawan dan kreditor. Walaupun keputusan bisnis yang dibuat untuk meningkatkan nilai, keputusan harus tidak merusak etika dan tanggung jawab yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda, etika memang sangat diperlukan dalam berbisnis. Yang paling penting adalah diri kita sendiri yang menerapkan etika itu, karena perbuatan seperti ini dapat menular pada orang yang berada di sekitar kita. Etika bisnis yang baik juga dapat berimbas pada pengambilan keputusan yang baik untuk usaha kita, terutama pemikiran tanggung jawab sosial yang harus memikirkan orang lain terutama konsumen. Konsekuensi tidak menjalankan etika bisnis tidak hanya dapat mencoreng nama perusahaan, tapi juga menghilangkan rasa orang lain untuk menjalin relasi bisnis dengan kita. Hal ini akan terus kait mengait sehingga menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan.

      Hapus
  13. Menurut saya Bab tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial ini sangat menarik. Karena saya baru mengetahui bahwa tidak mudah untuk mendirikan ataupun memimpin sebuah perusahaan. Banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh perusahaan yaitu tanggung jawab terhadap pelanggan, karyawan, para pemegang saham, kreditor, lingkungan dan komunitasnya. Semua tanggung jawab tersebut harus dipenuhi karena tanggung jawab sosial ini berhubungan dengan masa depan perusahaan. Dan suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan atau untukmeningkatkan nilai perusahaan, melainkan juga harus berdasarkan dampak sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Michael Armando. Saya sangat setuju dengan pendapat anda. Tanggung jawab sosial perusahaan sangat diperlukan dalam mengambil keputusan, karena perusahaan juga harus mempertimbangkan hubungan dan tanggung jawab sosialnya terhadap pemangku kepentingan, lingkungan, dan masyarakat. Oleh sebab itu, tanggung jawab sosial perusahaan sangat berpengaruh terhadap masa depan perusahaan. Saya ingin bertanya, menurut anda apa yg menarik mengenai etika bisnis? Terima kasih.

      Hapus
    2. Michael ,saya sependapat dengan anda. Menurut saya dalam memulai berbisnis khususnya kita harus memahami benar konsep dan penerapan mulai dr etika dalam bisnis dan tanggung jawab apa yang harus kita laksanakan untuk memajukan bisnis yang ada.karena sekarang ini banyak tindakan para pelaku bisnis yang tidak beretika baik hanya demi keuntungan semata.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat anda karena etika bisnis (tata kelola perusahaan yang sehat) dan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan secara terus menerus dapat meningkatkan nilai perusahan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan akan terjamin.

      Hapus
    4. saya sangat setuju akan dengan pendapatnya etika bisinis dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada berbagai pihak karena ini akan dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan dan pamor perusahaan dimata umum

      Hapus
  14. Menurut saya yang menarik tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah ketika sebuah perusahaan harus memiliki kesadaran dalam mengambil keputusan bisnis untuk mempengaruhi masyarakat, tetapi keputusan tersebut tidak boleh melanggar etika tanggung jawab sosialnya. Karena jika sebuah perusahaan tidak memiliki kode etik formal, maka pelanggan akan disesatkan dengan iklan yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Bukan hanya itu, karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut akan diperlakukan dengan tidak baik. Contohnya saja, beberapa perusahaan yang memperbudak karyawan dengan tidak menggajinya. Maka dari itu, perlunya sebuah perusahaan dalam mengembangkan kode etik formal dalam berbisnis untuk mendapatkan laba tapi tidak menyesatkan dan merugikan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Oliv,saya sangat setuju dengan anda.Perusahaan selalu dituntut untuk mengambil keputusan dengan tepat namun harus berpedoman pada etika dalam berbisnis, karena nantinya keputusan tsb harus bisa dipertanggung jawabkan pada masyarakat luas.saya juga setuju pengembangan kode etik formal perlu dikembangkan oleh perusahaan agar tidak merugikan pihak lain yang bersangkutan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat olivia karena untun mempengaruhi masyarakat perusahaan harus melakukan perencanaan yang sngat matang dan menggunakan kode etik akan hal tesebut apabila tidak direncanakan dengan baik maka masyarakat akan disesatkan oleh perusahaan tersebut sehingga akan berdampak buruk untuk beberapa pihak

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai teman.. saya kurang setuju dengan pendapat anda. menurut saya, perusahaan tidak bisa hanya dinilai dari penilaian masyarakat, karena masyarakat tidak benar-benar terlibat dengan perusahaan tersebut dan hanya memandang dari luarnya saja. menurut saya , penilaian akan sebuah perusahaan lebih difokuskan akan penilaian pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, terutama ektern, seperti para investor, kreditor dll. jadi penilaian masyarakat tidak begitu berpengaruh akan baik tidaknya suatu perusahaan. kecuali kalau yang anda maksud masyarakat adalah konsumen. karena tidak semua perusahaan langsung berhubungan dengan konsumen saya rasa. ketika barang atau jasa sampai ke konsumen pun, kesalahan yang kiranya merugikan konsumen juga belum tentu dari perusahaan langsung, bisa jadi dari distributor atau mana saja. sekian :)

      Hapus
    2. Sekali lagi mohon diperhatikan untuk tidak menghapus komentar Saudara. Jika memang dirasa perlu dihapus, silahkan hubungi saya. Terima kasih

      Hapus
  16. Menurut saya bab yang membahas tentang etika bisnis dan tanggungjawab sosial menarik karena tanggungjawab sosial merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat mempengaruhi masyarakat dan perusahaan memiliki tanggungjawab sosial ketika menghasilkan produk dan menjual produknya
    Perusahaan dapat memastikan tanggungjawabnya kepada pelanggan dengan menetapkan kode tanggungjawab mengenai kualitas produk yang akan di jual serta memberi pedoman mengenai bagaimana karyawan,pelanggan dan pemiliknya sebagai mana di perlakukan misalnya mempertimbangkab perusahaan yang menerapjan kode yang menekankan pada keselamatan para pelanggan
    Jadi semua tanggungjawab dalam bisnis d tentukan melalui etika kita dalam berbisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya itu menarik sekali . karena tanggung jawab itu penting dalam hal apapun .

      Hapus
    2. ya, setuju.. karena perusahaan tidak hanya seorang diri. banyak saingan di luar. perusahaan tidak hanya bersaing dalam kualitas produksi, tapi juga penilaian masyarakat luar. saya yakin, meski perusahaan tersebut memiliki kualitas tinggi dalam produksi, tapi tidak punya etika bisnis, pasti lebih rentan jatuh. maka, etika bisnis juga menentukan kelangsungan perusahaan tersebut.

      Hapus
  17. menurut saya menarik, karena semakin besar tuntutan masyarakat terhadap organisasi tersebut dan Banyak lembaga bisnis yang menggunakan segala cara untuk memenangkan persaingan. maka salah satu perusahaan tersebut harus memiliki manajer yang dapat menjalankan bisnis dan memenuhi syarat syarat dalam etika bisnis, baik secara moral maupun norma karena suatu system organisasi juga diharapkan dapat memiliki tanggung jawab yang tegas agar ,perusahaan lain tidak berusaha menjatuhkan perusahaan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dyas.. saya kurang setuju dengan pendapatmu. saya rasa tanggung jawab menjalankan dan etika bisnis bukan hanya tanggung jawab seorang manager dalam perusahaan tersebut. bukan hanya sistem juga. tapi hal ini harus jadi tanggung jawab semua peran di dalam perusahaan tersebut. perusahaan bukan hanya berbicara tentang gedung kantor yang digunakan, tapi lebih ke organisasinya. untuk kalimat terakhir, saya rasa suatu perusahaan yang punya niat untuk menjatuhkan perusahaan lain tidak akan tertahan karena etika bisnis yang dimiliki perusahaan yang akan dijatuhkan. menurut saya justru perusahaan harus punya etika agar tidak sampai menghalalkan segala cara termasuk perusahaan lain. bukan untuk mencegah dijatuhkan perusahaan lain.

      Hapus
  18. Menurut saya, bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangat menarik untuk dibahas. Etika sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan menurut saya itu juga menjadi modal utama ketika kita memasuki dunia bisnis. Dengan adanya etika, kita dapat memiliki batasan/pedoman untuk diterapkan di dalam dunia bisnis khususnya. Selain itu, dalam bab ini kita juga bisa lebih mengenal tentang tanggung jawab sosial. Bahwa sebuah perusaan wajib memperhatikan tanggung jawab sosialnya baik kepada karyawan, konsumen, lingkungan, dsb. Karena di samping tujuan perusahaan mendapatkan laba, perusahaan juga harus memiliki tujuan untuk menerapkan K3LH (Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup ). Sehingga terjadinya hubungan yang timbal balik satu sama lain. Perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih pesat, dan pekerja menjadi merasa lebih aman, lebih sehat dan nyaman. Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan hasil yang optimal juga untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, Okta. Saya sangat setuju dengan anda karena etika merupakan modal dan dasar yang sangat diperlukan oleh para business man karena jika para business man tidak memiliki etika dalam berbisnis maka akan sulit dikemudian hari. dan juga tanggung jawab sosial merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh pengusaha karena jika pengusaha tidak bertanggung jawab akan menghancurkan usahanya sendiri. Banyak pengusaha yang sukses tetapi mereka tidak memiliki etika dan juga tanggung jawab sehingga usahanya jatuh dikemudian hari. Karena dari itu saya sangat tertarik dengan bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Saya ingin mengetahui bab ini dengan detail, sehingga saya bisa menerapkannya dikemudian hari.

      Hapus
    2. hai kevin, saya setuju dengan pernyataan anda,menurut saya perusahaan yang baik adalah perusahaan yang beretika tinggi dan bertanggung jawab penuh atas apa yang ada di dalam ataupun luar perusahaan tersebut. etika bisnis dan tanggung sangat diperlukan agar perusahaan tidak jatuh dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.

      Hapus
  19. Menurut saya , etika bisnis ini menarik dan sangat penting untuk dipelajari . Karena kita dapat mengetahui kita harus bertanggung jawab kepada siapa saja dan bagaimana cara kita bertanggung jawab kepada semuanya.Selain itu dalam etika bisnis kita juga diajari untuk selalu menciptakan produk yang aman karna kita mempunyai tanggung jawab penuh terhadap pelanggan . Nah setelah kita belajar bertanggung jawab kita pasti akan mempunyai keputusan yang dapat mencerminkan tanggung jawab kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda.pembahasan tentang tanggung jawab sosial dapat membantu kita(para pelaku bisnis) aga lebih berhati-hati dalam menyimpulkan dan mengambil keputusan karena kita bertanggung jawab kepada masyarakat luas.Etika dalam bersbisnis seperti halnya yang anda sampaikan menciptakan produk yang aman kedepannya pasti akan berimbas aman pula pada bisnis yang kita lakukan.

      Hapus
    2. hallo Josh, saya tertarik dengan pernyataan mu yang menyatakan bahwa dari bab ini kita dapat mengetahui kita harus bertanggung jawab kepada siapa saja dan caranya. saya setuju dengan pernyataan mu. tapi pada kenyataan yang terjadi sekarang, ilmu hanyalah sekedar ilmu, banyak para pemilik jabatan lupa akan tanggung jawabnya. menurut saya, tanggung jawab adalah hal yang seharusnya di lakukan oleh dan untuk semua orang, tanpa melihat siapa dan kepada siapa. misal, seorang pegawai memiliki tanggung jawab kepada pemilik usaha dengan cara beliau melakukan job desk'nya dengan baik. dan seharusnya pengusaha tersebut juga memiliki tanggung jawab ke pegawai tersebut, dengan cara tidak membuat aturan dengan semena-mena, atau mengubah aturan yang berlaku tanpa ada pembicaraan dahulu.
      jadi kesimpulannya, sebagian besar perusahaan yang terjadi adalah, pegawai melakukan tanggung jawabnya ke pemimpin, sedangkan pemimpin belum mampu sepenuhnya melakukan tanggung jawabnya kepada pegawai. tanggung jawab bukan hal yang mudah untuk di lakukan oleh kalangan atas kepada kalangan bawah.
      sekian

      Hapus
  20. Ravensca Maria.L. kelas F NRP: 3103013250

    Menurut saya bab Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial ini bukan hanya sangat menarik untuk dipelajari tetapi sekaligus memberikan manfaat bagi kita yang nantinya akan menjalankan suatu bisnis. Selain tanggung jawab sosial perusahaan pada pelanggan dan karyawannya, hal penting lainnya adalah tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan. Seperti yang kita tahu, bahwa perusahaan mengambil bahan baku untuk produksinya dari lingkungan (SDA) maka sangat tidak etis apabila perusahaan tidak menjalankan tanggung jawabnya dalam ikut menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Contohnya, perusahaan kayu yang melakukan reboisasi sehingga terjadi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam. Selain itu perusahaan dapat mendaur ulang limbah hasil produksi dan mengurangi gas gas berancun sisa hasil produksi. Karena apabila lingkungan kita rusak, yang rugi bukan hanya perusahaan tetapi juga lingkungan dan masyrakat sekitar.

    BalasHapus
  21. Menurut saya Etika bisnis merupakan standard perilaku nilai-nilai moral yang mengendalikan kebijakan bisnis. Sedangkan tanggung jawab perusahaan adalah tindakan dan kebijakan perusahaan dalam berinteraksi yang didasarkan pada etika. Secara umum, etika dikenal sebagai aturan tentang prinsip dan nilai moral yang mengarahkan perilaku/sikap sesorang atau kelompok masyarakat mengenai baik atau buruk dalam pengambilan suatu keputusan. Pada dasarnya praktek etika bisnis akan selalu menguntungkan perusahaan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat stella bahwa etika bisnis itu merupakan standart perilaku nilai-nilai moral yang mengendalikan kebijakan bisnis.tetapi menurut saya tidak semua praktek etika bisnis itu selalu menguntungkan perusahaan baik jangka menengah ataupun jangka panjang, hal ini tergantung pada perusahaan pesaing. apabila perusahaan pesaing melihat etika bisnis kita baik .maka dia akan bergabung atau tertarik, tetapi apabila menurut perusahaan pesaing etika bisnis kita buruk atau kurang baik, mereka juga akan segan untuk bergabung dengan perusahaan kita.

      Hapus
    2. ya.. memang praktek etika bisnis tidak selalu menguntungkan dalam jangka-jangka waktu tertentu. tetapi itu semua tergantung pada pemilik bisnis itu sendiri, jika kita dapat mempertahankan praktek etika bisnis yang baik, maka otomatis itu akan menguntungkan kita dalam bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya karena kita menjalankan praktek etika bisnis yang sangat baik. semua itu akan mencerminkan kepada pesaing kita bahwa kita memiliki etika bisnis yang baik dan mereka akan tertarik bekerja sama dengan bisnis yang kita jalani.

      Hapus
    3. halo Stella dan Yuliani, saya akan menambakan sedikit pendapat. memang benar semua usaha yang di jalani bergantung dengan pemilik usahanya. dalam bab ini kita di ajarkan untuk berbisnis dengan etika dan tanggung jawab untuk kelanjutan perusahaan. namun apabila kita sudah memiliki suatu usaha dan usaha kita sudah di atas daun, maka akan banyak pesaing-pesaing yang bermunculan. ada pepatah mengatakan "semakin tinggi pohon, semakin besar angin yang akan menggoncang". istilah tersebut bisa kita pakai dalam dunia bisnis, semakin ramai usaha kita, akan banyak produk-produk yang menyamai produk kita atau bahkan melebihi dari produk kita. oleh sebab itu, sebagai pemilik usaha kita juga harus memiliki strategi agar usaha kita tidak mati. dan inilah yang menjadi dasar apakah bisnis kita akan berlangsung dalam jangka pendek atau jangka panjang.
      sekian

      Hapus
  22. Menurut saya memiliki tanggung jawab sosial dalam perusahaan sangat diperlukan, kesadaran dan bagaimana mendapatkan keputusan agar mempengaruhi konsumen dengan hal yang positif. Contohnya dengan tidak membohongi pihak konsumen itu sendiri. Menurut aku pengertian tentang tanggung jawab bisnis itu tugas atau kewajiban atas kualitas produk terhadap perlakuan pada pelanggan dan karyawan dapat dipenuhi oleh perusahaan untuk menjalankan bisnis.

    BalasHapus
  23. menurut pendapat saya di dalam dunia bisnis etika itu sangatlah perlu karena etika digambarkan sebagai sebuah citra di masyarakat umum, selain itu juga untuk menghindari dari tindakan" yang tidak bermoral seperti korupsi dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju. semoga anda tidak menjadi salah satu dari pelaku korupsi yaa ,namun tanamkan rasa etika berbisnis yang tinggi serta tanggung jawab dalam berbisnis :)trims

      Hapus
    2. Saya ingin menambahi pendapatmu, Christian. Etika bisnis tidak hanya bertujuan untuk membangun citra perusahaan di masyarakat umum, namun juga untuk membangun perusahaan yang baik. Perusahaan yang baik tidak hanya tampak dari luarnya saja yang mungkin bisa menipu, namun juga dari dalam perusahaan itu sendiri. Bagaimana cara untuk membangun perusahaan yang baik dari luar dan dalam? Ya dengan menjalankan tanggung jawab sosial terhadap konsumen,pemegang saham, karyawan, lingkungan,kreditor,dll.Sekian :)

      Hapus
    3. Hai Christian, saya ingin menambahkan sedikit pendapat Anda. memang benar dan saya setuju sekali bahwa etika bisnis adalah bertujuan agar membangun citra yang baik di mata masyarakat (konsumen). namun jangan sampai kita terpaku hanya untuk membangun citra yang baik di masyarakat, bagaimana pun juga tujuan utama bisnis adalah memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan biaya yang sekecil-kecilnya, oleh karena itu setiap perusahaan seharusnya memiliki strateginya masing-masing untuk mencapai visi dan misi dari perusahaan tersebut. apabila kita hanya terpaku untuk membangun citra perusahaan, tetapi kita tidak menyusun strategi, sama halnya kita tidak berbisnis.
      contoh yang dapat kita ambil adalah suatu department store fashion terbesar di Indonesia. di perusahaan tersebut memiliki strategi yang sangat pintar, dengan cara menaik-turunkan harga barang setelah dan sesudah adanya discount atau promo-promo lainnya. dengan strategi ini, perusahaan itu tetap berdiri kokoh sampai sekarang.
      sekian

      Hapus
  24. Menurut saya, etika dalam berbisnis dan tanggung jawab sosial sangat diperlukan apalagi dalam berbisnis. Etika dan tanggung jawab sosial mencakup tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, para pemegang saham, kreditor, serta komunitasnya. Hal tersebut sangatlah penting agar perusahaan dapat mengambil keputusan secara bijak, tidak gegabah, atau malah mengambil keputusan untuk keuntungan perusahaan itu sendiri tanpa memikirkan resiko bagi yang lainnya. Dengan begitu, sebagai pebisnis kita dapat dinilai sebagai seseorang yang bertanggung jawab dan pada akhirnya juga memberikan keuntungan untuk bisnis kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda (y)
      etika bisnis juga tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan saja namun juga bagi semua orang yang ingin berbisnis,krna bagi saya etika bisnis adalah dasar dan awal mula jika ingin memulai suatu bisnis :)
      trims.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat anda. etika dihubungkan dengan tanggung jawab sosial, sebuah perusahaan harus memiliki etika atas para pelanggannya. Pelanggan akan memilih produk dari perusahaan yang memberikan hal yang lebih tidak hanya kualitas produk, namun manfaat yang diberikan perusahaan itu sendiri. Ketika sebuah perusahaan sedang melakukan tanggung jawab sosial seperti mengumpulkan dana atau melakukan kegiatan sosial seperti bazaar atau pameran yang meberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan, maka saat itu juga perusahaan sedang memenuhi salah satu syarat dari etika bisnis

      Hapus
    3. iya benar, apabila antar perusahaan saling bekerja sama dan memiliki etika dan tanggung jawab yang baik itu tidak hanya menguntungkan perusahaan saja(pelaku bisnis dalam suatu perusahaan), melainkan semua orang yang berada di sekeliling perusahaan ini.Sehingga perusahaan ini dapat mendatangkan kesejahteraan bagi semua orang.

      Hapus
  25. menurut pendapat saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan itu sangatlah penting dan perlu banyak dipelajari. Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh bahkan tanggung jawab sosial perusahaan ini merupakan suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan bahkan tanggung jawab sosial perusahaan dapat didefinisikan secara sederhana sebagai suatu konsep yang mewajibkan perusahan untuk memenuhi dan memperhatikan kepentingan para masyarakat untuk mencari keuntungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pernyataan anda bahwa sebuah perusahaan harus memperhatikan dan memenuhi kepentingan masyarakat. Karena pada kenyataannya saat ini, banyak perusahaan yang menjalankan usahanya hanya untuk mencari keuntungan semata tanpa memikirkan resiko dari tindakan yang diambil oleh perusahaan tsb, singkatnya keputusan yg diambil oleh perusahaan tersebut tidak bijak. Dengan adanya etika bisnis serta tanggung jawab sosial, perusahaan pasti akan melandasi segala tindakan serta keputusan berdasarkan etika yg baik serta dapat dipertanggung jawabkan sehingga perusahaan mendapat keuntungan dan kepentingan masyarakat pun dapat diperhatikan dan terpenuhi.

      Hapus
    2. saya juga setuju.
      oleh sebab itu kita sebagai para calon pembisnis harus tau dasar etika dalam berbisnis dan juga tanamkan dalam dirimu untuk memiliki sikap itu. :)

      Hapus
  26. menurut saya etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

    Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

    kesimpulan dari saya adalah bahwa etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Pekerjaan sehari-hari yang dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan serta sikap yang profesional sangatlah penting agar terhindar dari tindakan-tindakan yang tidak diinginkan, seperti korupsi misalnya.

      Hapus
    2. saya sependapat dengan anda. etika bisnis memang mencakup semua aspek dan juga suatu bisnis memiliki kinerja yang bagus , memiliki beberapa pelaturan yang berlaku bagi masyarakatnya sehingga berjalan dengan baik dan telatur bahkan kinerja atau karyawan harus bisa berpatisipasi dalam sebuah tanggung jawab yang tangguh dan unggul

      Hapus
    3. saya juga setuju dengan kalian. dengsn adanya moral yang jujur, luhur, transparan , serta profesional . Hal ini dapat membuat para pelaku bisnis lain memberi kepercayaan kepada perusahaan yang seperti ini, karena mereka berpikir bila bergabung dengan perusahaan ini, usaha/ bisnis mereka dapat berjalan lebih baik.

      Hapus
    4. Setahu saya, Kelly bukan kelas hari Rabu.....

      Hapus
  27. Menurut saya, etika bisnis dan tanggung jawab bisnis sangat diperlukan di dalam menjalankan suatu bisnis karena dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha ,etika itu diperlukan agar para pelaku bisnis itu baik karyawan,pemilik maupun pelaku lainnya dapat menjalankan bisnis nya dengan baik dan lancar , tanpa adanya hambatan-hambatan yang dapat mengganggu suatu bisnis / Usaha tersebut. Dengan adanya etika bisnis ini para pelaku bisnis ini dapat mengetahui bagaimana bersikap dalam suatu bisnis dan etika bisnis ini dapat dijadikan pedoman dalam berperilaku. Selain itu, jika dalam suatu bisnis/usaha apabila hanya ada etika tetapi tidak memiliki tanggung jawab juga tidak dapat berjalan dengan baik. Tanggung jawab ini diperlukan agar pelaku bisnis ini tidak berlaku seenaknya sendiri dalam menjalankan suatu bisnis itu sendiri. Tanggung jawab bisnis ini berlaku bagi semua pelaku bisnis itu tanpa pengecualian. Tanggung jawab ini diperlukan untuk menghindari adanya perselisihan antara pelaku bisnis yang satu dengan yang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa etika bisnis dan tanggung jawab bisnis ini merupakan sesuatu yang saling terkait.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju.
      bila manusia makan nasi namun tanpa lauk, mungkin dia akan tetap kenyang namun rasanya akan hambar.. sama seperti etika bisnis bila tanpa ada rasa tanggung jawab didalamnya,, perusahaan mungkin akan tetap berjalan namun hasilnya mungkin akan kurang baik apabila tanpa didasari dengan tanggung jawab.
      so,,dengan demikian saya setuju dengan pendapat anda bahwa etika bisnis juga harus ada rasa tanggung jawab didalamnya agar suatu perusahaan bisa lebih maju dan sejahtera :)

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda. Etika bisnis dapat dijadikan suatu pedoman dalam berbisnis agar ketika berbisnis, semua tindakan serta keputusan yang diambil oleh perusahaan tersebut tidak hanya menguntungkan perusahaan itu saja, tetapi juga menguntungan pihak lain khususnya masyarakat. Dengan mengambil keputusan serta tindakan yg bijak, secara otomatis keputusan serta tindakan perusahaan tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat anda.
      tanggung jawab itu memang sangat diperlukan dalam suatu etika bisnis perusahaan, bila tidak ada tanggung jawab apa yang dikerjakan oleh karyawan tidak dapat menghasilkan suatu perkerjaan yang sempurna hingga tidak mendapatkan suatu keuntungan yang maksimal.

      Hapus
  28. menurut saya, etika bisnis adalah pelajaran penting yang harus diterapkan , karena dari situ kita dapat mengerti berbagai macam etika yang semestinya di lakukan dalam berbisnis.
    Selain itu kita juga dapat berperilaku dan bersikap lebih baik di lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  29. Menurut saya dalam suatu perusahaan itu ingin sukses dan berhasil dalam usahanya maka harus memiliki etika dalam berbisnis agar menjadi acuan bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usaha termasuk dalam berinteraksi dengan pemangku kepentingan .
    Penerapan etika bisnis juga secara berkesinambungan mendukung terciptanya budaya perusahaan . Suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya harus mendasar pada keputusan, tidak hanya berdasarkan faktor keuangan melainkan juga berdasar konsekuensi sosial dan lingkungan saat ini .

    BalasHapus
  30. menurut saya, etika yang baik dalam suatu perusahaan sangat lah penting. selain berpengaruh terhadap kualitas perusahaan, dapat juga menyejahterahkan antar karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. rasa nyaman dan tentram yang di rasakan karyawan, akan membuat para karyawan lebih betah bekerja dan relasi antar karyawan pun baik. secara otomatis perusahaan itu akan maju dan akan terus berkembang.

    BalasHapus
  31. menurut saya belajar etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan itu sangat penting karena di dalam berbisnis sangat di perlukan etika berbisnis yang baik. Etika bisnis yang utama adalah "kejujuran", jujur sangat dominan atau selalu di utamakan agar pencapaian hasil yang benar-benar baik juga tercapai. Dan selain etika, didalam berbisnis juga terdapat tanggung jawab yaitu tanggung jawab terhadap karyawan, pelangan, para pemegang saham,kreditor dan lingkungannya. Perusahaan juga mempunyai tanggung terhadap produk yang dihasilkan untuk dijual kepada konsumen agar konsumen dapat menikmati dan perusahaan juga harus menciptakan suasana (lingkungan) aman untuk karyawannya.Etika dan tanggung jawab haruslah di laksanakan dengan seimbang agar hasil yang di dapat juga mencapai hasil yang maksimum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda , kejujuran adalah kunci kesuksesan dalam berbisnis.
      bila suatu bisnis dimulai dengan kejujuran (apalagi dalam menawarkan produk) mka pelanggan atau konsumen akan merasa puas dengan produk kita , karena kita telah jujur padanya atas produk yg dihasilkan.

      Hapus
  32. Menurut saya, dalam bab Etika dan Tanggung Jawab Sosial yang menarik menurut adalah:
    ketika kita memulai untuk berbisnis, kita memiliki etika dalam berbisnis seperti norma-norma dan aturan-aturan untuk mengatur seluruh karyawan; tidak hanya karyawan yang diatur, tetapi pemimpin perusahaan diatur agar dalam mengembangkan dan menjalankan bisnisnya sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku. Bila suatu perusahaan telah menaati hukum dan norma yang berlaku, maka perusahaan tersebut dapat mempertanggung jawabkan produk apa yang telah dihasilkan kepada konsumen.

    Bila perusahaan memulai bisnisnya dengan menyimpang dari etika berbisnis, maka bisnis nya tidak akan tahan lama di masyarakat. Karena masyarakat tidak akan percaya lagi akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang memulai bisnis nya dengan membohongi konsumennya.

    Bila perusahaan memulai bisnisnya dengan kejujuran, maka konsumen akan lebih percaya kepada perusahaan tersebut karena dari awal telah member tau bahwa produknya tersebut memiliki kekurangan (misalnya). Contohnya Cool Jewel Company yang telah memberitaukan bahwa produk yang diahasilkan imitasi. Tetapi konsumen tetap banyak memilihnya. Bisnis yang jujur, dapat menimbulkan kepercayaan pelanggan dan pelanggan dapat merespon dengan kembali membeli produk tersebut lebih banyak, sejalan dengan waktu.

    Jujur atau tidaknya suatu perusahaan dalam bersaing, dapat menjamin sukses atau tidak nya suatu perusahaan tersebut dikemudian hari.

    BalasHapus
  33. Saya masih bingung dengan pengertian “kode tanggung jawab bisnis” dan apa hubungannya dengan etika bisnis ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Laurencia. Menurut yang saya baca, kode tanggung jawab bisnis adalah pedoman mengenai bagaimana karyawan,pelanggan, dan pemilik sebaiknya diperlakukan. Jadi, kode tanggung jawab bisnis ini menunjukkan aturan/ cara-cara yang dilakukan perusahaan untuk menjalankan tanggung jawab sosialnya bagi karyawan, pelanggan, pemegang saham, dll.

      Hapus
    2. ya.. istilah gampangnya seperti "undang-undang"nya gitu ya.. jadi setiap peran dalam perusahaan setidaknya harus tahu, seperti kita tahu undang-undang d negeri kita ini. karena anggapannya, jika kita ingin dalam perusahaan kita diterapkan etika berbisnis, maka kita harus "mengakrabkan" diri dengan yang namanya kode tanggung jawab bisnis ini.. thanx :)

      Hapus
  34. saya tertarik dengan materi etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan pada diskusi ini. Menurut saya etika bisnis merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu perusahaan agar memiliki daya saing yang tinggi. Di samping itu, dengan menerapkannya etika bisnis perusahaan juga dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merusak citra ataupun reputasi perusahaan itu sendiri. Semakin baik etika bisnis tersebut diterapkan, maka akan semakin baik pula perkembangan perusahaan itu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda, etika bisnis adalah salah satu faktor yang penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. karena jika suatu perusahaan tidak memiliki etika bisnis, maka perusahaan itu bukan merupakan perusahaan yang baik. selain itu perusahaan yang tidak memiliki etika bisnis akan memiliki pandangan yang 'jelek' dari perusahaan-perusahaan lain dan dari masyarakat.

      Hapus
  35. Menurut saya etika bisnis dan tanggungjawab sosial merupakan pedoman(dasar)yang penting dalam dunia bisnis bagi perusahaan.Apalagi dalam menghadapi jaman modern yang penuh dengan persaingan bisnis,perusahaan harus mampu mengatur hubungan yang baik dengan karyawan,pelanggan,pemegang saham,kreditor dll
    Oleh karena itu, memang pantaslah etika bisnis dan tanggungjawab sosial dipelajari dan diterapkan di perusahaan karena dengan beretika setiap pihak(karyawan,pelanggan,investor dll)akan merasakan kenyamanan dalam dunia bisnis,bayangkan saja jika suatu perusahaan tidak memiliki kepedulian terhadap keselamatan kerja karyawan atau kesejahteraan(gaji yang sesuai)apakah karyawan akan melayani pelanggan dengan baik? Pada akhirnya perusahaanlah yang dirugikan, Dan contoh lainnya .Namun yang menarik adalah etika bisnis dan tanggung jawab sosial seperti apa...yang akan dijalankan oleh perusahaaan . Selain itu kebijakan setiap perusahaan dalam kaitannya dengan etika bisnis pasti tidaklah mutlak sama.oleh karena itu menarik memang mendeskripsikan apa itu etika bisnis dan tanggung jawabsosial menurut pribadi maupun perusahaan itu sendiri,menilai sejauh mana suatu tindakan ekonomi itu baik dan beretika atau tidak layak dijalankan. karena setiap tindakan ekonomi pasti memiliki alasan masing-masing,ada yang menilai tindakan atau kebijakan itu baik adapun yg menilai kebijakan itu buruk(pastinya dengan alasan mereka masing-masing) begitupun juga dengan kebijakan perusahaan dalam kaitannya dengan etika bisnis dan tanggungjawab sosial.Jadi mari kita pelajari dengan analitis apa itu etika bisnis dan tanggungjawab sosial :D

    BalasHapus
  36. Menurut hemat saya, berbisnis merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mencakup banyak aspek pendukung untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan oleh para pelaku bisnis, dalam hal ini adalah semua orang yang ada dalam perusahaan. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa tujuan akhir dari berbisnis adalah memperoleh laba (profit), disadari atau tidak, hal tersebut selalu menjadi tolok ukur keberhasilan berbisnis.

    Namun, untuk mencapai keberhasilan tersebut tentu melalui suatu proses. Proses tersebut apabila diuraikan salah satunya membahas tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial seperti yang sedang kita pelajari bersama dalam bab ini.
    Menurut saya, etika bisnis dan tanggung jawab sosial merupakan 2 hal yang saling berhubungan. Memiliki etika namun tidak memiliki tanggung jawab hanyalah omong kosong. Begitu juga sebaliknya. Keduanya memiliki sifat yang saling melengkapi.
    Dengan memiliki etika bisnis yang baik, para pelaku bisnis diharapkan dapat mengkombinasikan seluruh faktor-faktor produksi secara maksimal. Tentunya untuk memperoleh hasil yang maksimal harus disertai dengan tanggung jawab sosial yang tinggi.
    Tujuan akhir dari proses mengintegrasikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial menurut saya ialah tercapainya kinerja bisnis yang baik dan mampu memuaskan para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya.

    Sekian, terima kasih. Ad Maiorem Dei Gloriam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependat denganmu Bonaventura Bramantyo, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan meski berbeda pengertian, namun saling berkaitan.
      Perusahaan yang baik harus memiliki etika bisnis dan tanggung jawab sosial.

      Saya juga setuju dengan pendapatmu bahwa tujuan akhir dari etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah untuk mencapai kinerja bisnis yang baik dan memuaskan pemangku kepentingan perusahaan,
      karena menurut saya dengan beretika dan bertanggung jawab sosial yang baik, perusahaan dapat bekerja dengan baik sesuai etika dan memutuskan keputusan bisnis yang baik dan tidak merugikan pemangku kepentingan perusahaan dengan demikian para pemangku kepentingan dapat merasa puas.

      Sekian pendapat saya mengenai komentar anda, terima kasih.

      Hapus
  37. Stephanie Anastasia Lorentan 3103013258
    Menurut saya, terdapat hal yang menarik dan unik dalam pelajaran Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Yakni pada sub-bab Tanggung Jawab terhadap Pelanggan. Mengapa menarik? Pernahkah saudara membaca kemasan bungkus rokok? Dibagian belakang kemasan, selalu tertulis: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Ini layaknya paradoks. Disatu sisi perusahaan rokok tersebut mengiklankan produknya agar konsumen tertarik membeli, tapi pada sisi lain, perusahaan memberikan peringatan tentang bahaya produknya tersebut. Bisa saja tulisan tersebut menjadikan pendapatan perusahaan menurun. Akan tetapi, perusahaan sebagai lembaga beretika dan professional tetap mencantumkan bahaya produknya. Ini menunjukan etika berbisnis yang professional. Bahwa berbisnis tak hanya mengenai meraup profit, berbisnis memiliki etika dan tanggung jawab. Etika dan tanggungjawab produsen terhadap konsumen, pemerintah dan lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda saudari Stephanie Anastasia mengenai iklan rokok termasuk contoh etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan. Saya juga setuju bahwa bisnis tidak hanya mengenai meraup profit, melainkan perusahaan juga harus beretika dan bertanggung jawab terhadap pemangku kepentingan perusahaan, lingkungan dan komunitas.

      Hapus
  38. Elim Rahmawati
    3203013238
    menurut saya , bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangat penting dan menarik untuk dipelajari , karena dalam bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial ini menjelaskan secara lebih luas tentang prinsip-prinsip dalam menjalankan sebuah bisnis .bab ini juga menjelaskan mengenai tanggung jawab etis dan sosial yang dapat dilakukan dengan cara yang memaksimalkan nilai perusahaan.dalam menjalankan sebuah bisnis perusahaan harus memperhatikan tanggung jawab terhadap pelanggan , karyawan,investor,kreditor,serta lingkungan dan komunitasnya karna semua itu dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang dihasilkan.

    BalasHapus
  39. Menurut saya , bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangatlah penting untuk kita pelajari , karena di dalam bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah sebagai pedoman dasar kita sebelum kita melakukan berbisnis di jaman modern ini, hal yang menarik bagi saya adalah bagaimana cara pemerintah memberantas iklan-iklan liar di jalan raya yang sering kita temui yang tidak memiliki ijin iklan ?

    BalasHapus
  40. menurut saya, tanggung jawab bisnis dalam suatu perusahaan itu sangat penting karena dimana kita menjalankan suatu usaha harus memiliki tanggung jawab yang benar-benar tepat dalam memimpin suatu usaha tersebut karena dimana tanggung jawab itu berjalan dengan lancar dan baik maka suatu perusahaan akan mencapai tujuan yang kita harapkan.

    etika bisnis juga bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai moral dan keagamaan yang dianggap baik oleh masyarakat karena etika bisnis sangat berkaitan dengan bagian dari budaya perusahaan yang berhubungan dengan tanggung jawab

    BalasHapus
  41. Bisnis adalah semua aktivitas yang diarahkan untuk mendapat keuntungan. Dalam berbisnis diperlukan etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Etika dan tanggung jawab tersebut mempengaruhi bagaimana bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan mendapat keuntungan. Hal yang menarik adalah bahwa setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat memengaruhi masyarakat. Hal tersebut menarik karena apabila keputusan bisnis tersebut dapat memengaruhi masyarakat, maka kita akan mendapat keuntungan yang besar.

    BalasHapus
  42. Dalam perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain,ada Keragaman dan Pencegahan Terjadinya Pelecehan Seksual,yang saya pertanyakan sekarang apa bedanya antara Keragaman dan Pencegahan Terjadinya Pelecehan Seksual ?? tolong di jelaskan

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  44. Wow materi ini amat bagus ternyata karena menyangkut aturan dan etika dalam berbisnis, tapi yang saya herankan adalah apa peranan pemerintah dalam pelaksanaan etika bisnis.
    Terimakasih

    BalasHapus
  45. Abigail Setyo Utami / 3103013241
    Menurut saya, etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan etika yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Serta tujuan dari etika bisnis sendiri ialah menggugah kesadaran moral para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis yang baik. Semua perusahaan perlu untuk menerapkan etika bisnis karena hal tersebut sangat penting untuk melindungi reputasi perusahaan. Masih banyak perusahaan yang belum menerapkan etika bisnis, sehingga masih banyak kecurangan yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, yang melanggar etika bisnis perlu diberikan sanksi.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  46. Menurut saya, tanggung jawab sosial perusahaan adalah kesadaran perusahaan untuk tidak mementingkan keuntungan perusahaan belaka melainkan juga mementingkan kepentingan terhadap kosumennya, karyawannya, pemegang sahamnya, kreditornya, lingkungannya, dan terhadap komunitasnya. Perusaahan yang beretika baik yaitu perusahaan yang tidak menggunakan iklan yang menyesatkan memperlakukan karyawan mereka dengan baik, dan melunasi utangnya. Apabila perusahaan menjalankan bisnisnya dengan penuh rasa tanggung jawab tentunya masyarakat akan mendukung kegiatan perusahaan tersebut dan tumbuh rasa kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  47. saya masih bingung dengan pengertian Etika bisnis dalam perusahaan .. dan apakah sangat berpengaruh etika bisnis itu di dalam perusahaan ?

    BalasHapus
  48. Saya setuju dengan perusahaan yang melakukan tanggung jawab untuk memastikan keselamatan kerja, hal ini dapat menaikan tinggkat kepuasan kerja karyawan dan mengurangi perputaran karyawan. Karena karyawan yang puas akan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk pelanggan dan bahwa pelanggan pada gilirannya, akan menjadi lebih puas.

    BalasHapus
  49. pendapat saya mengenai bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah, dalam menjalaankan sebuah usaha harus memiliki tanggung jawab nya sendiri-sendiri, karena dalam menjalan kan sebuah usaha pasti ad resiko nya sendiri. selain itu, produk yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut garus menjanjikan agar dapat menumbuhkan rasa percaya dari para pembeli dan karyawan tersebut kepada perusahaan tersebut. terima kasih...

    BalasHapus
  50. saya masih bingung dengan tanggung jawab mengunakan etika bisnis itu seperti apa? dan kenapa kita harus memiliki etika bisnis itu dalam berbisnis? satu lagi apa bedanya antara Keragaman dan Pencegahan Terjadinya Pelecehan Seksual?

    BalasHapus
  51. NRP: 3103013255

    Menurut saya:
    # Hal yang paling menarik adalah "cara bagaimana perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap pelanggan mereka. Dengan cara: menetapkan kode tanggung jawab, memantau keluhan ,serta memperoleh dan menggunakan umpan balik pelanggan. Karena dengan memberikan hasil produk yang menjanjikan baik "mutu maupun kualitasnya, hal tersebut akan menumbuhkan perasaan percaya dari benak para konsumen kepada produk yang mereka beli dan konsumen tidak merasa di kecewakan.

    # Yang paling membingungkan adalah "ketika permintaan akan produk kita menurun maka kita tidak membutuhkan 20 karyawan lagi (pemecatan 20 karyawan)". yang ingin saya pertanyakan adalah kenapa penurunan produk tersebut dihubungkan dengan keberadaan dan nasib karyawan. TERIMA KASIH

    BalasHapus
  52. pendapat dari saya mengenai tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial.untuk etika bisnis katanya usaha harus di memiliki sifat tegas serta tanggung jawabnya sendiri-sendiri lalu bagaimana kalo suatu perusahaan di pimpin lebih dari satu orang serta dampak apakah yg terjadi jika ada kesalahan dalam memimpin perusahaan tersebut.sekian komen dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. FRANSISCUS /3203013007
      pendapat saya mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosila adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

      Hapus
  53. saya masih bingung tentang etika bisnis ,
    apakah hubungan etika bisnis dengan tanggung jawab sosial perusahaan ?

    BalasHapus
  54. Menurut saya pada BAB II ini tentang “Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial” sangat penting untuk di pelajari, supaya ketika kita berbisnis kita mengetahui etika berbisnis yang baik sehingga tidak melanggar etika tersebut yang mana dapat mengurangi nilai perusahaan di mata pelanggan dan karyawan serta masyarakat luas. Tanggung jawab sosial juga harus di miliki oleh suatu perusahaan, supaya perusahaan itu tahu kepada siapa saja ia bertanggung jawab.

    BalasHapus
  55. Sesuai dengan tugas diatas, menurut saya pada Bab 2 yang menjelaskan tentang “Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial” sangat menarik. Karena menurut saya pada bab ini suatu perusahaan memiliki batas – batasan atau aturan yang didasari oleh Etika dan tanggung jawab yang sehingga antara siklus perusahaan berjalan lancar dengan baik.
    Didalam bab ini tanggung jawab sosial adalah tindakan dan kebijakan perusahaan dalam berinteraksi yang di dasari aturan prinsip dan nilai moral dalam pengambilan keputusan bisnis yang mempengaruhi masyarakat. Sedangkan Etika bisnis adalah suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis.
    Keputusan yang tidak etis bisanya timbul jika pengambilan keputusan hanya untuk menguntungkan diri sendiri dari pada pemegang kepentingan (karyawan, pemegang saham, lingkungan )
    Praktek bisnis yang tidak etis dapat berpengaruh tidak baik terhadap nilai perusahaan.
    Tanggung jawab perusahaan diantara lain:
    1. Tanggung jawab kepada pelanggan.
    2. Tanggung jawab kepada karyawan
    3. Tanggung jawab kepada pemegang saham
    4. Tanggung jawab kepada kreditor
    5. Tanggung jawab kepada lingkungan
    6. Tanggung jawab kepada komunitas
    7. Biaya untuk memenuhi tanggung jawab sosial.
    Tetapi juga ada beberapa perusahaan yang tidak menghiraukan kode etik dan tanggung jawab didalam menjalankan usaha.
    Ini skala kecil yang membuat saya tertarik akan bab ini.

    BalasHapus
  56. natalia
    nrp : 3103013232
    menurut saya suatu perusahaan memang membutuhkan pedoman yang mencegah karyawan menggunakan strategi penjualan yang
    yang terlalu agresif atau iklan yang menipu. karena seandainya karyawan meggunakan iklan yang menipu konsumen
    maka mutu barang atau jasa yang kita jual akan menurun di mata konsumen dan dapat menurunkan nilai jual barang atau jasa
    tersebut.

    BalasHapus
  57. Menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab ini sangat penting bagi kita saat menjalankan bisnis, karena sewaktu kita berbisnis kita harus mempunyai etika agar konsumen mau membeli barang yang kita jual dan tanggung jawab juga sangat penting karena dalam berbisnis kita harua bertanggung jawab atas barang yg kita jual, harga yang kita berikan terhadap konsumen, dan jika konsumen mengkritik kita harus menerimanya. Maka dari itu kita harus mempunyai etika dan tanggung jawab agar bisnis kita lancar dan sukses. Terima kasih....

    BalasHapus
  58. Dalam pembahasan mengenai etika bisnis dan jawab sosial ini yang menarik menurut saya adalah tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan karena saya setuju dengan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan yaitu harus bertanggung jawab dalam produksi dan penjualan yang dilakukan. Karena jika perusahaan tidak mempunyai etika bisnis dan tanggung jawab maka akan merugikan pelanggan sebab apa yang dijual perusahaan tersebut tidak bermutu dan pelanggan pun akan kekurangan minatnya dalam membeli produk dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  59. Clarisa Agnes Yuanita ( 3203013140 )

    Menurut saya hal yang menarik pada sub bab etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah sebuah perusahaan yang dituntut untuk bertanggung jawab bukan hanya untuk kepentingan perusahaannya tetapi bertanggung jawab pada konsumen,karyawan, lingkungan sekitarnya, dan sebagainya ..
    Dengan demikian akan terjadi hubungan timbal balik yang tidak ada yang dirugikan dari pihak manapun .
    Selain dituntut bertanggung jawab, perusahaan dituntut juga mempunyai etika berbisnis dengan baik dan benar .
    Hal ini bertujuan agar tidak ada persaingan secara monopoli, namun diharapkan persaingan secara baik, sehingga memperkecil konflik yang terjadi .

    BalasHapus
  60. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah 2 hal yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum seseorang akan membuka perusahaan. karena perusahaan yang pemimpinnya mengerti tentang etika bisnis, pemimpin tersebut pasti mengetahui bagaimana cara berbisnis yang baik dengan pelanggan, sehingga perusahaannya dapat dipercaya oleh pelanggan. dan dengan perusahaan yang dilengkapi tanggung jawab sosial, perusahaan tersebut pasti memiliki relasi yang baik dengan pegawai,pelanggan dan cara kerja yang memuaskan pelanggan, sehingga dapat menunjang kesuksesan bisnis perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  61. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial itu penting karena dlm menjalankan sesuatu bisnis dibutuhkan etika agar tidak menyalahi aturan dan dapat diterima oleh konsumen, karyawan dan orang lain dan tanggung jawab agar dapat bersikap profesional dalam menjalani dibidangnya.

    BalasHapus
  62. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan itu harus memiliki pengalaman yg cukup karena jika tidak memiliki pengalaman bisnis tdk akan bs maju dan harus juga memiliki tanggu jawab agar bisa memiliki usaha bisnis yg bagus d mata orng lain,dan dapat memuaskan pelanggan atau castamer agar semakin sukses perusahaan itu maupun bisnis lain nya

    BalasHapus
  63. Menurut saya s untuk bab ini adalah setiap berbisnis seseorang harus memperhatikan etika berbisnis dan tanggung jawab social perusahaan. Etika bisnis disini yaitu suatu tata cara atau peraturan untuk menjalankan perbinisan dengan baik dan benar atau tidak melanggar peraturan perbisnisan yang ada .
    Dan tanggung jawab social perusahaan adalah tanggung jawab perusahaan yang harus dilakukan terhadap PELANGGAN (membuat iklan apa adanya , asli atau tidak menipu pelanggan), KARYAWAN (membayar gaji sesuai dengan kinerjanya dan memperlakukan karyawan denagn baik bukan dengan semena-mena) , LINGKUNGAN (mencari cara untuk mencegah polusi yang dihasilkan agar tidak berlebihan yang akan merugikan masayarakat sekitar tempat berbisnis) , dan LINGKUNGAN. Kalau ada yang kurang mohon ditambahkan
    Saya ingin bertanya contoh dari tanggung jawab terhadap KOMUNITAS itu bagaimana ? (belum paham)
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  64. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial saling berkaitan erat dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang dijalan kan,tanpa dua hal tersebut bisnis atau perusahaan tidak akan berkembang dengan baik,sebab dalam membangun sebuah relasi bisnis yang baik kita saling terhubung dengan pelaku bisnis lain atau konsumen. sebagai mahluk sosial ada baik nya untuk menerapkan dan menjadikan etika bisnis serta tanggung jawab sosial sebagai suatu kewajiban yg harus dijalankan dan menjadi pedoman dalam berbisnis serta perusahaan

    BalasHapus
  65. pendapat saya tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial saling bersangkutan karena setiap perusahaan mesti mempunyai etika bisnis dan tanggung jawab sosial,karena jika perusahaan itu tidak memiliki etika bisnis dan tanggung jawab sosial,perusahaan itu tidak akan berjalan dengan baik. jadi saya sangat setuju jika tiap perusahaan menerapkan sistem etika bisnis dan tanggung jawab sosial untuk setiap pegawainya.

    BalasHapus
  66. Saya masih bingung. Etika bisnis itu sekedar berkomunikasi baik dengan orang / bagaimana ? Hubungannya dengan tanggung jawab ? Apa kalau beretika berarti bertanggung jawab ? Dipakai di perusahaan apa ? Contoh saja perusahaan makanan. Kalau makanan ini murah dan dapat dimakan. Konsumen tidak pikir panjang mau ada apa di makanan ini yang penting dapat dimakan, murah lagi. Tidak tau juga etika bisnisnya, tanggung jawabnya, yang penting murah. Jadi bagaimana ya jelasnya ? Terima kasih .

    BalasHapus
  67. menurut saya etika dalam berbisnis sangatlah penting dalam mendukung kita berbisnis.
    Apabila seseorang pebisnis tidak memiliki etika dalam berbisniis maka sangat sulit bagi dia untuk berbisnis,,jadi sangat saya harapkan kita semua menerapkan etika dalam berbisnis,,

    BalasHapus
  68. menurut saya etika bisnis sangat berperan dalam dunia bisnis.
    bisnisman yang baik harus memperhatikan dan menjalankan etika bisnis sebaik-baiknya agar bisa terbentuk relasi yang bagus antra pebisnis.

    BalasHapus
  69. saya setuju karena jika dalm sutu perushaan memiliki etika bisnis dan moral,mka perusahaan tesebut mempunyi tujun yang pasti akan tercapai.
    krena 2 hal diatas itu,,yang dpt membngun suatu kerja yang baik.
    dn para konsumen pun pasti kan senang dan akn kembali lagi ke perushaan itu

    BalasHapus
  70. saya setuju ,krena etika bisnis itu penting untuk kelngsungan kerja di dalm perusahan.
    krena dri etika dan morl tersebut,suatu perusahan bisa terbangun dan tertata rapi...
    karena 2 hl itu yang dapat menghasilkan hasil yang baik dan memuaskan konsumen.
    yang pastinya hl itu akan membuat perusahaan disegni banyak konsumen.

    BalasHapus
  71. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangat lah penting dalam menjalankan suatu perusahan setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial yg merupakan kesadaran perusahaan dan dalam menjalankan perusahaan itu kita harus membangun sebuah relasi bisnis yang baik biar bisa saling terhubung dengan pelaku bisnis lain atau konsumen.

    BalasHapus
  72. menurut saya etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah kita harus mempunyai prinsif dalam menjalankan suatu perusahaan mengambil keputusan bisnisnya yang di buat oleh perusahaan itu sendiri dan yang terpenting selalu bertanggung jawab atas hasil nya perusahaan itu dan juga bisa menjaga relasi hubungan dengan perusahaan lain tanpa itu kita tidak bisa menjalankan suatu perusahaan dengan baik .

    BalasHapus