SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 16 Februari 2013

Yang Terpenting dalam Pekerjaan (Bahan Diskusi IV, Gasal 2013)


Pilihlah 5 dari 12 hal di bawah ini yang akan sangat berpengaruh bagi Saudara untuk dapat berkinerja lebih baik jika sudah bekerja. Berikan penjelasan mengapa Saudara memilih kelima hal tersebut.
  1. Suatu pekerjaan yang menarik
  2. Seorang atasan yang baik
  3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
  4. Kesempatan untuk maju.
  5. Hidup pribadi yang memuaskan
  6. Pekerjaan bergengsi atau status
  7. Tanggung jawab dalam pekerjaan
  8. Kondisi kerja yang baik
  9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
  10. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
  11. Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil
  12. Keamanan atau kepastian pekerjaan

174 komentar:

  1. Saya memilih Nomer 1,7,8,9,10
    Menurut saya dengan pekerjaan yang menarik maka saya dapat bertanggung jawab pekerjaan apa yang akan saya lakukan. Namun disisi lain kondisi kerja yang baik akan menunjang kualitas kita dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan, namun disisi lain dengan adanya aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan dari perusahaan yang tepat maka suatu karyawan dapat membuat suatu pekerjaan itu menarik dan dari situlah mereka dapat mempelajari hal-hal baru yang baru mereka dapatkan.

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada Saudara Hartono,bagaimana apabila suatu saat pekerjaan itu dipersepsikan menjadi tidak menarik lagi oleh karyawan,apakah karyawan akan tetap terus berkinerja lebih baik padahal tidak semua pekerjaan akan selalu dipandang menarik?

      Hapus
    3. Saya akan menjawab pertanyaan saudari Devi, Menurut saya pekerjaan dipandang menarik jika karyawan tersebut melakukannya tanpa ada paksaan, dan didukung kondisi kerja yang baik maka pekerjaan apa pun akan menjadi menarik. Pada dasarnya seorang karyawan harus melakukan pekerjaan tersebut dengan segenap jiwa dan tanggung jawab mereka.

      Hapus
    4. KELAS A

      Saya setuju dengan pendapat saudara Hartono tentang bagaimana kita dapat menciptakan pekerjaan yang menarik untuk kita. Karena menurut saya dengan kita mengambil keputusan untuk merasakan bahwa pekerjaan itu menarik bagi kita, maka kita pun akan melakukan pekerjaan itu dengan semangat, tanpa beban tetapi tak luput dari rasa tanggungjawab pula. Karena kalau kita mencari pekerjaan yang selalu menarik, itu tidak akan pernah ada habisnya.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat hartono. jika kita memiliki ketertarikan terhdap pekerjaan tersebut maka kita akan lebih terpacu sehingga pekerjaan lebih maksimal di tambah lagi adanya kenyamanan dan peraturan' yang tepat dab bijaksana yang membuat seseorang dapat bekerja semakin kondusif. trimakasih

      adhitya nugroho 3103011029

      Hapus
  2. dari 12 hal tersebut saya memilih nomor 4, 7, 8, 9, 10 karena dalam kelima hal tersebut memiliki suatu hubungan atau sinkronisasi karena untuk dapat berkinerja lebih baik lagi saya memerlukan kesempatan yang diberikan perusahaan untuk maju, tanggung jawab dalam pekerjaan karena dengan memiliki tanggung jawab maka kita dapat mengukur seberapa besar kontribusi kita bagi perusahaan, dalam kondisi kerja yang baik saya juga merasa bahwa semua orang di sekitar kita dan lingkungan dapat mendukung apa yang kita lakukan, dengan berbagai macam prosedur aturan dll yang dierikan perusahaan dengan tepat, maka dapat memberikan jalan meju kesuksesan, nah sisi pamungkas untuk dapat berkinerja baik adalah hal untuk mempelajari hal baru karena waktu akan terus berputar dan saya harus dapat mengimbangi atau melebihi dari yang orang lain bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju menurut pendapat zella, karena pada saat kita bekerja kita perlu sesuatu hal yang membuat kita termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi, dan pada saat kita bekerja kita perlu tanggung jawab yang besar untuk pekerjaan yang sudah kita kerja untuk meningkatkan perusahaan dimana kita bekerja, dan aturan yang dibuat harus kita patuhi, jadi kita bisa bekerja lebih baik lagi dan sesuai dengan prosedur yang ada.

      Hapus
    2. Kalau menurut pendapat saya,agar saya berkinerja lebih baik jika sudah bekerja saya memilih :
      4.Kesempatan untuk maju.; Bila ada kesempatan untuk maju dalam pekerjaaan,baik dalam tugas baru yang diberikan atasan akan membuat saya menjadi maju tidak konstan tetapi melangkah maju dalam perusahaan.
      7.Tanggung jawab dalam pekerjaan ; Dengan bertanggung jawab dalam pekerjaan,otomatis kinerja saya bagus atau tercapai baik,sehingga kinerja saya dalam tugas yang diberikan terlaksanakan dan semakin maju.
      8.Kondisi kerja yang baik ; Dengan kondisi kerja pekerjaan yang baik otomatis di dalamn bekerja saya merasa nyaman dan dapat melaksanakan semua amanat pekerjaan yang ditugaskan atasan kepada saya.
      10.Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru ; Dengan kesempatan mempelajari hal-hal baru yang diberikan atasan kepada saya membuat wawasan,pengalaman,kinerja,skill saya bertambah sehingga membuat kinerja saya ke depan semakin bagus.
      12.Keamanan atau kepastian pekerjaan ;Dengan keamanan atau kepastian pekerjaan ,dalam bekerja kita akan tenang dan focus sehingga kinerja kita juga semakin bagus.

      Hapus
  3. saya akan lebih memprioritaskan nomor 1, 3, 4, 10, 11
    Tiap-tiap poin yang saya pilih memiliki korelasi yakni pengembangan potensi individu yang akan membantu mengeksplorasi kemampuan saya sembari meningkatkan kinerja perusahaaan. Dengan pekerjaan yang menarik, chance untuk lebih berkembang, dan reward atas kinerja akan membuat pribadi saya menjadi lebih berkembang. Lewat space yang diberikan perusahaan serta penghargaan atas kinerja saya maka akan memacu saya untuk terus berkompetisi serta mengembangkan diri sembari membantu perusahaan mencapai tujuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas A

      saya sependapat dengan Anda, bahwa dengan mengembangkan potensi individu akan mmbantu mengeksplorasikan kemampuan kita,selain itu dapat menguntungkan pula bagi perusahaan, sehingga mungkin perusahaan mmberikan pernghargaan kepada kita.
      saya mau bertanya, mengapa Anda tidak memprioritaskan poin 12, yaitu keamanan dan kepastian pekerjaan sebagai pendorong/ motivasi Anda untuk bekerja lebih baik? Terima Kasih

      Hapus
    2. Baik terima kasih atas pertanyaanya, sebelumnya saya harus menggaris bawahi bahwa ke 12 poin diatas sama-sama penting, namun hanya 5 poin yang dapat dipilih menjadi prioritas. Kenapa tidak keamanan dan kepastian kerja? Mind set saya adalah sebenarnya ketika individu mampu menghasilkan selling point nya sendiri lewat kualitas pribadinya, maka ia tidak perlu kahwatir untuk kehilangan pekerjaan, karena banyak peluang-peluang lain diluar perusahaan yang sekarang yang dapat ia raih, justru yang menjadi pr bagi perusahaan adalah bagaimana mereka mampu mempertahankan mutiara mereka sendiri.

      Hapus
  4. Menurut saya, 5 hal yang berpengaruh bagi saya untuk dapat berkinerja lebih baik jika sudah bekerja adalah:
    1. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. Dengan adanya pengakuan dan penghargaan dari hasil kerja yang telah saya lakukan, dapat memberikan kepercayaan diri pada saya, termotivasi dan bangga atas adanya penghargaan jika telah bekerja giat dan berhasil.
    2. Tanggung jawab dalam bekerja. Menurut saya, setiap kali orang bekerja pasti memiliki tanggung jawab dari tempat ia bekerja. Tanggung jawab yang diberikan kepada kitapun seperti sebuah kepercayaan atasan terhadap kita, maka dari itu, kita tidak boleh menyia-nyiakan tanggung jawab yang telah diberikan dan telah dipercayakan pada kita.
    3. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat. Perusahaan harus memiliki aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat, karena itu semua akan dapat menjelaskan maksud dan tujuan perusahaan itu didirikan.
    4. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Di sini menurut saya dimaksudkan adalah sebagai tantangan bagi saya dalam bekerja di sebuah perusahaan dan adanya kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru akan menambah wawasan saya untuk kedepannya.
    5. Keamanan dan kepastian bekerja. Keamanan bekerja menurut saya adalah semua sistem di perusahaan telah aman terkendali dan adanya kepastian keamanan dari perusahaan tersebut bagi seluruh karyawannya. Kepastian bekerja maksudnya adalah saya menjadi pekerja tetap perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syandi 3103011260
      Saya ingin bertanya...
      menurut anda,bagaimana cara anda sebagai karyawan untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari atasan?berikan contohnya.Karena atasan akan benar-benar memilih karyawan mana yang berpotensi dan bertanggung jawab untuk memberikan kepercayaan itu. Lalu jika atasan sudah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada anda tetapi ternyata anda tidak mampu melakukannya,kemungkinan apa yang membuat anda tidak mampu melakukannya?dan apa yang akan anda lakukan jika tidak dapat memenuhi tanggung jawab tersebut?
      terima kasih...

      Hapus
    2. Terima kasih Syandi atas pertanyaannya.. Menurut saya,kepercayaan penuh dari atasan tidak secara cuma-cuma langsung diberikan pada karyawan yang baru bergabung pada perusahaan ataupun karyawan yang sudah lama bergabung. Seperti yang telah Anda katakan bahwa atasan akan benar-benar memilih karyawan mana yang berpotensi dan bertanggung jawab untuk memberikan kepercayaan itu, memang benar apa yang telah Anda katakan. Maka dari itu, saya akan memberikan hasil yang terbaik dan memuaskan bagi perusahaan, sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaan yang telah menjadi tugas saya.
      Kemungkinan yang membuat saya tidak mampu melakukannya, menurut saya, terkadang sebagai karyawan ada masa-masa dimana saya(karyawan) mencapai titik puncak bosan akan hal-hal yang telah dilakukan, jika sudah mencapai titik puncak tersebut, bisa menyebabkan kekacauan dalam pekerjaan tersebut. Selain itu juga masalah pribadi yang dibawa dalam pekerjaan, itu juga akan menyebabkan pikiran kita tidak akan fokus untuk pekerjaan. Pertama yang saya akan lakukan adalah mencegah jangan sampai titik kebosanan saya mencapai puncak, dengan cara rileks sebentar dengan minum kopi/teh, mendengarkan lagu sebentar, atau cuci muka. Yang kedua, saya sesegera mungkin untuk menyelesaikan masalah pribadi(jika ada), tetapi ketika saya telah berada di perusahaan, saya harus fokus dengan pekerjaan dulu.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anita bahwa di perusahaan hal2 itu yang terpenting namun saya juga ingin menambahkan bahwa menyukaibpekerjaan yg kita sukai sangatlah berpengaruh

      Hapus
    4. Tambahan...

      Dengan kita menyukai apa yg kita kerjakan hal itu akan membuat kita semakin baik mengerjaakan pekerjaan kita sehingga akan menyebabkan hal- hal di ats tadi kita dapatkan dengan mudah

      Hapus
  5. saya memilih nomor 1, 2, 9, 10, dan 12.
    alasannya karena menurut saya dengan bekerja pada pekerjaan yang menarik untuk saya, saya dapat lebih berkonsentrasi dan juga menikmati pekerjaan yang saya lakukan, sehingga semua tugas yang diberikan dapat saya selesaikan dengan baik dan maksimal. selain itu dengan adanya atasan yang baik serta adanya aturan, prosedur dan juga kebijakan perusahaan yang tepat saya yakin dapat membuat saya puas dalam bekerja. dan ketika saya diberi kesempatan untuk mempelajari hal yang baru, saya akan merasa lebih dihargai karena memiliki kebebasan dalam menambah wawasan dan berkinerja lebih baik lagi, tentunya keamanan dan kepastian pekerjaan juga membuat saya merasa nyaman dan betah didalam suatu perusahaan dan dapat meningkatkan kinerja yang dulu menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang dikatakan oleh Maryani, bahwa atasan yang baik menurut saya adalah salah satu kunci utama seorang karyawan dapat bekerja secara nyaman, bisa berkreasi dan berinovasi, tanpa ada rasa takut untuk melakukan suatu pelanggaran atau kesalahan sehingga dapat karyawan tersebut dapat berkinerja secara maksimal. Karyawan juga perlu mendapatkan kesempatan - kesempatan untuk mempelajari hal - hal baru untuk menambah wawasan dan pengalaman, sebab pengalaman adalah kunci sukses dan cara untuk memperbaiki kesalahan dimasa lampau supaya kejadian yang buruk tidak terulang kembali di masa yang akan datang.
      Keamanan dan kepastian dari perusahaan pun juga amat penting bagi seluruh karyawan, apabila tidak ada jaminan keamanan dan kepastian pekerjaan maka karyawan akan timbul perasaan ragu dan khawatir, sehingga pada akhirnya menghambat perkembangan kinerja karyawan.

      Hapus
  6. Saya memilih nomor 1.3.7.8.10
    Menurut saya, ketika bekerja tentunya kita menyukai pekerjaan yang menarik, karena akan membangkitkan semangat dan motivasi dalam bekerja. Kemudian ketika pekerjaan kita diakui dan dihargai, tentunya kita akan merasa bahwa kita merupakan bagian dari perusahaan tersebut, sehingga kita pun akan menjadi loyal dan merasa mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan. Kondisi kerja yang baik juga mendukung kita untuk bertahan pada perusahaan tersebut. Dan ketika perusahaan memberikan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru,maka hal tersebut akan membuat kita berkinerja jauh lebih baik. Dimana kita mungkin akan diberikan pelatihan, sehingga kemampuan kita akan berkembang, dan tentunya karir kita akan meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa alasan yang saya setuju dengan saudai Felicia tetapi ada hal yang ingin saya tanyakan. saya ingin bertanya kondisi kerja yang baik itu seperti apa tolong berikan contohnya?
      terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih
      Menurut pendapat dan pandangan saya mengenai kondisi kerja baik yaitu dimana hal tersebut mencakup lingkungan kerja kita di perusahaan tersebut apakah nyaman atau tidak. Selain itu, kondisi perusahaannya seperti apa?
      jika sudah baik, maka tentunya kita yang bekerja pun akan merasa nyaman untuk bekerja.

      Hapus
    3. Kelas A

      Saya ingin menanggapi saudari Felicia tentang lingkungan yang nyaman. Kalau kita hanya berharap untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman dan berada di zona nyaman saja, maka kita akan menjadi karyawan yang manja. Menurut saya apapun kondisi yang ada kita harus tetap ambil keputusan untuk menciptakan suasana nyaman tersebut dari diri kita sendiri. Maka apapun segala kondisi yg ada tidak akan mengganggu kinerja kita.

      Hapus
    4. Saya ingin menanggapi pendapat saudari Fitria Mailinda, menurut saya lingkungan yang nyaman tidak bisa dikatakan membuat kita menjadi manja, karena bagaimana pun ketika kita bekerja kita membutuhkan kerjasama dengan karyawan yang lainnya. Jika karyawannya tidak bisa bekerja sama dengan kita, atau mereka lebih bekerja secara individu, maka tentunya hasil kerja yang di peroleh tentu kurang memuaskan. Untuk itulah lingkungan kerja yang nyaman termasuk karyawannya menjadi hal yang penting dalam bekerja.
      terima kasih

      Hapus
  7. Menurut saya yang terpenting dalam pekerjaan adalah
    1. Suatu pekerjaan yang menarik
    Saya akan merasa pekerjaan tersebut penting jika pekerjaan tersebut menarik dan sesuai minat dan kemampuan yang saya miliki, jika tidak sesuai maka menurut saya pekerjaan tersebut tidak seberapa penting.
    2. Seorang atasan yang baik
    Menurut saya jika seorang atasan memiliki jiwa dan kepribadian yang baik dan humble kepada bawahannya maka karyawannya akan merasa bahwa ia harus bisa mencapai target yang sudah ditentukan karena ingin membuat atasannya bangga
    3. Keamanan dan kepastian bekerja.
    Keamanan bekerja sistem di perusahaan telah aman terkendali dan adanya kepastian keamanan dari perusahaan tersebut bagi seluruh karyawannya. Sehingga para karyawan tidak perlu khawatir tentang kesalamatannya
    4. Tanggung Jawab dalam pekerjaan
    Menurut saya tanggung jawab sangat penting dalam sebuah pekerjaan, karena jika seorang karyawan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi maka pekerjaan perusahaan akan selesai dengan cepat dan tertib
    5. Kesempatan untuk maju
    Yang terakhir menurut saya adalah kesempatan untuk maju, dimana setiap karyawan berhak mendapatkan kesempatan untuk berkarir lebih baik, sehingga karyawan tersebut akan lebih giat untuk bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maxell.sanjaya MSDM2 kelas A
      Saya setuju dengan pendapat santo bahwa no 1,2,4,7,12 hal tersebut adalah yang penting dalam pekerjaan , yang terutama tentu saja mempunyai pekerjaan yang menarik dan memang di sanalah semangat kita dalam melakukan pekerjaan , yang selanjutnya ialah atasan yang baik , lalu kesempatan untuk maju ini penting karena seseorang pasti menginginksn progress dalam karirnya atau selalu ingin maju , selanjutnya ialah tanggung jawb pekerjaan juga penting karena sesorang senang jika diberi tanggung jawab karena denganbegitu ia akan merasa lebih dihargai , dan yang terakhir ialah keamanan dan kepastian dalam pekerjaan , hal ini saya anggap penting karena seseorang perlu kepastian dalam melakukan pekrjaannya sehingga ia merasa yakin atas apa yang ia kerjakan .

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya pada Saudara Santho,
      Menurut Saudara, kebijakan seperti apakah yang perlu diterapkan perusahaan berkaitan dengan keamanan dan kepastian pekerjaan? Supaya karyawan merasa teryakinkan dan mau bertahan dengan pekerjaannya.

      Terima Kasih^^

      Hapus
    3. Sebelumnya terima kasih
      saya ingin menjawab pertanyaan dari saudari Caroline,
      menurut saya kebijakan yang bisa diterapkan oleh perusahaan, sebagai contoh sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, perusahaan akan membuat kebijakan sebelum memulai pekerjaan harus menggunakan alat - alat keselamatan jadi sebelum memulai pekerjaan para pegawai bisa mengambil alat - alat keselamatan di tempat masing - masing. selain itu juga perusahaan juga bisa membuat kebijakan bahwa para pekerja dilarang untuk membawa benda tajam ke kantor sehingga keamanan dan kepastian pekerjaan bisa terjaga.

      terima kasih

      Hapus
  8. saya akan memilih no 2,3,4 10 dan 11
    no 2. seorang atasan yang baik akan menujang karir kerja kita di perusahaan karena atasan akan berlaku adil dalam memperlakukan karyawan.
    no 3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. dengan adanya penngakuan atas kinerja saya telah lakukan. saya merasa dihargai oleh perusahaan, sehingga memberikan semangat lebih dalam menyelesaikan tugas-tugas perusahaan dan menerima tantangan lain yang di berikan perusahaan.
    no 4.kesempatan untuk maju. karena dengan adanya kesempatan untuk maju dalam karir maka saya sebagai karyawan tidak akan bosan mengerjakan perkerjaan yang sama secara terus-menerus karena masih ada pekerjaan lain yang membuat saya bersemangat untuk dilakukan, kerena masih adanya peluang untuk berkembang didalam perusahaan.
    no 10. kesempatan untuk mempelajari hal baru, dengan adanya kesempatan ini membuat saya sebagai keryawan dapat mengenal hal-hal lain dalam pekerjaan yang saya lakukan dengan menerima tantangan menyelesaikan tugas yang belum pernah saya kerjakan.
    no 11 Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil. hal ini akan memberikan rasa senang tersendiri atas keberhasilan diri dalam menyelesaikan tugas yang dikerjakan. sehinggan saya sebagai karyawan akan lebih bersemangat lagi dalam berkerja.

    BalasHapus
  9. Dari 12 pilihan saya memilih 5 hal yang berpengaruh bagi kinerja saya yaitu :
    - 2) seorang atasan yang baik » seorang atasan yang baik akan membuat karyawan (saya) akan merasa betah dan tidak merasa tertekan setiap melakukan pekerjaan
    - 4) kesempatan untuk maju » dalam bekerja saya juga menginginkan hak untuk mengembangkan prestasi dalam perusahaan terutama demi kepentingan hidup saya sendiri contohnya diberi kesempatan untuk bisa memperoleh jabatan atau pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.
    - 8) Kondisi kerja yang baik » kondisi sangat mempengaruhi kinerja pada karyawan (saya) jika kondisi suatu perusahaan tidak baik hal tersebut akan membuat karyawan menjadi mudah stres, tidak dapat memliki ide berkembang, tidak mampu berkreatif dan berinovatif dengan baik. Lingkungan atau kondisi yang nyaman dan menyenangkan lah yang sangat dibutuhkan oleh para karyawan.
    - 10) kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru » dalam suatu pekerjaan tiap karyawan (saya) diberikan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru karena semakin berkembangnya jaman dan teknologi yang semakin canggih saya pun harus bisa mengetuhi banyak hal dan mampu berinovatif agar saya tidak ketinggalan jaman
    - 12) keamanan atau kepastian pekerjaan » keinginan akan rasa aman sangat dibutuhkan oleh semua karyawan, perusahaan yang bisa memberikan keamanan kepada para karyawan akan membuat karyawan (saya) merasa aman dan tidak frustasi untuk memikirkan hal-hal yang mengkhawatirkan bagi keselamatan saya contohnya dalam hal kepastian pekerjaan. Karena karyawan (saya) jika merasa terancam dan frustasi memikirkan pekerjaan hal tersebut dapat mengganggu kinerja dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya pada Saudari Dwima,pada poin seorang atasan yang baik,apabila Saya telah terlanjur bergabung dalam suatu perusahaan kemudian ternyata atasan Saya adalah seorang pemarah dan suka memerintah Saya tidak terkait dengan pekerjaan Saya,maka apakah Saya harus berkinerja tidak baik ? Tolong berikan alasannya,Terima Kasih.

      Hapus
    2. NOVIA KELAS C : Saya sependapat dengan saudari dwima 5 poin di atas yang pertama yaitu
      1. mengenai seorang atasan yang baik, karyawan pasti akan memilih seorang atasan yang baik karena itu mendorong kita untuk berkinerja dengan baik dalam suatu perusahaan. kesempatan untuk maju seseorang tidak mungkin dibatasi untuk berhenti pada pekerjaan yang dibawah saja, mereka ingin mengembangkan prestasi mereka sehingga pekerjaan nya bisa naik dan memiliki jabatan yang lebih tinggi daripada sebelumnya. dan kondisi kerja yang baik akan mempengaruhi aktifitas pekerjaan kita selama di perusahaan sehingga kita merasa nyaman dengan perusahaan kita dan tidak keluar.

      Hapus
    3. • untuk saudari Devi :
      menurut saya dalam suatu perusahaan kita tidak akan selalu menemukan orang yang sesuai dengan keinginan kita terutama atasan kita. Memang sikap atasan sangat menjadi alasan utama untuk karyawan (Saya) merasa betah atau tidaknya dalam perusahaan, namun sikap dari atasan tidak menjadi pengaruh atau alasan utama bagi saya untuk tidak bikinerja dengan baik. Karena dalam suatu perusahaan masing-masing orang terutama atasan juga memiliki job desct nya sendiri. Menuruti atau melaksanakan perintah atasan diluar job desct buat saya tidak masalah untuk dilakukan (contoh : membelikan makan siang saat jam makan siang) saya merasa tidak keberatan selama tidak menggangu pekerjaan utama saya. Jika menemukan seorang atasaan yang pemarah itu sangat wajar karena seorang atasan selalu merasa memiliki jabatan yang wajib untuk dihormati, selama tidak membuat banyak karyawan dan saya tertekan tidak masalah selama saya juga dapat memberikan hasil yang terbaik pada pekerjaan saya dan saya masih merasa nyaman didalamnya.

      Hapus
  10. Bagi saya yang sangat berpengaruh untuk dapat berkinerja dengan baik adalah nomer 1, 3, 4, 8 dan 9. Penjelasan :
    1. Suatu pekerjaan yang menarik, mendorong saya untuk lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan tersebut karena ketika menyukai pekerjaannya pasti bekerja dengan baik.
    3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan, hal ini dapat disebut sebagai reward yang mana berkaitan dengan pencapaian / prestasi dalam pekerjaan yang sesuai atau bahkan melebihi dari target serta memiliki kinerja yang lebih baik dari anggota sesama team.
    4. Kesempatan untuk maju, hal ini dapat disebut dengan pengembangan karier.
    8. Kondisi kerja yang baik, berpengaruh terhadap cara berkinerja yang membuat lebih maksimal.
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat, bekerja di perusahaan yang jelas membuat lebih terarah dalam menjalankan tugas job description yang dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rosenda-kelas C

      Saya setuju dengan pendapat ros indah, yang berpengaruh untuk dapat berkinerja dengan baik adalah nomor 1,3,4,8 dan 9 :

      1. Suatu pekerjaan yang baik : dengan pekerjaan baik akan mendorong untuk berkinerja dengan baik karena saya telah menyukai pekerjaan saya.
      3. Pengakuan dan penghargaan untuk kinerja yang telah saya lakukan : dengan pengakuan dan penghargaan yang diberikan perusahaan atas kinerja saya, itu akan memacu saya dalam berkinerja lebih baik lagi.
      4. Kesempatan untuk maju : dengan adanya kesempatan untuk maju, hal itu yang mendorong saya untuk meraih kesempatan itu dan lebih maju di dalam perusahaan.
      8. Kondisi kerja yang baik : kondisi kerja yang baik sangat berpengaruh karena jika kondisi kerja baik, saya dapat melakukan pekerjaan dengan baik.
      9. Aturan, peraturan, prosedur dan kebijakan perusahaan yang tepat : dengan aturan, prosedur dan kebijakan yang jelas itu semua akan berpengaruh terhadap kinerja supaya lebih terarah.

      Hapus
    2. Saya sangat setuju terhadap pendapat Ros Indah yang sangat berpengaruh untuk dapat bekerja
      dengan baik adalah nomer 1,3,4,8,9 :
      1. Suatu pekerjaan yang menarik : perkerjaan yang menarik dapat menjadi tantangan tersendiri untuk menarik minat saya.
      3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan : karena apa hasil kerja yang saya lakukan dapat diakui, serta di berikan penghargaan yang seimbang atas apa yang saya kerjakan.
      4. Kesempatan untuk maju : yang saya butuhkan untuk mengembangkan karir saya ke jenjang yang lebih tinggi.
      8. Kondisi kerja yang baik : agar kinerja lebih maksimal.
      9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat : sehingga adanya kejelasan tentang aturan, peraturan, prosedur kinerja yang benar

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat Ros indah dalam bekerja dengan baik adalah :
      1. pekerjaan yang menarik : pekerjaan yang menarik dapat membuat saya menjadi lebih bersemangat dalam bekerja.
      3. pengakuan dan penghargaan : saya merasa dengan mendapat penghargaan dan pengakuan berarti apa yang saya kerjakan sudah terbayar dan berbuah hasil yangbaik.
      4. kesempatan yang maju : dengan adanya kesempatan maka saya terpacu untuk lebih mengembangkan keahlian yang saya miliki.
      8. kondisi kerja yang baik : kondisi kerja sangat berpengaruh pada kinerja dalam bekerja.
      9. aturan, peraturan dan prosedur : dengan adanya aturan, peraturan dan prosedur maka dapat memacu kita supaya lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan.

      Hapus
  11. Saya akan memilih 2,3,4,9,10. Alasannya:
    2. Seorang atasan yang baik. Dengan adanya atasan yang baik, suasana bekerja akan menjadi lebih nyaman tanpa adanya tekanan sehingga apa yang dihasilkan menjadi lebih baik.
    3. Pengakuan dan penghargaan untuk yang saya kerjakan. Pengakuan dan penghargaan sangatlah penting karena karyawan akan merasa dihargai oleh perusahaan atas kinerjanya. Hal ini juga dapat menjadi motivasi kayawan untuk terus menghasilkan output yang baik karena ditunjang penghargaan tersebut.
    4. Kesempatan untuk maju. Setiap karyawan dalam sebuah organisasi pastinya mempunyai keinginan untuk maju dan berkembang. Dengan berkembang, karyawan dapat mengasah kemampuannya lebih luas lagi.
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat. Menurut saya, perusahaan yang memegang teguh pada peraturan dan kebijakan yang sudah ditentukan dari awal berdiri merupakan perusahaan yang baik. Berarti dengan kata lain perusahaan tersebut memiliki jati diri yang baik yang mana dapat dijadikan contoh oleh karyawannya dalam organisasi tersebut.
    10. Kesempatan untuk mempelajari hal baru. Terbukanya kesempatan untuk mempelajari hal baru sangat penting karena dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan karyawan itu. Sehingga mampu melakukan inovasi-inovasi lain yang jauh lebih menarik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Yosephine,
      Perusahaan memang biasanya membuat aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan yang tepat agar pekerjaan karyawan lebih terarah. Namun terkadang bila perusahaan terlalu memegang teguh pada peraturan dan kebijakan yang ditentukan, karyawan bisa merasa terkekang dan tidak bebas, atau bahkan stress yang dapat menurunkan kinerjanya.

      Bagaimana menurut saudara? Bila saudara dihadapkan pada situasi tersebut apakah saudara jadi memilih untuk keluar dari pekerjaan Anda?

      Terima Kasih^^

      Hapus
    2. saya kelas c nrp 3103011181

      mau nemnanggapi pernyaat saudari indahm bagaimana bila perusahaan atau atan itu tidak memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki potensi tetapi yan sering terjadi perusahhan itu sering memarahi karyawannya bila melanggar, bagaimana menurut anda?

      Hapus
    3. Terima kasih atas pertanyaan saudari Caroline,
      Menurut pendapat saya, peraturan yang dipegang teguh pasti sudah dibuat dan dijalankan sejak lama bukan 1 atau 2 tahun. Sebelum calon karyawan akan melamar sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang dianut oleh perusahaan yang akan dituju. Jika memang tertarik dan tidak bermasalah dengan aturan yang berlaku pasti tidak akan merasa terkekang. Sebagai contoh, perusahaan Jepang sangat memperhatikan kedisiplinan dan ketepatan waktu. Maka calon karyawan harus memikirkan terlebih dahulu apakah dia mampu mengikuti peraturan tersebut jika tidak akan lebih bijaksana untuk memilih pekerjaan yang lain yang sesuai dengan pribadi masing-masing.

      Hapus
  12. Saya memilih no 1, 8, 10, 11, 12. Karena suatu pekerjaan yang menarik akan membuat karyawan merasa tertantang untuk menyelesaikan tugas tersebut dan kondisi kerja yang nyaman membuat Karyawan merasa betah untuk tinggal dalam organisasi dan menyelesaikan tugasnya.
    Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru : Sangat berpengaruh untuk dpt berkinerja lebih baik karena Karyawan dapat memperoleh pengetahuan atau keterampilan dgn mempelajari hal baru tersebut sehingga karyawan mampu menjadi karyawan yang lebih kreatif dan mengembangkan produktivitas Perusahaan.
    Pekerjaan yang dilakukan berhasil : Akan membuat Karyawan merasa bangga dan dapat meningkatkan semangat kerja, karena Karyawan menyadari bahwa kerja keras dan kontribusi mereka dalam perusahaaan ternyata berhasil dan dihargai oleh Perusahaan.
    Keamanan dan Kepastian pekerjaan : Bahwa suatu Perusahaan mampu menjamin keamanan dalam lingkungan kerja sehingga tidak terjadi kecelakaan kerja dan kepastian bahwa karyawan memiliki posisi yang penting dalam suatu organisasi dan sessuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

    Indahwati-3103011003

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan di poin terakhir, dengan adanya keamanan dan kepastian dalam pekerjaan akan membuat karyawan tidak perlu merasa takut untuk berada dalam organisasi dan Karyawan mempunyai pekerjaan tetap/bagian dari organisasi tersebut.

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya kepada saudari Indah
      Apakah dengan keamanan dan kepastian pekerjaan, seorang karyawan dapat bertahan dan setau saya tidak semua perusahaan bisa menjamin 100% keamanan dan kepastian pekerjaan karyawannya?

      Hapus
  13. saya memilih nomor 1,4,7,10 dan 11
    Suatu pekerjaan yang menarik, akan membuat saya betah dan bisa bertahan lama disuatu perushaan karena saya senang melakukan pekerjaan tersebut.

    Kesempatan untuk maju, itu adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan karir atau bisa disebut ambisi dari setiap orang untuk memiliki karir yang lebih baik dari sebelumnya.

    Tanggung jawab dalam pekerjaan, dalam hal tanggung jawab tidak hanya kita lakukan dalam pekerjaan sehingga jika kita sudah terbiasa bertanggung jawab dalam pekerjaan maka kehidupan sehari-haripun akan lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab dan kemampuan kita untuk memberi jawaban mengenai bagaimana dan berapa lama waktu yang kita perlu kan untuk menempuh suatu pekerjaan. Tidak ada pekerjaan di dunia ini yang mau membiarkan dan melepaskan kita dari tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab pekerjaan yang kita kerjakan selama ini. Dan jika kita senantiasa melakukan pekerjaan kita dengan dua hal tadi maka kita akan merasa puas, senang dan berhasil, sehingga kita bisa hidup lebih tenang dan nyaman untuk kedepan nya.

    Kesempatan untuk mempelajari hal baru,banyak hal yang tidak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari selain kesempatan yang ada didalam pekerjaan sehingga kesempatan yang baru merupakan faktor penting untuk menambah pengalaman pribadi mempelajari banyak hal baru didalam pekerjaan.

    Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil, merupakan tujuan atau tingkat kepuasan dari dalam diri sendiri jika dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan berhasil.

    BalasHapus
  14. menurut saya 5 hal yang berpengaruh untuk dapat berkinerja lebih baik adalah :
    1. suatu pekerjaan yang menarik : apabila melakukan pekerjaan yang menarik, karyawan akan melakukan pekerjaan tersesbut tanpa beban. pekerjaan yang dilakukan dengan hati senang tentu hasilnya akan lebih baik.
    2. pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan : dengan adanya pengakuan dan pengharggan untuk kerja yang dilakukan, karyawan akan semakin termotivasi untuk memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan .
    3. aturan, peraturan, prosedur , dan kebijakan perusahaan yang tepat : semua perusahaan mempunyai aturan, prosesur, dan kebijakan yang berbeda-beda. karyawan akan memberikan kontribusi yang maksimal pada perusahaan apabila aturan, prosedur dan kebijakan tersebut berlaku sewajarnya dan tidak merugikan kedua belah pihak.
    4. kesempatan untuk maju : dengan adanya kesempatan untuk maju, tentu karyawan akan termotivasi untuk berkinerja dengan maksimal untuk mendapatkan karir yang lebih baik.
    5. kondisi kerja yang baik : kondisi kerja yang baik dapat membuat karyawan bekerja dengan perasaan yang senang dan tanpa beban. hal ini dapat berpengaruh terhadap pekerjaan yang dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara edward, di pendahuluan di tulis bahwa "Pilihlah 5 dari 12 hal di bawah ini yang akan sangat berpengaruh bagi Saudara untuk dapat berkinerja lebih baik jika sudah bekerja. Berikan penjelasan mengapa Saudara memilih kelima hal tersebut. " yang diminta adalah anda sendiri

      dari yang saya tangkap dari komentar anda, anda selalu menuliskan seakan-akan hanya untuk karyawan( orang lain ) bukan diri anda sendiri, apakah pernyataan saya benar?

      Hapus
  15. Saya memilih 1, 4, 7, 8, 10 karena pekerjaan yang menarik akan membuat seorang tertantang untuk melakukan pekerjaannya dan juga akan lebih bersemangat dalam melakukan kegiatannya. Kesempatan untuk maju membuat seseorang akan lebih senang untuk bertahan di suatu pekerjaan karena diberikan kesempatan lebih untuk berkembang. Di balik semau itu memang harus di barengi dengan tanggung jawab dalam pekerjaan dan kondisi kinerja yang baik. Karena jika tanggung jawab dalam suatu pekerjaan dilakukan sendirian tanpa didukung dengan kondisi kerja yang baik akan sulit tercapai. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru sangatlah penting. Karena hal tersebut akan membuat kita lepas dari kejenuhan dalam melakukan pekerjaan.

    BalasHapus
  16. Menurut saya, 5 hal tersebut adalah no :
    2. Seorang atasan yang baik , karena itu akan membuat nyaman saya ketika saya dalam berkomunikasi maupun bekerja sama dengan atasan saya.
    3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan , karena saya akan merasa di hargai dengan penghargaan tersebut dan saya akan termotivasi untuk mengembangkan kinerja saya agar menerima penghargaan lainnya
    4.Kesempatan untuk maju, karena hal ini dapat membuat diri seseorang berkembang karena adanya kesempatan mempelajari hal-hal baru
    9. Aturan, peraturan , prosedur dan kebijakan perusahaan yg tepat karena dengan aturan/ kebijakan perusahaan yg tepat maka seorang karyawan akan merasa betah dan tidak tertekan dengan aturan tersebut
    12. Keamanan atau kepastian pekerjaan , karena tidak dipungkiri bahwa setiap diri masing-masing menginginkan keamanan dalam suatu pekerjaan dan kepastian pekerjaan agar betah dalam perusahaan dan dapat bekerja dengan baik.

    Deviani kelas D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3,6,8,11,12
      -Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan : Alasan saya memilih pekerjaan untuk mendapatkan Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan saya tidak munafik untuk hal ini ketika mendapatkan pengakuan maka akan merasa dihormati dan diakui kedudukan saat bekerja di perusahaan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan juga sangat berpengaruh karena jika kita bekerja dengan baik dan memperoleh penghargaan maka akan memacu semangat untuk bekerja lebih baik lagi,dan merasa dihargai.
      -Pekerjaan bergengsi atau status : tidak bisa dipungkiri jika mendapatkan Pekerjaan bergengsi atau status yang baik akan membuat kita secara tidak langsung menjadi bangga dengan pekerjaan yang saya kerjakan ,hal ini dapat memacu untuk semangat bekerja lebih baik lagi,karena dengan adanya Pekerjaan bergengsi atau status maka kita akan menjaga kinerja kerja kita tetap baik untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan setatus tersebut agar tidak digantikan orang lain.
      - Kondisi kerja yang baik :gaji tinggi,mendapatkan penghargaan,keamanan yang baik semua hal itu tidak akan berguna jika kondisi kerja yang tidak baik untuk menunjang keberhasilan di suatu perusahaan dengan adanya kondisi yang baik seperti teman teman sekantor yang baik maka akan membuat kita terpacu untuk bekerja lebih baik lagi.
      - Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil : buat apa jika fasilitas yang baik mendapatkan pekerjaan yang bergengsi tetapi Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil karena hal ini cukup sensitif di tingkatan karir jika Pekerjaan yang saya lakukan dengan tidak berhasil maka akan membuat down dan akan menjadi masalah tersendiri seperti turunya jabatan karena pekerjaan yang saya lakukan tidak berhasil dalam jangka waktu terus menerus.
      -Keamanan atau kepastian pekerjaan : dalam bekerja kita harus mendapatkan Keamanan atau kepastian pekerjaan hal ini sangatlah penting untuk kita bekerja lebih baik karena adanya jaminan dari perusahaan ,jika kita merasa mendapatkan keamanan maka kita akan bekerja dengan baik tidak memfikirkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dalam bekerja dan hal ini di jamin oleh perusahaan bekerja akan tenang.

      edwin_c

      Hapus
  17. saya lebih memilih no 11 yaitu : pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil karena melakukan pekerjaan itu dapat memberikan kebahagiaan dalam hidup. saya melakukan semua pekerjaan dengan baik akan menimbulkan reaksi yang positif ke depannya seperti : kerja menjadi semakin bersemangat, selalu ingin berusaha menjadi nomor satu di perusahaan agar mendapatkan kenaikan pangkat atau gaji dan lain sebagainya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa yang anda pilih hanya no 11 saja ?dari di antara 12 pilihan

      Hapus
    2. saya ingin bertanya kepada saudara ivan, apakah no 9 dan 12 tidak penting bagi anda? bukankah sangat baik jika sebuah perusahaan memiliki Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat? dan sangat penting juga jika perusahaan memiliki keamanan atau kepastian kerja? apakah anda mau jika anda bekerja namun perusahaan anda tidak memberi sebuah jaminan kepastian atau keamanan kerja sehingga anda bekerja pun seperti terombang ambing tidak jelas?

      Hapus
    3. @ edwin : sebelumnya saya sudah mencantumkan keempat alasan lain di bawah komentar saya ini

      @ gracia : untuk no 9, saya orang dengan tipe tidak terlalu suka dengan aturan atau tata tertib. namun apabila aturan itu bisa dipahami dan dimengerti akan lebih baik jika menggunakannya (aturan) maka saya akan menaati peraturan yang ada. sedangkan untuk no 12, kepastian dan keamanan kerja dipastikan sendiri oleh individu yang bersangkutan. jadi apabila kinerja individu itu baik maka dia tidak perlu kawatir dengan jaminan kepastian dan keamanan kerja. terima kasih ^^

      Hapus
  18. selain itu no. 1, 4, 5, dan 10. ke empat alasan itu merupakan alasan tambahan yang membuat saya berkinerja lebih baik setelah bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanyakan kepada saudara ivan, dari poin" di atas, anda hanya menjelaskan 1 saja dari 5 pernyataan yang anda pilih, apakah anda bisa menyebtukan apa saja alasan-alasan dari poin-poin yang anda belum sebutkan ?

      sekian dan terimakasih

      Hapus
    2. sepertinya saya tidak perlu menyebutkan keempat alasan yang lain. karena kalau anda simak baik-baik jawaban saya di point nomor 1, maka anda pasti bisa melihat kenapa saya menuliskan keempat alasan yang lain.

      Hapus
  19. Menurut saya adalah no 2 , 3 , 4 , 11 , 12

    2. Seorang atasan yang baik ; karena menurut saya hasil pekerjaan saya akan dipengaruhi oleh atmosfer seprti ini. Jika saya memiliki atasan yang baik maka saya akan merasa betah dan nyaman dalam bekerja.

    3. Pengakuan dan penghargaan kerja yang saya lakukan ; Dengan adanya penghargaan dan pengakuan terhadap kinerja saya , maka saya akan bekerja lebih semangat serta ada kepuasan dan kebanggan tersendiri dalam diri saya.

    4. Kesempatan untuk maju ; Dengan adanya kesempatan untuk maju saya merasa karier saya dalam perusahaan tidak akan stuck dan biasa-biasa saja namun akan dinamis sehingga saya akan selalu termotivasi untuk terus berprestasi..

    11. Pekerjaan yang saya lakukan berhasil ; Dengan pekerjaan yang berhasil maka, saya akan merasa saya bukan beban bagi perusahaan namun saya merasa bahwa perusahaan membutuhkan saya sehingga kita dapat maju dan berkembang bersama.

    12. Keamanan atau kepastian pekerjaan ; Dengan adanya keamanan maka saya akan merasa aman dan tenang dalam melakukan pekerjaan yang saya lakukan dan untuk kepastian pekerjaan akan membuat saya merasa aman akan masa depan, karier dan hari tua saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Ingin menambahkan juga dari komentar saudari Novita.

      Dari 12 pilihan ini saya memilih 1, 3 , 8 , 10 , 12 karena :

      Suatu pekerjaan yang menarik

      pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan saya akan membuat saya betah dan bisa bertahan lama disuatu perushaan karena saya senang melakukan pekerjaan tersebut. Serta pekerjaan yang membuat saya merasa tertantang akan membuat saya lebih kreatif lagi dalam melakukan pekerjaan tersebut.

      Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan

      Adanya pengakuan dan penghargaan dari perusahaan untuk kerja saya lakukan, saya akan semakin termotivasi untuk memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan tersebut. Saya juga akan mengembangkan kinerja saya agar dapat menerima penghargaan lainnya.

      Kondisi kerja yang baik

      Kondisi Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kinerja saya. Apabila lingkungan buruk maka saya akan stress dan sulit menyelesaikan tugas kerja saya. Sehingga saya membutuhkan lingkungan kerja yang baik agar saya nyaman dalam bekerja dan lebih meningkatkan kinerja kerja saya untuk perusahaan tersebut.

      Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru

      Dengan adanya kesempatan ini maka saya akan mempelajari hal-hal baru yang belum pernah saya pelajari sebelumnya sehingga saya bisa mengembangkan diri (pengetahuan dan ketrampilan saya secara tidak langsung) dan dapat berprestasi dalam perusahaan.

      Keamanan atau kepastian pekerjaan

      Semua karyawan pasti ingin keamanan dan kepastian dalam bekerja di perusahaan misalnya saja karyawan atau saya ingin mendapatkan gaji tetap, ingin menjadi pegawai tetap diperusahaan serta pasti ingin diberikan keselamatan kerja apabila terjadi kecelakaan kerja. Dengan begitu maka saya akan tenang dalam bekerja dan selalu memberikan kontribusi yang maksimal kepada perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya pada Saudari Desy pada poin tentang kondisi kerja yang baik,bagaimana apabila dalam perusahaan karyawan memiliki keahlian dan sikap mental yang baik namun memiliki lingkungan kerja yang tidak baik,apakah karyawan tersebut dapat tetap berkinerja lebih baik? Tolong berikan alasannya.Terima kasih

      Hapus
    3. Sebelumnya Terima kasih untuk pertanyaan saudari devi. Menurut saya apabila seorang karyawan itu memiliki keahlian baik dan mental yang baik tetapi lingkungan kerja tidak mendukung. Pertama-tama apabila saya menjadi karyawan tersebut saya akan berusaha keras untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Apabila semakin lama lingkungan tersebut tidak bisa diatasi maka semakin lama mental seorang karyawan down (merasa lingkungan kerja tidak menghargai dia) dan mungkin saja karyawan bisa meninggalkan perusahaan tersebut. Karena Lingkungan kerja itu sendiri sangat mempengaruhi tingkat kinerja dan mental karyawan

      Hapus
  20. Saya memilih no. 1, 3, 4, 7, 9
    alasannya:
    1. Suatu pekerjaan yang menarik.
    Karena dengan pekerjaan yang menarik, saya merasa lebih nyaman ketimbang dengan pekerjaan yang biasa-biasa saja. Saya merasa lebih senang melakukannya dan membangjitkan semangat.

    3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan.
    Dengan adanya kedua hal itu, membuat saya merasa bahwa kehadiran saya di perusahaan tersebut memberikan arti dan manfaat tersendiri, bukan sebagai “robot”. Saya merasa termotivasi dengan adanya kedua hal tersebut.

    4. Kesempatan untuk maju.
    Karena dengan adanya kesempatan tersebut dapat membuat saya lebih berkembang sehingga dapat meningkatkan kinerja saya.

    7. Tanggungjawab pekerjaan.
    Apapun yang saya lakukan, baik di dalam maupun di luar pekerjaan, hendaknya saya lakukan secara bertanggung jawab. Karena dengan rasa tanggungjawab yang tinggi akan membuat saya lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan sehingga apa yang saya lakukan menghasilkan sebuah pekerjaan yang maksimal.

    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat.
    Dengan perusahaan memiliki keempat hal tersebut, membuat saya menjadi lebih nyaman, tidak takut untuk merasa dirugikan, sehingga saya lebih betah bekerja di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SYANDI 3103011260
      Saya ingin bertanya...
      Menurut anda,peraturan dan kebijakan perusahaan yang bagaimana yang anda rasa tepat?berikan contohnya.Karena peraturan dan kebijakan itu lebih sering berpihak pada perusahaan dan merugikan karyawan,lalu bagaimana jika anda bekerja di perusahaan seperti itu?apa yang akan anda lakukan?
      Terima kasih...

      Hapus
    2. terimakasih atas pertanyaan saudari Syandi ^^

      Hapus
    3. saya mencoba untuk menjawab pertanyaan pertama terlebih dahulu.
      saya mengambil contoh PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. ("INDOCEMENT")
      menurut saya, perusahaan yang memiliki peraturan dan kebijakan yang tepat yaitu yang beradasarkan etika kerja yang baik.
      dengan memperhatikan hal-hal berikut:
      1) hubungan dengan sesama karyawan dan atasan
      a. karyawan menghargai sesama karyawan dan atasan dengan sikap yang senantiasa sopan. perusahaan tidak akan memberikan toleransi atas diskriminasi apapun berdasarkan jenis kelamin, agama, kelompok etsnis, ras, budaya, bahasa, ketidakmampuan fisik maupun pangkat atau tingkatan.
      b. karyawan bertanggung jawab untuk memberikan jasa dan bantuan kepada
      sesama karyawan berdasarkan cara yang profesional.
      c. perbedaan pendapat dan pemikiran perlu dibicarakan secara sopan dan profesional, tanpa adanya kekerasan fisik, gangguan atau ancaman terhadap sesama karyawan dan atasan.
      d. atasan memberi kesempatan yang sama terhadap pengembangan karir semua bawahannya.
      2) penggunaan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi
      perusahaan menyediakan aset-aset seperti fasilitas, peralatan atau kendaraan agar karyawan dapat melakukan tanggungjawab dan tugas-tugasnya. karyawan tidak diperkenankan menggunakan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi. penggunaan aset-aset khusus sep[erti kendaraan operasional, telepon dan komputer untuk kepentingan pribadi diatur dalam pedoman terpisah.
      3) keluhan kerja
      keluhan kerja merupakan ungkapan ataupun ketidakpuasan dengan kondisi kerja, perlakuan, standar keselamatan dan keamanan, pengawasan atau hubungan antar pribadi yang membuat situasi kerjanya tidak menyenangkan. penyampaian keluhan kerja harus melalui jalur-jalur yang tepat sebagaimana diuraikan dalam PKB untuk non staf dan PTSMI untuk staf.
      4) pelecehan seksual
      semua karyawan mempunyai hak untuk bekerja dalam lingkungan yang bebas dari diskriminasi apapun, termasuk pelecehan seksual. perusahaan melarang karyawan terlibat dalam pelecehan seksual terhadap sesama karyawan di tempat kerja. selain itu, perusahaan tidak akan memberikan toleransi atas pelecehan seksual terhadap karyawan oleh karyawan lain ataupun non karyawan seperti pelanggan atau rekanan perusahaan, atau terhadap non karyawan oleh karyawan Perusahaan. Karyawan yang merasa menjadi korban pelecehan seksual dapat melaporkan kejadian tersebut, segera kepada atasan atau manajernya atau Department Head Personalia di setiap unit operasional atau Corporate Human Resources Division Manager di kantor pusat, tanpa kekhawatiran akan dampak negatif.
      5) berbicara di depan publik dan permintaan informasi
      Sebagai karyawan, kemungkinan akan ada permintaan untuk berbicara di depan publik atau wawancara oleh media atau permintaan-permintaan informasi yang berhubungan dengan operasional dan usaha perusahaan, melalui surat atau telpon dari pihak lain. Bila hal tersebut terjadi, maka kebijakan perusahaan adalah sebagai berikut :
      a. Perusahaan telah menunjuk divisi khusus untuk berkomunikasi dan mengeluarkan informasi perusahaan maupun karyawan khusus untuk bertindak sebagai juru bicara Perusahaan. Karyawan diminta untuk melakukan klarifikasi dan konfirmasi sebelum mengeluarkan informasi apapun, karena masyarakat, media ataupun pihak lain dapat menganggap opini pribadi karyawan adalah sebagai sikap Perusahaan.
      b. Karyawan dilarang untuk mengeluarkan informasi atau dokumen perusahaan tanpa persetujuan yang diperlukan dari atasan dan departemen terkait.

      Hapus
    4. tambahan dari jawaban saya

      6) keselamatan dan keamanan
      manajemen dan karyawan diminta menciptakan suasana tempat kerja yang aman. tugas karyawan adalah mencegah terjadinya kasus kecelakaan dan keamanan dalam bentuk apapun di semua fasilitas perusahaan. kasus kecelakaan dan keamanan tidak saja dapat melukai karyawan dan berakibat hilangnya citra, aset dan karyawan perusahaan, tetapi juga dapat menjatuhkan moral karyawan. untuk itu, perusahaan mempunyai perhatian besar terhadap masalah keselamatan dan keamanan. perusahaan mengharapkan karyawan mempunyai perhatian besar dan meningkatkan pengetahuan keselamatan dan keamanan.
      7) tempat kerja bebas narkoba dan miras
      perusahaan mengharuskan karyawan datang ke tempat kerja dalam keadaan fit dan sehat, oleh karena itu, perusahaan melarang penggunaan narkoba dan minuman keras yang dapat mempengaruhi kompetensi dan kinerja karyawan, dan berdampak pada perusahaan dalam hal moral, produktifitas, keselamatan, kesehatan dan konsentrasi kerja.
      8) karyawan dalam masa percobaan tetap berhak mendapat gaji penuh alias 100%. perusahaan boleh saja menetapkan gaji dalam masa percobaan sebesar 80%, asalkan sebelumnya ada kesepakatan secara tertulis dari karyawan yang bersangkutan. namun, jika tidak setuju, karyawan berhak menolak ketentuan tersebut sebelum menandatangani perjanjian.
      9) sesuai peraturan UU, masa percobaan tidak berlaku alias tidak bisa diterapkan pada karyawan kontrak. alasannya, masa percobaan kerja merupakan masa penilaian performa bagi karyawan baru untuk menentukan apakah dia layak diangkat menjadi karyawan tetap atau disingkirkan. maksimal masa percobaan kerja adalah 3 bulan dan ada persetujuan dari kedua pihak secara tertulis.
      Lalu untuk pertanyaan kedua. sebelumnya, memang tidak dipungkiri, semua perusahaan pasti memiliki peraturan dan kebijakan yang berpihak kepada perusahaan itu sendiri karena hal tersebut adalah tujuan perusahaan. kalaupun ada yang memberikan kebijakan yang tepat bagi karyawan pun menurut saya hal tersebut bukan semata-mata berpihak kepada karyawan, melainkan memberikan peraturan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan visi misi perusahaan.
      apabila saya bekerja di perusahaan yang Anda maksudkan, saya akan tinjau ulang sebelum saya terlanjur bekerja terlalu lama di perusahaan tersebut tentunya dengan prosedur yang berlaku di perusahaan mengenai jangka waktu kirja, jika memang tidak sesuai dengan peraturan yang seharusnya ada, maka saya akan keluar dari perusahaan tersebut.
      Terimakasih.. ^^

      Hapus
  21. saya memilih no 1,3,4,7,12.. alasannya karena dengan suatu pekerjaan yang menarik akan membuat saya nyaman dan senang dengan pekerjaan yang saya jalani yang akhirnya memberikan kontribusi yang baik bagi pekerjaan saya , apalagi jika ditambah dengan perusahaan memberikan kesempatan untuk maju serta didukung dengan dengan adanya pengakuan dan penghargaan atas kinerja yang telah saya lakukan, sehingga memotivasi saya untuk memberi kontribusi yang sangat baik bagi tempat kerja saya, dan akhirnya membuat diri saya bertanggung jawab dalam pekerjaan saya untuk memberikan kontribus yang berupa keuntung atau laba bagi perusahaan, serta dengan adanya keamanan dan kepastian kerja akan membuat saya merasa lebih nyaman serta memiliki rasa aman untuk bekerja, seperti contohnya ada jaminan asuransi, dan lain-lain... (cynthia-3103011108-kelasD)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menanggapi komentar saudari cynthia, misalnya kalau pekerjaan itu tidak menarik apa bisa kita sebagai karyawan minta pekerjaan menarik? jika pengakuan/penghargaan hanya rekayasa bisa membuat kinerja karyawan meningkat?

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat cynthia bahwa no 1,3,4,7,12 adalah 5 alasan yang dapat membuat saya berkinerja lebih baik, keamanan dan kepastian kerja menjadi motivasi pertama yang menjadi awal mula saya berkinerja dengan baik, selain itu pekerjaan yang menarik tidak akan membuat saya bosan sehingga saya memiliki kesempatan untuk maju, dan dengan adanya pengakuan dan penghargaan atas kinerja saya, saya akan menjadi lebih termotivasi dan mendapat kepercayaan untuk bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang saya lakukan sehingga saya dapat memberi kontribusi bagi perusahaan dan dapat mengembangkan karir saya dalam pekerjaan.

      Hapus
    3. Saya mau menanggapi pertanyaan saudara Aryanatha.
      Menurut saya, suatu pengakuan/penghargaan yang diberikan perusahaan sifatnya tidak merekayasa karena penghargaan yg diberikan perusahaan kepada karyawan merupakan murni dari penilaian kinerja karyawan tersebut. Selain itu sebuah pekerjaan akan menjadi menarik apabila seorang karyawan tersebut melakukan pekerjaan tersebut tanpa ada paksaan dan didasarkan pada kemampuan yang dimiliki dan jika sebuah karyawan merasa bahwa pekerjaan itu tidak menarik lagi maka karyawan bisa memilih alternatif lain yaitu mencari pekerjaan baru yang mereka anggap bahwa pekerjaan itu menarik dan dapat dilakukannya ke depan.
      Terima Kasih......

      Hapus
    4. Ralat, sebuah karyawan diganti seorang karyawan

      Hapus
    5. terima kasih atas tanggapan yang di berikan saudara hartono

      Hapus
  22. saya memilih no 1,3,4,9 dan 10.
    alasannya karena saya memilih no 1 karena pekerjaan yang menarik menurut saya dapat memberikan energi tersendiri bagi orang yang akan menjalankannya sehingga orang tersebut menghasilkan sesuatu yang special untuk perusahaan. no 3 karena dengan adanya pengakuan maka saya merasa apa yang saya kerjakan dihargai oleh perusahaan sehingga saya dapat membuahkan hasil yang lebih lagi karena merasa diperhatikan oleh perusahaan. no 4 karena dengan adanya kesempatan untuk maju saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus berkembang karena kesempatan itu ada dan tidak datang untuk ke 2 kalinya. no 9 karena kalau aturan prosedur perusahaan tepat maka saya akan memiliki arah dan tujuan dalam melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan dapat diterima oleh perusahaan. no 10 karena dengan adanya kesempatan mempelajari hal-hal baru itu akan sangat membantu saya untuk berkembang lagi dan lebih berprestasi di perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudari Pricilia dengan alasan memilih nomer-nomer tersebut.
      Dalam bekerja seseorang memerlukan suatu pekerjaan yang menarik minat karena dengan demikian maka bekerja tidaklah menjadi membosankan.
      Lalu, dengan adanya suatu penghargaan maka kita akan merasa dihargai oleh perusahaan atas usaha dan kerja keras kita untuk perusahaan tersebut dan membuat kita menjadi bagian penting dalam perusahaan.
      Lalu, dengan adanya kesempatan untuk maju dan juga kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru maka kita dapat lebih mengasah skill yang kita miliki dan mengembangkan pengetahuan yang kita miliki serta meningkatkan jenjang karier kita kearah yang lebih tinggi nantinya.
      Selain itu juga, nomer 7 juga merupakan hal yang penting dalam bekerja yaitu tanggung jawab dalam bekerja, karena dengan tanggung jawab maka akan melatih seseorang bekerja secara profesional.

      Hapus
    2. KELAS A
      Saya ingin menaggapi poin yang ke 9.
      Menurt anda, aturan dan prosedur seperti apa yang akan membuat anda bertahan dalam perusahaaan? Berikan contohny. Dan, bagaimana bila saat anda merasa tidak bebas dan terkekang pada aturan tersebut, (padahal, anda sudah mendapatkan pekerjaan yang baik,pengakuan dan penghargaan, kesempatan untuk maju, kesempatan utk mendapatkan hal-hal baru) apa yang akan anda lakukan ? apakah akan keluar atau tetap bertahan? Berikan penjelasannya. Terimakasih

      Hapus
  23. saya memilih 1 4 8 9 10.
    mengapa saya memilih poin2 tersebut. karena menurut saya hal2 yang saya pilih itu merupakan hal yang paling penting bagi saya agar bisa hidup dengan baik. dimana ada pion2 yang mengatakan pengakuan dan penghargaan, hidup pribadi yang memuaskan , dan pekerjaan bergengsi dan berstatus. menurut saya semua itu bisa didapatkan jika poin2 utama ini terlaksana dengan baik.

    kelas B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Ingin bertanaya Hidup Pribadi yang memuaskan Itu yang seperti apa ? apakah dengan hidup pribadii yang sudah puas anda akan bertahan, padahal jika anda sudah berkeluarga apakah kepuasaan pribadi saja yang anda Incar ?

      terima kasih

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara okky jika poin-poin penting unutk berkinerja dengan baik yaitu pada poin 1 4 8 9 10. jika poin-poin tersebut dapat dipenuhi maka hal ini merupakan hal-hal yang penting dalam berkinerja dengan baik.

      Hapus
    3. terima kasih atas tanggapan saudara santhi dan rivelino. yang saya maksud hidup pribadi yang memuaskan itu adalah dimana poin yang mengatakan hidup probadi yang memuaskan akan tercapai jika poin-poin yang menurut saya penting itu telah terpenuhi. saya tidak mengatakan jika hidup pribadi yang memuaskan menjadi faktor penting, tetapi merupakan apa yang akan saya dapatkan jika poin-poin yang saya anggap penting itu dapat terlaksana dengan baik.

      Hapus
    4. terima kasih atas Jawabannya, kembali saya ingin menanyakan jika anda memilih no 9 yaitu tentang aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat. menurut anda apa alasan anda menggangap poin ini penting dan bagaimana menurut anda mengenai peraturan aturan dan kebijakan perusahaan yang tepat itu seperti apa ?

      Terima Kasih

      Santho

      Hapus
    5. menurut saya setiap perusahaan pasti memiliki aturannya sendiri. mengapa saya pilih no.9, karena dengan adanya aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan yang tepat semuanya akan lebih jelas. jika anda bertanya peraturan dan kebijakan perusahaan yang tepat seperti apa, konteksnya sangat luas. karena setiap orang jika diposisikan menjadi karyawan pasti memiliki standart yang tepat itu seperti apa. yang saya tankap dalam konteks diskusi ini yaitu kejelasan terhadap semua peraturan prosedur dan kebikajakn perusahaan yang nantinya akan terkait dengan hak2 yang semestinya kita terima sebagai karyawan.

      Hapus
  24. Saya akan memilih nomor 1, 4, 7, 9, 10, karena:
    1. Suatu pekerjaan yang menarik, karena apabila suatu pekerjaan tersebut menarik bagi saya, maka saya akan lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaan saya, dengan demikian kinerja saya dalam melakukan pekerjaan tersebut akan lebih baik dan dapat meningkatkan kinerja saya.
    4. Kesempatan untuk maju, dengan adanya kesempatan untuk maju, maka saya akan berusaha bekinerja dengan baik, karena dengan adanya kesempatan untuk maju tersebut maka saya akan berusaha bekinerja baik, dan selain itu dengan adanya kesempatan untuk maju maka saya tidak akan bosan dalam suatu pekerjaan, karena apabila terjadi kebosanan, maka akan dapat mengurangi kinerja.
    7. Tanggung jawab dalam pekerjaan, karena tanggung jawab dalam pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting, apabila tanggung jawab yang diberikan melebihi batas dari kemampuan kita, maka hal tersebut akan mempengaruhi kinerja kita.
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat, dengan adanya hal-hal tersebut, maka dalam bekerja saya akan lebih nyaman serta terbantu dalam pekerjaan, karena seluruh aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan, merupakan sesuatu yang tepat, sehingga akan meningkatkan kinerja saya.
    10. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, dengan adanya kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan, maka saya akan lebih tertarik, termotivasi, dan tertantang untuk mempelajari hal-hal baru yang belum perah saya dapatkan, sehingga dalam bekerja saya akan lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan kinerja, dan saya akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. Namun, saya ingin bertanya mengapa saudara tidak memilih nomor 8 yakni kondisi kerja yang baik? Karena menurut saya, kondisi kerja yang baik sangat berkaitan erat dengan kesempatan untuk maju. Bila kondisi di dalam pekerjaan saudara baik di sebuah perusahaan maka kesempatan akan terbuka lebar dan persaingan tidak akan penuh dengan senggol-menyenggol atau sikut-menyikut. Seperti yang kita lihat, kondisi kerja yang kurang baik, banyaknya persaingan yang tidak sehat dalam perusahaan akan memperkecil kesempatan setiap karyawan untuk maju dan tentu saja akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan-karyawannya. Bagaimanakah menurut pendapat saudara? Terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih
      karena menurut saya, kesempatan untuk maju itu dipengaruhi bukan hanya kondisi kerja yang baik, tetapi juga bagaimana pengelola SDM memberikan kesempatan kepada SDMnya untuk maju dengan segala kriteria yang dimiliki oleh pengelola SDM sampai SDM tersebut mampu atau layak diberi ksempatan untuk maju, sehingga meskipun kondisi ada kondisi kerja yang baik, namun pengelola SDM tidak menyiapkan atau memberikan kesempatan SDM tersebut untuk maju, maka SDM tersebut tidak mempunyai kesempatan untuk maju.

      Hapus
  25. saya memilih :
    1. Suatu pekerjaan yang menarik - karena bagi saya jika pekerjaan tersebut cocok dengan saya, maka saya akan memiliki suatu minat tersendiri untuk melakukan pekerjaan tersebut.
    2. Kesempatan untuk maju. - jika diberi kesempatan tersebut maka saya akan berusaha mengembangkan kemampuan saya, saya akan terus berlatih dan berjuang, dan tentunya juga saya dapat mendapatkan pengalaman baru dan merasa tertantang.
    3. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat - dimana sebuah perusahaan harus mempunyai peraturan-peraturan yang tidak hanya memberi peraturan yang semena-mena untuk karyawannya.
    4. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru - saya akan lebih merasa memiliki hal-hal baru yang belum pernah saya pelajari sebelumnya
    5. Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil - semua pekerjaaan yang saya lakukan benar dan diakui perusahaan, dan itu dapat membuat saya memiliki kesempatan untuk maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pilihan jessica.. saya memilih :
      1. suatu pekerjaan yang menarik , karena apabila menarik bagi saya maka akan membuat saya merasa enjoy untuk melaksanakan kewajiban saya di bidang pekerjaan tersebut.
      2. kesempatan untuk maju, dengan mempunyai kesempatan tersebut membuat saya untuk tidak berada dalam 1 lingkup saja melainkan saya bisa bebas untuk mengeksplor kemampuan saya agar saya bisa lebih maju dan tidak berada dalam posisi yang itu-itu saja.
      3. aturan, peraturan, prosedur dan kebijakan perusahaan yang tepat, menurut saya hal ini sangat berpengaruh bagi kehidupan saya di dalam suatu pekerjaan. jika memiliki aturan dan prosedur yang tepat maka apa yang saya perbuat sudah terarah dan tujuan yang diinginkan jelas. Sehingga karyawan merasa memang itu adalah sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi agar bisa mencapai tujuan bersama antara perusahaan dan karyawan.
      4. kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, adalah hal yag penting dalam suatu pekerjaan karena mempelajari hal-hal baru dapat membuat kita mengetahui banyak hal yang penting dan mencapai tujuan dengan jelas tanpa menggunakan cara yang rumit. contoh, jika kita sudah bisa menggunakan suatu sistem komputer maka untuk hal-hal yang berurusan dengan komputer akan membuat kita merasa mudah mengerjakannya. dengan mempelajari hal-hal baru membuat pengetahuan kita luas dan tidak berada dalam lingkup yang tidak ada bedanya.
      5. pekerjaan yang saya lakukan baik dan berhasil, hal ini akan membuat kita lebih semangat lagi dalam bekerja, apa yang sudah kita kerjakan mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga kita bisa mengerjakan hal lain yang mungkin lebih sulit dan kita bisa merasa puas dengan hal itu.

      Hapus
    2. Veronica Michelle
      Kelas C

      Saya setuju dengan pendapat saudari Jessica karena yang terpenting dalam pekerjaan adalah..

      1) Suatu pekerjaan yang menarik, bagi saya bila menjadi seorang pekerja dan mendapatkan tawaran pekerjaan yang menarik saya akan tertarik untuk mengembangkan pekerjaan tersebut, untuk lebih meningkatkan prestasi dan kreatifitas yang masih belum dapat dikembangkan sebelumnya.

      2)kesempatan untuk maju, bagi para karyawan yang bekerja pasti selalu ingin maju dalam pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan. Kemajuan tersebut pasti impian setiap pekerja, bisa dengan dukungan mental maupun dukungan lainnya.

      3)peraturan, prosedur dan kebijakan perusahaan yang tepat, akan memberikan kenyamanan bagi setiap karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut karena peraturan, prosedur dan kebijakan yang adil dan bijaksana akan memberikan nilai plus kepada karyawan agar dapat bisa melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab dgn baik.

      4)kesempatan mempelajari hal baru, setiap karyawan selalu ingin mempelajari hal yang baru agar mereka dapat mengembangkan prestasi di perusahaan tersebut dan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan yg kreatif dan inovatif.

      5)pekerjaan yg saya lakukan baik dan berhasil, saya bila melakukan dan mengerjakan tanggung jawab dan pekerjaan yang sudah di berikan dengan baik bahkan berhasil saya akan bangga pada diri saya sendiri karena sudah dapat memberikan prestasi bagi diri sendiri dan perusahaan.

      Hapus
    3. Saya ingin bertanya kepada saudari vero tentang point yang ke 3. Bagaimana bisa prosecur, peraturan, kebijakan dapat memberikan nilai plus kepada karyawan sedangkankan pekerjaan dan tanggungjawab yang baik belum terlaksanakan. Berikan penjelasan saudara disertai contoh.

      Hapus
    4. saya ingin menanggapi saudari Maria bahwa bila sebuah perusahaan yang memiliki prosedur, peraturan, kebijakan yang tepat maka karywan di perusahaan tersebut akan merasa dihargai karena yang diberikan perusahaan itu adil dan membuat nyaman karyawan, lalu sebaliknya bila karywan tersebut tidak merasa dihargai oleh perusahaannya contoh saja seperti halnya tidak memberikan kompensasi yang seimbang dan adil, maka karyawanpun akan merasa tidak nyaman untuk bekerja di dalam perusahaan tersebut.

      Hapus
  26. 1. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan: Selain uang, secara psikologis, Upaya dalam memotivasi pegawai akan menjadi sangat efektif dengan pengakuan karena tidak membutuhkan biaya yang besar. Sehingga perusahaan dapat berkembang pesat.
    Penghargaan akan meningkatkan optimisme karyawan sehingga dia lebih termotivasi dalam mengejar target pekerjaannya.
    2. Kesempatan untuk maju: Karyawan akan menjadi semakin termotivasi dan loyal kepada perusahaan jika dia meyakini bisa mengembangkan dirinya di dalam perusahaan tersebut. Seperti peningkatan keahlian dan kompetensi lewat program-program pendidikan seperti training, kursus,
    3. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat: dengan adanya kebijakan yang sesuai karyawan merasa bahwa aktivitas yang dilakukan sesuai dan sejalan dengan tingkah lakunya dalam bekerja.
    4. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru: dengan adanya kesempatan untuk mempelajari hal baru karyawan merasa bahwa dirinya tidak dikekang dalam setiap tindakan (kebebasan untuk eksplorasi). Apabila kita memberikan kesempatan kepada mereka secara tidak langsung kita mengembangkan potensinya (membanggakan perusahaan) dan apabila terjadi masalah yang tidak dapat diselesaikan karyawan yang kreatif tersebut mampu menyelesaikan jalan keluar yang tepat
    5. Keamanan atau kepastian pekerjaan: hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikologisnya dalam bekerja sehingga membuat seorang karyawan menjadi tidak nyaman dalam bekerja. dalam mengerjakan pekerjaan karyawan akan merasa khawatir dan hasil kerja pun menjadi tidak maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat Saudari Dian,bahwa 5 hal itulah yang sangat berpengaruh dalam suatu kinerja seseorang.
      No.3 Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan : Bagi seorang karyawan pengakuan dan penghargaan atas kerja yang dilakukan adalah sebuah kompensasi yang tidak ternilai harganya,karena dengan adanya hal tersebut karyawan akan merasa dihargai dan akan lebih meningkatkan kinerjanya dengan lebih baik lagi.
      No.4 Kesempatan untuk Maju : Karyawan akan menjadi termotivasi lagi apabila diberikan kesempatan dalam hal mengembangkan karirnya sehingga mereka akan mempercayai bahwa suatu saat karir mereka dapat maju dan tidak berhenti di posisi itu saja.
      No.9 Aturan,peraturan,prosedur,dan kebijakan perusahaan yang tepat : Setiap perusahaan harus memiliki aturan,peraturan,prosedur,dan kebijakan yang jelas dan tepat sehingga para karyawan tidak akan bingung akan mana saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
      No.10 Kesempatan untuk mempelajari hal-hal yang baru : karyawan akan merasa lebih giat lagi dalam bekerja apabila dalam pekerjaannya mereka mendapatkan hal-hal yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya sehingga mereka akan merasa mendapatkan sebuah ilmu maupun pengalaman baru.
      No.12 Keamanan dan kepastian pekerjaan : Meski jarang dinyatakan,karyawan pasti memiliki kekhawatiran dalam hal pekerjaannya,oleh sebab itu karyawan akan merasa aman dan akan melakukan pekerjaannya dengan baik tanpa adanya sebuah kekhawatiran.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat devi no 3, no 4, no 9, no 10, dan no 12.
      Karena dari 5 faktor tersebut, saya bisa lebih termotivasi dalam suatu perusahaan tersebut.
      Bahkan dri 5 faktor tersebut saya dapat lebih betah di perusahaan.
      karena dalam suatu pekerjaan, saya ingin di akui dan di beri penghargaan atas upaya yang telah saya lakukan.

      Hapus
    3. terima kasih atas tanggapan anda serta tambahan pendapat :)

      Hapus
  27. Menurut saya,
    1. dengan pekerjaan yang menarik,saya tidak akan gampang bosen dengan pekerjaan saya,dan membuat tantangan tersendiri untuk menghadapinya.
    3. dengan adanya pengakuan dan penghargaan saya akan lebih termotivasi dengan pekerjaan berikut - berikutnya.
    4. Dan tentunya kesempatan untuk maju ini juga merupakan pilihan saya,karena dengan kita maju, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya, sehingga kita akan menjadi berpengalaman lebih daripada orang lain.
    10. dengan mempelajari hal - hal baru kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih berguna,dan dapat digunakan di perusahaan lain kelak.
    11. Dengan pekerjaan yang saya lakukan berjalan dengan baik dan berhasil tentunya perusahaan atau atasan akan bangga dengan apa yang saya peroleh,sehingga saya akan memperoleh sebuah penghargaan atau pengakuan oleh atasan saya atas kinerja saya yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tolong tanya no 3. " dengan adanya pengakuan dan penghargaan saya akan lebih termotivasi dengan pekerjaan berikut - berikutnya."

      apakah emang penting dengan pengakuan dan penghargaan dapat memotivasi anda?
      bukannya dengan adanya kesempatan untuk maju yang dapat memotivasi untuk anda berkembang??
      trims...

      Hapus
  28. saya samuel_3103010157_msdm2_B
    SAYA MEMILIH:
    1.Suatu pekerjaan yang menarik, karena karakteristik pekerjaan yang dipilih seseorang dalam karirnya merujuk pada daya tarik pekerjaan yang dilakukan. apabila seseorang menyukai pekerjaan tersebut maka tanpa beban pekerjaan itu dapat dilakukan dan menghasilkan kinerja yang memuaskan.


    4.Kesempatan untuk maju,jika tidak ada jenjang karir yang bagus untuk suatu pekerjaan untuk apa mempertahankan pekerjaan yang seperti itu.

    5.Hidup pribadi yang memuaskan, memuaskan dalam arti tidak kekurangan dalam hal gaji karena pekerjaan, sangat mempengaruhi kinerja

    9.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat: perusahaan harus jelas tentang prosedural dan undang-undang tentang karyawan, karena setiap karyawan dilindungi oleh pemerintah.

    12.Keamanan atau kepastian pekerjaan: dalam arti lokasi tempat pekerjaan tersebut jika ditempatkan pada suatu tempat diluar negri dengan banyak konflik-konflik maka dapat mempengaruhi kinerja tentang keselamatan keamanan karyawan.

    BalasHapus
  29. Saya akan memilih nomer:
    4. Kesempatan untuk maju karena dengan adanya kesempatan bagi kita untuk maju maka kita akan lebih termotivasi dalam bekerja dan kita tidak hanya bekerja dalam bidang tertentu saja.
    7. Tanggung jawab dalam pekerjaan karena tanggung jawab itu sangat penting bagi tiap-tiap sdm untuk dapat menyelesaikan keawajiban-kewajiban mereka dengan tepat waktu dan jika suatu pekerjaan itu selesai dengan tepat waktu maka atasan pun akan senang.
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat : dengan adanya peraturan dan hal-hal lainnya yang dimiliki suatu perusahaan dengan tepat maka kita sebagai sdm akan merasa lebih tenang dan lebih bertanggung jawab agar tidak melakukan kesalahan kerja selain itu ketepatan aturan itu harus dimiliki perusahaan agar mereka konsisten dengan berbagai aturan yang sudah ditetapkan dalam perusahaan tersebut.
    10. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru : kita sebagai sdm perlu mencoba hal-hal baru agar bisa kita jadikan sebagai suatu pengalaman kerja dan membuat kita untuk lebih inovatif dan kratif dalam kerja sehingga kita tidak hanya bekerja dalam bidang tertentu saja tetapi diusahakan dapat bekerja di semua bidang.
    2. Seorang atasan yang baik : semua sdm pasti senang jika mereka mendapat atasan yang baik karena atasan baik dapat mengerti dan menyadari kita bila ada kesalahan dalam bekerja dan tidak memarahi sdm tersebut tetapi memberikan solusi agar para sdm dapat bekerja lebih baik lagi serta dengan adanya hal tersebut maka sdm akan lebih betah dalam bekerja dan tidak memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Saudari sherly tentang poin no.7 yaitu tanggung jawab dalam pekerjaan,apabila Anda diposisikan sebagai seorang kepala tim yang memiliki sikap tanggung jawab yang baik namun anggota Anda tidak memilikinya,menurut Anda apa yang seharusnya Anda lakukan,terpengaruh untuk mengikutinya atau memilih untuk berpendirian sendiri ?Tolong berikan alasannya.Terima Kasih^^

      Hapus
    2. menurut saya, jika saya sebagai kepala tim maka saya akan tetap pada pendirian saya memiliki tanggung jawab kepada pekerjaan karena kepala tim tersebut dapat dijadikan panutan atau contoh agar bawahan saya mengikutinya apabila mereka tidak memiliki tanggung jawab maka tindakan yang pertama saya akan memberikan penjelasan kepada mereka tentang seberapa pentingnya tanggung jawab yang seharusnya dimiliki oleh para SDM.Terima kasih.

      Hapus
  30. 1. Seorang atasan yang baik
    Alasan utama dari ini adalah jika kita mendapatkan seorang atasan yang baik adalah apabila kita berkinerja dengan baik dan maksimal, maka kita akan mudah di naikkan pada tingkatan pekerjaan yang lebih berprospek baik (naik jabatan). Selain itu juga biasa fasilitas yang diberikan sangat membantu kita dalam memaksimalkan pekerjaan.
    2. Tanggung jawab dalam pekerjaan
    Waktu adalah uang, dalam dunia kerja waktu sangat dituntut untuk dimanfaatkan dengan seefektif mungkin. Jika kita tidak dapat bertanggung jawab dalam pekerjaan, maka hasil yang didapat sangatlah buruk dan dampaknya adalah diberhentikan oleh pihak perusahaan karena dinilai tidak mampu mengelola dan mengatur untuk perusahaan tersebut .
    3. Kondisi kerja yang baik
    Kondisi kerja yang baik sangat perlu diperhatikan sebelum kita memilih suatu pekerjaan,karena dampak yang dirasa nantinya sangat berpengaruh terhadap kinerja kita. Misal, apabila kondisi kerja kita dikelilingi oleh orang-orang yang tidak pro terhadap kita maka kita tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik karena tidak mendukungnya kondisi disekitar lingkungan kerja kita.
    4. Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil
    Bagi saya hasil yang baik dan maksimal dari pekerjaan yang saya lakukan harus mampu dirasakan oleh pihak perusahaan, karena dengan begitu saya merasa berhasil dalam melakukan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan dan tidak sia-sia hasil belajar saya dari sekolah sampai pada bangku kuliah membawa dampak yang pada akhirnya mampu melakukan pekerjaan sesuai yang diharapkan oleh perusahaan.
    5. Keamanan atau kepastian pekerjaan
    Yang terpenting lainnya yaitu keamanan dan kepastian dalam pekerjaan. Keamanan dalam lingkungan kerja serta keamanan kita dalam bekerja sangat dibutuhkan semua karyawan. Untuk masalah kepastian kerja ini diperlukan untuk karir pekerjaan dimasa yang akan datang atau berprospek maju dalam pekerjaan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada saudari Juwita,
      Apa alasan saudara tidak memasukkan kesempatan untuk maju atau mempelajari hal-hal baru dalam perusahaan?

      Menurut saya kedua hal tersebut juga penting, supaya kita tidak stuck pada pekerjaan yang sama terus-menerus, bisa memperoleh tanggung jawab lebih, dan kesempatan mendapatkan pengakuan dan penghargaan pun akan lebih besar pula.

      Dengan kesempatan mempelajari hal-hal baru, kita dapat mengembangkan knowledge dan skill kita pula dan memperoleh nilai tambah lebih bagi diri kita yang tentunya akan bermanfaat ketika kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

      Lalu mungkin keputusan naik jabatan atau tidak itu, tidak hanya ditentukan oleh atasan dan kondisi lingkungan kerja yang baik, namun juga jumlah pesaing dan posisi yang tersedia di perusahaan bagi kita. Sehingga menurut saya kesempatan untuk maju atau mempelajari hal-hal baru di dalam perusahaan itu juga penting.

      Terima Kasih^^

      Hapus
    2. Menurut anda apakah Aturan,peraturan,prosedur,dan kebijakan perusahaan yang tepat tidak berpengaruh dalam pilihan anda?
      Terima kasih

      Hapus
    3. Terimakasih untuk pertanyaannya caroline.saya setuju dengan tambahan pendapat saudara..Menurut saya hampir semua alasan yang ada benar, namun disini hanya memilih beberapa yang inti dari alasan tersebut, dan mengapa kesempatan untuk maju atau mempelajari hal baru tidak saya masukkan karena menurut saya kesempatan untuk maju dapat dilakukan kalau kita memiliki tanggung jawab yang baik maka kita akan dengan mudah untuk diberikan fasilitas berupa kesempatan untuk meningkatan kualitas dengan mempelajari hal baru juga.

      Terima kasih untuk pertanyaannya saudara Yohanes, sama seperti jawaban saya tadi, semua alasan diatas itu penting dan masuk kedalam kategori untuk berkualitas lebih baik, namun disini kita memiliki keterbatasan untuk memilih, dan menurut saya kelima hal yang saya tuliskan itu yang menjadi dasar dalam bekinerja lebih baik. Terima kasih.

      Hapus
  31. 1. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan, karena menurut saya penting untuk mendapat pengakuan dan penghargaan dari apa yang telah saya lakukan. Dari pengakuan dan penghargaan tersebut dapat memacu semangat saya untuk terus memberikan yang terbaik bagi tempat kerja saya.
    2. Kondisi kerja yang baik, karena kondisi kerja yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas kerja yang saya jalani dan saya lebih nyaman untuk bekerja di tempat tersebut.
    3. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, karena dengan mempelajari hal-hal tersebut dapat menambah pengetahuan saya yang mungkin akan berguna saat bekerja atau di kehidupan saya sehari-hari.
    4. Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil, alasannya kurang lebih sama dengan nomor 1. kita semua pasti menginginkan apa yang kita lakukan baik dan berhasil untuk menambah kepercayaan diri dan menambah motivasi untuk terus melakukan yang terbaik.
    5. Seorang atasan yang baik, memiliki seorang atasan yang baik sangatlah berpengaruh karena jika saya mendapat masalah pekerjaan maka saya dapat menanyakannya kepada atasan dan kami dapat menemukan solusinya bersama-sama. Seorang atasan yang baik dapat bekerja sama dengan bawahannya dengan baik dan semua pekerjaan akan terselesaikan dengan baik pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pada saudara Doni
      pengakuan dan penghargaan seperti apa yang diharapkan saudara agar saudara tetep merasa nyaman bekerja di perusahaan tersebut?

      selain itu menurut anda, mana yang lebih penting dan mana yang anda pilih antara seorang atasan yang menarik atau pekerjaan yang menarik?
      karena di dalam suatu perusahaan cenderung 2 hal tersebut jarang bisa ditemukan dalam banyak perusahaan. padahal bila dilihat dua faktor tersebut penting bagi karyawan.

      Hapus
    2. pengakuan dan penghargaan seperti bila mencapai target tertentu akan mendapatkan bonus, kenaikan gaji, atau promosi jabatan.

      menurut saya itu tergantung diri sendiri.
      karena kalau hanya atasannya saja yang menarik tetapi pekerjaannya tidak menarik akan membuat kita tidak enjoy menjalaninya, dan kalau sebaliknya maka kelangsungan pekerjaan kita di perusahaan tersebut akan terancam jika kita tidak bisa memiliki koneksi yang baik dengan atasan.

      Hapus
    3. saya mau menambahkan, sebelumnya terima kasih atas tanggapannya.

      Hapus
  32. 1. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    Hal ini merupakan yang utama yang akan saya pilih, karena nantinya jika kita ingin berkembang di perusahaan tersebut, kita harus mengetahui sgala hal yang berhubungan dengan perusahaan
    2. Keamanan atau kepastian pekerjaan
    Saya memilih hal ini sebagai yang kedua karena untuk dapat membuat seorang karyawan nyaman dan betah jika bekerja di perusahaan tersebut, maka untuk keamanannya harus diperhatikan pula
    3. tanggung jawab dalam pekerjaan
    jika kita sudah mengetahui peraturan dan keamanan dalam kita bekerja maka tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan adalah hal yang sangat berpengaruh dari kedua hal diatas
    4. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Tidak semua perusahaan dapat membuat karyawan menjadi karyawan tetap di perusahaannya untuk itu setelah menjalankan 3 hal diatas, kita akan diberi kesempatan oleh perusahaan untuk bisa mempelajari hal baru untuk dapat lebih mengembangkan kita dan untuk kemajuan perusahaan
    5. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Hal ini yang saya pilih terakhir, karena untuk bisa mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari perusahaan kita harus dapat menjalankan 4 hal diatas dengan baik, sehingga perusahaan dapat menilai kinerja kita dalam ikut serta memajukan perusahaan

    BalasHapus
  33. Dari hal yang tercantum diatas, memang semuanya sangat dibutuhkan oleh karyawan untuk bisa bekinerja lebih baik, namun menurut saya 5 hal yang akan sangat berpengaruh bagi kinerja saya dalam bekerja yaitu :
    1. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Dengan adanya pengakuan dan penghargaan dari perusahaan tentunya saya akan merasa lebih di hargai dan pada akhirnya saya pun tentu akan bekerja dengan baik agar mendapatkan penhargaan berikutnya. dengan adanya ini, secara tidak lansung akan membuat kinerja saya lebih baik dari sebelumnya.

    2. Kesempatan untuk maju
    pemberian kesempatan untuk maju menurut saya adalah pemberian kesempatan untu saya agar bisa mengembangkan pengetahuan yang perusahaan berikan kepada saya.

    3. Kondisi kerja yang baik
    kondisi kerja yang baik atau kondisi kerja yang nyaman tentunya dapat membuat suasana hati akan lebih baik. dan itu akan membuat saya bisa bekerja optimal.

    4. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    denan adanya peraturan dan hal lain dalam perusahaan, itu akan dapat mengontrol kinerja karyawan, sehingga karyawan tidak dapat melakukan kegiatan selain pekerjaan untuk perusahaan.

    5. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    hal baru merupakan sesuatu yang karyawan butuhkan untuk bisa lebih berinovasi dan lebih kreatif lagi.

    BalasHapus
  34. 1. Suatu pekerjaan yang menarik,karena dengan pekerjaan yang menarik maka kita akan lebih termotivasi kembali dalam bekerja dan juga menjadi tantangan kita yang baru sehingga kita tidak akan merasa bosan dengan pekerjaan tersebut.
    2. Seorang atasan yang baik,karena dengan adanya atasan yang baik maka kita akan lebih mudah untuk memberikan tanggapan positif maupun negatif yang bertujuan baik untuk keberlangsungan perusahaan.
    3. Kesempatan untuk maju,karena setiap individu pasti memiliki keinginan untuk maju maka dari itu jika ada sebuah pekerjaan yang menjamin jenjang karir karyawan maka banyak orang akan meninginkan pekerjaan tersebut.
    4. Kondisi kerja yang baik,karena dalam bekerja dibutuhkan lingkungan kerja yang baiksehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih baik lagi. selain itu,lingkungan kerja yang baik akan menimbulkan rasa nyaman bagi pekerjanya.
    5. Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil,karena jika saya dapat bekerja dengan baik dan berhasil,hal tersebut berarti bahwa pekerjaan tersebut merupakan bagian dari keahlian yang saya miliki,maka dari itu saya akan tetap bekerja di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  35. no 1 karena jika pekerjaan saya menarik pastinya saya merasa tidak bosan dan ada perasaan tersendiri(tertantang) untuk menyelesaikan dengan semaksimal kemampuan saya.
    no 2 karena saya tidak akan merasa tertekan dalam bekerja jadi saya akan nyaman dalam pekerjaan saya
    no 4 pastinya saya ingin terus maju kedepan tidak hanya jalan di tempat supaya wawasan dan kemampuan saya meningkat
    n0 8 dalam kondisi kerja yang baik pastinya akan membentuk suasana kerja yang nyaman, tentram, dan damai jadi kita berkerja itu menjadi lebih bersemangat
    no 12 supaya dalam bekerja kami dapat memfokuskan pikiran pada pekerjaan yang kita jalani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan jawaban Olivia yang memilih nomer 1,2,4,8,12 sebab pada pilihan yang pertama terkait dengan pekerjaan yang menarik dan sesuai dengan apa yang kita inginkan dapat membuat kita menjadi semangat dalam memulai pekerjaan,yang kedua akan rasa nyaman kita dalam bekerja untuk membuat sesuatu yang baik didalam perusahaan tersebut,yang keempat adanya rasa ingin maju didalam perusahaan,yang kedelapan mengenai masalah suasana kerja yang kondusif dan mendukung dapatpula membuat kita menjadi nyaman dalam bekerja,yang kedua belas mengenai fokus kita yang kita lakukan pada saat kita bekerja didalam perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. saya ingin bertanya pada saudari olivia, apakah hanya dengan adanya atasan yang baik anda pasti merasa nyaman dan tidak tertekan? mengapa?

      Hapus
  36. Menurut saya yang terpenting adalah no 1,4,8,9,12
    1.Karena pekerjaan yang menarik akan membuat nafsu kita dalam bekerja semakin kuat sehingga, kita bersemangat dalam mengerjakan hal-hal yang baru ataupun yang sudah ada.
    4.Kesempatan untuk maju dalam suatu perusahaan sangat diharapkan oleh tiap karyawan, karena dengan adanya kesempatan atau jenjang karier yang jelas membuat karyawan akan mengejar suatu posisi dalam suatu perusahaan, dengan meningkatkan produktivitas nya dalam bekerja.
    8.Kondisi kerja yang baik akan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja, entah hubungan dengan karyawan lain,sehingga tiap hari karyawa akan meraa bekerja sebagai hal yang menyenangkan
    9.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat, memiliki keterkaitan dengan no 8, karena kondisi pekerjaan yang baik menurut karyawan adalah aturan,peraturan,prosedurya sesuai dengan yang dikehendaki karyawan.
    12.keamanan dan kepastian kerja, sebagai hal yang tak kalah penting karena hal ini juga berkaitan dengan no 8, intinya membuat bagaimana aryawan merasa nyaman dan bahagia kerja di perusahaan tersebut, sehingga karyawan tersebut merasa selalu aman.

    BalasHapus
  37. Menurut saya yang paling penting adalah no 1, 2, 3, 7, 11
    1. karena dengan pekerjaan yang menarik itu memancing kita untuk semangat dalam melakukan pekerjaan dan kita bisa merasa nyaman sewaktu bekerja
    2. Karena dengan atasan yang baik maka pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi baik juga dengan dukungan dari atasan.
    3. Dengan penghargaan dan pengakuan maka kita akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan itu dan dengan adanya penghargaan itu membuat kita bangga akan penghargaan itu.
    7. Tanggung jawab sangat penting dalam sebuah pekerjaan apabila kita melakukan pekerjaan dengan tanggung jawab otomatis pekerjaan yang kita kerjakan akan selesai dengan baik dan atasan akan senang dengan kinerja kita dan memungkinkan kita untuk naik jabatan.
    11. Pekerjaan yang berhasil akan membuat kita lebih dihargai oleh atasan dan dapat melakukan lompatan karir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yang diberikan oleh saudara ronald,seperti yang dikatakan,untuk bertahan diperlukan suatu pekerjaan yang menarik,pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil,tanggung jawab dalam pekerjaan,pengakuan dan penghargaan yang diberikan perusahaan dan seorang atasan yang baik. dari kelima hal tersebut akan membuat seorang pekerja untuk tetap bertahan dalam perusahaan tersebut. karena setiap alasan yang dipilih merupakan gabungan yang tepat untuk seorang pekerja. dimana seorang yang memiliki dan diberi penghargaan akan merasa lebih termotivasi sedangkan untuk atasan yang baik,hal ini membantu pekerja menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan. tanggung jawab dalam pekerjaan berarti bahwa perusahaan yang memberikan tanggung jawab tertentu kepada pekerja yang berartikan bahwa pekerja termasuk suatu unsur yang penting dalam perusahaan. dan yang paling penting adalah pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan berhasil akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pekerja.

      Hapus
  38. Saya memilih 1,4,7,8,9.
    (1) Karena dengan pekerjaan yang menarik, maka seseorang akan lebih
    bersemangat untuk mengerjakan sesuai dengan bidang yang
    diinginkannya.
    (4) Dengan adanya kesempatan untuk maju, maka kinerja seseorang
    dapat termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi agar semakin maju.
    (7) Dalam bekerja, kita membutuhkan sikap profesionalitas yang baik, sehingga dalam melakukan pekerjaan baik dalam kondisi mendukung atau tidak mendukung, kita harus selalu bertanggung jawab dengan pekerjaan kita.
    (8) Kondisi kerja yang baik juga dapat membuat kita merasa nyaman
    di dalam suatu organisasi, sehingga dalam melakukan pekerjaan dapat
    lebih bersemangat dan lebih baik karena didukung dengan lingkungan
    yang baik pula.
    (9) Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yang tepat itu merupakan suatu hal yang wajib diketahui sebelum kita bekerja di dalam organisasi, karena agar tidak terjadi kesalah pahaman antar pegawai dan pihak manajemen, dan juga perusahaan tidak semena-mena untuk memberikan pekerjaan di luar kewajiban seorang pegawai.

    BalasHapus
  39. Saya memilih 1. 2, 3, 8, 9 untuk dapat berkinerja lebih baik. Alasannya : bila pekerjaan yang kita lakukan itu menarik tentu kita akan bekerja dengan semangat, dan punya rasa antusias. Memiliki atasan yang baik akan membuat karyawan merasa nyaman, betah dan tidak tertekan saat bekerja ataupun saat berada dalam perusahaan. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan itu penting, jika yang saya kerjakan di hargai tentu membuat saya lebih termotivasi untuk bekerja semakin baik dan semakin kreatif. Kondisi kerja yang baik akan mendukung bagaimana hasil pekerjaan kita, jika suasana perusahaan buruk tentu berdampak negatif terhadap kinerja karyawan. Dengan adanya peraturan, prosedur dari perusahaan akan membuat pekerjaan kita lebih jelas dan terarah (sesuai dengan job desc karyawan).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut anda, memiliki seorang atasan yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman, betah, dan tidak tertekan. Pertanyaan saya ialah sifat atau perilaku seperti apakah yang dapat membuat seorang atasan disebut baik kepada karyawannya? terimakasih

      Hapus
  40. Yang saya pilih adalah no . 1,4,7,8,9,10,12
    1. Suatu pekerjaan yang menarik
    4. Kesempatan untuk maju.
    7. Tanggung jawab dalam pekerjaan
    8. Kondisi kerja yang baik
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    10. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    12. Keamanan atau kepastian pekerjaan

    Karena semua komponen tersebut saling mendukung satu sama lain.

    tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang tidak dapat di tolak , namun harus di terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara andy Hubungan yang dimaksud di sini seperti apa ?
      dan tolong berikan alasa yang jelas atas pilihan anda ? karena jawaban anda sangat bias

      terima kasih

      Hapus
  41. Fitria Mailinda kelas A
    Pilihan saya adalah :
    1. Suatu pekerjaan yang menarik. Alasannya : Karena dengan pekerjaan yang menarik bagi saya maka saya pun dapat mengerjakannya dengan tanpa beban sehingga dapat menghasilkan hasil semaksimal mungkin.
    3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. Alasannya : Dengan pengakuan dan penghargaan yang saya terima atas pekerjaan yang telah saya lakukan dapat menjadikan dorongan/semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.
    4. Kesempatan untuk maju. Alasannya : Dengan adanya kesempatan untuk maju, sehingga itu bisa dijadikan tolok ukur saya untuk dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan karena saya dapat dipercaya untuk memajukan perusahaan tersebut.
    7. Tanggung jawab dalam pekerjaan. Alasannya : Segala sesuatu pekerjaan harus dilakukan dengan rasa tanggungjawab agar kita dapat dipercaya untuk melakukan hal yang lebih besar lagi.
    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat. Alansannya : Dengan segala hal tersebut kita dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan rules yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari fitria.
      1. suatu pekerjaan yang menarik. dengan adanya pekerjaan yang menarik menjadikan karyawan lebih bersemangat dalam bekerja tanpa ada beban sedikitpun
      3. pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. dengan adanya pengakuan dan penghargaan itu menjadi nilai plus bagi karyawan dalam bekerja dan menjadikan semangat agar bisa bekerja lebih baik lagi ke depannya
      4. kesempatan untuk maju. dengan adanya kesempatan untuk maju yang di dapat karyawan maka karyawan akan merasa diberi kepercayaan oleh perusahaan untuk berkontribusi dalam memajukan perusahaan tersebut.
      7. tanggung jawab dalam perusahaan. jika karyawan memiliki tanggung jawab yang tinggi maka perusahaan juga akan senang karena tanpa disuruh pun para pekerja melakukannya dengan baik dan dapat di percaya oleh perusahaan.
      9. aturan, peraturan,prosedur,dan kebijakan perusahaan yang tepat. dengan adanya hal tersebut kita tidak bisa sembarangan dalam bekerja.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudari fitria.
      1. suatu pekerjaan yang menarik. dengan adanya pekerjaan yang menarik menjadikan karyawan lebih bersemangat dalam bekerja tanpa ada beban sedikitpun
      3. pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. dengan adanya pengakuan dan penghargaan itu menjadi nilai plus bagi karyawan dalam bekerja dan menjadikan semangat agar bisa bekerja lebih baik lagi ke depannya
      4. kesempatan untuk maju. dengan adanya kesempatan untuk maju yang di dapat karyawan maka karyawan akan merasa diberi kepercayaan oleh perusahaan untuk berkontribusi dalam memajukan perusahaan tersebut.
      7. tanggung jawab dalam perusahaan. jika karyawan memiliki tanggung jawab yang tinggi maka perusahaan juga akan senang karena tanpa disuruh pun para pekerja melakukannya dengan baik dan dapat di percaya oleh perusahaan.
      9. aturan, peraturan,prosedur,dan kebijakan perusahaan yang tepat. dengan adanya hal tersebut kita tidak bisa sembarangan dalam bekerja.

      Hapus
  42. 1. Suatu pekerjaan yang menarik:
    Mengapa saya memilih suatu pekerjaan yang menarik? Karena menurut saya, saya akan berkinerja dengan sangat baik apabila saya menyukai bahkan cinta pada pekerjaan atau profesi saya. Apabila saya bekerja pada bidang yang tidak saya suka, mungkin karna factor X, pasti saya dan bahkan kebanyakan dari kita akan menjalankan dengan setengah hati. Semua hal yang kita lakukan harus dimulai dengan ketertarikan terlebih dahulu.
    2. Pengakuan dan penghargaan untuk kinerja yang saya lakukan:
    Apabila kita mengerjakan suatu hal dengan sangat semangat dan antusias tapi pada akhirnya tidak dihargai dan tidak diakui, apakah antusias itu akan tetap ada?? Menurut saya tidak, oleh karena itu penghargaan atas kinerja saya sangat dibutuhkan sebagai semangat dalam menjalani profesi kita.
    3. Tanggung jawab dalam pekerjaan:
    Ketika seseorang diberikan tanggung jawab yang cukup besar dan bermakna, pasti kita akan merasa bahwa mereka menganggap kita mampu. Menurut keyakinan saya, pasti ketika seseorang telah diberikan tanggung jawab, mereka akan berusaha melakukan yang terbaik.
    4. Kesempatan untuk mempelajari hal baru:
    Sangat perlu dan wajib. Kita hidup dari masa ke masa. Mempelajari hal baru itu sangat penting guna menunjang kemampuan kita sesuai perkembangan jaman.
    5. Keamanan atau kepastian pekerjaan:
    Aman, semua orang pasti akan lebih senang dan bebas bekerja saat apa yang mereka kerjakan merupakan sesuatu yang aman, yang legal dan diakui.

    BalasHapus
  43. Jika saya sudah bekerja hal-hal yang dapat membuat saya berkinerja lebih baik ada di nomor 1,4,10,11,12, saya memilih suatu pekerjaan yang menarik karena jika pekerjaan tersebut menarik untuk kita maka kita juga merasa lebih tertantang dan merasakan bahwa apa yang kita lakukan itu tidak membosankan. Lalu saya memilih kesempatan untuk maju karena menurut saya pribadi jika saya diberikan kesempatan untuk menjadi lebih baik, tidak mungkin saya menolaknya. Dan selanjutnya kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru karena yang namanya belajar itu tidak berhenti dalam hal itu itu saja, jadi saya ingin mempelajari hal hal yang baru. Lalu pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil, karena apa yang kita sudah lakukan jika hal itu berhasil dapat memberikan kepuasan tersendiri untuk kita dan merasa apa yang kita lakukan tidak sia-sia. Dan yang terakhir saya memilih keamanan atau kepastian pekerjaan karena kita ketahui bahwa mencari pekerjaan itu tidak mudah maka dari itu saya ingin kepastian pekerjaan itu dan juga keamanan jika terjadi sesuatu kepada saya ketika saya berada di lingkungan kerja saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pernyataan Agustinus Steven, terutama mengenai pekerjaan yang menarik.
      karena dengan adanya ketertarikan akan suatu pekerjaan, seseorang akan terpacu/termotivasi untuk bekerja dengan sangat maksimal, serta apabila kita merasa tertantang oleh sebuah pekerjaan, secara psikologis orang tersebut dapat memberikan yang terbaik karena adanya stimulan untuk melakukan tantangan tersebut. Selain itu ketertarikan dapat mengembangkan kinerja seseorang pada pekerjaan tersebut.

      Andre C.P (3103011102) Kelas C

      Hapus
  44. hal-hal yang saya pilh adalah no 1,3,4,7,9. pastinya dalam suatu pekerjaan kita harus memilih pekerjaan yang menarik dan sesuai dengan skill kita, sehingga kehidupan pekerjaan kita menjadi tidak membosankan dan kita dapat enjoy dalam menghadapai tugas sehari-hari. bagi saya pengakuan itu penting karena kita menjadi tahu apasih arti kita dalam perusahaan tersebut, dan bagaimanakah progress pekerjaan kita, sudah baguskah kita dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. dan untuk no 4 bagi saya memberikan ilmu baru bagi saya, menambah pengalaman bagi diri kita sendiri. dan pastinya no 7 adalah hal yang tidak boleh dilupakan karena hal tersebut dapat memberikan atau memperkuat kepercayaan seseorang terhadap kita selain itu dapat melatih diri kita sendiri. aturan, prosedur, kebijakan perlu karena hal tersebut dapat memberikan dampak pada kita dalam menjalankan tugas sehari-hari, bagaimana kita harus berperilaku dalam perusahaan, menempatkan diri kita dengan benar, dan hak karyawan dalam mengapresiasikan pendapatnya dalam perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudari Irene. Karena jika kita memilih pekerjaan yang menarik dan memang sesuai dengaan skill yang kita miliki maka hasil pekerjaan tersebut akan sesuai dengan harapan kita maupun perusahaan dan kita bekerja dengan enjoy dan tanpa merasa terbebani.

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. saya setuju dengan saudari irine dengan adanya kesmpatan untuk maju memberikan ilmu baru bagi kita dan menambah pengalaman. jika karyawan tidak di beri kesempatan untuk maju maka karyawan tersebut tidak dapat tahu seberapa besar pengaruh potensinya untuk perusahaan tersebut. dan t5idak ada pengalaman baru untuk karyawan tersebut untuk berkembang dalam suatu perusahaan.
      Erma susanti kelas C

      Hapus
  45. 1.Suatu pekerjaan yang menarik. Dengan melakukan pekerjaan yang menarik mendorong saya untuk lebih termotivasi melakukan pekerjaan tersebut karena ketika melakukan pekerjaan yang saya sukai saya pasti akan melakukannya dengan maksimal.
    3.Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan. Dengan adanya pengakuan dan penghargaan, saya merasa bahwa pekerjaan yang saya lakukan berhasil dan membuat saya merasa diterima.
    4.Kesempatan untuk maju. Dengan adanya kesempatan untuk maju saya bisa mencari hal-hal kreatif lainnya sehingga tidak terpaku pada satu pekerjaan. Dan juga berkaitan dengan pengembangan karir saya.
    9.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat. Agar pekerjaan yang saya lakukan mencapai visi dan misi perusahaan dengan tepat dan terarah.
    12.Keamanan atau kepastian pekerjaan. Agar saya merasa terjamin dalam melakukan pekerjaan

    BalasHapus
  46. Saya memilih 5 dari 12 hal yang akan berpengaruh bagi Saya untuk dapat berkinerja lebih baik jika saya sudah bekerja:
    1.Suatu pekerjaan yang menarik kalau menurut pendapat pribadi saya,pekerjaan menurut saya menarik jika saya bisa merasa nyaman dan bahagia ditengah –tengah pergumulan karyawan yang menurut saya memiliki pendapat yang berbeda-beda diantara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya.
    2.Kesempatan untuk maju kalau menurut pendapat pribadi saya,sebelum saya mememulai untuk membuka usaha sendiri lebih baiknya saya ikut orang supaya mendapatkan pengalaman dan mendapatkan ilmu,belajar dari kesalahan.
    3.Kondisi kerja yang baik kalau menurut pendapat pribadi saya,kondisi yang baik dapat menentukan lama kita bekerja karena jika satu pegawai tidak menjalin hubungan yang baik dengan pegawai lain dapat menyebabkan kesalah pahaman.
    4.Kesempatan untuk mempelajari hal yang baru kalau menurut pendapat pribadi saya,kita mendapatkan banyak pengalaman dengan pegalaman kita bisa lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan.
    5.Keamaan atau kepastian pekerjaan kalau menurut pendapat pribadi saya,dalam hal keamaan menurut saya sangat penting untuk menunjang kinerja para karyawan karena dengan keamaan tersebut karyawan merasa lebih diperhatikan perusahaan contoh dalam bidang kesehatan atau asuransi.

    BalasHapus
  47. 5 hal yang saya pilih adalah:
    -Suatu pekerjaan yang menarik
    -Seorang atasan yang baik
    -Pekerjaan bergengsi atau status
    -Kondisi kerja yang baik
    -Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil
    Saya memelih kelima hal tersebut karena saya mampu bekerja dengan maksimal dan baik apabila pekerjaan yang saya jalani itu adalah hobi saya atau yang menarik bagi saya, serta tentunya atasan yang baik. Sebab atasan yang baik dapat membuat kondisi kerja yang nyaman secara tidak langsung dan membuat pekerjaan saya berhasil.Tentang pekerjaan itu bergengsi atau status adalah daya tarik lain yang dapat memotivasi kinerja saya.

    BalasHapus
  48. Yang akan sangat berpengaruh bagi saya jika saya telah bekerja adalah no 2,3,4,9,10 karena :
    2)seorang atasan yang baik akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi karyawannya untuk maju atau bekerja lebih baik ,selain itu seorang atasan yang baik dapat berlaku adil terhadap karyawannya.
    3)Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan, melakukan pekerjaan tanpa ada pengakuan dan penghargaan akan membuat saya merasa kecewa karena tidak dihargai dan akhirnya membuat kinerja saya menjadi menurun.
    4)Kesempatan untuk maju, bekerja tanpa ada kesempatan untuk maju akan membuat karir saya tidak dapat berkembang.
    9).Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat, dengan aturan dan kebikjakan yang tepat. Perusahaan dikatakan baik jika memiliki hal-hal tersebut ,dengan memiliki peraturan,prosedur,dan kebijakan yang tepat akan memberikan rasa aman , nyaman dan lebih terarah bagi saya.
    10). Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Dengan memiliki kesempatan untuk hal-hal baru , maka pengetahuan dan pengalaman saya akan bertambah sehingga dapat menunjang dalam perkembangan dan keberhasilan karir yang saya jalani.

    BalasHapus
  49. saya memilih nomer 1,2,4,8,10
    1. Suatu pekerjaan yang menarik
    Ketika pekerjaan menarik yang terjadi adalah saya dengan senang akan mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan senang hati dan menghasilkan hasil yang maksimal dan selalu ingin tahu hasil akhir dari tugas yang dikerjakan itu dan selalu merasa ingin tahu dan mencari jawaban dengan sangat mendetail tanpa adanya beban.
    2. Seorang atasan yang baik
    Atasan yang baik akan berpengaruh terhadap perilaku saya terhadap lingkungan kerja dan rekan-rekan kerja. Ketika atasan friendly terhadap bahawan saya akan rajin masuk krja, mengerjakan tugas dengan baik dan memberikan pendapat-pendapat saya terhadap kinerja perusahaan bila ada yang kurang memuaskan saya dan perusahaan bisa memperbaiki dan menjadi lebih baik dan saya akan menjadi lebih loyal terhadap perusahaan dan bukannya diam saja terhadap keadaan yang ada dan menurunkan kinerja saya terhadap perusahaan atau malah keluar dari perusahaan tersebut.
    3. Kesempatan untuk maju
    Teknologi dan pengetahuan seiring waktu pasti mengalami kemajuan yang pesat sehingga bila suatu saat saya pensiun atau keluar dari perusahaan saya ingin pengetahuan saya sesuai dengan perkembangan yang ada dan bukannya stagnant dan tertinggal dengan yang lainnya. Dan juga untuk mendapatkan kenaikkan jabatan dan juga gaji yang lebih baik.
    4. Kondisi kerja yang baik
    Ketika bekerja kondisi bekerja sangat tidak baik misalnya saja ramai, kotor, gelap dan kumuh maka kinerja saya akan terganggu dan tidak maksimal dan membuat saya semakin jenuh dengan pekerjaan dan perusahaan dan berkahir dengan pengunduran diri saya.
    5. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Bukan hanya kesempatan untuk maju tetapi juga untuk kesempatan mempelajari hal-hal baru saya ingin ketika bekerja di perusahaan saya bisa mempelajari hal-hal yang belum pernah saya pelajari dan hal-hal yang baru dan asing bagi saya sehingga saya bisa menguasai banyak hal dan tidak terpaku pada 1 hal dan mendapatkan hal-hal yang berguna bagi perkembangan karier saya.

    BalasHapus
  50. Saya memilih 1, 3, 4, 8, dam 12. Karena hal-hal tersebut yang menentukan kinerja saya baik atau buruk karena hal-hal tersebut adalah tujuan dari saya bekerja sehingga dapat memotifasi saya dalam bekerja sehingga menghasilkan sesuatu yang baik serta dapat memenuhi tujuan dari perusahaan. dan juga menjadi standart saya dalam bekerja

    BalasHapus
  51. Saya memilih nomor 1,3,4,7,dan 10
    alasan saya memilih nomor-nomor tersebut karena:
    1. saya sangat suka melakukan pekerjaan yang menarik
    3. pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan membuat saya semakin termotivasi untuk bekerja jauh lebih giat
    4. kesempatan untuk maju menurut saya juga salah satu faktor yang mendukung kinerja saya, karena adanya kesempatan untuk maju
    7. tanggung jawab dalam pekerjaan merupakan hal yang istimewa karena dipercayai suatu tanggung jawab adlah hal besar yang harus di jaga
    10. kesempatan untuk mempelajari hal baru, bagi saya mempelajari hal baru adalah sesuatu ang menyenangkan karena tidak membosankan dan saya dapat mengetahui banyak hal baru.
    selain itu alasan saya memilih nomor 1,3,4,7,10 karena berkaitan satu sama lain di dalam melakukan pekerjaan menurut saya.

    BalasHapus
  52. Menurut saya 1,2,4,7,8...
    Jika suatu pekerjaan itu menarik maka kita sebagai karyawan akan bekerja dengan senang hati tanpa ada beban yang berat..kita juga membutuhkan seorang atasan yang baik sebagai panutan karyawan agar seorang karyawan dapat bekerja lebih semangat...dengan adanya kesempatan untuk maju sbg seorang karyawan pasti menginginkan untuk maju dan naik ke jabatan yang lebih baik lagi dan mendapatkan gaji yang sesuai..tanggung jawab dalam suatu pekerjaan sangatlah penting dan dibutuhkan...karena tanpa adanya tanggung jawab akan menjadikan pekerjaan seseorang tidak sesuai tarjet yang dituju..serta kondisi kerja yang baik akan memudahkan pekerjaan itu berjalan dengan baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari Valentina Feby, karena dari ke 5 faktor tersebut adalah yang paling penting dalam suatu organisasi untuk dapat berkinerja lebih baik dan juga bawahan akan bekerja dengan senang hati tanpa ada beban yang berat jika atasan baik pada mereka.

      Hapus
  53. saya memilih 1, 4, 5, 10, dan 11. Alasan saya memilih 5 hal tersebut karena;
    1.Pekerjaan yang menarik dapat memotifasi saya dan menantang dalam bekerja
    4. kesempatan untuk maju menjadi dasar saya melakukan pekerjaan dengan baik agar dapat di promosikan untuk naik pangkat
    5. kesempatan untuk promosi juga mendukung kehidupan saya menjadi naik karena pendapatan saya menjadi meningkat
    10.saya suka untuk mempelajari hal-hal baru karena itu dapat membuat saya lebih rajin untuk bekerja
    11.setiap pekerjaan yang saya lakukan harus dilakukan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh agar hasil yang dihasilkan dapat maksimal.

    BalasHapus
  54. 1. Suatu pekerjaan yang menarik
    2. Seorang atasan yang baik
    3. Tanggung jawab dalam pekerjaan
    4. Kondisi kerja yang baik
    5. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru

    berikut adalah 5 poin yang mempengaruhi kinerja saya secara signifikan, walaupun bukan di sebuah perusahaan melainkan di sebuah organisasi

    1. Pekerjaan yang menarik
    siapa yang tidak suka pekerjaan yang menarik, setiap hari di penuhi pengalaman baru. saya pun tidak akan pernah bosan dikarenakan pekerjaan tersebut menarik
    2. Seorang atasan yang baik
    seorang atasan yang baik menurut saya adalah seseorang yang dapat memimpin sebuah perusahaan dengan mengetahui seluk beluk perusahaan dan setiap karakter anak buahnya
    3. Tanggung jawab dalam pekerjaan
    Dari yang selama ini saya rasakan dalam organisasi, setiap orang akan merasa lebih di hargai dan ter-akui keberadaannya, sehingga menciptakan sebuah atmosfir yang baik dalam lingkungan pekerjaan
    4. Kondisi kerja yang baik
    Jelas kondisi tempat kerja merupakan salah satu hal yang signifikan dalam progress sebuah kinerja para karyawan, siapa yang mau bekerja pada tempat kerja yang kotor dan bau??
    5. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Bagi saya, Manusia adalah makhluk yang selalu ingin tahu, tidak pernah puas, oleh karena itu setiap manusia harus mempelajari sesuatu yang baru setiap saat, selain karena tuntutan jaman, juga tuntutan pekerjaan itu tesebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menanggapi pernyataan saudara adrian di point yang ke4.
      Menurut saya kondisi tempat kerja yang anda contohkan bau dan kotor itu hanya sedikit pengaruhnya, tidak berdampak besar/berkelanjutan terhadap kinerja anda. Jika hal itu terjadi dan anda langsung memberitahukannya, biasanya pihak CS langsung menanggapi dan segera membersihkannya. Bagaimana dengan point ke-9? Aturan, peraturan, prosedur di perusahaan bukankah lebih penting dan dampaknya besar bagi masa depan/kemajuan pekerjaan anda di perusahaan tersebut?

      Hapus
  55. Sy memilih 5 diantar 12 yaitu terdiri dari
    1) Suatu pekerjaan yang menarik
    Suatu pekerjaan yang menarik dapat membangkitkan semangat kerja saya karena apabila pekerjaan yang saya hadapi diperusahaan sesuai dengan keinginan walaupun itu susah, tentunya akan mudah untuk dikerjakan
    2) Alasan yang baik
    ketika didalam suatu organisasi dimana kita sebagai bawahan yang mempunyai atasan yang baik tentunya kita merasa nyaman dalam bekerja karena akan mendukung pekerjaan yang kita kerjakan dengan memberikan infrastruktur yang lengkap
    3) Pengakuan dan penghargaan yang saya lakukan, karena ketika seorang pimpinan perusahaan memberikan pengakuan dan penghargaan atas suatu pekerjaan yang saya kerjakan dengan baik tentunya akan membangkitkan semangat kerja saya dan menganggap bahwa apa yang saya lakukan terhadap organisasi tidak sia-sia
    4) Kesempatan untuk maju, dengan adanya kesempatan untuk maju pastinya akan membuat saya untuk selalu termotivasi dalam mengerjakan pekerjaan dengan baik.
    5) Keamanan atau kepastian pekerjaan , karena sebagai seorang pekerja tentunya sangat membutuhkan keamanan pekerjaan dan kepastian pekerjaan, tanpa adanya keamanan dan kepastian pekerjaan pastinya akan membuat pekerja merasa panik.

    BalasHapus
  56. saya akan memilih no 3, 4, 8, 9, 12
    Alasan saya adalah ketika adanya suatu pengakuan, maka ada suatu kepastian bahwa pejerjaan yang saya lakukan dan kinerja yg saya hasilkan akan diakui dan dihargai. jika ada kesmpatan tambahan untuk maju dapat membuat kinerja saya terus berkembang karena di depan saya sudah jelas ada suatu peningkatan karir masa depan saya. saya akan lebih dapat berkinerja dengan baik jika di perush ada sistem yang jelas melalui peraturan dan prosedur yang ada serta keamanan kerja yang terjamin. namun hal-hal diatas akan dapat berjalan dengan baik ketika saya merasakan kondisi kerja yang kondusif.jika kondisi kerja tdk baik, maka hal-hal diatas tidak akan dpt dilakukan scr optimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara yefta. selain seperti yang telah dijelaskan. saya hanya ingin menambahkan bahwa seseorang akan memiliki niat dan kecintaan terhadap pekerjaan tersebut apabila dia mendapat dukungan mental dan fasilitas yang memadai dari perusahaan tersebut. terima kasih

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat saudara Yefta dan saya ingin menambahkan jika karyawan juga akan berkinerja dengan baik jika terdapat support secara eksternal dan internal dari karyawan tersebut. Dalam hal ini internal yg dimaksud adalah keluarga. Sedangankan untuk eksternal nya adalah fasilitas dari perusahaan. terima kasih.

      Hapus
  57. 1.suatu pekerjaan yang menarik
    pekerjaan yang menarik pasti mendasari kita untuk berkinerja dengan baik apalagi kita mencintai pekerjaan tersebut pasti kita tak akan pernah bosan dengan pekerjaan tersebut

    2.seorang atasan yang baik
    seorang atasan yang baik pasti dapat memotivasi kita untuk berkinerja dengan baik karena kita pasti malu bila mendapat atasan yang baik tapi kita tidak bisa berkinerja dengan baik

    4.kesempatan untuk maju
    saya selalu berpikir ingin lebih maju dari sebelum nya dan apalagi saya memiliki kesempatan untuk itu pasti saya lebih termotivasi untuk bekerja keras.

    9.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    apabila perusahaan terlalu ketat dalam membuat peraturan pasti saya akan tidak enjoy,akan tetapi bila perusahaan mempunyai kebijakan atau peraturan yang tepat saya akan merasa lebih enjoy untuk melakukan pekerjaan tersebut

    10.Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    saya senang mempelajari hal-hal yang baru karena menurut saya life is adventure semakin banyak hal yang kita pelajari semakin banyak pula pengalaman yang kita dapatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan 5 pilihan saudara antonius schubert, kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru ini lah yang membuat karyawan merasa tidak bosan karena mereka selalu mendapat tantangan baru sehingga mereka termotivasi untuk bekerja lebih baik.

      Hapus
  58. ellyana resty ( KELAS D )

    dari pilihan di atas saya memilih nomer 1,7,8,10 dan 12

    1. pekerjaan yang menarik
    dengan pekerjaan yang menarik saya jadi mendapat semangat untuk melakukan hal yang baru. selain itu juga dapat mengurangi rasa bosan saya terhadap pekerjaan yang saya lakukan.

    7. tanggung jawab dalam perkerjaan
    dengan tanggung jawab dalam pekerjaan yang saya lakukan,saya jadi dapat mengukur batas maksimal dalam pekerjaan yang saya lakukan. selain itu saya lebih bisa memahami sepenting apa pekerjaan yang saya lakukan.

    8. kondisi kerja yang baik
    dengan kondisi kerja yang baik seperti lingkungan tempat kerja,kebersihan dan hubungan para karyawannya membuat saya bisa lebih bersemangat dalam menjalani pekerjaan saya. dengan demikian akan dapat memunculkan atmosfir yang baik.

    10. kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    kesempatan ini dapat membantu saya dalam menambah pengetahuan dan tentunya memberikan pengalaman baru.

    12. keamanan atau kepastian pekerjaan
    hal ini sangat penting untuk manjamin kepastian pekerjaan yang saya lakukan. sehingga dengan adanya jainan tersebut dapat meningkatkan kualitas kinerja saya.

    BalasHapus
  59. Menurut saya kelima hal di bawah ini yang penting:
    3. Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Pengakuan dan penghargaan penting sebagai salah satu bentuk motivasi yang diberikan organisasi kepada karyawan yang berprestasi.

    4. Kesempatan untuk maju.
    Promosi bagi karyawan berprestasi, memberikan training, adalah bentuk lain dari motivasi yang juga penting bagi karyawan.

    9. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    Diperlukan agar karyawan tidak bingung dengan lingkungan kerja organisasi karena semua hal telah diatur dengan jelas.

    10. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Bagi karyawan yang mengutamakan kepentingan jangka panjang, kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru sangat penting bagi pengembangan karier karyawan.

    12. Keamanan atau kepastian pekerjaan
    Pekerjaan yang jelas jobdesc-nya serta keamanan terjamin akan lebih membuat aman dan nyaman bagi karyawan.

    BalasHapus
  60. Agnes Maria Hartono – Kelas D
    1. Suatu pekerjaan yang menarik
    2. Seorang atasan yang baik
    3. Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    4. Tanggung jawab dalam pekerjaan
    5.Keamanan atau kepastian pekerjaan

    saya memilih kelima point di atas karena saya menganggap bahwa kelima point tersebut merupakan point-point yang paling penting. saya akan menjelaskan mengapa kelima point tersebut saya pilih sebagai kelima point yang penting yang dapat meningkatkan kinerja dalam dunia kerja saya.

    1. suatu pekerjaan yang menarik.
    tentu ini merupakan point yang penting. sesuatu yang menarik adalah sesuatu yang baru yang belum pernah saya temui atau lakukan. jika pekerjaan itu mengandung sesuatu atau pekerjaan itu memang jenis pekerjaan yang membuat saya tertarik, saya akan lebih giat bekerja untuk memenuhi rasa keingin tahuan saya, dengan demikian saya akan lebih menguasai pekerjaan yang saya rasa menarik tersebut. Lalu , dengan pekerjaan yang menarik tersebut, saya memiliki kesempatan untuk maju(point nomor 4 dari 15). kesempatan itu datang dari ketertarikan saya dengan pekerjaan itu. semakin saya tertarik, semakin saya berkesempatan untuk maju lebih baik daripada saingan-saingan saya karena memang pada hal atau pekerjaan tersebut saya tertarik, dengan kata lain saya akan bekerja lebih dari kinerja orang lain yang menganggap bahwa pekerjaan tersebut hanya biasa saja.

    2. Seorang atasan yang baik.
    jika saya memulai masuk di dalam dunia kerja, maka pengalaman yang saya dapatkan selama ini masih sangat kurang karena sampai sekarang saya belum pernah menyentuh dunia kerja secara profesional. Seorang atasan yang baik pasti sangat dibutuhkan untuk dapat membimbing saya yang kurang berpengalaman menjadi seorang yang ahli di bidangnya. seorang atasan yang baik akan selalu membagi pengalaman kerjanya kepada junior sehingga junior tersebut tidak perlu mengulang kesalahan / kekeliruan yang pernah dialami oleh atasannya, dengan begitu junior tidak perlu membuang waktu untuk memperbaiki kesalahan yang telah dibuat oleh atasannya. selain itu , seorang atasan yang baik pasti dapat membuat suasana atau kondisi lingkungan kerja yang baik(point no 8 dari 15 point). seorang atasan yang baik tahu betul bagaimana memanage orang-orang atau junior-junior nya untuk dapat bekerja secara maksimal, bukan hanya asal menyuruh. selain itu juga, seorang atasan yang baik dapat memberikan kesempatan kepada kita untuk mempelajari hal-hal yang baru(berdasarkan pengalaman dari atasan). sang atasan dapat memberikan masukkan kepada kita yang kurang berpengalaman dengan pengalaman yang telah dirasakan oleh sang atasan kita sehingga kinerja kita akan menjadi lebih baik.

    3.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    pertama kali kita bekerja, pasti kita akan diberikan pengetahuan mengenai aturan, prosedur dan kebijakan perusahaan dimana tempat kita bekerja. kalau memang semua yang disusun oleh perusahaan adalah penyusunan yang baik , maka kita akan bekerja dengan tenang karena perusahaan tersebut memang memiliki masa depan yang baik. sebuah perusahaan , masa depannya ditentukan dari visi misi peraturan yang dibuat di depan, bagaimana perusahaan tersebut akan berjalan dan apa ekspektasi dalam jangka waktu kedepan. salah satu contoh kebijakan perusahaan yang tepat yaitu Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan(point no 3 dari 15 point). penghargaan atau pengakuan atas kinerja saya tentu akan meningkatkan semangat saya dalam bekerja, bukan hanya dalam pemberian dalam bentuk harta saja tetapi juga pujian. kita akan merasa bahwa pekerjaan yang telah kita lakukan selama ini tidak sia-sia atau dengan kata lain Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasi(point no 11 dari 15 point)

    karena tidak cukup , saya lanjutkan di pos berikutnya

    BalasHapus
  61. lanjutan dari komen di atas

    4. tanggung jawab dalam pekerjaan
    tentu saja ini merupakan salah satu point yang penting, mengapa? karena sama halnya dengan aturan , peraturan , prosedur, kebijakan(point di atas). tanggung jawab apa yang kita harus lakukan dalam pekerjaan ? job desc apa yang kita terima jika kita bekerja di bagian dan di perusahaan tersebut. jika kita memiliki job desc yang jelas, maka kita akan merasa bahwa pekerjaan yang kita pilih tidak salah, akan semakin giat dan semangat untuk melakukan pekerjaan kita. kita tidak perlu takut bahwa kita melakukan pekerjaan yang salah karena semuanya ada di dalam job desc tersebut.
    5.Keamanan atau kepastian pekerjaan
    sebagai seorang perempuan, tentu ini merupakan yang paling penting. keamanan dan kepastian pekerjaan. saya tidak ingin bahwa saya akan mendapatkan gaji besar, tetapi keamanan tidak ada kepastian dan pekerjaan yang saya akan lakukan tidak jelas. sama saja halnya dengan ikut sebuah bisnis yang tidak memiliki masa depan yang baik , bahkan lebih ke arah membahayakan. sebetulnya ini berhubungan dengan point no 3 yang saya pilih. dengan adanya point no 3 , seharusnya kita sudah dapat menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak cocok untuk kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pernyataan agnes yang pertama suatu pekerjaan yang menarik dapat menimbulkan keingintahuan seseorang dan orang cenderung lebih termotivasi melakukan pekerjaan tersebut,yang kedua Seorang atasan yang baik memang sangat perlu bagi para karyawan karna apabila atasnnya sudah tidak menunjukkan perilaku yang baik maka perilaku tersebut akan menular ke para bawahannya,poin ke 3 Aturan dalam perusahaan memang harus jelas dan tepat agar para karyawan mengetahui secara benar aturan tersebut.namun di poin keempat saya lebih memilih untuk pengakuan dan penghargaan hasil usaha kita karna penghargaan tersebut akan sangan memacu motivasi dari para bawahan untuk dapat lebih semangat dan memiliki target yang lebih agar mereka dapat merasakan hasil dari upaya yang mereka kerjakan selama ini.poin kelima saya setuju apabila keamanan dan kepastian pekerjaan tidak didapat para karyawan pasti akan sangat risau dalam bekerja dan berpikir ulang untuk masuk ke perusahaan tersebut atau dapat juga karyawan tidak termotivasi pada saat bekerja dan malas-malasan.

      Hapus
  62. 1. Suatu Pekerjaan yang menarik
    2. Seorang atasan yang baik
    3. Kesempatan utk maju
    4. Kondisi kerja yang baik
    5. Kesempatan mempelajari hal" yg baru

    alasan-alasan:

    1. Suatu pekerjaan yang menarik mampu mengembangkan skill kita dan apabila pekerjaan itu menarik sebagai pekerja pasti akan mengerjakan dengan senang hati tanpa beban dan hasil kerja tersebut menjadi totalitas.

    2. Atasan yang baik juga berpengaruh bagi saya apabila dalam perusahaan. Siapa yang betah bila atasan yang tidak baik terhadap karyawannya seperti seorang atasan mencari kesalahan kepada pegawai, seorang atasan semaunya sendiri, dll

    3. Adanya kesempatan untuk maju. Bagi seorang karyawan ini merupakan salah satu motivasi untuk berkinerja dengan baik. Siapa yang karirnya tidak ingin maju? Semua pasti menginginkan karirnya maju utk masa depan.

    4. Kondisi kerja yang baik juga faktor yang harus diperhitungkan apabila ingin berkinerja dengan baik. Kondisi yang baik disini adalah ruang kerja yang bebas dari bau rokok dsb, tempat kerja yang rapi, nyaman, sejuk.

    5. Mencoba hal" yang baru. Keingin tahuan manusia itu sangat tinggi dan seperti yang sudah diketahui bahwa manusia tidak pernah puas akan hasil yang diperoleh dan juga manusia memiliki titik jenuh. Maka dari itulah diperlukan hal" bar dalam menunjang hasil kinerja.

    Agung Wijaya (3103011078 kls B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang diberikan oleh saudara agung,karena kita dalam mencari pekerjaan yang diutamakan haruslah minat terhadap pekerjaan tersebut, kalau pekerjaan yang kita tekuni merupakan minat kita sendiri cenderung kita dalam bekerja tidak bosan, selain itu didukung dengan seorang atasan yang baik yang juga akan menambah ketekunan kita dalam bekerja dan berusaha untuk lebih maju / lebih mengembangkan inovasi dalam suatu perusahaan.

      Hapus
  63. 1.suatu pekerjaan yang menarik
    karena jika kita mendapat pekerjaan yang menarika kita tidak akan bosan melakukan pekerjaan tersebut berulang-ulang kali dan pekerjaan yang kita lakukan akan menjadi maksimal.
    2.seorang atasan yang baik
    jika atasan kita tidak baik maka kita tidak akan betah berkerja di dalam perusahan tersebut.
    3.pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    jika kita di akui dan d hargai dalam suatu perusahan berarti itu akan menjadi suatu motivasi bagi kita untuk meningkatkan kinerja kita.
    8.kondisi kerja yang baik
    karena jika lingkungan kerja kita baik maka kita akan merasa nyaman berkerja dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  64. 7.tanggung jawab dalam pekerjaan
    jika kita tidak di beri tanggung jawab dalam suatu pekerjaan kita pasti akan berkerja dengan tidak sungguh-sungguh(ngawur)

    postingan yang sebelum kurang 1 pak.
    terima kasih

    BalasHapus
  65. menurut saya, yang akan saya utamakan adalah:
    1. suatu pekerjaan yang menarik, alasannya karena dengan melakukan pekerjaan yang menarik maka segala bentuk pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar.
    4. kesempatan untuk maju, alasannya karena dengan begitu maka keterampilan atau skill akan berkembang.
    7. tanggung jawab dalam pekerjaan, alasannya karena bila pekerjaan dilakukan dengan tanggung jawab maka pekerjaan akan cepat selesai sebelum deadline waktu yang diberikan.
    8. kondisi kerja yang baik, alasannya dengan kondisi kerja yang baik maka akan berdampak pada kinerja pekerjaan yang dilakukan.
    12. keamanan atau kepastian pekerjaan, alasannya karena dengan sudah terjamin dalam pekerjaan maka tidak akan kuatir sehingga membantu dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan tenang dan enjoy.

    BalasHapus
  66. Saya pilih nomor 1,2,3,8,11
    No 1) karena kalu pekerjaan bisa membuat semangat bekerja
    No 2) karena atasan yang baik membuat saya betah bekerja
    No 3) karena saya mendapat pekerjaan dan penghargaan saya tidak dianggap tidak sia-sia
    No 8) karena kondisi itumenetukan tingkat keberhasilan
    No 11) krn keberhasilan merupakan sebuah kebanggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kpd Sdr. Abidi secara lebih detail mengenai kondisi yang menentukan tingkat keberhasilan, kondisi yang baik yang seperti apa yang Anda maksud sehingga dapat menentukan tingkat keberhasilan? Kemudian standar keberhasilan seperti apa yang dapat membuat Saudara merasa bangga?
      Juga, bagaimana menciptakan semangat kerja agar pekerjaan yang menarik tsb dapat kita kerjakan secara maksimal?
      Meringkas jawaban Saudara, saya kurang menemukan antusiasme terhadap pekerjaan yang akan ditekuni karena kurangnya rasa memiliki dan mencintai pekerjaan dan tanggung jawab Saudara. Bagaimana menciptakan antusiasme terhadap pekerjaan yang ditekuni sehingga tidak menjadikan beban bagi SDM?

      Hapus
  67. saya memilih no 1,2,4,9,12 karena menurut saya
    no 1#pekerjaan yang menarik akan membuat kita tidak bosan dengan pekerjaan kita dan kita juga dapat melakukan pekerjaan itu setiap harinya dengan lebih bersemangat
    no 2#atasan yang baik merupakan salah satu alasan yang kuat untuk saya betah dalm bekerja karena jika atasan di perusahaan saya baik dan perhatian dengan pegawainya. pegawai mana yang tidak akan betah jika diperlaukan dengan baik di tempat kerjanya.
    no 4#kesempatan untuk maju, dalam berkarir siapa sih yang tidak ingin terus maju dan mencapai kesuksesan karena kita bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi jika kita tidak bisa maju dalam perusahaan lama-kelamaan kita akan bosan dengan pekerjaan kita karena tidak adanya kesempatan untuk maju dan berkembang.
    no 9# aturan,peraturan,prosedur dan kebijakan perusahaan yang sesuai dengan kita merupakan konsep agar kita bisa tetap tinggal dan enjoy melakukan pekerjaan karena kita merasa bahwa perusahaan ini memiliki aturan dan prosedur yang cocok dengan kita dan membuat kita meresa nyaman.
    no 12# keamanan dan kepastian pekerjaan merupakan hal yang paling utama saat kita melakukan pekerjaan dimana tidak ada pegawai yang mau bekerja ditempat dimana dia tidak merasa aman dan pasti karena tidak mungkin kita bisa bekerja dengan baik di suatuekerjaan jika kita merasa was-was dan tidak tenang dengan pekerjaan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari winda karena menurut saya jika kita sendiri tidak nyaman dalam dunia kerja kita maka kita sendiri akan merasa bosan. begitupula dengan atasan kita yang ramah, menghargai kita dan tidak memperlakukan kita dngan semena-mena makakita sendiri akan merasa lebih nyaman. disamping itukita juga mendapatkan keamanan dan kepastian kerja

      Linda Puspita Sari/A

      Hapus
  68. Menurut saya, yang saya pilih adalah sebagai berikut :
    - Suatu pekerjaan yang menarik
    Jelas, karena dengan adanya pekerjaan yang menarik akan membuat saya semangat dalam bekerja karena tidak akan bosan atau jenuh.
    - Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Pengakuan dan penghargaan untuk sebuah kinerja menurut saya sangat penting untuk diberikan. Karena dengan begitu seseorang akan menjadi bangga akan kinerja yang telah dicapai dan akan berkinerja lebih baik lagi.
    - Kesempatan untuk maju
    Sangat jelas, karena sejauh ini saya sangat tertarik untuk sesuatu hal yang dapat membuat saya maju.
    - Hidup pribadi yang memuaskan
    Saya bekerja agar kebutuhan saya dapat terpenuhi. Tentu saja jika suatu pekerjaan kurang membuat saya puas, saya kan mencari pekerjaan lain yang dapat mencukupi kebutuhan saya.
    - Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Hal yang terakhir ini sangat pasti saya pertimbangkan. Karena saya adalah pribadi yang menyukai hal-hal baru yang belum pernah saya lakukan.

    BalasHapus
  69. Saya memilih nomor 1, 4, 8, 9, 10
    Alasannya adalah karena jika saya memiliki pekerjaan yang menarik serta di dukung oleh kondisi kerja, aturan dan prosedur yang tepat maka akan membuat saya memiliki pemahaman bahwa pekerjaan saya adalah pekerjaan yang membuat saya senang sehingga saya juga mendapatkan hal-hal baru yang dapat di pelajari dan memerikan saya kesempatan untuk lebih maju dari sebelumnya.

    BalasHapus
  70. Saya setuju dengan pendapat ivan budiono tjiputra karena jika memiliki pekerjaan sesuai maka apa yang kita kerjakan akan kita kerjakan dengan sepenuh hati.

    BalasHapus
  71. Saya memilih:
    -Seorang atasan yang baik
    -Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    -Hidup pribadi yang memuaskan
    -Pekerjaan bergengsi atau status
    -Keamanan atau kepastian pekerjaan

    alasannya karena dengan atasan yang baik dapat membantu kita agar dapat bekerja lebih baik dan lebih menghargai hasil kinerja yang kita kerjakan
    kemudian hidup pribadi yang memuaskan akan memberi kita kepuasan tersendiri dan dapat membantu kita untuk bekerja lebih baik lagi
    dan keamanan yang di berikan dapat membuat kita merasa nyaman dan tenang

    BalasHapus
  72. -Suatu pekerjaan yang menarik
    pekerjaan yang menarik dapat membuat saya tidak gampang bosan dan membuat saya menyenangi pekerjaan saya
    -Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    menurut saya hal ini termasuk hal yang penting karena bila saya mendapakan pengakuan dan penghargaan itu akan memacu saya untuk lebih semangat bekerja
    -Kesempatan untuk maju
    dalam suatu bekerjaan tentu saya tidak ingin hanya stak di posisi itu-itu saja, saya otomatis mau lebih maju dan saya mau dipekerjaan saya nanti saya mendapatkan hal-hal yang dapat membuka kesempatan saya untuk lebih maju
    -Kondisi kerja yang baik
    hal ini sanagt penting bagi saya karena bila kondisi kerja saja tidak baik bagaimana mau berkembang dengan kondisi yang tidak menyenangkan, akan lebih mampu berkembang bila kondisi kerja baik dan nyaman
    -Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    kalo aturan,prosuder, dan kebijakan perusahaan sesuai dengan kita harapkan,maka akan membuat kita lebih nyaman bekerja

    BalasHapus
  73. 1.Suatu pekerjaan yang menarik
    2.Seorang atasan yang baik
    3.Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    4.Pekerjaan yang saya lakukan dengan baik dan berhasil
    5.Keamanan atau kepastian pekerjaan

    suatu pekerjaan yang menarik dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas saya karena saya dapat mengerjakannya dengan senang hati tnapa terbebani.

    seorang atasan yang baik sangat berpengaruh bagi saya karena dengan menpunyai atasan yang baik makasayapun akan diperlakukan dengan baik.dengan demikian saya dan karyawan yang lain akan lebih nyaman dalam pekerjaannya.

    dengen adanya kesempatan untuk dapat mempelajari hal baru saya akan bisa menngkatkan kinerja dan dapat menambah pengalaman- pengalaman yang saya miliki.

    dengan adanya Keamanan atau kepastian pekerjaan maka saya akan lebih bisa percaya dan merasa lebih nyaman dalam bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjutan..
      dengan saya melakukan suatu pekerjaan yang saya lakukan dan berhasil maka saya akan lebih bersemangat dalam bekerja karena saya merasa tidak sia sia dalam bekerja. dengan demikian saya akan lebih memacu diri saya untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

      Hapus
  74. - suatu pekerjaan yang menarik
    Karena dapat membuat saya lebih tertantang dan mengerjakan pekerjaan itu dengan semangat
    - kondisi kerja yang baik
    Karena dengan kondisi kerja yang baik akan membuat saya merasa nyaman dan dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik
    - keamanan atau kepastian kerja
    Karena dengan keamanan atau kepastian kerja dapat membuat saya merasa aman dan melakukan pekerjaan tanpa adanya kekawatiran akan terjadinya sesuatu yang tidak - tidak
    - seorang atasan yang baik
    Karena dapat memotivasi, yang dimaksud adalah seorang atasan yang dapat membantu seorang bawahannya dalam hal pekerjaannya agar dapat bekerja dengan maksimal dan dapat memberi dorongan serta motivasi ketika bawahannya sedang mengalami tekanan atau kesusahan dalam pekerjannya
    -pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Karena saya merasa senang pekerjaan yang saya lakukan itu dihargai dan menjadi lebih semangat untuk melakukan pekerjaan selanjutnya dengan baik dan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  75. 1. suatu pekerjaan yang menarik
    karena membuat saya bekerja dengan lebih bersemangat dan membuat saya bekerja secara optimal.

    2. atasan yang baik
    karena saya bekerja dan bertanggung jawab kepada atasan saya. atasan yang baik dan mendukung akan membuat kinerja saya lebih optimal. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi kerja. namun saya lebih memilih atasan yang baik karena saya bertanggung jawab kepada atasan, bukan kepada karyawan-karyawan lain di sekitar saya.

    3. kesempatan untuk maju
    Apabila dalam perusahaan terbuka lebar kesempatan untuk maju maka saya akan lebih termotivasi dalam bekerja.

    4. kesempatan untuk mempelajari hal - hal baru
    Hal ini meningkatkan motivasi saya dalam bekerja karena saya merasa semakin berkembang apabila saya sering belajar hal - hal baru yang berguna dalam perusahaan tersebut. Saya merasa value diri saya bertambah dan merasa tidak sia - sia bekerja di perusahaan tersebut.

    5. kepastian dan keamanan kerja
    saya akan merasa nyaman dalam bekerja apabila keamanan saya terjamin dan kepastian pekerjaan yang saya lakukan tidak melanggar norma - norma dalm masyarakat seperti menipu orang, memeras orang, dll.

    BalasHapus
  76. 1.Suatu pekerjaan yang menarik
    Karena bila memiliki suatu pekerjaan yang menarik akan membuat saya bekerja dengan semangat dan bekerja dengan sebaik-baiknya

    3.Pengakuan dan penghargaan untuk kerja yang saya lakukan
    Sebagai karyawan saya juga ingin mendapat pengakuan dan penghargaan dalam bekerja agar usaha yang saya kerjakan bisa saya rasakan dengan pengakuan dan penghargaan tersebut

    8.Kondisi kerja yang baik
    Mendapat kondisi kinerja yang baik didasari dari semangat dan juga pujian dari atasan agar kinerja saya semakin baik di perusahaan

    9.Aturan, peraturan, prosedur, dan kebijakan perusahaan yg tepat
    Bila saya melanggan peraturan sebaiknya saya dan karyawan yang melanggan mendapatkan sanksi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama

    10.Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru
    Memperoleh dan mempelajari hal-hal baru itu sangat mahal harganya jadi bila perusahaan memberikan sebuah pelatihan dan juga kesempatan untuk meningkatkan kinerja, saya akan menerima kesempatan itu untuk meningkatkan soft skill dan hard skill saya

    BalasHapus
  77. 1. suatu pekerjaan yg menarik (ketika saya memiliki suatu pekerjaan yang menarik menurut saya, saya akan bekerja dgn semangat karena saya merasa tertantang dengan adanya pekerjaan tsb)
    2. seorang atasan yg baik (ketika dalam bekerja, menurut saya, saya ingin memiliki atasan yg dapat berkomunikasi dgn baik kpd para bawahannya dgn memberikan semangat, dukungan, dan membantu ketika para karyawannya mengalami kesusahan, serta tidak membedakan antara atasan-karyawan)
    4. kesempatan untuk maju (setiap karyawan pasti ingin memiliki kesempatan unt maju, unt memiliki tingkat kinerja yg lebih tinggi dan dapat memberikan motivasi kpd saya)
    8. kondisi kerja yg baik (kondisi kerja yg baik menurut saya adl lingkungan dalam perusahaan tsb, jika lingkungan kerja yg baik maka memberikan saya semangat dan dapat bekerja yg baik pula serta rekan kerja yg juga ramah)
    10. kesempatan unt mempelajari hal baru (dengan kesempatan mempelajari hal baru, memberikan saya pengalaman dan pembelajaran kpd saya dan dapat meningkatkan kinerja saya)

    BalasHapus