SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 09 Februari 2013

Keluar atau Bertahan (Bahan Diskusi III Genap 2013)


Seseorang yang bekerja pada suatu organisasi bisnis selalu dihadapkan pada 2 pilihan yaitu bertahan dalam organisasi tersebut atau memutuskan untuk meninggalkannya. Andaikan saat ini Saudara telah bekerja, sebutkan dan jelaskan alasan-alasan  yang dapat membuat Saudara memutuskan untuk bertahan dan alasan-alasan apa yang sebaliknya membuat Saudara memutuskan untuk meninggalkan organisasi tersebut. Harap diperhatikan bahwa alasan-alasan tersebut adalah yang terkait dengan organisasi dan bukan karena sesuatu yang terkait dengan diri pribadi Saudara (misalnya: ingin punya usaha sendiri).

Selamat Berdiskusi…..

147 komentar:

  1. Baik, saya percaya bahwa setiap individu memiliki keinginan untuk mampu mengembangkan potensi dan karir dalam hidupnya. Berkaitan dengan materi kali ini, apabila saya menempatkan diri saya sebagai SDM, maka beberapa yang membuat saya bertahan adalah, bisa dikarenakan iklim kerja yang baik, gaji yang sepantasnya, organisasi yang mendukung karir saya kedepan atau minimal saya berada atau ditempatkan pada posisi dengan tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan saya atau menarik bagi saya untuk mencoba hal tersebut.

    Kemudian beberapa hal yang dapat menyebabkan saya memilih untuk keluar adalah, karena visi dari perusahaan tidak sesuai dengan visi saya, kemudian lingkungan kerja yang tidak kondusif, seringnya keterlambatan dalam hal pemenuhan tanggung jawab terhadap karyawan dan apabila ada tawaran yang lebih baik dan lebih menjanjikan dari instansi lain yang saya nilai mampu untuk lebih mengembangkan karir saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju pendapat eric hendrwan bahwa bila kita bertahan di suatu perusahaan pasti halbutama yg kita pertimbangkan adalah materi yang diberikan oleh perusahaan kepada kita...
      Tidak mungkin kiya bertahan bila gajo yg diberikan perusahaan tidak dapt memenuhi kehidupan kita

      Saya juga setuju bila saya akan keluar bila ada perusahaan lain yang menawarkan lebih baik dan disana saya lebih dihargai seta dengan saya berpindah akan membuat pengembangan diri saya.

      Hapus
  2. Jika saya telah bekerja, berikut adalah alasan-alasan yang dapat membuat saya memutuskan untuk bertahan dan alasan-alasan apa yang sebaliknya membuat saya memutuskan untuk meninggalkan perusahaan/ organisasi
    Alasan seseorang bertahan dalam organisasi ialah:
    1. Lingkungan kerja yang mendukung
    2. Waktu kerja yang fleksibel
    3. Budaya perusahaan yang sesuai
    4. Terbukanya peluang untuk berkarir di perusahaan
    5. Adanya penghargaan atas perkerjaan yang telah di selesaikan karyawan seperti bonus, pengakuan dll.
    6. Tantangan kerja yang menarik
    7. Tempat kerja atau lokasi kerja yang mudah di akses oleh kendaraan umum.
    Alasan seseorang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan:
    1. Letak atau lokasi perusahaan yang jauh dari rumah atau tempat tinggal
    2. Lingkungan perusahaan yang tidak mendukung
    3. Kurang bersahabatnya rekan kerja di perusahaan
    4. Tidak adanya kebebasan otonomi dalam mengambil keputusan.
    5. Tidak adanya tantangan kerja yang diberikan
    6. Gaji yang tidak sesuai dengan UMK (upah minimum kerja)
    7. Jaminan atau tunjangan yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan yang diinginkan.
    8. Pekerjaan yang dikerjakan sekarang tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan komentar Saudari Anggie ...
      Saya ingin menambahkan juga..
      Apabila saya menjadi seorang SDM pada perusahaan. Yang membuat saya bertahan dalam perusahaan yaitu:
      1. Lokasi Kerja yang tidak jauh dari Rumah saya
      2. Waktu kerja yang fleksibel
      3. Gaji yang sesuai
      3. Lingkungan Kerja yang menyenangkan (Atasan dan teman kantor dapat berhubungan baik dengan saya)
      4. Mendapatkan penawaran unik dari perusahaan misal : bonus, cuti
      5. Mendapatkan Tunjangan dan pensiun.
      6. Mendapatkan istirahat selama kerja rodi dalam perusahaan seperti bermain 10 menit bermain facebook atau media sosial lainnya.
      7. Ada tawaran pengembangan diri dan pelatihan".

      Hapus
    2. Saya ingin menanggapi pendapat saudara Anggie,
      Menurut saudara, lingkungan kerja dan budaya perusahaan seperti apakah yang mendukung kinerja karyawan dan bagaimana cara perusahaan menciptakannya?

      Terima Kasih^^

      Hapus
    3. saya ingin bertanya kepada saudari anggie, mengapa kalau sudah tahu bahwa "letak atau lokasi perusahaan yang jauh dari rumah atau tempat tinggal" tetapi masih mau bekerja dalam perusahaan dan akhirnya tidak bisa bertahan karena hal itu?

      Hapus
    4. Kalau menurut pendapat Saya,
      A.Alasan-alasan yang membuat untuk meninggalkan organisasi tersebut adalah karena gaji yang lebih besar, Ada Penawaran Yang Lebih Baik, lingkungan kerja yang lebih nyaman, Tunjangan yang tidak memuaskan, Tidak menemukan kepuasan, Tanggung jawab yang berlebihan dan ingin mandiri.
      B.Alasan-alasan yang membuat Saya memutuskan untuk bertahan dalam organisasi tersebut adalah 1.Safety player (Terutama yang terjadi pada karyawan laki-laki yang telah berkeluarga. Rasa tanggung jawab sebagai kepala keluarga menjadikan karyawan pria bertahan dengan kondisi apapun yang ada di dalam perusahaan) 2. Tidak berani Gambling (Ketakutan di tempat lain lebih parah, karena dimanapun bekerja pasti min plus adanya. Yang ditakutkan di tempat baru lebih tidak nyaman!) 3. Malas Beradaptasi (Sudah pasti harus memulai dari awal semuanya baik sistem pekerjaan, orang-orang baru dengan berbagai karakter yang harus dipahami) 4. Ketakutan Akan Menemukan Hal Yang Sama (ketakutan jika menemukan atasan yang tidak menyenangkan. Atau teman kerja yang tidak seramah di perusahaan sebelumnya.)5.Akses Yang Mudah dan Murah (Akses ke kantor dan biaya juga menjadi pertimbangan apabila kita hidup di kota Metropolitan. Sebisa mungkin kerja kantor dan rumah sedekat mungkin, sehingga kita tidak stress di jalan, dan ongkos transport ter –cover ) 7.Belum menemukan Tempat Pengganti.

      Hapus
    5. Saya ingin menanggapai dari jawaban saudara terry: menurut anda bila gaji yang di tawarkan oleh perusahaan masih kurang sesuai dalam memenuhi kebutuhan keluarga anda, apakah yang akan anda harus lakukan:
      1. apakah anda masih tetap bertahan dalam perusahaan tersebut?
      2. Apakah anda harus keluar dan mencari pekerjaan yang lain?

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Terimakasih atas pertanyaan saudara yeni, saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudara mengenai mengapa karyawan yang "letak atau lokasi perusahaan yang jauh dari rumah atau tempat tinggal" tetapi masih mau bekerja dalam perusahaan dan akhirnya tidak bisa bertahan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya perkerjaan yang lokasinya berada di dekat rumah atau tempat tinggal sang karyawan, selain itu karena tuntutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang membuat sang karyawan menerima pekerjaan yang lokasi perusahaan jauh dari rumat atau tempat tinggalnya. Sehingga untuk mengatasi hal ini sang karyawan berkerja di perusahaan yang lokasinya jauh dari tempat tinggal sambil berusaha mencari pekerjaan baru yang lokasinya mungkin lebih dekat dengan rumah atau tempat tinggal.

      Hapus
    8. Terimakasih atas tanggapan dan pertanyaan dari saudara caroline. Lingkungan kerja dan budaya perusahaan yang mendukung kinerja karyawan ialah lingkungan yang memberikan rasa kekeluargaan dimana antar karyawan tercipta suasana yang kondusif dalam berkerja satu dengan yang lainnya tanpa ada rasa diasingkan oleh lingkungannya. Budaya perusahaan yang mendukung kinerja karyawan ialah budaya perusahaan yang lebih menitik beratkan pada kerja sama atau tolong menolong antar keryawan serta rasa menghormati antar sesama karyaawan. Cara perusahaan menciptakannya, mungkin dengan mengadakan kumpul-kumpul antar sesama karyawan berserta atasnya(seperti acara makan bareng dalam rangka memperingati hari jadi perusahaan, atau karyawan di fasilitasi sesuai dengan hobby yang mereka miliki).

      Hapus
  3. Alasan saya untuk tetap bertahan dalam organisasi adalah: Pekerjaan yang diberikan cocok dan sesuai dengan skill yang dimiliki oleh saya; Kebijakan perusahaan tersebut bagaimana memperlakukan karyawannya;Suasana kerja yang positif sehingga bisa membuat saya terpacu dan terdorong untuk mengerjakan yang terbaik untuk organisasi tersebut;Atasan mau mendengarkan dan menerima saran dan pendapat dari saya;sehingga saya merasa dianggap dan diakui oleh perusahaan. Lalu, alasan saya untuk meninggalkan organisasi adalah gaji yang diberikan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dijalaninya(pekerjaan berat digaji kecil);lingkungan kerja yang tidak membawa dampak positif bagi saya, tidak kuat dengan pekerjaan yang diberikan(stress)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju menurut anita, karena bila pekerjaan yang di berikan perusahaan cocok sesuai dengan skill dengan skill yang di miliki, bila tidak sesuai maka kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan itu dengan baik dan benar; kebijakan perusahaan memperlakukan karyawannya, suasana kerja juga mempengaruhi kita untuk tetap bertahan atau tidaknya bila perusahaannya tidak memperlakukan dengan baik maka otomatis kita tidak bisa merasa nyaman dengan adanya perlakuan yang tidak baik dengan karyawannya; atasan juga haus menerima pendapat atau saran ataupun sanggahan dari bawahan karena bisa jadi pendapat dari karyawan bisa menjadi motivasi untuk memajukan perusahaan ataupun lainnya.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat sdri. Anita, bahwa hal-hal yang anda sebutkan di atas memang benar sangat mempengaruhi motivasi dan kesetiaan seorang tenaga kerja dalam perusahaannya..Namun, satu hal yang saya mau tanyakan adalah, jika semua pekerjaan yang diberikan dan ditawarkan oleh perusahaan haruslah sesuai dengan skill karyawan tersebut, bukankah hal itu justru kurang dapat mengembangkan karyawan tersebut. Sebagai contoh, sering kali perusahaan akan memberikan/menawarkan posisi-posisi dan pekerjaan-pekerjaan yang cukup menantang dan terkadang merupakan suatu hal yang baru bagi si karyawan. Bagaimana menurut pendapat anda? terima kasih.

      Hapus
    3. Saya akan menanggapi pertanyaan dari saudari Melinda. Menurut saya, perusahaan boleh menawarkan pekerjaan yang menantang tetapi tidak keluar dari skill yang kita punya. Ketika perusahaan menawarkan pekerjaan yang menantang tetapi keluar dari skill yang dimiliki karyawannya, maka pekerjaan itu bisa jadi akan berantakan. Tetapi, ketika pekerjaan yang menantang itu sesuai dengan skill yang karyawan itu miliki dan perusahaan tahu sampai mana kemampuan karyawan itu. Jadi, karyawan tersebut dapat menerima kepercayaan, tanggung jawab, mengembangkan potensinya serta keseriusan kerja supaya hasilnya sesuai dengan harapan perusahaan. Perusahaan juga harus mengambil peran dalam memajukan dan meningkatkan perusahaannya, bisa memberikan pelatihan/pengembangan karir mereka.

      Hapus
  4. Alasan untuk tetap bertahan
    Lingkungan yang kondusif, rekan kerja yang dapat mendukung satu sama lain, hajjah yang besar, kesesuaian karakter saat kerja, memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir, perusahaan mendukung setiap apa yang akan kita lakukan untuk memajukan perusahaan, pemimpin perusahaan memiliki gaya kepemimpinan yang memperhatikan karyawan.
    Alasan untuk keluar perusahaan
    Pemimpin perusahaan melakukan tindakan semena mena, tidak ada kesempatan untuk dapat berkembang, rekan kerja yang tidak bersahabat, penurunan gaji, ketidakseriusan karakter kerja, kurang memiliki kompetensi di pekerjaan yang dikerjakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin bertanya kepada Sdri. Zella, apa yang Anda maksud dengan penurunan gaji? Apakah mungkin sebuah perusahaan menurunkan gaji seorang karyawan? Setahu saya, penurunan gaji tidak akan mungkin dilakukan oleh perusahaan selama perusahaan masih menginginkan memiliki SDM yang berkualitas karena penurunan gaji tidak akan menambah motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Lebih baik perusahaan memberhentikan karyawan tersebut dan menggantinya dengan SDM baru yg berkualitas agar output yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak sia-sia.

      Hapus
    2. Terima kasih atas pertanyaan saudari liviana maksudnya bukan semena-mena gaji diturunkan, namun perusahaan melakukan rasionalisasi gaji seperti karyawan A bergaji 5juta karyawan B 3juta dan karyawan C 2juta, lalu perusahaan mengambil keputusan untuk membuat semua karyawan memiliki gaji 2juta tiap karyawan

      Hapus
  5. hal yang membuat saya bertahan adalah pekerjaan saya itu adalah pekerjaan yang saya inginkan dan saya kuasai, tetapi tetap perlu adanya rotasi pekerjaan karena saya yakini pasti ada kejenuhan dalam melakukan pekerjaan meskipun pekerjaan itu yang saya inginkan dan kuasai. kedua sosialisasi dengan rekan kerja yang harmonis, pastinya dalam perusahaan tidak bekerja sendirian tetapi bekerja secara organisasi makanya perlu keharmosisan dalan rekan kerja.
    hal yang membuat meninggalkan perusahaan adalah menurut saya tidak terjadinya komunikasi yang baik dengan organisasi yang membuat kami tidak bisa bekerja dengan nyaman. terjadinya ketidak adilan dalam sesama karyawan yang membuat perasaan iri. atasan yang tidak pengertian atau tidak mau mendengar kritik dan saran saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syandi-3103011260
      saya setuju dan ingin menambahkan...
      menurut saya,jenis pekerjaan memang sangat mempengaruhi.Karyawan tidak akan merasa pekerjaannya banyak /berat jika dia menyukainya.Diterapkan sistem rolling dalam satu divisi atau antar divisi untuk melihat sejauh mana kemampuannnya dan memberikan tantangan berbeda namun tetap mempertimbangkan minat tiap-tiap pribadi. Contoh : seorang manajer redaksi sebuah perusahaan media massa lebih cocok dipindahkan ke bagian promosi atau public relations dibandingkan pemasaran.

      Hapus
  6. Alasan seseorang untuk tetap bertahan:
    1. Lingkungan organisasi yang mendukung serta nyaman.
    2. rekan kerja yang nyaman.
    4. Adanya kesempatan untuk naik jabatan
    5. tempat kerja yang menjangkau dari tempat tinggal
    Alasan karyawan meninggalkan sebuah organisasi perusahaan:
    1. Lingkungan perusahaan yang kurang mendukung dan kondusif.
    2. Tidak ada kepastian naik posisi jabatan.
    3. letak dan lokasi tempat kerja yang jauh dari tempat tinggal.
    4. Gaji yang tidak sesuai dengan UMK yang berlaku.
    5. Tidak adanya kompensasi yang diberikan oleh perusahaan.
    6. Tidak adanya kebebasan dalam mengambil keputusan.
    7. Tidak cocokya pekerjaan yang diberikan karena tidak sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maxell. Sanjaya A 3103011006
      Saya setuju dengan pendapat anda bahwa seseorang ingin tetap tinggal atau bertahan dalam suatu perusahaan tersebut tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif serta bagaimana rekan kerja kita ataupun ada gaji yang membuat seseorang tetap bertahan namun ada juga kalanya seseorang ingin meninggalkan suatu perusahaan dipengaruhi oleh keadaan yang tidak baik dalam lingkungan pekerjaan ataupun sudah merasa tidak ada kecocokan lagi dengan perusahaan ataupun rekan kerja , tentu masih sangat banyak faktor yang menentukan . Namun semua itu kembali kepada keinginan tiap individu apakah memilih tetap bertahan atau keluar daru perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara hartono secara umum, tapi mungkin untuk alasan kedua untuk bertahan dalam perusahaan tersebut kurang cocok karena rekan kerja yang nyaman lebih bersifat personal. terima kasih.

      Hapus
  7. Jika saya sebagai SDM, alasan saya untuk tetap bertahan adalah:
    1. Pekerjaan yang saya lakukan sesuai dengan keahlian yang saya miliki.
    2. Kondisi lingkungan kerja yang kondusif antara pekerja yang lain.
    3. Adanya peluang untuk mengembangkan karir dalam organisasi.
    4. Adanya keterbukaan antara atasan dan bawahan yang akan memudahkan komunikasi dalam pekerjaan.
    5. Mendapatkan gaji yang sesuai dengan kinerja yang telah kita capai.
    6. Budaya perusahaan yang baik.

    Alasan untuk meninggalkan perusahaan:
    1. Lingkungan kerja dan budaya perusahaan yang kurang kondusif.
    2. Tidak adanya peluang untuk berkembang.
    3. Gaji yang diberikan tidak sesuai dengan kinerja.
    4. Tidak terjadinya komunikasi yang baik dalam menunjang pekerjaan antar sesama SDM.
    5. Antara atasan dan bawahan ada pembatas sehingga masukan atau keluhan tidak dapat tersalurkan dengan baik.

    BalasHapus
  8. Dalam sebuah organisasi, saya tetap bertahan dikarenakan :
    a. Nama Perusahaan
    Perusahaan yang telah memiliki nama yang mana tidak akan terjadi hal – hal negative seperti kebangkrutan atau tetap ada dalam waktu jangka panjang.
    b. Lingkungan Internal dan Eksternal
    Lingkungan internal yang mendukung atau membantu dalam sistem organisasi kinerja perusahaan seperti komunikasi antar karyawan terjalin dengan baik, sedangkan lingkungan eksternal adanya kerjasama antar sesama perusahaan yang berbeda cabang tetap ada.
    c. Kompensasi
    Imbalan yang diterima sesuai atas hasil kerja pada organisasi, kompensasi bisa berupa fisik maupun nonfisik. Contoh selain gaji dapat berupa beasiswa melanjutkan kuliah dll.

    Dalam sebuah organisasi, apabila memutuskan untuk meninggalkan, yaitu :
    a. Kebijakan Perusahaan
    Ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Direksi sebagai pegangan manajemen dalam melaksanakan kegiatan usaha tidak sesuai sasaran dan strategi perusahaan lagi. Contoh Kebijakan perusahaan untuk memberi gaji karyawan sesuai dengan kinerja, bukan dibawah UMR (Upah Minimum Regional).
    b. Lingkungan Internal dan Eksternal
    Lingkungan yang tidak mendukung sistem kerja agar berkembang dengan maksimal. Seperti kurangnya kerjasama antar karyawan dalam melaksanakan sistem kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju pada pendapat diatas. Dengan kompensasi yang baik dan lingkungan internal dan eksternal yang berjalan dengan baik akan membuat karyawan betah untuk bertahan di Perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. Yang saya ingin tanyakan, apa hubungannya faktor eksternal (ada kerjasama antar sesama perusahaan) dengan retensi karyawan?

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat diatas. bahwa dalam lingkungan perusahaan maupun eksternal komunikasi yang baik sangat penting, agar dalam perusahaan tidak terjadi salah paham antara satu dengan yang lainnya melainkan menimbulkan kerja sama yang baik. selain itu dengan kompensasi yang diterima oleh karyawan dapat meningkatkan semangat karyawan untuk lebih giat bekerja dan merasa nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut sehingga karyawan menjadi lebih betah.

      yang saya tanyakan apakah anda yakin dengan pernyataan anda
      yang menyebutkan bahwa perusahaan yang sudah memiliki nama yang baik tidak akan mengalami hal negative seperti kebangkrutan?

      mengingat banyak perusahaan yang sudah memiliki nama baik pun dengan waktu yang singkat dapat mengalami kebangkrutan.

      Hapus
    4. penjelasan yang ada di atas sudah sangat jelas. saya setuju dengan pendapat di atas. saya akan menanggapi pertanyaan dari saudara feliana, menurut saya memang betul perusahaan besar tidak menjamin 100 persen bahwa perusahaannya anti bangkrut, tetapi setidaknya perusahaan yang sudah ternama pasti memiliki para investor ataupun dengan adanya asuransi. ini berguna untuk perputaran dalam perusahaan tersebut tidak mengalami penurunan yang sangat drastis, di sisi lain juga kita membutuhkan sumber daya manusia yang terpilih.

      Hapus
    5. Menanggapi pertanyaan dari saudari Like mengenai pernyataan tentang lingkungan eksternal. Lebih spesifik menjelaskan bahwa kerjasama antar sesama perusahaan dapat berarti kerjasama setiap cabang perusahaan.

      Contoh : PT X memiliki beberapa cabang yang ada di Indonesia misalnya Bandung dan Surabaya, bagian Kepala Bagian-Surabaya memerlukan informasi Competency Development Program kepada Kepala Bagian-Bandung.

      Maka hubungan lingkungan eksternal dengan retensi karyawan adalah melalui adanya kerjasama setiap cabang perusahaan antar rekan kerja, maka akan mendungkung/membantu kemampuan kinerja yang dimiliki mereka.

      Hapus
    6. Menanggapi pertanyaan dari saudari Feliana :
      Pada intinya yang dijelaskan saudara Timothy sudah benar, menambahkan informasi bahwa dimana perusahaan yang besar memiliki rencana kerja dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Yang mana perencanaan tersebut sudah memiliki action plan apa yang harus dilakukan agar perusahaan lebih sustain dalam menjalankan bisnisnya. Bagi perusahaan besar memiliki prinsip, “grow is a must not only survive”.

      Hapus
  9. Edwin kls C
    Jika saya bekerja pada suatu perusahaan dan memutuskan bertahan antara lain karena banyak factor yaitu :
    -Jabatan di perusahaan : ingin mendapatkan jabatan yang tinggi adalah keinginan semua orang,jika kita masuk di perusahaan memperoleh jabatan yang masih belum tinggi dan jika kinerja kita baik ,maka pasti ada kenaikan promosi.
    -Memiliki Tanggung Jawab Penting di Kantor : jika mempunyai tanggung jawab yang besar berarti kita di percaya,ini salah satu bertahan di perusahaan yaitu di hargai.
    -Bos atau atasan mempercayai dalam membuat keputusan : Ketika sedang meeting untuk menyelesaikan masalah yang ada di kantor, kemudian diminta membuat keputusan, itu berarti bahwa dipercaya oleh si bos karena bisa memberikan keputusan yang baik.
    -Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja baik atasan maupun bawahan : Banyak orang yang memiliki masalah dengan rekan kerja. Tetapi jika hubungan dengan rekan satu kantor berjalan baik, ini merupakan alasan kalian harus bertahan di kantor,sebab membina hubungan yang baik bukanlah hal yang mudah. ditempat kerja yang baru nanti belum tentu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja.
    -Tempat kerja :jika tempat kerja dekat dari tempat tinggal ini salah sartu sebab untuk bertahan karena waktu yang efisien.
    -Kenyamanan : merasa nyaman karena fasilitas yang diberikan perusahaan ,bonus yang lumayan ,lingkungan yang baik menjadi salah satu sebab untuk tetap bertahan.
    Alasan untuk meninggalkan perusahaan :
    -Bosan :bosan bekerja di perusahaan itu dengan berbagai alasan seperti tidak adanya rotasi posisi membuat karyawan jenuh
    -Gaji : gaji yang kurang membuat karyawan mencari pekerjaan baru yang gajinya lebih besar.
    -Tidak ada kebebasan mengambil keputusan : membuat karyawan merasa tidak di hargai dan di sepelehkan.
    -Rekan kerja : jika merasa di kucilkan oleh rekan kerja akan membuat karyawan tidak nyaman bekerja dan akgirnya meninggalkan pekerjaan nya.
    - Jaminan pekerjaan atau kompensasi :tidak ada jaminan pekerjaan seperti keselamatan,thr.
    -Lokasi : tempat perusahaan yang jauh menyebabkan akan membuat karyawan pada saat bekerja kurang maksimal,seperti terlambat,mengantuk,biaya transportasi.dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rosenda kelas C

      Saya setuju dengan edwin, hal-hal yang membuat karyawan bertahan adalah
      -Jabatan di perusahaan yang ingin di raih
      -Memiliki Tanggung Jawab Penting di Kantor
      -Bos atau atasan mempercayai dalam membuat keputusan
      -Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja baik atasan maupun bawahan
      -Lokasi tempat kerja yang dekat dari tempat tinggal
      -Kenyamanan di dalam perusahaan

      Dan hal-hal yang membuat karyawan meninggalkan perusahaan adalah
      -Bosan dengan lingkungan kerja yang tidak nyaman
      -Gaji yang kurang
      -Tidak ada kebebasan mengambil keputusan
      -Rekan kerja yang tidak dapat berkompromi
      -Tidak adanya jaminan pekerjaan atau kompensasi
      -Lokasi tempat kerja yang jauh dari tempat tinggal


      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat atau penjelasan di atas. karena jika saya sebagai karywan, yang membuat saya bertahan pada perusahaan tersebut adalah jabatan, tempat kerja, kenyamanan, lingkungan kerja yang baik, kompensasi dan gaji. Dan yang membuat saya keluar dari perusahaan adalah suasana kerja yang tidak nyaman, faktor gaji , fasilitas, konflik dengan rekan kerja, dan tidak ada peningkatan karir.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat saudara edwin yang mana mengatakan bahwa dimana saya akan bertahan dalam sebuah perusahaan manakala saya memiliki jaminan yang membuata saya bertahan, antara lain dengan adanya gaji yang tinggi yang disertai dengan perilaku kerja yang kondusif yang membuat kita dapat berthaan di suatu perusahaan tsb.

      thanks
      adhitya nugroho 3103011029

      Hapus
  10. alasan-alasan yang membuat saya bertahan dengan pekerjaan sekarang ini antara lain karena pekerjaan yang saya dapatkan sesuai dengan apa yang saya kuasai, apalagi jika pekerjaan tersebut saya dapatkan dengan susah payah dan harus bersaing dengan banyak orang. lingkungan pekerjaan yang nyaman juga membuat saya tidak berpikir untuk meninggalkan pekerjaan tersebut. hal-hal kecil lain yang membuat saya betah adalah gaji dan tunjangan yang cocok dan teman-teman satu profesi yang menyenangkan dan bisa diajak bekerja sama untuk membangun perusahaan menjadi lebih baik.
    sedangkan alasan-alasan yang membuat saya berpikir untuk meninggalkan pekerjaan sekarang ini antara lain ketidakcocokan saya dengan lingkungan pekerjaan (termasuk dengan teman-teman satu profesi), kemudian adanya rasa ketidakcocokan lagi dengan pekerjaan yang saya jalani (misal adanya rasa bosan dan jenuh), dan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan lain yang membuat saya berani mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaan saya saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya kepada saudara doni. alasan yang anda kemukakan diatas adalah mengenai pribadi anda sendiri. nah, apabila ada alasan yang tidak terkait dengan alasan diatas maka apakah yang akan anda kemukakan? terima kasih

      Hapus
    2. terima kasih atas tanggapannya. saya rasa alasan yang saya kemukakan di atas tidak sepenuhnya mengenai pribadi saya sendiri, alasan-alasan tersebut juga berkaitan dengan pekerjaan yang saya jalani. maksudnya alasan yang tidak terkait dengan alasan di atas?

      Hapus
    3. sepertinya ketika saya membaca pendapat anda, pendapat yang anda kemukakan itu adalah mengenai alasan pribadi kenapa ingin lanjut atau keluar dari perusahaan itu, jadi yang saya tanyakan apakah tidak ada alasan selain pendapat pribadi yang membuat anda bisa bertahan atau keluar dalam sebuah perusahaan? terima kasih

      Hapus
  11. Menurut saya, saya akan bertahan diperusahaan jika perusahaan itu menawarkan jabatan tertinggi yang bisa diraih oleh manajemen ditingkat bawah. Adanya kesempatan untuk naik jabatan yang lebih tinggi. Sebagai contoh jika kita berada disupervisor, jika kita bertahan, kita akan memperoleh jabatan tertinggi seperti wakil direktur maupun Direktur. Dan sebaliknya, saya tidak akan bertahan diperusahaan jika perusahaan itu tidak menawarkan batasan" yang banyak. Sehingga kemungkinan pilihan untuk menjadi puncak manajemen atas sangat sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syandi-3103011260
      Menurut saya...
      Jabatan beserta gaji dan fasilitasnya bukan kunci utama mempertahankan karyawan dan mengharapkan mereka mengeluarkan kemampuan terbaik untuk perkembangan perusahaan. Beban emosional yang terlalu berat sehingga membuat stress ternyata jadi faktor pendorong terbesar.Tingkat stress tinggi atau beban emosional yang terlalu berat dapat terjadi karena pekerjaan yang berlebihan hingga mengganggu kehidupan personal dan lingkungan kerja yang tidak nyaman akibat hubungan dengan atasan atau rekan kerja yang kurang cocok dan juga jenis pekerjaan. Karyawan tidak akan merasa pekerjaan terlalu berat/banyak jika dia menyukainya. Peningkatan kompetisi bisnis akhirnya juga mendorong peningkatan beban stress bagi para pekerja.
      - Nah yang kedua,baru peningkatan jabatan atau karier. Karier yang mandeg atau terlalu lama diposisi yang sama tanpa tambahan tantangan dan kesempatan promosi adalah alasan seseorang keluar dan mencari kesempatan baru di perusahaan lain.
      - Gaji. Stiap tahun gaji memang diproyeksikan meningkat namun kebutuhan juga terus naik.Perusahaan akhirnya harus mempertahankan karyawan dengan menciptakan hubungan dan keterikatan emosional.Beberapa orang tetap pindah kerja walau tingkat stress,gaji,jabatan sama ,itu karena adanya keuntungan tambanhan diperusahaan lain seperti : produk gratis yang bisa dinikmati,kesempatan bertemu dengan orang yang lebih penting,hingga asuransi yang lebih lengkap.
      - Waktu. Dengan pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan rumah dan waktu yang fleksibel,seseorang bisa lebih banyak mendapatkan waktu pribadi untuk mengembangkan diri,membangun hubungan dengan keluarga bahkan bisnis sampingan.

      Hapus
  12. Menurut pendapat saya, setiap individu pasti menginginkan untuk bisa bertahan (karirnya) dalam suatu organisasi. Jika itu terjadi pada saya, hal yang membuat saya bertahan dlm organisasi yaitu adanya lingkungan kerja yang nyaman dlm suatu organisasi termasuk suasana dan budaya perusahaan, manajer lebih memberikan kebebasan dan wewenang kepada karyawan, Rancangan kerja yang menarik-dimana karyawan merasa tertantang untuk menyelesaikan tugas-tugas dari organisasi, karyawan diberi kebebasan untuk menyumbangkan ide-ide agar dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan. Selain itu secara umum yang membuat bertahan adalah Adanya kompensasiatau gaji yang sesuai dengan kinerja dan kemampuan karyawan, Perusahaan juga mmeberikan bonus bagi yang berkinerja lebih baik, mmeberikan tunjangan, asuransi, dll.

    Diluar itu semua, adapula yang menyebabkan individu tidak dapat bertahan dalam suatu organisasidan memutuskan untuk keluar, yaitu : Suasana lingkungan kerja yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan visi misi Perusahaan itu sendiri, Tidak adanya pelatihan-pelatihan yang dapat membuat individu tidak dapat mengembangkan keterampilan mereka, gaji yang rendah dan tidak sesuai dengan Keterampilan serta kontribusi yang diberikan karyawan kepada Perusahaan,tidak ada hubungan yang baik antara karyawan dan Manajer, ketidaksesuaian antara spesifikasi pekerjaan dgn kemampuan karyawan.
    Indahwati-3103011003.

    BalasHapus
  13. Jika saya bekerja di sebuah perusahaan dan saya memilih untuk berhenti dari pekerjaan alasan yang saya ambil:
    1. Pekerjaan yang monoton dan tidak dapat membuat saya berkembang di perusahaan tersebut
    2. ingin mengembangkan karir ditempat kerja yang lebih menjanjikan
    3. waktu kerja yang banyak memakan waktu saya untuk keluarga
    4. Nilai dan budaya organisasi yang tidak sesuai dengan penerapannya
    5. Otonomi dari atasan yang terlalu berlebihan dan menekan
    Jika saya memilih untuk bertahan, alasan saya adalah :
    1. Lokasi geografis yang sesuai dengan tempat tinggal saya
    2. Peluang karir yang menjanjikan
    3. Keamanan kerja (mendapat asuransi, askes,dan waktu cuti yang cukup)
    4. Waktu yang fleksibel

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu yang fleksibel maksud saya, waktu kerja yang fleksibel (tidak seharian bekerja/lembur)

      Hapus
    2. saya ingin menanggapi pendapat saudara linda

      menurut pendapat anda peluang karir yang bagaimana yang bisa dijanjikan oleh suatu perusahaan?
      dan bagaimana cara karyawan mencapai peluang karir itu?

      thx ^^

      Hapus
    3. - peluang karir yang saya maksud disini adalah bagaimana perusahaan dapat memberikan kenaikan jabatan yang selayaknya dengan perkembangan dan kemajuan saya di perusahaan tersebut.Karena tidak sedikit perusahaan yang menghambat karyawan untuk bisa mencapai peluang karir yang tinggi,apalagi jika banyak saingan di perusahaan tersebut.
      - cara untuk mencapai peluang karir tergantung dari pribadi pekerja masing-masing. Kalau saya, saya pasti berusaha untuk menjadi karyawan yang disiplin, melakukan pekerjaan dengan baik, dan lebih giat untuk dapat berkembang di perusahaan tersebut.

      hal diatas adalah menurut pandangan saya pribadi, jika ada yang salah mohon maaf.
      dan terima kasih komentarnya :)

      Hapus
  14. Alasan untuk keluar :
    Tingkat kesulitan dan tantangan pekerjaan. Jumlah gaji, tunjangan, bonus, insentif dan lain-lain. Jarak tempat kerja dengan tempat tinggal dan kemudahan akses. Penerimaan dan perlakuan orang-orang di tempat kerja. Tingkat kebosanan dalam menjalankan pekerjaan. Tawaran pekerjaan di tempat lain yang lebih baik. Ada konflik atau masalah yang sedang dihadapi. Ingin mandiri, mendirikan usaha sendiri.

    Alasan untuk bertahan :
    Atasan memanfaatkan potensi saya sepenuhnya. Atasan mendengarkan saran saya. Memiliki tanggung jawab penting di kantor. Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja. Pekerjaan yang sesuai dengan minat. Jam kerja yang fleksibel. Atasan yang percaya sepenuhnya kepada bawahannya. Atasan bersedia memberikan pelatihan dan memberikan rekreasi sebagai sarana melepas kejenuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan jawaban diatas. Sering kali karyawan keluar karena berusaha mendapatkan posisi jabatan yang lebih tinggi atau pendapatan gaji yang lebih baik. Atau mereka tidak dapat beradaptasi terhadap lingkungan di dalam perusahaan dan tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.

      Ada pula karyawan yang memilih keluar karena merasa sudah memiliki ilmu dan pengalaman kerja yang cukup untuk mendirikan usaha sendiri.

      Hapus
  15. Beberapa alasan yang membuat saya bertahan dalam suatu perusahaan atau organisasi adalah :
    - Gaji/upah, tunjangan lainnya menjajikan dan tinggi
    - Suasana lingkungan yang menyenangkan dalam perusahaan
    - Diberi kebebasan dan tidak dikekang (tertekan karena suatu ancaman)
    - Rotasi pekerjaan yang sesuai dengan upaya dan kerja keras yang dijalani
    Sebaliknya jika manajer selalu menekan atau mengancam, tidak tersedianya fasilitas dalam perusahaan ketika dituntut kinerja yang bagus, tidak diberi kebebasan, gaji yang standart namun menuntut kinerja yang ekstra. Saya mungkin bisa berhenti dan meninggalkan perusahaan tersebut karena saya merasa kemampuan saya tidak sebanding dengan apa yang didapatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanggapi pendapat dwima

      menurut pendapat anda kebebasan yang bagaimana diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan nya? berikan contoh

      thx ^^

      Hapus
    2. Saya akan menanggapi pertanyaan dari sdr.Daniel.
      menurut saya yang dimaksudkan dalam hal kebebasan adalah “perusahaan khususnya atasan/manajer memberikan karyawannya kebebasan untuk berkarya, berinovasi dan berkreatif tanpa ada tekanan dan membatasi ruang gerak karyawan itu sendiri” agar dapat berkreasi dan menghasilkan karya yang unggul dan baik bagi perusahaan itu sendiri. Karena adanya tekanan dari atasan akan membuat karyawan merasa frustasi dan tidak dapat memiliki ide yang kreatif dan inovatif.

      Hapus
  16. alasan saya bertahan di sebuah perusahaan:
    lingkungan kerja yang nyaman,gaji yang diterima sesuai dengan upah minimum,saya mendapatkan keamanan dan jaminan dalam pekerjaan tersebut

    yang membuat saya akan keluar dari perusahaan:
    pekerjaan yang tidak dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan saya,tidak adanya jaminan keamanan dari perusahaan yang sesuai dengan peraturan atau kesepakatan yang telah dicapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari pricilia lingkungan yang nyaman adalah salah satu hal penting dalam bekerja serta gaji yang sesuai dengan pekerjaan kita.

      Hapus
    2. NOVIA_C Saya setuju dengan pendapat saudari pricil, bahwa seorang karyawan akan betah dengan lingkup kerja yang nyaman sehingga karyawan tidak akan keluar begitu saja dari perusahaan dan mereka memilih untuk merekomendasikan nya kepada teman-teman nya diluar sana. begitu juga sebaliknya pekerjaan yang tidak dapat mengembangkan kreatifitas karyawan tidak akan bertahan lama mereka akan memilih perusahaan yang mempunyai kualitas dan citra yang baik dan memiliki peningkatan untuk kinerja kita.

      Hapus
  17. Alasan yang mendukung saya untuk bertahan dalam organisasi adalah :
    1. Tim kerja yang baik disini berarti tim kerja dapat bekerja sama secara optimal dan menjunjung semangat kerja yang tinggi sehingga semua terlibat bekerja dengan ikatan yang baik
    2. Budaya menghormati RAS yang tidak membeda-bedakan 1 sama lain
    3. Gaji di atas UMR atau jauh lebih tinggi daripada bekerja diperusahaan lain
    4. pekerjaan yang tidak terlalu banyak
    5. Tata letak geografis yang dekat dengan rumah saya sehingga tidak memakan waktu banyak dalam perjalanan
    6. Adanya jaminan / tunjangan kesehatan (asuransi jiwa)
    7. Adanya pertukaran posisi kerja sehingga tidak terjadi kejenuhan
    8. Adanya hadiah kenaikan jabatan jika kinerja kita lebih baik
    Kemudian alasan meninggalkan adalah :
    1. Tidak adanya pengembangan karir
    2. Gaji yang rendah dengan pekerjaan yang tidak seimbang dengan gaji tersebut
    3. Rekan kerja yang tidak bisa menghargai budaya kita
    4. Visi misi perusahaan yang menuntut / memaksa kita untuk berubah tidak sebagaimana saya yang sebenarnya
    5. tidak adanya kenaikan gaji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dijelaskan maksud anda tentang rekan kerja yang tidak bisa menghargai budaya kita ? Terima kasih.

      Hapus
    2. Maksudnya seperti tidak adanya pengormatan akan budaya agama kita.
      Seumpama saya beragama islam dan saya menjalankan puasa.. Sedangkan rekan kerja saya yang beragama lain malah asyik makan dengan santainya didepan saya..
      Disini dikatakan seperti penghormatan akan budaya agama kita saling menghormati umpama rekan saya merayakan natal, sedangkan saya beragama lain tetapi saya menghargai dia..ikut mengucapkan "selamat natal" begitu..

      Hapus
  18. Alasan saya untuk tetap bertahan dalam sebuah perusahaan dikarenakan saya merasa nyaman dengan pekerjaan saya,dan juga nyaman dengan keadaan kondisi sekitar lingkungan kerja saya. hal lainnya yaitu karena waktu dan gaji yang diberikan,waktu yang tidak melebihi batas aturan kerja serta gaji yang diberikan juga cocok dengan hasil pekerjaan saya. Selain itu juga faktor keamanan dalam perusahaan, asuransi, serta adanya tunjangan. Faktor lainnya yaitu adanya prospek karir kedepan yang baik untuk pekerjaan saya.

    Alasan saya meninggalkan perusahaan yaitu dikarenakan tidak cocok dengan kondisi lingkungan kerja, gaji yang tidak memadai dengan pekerjaan saya,waktu yang terbilang tidak umum serta tidak terjaminnya keamanan. Selain itu karena tidak ada prospek kedepan yang baik sehingga saya tidak dapat berkembang dalam perusahaan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pada saudari juwita. bagaimana jika ada beberapa hal yang membuat anda nyaman seperti waktu yang tidak melebihi batas waktu kerja, gaji juga cukup memuaskan, namun ada satu hal yang membuat anda tidak sesuai yaitu lingkungan kerja anda yang tidak menyenangkan dan bisa dibilang tidak membuat anda nyaman untuk berada disana. apakah anda akan tetap bertahan disana, atau keluar dari pekerjaan tersebut?

      Hapus
  19. Menurut saya, hal yang menyebabkan seorang karyawan bertahan kerja pada perusahaan yaitu :
    -Lingkungan kerja yang nyaman, dimana karyawan marasa dihargai
    -Nilai dan budaya organisasi yang cocok dengan karyawan itu sendiri
    -Lokasi yang berjarak dekat dengan tempat tinggal
    -Tunjangan atau fasilitas yang disediakan oleh pihak perusahaan, seperti antar jemput, makanan, dan lainsebagainya.
    -Kebebasan dalam memberikan ide maupun pendapat
    -Gaji dan kompensasi yang sesuai
    Sedangkan hal yang menyebabkan seorang karyawan keluar dari sebuah perusahaan yaitu :
    -Ketika seorang karyawan merasa dirinya tidak dihargai
    -Ketika gaji dan tunjangan yang di berikan tidak mampu mencukupi kebutuhan mereka
    -Lokasi yang terlalu jauh dengan tempat tinggal, dimana mereka akan merasa bahwa gaji merekanakan habis untuk biaya transportasi.
    -Ketika karyawan merasa bahwa dirinya tidak mampu berkembang di perusahaan tersebut.
    -Nilai dan budaya yang tidak sesuai dengan pribadi karyawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan pendapat saudari felicia, tetapi saya kurang paham akan kedua pendapat tersebut karena saya belum cukup paham dengan arti bertahan dan berhenti, apalagi jawabannya hampir-hampir sama. saya mohon di kasih satu penjelasan yang saya gampang mengerti. terimakasih

      Hapus
    2. Baik, terima kasih atas pertanyaanya.
      jadi ketika kita bekerja, tentu kita punya hal yang menjadi pertimbangan. Saya ambil satu contoh dari pendapat saya yaitu lingkungan kerja yang nyaman. Jika anda bekerja tentunya anda akan mempertimbangkan hal tersebut. Anda tentunya tidak mungkin suka bekerja dengan orang-orang yang tidak menghargai pekerjaan anda, hal tersebut lah yang memnyebabkan anda tidak bisa bertahan dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Sedangkan jika lingkungan perusahaan tersebut nyaman, dimana orang-orang yang bekerja disitu juga menghargai hasil kerja anda. Tentunya anda akan senang bekerjasama dengan mereka, sehingga anda akan tetap bertahan untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

      begitupula untuk penjelasan yang lainnya.
      terima kasih.

      Hapus
  20. Alasan saya untuk tetap bertahan di suatu organisasi yaitu jika kondisi organisasi/perusahaan sesuai dengan tujuan saya untuk bekerja. kondisi tersebut mencangkup berbagai hal yaitu budaya perusahaan, kompensasi, Jobdes yang jelas dan sesuai dengan tanggung jawab saya, kemanan kerja, pengakuan, penghargaan yang setimpal atas prestasi kerja dan sesekali menghadapi suatu pekerjaan dengan tantangan yang objektif dapat membuat suatu perbedaan positif dalam bekerja.
    sementara itu alasan saya untuk meningglkan organisasi jika suasana kerja tidak kondusif yang mencangkup berbagai hal juga seperti jam kerja yang terlalu padat namun tidak ada kompensasi yang sesuai, organisasi tersebut "tidak bersih", adanya diskriminasi serta pelaksanaan jobdes yang tdk sesuai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara yefta. alasan untuk tetap bertahan di sebuah organisasi yang terpenting adalah perusahaan tersebut sesuai dengan tujuan yang saya miliki untuk kehidupan pekerjaan saya. Selain itu segala hal yang ada di dalam perusahaan tersebut membuat saya merasa nyaman untuk bisa bekerja dengan sesuai tanggung jawab yang saya miliki.
      Sedangkan alasan saya untuk meninggalkan organisasi adalah ketidakcocokan suasana kerja. Baik antara tujuan saya bekerja dengan aturan dari perusahaan, atau kondisi perusahaan yang mempunyai aturan lain dalam suatu pekerjaan sehingga saya tidak bisa menyesuaikan tanggung jawab pekerjaan saya bagi perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat yefta. Kondisi yang membuat seseorang bertahan di sebuah perusahaan sebagian besar bergantung dengan kondisi internal perusahaan tersebut. Kondisi perusahaan yang baik, jenis pekerjaan yang sesuai, gaji yang tepat, target yang jelas, dan berbagai jenis penghargaan dari perusahaan membuat seorang karyawan merasa nyaman dan termotivasi untuk melakukan pekerjaannya. Sedangkan alasan saya ketika meninggalkan organisasi lebih karena ketidaksesuaian kondisi yang terjadi dengan kondisi yang saya harapkan, yang kemudian berakibat hilangnya motivasi kerja. Sebuah penghargaan menurut saya juga penting, ketika saya melakukan pekerjaan melebihi target namun perusahaan tidak dapat melihat potensi atas kemampuan saya dalam sekian kalinya, maka saya akan mempertimbangkan untuk keluar di organisasi tersebut.

      Hapus
  21. Alasan-alasan yang dapat membuat Saya memutuskan untuk bertahan dalam organisasi atau perusahaan, adalah adanya peluang dalam pengembangan karir dalam bekerja, posisi yang sesuai dengan kemampuan saya atau posisi yang membuat saya tertarik atau tertantang, lingkungan kerja yang mendukung atau kondusif, budaya organisasi yang baik, dan gaji, tunjangan, serta kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan yang saya lakukan.
    Alasan-alasan yang membuat saya memutuskan untuk meninggalkan organisasi, adalah lingkungan kerja yang tidak nyaman atau kondusif, gaji yang diberikan tidak sesuai dengan kinerja yang saya lakukan, tidak ada kejelasan tentang jenjang karir, tidak adanya tunjangan atau kompensasi.

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya, hal yang menyebabkan seseorang bertahan di tempat kerja atau organisasinya adalah :
    -Malas Menghadapi Hal Baru (Sudah Merasa Nyaman) : nyaman akan fasilitas kantor yang selama ini diberikan organisasinya ataupun sudah merasa nyaman dengan rekan sekerjanya dan ia merasa sulit untuk beradaptasi dengan hal baru.
    -Terperangkap 'Kewajiban':tidak bisa mengundurkan diri meski gaji kecil karena tuntutan rumah tangga.mungin untuk kebutuhan sehari hari, biar gaji kecil yang penting tetap ada
    -Takut Akan adanya Perubahan :Semakin bertambahnya usia, maka semakin pula orang takut akan perubahan dalam hidupnya, terlebih jika hal tersebut terasa asing baginya

    yang membuat orang keluar dari tempat kerjanya :
    -Aspek Hubungan Kerja : Anda merasa teman kerja tidak saling menghargai satu sama lain, atau sulit diajak bekerja sama
    -Salary and Benefit : gaji yang diterima tidak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab
    - Beban Kerja : tanggung jawab kerja yang sangat tinggi, bahkan sering lembur
    -Sistem dan Prosedur : tidak sejalan dengan kebijakan atau sistem yang dibuat perusahaan
    -jenjang karir tidak jelas : membuat promosi dalam kerja juga tidak jelas.

    BalasHapus
  23. Menurut saya setiap Sumber Daya Manusia yagn bekerja di suatu perusahaan pasti memiliki berbagai macam karakter yang tidak bisa dimengerti oleh perusahaan, begitu juga dengan kinerja para karyawan yang berbeda-beda. Sehingga ada beberapa hal yang membuat karyawan bisa bertahan untuk mengembangkan karirnya lebih maju. Alasan untuk bertahan dalam sebuah perusahaan adalah :
    1. Lokasi perusahaan yang sangat strategis maksudnya letak perusahaan tidak berjauhan dengan rumah kediaman kita.
    2. Adanya kompensasi yang diberikan secara seimbang terhadap hasil atau kinerja yang kita lakukan
    3. Budaya Organisasi yang sesuai dengan keinginan kita, sehingga kita bisa bekerja dengan nyaman
    4. Rekan kerja yang baik, sehingga kita bisa bekerja sama dengan sesama kita dengan baik.
    5. Pekerjaan yang bervariatif, maksudnya perusahaan selalu mengadakan rotasi sehingga para pekerja tidak jenuh dengan pekerjaan yang sama terus menerus

    Selain itu, banyak hal juga yang membuat para pegawai untuk berani mengambil keputusan untuk mengundurkan diri diantaranya:
    1. Lokasi perusahaan yang sangat jauh dari rumah seorang pegawai
    2. Sudah tidak ada lagi kecocokan karyawan dengan perusahaan tersebut, maksdunya seorang karyawan sudah tidak mempunyai keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut dan ingin mencari pengalaman baru
    3. Pekerjaan di sebuah perusahaan yang terlalu monoton atau membosankan
    4. Adanya pergantian cara kerja perusahaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita
    5. Kompensasi yang di dapat tidak sesuai dengan kinerja atau hasil kerja seorang karyawan
    6. Adanya kesenjangan sosial antara karyawan yang satu dengan yang lain, juga antara karyawan dengan atasan sudah tidak ada komunikasi yanf kondusif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dikemukakan oleh saudara santho sudah mencakup sebagian besar hal - hal yang mempengaruhi karyawan untuk bertahan atau mengundurkan diri dari organisasi. Namun saya ingin menambahkan bahwa ada hal lain yang membuat seorang mengundurkan diri:
      1. adanya beban pekerjaan yang terlalu berat dan tanggung jawab yang sangat besar yang diberikan oleh atasan
      2. tindakan kesewenangan dari atasan mengenai penetapan hari libur untuk hari raya
      3. Bidang pekerjaan yang dilakukan karyawan tidak diminati dan tidak disukai. sehingga kurang memberikan hasil yang maksimal.
      4. tidak terdapat tunjamgan yang bersifat sosial, misalnya acara - acar yang dapat mengakrabkan antar karyawan maupun tunjangan rekreasi.

      Hapus
    2. sebelumnya terima kasih atas masukkannya tetapi saya ingin bertanya kembali kepada saudari Nathania yang dimaksud dengan penetapan hari libur untuk hari raya seperti apa, dan tolong berikan contoh nyatanya?

      terima kasih

      Hapus
  24. saya akan bertahan karena memang perusahaan itu sedang dalam proyek jangka panjang yang baik, perusahaan sedang dalam tren positif dalam hal meningkatkan rating perusahaan, perusahaan bekerja dalam visi dan misi yang jelas

    saya akan keluar karena visi dan misi perusahaan yang tidak jelas kemana arahnya, perusahaan sedang dalam keadaan kritis, perusahaan itu tidak memperhatikan karyawannya dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sebelumnya , saya mau tanya jika anda mendapatkan gaji dan komisi yang besar di perusahaan yang visi dan misi perusahaan yang tidak jelas tersebut, apakah anda akan pindah ke tempat perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas tetapi upah minim?
      trims . .

      Hapus
    2. saya akan keluar karena itu menentang prinsip yang saya pegang...terima kasih

      Hapus
    3. Saya ingin menanggapi juga, bahwa saya setuju dengan pendapat Saudara Ivan. Saya cenderung memilih keluar dari perusahaan yang tidak mempunyai visi misi yang jelas meskipun dengan kompensasi yang tinggi, namun bukan terkait dengan prinsip, melainkan lebih ke pertimbangan jangka panjang. Menurut saya perusahaan yang tidak mempunyai visi misi yang jelas lebih sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis, sehingga posisi sebagai karyawan pun akan menjadi rentan. Maka lebih baik untuk memilih keluar dan mencari perusahaan yang lebih baik.
      Terima kasih

      Hapus
  25. yang membuat saya bertahan dalam suatu perusahaan, yaitu
    1. Lokasi yang dapat diakses
    2. Pemberian gaji dan tunjangan yang sesuai
    3. Penempatan saya pada pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan saya
    4. Komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja
    5. Terdapat peluang untuk berkembang
    6. Nilai dan budaya perusahaan yang baik
    Sedangkan yang membuat saya tidak bertahan, yaitu:
    1. Lingkungan kerja yang tidak lagi kondusif
    2. Tidak ada reward atas pekerjaan karyawan yang memuaskan
    3. Tidak ada konsistensi dalam perjanjian pemberian gaji seperti yang dikatakan pada saat interview
    4. Penempatan pekerjaan dan lokasi yang tidak sesuai dengan kapasitas saya
    5. Tidak ada kebebasan dalam menyampaikan pendapat.

    BalasHapus
  26. Alasan seorang karyawan bertahan:
    1. Nilai dan budaya organisasi yang baik
    2. Pengelolaan yang baik
    3. Tantangan kerja yang dapat membuat termotivasi
    4. Kebebasan otonomi dari atasan
    5. Adanya kemajuan dan perkembangan karier yang diperhatikan
    6. Remurasi total yang tinggi
    7. Lokasi kerja yang strategis dan dekat dari rumah
    8. Rasa saling menghormati dan menghargai antar sesame karyawan
    Alasan seorang karyawan tidak bertahan :
    1. Paket remurasi yang berbeda
    2. Suasana lingkungan kerja sudah tidak nyaman
    3. Partisispatif untuk mengutarakan pendapat tidak diberikan
    4. Ketidak sesuaian dengan kontrak kerja mengenai promosi, gaji, insentif dsb
    5. Distorsi komunikasi vertikal dan horizontal disebabkan oleh pendidikan, latar belakang dan proses sosialisasi yang dilalui para anggota unit yang berbeda-beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi pendapat saudara Dian,
      Menurut saya, tantangan kerja yang menarik memang dapat membuat karyawan merasa lebih termotivasi. Namun sampai pada titik tertentu, tantangan pekerjaan bisa membuat karyawan merasa stress, hingga menurunkan kinerja dan mendorong mereka untuk berhenti dari pekerjaan. Bagaimana menurut saudara?

      Terima Kasih^^

      Hapus
    2. terima kasih atas masukannya saudara Caroline,

      saya setuju dengan pendapat anda apabila "tantangan kerja yang menarik memang dapat membuat karyawan merasa lebih termotivasi. Namun sampai pada titik tertentu, tantangan pekerjaan bisa membuat karyawan merasa stress, hingga menurunkan kinerja dan mendorong mereka untuk berhenti dari pekerjaan" namun agar karyawan tidak merasa stress ada baiknya kita menjadi bijak dalam memilih tantangan dengan bobot tinggi secara berkala dan terus menerus. terkadang kita harus memikirkan terlebih dahulu dalam menerima tantangan yang ada seperti konsekuensi dan langkah kedepan nantinya.

      Hapus
  27. Yang membuat saya dapat bertahan di Perusahaan :
    • Lokasi perusahaan yang strategis (dekat dengan tempat tinggal saya)
    • Gaji dan tunjangan yang di berikan perusahaan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan
    • Kenyamanan saat bekerja di perusahaan (termasuk rekan kerja yang dapat bekerja sama dengan baik)
    • Diakui serta diberikan hak-hak para pekerja seperti keamanan saat bekerja, bebas memberikan pendapat

    Yang membuat saya tidak dapat bertahan di Perusahaan :
    • Gaji dan tunjangan yang tidak sesuai dengan pekerjaan
    • Kondisi perusahaan yang tidak nyaman dan tidak menghargai karyawan, tidak bebas berpendapat
    • Lokasi perusahaan yang jauh

    BalasHapus
  28. Yang membuat saya bertahan :
    * Kenyamanan dalam perusahaan; kenyamanan dalam bekerja, merasa nyaman dengan pekerjaan yang ada dan hubungan sosialisasi dengan sesama.
    * Gaji yang sesuai dengan harapan ; Gaji yang diberikan benar-benar sesuai dengan harapan serta kapabilitas & kemampuan kita
    * Lokasi yang strategis ; lokasi ini juga menentukan mengapa karyawan bertahan, karena jarak juga menjadi salah satu bahan pertimbangan karyawan.
    * Fasilitas yang memadai ; fasilitas yang ada juga akan membuat seorang karyawan bertahan seperti kendaraan, supir , serta ruang fitness dll

    Yang membuat karyawan tidak bertahan adalah :
    - Penawaran yang lebih tinggi ; Perusahaan lain dapat menawarkan gaji serta benefit lain yang lebih menggiurkan.
    - Posisi / jabatan yang lebih tinggi ; dengan keluar dari perusahaan yang lama , maka karyawan dapat memperoleh jabatan yang lebih tentu juga diiringi dengan gaji yang lebih.
    - Lokasi yang lebih dekat ; Kepindahan seorang karyawan dapat juga dipicu oleh letak kantor serta jarak rumah.
    - Fasilitas yang lebih ; Fasilitas yang lebih, misalkan ditempat yang baru kita mendapat fasilitas mobil dan supir pribadi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pernyataan di atas, sebagian besar para karyawan menjadi tidak loyal karena adanya tawaran yang lebih menggiurkan

      Hapus
  29. dari pertanyaan bapak mengenai alasan apa yang dapat membuat saya bertahan dalam suatu dan memutuskan untuk meninggalkan perusahaan yaitu :
    Alasan yang membuat saya bertahan yaitu
    1. kenyamanan yang saya peroleh didalam perusahan selama saya bekerja
    2. gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang saya lakukan.
    3. pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan sesuai dengan apa yang saya sukai, karena dengan posisi pekerjaan yang saya sukai, saya yakin dapat bekerja lebih maksimal lagi dibandingkan pekerjaan yang kurang saya sukai.
    4. fasilitas yang saya terima, karena dengan fasilitas yang memadai saya akan lebih betah dalam melakukan pekerjaan saya.
    5. selain itu tantangan dan juga kebebasan mengeluarkan ide dan kreatifitas yang saya punya, mampu membuat saya merasa lebih dihargai dan merasa dibutuhkan perusahaan.

    dan alasan yang membuat saya meniggalkan perusahaan yaitu :
    1. perusahaan tidak mampu memahami keahlian dan menempatkan saya pada posisi yang tidak sesuai dengan keahlian saya miliki.
    2. lingkungan dalam perusahaan yang kurang bersahabat dan kurang nyaman untuk melakukan tugas.
    3. adanya prospek yang lebih baik lagi diluar perusahaan yang dapat memungkinkan karir yang saya inginkan terwujud.
    4. dan gaji yang tidak seimbang dengan pekerjaan yang saya lakukan.

    BalasHapus
  30. hal yang dapat membuat saya loyal terhadap perusahaan adalah faktor-faktor yang bersifat jangka panjang. Contohnya seperti diberikan asuransi oleh perusahaan, apalagi jika kita sudah berkeluarga dan diberika asuransi keluarga oleh perusahaan. komisi yang cukup besar juga membuat kita semangat bekerja, kerja serasa sangat dihargai. selain itu, faktor lain juga sangat berpengaruh, seperti pengakuan diri di lingkungan kerja itu sangat memicu kita untuk tetap bertahan atau berhenti.

    BalasHapus
  31. hal yang membuat saya bertahan antara lain :
    1. pekerjaan yang diberikan sesuai dengan keahlian saya
    2. lingkungan pekerjaan yang menyenangkan
    3. perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas
    4. gaji dan tunjangan yang sesuai
    5. adanya peluang untuk pengembangan karir

    hal yang membuat saya meninggalkan perusahaan antara lain :
    1. lingkungan perusahaan yang tidak menyenangkan
    2. tidak adanya peluang untuk pengembangan karir
    3. gaji dan tunjangan yang tidak sesuai dengan pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saudara edward lingkungan perusahaan yang tidak menyenangkan itu seperti apa?

      Hapus
    2. menanggapi pertanyaan saudara Yohanes, menurut saya lingkungan perusahaan yang menyenangkan dapat berupa :
      1. ruang kerja yang nyaman, karyawan hampir setiap hari mengerjakan hal yang sama di tempat yang sama pula, hal ini tentunya akan menimbulkan kejenuhan pada karyawan apabila mereka tidak nyaman dengan lingkungan kerja mereka. perusahaan hendaknya membuat ruang kerja senyaman mungkin bagi karyawan agar mereka betah berlama-lama mengerjakan tugasnya di ruang kerja mereka.

      2. dukungan dari atasan, Selain hubungan antar karyawan dan kondisi ruang kerja yang nyaman, dibutuhkan pula dukungan penuh dari pihak manajemen perusahaan. Hal ini terkait dengan kesejahteraan para karyawan dan peraturan kerja yang harus dipatuhi para karyawan. Peraturan perusahaan yang saling menguntungkan dan kesejahteraan karyawan yang terjamin menjadi salah satu motivasi yang cukup besar untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

      Hapus
  32. Alasan yang dapat membuat Saya memutuskan untuk bertahan di organisasi adalah:
    1. kenyamanan yang saya rasakan di tempat kerja
    2. Kerja sama yang baik antara karyawan
    3. Fasilitas kantor yang dapat menunjang pekerjaan
    4. sesuai dengan keahlian yang saya miliki

    Alasan yang membuat saya memutuskan untuk meninggalkan organisasi adalah:
    1. kurangnya komunikasi antar karyawan
    2. suasana yang tidak sesuai dengan keinginan
    3. fasilitas yang kurang
    4. rotasi pekerjaan yang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Seli bahwa suasana yang nyaman,lingkungan kerja yang mendukung,adanya kerjasama yang baik atar karyawan serta pekerjaan yang diberikan perusahaan kepada kita sesuai dengan keahlian kita dapat pula membangun rasa nyaman dalam kita melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.
      Sedangkan suasana yang tidak mendukung,fasilitas yang kurang dan kurangnya komunikasi antar keryawan dapat pula membuat rasa nyaman kita terhadap perusahaan berkurang dan mampu membuat kita untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

      Hapus
  33. Yang membuat saya bertahan di dalam organsasi yaitu:
    1. Lokasi yang mendukung: lokasi kerja yang dekat dengan tempat tinggal
    2. Gaji yang tinggi: organisasi tersebut dapat memberikan gaji kepada kita sesuai dengan usaha yang kita lakukan dan alangkah lebih baiknya memberikan gaji yang lebih tinggi dari organisasi lainnya
    3. Memiliki rekan kerja yang baik: untuk membuat sinergi kerja tim menjadi kompak dan merasa nyaman
    4. Direktur yang bijaksana dalam memimpin perusahaan sehingga kita merasa tidak dirugikan/berat sebelah seperti masalah kebijakan, gaji perusahaan
    5. Adanya asuransi keselamatan kerja bagi karyawan
    Yang membuat saya keluar dari organisasi yatu:
    1. Kurang menghargai antar sesama (rekan kerja) dalam kerja sama
    2. Gaji yang kecil
    3. Organisasi tersebut mulai mengalami kemunduran
    4. Karier kita tidak berkembang
    5. Tidak adanya tunjangan dan kompensasi khususnya dimasa tua

    BalasHapus
  34. yang membuat saya bertahan di sebuah organisasi adalah :
    1. Lokasi kerja yang dekat dengan rumah saya sebagai karyawan
    2. Mendapat hormat atau respek diantara karyawan dan pimpinan
    3. adanya fasilitas yang memadai di kantor/perusahaan
    4. pekerjaan yang sesuai dengan keahlian saya

    yang membuat saya keluar dari organisasi :
    1. kurangnya respek antar karyawan
    2. gaji yang tidak memenuhi standar kinerja
    3. tidak adanya lompatan karir ( tidak ada kenaikkan jabatan )

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan tanggapan yang diberikan saudara ronald karena kebanyakan karyawan lebih memilih untuk tetap bertahan dalam suatu perusahaan karena seperti beberapa alasan yang diberikan oleh saudara ronald seperti lokasi perusahaan dekat dengan rumah,fasilitas perusahaan yang memuaskan dqan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
      saya juga setuju dengan beberapa alasan yang diberikan saudara ronald akan alasan kenapa seseorang akan keluar dari perusahaan seperti gaji yang tidak memadai,tidak ada jenjang karir dan yang terutama adalah lingkungan kerja yang kurang nyaman.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara ronald prayoko, dengan adanya fasilitas yang memadai di perusahaan ini membuat karayawan lebih baik dalam pekerjaannya dan menjadikan karyawan tetap bertahan.

      Hapus
  35. menurut pendapat saya, hal yang membuat saya bertahan di sebuah perusahaan adalah :
    1. lokasi yang mendukung (seperti lingkungan yg baik untuk bekerja)
    2. adanya hubungan yang erat antara manajer puncak dan para SDMnya shg bekerja sama dengan baik
    3. sesuai dengan skill yang saya miliki
    4. pekerjaan tersebut sesuai dengan apa yang saya inginkan
    5. suasana lingkungan kerja yang mendukung (rekan kerja yang juga saling mendukung dan memahami satu sama lain)
    6. memiliki hak-hak yang dapat saya terima saat bekerja
    7. memiliki fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada pribadi
    8. adanya peluang dalam pengembangan karir

    hal yang membuat saya tidak bertahan dari perusahaan adalah
    1. tidak adanya sosialisasi sesama karyawan dan tidak respek antar karyawan dalam perusahaan
    2. tidak adanya pengembangan karir
    3. tidak sesuai jobdesk yang diberikan perusahaan kepada saya ataupun merasa berat dalam menjalankan pekerjaan tsb (krn tdk sesuai dengan keahlian)
    4. tidak sesuai dengan misi dan visi yang diberikan perusahaan dan perusahaan tidak dapat mengembangkan perusahaannya.

    BalasHapus
  36. saya samuel 3103010157 msdm2 kls B
    Menurut saya seseorang bertahan pada perusahaan ada beberapa faktor:
    - mendapat gaji yang besar
    - fasilitas memadai jika bekerja di kaantor tersebut
    - partner kerja yang membuat dampak positif bagi karyawan
    - pekerjaannya yang cocok dengan job spesifikasi
    - adanya rasa loyalitas terhadap perusahaan karena perusahaan sudah berjasa pada karyawan tersebut

    karyawan tidak dapat bertahan di suatu perusahaan karena:

    - adanya desakan dari keluarga maupun rekan untuk keluar dari perusahaan tersebut
    - adanya peluang untuk bekerja di tempat lain dengan gaji yang lebih besar
    - tidak mendapat respect sesama karyawan sehingga convinience dalam bekerja tidak dapat menunjukkan kinerja yang optimal

    BalasHapus
  37. Yang membuat saya bertahan dalam sebuah perusahaan:
    1. Suasana kerja yang nyaman dan mendukung kinerja saya lebih baik
    2. Honor dan fasilitas yang sesuai kebutuhan dan keinginan
    3. Pekerjaan yang sesuai dengan keahlian saya

    Yang membuat saya keluar dari perusahaan:
    1. Adanya suasana kerja yang tidak nyaman (tekanan dari rekan kerja atau pimpinan)
    2. Perusahaan yang staknan atau lambat berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat diatas karena dalam lingkungan perusahaan yang dapat membuat kita bertahan terutama adalah kenyamanan, apalagi di dukung dengan honor dan fasilitas yang memadai, dan pekerjaan yang kita tekuni merupakan keahlian/bidang kita. Dan yang membuat kita tidak betah di perusahaan, menurut saya antara lain atasan/pimpinan tidak mendengarkan saran dari anda, tidak memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja, dll.

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan jonathan

      karena dengan suasana kerja yang nyaman, honor , serta pekerjaan yang sesuai dapat membuat seseorang betah/bertahan disebuah perusahaan.

      namun ada yang mau saya tambahkan faktor" lain yang dapat membuat seseorang betah diperusahaan yaitu :

      1. Rekan kerja yang mendukung & bersahabat
      2. Perusahaan tidak menuntut hal" yang tidak realistis
      3. Atasan turut menghormati bawahannya
      4. Masa depan karir & perusahaan jelas
      5. Perusahaan bergerak secara legal(tidak melanggar hukum)

      Sekian tanggapan saya, terima kasih :)

      Andre Chrisyudha Prayogo (3103011102) - Kelas C

      Hapus
  38. yang membuat saya bertahan dalam sebuah perusahaan jika perusahaan itu bisa menaruh saya d posisi yang sesuai dengan kemampuan saya dan lingkungan kerja yang sangat mendukung untuk saya bisa bekerja semakin optimal. sebaliknya yang membuat saya untuk memilih keluar dari perusahaan jika lingukan itu tidak baik untuk jenjang karir saya dan jika perusahaan itu menaruh saya di bidang yang tidak saya kuasai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat okky tetapi saya ingin menambahkan bahwa kecenderungan orang bertahan di perusahan adalah:
      -.tunjangan dariperusahaan yang begitu banyak
      -.memiliki ruang lingkup yang nyaman
      -.ataupun gaji yang sesuai
      Alasan mengapa orang meninggalkan perusahaan adalah:
      -.ingin mencoba tantangan baru diperusahaan lain
      -.tidak cocok dengan sistem perusahaan
      -.tunjangan yang diberikan perusahaan sangat minim
      -.ataupun gaji yang tidak sesuai

      Hapus
  39. Dalam dunia kerja memang SDM sangat berpengaruh dalam organisasi,
    tetapi hanya ada 2 hal yang mempengaruhi SDM tersebut terhadap
    suatu organisasi. Jika posisi saya sebagai SDM di dalam organisasi
    menurut saya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga
    timbul 2 hal yang menjadi pilihan bagi SDM.
    tesebut.
    Hal yang pertama adalah bertahan di dalam suatu organisasi, faktor
    yang mempengaruhinya adalah :
    - Penempatan pada bidang pekerjaan yang cocok/ sesuai dengan kemampuan yang saya miliki, sehingga dapat mengasah kemampuan saya menjadi lebih baik lagi.
    - Suasana di dalam organisasi yang cocok, sehingga dapat mendukung saya untuk melakukan pekerjaan lebih baik.
    - Peraturan organisasi yang tergolong wajar diberikan kepada karyawan
    - Fasilitas yang diberikan terhadap karyawan sangat sesuai, sehingga saya merasa terjamin dan nyaman di dalam organisasi tersebut.
    - Hubungan yang baik antara atasan dan karyawan, sehingga saya dapat mengemukakan pendapat apabila ada hal yang bersifat negatif.
    - Gaji yang sesuai dengan kewajiban yang telah saya lakukan di dalam organisasi.
    Hal yang kedua adalah memutuskan untuk meninggalkan organisasi, faktor
    yang mempengaruhinya adalah :
    - jobdesk yang tidak sesuai dengan kemampuan.
    - lingkungan kerja yang tidak cocok, sehingga saya merasa tertekan di dalam organisasi.
    - Gaji yang diberikan tidak sesuai dengan pekerjaan yang telah dilakukan. Sebagai contoh, pekerjaan yang seharusnya dikerjak oleh bagian instansi lain tetapi diberikan kepada saya, sedangkan gaji yang diberikan sangat kecil. Hal tersebut membawa dampak negatif bagi saya di dalam organisasi
    - Hari kerja yang menyita waktu libur, sehingga tidak ada waktu luang untuk refreshing.
    - Terlalu banyak peraturan yang diterapkan, sehingga ruang lingkup saya sebagai karyawan sangat sempit dan pekerjaan sehari-hari seperti monoton. hal tersebut menyebabkan karyawan menjadi bosan dan mencari pekerjaan lain yang lebih menjanjikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau menanggapi pendapat saudara elly menurut saya sangat setuju mengenai pendapat tentang fasilitas karyawan...

      menurut pendapat anda fasilitas yang bagaimana yang harus diberikan oleh perusahaan sehingga karyawan merasa nyaman untuk berkeja didalam suatu perusahaan?

      thx ^^

      Hapus
  40. Hal-hal yang membuat saya bertahan di organisasi
    1.lingkungan pekerjaan yang nyaman dan fasilitas yang memadai.
    2.pekerjaan sesuai dengan apa yang saya minati.
    3.adanya peluang untuk mengembangkan karir dalam bekerja

    Yang membuat saya keluar dari perusahaan:
    1.rekan kerja yang tidak bertanggung jawab dalam pekerjaan.
    2.Tidak adanya kejelasan mengenai tangga karir selama bekerja dan prospek untuk waktu yang akan datang.
    3.Hak-hak dalam bekerja tidak dipenuhi perusahaan, seperti pembayaran gaji yang tidak sesuai kesepakatan, fasilitas kerja yang tidak memadai.

    BalasHapus
  41. hal yang membuat saya bertahan di organisasi
    1. pekerjaan yang sesuai dengan minat saya.
    2. lingkungan yang mendukung ( rekan kerja, nyaman, fasilitas).
    3. gaji yang sesuai dengan kemampuan dan jabatan yang saya miliki.
    4. dapat memberikan peluang bagi saya untuk lebih mengembangkan kemampuan.
    5. penjabaran yang jelas atas susunan-susunan struktur organisasi dan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

    yang membuat saya keluar sebagian besar merupakan kebalikan dari penjelasan di atas. selain itu pimpinan yang tidak bisa saya jadikan panutan dan saya hormati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan alasan yang disebutkan Irine, dengan semua alasan itu saya dapat bertahan di organisasi, namun dari semua itu yang menjadi alasan utama saya adalah lingkungan kerja yang mendukung, sebab tanpa adanya lingkungan yang mendukung saya tidak akan dapat berkerja secara optimal sehingga saya tidak dapat mengembangkan kemampuan dan otomatis dengan demikian karir saya di dunia kerja tidak akan meningkat. Demikian juga alasan saya untuk meninggalkan organisasi yang terutama adalah karena lingkungan yang tidak mendukung diikuti dengan alasan lain seperti yang disebutkan Irine.

      Hapus
    2. saya juga setuju dengan pendapat yang diajukan irine dan gracia karena untuk bertahan di sebuah perusahaan apabila tidak ada kecocokan antara kita pribadi dengan tujuan perusahaan maka pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia. Kita merasa berat hati mengerjakan segala kewajiban dalam bekerja dan perusahaan berusaha menekan memberi banyak tanggungan bagi kita. Jadi lingkungan perusahaan sangat penting guna mendukung kita untuk melaksanakan segala pekerjaan dengan inovatif dan menggunakan segala kemampuan yang ada. Alasan untuk meninggalkan sebuah organisasi saya juga sependapat dengan irine, apabila gaji tidak sesuai, saya tidak bisa mengembangkan kemampuan dan lingkungan yang tidak kondusif maka akan membuat saya untuk meninggalkan organisasi tersebut.

      Hapus
    3. Saya sependapat dengan irine, namun seperti gracia, lingkungan yang mendukung sangat saya perlukan untuk bekerja secara maksimal dan bertahan dalam perusahaan tersebut. Saya juga mengharapkan perusahaan dapat menaikkan gaji ketika saya sudah memberikan hasil kinerja saya yang baik untuk perusahaan.

      Hapus
  42. jika saya berada di suatu perusahaan dan memutuskan perusahaan, bisa saja karena saya sudah menyukai segalanya yang ada di dalam perusahaan tersebut. mulai dari peraturan, cara bekerja, tugas-tugas yang harus saya kerjakan di dalam perusahaan tersebut. apalagi mengenai para karyawan yang ada di dalam 1 perusahaan tersebut, saya sudah cocok dengan suasana yang ada di tempat itu, akrab, dan tak ada masalah apapun, apalagi mengenai gaji..
    tetapi jika saya keluar dari perusahaan tersebut, bisa saja saya tidak sesuai dengan bidang yang saya jalani di tempat itu. peraturan, atau bisa saja tugas-tugas yang diberikan terlalu banyak dan meminta deadline yang sangat singkat. tidak ada uang lembur atau bonus, atau gaji yang kurang mencukupi.

    BalasHapus
  43. Hal-hal yang membuat saya bertahan di suatu organisasi adalah :
    1. lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan
    2. keamanan kerja
    3. gaji yang sesuai dengan pekerjaan
    4. adanya peluang pengembangan karir
    5. lokasi kerja yang dekat dengan tempat tinggal
    6. tujuan perusahaan yang jelas.
    Sedangkan, hal-hal yang membuat saya keluar dari suatu organisasi adalah :
    1. lingkungan yang tidak sesuai
    2. gaji yang tidak memuaskan
    3. sikap kerja atasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat mengapa suatu karyawan tetap bertahan dari saudari natalia,terutama pada poin 1 dan 2,bahwa seseorang akan merasa nyaman apabila terdapat lingkungan yang mendukung semua pekerjaannya dan akan merasa lebih nyaman lagi ketika perusahaan memberikan sebuah jaminan tentang keselamatan dan keamanan dalam bekerja.

      Hapus
  44. Jika saya berada pada posisi sebagai karyawan SDM, hal-hal yang dapat membuat saya bertahan dalam sebuah perusahaan adalah :
    1. Budaya yang sesuai
    2. Waktu yang fleksibel
    3. Lingkungan yang mendukung ( kondusif)
    4. rekan kerja yang ramah dan mendukung
    5. Pekerjaan yang diberikan sesuai dengan minat dari karyawan
    6. gaji yang sesuai
    7. tempat kerja yang dekat dengan rumah

    Dan hal-hal yang dapat membuat saya keluar dari perusahaan adalah :

    1. Waktu yang tidak fleksibel
    2. Upah yang diterima tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan
    3. lingkungan yang tidak kondusif
    4. Apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan job desk yang diberitahukan
    5. Tidak ada lagi tantangan di dalam perusahaan
    6. Tantangan yang terlalu tinggi bagi seorang karyawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi poin ke 1 dan ke 5 dari alasan saudara bertahan di perusahaan. Tolong saudara lebih menjelaskan budaya yang sesuai itu seperti apa? Dan Pekerjaan yang diberikan sesuai dengan minat dari karyawan maksudnya seperti apa ?

      Dan Poin ke 4,5,6 dari alasan saudara keluar dari perusahaan. Jika tidak sesuai job desk bukannya karyawan yang melakukan kesalahan ? Dan tantangan seperti apa yang anda inginkan sehingga anda memutuskan keluar dari perusahaan ? Tetapi jika diberikan tantangan anda tetap memutuskan untuk keluar seperti poin ke 6

      Terima Kasih.

      Hapus
  45. yang membuat saya bertahan :
    1. Lingkungan perusahaan yang nyaman(rekan kerja, atasan)
    2. Perusahaan yang memberikan akomodasi berupa pengembangan ilmu/karier, transportasi
    3. penempatan kerja dan gaji, dan bonus yang sesuai dengan minat dan kemampuan
    4. tujuan perusahaan dan cara kerja perusahaan yang sesuai dengan kita dan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan

    yang membuat saya keluar :
    1. Lingkungan yang tidak nyaman dan tidak mendukung adanya pengembangan kemapuan diri
    2. Tujuan dan cara kerja perusahaan yang tidak sesuai
    3. Bidang minat kerja yang tidak sesuai
    4. Akomodasi yang tidak sesuai dengan diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan alasan saudari bertahan khususnya poin 1-3. Tetapi saya kurang setuju dengan poin ke 4 cara kerja perusahaan yang sesuai dengan kita dan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan, Karena saya bingung dengan argumen saudari. Bisa Tolong lebih diperjelas dan tolong berikan contohnya.

      Terima Kasih.

      Hapus
  46. Faktor yang membuat saya bertahan dalam suatu organisasi:
    -Budaya dan nilai organisasional. Organisasi mempunyai budaya yang menghargai orang memungkinkan mereka untuk menarik dan memelihara karyawan dengan baik.
    -Ada peluang karier. Organisasi yang menawarkan pengembangan dan perencanaan karier memunculkan alasan mengapa individu bertahan dalam pekerjaannya.
    -Penghargaan. Kompensasi dan insentif yang lebih baik dan tinggi merupakan alasan utama untuk bertahan.
    -Rancangan tugas dan pekerjaan. Pekerjaan yang fleksibel dapat membuat karyawan nyaman dalam organisasi dan lebih memilih untuk bertahan. Misalnya karyawan diperbolehkan untuk berpakaian kasual, atau jam kerja yang tidak terlalu ketat.
    Hal-hal diatas menurut saya dapat membuat karyawan memilih untuk bertahan dalam organisasi. Apabila hal-hal di atas tidak dipenuhi oleh organisasi maka besar kemungkinan karyawan akan tertarik untuk berpindah ke perusahaan lain.

    BalasHapus
  47. menurut saya, faktor-faktor yang menyebabkan saya dapat bertahan di suatu organisasi adalah yang pertama suasana kerja yang baik contohnya saya dapat bekerja sesuai dengan bidang yang saya geluti dan dapat berhubungan dengan sangat baik kepada atasan (bos) karena itu merukapakan faktor yang paling penting. dan ditambah juga dengan rekan kerja yang baik. visi misi perusahaan juga harus diperhatikan jadi saya dapat bekerja dengan enjoy sesuai dengan visi misi perusahaan yang baik.
    selain itu faktor-faktor yang menyebabkan saya tdk dapat bertahan dalam suatu organisasi adalah adanya ketidaksesuaian bidang pekerjaan yang telah disepakati sebelumnya (pada saat penetapan saya sebagai karyawan), sallary atau gaji juga menjadi penentu dan juga lingkungan pekerjaan (rekan sekerja / atasan) yang tidak sesuai juga menjadi penentu saya tidak dapat bertahan dalam suatu perusahaan / organisasi.

    Agnes (kelas D)

    BalasHapus
  48. Alasan saya Bertahan dalam sebuah perusahaan
    1. gaji yang pantas
    2. apresiasi kinerja yang memadai
    3. atmosfer lingkungan pekerjaan yang mendukung
    4. rekan kerja yang menyenangkan

    Alasan yang tidak membuat saya bertahan dalam sebuah organisasi adalah hal-hal yang berkebalikan dengan apa yang membuat saya bertahan untuk tetap didalam organisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanggapi pernyataan alasan anda bertahan di point pertama.
      Gaji yang pantas itu seperti dalam hal apa?
      Misalkan anda diposisi karyawan bag.lapangan sudah 10tahun bekerja, tetapi belum ada tanda-tanda mobilitas jabatan/strata diperusahaan tersebut. Bagaimana anda menyikapinya?

      Hapus
    2. menanggapi pertanyaaan dari saudari Omega, perihal gaji yang pantas.

      Gaji yang pantas disini adalah gaji yang mencukupi kebutuhan karyawan tersebut, jelas motivasi utama dari para karyawan adalah gaji yang setimpal dengan apa yang mereka kerjakan

      apabila saya menjadi seorang pekerja lapangan perusahaan tersebut, yang utama adalah melakukan evaluasi tentang kinerja saya terhadap perusahaan, apakah selalu produktif apa tidak, apabila ternyata produktivitas dan performa selalu mengalami peningkatan, ini mengindikasikan bahwa perusahaan tidak mengapresiasi apa yang sudah saya kontribusikan terhadap perusahaan , sehingga saya memilih untuk keluar dari perusahaan tersebut dan mencari perusahaan yang mau menghargai kinerja saya.

      sekian dari saya, Terimakasih telah memberikan pertanyaan

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat adrian, menurut saya, seorang pegawai bisa bertahan dengan adanya faktor-faktor seperti yang saudara adrian katakan, bila tidak ada faktor-faktor tersebut maka seorang pegawai tidak akan bertahan dan memilih pekerjaan baru yang lebih cocok dengan dirinya. terima kasih

      Hapus
    4. Saya stephani kls c
      saya setuju dgn pendapat adrian sebab apabila lingkungan kerja kita tidak mendukung kita jadi malas bekerja saya mw bertanya kepada saudara adrian apreasi kinerja yang memadai seperti ap?

      Hapus
  49. hal-hal yang membuat saya dapat bertahan di perusahaan adalah :
    - lingkungan kerja yang kundusif
    - gaji yang sesuai
    - tunjangan yang baik
    - fasilitas perusahaan
    - jaminan kesehatan

    hal-hal yang membuat saya keluar dari perusahaan :
    - kurangnya tantangan dalam bekerja
    - terlalu di beri kerja yang banyak
    - budaya perusahaan yang tidak sesuai
    - waktu yang tidak fleksibel

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat melisa
      saya juga ingin menambahkan bahwa pada dasarnya para karyawan yang masih ingin bertahan ditempat mereka bekerja karena disamping memperoleh gaji yang tetap mereka dapat memperoleh bonus, letak yang strategis dengan rumah, dan juga pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian mereka.
      selain itu hal" yang membuat karyawan tidak bertahan antara lain atasan yang bertindak semena-mena dalam memberikan pekerjaan,kurangnya sosialisasi dala rekan organisasi.

      Hapus
  50. Menurut saya, yang membuat seseorang bertahan adalah atasan yang baik, bisa mengerti bawahan, tidak sewenang-wenang dan rekan kerja yang menyenangkan. sedangkan yang membuat seseorang ingin keluar dari pekerjaan adalah atasan yang sewenang-wenang, kasar, tidak pernah mau mendengarkan keluhan bawahan dan rekan kerja yang tidak bisa diajak kerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan bertanya kepada saudara michael... apakah tidak ada hal lain yang membuat anda bertahan di sebuah perusahaan tersebut selain atasan yang baik? atau bisa dikatakan begini. apakah anda akan tetap bertahan hanya karena atasan yang baik, namun gaji anda rendah, dan jabatan anda tetap bertahan pada posisi anda saat ini?

      Hapus
  51. menurut saya yang dapat membuat saya bertahan adalah memiliki fasilitas yang memadai, memiliki teman kerja yang baik, lokasi perusahaan tidak jauh dari tmpt tinggal saya,memiliki kesempatan yang besar untuk naik pangkat.
    hal yang tidak membuat saya bertahan adalah terlalu banyaknya jobdeks yang berikan, gaji yang tidak sesuai, peraturan perusahaan yang banyak. kurang tantangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan bertanya pada saudara standy.. fasilitas yang memadai seperti apa yang anda maksud? tolong dijelaskan. makasih

      Hapus
    2. Saya ingin membantu menanggapi pertanyaan dari saudara Gracia,
      Fasilitas memadai di sini berarti bahwa tersedia alat atau sarana dan prasarana untuk membantu karyawan meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaannya, seperti fasilitas lampu, meja, kursi serta fasilitas pendukung lainnya berupa fasilitas ibadah, toilet/WC, dsb. Di mana fasilitas tersebut juga berada dalam kondisi yang bagus dan terjaga dengan baik.

      Keberadaan fasilitas yang memadai di sini turut membantu karyawan untuk bertahan dalam pekerjaan, karena karyawan yang merasa nyaman dengan fasilitasnya, akan termotivasi dan dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaannya. Bayangkan bila kita harus bekerja 8-9 jam sehari dengan lampu redup dan meja kotor.

      Terima Kasih^^

      Hapus
    3. MISALNYA BILA ANDQA SUDAH LAMA BEKERJA DISANA TAPI ANDA TIDAK NAIK2 APAKAH ANDA TETAP BERTAHAN ATAU AKAN PINDAH

      Hapus
  52. alasan" yang menyebabkan saya bertahan adalah:
    - sudah cocok dengan perusahaan tersebut
    - gaji yang sesuai
    - adanya jaminan dari perusahaan
    - suasana yang nyaman
    - visi dan misi perusahaan yang jelas

    alasan" yang menyebabkan saya keluar adalah :
    - bila perusahaan sudah tidak memegang visinya
    - atasan yang suka membentak
    - suasana kerja yang saling senggol menyenggol tanpa adanya teamwork

    Agung W (3103011078) kls B terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saudara agung bila atasan yang sabar tetapi gaji dalam perusahaan tidak sesuai, apakah saudara agung bisa tetap bertahan dalam perusahaan tersebut?

      Hapus
    2. selama kondisi pekerjaan nyaman saya akan bertahan. Gaji hanya merupakan reward dari apa yang telah kita lakukan, untuk mencari gaji besar bisa dilakukan dengan mudah tetapi untuk mencari orang yg cocok dengan kita itu susah. terima kasih

      Hapus
  53. Ada banyak hal yang membuat yang bisa membuat seorang karyawan bertahan dalam suatu organisasi atau memilih untuk keluar. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecenderungan karyawan dalam sebuah organisasi diantaranya gaji/kompensasi, hubungan dengan atasan dan rekan kerja, kecocokan dengan deskripsi kerja, dan masih banyak lagi seperti yang telah banyak disampaikan oleh tema-teman lain.

    Beberapa hal di bawah ini juga dapat mempengaruhi retensi dari karyawan.
    1. Motivasi. Pada umumnya perusahaan memberikan motivasi pada karyawannya melalui insentif, bonus-bonus, serta tunjangan. Namun hal tersebut tidaklah cukup membuat karyawan bertahan dalam organisasi. Dalam hal ini perusahaan juga perlu memperhatikan faktor karyawan terdemotivasi.
    2. Kepuasan karyawan terjaga. Aspirasi serta ide-ide dari karyawan, maupun keluhan yang tersampaikan pada atasan kemudian mendapat tanggapan dan umpan balik dari perusahaan dapat menjaga kepuasan karyawan. Sangat penting bagi atasan untuk sering melakukan komunikasi dengan karyawan.
    3. Fasilitas bagi karyawan yang mengikat. Memberikan fasilitas-fasilitas khusus kepada karyawan terutama karyawan berprestasi, misalnya meminjamkan gadget-gadget, kendaraan pribadi, kepada karyawan, menawarkan jenjang karier yang jelas, memberikan kesempatan pergi ke luar negeri kepada karyawan dapat menjadi faktor pengikat bagi karyawan.

    Hal-hal di atas apabila terpenuhi dapat membuat karyawan lebih loyal terhadap perusahaan sehingga mengurangi turn-over karyawan pada perusahaan. Sebaliknya, apabila perusahaan tidak memenuhinya, besar kemungkinan karyawan akan lebih terpikat pada perusahaan lain.

    BalasHapus
  54. Alasan yang membuat saya bertahan di organisasi adalah ,Lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman,Adanya pengembangan karir, Memiliki jam kerja yang flexibel,lokasi dekat dengan tempat tinggal, Menerima gaji yang sesuai, Adanya tunjangan dan fasilitas yang dapat mendukung pengembangan karir . sedangkan alasan yang membuat saya keluar dari organisasi adalah ketika tidak ada pengembangan karir, gaji tidak sesuai dengan yang kinerja atau ada tawaran dari perusahaan lain yang lebih menjanjikan, jam kerja yang tidak flexible, rekan kerja yang tidak dapat di ajak bekerja sama,dan tidak di berikan jaminan atau tunjangan dari perusahaan.

    BalasHapus
  55. menurut saya alasan yang membuat saya bertahan dalam perusahaan adalah
    1. gaji dan bonus yang sesuai dengan harapan saya
    2. tempat kerja dekat dengan rumah saya
    3. lingkungan dalam bekerja kondusif dan menyenangkan
    4. jam kerja yang fleksibel dan sesuai dengan jadwal saya
    5. pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat saya
    Yang membuat saya ingin meninggalkan perusahaan adalah
    1. memiliki atasan yang semena-mena dan pemarah
    2. kurangnya fasilitas kerja dalam perusahaan
    3. tidak adanya tunjangan dan asuransi masa tua dari perusahaan
    4. visi dan misi perusahaan tidak sesuai dengan tujuan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi, poin ke 4 (alasan tidak bertahan)
      jika visi dan misi perusahaan tidak sesuai dengan tujuan anda, mengapa anda masuk ke perusahaan tersebut dan bertahan ? sedangkan dalam proses perekrutan perusahaan, dalam wawancara biasanya diberitahu visi dan misi perusahaan.
      terimaksih.

      Hapus
    2. terima kasih atas tanggapan gisella. tetapi dalam alasan saya visi dan misi yang saya maksud adalah bahwa memang saat masuk saya menganggap bahwa misi dan visi perusahaan cocok dengan tujuan saya, tetapi lambat laun saat saya bekerja diperusahaan tersebut, ternyata visi dan misi perusahaan tersebut tidak sesuai dengan apa yang saya perkirakan awalnya dimana ternyata tujuan saya berbeda dengan visi dan misi perusahaan. terima kasih

      Hapus
  56. alasan yang membuat saya bertahan dalam perusahaan adalah
    1. tempat kerja yang tidak jauh dari rumah tinggal
    2. lingkungan pekerjaan yang nyaman
    3. gaji yang diberikan tinggi
    4. memiliki teman yang banyak
    5. pekerjaan atau tanggung jawab yang diberikan sesuai dengan keahlian.
    6. waktu yang diberikan bebas sesuai dengan jadwal saya.
    alasan yang membuat saya keluar dari perusahaan adalah
    1. memiliki masalah dengan atasan
    2. atasan yang pemarah
    3. mencari pengalaman baru
    4. Kurangnya kesempatan untuk mengembangkan diri
    5. gaji yang diterima tidak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab
    6.

    BalasHapus
  57. alasan saya yang membuat bertahan dalam perusahaan adalah:
    lingkungan yang cocok dan nyaman, pekerjaan yang di kerjakan sesuai dengan hobi yang kita sukai, gaji yang cocok atw sesuai dengan paa yang kita kerjakan, fasilitas-fasilitas yang di berikan sesuai dengan kebutuhan kita

    alasan yang membuat saya keluar dari perusahaan adalah:
    visi dan misi yang tidak sesuai dengan apa yang kita ingin kan, pekerjaan yang tidak cocok dengan bidang yang kita tekuni/sukai, kurang nya kesempatan untuk semakin berkembang, gaji yang tidak sesuai dengan apa yang kita kerjakan

    BalasHapus
  58. alasan yang membuat saya bertahan dalam perusahaan adalah masa depan yang jelas di perusahaan tersebut, gaji yang sesuai dan lingkungan kerja yang nyaman

    alasan yang membuat saya keluar dari perusahaan adalah lingkungan kerja yang stres dan penuh tekanan, kemudian gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan saya,masa depan perusahaan yang tidak jelas

    BalasHapus
  59. alasan yang membuat saya bertahan dalam suatu perusahaan adalah:
    - lingkungan kerja yang nyaman
    - gaji yang sesuai dengan pekerjaan
    - pekerjaan cocok dengan saya
    - cocok dengan sistem yang ada di perusahaan
    - tempat kerja yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal

    yang membuat saya memutuskan untuk meninggalkan perusahaan adalah :
    - gaji tidak sesuai dengan pekerjaan
    - lingkungan yang tidak nyaman
    - sistem kerja di perusahaan yang kurang baik
    - adanya SARA
    - lokasi perusahaan terlalu jauh dari tempat tinggal
    - pekerjaan tidak cocok dengan saya

    BalasHapus
  60. Menurut saya, alasan saya bertahan pada suatu organisasi yang pertama adalah karena saya merasa nyaman dengan pekerjaan di organisasi tersebut. Yang kedua karena pekerjaan yang saya kerjakan sesuai dengan kemampuan saya. Yang ketiga karena di organisasi tersebut saya bisa mendapatkan pengalaman baru serta mendapatkan gaji yang membuat saya merasa cukup.
    Alasan saya untuk meninggalkan suatu organisasi yang pertama jelas karena lingkungan organisasi tersebut tidak membuat saya nyaman. Yang kedua gaji yang saya terima tidak sesuai dengan pekerjaan yang saya lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Richard_C
      saya berpendapat dengan yeremias surya karena dalam suatu organisasi perlu rasa kenyamanan dengan pekerjaan di organisasi tersebut. dan ada beberapa faktor alasan untuk meninggalkan organisasi tersebut karena lingkungan pekerjaan yang tidak nyaman ataupun gaji/bonus yang di terima dalam organisasi.

      Hapus
  61. menurut saya alasan saya bertahan di suatu perusahaan
    _ kondisi kerja yang nyaman
    - fasilitas yang saya dapat selain gaji pokok memuaskan
    - kebiajakan perusahaan yang sesuai dengan saya
    - memiliki pimpinan yang memahami para karyawannya

    alasan saya keluar dari suatu perusahaan

    - pekerjaan yang di berikan perusahaan luar batas kemampuan saya
    - memiliki pimpinan yang tidak mementingkan para SDMnya
    - fasilitas perusahaan yang tidak memadai

    BalasHapus
  62. Saya memilih no 1 karena kalau pekerjaan bisa membuat saya semangat bekerja
    NO 2) karena atasan yang baik sembuat saya betah bekerja
    No 3) karena saya mendapat penghargaan dan pekerjaan saya tidak dianggap sia-sia
    No 8) karena kondisi itu menetukan tingkat keberhasilan
    No 11) karena keberhasilan itu merupakan sebuah kebanggaan

    BalasHapus
  63. Alasan seseorang untuk tetap bertahan
    1.Lingkungan kerja yang mendukung
    2.Waktu kerja yang fleksibel
    3.Budaya perusahaan yang sesuai
    4.Terbukanya peluang untuk berkarir di perusahaan
    5.Adanya penghargaan atas perkerjaan yang telah di selesaikan karyawan seperti bonus, pengakuan dll.

    Alasan seseorang untuk meninggalkan organisasi
    1.Letak atau lokasi perusahaan yang jauh dari rumah atau tempat tinggal
    2.Lingkungan perusahaan yang tidak mendukung
    3.Kurang bersahabatnya rekan kerja di perusahaan
    4.Tidak adanya kebebasan otonomi dalam mengambil keputusan.
    5.Tidak adanya tantangan kerja yang diberikan

    BalasHapus
  64. Alasan saya tetap bertahan di organisasi karena pekerjaan saya sekarang sesuai dengan minat saya, kompensasi dan gaji yang saya terima sesuai dengan hasil kerja saya, lingkungan kerja yang kondusif, adanya aturan dan pedoman kerja yang jelas, mempunyai atasan dan tim kerja yang baik yang dapat mengarahkan dan membimbing saya, dan mempunyai karir yang jelas (bisa naik jabatan).
    Alasan saya keluar dari organisasi adalah lingkungan kerja yang tidak nyaman, gaji dan kompensasi tidak sesuai dengan hasil kerja saya, tim kerja yang tidak baik dan tidak bisa saling support satu sama lain, tidak mempunyai karir yang jelas, dan tidak ada aturan dan pedoman kerja yang jelas.

    BalasHapus
  65. Sudah bekerja selama 6bulan, lingkungan kerja tidak nyaman, pekerjaan selalu melenceng dari jobdesc, setiap hari diomelin boss...Bertahan atau Resign?

    BalasHapus