SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 26 Januari 2013

Penentu Kesuksesan Organisasi (Bahan Diskusi I Genap 2013)


SUMBER:

The New 80/20 Rule: Human Resources Are Today's Competitive Factor

Kenyataan yang ironis terkait kemajuan komputer dan teknologi lainnya adalah peningkatan pentingnya SDM dalam kesuksesan suatu organisasi. Sebab, pengetahuan dan informasi sudah dapat diakses oleh siapapun. Akibatnya, 80 persen yang bisa dilakukan oleh suatu organisasi dapat juga dilakukan sama baiknya oleh organisasi lain. Oleh karena itu, kesuksesan kompetitif tergantung pada SDM yang merupakan elemen 20 persen yang menghasilkan kualitas daripada kuantitas. Kreativitas, inovasi, dan konsistensi pada kualitas tinggi dalam produk dan jasa menjadi kunci kesuksesan suatu organisasi. Orang HRD harus menyadarkan manajemen puncak akan pentingnya SDM dalam mencapai keunggulan kompetitif tersebut. Output yang kreatif memang sangat sulit diukur, dan organisasi hanya bisa berharap mendapatkan upaya terbaik dari SDM-nya dengan cara meningkatkan semangat, antusiasme, dan kepercayaan karyawannya dan terus berupaya membuat karyawannya merasa menjadi bagian dari organisasi.

Bahan Diskusi:
Berikan tanggapanmu terkait kutiban di atas (khusus kelas hari Senin sedangkan kelas hari rabu dan kamis menanggapi komentar kelas hari senin)
Selamat berdiskusi……

130 komentar:

  1. Dari fenomena di atas, jelas memang tidak dapat dipungkiri bahwa persentase yang besar dari pengaruh kemajuan teknologi menjadi sangat sulit dihindari dan memang benar bahwa 20 persen komposisi kemampuan sebuah perusahaan yakni potensi SDM yang akan menjadi penentunya. Saya mencoba melihat sisi positif dari fenomena ini, bahwa dengan semakin besarnya pengaruh teknologi maka sebenarnya menurut saya pengembangan potensi SDM akan semakin bagus.

    Alasannya adalah, ketika dalam kondisi semua orang dapat mengakses informasi dengan sangat luar biasa mudah untuk mengembangkan dirinya, maka yang menjadi pembeda kualitas antara individu hanya tinggal terletak pada bagaimana mereka secara kreatif mengolah informasi yang didapat menjadi sebuah solving problem bagi perusahaan. Disinilah kualitas SDM dapat benar-benar teruji, SDM dengan kualitas terbaik akan mampu untuk terus menerus mengeksplorasi kemampuan terbaiknya untuk menghasilkan sesuatu yang kontributif bagi perusahaan serta selling point bagi dirinya.

    Bagi perusahaan, ini tentu akan menjadi sebuah keuntungan, karena daya saing antar SDM akan menjadi sangat tinggi sehingga kualitas SDM terbaik akan dapat dicapai dan manfaatnya dapat dirasakan bagi perusahaan. Tentunya juga dengan mengingatkan pada perusahaan bahwa semangat kinerja yang baik juga akan muncul apa bila terdapat "PENAWARAN" terbaik juga dari perusahaan

    Jadi, dengan kemajuan teknologi akan meningkatkan daya saing SDM sehingga perusahaan akan mendapat kualitas terbaik dari tiap-tiap SDM nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan komentar dari saudara Eric bahwa Dengan semakin tinggi kecanggihan teknologi maka pengembangan SDM semakin lebih baik dari sebelumnya. Karena dengan kondisi itu para SDM dapat mengakses info-info untuk mengembangkan dirinya dan dapat bersaing (berlomba-lomba kreatif) dengan SDM lainnya yang akan menjadi pembeda antara SDM satu dengan yang lain.
      Dan juga akan memberikan keuntungan besar kepada perusahaan untuk bisa mengembangkan perusahaan lebih baik karena biasanya perusahaan akan memberikan penawaran menarik agar para SDM lebih kreatif dan meningkatkan kinerja kerja SDMnya. Misal penawaran menarik seperti : kinerja baik maka jabatan atau gaji bisa naik sesuai dengan kinerja yang SDM lakukan.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat dari eric hendrawan dimana semakin berkembangnya teknologi semakin membuat SDM semakin berkualitas sehingga SDM dapat memberikan kontribusinya terhadap perusahaan sehingga guna dan fungsi HRD semakin jelas.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat dari erik sanjaya, tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi di duniasudah sangat berkembang, dan menurut saya dengan berkembangnya teknologi dapat membuat SDM suatu perusahaan lebih berkembang pula, dan ilmu yang di dapat SDM perusahaan dari berkembangnya teknologi tersebut dapat digunakan untuk mengebangkan perusahaan.

      Hapus
  2. Menurut saya kita tidak dapat mengelak dari kemajuan teknologi. Di samping itu kita juga harus memikirkan SDM yang kita miliki.
    Dan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan terletak pada kinerja SDM yang ada, maka perusahaan perlu memanage SDM nya yang merupakan aset perusahaan yang paling berharga dibanding dengan aset yang lain karena SDM memiliki suatu pemikiran yang kompleks, dan sering memunculkan ide-ide baru yang kreatif. Dari situ pihak top manajer lah yang harus berupaya devisa mungkin untuk mendapatkan, mengoptimalkan SDM agar mereka dapat memiliki kinerja yang memuaskan. Di samping adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih.
    Dan apabila keduanya disatukan antara SDM yang memiliki keunikan sendiri, ide baru, dan kinerja baik dengan teknologi yang maju, maka akan menjadikan perusahaan memiliki daya saing yang hebat dalam menghadapi permainan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat zella karyawan adalah aset perusahaan karena dimasa sekarang yang sdm2 ini sudah maju antaralain secara Ke]kreativitas, inovasi, dan konsistensi dengan kemampuan-kemampuan yang sudah dimiliki oleh SDM ini maka perusahaan dapat berjalan dengan baik.

      karena sekarang jaman sudah serbah modern dimana peningkatan-peningkatan teknologi sudah berkembang pesat maka perusahaan juga harus memberikan pelatian-pelatian kepada sdm-sdm nya agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan lain.

      maka dengan adanya sdm2 yang memiliki potensi dengan ditambah pelatian-pelatian yang diberikan oleh perusahaan maka kinerja karyawan mungkin dapat meningkat.

      menambahkan sedikit
      saran:
      serta jika sudah berkembang maka perusahaan dapat memberikan penawaran-penawaran seperti halnya kenaikan gaji atau mempromosikan jabatan yang lebih tinggi dikarena kirneja karyawan yan bagus untuk perusahaan. dengan cara ini maka karyawan akan mempunyai loyalitas berkeja diperusahaan yang dia berkeja.

      Hapus
    2. Agnes Hadi Resita_C
      Saya setuju dengan pendapat saudara Zella, bagi saya kemajuan teknologi yang terus menerus setiap waktunya dapat sangat berdampak bagi kemajuan SDM apabila dipergunakan dengan semaksimal mungkin, lewat teknologi yang tersedia para HRD dapat menemukan cara baru untuk meningkatkan kualiatas SDM perusahaan, karena peningkatan kualitas SDM sangat diperlukan oleh perusahaan mengingat persaingan dunia usah terus berkembang oleh karena itu sangat dituntun SDM yang berkualitas dibidangnya dan unik.

      Hapus
    3. Veronica Michelle_C
      Saya sangat setuju dengan pendapat saudari Zella, karena menurut saya segala sesuatunya saat ini sangat membutuhkan sekali teknologi yang semakin maju, dengan teknologi itulah SDM yang dikembangkan akan lebih maksimal lagi.

      Selain itu juga para karyawan-karyawan dalam perusahaan juga harus diberikan pelatihan, dan sarana-sarana yang kiranya juga membantu berkembangnya perusahaan yang dapat menumbuhkan adanya ide-ide dan bakat-bakat para karyawannya yang dapat dijadikan satu oleh tumbuh kembangnya SDM maka akan terbentuklah daya kembang yang pesat terhadap perusahaan tersebut.

      Hapus
  3. SDM menjadi titik utama sebuah organisasi untuk mencapai kesuksesan. SDM yang didukung oleh kemajuan teknologi yang baik sesuai dengan tuntutan zaman akan membentuk SDM yang memiliki kualitas yang baik sesuai dengan standar yang diinginkan oleh setiap organisasi. Karena organisasi akan berusaha sebaik mungkin untuk membentuk SDM yang mampu menghadapi persaingan yang ada di dunia kerja.
    Jika di lihat dari sudut yang berbeda, dengan adanya persaingan akan membuat SDM melakukan kecurangan. Dimana kebutuhan untuk bertahan pada sebuah pekerjaan demi keberlangsungan hidup akan menjadi alasan.
    Disini organisasi dituntut untuk bisa mengatasi kecurangan yang terjadi sebagai dampak dari kemajuan teknologi yang memudahkan SDM untuk mengakses informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Anggie bahwa SDM yang berkualitas penting bagi kesuksesan organisasi. Kemajuan komputer dan teknologi lainnya di samping memudahkan akses informasi, juga semakin mendorong ketatnya persaingan antar SDM.
      Menurut saudara, bagaimana cara perusahaan atau organisasi mengatasi kecurangan SDM yang terjadi sebagai dampak dari kemajuan teknologi yang memudahkan akses informasi?
      Terima Kasih

      Hapus
    2. Terimakasih atas tanggapan yang telah di berikan oleh saudara Caroline. menurut saya cara organisasi/perusahaan untuk mengatasi kecurangan yang terjadi sebagai dampak dari kemajuan teknologi ialah dengan mengukur kinerja atau kualitas bukan hanya dari ide mereka melainkan juga dari kemampuan mereka untuk mengeksekusi dari ide yang mereka tawarkan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan jawaban saudara Anggie,bahwa perusahaan seharusnya tidak hanya mengukur kinerja atau kualitas SDM dari ide mereka melainkan juga harus dari kemampuan mereka mengeksekusi ide tersebut.Karena ide itu mudah sekali untuk ditiru sehingga perusahaan juga seharusnya melihat bagaimana ide tersebut diimplikasikan secara kreatif dan inovatif.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat anda. mungkin untuk sekedar saran untuk saudari anggie, untuk menyiasati kecurangan, perusahaan bisa melatih dan memotivasi karyawan agar kreativitas karyawan tidak hanya pada titik konstan tapi selalu mengalami perkembangan secara terus menerus sehingga perusahaan lain sulit untuk mengimbangi perkembangan kita yang terus bergerak cepat. contoh perusahaan bisa memberi penghargaan bagi karyawan yg inovatif dan kreatif; selain itu pemenuhan fasilitas yang menunjang bagi karyawan.terima kasih.

      Hapus
  4. Menurut saya, memang tidak bisa dianggap sebelah mata bahwa kemajuan teknologi, akan tetapi sebagai hal yang wajar, dengan begitu kemajuan teknologi ini maka menjadi keuntungan bagi perusahaan untuk mengukur bagaimana daya saing SDM ketika kinerja mereka mulai diperhitungkan di perusahaan, tapi disisi lain ini merupakan ancaman terbesar SDM karena dengan kemajuan teknologi mereka mau tidak mau harus mengikuti perkembangannya dan jika mereka tidak bisa mengikuti maka mereka dapat dinilai suatu perusahaan tidak memiliki kualitas yang memadai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi komentar dari saudara hartono.
      Menurut pendapat anda kan. Kemajuan teknologi akan menguntungkan perusahaan dan agar dapat mengukur daya saing SDM nya. Nah, Apabila dengan kemajuan teknologi ini SDM dalam perusahaan tidak dapat mengikutinya. Bagaimana perusahaan bisa mengatasi masalah SDM yang terjadi? (misal : mencari SDM lain yang lebih berkualitas dan kreatif atau bagaimana). Dan dengan adanya masalah ini apakah akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan itu sendiri?

      Hapus
    2. Menurut saya, langkah yang harus dilakukan perusahaan jika memiliki SDM yang seperti itu sebaiknya diikutikan pelatihan teknologi terlebih dahulu dan jika SDM yang diikutikan pelatihan tidak ada perubahan, maka perusahaan dapat mencari orang dari internal maupun eksternal yang berpotensi mengisi kekosongan tersebut. Sedangkan jika masalah seperti ini tidak dapat diatasi oleh perusahaan maka akan menghambat perkembangan perusahaan ke depannya.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pernyataan dari saudara Hartono, namun alangkah baiknya bila kita lebih menghindari pelatihan, karena menurut saya pelatihan di mata karyawan hanyalah ajang rekreasi, atau pada saat pelatihan para karyawan hanya menjadi "turis" sehingga hasilnya kurang maksimal

      Hapus
  5. menurut saya, memang benar sekarang teknologi semakin canggih dan banyak orang menggunakannya mulai dari anak-anak hingga dewasa. tetapi ada halnya dimana kita juga harus menjaga privasi kita sendiri, apalagi itu mengenai perusahaan.

    sekarang saja sebuah perusahaan besar dapat dilihat profilenya melalui website, dll.
    banyak penjiplak dari berbagai macam daerah yang akan meniru perusahaan itu. entah itu produk, cara pemasarannya, atau dengan melihat strategi apa yang sekarang perusahaan itu lakukan.
    di jaman sekarang ini dibutuhkan suatu kebersamaan mulai dari atasan hingga bawahan, jika seluruh orang yang bekerja di perusahaan tersebut bisa bekerja sama dengan baik.. maka perusahaan tersebut dapat berkembang pesat. sesuai dengan namanya, SDM adalah bagaimana perusahaan mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh perorangan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan perusahaan, karyawan, serta masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hanya ingin menambahkan bahwa dengan kemajuan teknologi ada sisi negatif maupun sisi positifnya , negatif karena dengan semakin mudahnya akses informasi suatu perusahaan mungkin dapa dilihat oleh semua orang dan hal ini riskan untuk ditiru oleh perusahaan lain seperti yang jessica kata.kan tadi . Namun dibalik semua itu ada pula sisi positifnya yaitu mudahnya suatu perusahaan untuk dikenal orang bahkan seluruh dunia karena mudahnya sistem informasi ini
      Namun semua itu tidak akan berhasil tanpa danya SDM yang solid karena SDM adalah kunci dari ini semua , jika tidak ada SDM yang berkualitas maka apa yang dilakukan oleh perusahaan sia sia dan tidak akan mencapai tujuan yang diinginkan . Di satu sisi juga pengembangan perusahaan ke depan juga membutuhkan SDM yang tangguh untuk menghadapi tantangan ke depannya

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat jessica, bahwa dalam suatu perusahaan harus ada privasi dan perlindungan terhadap rahasia perusahaan, sebab hal tersebut merupakan strategi bagi suatu perusahaan untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan, dengan demikian menurut saya tidak mungkin suatu perusahaan membeberkan rahasianya pada publik, namun informasi mengenai perusahaan yang dianggap layak untuk dipublikasikan saja yang dapat diakses oleh publik. Sehingga saya ingin menambahkan sedikit bahwa perusahaan tidak perlu khawatir dengan adanya kemajuan teknologi dimana publik atau perusahaan lain dapat mengakses berita mengenai perusahaan mereka, apabila perusahaan memiliki SDM yang berkualitas sebagai kunci kesuksesan mereka tidak ada yang perlu dikhawatirkan sebab pesaing mana pun yang mencoba meniru-niru atau berlaku curang tidak akan pernah berhasil untuk mengalahkan perusahaan tersebut karena mungkin mereka hanya bisa meniru tampilan atau produk tapi bukan kualitas.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat jessi,memang sekarang teknologi semakin maju dan SDM dituntut untuk memenuhi kriteria tertentu dalam suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahaan lain. Akan tetapi hal tersebut juga tidak luput dari kerja sama yang baik dari anggota tim dan leader perusahaan yang menjadi panutan para SDM nya. Dengan adanya teknologi para SDM dapat mencari inspirasi-inspirasi cerdas yang dapat di ambil sebagai contoh. Kuncinya adalah kerjasama yang baik dan tingkat kreativitas serta mutu SDM agar dapat menjadi perusahaan yang berkualitas.

      Hapus
  6. Menurut saya tidak dapat dipungkiri dengan adanya teknologi yang semakin berkembang secara pesat dapat memudahkan seseorang untuk belajar dan mencari informasi lebih cepat dan lebih fleksibel. Dengan adanya hal ini perusahaan memiliki sebuah kesempatan yang sangat besar yaitu dapat mencari seorang karyawan yang memiliki kualitas terbaik, karena daya saing antar karyawan yang semakin ketat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan tanggapan steven, karena dengan kemajuan teknologi kita juga bisa lebih cepat memiliki kesempatan kerja dan perusahaan pun juga dapat lebih cepat mendapatkan seorang karyawan yang memiliki kualitas terbaik.

      Hapus
  7. Menurut saya tidak dapat kita pungkuri kalau kemajuan teknologi pada jaman sekarang berpengaruh besar terhadap SDM. Secara positif dengan majunya teknologi maka SDM akan lebih berkembang dalam berbagai hal karena mendapatkan suatu kemudahan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan kemajuan teknologi ini juga perusahaan dengan mudah untuk melihat SDM mana yang cocok untuk perusahaannya. Daya saing yang ada juga semakin ketat dan perusahaan juga bisa mencari kelebihan dan kekurangan dari perusahaan saingan dari masyarakat luas dengan adanya teknologi-teknologi baru.

    BalasHapus
  8. Menurut pendapat saya, kemajuan teknologi saat ini memang tidak dapat dihindari. dengan adanya kemajuan teknologi, SDM diharapkan dapat juga mengembangkan kreatifitas dan inovainya dalam menciptakan produk. SDM yang berkualitas menjadi kunci sukses perusahaan dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi saat ini.
    Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk mencari informasi yang dibutuhkan baik tentang pesaing, apa yang sedang tren di pasar semua dapat diakses dengan mudah.
    Dengan kemudahan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan yang terjadi. Tugas perusahaan saat ini adalah memberikan semangat kerja dan mengapresiasi kinerja yang sudah baik. Maka SDM merasa dihargai dan dapat memotivasi SDM untuk menghasilkan produk yang lebih baik lagi yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar yang dikatakan oleh yosephine tania, bahwa kunci sukses dari perusahaan adalah dari kualitas SDM dan kemajuan teknologi. Dua hal tersebut saling berhubungan yang saling mendukung. SDM membutuhkan teknologi untuk mengakses informasi yang digunakan untuk mengembangkan ide dan kreatifitasnya, agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lainnya dan bahkan memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan lainnya.

      Hapus
  9. menurut saya teknologi semakin canggih ini dapat membuat suatu perusahaan selalu berpikir kedepan dan mencari ide2 yang lebih kreatif supaya tidak kalah dengan peusahaan lain karena dengan adanya teknologi canggih membuat informasi semakin mudah di dapat. untuk mencapai tujuan tersebut kunci utama dalam suatu perusahaan adalah SDM'nya. di sini para SDM harus bekerja ekstra dan meiliki daya saing yang tinggi. dan perusahaan harus lebih memperhatikan para karyawan seperti memberikan pelatihan,memberikan tunjangan-tunjangan yang setimpal dengan kinerja mereka untuk perusahaannya..dengan begitu SDM tersebut dapat bekerja lebih giat.

    BalasHapus
  10. menurut saya, pada dasarnya penentuan tingkat kompetensi dibutuhkan agar dapat mengetahui tingkat kinerja yang diharapkan untuk kategori baik atau rata-rata. standar kompetensi tersebut dikenal dengan SKA. Kemajuan teknologi memberikan dampak baik positif dan negatif. Tidak dapat dipungkiri keunggulan bersaing bagi organisasi pada dasarnya bergantung pada penggunaan optimal sumberdaya manusianya dan kerjasama antara pengguna jasa dan orang-orang yang dipekerjakannya dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

    Namun, apabila tidak sedikit jumlah karyawan yang mengusai teknologi bisa jadi perusahaan terbayang/bercermin dari perusahaan lain. Hal ini mengakibatkan perusahaan bisa kehilangan jati dirinya bahkan merasa lebih unggul/sejajar. Keberhasilan yang dicapai itu semata-mata hanya karena bayangan dari perusahaan lain (tidak totalitas dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. karena setiap karyawan adalah manusia bukan mesin dan menjadi sumber daya bisnis seperti teknologi)

    BalasHapus
  11. Menurut pendapat saya, pengaruh dari kemajuan teknologi memang sulit untuk dihindari. Namun, kemajuan teknologi dapat sangat membantu perusahaan untuk mencari informasi-informasi, berpikir kreatif dan berinovasi agar tidak kalah dengan perusahaan lain/perusahaan pesaingnya. Kemajuan teknologi ini pula memudahkan perusahaan untuk melihat SDM mana yang cocok bagi perusahaannya. Sebab, SDM merupakan kunci sukses dalam perusahaan, di mana para SDM ini harus yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Perusahaan pun sebaiknya memberikan apresiasi pada kinerja mereka yang baik. Yang kurang baik, sebaiknya perusahaan memberikan pelatihan pada mereka dan mengevaluasi kinerja mereka agar kinerja mereka menjadi baik.


    BalasHapus
  12. Menurut saya kemajuan teknologi ϑί suatu negara akan sangat sulit untuk ϑί hindarkan. Kemajuan teknologi sangat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap negara maupun terhadap sebuah perusahaan. Dampak yang ditimbulkan bagai perusahaan sangat banyak. Dilihat dr sisi SDM, dengan smakin majunya teknologi ,maka SDM akan smakin gampanng untuk mencari informasi - informasi yang bisa dipakai SDM sebagai refresensi untuk memunculkan ide-ide baru yang lebih kreatif juga inovatif. Sehingga dengan munculnya ide" baru tersebut bisa memberikan kemajuan yang bermanfaat bagi produktivitas perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan bahwa tidak semua SDM punya kemampuan memanfaatkan kemajuan komputer dan teknologi.
      Menurut saya,kesuksesan kompetitif tergantung pada SDM yang cerdas dan berkemampuan yang didapat saat perekrutan awal.Kunci keberhasilan organisasi adalah kemampuan berinovasi dan orang-orang yang paling cerdas adalah inovator-inovator terbaik apapun pekerjaannya.Ia lebih kreatif dengan ide-ide cemerlangnya,mempelajari pekerjaan lebih cepat,cepat beradaptasi terhadap perubahan,lebih baik dalam menemukan solusi,antusias dengan kemajuan teknologi dan komputer yang menunjang pekerjaan mereka sehingga dapat memberikan hasil maksimal yang akan menciptakan nilai tinggi dalam memelihara keunggulan dan membedakan organisasi dari para pesaingnya.
      Sedangkan karyawan tanpa kemampuan khusus tidak akan dapat menjadi dasar yang kuat untuk keunggulan kompetitif.Setelah SDM berkualitas memberikan kontribusi penting dan maksimal harus diberikan penghargaan,kompensasi,bonus,tunjangan, jaminan kesehatan dan keselamatan,kenaikan gaji dan karier,dll yang berkaitan dengan produktivitas.Karena hal seperti itu dapat menambah motivasi dan semangat untuk melakukan hal yang lebih maksimal sehingga meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi pun meningkat.

      Hapus
    2. Sebelumnya terima kasih atas masukannya, tapi sebelumnya menurut saya sewaktu sebuah perusahaan memilih atau menyeleksi karyawan - karyawan, pasti mereka meminta HRD dari perusahaan untuk mencari karyawan yang lebih berpengalaman serta mengerti tentang komputer. Sehingga kemungkian besar semua karyawan yang bekerja ϑί perusahaan tersebut pasti memanfaatkan kemajuan teknologi, bahkan terkadang seoran Office Boy perusahaan pun pasti bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik. Sehingga bisa membuat produktivitas meningkat.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat santho. justru dengan adanya perkembangan teknologi sdm dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi bahkan memaksimalkannya untuk menciptakan keunggulan bagi organisasi. dgn untuk itu orang hrd harus mampu meyakinkan golongan atas organisasi sehingga sdm dapat terus didorong dan dikembangkan.

      Hapus
    4. saya ingin menambahkan teknologi dapat digunakan sebagai kepentingan perusahaan karenna sangat berguna dalam proses kelancaran pekerjaan seorang sdm. Tapi disisi lain, sy juga bependapat bahwa teknolgi itu hanya sebgai alat pendukung untuk sebuah pekerjaan dan yang lebih utama dari seorang sdm adalah kecerdasan dan inovasi-inovasi dari seorang sdm yang dpat mempertahankan kondisi suatu perusahaan.

      Hapus
  13. Menurut saya, kecanggihan dan komputer memang telah membawa banyak perubahan dan berpengaruh pada pentingnya kesuksesan suatu organisasi dan organisasi atau perusahaan lainpun juga tidak kalah dalam hal teknologi informasi. Akan tetapi, disisi lain perusahaan juga harus memperhatikan kualitas SDMnya untuk dapat membantu pencapaian tujuan-tujuan organisasional, karena karyawan juga merupakan juga merupakan elemen penting dalam organisasi. Tanpa adanya SDM yang kreatif, semangat, dll Perusahaan sulit untuk menghadapi berbagai perubahan dan persaingan-persaingan yang semakin ketat pula. Tetapi, dengan adanya SDM yang kreatif dan didukung teknologi canggih pula, Perusahaan dapat meningkatkan produktivitas mereka, mencapai tujuan organisasional, dan memenuhi berbagai permintaan yang dibutuhkan oleh konsumen. Disisi lain ada baiknya, jika HRD turut membantu mengingatkan pentingnya SDM, sehingga manajemen puncak dapat lebih fokus pada karyawan dan karyawan dapat merasa suatu bagian atau keluarga dalam suatu organisasi atau perusahaan.
    Maka dari itu, hal yang dapat dilakukan oleh Perusahaan untuk meningkatkan kinerja para karyawannya dan membuat karywan lebih termotivasi, yaitu :
    a. Kursus : Sebagian besar program pengembangan di Luar kantor meliputi beberapa pelajaran kelas. Sebagian besar orang mengenal dengan pelatihan kelas, yang memberikan keunggulan yang diterima secara luas. Dengan adanya kursus karyawan diharapkan akan mendapat keterampilan dan perspektif baru.
    b. Pelatihan hubungan manusia : Jenis pelatihan ini berupaya untuk mempersiapkan supervisor untuk menangani permasalahn dengan orang lain yang dibawa oleh para karyawannya.
    c. Cuti Panjang dan cuti Ketidakhadiran : waktu libur kerja yang diberikan agar karyawan dapat mengembangkan dan menyegarkan kembali seseorang. Cuti panjang ini sendiri juga telah dilakukan selama bertahun-tahun di dunia akademis, dan juga telah digunakan dalam komunitas bisnis. Perusahaan yang memberikan cuti panjang dapat membantu mencegah kelelahan para karyawan di lingkungan pekerjaan dan karyawan juga dapat meningkatkan kembali semangat mereka serta antusias mereka terhadap pekerjaannya.

    BalasHapus
  14. maaf sebelumnya , mungkin kemajuan komputer dan teknologi hanya sebagai panduan atau istilah "buku petunjuk" untuk mendapatkan informasi sehingga SDM yang memiliki Skill , knowledge dapat mampu mengolah lebih baik dari sumber - sumber informasi untuk menjalankan dan memberikan input inovasi , kreatif , yang membuat perusahaan kita lebih unggul dari perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  15. Kegiatan SDM dalam menggunakan kemajuan komputer dan teknologi merupakan kandungan dari Merancang dan Menerapkan SISDM. Hal tersebut mendukung untuk memacu unit SDM yang berorganisasi menjadi lebih efisien secara administratif dan dapat menangani masalah perencanaan SDM yang lebih strategis dalam jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

    Contoh pengembangan teknologi yang fakta terjadi di Indonesia yaitu Industri Alat Utama Sistem Persenjataan (alutsista) produksi dalam negeri Panser Anoa yang juga telah dipesan Malaysia dan perkembangan pembuatan robot yang bersaing dengan Negara maju.

    Oleh karena itu perusahaan yang memiliki critical success factors dan performance indicators dapat menjadikan sebagai barometer sukses para SDM untuk dapat memiliki dan mempertahankan keunggulun kompetitif tertentu salah satunya pada kemajuan komputer dan teknologi pada masa era globalisasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan jawaban Ros Indah. Dengan memacu unit SDM secara efisien secara administratif dapat menangani masalah perencanaan SDM dalam jangka waktu yang lebih panjang.

      Hapus
  16. menurut saya, kemajuan komputer dan teknologi lainnya adalah peningkatan pentingnya SDM dalam kesuksesan suatu organisasi itu benar. karena berhubungan dengan perkembangan jaman sekarang ini bahwa semua organisasi dan siapapun telah dapat mengakses sebuah profil perusahaan dengan teknologi yang semakin canggih. hal ini tentunya membawa dampak baik dan buruk bagi perusahaan. dampak baiknya adalah perusahaan dapat melakukan penambahan informasi mengenai apa yang sedang berkembang dan mudahnya berkomunikasi dengan rekan sesama tetapi dampak buruknya dalah informasi perusahaan dapat tersebar luas sehingga pesaing dapat mengetahui apa kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut. tetapi jika berbicara mengenai SDM memang seorang SDM harus mampu mengatasi peroalan tersebut. SDM harus mampu memiliki pengetahuan yang luas dan kepandaian dalam mengembangkan kinerja karyawan melalui perkembangan teknologi yang canggih. selain itu sesuai dengan tugasnya seorang SDM dalam perusahaan harus memberikan semangat motivasi dan pengawasan yang baik terhadap bawahannya , sehingga mereka mampu merasa bahwa dirinya adalah bagian dari perusahaan tersebut sehingga mereka bertindak dan bekerja dengan sifat merasa dirinya "ikut memiliki perusahaan tersebut" sehingga ia pasti akan mengembangkan perusahaan tersebut dengan semaksimal mungkin dan dengan kinerja sesuai yang diharapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edwin_kls C
      Saya setuju dengan pendapat anda dan menambahkan pendapat saya,
      Menurut saya kemajuan teknologi saat ini sudah semakin maju dan tidak dapat dihindari karena teknologi juga mempunyai dampak positif maupun negatif,tetapi seharusnya perusahaan harus menjaga privasinya untuk meminimalkan hal yang tidak di inginkan seperti peniruan atau penjiplakan produk,strategi-strategi perusahaan,dengan memberi kata sandi,dll
      Karena jaman sekarang semua orang dapat mengakses internet dan saat ini sudah banyak perusahaan yang profilnya dapat di lihat melalui website,blog,dll
      Dengan adanya kemajuan teknologi,sumber daya manusia juga sangat berperan untuk menghasilkan kualitas seperti inovasi,kreativitas,kosistensi pada kualitas tinggi dalam produk maupun jasa dan SDM sangat berpengaruh majunya teknologi membuat SDM akan semakin berkembang lebih baik dan berlomba lomba untuk lebih unggul karena ketatnya persaingan sdm,dan jika SDM,kinerjanya meningkat dan semakin kreatif mungkin SDM tersebut mendapat banyak keuntungan seperti :kenaikan gaji,kenaikan jabatan
      Jika suatu perusahaan yang tidak bisa bersaing sdm nya maka maka kecurangan-kecurangan pasti terjadi,saat ini banyak alasan.nya seperti :untuk mempertahankan jabatannya,gaji,untuk mempertahankan omset perusahaan makan semua cara di gunakan meskipun cara itu negatif

      Hapus
  17. Menurut pendapat saya : kemajuan teknologi saat ini memang tidak dapat kita hindari karena teknologi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu alangkah baiknya jika teknologi dan SDM dapat berjalan dengan baik, contohnya dalam membuat inovasi-inovasi terbaru, dengan mewujudkannya inovasi tersebut kita perlu menggunakan teknologi untuk mencari informasi-informasi. Tetapi teknologi juga memberikan dampak negatif seperti perusahaan-perusahaan lainnya juga dapat mencari informasi yang kemungkinan sama dengan perusahaan kita, jadi banyak sekali perusahaan-perusahaan yang meniru perusahaan kita karena adanya perkembangan teknologi di dunia ini.

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya, dengan memilih SDM yang memiliki soft skill yang baik dalam peningkatan kualitas suatu perusahaan, sangatlah diperlukan dalam dunia modern seperti saat ini karena, di dunia modern ini segala teknologi sangat canggih sehingga informasi yang diperoleh dapat dengan mudah dicari dan perusahaan juga dapat mengetahui akan kompetitor yang menjadi tolak ukur perusahaan dalam peningkatan kualitas. Selain itu, SDM yang memiliki kualitas yang unik, terampil, serta inovasi mampu mengembangkan potensi yang ada sehingga mereka merasa "lebih" dibandingkan dengan SDM lain.

    kesimpulannya, dalam dunia modern saat ini perusahaan tidak saja memikirkan output kuantitas yang banyak, namun juga SDM yang berkualitas yang mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja suatu perusahaan.

    BalasHapus
  19. menurut pendapat saya,kemajuan teknologi memiliki dampak positif untuk sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan,karena mereka dapat mengetahui informasi terkini sehingga mereka bisa bekerja dengan baik di perusahaan tersebut,dengan demikian perusahaan akan berkembang dengan pesat dan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. di sisi lain kemajuan teknologi memiliki dampak negative seperti,perusahaan akan lebih memilih SDM yang pandai menggunakan teknologi canggih dibandingkan dengan sebaliknya,akibatnya banyak pengangguran yang tidak dapat bekerja karena tidak memahami teknologi sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rosenda-kelas C
      Saya setuju dengan pendapat fanny, bahwa kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan dampak negatif di dalam suatu perusahaan. Di sisi positif , kemajuan teknologi memang sangat dibutuhkan di dalam suatu perusahan karena dapat bersaing dengan perusahaan maju lainnya dan supaya berkembang cepat ke arah yang baik. Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi terus berkembang dan dapat membantu sumber daya manusia dalam kemudahan untuk bekerja serta sebagai sarana untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam bekerja. Di sisi positifnya beberapa sumber daya manusia berkemampuan lebih dalam kemajuan teknologi menggunakan kemampuannya untuk melakukan tindak diluar rencana perusahaan yang juga dapat merugikan perusahaan selain itu beberapa sumber daya manusia yang kurang memahami kemajuan teknologi menjadi tersingkir karena tidak dapat menyeimbangkan kemajuan teknologi itu sendiri.

      Hapus
  20. Kemajuan teknologi memang sudah sangat cepat. Tapi sayangnya, tidak banyak orang menyadari bahwa kemajuan itu tidak dibarengi dengan pengetahuan penggunaan atau pemanfaatan yang tept dari teknologi tersebut. Malah banyak yang salah kaprah dengan menjadikan ini peluang bisnis yang kadang mengutamakan kuantitas dari pada kualitas untuk menekan harga pasar, dengan harga murah dan tampilan luar yang menarik menghipnotis orang (user) untuk mengesampingkan manfaat itu sendiri, bahkan sekarang teknologi seperti itu menjadi tolak ukur mode dan gengsi di beberapa kalangan. Banyak orang terjerumus sehingga menjadi orang linglung dan berlebihan.
    Persoalan yang tidak semestinya muncul dan tidak diharapkan malah kerap terjadi. Berbagai media yang menampung aspirasi dan penyaluran dari setiap orang yang merupakan buah pikiran orang-orang terdahulu yang memiliki mimpi dan sekarang sudah terwujud, tapi disalahgunakan, dan malah menjadi bumerang yang malah merugikan bukan menguntungkan. Jejaring sosial salah satu contohnya, melibatkan banyak orang hanya dengan waktu yang singkat tapi menjadikan usernya terlena dan mendoktrin untuk kecanduan dan meyebabkan usernya mengabaikan kewajibannya.
    Berbeda dengan masa-masa dimana manusia masih awam terhadap teknologi dan informasi, qualitas manusia itu lebih terjaga dengan keterbatasan teknologi dan pengaksesan data dan informasi. Tak hanya pada fisik saja, mental pun dipengaruhi oleh kemajuan yang salah terhadap teknologi, ketakutan dijuluki gaptek menjadikan seseorang memaksakan sesuatu yang belum pada waktunya. Banyak orang yang dewasa belum saatnya, sehingga banyak peristiwa-peristiwa yang diluar nalar kita bisa dilakukan oleh user itu sendiri.

    BalasHapus
  21. menurut saya persentase sebesar 20% dari andil SDM merup`kan kunci kesuksesan perusahaan karena walaupun hanya sebesar 20%. SDM lah yang berada dibelakang semua kemajuan teknologi, SDM yang menciptakan ide, mengembangkannya, dan menerapkannya sehingga tidak mungkin adanya perkembangan teknologi tanpa adanya SDM dibalik kemajuan tersebut.
    Perusahaan / manajer puncak semestinya sudah harus menyadari pentingnya SDM di dalam kemajuan perusahaan, sehingga manajer puncak bisa membimbing dan mengarahkan SDM untuk mencapai tujuan perusahaan dan mengembangkan teknologi dan ide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara melina, bahwa teknologi yang ada seharusnya SDM bisa memanfaatkan dengan baik. sehingga manajer puncak maupun organisasi tidak perlu khawatir mengenai segala sistem yang mudah diakses oleh organisasi lain karena perusahaan sudah memiliki berbagai cara yang khas dengan bantuan teknologi yang ada saat ini. Dengan adanya teknologi dapat memudahkan SDM untuk memperluas segala informasi yang sedang berkembang sehingga perusahaan bisa mudah untuk mempelajari hal-hal yang baru maupun mengembangkan yang sudah ada. pihak HRD sebaiknya membantu SDM untuk bisa menggunakan teknologi tersebut dan manajer puncak juga menunjang kebutuhan sehingga dapat menghasilkan input maupun output yang positif.

      Hapus
  22. Menurut saya, semakin majunya teknologi pada era kini ..semua khususnya para SDM dalam organisasi harus meningkatkan mutu dan inovasi hingga dapat terus menyaingi atau bisa menjadi unggul di antara organisasi lainnya. SDM harus mencari peluang (opportunity) yang dapat menguntungkan organisasi tersebut.Untuk mengatasi hal tersebut selaku manajemen atas harus memberikan kebebasan kepada para SDM agar dapat mengeluarkan kreatifitasnya sehingga dapat mengungguli organisasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan Dwima bahwa pada masa sekarang ini teknologi khususnya pada setiap SDM memang harus dikuasai,serta harus dapat pula untuk meningkatkan kualitas dari setiap SDM tersebut agar nantinya SDM tersebut dapat memaksimalkan setiap pemikiran-pemikiran yang akan dituangkan pada suatu organisasi tersebut,serta mungkin hal tersebut nantinya akan berguna bagi setiap SDM maupun organisasi tersebut.

      Hapus
  23. Dari kenyataan yang ada bahwa teknologi semakin canggih, menurut saya hal ini sangat rawan bagi HRD. Dalam kasus ini, kegiatan plagiarisme sangat sering terjadi. Kebanyakan SDM akan mencari jalan pintas yang lebih mudah didapat da diakses, yaitu dengan kecepatan teknologi. Tetapi ada hal yang dapat dilakukan oleh SDM yang berkualitas guna menunjukkan kemampuannya. Yaitu mengasa kreatifitasnya dan membuat inovasi baru dari sesuatuk yang sudah ada, atau bahkan membuat hal yang belum pernah ada sebelumnya. hal ini yang dapat diukur oleh para HRD guna meningkatkan kemampuan SDMnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gracia tifany nrp 3103011151 sependapat dengan komentar saudari sheila bahwa kemajuan tekhnologi di jaman sekarang tidak juga menguntungkan, karena semakin canggih teknologi maka semakin pintar pula seseorang untuk memanfaatkan kecanggihan tekhnologi tersebut. alangkah baiknya jika seorang HRD lebih mengasah kemampuan dan kreativitas para SDM nya agar mereka dapat lebih banyak menemukan dan melakukan inovasi-inovasi baru dalam perusahaan. terimakasih

      Hapus
  24. menurut pendapat saya kemajuan dari teknologi tidak dapat di hindari karena kemajuan teknologi dapat membawa dampak negatif dan positif. tinggal bagaimana SDM dapat memanfaatkan dengan dengan baik akan hadirnya kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk mencapai kesukseksan. karena adanya kemajuan teknologi membuat perusahaan memperoleh informasi dengan lebih cepat. selain itu adanya kemajuan teknologi ini akan menghadirkan sebuah kompetisi antar SDM dimana dari informasi atau data yang di peroleh tiap individu, mereka dapat mengolah, mengeluarkan ide-ide kreatif dan kemampuan terbaik yang dimilikinya bagi kemajuan perusahaan. Bagaimana pun titik utama kesuksesan sebuah perusahaan terdapat pada SDM yang dimiliki sedangkan teknologi menjadi sarana bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesannya dimana ketika SDM di padukan dengan teknologi maka perusahaan akan semakin maju dan mampu bertahan dalam persaingan yang ada.

    BalasHapus
  25. Kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang lumrah dan tidak dapat ditolak, seiring dengan berkembangnya teknologi, maka tentu akan ada pengaruh negatif dan positif di dalamnya.Tentunya dengan adanya kemajuan teknologi dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan, karena berguna dalam kemudahan dan kelancaran pekerjaan seorang SDM dalam perusahaan.Namun dengan adanya perkembangan teknologi, SDM dalam suatu perusahaan merupakan hal yang utama dan terpenting sedangkan teknologi merupakan suatu faktor pendukungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara Ardy bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat memang tidak dapat dihindari dan kemajuan tersebut juga sangat berguna bagi perusahaan.Namun bagaimana menurut Anda apabila yang tadinya SDM dianggap hal utama dan terpenting bergeser menjadi teknologi yang menjadi hal utama dan terpenting sehingga peran SDM tidak diperlukan lagi ?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  26. Kemajuan teknologi memang tidak bisa dipungkiri, banyak SDM yang dapat mengakses banyak informasi melalui berbagai teknologi. Namun teknologi tersebut tentunya di kendalikan dan dikelola oleh SDM itu sendiri, itulah sebabnya mengapa kreativitas SDM sangat dibutuhkan didalam suatu organisasi. SDM yang kreatif tentunya mampu memperoleh informasi yang dibutuhkan organisasi dan mengolahnya menjadi sebuah keputusan yang akan diambil oleh perusahaan, dimana keputusan ini tentunya berguna dan menguntungkan bagi perusahaan kedepannya.
    SDM yang kreatif saja tentu tidak cukup dalam pengembangan organisasi dalam mencapai kesuksesannya, SDM juga harus mampu berinovasi dan memiliki antusias yang tinggi, agar daya saing antar SDM semakin meningkat. Organisasi dapat meberikan pelatihan-pelatihan khusus bagi SDMnya agar mereka mampu berinovasi dan lebih kreatif lagi.
    Selain itu, semangat yang tinggi juga mendorong SDM dalam berkinerja, untuk itu, perusahaan harus mempunyai strategi kompensasi dan pemberian tunjangan yang sesuai, yang dapat memenuhi kebutuhan karyawannya, sehingga SDM pun dapat konsisten dan loyal terhadap organisasi tersebut. Jadi, pada era modern ini SDM yang baik adalah SDM yang memiliki kreativitas, inovasi, dan konsistensi , sehingga dapat membantu organisasi dalam mencapai kesuksesannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari felicia tentang kemajuan teknologi tidak bisa dipungkiri. apabila dalam organisasi ada SDM yang tidak kreatif tapi bisa mengikuti perkembangan teknologi apakah bisa membuat organisasi sukses?

      Hapus
    2. Terima kasih untuk pertanyaannya. Menurut saya, meskipun dalam organisasi terdapat SDM yang mampu mengikuti perkembangan teknologi namun tidak kreatif, maka SDM tresebut tidak dapat membuat organisasi tersebut menjadi organisasi yang sukses. Karena seperti yang di katakan pada artikel tersebut, bahwa “dengan adanya kemajuan teknologi, 80 persen hal yang bisa di lakukan oleh suatu organisasi, dapat pula di lakukan oleh organisasi yang lainnya”. Hal ini tentunya tidak mampu membuat perusahaan menjadi sukses. Untuk itu lah keberadaan SDM yang kreatif sangat di butuhkan oleh organisasi. Karena dengan kreativitas yang mereka miliki, untuk mengelola informasi dan teknologi yang ada ini lah yang mampu membedakan antara SDM ini dengan SDM yang hanya mengandalkan kemajuan teknologi saja.

      Hapus
    3. terima kasih atas jawaban yang anda berikan, saya dapat mengerti dengan apa yang anda jawab sehingga saya sekarang paham dengan apa yang saya tanya kepada anda

      Hapus
    4. syukurlah, jika anda sudah paham. Sama-sama.

      Hapus
  27. Kemajuan teknologi tidak dapat terlalu dipermasalahkan, seperti yang kita ketahui pada perkembangan jaman yang ada di dunia dengan sendirinya teknologi yang ada juga semakin maju dan bervariasi. Memang ironi jika SDM yang ada dikalahkan dengan teknologi karena pada hakekatnya teknologi adalah perpanjangan dari otak manusia. Tetapi sekarang teknologi merupakan “momok” yang dapat memperbanyak pengangguran yang ada di dunia. Karena semakin banyaknya teknologi pengganti manusia sehingga manusia dengan sendirinya akan tersingkir.

    Memang terlalu susah jika mencari SDM yang berkompeten dibidangnya, karena tidak banyak SDM yang berinovasi dan yang terampil juga percaya diri. Dalam hal ini juga pelatihan SDM juga dibutuhkan untuk pengembangan SDM. Pengetahuan tambahan mengenai pengembangan SDM juga harus selalu di perbarui. Sehingga kemampuan manusia dapat diimbangi dengan kemajuan teknologi yang ada.

    BalasHapus
  28. dari kutipan diatas saya berpendapat bahwa emang di jaman sekarang ini teknologi benar" maju. seorang hrd harus bisa mencari sdm yg berkualitas dan juga bisa mengikuti perkembangan teknologi, agar sdm tidak kalah dari teknologi. tanpa sdm teknologi tidak bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menambahkan saja teknologi sangat berkembang saat ini, maka dari itu kecanggihan teknologi tersebut harus di imbangi juga dengan SDM yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan mampu mengikuti perkembangan teknologi. Apabila HRD memilih SDM yang kurang kretif dan inovatif, maka teknologi tersebut dapat digunakan sebagai jalan yang mudah untuk melihat inovasi-inovasi yang diciptakan oleh perusahaan lainnya, sehingga tidak memiliki inovasi yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat agung adanya kemajuan teknologi dan semakin banyaknya penggunaan teknologi yang akhirnya menyebabkan adanya pergeseran posisi SDM digantikan oleh teknologi yang canggih. namun apakah hal ini tidak bisa dicegah? karena dengan adanya teknologi canggih peran manusia sebagai SDM dapat tergeser bahkan ada yang sampai di PHK?

      Hapus
    3. saya mencoba menjawab pertanyaan dr yeni. menurut saya sulit untuk dicegah karena setiap zaman pasti muncul teknologi yg lbh canggih, meskipun teknologi terus berkembang peran manusia masih tetap ada karena tanpa adanya manusia bagaimana teknologi tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. untuk permasalahan phk semua tergantung dr perusahaan itu sendiri.

      terima kasih.... :D

      Hapus
    4. terima kasih atas tambahan dari saudari novita...:D

      Hapus
  29. menurut saya kutipan diatas dapat dikatakan benar karena sekarang teknologi sudah berkembang sepesat mungkin, tetapi masih kebanyakan SDM tidak mampu untuk mengimbangi kecepatan teknologi yang berkembang, perusahaan juga terkena dampak dari hal tersebut, seperti penurunan kinerja karyawan, dan mungkin sebagian perusahaan sulit mencari tenaga kerja yang mempunyai kualitas yang lebih dan perusahaan juga memikirkan cara bagaimana kinerja atau kualitas mereka dapat ditingkatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Irine, perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas para tenaga kerjanya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Namun sebaiknya perusahaan tidak hanya menuntut karyawan untuk meningkatkan kualitas dan memberikan standart yang tinggi tetapi perusahaan juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalal mengembangkan kinerja karyawan sehingga karyawan dalam perusahaan dapat mengikuti kemajuan teknologi yang terjadi. Jadi meskipun perusahaan memiliki kesamaan teknologi dengan perusahaan lain, perusahaan harus memiliki keunggulan tersendiri di bagian SDM yang mampu mengelola teknologi yang ada secara maksimal sehingga produktivitas perusahaan tetap dapat terjaga. Perusahaan harus jeli dalam melihat kinerja karyawan sehingga ketika kinerja karyawan mulai mengalami penurunan, bagian HRD dapat memperbaikinya dan mencari penyebab menurunnya kinerja karyawan sehingga perusahaan masih tetap dapat bersaing dengan perusahaan lain.

      Hapus
    2. Novia_ kelas C : Saya setuju dengan pendapat irene, perusahaan harus berusaha untuk mengembangkan kualitas serta kinerja karyawan agar perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dan karyawan dapat bersaing dengan teknologi yang ada sekarang ini. Perusahaan harus mengembangkan soft skill dan hard skill karyawan dan memantau hasil kinerja nya agar tidak mengalami penurunan.

      Hapus
  30. menurut saya fenomena di atas sangatlah wajar terjadi dijaman yang semakin modern ini. tergantung dari SDM nya sendiri untuk bagaimana menanggapi fenomena ini dan bagaimana sekreativ mungkin menggunakan teknologi, karena secara tidak langsungteknologi merupakan keuntungan dan juga kekuatan bagi perusahaan untuk dapat bertahan hidup di tengah jamanyang semakin modern ini, sehingga sangatlah wajar kjika SDM dituntut untuk menjadi SDM yang kreativ dan lebih berkembang dengan adanya teknologi, tidak hanya itu juga atasan juga harus dapat bekerjasama dan mengerti bawahannya sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman, antusias dan percaya sehingga membuat karyawannya menjadi nyaman dan merasa bagian dari organisasi yang akhirnya juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

    BalasHapus
  31. Menurut saya, kemajuan teknologi memang tidak dapat dihindari lagi, karena teknologi selalu berkembang, dan dapat digunakan oleh banyak orang dari berbagai usia dan organisasi atau perusahaan apapun. Melalui perkembangan teknologi yang terus menerus, maka akan dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaanya, melalui kemajuan teknologi tersebut perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya dan meraih kesuksesan, tetapi akan menjadi perhatian organisasi atau perusahaan juga bahwa, yang bisa dilakukan oleh suatu organisasi dapat juga dilakukan sama baiknya oleh organisasi lain, perkembangan dan kemajuan teknologi akan dapat mempengaruhi SDM dalam suatu perusahaan, karena mau tidak mau SDM yang ada dalam suatu perusahaan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Oleh karena itu seharusnya ada kerjasama anatara SDM dan organisasi atau perusahaan, sehingga SDM diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya dengan memiliki Kreativitas, inovasi, dan konsistensi pada kualitas tinggi dalam perusahaan serta perusahaan atau organisasi juga diharapkan dapat meningkatkan semangat, antusiasme, dan kepercayaan karyawannya agar dapat meningkatkan kinerjanya, dengan adanya kemajuan teknologi tersebut.

    BalasHapus
  32. Di zaman modern seperti sekarang ini, kemajuan teknologi memang sangat pesat. Perusahaan pun terkena dampak yang positif yakni SDM yang berkualitas dan berwawasan tinggi. Namun perusahaan harus memberikan umpan-umpan positif agar loyalitas karyawan pada perusahaan menjadi tinggi, Dengan loyalitas yang tinggi maka produktivitas, kinerja, serta rasa "memiliki" perusahaan juga akan meningkat .

    BalasHapus
  33. Menurut saya perusahaan harus lebih baik dalam mencari SDM yang berkualitas dalam kinerjanya di perusahaan, jika SDM tidak lebih baik daripada teknologi maka terlampau banyak juga SDM yang kalah dengan teknologi yang ada, dibutuhkan keterampilan dan kreativitas SDM untuk mengatasi hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan komentar yang diberikan bahwa jika SDM yang tersedia tidak lebih baik daripada teknologi maka SDM yang tersedia akan kalah dengan teknologi yang kian maju dengan beriringnya waktu berjalan. Akan tetapi, bagaimana dengan dampak negatif yang akan timbul terhadap organisasi atau perusahaan? contohnya, kebanyakan SDM sering kali menyalahgunakan teknologi seperti menggunakan jejaringan sosial di jam jam kerja.

      Hapus
    2. saya juga setuju dengan komentar diatas karena semua perusahaan membutuhkan SDM yang berkualitas karena demi perkembangan perusahaan.Peran teknologi juga dapat mempengaruhi perkembangan kemajuan SDM oleh karena itu setiap perusahaan harus pintar-pintar memilih SDM yang dapat bersaing dengan kuat.

      Hapus
    3. untuk mengatasi hal tersebut para HRD harus membatasi teknologi yang ada diperusahaan dengan cara mengeblog situs jejaring sosial agar di waktu jam kerja karyawan tidak akan membuka situs jejaring sosial

      Hapus
  34. Menurut saya, dengan teknologi yang sangat berkembang saat ini, memang hendaknya SDM dapat mengembangkan kualitasnya melalui kreatifitas dan inovasi yang bisa bermanfaat bagi perusahaan. SDM dapat terus berkembang sehingga dapat menjadi tolok ukur kinerja di dalam perusahaan.
    Namun, perusahaan juga harus mengatasi dampak buruk teknologi bagi SDM, untuk meminimalisir adanya hal-hal yang dapat dimanipulasi. Harus lebih ditekankan lagi dan disamakan kembali visi dan misi perusahaan dengan semua SDMnya sehingga tidak ada hal lain yang dilakukan selain memajukan perusahaan.

    BalasHapus
  35. kemajuan di dunia elektronika khususnya dunia computer tablet dan notebook memang sudah berkembang sangat pesat tetapi perkembangan didalam dunia tersebut tidak sejalan dengan kualitas sumber daya manusia karena kebanyak karyawan tidak menggunakan media tersebut secara maksimal, manajer puncak harus bisa memberikan jalan untuk karyawannya agar dapat membentuk karyawan yang memiliki kreaktifitas yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang Saudara maksud dengan kemajuan di dunia elektronika khususnya dunia computer tablet dan notebook memang sudah berkembang sangat pesat tetapi perkembangan didalam dunia tersebut tidak sejalan dengan kualitas sumber daya manusia karena kebanyak karyawan tidak menggunakan media tersebut secara maksimal ? Tolong Berikan Contohnya

      Terima Kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Saya mau menanggapi komentar saudara orlando, menurut saya tidak semua perusahaan menggunakan computer tablet dan perlu diingat bahwa kebanyakan dari manajer puncak suatu perusahaan tidak mau ikut campur dengan urusan membentuk karyawan yang memiliki kreatifitas yang tinggi, karena itu bkn pekerjaan & urusan mereka, akan tetapi itu tanggung jawab & pekerjaan dari Seorang HRD perusahaan.

      Hapus
    4. Saya ingin menanggapi pendapat saudara Hartono,
      Menurut saya, manajemen puncak berperan penting dalam memimpin perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas karyawannya. Karena tanpa kepemimpinan dari manajemen puncak, maka usaha HRD dalam meningkatkan kualitas karyawannya hanya akan berdampak kecil.

      Sehingga orang HRD harus menyadarkan manajemen puncak akan pentingnya mengembangkan kualitas dan kreatifitas SDM guna mencapai keunggulan kompetitif perusahaan. Karena hal tersebut sebenarnya merupakan bagian dari tanggung jawab & pekerjaan mereka pula, bukan hanya HRD perusahaan.

      Terima Kasih

      Hapus
  36. menurut pendapat saya, perkembangan teknologi saat ini sangat tidak dapat terhindarkan, oleh karena itu perusahaan dapat lebih mengembangkan para SDM yang bekerja dalam perusahaan tsb. dan memang benar kesuksesan kompetitif tergantung pada SDM yang menghasilkan kualitas seperti kreativitas, inovasi, dan konsistensi pada kualitas tinggi dalam produk dan jasa menjadi kunci kesuksesan suatu organisasi. oleh sebab itu, perusahaan dapat mencari atau melatih agar para SDM tersebut dapat merubah daya pikir yang berbeda dan membuat visi misi perusahaan yang berbeda, dan komunikasi baik antara manajemen puncak dan karyawan, sehingga dengan daya pikir, visi misi, dan komunikasi baik yang tercipta para SDM dapat lebih meningkatkan kinerjanya dan di samping itu perusahaan dapat lebih berkembang dibanding perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  37. menaggapi kasus diatas saya berpendat, boleh menggunakan teknologi dalam sebuah organisasi, namun harus diimbangi dengan kemamuan SDM yang memadahi. Tanpa SDM sebuah teknologi sebagus apapun akan tidak berguna. yang dapat berinovasi dan kreativ adalah SDM, bukan teknologi. karena yang menciptakan teknologi adalah SDM itu sendiri. Jadi dalam sebuah organisasi harus menyeimbangkan antara SDM dan teknologi yang digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan komentar yang diberikan bahwa SDM disini mempunyai peran penting karena SDM lah yang menciptakan teknologi itu sendiri. Manusia yang mengendalikan pemakaian dan manfaat dari teknologi dan teknologi tersebut akan bermanfaat jika digunakan oleh SDM karena dapat meningkatkan kinerja dalam organisasi. Jadi SDM dan teknologi itu sendiri harus seimbang karena keduanya saling melengkapi. Teknologi tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa adanya SDM didalam suatu organisasi.

      Hapus
  38. pendapat saya, saya setuju dengan artikel tersebut yang ada ditulis ungkapan bahwa SDM yang berkualitas menghasilkan kuantitas yang lebih baik. SDM memang harus dikembangkan sungguh-sungguh dewasa ini, sebab SDM menjadi unsur penting dalam sebuah perusahaan dan SDM yang bagus sangat membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis perusahaan. Namun, saya kurang setuju dengan ungkapan di artikel yang mengatakan kalau manajer HRD harus menyampaikan pada manajemen puncak untuk memberi pelatihan lebih pada SDM, menurut saya manajemen puncak sudah harus pengerti sendiri tanpa diberitahu oleh HRD untuk memberi pelatihan pengembangan pada SDM.

    BalasHapus
  39. Menurut pendapat saya, kemajuan teknologi tidak dapat di pungkiri lagi pada zaman modern seperti sekarang ini. Tentu organisasi juga perlu untuk mencari SDM yang dapat mengoperasikan teknologi-teknologi tersebut dan mengembangkannya. Selain itu kekreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam diri setiap SDM. Untuk menghindari pesaing, kuncinya terletak pada SDM nya. Dibutuhkan ide-ide, serta inovasi yang baru dari setiap SDM dan bagaimana setiap SDM dapat bekerja sama satu dengan yang lain juga sevisi misi dengan organisasi. Untuk itu perusahaan sebaiknya memberikan fasilitas yang baik, bonus-bonus dan apresiasi kepada setiap SDM
    sehingga dapat meningkatkan kinerja SDM tersebut.

    BalasHapus
  40. Pada abad 21 ini Memang teknologi semakin lama semakin maju,akan tetapi sebagai manusia kita tak boleh kalah dengan teknologi yang berkembang melainkan kita dapat mengolah nya menjadi senjata kita untuk menjadi lebih maju,kinerja perusahaan tidak dapat tergantung 100 % oleh teknologi melainkan SDM lah yang sangat berperan penting dalam suatu perusahaan.agar SDM dapat berkinerja atau memiliki skill yang lebih baik perusahaan harus menyekolahkan atau menambah wawasan SDM agar lebih berkualitas lagi atau dengan memberi penghargaan (bonus gaji,bonus liburan).

    BalasHapus
  41. teknologi adalah sesuatu yang terus berkembang,dan tak akan pernah berhenti perkembangan nya,begitupun manusia harus terus berkembang agar dapat mengalahkan teknologi yang ada,karena teknologi sendiri berasal dari manusia.dengan tidak ada nya manusia teknologi pun tidak mungkin dapat berkembang lagi.oleh karena itu kita harus mengutamakan SDM daripada teknologi karena SDM lah yang berperan penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat dari kathryn. meskipun di abad yang sangat modern ini teknologi semakin berkembang dan maju, tetapi tetap SDM yang menentukan sebab teknologi diciptakan manusia hanya untuk mendukung manusia untuk mempermudah mendapatkan informasi dan lain sebagainya, tetapi kembali dari SDM yang ada, apakah SDM mendukung untuk perkembangan jaman? oleh sebab itulah perlunya ada pelatihan-pelatihan dasar dari perusahaan yang ingin berkembang kepada SDMnya untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan saudari Kathryn bahwa kita harus mengutamakan SDM. Akan tetapi SDM tidak akan dapat berjalan dengan baik bila tidak dukung pelatihan oleh perusahaan-perusahaan utk meningkatkan kemampuan karyawannya dalam menggunakan teknologi canggih.Memang tidak mudah untuk melatih karyawan dengan cepat, tetapi perusahaan harus mengubah mindset atau pola pikir karyawan yang lama menjadi sesuatu yang baru dan berorientasi ke depan. Selain itu para manajemen puncak juga harus membuat suatu hubungan komunikasi yang baik antar karyawan sehingga karyawan merasa dapat menjadi suatu bagian dari organisasi. Lebih lanjut untuk karyawan yang memiliki kemampuan khusus dan mampu menggunakan teknologi scr lebih baik atau memberikan kontribusi yang lebih baik bg Perusahaan, perusahaan dapat memberikan bonus, tunjangan, insentif, dll yg dapat meningkatkan kinerja para karyawan.

      Hapus
  42. Menurut pendapat saya, pada era Globalisasi saat ini peran teknologi sangatlah penting untuk menunjang efisiensi dan efektivitas suatu perusahaan dalam meningkatkan proses produksi yang dilakukan dan seiring berjalannya waktu, teknologi semakin hari kian meningkat sehingga adanya diskriminasi terhadap SDM. dalam kasus ini, teknologi dan SDM harus berjalan dengan seimbang. SDM harus tetap meningkatkan konsistensi kualitas, kreativitas, dan melakukan inovasi terus menerus agar mampu bersaing ditengah-tengah era teknologi ini. Peran perusahaan juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kinerja SDM agar dapat memaksimalkan teknologi yang ada dan tetap bersaing di era globalisasi saat ini. (Agnes Maria - kelas D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat agnes, saat ini peran teknologi sangatlah penting dalam menunjang segala aktivitas dalam suatu perusahaan dan juga SDM sangat berpengaruh dalam suatu perusahaan yaitu dalam menjalankan dan memaksimalkan teknologi.

      Hapus
  43. Menurut saya, kemajuan teknologi adalah satu hal yang memang tidak dapat dipungkiri. Menanggapi kasus di atas, perkembangan teknologi perlu diimbangi dengan sdm yang memadai. Kemajuan teknologi dapat diakses siapapun dan dimanapun namun jika seseorang memiliki kreativitas yang tinggi,kreativitas tersebut tidak bisa di akses oleh siapapun karena ide tersebut ada dalam ingatannya. Namun perusahaan perlu berhati-hati dengan adanya kecurangan apalagi dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Oleh karena itu, organisasi perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi sdm agar lebih mampu bersaing dengan organisasi-organisasi lainnya. serta memperketat pengamanan dalam akses teknologi.

    BalasHapus
  44. Kemjuan teknologi yang pesat merupakan hal yang sangat baik karena hal ini membuat sdm negeri kitansemakin maju, tetapi di sisi lain hal ini juga membawa pemgaruh yang buruk bagi sdm kita karena dengan semakin majunya teknologi dan informasi orang dengan gampangnya mengakses hal yang mereka inginkan dan terkadang membuat sdm terlena dan, menjadi terlalu tergan tung dengan teknologi karena itu perusahaan haruslah membuat agar sdmnya juga tidak lupa bahwa mereka juga merupakan aset perusahaan yang tidak tergantikan sama halnya dengan teknologi dan bagaimana cara perusahaan untuk terus melatih dan mendidik sdmnya agar tidak tertinggal dengan sdm para pesaing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Erma Susanti_C
      saya setuju dengan pendapat di atas teknologi memang bagus dan sangat membantu untuk menunjang dan memperlancartugas2 di sebuah perusahaan,tapi di samping itu kualitas dan loyalitas SDM juga perlu di tingkatkanagar kemajuan teknologi dan kualitas SDM seimbang untuk mengoptimalkan kepentingan perusahaan dan bisa membuat perusahaan semakin kuat dlm persaingan yang semakin ketat.

      teknologi2 yang ada tidak semudah itu untuk digunakan mengakses informasi2 penting dalam suatu perusahaan. perusahaan yang ada juga tidak akan mungkin dengan sembrono meletakkan file2 yang penting di tempat yang mudah di akses perusahaan/pihak lain kecuali ada orang dalam dari perusahaan tersebut membocorkan keluar.

      Hapus
  45. Menurut saya, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern memang sangat
    berpengaruh terhadap perkembangan SDM dan kemajuan teknologi. Kedua hal tersebut
    merupakan 2 hal yang sangat erat sekali hubungannya. Karena dengan majunya teknologi, maka
    perlahan-lahan, kualitas SDM pun akan ikut maju perlahan-lahan seiring dengan berjalannya waktu.
    Sehingga tiap-tiap SDM akan semakin kompetitif dalam meningkatkan kualiatasnya sendiri.
    Dalam peningkatan kualitas tersebut, tetap harus didukung oleh perangkat-perangkat tertentu seperti dukungan, semangat, dan peraturan tertentu.
    Perangkat tersebut sangat diperlukan agar kualitas suatu SDM dapat lebih terarah.

    Dari fenomena di atas, dapat diketahui hubungan antara SDM dengan suatu organisasi yakni jika SDM memiliki kualitas
    yang baik maka secara tidak langsung pertumbuhan suatu organisasi akan ikut meningkat pula.
    Karena SDM merupakan 20 persen bagian dalam suatu organisasi, yang dihasilkan dari kuantitas, kualitas,
    kreatifitas, inovasi, dan konsistensi dari SDM itu sendiri. Oleh sebab itu itu dalam setiap organisasi tidak semata-mata
    hanya mengembangkan produk dan jasa yang dimilikinya, melainkan harus dapat
    meningkatkan kualitas SDM nya dengan sebaik-baiknya pula melalui peningkatan semangat kerja, rasa antusiasme, kepercayaan terhadap karyawannya, dan
    membuat karyawannya menjadi bagian dari suatu organisasi. Karena dengan semakin berkualitasnya SDM, maka akan mencapai keunggulan kompetitif yang
    dapat menuangkan ide-ide baru maupun kinerja yang semakin baik satu sama lain di dalam suatu organisasi. Sehingga kemajuan organisasi akan tercapai.

    Dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi akan meningkatkan kualitas SDM, tetapi tetap harus diarahkan agar mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
    Karena dengan adanya persaingan kualitas dari tiap-tiap SDM, maka akan meningkatkan kualitas organisasi itu juga.

    BalasHapus
  46. Kemajuan teknologi dan informasi tidak dapat kita elak dan terus berkembang sepanjang waktu. SDM pun juga ikut berkembang seiring berkembangnya teknologi namun tidak semua SDM berkembang pesat layaknya teknologi dan informasi. Agar SDM dapat berkembang dengan baik, perusahaan perlu memperhatikan SDM yang mereka miliki dan terus melatih mereka untuk berinovasi dan berpikir kreatif sehingga mereka bisa berkembang pesat serta mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Selain itu, SDM harus berhati - hati dalam menggunakan teknologi terutama teknologi informasi karena jika kita salah menggunakan teknologi informasi kita bisa menjadi "peniru" ide orang lain atau sebaliknya ide kita "ditiru" orang lain.

    BalasHapus
  47. Like Riani Ramli/Kelas D/3103011295

    Dalam menanggapi kemajuan teknologi, manajer SDM seharusnya melihat teknologi sebagai suatu tantangan yang membuat SDM menjadi lebih efektif dalam mengembangkan kinerjanya. Saat ini sudah ada beberapa teknologi yang dirancang bagi unit SDM terutama dalam decision-making dan strategi bisnis, dimana teknologi tersebut akan lebih efisisen dengan kemampuan individu yang lebih memadai. Dari sinilah unit SDM dapat mencari dan mengembangkan sumber daya yang kompeten dalam organisasi agar kinerja unit SDM serta organisasi berjalan dengan efisien dan efektif.

    BalasHapus
  48. menurut saya, di jaman globalisasi saat ini pasti teknologi berkembang dengan sangat canggih dan modern tetapi saat ini sumber daya manusia (SDM)tidak dapat mengimbangi sehingga banyak perusahaan di era globalisasi cenderung menggunakan teknologi dalam perusahan. SDM banyak kurang berkembang dikarenakan teknologi tidak dapat digunakan dengan baik dan kurang maksimal, kalau teknologi tersebut dapat digunakan dengan maksimal maka sumber daya manusia dapat berkembang dengan baik dan penuh dengan kreativitas, ide serta inovasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat steven, memang di jaman sekarang ini teknologi telah berkembang pesat dan digunakan pada setiap perusahaan, sehingga persaingan di setiap perusahaan sangatlah ketat. sehingga peran SDM di sni sangatlah penting, setiap SDM pada jaman sekarang harus dapat berkreativitas lebih dengan sistem teknologi yang ada sehingga dapat membantu memajukan perusahaan, sehingga sistem yang ada tidaklah sama dengan yang berada di perusahaan lainnya.

      Hapus
    2. menanggapi pendapat steven. penggunaan teknologi maksimal itu yang seperti apa? lalu bagaimana cara perusahaan agar SDM perusahaan itu dapat menggunakan teknologi dengan maksimal? jika dengan pelatihan, pelatihan yang seperti apa yang dapat melatih kreativitas, ide, dan inovasinya?

      Hapus
    3. Menanggapi pendapat dari saudara Steven Eduard, Apakah dengan teknologi yang digunakan secara maksimal dapat membuat SDM menjadi lebih berkembang? Bukankah dengan berkembangnya teknologi justru semakin membuat SDM semakin tertekan dan sangat memungkinkan terjadinya pengangguran?

      Hapus
  49. Menurut pendapat saya dijaman sekarang ini tekhnologi sangat berpengaruh pada SDM.Dengan majunya teknologi dijaman ini maka SDM akan lebih berkembang dalam berbagai hal karena mendapatkan suatu kemudahan untuk mencari suatu informasi yang dibutuhkan.Daya saing yang ada juga semakin ketat dan perusahaan juga dapat mencari kelebihan dan kelemahan2 dari perusahaan lain dengan menggunakan tekhnologi. Karena dengan persaingan kualitas dari tiap SDM, maka itu akan meningkatkan kualitas organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Richard_C
      saya setuju terhadap pendapat valentina feby, karena di jaman yang modern ini teknologi sangatlah penting bagi perusahaan apalagi untuk dapat mengetahui update - update terbaru terhadap kelebihan maupun kelemahan dari perusahaan lain. Dan juga para SDM nya dapat membantu perusahaan dalam berkompetisi dengan perusahaan lain seperti menganggap dirinya sebagai anggota organisasi dari perusahaannya tersebut.

      Hapus
  50. Kemajuan Teknologi Informasi sangat mendukung kimerja SDM terhadap suatu organisasi tetapi kita kepada sdmnya apakah mampu menggunakan dengan baik atau tidak. Kita tidak dapat memisahkan antara teknologi dengan SDM karena teknologi merupakan salah satu faktor pendukung terhadap keberhasilan suatu perusahaan. kalau diatas dijelaskan bahwa 80 persen yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan ternyata juga dapat dilakukan oleh perusahaan lain saya pikir it sudah resiko perusahaan kembali lagi kita ke sdmnya bgaimana menjalani persaingan demi majunya suatu perusahaan karena pengguna teknologi ukan hanya 1 atau 3 orang saja tapi seluruh masyakat yang ada di dunia

    BalasHapus
  51. Dengan semakin canggihnya teknologi informasi sekarang ini maka pengembangan SDM untuk menjadi produktif lebih mudah. Oleh karena itu setelah SDM menjadi produktif dan menjadi element penting untuk kemajuan perusahaan, maka perusahaan hendaknya memproteksi karyawan tersebut agar keunggulan yang telah diperoleh melalui pelatihan dan pengembangan karir tidak diambil oleh perusahaan kompetitor. Cara terbaik untuk memproteksi karyawan yang unggul dapat melalui menjadikan karyawan tersebut merasa menjadi bagian dari perusahaan dengan cara menjualkan saham perusahaan untuk karyawan. Sehingga karyawan tersebut menjadi terpacu untuk lebih produktif untuk meningkatkan laba perusahaan.

    BalasHapus
  52. Menurut pendapat saya, pengaruh kemajuan teknologi sekarang sangat sulit untuk dihindari. Namun, kemajuan teknologi tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencari informasi-informas. Kemajuan teknologi ini pula memudahkan perusahaan untuk melihat SDM mana yang cocok bagi perusahaannya. hal ini juga menimbulkan sisi positif dari kemajuan teknologi terhadap kualitas SDM. sisi positifnya kita memperoleh SDM dengan kualitas yang baik karena perkembangan teknologi yang mendorong hal ini sehingga SDM tidak hanya memiliki skill yang sedikit saja, namun sudah memiliki skill dan wawasan yang luas. sehingga memudahkan perusahaan untuk memilih SDM yang terbaik dan multifungsi.

    BalasHapus
  53. menurut pendapat saya, saat ini semua orang sudah mengerti bahwa perkembangan teknologi tidak dapat dihindarkan, oleh karena itu perusahaan lebih mudah mengembangkan SDM yang bekerja di perushaan tersebut. dan itu mempengaruhi keberhasilan dan kemajuan perusahaan tersebut. kemajuan teknologi ini juga menimbulkan kualitas yang baik dan meningkatnya kreativitas, inovasi, dan konsistensi.Setiap perusahaan mempunyai misi dan tujuan yang ingin dicapainya. Untuk mencapai tujuan ini diperlukan perencanaan yang baik dan implementasinya secara tepat. Untuk itu diperlukan kemampuan tenagasumber daya manusia melalui pengembangan sumber daya manusia beserta kemajuan teknologi.sehingga tujuan perusahaan ini tercapai dengan kualitas SDM yang mendukung

    BalasHapus
  54. Menurut pendapat saya, kemajuan teknologi khususnya dalam bidang informasi memang tidak dapat dihindari. Dengan adanya kemajuan teknologi, tentunya setiap perusahaan mendapat kesempatan yg sama untuk memperoleh informasi. Di satu sisi,kemajuan teknologi ini juga memberikan keuntungan bagi perusahaan karena dapat mempermudah kinerja mereka. Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan kinerja perusahaan juga ditentukan oleh kualitas SDM mereka. Oleh karena itu meskipun teknologi sudah berkembang,namun jika SDM tidak mampu memanfaatkannya maka hasil yang diperoleh pun tidak akan optimal. Berdasarkan hal inilah maka perusahaan harus menempatkan SDM yg tepat dan berkualitas. Pihak HRD harus mendapatkan SDM yg berkualitas serta memiliki kreativitas dan inovasi dan dalam hal ini teknologi justru dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan SDM tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan SDM maka diharapkan dapat menciptakan SDM yg memiliki kreatifitas & inovasi. Selain itu pihak perusahaan juga harus kreatif untuk memacu semgangat SDMnya seperti dengan memberikan insentif atau tunjangan tertentu bagi mereka yang mencapai target. Oleh karena itu kemajuan suatu organisasi dapat terjadi jika perusahaan memiliki SDM yang berkualitas yang dapat memanfaatkan teknologi dengan tepat serta didukung oleh perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari novita sari yang mengatakan bahwa teknologi saat ini yang berkembang pesat dalam dunia kerja memang sangat di butuhkan untuk pengembangan informasi dan peningkatan kinerja, tapi bagaimana pun juga perusahaan atau manajer puncak harus menyadari selain dengan teknologi yang berkembang, SDM juga harus diperhatikan untuk pengembangan kinerjanya. Karena meskipun teknologi telah berkembang tapi SDM tidak memadai teknologi tersebut, maka perkembangan teknologi tidak akan berguna bagi perusahaan dan perkembangannya.

      Hapus
    2. Terima kasih atas pendapat sdri feliana. memang pada zaman sekarang ini harus ada kerja sama antara SDM dan organisasi itu sendiri.

      Hapus
  55. menurut saya, salah satu hal yang akan dapat membuat suatu perusahaan tetap survive dalam persaingan dunia modern ini adalah pengembangan SDM menuju optimalisasi perkembangan dan pengoperasian teknologi modern. ketika perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat didukung oleh SDM yang 'mumpuni' dalam hal tersebut, maka perusahaan tidak akan tertinggal dari pesaing2 lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat Yefta,memang pada saat ini tidak hanya di butuhkan teknologi modern saja untuk perusahaan tetapi juga di imbangi dengan SDM yang berkualitas,yang sesuai perkembangan teknogi dan dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi mordern tersebut.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Yefta, dengan optimalisasi peran teknologi yang dikombinasikan dengan tenaga SDM yang berkualitas tidak hanya membuat perusahaan 'survive' saja, melainkan dapat menjadi sebuah perusahaan yang ideal untuk dijadikan panutan bagi perusahaan lainnya, bahkan menjadi pemimpin bagi perusahaan pada lini produksi yang berbeda sekalipun. Ide-ide kreatif dapat diaplikasikan menjadi sebuah inovasi dengan lebih mudah dan cepat berkat kehadiran teknologi yang menurut saya juga bisa menjadi keunggulan kompetitif tersendiri bagi perusahaan.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan komentar saudara Yefta, perusahaan akan semakin berkembang bila perusahaan tersebut mampu memanfaatkan teknologi modern, namun dalam perkembangannya perusahaan harus lebih selektif dalam memilih tenaga kerja yang benar-benar berkualitas, yakni sumber daya yang kompeten, jujur, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, ulet, dan mampu berorganisasi sehingga dapat meningkatkan daya saing dan dapat berkontribusi bagi negara. Salah satu upaya yang dapat di tempuh perusahaan agar mencapai hasil yang diingikan, yaitu dengan membuat kebijakan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan fasilitas yang ada. Misalnya, bisa saja karyawan menggunakan fasilitas internet untuk kepentingan pribadi, maka perusahaaan harus membuat kebijakan agar karyawan tidak melakukan hal ini, sehingga teknologi yang ada bukan malah membawa dampak negatif dan membuat karyawan malas bekerja, namun benar-benar dapat diambil manfaatnya untuk kemajuan perusahaan.

      Hapus
  56. Menurut pendapata saya, memang dengan kemajuan teknologi, perusahaan dapat mengakses informasi - informasi secara mudah dan juga dapat seacara cepat ditiru dan dikembangakan oleh perusahaan lainya. Dengan kata lain perusahaan atau organisasi tidak dapat hanya menggantungkan dengan adanya teknologi saja. Keunggulan kompetitif dapat diperoleh perusahaan dalam memilih dan menilai SDM. Dengan melakukan seleksi yang ketat pihak HRD dapat perusahaan dapat memilih SDM yang tepat untuk memajukan organisasinya. Dan juga tidak lupa dengan pelatihan dan pengembangan yang baik, SDM akan dapat mampu menghadapi persaingan global.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menanggapi pendapat robby. keunggulan kompetitif yang seperti apa? bagaimana cara perusahaan agar mereka memiliki keunggulan kompetitif sedangkan dengan menggunakan teknologi, perusahaan lain dapat cepat meniru?

      Hapus
  57. menurut saya pada jaman sekarang tekologi sudah sangat diperlukan. berdasarkan fenomena diatas, kemajuan teknologi sangatlah pesat. maka dari itu sudah wajib bagi setiap SDM bisa mengoperasikan teknoligi dan tidak ketinggalan oleh jaman. karena dengan SDM yang mampu mengikuti perkembangan teknologi itu juga menjadi nilai positif untuk perusahaan dan bisa menjadi keunggulan tersendiri agar tidak mudah tersaingi.

    Kelas B

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat ardianus okky, memang di era modern saat ini teknologi sangatlah penting,dan di mana-mana SDM yang di cari harus memiliki ketrampilan dalam bidang teknologi. Dengan adanya teknologi memudahkan SDM melaksanakan pekerjaannya dengan efektif serta efisien.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat okky. teknologi yang sangat maju ini memang harus bisa digunakan oleh para SDM karena teknologi ini memang memiliki nilai positif bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan yang ketat di era modern ini. karena jika suatu perusahaan tidak dapat menggunakan teknologi secara maksimal, perusahaan itu akan kalah saingan dengan perusahaan yang dapat menggunakan teknologi secara maksimal

      Hapus
  58. Teknologi memang penting untuk menunjang operasional dlm bidang sumber daya manusia, tetapi faktor dalam menangani karyawan dibutuhkan campur tangan manusia itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanggapi jawaban samuel, memamng benar teknologi sangat penting untuk menunjang operasional suatu perusahaan , karena tanpa adanya teknologi operasional perusahaan akan sulit untuk dilaksankan. tapi yang ingin saya tanyakan maksud dari kalimat faktor dalam menanggani karyawan dibutuhkan campur tangan manusia itu, maksudnya seperti apa. campur tangan seperti apa yang dimaksud dan manusia dalam konteks ini apakah yang dimaksud dengan HRD ataukah SDM itu sendiri

      Terima Kasih

      Hapus
  59. saya berpendapat bahwa kemajuan teknologi yang ada pada jaman sekarang ini tidak dapat dihindari dari kehidupan sehari-hari, mulai dari pelajar hingga orang biasa pun dapat mengakses teknologi. demikian juga hal tersebut akan berpengaruh pada SDM disetiap kantor. SDM dapat memanfaatkan teknologi yang berhubungan dengan pekerjaannya, dimana seharusnya teknologi yang canggih bisa membuat para SDM lebih kreatif dan termotivasi. namun pada dasarnya kita dapat melihat perkembangan teknologi dari dua sisi yang berbeda. disisi negatif perkembangan teknologi membuat transaksi yang mudah dapat memicu bisnis-bisnis yang terlarang atau ilegal selain itu penjiplakan atau plagiarisme akan sering terjadi. disisi positif perkembangan teknologi akan sangat mempermudah akses informasi, penyebaran informasi tentang bisnis, mempeemudah penyelesaian tugas-tugas maupun pekerjaan dan yang terakhir dengan menggunakan teknologi kita tidak akan terbatas ole waktu dan tempat. itu semua tergantung bagaimana cara kita menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan bijak atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menaggapi pendapat yang diutarakan oleh saudara Jordyso. Saya setuju dengan pendapat Jordyso yang mengatakan bahwa teknologi jika dilihat dari sis positifnya akan sangat ,membantu kinerja SDM. Teknologi memang seharusnya membantu SDM. Teknologi memang dapat menjadi sahabat yang terbaik jika dimanfaatkan secara positif, akan tetapi bisa menjadi musuh terjahat jika dimanfaatkan secara negatif. Sisi negatifnya dapat memciptakan bisnis kotor yang walaupun menguntungkan bagi pemilik bisnis tapi merugikan bagi konsumen. SDM yang baik harus memiliki mental yang baik pula untuk menanggapi segala kemajuan teknologi. Hal ini lah yang menjadi tanggung jawab HRD. Jangan sampai teknologi yang akan memanfaatkan kita nanti, bukan kita yang seharusnya memanfaatkan teknologi.

      Hapus
  60. teknologi yang sangat maju ini memang harus bisa digunakan oleh para SDM karena teknologi ini memang memiliki nilai positif bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan yang ketat di era modern DAN Keunggulan kompetitif dapat diperoleh perusahaan dalam memilih dan menilai SDM.

    BalasHapus
  61. menurut saya teknologi dan karyawan bisa berjalan berdampingan karena karyawan merupakan pengguna daripada teknologi itu sendiri. karyawan yang mempergunakan kemajuan teknologi dengan baik mampu berkreasi dan berinovasi dengan sendirinya. terima kasih

    BalasHapus
  62. Kelas A
    menurut saya perusahaan harus melakukan upaya sbb :
    · Manajemen perlu mengubah mindsets atau cara pandangan terhadap MSDM,menghapus pandangan yang yang keliru di benak mereka:
    · Manajemen dapat mulai untuk meningkatkan kinerja SDM dengan melakukan kegiatan-kegiatan MSDM dasar secara lebih baik
    · Manajemen perlu menyediakan dan menetapkan waktu untuk perencanaan dan operasi SDM;

    BalasHapus
  63. Menurut saya, Teknologi merupakan nilai tambah dari seorang karyawan, dengan teknologi dapat mempermudah segala macam proses yang ada, teknologi tanpa karyawan yang baik adalah sebuah kegagalan

    BalasHapus