SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi mahasiswa Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 24 November 2012

Film dan Praktek MSDM ( Bahan Diskusi sampai dengan UAS)

Damaged Care adalah sebuah film berdasarkan kisah nyata dari Dr. Linda Peeno seorang wanita yang menghadapi dilema hidup: mengorbankan karir dan keluarganya untuk menghukum perusahaan yang mengambil keuntungan dengan mengorbankan pihak lain. Dilatih sebagai dokter, ia lalu bekerja pada perusahaan asuransi kesehatan tetapi akhirnya dia menemukan bahwa perusahaan asuransi tersebut mengorbankan kelompok tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ia kemudian menggunakan pengalamannya untuk bersaksi mewakili pasien-pasiennya menuntut pihak asuransi. Ini tampak sebagai sesuatu yang mustahil berhasil. Resikonya terlalu besar. Akan tetapi, jika kadang hanya karena seorang pria dapat membangun sebuah perusahaan miliaran dolar, maka kadang cukup hanya dengan satu wanita untuk menjatuhkannya........... (Kutipan dari Cover CD-nya).

Bahan Diskusi:
  1. Jika Saudara sebagai seorang karyawan, apa makna yang bisa anda peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM..
  2. Jika Saudara sebagai seorang Manajer HRD, apa makna yang bisa anda peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM..
 Selamat Berdiskusi.....

"when big business threatened innocent lives for profit, she risked everything to bring the system to its knees"
                                                              (Damaged Cared)

34 komentar:

  1. Kisah Dr Linda Peeno, seorang ahli organisasi manajemen kesehatan dan etika. Ia bekerja pertama kali pada beberapa HMO dan yang kedua bekerja sebagai resensi medis untuk Humana Inc dan direktur medis di Blue Cross / Blue Rencana Kesehatan Shields. Dari pemutaran video pada 20 November 2012, apabila saya menjadi (Karyawan dan Manajer HRD) makan yang diperoleh dari sikap Dr Linda Peeno yang berkaitan dengan praktek – praktek pengolahan SDM, maka:

    1.Karyawan
    Keterkaitannya adalah pada Employement Security dimana Dr Peeno dapat mengolah manusia dengan memberikan perhatian dan keselektivitas yang mana mendorong saya sebagai karyawan lebih termotivasi untuk memberikan kontribusi terhadap proses pekerjaan. Dan Employee Ownership yang mana memberikan tugas pada karyawan sesuai dengan jabatan yang dimiliki dan mengajarkan tidak mengambil ahli tanpa sepengetahuannya.

    2.Manajer HRD
    Terkait pada Promotion From Within yang berarti mendorong pelatihan dan pengembangan keahlian karena tersedianya kesempatan dan peluang promosi dalam perusahaan bagi para pekerja. Dr Peeno melakukan hal tersebut dengan menginformasikan pada pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal tentang Matrix Competency yang berarti daftar skill yang dimiliki oleh seseorang yang menempati suatu jabatan tertentu.

    BalasHapus
  2. 1.jika saya sebagai karyawan makna yang bisa saya ambil adalah saya bisa termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.total dalam melakukan pekerjaan.

    2.makna yang bisa saya peroleh adalah pekerja/karyawsn akan ditempatkan di posisi jabatan masing-masing sesuai dengan skill yang dimilikinya

    BalasHapus
  3. 1. Jika saya sebagai karyawan makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah lebih termotivasi dan berkontribusi terhadap pekerjaan serta konsisten dengan pekerjaan.
    2 Jika saya sebagai manajer HRD makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah menempatkan posisi jabatan pekerja sesuai dengan skill, knowledge yang dimiliki.

    BalasHapus
  4. 1.Jika saya karyawan,makna yang saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan sdm yaitu dengan adanya pegelolahan sdm yang baik dan terseleksi akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih maximal dan lebih giat untuk bekerja sesuai dengan pekerjaan yang dimiliki karyawan agar pekerjaan lebih baik.
    2. Jika saya sebagai seorang Manajer hrd,makna yang bisa saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan sdm antara lain menempatkan karyawan sesuai dengan jabatan yang sesuai yang membuat perusahaan lebih baik ,mungkin melalui promosi yang bagi karyawan untuk memotivasi,rekomendasi calon karyawan akan membantu untuk mempermudah menempati jabatan tertentu.

    BalasHapus
  5. 1. Jika saya sebagai karyawan makna yang bisa saya ambil dari film Damage Cared ialah saya lebih termotivasi dan harus berkontribusi bukan hanya pada pekerjaan saya, melainkan pada lignkungan sekitar.
    2. Jika saya sebagai manajer HRD makna yang bisa saya ambil ialah saya harus bijaksana dalam menempatkan seseorang pada jabatan mereka masing-masing sesuai dengan skill , knowledge , dan attitude yang mereka miliki

    BalasHapus
  6. 1.) Jika saya sebagai seorang karyawan makna yang saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM adalah saya sebagai karyawan akan mendapatkan motivasi guna sebagai pacuan saya dalam melakukan pekerjaan yang lebih baik lagi.
    2.)Jika saya sebagai seorang manajer HRD makna yang saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM adalah dengan mengarahkan karyawan ke posisi yang sesuai dan memotivasi untuk bekerja lebih baik guna kelancaran perusahaan dengan memperhitungkan setiap pekerjaan yang akan dilakukan supaya tidak melanggar aturan yang ada.

    BalasHapus
  7. jika saya seorang karyawan makna yang saya dapat ialah motivasi untuk bekerja sesuai jobdesk tanpa melanggar suatu peraturan apapun dimana akan merugikan pihak lain.
    dan jika saya seorang manajer HRD makna yang bisa saya ambil ialah lebih bijaksana dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sehingga tidak ada pihak yang akan dirugikan.

    BalasHapus
  8. 1. Jika saya sebagai seorang karyawan maka makna yang dapat saya ambil dari menonton film damaged care terkait dengan praktek – praktek pengolahan MSDM adalah saya akan termotivasi untuk bekerja lebih giat dan baik lagi.
    2. Jika saya sebagai seorang manajer HRD maka makna yang dapat saya ambil dari menonton film damaged care terkait dengan praktek – praktek pengolahan MSDM adalah menempatkan jabatan sesuai dengan kemampuan dan skill yang dimiliki karyawan tersebut.

    BalasHapus
  9. 1. Jika saya sebagai seorang karyawan, maka saya harus professional terhadap pekerjaan yang harus saya kerjakan, mengingat bahwa saya di gaji oleh perusahaan itu. Dan katakan jika pekerjaan yang saya lakukan tidak sesuai dengan misi dan pribadi saya, saya akan tetap professional sembari melakukan/ mengusulkan strategi yang memberikan win-win solution dan tidak merugikan salah 1 pihak.
    2. Jika saya seorang manajer HRD maka saya akan benar-benar menyeleksi karyawan yang akan bekerja perusahaan dan menempatkan mereka sesuai dengan SKA yang mereka miliki.

    BalasHapus
  10. 1. Jika saya seorang karyawan, makna yang saya ambil dari film Damaged Care adalah saya harus professional dan maksimal terhadap pekerjaan saya karena perusahaan itu yang menggaji saya.
    2. Jika saya seorang manajer HRD maka saya akan ketat dalam menyeleksi, merekrut dan menempatkan karyawan karena jika saya salah menempatkan/ terlalu mudah menyeleksi maka saya akan membuat kerugian bagi perusahaan saya.

    BalasHapus
  11. 1.jika saya menjadi seorang karyawan,makna yang saya peroleh adalah menjadi karyawan yang jujur karena dengan begitu pekerjaan sesulit apapun akan terselesaikan dengan baik.bukan hanya itu,bekerja sesuai dengan hati nurani karena tanpa dengan hati yang damai maka pekerjaan tersebut dapat merugikan banyak orang dan juga diri kita sendiri.
    2.jika saya menjadi seorang manajer HRD,makna yang saya peroleh adalah menyeleksi karyawan sesuai dengan posisi yang diinginkan oleh perusahaan.

    BalasHapus
  12. 1.saya sebagai karyawan merasa bahwa karyawan di film tersebut tidak diberik apresiasi sama sekali karena pendapat ataupun tanggapan dari karyawan demi kemajuan dari perusahaan tidak dianggap oleh para atasannya dan yang memperburuk keadaan adalah pendapat atau tanggapan yang ingin disampaikan oleh para karyawan di film tersebut merupakan tanggapan dan pendapat yang positif tetapi perusahaan memilih untuk menolaknya demi keuntungan perusahaan.
    2.menurut saya,jika saya sebagai manajer HRD maka pengelolaan SDM yang ada di film tersebut sangat tidak baik karena perusahaan tersebut tidak menghiraukan perasaan,tanggapan dan pendapat dari karyawannya yang menyebabkan karyawannya untuk mengundurkan diri sedangkan karyawan merupakan asset terpenting dalam perusahaan.

    BalasHapus
  13. Menurut saya,
    Jika saya berada pada posisi karyawan. Tentunya banyak hal yang dapat saya pelajari. Seperti belajar untuk menghargai atasan. Kita tentunya tidak berhak untuk mengambil keputusan tanpa sepengetahuan atasan kita. Selain itu, yang saya pelajari tentang bagaimana keteguhan hati sangat diperlukan dengan tidak mudah terpengaruh dengan situasi walaupun keadaan mendesak.

    Jika saya berada pada posisi HRD, tentunya hal yang bisa saya pelajari adalah betapa pentingnya peran seorang HRD pada sebuah perusahaan. Terlebih pada kasus perusahaan seperti pada film. Seorang HRD harus mampu mendengarkan pendapat dari setiap karyawannya. Karena itulah menurut saya kewajiban dari seorang HRD.

    BalasHapus
  14. 1. Jika saya sebagai karyawan makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah lebih termotivasi dan bekerja profesional terhadap pekerjaan.
    2 Jika saya sebagai manajer HRD makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah menempatkan posisi jabatan pekerja yang benar2 sesuai dengan kemampuan yang dimiliki..

    BalasHapus
  15. 1. Jika saya sebagai seorang karyawan, makna yang bisa saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM adalah bekerja profesional sesuai dengan dengan job desc yang diberikan, dan tetap melakukan pekerjaan sesuai dengan tujuan perusahaan. Serta saya juga lebih termotivasi untuk bisa memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan perusahaan.
    2. Jika saya sebagai seorang Manajer HRD, makna yang bisa saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan praktek-praktek pengelolaan SDM adalah menyeleksi dan menerima karyawan yang sesuai dengan tujuan perusahaan, dan mempertahankan setiap karyawan yang ada, dengan tetap menjalin komunikasi yang baik, seperti mendengarkan keluhan atau masukan dari karyawan dengan baik.

    BalasHapus
  16. 1. Makna yang bisa saya ambil jika saya sebagai karyawan adalah berani menegur atasan jika atasan berbuat salah (menyimpang dari hukum) apalagi secara sengaja. Karena atasan itu merupakan panutan yang akan di contoh oleh karyawannya. Jadi setidaknya harus memberikan contoh yang baik buat bawahannya. Atasan yang buruk dapat mempengaruhi kinerja yang buruk.

    2. Makna yang bisa saya ambil jika saya sebagai HRD adalah sebagai seorang HRD harusnya saya bisa berlaku bijaksana dan benar karena sebagai atasan secara tidak langsung saya adalah panutan bagi bawahan. Jika saya tidak bisa memimpin yang benar, maka kinerja pun akan memburuk. Dan saya harusnya bisa menyeleksi karyawan mana yang berkompeten dan benar sehingga karyawan tersebut di pertahankan. Bukan karyawan yang mau melakukan perbuatan kotor yang di pertahankan.

    BalasHapus
  17. 1. jika saya sebagai karyawan makna yang bisa diambil dari film tersebut adalah termotivasi untuk bekerja lebih giat dan lebih baik lagi serta memberikan kontribusi kepada perusahaan tersebut.
    2. jika saya menjadi seorang manajer HRD makna yang bisa di ambil dari film tersebut adalah menempatkan jabatan sesuai dengan skill yang di miliki agar dapat bekerja lebih baik lagi.

    BalasHapus
  18. 1. makna yang dapat saya ambil jika saya sebagai karyawan adalah saya akan berusaha memperjuangkan apa yang saya pikirkan, karena setiap karyawan juga mempunyai hak untuk mengutarakan pendapat mereka, dan alangkah baiknya jika kita mendapatkan keuntungan bukan dari penderitaan orang lain, selian itu film tersebut juga mengajarkan kita bahwa di luar sana ada perusaaan yang bersifat seperti hal tersebut dan praktek-praktek msdm yang terjadi dalam suatu perusahaan.

    2. sebagai manajer HRD, makna yang dpat saya ambil adalah bahwa jangan sampai kita berbuat kesalahan seperti yang terdapat dalam film tersebut, dan sudah sewajarnya kita harus membina karyawan kita agar tidak melakukan hal tersebut

    BalasHapus
  19. 1. jika saya menjadi karyawan, hal yang saya dapat dari film tersebut adalah kita harus melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan kita. kita harus bisa menyampaikan pendapat kepada pimpinan sesuai aturan.
    2. jika saya menjadi HRD, hal yang saya dapat dari film tersebut adalah tidak selamanya kesuksesan perusahaan bisa dilihat hanya dari profit saja melainkan ada hal yang lebih penting yaitu kepercayaan pelanggan atau konsumen

    BalasHapus
  20. 1. jika saya menjadi karyawan di perusahaan asuransi tersebut tentu hati nurani saya prihatin dengan sistem tersebut sehingga timbul rasa tidak nyaman bekerja di perusahaan tersebut, bahkan timbul rasa bersalah terhadap konsumen / pasien meskipun kita hanyalah krayawan. maka hasil yang terjadi adalah banyak karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan tersebut sehingga perusahaan tersbut tidak stabil.

    2. jika saya sebagai seorang manajer HRD yang saya perhatikan adalah kenyamanan bekerja karyawan. sejauh manakah karyawan dapat menikmati pekerjaannya dan sebesar apakah motivasi karyawan untuk melakukan pekerjaannya. karena hal ini berdampak pada kinerja karyawan yang akan berdampak pula pada operasional perusahaan.

    BalasHapus
  21. 1. makna yang saya peroleh adalah bekerja dengan giat dan memberikan kontribusi pada perusahaan dan berpegang teguh pada pendirian.
    2. jika saya menjadi HRD, saya akan menempatkan karyawan di jabatan yang sesuai dengan pendidikan dan SKA karyawan tersebut.

    BalasHapus
  22. 1. Karyawan akan lebih nyaman pada pekerjaan yang sesuai dengan hati dan kemampuannya sehingga tentu akan meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih maksimal bagi perusahaan.

    2. Saya akan menempatkan karyawan di posisi-posisi sesuai dengan SKA yang dimiliki

    BalasHapus
  23. Jika saya sebagai karyawan, makna yang saya dapat terkait dengan struktur organisasi perusahaan yang jelas dan menghormatinya. Sebagai seorang karyawan, saya harus menghormati orang-orang yang terdapat dalam struktur organisasi perusahaan, baik atasan maupun bawahan serta saya belajar untuk memahami dengan benar batasan-batasan/jobdesc yang terdapat di tiap posisi dan tidak melangkahinya. Selain itu, sebagai karyawan, makna yang saya peroleh melalui film ini adalah memilih perusahaan/organisasi yang selaras dan setujuan dengan visi saya, terutama dalam kaitannya dengan etika bisnis(kode etis). Bila saya tidak paham secara benarmengenai perusahaan, maka saya akan menyesal di kemudian hari karena saya tidak mampu sejalan dengan visi dan misi perusahaan lewat berbagai strateginya. Selain dari pada itu semua, makna yang terkandung lainnya yaitu betapa perekrutan internal merupakan hal yang sangat penting dalam mengisi lowongan di posisi-posisi penting dalam perusahaan. Bila lowongan posisi-posisi penting dalam perusahaan direkrut secara eksternal, maka bdalam banyak kasus, akan terjadi konflik di tubuh karyawan yang mungkin tidak cocok/tidak sepaham dengan visi baru perusahaan seiring dengan adanya pemimpin baru dari luar perusahaan. Namun, hal ini terkadang justru sangat baik dan berarti dalam melakukan gebrakan/terobosan-terobosan baru pada perusahaan yang membutuhkan seperti dalam kasus the Brothers yang tidak menghasilkan profit dan justru merugi.

    Bila saya sebagai manajer HRD, makna yang dapat saya peroleh dari film tersebut adalah mencari karyawan yang organizational-fit, yakni mereka yang sesuai dengan tujuan, dan strategi perusahaan. Bila mereka pandai atau bahkan berbakat sekali, tetapi bila tidak sesuai dengan strategi dan tujuan perusahaan, maka hal ini tentunya akan sangat menghambat pencapaian bahkan peningkatan kinerja. Selain itu, saya belajar bahwa tidak boleh sampai terjadinya 'melangkahi' atasan terutama mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan atasan dan seenaknya sendiri. Hal ini tentunya sangat memerlukan pengkomunikasian strategi perusaan serta job desc masing-masing posisi/jabatan/bahkan masing-masing orang. Namun, di sisi lain, sebagai manajer HRD, saya belajar bahwa diperlukan adanya insentif/bonus/komisi yang besar(tergantung kemampuan tiap-tiap perusahaan) untuk memicu dan memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka dalam perusahaan.

    BalasHapus
  24. 1. makna yang saya dapat peroleh dari kutipan film tersebut adalah saya harus memberikan kesempatan kepada karyawan lainnya untuk memberikan opini atau pendapat demi kemajuan perusahaan dan memberikan dorongan kepada karyawan supaya pekerjaan yang dilakukan dapat maksimal.
    2. jika saya mempunyai jabatan sebagai HRD perusahaan maka saya akan benar - benar menyeleksi secara ketat calon karyawan yang sesuai dengan skillnya dan sesuai dengan kebutuhan posisi perusahaan yang sedang dibutuhkan.

    BalasHapus
  25. 1. Jika saya sebagai karyawan makna yang saya ambil dari film tersebut adalah berusaha untuk memenuhi kebutuhan perusahaan merupakan hal yang wajib. Jika tidak selaras visi misi dengan perusahaan tersebut maka pekerjaan tersebut tidak cocok dengan saya dan harus mencari pekerjaan lain agar totalitas dalam mengerjakan sesuatunya. Sebagai seorang karyawan hendaknya mengetahui sistem pekerjaan di perusahaan tersebut supaya pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar. Harus ada kerja sama dengan karyawan lain dan waspada terhadap karyawan yang munafik. Berani mengambil keputusan dengan segala resiko yang ada. Sebagai karyawan hendaknya mempunyai partner kerja agar bisa diajak berkonsultasi dalam pekerjaan, karena setiap pekerjaan membutuhkan masukan pendapat dari orang lain juga.

    2. Jika menjadi seorang manajer HRD makna yang saya ambil dari film tersebut adalah hendaknya melakukan proses rekrutmen dan seleksi dengan benar-benar sesuai kriteria yang ada, contohnya organizational fit / person fit. Hendaknya menerima masukan dari karyawan agar pengelolaan MSDM dalam perusahaan berjalan dengan baik, Tidak memberikan tekanan yang terlalu berlebihan kepada karyawan agar karyawan juga mempunyai sedikit ruang untuk melakukan inovasi yang baru.

    BalasHapus
  26. 1. jika saya sebagai karyawan makna yang saya ambil adalah bekerja dengan maksimal untuk kesejahteraan perusahaan dan berani menegur jika pimpinan melakukan hal yang buruk (tentunya dengan cara yang sopan dan baik)

    2. jika menjadi seorang manajer HRD, makna yang saya ambil adalah melakukan seleksi dengan baik dan teliti agar karyawan yang sudah diambil benar-benar cocok dan bekerja maksimal di perusahaan

    BalasHapus
  27. 1. Jika saya sebagai seorang karyawan dari film tersebiut saya akan merasa tidak nyaman bekerja di bawah seorang pimpinan yang mendapatkan kesuksesannya dari penderitaan orang lain dan saya akan berusaha memegur pimpinan tersebut dengan caya yang sopan dan jika tidak berhasil maka saya akan keluar dari perusahaan tersebut dimana leboh baiknsaya bekerja di perusahaan yang memiliki hati walaupun perusahaan tersebut perusahaan kecil.
    2. Sebagai seorang hrd yang baik saya merasa bahwa perusahaan juga harus memikirkankesejahteraan karyawan dan konsumennya dimana jika karyawan tidak merasa nyaman bekerja di oerusahaan bagaimana dia dapat melakukan pekerjaannya dengan baik? dan kita juga harus mempertimbangkan bagaimana pandangan masyarakat tentang citra perusahaan kita.

    BalasHapus
  28. Jika saya karyawan, 1. makna yang saya peroleh dari menonton film tersebut terkait dengan pengelolaan SDM dengan adanya pegelolahan SDM yang baik akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih maximal dan bekerja sesuai dengan pekerjaan yang dimiliki karyawan agar perusahaan dapat memperoleh income yang di targetkan.
    2. Jika saya sebagai manajer HRD perusahaan maka hal yang bisa saya yang bisa saya ambil ialah saya harus bijaksana dalam menempatkan seseorang pada jabatan mereka masing-masing sesuai dengan skill , knowledge , dan attitude yang mereka milik.

    BalasHapus
  29. 1) saya termotivasi untuk melakukan kejujuran dalam film yang saya lihat, dan saya belajar untuk memperlakukan orang-orang yang butuh bantuan yang sesiuai dengan kebutuhannya dan tidak melakukan perbuatan hina.

    2)jiak HRD, saya harus bijaksana dalam menempatkan seseorang yang sesuai dengan pekerjaannya dengan mempertimbangkan keuangan perusahaan dan kita harus mampu memilih orang-orang dengan selektif

    BalasHapus
  30. 1.jika saya menjadi karyawan yang saya dapat dari film tersebut, sebaiknya kita memilih dan melakukan pekerjaan jangan hanya karena sesuai dengan kemampuan kita, melainkan juga yang yang sesuai dengan tujuan kita untuk kelangsungan hidup kedepannya nanti.

    2. jika saya menjadi seorang manajer HRD yang saya dapat dari film tersebut menurut saya, kesuksesan perusahaan yang paling utama dalam sebuah perusahaan adalah kepercayaan, kepercayaan yang didapat dari semua masyarakat. jadi tidak hanya profit saja yang penting dalam suatu perusahaan melainkan kelangsungan hidup seseorang pun juga sangat penting dan perlu diutamakan.

    BalasHapus
  31. 1.Jika saya sebagai karyawan makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah lebih termotivasi dan berkontribusi serta lebih professional terhadap pekerjaan serta konsisten dengan pekerjaan agar tidak merugikan pihak lain.
    2.Jika saya sebagai manajer HRD makna yang bisa saya ambil dari film tersebut adalah harus bijaksana menempatkan posisi jabatan pekerja sesuai dengan skill, knowledge, dan attitude yang dimiliki agar tujuan perusahan dapat tercapai dengan maksimal.

    BalasHapus
  32. Berdasarkan film Damaged Care makna yang dapat saya ambil apabila saya sebagai :
    1. Karyawan : sebagai seorang karyawan apabila attitude yang saya miliki bertolak belakang dengan kinerja perusahaan, maka akan mengurangi loyalitas saya sebagai karyawan dalam perusahaan tersebut. pekerjaan tersebut memang sesuai dan cocok dengan skill dan knowledge saya (job person fit), tetapi saya tidak ccocok dengan tujuan dan visi yang dilakukan perusahaan (organisasional person fit).
    2. bila saya sebagai Manajer HRD ,yang harus utama saya lakukan adalah mengenali visi, misi, dan tujuan perusahaan dengan baik dan jelas. Apabila kinerja perusahaan dan para karyawan tidak sesuai dengan visi dan misi utama berdirinya perusahaaan maka saya memiliki hak dan kewajiban untuk menyadarkan kembali bahwa kinerja perusahaan kurang sesuai dengan tujuan dan visi awal perusahaan. Saya harus menyadarkan kembali para SDM dalam perusahaan mengenai kinerja yang seharusnya (yang sesuai dengan tujuan, visi, dan misi awal perusahaan). Mendengarkan dan menghargai argumen setiap karyawan juga penting untuk dilakukan demi memajukan perusahaan dengan cara yang benar sesuai dengan hukum.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus