SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 11 November 2012

Penetapan UMK oleh Pemerintah (Bahan Diskusi 13 Nopember 2012)

Setiap tahun banyak perusahaan yang "bergejolak" setiap kali UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten) ditetapkan oleh pemerintah. Kota Surabaya menetapkan UMK sebesar Rp.1.567.000. Meskipun tidak memberi gejolak yang berarti tapi tetap ada kelompok pengusaha yang mengajukan keberatan. Gejolak yang cukup kelihatan justru berasal dari Kabupaten Mojokerto yang menuntut agar UMK Mojokerto ditetapkan sama dengan Surabaya.

Pertanyaan Diskusi:
1. Mengapa pemerintah harus ikut menentukan Upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan?
2. Andai Anda manajer HRD dalam suatu perusahaan, apakah yang akan Anda lakukan agar perusahaan Anda "tidak kuatir" setiap kali pemerintah menetapkan UMK?

Selamat Berdiskusi!

34 komentar:

  1. Pemerintah harus ikut menentukan UMK dikarenakan untuk menghilangkan kesan eksploitasi pemilik usaha kepada buruh karena membayar di bawah standar hidupnya.
    Bila saya merupakan manajer HRD, maka saya akan menetapkan gaji karyawan dan buruh saya di atas UMK itu sendiri agar bila pemerintah menaikkan UMK, saya tidak lagi kebingungan dan bahkan buruh/karyawan di perusahaan saya tidak terlalu bergejolak.

    BalasHapus
  2. 1.Karena sesuai dengan hukum penetapan UMK bahwa Pemerintah memberikan perlindungan bagi pekerja/buruh dalam menetapkan besaran UMK pada (Pasal 88 ayat (2) UU No. 13 Tahun 2003), dengan adanya hal tersebut maka dapat mengurangi perselisihan dengan memperhatikan kepentingan kedua belah pihak yaitu Pengusaha dan Pekerja.
    2.Tindakan saya adalah menggunakan Lembaga Kerjasama Tripartit sebagai forum komunikasi dan konsultasi yang mana memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan dan karyawan.

    BalasHapus
  3. Menurut saya pemerintah harus ikut menentukan Upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan agar tidak menimbulkan konflik berkepanjangan antara buruh dan perusahaan.
    Penetapan upah minimum selalu menyulut ketidakpuasan, baik dari kalangan buruh maupun pengusaha. Ada tiga masalahnya, kebutuhan hidup layaak,dewan pengupahan, dan peran pemda yang minim dan meskipun pemerintah sudah menetapkan pada Pasal 88 ayat (2) UU No. 13 Tahun 2003 tetap menimbulkan konflik,bagi pengusaha, penetapan UMK yang kisruh seperti tahun ini jelas bukan sebuah pertanda yang baik bagi bisnis mereka.buruh pun tidak akan tenang bekerja apabila upah mereka tidak pasti.

    Jika saya mernjadi manajer HRD dalam suatu perusahaan,yang akan saya lakukan agar perusahaan tidak kuatir setiap kali pemerintah menetapkan umk ,jika mampu perusahaan akan membayar umk yang sudah ditetapkan dengan perhitungannya juga seperti perusahaan tidak merugi dan tidak ada yang dirugikan.

    BalasHapus
  4. 1. Agar setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan dapat mendapatkan taraf hidup yang layak. Harga kebutuhan pokok yang naik pasti akan menaikkan tarif hidup setiap manusia itu pula

    2. Cara agar saya sebagai manajer HRD tidak panik ketika menghadapi kenaikan UMR ialah harus selalu update info tentang UMR, lalu berkonsultasi dengan bidang keuangan tentang kenaikan UMR sehingga masalah dapat teratasi dengan baik

    BalasHapus
  5. pemerintah harus ikut menentukan UMK guna menjamin kesejahteraan masyarakat dikarenakan biaya hidup yang semakin meningkat.
    agar perusahaan tidak kuatir setiap pemerintah menetapkan UMK, sebagai manajer HRD saya akan selalu memotivasi karyawan untuk dapat lebih berkinerja bagus sehingga lebih produktif, setidaknya dengan produktivitas yang tinggi perusahaan tidak akan lagi kuatir dengan penetapan UMK.

    BalasHapus
  6. Menurut saya,
    1. Pemerintah sabaiknya ikut menentukan upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan agar upah suatu perusahaan setidaknya tidak berbeda jauh dengan pemerintah. dengan begitu perusahaan dan pemerintah mempunyai standar tersendiri untuk menentapkan upah.
    2. Jika saya seorang manajer HRD perusahaan, yang akan saya lakukan adalah berusaha untuk menciptakan karyawan yang memberi pemasukan kepada perusahaan, lalu diberi upah yang lebih tinggi dari UMK sehingga mempunyai kinerja yang bagus. dan apabila UMK dari pemerintah naik turun setidaknya tidak memberikan pengaruh besar bagi karyawan.

    BalasHapus
  7. pemerintah wajib mnenentukan umk untuk para pekerja, karena dengan itu maka kelayakan kerja karyawan lebih baik, dan para pengusaha tak bisa seenaknya sendiri menentukan upah mereka,

    saya sebagai hdr akan menentukan target yang harus ditemph perusahan supaya perusahaan tak bingung bila UMK naik

    BalasHapus
  8. 1. karena pemerintah tahu dan sudah menentukan bagaimana standar UMK yang baik untuk kehidupan bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa mendapatkan hidup yang layak dengan adanya standar UMK yang telah ditentukan

    2. setiap perusahaan pun memiliki standar dalam menentukan UMK namun bila sudah ada ketentuan dari pemerintah, mau tidak mau perusahaan pun harus mengikuti aturan yang telah ditentukan agar tidak terjadi kesalah pahaman antara karyawan, perusahaan, dan pemerintah

    BalasHapus
  9. - Dalam penetapan UMK, pemerintah memang harus ikut serta dalam penetapannya, supaya upah yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain itu juga dapat membantu kesejahteraan rakyat untuk lebih baik ke depannya dalam menghadapi semua kebutuhan pokok dan lain - lainnya yang naik akibat gejola ekonomi & juga menghilangkan rasa curiga dan kesan eksploitasi oleh pemilik perusahaan terhadap karyawan.
    - Bila saya menjadi manajer HRD, saya akan memberi upah sesuai dengan UMK yg diterapkan oleh pemerintah dikarenakan jika kita memberi upah berlebihan atau lebih tinggi dari tarif UMK yang ditetapkan pemerintah ditakutkan kinerja karyawan kita juga berpengaruh dan tidak sesuai dengan harapan & tujuan perusahaan serta akan mempengaruhi kualitas kinerja.

    BalasHapus
  10. 1. pemerintah ikut menentukan UMK karena rata-rata buruh atau karyawan yang ada di Indonesia dipekerjakan dari pagi hingga malam hari setiap harinya sedangkan upah yang mereka terima tidak sebanding dengan apa yang telah mereka kerjakan. sehingga pemerintah melakukan tindakan yaitu menetapkan UMK agar buruh atau karyawan tidak akan disiksa untuk bekerja lebih dalam suatu perusahaan dan upah tersebut dapat mencukupi semua kebutuhan sehari-hari mereka.
    2.jika saya menjadi manajer HRD,saya akan menyesuaikan UMK sesuai dengan pemerintah sehingga karyawan yang dimiliki perusahaan tidak ikut berdemo yang mengakibatkan produksi perusahaan terpaksa harus diberhentikan.

    BalasHapus
  11. 1)pemerintah perlu menentukan UMK dalam satu perusahaan agar perusahaan tidak semena-mena memberikan upah kepada para karyawannya (menggaji karyawannya terlalu rendah) dengan adanya UMK dapat meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat dengan cara menentukan UMK yang tepat.
    2)sebagai HRD,agar tidak kuatir ketika terjadi kenaikkan UMK,maka saya sebagai manajer HRD akan selalu menggaji karyawan sesuai dengankebutuhannya karena pemerintah meningkatkan UMK dari kebutuhan karyawan tersebut selain itu dengan menyesuaikan upah dengan kebutuhankaryawan dapat menjalin hubungan baik antara perusahaan dengankaryawan.

    BalasHapus
  12. 1. Pemerintah harus ikut menentukan upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan karena supaya pemerintah dapat membantu kesejahteraan para buruh dalam hal penetapan UMR yang ditentukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan para buruh.
    2. Jika saya menjadi manajer HRD, yang akan saya lakukan agar perusahaan tidak kuatir setiap kali pemerintah menetapkan UMK adalah dengan mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi peningkatan UMK yang ditentukan pemerintah supaya perusahaan mampu memberikan upah yang telah ditetapkan untuk para buruh. Contohnya dengan pelan-pelan meningkatkan harga produksi perusahaan supaya perusahaan mempunyai cadangan dalam memberikan UMK bagi para buruh,supaya kekhawatiran perusahaan dapat diminimalkan.

    BalasHapus
  13. 1. Pemerintah harus ikut menentukan upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan, karena agar perusahaan tidak sewenang-wenang dalam memberikan upah kepada karyawan, karena untuk menentukan upah minimum tersebut dibutuhkan perhitungan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, dan kondisi harga-harga kebutuhan untuk karyawan, agar karyawan dapat hidup layak dan lebih sejahtera, sehingga karyawanpun dapat meningkatkan kinerjanya bagi perusahaan.
    2. Apabila saya menjadi manajer HRD, maka saya akan mengikuti kenaikan umk yang ditetapkan oleh pemerintah. Agar perusahaan tidak kawatir apabila pemerintah menaikkan umk, maka perusahaan harus memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya, dan pendapatan perusahaan juga meningkat, sehingga perusahaan tidak kawatir apabila umk dinaikkan oleh pemerintah.

    BalasHapus
  14. 1. karena pemerintah merupakan pengendali di masyarakat. pemerintah harus mampu meemantau upah yang diberikan para pengusaha kepada pra buruhnya, agar pengusaha tidak semena-mena menentukan upah para buruh.
    2. jika saya menjadi HRD, saya akan tetap menuruti setiap kenaikan, karena dalam setiap kenaikan yang dilakukan pemerintah akan menambah motivasi di karyawan. dengan kenaikan yang ada, maka akan memotivasi para karyawan agar menjadi lebih baik dalam pekerjaannya.

    BalasHapus
  15. 1. Pemerintah patut ikut dalam menentukan upah yang di tentukan dalam suatu perusahaan. Agar perusahaan tidak seenak-enaknya dalam menentukan upah pekerja. Karena hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan pekerja.
    2. Jika saya sebagai HRD, saya akan menentukan upah di atas UMK agar jika sewaktu-waktu UMK berubah, perusahaan tidak khawatir.

    BalasHapus
  16. 1. pemerintah harus ikut menetapkan UMK untuk mengawasi dan mengendalikan kesejahteraan para pekerja,agar tidak ada pekerja yang dibayar dibawah standar "layak" dan tidak ada perusahaan perusahaan "nakal". pergerakan ekonomi secara global dalam wilayah kabupaten yang bersangkutan juga pemerintah yang lebih tahu secara statistik sehingga bisa menentukan upah yang layak.

    2. dengan sosialisasi, manajemen yang tegas dan juga terbuka. jadi keluhan keluhan dari para pekerja bisa terserap dan di pahami oleh manajer. penyelesaian masalah tidak harus dengan menuruti semua permintaan pekerja termasuk besar upah.

    BalasHapus
  17. 1. upah minimum ditetapkan oleh pemerintah agar para karyawan dapat mendapatkan kehidupan yang layak. karena dengan naiknya harga-harga barang pokok maka pengeluaran seseorang akan naik juga.
    2. jika saya sebagai seorang HRD saya akan memperkerjakan karyawan yang memang layak bekerja sebagai pegawai yang baik dan yang berpotensial, jadi dengan gaji yang meningkat saya tidak akan rugi membayarnya.

    BalasHapus
  18. 1. Saya mengingat jelas bahwa ada seseorang dengan latar belakang pendidikan filsafat & teologi mengungkapkan bahwa UMR yang di buat pemerintah adalah bentuk kemiskinan struktural. Jadi dengan adanya UMR, karyawan hanya begitu-begitu saja karena UMR mungkin sudah di hitung dan sengaja di pas kan dengan pengeluaran karyawan, oleh sebab itu ya karyawan hidup nya begitu-begitu saja, sedangkan pemilik usaha mungkin akan semakin kaya. Tetapi apa yang sudah menjadi ketetapan pemerintah, kita semua harus mengikuti terlebih para pengusaha, mungkin juga pemerintah memiliki strategi lain yang akan membuat masyarakat sejahtera.
    2. Jika saya sebagai seorang HRD saya akan mencoba melihat bagaimana kontribusi dan kinerja para karyawan terhadap perusahaan, jika dia berkontribusi baik dan kinerja nya membuahkan hasil bagi perusahaan, maka soal gaji pun saya tidak akan mempersoalkan meskipun saya harus membayar nya di luar UMK.

    BalasHapus
  19. 1. UMK di tetapkan pemerintah karena pemerintah berharap para karyawan mendapat hak yang pas, sesuai dengan kerja nya. dan pemerintah mungkin memberikan langkah agar pengusaha tidak bertindak seenaknya dalam memberikan hak kepada para karyawannya.
    2. Saya akan memberikan gaji sesuai dengan UMK karena telah merupakan ketetapan dari pemerintah. selain itu gaji bonus akan saya berikan jika karyawan memiliki kinerja dan kontribusi yang berarti dan mendatangkan profit bagi perusahaan.

    BalasHapus
  20. menurut saya:
    1. pemerintah ikut dalam menetapkan UMK agar pekerja atau keryawan yang bekerja dalam suatu perusahaan mendapatkan upah yang layak dan dapat menyejahterahkan karyawannya sehingga perusahaan tidak semena - mena dalam memberikan upah yang sangat minim.
    2. jika saya sebagai HRD manajer dalam menetukan UMK harus sesuai dengan kinerja karyawan dan ketetapan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam menentukan UMK.

    BalasHapus
  21. Menurut saya, pemerintah harus ikut menentukan UMK untuk menjamin taraf hidup masyarakat. Jika saya menjadi seorang HRD, tentu saja saya akan memberikan gaji sesuai dengan UMK. Agar tidak menimbulkan kekhawatiran bagi perusahaan.

    BalasHapus
  22. Menurut pendapat saya :
    1. Agar tiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan mendapatkan taraf hidup yang layak.Dan mendapatkan kesejahteraan yang seharusnya memang menjadi hak mereka.

    2. Cara saya sebagai manajer HRD tidak bingung ketika menghadapi kenaikan UMR ialah harus selalu update/ mencari info terbaru tentang UMR, kemudian membicarakan dengan bagian keuangan agar mendapatkan keputusan yang terbaik

    BalasHapus
  23. Pemerintah harus turut tangan dalam menentukan UMR karena pemerintah yang lebih mengerti bagaimana cara meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga standar minimum masyarakat dapat mengalami peningkatan.
    Jika saya seorang manajer HRD, maka saya akan mengikuti UMR yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Saya tidak akan khawatir, namun dengan peningkatan UMR*yang diberikan kepada pegawai, maka saya akan menuntut kinerja setiap individu dengan jauh lebih tinggi lagi. Tuntutan pekerjaan yang diminta oleh perusahaan akan lebih dinaikkan lagi sehingga produktivitas perusahaan meningkat. Dan pada akhirnya akan dapat mencover pengeluaran dari kenaikan gaji tersebut.

    BalasHapus
  24. 1. Pemerintah harus menetapkan upah yang harus diberikan perusahaan kepada para pekerjanya agar para pekerja mendapatkan upah yang selayaknya, sehingga kesejahteraan para pekerja terjamin dari pemberian upah yang semena-mena dari perusahaan mereka bekerja.

    2. jika saya sebagai HRD, saya akan mempekerjakan pekerja-pekerja yang berkualitas dan layak untuk bekerja pada perusahaan. sehingga pemberian upah di atas UMK tidaklah membuat perusahaan kuatir karena pekerja yang kita miliki berkualitas dan memang layak untuk mendapatkan upah setara UMK atau dia atas UMK

    BalasHapus
  25. menurut saya : agar perusahaan tidak memberi gaji karyawan terlalu kecil. dengan adanya UMK yang ditetapkan oleh pemerintah,karyawan mendapat gaji yang layak.
    cara saya sebagai HRD adalah dengan memberi gaji yang sesuai dengan UMK karena pemerintah sudah menetapkannya. dan juga berkonsultasi dengan bagian keuangan.

    BalasHapus
  26. menurut saya,
    1. pemerintah ikut menentukan UMK karena agar para pengusaha tidak semena-mena dalam menentukan harga untuk karyawannya. sehingga lebih melindungi karyawan dalam hal gaji yang sesuai kebutuhan hidup.

    2. saya akan melakukan pelatihan untuk peningkatan kinerja karyawan sehingga uang yang digunakan untuk gaji dan juga sudah ditetapkan UMK'nya tidak tidak terbuang percuma. sehingga pemasukan dan kinerja sesuai dengan pengeluaran yang di lakukan perusahaan

    BalasHapus
  27. 1. agar tidak terjadi penerapan yang berbeda dalam setiap perusahaan, dan pemerintah harus menyeimbangkan UMK tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan contohnya saja seperi demo yang kemungkinan bisa terjadi,karena dianggap penerapan tersebut tidak adil karena berbeda antara satu dengan yang lain.
    2. setidaknya saya akan menerapkan sedikit lebih tinggi dari UMK yang ditetapkan, dan mencari info lebih tentang UMK, karena bila terjadi kenaikan UMK perusahaan tidak kuatir

    BalasHapus
  28. menurut saya pemerintah menetapkan UMK untuk melindungi buruh dari eksploitasi perusahaan dan menjaga kesejahteraan buruh.

    agar perusahaan saya tidak kuatir dengan kenaikan UMK yang harus saya lakukan sebagai manajer HRD adalah membuat perencanaan sebelum kenaikan UMK tersebut terjadi dan membuat struktur perusahaan seefisien mungkin dan merencanakan program kerja buruh yang sesuai dengan kenaikan UMK.

    BalasHapus
  29. tujuan pemerintah harus ikut menentukan Upah yang diterapkan dalam suatu perusahaan adalah agar tidak ada monopoli dari perusahaan dan pemerintah pun dapat memantau kelayakan upah yang diberikan oleh perush kepada karyawan.
    jika saya sbg HRD, saya akan membuat perencanaan dalam kenaikan upah dalam kurun waktu periode tertentu agar sebelum pemerintah menaikkan UMK, perusahaan saya tidak takut

    BalasHapus
  30. Menurut saya
    1.pemerintah menetapkan gaji umr agar para pegawai mendapatkan gaji sesiai dengan apa yang mereka kerjakan karena kebanyakan perusahaan tidak memberikan gaji yang layak untuk karyawannya padahal karyawan tersebut sudah bekerja keras karena itulah pemerintah campur tangan dalam hal ini agar karyawan mendapatkan apa yang memang layak mereka dapatkan.
    2 agar perisahaan saya tidak terkejut dan takut dengan kenaikan upah dari pemerintah saya akan terus melakukan update tentang gerak-gerik pemerintah jadi jika pemerintah akan menaikan gaji perusahaan saya sudah siap untuk menanganinya.

    BalasHapus
  31. 1. Tujuannya adalah agar perusahaan tidak semena-mena terhadap penetapan gaji minimal dari karyawan sekaligus menjaga kesejahteraan karyawan. Penetapan UMK juga sebaiknya diperhitungkan cermat oleh pemerintah, selain dari sisi pekerja, juga harus dilihat dari sisi perusahaan. Jangan sampai, pemerintah menetapkan UMK terlalu tinggi sehingga melebihi kapasitas/kemampuan perusahaan yang pada akhirnya investor enggan menanamkan modalnya di kota tersebut dan menghambat laju pertumbuhan ekonomi daerah.

    2. Menurut saya, cara yang lebih baik agar perusahaan tidak kuatir di setiap kali pemerintah menetapkan UMK yaitu lebih berinvestasi dalam penggunaan teknologi atau mesin. Meski pada awalnya lebih mahal, tetapi perusahaan tidak perlu kuatir lagi terhadap setiap kali penetapan UMK oleh pemerintah, terlebih lagi bagi industri atau perusahaan yang pada karya dan membutuhkan banyak sekali tenaga kerja.

    BalasHapus
  32. Menurut saya, 1. Pemerintah harus ikut menentukan upah karena bila pemerintah tidak ikut campur tangan maka perusahaan-perusahaan bisa mengatur upah karyawan dengan semena-mena
    2. bila saya HRD saya akan menemukan cara yang lebih baik agar perusahaan tidak kahwatir dengan keikut sertaan pemerintah dalam menentukan gaji karyawan

    BalasHapus
  33. 1) pemerintah menentukan UMK karena semua perusahaan harus memiliki satu tujuan dengan pemerintah agar dapat memajukan negara ini. meningkatkan semangat para buruh agar mampu memenuhi kebutuhan dalam negri tanpa bergantung pada barang import.

    2) jika saya HRD saya akan membuat perusahaan saya tidak khawatir dengan adanya perencanaan keuangan yang tidak terkira untuk cadangan perusahaan menghadapi hal semacam ini.

    BalasHapus
  34. Kelas A
    1. pemerintah sangat berkepentingan dan berupaya menciptakan serta memperluas kesempatan kerja. Upaya inimenjadi peringkat teratas dari upaya prioritas pemerintah, dalam hal ini Departemen TenagaKerja, yaitu perluasan kesempatan kerja, pemerataan kesempatan kerja, pengembangan sumberdaya manusia dan perlindungan terhadap tenaga kerja
    2. Ada strategi yang dapat ditempuh, yaitu dengan melakukan penangguhan upah. Norma penagguhan upah ini diatur dalam Pasal 90 ayat (2) UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang menyataan ” Bagi pengusaha yang tidak mampu membayar upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89 dapat dilakukan penangguhan”. Dalam penjelasannya disebut bahwa penangguhan pelaksanaan upah minimum bagi perusahaan yang tidak mampu dimaksudkan untuk membebaskan perusahaan yang bersangkutan melaksanakan upah minimum yang berlaku dalam kurun waktu tertentu.

    BalasHapus