SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Jumat, 10 Agustus 2012

MSDM dan Kinerja Organisasi(Bahan Diskusi 14 dan 16 Agustus 2012)


Diringkas dari artikel:

Becker, B., & Gerart, B. 1996. The impact of human resource management on organizational performance: Progress and prospects. Academy of  Management Journal, 39 (4): 779-801.


Dalam artikel ini, penulis ingin menjelaskan mengapa putusan-putusan MSDM memiliki pengaruh yang penting dan unik terhadap kinerja organisasional. Secara lebih khusus, penulis berharap untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih baik akan peran putusan-putusan sumberdaya manusia dalam menciptakan dan mempertahankan kinerja organisasional dan keunggulan kompetitif.
Dengan merujuk berbagai review teoritis serta berbagai penelitian yang telah ada, penulis membahas hal-hal sebagai berikut:
a.       Sumberdaya manusia sebagai sumber unik untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
Berbagai hal yang secara tradisional dimaksudkan sebagai keunggulan kompetitif ternyata begitu mudah ditiru oleh pesaing. Sedangkan penciptaan nilai (value-creation) dianggap sulit untuk ditiru. Dalam berbagai penelitian dikemukakan bahwa putusan-putusan sumberdaya manusia berpengaruh terhadap value-creation. Dengan demikian putusan-putusan sumberdaya manusia dapat merupakan salah satu sumber keunggulan kompetitif yang sulit ditiru oleh pesaing.
b.      Mengembangkan suatu cumulative body dari pengetahunan.
Para peneliti mengalami berbagai tantangan sehubungan dengan metodologi yang dipakai dalam meneliti tema ini. Oleh karena itu, sangat perlu untuk membuat suatu cumulative body dari pengetahuan yang dapat diterima. Untuk mencapai hal tersebut perlu dirumuskan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:
1.                     Bagaimana efektivitas dan sumberdaya manusia itu harus diukur.
2.                     Bagaimana memperoleh penemuan yang lebih valid dan kuat.
3.                     Kesalahan-kesalahan pengukuran dan spesifikasi

c.       Kebijakan implikasi
Implikasi paling fundamental dari pembahasan ini adalah bahwa pilihan sistem sumberdaya manusia memberikan pengaruh ekonomis yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Oleh karena itu:
1.      Baik sistem sumberdaya manusia  maupun fungsi-fungsi sumberdaya manusia harus memiliki keterkaitan dengan kebijakan sumberdaya manusia dalam mengatasi berbagai persoalan bisnis dan mendukung inisiatif strategis dan operasi perusahaan.
2.      Perusahaan harus sangat hati-hati dalam mengevaluasi  putusan-putusan mereka untuk menyerahkan tanggung jawab sumberdaya manusia kepada pihak luar.

BAHAN DISKUSI:
Setelah membaca ringkasan artikel di atas, ide apakah yang menurut Anda menarik atau sebaliknya? Berilah alasan mengapa demikian. (selalu diperbolehkan untuk menanggapi pendapat teman yang lain).

110 komentar:

  1. Ide dari saya yaitu melakukan suatu inovasi baru.Alasannya yaitu suatu inovasi diperlukan di zaman sekrang ini yang dapat dilakukan masing - masing SDM yang mempunyai ide & mampu bersaing dalam mengembangkan suatu inovasi baru untuk mempertahankan keunggulan komperatif tanpa harus takut dalam bersaing dalam melakukan inovasi. Dengan perubahan inovasi tersebut dapat menciptakan suatu nilai tersendiri tanpa harus takut ditiru oleh orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya tanyakan disini adalah bagaimana cara mengembangkan SDM dan menciptakan inovasi itu apabila sumber dayanya sendiri tidak menunjukkan kualitas untuk bisa bersaing dengan yang lain?

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat dari saudara hartono karena pada zaman sekarang bila orang tidak kreatif dalam mengembangkan barang maka usaha yang kita jalani akan mengalami penurunan karena kalah oleh para pesaing kita karena itu kita perlu mengasah kreativitas kita dalam berinovatif..

      Hapus
    3. Menanggapi ivan, Menurut saya pengembangan SDM dapat dilakukan dengan banyak cara akan tetapi bila SDMnya sendiri tidak mau berusaha maka akan sulit untuk berkembang.

      Hapus
  2. Lingkungan bisnis telah berubah secara radikal dan sangat berbeda dari masa ke masa, Menurut saya perubahan tersebut disebabkan oleh terjadinya hypercompetition dalam perekonomian global. Hypercompetition sendiri merupakan persaingan yang terjadi dalam lingkungan yang terus menerus mengalami perubahan secara cepat dalam kurun waktu yang semakin singkat. Kecepatan dan pendeknya periode perubahan lingkungan tersebut justru menyebabkan perusahaan tidak terlalu mudah untuk melakukan antisipasi dalam upaya menghindari kegagalan, Dalam keadaan demikian perusahaan seharusnya memperlakukan dunia sebagai sumber penawaran dan permintaan dan lebih meningkatkan value-creation SDM dalam sebuah perusahaan. Keunggulan kompetitif sendiri pun dapat tercipta apabila terdapat kesepadanan antara distinctive competencies dari sebuah perusahaan dengan faktor-faktor kritis untuk sukses dalam industrinya yang memungkinkan perusahaan dapat mengungguli pesaingnya. Untuk mencapai keunggulan kompetitif ada 2 cara yaitu dengan cara yaitu:
    1. Keunggulan kompetitif dapat tercapai apabila perusahaan melakukan strategi biaya yang
    memungkinkan untuk menawarkan produk pada harga yang lebih rendah dibanding
    pesaing.
    2. Keunggulan kompetitif juga dapat dicapai dengan strategi diferensiasi produk sehingga
    pelanggan mempunyai persepsi tentang manfaat mufakat unik yang membenarkan harga
    tinggi.
    Value-creation pun sebenarnya tidak sulit untuk ditiru karna kita dapat memiliki berbagai inovasi yang dapat kita kembangkan lebih baik lagi sehingga kita tidak perlu takut dalam melakukan persaingan, selain itu kita juga harus memanfaatkan SDM yg ada sehingga kita dapat mengembangkan ide dan gagasan mereka untuk lebih berinovasi lagi dalam menciptakan sebuah produk yang bernilai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracia, penulis artikel yang saya ringkas di atas justru menyoroti bahwa strategi-strategi tradisional itu akan lebih mudah ditiru oleh pesaing seperti halnya strategi biaya maupun diferensiasi produk.Sebab, cukup dengan mengetahui caranya dan punya modal maka suatu organisasi bisa melakukannya. bagaimana menurutmu atau teman-teman lain?

      Hapus
    2. Menurut Saya selain mengetahui caranya dan punya modal seharusnya suatu organisasi juga harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dengan mengikuti perkembangan zaman maka suatu organisasi dapat membuat suatu inovasi baru yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan memiliki ciri khas tersendiri maka suatu organisasi yang memperkenalkan produknya akan sulit ditiru oleh pesaingnya.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat Hartono. Dalam era globalisasi sekarang memang sangat dibutuhkan inovasi inovasi baru. apabila tidak memiliki inovasi maka sebuah perusahaan tidak akan bisa mengikuti perkembangan dunia dan bisa jadi perusahaan akan gulung tikar.

      Hapus
    4. terimakasih, saya akan menanggapi. menurut saya strategi tradisional itu memang lebih mudah ditiru oleh pesaing, namun jika mereka hanya mengetahui cara dan memiliki modal saja tanpa memiliki inovasi maka organisasi tersebut hanya akan bertahan dalam beberapa kurun waktu saja karna mereka hanya bisa meniru dan tidak memiliki sebuah kreativitas dalam menciptakan sebuah penemuan baru(produk), sedangkan manusia sendiri memiliki sifat yang cepat bosan dengan suatu hal, sehingga jika mereka tidak memiliki inovasi maka mereka tidak akan mampu bersaing dan bertahan dalam global bisnis. dan saya juga sangat setuju dengan tanggapan teman saya agung dan hartono. sekian dan terimakasih atas tanggapannya :)

      Hapus
    5. menanggapi diskusi di atas, seperti yang telah disampaikan oleh Gracia, bahwa untuk dapat survive dalam dunia bisnis kita harus dapat melakukan inovasi dan diferensiasi produk. namun perlu diingat disini bahwa dalam melakukan inovasi produk diperlukan sumber daya yang juga berkualitas. sumber daya yang terorganisir dengan baik, serta memiliki keunggulan-keunggulan yang kompetitif akan lebih menunjang dan membantu perusahaan agar lebih inovatif, tidak mudah ditiru oleh perusahaan lain. maka dari itu selain mengembangkan produk yang inovatif, alangkah lebih baiknya apabila kita terlebih dahulu mencari sumber daya-sumber daya manusia yang berkualitas agar kinerja perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat tercapai tujuan perusahaan. menurut saya hal ini akan lebih sulit untuk ditiru oleh perusahaan lain.

      Hapus
    6. mungkin perlu diperhatikan bahwa apabila tidak didukung oleh sumber daya yang kualified, maka tidak akan ada namanya inovasi. karena inovasi tercipta dari daya pikir orang yang melakukannya. oleh karenanya saya setuju dengan pendapat like yang mengatakan bahwa perlunya menemukan dan menjaga sumber daya yang berkualitas sehingga nantinya inovasi dan hal yang bermanfaat bagi perusahaan lainnya akan muncul dengan sendirinya.

      Hapus
    7. inovasi dan diferensiasi produk yang dimiliki perusahaan lebih baik memiliki hak cipta, karena dengan demikian, perusahaan lain tidak akan mudah untuk meniru dan dengan hak cipta tsb dapat menghindarkan perusahaan dari perusahaan pesaing yang mempunyai daya juang yang kurang karena tidak memiliki SDM yang berkualitas.perusahaan yang hanya bisa meniru atau membuat produk serupa tanpa dibarengi dengan kualitas produk dan kepercayaan pasar terhadap perusahaan,tentunya akan mudah tersingkir dari pasar.untuk itu, dibutuhkan SDM yang berkualitas dengan skill tinggi untuk membuat inovasi tsb.SDM yang berkualitas itu pun tidak serta merta muncul begitu saja, sebaiknya sebelum perusahaan merekrut tenaga kerja, perlu diadakan masa training agar perusahaan dapat menilai kinerja calon tenaga kerja yang akan di rekrut

      Hapus
  3. menurut saya, yaitu mengambil keputusan dan dalam MSDM harus tepat, karena dapat mempengaruhi kinerja perusahaan serta dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif dan tidak bisa ditiru oleh orang lain, apbaila keputusan yang diambil adalah pilihan yang tepat. Maka menurut saya dengan kebijakan implikasi yaitu menentukan keterkaitan antara sistem sumberdaya manusia maupun fungsi-fungsi Sumberdaya manusia, sehingga dapat diambil suatu keputusan dan kebijakan yang baik dalam mengelola Sumberdaya manusia yang ada, yang akan meningkatkan kinerja perusahaan.

    BalasHapus
  4. Menurut saya ide yang paling bagus untuk di kembangkan pada dewasa ini adalah "Kebijakan Implikasi". Karena dalam kebijakan implikasi terdapat berbagai keterkaitan dengan kebijakan sumberdaya manusia dalam mengatasi berbagai persoalan bisnis dan mendukung inisiatif strategis dan operasi perusahaan. Itulah yang membuat sebuah perusahaan dapat "survive" di tengah krisis yang terjadi akir-akir ini

    BalasHapus
  5. menurut saya, kebijakan bisa di ambil dari evaluasi kegiatan perusahaan sebelumnya. Dimana perusahaan berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan perusahaan sebelumnya. Selain itu, perusahaan harus membuat situasi dan kondisi yang nyaman bagi para pekerja sehingga interaksi antara atasan dan bawahan bisa tercapai secara maksimal.

    BalasHapus
  6. menurut saya, sebuah perusahaan harus membuat inovasi baru agar perusahaan bisa tetap maju. Memang tidak mudah untuk membuat inovasi tetapi dalam suatu perusahaan perlu memilikinya.

    setiap perusahaan juga harus mengambil keputusan yang benar dalam mencari SDM, karena sebuah perusahaan pasti membutuhkan orang lain dan perusahaan tidak bisa berjalan tanpa ada SDM didalamnya. Maka dari itu sebuah perusahaan harus bisa melakukan seleksi dengan baik dan juga perlu memahami sifat-sifat atau karakter SDM yang akan diseleksi agar kelak perusahaan dapat berjalan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanggapi pernyataan saudara agung tentang
      "Maka dari itu sebuah perusahaan harus bisa melakukan seleksi dengan baik dan juga perlu memahami sifat-sifat atau karakter SDM yang akan diseleksi agar kelak perusahaan dapat berjalan dengan baik."

      apabila, ternyata perusaahaan pada saat penyeleksian SDM sudah terlanjur melakukan kesalahan metode pemilihan sehingga SDM tidak memenuhi kriteria , apa yang harus di lakukan oleh perusahaan tersebut? apakah di lakukan perekrutan ulang?

      Hapus
    2. saya akan menanggapi pertanyaan anda. kalau terjadi kesalahan metode pemilihan akan dilakukan training atau masa percobaan selama kurang lebih 3 bulan.

      Hapus
  7. Menurut saya suatu perusahaan harus dapat memilih karyawannya dengan bijak, perusahaan harus pintar-pintar memilih SDM yg bagus sebagai karyawannya.
    Dengan pemilihan karyawan yg tepat, permasalahan di perusahaan akan dapat teratasi dengan mudah dan tepat. Tidak hanya itu SDM yg inovatif akan memberikan angin segar bagi perusahaan dan dapat membuat ide-ide baru yg dapat membedakan dengan perusahaan pesaing.

    BalasHapus
  8. Menurut Opini saya, bahwa memang di perlukan untuk selalu berinovasi dalam pengembangan SDM sehingga kita dapat menambahkan nilai lebih yang kompetitif daripada perusahaan lain

    akan tetapi dengan semakin cepatnya perkembangan dunia, persaingan makin ketat, akan tercipta banyak sekali inovasi-inovasi , akan tetapi apakah SDM siap untuk ber adaptasi dengan banyaknya inovasi yang ada? menurut saya inovasi yang terlalu banyak sama halnya dengan senjata bermata 2, semua kembali kepada kualitas SDM yang ada, apakah bisa beradaptasi apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh saya menanggapi SDM harus benar-benar siap menghadapi perkembangan dunia. jika tidak siap maka suatu perusahaan bisa dikatakan bangkrut akibat SDM yang tidak bisa mengikuti perkembangan dunia.

      Hapus
    2. Maka di sini perlu di luruskan, bukan hanya inovasi saja yang harus di kedepankan, melainkan juga kematangan SDM, sehingga SDM mampu beradaptasi dengan Inovasi, sehingga dapat berkontribusi secara maksimal terhadap perusahaan

      banyak orang berkata tentang inovasi-inovasi, tetapi apakah inovasi akan berguna bila SDM tidak mampu menjalankan / mengoperasikan inovasi- inovasi tersebut?

      Hapus
    3. Menurut pendapat saya, SDM yang belum matang sekalipun bila memperoleh dukungan penuh dari perusahaan, berupa pelatihan yang berkelanjutan dalam mengasah skill atau keterampilan mereka akan berguna dan mampu menjalankan inovasi tersebut.

      Hapus
    4. mungkin saya boleh berpendapat...
      pencarian dan perekrutan menjadi hal yang peling penting menurut saya karena dari situlah bisa dilihat kulitas SDM yang akan menangani sebuah perusahaan. apabila di dalam suatu perusahaan tidak adanya regenerasi baru, maka tubuh perusahaan tersebut akan sedikit demi sedikit terkoyak. ada banyak perusahaan yang sudah termakan oleh waktu karena tidak adanya regenerasi baru. sistem yang ada dulu kini mengharuskan agar setiap perusahaan yang ingin terus berkembang agar melakukan perekrutan demi hal yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

      Hapus
    5. @ Caroline Wen : saya setuju dengan pernyataan anda, tetapi bila perusahaan dalam krisis, pelatihan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan salah satu dari pilihan yang bijak bukan?

      @ Ivan Tandywijaya: saya juga setuju dengan pernyataan ivan bahwa setiap perusahaan harus ada regenerisasi sehingga perusahaan tersebut bisa tetap bersaing dengan kompetitor-kompetitornya dewasa muda ini

      Hapus
  9. menurut saya memang diperlukan inovasi dalam mengembangkan SDM dan dengan itu maka mereka dapat bersaing dan beradaptasi dan juga dapat bekarja dengan kinerja organisasional yang lebih baik lagi, maka dari itu perusahaan harus lebih selektif dalam mengembangkan sdm, supaya sdm perusahaan itu dapat lebih baik dari sebelumnya

    BalasHapus
  10. Menurut saya.. perusahaan wajib melakukan perubahan perubahan baru dalam setiap mengembangkan sumber daya manusia yang ada.. dan menambah pengetahuan yang tiada habisnya.. karena dengan menambah pengetahuan tersebut, maka manusia diharapkan bisa melakukan inovasi yang baru. dan sumber daya manusia yang ada sebisa mungkin dilatih dan diharapkan bisa berkembang.. tidak hanya stadart ituitu saja melainkan bisa memberikan aspek positif disetiap SDM yang ada.

    BalasHapus
  11. Menurut saya dari ketiga ide ini memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing an menurut saya ketiganya menarik,tetapi yang paling menarik untuk saya adalah ide no 3 yaitu Kebijakan Implikasi karena manusia tidak dapat hidup sendiri dan mereka selalu membutuhkan bantuan dari orang lain karena itu SDM harus saling membantu dan mendukung satu sama lainnya agar perusahaan tersebut dapat terus maju dan berkembang. Kita juga tidak boleh mudah percaya pada orang lur aplagi mempercayakan bagian yang penting untuk mereka seperti bagian SDM ini karena perusahaan yang bagus bukan dilihat dari kekayaan atau omset yang dia miliki tetapi dari reputasi para pegawainya yang dinilai oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat anda tentang bagaimana SDM yang ada itu harus saling membantu dan mendukung satu sama lainnya karena jika di suatu perusahaan tidak adanya rasa saling mendukung,membantu,menghormati dan memiliki satu sama lain pastinya semua yang di rencanakan tidak akan terlaksana dengan baik malah yang ada rencana tersebut akan berantakan.oleh sebab itu d sini,sangat di perlukan kerja sama yang baik antara karyawan yang satu dengan yang lainnya.

      Hapus
  12. menurut saya dalam mengambil keputusan MSDM haruslah sangat teliti. jika suatu perusahaan memiliki sumber daya manusia yang unik dan kompeten, maka akan menjadi suatu keunggulan dalam suatu persaingan bisnis. dengen cara kita memilih pegawai yang kompeten dan memiliki keterampilan yang baik, itu menjadi nilai tersendiri dari perusahaan tersebut. maka dari itu, kebijakan implikasi harus menjadi prioritas utama baik dalam menyeleksi dan memberikan tanggung jawab kepada orang tersebut.

    BalasHapus
  13. Menurut saya, dewasa ini suatu perusahaan/ organisasi harus sedikit kembali dan terus memperhatikan hal dasar (fundamental) di dalam mengelola SDM.

    Hal dasar dalam pengelolaan SDM memiliki beberapa hal penting yang menurut pandangan saya perlu di perhatikan, yaitu:
    1. Dalam pengelolaan SDM dan kinerja organisasi sangat di butuhkan keterkaitan antara fungsi SDM satu dengan fungsi SDM yang lain melalui berbagai macam cara "pendekatan". Dengan adanya keterkaitan yang erat antara fungsi SDM satu dengan yang lain, tanpa di sadari akan dengan sendiri nya muncul suatu rasa "loyalitas", "respect" dan tanggung jawab terhadap perusahan/ organisasi tersebut.
    1.1. Perusahaan/ organisasi harus memaksimalkan pengetahuan mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah di miliki fungsi-fungsi SDM.

    2. Jika telah tercipta keterkaitan yang erat dan adanya rasa loyal, respect tanggung jawab serta di lengkapi oleh kemampuan yang di miliki fungsi-fungsi SDM, maka ini akan membantu sebuah organisasi/ perusahaan untuk dapat menemukan ide/ inovasi sehingga perusahaan/ organisasi dapat selalu membuat suatu 'terobosan' yang menarik. Selain itu fungsi-fungsi SDM juga akan berusaha bersama-sama untuk memecahkan masalah yang terjadi di dalam perusahaan/ organisasi nya.
    3. Peranan pengambil keputusan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan/ organisasi sebab pengambil keputusan harus benar-benar memahami bagaimana kondisi yang terjadi saat itu, apakah yang di butuhkan dan harus di lakukan saat itu dan apa efek dari keputusan yang di buat tersebut. Sebab jika si pengambil keputusan terlalu ambisius dan gegabah maka tanpa di sadari justru akan merusak suatu sistem yang telah berjalan baik/ justru malah tidak akan pernah membuat sistem yang baik.

    BalasHapus
  14. Menurut saya SDM adalah salah satu faktor penting dalam sebuah organisasi. Perusahaan harus bisa memilih karakter SDM yang tepat agar performance organisasi meningkat. Dibutuhkan adanya inovasi dalam pengembangan SDM agar menambahkan nilai lebih dari pesaing nya masing-masing.

    BalasHapus
  15. Menurut saya, ide-ide di atas yang disampaikan oleh penulis sangat menarik. Seperti yang dikatakan penulis, creating value bagi konsumen dapat dijadikan suatu keunggulan kompetitif yang sulit ditiru. Hal ini dapat terjadi bila konsumen memperoleh nilai tertentu dari transaksi ekonomi dengan perusahaan tersebut. Maka dari itu, peran SDM d sini adalah memfokuskan diri pada kebutuhan dan harapan konsumen. Namun, tidak hanya itu, budaya yang tercipta dalam perusahaan pun sangat mempengaruhi kinerja SDM-SDMnya. Ketika lingkungan kerja yang tercipta adalah lingkungan yang positif, maka SDM akan termotivasi dan terdorong untuk memberikan kontribusi dalam inovasi-inovasi dalam penciptaan nilai. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada kinerja perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, putusan-putusan SDM merupakan hal yang dasar dalam meningkatkan kinerja perusahaan karena dapat membantu menciptakan nilai perusahaan yang unik dan sulit ditiru pesaing.

    BalasHapus
  16. Setelah membaca ringkasan artikel di atas. Menurut saya, ide yang menarik adalah tentang "Kebijakan Implikasi". Mengapa Kebijakan Implikasi? Karena kebijakan implikasi ini berarti bahwa keputusan MSDM memiliki pengaruh yang besar dan penting terhadap kinerja suatu perusahaan ataupun organisasi sosial. Sistem dan fungsi - fungsi sumber daya manusia yang digunakan suatu perusahaan harus sesuai dengan kebijakan yang ada dalam perusahaan. Jika mereka tidak mempunyai keterkaitan, lalu bagaimana perusahaan dapat mengatasi persoalan bisnisnya?

    Jika ide kebijakan implikasi ini terus dikembangkan, maka perusahaan tentu dapat melakukan pengelolaan sumber daya manusia dengan baik. Apabila sistem dan fungsi sumber daya manusia yang digunakan sudah baik dan benar, maka perusahaan tentunya akan memperoleh sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidangnya. Perusahaan pun juga harus memberikan pelatihan dan training - training untuk meningkatkan kualitas SDM-nya.

    Agar suatu perusahaan tetap survive, maka perusahaan dapat melakukan inovasi - inovasi dan memikirkan strategi bisnis apa yang akan dilakukan. Perusahaan juga selalu melakukan evaluasi terhadap putusan - putusan yang telah diambil. Hal ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu dan perusahaan tersebut dapat terus berjuang di era globalisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi apa yang anda sampaikan yaitu

      'Perusahaan pun juga harus memberikan pelatihan dan training - training untuk meningkatkan kualitas SDM-nya.'

      bagaimana menurut anda cara mentraining SDM suatu perusahaan agar SDM tetap memberikan kontribusi yang baik dalam hal menambah nilai lebih dari perusahaan tersebut

      terimakasih

      Hapus
    2. saya ingin menanggapi komentar anda.

      apakah cukup hanya dengan menggunakan kebijakan implikasi saja dalam mengambil keputusan MSDM??

      Hapus
    3. Menurut saya, mungkin kebijakan implikasi saja tidak akan cukup untuk meng'cover' semua aspek-aspek dalam pengembangan SDM sehingga mampu kompetitif

      Hapus
    4. apa sih yang dimaksud dengan kebijakan implikasi? setahu saya, kebijakan implikasi dilakukan karena memberikan pengaruh ekonomis kepada kinerja perusahaan. dengan kata lain, kebijakan ini diambil agar memberikan dampak yang besar terhadap keuntungan suatu perusahaan. nah yang ingin saya tanyakan disini adalah kebijakan seperti apakah itu??

      Hapus
    5. terima kasih atas tanggapan saudara - saudara sekalian. memang tidak bisa jika hanya kebijakan implikasi saja. untuk cara training, mungkin bisa mengadakan seminar - seminar atau pelatihan bagaimana cara kerja di bidangnya. untuk kebijakan implikasi, bisa dilihat lagi di artikelnya.
      terima kasih

      Hapus
  17. menurut pendapat saya yang paling menarik adalah mengembangkan cumulative body dari pengetahuan.karena untuk mencapainya dibutuhkan suatu cara yang sangat efektif.di dalam cumulative body kita harus mengukur bagaimana SDM harus berjalan secara efektif,menemukan penemuan-penemuan yang valid dan kuat serta mengurangi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan dari setiap spesifikasai.apabila ke tiga cara tersebut jalan maka perusahaan itu akan cepat berkembang maju.

    BalasHapus
  18. Menurut saya Dalam era persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus memberikan inovasi baru yang kreatif dalam pencapaian kinerja SDM sehingga susah ditiru oleh perusahaan pesaing lainnya. Selain itu juga perusahaan harus pintar dalam mengevaluasi kinerja SDM, serta melakukan serangkaian perbaikan dengan cara selalu memonitor kinerja SDM. Maka perusahaan akan dapat meningkatkan berbagai strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Agar tetap tumbuh dan dapat bersaing, perbaikan ini akan dilaksanakan secara terus menerus sehingga kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan atau minimal tetap dapat bertahan.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, 3 hal yang disampaikan oleh penulis tersebut sangat menarik. Untuk dapat terus berkembang, suatu perusahaan harus selalu berinovasi. Untuk bisa berinovasi, tentu saja seorang pimpinan perusahaan harus memperhatikan berbagai hal. Misalnya saja, SDM perusahaan tersebut. Untuk mencapai suatu perubahan yang dapat dikatakan berhasil atau maksimal tentunya harus didukung oleh kemampuan dari SDM yang dimiliki perusahaan tersebut. Oleh karena itu , kemampuan SDM yang dimiliki sebuah perusahaan sangatlah berpengaruh pada kinerja dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya: apakah kemampuan SDM menjadi tolok ukur dalam menilai kinerja dari sebuah perusahaan? apakah tidak ada hal lain selain hal di atas?

      Hapus
  20. Menurut saya perusahaan dapat menerapkan strategi pemberdayaan sumber daya manusia, dengan begitu sumber daya manusia yang ada dapat memaksimalkan seluruh potensinya untuk perusahaan terkait dan juga hal ini dapat menciptakaan loyalitas karyawan untuk perusahaan. Dengan demikian saya cukup yakin bahwa, sulit bagi perusahaan lain atau pesaing untuk dapat meniru keunggulan kompetitif yang ada dalam perusahaan terkait.

    BalasHapus
  21. Menurut saya SDM merupakan aspek penting dalam suatu perusahaan, karena SDM merupakan motor penggerak yang menentukan suatu perusahaan dapat maju/berkembang.SDM harus memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh SDM pesaing, sehingga hal tersebut menjadi poin plus perusahaan tersebut.SDM harus dibekali kemampuan yang cukup dengan cara pelatihan/training yang semakin membuat SDM tersebut berdaya guna perusahaan, sehingga SDM tersebut dapat bersaing dengan DM yang lain di era modern dimana tantangan jaman yang semakin sulit.

    BalasHapus
  22. Menurut saya, organisasi dan karyawan memiliki keterkaitan yang sangat erat dikarenakan produktivitas perusahaan bergantung pada kualitas SDM yang digunakan dalam organiasi tersebut. Sebaiknya pErusahaan mengembangkan kualitas para SDM nya sehingga diharapkan perusahaan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan/oranisasi lain. Untuk mengembangkan hal tersebut, organisai juga harus memiliki cara tersendiri untuk memperbaiki kualitas SDM, misalnya dengan melakukan evaluasi kinerja sehingga produktivitas perusahaan dapat dimaksimalkan.

    BalasHapus
  23. Menurut saya ide yang menarik adalah ide yang ke 2 dimana berbicara tentang mengembangkan suatu cummulative body dari pengetahuan karena dari situ kita dapat mengetahui bagaimana kita dapat mengukur kualitas dari SDM tersebut, dan dapat memperbaiki kesalahan-kesalan yang dilakukan oleh SDM, sekaligus meningkatkan kualitas mereka, karena bagaimanapun SDM adalah faktor penting yang menyokong perusahaan tersebut berdiri.

    BalasHapus
  24. sumber daya manusia merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan,karena kemampuan dari Sumber Daya Manusia kian hari semakin berkembang. dan lingkungan kerja yang semakin kompetitif. oleh karena itu untuk mempertahankan dan meningkatkan SDM dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan yang terkait dengan bidang yang ditekuninya. selain dapat meningkatkan pengalaman dan keahlian, juga dapat mengurangi ketergantungan perusahaan akan outsourcing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama halnya dengan SDA. SDM merupakan hal yang sangat penting. Karena jika tidak ada SDM, maka tidak akan ada yang dapat mengolah SDA. Namun, SDM ini harus di pilih dan di berikan pelatihan agar ia bisa mengolah SDA dengan baik. Dan kita juga harus memberikan tolok ukur agar dapat mengetahui apa kesalahan kita.
      Intinya saya memilih opsi kedua

      Hapus
  25. menurut saya,keberadaan manusia dalam organisasi memiliki posisi yang sangat vital, keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan dari kualitas Sumber Daya Manusia yang bekerja didalam suatu perusahaan. Peran Sumber Daya Manusia dalam sebuah organisasi tidak hanya sekedar administratif tetapi justru lebih mengarahkan pada bagaimana mengarahkan potensi Sumber Daya Manusia agar menjadi kreatif dan inovatif. Seiring dengan persaingan yg semakin tajam karena perubahaan teknologi yang cepat dan lingkungan yang begitu drastis pada setiap aspek kehidupan manusia maka setiap organisasi atau perusahaan membutuhkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai kompentensi agar dapat memberikan pelayanan yang prima dan bernilai. Oleh karena itu sebuah organisasi/perusahaan tidak hanya memberikan pelayanan yg memuaskan tetapi juga berorientasi pada nilai (costumer value). Oleh sebab itu sebuah organisasi memerlukan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuaan yang sesuai dengan visi dan misi dari organisasi tersebut. Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi dilakukan agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi dengan standarkinerja yang telah ditetapkan. Kompetensi yang dimiliki karyawan harus mampu mendukung pelaksanaan strategi organisasi dan mampu mendukung setiap perubahaan yang dilakukan oleh manajemen,dengan demikian kompetensi yang dimiliki dapat mendukung sistem kerja berdasarkan tim.

    BalasHapus
  26. Menurut saya, sebuah perusahaan harus selalu melakukan inovasi agar tidak tersaingi oleh perusahaan lain,untuk meningkatkan standar inovasinya alangkah baiknya perusahaan tersebut memanfaatkan MSDM yang tersedia untuk memunculkan gagasan yang dapat bertujuan baik untuk perusahaan maupun konsumen. Meskipun banyak sekali MSDM yang tersedia, perusahaan haruslah menyeleksi atau memilih lebih ketat lagi agar inovasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga perusahaan dapat menguasai pangsa pasar tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila ternyata sudah tidak ada lagi inovasi, apakah perusahaan tersebut tidak bisa berjalan atau bersaing dengan yang lain?

      Hapus
    2. bila perusahaan tersebut tidak adalagi inovasi maka perusahaan tersebut akan tegeser secara pelan-pelan dari persaingan produk bisnis tersebut.tetapi perusahaan tidak akan mungkin ingin kalah dalam bersaing.jadi tidak akan mungkin perusahaan tidak ada lagi inovasi.karena perusahaan bisa saja dengan produk sama tetapi mengganti nama merk agar terlihat baru yang dimana masyarakat akan merasa ingin tahu tentang produk baru tersebut yang sebenarnya produk tersebut sama tetapi karena merk terbaru maka konsumen akan mencoba memblinya.

      Hapus
  27. Menurut pendapat saya, suatu perusahaan membutuhkan SDM yang unik,karena setiap SDM pada dasarnya memiliki talenta-talenta dan pengetahuan yang unik sehingga suatu perusahaan harus mengembangkan kreatifitas dan kemampuan untuk berinovasi kepada SDM yang dimilikya untuk dapat bekerja secara maksimal di dalam perusahaan. Selain itu SDM harus mempunyai kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan potensi dirinya supaya menjadikan perusahaan yang sulit ditiru oleh pesaing. Setelah mengetahui kinerja dari SDM yang telah diterima dan dikembangkan oleh perusahaan, perusahaan juga harus meningkatkan kriteria penerimaan SDM yang baru agar menunjang perusahaan agar lebih baik lagi.

    BalasHapus
  28. Tidak bisa dihindari bahwa SDM merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah organisasi. Untuk mempertahankan sebuah organisasi yang tahan terhadap berbagai macam perubahan, tentu harus dibarengi dengan pemberdayaan SDM yang baik. Menurut saya, Sumberdaya manusia merupakan sumber untuk mempertahankan keunggulan kopetitif itu. Ketika organisasi memiliki SDM yang unggul dan inovatif, maka hal itu merupakan kelebihan tersendiri dan dapat menjadi kunci sukses dari sebuah organisasi. Hal ini tentu juga sangat berkaitan pula dengan aturan dalam organisasi yang hendaknya dapat mengakomodasi potensi-potensi SDM dalam organisasi, karena setiap orang memiliki karakterisitik yang berbeda-beda sehingga kita dapat melihat dari sudut pandang yang beragam mengenai suatu masalah.

    BalasHapus
  29. Menurut saya dari ketiga ide ini menurut saya ketiganya menarik,tetapi yang paling menarik adalah ide yang 3 yaitu Kebijakan Implikasi karena manusia tidak dapat hidup sendiri mereka selalu membutuhkan bantuan dari orang lain dan juga membutuhkan inovasi-inovasi yang baru agar perusahaan tersebut dapat terus maju dan berkembang. Perusahaan harus bisa menciptakan inovasi yang baru agar tidak kalah dalam persaingan pasar yang ada. Bagaimana kita meningkatkan mutu dan semangat kerja MSDM agar dapat lebih memajukan perusahaan dengan gagasan-gagasan yang dimilikinya. Tanpa adanya SDM semua juga tidak akan berjalan. Perusahaan juga harus mampu menyeleksi SDM agar mendapatkan hasil yang terbaik

    BalasHapus
  30. SDM termasuk hal yg paling penting di perusahaan, dimana berkembangnya suatu perusahaan tergantung dari kinerja SDM ituu sendiri. Jika SDM yg diperkerjakan adalah SDM dengan kualitas tinggi maka suatu perusahaan akan dapat maju.

    BalasHapus
  31. menurut saya penciptaan nilai(value creation) sangat penting sebab selain sulit untuk ditiru value creation sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan SDM. sebab dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh SDM yang memiliki kualitas nilai yang tinggi maka perusahaan tersebut memiliki keuntungan baik dari segi SDM maupun dari segi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya juga setuju dengan pendapat andri tentang value creation sebab setiap perusahaan harus memiliki ciri khas sendiri sendiri sehingga konsumen dapat membeda bedakan setiap kelebihan yang dimliki oleh perusahaan tersebut dari hal ini saya dapat menyatakan bahwa value creation adalah satu sisi yang tidak dapat dihilangkan / dilupakan oleh suatu perusahaan

      Hapus
  32. Menurut saya pengembangan cumulative body tepat, karena dalam membuat sebuah cumulative body diperlukan rumusan-rumusan seperti pengukuran efektivitas SDM, penemuan yang valid dan kuat, kesalahan-kesalahn dalam pengukuran dan spesifikasi. sehingga dengan adanya cumulative body diharapkan efektivitas dari SDM tersebut dapat ditingkatkan sehingga dapat menjadi aset dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  33. Menurut pendapat saya MSDM ini harus bijak dalam mengambil keputusan – keputusan yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan supaya kinerja perusahaan dapat di tingkatkan lagi untuk mencapai tingkat yang lebih baik dari perusahaan. Sedangkan untuk keunggulan kompetitif memang mudah di tiru oleh pesaing, namun perusahaan bisa melakukan inovasi – inovasi baru yang belum di kenal dan belum ada.

    BalasHapus
  34. menurut saya sumber daya manusia yang paling penting jika kita mempunyai SDM yang kreatif maka perusahaan akan terus berinovasi dan tidak kalah oleh perusahaan lain

    BalasHapus
  35. menurut saya yang paling penting adalah SDM dalam suatu perusahaan karena jika kita memiliki SDM yang terampil dan banyak akal maka otomatis perusahaan akan berkembang serta dari pihak sendiri harus mempunyai ide yang berbeda dari perusahaan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat kent, namun menurut saya pengorganisasian dalam sebuah perusahaan juga sangat penting, karena jika pengorganisasian sebuah perusahaan tidak berjalan dengan baik maka SDM pun tidak akan berjalan dengan baik pula sehingga kita tidak akan dapat menghasilkan sebuah SDM yg terampil dan memiliki banyak akal seperti yang dikatakan kent diatas.

      Hapus
  36. Menurut pendapat saya, setiap individu memiliki karakter yang unik dan berbeda antara individu yang satu dengan individu yang lain sehingga akan sangat sulit untuk meniru seseorang. Hal ini dapat dijadikan dasar sebagai keunggulan SDM yang merupakan faktor unik yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Oleh karena itu, pengembangan kepemimpinan menjadi sangat penting bagi setiap institusi saat ini. Bukan saja dalam sebuah perusahaan, tetapi juga bagi setiap organisasi bahkan dalam lingkup sebuah negara untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, tetapi juga untuk mengembangkan talenta yang berkualitas tinggi serta perilaku yang secara langsung dapat memenuhi kebutuhan organisasi untuk perubahan yang lebih baik.

    BalasHapus
  37. Pengertian dari Sifat Kebijakan implikasi meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan. Dengan adanya pengertian tersebut dapat dipastikan Sumber Daya Manusia lebih dapat mengatur system cara kerja yang lebih baik dan lebih taktis dalam hal mengambil tindakan sebab telah memiliki dasar – dasar yang kuat dari kebijakan implikasi yang telah diberikan.

    Demi keberhasilan kinerja organisasi yang dimiliki Sumber Daya Manusia maka tetap memperhatikan visi dan misi yang telah diberikan dan mengolah setiap skill yang dimiliki dari setiap Sumber Daya Manusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahap-tahap seperti yang dikatakan oleh ros indah memang benar dan saya setuju akan hal itu. kita harus menata terlebih dahulu sistem yang ada baru bisa mengatur bagian luar dari perusahaan itu sendiri. pondasi yang kuat akan melahirkan benteng yang kokoh dan hal itu tercermin dari beberapa perusahaan yang telah ada sejak dulu sampai sekaraang. mereka lebih memilih membenarkan sistem terlebih dahulu dibanding melihat sisi luar dari perusahaan. sistem yang telah diperbarui itulah yang akan memberikan SDM yang berkualitas dan akan memajukan perusahaan...terima kasih

      Hapus
  38. Dengan cara, membandingkan antara apa yang telah dikeluarkan oleh perusahaan kepada SDM dengan apa yang di hasilkan SDM untuk perusahaan,dan dengan cara memotivasi SDM yang efektif SDM ditentukan oleh cara dimana SDM tersebut di pimpin ,dan semua itu erat kaitannya dengan kemampuan manajemen sumber daya manusia. Pihak owner maupun manajemen perusahaan harus memiliki sensitivitas disiplin manajemen sumber daya manusia.
    Hal tersebut bisa diukur dari standar prestasi tertentu, yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, salah satu kunci penting dari kegagalan atau keberhasilan suatu organisasi/perusahaan adalah SDM yang disiplin ini sebagai suatu cara untuk memberikan pelatihan, yang ditujukan untuk mencapai pertumbuhan individu di dalam perusahaan . Pengakuan kepada atribut-atribut pegawai, seperti integritas, bekerja keras, dan keinginan untuk memikul tanggung jawab agar dapat dicapai dan berhasil adalah sangat penting, untuk memenuhi sasaran perusahaan, manajemen harus rajin mengejar disiplin. Semua organisasi harus mencapai sasaran-sasaran tertentu untuk keuntungan dan keabadiannya sendiri

    BalasHapus
  39. Menurut saya, ide penulis tentang "Sumber daya manusia sebagai sumber unik untuk mempertahankan keunggulan kompetitif" sangatlah menarik. Putusan-putusan SDM kini harus memahami bagaimana value atau nilai yang dihasilkan dalam berbagai proses kerja perusahaan mampu menjadi sumber keunggulan kompetitif untuk mengformulasikan strategi pencapaian peluang profit, melalui maksimasi penerimaan investasi yang dilakukan.

    Pembangunan progam SDM di bidang kepemimpinan, pelatihan, kompensasi & keuntungan, pengembangan karier, komunikasi, manajemen performa yang selaras dengan tujuan perusahaan mampu menghasilkan nilai bagi perusahaan. Pembangunan ini akan menambah pandangan pelanggan tentang nilai atau value yang mereka peroleh dari transaksi ekonomi dengan perusahaan kita, yang otomatis menjadi keunggulan kompetitif perusahaan kita.

    Manajemen juga harus mampu mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki organisasi serta pengembangan budaya inovasi secara berkelanjutan untuk mempercepat terwujudnya value creation. Penerapan value creation kini diharapkan mampu membuat perusahaan tumbuh, menguntungkan, berkelanjutan dan mampu menghadapi ketatnya persaingan dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menanggapi pernyataan anda tentang

      "Pembangunan progam SDM di bidang kepemimpinan, pelatihan, kompensasi & keuntungan, pengembangan karier, komunikasi, manajemen performa yang selaras dengan tujuan perusahaan mampu menghasilkan nilai bagi perusahaan"

      menurut anda, Bagaimana cara sebuah perusahaan untuk menyelaraskan pembangunan semua bidang SDM yang anda sebutkan untuk bisa selaras dengan perusahaan? apakah dengan training? atau dengan cara-cara yang lain?

      terimakasih

      Hapus
    2. Terima kasih atas tanggapan saudara Adrian,

      Menurut pendapat saya, pembangunan program SDM yang selaras dengan tujuan perusahaan dapat dihasilkan melalui pendekatan Total Performance Scorecard (TPS).

      Total Performance Scorecard (TPS) merupakan suatu konsep holistik baru tentang manajemen perubahan dan perbaikan dan dapat juga didefinisikan sebagai proses sistematis perbaikan, pengembangan, dan pembelajaran yang berkesinambungan, bertahap dan rutin yang terpusat pada perbaikan kinerja pribadi dan organisasi secara berkelanjutan

      Keuntungan TPS adalah menghubungkan sasaran jangka pendek dan panjang, menghubungkan tujuan pribadi dan tujuan organisasi, perbaikan berkesinambungan, terdokumentasi jelas karena menggunakan pengukuran matriks dengan dasar pengetahuan scorecard.

      Akhirnya adalah suatu hasil perbaikan, pengembangan, pembelajaran, pembangunan SDM yang saling berkesinambungan dan selaras antara tujuan perusahaan dalam pencapaian efektivitas dan efisiensinya dengan keinginan para individu karyawan.

      Hapus
  40. Menurut pendapat saya Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai sumber unik untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Alasannya karena jika seseorang ataupun sebuah perusahaan mampu mempertahankan kompetitif mereka secara tidak langsung dapat menciptakan ide-ide baru dan dapat mengembangkan ide-ide tersebut untuk menghasilkan produk yang digunakan oleh masyarakat luas dan yang dapat dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menanggapi apa yang saudara sampaikan.

      Saya sependapat bahwa perusahaan yang mampu mempertahankan keunggulan kompetitifnya dapat berinovasi atau mengembangkan ide-ide baru ke depannya. Namun, dalam prosesnya sulit sekali bagi perusahaan untuk bertahan dalam persaingan maupun menciptakan suatu ide yang benar-benar baru.

      Bagaimana menurut pendapat saudara cara mempertahankan keunggulan kompetitif suatu perusahaan?

      Terima Kasih

      Hapus
    2. Saya rasa dengan merekrut SDM yang berkualitas baik dan siap menghadapi dunia kerja. setelah di lakukan perekrutan , penyeleksian , lalu di lakukan proses training, saya rasa SDM akan lebih mampu dalam mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaannya dan bekerja dalam tekanan, daripada SDM yang tak diberikan training sama sekali

      Hapus
    3. Menurut saya perekrutan SDM yang berkualitas ini akan sulit bila perusahaan tidak memiliki cukup modal. Menurut saudara, bagaimana cara perusahaan merekrut dan mempertahankan SDM berkualitas yang telah mereka miliki secara efektif?

      Terima Kasih

      Hapus
    4. Ya terima kasih saudari Caroline atas tanggapannya. Saya akan menjawab pertanyaan yang anda ajukan jadi, untuk mempertahankan keunggulan kompetitif suatu perusahaan yang pertama di butuhkan SDM yang baik dan sangat unggul untuk terus menciptakan ide-ide baru. Yang kedua adalah berusaha menciptakan dan mempertahankan ide-ide yang telah ada agar perusahaan semakin mengalami peningkatan.

      Terima Kasih

      Hapus
    5. Mungkin saya bisa sedikit menambahakan, cara mempertahankan SDM berkualitas yang sudah ada yaitu dengan cara pelatihan-pelatihan yang lebih lagi dan memanfaatkan SDM yang kita miliki sebagaimana mestinya sehingga SDM tersebut akan merasa nyaman dan dapat berdaya guna bagi perusahaan.terima kasih

      Hapus
    6. Terima Kasih Saudara Ardy atas saran yang anda berikan. Saya sependapat dengan anda dan saya ingin menambahkan saja untuk dapat memanfaatkan SDM yang ada dan dapat bermanfaat untuk perusahaan maka kita harus terus memantau SDM yang telah ada dan kita melihat SDM yang paling unggul untuk terus kita tingkatkan kemampuan mereka dengan cara pelatihan-pelatihan agar SDM tersebut dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Terima Kasih

      Hapus
  41. Menurut saya, kebijakan impplikasi merupakan hal yang paling menarik diantara 2 pilihan lain karena disitu disebutkan bahwa perusahaan harus sangat hati-hati dalam mengevaluasi putusan-putusan mereka untuk menyerahkan tanggung jawab sumberdaya manusia kepada pihak luar. Dari pernyataan diatas saya menarik kesimpulan bahwa memang tidak bisa dipungkiri SDM menjadi salah satu senjata utama bagi sebuah organisasi untuk tetap dapat bersaing dan survive dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan. Namun di sisi lain harus ada suatu koreksi yang benar-benar selektif dari organisasi itu sendiri dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan SDM yg dimiliki. ketika SDM dibebani tugas yang tidak sesuai dengan porsi dan kapasitasnya, jelas tugas tersebut tidak dapat dikerjakan dengan maksimal, tetapi ketika organisasi ini jeli dalam melihat setiap keunggulan dan kelemahan dari setiap SDM serta mampu memanfaatkannya secara tepat, jelas SDM tersebut akan mengerjakan tugasnya dengan maksimal dan akan menjadi SDM yang expert di bidangnya.

    BalasHapus
  42. Menurut pendapat saya,sebuah perusahaan harus mempunyai SDM yang memiliki spesifikasi dalam bidangnya. Jika suatu perusahaan memiliki SDM yang unik maka suatu perusahaan tersebut akan memiliki nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan lainnya. Setelah perusahaan memperoleh SDM yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan perusahaan maka perusahaan tersebut dapat bertahan melalui proses persaingan yang sangat ketat dengan perusahaan lain.
    Jika suatu perusahaan memiliki SDM yang unik maka perusahaan dapat berinovasi dan membuat perusahaan bertahan dan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  43. pembahasan yang menarik. yang saya ingin bicarakan mengenai SDM. Dimana SDM ini merupakan modal utama bagi setiap perusahaan berkembang.hal ini dikarenakan setiap individu memiliki keterampilan dan kemampuan mereka masing-masing. oleh sebab itu perusahaan memilih individu-individu yang berbeda agar dapat saling berinteraksi sehingga menci[takan inovasi-inovasi menarik. oleh sebab itu perusahaan memilih orang yang siap untuk bekerja dan yang memiliki keterampilan ataupun pengalaman bekerja.

    BalasHapus
  44. Menurut pendapat saya,SDM sebagai sumber unik untuk mempertahankan keunggulan kompetitif merupakan hal yang tepat karena Pada era globalisasi saat ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat dan tajam sehingga setiap perusahaan yang ingin tetap exist dan menang dalam persaingan harus memiliki keunggulan kompetitif dan keungulan kompetitif disni maksudnya adalah SDM yang dimilki perusahaan yang dapat memberikan inovasi-inovasi pada perusahaan agar perusahaan tersebut tetap bertahan dan berbeda dari perusahaan-perusahaan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya benar melakukan berbagai inovasi.Tetapi apakah hanya dengan melakukan berbagai inovasi saja perusahaan tersebut dapat tetap bertahan?.Apakah tidak ada cara yang lain selain berinovasi?

      Hapus
  45. menurut pendapat saya,SDM dalam kinerja organisasional adalah kunci penting tanpa adanya SDM yang berkualitas maka organisasi tidak dapat berkembang dengan baik.Maka organisasi harus memilih dan melatih SDM sehingga organisasi dapat berkembang dengan bersaing dengan organisasi - organisasi yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya benar,tetapi juga sangat diperlukan SDM yang sangat berkualitas karena tiap pemikiran dapat memberikan keputusan yang sangat baik bagi organisasi tersebut dan dalam hal ini keputusan SDM juga harus dievaluasi agar hasil yang didapat dapat memberikan keuntungan bagi organisasi tersebut.

      Hapus
  46. menurut pendapat saya, pada jaman globalisasi ini perusahaan memerlukan sumber tenaga kerja yang mempunyai ide - ide sehingga dapat berinovasi menciptakan produk - produk baru yang dapat di terima oleh masyarakat sehingga perusahaan tersebut dapat berkembang pesat dan mendapatkan profit dari penjualan produk - produk baru. dan bila sebaliknya kualitas tenaga kerja yang kurang baik maka pertumbuhan perusahaan tersebut akan terhambat dan perusahaan tersebut mengalami kemunduran serta terjadi kebangkrutan.

    BalasHapus
  47. Keunggulan kompetitif (competitive advantage): menurut saya memperlakukan manajemen SDM (MSDM) sebagai suatu kegiatan pendukung. Pertanyaan yang muncul : apakah mungkin MSDM memainkan peran atau fungsi yang penting dalam perusahaan? Apakah MSDM dapat dipertimbangkan sebagai kegiatan penambah nilai yang utama? Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung seberapa besar MSDM dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Bila sistem MSDM bisa menciptakan keunggulan kompetitif nyata, MSDM harus diintegrasikan secara penuh dalam tahap-tahap yakni seperti implementasi proses manajemen strategik.

    BalasHapus
  48. Menurut Sumber Daya Manusia dalam suatu perusahaan itu menentukan perkembangan dari perusahaan itu sendiri, semakin SDM memiliki kemampuan yang berbeda maka nilai daripada perusahaan dan yang dihasilkanpun akan meningkat.
    Jika Sumber Daya yang dihasilkan itu baik , maka untuk perkembangan selanjutnya juga akan baik bila diiringi dengan pemahaman managemen sumber daya yg baik pula.

    BalasHapus
  49. saya sangat setuju dengan pokok bahasan nomor 1. Yang bisa saya tangkap adalah yaitu mengelola dan menciptakan SDM yang berkualitas adalah hal yang lebih penting daripada menciptakan sebuah produk yang benar - benar baru dan mampu bersaing dalam pasar jaman sekarang ini. karena di abad Informasi ini susah menciptakan produk yang benar - benar baru dan inovatif. sekalipun berhasil menciptakan produk baru yang inovatif, jika ada perusahaan pesaing yang memiliki modal yang cukup dan mengetahui cara produksinya, maka produk tersebut dapat ditiru atau mungkin bahkan dikembangkan lagi. tetapi jika perusahaan berfokus pada penambahan nilai (added value) pada setiap SDM di dalam organisasi dan memaksimalkan fungsi - fungsi manajemen lainnya, maka perusahaan tersebut tentu menjadi perusahaan yang sehat dan kokoh dalam hal manajerial sehingga perusahaan tersebut dapat beroperasi secara efisien dan efektif sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain. jika hal tersebut berhasil diwujudkan, maka dengan sendirinya akan lahir produk - produk yang berkualitas dari perusahaan tersebut sebagai hasil dari ide - ide dari SDM dalam perusahaan tersebut, omzet dan penjualan meningkat, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bertanya;untuk membangun SDM yang berkualitas itu seperti apa???jika hanya SDM yang berkulitas saja apakah melakukan inovasi itu tidak perlu?sedangkan pesaing di dunia bisnis sangat banyak dan sangt besar untuk bersaing hingga akhirnya pembajakan barang perusahaan lainpun terjadi...jika hanya SDM yang berkualitas saja apakah cukup untuk bersaing dalam persaingan yang seperti itu?teimah kasih

      Hapus
  50. saya setuju dengan poin yang pertama tentang pesaing yang dengan mudahnya meniru. pada pasar saat ini banyak sekali dijual barang dengan bahan dan nilai yang sama. jika SDM tidak sering-sering melakukan inovasi maka ia dapat terus di saingi oleh perusahaan lain, maka itu SDM perlu menghasilkan pemikiran-pemikiran yang unik dan baik agar inovasi tersebut dapat mempertahankan perusahaannya. dengan adanya SDM yang berkualitas baik dan unik tentunya akan membuat perusahaan dapat bertahan dan memaksimalkan kinerja perusahaan, tentunya perusahaan itu akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

    BalasHapus
  51. saya sangat setuju dengan poin pertama. dewasa ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. untuk dapat survive dalam dunia bisnis, dibutuhkan strategi bisnis yang spesifik dan didasarkan pada kekuatan organisasi tersebut. adalah kompetensi inti (core competition) yang memberikan keunggulan sebuah organisasi menghadapi persaingan. kompetensi inti ini merupakan kemampuan yang unik dari sebuah organisasi yang menciptakan nilai tinggi dan membedakan organisasi tersebut dari persaingan.
    dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, telah terbukti bahwa manajemen sumber daya manusia yang efektif dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi secara positif. untuk menjadikan sumber daya manusia tersebut sebagai suatu kompetensi inti adalah dengan menarik dan mempertahankan tenaga kerja yang memiliki profesionalisme dan kemampuan khusus, membiayai pelatihan, dan memberikan kompensasi agar dapat terus bersaing dengan organisasi lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menanggapi pernyataan Saudari Like, saya sangat setuju dengan poin pertama dari kasus di atas. saat ini, mulai tumbuh pengakuan bahwa sumber daya manusia memberikan kontribusi yang berkesinambungan pada keunggulan kompetitif suatu oerganisasi. terdapat beberapa faktor penting untuk tindakan strategis organisasi terkait dengan sumberdaya manusia. antara lain nilai (value), keunikan (rareness), kemampuan untuk mencontoh (imitability), dan organisasi (organization).

      SDM yang dapat menciptakan nilai adalah SDM yang peka terhadap ancaman dan kesempatan dari luar. dengan memiliki kemampuan ini berarti para tenaga kerja dapat membuat keputusan dan inovatif ketika menghadapi perubahan lingkungan.
      sangat penting dalam suatu organisasi memiliki SDM yang unik agar dapat terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya, sehingga dapat terus dipandang sebagai yang terbaik oleh para pelanggan maupun oleh kompetitor.

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat like,di dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan ini suatu organisasi memang membutuhkan sesuatu yang bisa membedakan organisasi tersebut dengan yang lain. Yang salah satunya adalah dengan mengubah sumber daya manusia menjadi cermin dari suatu organisasi. Dengan mengubah sumber daya manusia menjadi sesuatu yang unik maka organisasi tersebut akan mendapat sesuatu yang bernilai dan itu semua tidak akan bisa digantikan dengan apapun juga.

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudari like, di mana SDM yang potensinya tinggi akan memenangkan kompetisi dalam persaingam bisnis..
      Tetapi di Indonesia sangatlah sedikit orang yang potensi SDMnya tinggi, oleh karena niat orang yang sedikit dalam berinovatif.. Karena itu kita harus pandai-pandai dalam memilih bisnis yang dimana orang belum terpikirkan untuk membuka usaha tersebut dan dalam inovasi inovasi selanjutnya..

      Hapus
  52. Menurut saya ide yang pertama adalah ide yang cukup menarik karena bukan suatu hal yang mudah untuk mnciptakan nilai. Karena SDM selalu dituntut untuk berpikir kreatif dan selalu mencari ide-ide yang baru untuk suatu organisasi agar bisa terus berkembang dan tidak tertinggal oleh perkembangan jaman yang begitu cepat.

    BalasHapus
  53. Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat sentral dalam organisasi.Semua organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia,demikian juga dengan pelaksanaan misinya yang juga dikelola oleh manusia dengan demikian manusia merupakan faktor yang sangat strategis dalam semua kegiatan organisasi.Sehingga sumber daya manusia harus diorganisir untuk memberikan kekuatan daya saing perusahaan dengan cara mengadakan pelatihan khusus. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan sumber daya manusia di organisasi tersebut bisa lebih kompetitif sehingga tidak mudah ditiru oleh perusaan lain.

    Saya sangat setuju dengan poin pertama yaitu value creation karena dengan adanya penciptaan nilai maka suatu perusahaan dapat lebih peka dalam menghadapi perubahan lingkungan. Dengan adanya penciptaan nilai juga akan terbentuk pula citra yang baik terhadap perusahaan sehingga konsumen pun akan tetap loyal terhadap produk-produk yang dihasilkan.

    BalasHapus
  54. Cumulative body lebih menarik perhatian saya, dimana untuk mencapai cumulative body itu sendiri dibutuhkan efektivitas dan sumber daya manusia yang harus diukur, dengan mengukur efektifitas dan sumber daya manusia diharapkan dapat lebih baik dari sebelumnya seperti melakukan improvisasi baik dalam efektivitas dan SDM.

    Dengan memperoleh penemuan-penemuan yang lebih valid dan kuat dengan begitu akan tercipta sebuah inovasi yang valid dan kuat juga sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi saat ini, sehingga competition sangat perlu diperhatikan.

    Peran teknologi juga sangat diperlukan dalam era saat ini, karena tanpa teknologi sebuah perusahaan tidak dapat bertahan dalam era globalisasi saat ini, dimana teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan penting dalam kepentingan perekonomian juga.

    BalasHapus
  55. Menurut saya, semua point-point yang ada sangat penting tetapi saya lebih tertarik pada point yang terakhir yaitu kebijakan implikasi, Karen SDM juga memiliki pengaruh yang penting dan keputusan yang dihasilkan juga mempengaruhi kinerja perusahaan karena setiap pemikiran masing-masing orang berbeda dan perusahaan harus teliti dan mempelajari pemikiran dari setiap masing-masing orang sehingga perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif dan dapat melihat kelemahan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sehingga nilai ekonomis suatu perusahaan tidak memberikan dampak buruk kepada perusahaan dan putusan SDM (sumber daya manusia) bagi perusahaan memberikan keputusan yang terbaik dalam menjalin kepada pihak luar.

    BalasHapus
  56. sumber daya manusianya patut di olah dan dipertahankan karena seiring berjalannya waktu kemampuan sumber daya manusia juga turut berkembang dengan lingkungan kerja yang semakin bersaing. Ada beberapa cara untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas SDM itu sendiri salah satunya pemberian pelatihan oleh perusahaan yang berkaitan dengan posisi kerjanya. Selain itu pemberian pelatihan ini agar sumber daya alam yang ada dapat di gunakan dan dimanfaatkan serta diolah dengan baik oleh para SDM nya.

    BalasHapus
  57. Menurut saya,yang paling menarik disini yaitu bagaimana cara mempertahankan keuggulan kompetitif.Di dalam suatu perusahaan di perlukan SDM yang berkualitas yang mampu mempelajari budaya organisasi,menerima perubahan yang ada,dapat mengambil keputusan dengan mempertimbangkan berbagai dampak yang akan terjadi kedepan dan juga perlu adanya hubungan relasi yang baik antara manajer dengan semua karyawannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan yang akan berdampak buruk pada privasi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  58. Menurut saya, kebijakan implikasi sangat penting dalam sumber daya manusia, karena kebijakan implikasi sangat signifikan terhadap kinerja perusahaan. Dimana sumber daya manusia maupun fungsinya harus memiliki keterkaitan dengan kebijakan sumber daya manusia dalam mengatasi persoalan bisnis yang dihadapi. Dan perusahan juga harus sangat berhati-hati dalam mengevaluasi keputusan mereka, sehingga tidak terjadi hal yang diinginkan dalam menyerahkan tanggung jawab sumber daya manusia terhadap pihak luar.
    Dari sini sumber daya manusia harus diolah atau dilatih lebih baik lagi, sehingga dapat memciptakan kinerja perusahaan yang kreatif dalam menciptakan hal-hal baru dan bertanggung jawab dalam menghadapi persoalan bisnis yang diahadapi.

    BalasHapus
  59. Menurut saya,SDM adalah hal pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Yang mana akan sangat mudah untuk meniru suatu kelebihan kompetitif yang didasarkan pada kemampuan mesin(teknologi), karena perusahaan lain pun akan mampu membeli mesin/ teknologi tersebut.
    Sedangkan kemampuan tiap-tiap SDM berbeda, terutama menyangkut visi dan skill yang mereka miliki masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan adanya pembajakan SDM dari perusahaan pesaing kepada SDM-SDM berkualitas yg dimiliki oleh suatu perusahaan (terutama untuk SDM yang memiliki posisi tinggi di suatu perusahaan).
    Teknologi hanyalah suatu alat untuk membantu mewujudkan visi yg dimiliki oleh manusia, oleh karena itu keberadaan SDM berkualitas sangat penting dalam penentuan langkah-langkah strategis yang menyangkut visi dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang.

    BalasHapus
  60. Sumberdaya manusia memberikan pengaruh ekonomis yang sangat signifikan terhadap kinerja perusahan,maka dari itu ide yang menarik bagi saya adalah kebijakan implikasi karena ketika mengambil keputusan kita harus berhati-hati dan kira perlu tahu resiko apa yang akan kita hadapi jika keputusan tersebut kita terapkan.

    Suatu perusahan harus megembangkan perusahannya oleh karena itu perusahan tersebut harus menciptakan inovasi-inovasi baru yang lebih kreaktif agar dapat bersaing dengan perusahan-perusahan yang lain dan tidak mudah di tiru oleh para pesaing nya agar menjadi perusahan yg lebih maju

    Perusahan harus memilih karyawan yang punya pengalaman kerja dan melatih karyawannya agar dapat berkinerja dengan baik..

    BalasHapus
  61. Menurut saya yang paling menarik adalah inovasi dalam perusahaan. sebuah perusahaan harus mampu untuk terus berinovasi dan memiliki ide-ide kreatif dalam mengembangkan perusahaan tersebut. hal ini dapat dikembangkan dari pemanfaatan sdm dalam perusahaan tersebut. tetapi, hal yang penting juga adalah bahwa semakin banyak orang dengan ide kreatifnya masing-masing maka akan semakin menimbulkan banyak pertentangan dalam perusahaan tersebut yang akan menyebabkan banyaknya pertimbangan. maka sebaiknya dalam sebuah perusahaan perlu adanya sdm yang saling mendukung satu sama lain.

    BalasHapus
  62. menurut saya,sebuah perusahaan membutuhkan sdm yang terlatih dan memiliki talenta kreatifitas yang cukup tinggi sehigga perusahaan mampu mengembangkannya melalui inovasi hasil kreatifitas sdm yang di miliki perusahaan tersebut.

    selain itu para sdm tdk boleh merasa puas akan barang atau jasa yg di produksi yang mencapai laba yang maksimal.

    sebelum mengambilkan keputusan ,sebaiknya sdm memikirkan dan mempertimbangkan dulu keputusan yang akan di ambil.bagaimana jangka panjang perusahaan tetap jaya dan selalu eksis di pasaran dengan inovasi tentunya.

    BalasHapus
  63. saya berpendapat bahwa ke 3 ide itu saling melengkapi,innovasi dalam suatu perusahaan adalah hal yang sangat penting seperti yang tertuang di ide 1,kita harus mengerti akan barang dan SDM yang di perlukan bagi perusahaan(ide 2).akan tetapi yang paling menarik perhatian saya adalah ide no 3,di ide no 3 ini dalam pengambilan keputusan kita tidak boleh sembrono dan tidak boleh menyerahkan semua tanggung jawab ke orang lain,melainkan kita harus turut serta dalam tanggung jawab itu dengan cara (musyawarah,harus mengerti resiko yang akan di hadapi dan menghargai pendapat orang lain) itu lah kunci kesuksesan sebuah perusahaan

    BalasHapus
  64. Menurut pendapat saya yang menarik adalah yang pertama yaitu Sumber daya manusia sebagai sumber unik untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Sumber Daya Manusia adalah sumber yang unik dalam pengelolaan sebuah perusahaan, alasannya sederhana, bahwa dalam sebuah perusahaan baik dari usaha kecil, menengah ataupun besar, pasti tidak bisa terlepas dari yang namanya Sumber Daya Manusia (SDM) atau karyawan, di mulai dari tingkat kedudukan karyawan dengan jabatan office boy, cleaning service, staf bahkan sampai tingkat level manager atau direktur, dengan berbagai background pendidikan pada masing-masing, ditambah strata ekonomi, suku dan bahkan karakter serta watak yang beragam dari jumlah keseluruhan karyawan sudah merupakan suatu keunikan tersendiri. Bagaimana mengelola atau memanage dalam artian menyatukan berbagai perbedaan serta keunikan yang ada ini, maka disini diperlukan sebuah cara atau sistem yang baik serta seni memimpin yang arif, baik, indah serta bijaksana dalam pelaksanaannya, tetapi sikap tegas dan disiplin harus selalu ada didalam meminpin dan menyatukan semua ini.
    Bila semua telah bisa disatukan dan guyub, serta masing-masing tahu akan tugas dan tanggung jawabnya maka dengan sendirinya sistem akan tercipta dengan baik, kontrol dan pengawasan tetap harus selalu dilaksanakan untuk menekan dan mengurangi segala yang tidak efektif dalam menjalankan sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  65. Menurut pendapat saya ide Чάπƍ paling menarik adalah cumulative body..karena setiap orang memiliki karakter Чάπƍ berbeda-beda begitu juga dengan pengetahuan Чάπƍ di miliki tiap individunya.dengan adanya cumulative body mereka dapat saling berbagi pengetahuan.cumulative body menjadi wadah terkumpulnya berbagai pengetahuan Чάπƍ dapat diterima dengan 3 hal Чάπƍ di rumuskan oleh penulis sebagai faktor pertimbangan Чάπƍ pada akhirnya dapat mempermudah sebuah perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik

    BalasHapus
  66. menurut pemkiran saya :ide yang tepat adalah melakukan inovasi.karena Sebuah perusahaan untuk berhasil harus kompetitif. Daya saing dan inovasi yang terkait erat, jadi dari setiap kepentingan perusahaan untuk menjadi inovatif. Lingkungan bisnis saat ini menjadi lokal ke global, dan hanya yang terkuat bertahan hidup. Pengelolaan bisnis harus mampu menciptakan keunggulan kompetitif, tidak hanya satu tetapi juga sulit untuk ditiru. Inovasi dalam persaingan atau strategi, semakin global, berkumpul, menciptakan bidang penelitian dan kompleksitas dunia baru yang berpeluang yang mengarahkan perusahaan dapat berkelanjutan dalam jangka panjang.

    BalasHapus