SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 15 April 2012

Yang Bertanggung Jawab dalam Pengembangan Karir

Secara umum ada 3 pihak yang bertanggung jawab bagi pengembangan karir dalam organisasi, yaitu: 1) organisasi tempat pekerja tersebut; 2) atasan langsung pekerja tersebut; dan 3) pekerja itu sendiri. Menurut Saudara apa yang paling efektif untuk dilakukan oleh pekerja itu sendiri agar karirnya dapat berkembang dalam satu organisasi? (Baca buku teks kita, cari cara-cara yang bisa dilakukan pekerja untuk pengembangan karirnya, kemudian pilih cara yang menurutmu paling efektif untuk dilakukan, dan berikan alasannya)
Selamat berdiskusi

40 komentar:

  1. Menurut pendapat saya, cara-cara yang bisa dilakukan pekerja untuk mengembangkan kariernya adalah dengan melatih diri terhadap keterampilan diri sendiri terhadap pekerjaaan dan komitmen terhadap kunci keberhasilan cara-cara menjalankan karier dengan bertanggung jawab, serta memulai untuk terjun ke dunia karier dalam bekerja denganb pengalaman yang dimilikinya, agar terbiasa dengan dunia karier dalam memilih pekerjaan. dan cara yang efektif menurut saya, dengan bersikap komitmen kunci berhasilnya karier dan melatih keterampilan karier dalam bekerja, alasannya karena dengan cara memiliki komitmen, kita dapat niat dan semangat dalam menjalankan tujuan kita bekerja karier ini, dan melatih keterampilan diri berarti ikut mengembangkan softskill kita dalam menjalankan karier pekerjaan ini, sehingga ini cara saya agar dapat mengembangkan karier organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi menurut Shelly dengan cara meningkatkan komitmennya terhadap organisasi maka si pekerja itu akan dapat mengembangkan karirnya? Coba diberi contoh yang lebih konkrit bagaimana si pekerja dapat meningkatkan komitmennya terhadap organisasi.

      Hapus
    2. Saya akan menanggapi commentar Bapak Runtu, misalnya dengan contoh seorang karyawan ingin bekerja untuk mengembangkan kariernya dalam perusahaan organisasi yang bernama PT Richeese Bread ini , maka karyawan tersebut harus memiliki komitmen dan rasa niat setia untuk mengerjakan dan mengembangkan kerja kariernya dengan skill atau keterampilan yang dimilikinya, sehingga karyawan tersebut dapat meningkatkan komitmen bahwa dia bekerja tidak sia-sia dalam perusahaan organisasinya.

      Hapus
    3. apa maksud dari tidak sia - sia dalam perusahaan shel ??

      Hapus
    4. shelly ...
      saya kurang paham dengan maksud anda menaggapi pertanyaan pak runtu.
      mohon dijelaskan secara cingkat dan beri contoh yang anda katakan "karyawan tersebut harus memiliki komitmen dan rasa niat setia untuk mengerjakan dan mengembangkan kerja kariernya dengan skill atau keterampilan yang dimilikinya, sehingga karyawan tersebut dapat meningkatkan komitmen bahwa dia bekerja tidak sia-sia dalam perusahaan organisasinya....."
      thx

      Hapus
    5. bagaimanakah bentuk dari rasa niat setia untuk mengerjakan dan mengembangkan karir seperti yang anda tuliskan barusan?

      Hapus
    6. saya akan menanggapi comentar dari Fitri dan Stefani ya menurut saya seorang karyawan bila ingin mengembangkan kerja kariernya dalam perusahaan organisasinya dengan adanya sikap komitmen dan dilatih keterampilan atau skilnya yang sesuai dengan kemampuan kerja yang dimilikinya. karena dengan kemampuan skillnya seorang karyawan akan merasa dilatih dalam perusahaan, dan pada akhirnya menimbulkan sikap komitmen yang terus berkembang dari dalam dirinya sendiri mengapa dia menjalankan kerja kariernya ini. Thanks you fitri dan stefani....,

      Hapus
    7. Dan saya akan menanggapi commentar dari Ismanto, bentuk rasa niat untuk mengerjakan dan mengembangkan karier dapat melalui sikap komitmen untuk setia mengerjakan dan tetap menjalankan kerja karier tersebut dengan baik dan disiplin dengan kariernya, selain itu dapat dengan cara fokus dengan proses atau cara-cara dalam mencapai kerja kariernya, bertanggung-jawab dan memiliki sikap tegas dalam mengerjakan dan mengembangkan kerja kariernya,membuka usaha kerja lapangan karier, dan tetap memiliki sikap enjoy dan have fun pada kerja kariernya. maka seorang karyawan dapat mengembangkan kariernya dengan baik dan lancar pada perusahaan organisasinya ini. thanks you ismanto....,

      Hapus
    8. Saya akan menanggapi commentar dari fitri dan stefani, ya dalam sebuah perusahaan organisasi seorang karyawan harus memiliki komitmen untuk mengembangkan kerja kariernya, karena dengan memiliki komitmen ini, seorang karyawan memiliki tujuan atau target plan yang mau dicapai untuk perkembangan kariernya ke masa depan dan merasa termotivasi untuk lebih lagi semangat dalam menjalankan kerja kariernya, sehingga kerja kariernya tidak sampai berantakan atau kacau. dan pekerjaan kariernya jadi berkembang dengan adanya skill atau keterampilan yang dimilikinya atau sesuai dengan kemampuan seorang karyawan tersebut dalam perusahaan organisasinya. Thanks you fitri dan stefani atas commentarnya....,

      Hapus
  2. menurut saya atasan dan diri sendiri... karena kl atasan, kan atasan bisa memotivasi dan memberi spirit , semangat, dorongan pada bawahan nya agar bawahan dpt bekerja scr optimal. kalau diri sendiri, dari dlm diri sendiri kita harus dpt menimbulkan niat dan keinginan dari dalam diri sendiri, karena motivasi terbesar adalah diri kita sendiri... bukan motivasi dari orang laen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kalau seorang atasan yang cuek dan kurang peduli dengan kryawanya

      Hapus
    2. Saya ingin membantu abednego, kalau atasan cuek dan kurang peduli kita bisa memotivasi diri kita sendiri tanpa harus menunggu motivasi dr org lain. seperti yang telah di tulis yaitu : motivasi terbesar adalah diri kita sendiri bkn dari orang lain.
      thanks :)

      Hapus
  3. Dari beberapa cara yang paling efektif, menurut saya pengembangan dalam diri sendiri adalah jawabannya. Memang benar pihak-pihak perusahaan dapat memotivasi agar pekerjanya bisa berkembang, tetapi kunci utama dalam pengembangan karir adalah diri kita sendiri.

    BalasHapus
  4. dari cara-cara yang ada, bagi saya yang paling bagus adalah kemampuan dalam mengembangkan diri. karena bila hanya organisasi dan atasan yang bertanggung jwb atas pengembangan karir tanpa adanya kemauan dari si pekerja maka karir si pekerja itu tidak akan berkembang.

    BalasHapus
  5. menurut pendapat saya cara yang paling efektif agar terjadi perkembangan karir dalam suatu organisasi yaitu lewat pengembangan dalam dirinya sendiri. Karena semua kembali dari diri pribadi untuk berkembang. Dengan meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar lebih bermanfaat dalam organisasi, namun semua juga didampingi / disertai dengan organisasi tersebut dan atasan.

    BalasHapus
  6. Cara penggembangan diri sendiri yang paling efisien, karena ini menangkut karier sendiri dan organisasi adalah sebagai obyek pelengkap dalam penggembangan karier dimana seseorang dapat di katakan berkembang degan cara berprilaku yang baik terhadap orang lain, bersosialisasi dengan orang lain dan memiliki wawasan yang cukup.

    BalasHapus
  7. Kalau menurut saya , meningkatkan komitmen dan pengembangan dari diri sendiri.. Alasannya karena dengan cara memiliki komitmen, kita ada rasa tanggung jawab terhadap diri kita sendiri dan semangat dalam menjalankan tujuan kita bekerja dalam karier ini, dan melatih keterampilan dalam berkerja..

    BalasHapus
  8. menurut saya menggunakan pendekatan pengembangan : metode pada pekerjaan/organisasi tempat pekerjaan tersebut. karena pendekatan pengembangan ini merupakan pendekatan internal yang secara tidak langsung dapat membina para perkerja yg bekerja disuatu organisasi dengan berbagai macam alat contohnya pelatihan, tugas/pertemuan komite, rotasi pekerjaan,pengembangan secara online, pengembangan karier dan organisasi pembelajaran.

    BalasHapus
  9. kalau menurut saya adalah yang perlu ditingkatkan.. adalah dari diri sendiri , karena dari diri sendiri itu akan terlihat bagaimana perilaku pekerja yang baik , dan serius menjalani pekerjaanya , dan rasa mencintai pekerjaanya , dan dari situ peran dari seorang atasan keluar, karena atasan pasti melihat kinerja siapa yang baik dan benar. dan dari situ seorang pekerja akan mendapatkan prestasi di mata atasan dan perusahaan.

    BalasHapus
  10. kalau menurut pendapat saya ialah...
    seorang pekerja itu harus baik dalam pekerjaanya , dan mencintai pekerjaanya , dan harus meningkatkan prestasinya agar atasan dpaat menghargai dan memberikan sesuatu yang lebih pada pekerja tersebut, dan untuk lingkungan . semua kembali dari diri masing2 dan intropeksi pada sikap masing2 agar terjadi lingkungan kerja yang nyaman

    BalasHapus
  11. Menurut pendapat saya, cara yang paling efektif adalah pengembangan dalam diri sendiri karena dengan pengembangan dalam diri sendiri itu membuat pekerja memiliki kemampuan yang lebih baik sehingga dapat membuat karirnya lebih berkembang dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  12. Menurut saya titik awal pengembangan karier di mulai dari diri pekerja/karyawan. setiap orang bertanggung jawab atas pengembangan atau kemajuan kariernya. langkah paling awal adalah komitmen pribadi harus dilakukam terlebih dulu. setelah komitmen pribadi di buat kegiatan paling penting untuk memajukan karier yaitu*prestasi kerja yang baik. karena hal ini mendasari semua kegiatan pengembangan karier lainnya kemajuan karier sangat terfantung pada prestasi.

    BalasHapus
  13. 1. Tingkatkan network di dalam maupun di luar perusahaan,
    Menjalin Kerjasama dengan berbagai Pihak yg berhubungan dengan Pekerjaan anda, baik Internal maupun External, misalnya Ikut terlibat dengan proyek-proyek atau kepanitiaan yang sedang berlangsung di perusahaan untuk lebih memahami rekan kerja
    2. Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja seperti melakukan rekonfigurasi pekerjaan supaya tidak mengalami kejenuhan
    3. Secara konsisten terus meningkatkan ketrampilan yaitu harus terus menerus meningkatakan Keterampilan dan Pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan, maupun yang berkaitan dengan karir yang idam-idamkan. Misalnya mengikuti kegiatan pelatihan dan pengembangan yang diselengarakan oleh perusahaan atau atas inisiatif sendiri, bila memang perusahaan tempat bekerja tidak menyediakan program pelatihan dan pengembangan yang di inginkan.
    4. Bila memungkinkan memiliki mentor.
    Mentor adalah seorang yang mempunyai posisi senior di perusahaan yang dapat menjadi semacam narasumber atau penasehat yang dapat memberikan bimbingan atau jawaban atas pertanyaan-pertanya an yang berkaitan dengan karir karyawan. Disinilah perusahaan dapat berperan untuk mendorong para senior manajernya agar bersedia meluangkan waktunya menjadi mentor, dan memberikan penghargaan kepada mereka atas kesediaannya tersebut. Namun demikian, pada akhirnya karyawan sendirilah yang paling berperan dalam mendapatkan seorang mentor dan membangun hubungan yang produktif dengannya.

    BalasHapus
  14. Menurut pendapat saya, cara yang paling efektif adalah dari pekerja itu sendiri. Intinya tergantung dari kemauan orang itu sendiri, kalau orang tersebut ingin mengembangkan karirnya tentu saja harus dibarengi dengan kerja keras, tetapi sebaliknya walaupun dengan dengan support dari atasan maupun dari organisasi tempat orang itu bekerja, jika orang tersebut tidak mau mengembangkan karirnya sama saja dengan sia-sia.

    BalasHapus
  15. menurut saya..
    diri sendiri lah yang paling memacu perkembangan karir seseorang dalam sebuah organisasi.
    untuk memulai segala sesuatunya kita harus memulainyan melalui diri sendiri, yaitu melalui niat kita. apabila kita memiliki niat yang besar untuk bersungguh" dalam suatu pekerjaan maka kita pun pasti memiliki niat untuk mengembangkan karir kita, misal melalui kita sering mengikuti pelatihan",dll.
    organisasi tempat pekerja dan atasan pekerja hanyalah suatu pendukung untuk pengembangan karir seseorang.

    BalasHapus
  16. Menurut pendapat saya yang paling efektif untuk dilakukan oleh pekerja itu sendiri adalah kepercayaan dirinya dan menekuni pekerjaan yang mereka senangi itu dalam bekerja di suatu organisasi agar mereka dapat lebih mendongkrak hasil yang maksimal dalam pekerjaan mereka. dan kemungkinan tidak akan membuat atasan mereka kecewa.

    BalasHapus
  17. menurut saya awal pengembangan karir dimulai dari organisasi tempat pekerjaan tersebut dimana di dalam organisasi itu akan mengembangkan dalam kemajuan karir nya.. dan dalam organisai tersebut ada atasan pun ikut turut serta membantu dalam memberikan motivasi sehingga komunikasi,interaksi terjalin dlm organisasi itu yg menjadikan mu lebih berkembang stiap wktu nya..

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya yang paling efektif untuk dilakukan oleh pekerja itu sendiri adalah kepercayaan dirinya dan menekuni pekerjaan yang mereka senangi itu dalam bekerja di suatu organisasi agar mereka dapat lebih mendongkrak hasil yang maksimal dalam pekerjaan mereka. dan kemungkinan tidak akan membuat atasan mereka kecewa.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, cara yang paling efektif untuk dilakukan oleh pekerja itu adalah dengan cara menentukan tujuan - tujuan kariernya. Tiap individu pasti memiliki cita - cita dan tujuan yang ingin dicapai / diraih dalam sebuah pekerjaan. Dengan adanya tujuan dan cita - cita tersebut dapat mamicu semangat pekerja untuk mengerjakan apa yang menjadi tugas dan kewajibannya dengan baik demi tercapainya tujuan dan cita - cita tersebut.

    BalasHapus
  20. menurut saya cara yang efektif adalah dari pekerja itu sendiri sebab diri sendirilah yang mengerti kekurangan dan kelebihannya di tempat kerja sebab tiap individu memiliki tujuan untuk memicu dan tempat kerja dan atasan sebagai pemicu pekerja untuk bersemangat kerja sebab faktor lingkungan dan atasan yang dapat mengerti bawahannya dapat membantu pengembangan karir

    BalasHapus
  21. menurut saya cara yang paling efektif yang dapat dilakukan oleh pekerja yaitu dengan cara pengembangan dalam diri sendiri karena dengan mengembangkan diri sendiri maka kualitas yang kita miliki akan lebih baik.Sehingga kualitas yang dimiliki oleh pribadi setiap orang akan berkembang .

    BalasHapus
  22. Cara yang paling efektif dalam mengembangkan suatu kinerja pekerja dalam organisasi adalah pelatihan kerja dan adanya hubungan yang baik serta dukungan dengan para manajemen puncak.

    BalasHapus
  23. menurut saya cara yang paling efektif dimulai dari diri sendiri bagaimana cara bekerja tersebut memotivasi dirinya dan menyesuaikan dengan lingkungan agar pada saat bekerja merasa nyaman. Karena dalam bekerja disuatu organisasi perusahaan jika kita tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kita merasa tidak nyaman dengan lingkungan tersebut maka kinerja kita secara otomatis akan menurun bukan meningkat. Dan juga,musuh tersebesar dalam individu adalah individu itu sendiri. Jadi,jika kita tidak dapat memotivasi diri kita sendiri untuk berprestasi dalam organisasi maka kita tidak akan dapat berkembang.

    BalasHapus
  24. menurt saya Titik awal pengembangan karier dimulai dari diri sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas pengembangan atau kemajuan kariernya, dengan memotivasi diri sendiri itu merupakan langkah awal untuk memulai mengembangkan dirinya yang akan berdampak pada suatu organisasi tempat ia bekerja. akan tetapi Pengembangan karir seharusnya memang tidak tergantung pada usaha-usaha individual saja, sebab hal itu kadang kala tidak sesuai dengan kepentingan organisasi, untuk memungkinkan sinkronnya dengan kepentingan organisasi maka diperlukan suatu pelatihan yang diselenggarakan oleh suatu organisasi tersebut yang mengarahkan pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan organisasi.

    BalasHapus
  25. Menurut saya hal yang paling efektif adalah dengan mengembangkan diri sendiri dibantu dengan atasan dan organisasi .karena kita sebagai karyawan membutuhkan 3hal itu sebagai cara meningkatkan performa diri sendiri.meskipun kita mengembangkan diri sendiri terus menerus menurut saya masih kurang kalau tidak ada bantuan dari atasan maupun organisasi .

    BalasHapus
  26. Menurut saya, adalah pengembangan organisasi tersebut dan pengembangan setiap orang yang ada didalamnya, karena hanya dengan pengembangan perseorangan saja kurang membantu jika organisasinya tetap sama tidak berkembang.

    BalasHapus
  27. Menurut saya, cara yang efektif adalah pengembangan dalam diri sendiri karena pengembangan dalam diri sendiri itu dapat membuat pekerja tsb memiliki motivasi yang lebih baik dalam bekerja. selain dari diri sendiri pekerja harus didukung oleh pihak organisasi sehingga pekerja itu karirnya dapat berkembang dalam organisasi

    BalasHapus
  28. menurut saya yang bertanggung jawab bagi pengembangan karir adalah diri sendiri,karena mulai dari diri kita sendiri karena dengan bertanggung jawab dengan diri sendiri dan tertanam pada tiap karyawan di perusahaan tersebut maka perusahaan tersebut dapat maju dan berkembang

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Menarik dan sangat bermanfaat utk pekerja dan pengusaha.. Mungkin juga, pengembangan karir yang efektif , strategis dan sinergis dan saling menguntungkan antara pengusaha dan pekerja, perlu memperhatikan beberapa aspek, spt: permintaan, tuntutan pasar dan persaingan. baik utk tujuan jangka pendek, maupun jangka panjang..
    Disini perlu pemahaman bersama tentang apa yg harus dicapai oleh pengusaha dan persiapan apa yang harus disiapkan oleh pekerja yg terpilih tsb. Sehingga SDM tsb merasa perlu memiliki dan membutuhkan pengembangan itu utk menjawab tantangan jabatan kerjanya (atau promosi jabatannya).
    Maka tujuan pengusaha atau manajemen bisa tercapai dg mengembangkan SDM bersangkutan, dan SDM tsb juga berkembang kariernya sesuai dg bidang, keahlian dan potensinya.
    singkat cerita yang paling bertanggung jawab adalah manajemen SDM serta niat dan kesiapan karyawan dlm Promosi Jabatan
    Trims atas tulisannya pak..
    Salam

    BalasHapus