SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 26 Februari 2012

Siapa yang akan direkrut (Bahan Diskusi 1 Maret 2012)

David Freemantle (1999) mengatakan bahwa  “Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan  Job Description!”. (Lihat: Fremantle, David. 1999. Recruit people who customer like – Not ones who just fit the description. Workplace Management: 8 – 13)

Pertanyaan:
1.       Menurut Anda, apa yang menyebabkan David berpendapat demikian. Bukankah kita harus merekrut mereka yang mampu mengerjakan  job description?
2.       Posisi atau pekerjaan apa yang kira-kira dimaksudkan oleh David?

89 komentar:

  1. 1.menurut pendapat saya karena dalam sebuah pekerjaan/ usaha dalam menjualkan produk tidak hanya di butuhkan kemampuan atau keahlian di bidang usaha tersebut tetapi jg bisa menjadi seseorang yg disukai pelanggan/konsumen. krn pelanggan /konsumen merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah usaha..
    2. marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau menambahi no 2. marketing dan public relationship

      Hapus
  2. Saya cukup setuju dengan pendapat dari David Freemantle, tapi kita lihat dari posisi sebuah jabatan tersebut. Saya langsung menjawab pertanyaan yang ke dua, posisi yang dimaksud David Freemantle ini seperti costumer service, sales, dan marketing. Karena dalam posisi yang dimaksudkan David Freemantle, posisi tersebut memang harus dibutuhkan interpersonal skill maksudnya seseorang tersebut memiliki kemampuan dalam berhubungan/berkomunikasi dengan para pelanggan. Jika seseorang hanya bisa mengerjakan job desc-nya saja namun tidak memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan pelanggan, saya yakin bahwa para pelanggan tidak akan bisa tertarik dengan barang/produk apa yang ia tawarkan. Pendapat dari David Freemantle ini saya rasa ditujukan terhadap pekerjaan yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Pekerjaan non lapangan seperti accounting atau admin tidak termasuk di dalam pendapat dari David Freemantle karena menurut pendapat saya pekerjaan tersebut tidak berhubungan langsung dengan pelanggan/costumer.
    Trims!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Menurut saya , orang yang di sukai pelanggan itu lebih membuat mendapat banyak pelanggan dan pelanggan tidak hilang tp jika hanya mengerjakan karena dia cocok dengan pekerjaan itu belum tentu orang itu dapat membuat pelanggan senang sepeti orang yang d sukai pelanggan.Percuma hanya cocok dengan pekerjaan tp tndak bsa mencari pelanggan karena yang paling penting d perusahaan adalah sbrapa bnyak pelanggan yg dimiliki
      2. Perkerjaan yang dimaksud adalah sales

      Hapus
    2. Maaf saudari eugenie, saya kurang jelas dengan balasannya. Apa anda mau bertanya atau mau mengomentari saya?

      Hapus
    3. Eugenie, silahkan tanggapi Andre

      Hapus
    4. kelas c nrp 3103011181

      saya setuju pendapat andre, karena dalam posisi customer service dan sales, sewrta marketing dibutuhkan skill dan komunikasi yang baik supaya mereka dapat berhubungan dengan consumen dengan baik

      Hapus
  3. 1.Menurut saya benar apa yang dikatakan oleh David Freemantle,karyawan yang dibutuhkan adalah karyawan yang mudah berkomunikasi atau bergaul dengan orang lain atau sekitar`nya,sebab pelanggan atau customer juga pasti senang atau tertarik pada sebuah perusahaan jika karyawan-karyawan di perusahaan tersebut welcome.
    Dan jika memiliki karyawan yang pintar dalam menjalankan job description tetapi tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain terutama pada customer maka pelanggan atau customer tidak akan tertarik.
    2.Sales,marketing karena posisi tersebut paling sering bahkan selalu berhubungan dengan pelanggan atau customer.
    thanks.

    BalasHapus
  4. 1. menurut saya yang menyebabkan David berpendapat Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description yaitu orang yang dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan cara membina hubungan dengan mendengarkan pelanggan, mengkaji kebutuhan pelanggan, dan mencari solusi untuk memecahkan masalah pelanggan serta yang terpenting memuaskan kebutuhan pelanggan.
    2. pekerjaan yang di maksud menurut saya dalam hal ini menekankan dalam bidang promosi dari semua usaha yang menjual barang maupun jasa. contohnya seperti sales

    BalasHapus
  5. 1.karena dengan merekrut karyawan yang disukai oleh pelanggan, maka memberi efek positif kepada perusahaan dimana barang-barang yg dijual akan lebih mudah dibeli oleh pelanggan, dari pada karyawan yang sekedar cocok dengan job desc tetapi tidak disukai oleh pelanggan akibatnya pelanggan tidak akan mau melakukan pembelian, sehingga bisa memberikan efek negatif bagi perusahaan.

    2.pekerjaannya adalah sebagai sales

    BalasHapus
  6. 1. Menurut pendapat saya, david freemantle dapat berpendapat seperti itu mungkin karena prinsip bahwa pelanggan adalah raja sehingga kita perlu memperhatikan apa yang diinginkan / disukai oleh pelanggan. Karena sasaran utama adalah pelanggan. Sehingga perusahaan lebih baik merekrut karyawan yang disukai pelanggan agar pelanggan merasa puas dengan kinerja karyawan tersebut. Membina hubungan/relasi yang baik dengan pelanggan merupakan suatu cara mendapat reputasi yang baik dalam pasar.

    2. Posisi atau pekerjaan yang di maksudkan menurut saya yaitu sales marketing dan public relation, karena dua bagian itu berhubungan langsung dengan masyarakat/pelanggan.
    thanks...

    BalasHapus
  7. 1. saya setuju dengan pernyataan yang dilontarkan oleh David, memang betul ketika merekrut seseorang yang mempunyai ketrampilan untuk menarik perhatian pelanggan untuk menyukainya. Ketika konsumen atau pelanggan sudah menyukai karyawan itu maka secara tidak langsung dia juga akan loyal dalam membeli barang yang di tawarkan oleh karyawan tersebut. Tetapi akan berbeda apabila seseorang itu memenuh JobDesk tetapi tidak mempunyai keahlian untuk menarik perhatian pelanggannya.

    2. Pekerjaan yang mungkin kira-kira dimaksudi oleh David adalah sesuatu yang berhubungan dengan marketing (sales).

    BalasHapus
  8. merekrut karyawan yang disukai oleh pelanggan, maka memberi efek positif kepada perusahaan dimana barang-barang yg dijual akan lebih mudah dibeli oleh pelanggan, dari pada karyawan yang sekedar cocok dengan job desc

    BalasHapus
  9. job desc merupakan dasar atau batasan dari pekerjaan. akan tetapi,saat kita mengimplementasikan pekerjaan, yang harus dilakukan adalah bagaimana menjadikan konsumen untuk menyukai karyawan perusahaan sehingga menjadikan konsumen loyal terhadap perusahaan.
    pekerjaan yang dimaksud yaitu bagian sales marketing.

    BalasHapus
  10. 1.menanggapi nomor 1,orang yang melakukan pekerjaannya dengan baik tapi tidak disukai pelanggan sama saja,sebab tanpa adanya daya tarik pelanggan.perusahaan tersebut susah berkembang.mungkin pekerjaan yang dimaksud oleh "David Freemantle" adalah orang yang bergelut di bidang marketing seperti sales atau public relationship.
    2.Pekerjaan yang dimaksud adalah sales,karena itu memang "job description" seorang sales untuk menarik pelanggan agar disukai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang job des-nya sales adalah untuk menarik pelanggan untuk menyukai si sales, berarti pernyataan David Freemantle "mubasir". Bagaimana menurutmu, Ardrian?

      Hapus
    2. Menurut saya pendapat David Freemantle hanya lebih mementingkan kepuasan pelanggan dari pada kinerja pekerjaan.
      Kalau hanya kepuasan pelanggan yang dicari tetapi kinerjanya kurang diperhatikan,saya rasa perusahaan tersebut akan terlambat perkembangan kemajuannya.
      Jadi kalau saya boleh tambahkan, lebih baik dua-duanya yang berjalan.

      Hapus
  11. Menurut pendapat saya, bwt soal nomer 1 David dapat berpendapat seperti itu karena Dalam membangun dan menjalankan komitmen sebuah Perusahaan diperlukan adanya sistem perencanaan yaitu merekrut para Karyawan atau Pegawai yang biasanya melayani Pelanggan atau Konsumen yang utama dikarenakan karena lebih mengutamakan sosialisasi terhadap spesialisasi kinerja komunikasi antara para Karyawan dengan Konsumen atau pelanggannya agar ke depannya dapat berelasi dan tepat dengan cara kerja Sumber Daya Manusianya.
    Bwt soal nomer 2, menurut saya, Pekerjaan yang dimaksud adalah Pimpinan HRD atau Supervisor Sales dalam usaha marketing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa alasan Shelly memasukkan Pimpinan HRD masuk dalam kategori yang dimaksudkan David Freemantle?

      Hapus
    2. saya mau bertanya kepada selly, apa yang anda maksudkan dengan tepat dengan cara kerja sumber daya manusianya?

      Hapus
  12. 1. Menurut saya, memang penting merekrut orang sesuai dengan job desknya, tetapi juga sangatlah peneting untuk merekrut orang yang disukai oleh pelanggan terutama untuk mereka yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Jika hanya berpatokan pada job desk saja, sebenarnya hal ini dilakukan untuk karyawan internal yang berhubungan dengan pihak intern perusahaan. akan tetapi, jika kita merekrut karyawan yang disukai oleh pelanggan, perusahaan lebih fokus pada hubungan dengan pihak eksternal. sehingga sangat dibutuhkan juga karyawan yang disukai oleh pelanggan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
    2. posisi pekerjaan : Sales / SPG / SPB, Custommer service, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang jasa.

    BalasHapus
  13. 1. menurut pendapat saya , seorang marketing itu harus dapat merayu hati seorang konsumen agar konsumen tersebut mau untuk menjadi pelanggan kita, dan juga konsumen sangat senang pada pelayanan kita yang baik dan memuaskan, jadi kunci keberhasilan di dalam bisnis tidak hanya keahlian bisnis tetapi bagaimana kita memberikan nilai yg baik bagi konsumen
    2. sales marketing , SPG , Customer service

    BalasHapus
  14. 1. menurut pendapat saya , seorang konsumen itu akan / ingin beralngganan pada kita apabila merasa senang dalam pelayanan , apalagi pelayanan tidak pernanh mengecewakan dan di dalam bisnis tidak hanya keahlian dalam berbisnis tetapi keahlian di dalam menawrkan produk itu sangat penting sekali.
    2. marketing , customer service , bagian promosi

    BalasHapus
  15. MENURUT SAYA org yg layak direkrut adalah org yg dapat memberikan kepuasan pada pelanggan krn pelanggan adalah aset penting suatu bisnis, sehingga apabila pelanggan puas dgn pelayanan kita maka mereka akan memberikan niklai lebih pd bisnis atau perusahaan kita. bagi saya org yg dpt memberi kepuasan pd pelanggan adalah org yg mengenal bisnis.sedangkan yg dpt mengerjakan job desk-nya belum tentu dpt memberikan nilai plus pd perusahaan trsbt dan blm tentu mengenal bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.saya setuju dengan pendapat dari marcel dan saya ingin menambahi bahwa pelanggan merupakan salah satu aset yang terpenting dalam sebuah perusahaan sehingga sangatlah penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan jika pelanggan menyukai karyawan tersebut maka pelanggan akan mau membeli kembali di perusahaan tersebut karena pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
      2.Pekerjaan yang kiranya sesuai dengan kriteria dari David adalah sales,marketing,customer service, cashier dan public relation.

      Hapus
  16. 1. menurut saya dalam hal ini, yang dimaksudkan adalah untuk pekerjaan2 yang berhubungan langsung dengan konsumen. terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Dengan merekrut orang yang ber attitude baik, mampu membuat nyaman pelanggan, maka aka bisa lebih memuaskan dan mendapatkan kredit khusus dari pelanggan daripada orang yang hanya sekedar cocok dengan job description.

    2. pekerjaan yang berhubungan atau bertatap muka langsung dengan pelanggan. Misalnya : layanan pelanggan, bagian promosi, resepsionis, para front liner, bagian delivery, sopir untuk bidang jasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pada saudara erick.. apakah dg betatap muka saja? klo yg tidak bertatap muka gmna??

      Hapus
  17. 1. Menurut pendapat saya, saya setuju dengan pendapat yang di kemukakan oleh David Freemantle. Hal yang di butuhkan dalam perekrutan karyawan memang harus berdasarkan pada Job decription yang di butuhkan oleh perusahaan, tetapi di samping itu hal yang lebih penting yaitu karyawan harus bisa menjalin relasi yang baik dengan pelanggan. Karena pelanggan merupakan salah satu dari "Para Pemangku Kepentingan" (stakeholder) oleh karena itu kita harus bisa menjalin relasi yang baik.

    2. "PR" (Public Relation), sales marketing, Resepsionis.

    BalasHapus
  18. 1. saya setuju dengan pendapat david, karena hampir tidak ada perusahaan baik jasa maupun manufaktur yang tidak membutuhkan pemasaran dan pengenalan produk ke pelanggan. oleh karena itu dirasa lebih penting merekrut orang yang bisa disukai pelanggan agar saat orang tersebut menawarkan produk pelanggan tertarik dan kemudian mengkonsumsi produk tersebut.
    2. public relation, marketing, customer service, SPG/SPB dan semua pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan

    BalasHapus
  19. 1. Saya setuju dengan david yang mengatakan harus merekrut orang yang disukai oleh pelanggan karena memang setiap perusahaan perlu orang yang memiliki kemampuan atau skill sesuai dengan job descriptionnya tetapi kalau dengan hal itu saja itu masih kurang. jadi memang benar harus merekrut orang yang juga dapat disukai oleh pelanggan maksudnya yang pintar berinteraksi atau berkomunikasi dengan pelanggan-pelanggannya. contohnya saja saat suatu perusahaan tersebut melakukan pemasaran produk terhadap pelanggan jadi perusahaan tersebut harus memiliki karakter orang yang disukai pelanggan misalnya saat memasarkan atau mengenalkan produk itu dengan cara yang menyenangkan bukan kesannya yang memaksa.

    2. marketing, customer service, public relation

    BalasHapus
  20. 1.saya setuju dengan opini yg dipaparkan Freemantle karena dengan orang" yg mampu menarik perhatian pelangan maka image perusahaan yg baik akan terbangun.. dan menurut saya image perusahaan itu menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan.
    byk orang yg mampu memenuhi job description tpi yg memiliki kompetensi dalam menarik pelanggan tidak semua orang bisa melakukan nya..
    2.marketing n public relation

    BalasHapus
  21. 1. Menurut pendapat saya, orang yang di sukai pelanggan itu lebih membuat mendapat banyak pelanggan dan pelanggan tidak hilang tp jika hanya mengerjakan karena dia cocok dengan pekerjaan itu belum tentu orang itu dapat membuat pelanggan senang sepeti orang yang d sukai pelanggan. karna pelanggan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah usaha.

    2.sales marketing, SPG, costumer service

    BalasHapus
  22. 1. Menurut pendapat saya karena bila hanya sekedar memenuhi job description maka pekerjaan akan standard dan mungkin tidak sepenuhnya akan menarik minat konsumen, sehingga dibutuhkan orang yg disukai pelanggan, dengan demikian pelanggan dapat lebih tertarik untuk mengenal produk" yang dibuat oleh freemantle.

    2.Marketing

    BalasHapus
  23. 1. karena pelanggan akan lebih nyaman dengan adanya orang yang menyenangkan bagi pelanggan itu sendiri dan pelanggan kadang tidak peduli dengan kemampuan orang itu, tetapi dengan cara apa dia bisa memberi kepuasan pada pelanggan tersebut.
    2. menurut saya itu job yang di maksud adalah, seorang marketing dan seles.

    BalasHapus
  24. 1. menurut saya yang menyebabkan David mengatakan hal demikian karena dalam beberapa pekerjaan seseorang tidak hanya dtuntut untuk dapat melakukan job description, melainkan juga harus disukai pelanggan.

    2. misalkan saja sales marketing. untuk menawarkan produk yang dimiliki perusahaan seorang sales marketing harus pandai-pandai untuk mengambil hati konsumen, selain itu juga memiliki kepribadian yang menyenangkan, mudah bergaul. jadi tidak hanya memiliki kemampuan menjual saja.. konsumen juga menginginkan kepribadian yang nyaman saat bertransaksi.

    BalasHapus
  25. 1. Menurut pendapat saya, saya setuju dengan pernyataan David Freemantle karena dalam pemilihan pegawai kita juga harus mementingkan orang yang dapat berkomunikasi yang baik dengan pelanggan dan tidak harus dilihat dari job deskripsinya saja. sehingga, para konsumen dapat menjalin hubungan relationship yang baik dan loyal terhadap perusahaan tersebut.

    2. Sales Marketing dan customer service karena 2 bidang tersebut yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan sangat berkaitan dengan apa yang dimaksud oleh David Freemantle.

    BalasHapus
  26. 1. Menurut pendapat saya menjualkan produk/jasa tidak hanya di butuhkan skill atau kemampuan tetapi jg harus bisa berelasasi dengan konsumen yakni dengan cara mengerti apa yang benar" dibutuhkan oleh customer tsb dan kita dapat memenuhinya dengan lebih baik dari perusahaan lain. maka dipastikan customer tersebut akan tertarik untuk membeli suatu produk dan loyal berbelanja di perusahaan tersebut.

    2. Sales Marketing, SPG, public relation, consultan IT, consultan kesehatan, consultan keuangan, broker karena pekerjaan tersebut dibutuhkan people skills yang tinggi untuk dapat memiliki hubungan kepercayaan langsung dengan pelanggan/customers.

    BalasHapus
  27. 1. Menurut saya, David Freemantle berkata seperti itu karena di dalam perusahaan pasti yang dicari adalah keuntungan yang optimum(laba) dan itu dapat tercapai jika banyak pelanggan mempunyai loyalitas terhadap perusahaan. Loyalitas seorang pelanggan akan muncul jika pegawai yang bekerja dalam perusahaan tersebut bisa memberikan kepuasan, kenyamanan terhadap pelanggan. Saya ambil contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa(hotel). Kalau menginap dihotel, biasanya pegawai hotel akan menyambut pelanggan(tamu hotel) mulai dari membukakan pintu mobil tamu, mengambil barang-barang tamu dan mengantarkan barang tamu ke kamar sambil meunjukkan kamar kepada pelanggan. Pegawai tersebut mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik(sesuai dengan job discription nya) tapi itu belum tentu bisa memberikan kepuasan terhadap pelanggan jika pegawai tersebut tidak murah senyum(cemberut melulu) dan itu bisa membuat pelanggan tidak suka dan kurang nyaman dengan pelayanan pegawai tersebut. Tetapi jika pelanggan menyukai pelayanan pegawai, otomatis pelanggan suatu saat nanti kalau menginap dihotel, akan menginap lagi di hotel tersebut. Jadi pegawai yang sekedar bisa melakukan job discption dengan baik tanpa bisa membuat pelanggan senang itu juga percuma.

    2. Marketing, pelayanan, CS.

    BalasHapus
  28. 1. menurut saya kata-kata dari david freemantle berada di kata-kata yang ambigu. yaitu terdapat sisi pro dan kontra. ada yang memilih di sukai pelanggan ada yang memilih job deskription. tetapi menurut saya keduanya perlu. karena orang yang disukai pelanggan dapat memperbanyak menarik minat pelanggan itu sendiri untuk menyukai hasil-hasil dari perusahaannya. begitu juga dengan job description, perusahaan pasti akan memilih orang yang layak untuk perusahaan tersebut yang memiliki skill atau ahli di bidang yang dijalaninya. bagi saya kedua hal ini bila berkaitan akan menimbulkan kesuksesan.

    2. posisi yang di maksud freemantle bagi saya adalah orang yang bekerja di lapangan, karna berkaitan atau berinteraksi langsung dengan pelanggan, misalnya sales.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau menanggapi pendapat saudara Adeseptian Poin pertama. Tolong lebih diperjelas apa yang anda maksudkan dan tolong berikan contohnya

      Terima Kasih.

      Hapus
  29. 1. Menurut saya perkataan David Freemantle yang mengatakan bahwa “Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description!”.itu memfokuskan pada tingkat kepuasan pelanggan. Saat pelanggan suka dengan pelayanan tersebut pelanggan akan merasa puas dan senang. Dan jika pelanggannya senang dengan pelayanan apa yang di berikan, itu dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sukses dalam memenuhi tingkat kepuasan pelanggan.
    2. Posisi yang dimaksudkan bisa di posisi costumer service dan sales karena di posisi ini banyak berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

    BalasHapus
  30. 1. saya setuju dengan pendapat david. mengapa? karena orang yang mampu berkomunikasi atau berinteraksi dengan konsumen adalah sebuah awal kesuksesan dari sebuah bisnis dengan kita dapat berinteraksi atau "disukai konsumen" segala apa yang kita jual akan lebih mudah dibanding dengan orang yang kurang disukai konsumen, berbeda dengan orang yang hanya fokus kepada job des nya saja tanpa bisa mengerti cara untuk mengikat suatu konsumen
    2. sales promotion

    BalasHapus
  31. 1. Menurut saya yang di katakan David Freemantle ada benarnya. Seorang karyawan tidak hanya mampu mengerjakan job description tetapi seorang karyawan juga harus memiliki atitude yang baik,sehingga keahlian yang dimiliki akan lebih seimbang dengan memiliki atitude yang baik
    2. Marketing,CS,Public relation

    BalasHapus
  32. Edwin_kls c
    1.Menurut saya orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description sangatlah berpengaruh karena orang yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan mempunyai nilai lebih ,karena pelanggan adalah aset penting suatu bisnis, pelanggan adalah raja sehingga apabila pelanggan puas dengan pelayanan kita maka pelanggan akan kembali lagi ke tempat kita,sedangkan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description belum tentu disukai pelanggan.
    2.Pekerjaan yang sesuai dengan kriteria dari David adalah sales, Supervisor Sales dalam usaha marketing,customer service, cashier dan public relation.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Saudara Edwin,
      Memang belum tentu orang yang cocok dengan Job Description akan disukai dan mampu memuaskan pelanggan dengan pelayanannya. Padahal kepuasan pelanggan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Sehingga terkadang perusahaan lebih memilih orang yang disukai pelanggan dibandingkan mencari orang yang cocok dengan Job Description.

      Pekerjaan yang sesuai dengan kriteria di atas sebenarnya bisa dikatakan hampir sebagian besar pekerjaan, karena mayoritas pekerjaan membutuhkan kontak dengan pelanggan, namun yang menonjol misalnya sales, cashier, customer service, resepsionis, dsb.

      Hapus
    2. Saya sangat setuju dengan pendapat anda, bahwa memang tidak semua SDM yang fit dengan job Description bisa/mampu memuaskan pelanggan, terutama seperti yang anda katakan, nilai lebih. Nilai lebih seorang karyawan dalam melayani pelanggan tentunya berbeda-beda dan hal itulah yang justru seringkali turut mempengaruhi kepuasan dan bahkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Karyawan yang cocok dengan job descriptionnya belum tentu memiliki nilai lebih tersebut sehingga perusahaan sering kali lebih memilih untuk merekrut karyawan yang tidak hanya cocok dengan job description tetapi juga memiliki nilai lebih dalam berkinerja.


      Untuk karyawan jenis ini, biasanya sangatlah cocok untuk ditempatkan di bagian front atau garis depan perusahaan dimana merekalah yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dan bahkan mereka pula yang dapat memberi kontribusi yang cukup besar dalam menciptakan image/gambaran akan perusahaan di mata pelanggan.

      Hapus
    3. Rosenda-kelas c

      Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description itu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan karena dapat memberikan kepuasan pada pelanggan mempunyai dan mempunyai nilai lebih ,karena pelanggan adalah aset penting suatu bisnis. Jika mereka yang sekedar cocok dengan Job Description belum tentu disukai pelanggan.

      Posisi atau pekerjaan yang sesuai adalah customer service, resepsionis, sales, cashier, dll.

      Hapus
  33. Kelas A

    1. Mungkin menurut david merekrut karyawan yang disukai pelanggan lebih tepat karena dapat menarik konsumen/pelanggan lebih banyak lagi. Mungkin dengan cara bicara, penampilan dan perilaku yang baik yg membuat pelanggan merasa nyaman sehingga dapat diterima dengan baik
    Mungkin menurut david, job description bias dipelajari dengan sendirinya karena terbiasa. Karena skill atau karakter pribadi seseorang yang dapat diterima pelanggan itu susah untuk ditiru dan dipelajari.
    2. Posisi atau pekerjaan apa yang kira-kira dimaksudkan oleh David adalah Karyawan Marketing .

    BalasHapus
  34. Menurut saya, belum tentu seseorang yang sesuai dengan job desc yang ada mampu menyenangkan konsumen ataupun mampu membuat konsumen puas. Seorang yang mampu menyenangkan atau disukai oleh pelanggan akan mampu mencapai loyalitas pelanggan yang lebih tinggi, karena hubungan yang terjadi lebih akrab .

    Posisi yang dimaksud adalah karyawan marketing yang memang tugasnya bertemu muka dengan para pelanggan. Hubungan yang baik inilah yang akan diingat oleh konsumen dan menjadikan pelanggan yang loyal.

    BalasHapus
  35. Richard_C
    1. Menurut pendapat saya, saya setuju dengan pernyataan David Freemantle karena dalam pemilihan pegawai kita juga harus mementingkan orang yang dapat berkomunikasi yang baik dengan pelanggan dan tidak harus dilihat dari job deskripsinya saja. sehingga, para konsumen dapat menjalin hubungan relationship yang baik dan loyal terhadap perusahaan tersebut.

    2. Sales Marketing, SPG dan customer service. Karena bidang tersebut yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan sangat berkaitan dengan apa yang dimaksud oleh David Freemantle.

    BalasHapus
  36. Kepribadian setiap orang yaitu pelanggan tentunya berbeda-beda yang mengharuskan karyawan memiliki kemampuan untuk selalu bisa beradaptasi terhadap lingkungan kerjanya salah satu yang terpenting adalah dalam menghadapi pelanggan. membuat pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan kita adalah faktor yang sangat penting agar dalam proses pembelanjaan berikutnya pelanggan bisa kembali lagi melakukan transaksi. namun pada kenyataannya saat ini sangat banyak perusahaan yang tidak memerhatikan kinerja karyawan dalam menghadapi pelanggan karena pada dasarnya pimpinan bertugas hanya mengatur keuangan dan tidak terlalu mementingkan kenyamanan konsumen dalam proses transaksinya.jadi sudah seharusnya karyawan yang diterima bekerja tidak hanya bisa menyelesaikan atau hanya melakukan jobdesc saja, akan lebih baik jika mereka memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan banyak konsumen sehingga bisa disenangi para konsumen.

    posisi pekerjaan yang dimaksud adalah bagian pemasaran yang langsung berhubungan dengan pelanggan yang biasanya melakukan transaksi jual beli secara langsung.

    BalasHapus
  37. 1. Dalam merekrut orang selain melihat kemampuan yang sesuai dengan job desct, perusahaan harus bisa merekrut orang yang dapat menjalankan job desct nya dengan baik selain dengan kemampuannya yaitu dengan keramahannya terhadap pelanggan. Karena bagi orang-orang yang bekerja bertatap langsung dengan konsumen atau pelanggan dia harus bisa menarik pelanggan tersebut dengan keramahannya. Sehingga pelanggan merasa senang dan puas.
    2. Contoh orang-orang yang perlu direkrut tanpa hanya dilihat dari sisi kemampuannya adalah resepsionis, cashier, sales, customer service.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudari dwima dan ingin menambahkan sedikit. jika orang itu bisa memuaskan pelanggan bisa di pastikan dia menguasai job descnya dengan baik. jadi perusahaan lebih perluorang yang mengerti dengan baikapa yang harus dia kerjakan sesuai job descnya daripada orang yang sekedarbisa mengerjakan saja. terima kash.
      Erma susanti kelas C

      Hapus
    2. Ya, saya juga setuju dengan pendapat Sdri. Dwima,
      Pendapat David dapat diterapkan ketika perusahaan melakukan seleksi karyawan yang akan bertatapan langsung dengan konsumen. Biasanya perusahaan dalam bidang jasa yang mengutamakan pelayanan terhadap pelanggannya. Hal ini penting karena saat jasa diberikan oleh perusahaan melalui karyawan, konsumen dapat menikmati langsung kemudian menilai produk yang dihasilkan oleh perusahaan sudah cukup baik atau belum.

      Hapus
  38. 1. Mungkin menurut David adalah karena pekerjaan di dalam perusahaan hampir 50% lebih sebetulnya secara tidak langsung akan bersentuhan dengan konsumen. di samping itu seseorang yang berkompeten dalam job desc nya, juga di tuntut memiliki jiwa sosial, karena apa? karena pada dasar nya manusia adalah makhluk sosial dan tidak dapat hidup sendiri. Mungkin David juga berpendapat bahwa percuma orang yang memiliki skill berlevel tinggi tetapi hubungan dengan orang, baik terhadap sesama karyawan dan konsumen tidak di miliki. Karena dengan memiliki hubungan yang baik maka seseorang akan mampu mempelajari perilaku-perilaku, kebutuhan, dsb yang ada di masyarakat.
    2. Posisi yang kira-kira di maksudkan David adalah Manager Marketing, Marketing, Sales, public relation, manager store, cashier, customer service.

    BalasHapus
  39. Ivan - 3103010112 - msdm 1

    1. Menurut saya david beranggapan bahwa job description hanyalah penyataan tertulis yang menjelaskan tugas-tugas, kondisi kerja dan aspek-aspek lainnya dari suatu jabatan atau perkerjaan tertentu, wewenang dan sebagainya.  

    2. Menurut saya posisi yang dimaksud oleh david adalah pelayan restoran, pramugari. karena mereka-mereka lah yang seacara langsung berhadapan dengan pelanggan/customer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qm lbh setuju yg mana?
      Lbh yg disukai pelanggan atau yg job desc?

      Hapus
    2. Tergantung penempatan posisi, contohnya jika saya ingin merekrut pegawai dibagian keuangan jelas saya lebih mengutamakan job desc, karena tidak langsung berhadapan dengan pelanggan.

      Hapus
  40. keren sumbala-3103011191-msdm 1

    1.menurut saya,benar yang di katakan oleh david freemantle karena merekrut suatu pekerja bukan hanya melihat apakah seseorang itu mampu mengerjakan job description, tetapi dalam hal merekrut juga harus melihat bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain, apalgi kalau pekerjaan itu harus terjun langsung ke lapangan dan berhadapan langsung dengan pelanggan.

    2. posisi yang dimaksud customer service, kasir, sales marketing.

    BalasHapus
  41. frans jumbo-3103011072

    1. saya setuju dengan pendapat yang di kemukakan oleh david freemantle, karena jika kita melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan kita harus merekrut orang yang berpengalaman dalam suatu komunikasi dan sosial yang baik serta memiliki cara berkomunikasi yang baik, menarik,dan sopan agar pelanggan atau clien dapat tertarik apa yang nantinya akan kita tawarkan. jangan hanya merekrut orang yang hanya berpengalaman dibidang job description.

    2. customer service, saleman / woman.

    BalasHapus
  42. 1. saya merasa setuju dengan david freemantle tetapi dalam keadaan tertentu saya tidak setuju dengan david freemantle tersebut contohnya yang ada di dalam perusahaan manufaktur khususnya yang dimana hubungan antara pekerja dan pelanggan sangat minim, jadi seorang pekerja hanya cukup mengerjakan apa saja yang menjadi job descriptionnya.

    2. posisi yang dimaksud oleh david freemantle adalah posisi dimana seseorang yang bergerak dibidang jasa dan pelayanan, karena jasa itu identik langsung dengan pelayanan, yang tidak berwujud tetapi bisa dirasakan manfaatnya, oleh karena itu terkadang job description bukan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan karena ada faktor lain yang dikatakan david freemantle yaitu kecocokan pelanggan dengan pekerja

    BalasHapus
  43. 1. Menurut saya pendapat David yang mengatakan bahwa “ Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description”. Memang bisa dibilagn benar, karena selain kita merekut Karyawan yang mempunyai kriteria yang sesuai dengan Job Desriptionnya, kita juga harus bisa mencari karyawan yang bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Karena keberhasilan sebuah perusahaan dilihat dari kesetian ( loyalty ) seorang konsumen terhadap barang atau jasa yang di tawarka oleh perusahaan tersebut. Jadi seoarng karyawan harus bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan, dan juga selalu memberikan Informasi – informasi terbaru dari produk yang mereka luncurkan.

    2. Sales : karena sales yang berhubungan langsung dengan pelanggan sehingga kita harus mencari seorang sales yang selain pintar berbicara juga yang Humble dan bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan
    Costumer Service : seorang CS haruslah seseorang yang bisa dan mau mengerti para pelanggan ketika mereka berkelukesah tentang masalah yang dialami dari produk yang diluncurkan perusahaan. Tetapi bukan seorang CS yang cuek dan semaunya yang bisa disukai oleh pelanggan.

    BalasHapus
  44. 1) Menurut saya pendapat David itu benar, karena belum tentu orang yang job desk nya baik namun terkadang pelanggan justru tidak menyukainya. Sering kita lihat bahwa pelanggan menyukai orang yang sopan, ramah, bekerja dengan cekatan, dan mampu menjawab semua pertanyaan maupun kebutuhan pelanggannya.
    2)Marketing, karena pada posisi inilah yang sangat menunjang pencapaian strategi perusahaan dan pada posisi inilah yang sering bertatap mata secara langsung dengan pelanggan.

    BalasHapus
  45. 1.saya setuju dengan david.sebab job des hanya menekankan pada tugas-tugas yang harus di kerjakan,tapi kurang dalam bagaimana berkomunikasi dan perlaku yang baik.sehingga akan mengakibatkan kurangnya kepuasanan pelanggan,bila mereka tidak di perlakukan dengan baik
    2.custumer service

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara indra,bahwa jib des hanya menekankan pada tugas yang harus dikerjakan. tetapi jika pelanggan tersebut tidak cocok dengan layanan yang diberikan oleh karyawan tersebut maka seharusnya perusahaan memberikan karyawan yang sesuai dengan pelanggan inginkan meskipun karyawan tersebut tidak melakukan job des sesungguhnya. mungkin saya tambahkan contohnya yaitu pemasaran.

      Hapus
  46. 1. saya sependapat dengan David, sebab sebaik apa pun seorang yang dapat melakukan job des'nya belum tentu disenangi oleh pelanggan. Sebaliknya, orang yang disukai oleh pelanggan tentu sudah memiliki modal untuk melayani pelanggan, dan selanjutnya mengenai kemampuan menjalankan job des akan perlahan-lahan dapat dipelajari seiring berjalannya waktu karena terbiasa dan belajar dari pengalaman kesehariannya dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
    2. marketing

    BalasHapus
  47. 1. iya benar, kita harus merekrut mereka yang mampu mengerjakan job description, tetapi tidak hanya itu, pada pekerjaan tertentu yang dimana mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan, mereka harus bisa menempatkan diri mereka agar disukai oleh para pelanggan, karena dengan pelanggan menyukai, maka pelanggan akan merasa nyaman, merasa dihargai, dan tentu saja pelanggan akan lebih loyal kepada perusahaan,dan itu juga akan mengangkat pendapatan perusahaan.
    2. salesman/saleswoman, SPG/SPB, Customer Service.

    BalasHapus
  48. 1.Kalau menurut saya dalam melakukan rekrutmen job description memang penting tp lebih penting lg kalau memilih org yg akan di rekrut adalah orang yg disukai oleh pelanggan karena dengan orang yg disukai ole pelangga itu akan dapat menimbulka rasa loyalitas pelanggan terhadap terhadap perusahaan dan juga bisa menguntungkan perusahaan...
    2.Pekerjaan yg dimaksud adalah pekerjaan yg selalu berinteraksi langsung dengan customer seperti marketing,pengacara,dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan sedikit bertanya kepada saudara david santoso. anda mengatakan lebih penting kalau memilih orang yang akan di rekrut adalah orang yang disukai oleh pelanggan, bagaimana cara anda mengetahui bahwa orang yang anda rekrut tersebut disukai pelanggan atau tidak? terimakasih

      Hapus
  49. 1. menurut saya karyawan yang mampu mengerjakan job desc dengan baik belum tentu mampu membangun relasi yang baik pula dengan pelanggan. karena kesetiaan seorang konsumen dapat kita dapatkan salah satu caranya yaitu dengan kepuasan mereka terhadap kenyamanan dan kepuasan yang diberikan perusahaan baik melalui produk maupun jasa yang diberikan.
    2. public relation, customer service, dan sales marketing

    BalasHapus
  50. 1.) Menurut saya, yang dimaksudkan David Freemantle adalah, dalam perekrutan tenaga kerja atau karyawan sebaiknya merekrut tenaga kerja yang mempunyai kelebihan khusus atau nilai tambah. Bukan hanya sesuai dengan job description yang diperlukan saat interview saja, tetapi rekrutlah tenaga kerja yang juga bisa memberikan nilai tambah melalui soft skill nya yang juga dimaksudkan David Freemantle sebagai “rekrutlah orang yang disukai pelanggan” baik dalam melayani customer ataupun dalam kinerjanya di dalam perusahaan, karena nilai tambah dari SDM yang kita rekrut dapat berdampak pada produktivitas perusahaan, loyalitas customer, serta good will atau nama baik bagi perusahaan yang menjadi pertimbangan customer juga dalam membeli produk/jasa.
    2.) Untuk posisi pekerjaan yang sesuai yang dimaksudkan oleh David Freemantle, menurut saya alangkah baiknya jika semua posisi dalam perusahaan mempunyai kemampuan untuk disukai pelanggan. Tetapi kalau kita melihat dari rata - rata struktur organisasi dalam suatu perusahaan yang ada di Indonesia, sepertinya memang kemampuan untuk disukai pelanggan ini sangat sesuai dengan posisi seperti salesperson, marketing manager, customer service, serta posisi – posisi lain dalam perusahaan yang berhadapan atau berurusan langsung dengan customer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudara alan, saya mau menambahkan lebih baik lagi bila orang yang kita rekrut dapat beradaptasi dengan cepat di dalam perusahaan, karena dengan cepat beradaptasi kinerja perusahaan pasti akan meningkat dengan lebih baik lagi. Terima kasih

      Hapus
  51. 1. menurut saya apa yang di maksud david adalah memang perlu untuk merekrut orang yang sesuai dengan job descriptionnya, tetapi menurut saya kalau cuma sesuai dengan job descriptionnya tapi tidak dapat berinterkasi sosial dengan pelanggan menurut saya akan kurang maksimal, berbeda dengan kita merekrut orang yang di sukai pelanggan, berarti orang yang kita rekrut ini memiliki nilai "plus" dalam dirinya, disisi lain pelanggan bisa lebih loyal kepada perusahaan karena adanya orng yang disukai tersebut

    2. pekerjaan yang di maksud adalah, bidang marketing,public relation, dan pekerjaan yang membutuhkan interkasi langsung dengan pelanggan

    BalasHapus
  52. 1 Menurut saya yang dimaksud david adalah lebih baik jika kita merekrut tenaga kerja yang memiliki nilai lebih, yaitu yang dapat berinteraksi serta menarik hati pelanggan. Karena hal itu dapat membuat pelanggan setia dan loyal kepada kita. Karena terkadang job desk nya baik, tetapi tidak dapat berinteraksi dengan baik kepada pelanggan.

    2. Pekerjaan yang dimaksud yaitu pekerjaan yang dituntut untuk berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti costumer service, sales person, public relation, manager marketing, teller bank, dll.

    BalasHapus
  53. menurut saya apa yang dimaksud oleh david adalah tenaga kerja yang direkrut bukan hanya yang bisa memenuhi job des nya saja, tetapi harus tenaga kerja yang disukai pelanggan. pegawai yang direkrut bisa melaksanakan job des nya dengan baik, tetapi apabila dia tidak dapat beinteraksi atau berhubungan baik dengan pelanggan, pelanggan pun tidak akan suka dan tidak akan loyal dengan perusahan. jika pelanggan suka dengan pelayanan pegawai itu, maka pelanggan pun akan loyal dengan perusahaan karena pegawai mampu membuat hubungan yang baik dengan customer. jadi pegawai harus disukai oleh customer agar loyalitas customer tinggi.

    menurut saya pekerjaan yang dimaksud adalah customer service, public relation, dan yang berhubungan dengan marketing.

    BalasHapus
  54. menurut saya david mencari seorang tenaga kerja yang memiliki kelebihan lain tidak hanya di lihat dari job desnya namun juga memiliki soft skill yang baik karena dalam pekerjaannya mungkin david mencari seseorang yang berhadapan langsung dengan pelanggan

    menurut saya pekerjaannya yang dimaksud adalah pekerjaan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan seperti costumer service, sales, dan Public Relation

    BalasHapus
  55. 1. karena sekedar cocok dengan job description saja tidak cukup, konsumen lebih menyukai seseorang yang cocok dengan mereka. cocok disini menurut saya dalam hal karakter / kepribadian. kecocokan karakter dengan konsumen akan memberikan kepercayaan kepada konsumen dan meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.
    2. posisi yang bertemu langsung dengan konsumen yaitu bagian marketing dan public relation.

    BalasHapus
  56. 1. saya setuju dengan statment David Freemantle. hal ini saya kira sesuatu yang sangat penting, tetapi kurang disadari oleh bagian HRD. Menurut saya, disukai pelanggan adalah sebuah job desc yang tersirat dari setiap organisasi, dan itu sudah sebuah keharusan. karena konsumen adalah pihak yang harus dipuaskan dengan layanan kita.
    2. mungkin merekrut orang-orang seperti ini lebih cocok ditempatkan pertama pada bagian marketing, dimana marketing yang akan mempromosikan bagaimana produk dan jasa kita, kelebihan dan manfaat dari produk sebuah perusahaan. kedua pada bagian door man, karena yang akan ditemui calon-calon kosumen pertama kali adalah door man, apabila door man tidak ramah, bagaimana konsumen akan berminat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat sheilla.
      statment david freemantle “Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description!” memang benar. dikarenakan pelanggan memang mempunyai andil yang besar bagi sebuah perusahaan. dan posisi yang cocok adalah bagian pemasaran karena apabila pihak pemasaran disukai oleh pelanggan, maka akan dengan mudah perusahaa berpromosi dan pelanggan akan mengetahui apa yang ditawarkan dan mudah menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tersebut.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat Sheilla. Untuk bisa mengerjakan job desc dari perusahaan dengan baik kita harus setidaknya mengenal pelanggan, mulai dari sifat, karakter, keperluan yang mereka inginkan, dsb. Dengan demikian kita menjadi tahu bagaimana seharusnya bertindak dan mendekati calon pelanggan tersebut. Ketika hubungan dengan pelanggan itu baik, maka tentu mereka akan menyukai kita, sehingga tujuan utama karyawan tersebut (misal:menjual sebuah produk) dapat dilakukan dengan sukses yang tentunya juga lebih mudah, dan orang-orang dengan keahlian seperti ini cocok bagi mereka yang bekerja di bagian marketing, front liner, costumer service, dsb.

      Hapus
  57. saya setuju dengan pendapat david fre
    emantle karena dalam beberapa aspek memang ada pekerjaan yang melihat bahwa jika pekerja tersebut dapat menyenangkan hati pelanggan maka nilai kepuasan pelanggan akan meningkat. Karena tak dipungkiri jika nilai kepuasan pelanggan meningkat maka nilai perusahaan juga meningkat. Itulah yang menyebabkan david freemantle berpendapat bahwa lebih baik merekrut karyawan yang disukai oleh pelanggan karena dari kepuasan pelanggan maka loyalitas pelanggan akan tercipta.
    pekerjaan ini biasanya terjadi pada seles , spg , costumer service yang biasanya berhadapan langsung dengan pelanggan.
    Deviani kelas D (3103011024)

    BalasHapus
  58. menurut saya, selain cocok dengan job desc, karyawan juga harus mampu menarik hati konsumen. posisi pekerjaan yang dimaksudkan oleh david adalah posisi pekerjaan yang mengharuskan karyawan berhadapan langsung dengan konsumen seperti customer service, kasir, spg. jika pelayanan yang mereka berikan kepada konsumen baik, maka konsumen akan senang dan kemungkinan untuk kembali untuk kedua kalinya besar.

    BalasHapus
  59. Menurut saya alasan David mengatakan seperti itu mungkin hanya untuk beberapa pekerjaan saja yang memang dinilai hanya cocok untuk kenyamanan pelanggan, job description untuk ciri pekerjaan itu adalah seperti pada yang langsung berhadapan dengan pelanggan seperti Sales dan Customer. Apabila pelanggan tidak merasa nyaman dengan sales dan customer service tersebut mereka tidak akan bisa meneruskan kerjasama yang sudah berjalan, pelanggan cenderung tidak nyaman dan pada akhirnya akan merugikan pihak perusahaan. Kunci kesuksesan itu terdapat pada pelanggan, karena mereka yang membeli produk perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  60. 1.Kita harus merekrut calon karyawan yang mampu mengerjakan job description memang benar tetapi tetap dibarengi atau seimbang dengan kemampuan untuk dapat menarik pelanggan, hal ini sesuai dengan pekerjaan yang berhubungan dengan jasa yang mana berhubungan secara langsung kepada konsumen.
    2.Seperti pegawai salon, penjaga toko, dan pelayan restoran; ketertarikan konsumen akan terlihat pada kedatangan yang berulang kali atau menjadi pelanggan tetap.

    BalasHapus
  61. 1. menurut saya david mengatakan hal tersebut ada benarnya karena apabila pekerja yang direkrut tersebut disenangin pelanggan (mungkin karena keramahan dan kesabaran dalam melayani pelanggan itu bisa jadi) sehingga banyak konsumen yang senang membeli produk kita ataupun menunjukkan keloyalitasannya kepada kita. Namun hal tersebut tidak akan berpengaruh dengan pekerjaan yang berada dibelakang layar ataupun tidak berhadapan langsung dengan pelanggan
    2. posisi sales, customer service (segala hal yang behubungan dengan marketing)

    BalasHapus
  62. 1. Menurut saya, di sisi lain mereka telah memiliki job desc sesuai kemampuan mereka karyawan harus mampu menarik konsumen sebanyak mungkin sesuai pekerjaan mereka.
    2.customer service, kasir.

    BalasHapus
  63. Menurut saya, orang yang cocok dengan job des belum tentu dapat mampu menarik pelanggan atau disukai oleh pelanggan. Karyawan yang mampu menarik pelanggan biasanya adalah orang yang ramah, dan dapat di percayai. Namun orang-orang yang disukai oleh pelanggan biasanya mempunyai posisi-posisi tertentu di dalam perusahaan. Contohnya seperti bagian pemasaran.

    BalasHapus
  64. 1. menurut saya,memaang benar kita harus merekrut karyawan dari job des nya,tetapi kita juga harus melihat dari kecocokan pelanggan.
    2. biasanya karyawan dari customer service dan pemasaran

    BalasHapus