tag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post9037790518755900321..comments2023-12-14T10:58:18.232+07:00Comments on DISKUSI MSDM DAN ORGANISASI: Siapa yang akan direkrut (Bahan Diskusi 1 Maret 2012)Unknownnoreply@blogger.comBlogger89125tag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-25521211583218724062013-03-02T17:44:56.130+07:002013-03-02T17:44:56.130+07:00saya setuju dengan pendapat saudara indra,bahwa ji...saya setuju dengan pendapat saudara indra,bahwa jib des hanya menekankan pada tugas yang harus dikerjakan. tetapi jika pelanggan tersebut tidak cocok dengan layanan yang diberikan oleh karyawan tersebut maka seharusnya perusahaan memberikan karyawan yang sesuai dengan pelanggan inginkan meskipun karyawan tersebut tidak melakukan job des sesungguhnya. mungkin saya tambahkan contohnya yaitu pemasaran.JohanK 3103011243_Chttps://www.blogger.com/profile/14161916669008676338noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-3949884935840951022013-03-02T17:14:54.661+07:002013-03-02T17:14:54.661+07:001. menurut saya,memaang benar kita harus merekrut ...1. menurut saya,memaang benar kita harus merekrut karyawan dari job des nya,tetapi kita juga harus melihat dari kecocokan pelanggan.<br />2. biasanya karyawan dari customer service dan pemasaranFannyF 3103011274_Bhttps://www.blogger.com/profile/10144533793040855767noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-69839114398984958452013-02-27T22:23:24.682+07:002013-02-27T22:23:24.682+07:00Saya setuju dengan pendapat Sheilla. Untuk bisa me...Saya setuju dengan pendapat Sheilla. Untuk bisa mengerjakan job desc dari perusahaan dengan baik kita harus setidaknya mengenal pelanggan, mulai dari sifat, karakter, keperluan yang mereka inginkan, dsb. Dengan demikian kita menjadi tahu bagaimana seharusnya bertindak dan mendekati calon pelanggan tersebut. Ketika hubungan dengan pelanggan itu baik, maka tentu mereka akan menyukai kita, sehingga tujuan utama karyawan tersebut (misal:menjual sebuah produk) dapat dilakukan dengan sukses yang tentunya juga lebih mudah, dan orang-orang dengan keahlian seperti ini cocok bagi mereka yang bekerja di bagian marketing, front liner, costumer service, dsb.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00002093315799408134noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-77831408272622338702013-02-26T21:38:15.196+07:002013-02-26T21:38:15.196+07:00Ya, saya juga setuju dengan pendapat Sdri. Dwima,
...Ya, saya juga setuju dengan pendapat Sdri. Dwima,<br />Pendapat David dapat diterapkan ketika perusahaan melakukan seleksi karyawan yang akan bertatapan langsung dengan konsumen. Biasanya perusahaan dalam bidang jasa yang mengutamakan pelayanan terhadap pelanggannya. Hal ini penting karena saat jasa diberikan oleh perusahaan melalui karyawan, konsumen dapat menikmati langsung kemudian menilai produk yang dihasilkan oleh perusahaan sudah cukup baik atau belum.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04143315624548439121noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-36440913722434425922013-02-25T22:14:52.295+07:002013-02-25T22:14:52.295+07:00Menurut saya, orang yang cocok dengan job des belu...Menurut saya, orang yang cocok dengan job des belum tentu dapat mampu menarik pelanggan atau disukai oleh pelanggan. Karyawan yang mampu menarik pelanggan biasanya adalah orang yang ramah, dan dapat di percayai. Namun orang-orang yang disukai oleh pelanggan biasanya mempunyai posisi-posisi tertentu di dalam perusahaan. Contohnya seperti bagian pemasaran. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00253448148225830066noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-88168969007353779562013-02-25T20:47:53.683+07:002013-02-25T20:47:53.683+07:00saya sangat setuju dengan pendapat sheilla.
statme...saya sangat setuju dengan pendapat sheilla.<br />statment david freemantle “Rekrutlah orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description!” memang benar. dikarenakan pelanggan memang mempunyai andil yang besar bagi sebuah perusahaan. dan posisi yang cocok adalah bagian pemasaran karena apabila pihak pemasaran disukai oleh pelanggan, maka akan dengan mudah perusahaa berpromosi dan pelanggan akan mengetahui apa yang ditawarkan dan mudah menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tersebut.Amelia Seputrohttps://www.blogger.com/profile/18358832777717776235noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-32307039313581704372013-02-24T23:15:59.662+07:002013-02-24T23:15:59.662+07:001. Menurut saya, di sisi lain mereka telah memilik...1. Menurut saya, di sisi lain mereka telah memiliki job desc sesuai kemampuan mereka karyawan harus mampu menarik konsumen sebanyak mungkin sesuai pekerjaan mereka.<br />2.customer service, kasir.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07066886434654744225noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-53343340129048165212013-02-23T23:55:38.106+07:002013-02-23T23:55:38.106+07:001. menurut saya david mengatakan hal tersebut ada ...1. menurut saya david mengatakan hal tersebut ada benarnya karena apabila pekerja yang direkrut tersebut disenangin pelanggan (mungkin karena keramahan dan kesabaran dalam melayani pelanggan itu bisa jadi) sehingga banyak konsumen yang senang membeli produk kita ataupun menunjukkan keloyalitasannya kepada kita. Namun hal tersebut tidak akan berpengaruh dengan pekerjaan yang berada dibelakang layar ataupun tidak berhadapan langsung dengan pelanggan<br />2. posisi sales, customer service (segala hal yang behubungan dengan marketing)Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08788837023703299608noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-89359795569380952662013-02-23T23:51:11.252+07:002013-02-23T23:51:11.252+07:001.Kita harus merekrut calon karyawan yang mampu me...1.Kita harus merekrut calon karyawan yang mampu mengerjakan job description memang benar tetapi tetap dibarengi atau seimbang dengan kemampuan untuk dapat menarik pelanggan, hal ini sesuai dengan pekerjaan yang berhubungan dengan jasa yang mana berhubungan secara langsung kepada konsumen. <br />2.Seperti pegawai salon, penjaga toko, dan pelayan restoran; ketertarikan konsumen akan terlihat pada kedatangan yang berulang kali atau menjadi pelanggan tetap.<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-26597782285231890052013-02-23T22:54:21.597+07:002013-02-23T22:54:21.597+07:00Menurut saya alasan David mengatakan seperti itu m...Menurut saya alasan David mengatakan seperti itu mungkin hanya untuk beberapa pekerjaan saja yang memang dinilai hanya cocok untuk kenyamanan pelanggan, job description untuk ciri pekerjaan itu adalah seperti pada yang langsung berhadapan dengan pelanggan seperti Sales dan Customer. Apabila pelanggan tidak merasa nyaman dengan sales dan customer service tersebut mereka tidak akan bisa meneruskan kerjasama yang sudah berjalan, pelanggan cenderung tidak nyaman dan pada akhirnya akan merugikan pihak perusahaan. Kunci kesuksesan itu terdapat pada pelanggan, karena mereka yang membeli produk perusahaan tersebut.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07679154921646847357noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-58698780755422360392013-02-23T18:57:38.593+07:002013-02-23T18:57:38.593+07:00saya setuju dengan pendapat saudari dwima dan ingi...saya setuju dengan pendapat saudari dwima dan ingin menambahkan sedikit. jika orang itu bisa memuaskan pelanggan bisa di pastikan dia menguasai job descnya dengan baik. jadi perusahaan lebih perluorang yang mengerti dengan baikapa yang harus dia kerjakan sesuai job descnya daripada orang yang sekedarbisa mengerjakan saja. terima kash.<br />Erma susanti kelas C Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07249713720588870901noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-83086364110450227342013-02-23T17:17:43.135+07:002013-02-23T17:17:43.135+07:00Rosenda-kelas c
Saya setuju dengan pendapat anda,...Rosenda-kelas c<br /><br />Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa orang yang disukai pelanggan dan bukan mereka yang sekedar cocok dengan Job Description itu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan karena dapat memberikan kepuasan pada pelanggan mempunyai dan mempunyai nilai lebih ,karena pelanggan adalah aset penting suatu bisnis. Jika mereka yang sekedar cocok dengan Job Description belum tentu disukai pelanggan.<br /><br />Posisi atau pekerjaan yang sesuai adalah customer service, resepsionis, sales, cashier, dll.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/03754253100825033311noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-81084956610307813532013-02-23T01:11:05.185+07:002013-02-23T01:11:05.185+07:00saya akan sedikit bertanya kepada saudara david sa...saya akan sedikit bertanya kepada saudara david santoso. anda mengatakan lebih penting kalau memilih orang yang akan di rekrut adalah orang yang disukai oleh pelanggan, bagaimana cara anda mengetahui bahwa orang yang anda rekrut tersebut disukai pelanggan atau tidak? terimakasihTifanyhttps://www.blogger.com/profile/17430344837498689448noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-38290783757035875932013-02-23T00:55:13.441+07:002013-02-23T00:55:13.441+07:00menurut saya, selain cocok dengan job desc, karyaw...menurut saya, selain cocok dengan job desc, karyawan juga harus mampu menarik hati konsumen. posisi pekerjaan yang dimaksudkan oleh david adalah posisi pekerjaan yang mengharuskan karyawan berhadapan langsung dengan konsumen seperti customer service, kasir, spg. jika pelayanan yang mereka berikan kepada konsumen baik, maka konsumen akan senang dan kemungkinan untuk kembali untuk kedua kalinya besar.Doni Suwarsohttps://www.blogger.com/profile/14566109827433534859noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-24625917943102857282013-02-23T00:28:22.064+07:002013-02-23T00:28:22.064+07:00saya setuju dengan pendapat david fre
emantle kare...saya setuju dengan pendapat david fre<br />emantle karena dalam beberapa aspek memang ada pekerjaan yang melihat bahwa jika pekerja tersebut dapat menyenangkan hati pelanggan maka nilai kepuasan pelanggan akan meningkat. Karena tak dipungkiri jika nilai kepuasan pelanggan meningkat maka nilai perusahaan juga meningkat. Itulah yang menyebabkan david freemantle berpendapat bahwa lebih baik merekrut karyawan yang disukai oleh pelanggan karena dari kepuasan pelanggan maka loyalitas pelanggan akan tercipta. <br />pekerjaan ini biasanya terjadi pada seles , spg , costumer service yang biasanya berhadapan langsung dengan pelanggan.<br />Deviani kelas D (3103011024)Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02286420219198952074noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-80414701020259288402013-02-22T22:05:04.597+07:002013-02-22T22:05:04.597+07:001. saya setuju dengan statment David Freemantle. h...1. saya setuju dengan statment David Freemantle. hal ini saya kira sesuatu yang sangat penting, tetapi kurang disadari oleh bagian HRD. Menurut saya, disukai pelanggan adalah sebuah job desc yang tersirat dari setiap organisasi, dan itu sudah sebuah keharusan. karena konsumen adalah pihak yang harus dipuaskan dengan layanan kita.<br />2. mungkin merekrut orang-orang seperti ini lebih cocok ditempatkan pertama pada bagian marketing, dimana marketing yang akan mempromosikan bagaimana produk dan jasa kita, kelebihan dan manfaat dari produk sebuah perusahaan. kedua pada bagian door man, karena yang akan ditemui calon-calon kosumen pertama kali adalah door man, apabila door man tidak ramah, bagaimana konsumen akan berminat?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/03326657274521218381noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-24190442171631759792013-02-21T11:31:28.953+07:002013-02-21T11:31:28.953+07:00Saya setuju dengan pendapat saudara alan, saya mau...Saya setuju dengan pendapat saudara alan, saya mau menambahkan lebih baik lagi bila orang yang kita rekrut dapat beradaptasi dengan cepat di dalam perusahaan, karena dengan cepat beradaptasi kinerja perusahaan pasti akan meningkat dengan lebih baik lagi. Terima kasihAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/04736525650650153204noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-77987414537186900392013-02-21T10:15:15.923+07:002013-02-21T10:15:15.923+07:001. karena sekedar cocok dengan job description saj...1. karena sekedar cocok dengan job description saja tidak cukup, konsumen lebih menyukai seseorang yang cocok dengan mereka. cocok disini menurut saya dalam hal karakter / kepribadian. kecocokan karakter dengan konsumen akan memberikan kepercayaan kepada konsumen dan meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.<br />2. posisi yang bertemu langsung dengan konsumen yaitu bagian marketing dan public relation.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06228156095796309208noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-86717886935890286402013-02-21T05:53:11.590+07:002013-02-21T05:53:11.590+07:00menurut saya david mencari seorang tenaga kerja ya...menurut saya david mencari seorang tenaga kerja yang memiliki kelebihan lain tidak hanya di lihat dari job desnya namun juga memiliki soft skill yang baik karena dalam pekerjaannya mungkin david mencari seseorang yang berhadapan langsung dengan pelanggan<br /><br />menurut saya pekerjaannya yang dimaksud adalah pekerjaan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan seperti costumer service, sales, dan Public RelationAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/15927822945020503707noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-38823119306977311572013-02-21T01:08:44.350+07:002013-02-21T01:08:44.350+07:00menurut saya apa yang dimaksud oleh david adalah t...menurut saya apa yang dimaksud oleh david adalah tenaga kerja yang direkrut bukan hanya yang bisa memenuhi job des nya saja, tetapi harus tenaga kerja yang disukai pelanggan. pegawai yang direkrut bisa melaksanakan job des nya dengan baik, tetapi apabila dia tidak dapat beinteraksi atau berhubungan baik dengan pelanggan, pelanggan pun tidak akan suka dan tidak akan loyal dengan perusahan. jika pelanggan suka dengan pelayanan pegawai itu, maka pelanggan pun akan loyal dengan perusahaan karena pegawai mampu membuat hubungan yang baik dengan customer. jadi pegawai harus disukai oleh customer agar loyalitas customer tinggi.<br /><br />menurut saya pekerjaan yang dimaksud adalah customer service, public relation, dan yang berhubungan dengan marketing.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15917445869038402572noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-74996258958375151382013-02-21T00:29:19.559+07:002013-02-21T00:29:19.559+07:001 Menurut saya yang dimaksud david adalah lebih b...1 Menurut saya yang dimaksud david adalah lebih baik jika kita merekrut tenaga kerja yang memiliki nilai lebih, yaitu yang dapat berinteraksi serta menarik hati pelanggan. Karena hal itu dapat membuat pelanggan setia dan loyal kepada kita. Karena terkadang job desk nya baik, tetapi tidak dapat berinteraksi dengan baik kepada pelanggan.<br /><br />2. Pekerjaan yang dimaksud yaitu pekerjaan yang dituntut untuk berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti costumer service, sales person, public relation, manager marketing, teller bank, dll.harry santoso tjandrawira - 3103011010https://www.blogger.com/profile/04422269671492249510noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-83905125978139616492013-02-20T22:50:30.634+07:002013-02-20T22:50:30.634+07:00Tergantung penempatan posisi, contohnya jika saya ...Tergantung penempatan posisi, contohnya jika saya ingin merekrut pegawai dibagian keuangan jelas saya lebih mengutamakan job desc, karena tidak langsung berhadapan dengan pelanggan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14536093795799906336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-45933826433074381812013-02-20T22:08:59.387+07:002013-02-20T22:08:59.387+07:001. menurut saya apa yang di maksud david adalah me...1. menurut saya apa yang di maksud david adalah memang perlu untuk merekrut orang yang sesuai dengan job descriptionnya, tetapi menurut saya kalau cuma sesuai dengan job descriptionnya tapi tidak dapat berinterkasi sosial dengan pelanggan menurut saya akan kurang maksimal, berbeda dengan kita merekrut orang yang di sukai pelanggan, berarti orang yang kita rekrut ini memiliki nilai "plus" dalam dirinya, disisi lain pelanggan bisa lebih loyal kepada perusahaan karena adanya orng yang disukai tersebut<br /><br />2. pekerjaan yang di maksud adalah, bidang marketing,public relation, dan pekerjaan yang membutuhkan interkasi langsung dengan pelangganAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12497635325150751112noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-81704921711214955872013-02-20T21:35:45.262+07:002013-02-20T21:35:45.262+07:001.) Menurut saya, yang dimaksudkan David Freemantl...1.) Menurut saya, yang dimaksudkan David Freemantle adalah, dalam perekrutan tenaga kerja atau karyawan sebaiknya merekrut tenaga kerja yang mempunyai kelebihan khusus atau nilai tambah. Bukan hanya sesuai dengan job description yang diperlukan saat interview saja, tetapi rekrutlah tenaga kerja yang juga bisa memberikan nilai tambah melalui soft skill nya yang juga dimaksudkan David Freemantle sebagai “rekrutlah orang yang disukai pelanggan” baik dalam melayani customer ataupun dalam kinerjanya di dalam perusahaan, karena nilai tambah dari SDM yang kita rekrut dapat berdampak pada produktivitas perusahaan, loyalitas customer, serta good will atau nama baik bagi perusahaan yang menjadi pertimbangan customer juga dalam membeli produk/jasa.<br />2.) Untuk posisi pekerjaan yang sesuai yang dimaksudkan oleh David Freemantle, menurut saya alangkah baiknya jika semua posisi dalam perusahaan mempunyai kemampuan untuk disukai pelanggan. Tetapi kalau kita melihat dari rata - rata struktur organisasi dalam suatu perusahaan yang ada di Indonesia, sepertinya memang kemampuan untuk disukai pelanggan ini sangat sesuai dengan posisi seperti salesperson, marketing manager, customer service, serta posisi – posisi lain dalam perusahaan yang berhadapan atau berurusan langsung dengan customer.<br />Alan D.S 3103011052https://www.blogger.com/profile/13518169627626543681noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2354035673538222928.post-18348569806415179642013-02-20T18:39:19.204+07:002013-02-20T18:39:19.204+07:001. menurut saya karyawan yang mampu mengerjakan jo...1. menurut saya karyawan yang mampu mengerjakan job desc dengan baik belum tentu mampu membangun relasi yang baik pula dengan pelanggan. karena kesetiaan seorang konsumen dapat kita dapatkan salah satu caranya yaitu dengan kepuasan mereka terhadap kenyamanan dan kepuasan yang diberikan perusahaan baik melalui produk maupun jasa yang diberikan.<br />2. public relation, customer service, dan sales marketingAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/07052594130188935521noreply@blogger.com