SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 24 Agustus 2014

Motivator untuk dapat Menikmati Pekerjaan ( Bahan Diskusi 27 Agustus 2014)



Bahan Bacaan: Lauber, Erick. 2014. Battle Burnout: Address the 6 motivators for enjoying work. The Canadian Manager. Spring 39 (1): 20-21

Banyak karyawan yang merasa malas ketika hendak berangkat kerja. Perasaan malas atau tidak bersemangat tentu saja akan berdampak pada kinerja karyawan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi signal bahwa karyawan tidak dapat menikmati pekerjaan mereka.  Lauber (2014) mengemukakan ada 6 motivator yang dapat membuat karyawan dapat menikmati pekerjaannya, yaitu:

  1. Kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan
  2. Kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar
  3. Hubungan individu yang baik di lingkungan kerja
  4. Perasaan menjadi bagian dari satu tim/kelompok
  5. Adanya aktivitas fisik dalam pekerjaan
  6. Adanya tantangan baru dalam pekerjaan

Bahan Diskusi:


  1. Jika saudara karyawan suatu organisasi, manakah  dari keenam hal di atas yang paling membuat Saudara bersemangat untuk berangkat menuju tempat kerja? Jelaskan pilihan Saudara!
  2. Jika Saudara manajer atau pemilik perusahaan, manakah dari keenam hal di atas yang paling sulit Saudara upayakan bagi karyawan Saudara dan sebaliknya, manakah yang paling mudah untuk Saudara upayakan. Jelaskan pilihan Saudara!

35 komentar:

  1. 1. Menurut pendapat saya jika saya menjadi karyawan dengan pekerjaan yang saya nikmati saya akan memilih motivator ke 6 karena bila saya menikmati pekerjaan saya, saya ingin mendapat suatu yang baru dengan kemampuan dan juga pekerjaan yang mengembangkan kemampuan saya maupun karir saya, maka pekerjaan tersebut tidak menjadi bosan. Tetapi jika saya mendapatkan pekerjaan diluar "passion" saya mungkin mativator ke 3 yaitu hubungan dengan rekan atau lingkungan kerja dapat memotivasi saya untuk bersosialisasi.
    2. Jika saya seorang manajer yang paling sulit untuk upayakan untuk karyawan yaitu Kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan, karena untuk mengetahui orang tersebut bangga atas pekerjaannya tidaklah mudah, walaupun memberikan tanggung jawab yang penting pada karyawan tersebut mungkin bagi karyawan tersebut pekerjaan tersebut tidak memuaskan mereka. maka dari itu kepuasan atas karyawan untuk merasa bangga kurang bisa diukur.

    BalasHapus
  2. 1. Menurut saya, hubungan saya dengan lingkungan kerja saya yang akan membuat saya bersemangat untuk bekerja. Dengan rekan kerja yang kompak, saya merasa sangat menikmati pekerjaan-pekerjaan saya. Saya tidak merasa terbebani, walaupun pekerjaan saya sangat berat. Mengapa? Karena ada rekan kerja yang terus memotivasi dan menolong saya menyelesaikan pekerjaan saya tersebut.
    2. Bila saya menjadi manajer, hal yang paling sulit saya upayakan adalah perasaan menjadi satu tim yang dimiliki oleh karyawan. Karyawan memiliki latar belakang keluarga, budaya dan pola pikir yang berbeda. Biasanya akan ada karyawan yang mungkin "terbully", mungkin karena dari latar belakang yang paling buruk di antara karyawan lainnya. Mungkin juga ada karyawan yang memiliki sifat indivualisme, yang tidak suka bekerja secara tim karena sulit mengumpulkan orang-orang.
    Sebaliknya, yang paling mudah adalah memberikan tantangan baru dalam pekerjaan. Tantangan baru dapat diberikan misalnya berupa kompensasi tidak langsung, misalnya rekreasi ke luar negeri, tunjangan mobil dan sebagainya. Kompensasi ini diberikan bila karyawan mencapai sebuah target yang tinggi. Tentu hal ini memotivasi karyawan dalam bekerja karena imbalannya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. 1.menurut pendapat saya, yang paling membuat seorang karyawan bersemangat untuk berangkat kerja adalah perasaan menjadi bagian dari tim/kelompok. karena dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan karyawan-karyawan membutuhkan bantuan dari sebuah tim, dan setiap karyawan tidak dapat bekerja sendiri. selain itu, dalam bekerja karyawan perlu untuk merasakan kenyamanan dalam lingkungan kerja dengan timnya atau tidak terjadi konflik antara tim dan karyawan dapat menjalin hubungan yang baik dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan perusahaan.
    2.pendapat saya, yang paling sulit untuk diterapkan adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja. karena setiap karyawan memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan berasal dari latar belakang, budaya,rasa,suku yang berbeda pula. oleh sebab itu, terkadang terjadi konflik dalam hubungan karyawan-karyawan di suatu perusahaan.
    yang paing mudah diupayakan adalah memberikan tantangan baru dalam pekerjaan. karena jika karyawan menyukai tantangan maka pemilik dapat memberikan pekerjaan yang ingin dicapai oleh perusahaan. contohnya : pemilik memberikan target penjualan kepada karyawan.

    BalasHapus
  4. 1. Yang membuat saya bersemangat untuk datang ke tempat kerja adalah hubungan individu yang baik di tempat kerja. Bekerja dalam suasana kebersamaan dengan bekerja dalam suasana ‘acuh tak acuh’ sangat berbeda. Dalam kebersamaan, berbagai tantangan maupun permasalahan dapat diselesaikan bersama. Dalam hubungan yang baik, ada kepedulian antar karyawan sehingga berbagai tugas yang menjadi tanggungjawab kita tidak terasa berat. Apabila tidak ada hubungan baik, karyawan akan merasa menghadapai berbagai tantangan maupun permasalahan sendiri, sehingga hal tersebut dapat membebaninya dan kemungkinan untuk malas datang ke tempat kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas akan semakin tinggi.
    2. Menurut saya, yang paling sulit diupayakan adalah perasaaan menjadi satu bagian dalam tim/kelompok. Setiap orang mempunyai karakteristik pribadi yang berbeda dengan yang lain. Bekerja dalam suatu tim atau kelompok berarti bekerja dengan dua atau lebih orang dengan tujuan yang sama. Terkadang sulit bagi seseorang untuk memahami pribadi yang lain. Untuk mendapatkan perasaan menjadi bagian dalam suatu tim, diperlukan jangka waktu tertetu, serta pengalaman dalam menyelesaikan persoalan. Dalam hal ini, terkadang pemimpin lebih memilih untuk mengganti posisi seseorang dalam tim daripada memberinya waktu untuk menyesuaikan diri, sehingga solidaritas dan kekompakkan tim sulit tercapai. Menurut saya, yang mudah diupayakan adalah adanya tantangan baru dalam pekerjaan. Semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin banyak tantangan baru yang dihadapi. Dengan mengetahui karakteristik pribadi karyawan, pimpinan dapat memberikan tantangan baru dalam pekerjaan sesuai dengan kemampuan karyawan.

    BalasHapus
  5. 1. menurut sata semangat kerja dalam organisasi dan datang tepat waktu ke tempat kerja ialah hubungan yang sangat individu dalam berinteraksi dalam bekerja. untuk melangsungkan suasana dalam organisasi sangat acuh dalam menyelesaikan secara bersamaan. maka dari itu hubungan yang baik antar organisasi dan juga kepedulian antar karyawan itu adalah tangung jawab kita untuk saling membantu sehingga orang yang ingin menolongnya tidak ada beban. sehingga hubungan yang baik dalam sebuah perusahaan itu semua tergantung terhadap karyawan masing-masing untuk mengali tantangan dan masalahnya sendiri, dan dapat membebaninya sehinga kalau orang datang ke kantor sering telat maka tugas-tugas yang diberikan sama atasan dan bawahan akan semakin tinggi dan tingkat pengangguran semakin tinggi.
    2. pendapat saya, hal yang paling susah untuk dilakukan adalah sesuatu atau perasaan kita sendiri ketika bekerja dalam kelompok. disetiap perusahaan semua orang mempunyai karakteristik pribadi yang berbeda, maka hal yang perlu dilakukan dengan tim bekerja dalam suatu visi dan misi yang sama agar orang tersebut bisa menilai orang itu dalam dirinya. maka dalam suatu kerja tim kita harus memerlukan jangka yang sangat singkat untuk menyelesaikan tantangan baru dalam suatu persoalan. dan terkadang disebuah organisasi seorang manager melihat ketidakmampuan orang itu dalam bekerja maka orang itu akan digantikan posisinya sementara dulu untuk menyelesaikan masalahnya pribadi dan juga tidak tercapainya suatu kesuksesan dalam sebuah tim. maka inti dari sebuah organisasi dimana seorang manager memberikan tantangan yang mudah agar pekerjaan bisa tercapai dengan lancar. dan adanya berkembangan baru disuatu perusahaan maka kita bisa mengetahui karakter orang tersebut secara pribadi dengan adanya tantangan ini kita bisa melihat kemampuan seorang karyawan itu mempunyai sifat yang standar, menengah, atau ketas agar tujuan organisasi bisa tercapai dengan sempurna.

    BalasHapus
  6. 1. menurut kami, seseorang dalam suatu organisasi yang dapat membuat karyawan itu selalu bersemangat dalam cara bekerja dalam sebuah tim dalam saling support satu sama lain dan membuat orang itu semangat datang dalam bekerja. maka untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam sebuah organisasi dibutuhkan kekompakan tim agar seorang karyawan tidak membebani diri sendiri untuk menyelasikan tugas itu dengan berat maka dibutuhkan tim.
    2. pendapat saya mengatakan, hubungan individu yang baik dalam lingkungan kerja perusahaan baik di dalam organisasi maupun diluar organisasi. maka setiap kinerja karyawan di dalam perusahaan mempunyai karakteristik yang berbeda baik dari budaya, ras, dan suku. oleh karena itu kita harus menilai karakteristik orang itu dalam organisasi agar bisa dijadikan tim dalam suatu perusahaan dan dapat mensukseskan perusahaan ke arah lebih berkembang. dan hal yang sangat penting agar karyawan tidak bosan seorang manager memberikan tantangan baru pada karyawan dan siapa pun yang mencapai target tertinggi dialah yang pertahankan diperusahaan itu dan bisa bekerja dalam tim atau kelompok dan serta memajukan perusahaan kedepanya lebih baik.

    BalasHapus
  7. 1.prasaaan menjadi bagian dari satu tim atau kelompok.
    alasannya karna dari dalam diri sendiri merasa dibutuhkan oleh kelompok untuk mencapai satu tujuan yang di target peruahaan,maka dari itu ada rasa kebangaan dari diri sendiri unutk mengeluarkan pendapat yang di dengar dan di tanggapi oleh anggota kelompok.istilahanya merasa bahwa apa yang kita bicarakan di dalam kelompok tersebut sangat berguna untuk mencapai sukses.
    2.hubungan individu di lingkungan kerja.
    alasannya karna membentiuk relasi kerja antar sesama individu juga sanagat susah apalagi dengan orang yang gengsi atau mungkin sulit untuk berkomunikasi dengan yang lain,disitu sussah terjadi hubungan atau komunikasi antar sesama pekerja,apalagi mereka beda daerah dan tidak pernah kenal sama sekali.karna di zaman ini banyak orang yang berniat jahat untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkan.

    BalasHapus
  8. 1. Dari keenam hal diatas yang membuat saya semangat ke tempat kerja adalah karena adanya hubungan yang baik dengan rekan kerja. Karena dengan adanya kebersamaan dan kepedulian antara satu karyawan dengan yang yang lain, pekerjaan yang mungkin semula terasa berat dapat diselesaikan. Memiliki hubungan yang baik, kompak, dan peduli dengan sesame rekan kerja dengan sendirinya akan membuat kita memiliki perasaan menjadi bagian dari satu tim/kelompok sehingga pekerjaan terasa lebih mudah dan menyenangkan
    2. Sebagai manajer perusahaan yang paling sulit saya terapkan pada karyawan adalah perasaan karyawan dalam menjadi bagian dari suatu kelompok, dikarenakan karyawan memiliki sifat dan perilaku yang berbeda yang bertemu dan bekerja dengan orang orang yang berkepribadian berbeda beda pula. Sehingga apabila karyawan merasa tidak dilibatkan/diacuhkan dalam kelompok kerjanya, kinerja karyawan juga akan menurun.
    Sebaliknya yang paling mudah diterapkan adalah pemberian tantangan baru pada karyawan. Dengan adanya tantangan yang baru, karyawan tidak merasa bosan dengan pekerjaannya dan dapat termotivasi untuk memecahkan dan melaksanakan tantangan tersebut. Misalnya, jika karyawan dapat mencapai target penjualan yang lebih besar pada tahun ini akan diberikan reward dari perusahaan.

    Ravensca - 3103013250

    BalasHapus
  9. 1. Menurut saya yang membuat saya bersemangat ketika berangkat kerja pada saat di kantor ada tantangan yang baru terus menerus karena dengan adanya tantangan tersebut saya lebih termotivasi untuk mengetahui hal - hal baru atau pengalaman yang baru yang berguna bagi hidup saya.
    2. Jika saya menjadi manager yang paling sulit adalah kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar karena menurut saya kesadaran timbul dari diri masing - masing karyawan walaupun saya sebagai manager sudah memberikan motivasi atau apapun yang berguna untuk menyadarkan karyawan tersebut tetapi bila karyawannya tidak sadar atau mengerti sama saja akan percuma.
    Sebaliknya jika saya jadi manager yang paling mudah adalah perasaan menjadi bagian dari satu tim karena manager bisa sesering mungkin membuat proyek - proyek yang ditugaskan karyawan yang dibentuk dalam tim, dalam tim tersebut akan berinteraksi sesama karyawan sehingga bisa memberi motivasi karyawan tersebut untuk bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan sodara yohanes.. bahwa karyawan akan bersemangat bila karyawan tersebut memiliki tantangan baru di sebuah perusahaan.. bila seorang karyawan melakukam pekerjaan yg berulang dalam jangka waktu yang lama . Karyawan tersebut akan merasa jenuh dan kurang bersemangat melalukan pekrjaan.. dan bila menjadi manager kita hrus berlaku tegas agar karyawan tidak malas dan displin..

      Hapus
  10. 1. menurut pendapat saya, yang paling membuat seorang karyawan bersemangat untuk berangkat kerja adalah perasaan menjadi bagian dari tim/kelompok. Karena tidakk dapat dipungkiri lagi seseorang yang bekerja didalam perusahaan itu selalu memmbutuhkan rekan kerja. Dengan memiliki rekan kerja yang sesuai dengan harapan, maka tidak menutup kemungkinan seoranng karyawan akann bersemangat dalam bekerja.
    2. pendapat saya, yang paling sulit untuk diterapkan adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja. karena tidak semua karyaawan memiliki pribadii yang sama. Pasti kepribadian individu berbeda. Oleh karena itu sebagai pemilik perusahaan yang memiliki tanggung jawab besaar terhadap karyawannya. Perlu membangun hubungan yang baik walaupun terlihat sulit. Namun tidak mennutup kemungkinan hubungan yang baik itu akan terjalin antara pemilik/pimpinan dengan karyawannya

    BalasHapus
  11. 1. Menurut pendapat saya, dari ke-6 motivator di atas yang dapat meyebabkan saya bersemangat untuk berangkat bekerja adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja dan adanya tantangan baru dalam pekerjaan. Saya memilih dua motivator tersebut karena jika bekerja di perusahaan yang karyawannya mempunyai hubungan baik atau minim adanya pertengkaran maka saya dapat bekerja dengan nyaman dan tenang dalam mengerjaka pekerjaan yang saya dapatkan. Selain itu juga, dengan adanya tantangan baru dalam pekerjaan tersebut maka akan memberikan wawasan yang baru terhadap pekerjaan yang belum pernah saya lakukan selama bekerja.
    2. Yang sulit untuk saya upayakan adalah perasaan menjadi bagian dari satu tim/kelompok karena di tim tersebut akan bertemunya individu yang berbeda pendapat, fikiran, dan watak, mungkin juga sulit untuk menkoordinir karyawan jika ada karyawan yang tidak mau bekerja dengan tim padahal pekerjaan dia harus dikerjakan oleh tim.
    Dan yang mudah untuk saya upayakan adalah kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar karena didalam diri karyawan sudah mempunyai perasan yang baik jadi seorang manajer hanya dapat meneruskan perasan baik tersebut seperti ada karyawan lain yang terkena musibah maka dengan kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan, karyawan lain akan membantu karyawan tersebut.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Sebelum menjawab kedua pertanyaan, maafkan saya, saya mau menerangkan pandangan saya dalam alasan saya mencari kerja. Masyarakat mencari kerja adalah untuk mencari pendapatan, begitu juga saya. Sebagai laki-laki, saya mempunyai tanggung jawab untuk menjamin papan pangan sandang keluarga saya di masa depan, sehingga saya sadar bahwa keenam hal tersebut tidak mencakup hal yang saya tuju, yaitu rasa aman. Bila faktor tersebut telah tuntas, motivasi kedua saya(yang juga tidak terdapat dalam keenam hal tersebut) adalah enjoyment yang terdapat dalam pekerjaan saya; dalam kata lain, mudah-mudahan pekerjaan saya nanti adalah termasuk salah satu hobi saya, sehingga selain saya membantu ekonomi dan melakukan sesuatu, skill saya juga sekalian berkembang. Mungkin agak dekat dengan poin pertama, yaitu kebanggaan, namun kata-kata tersebut tidak pas dengan hati saya, sehingga saya merasa perlu menerangkan lebih lanjut.

    Keenam hal yang ada diatas, walaupun terpenuhi semua, akan sulit membuat saya termotivasi bila pendapatan saya tidak mumpuni dan saya tidak enjoy/senang menjalani. Maka jawaban saya berikut ini didasarkan asumsi bahwa kedua kebutuhan saya terpenuhi terlebih dahulu.

    1) alasan nomor enam, karena saya sadar saya cukup gampang bosan dengan sesuatu yang rutin. Andaikan pekerjaan saya adalah koki, saya dari rumah sebelum berangkat dan masih di ranjang sudah tahu apa yang akan saya lakukan pada hari itu. Kejenuhan dapat bertambah, apalagi bila hal tersebut(sudah tahu kegiatan hari ini) terjadi setiap hari, karena hari minggu dan hari libur pun koki tetap begitu-begitu saja. Adanya faktor nomor enam dapat merefresh pikiran saya sehingga melakukan pekerjaan pun terasa menarik. Ini dalam asumsi tantangan tersebut bersifat positif, bukan tantangan dalam contoh misalnya diomeli oleh bos/atasan.

    2) nomor empat sebagai yang paling sulit saya upayakan. Saya ada kecenderungan untuk menolak hubungan yang condong ke hubungan "cuma-cuma" sehingga saya merasa agak sulit menganggap rekan kerja sebagai kawan bila mereka berkawan hanya karena bekerja ber-rekan. Hal ini dapat menghambat saya dalam menciptakan suasana kekeluargaan dalam pekerja saya. Hubungan cuma-cuma maksud saya adalah hubungan "cuma karena kamu adalah bosku" atau "cuma karena kita bekerja satu ruangan" dan sebagainya.
    Di sisi lain saya menganggap poin pertama adalah hal yang mudah saya upayakan. Bukan berarti saya pandai memuji, namun saya merasa menyadarkan seseorang bahwa mereka punya makna dalam suatu pekerjaan adalah sesuatu yang sudah saya lakukan sejak lama; saya punya adik-adik dalam rumah saya dan saya masih memegang posisi mengajar di English Club Widya Mandala. Memotivasi anak-anak yang saya bimbing memerlukan saya untuk meyakinkan mereka bahwa yang mereka pelajari banyak gunanya. Saya merasa punya pengalaman di bidang tersebut.

    BalasHapus
  13. 1. Jika saya adalah karyawan suatu organisasi, dari keenam hal diatas yang membuat saya bersemangat untuk menuju tempat kerja adalah pernyataan keempat, yaitu. perasaan menjadi bagian dari satu tim/kelompok. Karena dengan saya merasa menjadi suatu bagian terhadap satu tim/kelompok, terjadi suatu kesadaran bahwa saya harus selalu terlibat dalam kelompok tersebut dan menyelesaikan segala masalah yang menjadi tanggungan terhadap tim/kelompok itu sendiri.

    2. Dan jika saya adalah sebagai manajer atau pemilih perusahaan, dari keenam hal diatas yang paling sulit saya upayakan bagi karyawan perusahaan dan sebaliknya adalah pernyataan yang pertama yaitu kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan. Karena, sulit bagi perusahaan menumbuhkan rasa bangga terhadap apa yang mereka kerjakan terhadap perusahaan yang saya pimpin. Tentu saja membangun suatu reputasi perusahaan memerlukan usaha ekstra tersendiri untuk membangunnya. Dan itu susah untuk di implementasikan terhadap para karyawan. Terima kasih.

    BalasHapus
  14. 1. Menurut pendapat saya, jika saya adalah seorang karyawan suatu organisasi, yang membuat saya bersemangat adalah poin ke 6 yaitu adanya tantangan baru dalam pekerjaan, karena dengan adanya tantangan baru maka saya akan berpikir untuk kontribusi saya kepada perusahaan sehingga saya bisa segera mendapatkan promosi kenaikan jabatan.

    2. Menurut pendapat saya, jika saya adalah manajer perusahaan, yang paling susah saya terapkan adalah poin ke 3 yaitu hubungan individu yang baik di lingkungan kerja, karena ini menyangkut keprofesionalitasan seseorang, karena pribadi setiap karyawan berbeda-beda, sehingga hal ini paling sulit untuk diterapkan. Yang paling mudah untuk saya terapkan adalah poin ke 6 yaitu adanya tantangan baru dalam pekerjaan, karena setiap orang pasti akan cepat jenuh dengan pekerjaannya sehari-hari sehingga dapat berakibat ke malas bekerja, dengan pemberian tantangan yang berupa sebuah posisi atau jabatan atau bagian yang baru, maka karyawan akan merasa semangat kembali.

    BalasHapus
  15. 1. menurut saya,poin ke 6 membuat saya bersemangat.karena saya tidak senang dengan hal yang itu-itu saja agar tidak jenuh dengan adanya tantangan baru maka saya akan bersemangat mencapai hasil yang maksimal untuk mencapai target tantangan yang ditentukan

    2. Menurut saya poin 1 karena saya sebagai manajer peerusahan tidak mengetahui apa isi hati karyawan.mungkin karyawan tersebut terpaksa akan pekrjaannya,biasa-biasa saja dan ada yang bangga maka dari itu sebagai manajer saya susah meneraokan poin 1. Yang paling mudah yakni poin ke 6 karena dengan adanya tantangan baru karyawan akan merasa tidak jenuh akan pekerjaan mereka

    BalasHapus
  16. 1. Menurut pendapat saya yang akan membuat saya untuk lebih bersemangat untuk kerja adalah hubungan saya dengan lingkungan kerja karena dengan adanya hubungan yang baik antar satu sama lain maka akan semangat untuk pergi kerja dan lebih dapat menikmati pekerjaan tersebut dan meskipun pekerjaan seberat apapun maka akan dapat diselesaikan.
    2. Bila saya seorang manajer hal yang sulit untuk saya upayakan adalah perasaan karyawan dalam menjadi bagian dari suatu kelompok. Dengan adanya banyak orang dalam kelompok dan banyaknya karakter tiap orang yang berbeda maka akan sulit bagi manajer untuk memahami perasaan tiap orang.
    Dan yang mudah diterapkan adalah adanya pemberian tantangan yang baru. Dengan ini maka karyawan akan merasa lebih di beri kepercayaan lebih dan diperhatikan oleh atasan. Hal ini akan membuat karyawan semangat dan giat dalam bekerja.

    BalasHapus
  17. 1.menurut saya yang dapat membuat saya lebih bersemangat kerja yaitu hubungan antar individu. Karena jika terjalin hubungan yang baik di dalam perusahaan tersebut, maka karyawan akan merasa nyaman dan senang dan betah bekerja di perusahaan yersebut. Sehingga karyawan tersebut akan memberikan kinerja yang baik juga.
    2.sebagai manajer yang paling susah adalah menjaga hubungan antar individu. Karena tiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda dan tidak semua manusia dapat di hadapi dengan 1cara karena belum tentu karyawan tersebut cocok dengan cara perusahaan. Dan yang paling mudah adalah adanya aktifitas fisik. Perusahaan selalu memberikan aktifitas fisik kepada karyawannya.

    BalasHapus
  18. 1. Menurut saya point ke 6 adanya tantangan baru dalam bekerja membuat para karyawan lebih bersemangat dan giat kerja dan membuat para karyawan lebih bersemangat kerja supaya menghasilkan suatu hasil yang membanggakan.
    2. Menurut pendapat saya sebagai menejer haruslah mengerti tentang semua kondisi anak buahnya sehingga dapat menghasilkan suatu hal yang membanggakan bagi perusahaan dan sejalan dengan aturan perusahaan dan perusahaan harus sering memberikan pelatihan bagi karyawannya.

    BalasHapus
  19. 1. Apabila saya menjadi karyawan, dari antara keenam poin di atas, saya memilih poin kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar sebagai motivasi saya untuk semangat dalam bekerja. Kesadaran saya bahwa saya turut terlibat dalam proses menuju kebaikan atau pencapaian yang lebih besar membuat saya memiliki tujuan / goal dalam karier dan sebagai manusia yang selalu ingin membawa perubahan yang baik bagi lingkungan sekitarnya. Apabila perusahaan saya mampu mengelola sedemikian rupa agar setiap karyawannya dapat ditempatkan di sebuah divisi yang tepat sesuai dengan minatnya dan mereka diberikan sebuah tujuan yang membawa kebaikan bagi perusahaan, mereka akan merasa terlibat, dipercaya dan dengan sendirinya mereka yang berada dalam satu organisasi yang memiliki tujuan sama akan dengan sendirinya menjadi harmonis dan saling membantu untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

    2. Apabila saya sebagai manajer, poin yang menurut saya paling sulit untuk direalisasikan adalah bagaimana caranya menciptakan sebuah kebanggaan yang tertanam di dalam diri karyawan-karyawan saya saat mereka bekerja di dalam perusahaan saya. Hal ini agar dapat terjadi diperlukan rasa solidaritas yang kuat dan penananaman budaya perusahaan yang kuat sehingga karyawan yang bekerja dapat merasakan kebanggaan saat terlibat dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  20. 1.Jika saya menjadi karyawan maka saya akan lebih memilih pilihan pertama , karena saya menyukai diri saya sendiri oleh karena itu apapun hasil yang saya kerjakan akan membuat saya puas karna itu adalah hasil dari jerih payah saya sendiri.

    2.Jika saya manajer maka menurut saya hal yang paling sulit diupayakan bagi karyawan saya adalah yang pertama , mengapa demikian ? Karena kebanyakan karyawan yang memiliki motivasi seperti no 1 cenderung melakukan apapun sendirian karena dia merasa mampu akan pekerjaannya dan puas akan hasil yang dicapainya oleh karena itu sangat sulit untuk mengatur karyawan yang menyukai dirinya sendiri tersebut.
    Dan yang paling mudah untuk diupayakan adalah no 3 ,karena mengusahakan hubungan individu yang baik dilingkungan kerja sangat mungkin dilakukan dengan cara melakukan kegiatan kantor bersama,makan bersama ketika sukses melakukan tender besar,mengadakan senam sehat dan masih banyak lagi yang membuat kebersamaan antar karyawan menjadi lebih erat.Dengan eratnya kebersamaan antar karyawan maka diharapkan lingkungan diruang kerja menjadi lebih nyaman dan enak

    Matius Josriadi
    Kelas B
    3103011271

    BalasHapus
  21. 1. Menurut saya yang membuat saya bersemangat untuk berangkat menuju tempat kerja adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja. karena dengan adanya kekompakan pada rekan kerja maka saya tidak merasa terbebani, walaupun pekerjaan saya sangat berat.

    2. Menurut saya, yang paling sulit diupayakan adalah perasaaan menjadi satu bagian dari tim/kelompok. Karena setiap orang mempunyai karakteristik pribadi yang berbeda-beda dan terkadang karyawan sulit untuk memahami pribadi rekan kerja dalam satu tim. Dan menurut saya, yang mudah diupayakan adalah adanya tantangan baru dalam pekerjaan. Dengan memberikan tantangan baru maka karyawan akan termotivasi dan akan lebih bekerja dengan baik.

    BalasHapus
  22. 1.menurut saya persaan menjadi suatu tim atau satu kelompok yang membuat saya bersemangat karena dengan adanya hal tersebut akan membuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang baik dan membuat setiap karyawan merasa menjadi bagian di dalamnya.
    2.yang paling mudah adalah menumbuhkan kesadaran akan partisipasi karena biasanya partisipasi akan muncul apabila suatu organisasi tersebut aktif tetapi hal yang paling sukar adalah adanya tantangan baru dalam suatu kelompok karena tidak setiap anggota kelompok itu sigap dalam menyikapi tantangan.

    BalasHapus
  23. 1. menurut saya, hal yang paling membuat saya bersemangat untuk bekerja adalah hubungan individu yang baik dalam lingkungan kerja karena apabila dalam sebuah organisasi tidak ada hubungan yang baik maka dapat membuat gap atau kelompok-kelompok yang akhirnya tidak ingin bekerja sama sebagai tim tetapi saling menjatuhkan satu sama lain dan itu membuat individu yang bekerja merasa tidak bersemangat bekerja..

    2. yang paling sulit saya upayakan adalah Kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan karena banyak karyawan termasuk manajer dan sebagainya tidak merasa bangga atas apa yang mereka kerjakan dan apa yang mereka peroleh sehingga banyak individu bekerja secara asal-asalan..
    Hal yang paling mudah saya upayakan adalah menjaga hubungan baik terhadap masing-masing individu karena hanya dengan belajar untuk menghargai dan menghormati karyawan lain maka kita dapat menciptakan hubungan yang baik antar karyawan dalam sebuah organisasi..

    BalasHapus
  24. 1. Menurut saya,motivator yang membuat saya semangat datang kerja adalah hubungan individu yang baik dilingkungan kerja. Dengan kita mempunyai hubungan baik dilingkungan kerja dengan sendirinya kita akan nyaman bekerja di perusahaan dan dengan kenyamanan itulah semangat datang ketempat kerja semakin termotivasi.
    2. Hal yg paling sulit diupayakan adalah perasaan menjadi bagian kelompok,karena karyawan berasal dari latar belakang yang berbeda-beda,dari situ maka akan timbuh diskriminasi di dalam suatu anggota. Upaya yang mudah adalah memberi tantangan baru bagi karyawan beserta insentif karena dengan diberikan tantangan baru,karyawan semakin bersemangat didukung insentif

    BalasHapus
  25. 1. Menurut pendapat saya, yang membuat saya bersemangat untuk berangkat kerja adalah perasaan menjadi bagian dari tim/kelompok karena tidak mungkin setiap orang dapat bekerja sendiri pasti membutuhkan bantuan dari orang lain maka di perusahaan dibutuhkannya pembentukan kelompok untuk memberi semangat kerja pada setiap karyawan dan pekerjaan - pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik
    2. Menurut saya yang paling sulit untuk diupayakan adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda - beda maka manajer memiliki tanggung jawab yang besar untuk membuat antar karyawan dapat menjalin hubungan yang baik

    BalasHapus
  26. 1. Menurut saya yang menjadi pendorong utama dalam bekerja adLab hubungan yang baik antar induvidu di dalam lingkungan kerja , karena teman kerja yang ramah dan bersahabat bisa membuat lingkungan kerja lebih enjoy dan komunikasi di dalam lingkungan kerja busa terasa nyaman. 2. Kalau saya menjadi manager hal tersulid yaitu no 3 karena hal tersebut tergantung dari setiap individu . Apa lagi individu yang sulid bersosialisasi maka akan jarang bisa menjalin hubungan yang baik antar individu, karena untuk menjalin hubungan yang baik antar individu tergantung dari dalam individunya sendiri.

    BalasHapus
  27. 1. Jika saya menjadi seorang karyawan disuatu organisasi, dari keenam hal tersebut yang paling membuat saya bersemangat untuk berangkat ke tempat kerja yaitu pada poin ke 3, Hubungan individu yang baik di lingkungan kerja. Saya memilih poin ke-3, karena hubungan yang baik dilingkungan kerja baik terhadap rekan kerja, atasan, dan pekerjaan itu sendiri merupakan faktor yang sangat penting, dimana karyawan merasa nyaman dalam bekerja sehingga karyawan menjadi termotivasi ke tempat kerja untuk bekerja kembali. Misalkan saja, karyawan berada di lingkungan kerja yang tidak nyaman, dapat menyebabkan kinerja dan produktifitas karyawan dapat menurun.
    2. Jika saya menjadi manajer atau pemilik perusahaan, dari keenam hal diatas yang paling sulit untuk diupayakan bagi karyawan yaitu pada poin ke 2, kesadaran akan partisipasi pada kebaikan yang besar. Alasannya, karena tidak semua karyawan sadar bahwa kinerja mereka sangat berpengaruh pada kebaikan perusahaan tersebut, karyawan terkadang bekerja hanya untuk memenuhi tanggung jawabnya saja, hal ini yang menjadi kesulitan bagi manajer untuk menyadarkan karyawan bahwa keberadaan mereka sangat mempengaruhi keberlangsungan perusahaan.
    Sebaliknya, hal yang paling mudah diupayakan yaitu pada poin 6, adanya tantangan baru dalam bekerja. Bila karyawan mendapat tantangan baru dalam bekerja, maka karyawan akan merasa tertantang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan bila karyawan diberi bonus atau reward karena hasil kerjanya yang memuaskan, karyawan akan lebih termotivasi untuk datang ke tempat kerja. Terima kasih

    BalasHapus
  28. 1. jika saya menjadi karyawan , hal yang membuat saya bersemangat menuju ke tempat kerja adalah adanya tantangan dalam pekerjaan , karena bila ada tantangan, pekerjaan tersebut tidak terasa membosankan dan akan selalu ada semangat dalam melakukan pekerjaan tersebut
    2. hal paling sulit yang saya upayakan bagi karyawan adalah kesadaran karyawan akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar karena pada umumnya karyawan hanya melakukan rutinitas pekerjaan mereka dan tidak mengetahui adanya partisipasi mereka dalam lingkungan kerja
    sedangkan hal yang paling mudah diupayakan bagi karyawan adalah hubungan individu yang baik di lingkungan kerja karena sudah seharusnya antar individu saling berkomunikasi & bersosialisasi yang baik di lingkungan kerja agar menjalin solidaritas sekaligus kerja sama antar karyawan

    BalasHapus
  29. 1. Saya memilih untuk menjadi bagian dari sebuah tim. mengapa?? karena seseorang manusia yang kodrat nya sebagai makhluk sosial tidak memungkinkan melakukan dan menyelesaikan tugas,, tanggung jawab serta pekerjaannya tanpa ada orang lain yang membantu di sekitarnya. Hal tersebut sudah saya lihat dan alami dalam beroganisasi

    2. Yang paling sulit adalah hubungan individu yang baik denga lingkungan kerja.. Karena setiap individu yang berada di dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki karakteristik, watak, sifat, dan latar belakang yang berbeda-beda dengan yang lain dan hal tersebut dapat membuat dan menimbulkan konflik antar orang yang berada di dalamnya.

    Hal yang paling mudah adalah kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan... Karena apabila seorang individu merasa dibanggakan da mendapatkan prestasi yang baik di bidangnya maka individu tersebut akan terus termotivasi akan pekerjaannya dan berusaha untuk meraih kebanggan baik secara pribadi ataupun kebanggan suatu organisasi

    BalasHapus
  30. (Grace Amelia-3103013300, kelas B)

    Menurut Saya :
    1. Hal yang membuat saya bersemangat dalam pekerjaan adalah faktor yang ketiga, yakni hubungan individu yang baik di lingkungan kerja. Sebab, ketika saya memiliki hubungan yang baik antar partner/rekan kerja saya, maka tantangan/kesulitan apapun yg akan saya alami dalam pekerjaan, bisa saya sharing/bertukar pikiran serta pendapat untuk menemukan solusi, sehingga hal tersebut membantu saya meringankan tantangan tersebut dan tidak membuat saya merasa bekerja "sendiri".

    2. Jika saya menjadi Manager, maka hal yang paling sulit saya upayakan bagi karyawan adalah faktor nomor 4, yakni Perasaan menjadi bagian dari satu tim/kelompok. Sebab, meskipun saya memberikan pekerjaan untuk dikerjakan secara kelompok/tim kepada karyawan-karyawan saya, hal tersebut belum tentu juga dikerjakan oleh para karyawan saya secara berkelompok. Dan terkadang ada konflik dalam kelompok/tim tsb, sehingga membuat salah 1 atau bbrp karyawan menjadi kurang nyaman dan pada akhirnya, tidak ada perasaan saling memiliki tanggung jawab 1 sama lain serta tidak merasa menjadi bagian dalam kelompok tersebut.
    Sedangkan, hal yang paling mudah saya upayakan sebagai manager untuk karyawan-karyawan saya adalah faktor nomor 1, yakni Kebanggaan karyawan akan apa yang dia kerjakan. Sebab, ketika saya melihat karyawan-karyawan saya bekerja dengan baik dan tepat pada waktunya, maka saya tidak akan pelit untuk memberi pujian kepada karyawan tersebut akan apa yang dia kerjakan, dan saya akan terus memotivasi, bahkan bila perlu setiap hari, agar apa yang dikerjakan karyawan saat ini, akan menentukan seberapa besar pendapatan mereka dan akan seberapa jauh jenjang karir mereka.

    BalasHapus
  31. 1. menurut saya yang memotivasi saya untuk semangan bekerja adalah point no 3 hubungaan individu yang baik dalam lingkungan kerja. karena saat suatu hubungan antar individu menjadi baik maka setiap orang saat bekerja sama satu dengan lain akan lebih mudah dan termotivasi untuk datang ke kantor karena merasa mendapat teman baru yang membuat nyaman kalau berada di kantor.
    2 paling sulit adalah Kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar karena kebanyakan orang dalam bekerja motivasi mereka adalah mencari uang untuk dirinya sendiri kesadaran dalam partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar sanagat sulit terwujud dalam suatu organisasi untuk menyadarkan karyawan kita memerlukan waktu yang cukup lama. dan yang paling mudah adalah Adanya tantangan baru dalam pekerjaan hal itu dapat memotivasi karyawan karena dengan ada tantangan baru karyawan akan lebih semangat lagi untuk mengejar goal-goal yang baru dan mereka juga bersemangat karena pasti adanya bonus yang di berikan ketika mereka mencapai target/goal baru yang di berikan kepadanya

    BalasHapus
  32. 1. jika saya sebagai karyawan, hal yang membuat saya bersemangat untuk berangkat ke tempat kerja saya adalah kebanggaan akan apa yang saya kerjakan karena bila saya merassa bangga dengan pekerjaan saya, maka secara tidak sadar saya akan bersemangat untuk berkerja dan melakukan pekerjaan tersebut seoptimum mungkin. sehingga, dengan adanya kebanggaan itu, saya akan dapat mencintai dan menjadi yang terbaik bagi pekerjaan tersebut.
    2. jika saya seorang manajer, hal yang paling sulit dilakukan adalah membuat karyawan sadar akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar, karena biassanya karyawan brkerja hanya untuk mendapatkan gaji, mereka tidak sadar jika kehadiran merekan berpengaruh pada perusahaan, sehingga menurut saya ini adalah hal yang paling sulit karena harus mengubah mainset seseoarang.
    sebaliknya hal yang paling mudah dilakukan adalah adanya aktifitas fisik dalam pekerjaan karena menurut saya pada umumnya semua pekerjaan memiliki aktifitas fisik dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  33. 1. Hubungan individu yang baik di lingkungan kerja, karena jika memiliki hubungan yang baik antar individu kita akan merasa bersemangat ketika berangkat berkerja karena antar teman kerja merasa seperti keluarga. sehingga tidak engan untuk berkerja sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja yang dihasilkan.
    2. Dari sudut pandang manajer atau pemilik perusahaan, yang paling sulit diupayakan bagi karyawan adalah hubungan baik, karena untuk mendapatka hubungan baik antar karyawan dibutuhkan rasa solidaritas dan berasal dari setiap karyawan.
    dan sebaliknya, manakah yang paling mudah untuk diupayakan adalah adanya tantangan baru dalam pekerjaan karena untuk memberi semangat kerja baru kepada karyawan, perusahaan perlu memberi tantangan baru. Tantangan yang diberikan berasal dari keputusan manajer.

    BalasHapus
  34. 1. kalau saya menjadi karyawan, dari keenam motivasi di atas mungkin saya akan memilih adanya tantangan baru dalam pekerjaan. Karena kalau dalam suatu pekerjaan ada tantangan baru makan saya sebagai karyawan akan merasa tertantang untuk mengerjakan perkerjaan baru itu. Saya akan merasa bangga karena saya dapat menerjakan hal baru tersebut. Dan itu akan menambah motivasi saya dalam melakukan pekerjaan
    2. Kalau saya menjadi manager maka menurut saya hal yang paling susah untuk dilakukan adalah dengan menamkan kesadaran akan partisipasi pada suatu kebaikan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan ada beberapa laryawan yang bekerja hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya saya dan tidak memiliki "passion" dalam bekerja, Dalam keadaan seperti ini karyawan tersebut sulit menyadari bahwa segala sesuatu yang dia kerjakan dalam perusshaan tersebut membawa kebaikan yang lebih besar.
    Menurut saya hal yang mudah untuk dilakukan perusahaan / manager adalah dengan memberikan tantangan baru dalam bekerj. Para karyawan pasti akan merasakan kejenuhan dn kebosanan dalam bekerja, dengan adanya tantangan baru yang diciptakan dalam perusahaan seperti menambah jumlah target yang harus dicapai satu karyawan disertai dengan penambahan bonus, akan memacu semangat karyawan untuk bersaing dan saling berlomba untuk mencapai target dan mendapatkan bonus yang dijanjikan perusahaan

    BalasHapus