SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 26 Oktober 2013

Memperbaiki Produktivitas dan Kualitas (Bahan Diskusi VIII Pengantar Bisnis)

Tujuan bab ini adalah menjelaskan:
  1. Bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada untuk produksi
  2. Di mana harus membangun pabrik untuk suatu produksi
  3. Tipe desain dan layout yang dapat digunakan
  4. Bagaimana mengontrol kualitas suatu produksi
  5. Bagaimana memastikan efisiensi dalam produksi


Bahan Diskusi:


Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat  Berdiskusi ……

122 komentar:

  1. Menurut saya mempelajari bab ini menarik karena dapat mengetahui sumber daya yang digunakan dalam produksi, seperti SDM, bahan baku, dan sumber daya lainnya (pabrik, mesin). Dapat juga mengetahui faktor penentu lokasi pabrik (biaya ruangan tempat kerja dan tenaga kerja, insentif pajak, sumber permintaan, akses transportasi, dan pasokan tenaga kerja) dan keputusan desain/tata ruang (karakteristik lokasi, proses produksi, kapasitas produksi). Serta mengetahui macam-macam pengendalian produksi dan metode-metode untuk meningkatkan efisiensi produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat Olivia. Keputusan mengenai sumber-sumber daya yang dibutuhkan dalam proses produksi juga dapat mempengaruhi biaya produksi. Selain itu, kemampuan perusahaan dalam mengendalikan produksi akan memengaruhi mutu dari barang yang diproduksi sehingga akan memengaruhi ke jumlah permintaan produk. Jika suatu perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi, maka perusahaan akan dapat mengurangi pengeluaran sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat dan bahkan laba yang diperoleh akan naik karena biaya produksi dapat ditekan.

      Hapus
    2. saya sependapat dengan anda, Dalam Perbaikan Kualitas akan direfleksikan dalam pengukuran produktivitas. Namun demikian, terdapat cara lain untuk memperbaiki produktivitas selain melalui perbaikan kualitas. Sebuah perusahaan dapat memproduksi barang dengan sedikit atau nihil cacat tapi tetap memiliki proses yang tidak efisien.
      Karena kebanyakan perbaikan kualitas mengurangi jumlah sumber daya yang digunakan untuk memproduksi dan menjual output organisasi, kebanyakan perbaikan kualitas akan meningkatkan produktivitas.

      Hapus
    3. saya sangat setuju dengan pendapat anda, memperbaiki produktivitas dan kualitas sangat diperlukan dalam bisnis bagaimana mereka menjalankan bisnis dengan menggunakan sumber daya yang ada dengan baik dan efisien dalam produksi.

      Hapus
    4. Saya setujuh dengan pendapat teman bahwa dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas sangat diperlukan dalam sebuah bisnis,bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada untuk melakukan produksi,bagaimana cara mengurangi pengeluaran sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat dan laba yang diperoleh akan naik karena biaya produksi dapat dikurangi dan bagaimana memastikan efisiensi dalam produksi

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendapat anda dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas dalam suatu bisnis agar kita dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, lokasi membangun pabrik yang strategis dan bagaimana mengontrol kualitas dan memastikan efisiensi dalam produksi tersebut agar suatu bisnis yang kita jalankan dapat menjadi lebih baik.

      Hapus
    6. saya setuju, dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas sangat diperlukan, dengan cara bagaimana memanfaatkan bahan / sumber daya yang ada dengan tepat agar tidak terjadi pemborosan,karena itu akan memperbesar pengeluaran sehingga laba semakin menurun.

      Hapus
    7. Menurut saya, dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas suatu bisnis dalam sebuah perusahaan , kita harus memanfaatkan berbagai sumber daya yang memungkinkan tercapainya produksi dengan biaya rendah. Dalam proses memperbaiki produktivitas perusahaan perlu memperhatikan berapa banyak produk dalam sekali produksi sehingga tidak terjadi out off stock maupun over stock sehingga dapat menghemat produksi. Perusahaan juga harus memperhatikan kualitas yang akan dijual.
      Dan perusahaan juga harus memperhatikan lokasi karena dapat sangat mempengaruhi biaya produksi selanjutnya, kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

      Hapus
    8. saya setuju dengan pendapat anda, bagaimana dari perjelasan pertanyaan di atas adalah dalam memiliki perusahaan setidaknya kita memang memanfaatkan sumber daya yang ada, dengan demikian kita dapat memiliki produk dalam bisnis kita menjadi baik. Karena dalam sebuah bisnis pasti sangat membutuhkan SDM dan SDA . Selain itu kita juga harus menempatkan bisnis kita di tempat2 yang strategis, artinya yang di kenal banyak orang . Sehingga membuat bisnis kita menjadi baik dan di percaya banyak orang akan kualitas maupun kuantitasnya .

      Hapus
    9. Sumber daya yang digunakan dalam proses produksi haruslah digunakan dengan se-efisien mungkin karena dengan mekenan efisiensi sumber daya dalam proses produksi yang meliputi bahan baku, sumber daya alam maupun sumber daya manusia, maka perusahaan akan dapat memaksimalkan pendapatan usahanya. Selain itu dengan memilih lokasi perusahaan yang strategis akan sangat mempengaruhi, karena dengan lokasi yang strategis dapat menekan biaya transport, dan relasi yang mudah dengan perusahaan-perusahaan lain.

      Hapus
    10. ya saya juga sependapat dengan anda semua :)
      jika paham akan sdm transporasi dan lokasi maka hal tersebut dapat menjadi sebuah poin tambahan bagi pengusaha untuk mencapai kesuksesan semakin detail smkin baik

      Hapus
    11. Saya setuju dengan pendapat teman-teman, tindakan perusahaan untuk memperbaiki produktivitas dan kualitas dengan tujuan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan laba memang penting dan membutuhkan banyak pertimbangan. Perusahaan dapat mengambil langkah meningkatkan efektivitas pengelolaan sumber daya (contoh : SDA, SDM, Mesin), mengubah proses produksi agar berjalan dengan efektif dan efisien dengan tetap mengontrol kualitas produk agar tidak menurun. Selain itu, hal ini bisa merupakan tindakan yang diambil perusahaan karena menghadapi kondisi ekonomi yang buruk. Misalnya saat harga bbm naik, perusahaan harus memotong biaya produksi agar tetap dapat mempertahankan harga agar permintaan tidak menurun sehingga perusahaan tetap mendapat laba dalam jumlah yang sama atau meningkatkannya.

      Hapus
    12. Saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam mempunyai perusahaan setidaknya kita memanfaatkan sumver daya yang ada. Dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas, bagaimana mengontrol kualitas dan efisiensi agar tidak terjadi pemborosan, dalam produksi agar bisnis yg kita jalankan menjadi lancar

      Hapus
    13. Saya setuju dengan pendapat anda semua. Karena dalam kegiatan menjalankan usaha, produktivitas memegang peranan penting dalam kemajuan usaha kita. Oleh karena itu perbaikan produktivitas merupakan topik yang menarik untuk dimengerti.

      Hapus
    14. saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam kegiatan perusahaan, perusahaan tersebut harus memperhatikan kondisi dari produktifitas dan produknya, jika bahan baku tidak dapat memilih dengan tepat otomatis provit yg didapatkan berkurang.

      Hapus
    15. Saya setuju dengan pendapat teman sekalian. Sebuah bisnis dalam perusahaan harus mengerti atau tau kondisi dan situasi yang ada dalam setiap perusahaan yang di jalaninya itu, untuk itu setiap unit yang berada dalam perusahaan harus memperbaiki kerusakan yang di buatnya sendiri dalam setiap pegangan atau sesuai pekerjaan yang di jalankan setiap unit atau karyawan masing-masing di sebuah perusahaan.

      Hapus
    16. saya sangat setuju dengan pendapat teman, bahwa memperbaiki produktivitas dan kualitas sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan agar kita dapat memanfaatkan sumber daya yang ada. Dan perusahaan juga harus memperhatikan lokasi apakah strategis atau tidak ? sehingga tidak mempengaruhi biaya produksi.

      Hapus
    17. saya setuju dengan pendapat teman-teman, dalam mempelajari ini kita dapat mengetahui bagaimana mengatur dan memanfaatkan suberdaya yang ada untuk diproduksi secara efisien. dalam membangun perusahaan harus tau bagaimana menggunakan layout yang sesuai dan mengontrol sumberdaya yang ada agar bisa diproduksi secara efisien.

      Hapus
    18. pada bab ini saya setuju, karena pada saat proses proses produksi memerlukan berbagai sumber daya utama yang di gunakan oleh perusahaan dalam memproses produksi adalah sumber daya manusia, bahan baku, dan sumber daya lainnya, seperti bangunan, mesin, dan peralatan. perusahaan yang memproduksi barang cenderung menggunakan lebih banyak bahan baku dan peralatan dalam proses produksinya.

      Hapus
    19. Saya setuju dengan pendapat anda karena dalam memperbaiki produktifitas dan kualitas dalam berbisnis atau usaha yang di jalani , tetapi dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisien dan tidak melakukan pemborosan .

      Hapus
    20. saya juga setuju. produktivitas mengambil andil yang besar dalam sebuah perusahaan. tentu ini semua berhubungan dengan biaya produksi dan strategis suatu tempat produksi. hal ini akan mempengaruhi progress produktivitas yang ada dlam perusahaan tersebut, terutama dalam memanfaatkan sumber daya yang ada atau dimiliki oleh perusahaan tersebut.

      Hapus
    21. saya setuju dengan pendapat anda, karena memperbaiki produktivitas dalam perusahaan dapat mendorong perusahaan tersebut untuk meningkatkan kualitasnya sehingga perusahaan tersebut menghasilkan produk dan kualitas tenaga kerja yg baik. selain itu pendirian pabrik juga akan mempengaruhi berapa besar biaya yg dikeluarkan.. maka, jika suatu pabrik didirikan dekat dengan bahan baku biaya yg dikeluarkan akan minimal dan pabrik/perusahaan tersebut akan mendapat kesempatan yg lebih bnyk untuk memperoleh laba yg besar.

      Hapus
    22. ya saya setuju, kita harus mengetahui tempat yang strategis maupun itu berdasar kan sumber daya alam maupun sumber daya manusia agar sesuai. dan dimana tempat pabrik itu didirikan agar sesuai dengan alam nya.. dengan begitu maka suatu produksi akan baik.

      Hapus
    23. Ya saya setuju .
      Mempelajari bab ini bkn hanya sekedar menarik, tp memang penting. Krn dunia skrg yg smakin mengglobal demikian pula dengan persaingan bisnisnya yg smakin komplex
      Oleh krn itu bab ini berperan penting dlm memberi bekal yg ckup bgi org2 yg hendak menjadi entrepreneur di masa dpn

      Hapus
    24. saya setuju dgn pendapat anda, memperbaiki produktivitas dan kualitas perusahaan sangatlah penting karena produktivitas dan kualitas mempengaruhi produk yg dihasilkan perusahaan tersebut. lokasi yg strategis juga dapat meminimalisasi biaya yg dikeluarkan sehingga sangatlah mungkin bagi perusahaan untuk memperoleh laba yg besar

      Hapus
    25. saya sangat setuju degan pendapat anda. Karena selain dapat mengetahui sumber daya yang digunakan dalam produksi kita juga dapat mengetahui metode - metode utama yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi yaitu teknologi, skala ekonomis, dan rekturisasi.

      Hapus
    26. Saya juga setuju dengan kalian, bab ini sangat penting untuk dipelajari karena dengan mempelajari bab ini kita bisa tahu berbagai sumber daya penting yang digunakan dalam produksi yang meliputi SDM, bahan baku, dan sumber daya lainnya dan kita juga bisa mengetahui bagamaina cara untuk mennentukan lokasi pabrik dengan didukung oleh banyak faktor pendukung didalamnya. Kita juga bisabelajar desain dan tata ruang dari sebuah pabrik. Selain itu, masih banyak lagi yang sangat penting untuk kita pelajari di bab ini.

      Hapus
    27. Saya sangat berpendapat dengan kalian semua. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Dalam berbisnis kita perlu memperbaiki produktifitas dan kualitas yang menggunakan sumber daya yang efisien dan efektif yang baik. Dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk melakukan produksi,bagaimana cara mengurangi pengeluaran sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat dan laba yang diperoleh akan naik karena biaya produksi dapat dikurangi dan bagaimana memastikan efisiensi dalam produksi

      Hapus
    28. Saya juga setuju dengan pendapat teman-teman. Dari bab ini kita bisa mempelajari berbagai sumber daya penting yang digunakan dalam produksi meliputi SDM, bahan baku dan sumber daya lainnya. Kita juga bisa belajar bagaimana cara terbaik untuk mengambil keputusan dalam menentukan lokasi pabrik yang efisien serta cara menentukan desain dan tata ruang dari sebuah pabrik. Selain itu masih banyak lagi hal-hal lain yang sangat penting untuk kita pelajari yag nantinya juga akan berguna bagi bisnis yang akan kita jalankan.

      Hapus
    29. Kedudukan SDM saat ini bukan hanya sebagai alat produksi tetapi juga sebagai penggerak dan penentu berlangsungnya proses produksi dan segala aktivitas organisasi. SDM memiliki andil besar dalam menentukan maju atau berkembangnya sutau organisasi. Oleh karena itu, kemajuan suatu organisasi ditentukan pula bagaimana kualitas dan kapabilitas SDM di dalamnya. Begitu juga dalam hal peningkatan daya saing daerah, membutuhkan SDM-SDM yang memiliki kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan potensi daerah sehingga apa yang dimiliki daerah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat daerah.

      Hapus
    30. saya setuju dengan pendapat anda, karena memperbaiki produktivitas dalam perusahaan dapat mendorong perusahaan tersebut untuk meningkatkan kualitasnya sehingga perusahaan tersebut menghasilkan produk dan kualitas tenaga kerja yg baik. selain itu pendirian pabrik juga akan mempengaruhi berapa besar biaya yg dikeluarkan.. maka, jika suatu pabrik didirikan dekat dengan bahan baku biaya yg dikeluarkan akan minimal dan pabrik/perusahaan tersebut akan mendapat kesempatan yg lebih bnyk untuk memperoleh laba yg besar

      Hapus
  2. Bagian yg menarik dalam bab ini adalah penjelasan yg dipaparkan secara rinci mengenai keputusan apa saja yg bisa mempengaruhi kinerja perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
    Antara lain, keputusan yg mengenai penggunaan sumber daya dan lokasi untuk proses produksi akan berdampak pada biaya produksi. Sedangkan keputusan mengenai pengendalian atas proses produksi akan menentukan efisien atau tidaknya proses yg telah berjalan.
    Selain itu, dalam bab ini jg dijelaskan tentang bagaimana perusahaan dapat mengawasi mutu produk yg ia jual sehingga dapat berdampak pada pendapatan yg diperoleh karena produknya memiliki pengaruh pada kepuasan pelanggan.
    Hal-hal tersebut sangat menarik sekaligus bermanfaat bagi kita untuk lebih memahami bagaimana caranya menjalankan suatu bisnis dengan baik dan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya supaya produktivitas dan efisiensi perusahaan tinggi, maka banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain :
      1. Kita harus membangun perusahaan/pabrik yang mudah mendapatkan SDM yang sesuai dengan karakteristik barang yang kita produksi.
      2. Lokasi pabrik harus strategis dan memiliki akses transportasi yang mudah, sehingga memudahkan pengiriman bahan baku maupun hasil produk ke bandara, pelabuhan, dll.
      3. Lokasi pabrik diusahakan tidak jauh dari sumber bahan baku.
      4. Pabrik di design sedemikian rupa sehingga satu department dengan department yang lainnya berhubungan langsung. Dengan demikian proses produksi dapat berjalan dengan lancar.
      Apabila hal-hal di atas dapat dilakukan, maka produktivitas dan efisiensi menjadi optimal.

      Hapus
    2. apakah tipe desain dan layout suatu perusahaan sangat berpengaruh dengan produktivitas nya teman?? saya masih kurang jelas. terima kasih

      Hapus
    3. Tipe design dan layout suatu perusahaan berpengaruh besar terhadap efisiensi suatu perusahaan karena layout yang asal-asalan akan menimbulkan cost yang besar yang harus ditanggung oleh perusahaan. Sehingga, perusahaan tidak dapat bersaing dalam segi harga.

      Hapus
  3. Dari bab 8 ini pembahasan yang paling menarik menurut saya adalah metode untuk meningkatkan efisiensi produksi. ada 3 hal yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi yaitu teknologi, skala ekonomis, dan restrukturisasi. saya tertarik lebih dalam menguasai 3 hal ini karena ini sangat di perlukan untuk bisnis masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, hal ini sangat menarik. Dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, perusahaan akan lebih cepat dalam proses produksinya. Skala ekonomi juga bermanfaat karena dapat mengurangi biaya produksi ketika memproduksi barang dalam jumlah besar. Dan restrukturisasi perlu dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses produksi

      Hapus
    2. teman, saya masih kurang mengerti tentang restrukturisasi yang dimaksud. apakah setiap restrukturisasi menjamin bahwa proses produktivitas berjalan dengan lebih baik?

      Hapus
    3. Benar sekali 3 hal itu sangat penting dan besar manfaatnya bagi bisnis. Dengan teknologi, otomatis pekerjaan diselesaikan dengan mesin tanpa adanya karyawan. Sedangkan skala ekonomi, dapat merefleksikan timbulnya biaya rata-rata yang lebih rendah sebagai akibat dari produksi volume yang besar. Dan restrukturisasi,suatu strategi utuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan.

      Hapus
    4. Saya setuju sekali, karena dari kata efesiensi produksi sendiri adalah suatu kemampuan yang dimana dapat menghasilkan output pada suatu tingkat tertentu dengan biaya yang lebih rendah. Sehingga hal ini perlu sekali diterapkan dalam bisnis untuk mendapat hasil yang baik.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat anda. Ada 3 hal yang dapat meningkatkan efisiensi produksi. Karena sejujurnya, menurut saya menghasilkan produk secara efisien tidaklah mudah karena banyak yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, menjaga kualitas produk juga perlu diperhatikan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Sekian.

      Hapus
    6. saya setuju dengan anda, meningkatkan efisiensi produksi memang sangat penting dan sangat menarik untuk di bahas. karena dengan mempelajari efisiensi produksi kita dapat mengetahui berapa besar produk atau jasa yang dapat kisa hasilkan dengan waktu yag efisien.

      Hapus
  4. Bab ini sangat menarik karena membahas mengenai peningkatan produktivitas dan mutu. Perusahaan harus mengetahui dengan baik berbagai sumber daya yang dibutuhkan dan digunakan untuk melakukan proses produksi yang nantinya akan mempengaruhi biaya produksi. Kemampuan perusahaan dalam mengendalikan produksi akan mempengaruhi mutu dari barang yang diproduksi dan karena itu akan mempengaruhi permintaan barang tersebut. Jika perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi maka perusahaan akan dapat mengurangi pengeluaran dan pada akhirnya tentu dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya setuju. jika perusahaan ingin meningkatkan kinerja perusahaan,, maka perusahaan tersebut haruslah meningkatkan efisiensi produksinya terlebih dahulu. perusahaan harus menjalankan cara yang paling tepat untuk memanfaatkan sumber daya yang ada agar menghasilkan produksi semaksimal mungkin.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat revensca, dengan meningkatkan mutu produktivitas dan mutu maka akan meningkatkan efiesiensi produk dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.meningkatkan efisiensi produksi dapat mengurangi biaya pengeluaran perusahaan.

      Hapus
  5. apakah dalam membangun suatu perusahaan perlu ditanamkan yang namanya pengendalian produksi seperti pembelian bahan baku, pengendalian persediaan, pengaturan rute, penjadwalan, dan pengendalian mutu ? dan apa pengaruh jika hal tersebut ada yang tidak dijalankan dalam suatu perusahaan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya itu sangat penting. karena pengendalian produksi dapat meminimalisir beban produksi yg dapat meningkatkan laba kita.Pembelian bahan baku sangat penting karena dengan memilih pemasok yg tepat kita dapat memperoleh bahan baku yg kita gunakan dengan harga lebih murah. pengendalian persediaan berguna agar jangan sampai perusahaan kehabisan persediaan, menghindari penyimpanan persediaan yg terlalu banyak karena hal ini dapat menimbulkan biaya, dan menghindari pembelian persediaan secara kecil-kecil karena dapat memperbesar biaya pemesanan. dengan pengendalian rute kita dapat memastikan apakah proses produksidapat ditingkatkan. dengan penjadwalan memungkinkan kita dapat meramalkan berapa banyak produk yg akan diproduksi pada waktu tertentu sehingga mampu memenuhi pesanan konsumen. karena jika tidak kita tidak akan dapat memenuhi permintaan dr konsumen kita. dan dengan pengendalian mutu kita dapat memastikan apakah mutu produk kita sesuai dengan keinginan kita dan melihat apabila ada perbaikan yg perlu dilakukan, sehingga tidak mengecewakan konsumen dan menyebabkan permintaan kita meningkat.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat elia, selain itu pengendalian produksi ini diberlakukan agar kualitas suatu produksi dapat berjalan dengan baik,sehingga apabila konsumen melihat kualitas dari produk itu baik/ bagus maka konsumen menaruh kepercayaan kepada perusahaan ,namun apabila kualitas suatu produksi buruk tidak memungkinkan bahwa konsumen akan berpindah pada perusahaan yang kualitas produksinya lebih bagus.dan apabila konsumen banyak berpindah ke produk lain tidak memungkinkan bahwa lama kelamaan bisnis tersebut akan mengalami kebangkrutan

      Hapus
    3. tentu saja teman. semua itu perlu dilakukan dengan efisiensi yang tepat, agar nantinya perusahaan benar-benar menghasilkan hasil produksi yang benar-benar bermutu dan bisa menguntungkan perusahaan. hal ini tentu bergantung pada kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. lalu pengaturan rute yang anda sebutkan juga mempengaruhi biaya produksi yang akan ditanggung oleh perusahaan. yang pasti, dibutuhkan kemampuan pengaturan dalam perusahaan dengan biaya minimum dan laba yang dihasilkan maksimum. hal ini juga akan berpengaruh akan kelangsungan prusahaan tersebut.

      Hapus
  6. menurut saya sangat menarik dan penting untuk mempelajari bab ini, dimana kita dapat mengetahui cara mengelola sumber daya yg benar, cara memilih lokasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan kita supaya lebih effisien dan menghemat biaya, dan desaim dam tata ruang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing-masing,dan bagaimana cara meningkatkan efisiensi dalam perusahaan dapat kita ketahui dalam bab ini. Dalam bab ini juga banyak terdapat istilah -istilah baru (seperti : just in time, MRP,dll )yg mungkin membuat kita sedikit bingung tapi tetap dapat memperbanyak pengetahuan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda bahwa dengan mengelola sumber daya yang benar dan efisien kita dpat mengurangi biaya dan meningkatkan laba perusahaan. Tapi hal itu tidak mudah karena kita harus mengatur stasiun-stasiun kerja yang terdiri dari beberapa karyawan, juga lini perakitan untuk mengerjakan tahapan tahapan tertentu dari proses produksi. Untuk memilih lokasi kita harus memperhatikan biaya ruang kerja dan tenaga kerja, kita juga dapat memilih di daerah mana yang sumber permintaannya paling tinggi sehingga dapat meminimalkan biaya transportasi.

      Hapus
    2. dalam pemilihan lokasi tentu banyak hal yang dipertimbangkan daniel. bukan hanya itu saja, saya tambahkan.. pemilihan tempat yang tepat juga dipertimbangkan dengan dekat tidaknya dengan bahan baku yang diperlukan, lalu proses pengangkutan, disesuaikan juga dengan tipe bahan yang diproduksi. apakah barang produksi itu termasuk barang yang cepat rusak, maka kita harus memilih yang dekat dengan pasar misalnya.

      Hapus
  7. Saya sependapat dengan anda pada bab ini kita dapat memahami cara mengelola sumber daya , bagaimana mengatur dan memilih setepat mungkin lokasi yang sesuai dengan usaha apa yang akan kita dirikan agar produktivitas dan efisiensi perusahaan tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, karena menentukan lokasi adalah salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis kita. Jika bisnis dan lokasi kita tidak sesuai maka akan bedampak bada kelanacaran bisnis yang kita tekuni. Menentukan lokasi dari suatu bisnisj juga harus memperhatikan dari segi sumber daya yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut.

      Hapus
  8. Menurut saa bab ini sangat menarik untuk di pelajari karena bab ini membahas tentang cara meningkaan produktivitas dan mutu. untuk meningkatkan efesiensi produksi maka kita harus memperhatikan beberapa metode, yaitu teknologi, skala ekonomis dan restrukturisasi.
    1. Teknologi : Perusahaan meningkatakan efesiensi produksi dengan menerapkan teknologi baru sehingga proses produksi dapat berjalan cepat.
    2. Skala Ekonomis : Perusahaan mengurangi biaya dengan mencapai sakal ekonomis, yaitu biaya trata-rata yang lebih rendah dari proses produksi dalam jumlah lebih besar.
    3. Restrukturisasi : Perusahaan melakukan perubahan proses produksi. Saat melakukan restrukturisasi dapat mengurangi beban produksi barang dan jasa, maka dapat meningkatkan laba perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  9. Bab ini sangat menarik dan penting karena membahas mengenai cara mengidentifikasi berbagai sumber daya untuk produksi,serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penentuan lokasi pabrik,apa pengaruh berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan desain dan tata ruang,mengenali beberapa pekerjaan penting yang terkait dengan pengendalian produksi dan faktor-faktor penting apa saja yang memengaruhi efisiensi produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi produksi adalah skala ekonomis perusahaan, teknologi, layout perusahaan, dan keterampilan karyawan dalam berproduksi. Karena karyawan yang tidak terampil akan menimbulkan cost bagi perusahaan.

      Hapus
    2. faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi antara lain :
      - Biaya ruang kerja
      - biaya tenaga kerja
      - insentif pajak
      - sumber permintaan
      - akses transportasi
      - pasokan tenaga kerja

      faktor - fakor yang mempengaruhi desain dan tata ruang antara lain :
      - karakteristik lokasi
      - proses produksi
      - Lini produk
      - kapasitas yang diinginkan

      Hapus
  10. Dalam bab ini kita diajarkan untuk mengetahui apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung faktor produksi,bagaimana kita mengombinasikan berbagai sumber daya untuk produksi,menentukan sumber daya yang dibutuhkan,serta mengevaluasi kemungkinan lokasi dari pabrik,pasokan tenaga kerja serta akses transportasi. serta memilih desain dan tata ruang,yang bisa dilihat dari karakteristik lokasi,proses produksi,lini produk,kapasitas produksi dan pengendalian produksi,untuk pembelian bahan baku serta cara mendelegasikan produksi kepada pemasok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan anda, dalam bab ini kita dapat mengetahui sumber daya yang akan digunakan jika kita ingin memproduksi barang, sehingga kita lebih siap dalam menentukan barang apa yang kita produksi.

      Hapus
  11. Menurut saya hal yang menarik dalam bab ini adalah mengetahui bagaimana mengkombinasikan sumber daya untuk produksi kita ..
    dan kita dapat meningkatkan mutu dari produk yang kita hasilkan dengan memanfaatkan sumber daya ,, selain itu ada teknologi,,skala ekonomis dan merubah proses produksi kita ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Karena untuk memperoleh suatu hasil produksi dengan mutu yang baik, memang diperlukan untuk mengkombinasikan sumber daya bahan baku yang ada. Selain itu, diperlukan penelitian yang terus-menerus sehingga semakin lama produksi yang kita hasilkan menjadi semakin baik.

      Hapus
  12. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk kita pelajari,karena menurut saya dalam suatu proses produksi banyak hal yang perlu untuk diperhatikan, seperti sumber daya untuk produksi,lokasi pembangunan pabrik,tipe desain dan layout yang dapat digunakan,bagaimana mengontrol kualitas suatu barang,dan memastikan efisiensi dalam suatu proses produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Menurut saya memang bab ini juga perlu dipelajari agar kita tahu tentang sumber-sumber produksi. Terutama agar perusahaan dapat efektif dalam kegiatan berproduksi. Terutama untuk biaya serta lokasi dimana kegiatan prosuksi harus dilaksanakan. Thx

      Hapus
  13. Menurut saya dalam bab ini kita dapat mengetahui bebagai sumber daya yang digunakan perusahaan dalam proses produksi yaitu sumber daya manusia (karyawan), bahan baku, dan sumber daya lainnya (bangunan, masin dan peralatan). Factor-faktor yang diperlukan jika akan menentukan lokasi usaha agar mencapai keberhasilan yang optimal. Selain itu juga kita dapat mengetahui pengendalian produksi yang meliputi pembelian bahan baku, pengendalian persediaan, pengaturan rute, penjadwalan, dan pengendalian mutu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda karena dengan mempelajari bab ini memudahkan perusahaan mengelolah produktivitas dan dapat menghasilkan kualitas produksi yang profesional

      Hapus
  14. menurut saya hal yang menarik dalam bab ini adalah bagaimana memperbaiki produktivitas dan kualitas dalam suatu bisnis agar kita dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, pengaruh lokasi pembangunan pabrik yang strategis dan bagaimana mengontrol kualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan anda. karena dengan memahami bagaimana memperbaiki produktivitas dan kualitas dalam suatu bisnis, kita bisa mengambil keputusan-keputusan yang tepat dalam menjalankan bisnis kita sehingga proses produksi menjadi lebih efisien dan dapat mengurangi biaya-biaya produksi.

      Hapus
  15. menurut saya pembahasan bab ini sangat menarik untuk di pelajari, karena kita dapat sama-sama belajar memperhatikan dan perhatian dalam sisi sumber daya yang dapat menjadi penunjang bagaimana produksi tersebut dapat berkembang dengan baik, dan lokasi juga ikut turut serta menjadi hal yang perlu di perhatikan, karena disitulah lokasi juga menentukan dimana sumber daya produksi dapat di peroleh dengan mudah, tidak memerlukan biaya dan tenaga berlebih.

    BalasHapus
  16. Menurut saya bab ini menarik untuk d pelajari karena ketika sebuah perusahaan memprodukai produk barang dan jasa maka perusahaan membutuhkan proses produksi,sumber daya yang d gunakan dalam proses produksi yaitu aumber daya manusia,bahan baku dan sumber daya lainnya,mengkombinasikan berbagai sumber daya untuk produksi,menggabungkan berbagai sumber daya alam dengan menggunakan stasiun-stasiun kerja dan lini perakitan

    BalasHapus
  17. Menurut saya, hal yang menarik dalam membahas bab ini adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang digunakan dalam memproduksi . Karena, beberapa pabrik, kurang memanfaatkan sistem daur ulang dari bahan yang telah di pakai untuk menghasilkan suatu produk .
    Dengan mengetahui cara yg efisien dan tepat untuk daur ulang, maka kita dapat menggunakan secara maksimal dari SDA .
    Menggunakan secara maksimal .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya stuju juga, dengan system daur ulang bukan hny hemat tapi juga lebih efisien dan mengurangi pencemaran.

      Hapus
    2. Saya setuju dg pendapat feli,karena sekarang banyak perusahaan yg proses produksinya menghasilkan limbah yg merugikan lingkungan sekitar..

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapat kalian, dengan mendaur ulang limbah perusahaan, maka akan mengurangi pencemaran lingkungan sekitar pabrik. Tetapi di sisi lain, pabrik tersebut juga harus memperhatikan cara pendaur ulangan limbah tersebut, karena tiak semua limbah dapat di daur ulang, maka para karyawan pabrik (sumber daya manusia) harus diajarkan bagaimana cara mengolah limbah yg benar sehingga tidak merugikan masyarakat lingkungan sekitar pabik. demikian pendapat saya, maaf bila ada salah kata. terima kasih.

      Hapus
  18. Menurut saya, bab ini sangat menarik untuk dipelajari. Pemilihan lokasi pabrik atau kantor merupakan salah satu keputusan yang sangat penting dalam manajemen produksi. Lokasi dapat sangat mempengaruhi biaya produksi dan kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Hal ini khususnya berlaku bagi perusahaan-perusahaan industri yang memerlukan investasi dalam jumlah yang besar pada pabrik dan peralatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi antara lain adalah biaya ruang kerja (bangunan atau kantor), biaya tenaga kerja (contohnya seperti gaji di kota besar cenderung lebih tinggi daripada di luar kota besar untuk satu pekerjaan yang sama), insentif pajak (pemerintah bersedia memberikan kredit pajak untuk menarik perusahaan ke daerah mereka), sumber permintaaan, akses transportasi (memilih lokasi yang dekat dengan sumber utama transportasinya) dan pasokan tenaga kerja (memperkerjakan tenaga kerja-tenaga kerja khusus yang dibutuhkan dalam perusahaan).

    BalasHapus
  19. menurut saya dengan mempelajari bab ini kita bisa mengetahui apa saja pengaruh keputusan lokasi pabrik diantaranya : biaya ruangan tempat kerja, biaya tenaga kerja, insentif pajak, sumber permintaan akan produk yang diproduksi, akses transportasi, dan pasokan tenaga kerja. dengan mengetahui ini kita nanti bisa memutuskan lokasi pabrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya setuju karena dengan menentukan lokasi yang tepat untuk pabrik dapat meningkatkan efisiensi kerja dan meminimalkan pengeluarkan dana di sektor transport dikarenakan pabrik tersebut sudah dekat dengan sumber daya

      Hapus
  20. menurut saya bab ini sangatn penting untuk di pelajari karena dalam bisnis kita perlu belajar akan peningkatan produktivitas dan mutu, demi meningkatkan nilai perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat setuju dengan pendapat anda karena produktivitas kerja dari atasan samapai dengan bawahan sangat penting dalam perkembangan suatu perusahaan. dan mutu barang hasil pruduksi juga sangat penting dalam pengembangan perusahaan.

      Hapus
  21. menurut saya, bab ini sangat menarik, karena dari bab ini, kita diajarkan untuk memanfaatkan sumber daya dengan sebaik-baiknya untuk produksi yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Dan di bab ini juga diajarkan bagaimana cara untuk mengontrol suatu kualitas dan memastikan produksi secara efisien, supaya perusahaan tidak membuang sumber daya yang ada dengan sia-sia.

    BalasHapus
  22. Menurut saya bab ini sangatlah menarik karena, dari bab ini kita bisa tahu bagaimana konsep - konsep yang ada dibab ini akan mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut. Keputusan - keputusannya sehubungan dengan penggunaan sumber daya dan lokasi yang digunakan untuk melakukan produksi akan mempengaruhi biaya produksi itu sendiri. Selain itu, perusahaan dapat mengawasi mutu, yang selanjutnya akan memberikan dampak pada pendapatan karena pengaruh yang dimiliki pada keputusan pelanggan. Keputusan perusahaan mengenai bagaimana akan melakukan perubahan proses produksi menjadi lebih efisien juga dapat mengurangi biaya - biaya produksi

    BalasHapus
  23. Bab ini sangatlah penting dalam menjalankan perusahaan, namun bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan mutu tersebut???

    BalasHapus
  24. Menurut saya, bab ini mengasyikan. Karna kita diajak untuk berfikir secara kreatif dan inovatif mengenai bisnis kita kedepannya dalam hal template pabrik/usaha. Disisi lain juga, kita diajarkan mengenai dua kata yang saling berkoloborasi, yakni 'efesien dan efektif'. Jadi, tentulah dalam bab ini, kita akan menjadi kreatif dan inovatif dalam hal merancang bisnis kita kedepannya, agar supaya bisnis kita bisa menjadi efektif dan efesien

    BalasHapus
  25. Bab ini sangat menarik untuk di pelajari, karena sebuah perusahaan yang memproduksi barang dan jasa, haruslah dapat meningkatkan produktivitas dan mutu, agar barang dan jasanya banyak di minati, serta dapat meningkatkan nilai perusahaan

    BalasHapus
  26. menurut saya yang menarik pada bab ini dengan tentang bagaimana mengontrol kualitas suatu produksi.karena dalam suatu bisnis ,kualitas dalam produksi sangatlah penting dalam berjalannya suatu bisnis, jika kualitas suatu produksi rendah/kurang maka tidak memungkinkan bahwa konsumen akan lari dan berpindah ke produk lain yang kualitasnya lebih baik. Oleh sebab itu,untuk meningkatkan kualitas dan mutu suatu bisnis diperlukan pengendalian produksi, antara lain:
    1. Pembelian bahan baku
    2. Pengendalian persediaan, merupakan proses pengelolaan persediaan pada tingkat yang meminimalkan biaya.
    3. Pengaturan rute, dengan adanya pengaturan rute ini dapat memastikan bahwa proses produksi tersebut dapat ditingkatkan sehingga meningkatkan efisiensi produksi.
    4. Penjadwalan, dengan adanya penjadwalan perusahaan dapat memenuhi jadwal produksi,sehingga perusahaan dapat memenuhi pesanan konsumen tepat waktu, maka perusahaan akan mendapat kepercayaan dari konsumen.
    5. Pengendalian Mutu , dilakukan untuk memenuhi tingkat mutu dan memberlakukan perbaikan (jika ada)dalam suatu produksi.
    Dengan dilakukannya pengendalian ini maka akan menghasilkan kualitas dan mutu yang lebih baik.

    BalasHapus
  27. Bab ini merupakan yang penting karena dengan mempelajari bab ini kita bisa mengambil keputusan-keputusan manajemen tentang sumber daya yang bisa kita gunakan dalam faktor produksi, penetuan lokasi pabrik, desain, pengendalian produksi, dan efisiensi. Hal2 tsb sangat penting untung dipelajari dan penting juga dalam pengambilan keputusannya karena itu dapat menetukan biaya produksi, yang pada akhirnya akan bisa mempengaruhi laba dan nilai perusahaan dan juga kepuasan pelanggan.

    BalasHapus
  28. yang menarik dalam bab ini adalah keputusan sebuah perusahaan sangat berkaitan dengan konsep-konsep yang mempengaruhi kegiatan perusahaan diantaranya keputusan sehubungan dengan penggunaan sumber daya dan lokasi yang digunakan untuk melakukan produksi ,keputusan sehubungan dengan pengendalian atas proses produksi akan dapat memastikan bahwa proses yang berjalan masih tetap efisien atau tidak . Selain itu, perusahaan jg harus mengawasi mutu karena akan berdampak pada kepuasan pelanggan atau prefense pelanggan. Manajemen dalam proses sangat menentukan kelangsungan suatu perusahaan .
    yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya mengelola manajemen yang efektif sekaligus efisien? dan apakah manajemen produksi juga harus ada dalam perusahaan jasa? dan apakah sangat mungkin utk menggabungkan hasil produksi yang mempunyai biaya produksi yang rendah tetapi juga memiliki kualitas yang tinggi? dan mengapa semakin spesifik barang yang di produksi semakin efisien manajemen dari suatu perusahaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sherlyna kiik lau.
      Menurut saya,
      Cara manajemen mengelola secara efektif sekaligus efisien bisa dengan cara menentukan secara tepat jumlah bahan baku yang akan digunakan, kombinasi sumber daya yang tepat, pembagian pekerjaan yang tepat, dan urut-urutan pekerjaan yang tepat.

      Manajemen produksi juga harus ada dalam perusahaan jasa, karena Produksi sendiri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menghasilkan sesuatu -bisa berupa barang ataupun jasa-.

      Meskipun biaya produksi rendah, kualitas yang tinggi juga bisa dihasilkan. Karena adanya optimalisasi dari sumber daya yang ada, serta adanya manajemen produksi yang memang ditujukan untuk mengembangkan proses produksi yang efisien(relatif rendah biayanya) dan bermutu tinggi. Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi melalui metode teknologi(meningkatkan kecepatan proses produksi), skala ekonomis(mengurangi biaya rata-rata per unit sebagai akibat dari volume produksi yang lebih tinggi), restrukturisasi(perubahan atas proses produksi untuk mengurangi beban-beban produksi).

      Semakin spesifik barang yang diproduksi semakin efisien manajemen dari suatu perusahaan, karena dapat lebih mudah dalam penentuan jumlah bahan baku, kombinasi sumber daya, pembagian pekerjaan dan urut-urutan pekerjaan.


      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
  29. Pada bab ini yang menarik adalah menjelaskan mengenai lokasi ,peningkatan kualitas produksi melihat faktor faktornya seperti pembuagan limba, sumberdaya alam yang bisa di manfaatkan dengan baik dan lain lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya hanya ingin menambahkan sedikit dari pendapaat samcruise. Ada beberapa faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan lokasi. Antara lain : Biaya ruang kerja, biaya tenaga kerja, insentif pajak, sumber permintaan, akses transportasi, pasokan tenaga kerja.

      Hapus
  30. menurut saya bab ini menarik, sebuah perusahaan didirikan untuk menghasilkan suatu produk barang dan jasa maka perusahaan harus membuat atau mengambil sebuah keputusan guna untuk mempengaruhi kinerja suatu perusahaan. keputusan-keputusan tersebut berkaitan dengan penggunaan sumber daya dan lokasi yang digunakan untuk melakukan produksi yang akan mempengaruhi biaya produksi itu sendiri. berbagai sumber daya penting yang digunakan dalam produksi adalah SDM, bahan baku dan sumber daya lainnya seperti pabrik, mesin, dan peralatan. keputusan-keputusan yang sehubungan dengan pengendalian atas proses produksi akan dapat memastikan bahwa proses yang berjalan masih tetap efisien. selain itu, perusahaan dapat mengawasi mutu, yang berikutnya akan memberikan dampak pada pendapatan karena pengaruh yang dimiliknya pada kepuasan pelanggan. keputusan perusahaan mengenai bagaimana akan melakukan perubahan produksi menjadi lebih efisien serta dapat mengurangi biaya produksi.adapun metode-metode yang digunakan untuk meningkatkan efisien produksi yaitu menggunakan teknologi, skala ekonomis dan restrukturisasi.

    BalasHapus
  31. Bab ini sangat menarik karena memperbaiki produksi itu sangat penting agar berjalan nya perusahaan dgan baik

    BalasHapus
  32. Menurut saya bab ini sangat menarik karena kata bisa mengetahui bagaimana perusahaan memperbaiki suatu produk dan kualitasnya,Kualitas adalah dimensi yang sangat sulit untuk diukur/dinilai secara objektif. Dalam industri manufaktur, kualitas seringkali diselaraskan dengan tampilan produk yang nyata. Kuantitas dan kualitas jasa sering dirasakan ibarat dua sisi mata uang bagi perusahaan, karena peningkatan kuantitas dan produktivitas sering diikuti dengan efisiensi biaya yang menyebabkan penurunan kualitas jasa tersebut. Manajemen perusahaan jasa harus berupaya untuk memperbaiki produktivitas yang mempunyai implikasi pada peningkatan kualitas yang pada akhirnya dapat sekaligus meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan nilai sebagai tujuan akhir dapat dicapai dengan menjalankan strategi dengan melihat bagaimana klasifikasi perusahaan jasa tersebut, apakah high consumer contact (kontak dengan konsumen tinggi) atau low consumer contact (kontak dengan konsumen rendah). Harapan dari konsumen akan sebuah layanan jasa tidak dapat diabaikan, karena hal inilah yang dapat digunakan sebagai standar atau ukuran apakah konsumen terpuaskan dengan jasa yang mereka konsumsi.

    BalasHapus
  33. Menurut saya untuk memperbaiki produktivitas perusahaan harus memperhatikan lokasi karena dapat sangat mempengaruhi biaya produksi yang ia keluarkan, kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  34. bab ini sangat baik dalam memperbaiki suatu perusahaan karena setiap hari kita harus melihat perkembangan perusahaan itu dan juga mengontrol kualitas barang itu sendiri dari suatu produksi untuk mendapatkan hasil yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Sumariozi, saya setuju dengan pendapat sdra. Melihat dan meninjau perkembangan perusahaan sangat penting bagi kedepannya, kita dapat melihat apakah perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak. Sehingga pihak manajer dapat memutuskan tindakan-tindakan yang akan dilakukan.

      Yang tidak kalah pentingnya adalah mengontrol kualitas barang itu sendiri, dimana dilakukan oleh pihak QC ( Quality Control ) sehingga barang dapat dijamin sampai ke tanggan konsumen dengan kondisi yang baik.
      Tentunnya hal ini akan menaikkan kualitas produk di mata masyarakat.
      Terima kasih Sumariozi.

      Hapus
  35. Bab ini menarik dipelajari karena kita diajarkan bagaimana meningkatkan produktivitas dan mutu perusahaan. Perusahaan didirikan untuk menghasilkan suatu produk barang atau jasa. Berbagai sumber daya menjadi pilihan penting dalam proses produksi. Begitu juga dengan keputusan memilih lokasi pabrik. Jika kita mampu memperhitungkan secara detail bagaimana pengaruhnya, saya rasa perusahaan akan mendapat pengaruh yang positif. Demikian pula dengan desain dan tata ruang sebuah pabrik. Apabila pabrik di desain dengan rapi dan teratur, maka proses produksi akan lebih lancar di setiap lini produksinya, dan mencapai kapasitas produksi yang diinginkan. Perusahaan juga harus mampu mengendalikan produksi, seperti pembelian bahan baku, pengendalian persediaan, pengaturan rute, penjadwalan, serta pengendalian mutu. Perusahaan juga perlu menerapkan metode-metode utama yang akan digunakan, seperti kemajuan ilmu dan teknologi, skala ekonomis serta restrukturisasi.

    BalasHapus
  36. bab ini memberikan dampak positif dalam menjalankan suatu bisnis karena kita juga harus membangun pabrik dan memproduksi produk, barang, dan jasa maka perusahaan membutuhkan proses produksi, sumber daya yang di gunakan dalam proses produksi yaitu sumber daya manusia yang nantinya akan memberikan dampak baik kepada perusahaan .

    BalasHapus
  37. menurut saya dalam bab ini terutama yang membahas tentang memanfaatkan sumber daya yang ada untuk produksi sangat lah menarik.Sebuah perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa, memerlukan suatu proses produksi yang disebut proses konversi (conversion process). Proses koversi adalah serangkaian pekerjaan dimana sumber daya digunakan untuk memproduksi suatu barang atau jasa. Dalam kegiatan ini yang bertanggung jawab adalah manajemen produksi atau manajemen operasi. Mereka bertanggung jawab dalam hal mengembangkan proses produksi yang efisien dan bermutu tinggi menghasilkan produk barang dan jasa yang spesifik. Perusahaan sangat lah membutuhkan sumber daya , contohnya sumber daya manusia, bahan baku,dan sumber daya lainnya.

    BalasHapus
  38. Menurut saya, bab ini menarik karena disini saya dapat mempelajari tentang bagaimana mengelola sumber daya, apa saja yang dapat digunakan dan metode-metode yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi. Metode tersebut adalah teknologi, skala ekonomis, dan restrukturisasi. Dengan mempelajari ini lebih lanjut, kita bisa lebih mempertimbangkan keputusan yang akan diambil untuk perusahaan.

    BalasHapus
  39. Menurut saya bab ini sangat menarik karena dengan membaca bab ini kita dapat mengetahui cara mengelola sumber daya alam dengan maksimal, meningkatkan Produktifitas dan mutu dan terutama pemilihan lokasi yang stragegis itu juga penting untuk kemajuan suatu perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan cynthia. Bab ini sangat menarik karena dalam bab ini juga bisa belajar bagaimana cara mengontrol kualitas dan efisiensi produksi sehingga perusahaan bisa lebih efisien.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan Cynthia dan Theresia. Ketika persahaan dapat mengelola berbagai sumber daya dengan baik maka hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas serta dapat menambah nilai perusahaan.

      Hapus
    3. Ya saya setuju dengan pendapat anda sekalian. Dengan begitu, mutu perusahaan akan meningkat dan nilai perusahaan akan menjadi tinggi ketika kita mengatur baik-baik kualitas, efisiensi produksi, tipe layout, dsb. Tidak memilih sembarangan, tapi benar-benar memiliki konsep yang tepat untuk menghasilkan sesuatu yang baik.

      Hapus
    4. Selamat pagi Cynthia hendarika, saya kurang setuju dengan pendapat sdri. Sdri mengatakan bahwa faktor penting yang terutama adalah pemilihan lokasi yang stragegis untuk kemajuan suatu perusahaan.

      -Posisi yang strategis seperti halnya di pusat kota memang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau kantor, selain mudah dicapai , hal tersebut akan menaikkan reputasi perusahaan.

      -Namun tidak halnya dengan pabrik manufaktur yang mayoritas mengambil posisi di pinggiran kota, atau di kota-kota kecil yang upah pegawai/buruh nya masih tergolong lebih rendah dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

      - Lokasi pabrik pusat kota akan dikenai PBB(Pajak Bumi dan Bangunan) yang lebih besar daripada yang berada di pinggiran kota, hal ini berdampak juga bagi profit mereka.

      Jadi, menurut saya biaya tenaga kerja lebih penting dari lokasi perusahaan. hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kejadian dimana buruh menuntut UMR (Upah Minimun Regional) Rp. 3,7 juta untuk regional Jakarta di tahun 2014, dan Rp. 3 juta untuk regional Surabaya. Akhir ini, beberapa perusahaan menutup pabriknya dan memindahkannya ke Kamboja dan Vietnam dengan UMR USD 79 atau sekitar Rp 887.565 (Kurs 11.235)

      Terima kasih Chyntia.

      Hapus
  40. Sebelum melaksanakan kegiatan produksi sumber daya yang ada sebaiknya menganalisis "what" (barang apa yang profitable dan marketable), "how" (bagaimana melaksanakan management yang baik, mulai dari intern, keuangan, produksi hingga pemasaran), "for whom" (efisiensi dan efektifitas target pasar). Serta menganalisis dari "marketing mix" (product, price, place, promotiont).
    Untuk membangun parbik yang efisien langkah pertama menentukan lokasi yang strategis (dekat dengan sarana umum untuk distribusi contohnya dekat dengan pelabuhan atau bandara) lokasi yang dekat dengan sumber daya atau bahan baku.
    Untuk efektifitas prusahaan desaint suatu pabrik dan layoutnya harus menyesuaikan dalam bidang apa perushaan tersebut menjalankan bisnisnya.
    Untuk mengontrol kualitas dan efisiensi dalam produksi sebaiknya semua level management ikut melaksanakan kinerjanya dan menjaga kualitas produk.

    BalasHapus
  41. Menurut saya dalam proses memperbaiki produktivitas perusahaan perlu memperhatikan berapa banyak produk dalam sekali produksi sehingga tidak terjadi out off stock maupun over stock sehingga dapat menghemat produksi. Perusahaan juga harus memperhatikan kualitas yang akan dijual.
    Dan perusahaan juga harus memperhatikan lokasi karena dapat sangat mempengaruhi biaya produksi selanjutnya, kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  42. Apakah kualitas barang mempengaruhi produktivitas suatu perusahaan ? Mengapa bisa terjadi demikian ? terima kasih

    BalasHapus
  43. Wah ribet juga, tapi yg ingin saya tanyakan, apakah lokasi berpengaruh pada produktivitas suatu kegiatan produksi?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Titus. Iya, lokasi berpengaruh terhada suatu kegiatan produksi karena lokasi dapat mempengaruhi biaya produksi dan selanjutnya kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan cukup banyak seperti biaya ruang kerja, biaya tenaga kerja, insentif pajak, akses transportasi, pasokan tenaga kerja.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat debora.
      pemilihan lokasi berarti menghindari sebanyak mungkin seluruh segi-segi negatif dan mendapatkan lokasi dengan yang paling banyak faktor-faktor positif. Penentuan lokasi yang tepat akan meminimumkan beban/biaya (investasi dan operasional) jangka pendek maupun jangka panjang, dan ini akan meningkatkan daya saing perusahaan.
      Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi perusahaan adalah:
      1. Lingkungan Masyarakat
      2. Kedekatan dengan pasar
      3. Tenaga kerja
      4. Kedekatan dengan bahan mentah dan supplier
      5. Fasilitas dan biaya transportasi
      6. Sumber daya-sumber daya (alam) lainnya.

      Hapus
    3. Ya, saya setuju dengan pendapat anda. Bahwa pemilihan yang tepat baik lokasi, sdm, dan sda dapat mempengaruhi faktor produksi yang akan dihasilkan nantinya

      Hapus
  44. saya tertarik dengan pembahasan di bab ini, karena dengan pembahasan bab ini, kita bisa mendirikan perusahaan yang efektif dan tentu saja efisien pula. dengan mendirikan perusahaan yang efektif dan efisien, maka produktivitas dan keuntungan yang di peroleh perusahaan akan lebih baik.

    BalasHapus
  45. saya tertarik dengan bab ini karena dapat mengetahui berbagai sumber daya penting. yaitu SDM, bahan baku, dan sumber daya lainnya, seperti pabrik, mesin, dan peralatan.

    BalasHapus
  46. 3103013255
    Bab ini menarik untuk dibahas karena ketika sebuah perusahaan memproduksi produk barang atau jasa, maka perusahaan membutuhkan proses produksi. Banyak kemungkinan proses produksi mengakibatkan diproduksinya suatu produk yang spesifik. Berbagai sumber daya utama yang digunakan oleh perusahaan dalam proses produksi meliputi SDM(karyawan), bahan baku dan sumber daya lainnya (seperti bangunan, mesin, dll).
    Oleh sebab itu,untuk meningkatkan kualitas dan mutu suatu bisnis diperlukan pengendalian produksi, antara lain: Pembelian bahan baku, Pengendalian persediaan, Pengaturan rute, Penjadwalan, Pengendalian Mutu
    Dengan dilakukannya pengendalian ini maka akan menghasilkan kualitas dan mutu yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam bab ini menjelaskan bagaimna perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan mutunya

      Hapus
  47. 3203013007
    saya tertarik dengan Bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada untuk produksi misalnya Dalam krisis moneter seperti saat ini, pengembangan agroindustri yang mempunyai peluang dan berpotensi adalah agroindustri yang memanfaatkan bahan baku utama produk hasil pertanian dalam negeri, mengandung komponen bahan impor sekecil mungkin, dan produk yang dihasilkannya mempunyai mutu yang mampu bersaing di pasar internasional. Agroindustri yang dibangun dengan kandungan impor yang cukup tinggi ternyata merupakan industri yang rapuh karena sangat tergantung dari kuat/lemahnya nilai rupiah terhadap nilai dolar, sehingga ketika dolar menguat industri tidak sanggup membeli bahan baku impor tersebut

    BalasHapus
  48. yang menarik dalam bab ini adalah dengan memperbaiki produktivitas dan kualitas suatu produk dalam perusahaan tentu akan berpengaruh pada bagaimana perusahaan tersebut dapat dinilai. Menekan angka biaya seefisien mungkin untuk produksi tanpa mengurangi nilai kualitas suatu produk tersebut,maka perusahaan akan dapat mendapatkan laba yang semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  49. Bab ini sangat menarik untuk dipelajari dan diketahui dalam dunia bisnis dan usaha, pertama mengenai sumber daya yang ada memang dianjurkan memakai yang sesuai, tidak diperkenankan untuk mengeksploitasi sumber daya alam, apabila terlalu dieksploitasi akan menimbulkan dampak yang negatif contoh : bencana alam. Selanjutnya mengenai pembangunan pabrik/lokasi pendirian pabrik juga perlu memerhatikan lingkungan sekitar di mana lokasi yang akan dituju, kalau pabrik diharapkan lebih baik di lokasi yang sedikit penduduk dan penghijauan juga dibutuhkan untuk mengurangi polusi, tidak lupa juga harus memerhatikan tempat pembuangan limbah. Dalam suatu usaha kita harus memilih tipe mana yang sesuai dengan usaha kita, dengan begitu apabila memulai dengan tepat, efisiensi serta kualitas juga terjaga dengan jalannya usaha kita. Semakin efisien dan efektif maka kualitas produksi pasti akan bagus dan begitu juga hal sebaliknya.

    Samuel G.P/3203013038/kelas A

    BalasHapus
  50. Saya sangat setuju akan bab ini. Ini juga merupakan bab yg sangat perlu dibahas untuk mengetahui tentang keefektifan suatu kegiatan produksi diperusahaan.

    BalasHapus
  51. bab ini sangat menarik dan sudah dijelaskan. yang membuat saya masih bingung, bagaimana pengaruh biaya tenaga kerja terhadap keputusan lokasi?. apakah perusahaan akan selalu mencari lokasi dimana biaya tenaga kerjanya murah?.

    BalasHapus
  52. bab ini sangat bagus untuk dipelajari karena dapat meningkatkan mutu kualitas dalam suatu perusahaan sehingga kita bisa menambah omzet dalam perusahaan,

    BalasHapus