SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi mahasiswa Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Kamis, 19 Mei 2011

Refleksi Setelah Kuliah MSDM II (Bahan Diskusi Sampai UAS Genap 2013) )

Perkuliahan MSDM II semester gasal 2013 sudah selesai. Mohon membuat refleksi setelah kuliah dengan tetap memperhatikan 3 aspek dalam refleksi tersebut, yaitu:
  1. Aspek Kognitif
  2. Aspek Afektif
  3. Aspek Psikomotorik.
Terima Kasih, selamat berefleksi..........

117 komentar:

  1. Aspek kognitif: - semakin banyak ilmu yang saya dapat melalui perkuliahan msdm II ini
    - Setiap jawaban mahasiswa selalu diberi penjelasan yang lebih jelas oleh pak runtu sehingga mahasisa tidak terlalu bingung dengan jawaban dari temannya

    Aspek afektif : - Pada setiap bab pak runtu memberikan contoh yang riil
    - Dari tugas wawancara kami dapat mengetahui lebih dalam yang kami dapat dari teorinya

    Aspek psikomotorik : - postingan setiap minggu cukup membuat saya belajar berpendapat untuk ikut berinteraksi dengan teman-teman mengenai topik yang berbeda beda

    BalasHapus
  2. 1. Aspek Kognitif :
    - Saya akhirnya tahu bahwa setiap pekerja memerlukan serikat pekerja dan perlu adanya jaminan dari perusahaan dalam hal kesehatan,keselamatan dan keamanan kerja sehingga mereka tidak khawatir dengan adanya permasalahan kerja yang terjadi.
    - Saya akhirnya tahu bahwa tidak selamanya keberagaman dalam sebuah tim selalu menjadi kekurangan,dengan adanya keberagaman tersebut maka akan terdapat berbagai pendapat dan solusi yang beragam untuk memecahkan suatu masalah.
    - Saya akhirnya tahu bahwa dengan adanya kesetaraan dalam hal pekerjaan kemungkinan dapat memperkecil tingkat keinginan untuk keluar dari para pekerja.
    - Dari hasil wawancara,Saya akhirnya tahu bahwa menjadi karyawan tingkat bawah maupun tingkat atas tidaklah mudah.

    2. Aspek Afektif :
    - Saya merasa bahwa mengelola sumber daya manusia dengan baik itu susah.
    - Saya merasa bahwa mempelajari MSDM itu sangatlah penting.
    - Saya merasa bahwa dengan adanya pengetahuan tentang MSDM ini,saya mendapatkan sebuah bekal untuk bekerja.

    3. Aspek Psikomotorik :
    - Saya akan menerapkan pengetahuan tentang MSDM ini ketika saya telah bekerja.
    - Saya akan terus mengingat bahwa sumber daya manusia adalah asset terpenting bagi perusahaan.
    - Saya akan terus mengingat bahwa (“fungsi MSDM bukan hanya sebagai fungsi pendukung bagian operasional semata melainkan fungsi ini sejajar dengan fungsi utama lainnya : menarailmuku.blogspot.com)”.

    BalasHapus
  3. 1.Aspek Kognitif : Setelah saya mengikuti kuliah MSDM II saya tahu bahwa setiap perusahaan mempunyai kendala yang terkait dengan SDM, oleh sebab itu kuliah MSDM II ini merupakan suatu awal pelajaran dan pengetahuan untuk mengetahui hal – hal SDM.
    2.Aspek Afektif: Saya merasa bahwa mengelola sumber daya manusia tidaklah mudah dan dalam pelaksanaan banyak kendala – kendala yang dihadapi, oleh sebab itu matkul MSDM II ini banyak memberikan pengetahuan dan bekal tentang semua hal yang terkait dengan SDM.
    3.Aspek Psikomotorik: Saya akan terus mengingat bahwa SDM adalah sebuah asset terpenting perusahaan dan jika kelak saya memiliki perusahaan, saya akan bersifat professional dalam memperlakukan dan mendengarkan semua masukan serta keluhan yang terkait dengan SDM.

    BalasHapus
  4. 1. Aspek kognitif: Setelah belajar MSDM 2, saya tahu bahwa setiap tenaga kerja memiliki motivasi yang berbeda sehingga perusahaan harus berupaya untuk menyatukan visi dan misi para tenaga kerja sehingga tujuan perusahaan tercapai.

    2. Aspek psikomotorik: Saya akan mempraktikkan apa yang saya dapatkan di MSDM 2 sehingga saya bisa bersikap profesional.

    3. Aspek afektif: Saya merasa bahwa mengelola SDM bukanlah pekerjaan yang mudah, oleh karena itu ilmu MSDM sangat penting sebagai dasar untuk engelola SDM.

    Michael Abidi kelas D (3103011314)

    BalasHapus
  5. Aspek Kognitif (Pengetahuan)
     Saya sangat menyukai pelajaran MSDM ini karena memberikan saya wawasan mengenai dunia kerja dan masalah-masalah yang kebanyakan terjadi dalam perusahaan serta bagaimana cara menanganinya.
     Saya pada akhirnya mengetahui bahwa para karyawan membutuhkan serikat pekerja untuk melindungi hak-hak karyawan.
     Saya pada akhirnya mengetahui bahwa Gaji yang sesuai, Fasilitas kantor yang memadai, adanya jaminan K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja) serta Lingkungan Kerja yang menyenangkan adalah faktor terpenting dalam membuat karyawan betah untuk bekerja diperusahaan tersebut.
     Dengan adanya mata kuliah MSDM ini, saya dapat memahami tingkat kesulitan yang di alami para karyawan mulai karyawan yang berada di posisi / jabatan terendah sampai tertinggi di dalam suatu perusahaan. Apa keluhan mereka, apa harapan mereka mengenai perusahaan tersebut. Mereka juga memiliki tanggung jawab yang cukup berat dan melelahkan baik dari jabatan rendah maupun tinggi.
    Aspek Afektif (Perasaan)
     Menurut saya mempelajari MSDM sangatlah penting untuk menambah wawasan saya tentang banyak hal yang awalnya saya tidak mengetahui MSDM tapi sekarang saya banyak mengetahui tentang MSDM.
     Matakuliah MSDM ini dapat memberikan saya pandangan tentang dunia kerja yang belum saya alami maka dengan matakuliah ini merupakan bekal bagi saya untuk bekerja di masa depan.
     Saya merasa Bapak Runtu dapat memberikan contoh yang nyata dalam dunia kerja sehingga saya dapat memahami tentang bagaimana dunia kerja itu sendiri.
     Dari wawancara yang saya lakukan. Saya merasa saya harus pintar-pintar dalam berkata karena saya takut menyinggung perasaan narasumber saya.
     Dari wawancara yang saya lakukan. Saya merasa masih banyak Perusahaan yang kurang memerhatikan bawahan maupun atasan (Kesejahteraan karyawan).
    Aspek Psikomotorik (Tindakan)
     Saya akan menerapkan ilmu yang saya peroleh pada mata kuliah MSDM ini ketika saya bekerja nantinya
     Didalam pikiran saya akan terus mengingat bahwa SDM merupakan asset yang terpenting dari sebuah perusahaan.
     Saya dapat belajar mengemukakan pendapat saya serta bertukar pikiran dengan mahasiswa lain pada saat berada di postingan blog.
     Saya akan bersikap professional dalam bekerja pada suatu perusahaan dengan mau mendengarkan maupun menerima kritik dan saran yang diberikan kepada saya. Karena dengan hal ini dapat memicu saya menjadi pribadi yang lebih baik.
     Saya harus selalu mempunyai sikap ingin maju sehingga saya selalu termotivasi oleh itu.

    Terima Kasih ^^

    Desy Ayu Lestari (3103011284)

    BalasHapus
  6. Aspek Kognitif:
    setelah belajar MSDM II saya mengetahui ternyata perusahaan memiliki bernaneka ragam masalah yang perlu di selesaikan di dalamnya salah satunya dan perusahaan harus berupaya untuk menyelesaikannya
    Aspek Afektif:
    dalam mata kuliah MSDM II saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dari segi ilmu maupun praktek
    Aspek Psikomotorik:
    saya belajar ahwa SDM merupakan salah satu hal yang terpenting dalam memulai maupun mengembangkan usaha sehingga jika saya saya menjadi pemimpin di sebuah perusahaan saya akan lebih memperhatikan SDM dan terus mengembangkannnya

    BalasHapus
  7. refleksi perkuliahan MSDM II dilihat dari 3 aspek yaitu :

    Aspek Kognitif
    1. Dengan mempelajari MSDM II ini saya mendapatkan banyak pelajaran berharga yang nantinya dapat berguna untuk saya kedepannya. selain itu juga pelajaran MSDM II ini juga mengajarkan banyak hal mengenai aspek-aspek apa yang perlu diperhatikan didalam berorganisasi dan juga didalam memanage bawahan.
    2. Dan juga dengan mempelajari MSDM II ini saya mengetahui masalah-masalah apa saja yang bisa terjadi didalam perusahaan, masalah-masalah mengenai karyawan, dan juga apa saja yang dapat menunjang keberhasilan dan kesuksesan perusahaan.
    3. Selain itu juga dari tugas lapangan yang diberikan oleh Pak Julius Runtu untuk mewawancarai karyawan tingkat bawah dan juga supervisor, saya dapat mengetahui banyak hal yang tidak saya ketahui sebelumnya, dimulai dari bagaimana pengaruh lingkungan kerja, atasan, divisi dan juga gaji untuk menunjang kesejahteraan karyawan dan bagaimana karir didalam perusahaan yang membuat karyawan tersebut bertahan.

    dari Aspek Afektif
    1. dengan mempelajari MSDM II ini saya merasakan bagaimana susahnya menjadi seorang karyawan, dan juga tidaklah gampang bekerja didalam dunia kerja yang sekarang ini memiliki banyak persaingan. selain itu juga saya dapat mengetahui tanggung jawab yang besar yang harus dipegang oleh seorang supervisor agar mampu memimpin divisi yang dia pegang, dan bagaimana harus mengerti apa keinginan dan juga keluhan karyawannya.
    2. nantinya saya ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan apa yang saya suka, dan juga saya ingin nantinya perusahaan dapat menghargai kinerja saya dan memberikan fasilitas yang sesuai dan dapat menunjang karir saya kedepannya.

    dari Aspek Psikomotorik
    1. Saya nantinya akan mempraktekkan apa saja yang sudah saya dapat didalam MSDM II, yang pastinya telah menambah pengetahuan saya dalam mengelola SDM ataupun dalam bekerja nantinya. sehingga hal-hal yang menjadi halangan nantinya dapat sedikit dikurangin, begitu pula dengan kesalahan-kesalahan yang dapat berkurang seiring dengan pengetahuan yang saya dapatkan dari perkuliahan MSDM II ini.

    BalasHapus
  8. Aspek kognitif : banyak hal yang saya dapatkan ketika mengikuti pelajaran MSDM2. Di antaranya tentang bagaimana menjadi karyawan yang baik hingga bagaimana mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah organisasi dengan baik. Saya berharap pelajaran yang saya dapatkan ini bisa berguna saat saya bekerja nanti.

    Aspek afektif : saya merasa mendapatkan perubahan pandangan mengenai pentingnya SDM dalam sebuah organisasi. Ternyata mengelola SDM dengan baik itu susah dan perlu keseriusan dalam menjalankannya dan posisi SDM dalam sebuah organisasi itu sangatlah penting karena kemajuan sebuah organisasi ditentukan bagaimana mereka mengelola dan mendapatkan SDM yang baik dan berkualitas.

    Aspek psikomotorik : saya akan berusaha terus mengingat dan menerapkan apa yang telah saya dapatkan selama saya belajar di perguruan tinggi ini, salah satunya pelajaran bagaimana mengelola sumber daya manusia dengan baik.

    BalasHapus
  9. Aspek Kognitif: setelah saya mengikuti mata kuliah MSDM II ini saya menjadi tahu bagaimana mengelola keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan, menghitung kinerja dan retensi tiap-tiap individu karyawan.

    Aspek Afektif: saya merasa bahwa dalam merekrut tiap-tiap karyawan tidak mudah, membutuhkan dana yang cukup besar, selain itu juga mengalami kebingungan dalam memilih karena masing-masing calon karyawan memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda.

    Aspek Psikomotorik: saya akan mengaplikasikan ke dunia kerja dengan baik tentang apa yang sudah saya pelajari di MSDM II ini.

    BalasHapus
  10. Aspek kognitif: setelah mengikuti mata kuliah MSDM II selama 1 semester, saya tahu banyak hal mengenai sdm. SDM juga membutuhkan serika pekerjaan dan perlu adanya keberagaman dalam sebuah perusahaan. Walaupun apa yang dipelajari di perkuliahan tidak sama dengan dunia kerja tapi dari sini saya tahu ternyata banyak sekali kendala-kendala terkait sdm.
    Aspek afektif: Saya merasa mempelajari sdm itu sangat penting. Dengan mempelajarinya saya bisa membayangkan dunia kerja yang akan saya hadapi di masa depan. Dan juga dari tugas serta contoh yang diberikan Pak Julius saya merasa gaji bukan satu-satunya yang membuat seseorang bertahan.
    Aspek psikomotorik: saya akan melakukan apa yang telah saya pelajari dalam mata kuliah MSDM ini serta terus belajar dan tidak menyerah serta membangun hubungan yang baik dengan sebuah bagian dalam perusahaan.

    Natalia Prasetyo/3103011217
    Kelas B

    BalasHapus
  11. ASPEK KOGNITIF. Saya menjadi tahu bagaimana untuk mengelola SDM dengan baik, melalui riset, audit , maupun metric msdm. Sehingga dari pelajaran dan mata kuliah MSDM 2 ini saya berharap dapat menambah oengalaman saya
    ASPEK AFEKTIF. Saya merasa semua tugas yang diberikan selama ini, komentar blog, wawancara, dll akan menambah pengalaman saya dan mendidik saya menjadi SDM yang berkualitas
    ASPEK PSIKOMOTORIK, saya ingin dan akan saya lakukan semua yang saya dapat dan saya pelajari dalam pekerjaan tau job saya suatu saat nanti

    BalasHapus
  12. Edwin T ( kls C ) 3103011041
    1.Aspek Kognitif :
    Dengan belajar MSDM II saya mengetahui bahwa :
    -Dapat mengetahui berbagai macam hal yang berbau pelajaran msdm mulai dari Perubahan dalam Penggunaan Sistem Informasi MSDM, Manfaat Audit MSDM sampai Mengukur Keefektifan Pengelolaan SDM.
    -saya mengetahui dengan pengolahan msdm yang baik dan adanya kelemahan – kelemahan mengenai hal-hal yang ada di pelajaran msdm

    2. Aspek Afektif :
    - Saya merasa bahwa mengelola Audit MSDM sampai Mengukur Keefektifan Pengelolaan SDM itu susah.
    -Dengan belajar msdm sangatlah berguna untuk masa depan saya , yang bisa jadi akan diperlukan.
    - Saya merasakan bahwa dengan mempelajari MSDM itu sangatlah penting.

    3. Aspek Psikomotorik :
    - Saya akan berusaha menerapkan pelajaran yang pelajari dari MSDM II pada saat bekerja.
    -Saya merasakan bahwa SDM sangat diperlukan bagi perusahaan dan menjadi asset perusahaan yang penting.

    BalasHapus
  13. 1.Aspek kognitif : dengan mengikuti perkuliahan MSDM II ini saya mendapat banyak pengetahuan tentang bagaimana mengelola SDM, cara-cara untuk membuat SDM menjadi nyaman dan berinovasi dalam perusahaan yang ditempatinya

    2. Aspek Afektif: saya setelah mempelajari MSDM II ini dapat mengetahui atau memiliki gambaran dunia pekerjaan dan juga mengetahui masalah-masalah apa saja yang akan dihadapi oleh para pekerja dalam perusahaannya. dan juga mengetahui bahwa dalam bersaing dengan para SDM yang lain membutuhkan keuletan tersendiri agar tidak tersingkirkan dari persaingan.

    3. Aspek Psikomotorik : saya akan menerapkan ilmu-ilmu dalam SDM ini apabila saya sudah bekerja maupun apabila saya yang memiliki usaha tersebut. berusaha untuk memahami segala komponen SDM yang ada di perusahaan dengan lebih baik

    BalasHapus
  14. - Aspek kognitif : Setelah mengikuti kuliah MSDM II selama ini, saya semakin mendapatkan banyak pengetahuan mengenai berbagai macam hal mengenai masalah karyawan serta hubungannya dengan organisasi. Mengetahui hal-hal apa saja yang biasa terjadi dalam perusahaan, pengetahuan akan hal-hal karyawan serta seluk beluk mereka seperti turnover, semangat dalam bekerja, bonus, perlindungan karyawan dan sebagainya.
    Berbagai macam hal yang berguna dan dapat diterapkan dalam kehidupan organisasional.

    Aspek afektif : Dalam kegiatan perkuliahan MSDM II ini saya merasa bahwa apa yang saya pelajari ini sangat penting untuk kedepannya serta selama mengikuti perkuliahan MSDM II ini saya merasa lebih paham lagi mengenai MSDM serta organisasi, perkuliahan yang diberikan sangat jelas dan membantu.

    Aspek psikomotorik : Tindakan yang saya lakukan adalah mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan perkuliahan serta menyadari bahwa SDM adalah aset terbesar yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Berusaha mengaplikasikan ilmu hubungan yang baik antara karyawan dengan atasan.

    Novita Natalia / Kelas D / 3103011048

    BalasHapus
  15. Aspek kognitif:
    •Saya tahu bahwa perlu adanya keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan nantinya dalam bekerja kita bersikap lebih bijaksana dalam memperlakukan kryawan.
    •Saya tahu bahwa di dalam pekerjaan terdapat k3 yang merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi.
    •Saya tahu bahwa ada beberapa analisis yang digunakan untuk mengevaluasi seberapa efisien dan efektif suatu aktivitas dalam organisasi dari audit msdm,metric, dan riset msdm.
    •Saya tahu bahwa para buruh membutuhkan serikat pekerja agar karyawan tetap dilindungi hak-haknya.

    Aspek afektif:
    •Saya merasa mata kuliah ini memberikan pengetahuan pada kita tentang kehidupan kerja yang nanti kita hadapi.
    •Saya juga merasa senang karena selama ini kita saling berdiskusi dan bertukar pikiran membahas topik yang berbeda-beda.
    •Saya merasa mengatur sumber daya manusia merupakan hal yang paling penting.

    Aspek psikomotorik:
    •Bidang MSDM merupakan bidang yang paling vital karena berhubungan dengan para karyawan oleh sebab itu kita harus memperhatikan karyawan kita dengan sebuah keluhan tertulis ataupun face to face.
    •Mencoba menyelesaikan permasalahan yang dialami dan melakukan evaluasi atas kinerja karyawan.
    •Apabila nantinya akan menajdi seorang pemilik perusahaan.Belajar MSDM berhubungan dengan pihak intern maka mengelola perusahaan harus dengan bijak.

    BalasHapus
  16. Aspek kognitif: banyak hal yang bisa saya dapatkan setelah saya mengikuti mata kuliah MSDM 2 selama satu semester, di antaranya adalah bagaimana untuk mengelola SDM dan organisasi yang baik, bagaimana untuk menilai kinerja individual dan bagaimana proses untuk mempertahankan(retensi) karyawan. Selain itu, ada yang lebih penting dalam sebuah perusahaan yaitu adanya tunjangan mengenai kesehatan,keselamatan dan keamanan kerja. Jadi, para karyawan akan terjamin dalam bekerja.
    Aspek afektif:
    - Saya merasa bahwa mempelajari tentang MSDM sangat penting untuk kedepannya.
    - Saya merasa bahwa mengelola SDM untuk menghasilkan SDM yang berkualitas sangatlah tidak mudah dan tentu banyak kendala yang harus dihadapi dan diatasi.
    Aspek psikomotorik: Saya akan menerapkan pengetahuan tentang MSDM yang telah saya dapatkan selama mengikuti mata kuliah MSDM ketika saya bekerja nanti.


    Anita Adelia Wibisono
    kelas D/3103011028

    BalasHapus
  17. Aspek kognitif : saya mengetahui bagaimana mengatur dan mengelola para SDM dengan baik dalam suatu perusahaan, apa yang perlu diperhatikan atau diberikan terhadap SDM. Bagaimana menilai kinerja dan produktivitas seorang SDM. Juga tahu bagaimana kondisi SDM yang berada diatas ataupun ditingkat yang dibawah saat wawancara disuatu perusahaan.

    Aspek afektif : Saya tahu mengelola dan mengatur SDM dalam suatu perusahaan sangat penting dan tidak mudah. Banyak kendala dan masalah yang akan dihadapi. Juga tahu bagaimana seharusnya menjadi seorang SDM yang baik untuk bekerja dalam suatu perusahaan untuk kedepannya. Dan pelajaran ini menjadi contoh bagaimana nantinya jika berada dalam sebuah perusahaan.


    Aspek psikomotorik : saya akan mempraktekkan dan mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan selama ini dalam mengelola dan mengatur SDM, juga menilai kinerja SDM dan yang penting adalah saling menghargai dan tidak membeda-bedakan setiap SDM karena SDM adalah salah satu yang terpenting dalam sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  18. Aspek Kognitif
    saya akhirnya mengetahui bahwa dalam MSDM perlu memanajemen diri sendiri terlebih dahulu agar mampu memanajemen orang lain.

    Aspek Afektif
    Kesadaran untuk bekerja dalam suatu organisasi dapat menumbuhkan rasa kerasan dalam organisasi tersebut.

    Aspek Psikomotorik
    Saya akan memberikan kemampuan yang terbaik guna diakui dan diketahui oleh manajer dan menjadikan diri berguna bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  19. Aspek kognitif : Dari hasil pembelajaran selama ini, saya mengetahui banyak hal tentang Manajemen SDM dimulai sebagai sebuah operasi administarsi yang berhubungan dengan penggajian, riwayat karyawan, dan pengaturan kunjungan sosial. Selain itu dari pembelajaran, saya juga mengetahui akan pentingnya manajemen sumber daya manusia strategis, pekerjaan, hal-hal yg berhubungan dengan perekrutan dan seleksi kemudian melatih sumber daya manusia hingga pemberian kompensasi dan tunjangan bagi karyawan-- yang semuanya berpengaruh penting ketika seseorang bekerja nanti baik bagi karyawan maupun pimpinan/setidaknya mengetahui ruang lingkup dalam mengelola dan mengatasi persoalan2 yang dihadapai SDM sekarang ini.

    Aspek Affektif : Saya mendapatkan banyak pengetahuan yang bermanfaat baik itu mulai dari sifat manajemen SDM, kemudian proses-proses yang dibutuhkan untuk menentukan SDM yang tepat bagi organisasi hingga tunjangan dan kompensasi serta K3. Yang nantinya bisa saya terapkan ketika sudah bekerja nanti dalam pengambilan keputusan, memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi , dan lain-lain.

    Aspek Psikomotorik : mata kuliah MSDM ini sangat berguna dan saya akan mencoba untuk mempraktekannya dalam organisasi nanti. Dan seandainya saya jadi pimpinan akan mengelola dan mengatur karyawan sebaik mungkin, mendengarkan keluhan2 karyawan dan cara mengatasinya, dsb yang berhubungan dengan karyawan dan organisasi.
    Indahwati-3103011003.

    BalasHapus
  20. 1. Aspek kognitif
    Sebelumnya saya mengucapkan Terima kasih banyak kepada Bapak julius runtu yang telah menyampaikan mata kuliah MSDM II sehingga saya bisa menerima pelajaran dengan baik, Bapak julius runtu juga bisa menerangkan dengan contoh-contoh kongkrit sehingga mahasiswa – mahasiswi dapat menerima pelajaran MSDM II dengan baik.
    2. Aspek afektif
    Saya juga berterima kasih karena telah di terangkan mata kuliah MSDM II, sehingga saya tahu tentang menggelola SDM ,saya juga merasa bahwa SDM itu sangat penting bagi suatu perusahaan.
    3. Aspek psikomotorik
    Saya akan mengaplikasikan apa yang saya dapat dari mata kuliah MSDM II yang telah diterangkan oleh pak runtu,bahwa SDM itu sangat penting bagi suatu perusahaan karena merupakan aset terbesar bagi suatu perusahaan kelak saya akan terapkan dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  21. Aspek Kognitif : Selama saya mengikuti perkuliahan MSDM 2 ini saya mengetahui dan mengerti apa saja yang dapat saya berikan terhadap karyawan jika saya mempunyai perusahaan kelak. dan juga saya mengerti tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengelola sumber daya manusia

    Aspek Afektif : Selama saya mengikuti perkuliahan MSDM 2 ini saya merasa senang karena ini adalah kali pertama saya di ajar oleh Pak Runtu dengan metode yang berbeda dari dosen yang lain, dalam menjawab sebuah pertanyaan, mahasiswa dapat memberikan jawaban mereka sendiri tanpa ada yang benar ataupun salah, lalu pak Runtu memberikan penjelasan yang lebih jelas.

    Aspek Psikomotorik : Selama saya mengikuti perkuliahan MSDM 2 ini saya berharap disaat saya mempunyai perusahaan, saya akan mencoba untuk menerapkan apa yang sudah diajarkan oleh pak Runtu dah berusaha untuk mengimplementasikannya.

    Agustinus Steven S F / Kelas D
    NRP : 3103011121

    BalasHapus
  22. Aspek Kognitif:
    Setelah saya mempelajari matakuliah MSDM II ini, memberikan saya wawasan dan pengetahuan yang lebih mengenai masalah-masalah SDM yang terjadi didalam sebuah perusahaan serta bagaimana sebuah perusahan mengatasi atau mengantisipasi msalah-masalah yang terjadi dalam perusahaan, dan dengan pelajar tersebut merupsksn pelajaran yang sangat penting untuh mengetahui bagaimana cara2 perusahaan mengantisipasi.
    Aspek Afektif:
    Dalam mengelola SDM sangatlah tidak muda, sehingga dengan adanya matakuliah MSDM II ini membantu saya dengan memberikan pengetahuan yang terkait oleh SDM
    Aspek Psikomotorik:
    Dengan saya mempelajari MSDM II ini, saya berharap saya akan bisa menerapkan ilmu MSDM ini dan bisa memperaktekannya sehingga dapat berguna ketika saya mengalami masalah dengan pengelolahan SDM, serta dengan pelajaran ini membantu saya memahami komponen2 SDM yang terdapat disebuah perusahaan dengan baik, dari apa yang sudah saya pelajari selama satu semester ini pada matakuliah MSDM II.

    Cynthia Anggreawan
    3103011108
    Kelas:D

    BalasHapus
  23. Aspek Kognitif :
    MSDM II mengajarkan akan pemahaman mengenai MSDM dalam dunia pekerjaan atau organisasi seperti Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan (K3) kerja, Mengelolah keragaman dan ketaraan dalam pekerjaan dsb. Sehingga dapat melakukan dengan analisis mewawancarai beberapa pekerja. Hal tersebut menambah pengetahuan saya dalam segi praktek.
    Aspek Afektif :
    Keuntungan setelah mengikuti materi MSDM II yang dapat dirasakan. Dengan penyampaian dan pemaparan yang mudah dipamahi beserta disertai beberapa contoh, membuat saya lebih memahami antara penjelasan di buku dan pemaparan yang telah dilakukan.
    Aspek Psikomotorik :
    Teori yang terdapat pada MSDM II dapat saya lakukan atau praktekan di lingkungan masyarakat khususnya organisasi. Karena saya telah mendapatkan pengetahuan seperti memahami sistem kerja struktur organisasi dan perhitungan yang dibutuhkan di pekerjaan.

    BalasHapus
  24. aspek kofnitif :
    saya sudah mendapat banyak pelajaran dari mata kuliah MDSM II dan saya sekarang banyak memahami tentang hal-hal apa saja yang menjadi kendala bagi perusahaan terkait dengan SDM. setelah mengetahui apa saja kendala-kendala tersebut saya juga telah belajar banyak hal mengenai apa saja alternatif-alternatif maupun strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk mengatasi masalah terkait SDM didalam perusahaan.
    aspek afektif:
    saya pikir ilmu MSDM II ini akan sangat berguna dan sangat penting artinya bagi para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. sedikit banyak telah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan berhasilnya atau tidak suatu perusahaan dalam mengelola maupun dalam hal merekrut calon SDM yang berkualitas.
    aspek psikomotorik:
    saya sudah belajar banyak ilmu MSDM II mengenai pengelolaan SDM yang baik dan benar, maka saya akan berusaha untuk terus mengingat ilmu-ilmu tersebut dan berusaha mererapkan dan mengaplikasikannya pada dunia kerja kelak.

    BalasHapus
  25. Aspek Kognitif
    • Dari pelajaran MSDM II ini saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai sebuah detail dari perusahaan
    • Selain itu saya juga mempelajari bagaiman cara yang bisa kita lakukan untuk mempelajari berbagai macam karakter yang dimiliki oleh karyawan sebuah perusahaan
    • Saya juga bisa mengerti bagaimana cara mengelola karyawan saya sehingga bisa loyal terhadap perusahaan
    Aspek Efektif
    • Saya merasa bahwa untuk mengelola berbagai macam karyawan yang berbeda karakter itu sangat susah
    • Saya merasa bahwa pelajaran MSDM itu sangat menarik karena bisa mengajarkan kita banyak hal yang baru dan menarik
    Aspek Psikomotorik
    • Saya akan terus mengingat pelajaran MSDM II ini karena cara mengajar yang dilakukan oleh pak runtu mudah untuk dipaahami
    • Postingan yang diberikan oleh pak runtu juga bisa membuat saya lebih belajar bagaimana serunya berdiskusi
    • Saya juga akan menerapkan apa yang sudah saya pelajari pada kehidupan saya kelak

    BalasHapus
  26. Aspek Kognitif : Selama smengikuti perkuliahan MSDM 2 selama satu semester ini saya mengerti apa saja yang dapat saya berikan terhadap karyawan jika saya mempunyai perusahaan atau bekerja menjadi HRD. dan juga saya mengerti tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengelola sumber daya manusia agar tepat sasaran.

    Aspek Afektif : perkuliahan MSDM 2 ini saya merasa senang karena kali pertama saya di ajar oleh Pak Runtu dengan metode yang berbeda dengan dosen yang lain, dalam menjawab sebuah pertanyaan, mahasiswa dapat memberikan jawaban mereka sendiri tanpa ada yang benar ataupun salah, lalu pak Runtu memberikan penjelasan yang lebih jelas. Dan juga di adakan postingan setiap minggu agar ada diskusi antara mahasiswa.

    Aspek Psikomotorik:
    saya belajar bahwa SDM merupakan salah satu hal yang terpenting dalam memulai maupun mengembangkan usaha karena SDM lah yang menjalankan perusahaan sehingga jika saya saya menjadi pemimpin di sebuah perusahaan saya akan lebih memperhatikan SDM dan terus mengembangkannnya agar SDM di perusahaan saya maksimal kinerjanya.

    BalasHapus
  27. Aspek kognitif
    - setelah mengikuti pelajaran MSDM 2 saya lebih tau mengenai struktur organisasi dan apa yang ada di dalam perusahaan.
    -saya juga tahu cara mengelola SDM yang baik sehingga karyawan dapat loyal dengan perusahaan.
    -saya juga tahu bahwa lokasi kerja yang dekat dari rumah membuat karyawan dapat bekerja dengan nyaman.
    Aspek Afektif
    -selama perkuliahan MSDM 2 ini saya merasa metode pengajaran yang dilakukan oleh pak Runtu di kelas memancing mahasiswa untuk aktif di kelas.
    -saya merasa mata kuliah MSDM 2 ini dapat menjadi bekal untuk di masa mendatang.
    Aspek psikomotorik
    -Saya akan melakukan apa yang saya pelajari di mata kuliah ini ketika bekerja.
    -saya akan mengingat bahwa SDM di perusahaan merupakan hal terpenting untuk sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  28. Aspek kognitif :

    Dari pembelajaran MSDM dua ini selama perkuliahan kurang lebih satu semester saya dapat mengerti tentang apa yang terkait dengan MSDM tersebut seperti bagaimana kita dapat mengelola suatu perusahaan dan dapat mengelola SDM itu sendiri untuk menjadi baik, yang akan sukses kelak. Juga perlunya memperhatikan karyawan-karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan tersebut, kita harus memperhatikan kesejahteraan karyawan, karena karyawan merupakan hal yang penting dalam suatu perrusahaan

    Aspek efektif :

    Dari apa yang saya pelajari selama perkuliahan MSDM dua ini, ternyata tidaklah mudah mengelola karyawan dalam satu perusahaan . Hal ini dikarenakan setiap karyawan memiliki berbagai karakter sehingga sangat sulit untuk memahaminya, maka dengan adanya pembelajaran di mata kuliah MSDM dua sangat membantu untuk memahami hal tersebut.

    Aspek Psikomotorik:
    Dari pembelajaran yang dilakukan selam satu semester ini saya mendapatkan berbagai masukan yang akan ssaya pergunakan untuk kedepannya terutama pada saat saya akan bekerja nantinya, karena hal ini sangat berguna sekali bagi kedepannya.

    Melisa Sutanto (3103011034)

    BalasHapus
  29. 1.Aspek Kognitif
    -Setelah saya mengikuti perkuliahan MSDM II ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan tetang mengelola SDM yang ada, agar perusahaan dapat berjalan dengan efektif,
    -Saya tahu tentang mengukur keefektifan pada SDM, dengan berbagai metode yang ada.
    -Saya tahu tentang bagaimana memanfaatkan Sistem informasi untuk mengelola SDM, sehingga MSDM dapat berjalan lebih efektif.
    -Saya akhirnya tahu bahwa keberagaman yang ada pada SDM merupkan hal yang tidak bias dihindari dalam MSDM, namun dengan adanya keberagaman SDM itu dapat dibuat untuk saling melengkapi diantara SDM yang ada.
    2.Aspek Afektif
    -Saya merasa mempelajari MSDM itu sangat penting, karena perusahaan tidak dapat berjalan tanpa adanya SDM, oleh karena itu pengelolaan MSDM yang baik akan membuat perusahaan dapat membantu perusahaan berkembang dengan cepat.
    -Saya merasa bahwa tidaklah mudah dalam mengelola SDM, agar SDM dapat menjadi lebih maksimal serta efektif yang dapat berguna bagi perusaan, karena masih banyak kendala-kendala yang dialami SDM dalam perusahaan.
    3.Aspek Psikomotorik.
    Saya akan mengembangkan lagi pengetahuan saya tentang MSDM, serta mengimplementasikan pengetahuan saya tentang pengelolaan MSDM ketika saya masuk dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  30. Aspek kognitif:Setelah saya mengikuti perkuliahan MSDM II ini saya menjadi lebih mengetahui mengenai hal-hal apa yang terjadi dalam sebuah perusahaan khususnya dalam hal pegelolahan sumber daya manusia dimana dalam mengelolah sumber daya daya manusia tersebut juga terdapat berbagai masalah yang tidak sederhana didalamnya dan dengan adanya seorang yang mampu untuk menyelesaikan sebuah masalah tersebut akan memudahkan bagi perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

    Aspek afektif:Saya merasa bahwa didalam sumber daya manusia yang begitu banyak sangatlah sulit untuk menyatukan berbagai kepala-kepala menjadi satu kepala dan didalam mempelajari MSDM II ini telah dipelajari bahwa setiap individu harus menyampingkan kepenting-kepentingan individunya terkait dengan pekerjaanya sehingga kinerja yang ia lakukan dapat dapat maksimal dan berguna bagi perusahaan.

    Aspek psikomotork:Saya akan mengingat pelajaran ini bahwa dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan kepada kita harus lah kita lakukan secara profesional dan tidak mencampur adukan dengan kepentingan pribadi,karena apa dilakukan dengan profesional dan sepenuh hati maka hasilnyapun akan memuaskan kita.

    Calvin Rekwan L (3103011300) kelas A

    BalasHapus
  31. Nama : Natalia.Fransiska
    Kelas : A
    NRP : 3103011118

    Pengetahuan saya selama 2 Semester dari Semester 3-4 Mengikuti Mata Kuliah MSDM I dan MSDM II saya semakin mengerti mengenai mengelola Sumber Daya Manusia. Dan juga mengetahui salah satu cara untuk mengatasi masalah dan mencari peluang dengan memanfaatkan dan mengelola SDM. Juga, jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh SDM juga tidak langsung dipecat tetapi dievaluasi apakah yang salah SDMnya atau perusahaan juga.
    Perasaan saya cukup senang karena memperoleh ilmu baru yang bisa saya jadikan pegangan dan juga dalam mengambil keputusan di masa depan. Tetapi saya juga kadang merasa jenuh dan kesal karena mendapat tugas baik langsung ke lapangan maupun tidak. Tetapi ini semua mempunyai tujuan yang baik agar saya lebih berani berkomunikasi dengan orang baru dan menambah relasi.
    Dan saya juga akan menerapkan ilmu yang saya dapatkan jika di masa depan saya menjadi seorang pemimpin bagi karyawan-karyawan saya dan tidak asal mengambil keputusan dan menjalankan tugas saya sesuai jobdes maupun jobspek. Maupun jika saya nantinya menjadi karyawati di perusahaan, saya juga akan menjalankan tugas saya sesuai jobdes maupun jobspek dan dengan bekal ilmu yang telah saya dapatkan.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  32. Aspek Kognitif:
    Setelah mengikuti perkuliahan MSDMI hingga MSDMII, saya banyak belajar tentang bagaimana cara mengelola SDM dengan baik, mulai dari cara membuat perencanaan SDM, perekrutan, seleksi, penempatan SDM... hingga pelepasan SDM yang baik; juga sampai cara mengukur apakah proses pengelolaan SDM yang dilakukan sudah efektif atau efisien. Selain itu, saya dan teman-teman juga belajar berkomunikasi dengan orang lain yaitu melalui tugas-tugas kelompok dan tugas wawancara, di mana kami berkesempatan untuk mewancarai karyawan perusahaan baik atasan maupun bawahan dalam perusahaan. Sehingga saya juga memperoleh banyak wawasan dan pengetahuan tentang seperti apa masalah yang biasanya dialami oleh atasan, karyawan, dan perusahaan secara riil.

    Aspek Afektif:
    Saya merasa senang dan puas telah mengikuti perkuliahan MSDM selama ini, karena hal yang kami pelajari tentunya sangat berguna bagi kita ketika mengelola SDM di dalam perusahaan. Tugas-tugas yang diberikan selama ini juga tidak berat dan masih masuk akal, di mana setelah menyelesaikan tugas-tugas tersebut ada sesuatu yang dapat saya dan teman-teman dapat tarik dan manfaatkan dalam kehidupan kami. Metode pembelajaran yang dilakukan Pak Runtu pun sangat interaktif sehingga memudahkan saya dalam mempelajari materi yang diberikan, sehingga saya dan teman-teman bukan sekedar hapal namun sanggup untuk “paham” pula.

    Aspek Psikomotorik:
    Saya akan berusaha untuk menerapkan hal-hal yang telah saya pelajari dari perkuliahan MSDM ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika saya bekerja nantinya dalam mengelola SDM perusahaan. Dan satu lagi, saya tidak boleh merasa cepat puas, dan berusaha untuk mengorek lebih banyak pengetahuan dan menambah lebih banyak pengalaman selama masa kuliah ini agar mampu menjadi seorang manajer yang berkompetensi dan memiliki kapasitas lebih dalam mengelola SDMnya.

    Terima Kasih^^

    BalasHapus
  33. Aspek kognitif:
    Dari perkuliahan MSDM selama ini saya mengetahui bahwa SDM adalah hal yang sangat penting bagi organisasi. Selain itu dari apa yang dijelaskan oleh dosen saya di MSDM I dan MSDM II saya jadi mengerti bahwa setiap situasi memiliki penyelesaiannya sendiri dimana satu teori belum tentu cocok untuk semua situasi. Dari tugas wawancara yang diberikan saya juga dapat membandingkan antara teori dengan yang ada di dunia kerja yang sebenarnya.

    Aspek afektif:
    Dari perkuliahan MSDM selama ini saya merasa bahwa penjelasan yang diberikan oleh dosen-dosen MSDM I dan MSDM II saya sudah jelas dan tugas-tugas yang diberikan juga sesuai dengan apa yang sedang dipelajari.

    Aspek psikomotorik:
    Dari apa yang saya pelajari selama ini, kelak ketika saya masuk ke dunia kerja saya akan mengingat dan mencoba menerapkan apa yang telah saya dapatkan selama ini, yaitu bagaimana mengelola SDM yang baik.

    BalasHapus
  34. saya lbh mengerti mengenai sumber daya manusia yg d bthkan oleh perusahaan mengenai skill dr karyawan,saya juga lbh mengerti tnyt mengolah suatu SDM tdk lah mudah dilakukan...dari situ saya akan mencoba membenahi dan menerapkan ttg sistem msdm unt saya bekerja..

    BalasHapus
  35. Aspek kognitif: Setelah saya mengikuti perkuliahan MSDM2 selama satu semester ini, saya menjadi tahu bagaimana cara mengelola SDM yang baik, mengapa SDM perlu dipertahankan, apa saja yang menyebabkan SDM bertahan atau keluar, saya juga menjadi tahu, alasan karyawan membentu serikat pekerja, Kemudian saya juga mengetahui bagaimana cara mengukur kinerja SDM, dan apa saja yang dibutuhkan dalam mengukur kinerja SDM.

    Aspek Afektif : Saya merasa, bahwa apa yang kami pelajari selama ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kami dalam mengelola karyawan kami di dunia kerja nantinya. Dan ternyata untuk mengelola karyawan itu sendiri bukanlah hal yang mudah, karena masing-masing orang memiliki karakteristik dan kemampuan yang beraneka ragam.

    Aspek Psikomotorik : Saya akan berusaha menerapkan hasil pembelajaran saya selama ini mengenai bagaimana cara mengelola karyawan dengan baik dalam dunia kerja nantinya.

    BalasHapus
  36. 1. Aspek kognitif : selama mempelajari MSDM2 ini saya menjadi tahu bahwa perusahaan harus ada k3 agar karyawan merasa nyaman dalam pekerjaannya. lalu mempelajari serikat pekerja, manajemen keluhan, keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan, globalisasi MSDM, SISDM, dan juga bagaimana mengevaluasi aktivitas MSDM dalam suatu organisasi melalui audit SDM.

    2. aspek afektif : saya merasa bahwa yang selama ini saya pelajari selama MSDM2 ini berguna untuk masa depan, misalnya dalam dunia kerja. tugas-tugas yang pak Runtu berikan pun juga membuat saya mengerti bagaimana dunia kerja itu. bagaimana mengontrol karyawan, dan juga menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan bagus.

    3. aspek psikomotorik : saya akan mempraktekkannya di dunia kerja nanti.

    BalasHapus
  37. Aspek kognitif
    * saya mendapatkan ilmu banyak dalam mempelajari MSDM di mata kuliah ini saya memliki pandangan baru mengenai dunia kerja, ternyata kerja tidak melulu karena materi semata namun banyak hal yang dapat menjadi nilai plus saat bekerja yang harus dimiliki seseorang untiuk dapat berkompetisi di dunia kerja
    Aspek afektif
    * di kelas MSDM ini mahasiswa diajak untuk ikut aktif dalam mata kuliah ini, terbukti pada saat di kelas ada diskusi dan ada kegiata untuk posting di blog ini yang juga dapat menambah pengetahuan saya
    Aspek psikomotorik
    *mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang gampang-gampang susah untuk diterapkan , namun saya tetap semangat untuk mengaplikasikannya agar tercipta dunia kerja yang baik dan harmonis

    BalasHapus
  38. 1 aspek kognitif:
    di mata kuliah msdm ini saya mendapat banyak ilmu tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia dimana saya bisa mengetahui dan belajar bahwa banyak permasalahan sdm di dalam dunia kerja, terutama mengelola sdm itu sendiri.
    2 aspek afektif:
    selama saya belajar msdm 1 hingga msdm 2 saya cukup puas dan mengerti karena telah diberi tugas-tugas yang dapat membuat saya menjadi lebih berkembang untuk dimasa yang akan datang.
    3 aspek psikomotorik
    saya akan berusaha untuk memparaktekan apa yang telah saya pelajari selama ini di msdm 1 dan msdm 2 jika saya sudah kerja nanti.

    BalasHapus
  39. *aspek kognitif : dari perkuliahan MSDM II ini saya mengetahui permasalah-permasalahan yang ada di dunia kerja menyangkut masalah karyawan mulai dari perekrutan sampai pada pemberhentian atau pensiunnya seorang karyawan dan bagaimana cara mengatasinya permasalahan tersebut.

    *aspek afektif: perkuliahan MDSM II kali ini tidak hanya menuntut mahasisawa untuk terlibat aktif didalam kelas tetapi juga menuntut mahasisawa untuk berani terjun langsung mewawancarai karyawan disebuah perusahaan baik yang berjabatan tinggi atau yang berjabatan rendah. dari kegiatan wawancara tersebut, saya mengetahui bagaimana susah dan senangnya menjadi seorang karyawan.

    *aspek psikomotorik: dari perkuliahan MSDM II kali ini saya mendapatkan beberapa teori yang dapat diterapkan dalam dunia kerja nantinya ketika saya menemukan permasalahan ketika saya berkerja.

    BalasHapus
  40. Aspek kognitif : Setelah mengikuti kuliah MSDM II selama ini, saya semakin mendapatkan banyak pengetahuan tentang beragam masalah yang dialami atasan dengan bawahannya , serta masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi. Saya menjadi paham mengenai struktur organisasi dan hal-hal yang membuat karyawan bertahan di dalam perusahaan tempat ia bekerja. Paham mengenai pengertian dan tujuan adanya audit msdm.

    Aspek afektif : Dalam kegiatan perkuliahan MSDM II ini saya merasa apa yang telah dijelaskan oleh bapak runtu dapat membantu saya dalam menambah wawasan saya mengenai berbagai hal seputar msdm yang akan berguna bagi saya kelak di dalam bekerja di sebuah perusahaan nanti. saya juga mendapat gambaran bagaimana saat saya nanti menjadi seorang karyawan ataupun manajer yang baik agar mampu mengelola perusahaan sehingga dapat berkembang.

    Aspek psikomotorik : Tindakan yang saya lakukan adalah menerapkan aspek-aspek msdm yang saya pelajari saat saya kelak bekerja di dalam perusahaan. Menerapkan segala ilmu msdm agar dapat mengembangkan kinerja saya kedepan dan dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Sedapat mungkin saya menghindari kesalahan yang dapat memicu sebuah konfik dalam berorganisasi kelak.
    Terima kasih pak..

    Deviani Tanoyo/ D / 3103011024

    BalasHapus
  41. Aspek kognitif

    Dari Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia ini saya jadi mengatahui apa saja cara-cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahaan tertama yang menyangkut sumber daya manusia, yang sangat sulit sekali untuk di pecahkan

    Aspek afektif:
    Saya menjadi terbekali, dan menjadi percaya diri bagaimana me manage orang dengan cara baik dan benar, dengan cara halus.

    Aspek psikomotorik:
    Di Mata kuliah MSDM ini, saya dapat mengetahui secara langsung SDM, melalui tugas-tugas lapangan yang menuntut saya untuk tahu, bagaimana cara mewawancara dan seperti apa dunia kerja secara sesungguhnya

    BalasHapus
  42. Aspek Kognitif : Setelah mengikuti pelajaran dari MSDM I sampai MSDM II, saya tahu bagaimana cara untuk merekrut karyawan dari pencarian hingga evaluasi kerjanya, di dalam suatu perusahaan harus memiliki SISDM agar mudah dalam mengontrol para karyawannya dan juga mengetahui tujuan, kegunaan, merancang dan menerapkan SISDM ini, disamping itu perusahaan juga harus menerapkan K3 agar karyawan merasa ada perlindungan dalam pekerjaannya, dan juga serikat pekerja, perusahaan mungkin tidak menginginkan adanya serikat pekerja tetapi dengan mengetahui ini kita dapat mengambil sikap bagaimana seharusnya agar dapat berjalan dengan baik.

    Aspek Afektif : Saya merasa dengan teori-teori yang diajarkan oleh pak Runtu jelas dan tugas yang diberikan seperti wawancara, dapat memperjelas lagi bagaimana dunia kerja. Pak Runtu juga mengajarkan dengan interaktif, mahasiswa menjawab dan dijelaskan lebih rinci oleh pak Runtu sehingga mudah dimengerti dan di ingat.

    Aspek Psikomotorik : Dengan pengetahuan yang telah saya pelajari dan saya miliki baik secara teori maupun aplikasi dalam kehidupan (wawancara), saya berusaha agar pelajaran ini menjadi bekal bagi saya di masa yang akan datang ketika saya telah bekerja, bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja saya. Sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik dan memuaskan.

    BalasHapus
  43. Aspek Kognitif :
    Dengan mengikuti pelajaran MSDM ini saya tahu bahwa keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan itu penting karena dengan keragaman maka tim tersebut dapat bekerja dengan baik karena saling melengkapi, K3 (Kselematan, Keamanan, dan Kesehatan) juga diperlukan agar karyawan tidak merasa khawatir akan keselamatannya karena ada perlindungan, Serikat pekerja agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dan SISDM agar pengelolaan karyawan dapat tertata dengan baik melalui sistem komputerisasi dan tidak berbelit.

    Aspek Afektif :
    Saya merasa senang dengan pelajaran MSDM ini karena diajarkan dengan interaktif, mahasiswa menunjuk dan menjawab lalu pak Runtu menambahkan dengan contoh-contoh yang mudah dimengerti. Tugas (wawancara) yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi saya agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang yang tidak saya kenal.

    Aspek Psikomotorik :
    Saya berusaha dengan pengetahuan yang saya miliki ini dapat menerapkannya dalam kehidupan kerja saya, baik menjadi atasan maupun bawahan, bahwa MSDM bukan pekerjaan yang mudah karena menyangkut karyawan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan kesabaran, keahlian, dan ketrampilan agar dapat memilih karyawan yang memiki kompetensi yang baik dan sesuai dengan karekteristik perusahaan.

    BalasHapus
  44. Aspek kognitif :Saya banyak belajar mengenai bagaimana pentingnya kerja sama di dalam perusahaan baik dari manajer kepada karyawan maupun antar karyawan yang satu dengan yang lain,Menambah wawasan mengenai betapa pentingnya peran MSDM didalam suatu perusahaan dan cara mengelolah suatu perusahaan agar efektif dan efisien dalam bekerja juga bagaimana membuat karyawan merasa aman dan merasa di hargai sehingga karyawan dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab.

    Aspek Afektif: Setelah belajar dari teori MSDM, saya mendapat bekal untuk di kemudian hari bila ingin memilih sebuah pekerjaan nantinya saya harus mencocokan skill dengan bidang pekerjaan yang akan saya geluti sehingga saya tidak merasa jenuh dengan pekerjaan yang saya jalani dan saya pun bisa maksimal dalam bekerja.

    Aspek Psikomotorik: Setelah mengambil mata kuliah MSDM II ini saya akan mencoba untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah saya dapatkan di dalam kelas ke dalam dunia kerja. apapun posisi yang nanti saya dapatkan dalam pekerjaan tersebut, saya akan mengimplementasikannya dengan baik dan semaksimal mungkin dengan apa yang saya dapatkan.

    BalasHapus
  45. 1. Aspek kognitif : selama mempelajari MSDM 2 ini saya mendapatkan ilmu yang berharga dibawa dalam suatu perusahaan diperlukannya perbedaan untuk mencapai hasil yang terbaik juga berdasarkan pengalaman masing-masing karyawan sehingga tim yang ada bekerja maksimal dengan nilai kontribusi yang baik pula dengan adanya K3 (Keselematan, Keamanan, dan Kesehatan) supaya karyawan merasa nyaman dan aman dalam melakukan pekerjaannya. Juga ada serikat pekerja agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dan SISDM agar pengelolaan karyawan dapat tertata dengan baik melalui sistem komputerisasi dan tidak berbelit, dan juga bagaimana mengevaluasi aktivitas MSDM dalam suatu organisasi melalui audit MSDM

    2. aspek afektif : saya medapatkan ilmu bahwa pemilihan tempat kerja yang cocok bagi kita bukan hanya masalah gaji melainkan lebih mementingkan suasana lingkungan kerja dan rekan kerja.

    3. aspek psikomotorik : apa yang telah saya dapat selama ini akan saya gunakan untuk pekerjaan ke depannya.

    BalasHapus
  46. Aspek kognitif :melalui materi yang di berikan saya dapat menambah wawasan tetang bagaimana berorganisasi baik atau menjadi bagian dari suatu perusahaan, memahami bagaimana mengelolah sdm yang baik, mengenai hubungan karyawan,manajemen retensi, audit, dll yang sangat bermanfaat ketika di aplikasikan pada dunia kerja.
    Aspek Afektif: saya merasa melalui tugas wawancara yang diberikan dapat memberikan pengalaman tersendiri untuk memahami MSDM, bahwa bukan teori saja yang di peroleh dari kelas, namun melalui wawancara saya dapat mengetahui keadaan di luar yang nyata seperti apa.
    Aspek pisikomotorik : dari mata kuliah ini sangat bermanfaat sebagai bekal di masa depan sehingga akan saya aplikasikan ketika bekerja agar dapat memberikan kinerja yang baik dan hasil yang memuaskan

    BalasHapus
  47. Secara kognitif,kuliah MSDM II selama 1 semester ini telah mampu untuk membuka pemikiran saya terkait dunia pengelolaan SDm secara jauh lebih luas
    Secara afektif, saya merasa bahwa apa yang saya dapat selama di bangku perkuliahan MSDM II sangat kompleks karena bukan hanya terkait bagaimana kita menggaji karyawan tetapi bagaimana kita mengelola manusia secara psikologis
    Secara psikomotorik materi yang saya dapat selama satu semester terkait MSDM II ini akan menjadi bekal saya untuk saya implikasikan dalam dunia kerja khususnya pengelolaan karyawan

    BalasHapus
  48. Aspek kognigtif :
    Setelah mengikuti pelajaran msdm 2 saya tahu bahwa setiap perusahaan sebaiknya mempunyai departemen sdm yang berdiri sendiri untuk menangani masalah-masalah sdm yang sangat banyak.

    Aspek afektif :
    Setelah mengikuti pelajaran msdm 2 saya menjadi sadar bahwa msdm bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak persoalan-persoalan yang harus dihadapi dalam msdm, baik dari sisi manajemen perusahaan maupun dari sisi pekerja. Saya juga sadar bahwa memanage pekerja jauh lebih sulit daripada memanage mesin, karena perbedaan karakter tiap pekerja.

    Aspek psikomotorik :
    Setelah mengikuti pelajaran msdm 2 saya akan berusaha untuk dapat menerpkan apa yang saya dapat selama perkuliahan msdm 2 dalam kehidupan saya kelak. Saya juga akan berusaha untuk menghargai semua perbedaan yang dimiliki orang banyak.

    BalasHapus
  49. aspek koqnitif :
    pada MSDM II ini saya mendapat banyak pengetahuan tentang buruh, departemen msdm, dan banyak hal cara-cara menarik sdm yang baik
    aspek psikomotorik :
    saya akan berusaha menerapkan ilmu yang saya dapat dengan kehidupan nyata dalam bekerja, karena bagaimanapun dunia kerja tidak semudah seperti apa yang sudah saya pelajari
    aspek afektif :
    ternyata dalam dunia kerja saya merasa tidaklah semudah yang saya pikirkan, apalagi setelah Pak Runtu memberikan contoh-contoh nyata dalam dunia kerja yang nyata, karena itu saya sangat berterima kasih telah mendapat ilmu dan contoh-contoh dari Pak Runtu.

    BalasHapus
  50. Nama : Dwima Yahyi Saylendri
    NRP : 3103011171
    Kelas : B

    Aspek kognitif :
    - Selama mengikuti perkuliahan MSDM2 ini saya mengetahui bagaimana suatu perusahaan mengatur dan mengelola para SDM dengan berbagai aspek, saya juga mengetahui bagaimana masalah dan apa yang dibutuhkan setiap karyawan pada tingkat jabatan yang berbeda, terutama pada saat saya melakukan wawancara pada suatu perusahaan/organisasi.

    Aspek afektif :
    - Saya merasa enjoy selama mengikuti perkuliahan MSDM2 ini karena metode belajar yang dilakukan selama 1 semester ini tidak rumit, tidak membosankan dan seru, sering mengumpan balikkan pertanyaan dari 1 siswa ke siswa lainnya. Dan juga saya merasa mudah menangkap apa yang disampaikan karena contoh-contoh kasus yang diberikan tidak jauh-jauh dengan apa yang terjadi disekitar saya seperti bagaimana susahnya mengatur dan menuruti kemauan setiap karyawan, menyelesaikan suatu masalah dalam perusahaan tidak cukup mudah.

    Aspek psikomotorik :
    - Saya akan berusaha menerapkan materi-materi apa yang sudah diajarkan selama 1semester ini khususnya pada saat saya bekerja nanti dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
  51. kognitif : dari pembelajaran msdm II ini memberikan pengetahuan yang lebih luas tetang msdm, memperluas dr msdm I.

    afektif : saya dapat mengerti msdm pada kehidupan yang sesungguhnya dari melakukan wawancara yang sebagai mana tugas.

    psikomotorik : pelajaran ini akan menjadi bekal saya di kemudian hari untuk mengerti, mengatur msdm di perusahaan

    BalasHapus
  52. Aspek kognitif: dengan mengikuti mata kuliah MSDM2, saya menjadi semakin mengerti bagaimana cara menangani permasalahan MSDM dalam perusahaan, mulai dari perencanaan, perekrutan, sampai pada pemberhentian karyawan. Pemikiran saya juga semakin terbuka dengan adanya mata kuliah ini yang pada awalnya berpikir gaji atau tunjangan sangat penting, tetapi ternyata banyak hal yang dapat membangun motivasi bekerja selain gaji.

    Aspek afektif: berperan aktif adalah satu hal yang menarik pada kelas MSDM2 ini. Setiap pertemuan mahasiswa selalu mendapat bagian untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan mengenai materi yang dibahas. Metode demikian yang membuat mahasiswa lebih mengerti dan tidak merasa bosan karena dalam perkuliahan harus ikut berpikir berjaga-jaga mendapat giliran bertanya.

    Aspek psikomotorik: dengan mengikuti perkuliahan ini, saya menjadi paham dan berusaha menerapkannya kedalam dunia usaha yang akan tempuh nanti.

    Yosephine Tania / 3103011088 / kelas D

    BalasHapus
  53. SYANDI.F.M (3103011260)
    • Aspek kognitif ( Pengetahuan):
    1. Saya mengatahui bahwa karyawan dapat mengikuti mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini.
    2. Jabatan yang mereka duduki sekarang menuntut dan mengharuskan mereka untuk mempelajari dan mengetahui perkembangan teknologi.
    3. Semakin tinggi jabatan semakin besar tanggung jawab yang dipikul.
    4. Jenis pekerjaan apapun di jaman sekarang, berhubungan erat dengan teknologi sekarang.
    5. Sikap atasan, rekan kerja, dan bawahan mempengaruhi kenyaman karyawan tingkat menengah.
    6. Kepuasan karyawan mempengaruhi keloyalan terhadap perusahaan.
    7. Pendidikan faktor utama untuk mendapatkan kedudukan atau posisi lebih baik di perusahaan.
    8. Gaji dan lingkungan kerja yang nyaman sangat mempengaruhi mereka untuk bertahan dalam perusahaan.
    9. Semakin tinggi jabatan ,semakin besar gaji dan bonus yang diterima.
    10. Karyawan tingkat menengah kebnyakan memilih gaji tetap daripada insentif.
    11. Karyawan sangat membutuhkan keselamatan dan keamanan kerja sehingga nyaman dalam bekerja.
    12. Hampir semua karyawan mendapatkan jaminan keselamatan dan keamanan kerja.
    13. Jabatan yang diduduki karyawan saat ini sudah sesuai dengan keinginan dan harapan.
    14. Sikap atasan yang mengerti dan menghargai bawahannya menjadi harapan karyawan tingkat menengah.
    15. Sikap bawahan yang bias diajak kerja sama untuk maju dan loyal sangat diharapkan oleh karyawan tingkat menengah.
    16. Kerja secara tim diperlukan karyawan tingkat menengah untuk kemajuan perusahaan.
    17. Jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja merupakan keinginan karyawan.
    18. Fasilitas yang sesuai harus diberikan berdasarkan tingkat jabatan.
    19. Kebanyakan perusahaan selalu mengadakan pelatihan dan pengembangan karier secara rutin.
    20. Pelatihan sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan keahlian karyawan lebih dalam lagi.
    21. Kebanyakan karyawan belum tergabung dalam serikat pekerja.
    22. Beberapa perusahaan masih belum mempunyai serikat pekerja.
    23. Serikat pekerja menurut karyawan sangat diperlukan.
    24. Kebanyakan karyawan enggan menyampaikan keluhannya terhadap perusahaan.
    25. Fasilitas dan gaji lebih tinggi membuat karyawan tergiur untuk menerima tawaran mutasi.
    26. Hampir semua perusahaan memiliki keragaman karyawan.
    27. Budaya, suku, dan lingkungan sekitar menjadi kendala saat karyawan di mutasi ke lingkungan baru.
    28. Hampir semua perusahaan tidak memperbolehkan menikah dalam 1 kantor.
    29. Hampir semua perusahaan mengadakan rolling terhadap karyawan
    30. Kenaikan gaji diukur berdasarkan kinerja, lama bekerja, jabatan dan prestasi karyawan.
    31. Lewat pembelajaran MSDM II, Saya sekarang tahu bahwa pengelolaan SDM diperlukan guna mendapatkan SDM berkualitas.
    32. dengan mengetahui seluk beluk mengenai MSDM, membuat wawasan saya semakin bertambah sehingga mengubah cara pandang saya untuk mengelola SDM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LANJUTAN...
      • Aspek afektif ( Perasaan):
      1. Saya merasa tidak mudah menjadi karyawan tingkat menengah.
      2. Saya merasa sulit sulit memikul tanggung jawab dan kepercayaan yang sangat besar yang diberikan perusahaan.
      3. Saya sangat salut melihat seorang karyawan yang menggunakan tanggung jawab dengan bijaksana dan sebaik-baiknya.
      4. Saya merasa sulit memperoleh pekerjaan dengan jabatan yang diinginkan.
      5. Saya merasa keahlian dan kamampuan yang lebih diperlukan untuk mendapatkan mendapatkan jabatan lebih tinggi.
      6. Saya merasa tertantang dengan tugas yang diberikan oleh dosen MSDM karena membuat saya lebih penasaran untuk mengetahui pribadi dan kehidupan seorang karyawan
      7. Saya merasa memang diperlukan sikap yang bijaksana sebagai atasan.
      8. Saya merasa kasihan bila ada karyawan tidak dapat menyesuaikan diri di lingkungan baru.
      9. Kenyamanan hati memang mempengaruhi karyawan untuk bertahan.
      10. Saya sadar bahwa perlu adanya serikat pekerja agar terjadi keseimbangan antara perusahaan dan karyawan.
      11. Saya merasa perkembangan teknologi mengikuti pekerjaan jaman sekarang.
      12. Sangat sulit mempelajari perkembangan teknologi jika memiliki tingkat pendidikan rendah.
      13. Merasa adanya keragaman karyawan, memaksa karyawan untuk menyesuaikan diri.
      14. Menjadi seorang atasan tidak semudah dibayangkan.
      15. Sulit menyampaikan keluhan pada perusahaan bila hanya menjadi karyawan biasa.
      16. Sulit memilih antara percintaan dengan rekan kerja atau karier.
      17. Merasa perusahaan yang tidak punya serikat pekerja sengaja agar karyawannya tidak mempunyai kekuatan.
      18. Saya berharap adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja di setiap perusahaan.
      19. Saya merasa perlu adanya sikap saling menghargai dan menghormati sesame rekan kerja.
      20. Saya berharap bias mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan saya.
      21. Saya merasa setiap tugas yang diberikan Pak runtu, membantu dan membimbing saya untuk menjadi seseorang yang lebih dewasa secara pemikiran, tindakan dan perilaku untuk menjadi SDM berkualitas.

      • Aspek psikomotorik (Tindakan):
      1. Saya ingin menciptakan usaha sendiri untuk mrngurangi pengangguran.
      2. Saya akan belajar giat untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya agar mendapat pekerjaan yang diinginkan.
      3. Saya akan memperbanyak keahlian say agar lebih mudah mendapat pekerjaan.
      4. Saya akan lebih focus lagi dalam melakukan setiap pekerjaan.
      5. Saya akan banyak belajar mengenai bekerja secara tim.
      6. Menyiapkan mental dari sekarang bila pada saat menerima pekerjaan saya dimutasi.
      7. Mulai sekarang saya harus mempelajari mengenai serikat pekerja.
      8. Belajar menyesuaikan diri dimanapun berada.
      9. Selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini.
      10. Selalu menghargai dan menghormati orang lain.
      11. Berteman dengan teman yang beragam suku dan budaya.
      12. Mempelajari budaya-budaya baru.
      13. Menciptakan hubungan dengan relasi seluas-luasnya.
      14. Tidak menutup diri dengan dunia luar.
      15. Belajar bersikap bijaksana dan bertanggung jawab di setiap tindakan.
      16. Belajar menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.
      17. Mempelajari jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.
      18. Belajar untuk bias menyampaikan keluhan yang dirasa.
      19. Belajar dari kesalahan yang dilakukan dan tidak mengulanginya lagi.
      20. Selalu memotivasi diri agar selalu semangat dan tidak mudah putus asa.

      Hapus
  54. Refleksi dari perkuliahan MSDM II semester gasal 2013 yaitu:
    1. Aspek Kognitif
    -Saya mengetahui tentang Kinerja(faktor-faktor yang mempengaruhi karyawan),K3K(kesehatan,keselamatan,dan keamanan kerja),Serikat pekerja,Mengelola keberagaman dan kesetaraan dalam pekerjaan,Globalisasi MSDM,Sistem informasi SDM,Audit MSDM dan Riset MSDM
    2. Aspek Afektif
    -Saya merasa selama ini mengikuti kuliah MSDM,walaupun banyak tugas dan harus comment di blog Bapak Julius Runtu saya sangat senang sekali karena saya mendapatkan banyak pengetahuan dari materi yang disampaikan dalam MSDM II ini,maupun tugas wawancara yang diberikan mendapatkan suatu pengetahuan dan pengalaman yang dari awal mula hanya mengetahui sekilas dan sekarang menjadi mengerti betul.
    3. Aspek Psikomotorik.
    -Saya berjanji,tidak akan melupakan apa yang telah diberikan semuanya pada kuliah MSDM II ini,dan saya akan semakin mengembangkannya dengan cara mencari wawasan tentang MSDM maupun kelak jika saya bekerja ikut orang ataupun usaha sendiri saying akan menjadikan diri saya sebagai MSDM yang berguna bagi keluarga,bangsa dan Negara.

    BalasHapus
  55. Aspek Kognitif :
    Selama saya belajar mata kuliah MSDM II ini saya mengetahui bahwa pertama untuk berurusan dengan orang lain itu bukan lah hal yang mudah melainkan harus mengetahui beberapa aspek terlebih dahulu agar untuk bisa bekerja sama dengan orang lain mempunyai alasan dan aspek yang jelas. Selain itu di dalam MSDM banyak cara agar bisa dikelola dengan baik sehingga suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Saya mengetahui bahwa suksesnya suatu perusahaan didukung pula oleh bagaimana sistem kerja yang dilakukan oleh para karyawan. Mulai dari perekrutan, seleksi sampai wawancara. Saya juga meengetahui bahwa teori yang diterapkan di dalam kehidupan tidak selalu sama dengan kenyataan sebenarnya. Dan saya juga mengetahui banyak hal dari wawancara kepada karyawan mengenai bagaimana sistem kerja di suatu perusahaan.

    Aspek Afektif :
    Saya merasa senang belajar MSDM. baik dari MSDM I dan MSDM II yang saling berkaitan. Bapak Julius Runtu selaku dosen memberikan materi secara jelas dan contoh kongkrit di dalam suatu perusahaan dan mahasiswa di dalam kelas ikut terlibat aktif semuanya sehingga materi yang disampaikan kepada mahasiswa mau tidak mau ikut mempelajari apa yang sedang diterangkan. Saya merasa puas dengan tugas yang diberikan menjelang ujian, karena tugas ini mempunyai kegunaan jadi saya merasa tidak sia-sia mengerjakan tugas. Dengan tugas akhir seperti wawancara membuat saya lebih memahami dunia kerja diluar sana. Tugas yang lain pun membuat kita merasa enjoy mengerjakan karena tidak terlalu sulit bagi seorag mahasiswa yang pada jaman sekarang sering menggunakan internet.

    Aspek Psikomotorik :
    Setelah belajar MSDM ini, saya akan berusaha untuk bisa selalu menerapkan di dalam kehidupan baik dunia kerja yang sekarang maupun di dunia kerja nantinya. Saya akan berusaha menjadi pribadi kerja yang mempunyai keunggulan baru di dalam suatu dunia kerja karena sebuah dunia kerja membutuhkan pekerja yang kompetitif. Sumber daya manusia tidak dipungkiri sangat dibutuhkan dalam suatu industri kerja, oleh karena itu saya berjanji akan menerapkan ilmu pengetahuan saya selama belajar ini untuk kehidupan kerja mendatang. Saya juga berjanji akan terus menambah pengetahuan saya mengenai Manajemen Sumber Daya manusia karena menurut saya belajar MSDM tidak ada habisnya seiring perkembangan jaman, Suatu perusahaan membutuhkan banyak pekerja yang memiliki banyak kompetensi keahlian dan masalah yang lebih banyak dan masalah-masalah baru yang harus dihadapi.

    BalasHapus
  56. Aspek Kognitif :
    saya mengetahui secara luas tentang dunia kerja, masalah-masalah SDM serta solusi-solusi untuk memecahkan masalah dalam perusahaan ,, Matakuliah MSDM ini dapat memberikan saya pandangan tentang dunia kerja yang belum saya alami dan merupakan bekal bagi saya untuk bekerja di masa depan

    Aspek Afektif:
    selama mengikuti perkuliahan MSDM 2 ini, sy merasa beruntung karena bisa mendapatkan begitu banyak pengetahuan untuk dunia kerja yang belum sy alami, setidaknya selama perkuliahan ini membuat sy sedikit demi sedikit mengetahui seluk-beluk dalam dunia kerja.

    Aspek Psikomotorik:
    saya akan berusaha untuk mengaplikasikan pengetahuan saya selama perkuliahan ini ke dalam dunia kerja.

    Gisela Manu_3103011245_A

    BalasHapus
  57. Aspek kognitif : saya menjadi tahu apa saja alasan-alasan SDM mampu bertahan atau keluar dari sebuh pekerjaan. Saya juga jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk memotivasi karyawan agar bekerja dengan baik dan menghasilkan output yang baik Pula

    Aspek afektif : saya merasa bahwa matakuliah MSDM sangat diperlukan guna membantu kita untuk mengetahui berbagai macam karakteristik Manusia yang sangat beragam dan bagaimana memanagenya

    Aspek psikomotorik : pada saat saya bekerja kelak, saya dapat menerapkan teori-teori yang ada dalam kehidupan nyata untuk menyelesaikan permasalahan Sumber Daya Manusia yang ada di tempat saya bekerja

    BalasHapus
  58. Aspek kognitif:
    - Setelah saya mempelajari MSDM II saya mengetahui bahwa karyawan dalam perusahaan perlu adanya jaminan kesehatan, keamanan, serta keselamatan selama dia bekerja di suatu perusahaan. Dengan adanya jaminan tersebut mereka akan merasa betah bekerja di suatu perusahaan itu sehingga kinerja karyawan akan semakin meningkat.

    - Selain itu saya tahu bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga karyawan perlu menguasai teknologi agar menunjang dan meningkatkan kinerka dan produktivitas perusahaan.

    - saya tahu bahwa faktor budaya perusahaan, lingkungan kerja yang kondusif, gaji ataupun penghargaan yang diterima karyawan, jaminan kesehatan, keselamatan, dan keamanan serta hubungan sosial yang dinamis dengan para karyawan dalam perusahaan akan membuat karyawan bertahan dalam perusahaan

    Aspek afektif:
    - saya merasa mata kuliah MSDM sangat membantu saya dan memberikan pengetahuan kepada saya tentang dunia kerja yang sebenarnya. Serta sikap apa saja yang harus diterapkan oleh atasan maupun bawahan serta larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan.

    - Tugas wawancara kepada pegawai manufaktur tentang pengalaman ia bekerja membuat saya benar - benar memilki gambaran tentang kondisi kerja di dalam perusahaan manufaktur.

    Aspek Psikomotorik:
    - saya berjanji akan berusaha mengimplementasikan materi - materi yang saya pelajari di matakuliah MSDM ini dengan dunia kerja yang nyata nanti.
    - jika saya menjadi atasan, aya akan memperlakukan bawahan dan karyawan saya dengan adil, tidak membeda-bedakan latar belakang para karyawan, memberikan kompensasi dan penghargaan yang sesuai dengan kinerja dan prestasi yang mereka raih.

    BalasHapus
  59. aspek kognitif: setelah saya mengikuti mata kuliah MSDM I dan MSDM II ini, banyak yang telah saya pelajari dimulai dari apaitu MSDM, bagamana cara menerapkan dan mengelola SDM dengan baik, serta apa saja yang perlu dipelajari dalam SD. beberapa hal tersebut diantaranya seperti perencanaan SDM, metode perekrutan, seleksi beserta tahap-tahapnya, pelatihan dan pengembangan SDM, retensi SDM, kinerja SDM, K3K, serikat pekerja, keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan, globalisasi, SISDM, HRM, audit serta riset SDM. selain itu, juga dapat mengetahui tentang permasalahan seperti apa yang sering terjadi dan dialami oleh karyawan pada umumnyadalam pekerjaannya dengan melalui tugas wawancara yang telah diberikan kepada kami

    aspek afektif: saya merasa puas dengan adanya mata kuliah ini, karena dengan adanya perkuliahan MSDM, saya bisa mengetahui lebih banyak tentang SDM, sehingga ini bisa menjadi bekal untuk saya kedepannya nanti ketika saya berada dalam dunia kerja

    aspek psikomotorik: dengan ini saya akan berusaha untuk menerapkan berbagai hal yang sudah saya pelajari dalam mata kuliah MSDM ini dalam dunia kerja saya nanti, sehingga saya dapat bekerja dengan baik nantinya

    yeni-3103011248-kelas A MSDM II

    BalasHapus
  60. Aspek kognitif :
    - Saya menjadi tahu di dalam MSDM 1 dan MSDM 2 ada kaitannya.
    - Saya merasa, bila suatu saat nanti saya menjadi HRD akan mendapat banyak masukkan dr rekan-rekan dan cemohan dari orang-orang tapi saya harus bisa memberikan yg terbaik kepada perusahaan.

    Aspek afektif :
    - mata pelajaran MSDM ini telah memberikan saya suatu pelajaran yg berarti yang saya sudah lihat tetapi belum saya mengerti, sehingga sekarang saya mengerti.
    - Tugas wawancara itu memang perlu, dari tugas ini saya mendapat keluhan dari karyawan bawah dan menengah, jadi kalau saya memiliki karyawan saya harus memberikan mereka kewajiban memberikan kepada saya tentang keluhan mereka.

    Aspek psikomotorik :
    - Saya akan melakukan yang terbaik di perusahaan apabila mendapat masalah SDM, saya akan menggunakan apa yg telah saya pelajari di WM
    - Jika saya menjadi karyawan saya akan berjuang untuk meningkatkan karier saya untuk mendapat kepuasan yang telah dipelajari di MSDM ini.

    BalasHapus
  61. Aspek Kognitif:
    Lewat mata kuliah MSDM 1 dan MSDM 2 yang telah saya ambil ini saya belajar banyak hal terkait peran sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Sudut pandang saya diubahkan menjadi sudut pandang yang baru di mana saya belajar untuk melihat sumber daya manusia sebagai aset bukanlah beban/biaya bagi perusahaan. Saya juga belajar dan mengerti lebih dalam lagi tentang peran MSDM dalam perusahaan terkait dengan strategi perusahaan dan bukan hanya dalam ruang lingkup administratif saja.

    Aspek Afektif:
    Melalui mempelajari MSDM 1 dan MSDM 2 ini saya sangat senang karena saya memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang mengelola sumber daya manusia terutama dalam perusahaan/organisasi sehingga pengetahuan tersebut dapat membantu saya dikemudian hari.

    Aspek Psikomotorik:
    Setelah mengambil mata kuliah MSDM 1 dan MSDM 2 ini saya akan menerapkan semua pengetahuan yang saya dapatkan selama perkuliahan untuk membantu saya mengelola sumber daya manusia maupun untuk mengerti dan memahami orang lain sebagai sesama sumber daya manusia. Saya juga berjanji akan membagikan pengetahuan yang saya dapatkan tersebut kepada orang lain mulai dari orang terdekat saya terutama bagi mereka yang belum atau tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk mempelajarinya di bangku perkuliahan karena mengambil jurusan yang berbeda, sehingga dengan demikian saya dapat membagikan bekal bagi mereka untuk bisnis/usaha mereka kelak.

    Sekian refleksi dari saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  62. Rosenda Puspita S / 3103011050 / Kelas C

    1.Aspek Kognitif :

    Setelah belajar MSDM II, saya mengetahui bahwa pada MSDM 2 ini saya belajar mengenai Hubungan karyawan, Kesehatan dan keselamatan kerja, Sistem Informasi SDM ,penilaian, evaluasi dan costing keefektifan fungsi-fungsi MSDM, Riset MSDM dan mengetahui keberagaman para karyawan dalam kepuasan bekerja melalui tugas-tugas wawancara.

    2. Aspek Afektif :

    Saya merasa senang karena pengetahuan saya di bidang SDM bertambah dan saya merasa mata kuliah ini nantinya sangat berguna bagi masa depan saya.

    3. Aspek Psikomotorik :

    Saya akan berusaha menerapkan pelajaran yang telah saya dapat di MSDM II pada saat saya bekerja yang juga dapat membuat kinerja saya lebih baik.

    BalasHapus
  63. Aspek Kognitif :
    Setelah mempelajari MSDM 2 selama satu semester saya sekarang Hubungan karyawan, Kesehatan dan keselamatan kerja, Sistem Informasi SDM ,penilaian, evaluasi dan costing keefektifan fungsi-fungsi MSDM, Riset MSDM dan mengetahui keberagaman para karyawan dalam kepuasan bekerja melalui tugas-tugas wawancara. Sudut pandang saya juga diubahkan menjadi sudut pandang yang baru di mana saya belajar untuk melihat sumber daya manusia sebagai aset bukanlah beban bagi perusahaan.

    Aspek Afektif :
    Saya merasa pengetahuan saya mengenai sumber daya manusia bertambah sangat drastis. Dulunya saya berpikir bahwa perusahaan tidak perlu memikirkan kesejahteraan karyawan asalkan memberikan kompensasi yang tinggi. Tetapi saya salah mengenai hal itu, ada beberapa karyawan yang tidak mementingkan gaji melainkan lebih mementingkan kesejahteraan karyawan.

    Aspek Psikomotorik :
    Saya akan berusaha untuk menerapkan pelajaran yang saya terima selama 1 semester ini. jika saya menjadi seorang manajer saya akan berusaha untuk mendekatkan diri pada karyawan agar saya dapat secara langsung mengetahui keluh kesan dari karyawan saya.

    BalasHapus
  64. Aspek Kognitif
    Dari aspek kognitif, saya mempelajari mengenai Hubungan karyawan, Kesehatan dan keselamatan kerja, Sistem Informasi SDM ,penilaian, evaluasi dan costing keefektifan fungsi-fungsi MSDM fan Riset MSDM dalam satu semester dalam mata kuliah MSDM 2 ini. saya juga mengerti bahwa setiap perusahaan sebaiknya mempunyai departemen sdm yang berdiri sendiri untuk menangani masalah-masalah sdm yang sangat banyak.

    Aspek Afektif
    Saya merasa bahwa ada keterkaitan antara MSDM 1 dan MSDM 2 ada kaitannya. saya juga merasa bahwa pengetahuan saya mengenai sumber daya manusia bertambah dan pastinya saya merasa senang bisa mempelajari mengenai manajemen sumber daya manusia ini.

    Aspek Psikomotorik
    jika saya menjadi pimpinan perusahaan saya akan mendirikan departemen khusus unutuk perusahaan saya untuk menanangani segala permasalahan yang dihadapi oleh karyawan. Seperti, perekrutan dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  65. Aspek Kognitif: Dengan mengikuti mata kuliah MSDM II ini, saya menjadi mengerti segala macam hal yang dalam mengatur atau mengelola sumber daya manusia. Mulai dari mengetahui kebutuhan dan keinginan para karyawan, masalah-masalah dalam lingkungan MSDM, serta sistem-sistem informasi yang dapat membantu dalam memanage sumber daya manusia.

    Aspek Afektif: Saya merasa bahwa mata kuliah MSDM II ini sangatlah membuat saya mengerti keadaan yang ada dalam lingkungan SDM sebenarnya. Dan hal itu akan sangat membantu saya kelak dalam berkarir. Tugas wawancara yang diberikan juga membuat saya lebih sadar akan keluhan dan kepuasan karyawan dalma bekerja.

    Aspek Psikomotorik: Saya akan mengelola dan mengatur SDM dengan baik, kelak jika saya telah bekerja dan mendapat posisi sebagai manajer. Saya akan belajar untuk mencegah terjadinya serikat-serikat pekerja yang akan membawa dampak buruk bagi perusahaan. Tapi tidak juga menghapus total serikat pekerja. Mengarahkan dan menjaga loyalitas karyawan adalah salah satu usaha yang efektif menurut saya.

    BalasHapus
  66. aspek kognitif:
    dalam perkuliahan MSDM II ini saya mendapat banyak pengetahuan baik mengatur dan mengelola sumber daya manusia, kebutuhan karyawan, serikat kerja, dan banyak hal yangsaya ketahui tentang SDM
    aspek afektif:
    saya merasa bahwa selama saya mengikuti perkuliahan MSDM I dan II ini saya menjadi mengerti jika tugas SDM tidaklah hanya sekedar mengatur SDMnya saja, tetapi beberapa masalah yang dihadapi sebagai sdM jugalah rumit dan kadang susah untuk dimengerti.
    aspek psikomotorik:
    jika saya menjadi seorang SDM pada kemudian hari, saya akan mencoba memberikan yang terbaik dan saya akan berusaha untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang berpotensi untuk terjadinya masalah pada perusahaan dimana saya bekerja.

    kelas B

    BalasHapus
  67. 1. Aspek Kognitif : Dalam perkuliahan Msdm 2 ini saya mengetahui banyak hal dalam mengatur dan mengelola SDM di suatu perusahaan.

    2. Aspek Kognitif : Merasa mendapat pengetahuan yang lebih banyak dalam mengelola SDM di dalam suatu organisasi.

    3. Aspek Psikomotorik : Saya akan menerapkan pelajaran Msdm 2 ini ketika saya bekerja di suatu organisasi agar saya dapat bekerja dengan baik.

    BalasHapus
  68. 1. Aspek Kognitif : Dalam perkuliahan Msdm 2 ini saya mengetahui banyak hal dalam mengatur dan mengelola SDM di suatu perusahaan.

    2. Aspek Kognitif : Merasa mendapat pengetahuan yang lebih banyak dalam mengelola SDM di dalam suatu organisasi.

    3. Aspek Psikomotorik : Saya akan menerapkan pelajaran Msdm 2 ini ketika saya bekerja di suatu organisasi agar saya dapat bekerja dengan baik.

    BalasHapus
  69. Aspek Kognigtif : Saya mengetahui bahwa setiap perusahaan sebaiknya mempunyai departemen sdm yang berdiri sendiri untuk menangani masalah-masalah sdm yang sangat banyak.

    Aspek Afektif : Saya menjadi sadar bahwa msdm bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena banyak persoalan yang harus dihadapi dalam msdm, baik dari sisi manajemen perusahaan maupun dari sisi pekerja. Baik untuk manusia maupun untuk mesin.

    Aspek Psikomotorik : Saya akan berusaha untuk dapat menerapkan apa yang saya dapat selama perkuliahan msdm dalam kehidupan saya kelak ketika sudah bekerja, juga akan berusaha untuk menghargai semua perbedaan baik itu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang banyak. Karena hal tersebut sangatlah penting.

    BalasHapus
  70. KELAS A

    REFLEKSI

    1. Aspek Kognitif :
    Setelah mengikuti perkuliahan MSDMI hingga MSDMII, saya banyak mendapatkan pelajaran yang amat berguna tentang bagaimana cara mengelola SDM dengan baik, mulai dari perencanaan SDM karena untuk meendapatkan yang terbaik, apabila tidak ada perencanaan maka tidak akan mendapatkan SDM yang berkualitas pula. Perekrutan dengan mencari calon karyawan yang terbaik. Seleksi untuk memilih yang terbaik diantara yang terbaik. Penempatan SDM yang disesuaikan dengan keahliannya dan minat mereka. Hingga pelepasan SDM yang baik, juga sampai cara mengukur proses pengelolaan SDM mungkin dengan adanya pelatihan tertentu yang dilakukan tersebut sudah efektif dan efisien. Selain itu, saya belajar berani berkomunikasi dengan orang lain dan saling bertukar pikiran dengan teman yaitu melalui tugas-tugas kelompok ataupun tugas wawancara di mana kami berkesempatan untuk mewancarai karyawan perusahaan baik atasan maupun bawahan perusahaan. Sehingga saya juga memperoleh banyak wawasan dan pengetahuan tentang apa saja masalah yang biasanya dialami oleh atasan, karyawan, dan perusahaan secara nyata juga dengan segala cara penyelesaiannya dengan seimbang tanpa ada yang merasa dirugikan.

    2. Aspek Afektif :
    Saya senang telah mengikuti perkuliahan MSDM selama ini, karena hal yang saya pelajari tentu sangat berguna bagi saya nantinya saat diberi kepercayaan untuk mengelola SDM di dalam perusahaan juga agar dapat berkolaborasi dengan para karyawan lain sehingga tercipta suasana yang menyenangkan. Tugas-tugas yang diberikan selama ini juga cukup menyenangkan pula dan setelah menyelesaikan tugas-tugas tersebut ada sesuatu yang dapat saya dan teman-teman dapat ambil dan bermanfaat dalam kehidupan kami nanti di masa mendatang saat menjadi manager terutama dalam SDM. Metode pembelajaran yang dilakukan Pak Runtu pun sangat interaktif, menyenangkan,dan terbuka tidak membuat mengantuk karena harus tetap memperhatikan di sesi Tanya jawabnya, dan cara tersebutpun memudahkan saya pribadi dalam mempelajari materi yang diberikan, sehingga saya dan teman-teman bukan sekedar hafal namun sanggup untuk “paham” pula.
    3. Aspek Psikomotorik :
    Saya akan berusaha untuk menerapkan hal-hal yang telah saya pelajari dari perkuliahan MSDM ini dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika saya bekerja nantinya di perusahaan.Saya tidak boleh merasa cepat puas dan congkak, lalu berusaha selalu mencari cara dan informasi lebih banyak agar pengetahuanpun bertambah agar dapat selalu berinovasi agar tidak ketinggalan dengan Negara lain yang berkembang juga menambah pengalaman agar siap dan mampu menjadi seorang manajer yang berqualified, berkompetensi dan memiliki kapasitas lebih dalam mengelola SDM-nya.



    Terima Kasih dan Tuhan memberkati^^

    BalasHapus
  71. Aspek Kognitif : saya mengetahui bahwa setiap perusahaan harus mempunyaai SDM agar bisa memeperbaiki apa kekurangan dari SDM perusahaan tersebut dan agar bisa di perbaiki dan membuat SDM lebih baik lagi

    Aspek Afektif : lebih sadar bila msdm sangat di perlukan karena dengan SDM kita bisa beradaptasi dengan SDM dimana kita bekerja dan bagaimana kita harus bisa lebih baik lagi menjalankan SDM yang baik.

    Aspek Psikomotorik : kita harus bisa menerapkan SDM dalam kehidupan sehari-hari agar kita tidak kaget dalam beradaptasi di perusahaan.

    BalasHapus
  72. Aspek Kognitif:
    Setelah saya mengikuti perkuliahan MSDM II selama 1 semester, saya menjadi lebih memhami betapa pentingnya seorang Manajer SDM dalam sebuah perusahaan.

    Aspek Afektif:
    Menurut saya, mata kuliah ini sangat bermanfaat bagi masa depan kami. Apalagi jika kita tidak memilih konsentrasi SDM nantinya, kita tetap memiliki bekal pengetahuan dalam mengelola SDM.

    Aspek Psikomotorik:
    Apa yang di dapat dalam mata kuliah MSDM ini, saya berharap dapat saya gunakan dalam lingkup kerja dan berorganisasi.

    BalasHapus
  73. Aspek kognitif : Dalam perkuliahan Msdm II ini saya dapat mengerti banyak hal dalam mengatur dan mengelola SDM di suatu perusahaan yang nanti kita akan terjerumus dalam dunia bisnis.

    Aspek Afektif : Saya pikir mengatur SDM itu mudah namun tidak mudah yang kita lihat,tetapi sangat sulit.

    Aspek Psikomotorik : Pengetahuan yang saya dapat ini kela akan saya gunakan pada saat kerja nantinya

    BalasHapus
  74. Veronica Michelle 3103011091 kelas C

    Aspek Kognitif : dalam perkuliahan MSDM 2 ini saya dapat memahami banyak hal dalam menjalankan, mengatur, maupun merencanakan suatu tanggung jawab besar dalam sebuah perusahaan.

    Aspek Afektif : selama perkuliahan MSDM 2 dosen memberikan tugas yang cukup membuat saya merasa bahwa sebagai pekerja di sebuah perusahaan itu tidak gampang, harus melaksanakan tanggung jawab yang penuh, dan menerima upah pun ada yang pas-pas an terhadap hidupnya (tidak sesuai dengan keinginan) namun dari semua itu saya dapat mengerti bahwa menjadi seorang karyawan butuh semua itu untuk memacu diri sendiri lebih maju lagi.

    Aspek Psikomotorik : selama perkuliahan MSDM 2 ini banyak pengetahuan yang saya dapatkan dan akan berguna membangun jati diri saya dalam bekerja di dalam sebuah perusahaan maupun pada usaha yang akan di bangun sendiri.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  75. samuel_msdm2 kls B
    Aspek Kognitif
    Dari aspek kognitif, saya mempelajari mengenai Hubungan karyawan, Kesehatan dan keselamatan kerja, Sistem Informasi SDM ,penilaian, evaluasi dan costing keefektifan fungsi-fungsi MSDM fan Riset MSDM dalam satu semester dalam mata kuliah MSDM 2 ini. saya juga mengerti bahwa setiap perusahaan sebaiknya mempunyai departemen sdm yang berdiri sendiri untuk menangani masalah-masalah sdm yang sangat banyak.

    Aspek Afektif
    Saya merasa bahwa ada keterkaitan antara MSDM 1 dan MSDM 2 ada kaitannya. saya juga merasa bahwa pengetahuan saya mengenai sumber daya manusia bertambah dan pastinya saya merasa senang bisa mempelajari mengenai manajemen sumber daya manusia ini.

    Aspek Psikomotorik
    jika saya menjadi pimpinan perusahaan saya mengkedepankan asmpek sumberdaya manusia, karena mereka adalah partner kerja untuk tujuan perusahaan tercapai

    BalasHapus
  76. aspek kognitif
    setelah menjalani mata kuliah MSDM, saya tahu bahwa mengelola SDM bukanlah hal yang sepele, dengan mempelajari materi-materi seperti k3, hubungan karyawan, serta SISDM, membuat saya mengetahui bagaimana karyawan seharusnya diperlakukan dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengelola karyawan dengan baik.

    aspek afektif
    saya merasa dengan mengikuti perkuliahan MSDM, saya menjadi paham bahwa mempelajari MSDM adalah hal yang sangat berguna bagi saya, baik saya nantinya menjadi karyawan atau menjadi pimpinan kelak. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pun membuat saya belajar lebih dalam lagi melalui narasumber yang saya wawancarai.

    aspek psikomotorik
    saya akan menerapkan pengetahuan saya mengenai MSDM ketika saya bekerja nantinya. saya akan membuka pemikiran orang banyak yang cenderung menyepelekan mengenai MSDM, bahwa mengelola SDM merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dan bukanlah hal yang mudah.

    BalasHapus
  77. Novia / 3103011084 / kelas C
    Aspek kognitif : Setelah mengikuti mata perkuliahan MSDM 2 selama satu semester ini saya mempelajari banyak hal yaitu tentang pengelolaan dan hubungan dengan karyawan,Riset dan fungsi MSDM, Sistem informasi SDM, serta membuka pemikiran saya mengenai dunia SDM yang dibutuhkan untuk kita pelajari sehingga pada saat ingin membuka sebuah perusahaan saya dapat mengaplikasikan nya untuk perusahaan yang nanti saya jalankan.
    Aspek Afektif : pada mata kuliah MSDM2 ini setiap pertemuan diadakan tanya jawab sehingga mahasiswa dapat mengutarakan pendapat merekea terkait dengan sumber daya manusia dan hubungan dengan perusahaan metode demilkian lebih memudahkan saya untuk memahami dan mengerti tentang MSDM yang belum pernah saya ketahui.
    Aspek Psikomotorik : saya akan menerapkan pembelajaran selama 1 semester ini untuk saya aplikasilan ke dalam dunia kerja nanti nya.

    BalasHapus
  78. Aspek kognitif
    Melalui mata kuliah ini saya banyak belajar dan mendapat pengetahuan baru mengenai pengelolaan SDM dalam suatu organisasi, mulai dari retensi karyawan, k3, serikat kerja, audit, metriks, dan riset SDM, dan masih banyak lagi.

    Aspek afektif
    Manajemen SDM adalah kegiatan yang cukup kompleks dan tidak semudah yang saya kira. Karena semua yang dilakukan manajer SDM terkait dengan hal-hal yang cenderung bersifat sebagai "expenses", namun yang sesungguhnya lebih bersifat sebagai "investasi".

    Aspek psikomotorik
    Melalui mata kuliah ini, saya belajar banyak mengenai mengelola manusia dalam suatu organisasi, sehingga nantinya apabila terjun langsung ke dalam praktik dunia nyata saya dapat menerapkan cara mengelola manusia dengan baik, benar, dan manusiawi.

    BalasHapus
  79. Aspek kognitif
    Melalui mata kuliah MSDM II ini, saya menjadi tahu bahwa SDM dalam suatu organisasi merupakan aspek yang vital, karena juga sebagai penentu kesuksesan sebuah organisasi.Saya juga menjadi tahu bagaimana cara mengelola hubungan yang baik dengan karyawan dan bagaimana seharusnya memperlakukan karyawan agar nyaman dalam organisasi kita.

    Aspek Afektif
    Selama ini, dosen kami selalu memberi kami teori , tetapi teori saja tidaklah cukup untuk kami dapat mengerti, maka dari itu dosen kami juga memberi tugas secara praktek, seperti tugas wawancara saat UTS dan UAS.Saya sangat senang , karena dengan adanya tugas yang diberikan kami menjadi semakin mengerti dan merasakan menjadi karyawan dalam sebuah organisasi.Dan hal tersebut dapat menjadi bekal saat saya bekerja nanti.

    Apek Psikomotorik
    Saya juga selalu belajar dari tiap pertemuan di setiap minggunya, maka saya akan mempraktekan materi yang telah diberikan oleh dosen kami.Jika saya memiliki karyawan suatu saat nanti, saya akan memperlakukan dia secara baik dan benar, dan jika saya yang jadi karyawan saya akan menjadi karyawan yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah diberikan oleh atasan saya.

    BalasHapus
  80. Aspek Kognitif:
    Dengan mengikuti mata kuliah MSDM II ini, saya menjadi mengerti segala macam hal yang dalam mengatur atau mengelola sumber daya manusia. Mulai dari mengetahui kebutuhan dan keinginan para karyawan, masalah-masalah dalam lingkungan MSDM, serta sistem-sistem informasi yang dapat membantu dalam memanage sumber daya manusia.

    Aspek Afektif:
    Melalui mempelajari MSDM 1 dan MSDM 2 ini saya sangat senang karena saya memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang mengelola sumber daya manusia terutama dalam perusahaan/organisasi sehingga pengetahuan tersebut dapat membantu saya dikemudian hari.

    Aspek Psikomotorik:
    saya akan menerapkan pengetahuan saya mengenai MSDM ketika saya bekerja nantinya. saya akan membuka pemikiran orang banyak yang cenderung menyepelekan mengenai MSDM, bahwa mengelola SDM merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dan bukanlah hal yang mudah, serta menerapkan cara mengelola manusia dengan baik, benar, dan manusiawi.

    BalasHapus
  81. REFLEKSI
    Aspek Kognitif – Dengan wawancara tersebut, saya tahu bahwan dalam dunia kerja banyak sekali faktor – faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan pekerjaannya dalam perusahaan tersebut yang bekaitan dengan atasannya maupun dengan rekan kerja / karyawan yang lain.

    Aspek Afektif – Dengan wawancara teersebut, saya dapat melihat bahwa meskipun mereka bekerja dengan gaji atau upah yang pas – pasan, mereka bekerja dengan baik dengan tujuan hanya untuk menghidupi keluarganya.

    Aspek Psikomotorik – dengan hasil wawancara ini, saya dapat belajar bahwa di dalam dunia kerja tidak gampang / mudah melainkan banyak sekali hambatan – hambatan yang akan dihadapi yang berkaitan dengan gaji, atasan dan tekan kerja.

    BalasHapus
  82. 1.Aspek Kognitif : Setelah saya mengikuti kuliah MSDM II saya tahu bahwa dalam dunia kerja banyak sekali yang di butuhkan dalam mempengaruhi karyawan untuk dapat lebih efektif dalam melaksanakan pekerjaannya. Dan saya lebih mengetahui bahwa dunia kerja juga membutuhkan sikap yang tekun dalam mengerjakan suatu pekerjaan dalam perusahaan.
    2.Aspek Afektif: Saya merasa bahwa mengelola sumber daya manusia tidaklah mudah dan dalam pelaksanaan banyak kendala – kendala yang dihadapi, oleh sebab itu mata kuliah MSDM II ini banyak memberikan pengetahuan dan bekal tentang semua hal yang terkait dengan SDM termasuk dalam hal gaji, memotivasi karyawan, maupun pelatihan atau insentif.
    3.Aspek Psikomotorik: Saya akan terus mengingat bahwa SDM adalah sebuah asset terpenting perusahaan dan jika kelak saya memiliki perusahaan, saya akan bersifat professional dalam memperlakukan dan mendengarkan semua masukan serta keluhan yang terkait dengan SDM.

    BalasHapus
  83. Nama : Tommi Prayogi 3103011181
    Aspek Kognitif

    1. Saya jadi memahami apa itu MSDM, dan ternyata MSDM itu sangat penting untuk dipelajari karena dalam MSDM diajarkan untuk mengerti akan karyawan, fungsi perusahaan, dan menjadi Tim yang baik itu gimana

    2. Ternyata dalam menjadi karyawan atau pun atasan tidak mudah, apalagi harus mengatur orang lain

    3. Saya diajarkan banyak hal dalam MSDM mengenai aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam berorganisasi
    Aspek Afektif

    1. Saya merasa bahwa mengelola sumber daya manusia dengan baik itu susah dan tak segampang yang saya kira, karena tak mudah untuk mengatur orang, karena setiap orang memilki karakter yang berbeda beda dn tak menentu
    2. saya merasakan bagaimana susahnya menjadi seorang karyawan, dan mengerti apa yang mereka rasakan
    3. saya jadi tau apa saja tanggung jawab sebagai karyawan

    Aspek Psikomotorik :
    1. sumber daya manusia adalah asset terpenting bagi perusahaan.
    2. MSDM bukan hanya sebagai fungsi pendukung bagian operasional saja
    3. saya menerapkan mengenai MSDM yang baik bila saya nanti bekerja
    4. Mencoba menyelesaikan permasalahan yang dialami dan melakukan evaluasi atas kinerja karyawan.

    BalasHapus
  84. Aspek kognitif :
    setelah satu semester saya belajar mengenai MSDM ternyata MSDM sangat penting dan sangat dekat dengan kehidupan kerja nantinya. bagaimana kita belajar mengenai karyawan dan job desk dari karyawan tersebut.
    Aspek afektif :
    Bapak Julius selalu memberi pertanyaan yang riil dan berusaha mengaplikasikannya ke dalam mahasiswa agar mahasiswa mengerti serta jelas dengan penjelasan dari contoh-contoh tersebut.
    Aspek psikomotorik :
    MSDM adalah inti dari perusahaan. bagaimana kita mempelajari job desk yang ada di perusahaan serta problem yang ada di perusahaan.

    BalasHapus
  85. Nama : Winda Ayu
    NRP : 3103011022
    Aspek Kognitif :
    Selama satu semester ini saya mempelajari lebih dalam bagaimana pentingnya SDM dalam suatu perusahaan dan bagaimana mengelola SDM yang baik dalam perusahan.
    Aspek Afektif :
    Saya mengetahui bagaimana susahnya mengelola SDM secara baik dan bagaimana susahnya mencari pekerjaan zaman sekarang, terutama mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan dan sesuai dengan kemampuan kita.
    Aspek Psikomotorik :
    Dari semua pelajaran yang saya dapat dalam mata kuliah MSDM II, saya akan berusaha menerapkannya dalam mengelola suatu perusahaan ataupun jika saya menjadi seorang pegawai karena menurut saya pelajaran ini memeberikan manfaat yang besar bagi saya.

    BalasHapus
  86. Nama : Inggrid Lauw
    NRP : 3103009271
    Kelas : C

    Aspek Kognitif :
    Setelah saya mengikuti kuliah MSDM I dan MSDM II saya tahu bahwa dalam menjalani perusahaan banyak hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu MSDM I dan II sangat penting untuk di pelajari, saya menjadi tau cara mencapai tujuan perusahaan ke taraf yang lebih baik.

    Aspek Afektif :
    Saya menjadi tau dalam mengelola sumber daya manusia tidak mudah untuk dilakukan, banyak hal yang dipelajari. Melalui mata kuliah MSDM saya dapat mengerti semua hal yang berhubungan dengan MSDM.

    Aspek Psikomotorik :
    Saya akan berusaha menerapkan semua pelajaran MSDM yang saya dapat pada pak Julius Runtu pada saat bekerja nanti dalam mengelola perusahaan, karena MSDM sangat penting di pelajari untuk menjalankan perusahaan ke depannya.

    BalasHapus
  87. Aspek kognitif : setelah mempelajari mata kuliah MSDM saya menjadi tahu bahwa keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya dihitung dari besarnya laba yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tetapi juga mengenai bagaimana cara perusahaan memelihara dan memanfaatkan SDM yang dimiliki sebagai suatu aset yang berharga dan perlu disejahterakan.

    Aspek afektif : saya merasa lebih baik karena saya menjadi cukup mengerti banyak hal setelah mengikuti pekuliahan MSDM ini. Banyak pengalaman dan kasus yang diajarkan dan diceritakan oleh pak runtu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan MSDM dalam perusahaan sejak dari perekrutan hingga pelepasan yang kemungkinan besar akan kami alami setelah lulus dari universitas ini sehingga kami dapat benar-benar menjadi SDM yang berkualitas nantinya.

    Aspek psikomotorik : apabila nanti saya menjadi karyawan di dalam suatu perusahaan maka saya akan me-manage diri saya sedemikian rupa sehingga saya dapat menjadi seorang SDM yang berkualitas. Apabila saya menjadi atasan atau bahkan pemilik suatu perusahaan maka saya akan menerapkan hal-hal yang terkait dengan MSDM ini untuk kesejahteraan karyawan saya maupun bawahan saya.

    BalasHapus
  88. Nama :Juwita Yuliana K
    NRP : 3103011155
    Kelas : B

    Aspek Kognitif :
    Dengan mengikuti MSDM 1 dan MSDM 2 ini saya mengerti akan bagaimana cara menjadi SDM yang baik, mengelola SDM dan disini saya banyak belajar bagaimana bekerja dengan banyak karyawan yang ada didalam sebuah perusahaan, dimana disini saya dapat langsung mengerti keadaan didalam perusahaan yang sebenarnya. Seperti wawancara langsung terhadap karyawan.

    Aspek Afektif :
    Saya merasa dengan mempelajari mata kuliah msdm 1 dan msdm 2 ini saya dapat menerapkannya di dunia kerja nantinya. Materi yang disampaikan oleh Pak Runtu ini sangat menarik, karena seringnya dilakukan tanya jawab oleh para mahasiswa sendiri yang menurut saya dengan begini mahasiswa dapat merasakan bagaimana aplikasi nyata yang ada dip perusahaan. Tugas wawancara karyawan yang diberikan saya merasa sangat berguna untuk mahasiswa, karena dengan begitu mahasiswa dapat langsung mengerti bagaimana tingkat kepuasaan karyawan selama bekerja di perusahaan.

    Aspek Psikomotorik :
    Dengan adanya materi yang diberikan oleh Pak Runtu mengenai bagaimana menjadi SDM yang baik, mengelola SDM sampai kepada apa saja yang harus didapat SDM selama bekerja perusahaan , apabila saya menjadi karyawan saya akan bekerja dengan baik sesuai aturan kerja yang ada, dan memperhatikan tentang apa saja kompensasi yang didapat sebelum saya bekerja. Apabila saya menjadi HRD saya akan mempekejakan karyawan dengan layak serta selalu memperhatikan apa saja yang dibutuhkan karyawan seperti kompensasi agar mereka dapat betah dan nyaman. Saya juga akan membagikan pengalaman belajar saya disini kepada teman-teman yang mungkin tidak mendapatkan pelajaran MSDM ini agar mereka dapat mengerti bagaimana mengelola didalam perusahaan dan mengelola SDM.

    BalasHapus
  89. 1.Aspek kognitif: Setelah belajar MSDM2 saya tau bahwa tidak mudah sebagai manager unuk memotivasi karyawanya karena karyawannya terdiri dari banyak latar belakang sehingga perusahaan harus berupaya untuk menyatukan visi dan misi para tenaga kerja sehingga tujuan perusahaan tercapai. Dari hasil wawancara,Saya akhirnya tahu bahwa menjadi karyawan tingkat bawah maupun tingkat atas tidaklah mudah.

    2.Aspek afektif: Dari belajar MSDM2 saya merasa bahwa dengan mempelajari MSDM dapat memberikan bekal lebih saya kedepannya, dari MSDM2 saya juga merasa bahwa ilmu MSDM merupakan salah satu bagian penting dari pembelajaran saya di fakultas bisnis Widya Mandala

    3.Aspek psikomotor : saya akan berusaha terus mengingat dan menerapkan apa yang telah saya dapatkan selama saya belajar di perguruan tinggi ini, salah satunya pelajaran bagaimana mengelola sumber daya manusia dengan baik.

    BalasHapus
  90. aspek kognitif
    pada MSDM II ini, saya belajar bagaimana manage/mengatur sumber daya dalam perusahaan terutama manusia. selain itu saya juga belajar menyelesaikan masalah apabila terjadi konflik dalam SDM di perusahaan.

    aspek afektif
    pada MSDM II ini, saya merasa banyak sekali pembelajaran yang saya terima. baik dari pengetahuan hingga berinteraksi/bertukar pikiran dengan teman-teman se-MSDM II lewat diskusi yang ada di blog pak Runtu.

    aspek psikomotor
    dengan adanya perkuliahan MSDM II ini, saya mampu mempraktekkan apa yang telah di ajarkan pada organisasi maupun pekerjaan yang saya lakukan sehingga teori yang telah diajarkan akan menjadi relevan di kehidupan organisasi/pekerjaan.

    BalasHapus
  91. aspek kognitif :
    saya menjadi tahu bahwa untuk mengelola sdm tidaklah mudah apa lagi perusahaan yang besar. banyak sekali kendala kendala yang dihadapi oleh perusahaan tersebut. sehingga saya tahu bagaimana cara mengelola sdm yang baik, tidak hanya perusahaan besar saja melainkan perusahaan yang kecil juga.

    aspek afektif :
    saya merasa banyak teori yang saya dapat, sehingga bila saya mempunyai perusahaan bisa saya terapkan.

    aspek psikomotor :
    saya akan mengingat ilmu ilmu yang saya trima selama perguruan tinggi ini. dan saya sebisa mungkin menerapkan teori tersebut kedalam dunia praktek.

    BalasHapus
  92. Refleksi msdm II
    akbar tanjung kls D
    (3103011298)

    Aspek kognitif :
    Selama satu semester belajar msdm 2 saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana mengelolah sumberdaya manusia Yang belum perna saya dapatkan sebelumnya diantara yaitu bagaimana mengelolah retensi karyawan, k3 dan lain-lain.

    Aspek afektif :
    Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    Aspek psikomotorik:
    Dari pengetahuan mengenai MSDM2 yang telah saya dapatkan,ke depannya saya akan menerapkannya melalui IPTEK apabila bekerja dalam dunia nyata.

    BalasHapus
  93. Valentina Feby
    3103011174 / D

    Aspek Kognitif :
    - Banyak ilmu yang saya dapatkan dari MSDM II ini dan MSDM II ini mengajarkan banyak hal yang nantinya akan berguna ke depannya. Saya menjadi mengerti cara mengelola SDM dengan baik.


    Aspek Afektif :
    -Saya dapat lebih memahami dan mengerti apa saja yang terjadi , masalah-masalah apa saja yang terjadi dalam suatu perusahaan. Dengan belajar MSDM II ini dapat menjadi bekal bagi saya pada saat bekerja nantinya.

    Aspek Psikomotorik :
    -Setelah saya belajar MSDM II ini, saya berharap dapat menerapkan pada perusahaan yang akan saya bangun kelak.agar para karyawan saya tidak mengalami kendala atau masalah yang rumit dan membuat mereka nyaman bekerja diperusahaan saya.

    BalasHapus
  94. Aspek kognitif :
    Setelah mengikuti kuliah MSDM II saya menjadi paham mengenai MSDM dalam suatu perusahaan seperti mengelola keberagaman, adanya serikat kerja, kendala – kendala yang dihadapi oleh suatu perusahaan dan bagaimana solusi untuk menghadapinya, juga tentang cara – cara mengelola MSDM yang baik. Juga dengan adanya tugas wawancara yang diberikan, saya menjadi tahu seperti apa yang dihadapi oleh karyawan yang tidak mempunyai bawahan dan karyawan yang mempunyai bawahan.

    Aspek Afektif :
    Saya merasa senang telah mengikuti kuliah MSDM ini, karena pelajaran yang saya dapat berguna untuk di dunia kerja nanti. Dan juga saat perkuliahan, mau tidak mau tiap mahasiswa harus aktif untuk menjawab, saya senang sekali dengan pembelajaran yang seperti itu.

    Aspek Psikomotorik :
    Perkuliahan MSDM ini akan menjadi bekal saya untuk diimplikasikan dalam dunia kerja terutama tentang pengelolaan MSDM

    BalasHapus
  95. aspek kognitif:
    -saya mengetahui bagaimana cara mengelolah keragamana dan menghitung kinerja di tiap-tiap individu
    -saya tahu bahwa para buruh membutuhkan serikat pekerja agar para karyawan tetap dilindungi hak2nya
    aspek afektif:
    -saya rasa bahwa dalam mengelolah sumber daya dengan baik itu tidaklah mudah
    -saya merasa senang karena dalam mata kuliah msdm ini dapat bertukar pikiran dan berdiskusi dengan teman lainnya
    aspek Psikomotorik:
    -saya akan mengingat bahwa sdm adalah aset yang penting bagi para perusahaan
    -saya akan mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada yang dialami perusahaan dengan cara mengevaluasi stiap kinerja karyawan.

    Linda Puspita Sari/3103011023/A

    BalasHapus
  96. Aspek Kognitif :
    MSDM II ini membut saya mengerti seberpa besar peranan SDM dalam perusahaan, dan bagaimana cara- cara perusahaan membuat SDM mereka bertahan. Selain itu saya jadi lebih mengetahui komponen apa saja yang ada dalam perusahaan.
    Aspek Afektif :
    Keuntungan setelah mengikuti materi MSDM II yang dapat dirasakan adalah saya merasa banyak mendapat keuntungan dari mata kuliah ini, Dan saya jadi lebih paham tentang SDM.

    Aspek Psikomotorik :
    Jika saya menjadi karyawan nanti saya akan memberikan dan menghasilkan hal yang terbaik bagi organisasi atau perusahaan agar perusahaan dapat lebih berkembang. Dan jika saya menjadi pemimpin perusahaan saya akan berusaha untuk adil tehadap SDM saya dan memikirkan secara matang strategi untuk perusahaan dan keputusan untuk masa depan perusahaan.

    BalasHapus
  97. Andre Chrisyudha Prayogo (3103011102) - Kelas C

    Aspek Kognitif

    Setelah mengikuti kuliah 2 semester dari MSDM 1 dan MSDM 2, saya menjadi paham sebagian besar pembahasan dari msdm, seperti halnya cara menyeleksi & mewawancara karyawan dengan benar, memposisikan karyawan, mencegah terjadinya perselisihan, pelecehan, serta cara-cara untuk audit sdm dan apa saja peran Manajer SDM untuk sebuah perusahaan.

    Aspek Afektif

    Setelah mengikuti MSDM I yang diajarkan oleh Bu Marliana & MSDM II oleh Bpk. Julius Runtu saya menjadi mengetahui banyak hal tentang msdm di sebuah perusahaan, karena kedua dosen yang mengajar saya tersebut selalu memberikan contoh-contoh yang konkrit dalam dunia perusahaan yang sebenarnya sehingga kami mendapatkan pengetahuan yang tidak bisa kami dapatkan dalam membaca buku yang berisikan hanya teori-teori saja. Selain itu terutama dalam MSDM II kami diberikan tugas wawancara karyawan, dari situ saya sendiri menjadi sedikit dapat melihat apa saja kira-kira yang diinginkan oleh para karyawan saat ini.

    Aspek Psikomotor

    Kelak andai saya diberi kesempatan untuk memimpin sebuah organisasi saya akan mencoba untuk menerapkan teori-teori yang saya dapatkan dalam mata kuliah MSDM ini, dan saya akan mencoba untuk membuat semua karyawan yang ada dalam organisasi yang saya pimpin tersebut menjadi lebih sejahtera.

    BalasHapus
  98. Aspek kognitif
    Selama belajar msdm 2 saya menjadi mengerti apa yang di inginkan para sdm dalam bekerja dan kita jadi mengerti apa yang dapat memotivasi sdm

    Aspek afektif
    Saya merasa dengan blog yang di buat pak runtu ini membantu saya dalam belajar msdm dan membantu menjelaskan sehingga kita lebih mudah untuk mempelajarinya

    Aspek psikomotorik
    Setelah memelajari msdm ini saya akan menerapkan nya dalam pekerjaan nanti karena saya sudah mengetahui apa yang di inginkan para sdm.

    BalasHapus
  99. Kathryn halim 3103011167 / D

    Aspek kognitif
    Selama saya mengikuti pelajaran msdm 2 saya lebih mengerti bagaimana cara kita memperlakukan karyawan kita dan bagaimana cara memuaskan mereka dan mempertahankan
    Mereka.

    Aspek afektif
    Setelah mengikuti mata kulia msdm 2 ini saya mendapatkan banyak hal yang sebelumnya saya tidak ketahui. Pak Runtu selalu memberikan contoh2 yang berkaitan dengan pelajaran dan saya dapat mengerti. Semoga apa yang saya dapatkan saat ini akan berguna kelak.

    Aspek psikomotorik
    Saya akan berusaha untuk menerapkan semua yang telah saya pelajari di msdm 2 ini dengan sebaik mungkin.


    BalasHapus
  100. Hendry 3103011031 Kelas C
    Aspek Kognitif : dalam perkuliahan MSDM 2 ini saya bisa memahami banyak hal dalam menjalankan, mengatur, dan merencanakan suatu tanggung jawab yang besar di dalam sebuah perusahaan yang nantinya akan saya jalani.

    Aspek Afektif : selama perkuliahan MSDM 2 dosen memberikan pelajaran yang cukup membuat saya merasa bahwa sebagai karyawan di sebuah perusahaan itu tidak mudah, karena harus menjalankan tanggung jawab yang besar, dan menerima gaji yang pas-pasan. tetapi selepas dari semua itu saya dapat mengerti bahwa menjadi seorang karyawan butuh semua pelajaran penting yang di ajarkan selama perkuliahan MSDM untuk memacu diri sendiri untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi.

    Aspek Psikomotorik : selama perkuliahan MSDM 2 ini banyak pengetahuan yang saya dapatkan dan akan berguna untuk membangun jati diri dalam bekerja di sebuah perusahaan ataupun usaha yang akan dibuat sendiri.

    BalasHapus
  101. aspek kognitif : saya mendapat banyak ilmu mengenai SDM ataupun cara menangani sebuah SDM dalam sebuah perusahaan dan mengelola para SDM agar menjadi kualitas yang baik. banyak yang dapat dilakukan oleh para SDM, tidak hanya mengatur SDM yang ada, tetapi juga hal lain yg tidak bersangkutan dengan SDM.

    aspek afektif : menurut saya, saya merasa bahwa saya dapat membayangkan bagaimana ketika saya bekerja dan dapat mengelola para SDM tersebut. dan saya dapat merasakan bagaimana susah dan senang menjadi seorang atasan maupun dari seorang karyawan dalam perusahaan tersebut. saya dapat berpikir jika saya bekerja saya harus dapat menjadi SDM yang baik sehingga perusahaan jg akan baik

    aspek psikomotorik : saya akan menerapkan ilmu yang saya dapatkan dikemudian hari ketika saya bekerja

    BalasHapus
  102. Aspek Kognitif : Selama mengikuti perkuliahan MSDM2 ini saya mendapat banyak sekali ilmu tentang mengatur, dan merencanakan suatu tanggung jawab yang besar di dalam sebuah perusahaan yang nantinya akan saya jalani / tempati.

    Aspek Afektif : Saya merasa seolah-olah di tempatkan dalam suatu organisasi selama kuliah MSDM2 karena Bapak Julius Runtu selalu memberi contoh-contoh yang konkrit dengan hal-hal yang sedang tren dalam dunia MSDM

    Aspek Pskomotorik : Saya akan menerapkan dan tidak akan melupakan apa yang telah di ajarkan oleh Bapak Julius Runtu, karena apa yang di ajarkan beliau sangat berguna bagi saya dalam menghadapi dunia kerja yang akan saya geluti 2 tahun mendatang

    BalasHapus
  103. Agnes Hadi resita 3103011044

    Aspek Kognitif :
    Mempelajari Manajemen Sumber Daya Manusi membuat saya lebih mengerti apa saja didalamnya. Mulai dari bagaimana kita mengambil keputusan untuk perusahaan atau organisasi , untuk menyeleksi dan mewawancara para calon – calon karyawan dengan cara yang tepat sehingga hasilnya dapat membawa dampak yang positif bagi perusahaan. Lewat MSDM I maupun MSDM II saya lebih sedikit memahami cara mengatasi beragam individu dengan karakteristik yang berbeda – beda.

    Aspek Afektif :
    Selama saya berada di perkuliahan MSDM saya diajak untuk semakin aktif tidak hanya diberikan materii melainkan diberi kesempatan untuk membuat ilustrasi yang membuat saya lebih senang dan dapat mempelajariny dengan lebih mudah. Dan apa yang saya terima selama perkuliahan ini berlangsung saya rasa sangat bermaanfaat untuk kepentingan saya dalam melangkah ke dunia kerja nantinya.

    Aspek Psikomotorik :
    Tidak sedikit materi yang saya terima untuk MSDM I dan MSDM II saya sangat berharap untuk bias mengaplikasikan teori – teori yang telah saya pelajari ke dalam dunia kerja yang nantinya dapat membantu saya untuk berkembang di perusahaan tersebut dan dapat membantu mengembangkan perusahaan.

    BalasHapus
  104. aspek kognitif: selama mengikuti perkuliahan ini saya menjadi tahu bahwa MSDM itu sangat diperlukan dalam perusahaan untuk manajemen sdm perusahaan dimana untuk mengatur, mengawasi, perekrutan, dan mengayomi karyawan, karena tanpa karyawan pun perusahaan tidak akan jalan dengan baik.

    aspek afektif: saya merasa bahwa dalam kuliah msdm ini saya mempunyai pandangan bagaimana ketika nanti kita seandainya bekerja sebagai HRD, bagaimana cara mengatasi karyawan, perekrutan karyawan baru, serta pelatihan dan pemotivasian karyawan.

    aspek psikomotorik: saya akan berusaha menerapkan ilmu yang saya pelajari hingga saat ini ketika seandainya saya bekerja di bagian MSDM maupun tidak, hal ini bisa saya pakai sebagai referensi ke depannya.

    BalasHapus
  105. Aspek kognitif: selama mengikuti mata kuliah msdm 2 saya menjadi tahu bagaimana cara mengelola SDM yang baik dan benar agar dapat membantu mengembangkan perusahaan.

    Aspek afektif: saya merasa kuliah msdm 2 ini menarik karena saya tahu bagaimana susahnya mengelola SDM dengan baik karena manusia hanya bisa diukur melalui kualitas bukan kuantitas.

    Aspek psikomotorik: saya akan menerapkan apa yang sudah saya pelajari di msdm 2 saat saya sudah bekerja nanti.

    BalasHapus
  106. Candra Harahap Suwarno Kelas C
    3103011193
    Aspek Kognitif:
    Selama perkuliahan MSDM 2 ini saya mendapatkan banyak pengetahuan mengenai kebutuhan SDM dalam sebuah perusahaan sehingga kita sebagai calon manajemen tidak hanya mengembangkan perusahaan namun juga harus dapat memperhatikan, memberdayakan, dan mengembangkan menjadi karyawan yang terdapat didalamnya menjadi karyawan yang berkompeten.

    Aspek Afektif:
    Dalam Perkuliahan MSDM 2 ini saya mempunyai banyangan mengenai pekerjaan seorang HRD dalam perusahaan yang harus berhubungan secara langsung dengan keryawan untuk menyelesaikan permasalahan dalam perusahaan.

    Aspek Psikomotorik:
    Saya akan mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang saya dapat pada perkuliahan ini ketika nanti saya berada perusahaan dan menjadikan pelajaran yang saya dapat ini menjadi referensi dalam hidup saya.

    BalasHapus
  107. ERMA SUSANTI KELAS C
    3103011054
    Aspek kognitif
    Selama perkuliahan MSDM 2 ini saya mendapatkan banyak pengetahuan mengenai pentingnya SDM dalam perusahaan. karena di dalam SDM mempelajari bagaimana bisa mengelola,memberdayakan orang dalam perusahaan tersebut.

    Aspek Afektif.
    dalam perkuliahan MSDM 2 ini saya mengerti pekerjaan HRD bukan hanya harus bisa mengatur,mengelola dan memberdayakan SDM tapi juga harus bisa menyelesaikan masalah yang ada pada perusahaan dan berkontribusi kepada perusahaan.

    Aspek psikomotorik.
    saya akan menerapkan ilmu yang sudah saya peroleh di perkuliahan ketika saya nanti di perusahaan agar apa yang saya pelajari tidak sia sia dan bisa di praktekan bukan hanay sebagai teori.

    BalasHapus
  108. Martinus Dwicahya Kelas C
    3103011164
    Aspek Kognitif : Bahwa pengetahuan dan pembelajaran yang telah saya dapatkan pada mata kuliah MSDM II ini telah membuka pemahaman-pemahaman baru pada aspek SDM secara lebih luas, baik dengan materi yang diberikan, tugas, persoalan-persoalan konkret yang kerap dihadapi oleh perusahaan dan begitu juga dengan cara bagaimana menghadapinya yang tentu sangat membantu dalam mendalami setiap materi yang diberikan.
    Aspek Afektif : Berbekal dari materi yang telah diajarkan, secara garis besar kita dapat mengetahui bagaimana sebuah SDM itu bekerja dan menjalankan fungsinya bagi perusahaan. Sebuah SDM yang berkaitan erat dengan manusia tentu memiliki perlakuan yang berbeda apabila dibandingkan dengan sumber tenaga lain, karena manusia memiliki aspek tertentu yang harus digali demi mencapai kemampuan yang maksimal.
    Aspek Psikomotorik: SDM perusahaan merupakan aspek yang sangat penting dalam perusahaan, karena bagaimana perusahaan tersebut jatuh ataupun berkembang sangat berhubungan dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh manusia. Dengan demikian manusia merupakan investasi terbesar yang harus dilakukan perusahaan demi menjaga perusahaan agar tetap berkelanjutan.

    BalasHapus
  109. Hendra Lomanto A
    3103011013


    Aspek Kognitif:
    Setelah saya mempelajari matakuliah MSDM II ini, memberi saya wawasan dan pengetahuan yang lebih mengenai masalah-masalah SDM yang terjadi didalam sebuah perusahaan serta bagaimana cara untuk mengatasi atau mengantisipasi msalah-masalah yang terjadi dalam perusahaan,pelajar tersebut sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara yang benar mengatasi masalah tersebut.
    Aspek Afektif:
    Sangatlah tidak mudah dalam mengelola SDM, dengan adanya matakuliah MSDM ini membantu saya untuk menambah pengetahuan dengan memberikan masukan terkait dengan SDM
    Aspek Psikomotorik:
    Dengan mempelajari MSDM ini, saya berharap akan bisa menerapkan ilmu ini dan bisa mempraktekannya sehingga dapat berguna ketika saya mengalami masalah dengan pengelolahan SDM, serta dengan pelajaran ini membantu saya memahami komponen atau isi dari SDM yang terdapat disebuah perusahaan dengan baik, dari apa yang sudah saya pelajari selama satu semester ini pada matakuliah MSDM II ini.

    BalasHapus
  110. Aspek kognitif : selama 1 semester ini saya semakin paham bagaiamana mengelola SDM dalam sebuah perusahaan apalagi pemaparan yang begitu jelas dan detail pada setiap matreri membuat saya semakin mudah mnegerti

    Aspek Afektif : saya merasa bahwa cara pembelajaran pak runtu sudah tepat, apalagi tidak hanya berkutat di kelas saja, tapi bagaimana kami boleh wawancara secara langsung juga menjadi suatu pengalaman tersendiri

    Aspek Psikomotrik : 1 hal yang akan menjadi acuan saya adalah bahwa mengelola SDM sangat berbeda dengan mengelola aspek2 lainnya dan kita harus bijak mengahadapi hal tsb

    BalasHapus
  111. adrian tanusetiadjie kelas C
    3103011097

    aspek kognitif : setelah mengikuti perkuliahan ini saya menjadi paham bahwa sumber daya manusia didalam suatu organisasi mempunyai banyak permasalahan, tidak hanya masalah gaji / upah melulu.

    aspek afektif : dengan mengetahui hal tersebut saya akan mengaplikasikan ilmu MSDM tersebut kedalam kehidupan saya baik dalam pekerjaan saya kelak maupun dalam interaksi sosial sehari - hari.

    aspek psikomotorik : saya akan berusaha memahami masalah - masalah SDM dalam kehidupan sehari - hari seperti bagaimana memperlakukan pembantu rumah tangga, bagaimana menghargai pekerjaan orang - orang di sekitar saya, dst.

    BalasHapus
  112. - Aspek Kognitif:
    setelah belajar MSDM II dan MSDM I saya mengetahui ternyata perusahaan memiliki beragam masalah yang perlu di selesaikan dan perusahaan harus bisa menyelesaikannya sehingga kinerja perusahaan ini berjalan dengan efektif dan efisien

    - Aspek Afektif:
    saya merasa pengetahuan saya bertambah dengan adanya mata kuliah ini, karena perkuliahan MSDM ini saya jadikan bekal nanti ketika saya berada dalam dunia kerja

    - Aspek Psikomotorik :
    saya akan menerapkan semua pelajaran MSDM II dan MSDM I saat saya masuk dalam perusahaan agar saya dapat bekerja dengan baik

    BalasHapus
  113. Aspek kognitif
    a. Saya mengetahui ternyata kebanyakan karyawan tingkat pertama(paling dasar) tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan karena faktor pendidikan rendah
    b. Perusahaan menuntut karyawannya untuk mempunyai kemampuan di bidang teknologi.
    c. Sikap atasan dan rekan kerja mempengaruhi kenyamanan karyawan.
    d. Lapangan kerja yang minim membuat karyawan bertahan dalam perusahaan.
    e. Saya mengetahui bahwa didalam perusahaan bisa terdapat serikat pekerja yang tidak menguntungkan bagi pihak perusahaan
    f. Saya mengetahui bahwa didalam pekerjaan ada rolling kerja yang bertujuan supaya karyawan tidak jenuh.
    g. Saya mengetahui bahwa didalam perusahaan juga terdapat keragaman karyawan atau tidak.

    Aspek Afektif
    a. Saya merasa walaupun menjadi karyawan tingkat pertama tidak mudah dilakukan dan tetap mempunyai tanggung jawab yang besar.
    b. Saya sangat bersimpati terhadap karyawan yang memiliki pendidikan rendah karena ia tidak dapat memilih pekerjaan yang disukai dan memiliki oeluang kecil untuk mendapatkan pekerjaan.
    c. Saya merasa keahlian yang lebih sangat diperlukan dalam mencari pekerjaan.
    d. Saya merasa bahwa kemauan karyawan tidak tercapai maka sikaryawan membentuk ataubergabung dalam serikat pekerja.
    e. Saya sangat senang bisa berkeja dengan orang-orang yang tidak satu budaya dengan kita.

    Aspek Psikomotorik
    a. Saya ingin menciptakan usaha sendiri untuk mengurangi pengangguran.
    b. Saya akan belakar giat untuk meraih pendidikan yang setinggi-tingginya agar tidak diremehkan orang lain karena ternyata orang lain kebanyakan menilai dan menghargai kita dari pendidikan kita.
    c. Sata akan memperbanyak keahlian saya agar saya lebih mudah mendapatkan pekerjaan.
    d. Apabila saya menjadi pemimpin saya akan berusaha untuk memberikaan kebijakan sebijak-bijaknya mengenai apa yang menjadi keinginan karyawan. Sehingga bisa mengurangi tingkat terbentuknya serikat pekerja.
    e. Saya sebagai pemimpin tidak akan memilih-milih karyawan atau bertindak diskriminatif dalam pemilihan atau perekrutan karywawan.

    BalasHapus
  114. Nathania Susanto 3103011133 Kelas C

    1. Aspek Kognitif :
    - Saya akhirnya tahu bahwa seorang karyawan tidak hanya memerlukan kompensasi dalam hal tunjangan, tetapi juga karyawan juga butuh pujian ketika mereka melakukan kinerja mereka dengan baik
    - Saya tahu bahwa karyawan butuh jaminan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja

    2. Aspek Afektif
    - Saya merasa pemahaman akan mata kuliah MSDM I dan II sangat penting kedepannya jika diterapkan di dunia kerja

    3. Aspek Psikomotorik
    Saya akan menggunakan dan memanfaatkan serta menerapkan apa yang telah saya dapat dan pahami di mata kuliah MSDM I dan II nanti pada saat bekerja agar akhirnya berguna bagi perusahaan

    BalasHapus
  115. Aspek kognitif
    Setelah mengikuti pelajaran msdm 2 ini saya merasa bahwa perusahaan mempunyai banyak sekali masalah yang harus diselesaikan agar perusahaan dapat berjalan baik dan efisian , serta dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan tersebut .
    Aspek afektif
    Setelah mengikuti mata kuliah ini saya merasa cukup mampu untuk menerapkan ilmu yang ada di dalam mata kuliah ini ketika berada di dalam dunia kerja nantinya, tentu saja ini menjadi bekal yang positif apabila saya berada di dalam dunia kerja yang sesungguhnya
    Aspek psikomotorik
    saya ingin sekali menerapkan ilmu -ilmu yang ada di dalam mata kuliah ini agar dapt memasuki dunia kerja dengan baik dan siap selain itu saya merasa positif apabila saya bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari pekerjaan saya dimana ilmu yang saya terapkan berasal dari pelajaran ini .

    Maxell . Sanjaya (3103011006) A

    BalasHapus
  116. Aspek Kognitif
    Saya akhirnya menyadari bahwa keberagaman tidak selamanya menjadi sebuah kekurangan namun bisa menjadi salah satu kekuatan di dalam sebuah tim bila kita saling menghargai.
    Saya akhirnya tahu bahwa di dalam suatu organisasi khususnya dalam SDM terdapat banyak pokok bahasan yang bila kita mengetahui maka akan menjadi salah satu kekuatan dalam perusahaan.

    Aspek Afektif
    Saya merasa bahwa mempelajari MSDM ini sangatlah penting dan pastinya akan dipakai setelah lulus dari kuliah
    Saya merasa bahwa bila kita lebih mengerti tentang MSDM maka akan lebih mudah dalam memasuki sebuah pasar dan usaha

    Aspek Psikomotorik
    Saya akan menerapkan pembelajaran MSDM ini di tempat saya bekerja
    Saya akan terus mengingat bahwa di dalam perusahaan MSDM merupakan aspek terpenting tercapainya keberhasilan usaha

    BalasHapus