SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Minggu, 03 Maret 2013

Kriteria Seleksi (Bahan Diskusi tanggal 7 Maret 2013)

Bahan Bacaan: Werbel, James D & Danny J. Johnson. 2001. The Use of Person-Group Fit for Employment Selection: A missing link in person-environment fit. Human Resource Management, Fall: 40, 3.

Dalam proses seleksi calon pelamar, departemen SDM diharapkan dapat mengidentifikasi apakah calon pelamar itu fit (sesuai) dengan pekerjaannya (Person-Job  fit) dan apakah fit dengan organisasi (Person-Organization  Fit). Werbel & Johnson (2001) bahkan menambahkan pentingnya kesesuaian pelamar dengan tim atau kelompok (Person-Groups Fit). Menurut Saudara, mengapa si penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon dengan kelompok atau tim ? Seandainya Saudara yang bertanggung jawab untuk melakukan seleksi, lalu Saudara berhadapan dengan para pelamar yang hanya salah satunya yang fit, kesesuaian (fit) yang mana yang akan Saudara terima? (Person-Job Fit, atau Person-Organization Fit, atau Person-Group Fit?)
Selamat Berdiskusi

72 komentar:

  1. Agung Wijaya_3103011078

    menurut saya penyeleksi harus mempertimbangkan person-groups fit guna agar calon pelamar bisa bekerja dalam tim. karena kita sbg manusia pasti tidak bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri tanpa bantuan orang lain. jika saya harus memilih saya memilih group karena berawal dari grup lah person-job fit dan organisasi fit bisa bermuncul. kalau dengan grup cocok secara otomatis akan membangun person-job fit dan juga secara tidak langsung bisa memajukan person-organization. maka dari itu person-grup fit sangat penting. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adrian, kelas C
      Saya setuju dengan pendapat saudara Agung. Saya akan menerima orang yang person-group fit, karena didalam organisasi memiliki lebih banyak orang daripada didalam grup sehingga pasti ada ketidakcocokan antar anggota meskipun itu terlihat maupun tidak terlihat. Kemudian ketidakcocokan itu akan menimbulkan hilangnya motivasi anggota tersebut dan produktivitasnya akan menurun. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat grup-grup yang dapat bekerja sama didalam organisasi. Sehingga hal ini membuat person-group fit sangat penting dalam menyeleksi orang baru.

      Hapus
    2. Edwin_kls C
      Menurut saya penyeleksi harus harus mempertimbangkan kesusaina pelamar alangkah baiknya jika memiliki semua fit dibandingan hanya satu cuma jika saya di suruh memilih maka yang saya pilih adalah person-organization fit,alasanya karena seorang calon karyawan yang dicari harus tinggi,karena untuk mencapai tingkat kesesuaian yang tinggi antara person dan organisasi melalui perekrutan dan sosialisasi dianggap sebagai kunci mendapatkan pekerja yang berkomitmen pada organisasi dan fleksibel sebagaimana sebuah organisasi dihadapkan pada peningkatan kualitas dan perubahan atau pengalihan struktur pekerjaan dan hanya organisasi yang memperkerjakan karyawan yang dapat mengikuti perubahan dalam organisasilah yang mendapatkan keunggulan.

      Hapus
    3. Novia_ kelas C : saya setuju dengan pendapat saudara agung, seperti yang diketahui manusia membutuhkan bantuan orang lain baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. dengan memilih person-groups fit maka kita sebagai pelamar dapat bekerja sama dalam 1 tim dan person-groups fit menurut saya sangat penting agar permasalahan yang terjadi dalam perusahaan bukan hanya tanggung jawab individu tetapi juga tanggung jawab grup itu sendiri, sehingga hasil yang didapat sesuai dengan kemauan kita. dan didalam organisasi pun kita membutuhkan tim yang kuat agar pekerjaan yang kita kerjakan dapat berjalan sesuai rencana.

      Hapus
    4. saya setuju dengan pendapat saudara agung

      karena memang dalam perusahaan menurut saya yang terpenting adalah bagaimana seseorang dapat fit kedalam organisasinya, karena meskipun se ahli apapun orang tersebut dalam bidangnya namun apabila dia tidak cocok dengan organisasinya maka kinerja orang tersebut juga akan menurun

      Andre CP (3103011102) Kelas C

      Hapus
    5. erik sanjaya_kelas C :
      saya setuju dengan pendapat saudara agung menurut saya bahwa seseorang yang hendak memasuki suatu lingkup kerja sebaiknya orang itu dapat cocok dengan organisasi terlebih dahulu sebab bila orang itu dapat cocok dgn organisasinya maka orang tersebut akan bisa menonjolkan diri.

      Hapus
    6. Veronica 3103011091 kelas C

      saya sangat setuju dengan pendapat saudara Agung, karena sebagai manusia pasti kita tidak bisa mengandalkan kekuatan dan kinerja dari diri sendiri tanpa bantuan orang lain, dalam hidup sehari-hari pun juga seperti itu, tanpa ada campur tangan orang lain kita tidak bisa hidup sendiri dalam mengambil sebuah keputusan maupun cara bertindak.

      bila memilih saya lebih setuju group, karena berawal dari grouplah person job fit dan organisasi fit bisa muncul.

      kalau dengan group sudah cocok dengan cara kinerja kita secara otomatis juga akan membangun person job fit dan juga secara tidak langsung bisa memajukan person organisasi.

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat saudara agung, karena memang seorang pelamar harus dapat beradaptasi dengan cepat dengan group dimana mereka di tempatkan, teman-teman satu grup juga dapat menjadi faktor keberhasilan rekrutan baru tersebut

      Hapus
  2. Agustinus _KLS A

    menurut saya lebi penting memlilih person group fit karena kita gk mukin bekerja sendiri didalam perusahaan jdi mending memilih orang yang bisa bekerja dalam group karena dengan dapat bekerja sama dengan orang lain maka pekerjaan yang diberikan perusahaan dpat berjalan dengan baik dan memuaskan hasilnya

    BalasHapus
  3. Saya setuju dengan pendapat saudara agustinus karena memang pada dasarnya lebih baik memilih orang yang dapat bekerja didalam tim atau kelompok di bandingkan orang yang bekerja secara individual, karena bekerja dalam tim akan lebih muda karena permasalahan diselesaikan dengan banyak cara dan ide yang berbeda-beda daripada hanya dilakukan oleh satu orang

    BalasHapus
  4. theo fondy kelas A

    menurut saya lebih penting memilih person organization fit. sebelum kita bekerja kita harus mengetahui benar visi dan misi perusahaan itu apa. kita harus menyamakan visi dengan perusahaan agar dapat bekerja dengan baik.jika visi kita sudah menyatu maka otomatis kita akan menyesuaikan diri dengan tim atau kelompok yang ada di perusahaan itu.yang terpenting dalam tim itu adalah kekompakan dan memiliki visi kedepan yang sama.jika semua itu sudah dilakukan maka kita akan berkembang dan maju bersama tempat perusahaan kita bekerja dan secara otomatis akan mengangkat karir kita di perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Richard_C
      saya sependapat dengan saudara Theo Fondy dengan memilih person organization fit. Karena sebelum kita bekerja kita harus mengetahui visi dan misi perusahaan tersebut apa agar kita tidak hanya asal memasukan pelamar ke dalam perusahaan itu tanpa melihat apakah organisasi kita cocok dengan pelamar pekerja tersebut.

      Hapus
    2. Agnes 3103011044 _kelas C
      Saya juga setuju dengan pendapat saudara Theo, Menurut saya mencocokan visi misi dan tujuan perusahaan dengan seseorang yang akan direkrut itu sangatlah penting karena kita harus bisa menemukan seseorang yang memang memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan. Jadi perusahaan dengan pekerjanya bisa bekerja sama dengan baik.
      Dan jika seseorang memiliki person organization fit akan lebih bisa mempertahankan apa yang baik pula untuk perusahaan di mana dia bekerja.

      Hapus
    3. kelas c 3103011181

      saya setuju pendapat theo karena sesuai dengan visi dan misi perusahaan saat akan mereekrut karyawan baru, dengan kesesuain itu perusahaan mengharapkan karyawan tersebut bisa BEKERJA DENGAN BAIK DAN TEKUN

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat sodara Theo karena dengan adanya visi dan misi, perusahaan akan Lebih mudah merekrut atau mendapatkan karyawan yang sesuai dengan perusahaan agar mereka dapat lebih baik dalam bekerja.

      Inggrid Lauw C

      Hapus
  5. Menurut saya,si penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon dengan kelompok atau tim supaya calon dapat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan yang baru.
    Jika saya memilih, saya akan memilih person-organization fit. Karena jika calon pelamar sesuai dengan organisasi perusahaan, maka pekerjaannya pun akan sesuai(person-job fit). Selain itu juga calon pelamar akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan kantor yang sama2 memiliki visi dan misi yg sama juga, sehingga calon pelamar pun dapat bekerjasama dlm kelompok dengan baik.

    BalasHapus
  6. Adrian Hartono 3103008096

    Bila disuruh memilih salah satu,saya lebih memilih person-job fit.
    Kalau calon pelamar itu sudah tidak sesuai dengan pekerjaanya,dia tidak akan maksimal dalam menjalankan tugasnya karena skill / ketrampilan yang dipunyai calon pelamar dan yang dibutuhkan dalam pekerjaannya sudah berbeda.Dan bila dia bekerja dalam tim atau organisasi dia juga pasti akan menghambat tugas / pekerjaan dari tim itu.

    Dalam hal ini JobSpec dan JobDesc ditekankan kembali.

    BalasHapus
  7. keren sumbala 3103011191

    saya memilih Person-Groups Fit karena seseorang tidak dapat bekerja sendiri,maka dari itu perlu adanya sosialisasi dengan tim atau kelompok.

    BalasHapus
  8. frans jumbo hermawan 3103011072

    menurut saya si penyeleksi perlu mempertimbangkan calon pelamar yang fit, karena bila si calon pelamar tidak fit maka pekerjaan yang akan nanti di berikan tidak akan semaksimal yang di rencanakan.
    bila saya bertanggung jawab dan berhadapan dengan si calon pelamar saya akan menerima yang Person-Groups Fit, karena dengan person group fit dapat memberikan dampak yamg baik terhadap si pelamar tersebut karena si pelamar dapat bersosialisasi dengan tim yang lain.

    BalasHapus
  9. saya seleksi person organization fit agar mempertimbangi karakteristik karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan, Kesesuaian antara individu perusahaan perlu diperhitungkan, agar perusahaan mendapatkan karyawan yang loyal serta memiliki fit yang kuat terhadap perusahaan.jadi Tanggung jawabnya seberapa besar karyawan maupun da\dlm organisasi utk melaksanakan pekerjaannya.
    sucahyo/3103011291

    BalasHapus
  10. ivan kr - 3103010112 - msdm 1  


    menurut saya agar si pelamar bisa fleksibel dipekerjaannya apakah diberkeja sendiri atau dapat berkerja secara tim.  

    saya cenderung memilih Person Organization Fit karena metode seleksi yang   mempertimbangkan karakteristik karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Metode seleksi ini juga berusaha memperhitungkan dan menganalisis kecocokan antara sifat-sifat individu dengan karakteristik perusahaan, agar diperoleh karyawan yang memiliki loyalitas yang tinggi dan komitmen yang kuat terhadap perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat ivan. saya juga cenderung memilih person organization fit. kecocokan karyawan dengan organisasi akan membuat karyawan loyal terhadap perusahaan dan jika loyal terhadap perusahaan, karyawan akan berkontribusi dengan baik pula.

      Hapus
  11. anton aris.s 3103011175
    saya cenderung memilih Person Organization Fit,kare memilih karyawan itu penuh dengan pertimbangan,selain di lihat dari fisik para pelamar harus sesua dengan bidangnya,mengenali pekerjaanya dengan baik. kalau secara kelompok mereka akan saling mengantungkan satu sama lain,dan akan cenderung menimbulkan perdebatan,bukan berarti secara kelompok tidak baik,semua orang memang membutuhkan sebuah teman atau kelompok.

    BalasHapus
  12. Joseph Vincent Budi P. 3103010191 / kelas A - MSDM 1..

    Terima kasih atas pertanyaan yg sdh di berikan oleh Pak Julius Runtu..

    saya cenderung lebih memilih person Jobs fit karena kita sebelum memasukkan karyawan baru itu ke sebuah organisasi di dalam perusahaan. kita(Tim penyeleksi) lebih dahulu mengetahui apakah si karyawan sesuai dengan pekerjaan nya, apakah dia merasa nyaman di jobs yg diberikan perusahaan kepadanya.. kalau si karyawan baru itu sudah sesuai dan merasa nyaman dengan pekerjaan nya, dia akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan nya. dan cepat atau lambat dia akan merasa nyaman juga dengan organisasi atau lingkungan perusahaan dimana dia bekerja. agar nantinya tidak ada rasa benci,rasa egois, rasa tidak suka diantara dia dan karyawan lainnya dan yang ada hanyalah saling membantu,saling support antara dia dan karyawan lainnya dalam membantu perusahaan menjadi perusahaan lebih baik dalam karyawan nya dan jg kinerja perusahaan yg memuaskan bagi pemegang saham,jajaran direksi,karyawan nya termasuk dia. perusahaan bisa berjalan dengan baik berkat karyawan di dalam nya yg merasa nyaman dengan pekerjaannya dan juga organisasi didalamnya dan bisa membuat pihak luar merasa nyaman karena bisa bekerja sama dengan perusahaan yg dimana karyawan nya merasa nyaman di pekerjaan nya tersebut dan juga bisa merasa nyaman di organisasi yg ada di perusahaan dimana dia bekerja.. otomatis perusahaan senang, pihak luar akan senang dan karyawan beserta dia jg senang dengan hasil tujuan yg berjalan dengan sukses.

    BalasHapus
  13. indranesia/3103007315

    saya memilih person-job fit karena suatu perusahaan membutuhkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan dalam hal job,skill,ability dan dan knowledge dalam pekerjaan yang akan di berikan perusahaan.sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan tersebut

    BalasHapus
  14. saya lebih memilih person organization fit dikarenakan dengan itu maka akan lebih sesuai kriteria yang diinginkan oleh perusahaan dengan calon tenaga kerja yang akan bekerja di perusahaan tersebut.karena banyak sekali hal hal yangharus dipertimbangkan dalam menyeleksi tenaga kerja yang baru agar juga dapat memberikan keuntungan yang maksimum untuk perusahaan dan memberikan keuntungan yang maksimum untuk perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan revani, saya memilih person organization fit karena saya harus mempertimbagkan apa saja yang diinginkan oleh perusahaan dalam mengelola SDM yang ada agar sesuai dengan visi dan misi yang ingin diwujudkan oleh perusahaan. sehingga perusahaan dapat lebih memaksimumkan segala yang ada dalam perusahaan tersebut dan memiliki karyawan yang sesuai bagi kinerja perusahaan.

      Hapus
    2. says setuju dengan pendapat amelia, karena dalam memilih karyawan yang baik harus dimulai dengan penyeleksian dari awal hingga akhirnya menemukan mana yang terbaik, mampu dan cocok untuk bekerja guna perkembangan perusahaan tersebut.

      Hapus
  15. saya lebih memilih person-organization fit, karena Metode Person-Organization Fit memperhitungkan semua faktor-faktor yang diperlukan untuk menyesuaikan antara calon karyawan dengan perusahaan. Sistem seleksi ini memberikan informasi nyata bagi calon karyawan mengenai lingkungan kerja yang akan mereka hadapi, sehingga mereka dapat menentukan dan memutuskan apakah mereka menerima pekerjaan yang ditawarkan, atau menolaknya. dengan demikian karyawan tersebut dapat lebih loyal dan dapat berkontribusi dengan maksimal bagi perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudari catherine karena jika kita menyeleksi pelamar di suatu perusahaan maka yang akan di lihat seberapa bisakah pelamar bekerja sama dengan partner kerjanya agar mencapai tujuan utama perusahaan.

      Hapus
  16. stefen tan - 3103011153
    munurut saya sebagai penyeleksi, saya akan lebih mempertimbangkan aspek person-groups fit, karena jika semua anggota dalam sebuah kelompok memiliki kesesuaian antar anggota kelompok, kita dapat menciptakan sebuah kondisi yang nyaman untuk berdiskusi membahas permasalahan-permasalahan yang ada, dan menciptakan hal-hal yang baru yang berguna untuk sebuah organisasi, yang akan lebih mudah jika di pikirkan bersama daripada pelamar yang hanya sesuai dengan pekerjaan nya tapi tidak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan kelompok, yang hanya akan mengakibatkan stress dalam bekerja dan akhirnya tidak bisa fokus dalam pekerjaan di organisasi.

    BalasHapus
  17. Sisca Laurensia
    Kelas A
    3103011017

    Menurut saya jika saya menjadi penyeleksi, saya akan lebih mengutamakan aspek Person-Job Fit, karena jika calon pelamar tersebut dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan dapat mengerti tentang apa yg ia kerjakan maka calon pelamar tersebut akan dapat bekerja sama dengan baik dengan tim nya dan dapat pula memahami tim atau kelompoknya.
    Si penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon pelamar dengan kelompok atau tim karena dengan begitu tidak akan terjadi kesalahan dan permasalahan nantinya pada saat calon pelamar bekerja dengan tim atau kelompoknya.
    Jika dihadapkan dengan salah satu pelamar yg fit, saya akan menerima yg person-job fit.

    BalasHapus
  18. penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon dengan kelompok atau tim supaya calon dapat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan yang baru.dan kita sbg manusia pasti tidak bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itusaya memilih person-job fit karena suatu perusahaan membutuhkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan dalam hal job,skill,ability dan dan knowledge dalam pekerjaan yang akan di berikan perusahaan.

    BalasHapus
  19. Menurut saya, dalam penyeleksian calon karyawan memang diperlukan untuk menyesuaikan para calon karyawan dengan PO fit (Person organization), PJ fit (Person Job), PG fit (Person Group) dan juga harus disesuakian juga dengan kebutuhan posisi oleh perusahaan itu sendiri butuhkan. Karena dampak dari penyesuaian itu adalah keloyalitasan karyawan itu sendiri, kinerja karyawan itu sendiri, dan produktivitas perusahaan itu juga. Jika saya sebagai penyeleksi dan harus berhadapan dengan calon karyawan yang hanya fit di salah satu kesesuaian fit, saya akan lebih memilih calon karyawan yang POF atau Person Organization Fit. Karena menurut saya, jika visi dari perusahaan itu sendiri sudah kuat, dan bisa menetapkan standart – standart yang kompeten untuk para karyawannya, dan karyawan yang diseleksi itu sesuai dengan visi organisasi, maka menurut saya secara tidak di sadari cara staf – staf, manajer, supervisor dalam menjalankan job description akan secara otomatis terbentuk oleh karena budaya visi yang kuat dari organisasi itu. Lalu menurut saya, di sinilah tantangan para karyawan, karena dalam sebuah organisasi dan tim kerja, perbedaan pendapat cara pandang dan pola pikir itu sudah biasa terjadi. Dan menurut saya dari sinilah calon karyawan harusnya terbentuk untuk menjadi karyawan yang semakin optimis dalam mengedepankan idenya, dapat menerima ide dan keputusan orang lain, serta bersaing secara sehat untuk berusaha mempromosikan diri ke posisi yang lebih tinggi, sehingga karyawan dapat all out dalam pekerjaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat alan, karena seorang pegawai bekerja pasti akan berada pada suatu organisasi, bila dia sudah cocok dengan orang-orang organisasi tersebut, biasanya pegawai itupun akan cocok dengan tim yang dibentuk, dengan kondisi seperti itu maka pekejaan yang dijalankan akan lebih memotivasi seseorang dan juga akan memaksimalkan hasil pada pekerjaan itu. terima kasih

      Hapus
  20. menurut saya penyesuaian itu penting karena dapat menunjang sistem yang akan dijalankan kedepan,kita harus menentukan SDM dengan kemampuan yang dimiliki,tidak mungkin jika seorang SDM berpengalaman sebagai supervisior kita tempatkan dibagian administrasi.Jika saya yang bertanggung jawab menjadi seseorang yang menetukan job fit maka saya akan melakukan test,misalnya posisi sopir forklip saya tidak akan memakai seseorang yang latar belakangnya sebagai sopir pribadi karena job itu tidak sesuai walaupun sama-sama bisa menyetir.

    BalasHapus
  21. Menurut saya kita lebih baik memilih person job fit dalam menyeleksi pelemar kerja karena dengan begitu si pelamar dapat memilih sendiri Posisi yang sesuai dengan kemampuannya sehingga dapat bekerja dengan maksimal tanpa ada paksaan. Ishak h 3103011234

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat yang diberikan oleh saudara ishak yaitu memilih metode person job fit karena pelamar haruslah sesuai dengan pekerjaan agar dapat bekerja dengan baik.

      Hapus
  22. Sunita M 3103011228
    Saya lebih memilih person job fit dalam menyeleksi para pelamar,sehingga dengan begitu para pelamar tidak merasa tertekan dalam memilih posisinya sesuai dengan kemampuannya,karena dengan begitu dia dapat bekerja maksimal dan Enjoy terhadap posisi yang di pilihnya.

    BalasHapus
  23. Menurut saya lebih memilih orang yang person-group fit, karena di suatu perusahaan itu biasanya lebih cenderung untuk bekerja dalam pihak-pihak yang lain yang ada di dalam perusahaan tersebut dan itu membutuhkan orang yang dapat bekerja secara baik dengan groupnya.

    BalasHapus
  24. Brian Hendrawan 3103009205

    Saya memilih Person Job fit.
    Karena departemen SDM pada awalnya pasti akan mencari orang yang mempunyai kemampuan / skill yang cocok dengan pekerjaan yang akan diisi calon pelamar.
    Kemampuan bekerja dalam grup dan organisasi memang sangat diperlukan,tapi menurut saya akan lebih penting lagi bila pekerjaan diisi oleh orang yang sesuai dalam bidangnya.

    BalasHapus
  25. saya akan memilih person job fit karena yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah peran seseorang dalam perusahaan tersebut. terima kasih

    BalasHapus
  26. Hendry / kelas C

    Menurut saya penyeleksi harus bisa mempertimbangkan kesesuaian pelamar alangkah baiknya jika memiliki semua fit dibandingan hanya satu, jika saya harus suruh memilih maka yang saya pilih adalah person-organization fit,alasanya karena seorang calon karyawan yang dicari harus berkemampuan yang tinggi,karena untuk mencapai tingkat kesesuaian yang tinggi antara person dan organisasi melalui perekrutan dan sosialisasi dianggap sebagai kunci mendapatkan pekerja yang berkomitmen pada organisasi dan fleksibel sebagaimana sebuah organisasi dihadapkan pada peningkatan kualitas dan perubahan atau pengalihan struktur pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuhju dengan pendapaty hendry karena setiap individu yang telah lulus seleksi emiliki kemmapuan khusu yang lain daripada pelamar yang lain. oleh sebab itu dengan kemmapuan mereka yang khusus maka mereka harusnya memiliki dedikasi yang tinggi terhadap diri pribadi, kelompok, maupun perusahaan. maka dari situ setiap individu mampu untuk belajar bekerjsama dalam menjalankan tugas baik individu, kelompok maupun mencapai target perusahaan.

      Hapus
  27. Kalau di haruskan memilih salah satu, saya lebih memilih Person-Organization Fit, dikarenakan dengan orang yang sudah cocok dalam organisasi, akan lebih enak dalam bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin menaggapi pendapat saudara, lebih enak dalam bekerja sendiri/organisasi/kelompok ?

      Terima Kasih.

      Hapus
  28. Menurut Pendapat saya, si penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon dengan kelompok atau tim karena jika tidak sesuai maka kinerja yang dihasilkan tidak maksimal karena tidak cocok dengan kelompok/ timnya.

    Seandainya Saya yang bertanggung jawab untuk melakukan seleksi, Saya memilih Person-Organization Fit. Karena jika pekerja bisa bekerja baik untuk organisasinya, maka ia pasti akan bekerja baik untuk pekerjaannya sendiri maupun dalam kelompok.

    Terima Kaasih.

    BalasHapus
  29. marcel (3103012113)

    menurut saya lebih baik yang Person-Organization Fit
    kenapa? karena jika seseorang sudah sesuai dan sejalan dengan perusahaan yang ia pilih, maka kesesuaian terhadap tugas maupun kerja sama dalam timnya pun dapat dengan sendirinya berkembang.

    bahkan dari segi psikologisnya jika dipikir2 kan jika kita sudah 1 visi dan 1 arah dengan tujuan perusahaan, maka kita pasti akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan, dan segala tindakan kita bertujuan untuk kemajuan bersama (pribadi dan perusahaan)..

    PERTAMAX abis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan saudara Simon, dimana jika pelamar sesuai dengan visi perusahaan makan pelamar tersebut dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan dimana ia bekerja.

      Hapus
  30. saya lebih memilih person Jobs fit karena pertama kali kita menyeleksi karyawan seharusnya kita melihat apakah karyawan itu dapat menguntungkan perusahaan atau mungkin karyawan itu hanya ingin memliki batu loncatan karir di perusahaan saja.

    BalasHapus
  31. jika saya yg menyeleksi saya lebih memilih person job fit, mengapa demikian?
    karena pertama kali perusahaan menyeleksi calon pegawai selalu dilihat dari kemampuan yang calon pegawai itu miliki. apabila kemampuan pribadi yang dimiliki itu sudah melebihi dari cukup maka itu bisa dijadikan modal untuk bekerja dalam kelompok, karena bekerja dalam kelompok tidak hanya mengamdalkan kekompakan semata namun juga masing - masing orang dalam suatu kelompok tersebut harus memiliki kemampuan atau skill yang cukup.
    terima kasih.

    BalasHapus
  32. Si penyeleksi harus mempertimbangkan karena sebuah organisasi mencari orang" yang sesuai dengan tujuan organisasi tersebut. Jika tidak sesuai maka organisasi tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar karena ada karyawan yang tidak sejalan dengan tujuan organisasi tersebut.

    Kalau saya menjadi penyeleksi,saya akan memilih Person Organization Fit karena sebagai penyeleksi kita harus bertanya kepada yang melamar apakah ia setuju dengan tujuan organisasi atau tidak?
    Jika yang melamar setuju dengan tujuan organisasi maka pelamar diharapkan mampu melakukan tugas individu yang diberikan dan pelamar harus mampu bekerja dalam tim karena dalam organisasi banyak sekali tugas-tugas yang harus dikerjakan dengan tim.

    BalasHapus
  33. Kalau disuruh memilih diantara 3 pilihan tersebut, saya lebih memilih yang person job fit.
    Karena jika kemampuan orang tersebut cocok dengan pekerjaannya, ia akan bekerja dengan sungguh-sungguh dan pasti merasa enjoy seperti bermain di dunianya sendiri.
    Dengan begitu sebuah organisasi memiliki kualitas yang baik dalam bidang yang ditanganinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Yoga Yanuar berpendapat bahwa utamanya adalah seseorang enjoy dengan pekerjaannya. Pertanyaan saya disini jika suatu organisasi dan kelompok-kelompok kerja disekitarnya membuat orang itu tidak nyaman, bagaimana menurut Anda seseorang itu bersikap untuk berusaha tetap enjoy pekerjaannya di organisasi itu?
      Terima kasih

      Hapus
  34. Joseph Julianto 3103012216
    Menurut saya, bilamana saya menjadi penyeleksi saya akan memilih person-group fit
    Selain pekerja sesuai dengan bidangnya ia harus bsa bekerja dengan tim agar dpt menghasilkan hasil yang maksimal dan terjalin komunikasi yg baik antar karyawan sehingga tidak terjadi mis komunikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara Joseph karena dalam perusahaan atau organisasi pasti ada waktu dimana suatu pekerjaan harus diselesaikan secara tim. Untuk menyelesaikan secara tim memanglah tidak mudah, dibutuhkan komunikasi yang baik agar menghasilkan yang baik pula.

      Hapus
  35. Thomas 3103012130
    Menurut saya lebih baik menggunakan person job fit
    Karena pelamar harus sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan dan bekerja secara kelompok tidak hanya dari kekompakan saja namun tiap masing-masing orang harus memiliki skill yang cukup bagus

    BalasHapus
  36. Menurut saya ketiganya sangat tepat. Apabila disuruh memilih saya lebih memilih Person Organization Fit. Karena Perusahaan pasti membutuhkan pelamar yang berkriteria sesuai dgn tujuan apa yang diinginkan oleh suatu perusahaan salah satu kriteria yg dibutuhkan oleh perusahaan yaitu; karyawan harus berkemampuan yang tinggi, mampu bekerja dalam suatu tim tidak hanya berkerja sendiri juga, mempunyai banyak pengalaman dan lain-lain. Apabila pelamar sudah memenuhi kriteria tersebut, maka visi dan misi di suatu perusahaan akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu sebagai penyeleksi harus benar-benar diperhatikan dalam menyeleksi calon pelamar. Terimakasih

    BalasHapus
  37. Mossa Juwana 3103012121
    Menurut saya yang paling baik menggunakan Person-Organization Fit karena bila perusahaan sudah cocok denngan pelamar yang ada.Maka saya rasa mereka dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan,karena perusahaan tentu akan mengambil pelamar yang berkualitas dan cocok di bidangnya,maka saya rasa pelamar tersebut tidak akan memiliki masalah baik secara individu maupun tim apabila perusahaan sudah cocok dengan pelamar tersebut.

    BalasHapus
  38. menurut saya , jika saya menjadi si penyeleksi yang bertanggung jawab , saya akan lebih mengutamakan person groups fit dari pada person job fit dan person organization fit. hal itu terjadi karena saya berpikir bahwa apabila sesorang / calon pelamar mampu / sesuai dalam satu bidang , belum tentu dia bisa cocok dalam suatu pekerjaan yang mengharuskan dia berkelompok. kebanyakan dalam suatu pekerjaan dibutuhkan adanya hubungan antar sesama pegawai yang berkerja sama dengan baik dan nantinya diharapkan dapat membangun kerja tim yang membuat perusahaan semakin maju.

    BalasHapus
  39. karena dalam sebuah tim / kelompok pasti mempunyai suatu misi dan visi maupun tujuan , sehingga dalam merekrut si calon pelamar kesesuaian tersebut harus sejalan / sesuai dengan kebutuhan sehingga tujuan akhir tim / kelompok dapat dilaksanakan.

    BalasHapus
  40. Saya memilih person groups fit karena tidak mungkin seseorang dapat bekerja sendiri maka perlu adanya sosialisasi dengan tim / kelompok karena juga berawal dari group lah person job fit dan organisasi fit bisa muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini saya tidak sependapat dengan alasan saudara Febrian yg mengatakan bahwa "berawal dari group lah person job fit dan organisasi fit bisa muncul". berarti disini menurut saya bahwa saudara menganggap suatu organisasi lebih fokus dengan calon karyawannya yg mengutamakan kekompakan antartim dibandingkan bila organisasi itu fokus dengan calon karyawan yg mengutamakan jenis pekerjaan dan organisasi itu sendiri. menurut saya, kekompakan seseorang dengan tim itu berbeda-beda disetiap tempat. jika dulunya orang tersebut bisa kompak dengan tim kerjanya sebelumnya di tempat lain, belum tentu orang itu bisa tetap kompak dengan tim yg ada di organisasi yg sekarang dan organisasi tidaklah mengetahui sejauh mana seseorang bisa kompak dengan tim kerjanya nanti. menurut saya, utamanya adalah organisasi itu mencari orang-orang yg bisa sejalan dengan tujuan,visi-misi karyawan atau orang-orang yg memang enjoy dengan pekerjaan yg diberikan si organisasi tersebut.

      terima kasih

      Hapus
  41. Devi Christiani / 3103012177
    Sebelum melakukan proses seleksi tenaga kerja hendaknya setiap organisasi atau perusahaan mempertimbangkan dan menetapkan suatu standar kriteria. Menurut saya dalam mempertimbangkan kriteria seleksi saya lebih memilih aspek Person-Organization Fit, dimana bertujuan untuk mendapatkan tenaga kerja yang lebih berkualitas dan mampu bekerja secara tim untuk mengembangkan perusahaan serta memiliki kualifikasi yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

    BalasHapus
  42. andrew (3103012032)
    Menurut saya, jika seorang pelamar pekerjaan ingin mendapatkan suatu posisi tertentu maka si penyeleksi harus terlebih dahulu meninjau dan menganalisis apakah si pelamar tersebut sudah sesuai belum dengan segala yang ada diperusahaan termasuk kecocokanya dengan organisasi, dengan pekerjaan itu sendiri, dengan group yang ada diperusahaan. Karena jika dari awal si pelamar sama sekali tidak memiliki personal fit yang ada, maka dapat dikatakan si pelamar tak cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika saya sebagai penyeleksi para pelamar disuatu perusahaan, dan saya hanya menemui 1 kesesuian saja, maka yang saya akan pilih adalah pelamar yang memiliki personal job- fit, mengapa? Karena menurut saya setiap orang jika memiliki kecocokan terhadap apa yang dia pekerjakan, maka dia akan dapat memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Jika dari awal iya tidak memiliki kecocokan terhadap pekerjaanya, maka iya pun tidak akan bisa cocok dengan tim atau pun organisasinya. Jika kita pikirkan secara logika bagaimana bisa seseorang yang tidak memiliki kecocokan terhadap apa yang dikerjakanya, ia akan cocok dengan rekan / group kerjanya? bagaimana bisa juga dia cocok dengan organisasi dimana ia bekerja?. Tetapi jika pelamar tersebut memiliki kecocokan yang bagus terhadap pekerjaanya, misalnya seperti semangat dalam melakukan pekerjaan itu, keahlian dalam pekerjaan itu , jiwa dan hasratnya pun pada bidang itu, maka secara otomatis semuanya akan berjalan dengan baik. Sehingga ketika pelamar tersebut telah memiliki personal job fit , maka ia pun akan lebih mudah untuk bisa cocok dan bekerja sama dengan group yang ada diperusahaan karena ia telah menguasai bidangnya dan hanya tinggal menyesuaikan dengan sesama rekan kerjanya. Dan jika sudah seperti itu maka secara otomatispun dia akan bekerja dengan baik , dan memiliki person job -organization karena secara otomatis akan dapat sejalan dengan tujuan organisasi yang ingin dicapai.

    BalasHapus
  43. Sishilia Nova 3103012046
    Jika saya ditugaskan untuk menyeleksi para pelamar, saya akan memilih pelamar yang fit dengan pekerjaannya (Person-Job fit). Karena menurut saya, calon pekerja yang cenderung fit dengan pekerjaannya, karena ia sudah ahli dan terlatih dalam pekerjaan tersebut. Jika memang ia sudah "mencintai" pekerjaannya maka bagaimanapun ia akan mengusahakan yang terbaik untuk perusahaannya. Dengan karakter sedimikian rupa maka akan dengan mudah terbentuk sebuah atmosfer kerja secara individu maupun tim yang kompak dan profesional sesuai dengan tujuan perusahaan.

    BalasHapus
  44. Seandainya saya yang bertanggung jawab untuk melakukan seleksi, saya akan memilih (Person-Job fit), karena dalam suatu perusahaan membutuhkan pekerja(karyawan)yang benar-benar mampu untuk menjalankan tujuan dari perusahaan. mampu menyelesakan tugas dan tanggung jawab yang di brikan oleh perusahaan. tidak ragu lagi jika saya akan memilih orang dengan kemampuan seperti itu.

    saya agak keberatan dengan adanya(Person-Groups Fit), karena saya kwatir akan adanya free-ryder dalam kelompok. mungkin saja dia bisa saja lulus dalam tahap seleksi, dan seteleh itu orang(free ryder) tersebut di tugaskan masuk kedalam suatu kelompok dan selama bekerja orang tersebut telah mengetahui kemampuan(skill)dari teman-temannya di dalam group sehingga orang(free-ryder) tersebut akan sangat bergantung pada kelompok.

    BalasHapus
  45. Saya akan memilih person job fit
    jika saya yang melakukan seleksi, saya akan menyeleksi kemampuan individu masing" . karena dalam perusahaan, kemampuan individu yang menjadi penopang utama kelayakan pelamar untuk dapat bekerja di suatu perusahaan,
    contoh kecil jika dalam perusahaan ada masalah, saya yakin individu yang dicari adalah individu yang mempunyai kemampuan baik skill ataupun pemikiran yang luas untuk menyelesaikan masalah itu dan bukan individu yang mempunyai kemampuan standar

    BalasHapus
  46. menurut saya, alasan si penyeleksi harus mempertimbangkan kesesuaian calon dengan kelompok atau tim adalah karena seseorang yg bekerja tidak sendirian, tapi ada orang lain disekitarnya sehingga si penyeleksi mau tidak mau harus juga turut mempertimbangkannya. jika disuruh memilih, saya pilih seseorang dengan kesesuaian fit dengan organisasi (Person-Organization Fit). alasannya adalah jika sudah fit dengan suatu organisasi beserta tujuan-tujuan dan visi misi organisasi, maka menurut saya otomatis seseorang bisa fit dengan pekerjaannya dan juga fit dengan tim/kelompoknya. alasannya yg lain adalah jika si calon karyawan di sudah nyaman di suatu organisasi, maka si calon karyawan akan betah kerja dan mungkin mengabdi lama di organisasi itu. disini saya menganggap fit dengan organisasi lah yg paling utama.

    BalasHapus
  47. Saya lebih cenderung untuk memilih Person Group Fit, karena sehebat-hebatnya karyawan yang kita miliki jika ia di tuntut untuk bekerja sendiri tidak memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang optimal, jika ingin menyelesaikan pekerjaan secara optimal lebih efisien di kerjaan dengan cara berkelompok. Sebelum karyawan di masukkan kedalam suatu organisasi, karyawan tersebut minimal pernah melakukan kerjasama dengan karyawan yang lain untuk mencapai visi dan misi dari organisasi tersebut, karena menurut saya tanpa adanya interaksi dari karyawan dengan karyawan yang lain untuk mencapai visi dan misi dalam suatu organisasi sangatlah sulit. mereka saling mengandalkan kekuatan sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan, hal tersebut mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian.

    BalasHapus
  48. Saya memilih person group fit karena dlm sebuah perusahaan kita pst bekerja dlm sebuah kelompok bukan individu, dan pekerjaan yg di lakukan secra bersama akan lbh cpt sehingga di perlukan komunikasi yg baik dgn sesama

    BalasHapus
  49. menurut saya yang akan saya pilih adalah person group fit, karena setiap perusahaan memerlukan adanya kerja sama team bila perusahaan memiliki tim yang handal maka akan sangat mudah untuk perusahaan berkembang daripa pegawai ny individu, dengan adanya tim dapat meringankan juga pekerjaan atau tugas dari anggota tim tersebut.

    BalasHapus