SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 09 Agustus 2014

Memahami Organisasi (Bahan Diskusi tanggal 14 Agustus 2014)




1.      Latar Belakang
Setiap orang pasti pernah/sedang/akan terlibat dalam suatu organisasi. Oleh karena itu maka studi terhadap organisasi dapat bermanfaat bagi setiap orang untuk dapat berperan dan memperoleh manfaat dari hidup berorganisasi. Meskipun demikian, studi tentang organisasi tidaklah mudah karena tidak sekedar membahas suatu sistem baku melainkan studi ini menjadi unik dan sulit karena berhubungan dengan manusia yang terlibat dalam organisasi tersebut. Kenyataan itu menambah pentingnya mempelajari organisasi.

2.      Permasalahan
Permasalahan pokok dalam artikel-artikel ini adalah bagaimana memahami organisasi itu. Permasalahan pokok tersebut oleh para penulis artikel disoroti dari sudut pandang yang berbeda-beda.  Perows (1997) menyoroti dari sudut pandang sejarah perkembangan teori yang berkenaan dengan organisasi, Sills (1997) tentang potensi dan keterbatasan pengetahuan tentang perilaku, dan  Nadler & Michael (1995) secara lebih spesifik tentang salah satu model yang dapat dipakai untuk mendiagnosa perilaku organisasional.
3.      Pembahasan
Perows (1997) mencoba menjelaskan sejarah singkat teori organisasi dengan mengemukakan dua  kekuatan besar yang berbeda dalam analisisnya tentang bidang organisasional. Salah satu kekuatan lebih melihat organisasi seperti sebuah mesin sedangkan kekuatan lain organisasi seperti hubungan manusia sehingga lebih menekankan pada individu, akomodatif, dan mengambil inspirasi dari sistem-sistem biologis.
Perows kemudian mengawali uraian  sejarah itu dengan hancurnya manajemen klasik tentang organisasi akibat berbagai perubahan yang dihadapi oleh organisasi yang semakin kompleks. Selanjutnya, hubungan manusiawi mulai dimasukkan sebagai salah satu reaksi atas birokrasi yang telah dikembangkan dalam manajemen klasik. Meskipun demikian, sistem birokrasi kembali lagi ditandai oleh munculnya  jalur pemikiran mekanistik yang antara lain diwakili oleh para programer linier, ahli anggaran, dan analis keuangan. Setelah itu, kekuasaan, konflik, dan keputusan dan kemudian teknologi ikut masuk juga dengan membawa penegasan pada teori-teori yang ada.
Sedangkan Sills (1997) berusaha untuk memberikan suatu pendahuluan ringkas tentang pengetahuan tentang perilaku terutama tentang mana yang termasuk di dalamnya serta mengapa hal lainnya justru tidak termasuk dalam pengetahuan itu. Oleh karena itu, ia membahas pokok-pokok itu mulai dari definisi istilah sampai pada aplikasinya.
Sills menuntut agar pihak-pihak yang terkait dengan penelitian tentang hubungan antara perilaku dengan ilmu pengetahuan tentang perilaku, untuk bersifat jujur dengan menganalisa atau memanfaatkan hasil penelitian itu apa adanya, lepas dari unsur subyektif yang melekat pada pihak-pihak tersebut. Dengan demikian maka potensi dan keterbatasan dari pengetahuan tentang perilaku dapat disikapi secara tepat.
Akhirnya, Nadler & Michael (1995) menawarkan model yang lebih konkrit untuk lebih memahami  perilaku organisasional. Model kongruens merupakan model yang menekankan pada keserasian pada komponen-komponen yang saling bergantung dalam suatu sistem organisasi. Bertitik tolak dari premis bahwa manajer yang baik harus bisa mendiagnosa perilaku yang ada dalam organisasi, maka model ini dapat membantu manajer untuk menjadi manajer yang baik.

4.      Tanggapan
Setelah mencermati apa yang dikemukakan oleh para penulis dalam artikel mereka maka dapat ditarik beberapa poin tentang studi organisasi.   Poin-poin itu adalah sebagai berikut:
a.       Studi tentang organisasi telah menghasilkan berbagai teori tentang bagaimana organisasi itu sebaiknya dikelola. Pendekatan birokrasi dapat lebih tepat digunakan jika pekerjaan-pekerjaan dalam organisasi tersebut telah bersifat rutin sedangkan pendekatan hubungan personal lebih tepat untuk pekerjaan non rutin.
b.      Pengetahuan tentang perilaku dapat membantu manusia dalam memahami lingkungannya termasuk interaksinya dalam hidup sosial sehingga pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan industri/ekonomi. Kesulitan/keterbatasan yang ada pada pengetahuan ini lebih disebabkan oleh peneliti, manajer dan anggota serikat buruh dalam menyikapi penelitian di bidang ini. Oleh karena itu, pengetahuan akan metodologi, dan bagaimana menafsirkan penelitian itu dengan benar dapat memberikan sumbangan positif terhadap organisasi.
c.       Salah satu metode yang dapat dipakai untuk mendiagnosa  perilaku organisasional adalah model kongruensi. Model ini memfokuskan pada karakteristik utama dari sistem yaitu adanya ketergantungan antar komponen yang membentuk sistem tersebut. Efektifitas sebagai tujuan dari sistem hanya akan tercapai jika ada kongruensi di antara komponen-komponen yang membentuknya. Oleh karena itu model ini bermanfaat bagi para manajer dalam usahanya memahami perilaku organisasional yang ada.


=o0o=

Daftar Acuan


Nadler, D. A., & Michael, T. 1995. A congruence model for diagnosing organizational behavior. in D. A. Kolb, J. Osland and Irwin M. Rubin. The Organizational Behavior Reader, Sixt Ed., London: Prentice Hall International, Inc. 562-578.
Perows, C. 1997. The sort and glorious history of organizational theory. in D. Buchanan and A. Huczynski. Organizational Behavior: Integrated Readings. London: Prentice Hall. 5-16.
Sills, P. 1997. The behavior sciences: their potential and limitations. in D. Buchanan and A. Huczynski. Organizational Behavior: Integrated Readings. London: Prentice Hall. 17-30.
            

BAHAN DISKUSI:

Berdasarkan pengamatan dan atau pengalaman Saudara, jelaskan dengan contoh:

  1. Mengapa suatu organisasi dibentuk atau didirikan.
  2. Mengapa seseorang mau bergabung dengan suatu organisasi.

Selamat berdiskusi, Saudara diminta menanggapi 2 pertanyaan utama sebelum Saudara boleh menanggapi komentar rekan lainnya.

31 komentar:

  1. 1. Sebuah organisasi didirikan adalah sebagai wadah bagi banyak orang untuk berkumpul, mengenal satu dengan yang lain, dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan. Melalui organisasi, tentunya akan ada pertemuan secara rutin sehingga anggota organisasi dapat berdiskusi tentang bagaimana cara menggenapkan tujuan organisasi tersebut. Disinilah, masing-masing anggota dapat saling mengenal satu sama lain, mengetahui karakteristik masing-masing orang, sehingga dapat saling melengkapi satu dengan yang lain.

    2. Alasannya adalah untuk menambah teman, pengalaman, dan yang terpenting adalah meningkatkan softskill. Banyak softskill yang akan didapat, misalnya adalah berbicara di depan umum, memimpin sebuah rapat, menjadi koordianator yang baik, sabar dalam menghadapi rekan yang berbeda pola pikir, dan sebagainya, Soft skill inilah yang membuat seseorang dapat menjadi pribadi yang dewasa dan matang dalam berpikir.

    BalasHapus
  2. 1. Menurut pendapat saya sebuah organisasi yang besar itu diberdirikan bagi tempat untuk mengumpulkan atau mensatukan karyawan agar tujuan yang dilakukan dalam berorganisasi mencapai hasil yang maksimal. dalam halnya juga berorganisasi contohnya: dimana semua pegawai perusahaan dikumpulkan di ruang khusus untuk mendiskusikan apa saja tujuan yang ingin dikembangkan dimasa akan datang agar tujuan perusahaan itu dapat maju. maka untuk itu saat ini seorang karyawan perusahaan harus bisa menilai karakteristik orang itu dengan bertatapan lalu kami bisa mengetahui apa saja yang dipikirkan dan juga bisa melengkapi satu sama yang lain agar tujuan yang dilakukan dapat menghasilkan yang maksimal.

    2. pendapat saya seseorang dapat bergabung dalam sebuah organisasi dengan untuk teman kerja baru di perusahaan, pengalaman yang dialami dalam bekerja di perusahaan, dan yang terakhir adalah bagaimana kita berinteraksi. maka dari itu seorang yang mempunyai skill yang baik itu dapaat dilakukan dengan kita mulai bicara dengan bahasa yang baik didepan orang, mulai menyediakan bahan-bahan yang dipresentasikan, menjadi moderator pembicara baik, bisa mengahadapi orang-orang dengan berpikir jauh dan bisa memajukan perusahaan dan hal-halnya. maka untuk itu skill itu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan juga matang dalam hal untuk meningkatkan kinerja baik dalam memajukan perusahaan ke arah yang lebih berkembang.

    BalasHapus
  3. 1. pendapat saya sebuah organisasi dibentuk karena manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain dan manusia membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi. organisasi merupakan suatu tempat untuk bekerjasama antara dua orang atau lebih, dan memiliki tujuan yang sama. melalui kerjasama dalam organisasi maka diharapkan dapat mencapai tujuan secara bersama-sama.

    2. pendapat saya seseorang mau bergabung dengan suatu organisasi karena :
    - untuk membentuk kelompok dengan orang lain,
    - tujuan organisasi sama dengan tujuan pribadi dan dengan harapan dapat mencapai tujuan tersebut secara bersama-sama,
    - mendapatkan kekuasaan atas orang lain,
    - memperoleh status yang lebih baik,
    - mendapatkan pengakuan diri dari orang lain (pengakuan atas kemampuan yang dimiliki),
    - memperoleh rasa aman.

    BalasHapus
  4. 1.Menurut saya, dalam kita berorganisasi di perusahaan setiap karyawan harus dibentuk agar dapat bersosialisasi dengan satu sama lain agar tujuan perusahaan bisa mencapai hasil yang maksimal itu si karenakan bekerja tim dan saling membantu dan tidak ada namanya di perusahaan bekerja sendiri maka itu sama di mata tuhan. Maka dari itu sebuah tim hatus bisa mengeluarkan ide-ide apa yang diperoleh dan itu sebagai wadah agar tujuan perusahaan bisa maksimal untuk itu di perlukan tim agar tujuannya bisa mendapatkan teman baik sekaligus tempat bersosialisasi agar tujuannya bisa tercapai bersama-sama.

    2. Pendapat menurut saya sesorang karyawan di perusahaan dapat bergabung dengan organisasi yang lain itu di karenakan kinerja antar ke 2 perusahaan mempunyai hasil yang maksimal dan saling menguntungkan antar 2 pihak organisasi yaitu meliputi: - m3mbentuk sebuah tim yang baik dan bisa memajukan organisasi kita dan kedua perusahaan dapat saling menguntungkan
    -komitmen pada apa saja tujuan yang dilakukan semacam strategi untuk menguntungkan organisasi untuk mencapai tujuan bersama
    - mendapatka hasil yang baik dan saling untung kedua belah pihak antar organisasi sehingga menjalin bisnis kerja dapat berjalan dengan lancar
    - merasa nyaman untuk bekerja d3ngan hasil yang maksimal dan saling teguh dengan bekerja keras atas usahanya sehingga pekerjaan perusahaan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada halangan dalam bekerja.

    BalasHapus
  5. 1) Menurut saya, suatu organisasi dibentuk karena adanya beberapa orang yang berkumpul dan ingin mengarahkan aktivitas yang mereka lakukan supaya lebih teratur, terencana, dan terlaksana. Dalam suatu perkumpulan, pastilah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Salah satu alasan didirikannya suatu organisasi adalah mengarahkan individu, aktivitas yang mereka lakukan, serta menyelesaikan konflik yang muncul dalam interaksi antarindividu tersebut demi terwujudnya harapan dan tujuan yang telah disepakati.
    2) Menurut saya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mau bergabung dalam suatu organisasi. Faktor tersebut ada yang berasal dari dalam diri individu (internal) dan ada juga faktor dari luar (eksternal). Contoh dari faktor internal misalkan keinginan dari dalam diri untuk terlibat dalam aktivitas organisasi supaya pengalamannya bertambah, semakin banyak relasi yang dibangun dengan lingkungannya, atau karena memiliki tujuan yang sama yang hendak dicapai. Faktor eksternal misalkan karena ditawari oleh orang lain untuk bergabung, melihat pengalaman orang lain, atau karena peran yang dilakukan secara otomatis membawanya dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  6. 1. Menurut saya organisasi dibentuk karena ada beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama dan ingin mencapai tujuan tersebut jadi di dalam organisasi dibentuklah peraturan - peraturan dan rencana - rencana agar semua orang dalam organisasi tersebut dapat mencapai tujuan mereka secara terorganisir.
    2. Seseorang ingin bergabung dalam suatu organisasi karena beberapa alasan :
    *Ingin mencari dan menambah pengalaman yang baru
    *Ingin memperbanyak relasi
    *Status sosial lebih meningkat
    *Ingin melatih softskill

    BalasHapus
  7. 1.organisasi didirikan dan di bentuk karena ada sekumpulan orang yang memiliki visi misi tujuan yang awal mulanya hanya gagasan kemudian di fasilitasi dalam sebuah tempat dimana orang yang terdapat didalamnya memiliki kesamaan tujuan yang dapat di wujudkan dan di aplikasikan.

    2. sesorang mau bergabung dalam organisasi untuk berbagai macam alasan salah satunya untuk dapat mengembangkan kemamouan memimpin atau leadership yang secara tidak langsung akan dapatkan pada saat berorganisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau bertanya pada saudari Eunike. Menurut saudari, bagaimana seseorang dapat mengembangkan leadershipnya apabila dia hanya menjadi seorang karyawan, bukan manajer? terima kasih.

      Hapus
  8. 1. menurut saya , suatu organisasi dibentuk / didirikan karena organisasi merupakan suatu tempat atau wadah yang tepat dimana satu atau beberapa individu yang se-paham dan se-pikiran dapat mengemukakan ide" dan pendapat" mereka karena di dalam organisasi setiap dari individu"nya pasti memiliki tujuan dan keinginan yang sama . Contohnya saja : di dalam suatu perusahaan untuk memberi wadah bagi anggota"nya (dengan tidak memandang jabatan) yang ingin mengemukakan ide" mereka untuk perusahaan , maka diperlukan organisasi untuk menampung ide" tersebut , juga organisasi dapat mempererat / meningkatkan kesatuan dan persatuan antar anggotanya apalagi bila anggota"nya terdiri dari berbagai golongan / kalangan
    2. alasan seseorang mau bergabung dengan organisasi dikarenakan suatu individu yang bergabung ke dalam organisasi dapat mengembangkan skill mereka baik secara interpersonal maupun intrapersonal , juga dapat menghargai berbagai perbedaan antar sesama anggota organisasi dan menambah pengalaman-pengalaman baru

    BalasHapus
  9. Matius Josriadi S ( Kelas B )

    1.Sebenarnya organisasi sering dijumpai di kehidupan sehari-hari dan bukan hanya dijumpai tetapi juga bagian dari organisasi tersebut sebagai contoh keluarga dan perusahaan.Dari penjelasan di atas dan buku yang saya baca dapat ditangkap alasan mengapa orang-orang melakukan atau membuat suatu organisasi.
    Organisasi adalah suatu wadah kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang sama dan juga mereka berada dalam struktur yang relatif stabil dan jelas dimana tiap-tiap organisasi memiliki peran di dalam struktur tersebut.Tiap anggota dalam organisasi memandang diri mereka sebagai bagian dari kelompok,jika tidak dilakukan demikian maka dia belum benar-benar menjadi anggota dalam organisasi tersebut.

    2.Ada beberapa alasan atau motivasi seseorang bergabung dengan organisasi antara lain :
    -Affiliation
    -Goal Achievement
    -Power
    -Status
    -Self-esteem
    -Security
    Dari 6 alasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bergabung dengan organisasi akan mendatangkan manfaat atau keuntungan bagi diri seseorang seperti pengetahuan serta kompetensi yang semakin berkembang selain itu juga efektif untuk membangun konsensus atau kesepakatan dan juga efektif untuk mengkomunikasikan informasi yang bersifat kompleks

    BalasHapus
  10. 1.menurut pendapat saya,manfaat didirikannya suatu organisasi antara lain sebagai wadah untuk seseorang dalam bertukar pikiran,berdiskusi tentang hal2 baru yang ada di sekitar kita, dan juga menjalankan tujuan-tujuan yang serupa di dalam organisasi tersebut
    2. Alasan seseorang bergabung dalam suatu organisasi adalah dalam suatu organisasi tersebut terdapat visi misi dan tujuan yang sama dengan seseorang tersebut dan juga bergabung dalam organisasi dapat menambah koneksi pertemanan menjadi lebih banyak dan luas.

    BalasHapus
  11. 1. menurut saya suatu organisasi dibentuk atau didirikan karena manusia sebagai makluk sosial ingin saling berkomunikasi,memiliki tujuan dan visi yang sama, dan berusaha mencapai tujuan tertentu yang sama sehingga lebih mudah mencapai tujuan tersebut.
    2. seseorang mau bergabung dengan suatu organisasi karena setiap orang memiliki tujuan dalam hidup, untuk mencapai tujian itu setiap orang bergabung dalam organisasi agar lebih mudah dalam mencapai tujuan yang dimiliki karena mereka merasa memiliki tujuan yang sama.

    BalasHapus
  12. 1.karna organisasi tersebut membutuhkan banyak orang untuk bertukar pikiran,atau pendapat untuk mencapai target yang ditentukan perusahaan
    2.orang mau bergabung di dalam organisasi karna orang tersebut mempunyai tujuan yang sama dan tujuan yang berbeda dalam arti kemampuan orang itu tidak dimiliki semua orang dalam organisasi tersebut

    BalasHapus
  13. 1. Menurut saya, alasan suatu organisasi didirikan adalah untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan atau badan tertentu. dengan didirkannya suatu organisasi, maka pekerjaan yang dikerjakan akan terasa lebih mudah dan hasil yang dicapai akan lebih baik dibandingkan pekerjaan individu karena dalam suatu organisasi terdapat banyak ide-ide yang berbeda sehingga akan muncul inovasi-inovasi baru dan berbagai alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah tertentu. dalam sebuah organisasi, seseorang juga dapat memenuhi keinginannya untuk saling bersosialisasi dengan lainnya.
    2. menurut saya ada 6 alasan mengapa seseorang mau bergabung dalam sebuah organisasi, yaitu ingin mencapai suatu tujuan tertentu (baik tujuan pribadi maupun organisasi tersebut), ingin memiliki kekuatan, ingin memiliki status , ingin memiliki rasa aman (dengan bergabung dalam sebuah organisasi seseorang merasa memiliki kelompok yang dapat melindunginya), ingin membentuk kelompok dengan orang lain (manusia adalah makhluk sosial yang selalu ingin bersosialisasi), dan pengakuan diri (diakui keberadaannya oleh orang lain)
    mery christabella yonggara (3103013113)

    BalasHapus
  14. 1) Menurut saya, suatu organisasi terbentuk karena adanya perkumpulan orang-orang yang ingin mengarahkan kegiatan yang mereka lakukan agar lebih teroganisir yg awal mulanya hanya gagasan yang akhirnya terbentuk suatu organisasi dimana mereka memiliki tujuan dan visi misi yang sama.

    2) Menurut saya seseorang yang mau bergabung dalam suatu organisasi mempunyai berbagai macam alasan. Salah satunya yaitu mereka ingin mengembangkan softskill mereka.
    (3103012233

    BalasHapus
  15. 1. Organisasi terbentuk krn adanya sekumpulan orang yg berusaha utk mencapai tujuan yg sama atau memiliki pemikiran & pandangan yg sama.
    2. Karena ia merasa cocok dgn tujuan organisasi, dan dengan bergabung pd sebuah organisasi ia akan dapat mencapai tujuannya dengan lebih mudah.
    Berorganisasi juga membangun softskill seseorang dalam beinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Kalau bisa sekalian ia ingin memperoleh keuntungan dari bergabungnya ia dengan organisasi tsb seperti kompensasi berupa uang, fasilitas, dll.

    BalasHapus
  16. 1) Menurut saya organisasi adalah tempat dimana banyak orang berkumpul,bersosialisasi untuk menjadi satu dalam tim dengan memiliki pemikiran,visi-misi dan tujuan yang sama untuk mencapai kesuksesan.Maka dari itu perlnya organisasi dibentuk atau didirikan
    2) Karena orang tersebut merasa nyaman,aman,saling menguntungkan,memiliki tujuan yang sama,mencari teman,cocok, dan dapat mengembangkan diri didalam organisasi tersebut (softskill)

    (3103012006)

    BalasHapus
  17. 1. Menurut sya terbentuknya organisasi karena ada nya tujuan yg sma dr beberapa org yang hendak mencapai tujuan tersebut. Sehingga membentuk organisasi.. dengan adanya organisasi.. maka tujuan yg hendak d capai akan lebih terorganisir..

    2. Alasan seseorang masuk organisasi yaitu karena memiliki minat atau keterampilan yg sesuai dengan organisasi..

    BalasHapus
  18. Menurut pendapat saya organisasi didirikan agar manusia itu dapat bekerja sama dan dapat bertukar pikiran agar dapat mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Selain itu manusia tidak dapat hidup secara individu. Melainkan manusia harus hidup secara bersama-sama.
    2.manusia ingin bergabung dalam organisasi karena manusia selalu belajar menjadi yang lebih baik dan manusia belajar itu melalu orang lain. Dengan mengikuti organisasi manusia dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari dirinya sehingga dia dapat berusaha untuk belajar mengisi kekurangannya tersebut.

    BalasHapus
  19. 1. Menurut saya, suatu organisasi dibentuk karena ada beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dari sekelompok orang tersebut yang dianggap baik dan berguna bagi masyarakat disekitarnya.

    2. Dan menurut saya, mengapa seseorang mau bergabung dengan suatu organisasi karena ada rasa kesadaran atau perasaan dalam diri orang tersebut bisa membantu dan memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.

    BalasHapus
  20. Menurut pendapat saya alasan suatu organisasi dibentuk adalah untuk membantu dan mengajak setiap individu untuk saling bersosialisasi dan dapat sebagai penuntun untuk pencapaian tujuan serta dapat memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan untuk kemajuan hidup setiap individu.

    2. Alasan seseorang ingin bergabung dengan suatu organisasi adalah ingin mendapatkan pengaaman, mendapatkan dukungan yang positif dan dapat mewujudkan tujuan bersama. (3103012241)

    BalasHapus
  21. (Grace Amelia R. - 3103013300 - Kelas B).

    Menurut Saya :
    1. Sebuah Organisasi dibentuk / didirikan karena, organisasi tersebut difungsikan sebagai tempat / sarana berkumpulnya setiap individu (bersosialisasi 1 sama lain), yang memiliki ide, pendapat, serta opininya masing-masing, namun dari berbagai ide/pendapat/opini tersebut pada akhirnya dirangkum/dimusyawarahkan bersama, agar dapat tercapai satu tujuan (visi&misi) bersama
    .
    2. Ketika seseorang memiliki kemauan untuk bergabung dalam suatu organisasi, berarti ada beberapa hal yang membuat seseorang tersebut menjadi tertarik, antara lain :
    *) Sosial. Dimana, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, maka tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang mau bergabung dalam suatu organisasi, karena ingin memperluas jaringan sosialnya tersebut dengan banyak relasi. Sehingga, satu sama lain bisa saling bertukar pikiran/pendapat, bahkan pengalaman hidup sekalipun.
    *) 1 Tujuan (visi & misi). Dimana, ketika seseorang merasa bahwa organisasi tersebut memiliki 1 tujuan yang sama dengan dirinya, maka individu tersebut akan mengeksplorasi segala ide maupun pendapatnya agar tujuan tersebut dapat tercapai.
    *) Tempat Belajar. Dimana, ketika seseorang mau bergabung dalam suatu organisasi, maka individu tersebut merasa bahwa organisasi yang hendak diikuti ini bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri, baik untuk menambah ilmu, maupun untuk memperluas wawasan.
    *) Rasa Aman. Dimana, ketika seseorang bergabung dalam suatu organisasi yang sepaham dengan dirinya, maka ketika ada "sesuatu dan lain hal" terjadi, individu tersebut akan mendapatkan pembelaan dan simpati serta empati dari anggota organisasi tersebut.
    *) Barometer Diri. Dimana, ketika seseorang hendak bergabung dalam suatu organisasi , salah satunya adalah karena individu tersebut tertantang untuk mengukur kualitas dirinya dengan yang lain, sampai pada akhirnya, individu tersebut dapat diakui oleh anggota organisasinya.

    BalasHapus
  22. 1. Menurut pendapat saya alasan sebuah organisasi di dirikan adalah sebagai tempat di mana masyarakat bisa saling bersosialisasi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, yang visi dan misinya sama dan bisa saling membantu dalam meraih tujuan bersama. 2. Alasan seseorang bergabung ke dalam sebuah organisasi adalah untuk mendapat bantuan dalam mencapai tujuannya. Dan karena merasa bahwa jika bergabung ke dalam organisasi maka akan lebih mudah mencapai tujuannya.

    BalasHapus
  23. 1. Menurut saya organisasi harus didirikan karena jika tidak didirikan maka masyarakat atau masing-masing individu tidak dapat saling berinteraksi dan tidak dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama maupun tujuan mereka masing-masing. Serta masing-masing individu dapat saling bertukar pengalaman satu sama lain sehingga dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan mereka.

    2. Menurut saya alasannya adalah untuk menemukan individu lain yang memiliki tujuan yang sama sehinnga dapat mempermudah atau membantu mereka masing-masing untuk dapat mencapai tujuan mereka masing-masing. Serta untuk mendapat pengalaman yang dialami oleh individu lainnya..

    BalasHapus
  24. 1) Dikarenakan oleh adanya pendapat-pendapat dan ide-ide yang beragam, berorganisasi merupakan salah satu cara bagi suatu kelompok yang memiliki ideologi yang sama untuk dapat berkumpul dan mengelola cara untuk mencapai tujuan mereka. Organisasi juga merupakan sarana untuk mempermudah pelaksanaan suatu tujuan, baik untuk anggota organisasi maupun yang bukan merupakan anggota organisasi, asalkan dengan tujuan yang sama.
    Misalnya go green community di Surabaya yang mengumpulkan baterai bekas, yang notabene mengandung merkuri yang dapat merusak tanah dan ekosistemnya, untuk didaur-ulang. Baik anggota maupun bukan anggota dapat mengambil peran dalam program tersebut, dengan tujuan yang sama.

    2) bergabung dengan suatu organisasi memberikan akses yang lebih bebas untuk ikut andil lebih lagi dalam pelaksanaan suatu gerakan/tujuan. Keterbatasan yang ada ketika tidak merupakan anggota suatu organisasi dapat mendorong seseorang agar merasa banyak hal yang telah ia lewatkan yang dapat ia lakukan seandainya ia termasuk dalam anggota suatu organisasi. Adanya power dalam kesatuan tujuan merupakan tujuan utama mereka yang dalam mengikuti organisasi disertai dengan niat yang serius. Saya katakan demikian sebab ada alasan-alasan lain yang dapat membuat seseorang bergabung dalam suatu organisasi, dan ada dari alasan-alasan tersebut yang tidak memakai tujuan organisasi sebagai alasan bergabung. Contohnya mengikuti organisasi sosial nirlaba hanya karena ingin ikut berjalan-jalan menemui orang-orang yang membutuhkan.

    3103012038 kelas B

    BalasHapus
  25. 1. menurut saya organisasi dibentuk karena sekumpulan orang yang mempunyai tujuan dan visi yang sama. Serta organisasi membantu sekumpulan orang tersebut dapat berinteraksi satu sama lain didasari nilai dan norma yang sesuai. Suatu organisasi juga bisa di bilang untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, pekerjaan tersebut dikerjakan oleh tim yang dapat berkerja sama dalam menyelesaikannya.

    2. Alasan seseorang ingin bergabung dengan organisasi adalah memanfaatkan pengalaman yang didapat dalam menjalani organisasi, pengalaman tersebut seperti pengalaman atas interaksi dengan organisasi bagaimana mensosialisasikan diri terhadap anggotanya, bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, mengatur sebuah tim untuk bekerjasama, mengelola, mengatur sesama anggot dari satu organisasi yang sama, dan yang terakhir menginkatkan aktivitas sosial antara anggota dalam berinteraksi.

    BalasHapus
  26. 1. Menurut pendapat saya, suatu organisasi dibentuk atau didirikan karena, adanya visi dan misi yang sama dari anggota organisasi tersebut, dan bertujuan untuk mencapainya. Dalam mencapai visi dan misi tersebut, suatu organisasi membentuk peraturan-peraturan yang berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan anggota organisasi agar organisasi tersebut dapat terpimpin dan terkendali sehingga tujuan dari organisasi dapat tercapai dengan baik.
    2. Menurut pendapat saya, seseorang mau bergabung dengan suatu organisasi karena organisasi tersebut memiliki tujuan yang sama dengan orang tersebut dan anggota lainnya. Dengan mengikuti organisasi dapat membentuk karakter dari orang tersebut serta dapat mengembangkan soft skill yang dimiliki oleh anggota organisasi.

    BalasHapus
  27. 1. Menurut pendapat saya , organisasi dibentuk yaitu untuk menjadi suatu tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, dapat bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya ( uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana prasarana, data dan sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan. Selain itu, organisasi dibentuk guna menyelesaikan permasalahan yang ada, melatih untuk bersosialisasi di depan umum, mengungkapkan dan bertukar pendapat, dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

    2. Menurut pendapat saya, karena jika seseorang telah bergabung disuatu organisasi maka orang tersebut akan menemukan hal-hal baru yang belum dia miliki seperti lingkungan baru dan pengalaman baru. Arti lingkungan baru disini adalah seseorang akan bertemu dengan teman baru dimana teman baru memiliki sifat, karakter dan pemikiran yang berbeda. Keadaan tersebut dapat digunakan untuk saling bertukar pendapat dan pikiran. Sedangkan arti pengalaman baru disini adalah seseorang dapat berinteraksi dengan karyawan -karyawan yang bemacam-macam pemikiran, sifat dan watak di organisasi tersebut, dapat melakukan presentasi di depan umum(para investor,pimpinan dan kayawan lainnya)

    BalasHapus
  28. 1. Menurut saya suatu organisasi itu didirikan, karena organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

    2. Ada beberapa alasan untuk bergabung dengan organisasi. Pada beberapa profesi, ini adalah persyaratan untuk lisensi. Organisasi menawarkan keuntungan kepada anggotanya, sehingga lebih mudah untuk melakukan pekerjaan mereka dan memecahkan masalah-masalah umum untuk anggota. Yang paling penting, bergabung dengan organisasi profesional langsung rekan Anda dengan orang-orang yang paling serius dalam industri dan menambah kredibilitas Anda sebagai seorang profesional. Keanggotaan dalam organisasi profesional bukan suatu kemewahan, itu dihormati dan cukup penting untuk dianggap sebagai pajak yang sah write-off.

    BalasHapus
  29. 1. Menurut saya mengapa sebuah organisasi itu didirikan karena adanya sifat dasar dari manusia yaitu memiliki pikiran dan manusia itu adalah makhluk sosial. Sehingga organisasi itu beridiri karena adanya pandangan, visi, misi, yang sama agar organisasi yang didirikan itu memperoleh tujuan sesuai visi dan misi tersebut yang berguna untuk orang banyak atau sesama..
    2. Alasan alasan orang-orang untuk masuk ke dalam sebuah organisasi yaitu:
    a. Menambah relasi antar sesama dan menambah pengalaman
    b. Melatih softskill pribadi orang-orang tersebut
    c. Adanya persamaan visi dan misi serta tujuan organisasi tersebut
    d. Mewujudkan tujuan organisasi
    e. Ingin meningkatkan kinerja organisasi itu sendiri agar menjadi lebih baik

    BalasHapus
  30. 1. Karena organisasi adalah sebuah bentuk dari kumpulan orang-orang ataupun kumpulan sumber daya yang ingin berkembang dan mencapai suatu target tertentu yang lebih baik lagi dan mencapai suatu impian yang ingin diraih.

    2. Karena seseorang tersebut mempunyai banyak alasan untuk berkembang dalam organisasi seperti ingin meningkatkan penghasilan ataupun menghidupi keluarganya dan untuk mengembangkan berbagai kemampuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    BalasHapus