SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Sabtu, 16 November 2013

Akuntansi, Analisis Keuangan, dan Pendanaan Bisnis (Bahan Diskusi XI Pengantar Bisnis)

Tujuan bab 15  dan 16  ini adalah menjelaskan:

  1. Proses pelaporan keuangan seperti apa yang dapat digunakan
  2. Bagaimana memastikan bahwa laporan keuangan itu sudah akurat
  3. Bagaimana memanfaatkan informasi dari laporan keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis
  4. Bagaimana menilai kondisi keuangan suatu bisnis
  5. Tipe debt financing apa yang dapat digunakan untuk memperoleh pendanaan bisnis
  6. Tipe equty financing apa yang dapat digunakan untuk memperoleh pendanaan bisnis
  7. Apakah harus menerbitkan sekuritas untuk memperoleh pendanaan bisnis
  8. Apakah harus menggunakan leasing untuk mendanai pengadaan fasilitas dalam bisnis
  9. Komposisi debt dan equty seperti apa yang dapat digunakan untuk pendanaan suatu bisnis
  10. Tindakan-tindakan apa saja yang bisa dilakukan jika gagal dalam membayar hutang



Bahan Diskusi:


Setelah membaca materi tersebut, apa yang menarik atau sebaliknya masih membingungkan pada pembahasan tersebut. Selamat  Berdiskusi ……

121 komentar:

  1. Menurut saya dari pembahasan di atas yang paling menarik adalah pembahasan mengenai pelaporan keungan dan menggunakan laporan keuangan untuk dapat membangun bisnis ke depannya, karena dengan pengelolaan yang betul dalam bidang keuangan makan perusahaan bisnis dapat berkembang sedangkan jika suatu perusahaan mempunyai sistem keuangan yang kurang maksimal maka perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dennis michel thie.
      Saya setuju dengan pendapatmu bahwa sistem keuangan diperusahaan sangat besar peranannya. Dengan adanya laporan keuangan, maka kita dapat mengetahui kinerja perusahaan dan kondisi keuangannya. Dan laporan keuangan digunakan oleh manager untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis. Perusahaan dapat mendeteksi kekurangan yang perlu diperbaiki dan dapat mengetahui strategi apa yang sebaiknya digunakan.

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat kalian.Laporan keuangan memang dpaat digunakan untuk membaca kinerja perusahaan.Dari laporan keuangan kita dapat mengevaluasi kinerja perusahaan,sehingga perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya agar lebih baik

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat saudari. Karena laporan keuangan sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis atau perusahaan. Apabila, suatu perusahaan tidak memiliki laporan keuangan maka perusahaan tersebut tidak akan bisa memantau laporan keuangan. Laporan keuangan sangat membantu perusahaan dalam mendeteksi kekurangan pada keuangan tersebut. Dan dapat memperbaiki hasil kinerja yang lebih baik lagi.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat teman-teman. Karena laporan keuangan dapat digunakan baik di perusahaan maupun dalam suatu bisnis. perusahaan untuk Laporan keuangan memiliki manfaat yang besar bagi suatu mendeteksi suatu kinerja perusahaan atau bisnis. Laporan keuangan juga dapat mengevaluasi kinerja suatu perusahaan lewat sistem atau peranan keuangan.

      Hapus
    5. saya setuju dengan pendapat dennis michel thie. Ketika perusahaan bisnis telah membuat laporan keuangan, tentu perusahaan tersebut akan melakukan evaluasi kemudian mengambil keputusan.Perusahaan akan bertahan lama dan berkembang dengan baik jika pengambilan keputusan tersebut dilakukan dengan tepat sehingga ke depannya perusahaan tidak mengalami kerugian finansial dari kkeputusan tersebut.

      Hapus
    6. ya saya juga setuju karena dengan adanya laporan keuangan kita dapat memantau perusahaan secara berkla dan melihat kondisi di dalam usaha kita tentunya.

      Hapus
    7. saya setuju dengan pendapat teman - teman, karena di setiap perusahaan harus ada laporan keuangan untuk mengetahui bagaimana hasil kinerja yang telah di lakukan apakah menjadi lebih baik atau buruk dan dapat menjadi sebuah acuhan bagi para kinerja.

      Hapus
    8. Saya setuju dengan pendapat teman-teman. Laporan keuangan membantu perusahaan dalam memantau arus dan kondisi keuangannya secara berkala. Laporan Keuangan sebuah perusahaan selain menunjukkan kinerja perusahaan dan bahwa perusahaan telah mengelola keuangannya dengan baik, juga dapat menunjukkan progress perusahaan, hal ini juga dapat membantu pekerjaan seorang manager dalam mengambil keputusan perencanaan operasional perusahaan selanjutnya.

      Hapus
    9. Saya setuju dengan pendapat saudara / saudari sekalian. Laporan keuangan tentu saja memmbantu suatu perusahaan untuk mengevaluasi kinerja dan kesehatan keuangan. Oleh karena itu, saya mendapati bab - bab ini merupakan hal yang menarik untuk dipelajari.

      Hapus
    10. saya setuju dengan pendapat anda, karena dalam menjalankan suatu bisnis harus ada laporan keuangan secara detail. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengelola keuangan bisnis kita. Contohnya,kita harus dapat mencatat pendapatan maupun pengeluran secara teliti dalam bisnis yang kita jalani. Karena jika kita tidak teliti dalam mengelola keuangan bisnis kita terkadang kita tidak sadar akan tidak seimbangnya antara pendapatan dan pengeluaran bisnis kita .

      Hapus
    11. Saya setuju dengan pendapat anda,dalam suatu bisnis harus menggunakan metode laporan keuangan,agar membantu kinerja dan kesehatan keuangan, karena biasa nya sering kali terjadi tidak seimbang dalam keuangan perusahaan dan ada nya laporan keuangan kita bisa mengetahui aliran keuangan kita.

      Hapus
    12. saya setuju dengan pendapat kalia,bahwa di dalam suatu perusahaan harus ada laporan keuangan ,karena sangat berfusi untuk mengetahui hasil kinerja suatu perusahaan dan juga dapat memantau keuangan di dalam perusahaan.

      Hapus
    13. Saya setuju pendapat anda , menurut Laporan keuangan memang dapat digunakan untuk membaca kinerja perusahaan kerena .Dari laporan kita bisa mendeteksi hasil kinerja perusahaan,sehingga perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya agar menjadi lebih baik lagi .

      Hapus
    14. saya setuju dengan pendapat anda , karena laporan keuangan perusahaan sangat di butuhkan dalam suatu bisnis dan kita juga bisa tau hasil dari kinerja perusahaan agar dapat mengetahui keuangan di perusahaan

      Hapus
    15. saya setuju dengan pendapat anda, karena Bagaimana memanfaatkan informasi dari laporan keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis dalam menjalankan suatu bisnis harus ada laporan keuangan secara detail dan bagaimana agar semua bisnis yang dijalankan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

      Hapus
    16. Ya benar sekali, selain manajemen pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan manajemen keuangan juga berperan penting dalam kinerja suatu perusahaan sebab, perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik tentu bisa menjaga kestabilan di dalam perusahaan dan dapat bertahan lama dalam menjalankan bisnisnya.

      Hapus
    17. saya setuju dengan dennis michel tie. materi ini penting bagi perusahaan yang ingin mengetahui tentang pembahasan mengenai menggunakan laporan keuangan untuk dapat membangun bisnis ke depannya, karena dengan pengelolaan yang betul dalam bidang keuangan makan perusahaan bisnis dapat berkembang sedangkan jika suatu perusahaan mempunyai sistem keuangan yang kurang maksimal maka perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama.

      Hapus
    18. benar.. saya setuju..tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak akan tahu kondisi keuangannya, apakah masih sehat atau tidak. Dan dari laporan keuangan juga, kita akan tahu kemampuan perusahaan untuk melanjutkan kegiatan perusahaan atau tidak. Membuat laporan keuangan tidaklah sembarangan, tapi harus dibuat secara akurat.

      Hapus
    19. saya sependapat dengan teman-teman. Laporan Keuangan sangat diperlukan bagi setiap perusahaan. Tujuannya agar perusahaan bisa merinci tentang biaya pemasukan dan pengeluaran. Bisa juga untuk mengetahui tentang laba dan rugi.

      Hapus
    20. Saya setuju bahwa laporan keuangan itu harus dikerjakan oleh para akuntan yang sudah berpengalaman , karena suatu perusahaan sangat memelukan orang akuntan untuk melaporkan data keuangan secara akurat dengan cara mencatat transaksi-transaksi sebuah perusahaan seperti mencatat pendapatan dan beban

      Hapus
    21. saya sangat setuju dengan pendapat anda, dengan mempelajari bab ini kita dapat mengetahui laporan keuangan perusahaan apakah kinerja perusahaan berjalan dengan baik atau sebaliknya.

      Hapus
    22. Saya setuju karena dengan keuangan kita dapat mengatur segalanya dengan baik dalam suatu usaha, dimana system keuangan yang tertata rapi dapat membangun atau mengatur sesuatu hal yang dapat memajukan suatu perusahaan atau usaha yang kita miliki.

      Hapus
    23. Saya kurang setuju, karena berhasilnya dari suatu bisnis belum tentu berasal dari keuangan.
      suatu usaha dapat berhaasil apabila dapat memaksimalkan waktu dengan baik dan pengalaman.
      dan juga kita juga harus mempunyai komitmen bahwa kita bukan bekerja untuk uang tetapi uang bekerja untuk kita,dari situlah keberhasilan,kemajuan dan berhasilnya suatu usaha.

      Hapus
    24. saya setuju dengan pendapat dennis michael karena dengan suatu pelaporan keuangan perusahaan dapat mengetahui kinerjanya dan dapat memantau suatu usaha itu berkembang atau tidak berkembang.

      Hapus
    25. saya sejutu dengan pendapat roy bayusaputra karena dalam suatu perusahaan belum tentu berhasil dengan pelaporan keuangan saja, karena juga di butuhkan suatu kinerja yang maksimum dan usaha yang keras.

      Hapus
    26. Bagus sekali Denis, dengan ada pelaporan keuangan yang baik, dan dipastikan bahwa laporan keuangan itu sudah akurat maka dapat diambil keputusan-keputusan yang sekiranya perlu untuk mengembangkan perusahaan kedepannya.

      Hapus
    27. saya setuju dengan denis, karena laporan keuangan merupakan dasar dari perusahaan yang berkembang, tanpa adanya laporan keuangan yang baik maka perusahaan akan hancur.
      dengan laporan keuangan perusahaan dapat menentukan langkah yang perlu diambil untuk perusahaan

      Hapus
  2. Menurut saya mempelajari bab ini menarik karena dapat mengetahui cara menginterprestasikan laporan keungan dan mengevaluasi salah satu dari empat karakteristik, yaitu likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan profitabilitas. Serta mengetahui metode-metode pendanaan dan cara perusahaan memperoleh pendanaan dari utang, ekuitas, dan pemasok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, bab ini memang sangat menarik untuk dibahas karena melalui bab ini kita dapat mempelajari tentang akuntansi, analisis keungan dan pendanaan bisnis sejak dini, karena denan belajarnya kita sejak dini, kita dapat mengerti tentang:
      1. Proses pelaporan keuangan seperti apa yang dapat digunakan di suatu usaha
      2. Cara memastikan laporan keuangan itu sudah akurat
      3. Cara memanfaatkan informasi dari laporan keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis
      4. Cara menilai kondisi keuangan suatu bisnis
      5. Tipe debt financing apa yang dapat digunakan untuk memperoleh pendanaan bisnis
      6. Tipe equty financing apa yang dapat digunakan untuk memperoleh pendanaan bisnis
      7. Apakah harus menerbitkan sekuritas untuk memperoleh pendanaan bisnis
      8. Apakah harus menggunakan leasing untuk mendanai pengadaan fasilitas dalam bisnis
      9. Komposisi debt dan equty seperti apa yang dapat digunakan untuk pendanaan suatu bisnis
      10. Tindakan-tindakan apa saja yang bisa dilakukan jika gagal dalam membayar hutang

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat anda dalam pembahasan ini, kita dapat mempelajari proses pelaporan keuangan yang di gunakan, cara memastikan laporan keuangan itu sudah akurat, memanfaatkan laporan keuangan dan menilai kondisi keuangan dalam bisnis serta tindakan yang kita lakukan ketika gagal dalam membayar hutang.

      Hapus
    3. Hai, Olivia Aldisa.
      Saya setuju dengan pendapatmu.

      Ukuran likuiditas, efisiensi, pengungkit keuangan, profitabilitas merupakan bagian dari Analisis rasio. Dengan adanya rasio-rasio tersebut,perusahaan dapat menilai karakteristik keuangannya dengan membandingkan antara rasio keuangan yang dimilikinya dan rasio keuangan perusahaan-perusahaan lain dalam industri yang sama. Perusahaan juga dapat menilai rasio-rasionya untuk mengetahui apakah karakteristik perusahaannya membaik atau memburuk.

      Selain itu, memang sangat penting untuk mengetahui metode-metode pendanaan dan cara perusahaan memperoleh pendanaan dari utang, ekuitas, dan pemasok.
      Pendanaan bisnis bisa mempengaruhi biaya-biaya pendanaan dan tingkat risikonya. Sehingga berakibat pada nilai perusahaan tersebut.

      Sulistia
      Kelas A
      Akuntansi.

      Hapus
    4. saya setuju, karena laporan keuangan yangakurat itu sangatlah penting, sebab,dengan laporan keuangan, kita dapat melihat bagaimana kinerja perusahaan kita dan bagaimana pendanaan perusahaan kita. maka dalam bab ini kita dapat mempelajarinya.

      Hapus
    5. Menurut saya, akuntansi, analisis keuangan dan pendanaan bisnis sangatlah penting dalam sebuah perusahaan, karena perusahaan harus melaporkan kondisi keuangan mereka, mendukung keputusan, dan mengendalikan operasi bisnis, dan juga tugas akuntansi ialah mereka harus melaporkan data keuangan secara akurat dalam sebuah perusahaan.
      Apabila semuanya berjalan sesuai tugasnya masing-masing maka berakibat baik dalam meningkatkan nilai perusahaan...

      Hapus
    6. saya sangat setuju dengan pendapat teman, dalam mempelajari bab ini kita dapat mengetahui bagaimana cara kita menganalisis keuangan perusahaan sehingga kita dapat melaporkannya ke dalam laporan keuangan perusahaan dengan akurat dan kita juga dapat mengetahui kondisi keuangan dalam perusahaan tersebut.

      Hapus
    7. Saya setuju dengan pendapat anda dalam pembahasan ini, kita dapat mempelajari tentang laporan keuangan, laporan keungan sangatlah penting dalam suatu kinerja, maka di perlukan laporan keungan yang akurat.

      Hapus
    8. saya setuju dengan pendapat anda, karena laporan keuangan yg akurat sangat menentukan suatu perusahaan itu laba atau rugi. selain itu dengan mengetahui laporan keuangan yg ada perusahaan dapat mengatur keluar masuknnya keuangan.

      Hapus
    9. saya sangat setuju dengan pendapat olivia, dalam materi ini kita dapat mempelajari banyak hal tentang akuntansi,pendanaan bisnis, dan kuangan suatu perusahaan. Di samping itu kita dapat juga mempelajari bagaimana pendanaan dalam sebuah perusahaan. selain itu peran keuangan dalam suatu perusahaan sangat penting karena keungan juga menjadi peran yang sangat vital, karena jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem keuangan maka perusahaan tersebut akan kacau. Di sini juga kita dapat mempelajari istilah - istilah yang ada dalam akuntansi, keuangan,dan pendanaan bisnis.

      Hapus
    10. Saya setuju dengan pendapat anda.. Karena dalam pembahasan ini kita dapat mempelajari proses pelaporan keuangan yang di gunakan, cara memastikan laporan keuangan itu sudah akurat, memanfaatkan laporan keuangan dan menilai kondisi keuangan dalam bisnis serta tindakan yang kita lakukan ketika gagal dalam membayar hutang.

      Hapus
    11. likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan profitabilitas merupakan bagian-bagian dari pembelajaran akuntansi. pembahasan ini tentu akan sangat membantu dalam menambah wawasan kita dalam mempelajari proses pelaporan data keuangan secara akurat dan tepat.

      Hapus
    12. Halo Olivia Aldisa, seperti yang sudah saudari sampaikan di atas bahwa kita dapat mendanai perusahaan dengan tiga cara yaitu melalui utang, ekuitas, dan pemasok. Saya hanya akan menjelaskan sedikit mengenai apabila pendanaan melalu ekuitas.
      Banyak perusahaan di Indonesia yang merupakan perusahaan tbk, artinya mereka telah melepas saham ke pasaran. Tercatat sekitar 400+ perusahaan besar di Indonesia telah menjadi perusahaan tbk. Dengan cara tersebut mereka dapat memeroleh dana hingga ratusan miliar untuk mendanai perusahaan, daripada melakukan pinjaman kepada bank dengan tingkat suku bunga 7% dikali dengan dana yang ingin dipinjam mereka yang jumlahnya mencapai puluhan hingga ratusan miliar. Tetapi perlu diingat bahwa sebelum melepas saham ke pasar, perusahaan harus memastikan laporan-laporan keuangan dan kesehatan perusahaan yang menjanjikan bagi calon investor, sehingga mereka mau untuk menanamkan modalnya ke perusahaan.
      Seperti contohnya Twitter, yang pada tanggal 7 Novemer 2013 melepas 70 juta lembar sahamnya, sehingga perusahaan dapat memeroleh US$2,9 miliar atau sekitar 34 triliun rupiah (Kurs = Rp 11.742), harga saham twitter pun melonjak dari $26/ lembar menjadi $44 tidak lama setelah IPO ( Penawaran Saham Perdana ) karena kesehatan perusahaan yang menjanjikan bagi investor.
      Terima kasih

      Hapus
    13. Saya setuju karena dengan keuangan kita dapat mengatur segalanya dengan baik dalam suatu usaha, dimana system keuangan yang tertata rapi dapat membangun atau mengatur sesuatu hal yang dapat memajukan suatu perusahaan atau usaha yang kita miliki.

      Hapus
  3. Menurut saya sangat menarik mempelajari bab ini. Terutama pada bagaimana perusahaan menggunakan akuntansi. Perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan, mendukung keputusan dan mengendalikan operasi bisnis. Pelaporan ini haruslah akurat agar dapat meningkatkan kinerja bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Michael. Saya setuju dengan pendapatmu. Pelaporan keuangan perusahaan harus akurat dan sangat penting bagi manajer keuangan, kreditor perusahaan, dan para investor. Manajer perusahaan akan menggunakan laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan. Kreditor menggunakan laporan keuangan untuk menilai apakah suatu perusahaan layak atau tidak diberi pinjaman. Sementara investor menggunakan laporan keuangan untuk mengevaluasi apakah sebaiknya membeli saham di perusahaan tersebut atau tidak.

      Hapus
    2. saya setuju sengan anda, dalam analisis laporan keuangan aplikasi dari alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis.

      tetapi saya masih belum paham bagaimana manfaat pelaporan keuangan perusahaan yang secara akurat?
      terima kasih

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat anda
      alasannya, memang di dalam suatu perusahaan itu memang memerlukan ilmu akuntansi untuk mengecek serta mengontrol siklus keuangannya. Jika tidak menerapkan akuntansi dlm auatu prushaan maka prushaan itu akan cepat bangkrut
      dikarenakan tidak ada yg mengontrol pengeluarann dan membuat pelaporan terkait hal tsb

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat anda
      alasannya, memang di dalam suatu perusahaan itu memang memerlukan ilmu akuntansi untuk mengecek serta mengontrol siklus keuangannya. Jika tidak menerapkan akuntansi dlm auatu prushaan maka prushaan itu akan cepat bangkrut
      dikarenakan tidak ada yg mengontrol pengeluarann dan membuat pelaporan terkait hal tsb

      Hapus
    5. saya sependapat dengan michael armando. tetapi perusahaan itu harus tahu tentang perencanaan dalam usahanya. perusahaan juga harus mempunyai modal untuk mengetahui cara membuat laporan keuangan di bisnisnya. jikalau perusahaan itu sudah paham tentang laporan keuangan, perusahaan harus mengetahui pemasukan dan pengeluaran dana dalam bisnisnya, kalau salah memasukkan data dan perhitungannya akan membuat perusahaan itu bangkrut.

      Hapus
  4. Pada bab ini menrurut saya sangat menarik, karena keuangan dalam sebuah perusahaan sangatlah penting dan akuntan sangat berperan penting dalam memberikan informasi keuangan yang akurat dan dapat di pertanggungjawabkan .
    sehingga perusahaan dapat memutuskan peminjaman uang pada bank dan memutuskan kebijakan kebijakan yang harus di tetapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat anda. Memang akuntan merupakan peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Selain dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam suatu erusahaan akuntan juga harus bertanggung jawab akan kepususan-keputusan yang telah dilakukannya. Maka dari itu setiap kegiatan yang dilakukan oleh prusahaan tersebut harus melibatkan akuntan karena akuntan lah yang emngetahui seluk beluk dari suatu perusahaan

      Hapus
    2. Saya juga setuju. Maka dari itu perusahaan harus selektif dalam memilih akuntan untuk perusahaannya, karena akuntanlah yang mengatur sirkulasi keuangan dalam perusahaan. Jangan sampai karena akuntan yang tidak jujur dapat merusak kondisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu ada baiknya jika pemilik perusahaan ikut mengecek dengan teliti laporan keuangan yang dibuat akuntan, apakah sesuai dengan realita yang sesungguhnya

      Hapus
    3. Saya setuju dengan pendapat kalian. Peran seorang akuntan sangatlah penting dalam sbuat perusahaan sehingga perusahaan harus selektif dalam merekrut seorang akuntan agar dapat mempertanggungjawabkan hasil laporan keuangan perusahaan secara jujur dan terbuka.

      Hapus
    4. saya juga setuju dengan kalian karena jb desk dari seorang akuntan adalah hal hal yang sudah kalian paparkan tapi disampig itu alangkah baiknya kalau seorang akuntan jg pnya moral yang baik.supaya kedepannya jg perusahaan bias lebih baik

      Hapus
    5. Tentu sangat menarik, sebab dari sini kita bisa mempelajari dan mengerti berbagai macam akuntansi dan analisis keuangan seperti:
      1. Bagaimana perusahaan dapat menggunakan akuntansi
      2. Perusahaan dapat memastikan pelaporan akuntansi yang benar.
      3. Cara mengintrepretasikan laporan keuangan.
      4. Mengevaluasi kondisi keuangan sebuah perusahaan.
      Dan masih banyak lagi.

      Hapus
    6. Saya setuju, karena laporan keuangan bertujuan untuk mengetahui apakah keadaan keuangan, hasil usaha kemajuan keuangan perusahaan memuaskan atau tidak memuaskan. Analisis dilakukan dengan mengukur hubungan antar unsur-unsur laporan keuangan dan bagaimana perubahan unsur-unsur itu dari tahun ke tahun dan untuk
      mengetahui arah perkembangannya.

      Hapus
    7. saya setuju dengan felicia tania. tidak hanya seorang akuntan menguasai soal keuangan dan soal perhitungan-perhitungan laporan keuangan suatu perusahaan, tetapi seseorang itu harus memiliki moral yang baik, jika seseorang itu tidak mempunyai moral yg baik, akan dapat berpengaruh terhadap perusahaan tempat orang tersebut. dan perusahaan itu menjadi jelek atas ulah seseorang yang tidak memiliki moral yang baik.

      Hapus
  5. Saya masih belum paham tindakan apa saja yang dapat dilakukan seorang pengusaha jika gagal dalam membayar hutangnya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan mencoba menjawab sesuai apa yang saya ketahui. Menurut saya, tanggungan apabila gagal membayar hutang ditentukan dengan bentuk perusahaan tersebut. Seperti perseorangan / CV kewajibannya tidak terbatas, apabila terjadi kebangkrutan dan gagal membayar, Bank/Pemilik uang bisa mengambil harta pemilik perusahaan tersebut dan juga apabila bentuk perusahaan PT, lebih meminimalkan kewajiban karena bisa diselesaikan melalui jalur hukum karena PT sendiri sudah didamping badan hukum

      Samuel Gustaf P. / 3203013038 / kelas A

      Hapus
  6. 1. Proses pelaporan keuangan yang tepat adalah dengan membuat laporan keuangan. Laporan keuangan bisa diambil langkah dengan dibuat per bulan/ per tahun dengan melihat pertimbangan-pertimbangan hal-hal yang berhubungan dengan uang kas/ keuangan sekecil apapun karena keuangan sangat mempengaruhi keadaan suatu perusahaan. Apabila keuangan tidak sehat/ labil menggambarkan bahwa perusahaan juga sedang sehat otomatis investor-investor tidak akan berminat terhadap perusahaan tersebut dan juga sebaliknya apabila perusahaan sedang sehat maka akan mengundang minat dari investor-investor luar.

    Samuel Gustaf P. / 3203013038 / kelas A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal yang terpenting dari proses pelaporan keuangan suatu perusahaan adalah dapat digunakannya hasil laporan keuangan yang akurat untuk mengambil keputusan yang bermanfaat bagi perusahaan. Karena manager dapat menentukan seberapa besar tingkat produksi yang harus dihasilkan dan juga seberapa besar anggaran promosi yang harus dikeluarkan agar dapat diperoleh hasil yang paling maksimal.

      Hapus
  7. saya tertarik dengan materi Proses pelaporan keuangan seperti apa yang dapat digunakan menurut saya dalam proses pelaporan kita mengenal laporan laba/rugi laporan kepemilkan usaha dan laporan neraca dengan 3 cara diatas kita dapat melakukan proses pelaporan keuangan dengan efisiensi dan jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporan keuangan suatu perusahaan merupakan suatu alat yang sangat penting untuk menganalisa keadaan suatu perusahaan. Karena dari laporan keuangan tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana prospek perusahaan ke depannya dan juga berapa besar ROI nya (Return of Investment). Sehingga, kita dapat mengetahui apakah harga suatu saham tersebut termasuk murah atau mahal. Dengan demikian, kemungkinan kita sampai mengalami kerugian dalam membeli suatu jenis saham perusahaan sangatlah kecil.

      Hapus
    2. saya sangat setuju dengan pendapat olivia, dalam materi ini kita dapat mempelajari banyak hal tentang akuntansi,pendanaan bisnis, dan kuangan suatu perusahaan. Di samping itu kita dapat juga mempelajari bagaimana pendanaan dalam sebuah perusahaan. selain itu peran keuangan dalam suatu perusahaan sangat penting karena keungan juga menjadi peran yang sangat vital, karena jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem keuangan maka perusahaan tersebut akan kacau. Di sini juga kita dapat mempelajari istilah - istilah yang ada dalam akuntansi, keuangan,dan pendanaan bisnis.

      Hapus
  8. 3103013255

    Hal yang paling membingungkan dalam bab ini adalah "mengapa perusahaan-perusahaan manufactur memiliki kas yang relatif sedikit dibandingkan dengan aktiva tetap bersih?"

    Dan hal yang menarik dalam bab ini adalah ketika bagian keuangan-lah yang bertanggung jawab penting dalam suatu perusahaan (laporan keuangan perusahaan), dimana dalam setiap perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan mereka, mendukung keputusan dan mengendalikan operasi bisnis. Jika keadaan keuangan terkendali, maka kondisi perusaan pun juga akan terkendali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda, menurut saya bagian akuntansi sbuah perusahaan memegang peranan penting dlm keuangan perusahaan. Karena perusahaan bs mengetahui brp jumlah untung dn rugi yg didapat perusahaan, dan perusahaan bs mengevaluasi kinerja yg akan dtg agar tdk terjadi kerugian. Sebab, keputusan yg diambil sangatlah bergantung dr pelaporan keuangan yg ada. Dan keputusan yang diambil oleh perusahaan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan kedepannya.

      Hapus
  9. materi ini sangat menarik, materi ini membahas tentang laporan keuangan, kita sendiri dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis kita, dan kita pun dapat melihat berapa banyak pendapatan dan pengeluaran yang terjadi di perusahaan yang kita kelola

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan teman dalam bab ini yang menarik materi tentang laporan keuangan.Karena dengan menggunakan laporan keuangan kita dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis kita ,apakah usaha kita sedang mengalami untung atau rugi,berapa besarnya pemasukan atau pendapatan kita dan pengeluaran kita.laporan keuangan sangat penting dalam sebuah usaha ,sehingga kita perlu mempelajarinya.Karena dengan mengetahui dan memahami laporan keuangan kita akan mampu mengelola keuangan yang ada dalam suatu perusahaan/usaha bisnis dengan baik sehingga bisnis yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar.

      Hapus
    2. terima kasih atas tanggapannya

      Hapus
  10. Saya masih bingung dengan materi ini, bukankah tujuan Akuntansi, analisis keuangan dan pendanaan bisnis itu agar kita tahu kondisi keuangan perusahaan kita
    lalu bagaimana ke tiga hal tersebut di gunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sangat jelas sekali bahwa laporan keuangan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Karena dengan menganalisa laporan keuangan tersebut, kita dapat mengetahui apakah biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan sudah efisien atau belum, apakah target penjualan sudah tercapai atau belum, apakah promosi yang digunakan sudah tepat, apakah cash flow perusahaan sudah betul. Jika semua hal tersebut sudah dapat dianalisa dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kinerja perusahaan akan meningkat dengan pesat.

      Hapus
  11. menurut saya materi ini cukup menarik karena di dalam manajemen bisnis kita dapat mempelajari akuntansi, saya bingung ketika kita menulis analisis keuangan, lalu data yang di tuliskan sudah benar, namun laporan posisi keuangannya tidak seimbang, apa yang akan terjadi pada perusahaan kita? hasil laporan tidak akurat namun kita kan dapat mengetahui kejadian bisnis yang benar terjadi dalam bisnis kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, laporan keuangan harus seimbang. Karena laporan keuangan yang tidak balance menunjukkan bahwa laporan keuangan tersebut tidak akurat. Dan tidak mungkin kita menggunakan laporan yang tidak akurat tersebut untuk menganalisa dan mengambil keputusan, karena keputusan yang diambil atas dasar laporan yang tidak akurat menyebabkan keputusannya menjadi salah. Jika hal ini sampai terjadi, maka perusahaan akan mengalami kerugian dan kemunduran.

      Hapus
  12. Menurut saya bagian yang paling menarik dari bab ini adalah pada penjelasan mengenai bagaimana memastikan bahwa laporan keuangan itu sudah akurat dan bagaimana memanfaatkan informasi dari laporan keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Karena dengan mengetahui dan memahami kedua hal tersebut kita otomatis akan mampu mengelola keuangan yang ada dalam suatu perusahaan/usaha bisnis dengan baik sehingga bisnis yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju karena dengan mengetahui tentang bagaimana memastikan bahwa laporan sudah akurat itu sangat penting karena dari situ kita dapat mengetahui dengan jelas apa yang menjadi pengeluaran dan pemasukan yang telah terjadi di dalam perusahaan tersebut sehingga kita dapat mengelola keuangan dengan baik

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara - saudari, bahwa dalam sebuah perusahaan haruslah mempunyai laporan keuangan yang akurat. jika dikaitkan dalam akuntansi, sebuah perusahaan perseroan terbaas, haruslah mempubliksikan lapoean keuangan perusahaannya agar para inverstor tertarik untuk menanam saham di perusahaan tersebut. Maka setidaknya dibutuhkan seorang auditor yang handal untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan itu sudah akurat apa belum, sudah benar atau ada kecurangan dalam laporan keuangan itu. Sekian pendapat dari saya. Terima kasih.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Menurut saya bab ini sangat menarik karena sedikit banyak membahas tentang accounting dimana dapat memberikan gambaran tentang dunia kerja yang akan dihadapi nantinya khususnya untuk jurusan akuntansi. Bagaimana gambaran umum pelaporan keuangan ,etika dan juga resiko dalam sistem pelaporan keuangan oleh accountant. Ternyata accounting mempunyai peranan yang penting dalam perusahaan khususnya dalam pengambilan keputusan, juga kinerja dan rencana perusahaan didasarkan sebagian besar atas informasi dari accountant, bab ini membuat saya optimis tentang prospek kerja accounting ke depannya. Dari bab ini juga saya mengerti tantang analisa rasio,: rasio liquiditas yang mengukur kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendeknya, rasio efisiensi mengukur seberapa efisiennya perusahaan memanfaatkan aktivanya, rasio profitabilitas untuk mengukur laba bersih perusahaan serta rasio leverage yang masih membuat saya bingung dan kurang mengerti fungsinya(?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda, kita bisa mengetahui bagaimana menggunakan laporan keuangan dalam perusahaan untuk menjadikannya lebih maju ke depan. Jika misal tidak ada laporan keuangan maka perusahaan tersebut tidak tau apakah perusahaan nya berjalan dengan baik atau tidak.

      Hapus
  15. Menurut saya bab ini sangat menarik, karena dari sini kita bisa tahu bagaimana analisis sebuah perusahaan dapat dilaksanakan untuk menentukan bagaimana kinerjanya, dan mengapa jenis analisis ini digunakan untuk mendeteksi berbagai kekurangan perusahaan sehingga nantinya dapat diperbaiki. Dari bab ini juga kita dapat mengetahui bagaimana persahuaan tersebut memperoleh dana untuk berbagai keperluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya hanya menambahkan, dari bab ini kita bisa tahu bahwa untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan kita perlu mengetahui hal apa yang berakibat baik dan buruk bagi perusahaan tersebut. Sehingga dari situ kita bisa mengambil keputusan yang akurat dan tidak menyulitkan perusahaan itu sendiri dalam menilai kinerja perusahaan di waktu yang lalu.

      Hapus
  16. menurut saya cara menilai kondisi keuangan suatu bisnis adalah melalui laporan keuangan.Laporan keuangan ini harus akurat dan sesuai dengan keadaan suatu perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan ini pemimpin suatu perusahaan dapat dengan cepat mengambil keputusan untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan. Dengan keakuratan laporan keuangan, dapat diketahui bagaimana hasil keuangan perusahaan tersebut di waktu yang lalu dan juga dapat diketahui hal apa yang menjadi kelemahan dari perusahaan. Sehingga dari laporan keuangan tersebut, perusahaan dapat meminimalisir kelemahan yang ada untuk ke depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat anda. Laporan keuangan memang sangat penting bagi perusahaan karena itu dapat digunaka sebagai acuan dalam mengambil keputusan-keputusan. Dengan melihat dari laporan keuangan, para pemimpin dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk perusahaan, tentu saja laporan itu harus akurat supaya keputusan yang diambil tidak keliru.

      Hapus
  17. menurut saya mempelajari bab ini sangat penting agar manajer keuangan suatu perusahaan dapat mengunakan akuntansi dan analisis keuangan untuk mengetahui dan mengevaluasi perusahaan untuk mendeteksi berbagai kekurangan yang dapat diperbaiki dan berbagai kelebihan dapat dieksploitasi. laporan keuangan suatu perusahaan juga dibutuhkan untuk mengevaluasi laporan laba rugi yaitu biaya, pendapatan, laba selama periode tertentu dan juga mengevaluasi neraca. selain itu perusahaan juga harus mengetahui sumber-sumber dana yang diperolehnya melalui utang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya hanya ingin menambahkan tenteng sumber - sumber dana yang diperoleh melalui utang. Suatu bisnis yang cukup besar, pada umumnya mengandalkan pendanaan melalui utang sebagai salah satu cara untuk mendanai operasi - operasi perusahaan tersebut. pendanaan melalui utang kadang bisa mencapi jumlah yang besar. Namun terdapat kekurangan dari pendanaan melalui utang yaitu beban bungavyang harus dibayar lewat pinjaman. Jika semakin tinggi bunga atas utang, maka semakin besar beban perusahaanctersebut, begitu juga sebaliknya. Jadi penting artinya bagi perusahaan untuk mengandalkan pendanaan melalui utang, hanya sampai tingkat yang dibutuhkan saja.

      Hapus
    2. selain itu, perusahaan juga harus meiliki pemahaman tentang berbagai sumber pendanaan melalui utang agar perusahaan bisa memperoleh pendanaan dengan suu bunga terendah. Demikian pendapat saya. Maaf bila ada salah kata. terima kasih.

      Hapus
  18. Menurut saya bab ini sangat menarik untuk kita pelajari karena pelaporan keuangan dan pendanaan sangat mempengaruhi kondisi perusahaan. Pelaporan keuangan yang akurat sangat diperlukan untuk memjamin kondisi sebenarnya yang ada dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda karena laporan keuangan dan pendanaan dalam suatu perusahaan saangat penting,dalam bab ini kita bisa mengetahui dan mempelajarinya dengan mudah agar bisa mengontrol transaksi yang di jalankan oleh suatu perusahaan dan membantu memudahkan perusahaan dalam menstabilkan kinerja suatu perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat saudara Nenik. Saya hanya ingin menambahkan sedikit, Dalam sebuah perusahaan Laporan keuanga merupakan bgian yang penting. Laporan keuangan bisa dilaporkan dalam tempo mingguan, harian, bulanan atau tahuan. Tetapi agar sebuah perusahaan dapat mengetahui apakah laporan keuangan di perusahaan tersebut sudah akurat atau belum, maka dibutuhkan seorang auditor yang handal untuk memeriksa laporan keuangan dari perusahaan itu. Biasanya yang membutuhkan seorang auditor independen adalah perusahaan yang membuat laporan keuanga tahunan, Peranan auditor tersebut adalah untuk mensertifikasikan bahwa laporan keuangan akurat dan sesuai dengan panduan pelaporan yang berlaku umum. Jika laporan keuangan itu sudah akurat dan memenuhi syarat, maka baru bolehlah laporan keuangan itu dipublikasikan di koran atau majalah - majalah tertentu agar dapat dibaca oleh investor, dan inverstor tersebut tertarik untuk menaruh sahamnya di perusahaan tersebut.
      sekian dan terima kasih.

      Hapus
  19. menurt saya materi dalam bab ini sangat membantu kita untuk berpikir tentang laporan keuangan bagi manfaat kedepannya. informasi apa yang akan digunakan, bagaimana penggunaan informasi itu dan untuk siapa informasi laporan keuangan itu diberikan sangat berpengaruh dalam penyusunan laporan keuangan sebab laporan keuangan yang akan kita buat dapat mempengaruhi keputusan manajemen dalam menentukan keputusan apa yang akan diambil perusahaan kedepannya.

    BalasHapus
  20. menurut saya dengan adanya bab ini kt semua akan mengerti kondisi keuangan suatu bisnis yang baik dan yang tidak baik dan dari bab ini juga kita dapat mengetahui bagaimana persahuaan tersebut memperoleh dana untuk berbagai keperluan. sehingga bab ini penting untuk kita pelajari dan kita ketahui

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda karena jika kita sudah mengetahui baik dan buruknya kondisi keuangan dengan mempelajari bab ini maka kita bisa mengantisipasi dampak buruk yang mungkin akan terjadi.sehingga perusahaan kita akn tetap stabil kondisi keuangannya.

      Hapus
  21. menurut saya bab ini sangat menarik untuk dipelajari secara mendalam karena bab ini mengajarkan tentang aspek-aspek dalam pembuatan laporan keuangan. laporan keuangan yang baik nantinya akan memberikan informasi yang sangat berguna bagi manajer untuk menentukan tindakan-tindakan apa yang sebaiknya diambil bagi perusahaan sehingga menghasilkan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  22. menurut saya yang menarik dari bab ini adalah pelaporan proses keuangan, dengan mempelajari bab ini kita bisa tau bagaimana cara yang baik untuk pelaporan proses keuangan, jadi suatu saat jika kita mempunyai usaha kita bisa menerapkan dari bab ini.dengan baiknya mengolah keuangan maka suatu perusahaan atau usaha akan berkembang dengan baik pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat anda. perusahaan sebaiknya menggunakan metode akuntansi yang akan memberikan indikasi terakurat mengenai proses keuangannya, karena akan membawa keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.

      Hapus
    2. Ya saya setuju. Pembuatan laporan keuangan perlu dilakukan dengan metode yang cepat juga tepat. Tidak terlalu ribet dan mudah untuk dibaca oleh siapa saja.

      Hapus
  23. Menurut saya, bab ini sangat menarik dipelajari karena membahas ttg bagian akuntansi dlm sbuah perusahaan. Bgian akuntansi sbuah perusahaan memegang peranan penting dlm keuangan perusahaan. Karena perusahaan bs mengetahui brp jumlah untung dn rugi yg didapat perusahaan, dan perusahaan bs mengevaluasi kinerja yg akan dtg agar tdk terjadi kerugian. Sebab, keputusan yg diambil sangatlah bergantung dr pelaporan keuangan yg ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat Elysabet. Karena laporan keuangan itu mempengaruhi perusahaan terutama dengan keputusan-keputusan atau langkah-langkah apa yang akan diambil oleh suatu perusahaan.

      Hapus
    2. Ya saya setuju. Dalam setiap pengambilan keputusan yang berkaitan tentang keuangan, peran akuntan dalam membuat laporan keuangan yang benar dan apa adanya sangat diperlukan. Bisnis pun tidak merugi, jika memang pemasukan turun pun perusahaan bisa menilai dan segera meningkatkan promosi ataupun kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan pemasukan.

      Hapus
  24. menurut saya bab ini sangat bagus untuk di pelajari karena di bab ini kita dapat mepelajari bagaimana perusahaan itu dapat mebuat laporan yang baik dan akurat, sehingga bisa untuk digunakan mengambil keputusan2 yang penting, juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Di bab ini kita juga dapat mengetahui sumber2 pendanaan yang terjamin baik dari eksternal maupun internal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan anda, karena memang laporan dalam perusahaan adalah sesuatu yang penting dapat mempengaruhi keputusan yang nantinya juga berpengaruh terhadap masa depan suatu perusahaan sehingga semuanya saling terkait satu sama lain.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapatmu. Peranan akuntan sangat diperlukan dalam pembuatan laporan keuangan. Alangkah baiknya apabila laporan keuangan tersebut dibuat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan kondisi perusahaan karena hal ini akan mempengaruhi banyak hal, seperti pengukuran kinerja perusahaan, pengukuran posisi keuangan perusahaan, dan mempengaruhi sumber-sumber pendanaan seperti investor.

      Hapus
    3. Ya, saya setuju. Dalam bisnis, sangat diperlukan akuntan yang tidak hanya bisa membuat laporan keuangan tapi juga teliti dan membuat laporan keuangan dengan fakta yang ada bukan rekayasa. Sehingga, pemasukan dan pengeluaran bisa telihat jelas

      Hapus
  25. dalam perusahaan memang harus ada sebuah laporan keuangan yang sangat baik, karena laporan tersebut mempengaruhi kinerja dalam perusahaan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat saudara. laporan dapat mempengaruhi kinerja karena laporan dijadikan sarana untuk memonitor operasi yang ada, mendeteksi kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. terima kasih.

      Hapus
    2. Saya setuju dengan pendapat teman-teman sekalian. Laporan keuangan menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dalam mengambil keputusan.

      Hapus
    3. saya setuju dengan pendapa saudara-saudari karena laporan keuangan juga merupakan hal yan vitall dalam perkembangan perusahaan, laporan keuangan juga berfungsi untuk menganalissis adanya kecurangan dalam perusahaan tersebut.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendapat saudara-saudara. Bahwa dalam sebuah bisnis kita memerlukan adanya laporan keuangan yang dapat menilai setiap kondisi baik pemasukan dan pengeluaran. Tanpa adanya laporan keuangan, bisnis yang kita jalankan bisa kehilangan arah.

      Hapus
  26. Dalam melaksanakan laporan keuangan apa saja yang harus di perhatikan agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar?

    BalasHapus
  27. Bab ini sangat menarik karena dalam bab ini kita dapat mengetahui bagaimana perusahaan membuat laporan keuangan dan kita juga dapat mengetahui bahwa keuangan sangat penting dalam suatu perusahaan.

    BalasHapus
  28. Dalam bab ini sangat menarik karena dalam membangun suatu perusahaan diperlukan laporan keuangan agar peusahaan dapat mengetahui keadaan keuangan didalam perusahaannya. Laporan Keuangan yang buruk akan menyebabkan kinerja perusahaan menurun terutama dalam bidang manajemen keuangan perusahaan.

    BalasHapus
  29. menurut saya bab ini sangat menarik karena dalam menjalankan suatu perusahaan kita mempunyai aktivitas untuk menyediakan produk dan jasa yang dapat dijual dan menghasilkan pengembalian investasi yang memuaskan. dan keuangan juga sangat berguna untuk kemajuan perusahaan karena tanpa laporan keuangan suatu perusahaan tdak dapat maju .

    BalasHapus
  30. bab ini menarik karena dalam suatu proses pelaporan keuangan, dan akuntansi merupakan peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Selain dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan akuntansi juga harus bertanggung jawab akan kepususan-keputusan yang telah dilakukannya.

    BalasHapus
  31. Menurut saya sangat menarik mempelajari bab ini karena akuntansi sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena proses akuntansi menghasilkan laporan keuangan yang dapat memberikan informasi terinci mengenai kinerja sebuah perusahaan dan kondisi keungan perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  32. menurut saya sistem keuangan diperusahaan sangat besar peranannya dalam masalah pendanaan bisnis,dimana pelaporan keuangan yang tepat juga sangat menentukan keberhasilan keungan salah satunya adalah dengan sistem akutansi yang baik,karena pengelolaan keuangan yang tepat lah yang menentukan keberhasilan suatu bisnis

    BalasHapus
  33. Menurut saya bab ini banyak menjelaskan bagaimana menjalankan keuangan dalam bisnis serta cara pengelolaan nya karena pendanaan keuangan yang tepat dalam bisnisadalah faktor utama dari keberhasilan bisnis tersebut serta manfaat nya untuk jangka panjang

    BalasHapus
  34. Bab ini membahas tentang keuangan suatu perusahan, menurut saya sangatlah penting, karena keuangan sendiri sangat berperan penting dan menjadi hal utama dalam perusahan, jika suatu perusahaan mengatur keuangan dengan baik, perusahaan tersebut akan berkembang dan sebaliknya, maka dari itu kita harus memilih orang yang benar-benar ahli dalam mengatur keuangan, karena jika salah menghitung akan berakibat fatal, yaitu akan membuat perusahaan itu bangkrut. Terima kasih

    BalasHapus
  35. Menurut saya, bab ini cukup menarik. Karena seorang akuntan juga berperan penting terhadap perusahaan. Tetapi dengan syarat bahwa laporan keuangan yang diberikan oleh seorang akuntan adalah akurat. Karna jika tidak akurat, bisa bisa perusahaan salah mengambil keputusan. Karna dari laporan keuangan, perusahaan dapat mengambil sebuah keputusan.

    BalasHapus
  36. menurut saya pembuatan laporan keuangan sangatlah penting dan wajib bagi mereka yang bergerak dibidang usaha, bukan cuma perusahan besar saja yang harus menggunakan laporan keuangan, perusahaan kecil pun dianjurkan menggunakan laporan keuangan. laporan keuangan dalam perusahaan sangatlah penting, karena dengan laporan keuangan, perusahaan dapat mengetahui tingkat biaya dari berbagai kegiatan.

    BalasHapus
  37. Menurut saya, pembahasan mengenai keuangan dalam bab ini begitu menarik. Laporan keuangan berguna sebagai bahasa bisnis. Kita bisa mengambil keputusan kongkrit seusai melihat laporan keuangan. Jadi, belajar keuangan dalam bisnis, wajib hukumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat kamu. Dalam menjalankan bisnis sangat menarik dan wajib diperhatikan dalam pembicaraan mengenai laporan keuangan. Karena laporan keuangan merupakan kunci kebrhasilan dan progress suatu perusahaan.Oleh karena itu, harus diperhatikan dan dipelajari lebih mendalam mengenai laporan keuangan dan pendanaan bisnis. Terimakasih :)

      Hapus
  38. ini kesan menarik dari yg saya baca , keuangan sendiri sangat berperan penting dan menjadi hal utama dalam perusahan, jika suatu perusahaan mengatur keuangan dengan baik, perusahaan tersebut akan berkembang dan sebaliknya, maka dari itu kita harus memilih orang yang benar-benar ahli dalam mengatur keuangan, karena jika salah menghitung akan berakibat fatal, yaitu akan membuat perusahaan itu bangkrut. Terima kasih

    BalasHapus