SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Kamis, 24 November 2011

Sistem dan Bentuk Kompensasi yang Paling Menarik (Bahan Diskusi 29 Nopember 2011)

Salah satu tujuan dalam manajemen kompensasi adalah bagaimana merancang suatu sistem dan menentukan bentuk kompensasi yang paling menarik bagi anggota organisasi agar mereka berkinerja optimal.
Jika Anda seorang karyawan, sistem dan bentuk kompensasi apakah yang paling menarik dan memotivasi Anda untuk berkinerja lebih baik? Jelaskan pendapat Anda!

Catatan: Sebaiknya diskusi diarahkan pada pembahasan DI LUAR GAJI TETAP.  Sistem dan Bentuk-bentuk kompensasi, silahkan dibaca pada buku teks kita. Terima kasih dan selamat berdiskusi..

53 komentar:

  1. mungkin sistem kompensasi yang menarik buat saya agar dapat memotivasi saya mungkin dengan cara memberikan suatu even yang di adakan suatu perusahaan untuk dalam bekerja suatu karyawan tsb menjadi lebih giat lgi dengan di adakan event yang bersifat untuk menembus suatu target yang di berikan oleh suatu perusahaan ....
    jika seorang karyawan dapa menembus apa yang di targetkan oleh perusahaan seorang karyawn akan puas dengan hasil kerjanya yang di landasi dengan suatu bonus yang di berikan suatu perusahaan
    dan kedepannya pun akan dapat menjadi lebih baik lagi....

    BalasHapus
  2. Sistem kompensasi yang paling menarik menurut saya adalah dengan diadakan suatu event2 yang bisa memotivasi dan meningkatkan kinerja karyawan . Seperti contoh , apabila kita ingin mendapatkan kompensasi dari perusahaan , maka seluruh tim sales harus mampu menjual melebihi target sasaran perusahaan akan diberikan komisi / bonus dari perusahaan . Jadi , dengan adanya pengumuman seperti itu , pasti banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan tersebut . Oleh karena itulah mengapa hal tersebut menjadi sistem kompensasi yang paling menarik untuk mencapai kesuksesan . Bentuknya seperti bonus kerja , komisi dsb yang membuat kinerja karyawan meningkat .

    Untuk robert dan yang lainnya , mengapa harus ada kompensasi ? menurut kalian mengapa kompensasi itu penting bagi tiap-tiap karyawan sedangkan kita bekerja sebagai karyawan juga mendapatkan gaji yang sepantasnya ?

    Thank you

    BalasHapus
  3. menjawab pertanyaan aditya; kompensasi diperlukan untuk memotivasi agar karyawan bekerja dengan lebih semangat. kompensasi diberikan sebagai reward / penghargaan kepada mereka yang berhasil melebihi target yang ditetapkan perusahaan. jika tidak ada kompensasi, maka para karyawan akan berpikir untuk bekerja secara datar-datar saja, toh ketika mereka bekerja dengan lebih giat tidak ada bonus yang mereka dapatkan. artinya kerja keras mereka tidak dihargai (apabila tidak ada kompensasi). oleh karena itu perusahaan dalam hal ini memotivasi para karyawannya dengan menjanjikan kompensasi/ reward terhadap para karyawannya yang telah bekerja melebihi target.

    BalasHapus
  4. Saya ingin menanggapi pendapat bramantya toar . Saya setuju dengan pendapat anda . Memang dengan adanya reward , karyawan-karyawan tersebut pasti berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan memacu mereka untuk lebih maju dan dapat meningkatkan kinerja mereka yang dulunya kurang maksimal menjadi maksimal bakal lebih dari maksimal . Kompensasi itu memang sangatlah penting dalam dunia kerja dan juga duilakukan pada event tertentu seperti orang - orang ingin mendapatkan gelar sales terbaik , karyawan teladan ,dsb . Hal itu juga mengundang banyak karyawan untuk maju menjadi yang terbaik dan hanya beberapa orang saja yang mendapatkan kompensasi tersebut .

    BalasHapus
  5. kompensasi yang cukup menarik dan dapat memotivasi jika saya seorang karyawan adalah bonus sperti rumah full perabot atau membentuk pasif income hal ini adalah hal yg cukup spektakuler.. namun untuk memperolehnya tidaklah cukup mudah.. karena kopensasi hal sperti ini membutuhkan omset cukup besar dan kerja keras yg sangat menguras tenaga.

    kompensasi dalam hal pasif income diperlukan pengorban awktu cukup besar dalam jangka panjang dan menurut saya ini hal kompensasi yg cukup beresiko pada karyawan namun jika seorang karyawan berhasil ini adalah pencapaian kesuksesan yg besar sekali

    BalasHapus
  6. sistem kompensasi yang paling menarik bagi saya adalah bentuk pinjaman dana seperti pinjaman dana mobil,rumah, pendidikan, kesehatan. karena menurut saya itu sangat membantu karyawan karena pastinya bunga yang harus dibayarkan akan lebih ringan dibandingkan harus meminjam ke orang lain / ke bank. dan tentu saja tidak gambang untung mendapatkan itu karyawan harus menhasilkan prestasi yang benar - benar memuskan perusahaan.
    kompensasi jalan - jalan, karena itu juga dapat mereleskan pikiran karyawan setelah lama menghabiskan waktu untuk bekerja
    kompensasi seperti ini sangat lah lebih memotivasi karyawan dalam bekerja

    BalasHapus
  7. saya menanggapi pendapat astrin,
    saya setuju dengan pendapat anda mengenai kompensasi yang menarik yaitu dengan pinjaman yang di tawarkan oleh perusahaan kepada karyawan. dengan adanya pinjaman tersebut maka karyawan dapat bekerja dengan lebih baik dan giat. namun seperti saya ketahui bahwa pinjaman yang diberikan oleh karyawan tersebut dapat menimbulkan suatu konflik dan keuntungan bagi perusahaan yaitu dimana akan timbul suatu kecemburuan antar karyawan, dan keuntungannya adalah karyawan dapat bekerja dengan baik. Alangkah baiknya apabila kompensasi pinjaman uang kepada karyawan tersebut diberikan oleh karyawan yang bekerja lebih lama diperusahaan tersebut sehingga karyawan dapat merasa adil.

    yang kedua adalah kompensasi jalan-jalan menurut saya seharusnya emang harus ada mengajak karyawan jalan-jalan sebagai refreshing bagi karyawan selama bekerja, dan dapat mempererat keakrapan yang terjalin di tiap-tiap karyawan.

    BalasHapus
  8. Jika seandainya saya seorang karyawan, sistem dan bentuk kompensasi yang paling menarik dan memotivasi bagi saya agar dapat berkinerja lebih baik adalah
    *dengan cara perusahaan memberikan semacam penghargaan kepada pegawai yang telah sukses dalam sebuah tugas dan pekerjaan dengan mengadakan sebuah acara perusahaan yang diperuntukan bagi pegawai2 yang berhasil karena dengan adanya acara tsb pegawai akan merasa bangga terhadap kinerjanya selama ini tidak sia2, sehingga ia akan semakin berusaha dan giat agar di tahun2 berikutnya bisa mendapatkan penghargaan lagi.
    * dengan memberikan bonus sejumlah uang secara cuma2 kpd pegawai yg memang berhasil dalam pekerjaannya tetapi disesuaikan dengan hasil yg ia dapatkan sehingga tidak hanya dia sendiri saja tetapi pegawai2 lain pun akan tercipta rasa keinginan untuk memberikan kinerja yg terbaik karena adanya uang yang diberikan perusahaan kepada pegawai secara cuma2 apalagi jika perusahaan memberikan dlm sejumlah yg cukup menarik.

    BalasHapus
  9. Jika saya seorang karyawan, bentuk kompensasi yang dapat memotivasi saya untuk berkinerja lebih baik yaitu (1) bonus/reward, (2) kesehatan, keamanan, dan keselamatan serta (3) program pensiun.
    1. Bonus/reward, karena dengan adanya ini secara individual akan member semangat kerja yang lebih, karena hasil kinerja saya merasa dihargai dan keberadaan saya dianggap bermanfaat/berjasa bagi perusahaan.
    2. Kesehatan, keamanan dan keselamatan, ini menjadi hal yang terpenting bagi saya jika saya bekerja di suatu perusahaan dengan resiko yang tinggi. Dengan adanya semua jaminan itu maka tidak diragukan lagi bahwa keberadaan saya telah terlindungi sehingga tidak membuat saya merasa was-was jika sedang bekerja, justru sebaliknya maka akan membuat saya termotivasi lebih giat bekerja.
    3. Program Pensiun, setelah saya dipensiunkan dari pekerjaan maka saya tidak perlu cemas akan hari tua, karena saya telah mendapatkan tunjangan pensiun dari tempat saya bekerja dahulu.

    BalasHapus
  10. sistem pembayaran kompensasi yang kiranya mampu memotivasi saysa apabila saya seorang karyawan dalam suatu prusahaan adalah :
    1. Pemberian bonus..
    pemberian bonus kecil-kecilan terkadang malah membuat karyawan jadi malas-malasan bekerja.. Lebih baik bonus tidak hanya berupa uang.. lebih baik perusahaan terkadang memberikan bonus besar-besaran kepada karyawan, namun untuk mencapainya butuh perjuangan yang keras.. sehingga karyawan akan termotivasi untuk mendapatkan hadiah tersebut.. Tentunya bonus tersebut harus realistis untuk di capai..
    misalnya bonus berupa paket liburan keluarga ke hawai selama seminggu untuk 10 karyawan terbaik dalam perusahaan selama setahun.. saya rasa bonus-bonus yang seperti ini lah yang seringkali diminati oleh para karyawan..

    2. adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja..
    tentunya tidak akan ada karyawan yang mau bekerja dengan resiko tinggi tanpa adanya jaminan kesehatan maupun keselamatan.. paling tidak perusahaan harus memberikan asuransi kepada para karyawannya,, sehingga karyawan tidak perlu khawatir lagi ketika bekerja..

    3. pemberian fasilitas kepada karyawan yang memiliki jabatan tinggi..
    memberikan fasilitas-fasilitas seperti mobil kantor, handphone, uang pulsa, uang bensin, agar karyawan termotivasi dan loyal terhadap perusahaan..

    4. Pemberian dana pensiun
    dengan adanya dana pensiun dari perusahaan, karyawan tidak akan takut-takut lag akan masa depannya setelah pensiun nanti.. dengan begitu dalam bekerjapun mereka akan merasa nyaman dan lebih semangat..

    BalasHapus
  11. saya menanggapi pendapat henry , saya setuju dengan bentuk - bentuk kompensasi yang dapat memotivasi anda untuk lebih maju lagi. karena dengan adanya 4 poin yang anda katakan memotivasi anda , saya rasa tiap karyawan juga menginginkan hal - hal tersebut , supaya kinerja mereka meningkat menjadi lebih giat dari sebelumnya . Bonus juga bisa selain dalam bentuk uang , bonus juga dapat berbentuk seperti liburan atau barang - barang lainnya , seperti contoh saya bekerja sebagai konsultan / agen di oriflame , dan saya pernah mendapatkan bonus kecil-kecilan sebagai hasil penjualan saya dan sedangkan orang yang mempunyai jabatan tertingggi , mendapatkan bonus yang begitu besar seperti mobil mewah , saya rasa hal tersebut membuat para karyawan baik dari agen maupun jabatan manager keatas termotivasi untuk menjadi lebih giat dalam penjualan . Kompensasi juga bisa membuat karyawan tersebut menjadi lebih loyal terhadap perusahaan tempat ia bekerja .

    Saya ingin bertanya kepada henry . Menurut anda , Apabila anda sebagai direktur perusahaan , apakah anda menggunakan sistem yang seperti itu pada saat anda bekerja mengelola perusahaan yang anda pimpin nanti ? Seperti apakah sistem kompensasi yang anda gunakan ? Mengapa anda menggunakan sistem itu untuk memotivasi karyawan-karyawan anda ? Jelaskan

    Thanks

    BalasHapus
  12. Menurut saya kompensasi yang menarik adalah kompensasi yang bisa memacu karyawan agar bekerja lebih giat dalam perusahaan dan bisa meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Misalnya apa bila karyawan memenuhi target penjualan maka perusahaan akan mengadakan berlibur bersama dengan para karyawan yang lain pada akhir tahun ,misalnya ke bali, hal ini dapat memacu karyawan agar dapat bekerja lebih giat dan bisa mengakrabkan sesama karyawan maupun atasan.

    BalasHapus
  13. Menurut saya, sistem kompensasi yang menarik adalah dalam bentuk bonus kejutan setiap bulan sehingga setiap karyawan yang menginginkan bonus tersebut akna bekerja sekeras mungkin karena tak ada yang mengetahui apa bonus itu keculai atasan.

    Selain itu, kompensasi dapat diberikan dalam wujud rekreasi bersama perusahaan. Tujuan dai hal ini adalah adanya keakraban antara atasan dan pegawai sehingga kebersamaan dan loyalitas antara pegawai dan atasan bisa terpupuk dengan baik

    BalasHapus
  14. Bemenurut anda
    apakah kompensasi tidak merugikan perusahaan? bagaimana jika perusahaan kita baru berdiri dan tentu tidak memikiki keuangan yang berlebihan bagaimana sikap peruzahan dalam melakukan kompensasi tersebut?

    BalasHapus
  15. Menanggapi pertanyaan Anindita Wicaksono, menurut saya perusahaan tidak akan rugi jika memberikan kompensasi. Ingat satu hal yang terpenting untuk kemajuan perusahaan adalah karyawan. Dari segi perusahaan karyawan yang memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan dan bekerja sangat baik tersebut sangat menguntungkan karena dapat menjalankan tugas yang diberikan perusahaan dengan baik. Sedangkan dari segi karyawan pekerjaan yang mereka kerjakan akan sangat berarti jika ada nilai lebih berupa penghargaan yang diberikan kepadanya dari organisasi tempat dia bekerja. Karena penghargaan dari organisasi akan membuat karyawan tersebut merasa tenang bekerja dan sangat dibutuhkan bagi individu-individu yang berprestasi. Jika suatu organisasi tidak mampu memberika��n penghargaan ya memadai sesuai prestasi karyawan akan merugikan bagi organisasi tersebut karena karyawan tersebut akan merasa tidak nyaman lagi bekerja dan dampak yang akan dirasahakan adalah kehilangan karyawan terbaik yang dimilikinya. Kehilangan karyawan terbaik merupakan kerugian besar bagi organisasi. Cara yang dilakukan perusahaan agar karyawan merasa nyaman bekerja adalah dengan memberikan kompensasi atas pekerjaannya. Kompensasi memberikan pengaruh besar untuk membuat karyawan merasa nyaman bekerja. Sedangkan bagi organisasi kompensasi merupakan biaya lebih yang harus dikeluarkan organisasi. Agar tidak merugikan perusahaan pemberian intensif harus didukung pencatatan data yang akurat supaya tidak menjadikannya sebagai boomerang.

    BalasHapus
  16. Menurut saya kompenisasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja saya adalah Tunjangan Kesehatan, Tunjangan Pendidikan, Tunjangan Rumah dinas,n Tunjangan Bonus atas hasil kerja yang baik.
    dengan begitu tentu saya sebagai karyawan akan sangat bersemangat dalam bekerja dan menunjukan kinerja yang baik.

    BalasHapus
  17. saya ingin menanggapi jawaban dari sdr Philipus:

    terlebih dahulu kita perlu memahami dan membedakan:
    apa itu kompensasi?
    Apa itu tunjangan?

    yang dimaksud dengan kompensasi adalah pengaturan pemberian balas jasa bagi karyawan, baik yang secara langsung berupa uang maupun balas jasa non financial. R.W. Graffin menggunakan istilah sistem kompensasi, yaitu paket imbalan total yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas tenaga mereka. Dengan demikian, kompensasi berfungsi untuk mendayagunakan karyawan secara efektif guna mendorong peningkatan produktivitas kerja.

    sedangkan tunjangan yg dipakai untuk menunjang; tambahan pendapatan di luar gaji sbg bantuan; sokongan; bantuan

    jadi yang sdr sebutkan diatas adalah tunjangan yang wajib diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawan.
    memang sebanarnya hampir sama tpi ada perbedaannya sedikit...

    BalasHapus
  18. Kitakan suga tau Tentang kompetensi..Kompetensi merupakan atribut yang dimiliki seseorang dan dapat memengaruhi kinerjanya. Atribut yang sesuai dengan kebutuhan jabatan, situasi atau tugas tertentu dapat menjadi faktor penentu dalam menghitung gaji pokok yang akan dibayarkan kepada seorang karyawan.

    Berdasarkan diatas menyimpulkan, sistem kompensasi berbasis person value memiliki kelebihan dibandingkan sistem konvensional karena berorientasi kepada orang sebagai pemangku jabatan. Dengan begitu rasa keadilan internal akan mudah dipenuhi dalam lingkungan kerja yang beragam di era informasi dan pengetahuan. Di samping itu, sistem ini dipercaya akan mendorong karyawan untuk meningkatkan kompetensinya guna mendukung kinerja perusahaan Kenapa kita membedaka
    apa itu kompensasi?
    Apa itu tunjangan?
    Salah satu hsrus jawab???????????

    BalasHapus
  19. pendapat saya adalah kompensasi yang menarik seperti dalam bentuk bonus kejutan setiap bulan sehingga setiap karyawan yang menginginkan bonus dan hadiah tersebut akan bekerja keras mungkin dan semangat karena tak ada yang mengetahui apa bonus itu kecuali atasan.

    BalasHapus
  20. menanggapi pendapat sdr david dani aliando, saya tertarik dengan pendapat sdr tentang perusahaan memberikan kompensai dengan memberikan rumah+perabot rumah lengkap akan tetapi apakah sangat mungkin perusahaan memberikan hal tersebut??
    dan apakah kriteria atau indikator yang dapat karyawan capai untuk mendapatkan kompensasi rumah dan perabot lengkap??

    BalasHapus
  21. saya ingin bertannya kepada saudara Philipus.

    Jika dalam perusahaan yang Anda tempati saat bekerja hanya ada salah 1 tunjangan yang diberikan oleh perusahaan (dari beberapa tunjangan yang telah Anda sebutkan di atas), apakah Anda akan tetap termotivasi untuk tetap bekerja pada perusahaan tersebut?

    BalasHapus
  22. saya mengomentari pendapat dari wiliamkevin, menurut anda bonus dan kejutan seperti apa yang dapat di berikan oleh atasan sebagai pemberi semangat supaya karyawan dapat berkinerja dengan baik??

    dan bagaimana menurut anda jika perusahaan sudah memberikan bonus atau kejutan ketika para karyawannya berkinerja baik tetapi bonus tersebut mengecewakan karyawan itu??

    BalasHapus
  23. Menurut saya kompenisasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja saya adalah dalam bentuk bonus yaitu jika seseorang karyawan dapat memenuhi target dalam suatu promosi atau penjualan maka mereka akan mendapatkan bonus seperti liburan, souvenir, dll. Maka mereka akan merasa dihargai, lebih bersemangat lagi dalam bekerja dan kerja mereka akan lebih bagus lagi karena dengan adanya bonus itu mereka akan lebih terpacu lagi.

    BalasHapus
  24. Sistem kompensasi yang paling menarik menurut saya adalah Program pemberian dana pensiun karena menurut saya jika karyawan tersebut diberikan jaminan untuk masa depan atau masa tuanya maka karyawan tersebut tidak perlu khawatir karena telah dijamin kehidupan di masa tuanya dan karyawan tersebut akan terus bekerja di perusahaan tersebut dan seoptimal mungkin akan bekerja dengan baik di perusahaan itu.

    BalasHapus
  25. Jika saya seorang karyawan, bentuk kompensasi yang dapat memotivasi saya untuk dapat berkinerja lebih baik yaitu
    1. Bonus
    Pemberian bonus kepada karyawan akan menambah motivasi karyawan untuk bekerja lebih lagi dan memberikan kinerjanya semaksimal mungkin. Semakin baik karyawan bekerja maka bonus yang di dapat tentu akan semakin besar.
    2. Jaminan kesehatan dan keselamatan kerja
    Setiap karyawan tentu menginginkan kesehatan dan keselamatannya terjamin saat dia melakukan pekerjaannya, sehingga dengan adanya jaminan asuransi akan membuat karyawan lebih tenang dalam melakukan pekerjaannya
    3. Tunjangan fasilitas
    Adanya fasilitas-fasilitas penunjang, seperti kendaraan dan uang bensinnya, akan meningkatkan kinerja dari karyawan karena dengan adanya fasilitas tersebut karyawan lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaannya.

    BalasHapus
  26. Saya menanggapi Henry Adiputera,
    Menurut pendapat saya,saya kurang setuju dengan pendapat henry bahwa sistem kompensasi yang menarik adalah dalam bentuk bonus kejutan tiap bulannya,karena dalam kelemahan sistem kompensasi tersebut tidak seimbang,dan tidak semua karyawan mendapat bonus kejutan itu sama.
    Saya setuju,dengan diadakannya rekreasi maka dapat memberikan nilai keakraban antara atasan dan pegawai sehingga kebersamaan dan loyalitas antara pegawai dan atasan bisa terpupuk dengan baik.

    BalasHapus
  27. Menurut saya, bentuk kompensasi yang dapat memotivasi saya untuk berkinerja lebih baik yaitu berupa bonus seperti paket liburan bersama keluarga dengan memberikan jumlah uang belanja selama liburan sebesar X. Perusahaan dapat memberikan target tertentu untuk karyawannya mendapatkan bonus ini, sehingga banyak karyawan akan berlomba-lomba untuk berkinerja lebih baik untuk mencapai target tertentu ini.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. saya menanggapi pertanyaan saudara pieter.
    apakah dengan sistem yg seperti itu, tidakkah menimbulkan kecemburuan sosial dgn rekan2nya ? jika semua karyawan menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi target, apakah semuanya akan diberi paket liburan ? tidakkah itu merugikan perusahaan ?

    BalasHapus
  30. Bentuk kompensasi yang memotivasi saya untuk bekerja lebih baik yaitu :
    - Pemberian Bonus,upah,atau komisi terhadap target pekerjaan tertentu.
    - Fasilitas yang cukup memadai untuk bekerja.
    - Jaminan kesehatan.

    BalasHapus
  31. menurut pendapat saya sistem kompensasi yang kiranya mampu memotivasi saya apabila saya menjadi seorang karyawan dalam suatu perusahaan adalah :
    1. kompensasi yang berupa fisik, seperti bonus, fasilitas dalam berkerja. karena menurut saya bonus n fasilitas kerja merupakan hal yang mendasar bagi karyawan, bila hal yang mendasar ini terpenuhi maka secara otomatis karyawan tersebut akan meningkatkan kinerjanya...
    2. dalam tingkat yang lebih tinggi, mungkin bentuk kompensasi dalam bentuk intrinsik yang tidak berbentuk fisik dan hanya dapat dirasakan berupa kelangsungan pekerjaan, jenjang karir yang jelas, kondisi lingkungan kerja, pekerjaan yang menarik, dan lain-lain. Dengan adanya kompensasi seperti ini juga akan memotifasi karyawan untuk lebih lagi....

    BalasHapus
  32. saya setuju dengan pendapat santi megawati dan menambahkan sedikit, karena kompensasi seperti bonus, kesehatan dan keselamatan kerja serta tunjangan fasilitas merupakan kompensasi yang umum digunakan oleh sebagian organisasi atau perusahaan. Selain untuk motivasi pegawai, kompensasi juga mempunyai fungsi sebagai pengawan dan fungsi informasi.
    fungsi pengawasan karena semua imbalan memiliki potensi untuk mengontrol perilaku ketika ditujukan pada individu yang menyelesaikan tugas tertentu atau bekerja di tingkat tertentu.
    dan fungsi informasi karena Imbalan juga menyampaikan informasi tentang keahlian atau kemampuan seseorang ketika dihubungkan dengan kinerja atau kemajuan, seperti ketika pimpinan memuji pegawai untuk mempelajari keahlian baru atau memeroleh pengetahuan baru, pengawas memberi pegawai kenaikan upah untuk bekerja di atas standar.

    BalasHapus
  33. Saya ingin menanggapi pertanyaan dari napi dani murib , menurut saya kompensasi itu adalah sebuah reward yang diberikan bagi karyawan yang memiliki usaha yang luar biasa atau kenaikan jabatan . Jadi kompensasi itu tidak tentu kapan perusahaan itu memberikan reward kepada karyawan yang memiliki usaha yang bagus . Sedangkan tunjangan itu diberikan pada saat tertentu seperti tunjangan hari raya diberikan pada hari besar dan tunjangan-tunjangan lainnya . begitulah perbedaan kompensasi dengan tunjangan menurut saya sendiri .

    Saya ingin bertanya kepada sherly , kompensasi secara fisik apakah sama dengan kompensasi langsung ? Menurut anda seperti apakah fasilitas kerja sehingga membuat para karyawannya termotivasi dengan apa yg anda berikan kepada karyawan tersebut ? Atas dasar apakah anda memberikan reward dalam bentuk fasilitas kerja ?

    Thanks

    BalasHapus
  34. Menurut saya, jika saya adalah seorang karyawan, bentuk kompensasi yang saya harapkan yang dapat memotivasi saya dalam bekerja adalah dengan adanya bonus karena saya telah mengerjakan pekerjaan saya sesuai dengan target atau melebihi target. Misal bonus itu adalah dengan memberikan bonus uang tambahan atau pergi liburan ke luar negeri. Dengan begini saya merasa sangat terdorong untuk bekerja lebih giat.

    BalasHapus
  35. Menurut saya sistem dan bentuk kompensasi yang menarik untuk saya yaitu sistem berdasarkan tugas atau proyek atau pekerjaan yang dilakukan mencapai target tujuan perusahaan yang berhasil diselesaikan atau telah dilaksanakan. bentuknya berupa reward uang atau komisi sesuai dengan sistem dan ukuran tingkat jumlah komisi/uang bersumber pada ketentuan perusahaan. contoh seorang karyawan melakukan perjalanan dinas keluar kota selama dua hari, karena mendapat tugas meninjau lokasi pabrik perusahaan. karyawan tersebut ber hak mendapat kompensasi uang sebanyak 2 hari dikalikan ketentuan kompensasi dari perusahaan. ditambah lagi dia membuat laporan yang secara rinci dan tepat menggambarkan dan menjelaskan situasi dan hasil temuan di pabrik, sehingga menjadi informasi yang berguna bagi decision maker oleh manajer perusahaan. sehingga dapat menguntunkan perusahaan. maka karyawan tersebut berhak mendapat kompensasi oleh perusahaan bersumber pada hasil kerja tinjauannya. Terima kasih

    BalasHapus
  36. jika saya adalah seorang karyawan menurut saya kompensasi yang paling menarik dan dapat membuat saya semakin termotivasi dalam bekerja adalah pemberian bonus dalam kategori tertentu, misalnya kategori karyawan terbaik, tergiat atau semacamnya dengan target tertentu. dimana semakin besar usaha atau kinerja dari seorang karyawan untuk mencapai target tersebut maka semakin besar pula bonus yang akan diperoleh. disamping itu saya juga sependapat dengan pendapat santi megawati dengan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan sehingga karyawan akan merasa aman dan nyaman saat bekerja dan tunjangan fasilitas yang memudahkan karyawan dalam pekerjaannya.

    BalasHapus
  37. bentuk kompensasi yang menarik menurut saya ialah, seperti event dari perusahaan yang menargetkan bonus/komisi yang membuat saya sebagai karyawan merasa terpacu untuk mendapatkannya, dengan adanya event seperti ini maka seseorang pasti akan memacu semangat kerjanya sebagai tambahan dan keuntungan yang di peroleh selama ini.
    dan juga kompensasi dalam tingkat yang lebih tinggi, misal kenaikan jabatan/di promosikan. dan sebagainya..

    BalasHapus
  38. menurut saya, kompensasi yang dapat memotifasi saya bila saya menjadi sebagai karyawan adalah dengan perusahaan memberikan pekerjaan atau tugas yang dimulai dari tingkatan paling bawah sampai tingkatan yang tertyinggi. atau dengan memberikan rekomendasi kenaikan jabatan kepada karyawan yang kinerjannya baik atau bagus. dengan demikian bila saya menjadi karyawan tersebut saya akan bekerja dengan sungguh2 karna bisa meningkatkan jabatan saya pada perusahaan atau memburu gaji yang lebih besar karena jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar dari perusahaan.berbeda dengan memberikan iming2 bonus saja karena kurang ada kepuasan bila hanya mendapatkan uang saja. meski mendapatkan bonus berupa uang, karena jumlahnya yang tidak begitu banyak hanya menjadi kepuasan sementara saja. tp berbeda dengan kenaikan jabatan. sudah gaji naik ada suatu kepuasan yaitu memiliki pangkat yang lebih tinggi dan merasa lebih terpandang dengan adanya rekomendasi tersebut.menurut saya kompensasi inilah yang lebih baik menurut saya dari pada hanya memberikan sekedar bonus berupa uang, tp berbeda dengan memberikan rekomendasi jabatan yang lebih tinggi.inilah pendapat saya.

    BalasHapus
  39. Menurut saya kompensasi paling menarik adalah ketika perusahaan memberi tunjangan hari-hari khusus seperti hari raya lebaran atau natal, dan terlebih penting lagi ketika karyawan sedang berulang tahun, alangkah baiknya perusahaan memberi kompensasi tambahan.

    BalasHapus
  40. menanggapi pertanyaan dari saudari rannita tentang "jika semua karyawan menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi target, apakah semuanya akan diberi paket liburan? tidakkah itu merugikan perusahaan?"
    menurut saya dalam hal ini tentunya kita harus mengetahui target yang seperti apa yang harus dicapai oleh karyawan dan pastinya target yg ditetapkan oleh perusahaan untuk karyawan tsb menguntungkan bagi perusahaannya jadi walaupun banyak karywan yg berlomba-lomba untuk mencapai targe ttsb dan berhasil tidAK AKAN membuat prusahaan rugi krn sebelum menetapkan sistem kompensasi tsb perusahaan sudah mengatur dan mempertimbangkan tanpa langsung asal menetapkan sistem tsb dgn mempertimbangkan baik keuntungan yg akan akan diperoleh perusahaan ddgn kompensasi yg diberikan, keuangan yg dimiliki perusahaan dll.

    BalasHapus
  41. Napi, Teppy, dan Aditya: Pengertian kompensasi mohon dibaca pada pengantar diskusi minggu lalu. Yang jelas, tunjangan adalah bagian dari kompensasi...

    BalasHapus
  42. Menurut saya, kompensasi yang dapat memotivasi saya adalah dalam bentuk bonus. Hal ini dikarenakan dengan diberikannya penghargaan yaitu berupa bonus akan dapat memotivasi lebih pekerjaan berikut-berikutnya. Tentu dari situ juga akan memunculkan kepuasan tersendiri bagi saya akan pekerjaan yang dilakukan. Hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan mental kerja serta peningkatan dan pengembangan dalam kinerja saya.

    Selain itu mungkin adanya penghargaan keselamatan serta penghargaan atas pengabdian juga dapat mendorong kinerja saya agar lebih baik. Hal ini dikarenakan prestasi kerja selain bukan dalam bentuk bonus akan meningkatkan mentalitas para pegawai dan tentunya mereka akan semakin dihargai atas kinerjanya. Di samping itu penghargaan keselamatan juga akan memberikan dampak bagi kinerja karena mengingat pentingnya akan keselamatan kerja jadi jika suatu perusahaan memberikan asuransi keselamatan kerja tentu para pegawai akan merasa diperhatikan dan dihargai.

    BalasHapus
  43. JIka saya seorang karyawan, sistem dan bentuk kompensasi yang paling menarik dan memotivasi saya untuk berkinerja lebih baik adalah

    1. Bonus
    Dengan adanya bonus, itu akan membuat karyawan bekerja lebih maksimal. Maksudnya lebih maksimal disini adalah karyawan akan mencurahkan seluruh pikiran dan tenaganya dalam bekerja. Contoh : seorang sales yang bekerja lebih giat lagi sehingga sales tersebut dapat meningkatkan target penjualan hingga 50 % dari biasanya. Dalam hal ini, sales tersebut mendapat bonus gaji.
    Oleh karena itu, dengan adanya bonus akan memacu karyawan untuk lebih giat lagi dalam bekerja sehingga akan meningkatkan pula keuntungan perusahaan.

    2. Adanya jaminan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja.
    Perusahaan dapat mengikuti asuransi seperti Jamsostek yang diberikan kepada karyawan. Hal ini diberikan untuk menjamin kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja setiap karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Karena setiap karyawan pasti menginginkan jaminan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja dari perusahaan dimana mereka bekerja, apalagi karyawan yang bekerja di bidang yang memiliki resiko yang tinggi.

    3. Program Pensiun
    Dengan adanya dana pensiun dari perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja, akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih semangat lagi dalam bekerja dan karyawan tersebut tidak akan kuatir dengan masa depannya ketika karyawan tersebut dipensiunkan.
    4. Tunjangan social, tunjangan hari libur
    Dengan adanya tunjangan-tunjangan tersebut akan memacu seseorang untuk bekerja lebih giat lagi. Tunjangan social seperti rekreasi antar karyawan. Hal ini akan membuat karyawan menjadi lebih akrab dalam satu tim dan semangat dalam bekerja.
    Tunjangan Hari libur itu diberikan kepada karyawan jika karyawan tersebut bekerja dengan sangat baik dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

    BalasHapus
  44. jika saya adalah seorang karyawan, maka sistem dan kompensasi yang mampu memotivasi saya untuk berkinerja lebih baik dalam suatu perusahaan adalah :
    1. Bonus
    dalam pemberian bonus, maka karyawan akan berusaha lebih keras dan melakukan kinerja yang lebih baik untuk mendapatkan bonus tersebut.

    2. asuransi kesehatan dan keselamatan kerja
    dengan adanya asuransi, maka karyawan akan merasa diperhatikan oleh perusahaan, sehingga akan melakukan hal yang lebih untuk perusahaan.

    3. Fasilitas untuk karyawan yang berkompeten
    memberikan fasilitas seperti mobil, rumah, dll. sehingga karyawan yang berkompeten dapat termotivasi dan meningkatkan kinerjanya. Dan juga agar karyawan yang berkompeten tidak berpindah ke perusahaan lain.

    BalasHapus
  45. Jika saya adalah karyawan saya, sistem dan bentuk kompensasi yang paling menarik dan memotivasi saya untuk berkinerja lebih baik adalah
    1. Pemberian bonus
    Lebih baik bonus tidak hanya berupa uang dan juga tidak setengah – setengah pemberiannya. Perusahaan terkadang memberikan bonus besar-besaran kepada karyawan, namun untuk mencapainya butuh perjuangan yang keras.. sehingga karyawan akan termotivasi untuk mendapatkan hadiah tersebut.. Tentunya bonus tersebut harus realistis untuk di capai..
    misalnya bonus berupa paket liburan ke eropa selama seminggu untuk 10 karyawan terbaik dalam perusahaan selama setahun. Menurut saya bonus seperti inilah yang menarik bagi karyawan

    2. Adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja
    tidak akan ada karyawan yang mau bekerja dengan resiko tinggi tanpa adanya jaminan kesehatan maupun keselamatan.. paling tidak perusahaan harus memberikan asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan kepada para karyawannya,, sehingga karyawan tidak perlu khawatir lagi dan merasa nyaman ketika bekerja..

    3. Pemberian fasilitas kepada karyawan yang memiliki jabatan tinggi
    bagi karyawan yang berkompeten dan memiliki jabatan tinggi, kita juga bias memberikan fasilitas-fasilitas seperti mobil kantor, uang bensin, agar karyawan termotivasi dan loyal terhadap perusahaan.

    4. Pemberian dana pensiun
    pemberian dana pension ini akan membuat karyawan tidak akan takut-takut lagi akan masa tuaanya setelah pensiun nanti.. dengan begitu dalam bekerjapun mereka akan merasa perusahaan peduli akan mereka sehingga mereka merasa nyaman dan lebih semangat memberikan kinerja baik bagi perusahaan.

    BalasHapus
  46. jika saya menjadi seorang karyawan hal yang dapat saya jadikan untuk motivasi yaitu
    1.Kompensasi bonus
    mengapa bonus? karena menurut saya dengan memberikan bonus maka secara tidak langsung saya sebagai karyawan akan termotivasi dan melupakan rasa capek dan kesal setelah seharian bekerja

    2. jaminan keselamatan kerja dan asuransi
    bila seorang karyawan mendapatkan jaminan keselamatan kerja berupa asuransi jiwa atau sebagianya maka dia akan merasa tenang dan merasa nyaman bekerja di perusahaan itu .

    3.memberikan fasilitas dan akomodasi yang sedikit lebih bagus bagi karyawan yang berkompeten
    dengan memberikan beberapa fasilitas dan akomodasi yang lebih mungkin akan menambah motivasi bagi karyawan yang memiliki prestasi yang lebih.

    BalasHapus
  47. Menurut saya kompensasi yang menarik adalah jika karyawan mencapai target penjualan,perusahaan akan memberikan kompensasi misalnya mobil dinas yang baru atau bonus gaji tiap bulan,dan liburan berwisata satu perusahaan jika semua karyawan mencapai target penjualan.

    BalasHapus
  48. Saya setuju dengan pendapat Saudara Jemmy mengenai "memberikan fasilitas dan akomodasi yang sedikit lebih bagus bagi karyawan yang berkompeten".

    Dengan memberikan fasiitas dan akomodasi, ini akan menarik karyawan yang berkompeten untuk bekerja lebih semangat lagi. Dan diharapkan para karyawan dapat lebih termotivasi dan terdorong untuk bekerja semaksimal mungkin dalam menjalankan perusahaan.

    BalasHapus
  49. Menurut saya, kompensasi yang dapat memotivasi saya adalah dalam bentuk bonus.hal ini dikarenakan ini akan memberikan saya dan tentunya karyawan lain untuk berusaha lebih maksimal dan tentu saja bonus memberikan rasa dihargai. ini akan membantu karyawan lebih termotivasi.

    selain itu saya juga tertarik dengan Adanya jaminan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja, ini memberikan saya rasa bahwa saya diperhatikan oleh perusahaan, well being saya di tanggung dan dilindungi oleh perusahaan membuat saya harus berusaha lebih keras lagi

    BalasHapus
  50. Bentuk kompensasi yang dapat memotivasi saya untuk dapat berkinerja lebih baik yaitu Bonus karena
    pemberian bonus kepada karyawan akan menambah motivasi dan semangat karyawan dalam bekerja di perusahaan dan bekerja lebih lagi. Semakin baik kerja karyawan tersebut maka bonus yang diperoleh akan smakin besar juga. dan itu lah yang akan menambah semangat dan kinerja karyawan dlm melalukan pekerjaanya.

    BalasHapus
  51. Menurut saya, kompensasi yang dapat memotivasi saya adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dengan adanya jaminan kerja maka karyawan tersebut tidak perlu was2 dan tenang dalam menjalankan pekerjaanya, setidaknya perusahaan memberikan asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan bagi karyawannya agar karyawan tersebut tdk khawatir akan keselamatannya dalam bekerja.

    BalasHapus
  52. Stefanus 3103010143
    Menurut saya sistem kompensasi yang dapat mendorong karyawan adalah dalam bentuk kompensasi yang dapat di dapatkan oleh karyawan setelah mereka dapat memenuhi target atau melebihi target yang di tentukan,karena dengan sistem seperti itu perusahaan dapat mendorong para karyawan untuk bekerja lebih baik sehingga mereka juga dapat memenuhi target yang di tentukan oleh perusahaan.
    Adanya jaminan keselamatan kerja pun juga dapat mendukung kinerja para karyawan karena mereka dapat bekerja dengan merasa nyaman dan tidak takut akan terjadinya kecelakaan pada saat bekerja yang harus mengeluarkan biaya

    BalasHapus
  53. Dengan bonus intensif dan gaji tidak tetap tinggi akan sangat memotivasi dalam bekerja. Kenapa saya memilih itu karena dengan cara seperti itu akan jauh lebih memungkinkan dapat memotivasi karyawan untuk dapat bekerja lebih maksimal dan mampu mencapai target. Yang akhirnya karyawan merasa di butuhkan oleh perusahaan. Sistem seperti ini mampu memotivasi karyawan nya.

    BalasHapus