SELAMAT DATANG

Blog ini dibuat terutama sebagai sarana diskusi para mahasiswa. Terima kasih atas pengertiannya.....
Postingan tentang BAHASA TOMBULU telah disatukan pada blog: bahasatombulu.blogspot.com
Tugas wawancara pebisnis dipostingkan pada blog: kuraberbisnis.blogspot.com

Selasa, 31 Mei 2011

Persepsi Manajerial akan komitmen karyawan terhadap organisasi (artikel review)

Shore, L. M., Barksdale, K., & Shore, T. H. 1995. Managerial perceptions of employee commitment to the organization. Academy of Management Journal. 38 (6): 1593-1615.
           
Artikel ini dimaksudkan penulis untuk mengembangkan dan menguji suatu rerangka untuk pengujian basis dari  evaluasi managerial atas komitmen karyawan terhadap organisasi. Hal itu dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa para manajer lebih menekankan  aspek perilaku dan yang dapat diobservasi dari kinerja pekerjaan saat para manajer itu mengevaluasi karyawan.

Pengembangan Model dan Hipotesis
1.      Komitmen organisasional
Penulis mereview penelitian pada komitmen untuk mengembangkan prediksi tentang  efek persepsi manajerial terhadap komitmen karyawan.
2.      Anteseden dari manager-rated affective dan komitmen berkelanjutan
Berdasarkan terori ini dirumuskan hipotesis 1 yaitu: OCB dan kinerja pekerjaan akan berhubungan secara positif dengan manager-rated affective commitment dan berhubungan secara negatif dengan manager-rated continuance commitment, meskipun citizenship akan menunjukkan link yang lebih kuat bagi dua bentuk komitmen. Sedangkan hipotesis kedua dirumuskan sebagai berikut: Usia, jabatan pekerjaan dan jabatan organisasional akan berhubungan secara positif dan level pendidikan berhubungan secara negatif dengan manager-rated continuance commitment. 
3.      Outcomes dari manager-rated affective dan komitmen berkelanjutan
Berdasarkan terori ini dirumuskan hipotesis 3 yaitu: manager-rated affective commitment akan berhubungan secara positif dengan pemenuhan permintaan karyawan, promotability yang disadari karyawan, manajerial potensial, dan pemimpin yang menghargai perilaku, tetapi manager-rated continuance commitment akan berhubungan secara negatif dengan semua outcomes itu.
Metode
Pada bagian ini, penulis membahas secara rinci tentang empat hal, yaitu
¨      Responden
¨      Pengukuran
¨      Prosedur
¨      Analisis
Hasil

Pembahasan
Persepsi manajerial atas komitmen afektif dan berkelanjutan memang merupakan construct yang bermakna, didukung dalam penelitian ini. Oleh karena itu, manager dapat membedakan persepsi mereka atas komitmen afektif dan berkelanjutan karyawan dari sikap altruis, pelaksanaan, dan kinerja pekerjaan. Sedangkan citizenship merupakan prediktor yang sangat penting dari manager-rated continuance commitment.
Catatan menarik lain dari penelitian ini adalah bahwa manager-rated continuace commitment berkorelasi secara negatif dengan pendidikan dan berkorelasi secara positif dengan usia, jabatan pekerjaan, dan jabatan organisasional. Demikian juga halnya dengan temuan bahwa manajer yang melihat karyawan mereka mengarah pada komitmen affektif, menganggap karyawan itu  lebih mudah dipomosikan dan memiliki secara potensial kemampuan manajerial yang lebih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar